ILMU LADUNI


Dalam khasanah makrifat, pejalan spiritual akan bersinggungan dengan istilah ILMU LADUNI. Yaitu pengetahuan yang diperolehi tidak melalui proses kegiatan belajar mengajar dan membaca buku-buku, namun melalui PANDANGAN MATA HATI YANG DITERIMA LANGSUNG DARI ALLAH.

Tuhan hanya bisa dikenal jika Dia sendiri berkehendak untuk dikenali. Jika Dia ingin memperkenalkan Diri-Nya kepada hamba-Nya maka hati hamba itu akan dipersiapkan untuk dilakukan pembersihan. Selanjutnya, Hati hambanya tersebut diterangi dengan CAHAYA atau Nur-Nya. Nur-Nya adalah kendaraan bagi hati untuk sampai ke SISI-Nya.

HATI ADALAH BADAN DAN RUH ADALAH NYAWANYA. RUH PULA YANG LANGSUNG TERKAIT DENGAN TUHAN DAN KETERKAITAN ITU DINAMAKAN AS-SIR (RAHASIA). RUH ADALAH NYAWANYA HATI DAN SIR ADALAH NYAWANYA RUH. BOLEH JUGA DIKATAKAN BAHWA HAKIKAT HATI ADALAH RUH DAN HAKIKAT RUH ADALAH SIR. SIR ATAU RAHASIA YANG SAMPAI KEPADA TUHAN DAN SIR YANG MASUK KE HADRAT-NYA. SIR INILAH MAMPU UNTUK YANG MENGENAL ALLAH KARENA SIR ADALAH HAKIKAT SEMUA YANG BERWUJUD.

Cahaya Ilahi menerangi hati, ruh dan Sir. Cahaya Ilahi akan membuka hakikat-hakikat. Amal dan ilmu tidak mampu menyingkap rahasia hakikat-hakikat. Cahaya Ilahi berperanan menyingkap tabir hakikat. Orang yang mengambil hakikat dari buku atau memahami dari ucapan orang lain belumlah dikatakan mengetahui hakikat yang sebenarnya. Mereka hanyalah menyangka atau mengkhayal sudah mengetahui hakikat padahal sesungguhnya belum.

Hakikat akan diketahui apabila seseorang gigih mendalami pengetahuan tentang hakikat dari perenungan-perenungannya sendiri (berarti dia menggunakan akalnya sebagaimana yang dianjurkan Tuhan dalam agama) dan kemudian mempraktekkannya dalam perbuatan sehari-hari dengan mempertimbangkan dengan hati nuraninya. Ditambah dengan memohon ampunan, memuji Nama Tuhan sebagai pembersih hati. Kemudian bersabar menanti hadirnya sinar kebijaksanaan sambil terus juga berharap.

Alam ini pada hakikatnya adalah gelap. Alam menjadi terang karena ada kenyataan Tuhan padanya. Misalnya kita berdiri di atas puncak sebuah bukit pada waktu malam yang gelap gelita. Apa yang dapat dilihat hanyalah kegelapan. Apabila hari siang, matahari bersinar, akan terlihat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang menghuni bukit itu. Yang terlihat di atas bukit itu menjadi nyata karena diterangi oleh cahaya matahari. Cahaya mewujudkan yang gelap menjadi benda-benda yang nyata.

Sesungguhnya cahaya hanya satu jenis saja dan datangnya dari sumber yang satu jua. Begitu juga halnya pandangan mata hati. Mata hati melihat banyaknya hakikat karena banyaknya hakikat yang tercermin dari ragam Cahaya Ilahi, sedangkan Cahaya Ilahi datangnya dari cahaya  yang satu yang bersumberkan Zat Yang Maha Esa.

Kegelapan yang menutupi mata hati menyebabkan hati terpisah daripada kebenaran. Hatilah yang tertutup sedangkan kebenaran tidak tertutup. Dalil atau bukti yang dicari bukanlah untuk menyatakan kebenaran tetapi untuk mengeluarkan hati dari lembah kegelapan kepada cahaya yang terang benderang. Cahayalah yang menerangi atau membuka hijab hati.

Nur Ilahi adalah cahaya yang menerangi hati dan mengeluarkannya dari kegelapan serta membawanya untuk menyaksikan sesuatu dalam keadaannya yang asli. Apabila cahaya Ilahi sudah membuka tirai dan cahaya terang telah bersinar maka mata hati dapat memandang kebenaran dan keaslian yang selama ini disembunyikan oleh alam nyata. Semakin terang cahaya Ilahi yang diterima oleh hati akan menambah jelas kebenaran yang dapat dilihatnya.

Pengetahuan yang diperolehi melalui pandangan mata hati yang bersumber dari Cahaya Ilahi dinamakan ILMU LADUNI ATAU ILMU YANG DITERIMA DARI ALLAH SWT SECARA LANGSUNG. KEKUATAN ILMU YANG DIPEROLEHI BERGANTUNG KEPADA KEKUATAN HATI MENERIMA CAHAYA ILAHI.

Para pejalan spiritual awal yang hatinya belum cukup bersih, maka cahaya Ilahi yang diperolehinya tidak begitu terang. Oleh itu ILMU LADUNI yang diperolehinya masih belum mencapai peringkat yang halus. Pada tahap ini hati terkadang masih mudah goyah dan sewaktu-waktu mengalami kekeliruan. Kadang-kadang hati masih cenderung menuju yang samar-samar dan abu-abu.

Orang yang tataran spiritualnya pada peringkat ini memang perlu mendapatkan bimbingan dan penjelasan dari ahli makrifat yang ilmunya lebih tinggi. Apabila hatinya semakin bersih cahaya Ilahi semakin bersinar meneranginya dan dia mendapat ilmu yang lebih jelas. Lalu hatinya menghadap kepada yang lebih benar, sehinggalah dia menemui kebenaran hakiki.

TERBUKANYA MATA HATI MEMPERLIHATKAN KEPADA ANDA AKAN KEBERADAAN ALLAH. KESAKSIAN MATA HATI MEMPERLIHATKAN KEPADA ANDA KETIADAAN DIRI SELAIN WUJUD NYA. KESAKSIAN HAKIKI MATA HATI MEMPERLIHATKAN KEPADA ANDA BAHWA HANYA TUHAN YANG WUJUD, TIDAK TERLIHAT LAGI KETIADAAN DAN WUJUD ANDA.

Apabila hati sudah menjadi bersih maka hati akan menyinarkan cahayanya. Cahaya hati ini dinamakan Cahaya Qalbu. Ia akan menerangi AKAL lalu AKAL dapat memikirkan dan merenung tentang HAKIKAT KETUHANAN yang menguasai alam dan juga dirinya sendiri. Renungan akal terhadap dirinya sendiri membuatnya menyadari perjalanan hal-hal ketuhanan yang menguasai dirinya. Kesadaran ini membuatnya merasakan dengan mendalam betapa dekatnya ALLAH dengannya.

Lahirlah di dalam hati nuraninya perasaan bahwa DIA sentiasa mengawasi gerak-gerik kita, mendengar pembicaraan dan mengetahui bisikan hati kita. Jadilah dia seorang yang CERMAT, ELING DAN WASPADA.

Di antara sifat yang dimiliki oleh orang yang sampai kepada MARTABAT ini ialah: 1. CERMAT DALAM MELAKSANAKAN HUKUM TUHAN. 2. HATI TIDAK CENDERUNG KEPADA HARTA,  CUKUP DENGAN APA YANG ADA DAN BAHAGIA BILA BISA MEMBANTU ORANG LAIN DENGAN HARTA YANG DIMILIKINYA. 3. BERTAUBAT DENGAN SEBENARNYA (TAUBAT NASUHA) DAN TIDAK KEMBALI LAGI KEPADA KEJAHATAN. 4. RUHANINYA CUKUP KUAT UNTUK MENANGGUNG KESUSAHAN DENGAN SABAR DAN BERTAWAKAL  5. KEHALUSAN RUHANINYA MEMBUATNYA MERASA MALU KEPADA TUHAN DAN MERENDAHKAN DIRI KEPADA-NYA SAJA.

Orang yang taat kepada perintah-NYA senantiasa kuat melakukan ibadah dan meningkatlah kekuatan ruhaninya. Dia akan kuat untuk menyerahkan semua urusan kehidupannya kepada TUHAN saja. Dia tidak lagi takut apapun yang menimpanya. Dia tidak lagi tergantung kepada sesama makhluk. Hatinya teguh dan ikhlas dengan semua ketentuan-NYA.

BAHAYA dan BENCANA SEHEBAT APAPUN tidak lagi menggugat imannya dan KENIKMATAN DUNIA tidak lagi menggelincirkannya. Baginya SUKA dan DUKA, BENCANA dan KEBERUNTUNGAN sama saja, karena ini takdir yang SUDAH DITENTUKAN TUHAN untuknya dan takdir-NYA kepada kita pasti yang terbaik.

Orang yang seperti ini sentiasa di dalam penjagaan TUHAN karena dia telah menyerahkan dirinya kepada TUHAN juga. TUHAN menganugerahi orang ini dengan kemampuan untuk melihat dengan mata hati dan bertindak melalui Petunjuk Laduni, tidak lagi melalui pikiran, kehendak diri sendiri atau angan-angan. Pandangan mata hati kepada hal ketuhanan memberi kesan kuat kepada hatinya (kalbunya). Dia mengalami suasana yang menyebabkan dia menafikan perwujudan dirinya dan diisbatkannya kepada Wujud ALLAH.

Suasana ini timbul akibat hakikat ketuhanan yang dialami oleh hati.. Dia MERASAKAN benar-benar akan keesaan Allah bukan sekadar mempercayainya. Hakikat sesungguhnya hanya bisa dialami dengan mata hati. Mata hati melihat atau menyaksikan keesaan TUHAN dan hati merasakan akan keadaan keesaan itu. Mata hati hanya melihat kepada Wujud-NYA, tidak lagi melihat kepada wujud dirinya.

Orang yang di dalam suasana seperti ini telah transenden dari sifat-sifat kemanusiaan. Orang yang mencapai tingkat ini dikatakan telah mencapai maqam TAUHID SIFAT. Hatinya jelas merasakan bahawa tidak ada yang berkuasa melainkan DIA dan segala sesuatu datangnya dari ALLAH.

Yang perlu digarisbawahi, bahwa perjalanan spiritual manusia akan melalui beberapa tingkatan dalam proses mengenal Tuhan. Pada tahap pertama terbuka mata hati dan cahaya Qalbu memancar menerangi akalnya. Seorang yang akalnya diterangi cahaya Qalbu akan melihat betapa dekatnya TUHAN. Dia melihat dengan ilmunya dan mendapat keyakinan yang dinamakan ILMUL YAQIN.

Pada tahap keduanya mata hati yang telah terbuka. Seseorang tidak lagi melihat dengan mata ilmu tetapi melihat dengan mata hati dan mata hati memandang itu dinamakan KASYAF. KASYAF MELAHIRKAN PENGENALAN ATAU MAKRIFAT. Seseorang yang berada di dalam maqam makrifat dan mendapat keyakinan melalui kasyaf dikatakan memperolehi keyakinan yang dinamakan AINUL YAQIN. Pada tahap AINUL YAQIN seseorang telah menceburkan diri di wilayah kegaiban segala sesuatu termasuk dirinya sendiri. ###

About these ads
Categories: ILMU LADUNI | 55 Komentar

Post navigation

55 thoughts on “ILMU LADUNI

  1. Sugeng Ndalu Ki
    Nyuwun ijin badhe share komentar bilih para rawuh kersa paring tanggap sasmita.

    Dalam pencapaian kesadaran tinggi, akan ditemukan kesadaran baru, di mana kita justru bingung saat menyadari bahwa diri (ruh) kita menjadi sirna, hilang entah kemana. Itulah saat di mana kesadaran ruh memasuki kesadaran rahsa, selanjutnya kesadaran rahsa merasa silau memasuki kesadaran cahaya. Rahsa sejati kita menjadi tak tampak lagi berbaur atau entah melebur ke dalam “ruang” cahya sejati. Yang bisa terfikirkan, inikah wahana cahaya suci/nurullah, alias malaikat (Islam/Katholik), alias arwah leluhur yg mencapai kamulyan sejati (jawa), atau dewa (hindu) dst. Cahaya suci merupakan empan papan dimaksud sebagai papan kamulyan sejati. Dan saat itu Tuhan semakin tak tampak, karena benar-benar menyatu antara rahsa dan hakekatnya (nur sejati). Ya..hakekat di dalam hakekat.
    Apa yg ada dalam benak anda para pembaca semua yg budiman, andai saja dan jika saja, ini merupakan “suara” dari ruh saudara anda sendiri yg sudah puput yuswa sejak masih kecil (steril dari dosa/kesalahan) dan anda sering sekali bertemu dan berdialog dengannya sejak anda masih kecil..? andai saja….

    salam sih katresnan

  2. sapto

    Sugeng ndalu Mas Wong Alus, Mas Sabda…
    Nderek jagongan njih…:-)
    Salam hormat

  3. Ngabehi

    Kula njih nderek jagongan Nggih KI Sabda lan Ki Wong Alus, kaliyan nengga sabdanipun para kadang sutresno.Badhe nyuwun pirso Ki, yen mboten lepat hakekat sakjroning Ruh manungsa menika wonten 3 perkawis, Nur Muhamand (kehidupan), Nur Insan (Hidup) lan Nurullah (Menghidupi), menawi tiyang ingkang sampun tilar dunya, sedaya wau kesah dateng pundi purugipun?

  4. lor Muria

    Kula njih derek KI…nderek ngiyub wonten Gubuk Kamulyan meniko…

    melirik keatas…banyak pertanyaan dari Poro Pinisepuh yang sulit untuk dijawab oleh Diri2 ini yang belum menemukan Kamulyan sejati.
    Akan tetapi saya yang masih cubluk ini punya GAMBARAN, apabila kita sdh bisa Menjadi manusia yang Ikhlas, sebenar2nya Ikhlas (seperti Banner diatas) dan Ridho yang sebenar2nya Ridho, kita akan bisa mengerti Apa sejatinya Ilmu Laduni, Ruh, Nur, serta Kamulyan Sejati. Serta mau diapakan dan dikemanakan Ruh,Nur,Ilmu laduni,dan kamulyan sejati itu…..
    Nuwun sewu KI…Mohon pencerahannya..

    Salam

  5. Sekedar pengamatan atau kebenaran yang langsung sebagai pembuktian atau proses belajar terhadap diri kita , ya..mungkin dilingkungan kerabat, sanak saudara atau bahkan para sahabat dalam kehidupan sehari-hari,kita pernah mengalami sesuatu peristiwa atau kejadiannya luar biasa /diluar rencana atau diprogram terlebih dahulu hakikatnya anugerah tersebut adalah bagian dari ilmu Laduni .

    Jenjang dan tingkatan limpahan/anugerah ilmu Laduni setiap hamba-nya beda-beda sesuai kadar dan tingkat kebutuhan sesuai dengan situasi dan kondisinya, dan bertingkat-tingkat sesuai tingkat ketaqwaannya seorang hamba.sebagai misal : seseorang dianugrahkan ilmu dari sisi-NYA tentang Tata Cara Menemui Tuhan terus…….terus…… akhirnya dapat belajar atau berguru langsung kepada TUHAN .ini bagian dari ilmu Laduni tentang ilmu tata cara dan kaidah2 yang berkaitan dengan ilmu KETUHANAN . Uraian ini baru sebatas pemahaman dan pengertian sebagai wawasan .

    Lanjuti ki …..mohon dikoreksi dan pencerahannya. salam buat sahabat2 semua diblog ini, salam alus, asih dan sejati.

  6. wongalus

    Yth Para Handai Tolan dan Saudara Seperjalanan…
    Sungguh sebuah kehormatan bagi sy, bila panjenengan semua sudah paring nasehat dan pitutur yang sangat bermanfaat untuk terus saling meneguhkan niat untuk menjalani hidup yang baik dan lurus.

    Apa yang disampaikan Ki Sabda, kiranya tidak sulit dipahami bila kita tidak hanya menggunakan akal yang sumbernya dari fisik otak belaka. Namun bagi yang terbiasa untuk menggerakkan “AKU SEJATI”nya untuk menembus alam-alam raya yang serba gaib, hal ini pasti tidak sulit dan tidak membingungkan.

    AKU YANG SEJATI (Ruh yang sifatnya abadi) yang disadari terus menerus dalam berbagai kondisi akan tiba-tiba terasa lenyap dan terserap oleh DAYA ILAHI yang merupakan SUMBER DARI SEGALA SUMBER CAHAYA yang sesungguhnya HANYA SATU, YAITU GUSTI ALLAH.

    Ini membuktikan bahwa aku sejatiku adalah berada di dalam AKU-NYA TUHAN… innalillahi wa inna ilaihi rajiun….

    AKU SEJATI memang memiliki kodrat dan iradat sendiri, yang berbeda dengan aku yang belum dan tidak sejati. AKU SEJATI adalah sesuatu yang terasa abadi, tidak akan mati dan remuk meskipun tubuh dan semua milik kita hancur dimakan oleh waktu. Bahkan oleh Kiamat pun, AKU SEJATI akan tetap hidup dan kembali kepada-NYA juga.

    salam sejati

  7. Yth Ki Ngabehi…

    Sejatinya ruh manusia itu satu, abadi dan wungkul tidak terpecah-pecah. Pengkategorian menjadi tiga sebagaimana yang disampaikan oleh Ki Ngabehi yaitu Nur Muhamand (kehidupan), Nur Insan (Hidup) dan Nurullah (Menghidupi), itu adalah tugas yang diemban ruh kita menggenggam amanah yang tidak ringan: sebagai wakil Allah di muka bumi. Nah, ruh ini tidak akan pernah mati dan terus hidup dengan daya AKU-NYA meskipun badan kita hancur berantakan di kuburan.

    Bila nanti kita dipanggil-NYA, Ruh ini masih berada di sini, kini.. tidak kemana-mana meskipun bisa kemana-mana menembus-nembus alam-alam gaib di semesta yang lain sebagaimana panjenengan sedaya hidup saat ini. Monggo dirasakan keberadaan aku sejati kita masing-masing. Ruh (aku sejati) inilah yang nanti akan menyaksikan pergelaran alam semesta dihancurkan saat kiamat, masuk pengadilan, jalan di shiratal mustaqim di atas neraka, dan masuk surga atau neraka, dan saat penggulungan semua yang ada ini oleh-NYA.

    Wallahu a’lam

  8. Sudah dapat Ilmu Laduni, Kang?

  9. wah bagus nih informasinya, terimakasih ya mas udah sharing sama kita-kita
    jadi tambah ilmu baru nih. yuk kalau ada waktu luang sobat, mampir jalan-jalan ke blog sederhana saya, sekedar silaturahmi [info ternak]

  10. Moh.Ashari

    Derek Usul ki alus Ilmu LaDuni menurut menurut pendapat kawulo saking segi bahasa adalah Janganlah meninggalkan Duniakita mungkin maksudnya hendaklah kita mengetahui fungsi seluruh anggota tubuh kita dan alam sekitar kita khususnya didalam hati kita semuanya kita manfaatkan sesuai kaedah yang telah ditetapkanNya didalam hati kita ada dua saluran pertama saluran yang menyalur ke alam Malakut dan yang satu menyalur ke alam Syayatin yang mengendalikan nafsu kita kita kesemuanya bercampu baur didalam tubuh kita bersamaan dengan peredaran darah dan hembusan Nafas kita, kendaklah bisa sebagai penengah wasithah diantaranya.

  11. jack sparroow

    SALAM Sejahtera… sungguh pemaparan yang sangat bijak, tidak ada yang di paksakan semua lepas terurai dalam iradah. tidak ada penampakan dari “aku” dalam pemaparannya… semoga bermanfaat bg kita semua!!!

  12. salam silahturohkim ki…… ngapunten ki nderek jagongan.ugi nyuwun ijasahe ngamalake ngelmu kang sampun diweruhake. kagem sedulur sedanten salam silaturohkim ugi.
    matur suwun.

  13. arifin

    nyuwun ijasahe ugi damel ngamalake ilmu kang panjenengan paring …matursuwun

  14. Arya Kamuning

    Assalamu’alaikum,

    Mohon kepada para sesepuh kiranya sudi mengijazahkan ilmu tenaga dalam atau amalan yang mampu menggerakkan benda mati.. Hatur Nuhun..

  15. lutfilla hendra

    aki saya minta ilmu laduni sungai raja&berkah doa y amin…..

  16. Patah-Tulang Multytherapist

    Amien………..YRA

  17. asalamualaikum ki, maaf nih bila saya lancang dengn izin allah yg maha perkasa saya mohon ki membimbing saya dalam, mempelajari ilmu ini,
    saya sempat mengutip kata dari tulisan di atas dalam mempelajari spritual
    manusia kita harus melalui beberapa tahapan, saya ingin mempelajari
    tahapan pertama ya itu membuka mata hati dan cahaya qolbu, itu dulu
    yg ingin saya tanyakan se kali lagi maaf yah ki, saya sedang menjlanai
    apa yg ki tulis di atas tapi pengetahuan tanpa guru tersa hambar bagi saya
    di saat hati saya sedang kacau saya tidak tahu kepada siapa saya harus bertanya, yg saya tambah bingung lagi gi mna cara untuk berada di antara alam kasat mata dan alam tidak kasat mata karnah di sanalah nabi musa
    bertemu dengn sang guru dari ilmu laduni ini ya itu nabi khidir,as.
    yg di dalam al-quran di isyaratkan dengn dua lauatan yg berbeda
    sekiranya ki juga bisa menjelaskan semua itu ke pada saya…. wasalam ki dari arifin di gorontalo sulawesi utara kunjungi saja web saya..

  18. assalamu ‘alaikum.salam knal dan mohon petunjuk kpd smua sedulur K.W.A,yng kt cintai ini.bgaimana cara mensifatkan/menggunakannya dlm khdpan sehari-hari.bila kt tlah diberi hidayah oleh mengalami haqiqat diri(alif putih)mikraj naik msk kdalam lapangan cahaya putih yng tdk menyilaukan dan panas.haqiqat diri/alif putih melebur dlm lapangan cahaya trsbt smuanya srba putih kmdian k’sadaran diri lunglai turun kmbali kbawah msk dlm diri.mhon petunjuknya?

  19. adim

    derek lenggah deprok kalian nyimak geh…
    moggo dipun lanjut..KI…

  20. rudi

    anda punya masalah problem hidup?hutang menumpuk?tiap hari di kejar rentenir?jangan putus asa,kami ada untk anda
    kami siap bantu masalah anda sampai selesai,aman mudah dan tanpa tumbal
    tidak melenceng dari keagamaan,insyaALLAH km menggunakan ilmu wali
    mahar gartissssssssssssss
    karena kmi lebih utamakan persaudaraan dari pada mahar
    hub kami
    sukocorudi@yahoo.co.id

  21. agus

    bg yg ada msalah ttg santet,guna guna,atau hal gaib,
    saya siap bantu,
    hub
    mbahagus23@yahoo.co.id
    (melayani pesugihan putih)
    wslm

  22. amin

  23. asalamualaikum wr.wb….mohon izin menyimak semoga allah meridhoi kita semua….

  24. Ilmu Laduni Itu Ilmu model kita orang awam harus belajar dulu nanti dengan ijin Allah akan ada Firasat dalam hati sebagai tuntunan dan itu juga harus disesuaikan dengan aturan Qur’an dan Hadist sebagai barometer kehidupan kita nanti sandarannya jelas arti sebenarnya mempelajari ilmu ke akhiratan yang pana dan langgeng sebab kalau kita mempelajari ilmu akhirat dunia akan jadi penggoda kita baik itu harta tahta dan wanita pasti jadi godaaan kita kalau lah kita kuat jadilah kita orang yang Taqwa Ta= Tawadhu Qof= Qonaah Wawo= Waro Silahkan dibabar selanjutnya sampai kepada Nur Muhamad Sampai Guru Sejati Sampai Kepada Nikmatnya hidup Iklas nya Hidup

    He he kaya wong bener bae ari nulis maklum gemblung lan masih bocah

    Sok atuh agan agan sadayana dilanjut lah ..

    M. Yusuf/ supriadiaa@yahoo.co.id

  25. satrio ilang

    urutannya adalah ILMUL YAQIN, tahap berikutnya AINUL YAQIN dan tahap akhir adalah HAQQUL YAQIN…

  26. Mokhtarom Abdul Rahman

    Assalammualaikum,buatKampus Wong Alus yg tercinta.satu pencerahan yg dapat menghilangkan dahaga batin yg sentiasa berusaha mencari redho ALLOH .Semoga petunjuk darinya dapat menyampaikan kita kedestinasi.

  27. Assalammualaikum,buatKampus Wong Alus yg tercinta.satu pencerahan yg dapat menghilangkan dahaga batin yg sentiasa berusaha mencari redho ALLOH .Semoga petunjuk darinya dapat menyampaikan kita kedestinasi.

  28. ki deglu

    asalam mualaikum wrwb….
    alhambulia telah kuliyat suwatuh perubahan ,,,,,!
    saya ucapkan trimakasi telah memberi pengetahuan yg baik…!
    saya harapkan moga” tidak menyesatkan banyak orang lagi.
    yg tidak membesar” kan tentang ilmu” yg menyesatkan yg mengartikan nama tuhan di dalamnya yg bisa menyesatkan .yg sering di salah gunakan.

  29. jumain

    nyuwun sewu ki..dalem nderek nyimak..soho tangklet.manusia..telah d bari pancaran nurmuhammad..dan eronis nya..bayk mengartikan..nur muhammad adalh…muhammad../nabi yg dr negeri arab..nabinya kaum sedrek islam…yg saya mau tnyakan..apakh yg d maksud dr kata MUHAMMAD..ITU KI..
    AGR TMN2 YG SEALMA INI NON MUSLIM JUGA TAU…KI.ARTI..MAKSUD NYA KI..MHN PANJELASAN SANGKENG..SEDREK KANG GADAI BLOG MENIKO….SUWUN..SALAM RAHAYU…..

  30. Mohd Genius

    assalammualaikum…qolbiltu sy terima ijazahnya dgn lengkap & sempurna sideq guru sideqlah sy…

  31. dampingan

    Alhamdulilahi itu-lah hak Allah yang Ki sampaikan kepada semua.semoga hamba2 Allah mendapat pengajaran dari-nya.Amin

  32. Assalamualaikum…
    Para saudar senegara kalau ada permasalahan baik itu hutang,keluarga maupun perdagangan segerah hubungi mas raden rendi diningrat karena saya tlah merasahkan ke ajaiban nya dlm mengatasi segala hal silahkan kalau mau butuh pertolongan belio ini nomer hp yg bisa dihubungi nya 085316349822 jgn perna kawatir belio berhati mulya

  33. Izin Nyimak

  34. assalammualaikum…qolbiltu sy terima ijazahnya dgn lengkap & sempurna sideq guru sideqlah sy…

  35. Terima kasih sy orng bru yg mengunjungi website ini? pingin banget menguasai ILMU LADUNI gmana caranya( Kak Er )

  36. wong_kelana

    qobiltu. ki, izin menyimpannya. mudah-mudhan kelak bermanfaat bagi ana. salam takzim untuk semua sesepuh dan seluruh sedulur kwa. ana pendatang baru. mau tanya ke para sedulur semua. daftar resmi untuk anggota KWA gimana ya??? maklum ana wong awam. mohon pencerahan dan bantuannnya. salam by wong kelana.

  37. mohon ijin mengamalkannya pak…

  38. putu buyut

    Ijin mengutip dan mengamalkan mugo warisan poro sesepuh sagah kawulo lestarikaken !!!!

  39. agust

    yuyuyuy

  40. nama asli herwin nama panggilan erwin

    saya ingin skl belajar tentang gemblengan tenaga dalam

  41. Al-bantani

    Assalamualaikum,wr,wb para sespuh sedulur kwa..
    salam hormat saya, kira’nya mohon pencerahan serta petunjuknya. saya ingin menanyakan siapakah syech wali haji sakti kodrat sakti nurrullah??
    terimakasih atas bantuanya.

  42. arek ilang

    iku nyimak

  43. deni

    assalamualaikum…saya mhon mnta ijin tuk membaca nya..sya ucapkan trimaksih kpda kwa.smoga sukses slalu..amin..

  44. Rhendo

    Sungguh..ilmu Allah tiada terhingga,betapa nikmatnya bsa mencapai kdekatan yg sedekat2nya kepada Allah..ckp dngan benar2 menjalnkan perintah-NYA dn menjauhi larangan-NYA mka smua itu(ilmu Laduni)ataupn yg lainya akan datang dngan sndirinya atas kehendak Allah..

  45. IZIN MENGAMALKAN

  46. 333.awang uwung

    Salam rahayu dumateng sesepuh ugi pini sepuh KWA, ndherek ngansu kaweruh….

  47. Anonim

    Salamun alaikum………
    Derek midangetaken…….
    Illahi anta maqsudi wa ridhloka mathlubi akhtini mahabataka wa maqrifatak

  48. Mohon ijin untuk mengamalkanya semoga ilmu yang para guru ijazahakan bermamfaat dan guru selalu dalam lingungan Allah SWT .Amiin

  49. icho

    teliti. .sip. .

  50. ilmu laduni itu adalah sebuah kata dunyaa (bhs arab) terdiri dari dal,nun,yaa, dan alif jadi laduni itu lam(alif)dal,nun dan yaa.laksana alam dan amal,hakekat huruf sami mawon sedulurq .

  51. lekong

    Terimakasih telah berbagi.

  52. Penjelasan yang sangat runtut dan ringkas proses perjalanan menuju Tuhan, Bisa menambah keyakinan dalam menempuh perjalanan spiritual. Saya juga masih bingung dalam melakukan perjalanan spiritual yang sangat panjang dan melelahkan ini tetapi tetap berjuang terus.
    Semoga sampai puncak gunung hakekat sejati bertemu ridha Allah SWT. Amin…!

  53. Qobiltu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: