AKU SEJATI


Tuhan mengingatkan bahwa sebelum mengenal Dia (Tuhan) maka manusia diminta untuk memahami “Aku” nya sendiri sebagai sarana atau jalan untuk menuju pengenalan AKU-TUHAN? Itu karena dalam “Aku” termuat rahasia AKU-NYA.

Pembahasan tentang pengenalan diri ini adalah kunci jalan spiritual. Sehingga menyelami kesadaran diri yang sebenarnya, dan mengenali hakikat ruh yang biasa menyebut dirinya “Aku” adalah cukup penting dan menjadi bangunan suci ibadah hidup manusia. Saya tidak akan lagi bicara soal dalil-dalil. Ibaratnya kita melakukan shalat, kita tidak lagi butuh dalil, akan tetapi kita tinggal memasuki keadaan shalat yang sebenarnya. Diskusi kita sudah selesai dalam hal hukum-hukum kebenaran Tuhan.

Perenungan tentang hakikat ruh ini mau tidak mau membawa kita pada khasanah filsafat manusia. Namun tidak perlu kita masuki terlalu dalam wacana filsafat apa hakekat manusia sesungguhnya. Yang jelas, bahwa manusia adalah makhluk sempurna yang telah diberi mandat untuk menjadi wakil Tuhan di muka bumi.

Selain unsur biologis fisik yang sangat kompleks mulai dari kaki hingga otak, susunan dalam mental dan kerohaniannya terdapat sifat yang tertinggi meskipun masih terdapat daya kemauan yaitu KEKUATAN SANG “AKU”, yang merupakan KEKUATAN yang diterima dari Yang Maha Mutlak.

Tubuh biologis dan mental keinginan nafsu adalah milik manusia. Namun bukan manusia itu sendiri. Sebelum manusia (“Aku”) dapat menguasai atau mengalahkan atau mengarahkan benda yang menjadi miliknya terlebih dahulu ia harus menyadari dirinya secara benar. Ia harus dapat membedakan mana yang merupakan Aku dan mana yang merupakan milik Aku, dapat membedakan mana yang Aku dan mana yang bukan Aku.

Yang harus disadari: SANG AKU BERSIFAT ABADI – TIDAK BISA MATI -TIDAK BISA RUSAK. AKU MEMILIKI KEKUASAAN, KEBIJAKSANAAN DAN KENYATAAN. AKU INILAH YANG AKAN KEMBALI POSISI ASALNYA: SESUNGGUHNYA AKU ADALAH BERASAL DARI ALLAH DAN KEPADA-NYA-LAH AKU KEMBALI….

Orang modern yang sejak lahir hingga dewasa selalu hidup dan mengarahkan dirinya dalam kesemestaan benda-benda material beranggapan bahwa rasa keakuan mereka hanya merupakan kesadaran mengenai nafsu badani pemenuhan keinginan, pemuasan kesenangan, memperoleh kenyamanan bagi dirinya. Bagian bawah dari batin naluri merupakan tempat rasa keakuan orang-orang primitif. Bila seorang primitif mengatakan “Aku”, maka yang dimaksud adalah badannya. Badan ini mempunyai perasaan, keinginan dan nafsu. Mereka menggunakan daya pikirnya guna memenuhi nafsu dan keinginan fisiknya, padahal mereka sebenarnya hidup dalam tingkat batin naluri.

Setelah menyadari ketololannya dan beranjak tua, manusia harusnya semakin tinggi pendakian spiritualnya. Mulailah ia mempunyai konsep tentang Aku nya yang lebih lengkap. Bila ia mulai menggunakan akalnya, maka ia pindah dari tingkat batin naluri ke tingkat batin mental. Ia mulai merasakan bahwa batinnya adalah lebih nyata bagi dirinya dari pada badannya, bahkan kadang ia melupakan badannya bila sedang terbenam dalam pemikiran secara serius.

Setelah kesadaran orang meningkat yaitu kesadarannya berpindah dari tingkat mental ke tingkat kerohanian ia menyadari bahwa “Aku” yang sebenarnya adalah sesuatu yang lebih tinggi dari pada pikiran, perasaan dan badan fisiknya, bahwa semuanya ini dapat digunakan sebagai alat saja. Hingga akhirnya orang benar-benar merasakan sebagai Aku yang sebenarnya (AKU SEJATI).

Berikut cara mengembangkan atau membangkitkan kesadaran Aku yang fitrah. Ini merupakan latihan yang harus disadari, sebab kita tidak akan bisa melakukan pendekatan kepada Allah kalau tidak menyadari hakekat diri yang hakiki. Kesadaran “Aku” ini merupakan langkah pertama pada jalan menuju mendapatkan PENCERAHAN yang merupakan realisasi hubungan Aku dengan Yang Maha Agung.

Monggo praktekkan latihan ini di berbagai tahapan perjalanan sampai memperoleh penerangan jiwa.

MENEMUKAN AKU SEJATI
Carilah tempat atau ruangan, yang terbebas dari gangguan, agar batin anda merasa aman dan tenang. Anda boleh duduk, berbaring, maupun berdiri yang enak agar anda dapat mengendorkan otot-otot dan membebaskan ketegangan syaraf. Lepaskan ketegangan dan biarkan otot-otot menjadi lemas, sampai terasa tenang dan damai meresapi seluruh tubuh. Istirahatkan badan dan pasrahkan seluruh jiwa raga. Atau lakukanlah dengan posisi berdiri, hal ini dilakukan untuk menghindari mudah terlena dan tertidur …

Setelah berpengalaman hendaknya mampu melakukan pengendoran badan dan menenangkan pikiran dimana pun dan kapanpun anda memerlukannya. Ingat bahwa keadaan dzikir harus berada di bawah penguasaan kemauan yang keras. Di dalam melakukan praktek dzikir harus diterapkan pada waktu yang tepat dan atas kemauan sendiri. SADARI BAHWA AKU ADALAH HAKIKI NYA MANUSIA YANG TIDAK PERNAH TIDUR – TIDAK MATI – ABADI, …SELALU SADAR TIDAK PERNAH MENGALAMI SEDIH DAN TAKUT … AKU SANG ROH SUCI (FITRAH) YANG MAMPU MENEMBUS ALAM MIMPI, ALAM MALAKUT DAN ALAM ULUHIYAH…

Sekarang anda memasuki tahapan yang menyebabkan Aku merasa sebagai makhluk mental. Kalau anda memejamkan mata anda akan merasakan dan bisa membedakan mana Aku yang sebenarnya … disitu ada aku yang memperhatikan sensasi badan, seperti misalnya : lapar, haus, sakit, sensasi yang menyenangkan, kesedihan. Anda akan merasakan ternyata bukan aku sebenarnya yang lapar, sakit dan sedih, akan tetapi itu adalah sensasi badan yang dimiliki oleh sang Aku. Aku sejati mengatasi semua itu tadi…

MUlai sekarang, melepaskan diri dari yang bukan hakiki, agar tidak diombang-ambingkan oleh tubuh anda sendiri. Sadari AKU ADALAH YANG MENGUASAI PERASAAN DAN PIKIRAN, JADILAH TUAN ATAS DIRI ANDA … keluarlah anda seperti melepaskan baju, lalu tinggalkan dan jangan anda memikirkan semuanya itu. Karena badan anda mempunyai batin naluri yang akan bergerak menurut fungsinya. Perhatikan saat anda tidur … Aku anda meninggalkan tubuh anda tanpa harus memikirkan bagaimana nantinya badanku, kenyataannya tubuh bekerja menurut yang dikehendaki oleh nalurinya sendiri.

SADARKAN SANG AKU. HUBUNGKAN DENGAN DZAT YANG MAHA MUTLAK …HADIRLAH DIHADAPAN-NYA SEBAGAIMANA KESAKSIAN AKU DIALAM `AZALI…PANGGILLAH …PENUH SANTUN YA ALLAH … YA ALLAH … TUNDUKKAN JIWA ANDA DENGAN HORMAT … DAN DATANGLAH KEHADIRAT-NYA DENGAN TERUS MEMANGGIL YA ALLAH …YA ALLAH … TIMBULKAN RASA CINTA YANG DALAM …HADIRLAH TERUS DALAM DZIKIR … BIARKAN SENSASI PIKIRAN DAN PERASAAN MELAYANG-LAYANG …SADARKAN DAN KEMBALIKAN BAHWA AKU BUKAN ITU SEMUA … AKU ADALAH YANG MENYAKSIKAN SEMUANYA … BERSAKSILAH DENGAN MENGUCAPKAN DUA KALIMAT SYAHADAT … SAMPAIKAN DO’A SALAWAT UNTUK RASULULLAH .DAN KELUARGANYA. TERUSKAN AKU MELAYANG MENEMBUS SEMUA ALAM-ALAM YANG MENGHALANGI, BIARKAN AKU BERJALAN MENUJU YANG MAHA TAK TERHINGGA … ###

About these ads
Categories: AKU SEJATI | 70 Komentar

Navigasi pos

70 thoughts on “AKU SEJATI

  1. sebuah pemaparan yg sangat menarik dan bermanfaat….
    ini merupakan sebuah latihan meditasi mengenal diri sendiri atau memasuki diri sendiri yg paling dalam….saya kira saya sependapat dengan njenengan sepenuhnya….tapi juga yg harus diperhatikan adalah aku ini bukan aku yg keapian…alangkah baiknya apabila latihan meditasi mengenal aku atau aku sejati ini dimulai dari meng nolkan diri sendiri…..lepaskanlah segala rasa milik sebisa mungkin dan sekuat mungkin hingga pada puncaknya tidak punya rasa milik pribadi segalanya milik Allah…bahkan rasa punya pun tidak ada…kalau sudah benar2 sampai pada tahap ini maka hatinya menjadi nol tidak ada lagi ngaku2 sepihak…tidak ada lagi antara aku dan kamu semuanya sama…ibarat bola yg memiliki diameter tak terhingga maka semua titik dan kedudukan sah menjadi titik pusat….maka kesaksiannya menjadi tidak ada apa2 kecuali yg berkata…yg berkata ini ingkang jumeneng kalawan pribadi…inilah aku yg sebenarnya menurut saya….tapi jgn dianggap ingkang jumeneng kalawan pribadi ini tuhan lo yah….Tuhan memang jumeneng kalawan pribadi tapi jumeneng kalawan pribadi bukan tuhan….tuhan mengatasi jumeneng kalawan pribadi…….jujur saja saya masih jauh dari tahapan ini…hanya sekedar teori yg belum mampu saya lakukan….

  2. Cocok sekali ki, sepaham.persis apa yang saya jalani selama ini. tapi maaf masih latihan terus, hingga saya belum tau apa-apa, mung rasane saya bodho mlongo kaya kebo :mrgreen: , salam sih katresnan.
    rahayu

  3. lor MURIA

    Nuwun sewu KI…ikutan nimbrung.
    Patrap meditasi/zikir yang disampaikan diatas mirip PATRAPnya AbuSangkan ya KI…? Btw, apalah jenis metode patrap itu yang penting Laku dan tujuannya benar.
    menurut saya dari berbagai jenis patrap yang ada yang penting pada tahapan awal adalah kondisi batin, dimulai dengan Niat yang benar dan Ikhlas,untuk mendapatkan RidhoNYA dengan kesadaran pada kepasrahan=Laahauwla walaquwwataillabillah….karena ingat ”araftu Rabbi birabbi” Tuhan akan memperkenalkan DIRINYA jika berkehendak dan hanya dengan dan lewat DIRINYA sendiri, Ilmu dan tatacara manusia HANYA bisa mendekatkan diri ini dengan DIRINYA, tidak/belum sampai LIQO’ (bertemu).
    kemudian dilandasi oleh kecintaan, Cinta yang sebenar2nya terhadap Tuhannya melebihi cinta terhadap selainnya. Ditambahlagi cita2 yang tinggi untuk bertemu dengan Tuhannya beserta prasangka baik………
    Ketika rindu dlm kelemahan dan kepasrahan untuk mendapat CINTANYA telah disambut alangkah indahnya….Dunia takada artinya….
    Semoga berkah dan RahmatNYA tercurahkan bagi saudara2 seperjalanan penempuh jalan ”malam”. karena hanya dengan berkah dan RahmatNYA semua bisa terwujud
    Salam sihkatresnan
    yang masih berjalan dalam kefaqiran

  4. lor MURIA

    AKU SEJATI adalah aku yang bisa IKHLAS JADI MANUSIA (Ikhlas yang sejati, ikhlas yang tanpa PAMRIH meski terhadap Tuhannya)

  5. Yth Mas lor MURIA, benar. Ustadz Abu adalah guru aku sejati sy shg ini adl tata cara meditasi patrapnya yang sangat mudah dipraktekkan sekaligus ringkas dan praktis. Semoga Tuhan sll memberkati kita dengan kemudahan2 menemui-Nya. salam.

  6. no_name

    benar2 tokcer ki alus , seperti itulah keadaannya , bahkan dalam keadaan apapun setidaknya kita bisa menerapkan kesadaran penuh , di mana sadar dalam “aku” yang melhat ketika kita sedang bekerja , bicara , berjalan dan apapun yang kita lakukan selalu “iling” akan si “aku” sang pemilik rahsa , inilah yang disebut siti jenar bahwa di balik rahsa ada aku, semua keraguan akan terjawab dengan sendirinya termasuk penyaksian akan “aku” dan “suwung” syahadat sejati

  7. lor Muria

    Oooo…bener ya….Alhamdulillah..
    Saya termasuk orang yang mengaguminya dan senang membaca Buku2nya, meski belum pernah bertemu langsung. Ulasan2nya masuk akal dan Dalilnya sah. Meski sekarang banyak yang menuduhnya membuat syariat baru tentang tatacara Shalat Khusu’. Itulah perbedaan keyakinan diantara umat Islam sendiri. Kalau Mereka tahu siapa satu Golongan yang selamat dari 73 golongan dalam islam, pasti mereka akan berbondong-bondong masuk kedalamnya. Padahal semua golongan itu berpegang pada Alqur’an dan Sunnah Rosulullah sebagai Landasarnnya.
    Kebetulan saya memakai cara Patrap yang lain yang menurut saya pribadi lebih cocok untuk diri pribadi saya sendiri. dan itu bisa lebih mendekatkan diri saya kepada ALLAH daripada hanya syariat saja.
    Semoga Allah meridhoi kita….amien

    Salam cinta dalam keberkahanNYA

  8. Paling enak memang kita punya banyak guru, termasuk dari panjenengan dimana sy bisa sharring pengalaman mistik. Informasi dari mereka bisa sebagai bahan dan bekal referensi mana yang paling mudah dipahami, praktis dan simpel. Kebetulan ustadz Abu mengajarkan cara bermakrifatullah yang tidak berbelit-belit dan mudah. Yang sulit-sulit cukup dirasakan dan diolah dengan pengalaman diri saja. Termasuk apa nanti berhasil apa tidak, kita pasrahkan saja pada-Nya. Tuhan kan maha tahu dan mempermudah manusia untuk menemui-Nya. Terkait apa patrap tersebut keluar jalur atau tidak sy kira justeru ustadz abu mengacunya pada khasanah Al Quran dan as sunah apalagi manfaatnya bisa dirasakan berarti sah kita lakukan. Yang tidak sah, adalah yang tidak berjalan di garis-Nya seperti menyembah aku sejati dan menganggapnya tuhan. Sy kira, akal sehat kita pasti akan menolak argumentasi dan perang dalil yang menjenuhkan. Lak mekaten to mas?
    Nuwun dan salam sih katresnan…

  9. lor Muria

    Injih KI leres…
    sekiranya Ki WongAlus berkenan saya mau kenal lebih dekat dan bisa share lewat YM. saya sering Share dengan Mas PJ dan KangBoed Mas Hadi dll.
    YM saya lormuria.
    Salam Asah asih asuh
    salam sih katresnan

  10. kelihatannya Aku Sejati ya…. Sejatinya Aku ….semua sudah dimuat dalam blog ini jelas,singkat dan padat, begitu juga pada ruang respons yang juga komplit…dan antuasias semua puji Tuhan , semoga Aku Sejati…Amien

    Lanjut ki…….trima kasih, salam alus,asih dan sejati

  11. Pemahaman terhadap “aku” akan menjadi mudah adalah ketika “aku-pribadi” bisa melepaskan dirinya untuk membiarkan “aku-yang lain” masuk ke dalam dirinya.

  12. Ardi Cahyono

    fesbuk mu opo mas. iki fesbuk ku mas : http://www.facebook.com/ardi.cahyono

  13. Faris

    suat pemahaman yg bgs tntng ak,smua kmbl kpd kt bgm mmpljr al-quran jg al-hadits,ak emng orang awam…tp sungguh islam adlh agma yg d bnrkn allah swt mk it islam ini luas,orang2 yg d br ptnjusklah yg dpt mmpljar nya,smg allah swt dan nabi nya mencitai kt amin.

  14. Muhammad Y Iskandar

    Waduh, ki,…dicari2 orang yang bahas masalah ini, akhirnya ketemu juga, Saya juga muridnya ABS, tapi beliau jauh di bekasi, saya di Medan,…kajiannya maha dahsyat terbuka…tidak takut lagi,…ini yang saya cari, hukum telah berlalu saya paham, tapi mohon di jelaskan lagi, saya agak bingung dengan kajian antara
    1. Nafs, (lawamah, Mutmainah, amarah dan mulhamah)
    2. Aku sejati
    Terima kasih

    Yogaswara

  15. rudin aremania

    MAAF asebelumnya jika tidak sopan… kenapa ya…. ini ajaran ma’rifat. kok disebarkan di internet ya…. padahal khan rasul juga dapat pesan…bahwa ajaran ini hanya untuk anak cucu.bukan untuk disebarluaskan ke umat umum. dikhawatirkan salah paham.karena mereka imannya masih belum stabil..
    kedua… saya mau kenal dengan yang namanya WONG ALUS..sebelumnya perkenalkan. nama saya choirudin.. lahir besar di MALANG. saya bukan siapa2. hanya saja saya ingin berkenalan bahkan jika diperkenankan saya bertemu langsung dengan WONG ALUS ini.jika memang anda orang yang saya cari,maka saya siap menjadi murid panjenengan. tapi saya harus ketemu dulu. baru saya bisa mengerti dan faham siapa WONG ALUS ini.sekarang posisi saya di jakarta utara.jika diijinkan.. saya perkenankan untuk hubungi saya. di aremaaremania@yahoo.com. atau di no. 0878-8431-1390. dan 021-33935733.mohon maaf jika saya melangkahi tatanan sopan santun dan tata krama. salam sang aji… nuwun.

  16. Kangdudung

    Ass..
    Sahabat rudin,
    Sebenarnya nggak ada masalah ajaran ma’rifat tingkat tertinggi sekalipun untuk dipaparkan di blog ini atau blog lainnya, karena hakekatnya tidak ada yang kebetulan dalam segala peristiwa yang terjadi. Saya yakin bukan suatu kebetulan sahabat rudin menemukan blog ini, tapi sudah ada dalam rencana illahi. Adanya blog inipun merupakan bagian rencana-Nya yang Maha Sempurna, untuk membimbing para pejalan untuk berma’rifat kepada-Nya, semoga.
    Wass..

  17. Yth sdr Rudin: Salam kenal. Mohon maaf saya bukan guru sebagaimana yang Anda maksud. Saya sama seperti para sahabat dan sedulur semua yang masih ‘hijau’ dan sangat banyak kekurangan dan kesalahan.

    Yth Kangdudung: Terima kasih atas pencerahannya pada kita semua. Kita semua butuh Anda, oase jernih tempat jiwa-jiwa yang dahaga bisa mereguk tetesan-tetesan air kebijaksanaan. Wassalam.

  18. alhamdulillah..saya ko’ merasa hati ini adem,ayem.. ketika baca blog ini,sy yakin panjenangan semua menulisnya dgn hati,dgn kudrat lan irodate Gusti..

  19. jack sparroow

    salam sejahtera…
    untuk mencapai pada “AKU”, sy menyarankan untuk menanggalkan jubah kita krn kalau tidak “berat bngt” bahkan bs di bilang mustahil, itu berati tidak akan mungkin mencapai “AKU” tanpa menanggalkan “keakuan” yang ada dalam diri kita..

  20. salam…

    “mas jack sparoow say : untuk mencapai pada “AKU”, sy menyarankan untuk menanggalkan jubah kita krn kalau tidak “berat bngt” bahkan bs di bilang mustahil, itu berati tidak akan mungkin mencapai “AKU” tanpa menanggalkan “keakuan” yang ada dalam diri kita..”

    pangapunten ya mas jack, tidak ada istilah meninggalkan untuk mencapai “Aku” tersebut tetapi melepaskan seluruhnya… kalau “meninggalkan/menanggalkan” artinya kita masih mengaku bahwa itu adalah milik kita…
    intinya kita ini memang tidak punya apa apa jadi ya dilepaskan bukan ditinggalkan/ditanggalkan… artinya jangan ada anggapan kita punya “jd ya lepas bae kabehe aja ngabot ngaboti dewe'”… punten
    pokoke salam rahmat ingkang Agung…pareng, mangga dilanjut ki wong Alus…

  21. sang dahaga

    saya tertarik dengan hal2 yang telah di paparkan,, jika anda berkenan tuk sekedar mendengar atau mungkin bs membantu apa yang saya hadapi sekarang saya merasa senang sekali,, ketak ketik di net sampai lah saya di blog ini,, saya terkesan,, jujur saya tipe orang yang percaya ” TIADA PERTEMUAN YANG HANYA BERDASAR KEBETULAN, SEMUA RENCANA ALLAH ” setidaknya itu yang saya yakini,, jika wongalus berkenan saya titip no hape saya sebagai permintaan ingin kenal lbh dekat,, 087880086036,, atau ym saya di veebee_on@yahoo.com,, sebelumnya saya haturkan terima kasih,, saya percaya jika ALLAH menghendaki saya bs lbh dekat lagi dengan orang2 yang berkecimpung dalam blog ini,, amiiiin

  22. wongalus

    @sdr Sang Dahaga, Insya Allah, para sedulur yang ada di blog ini akan berkenan menyapa Anda dengan penuh mesra dan persahabatan yang tulus. salam.

  23. sasmita

    Ki… apakah Guru sejati kita itu berubah” Ki sesuai visualisasi dari alam bawah sadar kita, pada saat genting saat bermunajat saya ditemui lelaki berbadan kekar dan besar yang memberi tau/mewejang saya untuk memperbaiki klakuan saya, dya dengan bahasa yg aneh tp bisa kumengerti maksudnya. Kadang berwujud beberapa orang tua yg memakai baju kuno,lusuh dan bicara berbagai bahasa tp aku tau maksudnya, saat itu aku ingin tanya bagaimana cara mencari tuhan, intinya ya dengan cara yang kau mengerti sendiri yg kau yakini dan kau yg tau sendiri mana yg mudah.tp dgn bahasa yg aneh”. suwun Ki..

  24. sahb

    bisa lebih disederhakan gak ya?
    pasti ada cara penjelasan yg sederhana tanpa sastra,puitis apalagi teka-teki

  25. KangBoed

    Diam

    Merintih

    Tertunduk

    Membisu seribu bahasa

    Keheningan Mencekam Jiwa

    Menembus dalam Relung Sukma

    Menghancurkan Seluruh Ego

    Membongkar rata kedirian yang tersisa

    Aku.. aku.. aku.. aku.. aku..

    Siapakah aku ini..

    Bisanya selalu mengaku dan mengaku

    Bisanya selalu merasa dan merasa

    Dengan sombong berdiri tegak seolah mampu

    Dengan gagah membusungkan dada seolah kuasa

    Seakan diri bisa dan merasa bisa melakukan sesuatu

    Berkarya.. mencipta.. berbuat dan berusaha..

    Hmm.. semua itu semu

    Semua itu palsu

    Semua itu bohong belaka

    La hawla walla quwata illa billa

    Aku ini lemah ya ALLAH…

    Lemah Tiada daya dan upaya..

    Bahkan untuk bergerakpun ku tiada mampu

    Apalagi untuk mencipta dan berkarya..

    Sungguh yaa Allaaaaaah..

    Kusadari dengan sesadar sadarnya kelemahan diri ini

    Semua terjadi hanya karena IZINMU yaaa ALLAAAH

    Tiadalah diri ini selain Engkau yang berkehendak dan berkuasa

    Tanpa semua itu adalah KEBOHONGAN BESAR

    Tanpa semua itu adalah diri diri yang Tertipu

    Yaaa Allaaaaah

    Dalam Kelemahan ini ku terdiam Memuja KebesaranMU

    Dalam Kefakiran ini ku tertunduk Membersihkan KakiMU

    Dalam Kehinaan ini ku tertegun Melihat KemulianMU

    Dalam Kepapaan ini ku menangis Terpesona KebesaranMU

    Dalam Kegaiban ini ku hilang lenyap dalam Penyaksian..

    La hawla walla quwata illa billa

    Yaa Allaaaah.. inilah diriku yang sebenar benarnya

    La hawla walla quwata illa billa

    Yaa Allaaaah.. inilah aku.. aku.. aku..

    Datang ke dunia sendiri tiada memiliki apapun dalam kelemahan..

    Pulang nantipun sendiri tiada memiliki apapun dalam kelemahan..

    Sesungguhnya Hidup di duniapun sendiri tiada memiliki apapun dalam kelemahan..

    Mengapa.. mengapa.. begitu bodohnya aku..

    Seolah hidup Kuasa dan Memiliki segalanya

    Semua Duniawi tersimpan erat kuat dalam hati

    Padahal HATI hanya untukmu ya ALLAH

    Padahal HATI bukan untuk DUNIA

    Begitu bodohnya aku selama ini ya ALLAH

    Begitu Tolol tiada menyadari semua ini..

    Diam

    Merintih

    Tertunduk

    Membisu seribu bahasa

    Keheningan Mencekam Jiwa

    Menembus dalam Relung Sukma

    Menghancurkan Seluruh Ego

    Membongkar rata kedirian yang tersisa

    Akhirnya kumengetahui

    Akhirnya kumengerti

    Akhirnya kumemahami

    Akhirnya kutemukan frekwensi bathinnya

    Akhirnya kutemukan frekwensi dalam Hidup yang meliputi

    La hawla walla quwata illa billa

    Lemah.. lemah.. semakin lemah tiada daya dan upaya

    Lenyap.. lenyap.. akhirnya lenyap.. dan lenyaaaap

    Hilang semua hanyalah sebuah KETIADAAN yang ABADI..

    ~~~080~~~

    KangBoed

  26. UKAN DARMA

    Allhamdulliilah salam kenal dg sedulur terutama dg wongalus tolong smskan no hpnya ke no. 088218015978 atau ke 081321892188 sy berkeinginan mengeal anda lebih dekat alamat email
    kujang-darma2010@gmail.com

  27. ass…….AL INSAN SIRRI WA ANNA SIRRUHU…..
    MANUSIA ADALAH RAHASIAKU DAN AKU ADALAH RAHASIANYA semuanya ada pada manusia itu sendiri.

  28. bodokeremezken

    @mbah ki wongalus ;sugeng dalu

    jujur setelah saya membaca texs diatas saya merasa ada kesamaan dengan tatacara saya sendiri ,cuma tatacara diatas simpel dan jelas ,sedang tatacara yang saya lakukan tdk ada gurunya ,saya ikuti aja apa yang dikatakan oleh suara yang selama ini memandu saya’

    mohon penjelasanya kangmas ki mbah wongalus…………
    metode/tatacara yg diajarkan kpd saya
    1.ketika saya ada setitik ingat kepadaNYA saat itulah saya akan melakukanya dimana saja
    2.setelah itu saya kendorkan otot,pikiran saya musyawarah dengan semua yang membebankan agar sepakat untuk mendekat kepadaNYA dulu
    3.setelah betul2 rilex saya ajak semua yang ada pada diri saya beserta bumi langit jagad sakisine saya ajak untuk bersama2 mengagungkan namaNYA lalu saya berzikir laillahailallah terus sampai mendalam kelubuk hati hingga pada akhirnya mulut saya berhenti
    4.perlahan saya rasakan saya dengarkan….hati mengucap laillahailallah…seluruh tubuh mengucap huallah dan alam/jagad mengucap laillahailallah sampai tengelam saya dengar hati laillahailallah tapi didalam hati menyebut allah sampai semua lenyap tidak ada bumi tidak ada langit,tidak ada suatu apapun tidak ada cahaya tpi terang ,tidak ada udara tpi hidup ,yang ada hanya saya seorang saja pada posisi dialam luas yang yang saya tidak berpangkal atau ujungnya sampai pada akhirnya saya nyerah pasrah lalu suara itipun kembali datang disuruhnya saya melantunkan takbir saya ucap takbir terus menerus hingga akhirnya saya kembali kekesadaran saya, setelah sadar yang saya heran tiba airmata keluar hati jadi sakit terus menangis ,rasa2nya ingin teriak sekerasnya melantunkan takbir dan
    asma2NYA setelah berherti dan bisa terkedali………..

    YANG INGIN SAYA TANYAKAN.
    .1.BENARKAH TATACARA YANG SAYA LAKUKAN ITU…?
    .2.DALAM POSISI KEADAAN APAKAH YANG SAYA ALAMI ITU…?
    .3.terus terang sekarang saya tidak berani mengikuti suara itu sebab dia mengaku katanya……yo aku pegeranmu…….saat itu jadi gemetar tubuh saya dan timbul rasa takut……….?
    .4.saya akui suara itu sampai sekarang masih mengendalikan diriku yang mana semakin saya ingin melepaskannya tpi malah semakin jelas suaranya””””””””suara itu sakti ditemukanya aku dg poro2 waliyullah,poro raja/pegeran/pusaka,poro dr hindu,pernah saya coba masuk kegoib kekraton ‘dia bilang ambil satu helai rambutmu’……..sebenarnya suara itu baik tapi karena dia mengaku …….yo aku pegeranmu….ya saya jadi takut …..karena saking takutnya saya musrik baca istifar terus menerus….tpi yang jawab ya tetep suara itu…….

    mohon pejelasan kakangmas mbah ki wongalus maturnuwun
    saking kulo tiang cubluk bodokeremezken
    sugeng rahayu
    katur kakangmas mbah ki wongalus….al fatihah,,,,,sent…….

  29. KI AJI SATRIA T.AGUNG

    CARILAH DALAM DIRIMU SENDIRI PASTI AKAN KETEMU. KARENA DI DALAM DIRIMU ADA KEKUATAN YG MAHA DAHSYAT.
    MOHON KI WONG ALUS BANTUANNYA UNTUK MENGARTIKAN . KARENA MASTER SAYA WAKTU ITU CUMA SURUH MERENUNGKAN ARTINYA ITU.

    Aku adalah diriku sendiri yg ada hanyalah engkau yg Tunggal,yg Esa,yg Satu adanya. Semuanya hanyalah biasmu saja.
    Kosong dan hampa itulah yg sebenarnya.
    Karena alam semesta ini, keberadaan ini dalam liputanmu.
    Sekali lagi di mana kebenaran, kebenaran yg sebenarnya.
    Tuntunlah aku untuk dapat melihatmu dan mendengarkanmu ,Sebab hidup ini masih suatu hal yg mistery……Tidak ada seorangpun yg dapat membuka tabir misterymu. Kecuali engkau sendirilah yg membukakan tabir itu.
    Sang Aku……. biarlah orang2 menyebutku gila, murtad,dan lain2.
    Tapi aku tetap mencari dan terus mencari sang kebenaran sejati.
    Saat iniapa yg ada biarlah seperti itu adanya, Tapi jangan salah kan aku.
    Aku terus berkarya dan terus berkarya hingga aku menemukan SANG KEBENARAN SEJATI. Bukan yg ada di luar, melainkan yg ada di dalam,di dalam……………. yg paling terdalam TANPA BATAS RUANG DAN WAKTU DI DALAM KESUNYIAN YANG PALING HENING.
    Aku memohon bantulah aku , tuntunlah aku, agar aku dapat menemukanmu.

    IA YG MELIHAT SEGALA SESUATU DALAM ‘ DIRI ‘ DAN MELIHAT ‘ DIRI ‘-NYA DALAM SEGALA SESUATU, TIDAK AKAN MEMBENCI SIAPAPUN JUGA.

    KENDATI TIDAK BERGERAK ,DIA LEBIH CEPAT DARI PADA PIKIRAN, PANCA INDERA TIDAK DAPAT MENGEJARNYA, KENDATI BERADA DI SATU TEMPAT, SESUNGGUHNYA DIA ADA DI MANA 2.

    BERGERAK TETAPI TIDAK BERGERAK, JAUH TETAPI DEKAT,BERADA DI DALAM TETAPI JUGA DI LUAR.DEMIKIAN DIA ADANYA

    DIA MENEMBUS SEGALA GALANYA,MURNI TAK BERWUJUD DAN TAK BISA DI LUKAI,TANPA URAT DAN NADI TIDAK TERNODAI,TIDAK MENDERITA,MAHA TAHU DAN MENGUASAI PIKIRAN.
    DIA MELAMPAUI SEGALA GALANYA DAN TIDAK BERSANDAR PADA APAPUN JUGA. APAPUN YG TERJADI ATAS KE HENDAK DIA.
    WASSALAM

  30. commennya bagus-bagus……

  31. sebagai bacaan pertama untuk mengisi waktu luangku ,enak terasa dan tulisan ini yg bisa menyambut masuk dalam penilaian penilaian baik .semoga masih berlanjut comment comment yg membangun dan saling sharing .

  32. rudi

    anda punya masalah problem hidup?hutang menumpuk?tiap hari di kejar rentenir?jangan putus asa,kami ada untk anda
    kami siap bantu masalah anda sampai selesai,aman mudah dan tanpa tumbal
    tidak melenceng dari keagamaan,insyaALLAH km menggunakan ilmu wali
    mahar gartissssssssssssss
    karena kmi lebih utamakan persaudaraan dari pada mahar
    hub kami
    sukocorudi@yahoo.co.id

  33. Yos

    Ass wr wb…
    Salam pada para sepuh dan keluarga KWA .
    Alhamdulillah…
    Terima kasih ya ALLAH..
    ALLAHU AKBAR…

    Wassalam.

  34. assalamu’alaikum Wr. Wb
    salam hangat dan hormat kagem Ki Wong Alus
    saya senang dan tentram membaca tulisan-tulisan Ki Wong Alus, tapi ada satu hal yang saya inginkan yaitu bimbingannya. bagaimana caranya. saya sudah bulat untuk memfokuskan pada pencerahan diri. gimana KI bisa nggak membimbing saya? selain itu aku kepengin sharing dengan para sedulur ingkang koment wonten halaman niki. matur suwun saya Masduki alamat e-mail kawulo_gusti@ymail.com
    wassalam

  35. google man

    assalamu’alaikum Wr. Wb
    salam kenal Ki Wong Alus
    tulisan di atas telah membuka pikiran saya yang selama ini mencari siapa diri ini,dan ini sangat memban tu saya
    mohon ijin mengkaji tulisanya.
    trima kasih
    alfatehah ,,,,,,,,,,

  36. edi

    lebih sfesifik lg ki biar jelas tuk mengartikan trims salam kenal tuk wongalus sedulur kabeh……..

  37. WINARNO

    salam kenal ki. ijin utk ikutan ngramein. ketemu dan ngobrol dg aku sejati,… ada
    yg dg cara ; mengatur nafas mengucap HU tarik ke dlm dan mengucap ALLAH
    keluarkan dg hembsan nafas. Kalau berhasil wujud diri kita akan keluar dari badan
    dan bisa diajak ngobrol.

  38. Edy Winoto

    Kenapa saya sulit sekali utk memahami ataupun mencerna kajian ttg “AKU” apakah saya yg terlalu bodoh, yo Gusti kulo nyuwon Agenge samudro pangapsami, kulo nyuwon hidayah.

  39. Wonk Cherbon

    Assalamu’alaikum…
    ikut comment ya,
    hanya dua kata saja…..LUAR BIASA….!!!!
    batin saya sampai terhempas, terlempar, tercabik, terkelupas tak bersisa !
    Terima Kasih kepada semua Saudaraku disini atas pencerahan tentang AKU,
    Jazakumulloh Khoiron Katsiro…
    Wassalamu’alaikum…

  40. mmmmmmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaannnnnnnnnnnnnnntttttteeppppppppppppppppp………..tapi coba dulu ………………pasti………….

  41. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad

  42. Ahmad Alghifary

    Subhanalloh,….wal hamdulillah,…wala ila ha illahhu allohuakbar,……….amin3X….

  43. muhammad thahir

    assalamu’alaikum Wr. Wb
    salam hangat dan hormat kagem Ki Wong Alus
    Mohon bimbingannya. Matur suwun saya Muhammad Thahir alamat e-mail mdtaher@ymail.com
    wassalam

  44. Sucipto

    Alhamdulilah…pada akhirnya media ini yg lama ane cari…
    Ane sudah belajar mencari diri sendiri dalam keheningan, Rogo Sukmo dan Terawangan selama lebih dari 10 tahun , tapi sampai saat ini belum berhasil .
    Mungkin sudah saat nya ane bisa belajar lagi dari Blog ini. Mohon bimbingan nya…!
    u.sucipto09@gmail.com

  45. rochim

    WEEEHHHHH……. TAMBAH KAWERUH LAN NGERTI , MATUR NUWUN SANGET KWA

  46. Mohamad soleh

    Salam salim maring kasepuhan…..lan….
    @Wongalus
    @Dalang cipto kawedar
    @Sedulur semua kang kula cintai………
    Kepada @ki Wongalus mohon maaf sedurunge…klo boleh ki….saya diberi nama / gelar dong ki……

  47. joko tingkir

    askum. Wr. Wb.
    Slm knl, mhn maaf sblmnya. Jika kita sdh memahami makna “HU” apa fungsinya bgi kita, trus dimana kedudukan Syahadat bagiNya? Trs mana yg harus kita pakai? mhn bimbingannya? Tlng bls via email Ki. . . Kulo tggu blasannya.

  48. gareng pung

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Salam salim kagem ki WA, poro Sesepuh, poro Rawuh sedoyo..
    izin nyimak badhe nderek sinau.. Maturnuwun.

    Wassalam.

  49. Darminto

    Ass wr wb. Mantap wejangan yang mencerahkan. Terimakasih.

  50. Terimakasih, ini sangat bermanfaat sekali

  51. jelema laip

    absen ki..

  52. pandawa_lima

    Rahayu Wong Alus, senang bisa berbagi sm panjenengan…
    Bisa minta no- tlp yg bisa dihubungi….
    Kita sedulur seperjalanan Wong Alus…
    …_/\_…

  53. pandawa_lima

    oh iya, ini no- saya 08811380112 / 081398831389
    Sy domisili di Depok Jawa Barat
    email sy br_241871@yahoo.com
    Matur sembah suwun Wong Alus..

  54. Jami za gen naah.

    makasih ya ilmu x….

  55. sandal jepit

    sugeng kawilujengan sedoyo derek2 deneng kersane GUSTI…AMIN!!!ngapunten kulo bade derek ngaos ki.kulo asale mboten enten,sakrehne sampun enten,bade mboten enten. kulo geh madosi kulo seng sakderenge kulo lan sak mantune kulo ki.nyuwun kaweruh ki?saking ijine GUSTI,,,AMIN!!

  56. andi

    Mantur nuwun mas, sudilah kiranya ki wing alus utk membimbing ke akuan in.

    Matur nuwun mas

  57. suwito

    merinding saya membaca blog ini.. saya ingin sekali mengenal aku sebenarnya.. mohon bimbinganya ki wong alus..

    salam kenal dari saya
    suwito
    daypala307@gmail.com

  58. suwito

    terima kasih sebelumnya buat ki wong alus dan yang comment
    alfatikhah sent..

  59. idzinkan aku mempelajarinya khi

  60. kijagad pitu

    mohon ijin menjabarkan ilmu sejati versi saya ki wong alus…

    doa benih pembangkit atau pembuka ” aku sejati sejatining kang sampurno ” : pada umat manusia

    ” adekku adam,gesang sejati gaib ono teleng e ati ya aku sejati ne urip kang sampurno.kakang mbarep adik ragil bojo sejati muhammad aku.babar aib,babar allah.babar alip,babar aku.babar alip,babar dunung kulo.sakeng kadang sejati kang sampurno.

    amalan diatas harus sering diwiridkan dlm hati,stidak2’y satu x dlm sehari.
    sastensandro@yahoo.com

  61. Firman

    Ass, maaf kalo saya kurang bisa bhs jawa. Ini mengenai aku sejati ini bagus memang, cuma kalo orangnya bukan pencari tuhan nantinya percuma juga soalnya ngga bisa ngaji alqur’an dengan baik, sehingga jalan ke akunya ngga bisa terbuka. padahal ada di alqur’an.aslinya kalo orangnya pencari tuhan dengan berbagai cara yang ada di hati ataupun di fikiran (ilmu) nantinya akan ketemu juga. Yang jadi masalah saya ini ilmunya loncat jadinya saya minta tolong untuk bisa ngerogo sukmo yang aman. bisakah aki ngasih tahu caranya atau tempatnya. Mungkin sekarang ini saya belum bisa tapi suatu hari nanti pasti saya datangi. saya ngga bisa nunggu kiamat dulu baru nanti ketemu di tempat yang di tentukan. sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang banyak. Wasalam

  62. Firdaus

    Salam kenal sedulur kabeh…fb:ayahnya david

  63. nurrahmat eko prastio

    assalamu’alaikum kulo nuwon ki dan sedulur sekalian,hamba numpang nyimak nggeh,sekalian menjalin silaturrahmi,hamba berdo’a bagi sedulur kabeh mugi-mugi sedulur kabeh di parengi,kesehatan,keselametan oleh Gusti Allah Yang Maha Agung,wassalamu’alaikum wr.wb.

  64. Sipahit lidah

    Assalamualaikum Wr.wb…mohon izin kepada akang akang semua dan para pencari Tuhan ahli kaji yang terkasih dan yang sangat saya hormati, Ada sebuah hadis yang menyebutkan “kenalilah dirimu (akunya aku sejati) bila engkau ingin mengenal Tuhanmu”…Masyaallah suatu perjalanan dan suatu kondisi yang tentunya sangat didambakan segenap hamba2 Allah yang merindukanNYA.,suatu perjalanan yang belum tentu mampu dicapai semua orang hingga tujuan,juaga suatu kondisi yang belum tentu mampu dilalui oleh setiap insan karena ujian yang sangat berat pasti menanti,…tetapi bukan maksud Yang Haq untuk menghalangi keinginan hambanya untuk bertemu denganNYA tetapi hanya hamba hamba Allah yang sabar dan ikhlaslah yang bisa mencapai itu namun itupun belum cukup bila rahmat dan Hidayah Allah belum kita peroleh sebagai mahluk pilihannya. kedekatan insan dengan Tuhan yang seperti kata rasullullah tidak lebih tebal dari kulit bawang,jauh tidak berjarak dekat tidak lebih jauh dari urat leher..itulah juga kata kata dari mereka yang sudah mengenal aku (aku sejati) dengan Tuhannya…kadang dalam kepenatan hidup manusia yang sudah sampai pada puncaknya akan timbul suatu kesadaran diri atas hakikat material dimana yang ada menjadi tiada dan hakekat yang tiada adalah ada…(suatu konsep keyakinan yang tidak dapat diterima dengan akal semata tetapi membutuhkan totalitas perasaan yang semata hata kepaNYA) banyak istilah digunakan para ahli kaji dalam mendefenisikan diri (aku sejati) dan tidak semua orang yang mengatakan telah mengenal diri (aku sejati) berarti sudah mengenal Tuhan…karena hakikat didam diri manusia itu ada terdiri dari nyawa,sukma,Ruh/arwah, Nur dan yang terakhir adalah diri (Aku sejati), nyawa itulah otak penggerak seluruh urat saraf badan jasmani,sukma itulah alam fana dari badan jasmani/pancaran akal budi kita,Ruh/arwah itulah seluruh inti dari nyawa dan sukma yang kelak akan kembali kepada sang pencipta, Nur adalah simbol dari kedekatan antara hamba dan Tuhannya,nur dapat berujud warna warna yang kadang tidak akan pernah kita lihat didunia ini dan diri adalah….(hanya dapat dijawab oleh yang telah mengenal diri itu sendiri),maaf akang akang penjelasan diatas adalah diperoleh dari salah satu tariqat yang saya kenal (Maaf akang akang walaupun ruh adalah urusan Allah tetapi dalam kajian ini tidak ada yang tidak mungkin bila Allah menghendaki) jujur kadang banyak orang mendefenisikan keempat unsur tersebut sering berbeda tetapi justru disitulah kesabaran dan keikhlasan manusia diuji, dan setelah dibukakan Rahasianya oleh Allah singkatnya hamba akan mudah mengetahuinya, bila itu telah terlewati maka diri (Aku sejati)akan bangun dari tidur panjangnya…berbagai metode dari berbagai macam tariqat untuk mencapai pengenalan atas diri (aku sejati)namun semua akan berujung pada satu muara yang sama yaitu kepasrahan yang mutlak kepada sang pemilik diri (Aku sejati) Allah semata dengan meninggalkan semua baju sifat sifat keduniawian. tahapan pengenalan diri itu bermacam macam namun yang umum adalah dengan berbagai amalan zikir asma asma Allah yang juga dengan berbagai methode antara lain zikir hati pada maqom maqom yang telah dibukakanan, umumnya adalah 7 maqom oleh Mursyid atau tuan guru yang menjadi pembimbingnya, pembukaan itu sendiri dalam tarekat Panca budi adalah dengan surat Alfatihah,dan dalam prakteknya ada yang dengan mengasmakan nama Allah dalam hati dalam setiap aktifitas dengan cara menekan dan menekuk ujung lidah kelangit langit sambil menggegat gigi atas bawah, ada yang dengan bersuara dan banyak lagi methodenya itulah sebabnya kadang kadang para pencari Tuhan dengan perantara diri (aku sejati) ini tidak ada bedanya dengan kebanyakan orang, atau mungkin ada disekitar akang akang sekalian. Wassalam akang akang semua hanya sebatas bagi bagi pengalaman dan salam hormat saya pada para pencari diri (Aku sejati). Mohon maaf bila kurang berkenan

  65. mantap..qobiltu,ijin mengamalkan ki
    mohon bimbinganya..

  66. Ki mohon lebih lanjut pejelasanya..
    ki saya mu nanya..?
    tolong ki izajah kan amalan air gaib suci utk mensucikan jasat dan roh..dan tolog ki ajarin sir roh supaya snag tiyasa dkt dg ALLAH sag pencipta….
    mita maff lo saya lacag saya ingn sagat megenal diri dan megenal siyapa Tuhan ku.
    tlong di blas ki melalui amail saya Sakafrata@yahoo.com.my

  67. Salam asah asih rahayu. .

  68. syarif

    Assalamu’alaikum

    untuk ki wongalus bolekah sy mendapatkan alamat Ust.Abu Sunkan..
    anda bisa mengkomfirmasikanya di
    telp 081311150791 atau email syarifudinm82@gmail.com.

    terima kasih jazzakumullah khoiron akhi

  69. Nurdin

    Alhamdulillah.Salam buat para sesepuh KWA,salam juga buat para pembacanya.
    Mungkin sudah menjadi kehendak ilahi,saya yang masih nol besar ini bisa dipertemukan dengan blok bermanfaat ini.Sekian lama saya mencari dan berusaha mencari arti dari sang hidup.Dan alhamdulillah gusti Allah telah sedikit menunjukan jalan untuk saya,tentunya lewat tulisan-tulisah para kangmas-kangmas sekalian.Sudilah kiranya kangmas-kangmas sekalian sedikit memberi saya pencerahan maupun manfaat dalam hidup saya yang masih kosong ini.
    Matur Sembah Nuwun

  70. Salam,maaf sebelum nya ki, saya cuma mau menambh wawasan yg bermanfa,at dan berguna, jika yg saya rasakan singkat cerita ,ad yg terkadang membibing saya tapi terkadang suara it tidak muncul,apakah it yg disebut aku sejati,mohon ki wong alus sudi membimbing saya, trimakash salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: