SPIRITUALITAS ABSURD MAS KUMITIR


Blog-blog bernuansa spiritualisme bermunculan di jagad maya. Salah satunya adalah blog alangalang kumitir yang dibidani oleh seorang anak muda yang gandrung terhadap sastra Jawa.

Mas Kumitir –demikian dia dipanggil oleh antar blogger– dikenal memiliki minat luas terhadap budaya, falsafah dan sastra Jawa.  Sebelum dia mengenal blog, dia lebih suka untuk menulis renungannya di kertas seadanya, bahkan di kertas rokok dan sobekan koran. Setelah kini ia punya blog, dia menumpahkan perenungannya di jagad maya tersebut dan hasilnya, banyak blogger yang terbantu dengan kehadiran alangalang kumitir.

Yang aneh, mas Kumitir termasuk buta kampus, sama sekali ia tidak terbiasa dengan karya-karya ilmiah, makalah maupun skripsi.  Ia lebih cenderung mengenal puisi, suluk dan kekidungan yang bentuk nya lebih bebas, tidak kaku dan kering.

Itu sebabnya, ia lebih suka untuk diam dan mendengarkan bila kebetulan ada diskusi tentang hal-hal yang berbau spiritual yang dihadirinya. Sambil sesekali memberi komentar. Itupun bila diminta oleh yang lain. Sebab, bahasa, menurut mas Kumitir,  sebenarnya mereduksi kekayaan realitas menjadi sekedar representasi belaka. “Bahasa itu hanya simbol dan simbol tidak mewakili apa yang sesungguhnya. Yang spiritual itu ya RASA. Bukan kata-kata dan bahasanya,” terang mas Kumitir.

Ia kini menetap di sebuah gubuk di tengah sawah yang sunyi berbaur dengan kodok dan kadal. Mungkin, kandang kambing di sampingnya lebih bersih. Tapi ia mencuri perhatian dunia budaya Jawa. Barangkali Mas Kumitir lebih cocok bila disebut sebagai pekerja budaya spiritual Jawa ketimbang hanya sebagai pengamat pasif saja.

Itu gara-gara ia rajin mengumpulkan serat, babad, suluk dari buku-buku bekas yang diperolehnya di berbagai kota dan kampus. Kadang ia juga sedikit mencoret-coret kertas untuk menulis laku dan perjalanan spiritualnya. Coretannya kadang berbentuk puisi sederhana tapi ”magis” dan menyentuh.

Hasil tulisan para pujangga jawa kuno itu diketik lagi, dan juga coretannya sendiri selanjutnya diupload diblog. Sejak pertengahan tahun 2008 mas Kumitir rutin mendokumentasi kegiatan spiritual yang pernah dilakoni. Sebelum kenal blog, dia lebih banyak menyimpan pengalamannya di ingatan saja.

Rekan-rekan dan kenalan yang kebetulan membuka blog tersebut rupanya iseng-iseng memberi komentar. ”Tadinya saya khawatir karena terkadang agak menyinggung perasaan Mas Kumitir. Namun ternyata dia menanggapinya dengan bijaksana,” tutur sang teman mengenang.

Isi blog mas kumitir banyak yang berbentuk macapat dan kekidungan. Alur logikanya melompat ke depan. Kadang memang seperti diluar akal sehat sepadan dengan hidup sehari-hari Mas Kumitir yang meskipun senang dengan kesederhanaan, namun mengesankan, nyeleneh dan unik. Yang mengesankan dari seorang Mas Kumitir adalah melakoni pencarian jati diri dan sangkan paraning dumadi secara total. Tidak ingin pikirannya terlena oleh urusan dunia yang fana ini, Mas Kumitir bahkan rela untuk memilih hidup yang merdeka.

Waktunya dihabiskan dengan berkelana di tempat tempat yang sunyi dan bila tidak sedang melakukan perjalanan ke luar kota, dia biasanya ada di gubuknya hingga larut malam. Di depan komputer yang mengalunkan gending-gending jawa, Mas Kumitir mengerutkan kening dan jari jemarinya mencakar-cakar tuts. Membuka blog dan mengupload artikel. Itulah ritualnya.

Mas Kumitir punya kebiasaan bersepeda gunung seorang diri. Bila sedang bersepeda, akunya, ia bisa menikmati hidup.  “Ternyata kita ini bukan siapa-siapa. Kita ini kecil dihadapan alam raya yang luasnya tidak kita ketahui,” ujarnya pemilik sepeda gunung warna hijau ini.

Namun, kita akhirnya terheran-heran karena kesukaannya untuk bersepeda itu ternyata menghasilkan karya yang bisa diakses orang banyak.

Ini gara-gara ternyata ada peminat atas karya-karyanya. Seorang pengelola website pernah menawatinya menjadi nara sumber rubrik budaya jawa. Apa komentar Mas Kumitir? “Biar rekan-rekan blog lain saja yang jadi narasumber. Saya tidak bisa berargumentasi dan berdebat,” ujarnya sambil menghisap kretek bercangklong.

Hidup memang harus dinikmati, dan setiap individu memiliki caranya masing-masing untuk memayu hayuning bawono. Begitu pula dengan Mas Kumitir yang lebih memilih untuk mengabdi dan melukis di kanvas jagad mayapada ini dengan caranya sendiri. “Kebenaran milik Gusti Kang Murbeng Jagad. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Dia. Apabila Dia berkehendak semuanya menjadi mungkin. Bisa-bisa hukum alam tidak berlaku,” ujarnya.

Malam semakin larut, jarum jam menunjuk ke angka 12.30 WIB. Saya mencoba membuka blog alang-alang kumitir. Ternyata ada salah satu karya yang baru saja diupload. Saya akhirnya membayangkan di kegelapan malam, remang-remang, disinari hanya cahaya bulan Mas Kumitir biasanya duduk sendirian di luar gubuknya. Tangan kanannya memegang bolpen, tangan kirinya menimang-nimang buku jawa lawas. Terlihat serius, ia menulis.

Mas Kumitir, selamat malam.

Wong Alus

About these ads
Categories: SPIRITUALITAS MAS KUMITIR | 75 Komentar

Navigasi pos

75 thoughts on “SPIRITUALITAS ABSURD MAS KUMITIR

  1. HA…..10X …… HA…..30X, ……. HI HI …..20X, CAPEK AKU TERTAWA Mas BISA-BISA AKU JADI GILA BENERAN MAS MEMBACA membaca profilKU yang sampeyan tulis. Mbok ojo guyon tho mas.

    Aku kan jadi malu kalau dibaca orang, ini namanya ngerjain AKU!!!!!!!!!!!!

    Wis AKU tak istirahat Mas Wong Alus.

    Selamat malam juga Mas

    Nuwun

  2. Mas Kumitir itu orangnya low profile ya, biasane piyantun begini ilmune mala wis dhuwu tenanan. Salam nggeh mas, maturnuwun sampun mampir teng gubuk kula

  3. Nuwun sewu, ngantos katulempen. Kula nuwun njih sederek Wong Alus. Nderek ngeyup sekedhap wonten dalem penjenengan, wah wewejanganipun sayektos inggil suarosipun.

    (“lungguh silo ngapurancang, nelungaken jangga milingaken karna maspadaaken wejanganipun Mas Won Alus”)

  4. Matur nuwun juga Ki Ngabehi. Ya benar, Mas Kumitir itu low profile, sederhana dan lugu pol…. jarang bisa berkelit bila dipancing pertanyaan. Perjalanan spiritual yang dilakoni juga sip tenan…Pernah nglakoni di Alas Purwo dan alas-alas lain di Jawa tentu saja atas perintah guru leluhurnya yang rata-rata sudah pada tutup usia..
    Mas Kumitir, ngapunten nek lepat

    Buat Ki Ngabehi matur nuwun sampun nyambangi kulo..

    wong alus

  5. WAH….WAH…..WAH…. MAS WONG ALUS KEBACUT TENAN NGERJAI SAYA
    MAAF LHO SAUDARA2 ITU SEMUA CUMA BANYOLANNYA MAS WONG ALUS
    BIAR SAYA TERPANCING UNTUK KELUAR, PADAHAL SAYA HANYA MANUSIA YANG GOBLOK DAN TIDAK TAHU APA2 SEPERTI YANG DITULIS MAS WONG ALUS.

    HANYA SUATU KEBUTULAN SAJA BANYAK WAKTU LUWANG, DAN DARI PADA SAYA BENGONG…. BENGONG DAN BENGONG UNTUK MENGISI WAKTU SAYA COBA DENGAN MENTRANSLIT KEMBALI BUKU-BUKU SASTRA JAWA YANG SUDAH HAMPIR PUNAH DARI PEREDARAN, BIAR TIDAK HILANG GITU LHO DULUR2, MAKSUD SAYA.

    TENTANG PROFIL SAYA YANG DITULIS MAS WONG ALUS ITU HANYA GUYONAN……….. JANGAN DIPERCAYA.

    SEPURANE LHO MAS WONG ALUS………

    NUWUN

  6. Salam tetepangan Mas Wong Alus Mas Kumitir….
    Sebab, bahasa, menurut mas Kumitir,  “sebenarnya mereduksi kekayaan realitas menjadi sekedar representasi belaka”
    Bahasa itu hanya simbol dan simbol dan akan terus menjadi polemik dalam pencarian essensinya sepanjang zaman.
    Sehingga “frekuwensi” yang tdk sama akan terjadi benturan dalam memaknai arti bahasa karena tiap individu golongan bangsa negara mengalami proses pemakaian bahasa yang berbeda dgn segala aspek pedukungnya….
    Praduga dan prasangka akan selalu timbul dalam melegitimasi pendapat pemahaman masing2..
    Dalam ranah spiritual…. bila yang ada “praduga prasangka” tanpa dilandasi hati yang “sejuk” apa yang akan terjadi….
    Mending dadi WONG ALUS didalam MANUSIA daripada..
    WONG ALUS diantara MANUSIA….

    Nak bingung to…
    Sapurane nggih Mas….pun paring papan corat-coret

  7. Salam kenal mas djarum sp, matun nuwun atas kunjungan dan atensinya. Meniko pancen papan corat coret bebas yang kadar kebebasannya lebih bebas dari menggelar demo yang harus lapor polisi hehehe…

    Bahasa memang bisa jadi sumber masalah karena bisa diinterpretasi secara bebas. Agar tidak terjadi praduga dan prasangka, sebagaimana Mas djarum sebut, diperlukan hati yang sejuk bahkan kadang sampai menjadi es yang dingin. Sebab bisa menangkal api emosi. Jaman sekarang, api emosi gampaang tersulut untuk hal yang remeh temeh… dan sumber asalnya adalah interpretasi bahasa yang tidak sama.

    Dalam khasanah Neuro Linguistic Programming (NLP) atau pemrograman bahasa otak, kita mengenal istilah penyelarasan dan pacing agar kedua individu yang sedang berkomunikasi langsung bisa nyambung. Individu perlu mengenal lawan bicara melalui preverensi indera yang digunakan. Apakah dia cenderung menggunakan Visual, Auditori atau Kinestetik.

    Bila menguasai dan mempraktikkan NLP, menurut saya ada jaminan bahwa kita bisa menjadi ahli hipnosis yang hebat. Karena dia bisa melakukan penyelarasan bahasa secara cepat.

    Salam damai dengan hati yang sejuk.

    Wong Alus

  8. Buat Mas Kumitir. Salam hehe hihi haha…. Ngapunten, kalau sudah digariskan jadi BEGAWAN —CIPTA —NING, mbok ya jangan menolak tho kangmas…. Nanti saya siap jadi humas yang membantu menyiapkan air putih dan uba rampe untuk para politikus yang butuh pitulungan .. hihihi…
    Salam sayang!!!

  9. Daryono

    Salam kenal wong alus selamat atas blog nya bisa memperkaya wawasan spiritual salam sedjati

  10. Matur nuwun mas Daryono sudi mampir ing gubuk sing taksih kosong melompong meniko. Semoga Gusti Kang Akaryo Jagad selalu memberikan kekuatan pada kita semua untuk ikhlas mengabdi pada-Nya dan selalu siap menjalani takdir kita sebagai manusia yang sempurna lahir batin… amin 21 x.

  11. Sugeng wayah titiyoni para sanak kadhang kinurmatan saha luhuring budi. Nderek ngangsu kawruh mawarni-warni ngelmu kajaten ingkang estu lebet sanget dipun onceki.
    Perkawis bahasa wanci ndamel cupeting kawontenan ingkan sejatos. Nanging tanpa bahasa, pramila sedaya ngelmu mboten saget kawedhar kanthi lancar. Namung kanthi bahasa injih saged nuwuhaken bentening suraos ugi pamanggih paramaos sedaya.
    Awit saking punika, sedaya seserepan mboten cekap namung kawaos, langkung wigatos kedah dipun lampahi kanthi “lakune” solah lan bawa ingkang selaras, nastiti, teliti, ngati-ati, edi-peni. Sahingga samangke saget nemahi punapa ingkang kasebat rahsaning pangrasa, injih ingkang mahanani rasa sejati.

    Mugi tansah jinangkung ingaluhur
    sesanti, rahayu, suradira jayaningrat
    lebur dening pangastuti

  12. Amin.. amin .. amin….
    Bahagia raos manah kulo kang mas sabda. Panjenengan yang saya anggap teman sak paguron ing Jogja sekaligus guru yang punya perbendaharaan ngelmu2 Jawa lengkap sudah sudi mampir ing gubuk reget meniko. Sebuah kehormatan yang tidak bisa dibeli oleh uang berapapun banyaknya…

    Sebenarnya, panjenengan lebih pas menyandang nama Wong Alus mengingat bahasa yang panjenengan pakai kromo inggil, (maklum berkasta brahmana ) sementara saya hanyalah orang yang mengaku-aku jawa namun masih memakai bahasa terminalan sehingga lebih tepat dijuluki Wong Terminal… Tapi apapun latar belakang budaya, agama, dan susastera yang kita pakai semoga ini hanyalah baju, kulit dan helm yang pasti akan tanggal di depan wajah kesejatian…

    Manusia membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi. Bahasa mulut 20 persen, bahasa tubuh dan gerakan-gerakan bawah sadar 80 persen. Ada 100 persen yang akhirnya mencitrakan siapa diri kita yang sebenarnya, dan pada akhirnya ETHIC — masuk ke wilayah yang lebih tinggi lagi menjadi SIKAP HIDUP –EMIC yang menjadi inti dari sebuah hakekat perjumpaan. Sehingga kita benar-benar menjadi diri yang selaras, nastiti, teliti, ngati-ati, edi-peni lahir-batin.

    Matur nuwun mas sabda,
    salam kangen.

  13. uki

    salam kenal buat mas wong alus juga sekalian mas kumitir,saya gak sengaja buka situsnya syeh siti jenar dari situ kok nemu tulisannya mas kumitir. kebetulan saya berminat terhadap sastra jawa sekalipun gak terlalu ngerti bener, soalnya bahasanya udah agak sulit d pahami omong 2x apa mas berdua ada minat untuk ngadain sarasehan ato seminar buat ngebahas sastra jawa jadi buat ajang kenal dan sekalian buat ngangsu kawruh buat orang2x yang lagi butuh minum,trims banyak

  14. wongalus

    Yth sdr uki, salam kenal juga. Kalau saya sih sebenarnya berminat ngadain saresehan bertema budaya dan spiritualitas. Mas kumitir kayaknya juga punya minat yang sama. Cuma barangkali kalau tanpa dukungan yang lain kayaknya mustahil untuk itu. Mungkin sdr uki yang mempelopori utk pertama kali, monggo saja? Semoga didukung oleh pembaca lain.

  15. endah

    Malem mas wong alus&mas kumitir, aku seneng banget dengan tulisan2 panjenengan. Aku setuju dengan ide mas uki. Tak tunggu kabar selanjutnya. Matur nuwun

  16. wongalus

    yth sdri Endah, terima kasih sudah mampir di gubuk ini. Malem juga Buat panjenengan. Semoga kerasan dengan artikel-artikel yang kadang terasa lucu bila dibaca ulang. Ya begitulah kami untuk menjaga kewarasan, yaitu melucu.
    Ide membuat sareserah budaya sebenarnya sangat pas karena dari bidang budaya ini sebuah bangsa bisa ditata, dibangun dan dikembangkan agar secepatnya bisa tinggal landas. Suatu saat, entah kapan semoga ide ini bisa terwujud.
    Natur nuwun dan salam damai dari hati yang sejuk.

  17. tiang alit

    Assalamu’alailaikum….
    salama kenal sedanten….kang mas wong alus, alangalang kumitir….
    sak derenge ngapunten, kulo mboten saget sae boso alus/kromo,matur suwon sanget kale tulisan-tulisan kale pemikiran jenengan sedanten.
    yen kulo posting teng web site blog lio mboten nopo2 ta? oy yo engken kulo tulis niku karya jenengan kok. sebab kolo seneng moco-moco tulisan jenengan je…
    yen wonten lepat-e kulo nyuwon ngapunten ingkang katah….
    matur suwon sanget…
    wassalam…
    SEMOGA RESTU, RAKHMAT, ROKHMAN, ROKHIM ALLAH S.W.T SELALU BERSAMA JENENGAN SEDOYO…ALLAHUMMA AMIN…

  18. kendil

    katur sedaya kemawon, matur nuwun, jazaa kumullah khairan katsiraa

  19. mbah modin

    Salam perkenalan sangking kulo mas alangalang,dan sederek wong alus,mas sabdalangit kulo nderek sinau wonten Blog panjenengan

  20. wongalus

    Mbah Modin, salam kenal juga nggih.. monggo-monggo mbah mbeber kawicaksanan bareng-bareng kemawon. Mugi saged saling memotivasi untuk mendapatkan kemajuan spiritual. Matur nuwun.

  21. azzie iskandar

    Alhamdulillah

  22. Ilir-Ilir

    Siapa yang tau kalo sejatinya Mas Kumitir dan Wong Alus itu satu adanya…^_~

  23. Yth Mas ILir Ilir: terima kasih… semuanya bergantung pada-Nya jua, apakah menciptakan saya dan panjenengan dalam wujud eksistensi yang sama atau berbeda namun hakikatnya tetap satu: insya allah hamba-Nya. Juga, jangan-jangan panjenengan adalah saya dan saya adalah panjenengan? Salam damai sejati.

  24. Kahatur Sinuhun Sabdo Langit, mugi Poduko tansah winantu ing karaharjan. Sinuwun, dangu kawulo ngantu saged pinaringan dhawuh. Sakmeniko kawulo sowan ing mriki. Sendiko nampi dhawuh, Sinuwun.

  25. wongalus

    Monggo-monggo mas Silora, meniko gubuk kangge sinau bareng. Mboten wonten guru murid, mas.. ing mriki guru njih murid.. murid njih guru.. sami-sami belajar. Monggo Ki Sabda dipun wangsuli meniko wonten atur saking mas silora ingkang kinurmatan.

  26. panembahan kepuh

    kapan raden mas Ali menjadi Mas Kumitir dan kapan menjadi Wong Alus??????
    Ki Sabda Langit, Kang Hidayat pada ngertos nopo mboten?

  27. Ki Wong Alus, sungkem konjuk, mugi sedoyo poro kadang ingkang mirunggan ing blog ngriki tansah winantu karaharjan. Sampun sakwetawis kulo nderek pisowanan ngangsu kawruh ing blog ngriki, ewo semanten nembe wantun matur. mugi mboten adamel duko, Ki.
    Rahayu….

  28. Yth Mas Susilo; Salam kenal mas. Matur nuwun sampun kerso pinarak di gubuk cubluk ini. Nanging, mung meniko ingkang saged kulo aturaken kalian para sedulur. Ngapunten mbok bilih wonten atur ingkang kirang etis. Nuwun. Rahayu..

  29. Arif Martoyo

    Good, ya ini salah satu yang saya cari selama ini. Terima kasih atas semua artikelnya, saya sangat menyukainya karena dapat membantu pencerahan lebih dalam lagi menyelami samudera bathin yang penuh dengan cabang cabang yang bisa membuat keblinger si sejati ini….

    * Pengembara Hati *

  30. Nanang setiawan

    Ass,slm knl nm sy nanang dr bekasi jawa brat,sy ingin bertnya kpd ki kumitir,sudilah kiranya ki kumitir membimbing sy dlm hal ilmu ma’rifat,atau ktakanlah memberi bibit atau benih ilmu ma’rifat atau ilmu laduni ( maaf sy krang bs menysun kt2nya ),yg slnjtnya bs dkmbngkan oleh dr sndiri dan atau melalui bimbingan ki kumitir,shngga bs digunakan kbaikan dn brguna bg kmslahajn umat.htr nhn ki,WSLM

  31. Ass slm knl nm sy mahmud dr jember jawa timur sy ingin bertnya kpd kang kumitir ,sy menjalankan semedi tp sangat susah untuk ning \susah banget untuk manunggaling kawulo ngusti .sy mohon kang kumitir memberi arahan \ wacana \tata cara sebelum kita semedi apa ada lelaku ,membaca amalan .itu ajakang uneg dlm diri sy selama ini baru sekarang sy beranikan diri untuk bertanya sm kang kumitir.sy mohon maaf yg sebesar besarnya baru kenal sekali sdh tanya yg sangat mendalam trima kasih atas bimbingannya kang kumitir ,wslm.

  32. kulo nuwun.
    atur kaluputan,salam kenal kagem mas kumitir,mas wong alus,mas sabdo langit,lan sedoyo mas2,tepangaken kulo ersan saking jember nangeng pados panguripan teng bali,pengen ngangsu kaweruh dumateng mas kumitir lan wong alus menawi di ijini,awit kulo niki namung bocah wingi sonten engkang takseh cubluk ing pangerten,sering maos blogke mas kumitir najan katah sanget engkang mboten paham,nyuwun bimbingane.
    nuwun

  33. bagus satrio

    Salam perkenalan sangking kawulo (bagus satrio)….mas kumitir,
    sederek wong alus,lan mas sabdalangit kulo ngasuh kaweruh wonten Blog panjenengan

  34. wongalus

    @sdr bagus satrio: salam kenal juga kagem panjenengan. Matur nuwun sampun kerso nyambung tali silaturahim njih mas. Mugi Gusti paring ridho usaha panjenengan mas. Pamuji rahayu.

  35. “meraga sukma” dgn amalan surat al-kahfi.barang siapa yg menbaca surat al-kahfi dihari jum’at maka dia akan bertemu dgn ruh dirinya sendiri.setiap hari senin dan kamis harus puasa.amalan ini sudah pernah dicoba oleh penulis.waktu itu penulis puasa senin-kamis lalu dihari jum’atnya penulis membaca 4 ayat terakhir surah alkahfi ternyata butuh waktu berjam-jam utk menyelesaikannya.setelah selesai penulis baring sambil membaca zikir.dan seketika ruh penulis terbang.wasalam. :-) boleh dicoba!

  36. usmi

    ass..YA ALLAH alhamdulillah masih ada insan2 spt panjenengan yg mau menyebarkan pengetahuannya utk kami2 yg org jawa tp sdh tdk “njawani”. seringkali saya yg org awam sampai merinding membaca tulisan2 panjenengan,jero sanget. nuwun sewu sa’derenge kalau saya lancang bertanya,saya punya kasus spt sdr. mahmud,mungkin lebih parah krn lbh bodho,saya sudah mulai puasa2 dino 40 atas bimbingan seseorang, tp mengapa sampai saat ini saya tdk peka merasakan perubahan apa yg sdh ada dlm diri saya? apakah memang bukan jatah saya utk belajar hal2 spt ini? mohon bimbingannya mas kumitir. kulo saking malang. matur nuwun.wasalam.

  37. wongalus

    @sdr Usmi: mengamalkan ilmu gaib itu memang rasanya biasa-biasa saja. Namun bila Anda ikhlas dan istiqomah, maka kegaiban akan muncul dengan sendirinya bila anda perlukan. Nuwun pamuji rahayu.

  38. Mukhlis Zarkasih

    salam kenal mas… sy org Melayu dr Pontianak yg suka dgn Budaya Jawa…. saya suka dgn blog anda mas wong alus…. Mas Kumitir dan Ki Sabda Langit…….

  39. PAIJAN

    Salam kenal sedulur kabeh, enyong kan daerah kebumenan kiye, jan enyong gumun banget ya jaman siki esih ana wong sing bisa kaya mas kumitir kebriben ya carane mbok ditularna lah aja nggo dewek baen.
    Siki akeh wong sing gede omonge tok ning ora bisa nglakoni lha nek mas kumitir kiye ketone walikane, ora kakehen omong ning nglakoni, apa kaya kuwe bisa disinaoni apa ya teka dewek kan Gusti Allah ya….Mas kumitir enyong mbok dicritani kepriben bisane nglakoni kaya kuwe lah ketone urip ko ayem banget yaaaa…

    salam/ Paijan

  40. PAIJAN

    Wong urip tulin nggolet ayem ya mbok, ningan pada kesasar saya sugih malah saya ora ayem, saya duwur pangkate malah ora ayem, kepriben mas kiye, ning angger ora melu kaya kue dikirane wong frustasi la keriben kiye.

    Jan enyong mbayangna tulisane mas Wong alus ka, jan kepenak banget kuwe mas kumitir bisa manggon nang tengah sawah karo ngrongokna kodok wah mak nyus banget kuwe ngger dibandingna kondisi karo jakarta sing wis ora krungu swara alam.

    ya bener ngendikane mas kumitir kaye nek diomongna malah dadi salah, mengurangi arti sing sabenere ning angger ora diomongna ya salah sebab wong liya ora bisa ngerti…lah embuh mbingungi kiye..

    suwun mas

  41. wongalus

    @mas Pajian, terima kasih mas. Semoga rahmat hidayah tercurah pada Anda. Salam damai.

  42. Maryoto

    Wah bingung niki koment e, kulo tak nderek mawon,kulo nggih prlu artikel niki

  43. erwan

    salam kenal buat semua sedulurku…..( durung tau kenal kok ngaku sedulur…he…he…) terutama buat yang empunya blog ini.

    Ngapunten, boso jowone nggak sepiroo alus banget, maklum…dari bang wetan…saya ini baru mbrojol, jangankan merangkak…murep aja belum bisa…namun kok rodo kurang ajar wes wani – wani nggunduh bahkan ngeprint artikel- artikel dari panjenengan ….ngapunten ingkang katah lho mas…dibaca dan untuk ku belajar mas…ben ora kualat, wong jowo ben ora lali jawane to mas…..

    sekali salam kenal dan nyuwun bimbingane konco- konco kuabeh…

  44. Slm damai dulur2…mohon m.af…..lahir…..batin

  45. ASWB KOMENTAR TERAKHIR DARI WONG ALUS MENYATAKAN “TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN BAGI tUHAN “……….MONGGO SAJA
    TETAPI INGATLAH BAHWA TUHAN TIADA MUNGKIN MENGINGKARI JANJINYA. TUHAN TIDAK MUNGKIN BUTA.TUHAN TIDAK MUNGKIN BISU.TUHAN TIDAK MUNGKIN BERSETUBUH. DAN……………..
    AMIT WONG ALUS……………WASPADALAH.WASPADALAH…..WASPADALAH
    SALAM….SALAM…………..SALAM
    YANG PALING PASTI TUHAN TIDAK MUNGKIN DICIPTAKAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    JADI ADA YANG TIDAK MUNGKIN BAGI TUHAN……………

  46. jay

    Sugeng dalu ,

    Kagem sedoyo poro sederek kawulo ugi tumut mangayu bagio dene taksih wonten sederek sedoyo ingkang taksih paduli dumateng wulang reh soho
    kabudayan jawi ingkang sejatosipun sanget adi luhung meniko .

    Kulo ugi matur suwun sanget khususipun dumateng mas Kumitir ingkang sampun nyediaaken blok ingkang saget di pun waos dening tiyang katah

    Mugi- mugi sageto migunani kagem nempuh ing gesang soho selajengipun.

    amin amin amin

  47. banyu lumut

    salam takzimku poro sepuh….

  48. Tatang Kurniawan

    RAHAYU,,,

  49. wahyu

    sampun katah sakmeniko kawulo mudo ingkang nguri-uri kabudayan jawi, sayange kawulo niki wong cilik sing bodo ketoke wong jowo malah ra mudeng jowo,, kagem poro2 sastrawan jowo mbok tulung kawulo diajari? kawulo manggen wonten gubug tlatah boyolali, menawi saged mas kumitir, wonga alus, ki sabdo maringi nmer hape supados kawulo saged komunikasi maslah kejawen,,meniko nmer hape kawulo 085876205777…marur nuwun sanget

  50. ducati

    absen dulu

  51. Palui

    menelusuri jejak setapak…..para sesepuh

  52. sugengdalu dumateng ki wong alus,ki+kumitir lan sedoyo pinisepuh,sedulur+kwa.nyuwun sewu nderek nyimak lan sinau

  53. salam damai

    jas merah kalau benar artikel ini adalah artikel pertama kampus tercinta ini, merupakan artikel yg dibuat oleh sesepuh pendiri

  54. Sugeng dalu sedayanipun kawula nderek ugi nggih .

  55. ikhsan febri

    rahayu,rahayu lumintu langgeng,

  56. jenggot

    sugeng enjing sederek pinisepuh sedoyo…terimakasih atas ilmu dan wawasan yang sangat luas dalam situs ini …semoga bermanfaat buat semuanya..amin.

  57. rasa takut amat besar menyelinap dalam diri…………..kkkkkuuuuuuuuuuuuttttttttt
    atutah…..kkwkwkwkwkwkwk….keplintir…….sumilir……..nyengir

  58. Mugi para kadang ing AAK, raharja ing saparan-paran …….

  59. SALAM KENAL MAS WONG ALUS DAN MAS KUMITIR…SAYA SERING COPY PASTE TULISAN2 YG ADA DI BLOGNYA MAS KUMITIR…BANYAK SEKALI MANFAATNYA,,,TERIMA KASIH DAN TERUSLAH BERKARYA

  60. harbag

    ….diskusi….wawan rembag…saling menghormati….bukan main….(saya yang merasa bangga bahwa masih ada pribadi2 yang mebanggakan)

  61. kikiwijaya ayudewi

    Yth. Mas Kumitir dan sahabat penggemar blog ini, teruskan saja melakukan tukar informasi dalam wadah ini, karena waktu penyambutan Tatanan Dunia Baru sudah mulai jalan, hal tersebut berkaitan dengan pembukaan harta amanah yang dimulai dari Bogor yaitu Sandi Kelapa yang bercabang tujuh.

  62. Mas Pletre

    Kula nuwun MasKumitir, nderek tepang nggih kula mas Pletre mbok bilih wonten keparengipun menawi kula kepingin sowan panjenengan prayoginipun wonten pundi nggih?

  63. Bagus mas tulisanya apalagi bagi orang jawa yg gk ngerti budaya jawa. Sprti q ini. Klo bs di kasih terjemahan bahasa ìndonesia. Biar paham maknanya. Maturnuwun sanget.

  64. seto

    buat mas kumitir apa ada makna gerakan sholat dalam paparan ilmu jawa smisal takbir makna ny apa ruku,sujud,dan juga salam, minta tolong di wedar bila ada. matur nuwun sanget

  65. AGUST

    HAHAHAHHAHAHHAHAHHAHAH

  66. AGUST

    Sholat itu artine ngesol ilat..hehehehe…kate babeh gw. …..gw salut banget nih ama orang jawa gerakan sholat aje itu ada artinye….padahal sumbernye aje kalo sholat asal2an pake gendong cucu segala….tapi kenape pas ampe jawa sholat jadi ribet begini…….SESAT LU PADA…….MET KENAL NIH AGUST DI TANGERANG.

  67. yuli as'suro

    salam kenal kgem mas2 sedayanipun,mugi sedoyo diparingi kraharjan lan kasempurnaning asih dening gusti kang moho asih

  68. tirtakencana

    Walau terlambat tp mengapa. Seyogyanyalah seperti ini yg harus bnyk dituliskan sbg bahan perenungan diri tanpa ada yg merasa pinter dan dipinteri. Kl kita lihat hal semacam ini sdh termasuk barang langka di masa carutmarut, jaman penyaringan yg penuh ego2 keakuan. Salam kenal saudara2 yg jauh tp serasa dekat dgn tujuan yg satu tentunya.

  69. Monggo sami sami mbuka budaya Jawi kang adiluhung (tirosing poro leluhur kuno banso kito niki bangso kang kebak wewadi kang maboten wonten bangso sanes kang ngukuli bangsa Nusantara niki wiwid jumeduling Jalmo Manungso teng alam nduyo niki Lho)

  70. mas agung

    salam hormat.. nderek sinau.. alhamdulillah smoga dgn pertemuan ini.. bertambah banggaku terlahir mjadi manungso jawi.. utk lbh bs mengenal jati diri.. matursembah nuwun.. rahayu sami..

  71. sri wahyuni indah sawitri

    assalamu’alaikum makasih banyak untuk mas wong alus atas tulisan tulisannya,,,,,mungkin saya anak yang kurang ajar karena belum minta izin sudah main co pas aja blognya n mengamalkannya….saya tertarik dengan blog blog yang ada di kampus wong alus saya ingin mendalami n mengerti jati diri serta ingin lebih dekat dengan gusti Alloh tapi saya masih bingung harus kemana saya pergi….dengan cara apa saya bisa dekat n bagaimana caranya saya bisa mengenal auliya dan sebagainya sampai akhirnya saya bertemu dengan bloh ini semogA saya bisa memahami arti hidup serta bisa dekat dan belajar tentang arti kehidupan dan untuk mas wong alus dan sedulur kabeh mendapatkan pahala yang banyak dari gusti Alloh….n kita semua mendapatkan syafaat rosululloh ammiin……….kalo boleh minta tolong bimbingnnya supaya saya bisa memahami arti kehidupan dan bisa belajar ilmu agama….kalaupun saya harus ngaji mohon sedulur semua bisa membantu saya dimana saya harus mengaji….
    mas wong alus apakah wanita boleh mengamalkan asma atau belajar ilmu gaib gitu?mohon jawabannya…

  72. Assalam…mas kumitir,sya boleh minta nope jenengan?atau alamat jenengan.

  73. Salam..nuwun sewu,bagaimana caranya dan kapan ya saya wong cubluk iki bisa pinanggih panjenengan sedoyo..ngangsu kawruh. Suwun

  74. Assalam..wrb.mas alang yth.sy mau tnya.sya punya anak dgn lhr prematur..yg sya mau tnya.smsih dlm kndungan,sdh sy siapkan nma..ibnu azis al faqih..tp pas lhr.ju,mat manis.ada suara ga ada ujud.ksh nama..raden bagus ismoyo.skrng dah dua thn.tpi sering mondah..mhn mas alang.mau bntu sya,ada apa dgn anak sya..matur nuwun mas,wassalam

  75. mas angsal nyuwun alamate ten jogja

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: