PAGUYUBAN KEJAWEN HARDOPUSORO


Paguyuban ilmu mistik kebatinan berlatar belakang budaya dan filsafat Jawa (Kejawen) ini tergolong tua usianya. Paguyuban ini banyak melahirkan kaum waskita dan paling berpengaruh pada masa akhir Kolonialisme di Indonesia.

Lebih mudah menelusuri aliran kebatinan dari riwayat hidup para pendirinya. Sebab dari para pendiri paguyuban, kita bisa mengetahui apa dan bagaimana awalnya mereka mendapatkan WAHYU (saya menggunakan pendekatan internal dengan menggunakan bahasa kalangan kebatinan. Dalam khasanah agama Islam, Wahyu hanya diturunkan kepada para Nabi, sedangkan sesuatu yang turun kepada manusia biasa yang khusus diberikan oleh Tuhan karena sebab-sebab tertentu biasa disebut dengan Ilham atau intuisi yang sangat jelas dari Tuhan. wongalus). Dan dari turunnya WAHYU kepada seseorang tokoh pendiri kebatinan itulah, kita bisa mengetahui latarbelakang sosiologis dan filosofisnya.

HARDOPUSORO didirikan oleh KUSUMOWIDJITRO. Siapa Kusumowidjitro? Dia adalah salah seorang Kepala Desa di daerah Purworejo, Jawa Tengah. Purworejo adalah kota arah barat yang berbatasan dengan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kisahnya, pada tahun 1880 Kusumowidjitro tidak tahan dengan perlakuan kolonial yang menindas rakyat. Ia tinggalkan jabatannya dan pergi meninggalkan desanya karena melaksanakan aksi menolak membayar pajak.

Selama berpuluh-puluh tahun, dia mengembara ke berbagai hutan di Jawa Timur. Pengembaraan dihabiskan untuk berpuasa dan bertapa di dalam belantara yang penuh tantangan. Tidak ada guru spiritual khusus yang dipercayai menuntun perjalanan spiritualnya. Pada suatu hari, WAHYU turun setelah dia mencapai situasi PASRAH TOTAL pada Tuhan. Wahyu juga berbunyi agar dia menyebarkan kebaikan sekaligus ajaran-ajaran kebaikan kepada sesama manusia.

Hadirnya wahyu yang merupakan DAWUH dari GUSTI KANG AKARYO JAGAD ini jelas merupakan hal menandai berakhirnya satu era perjalanan spiritual untuk memasuki era baru yang lebih kompleks. Kusumowidjitro merasa itulah saat dia hidup kembali sebagai manusia yang sesungguhnya dititahkan mengemban tugas mulia: sebagai hamba-Nya. Dan dia pun mulai muncul di berbagai kota.

Pada tahun 1907, dia sudah diikuti oleh banyak pengikut di Banyuwangi. Namun sayangnya di tahun itu pula dia diusir oleh Pemerintah Kolonial Belanda karena khawatir melihat tanda-tanda gerakan kebatinan ini berbahaya dan bisa merongrong kewibawaan pemerintah kolonial. Untuk sementara waktu Kusumowidjitro mengasingkan diri ke hutan di wilayah pegunungan antara Malang, Blitar dan Kediri. Kharisma dan aura spiritual Kusumowidjitro tetap berbinar sehingga dia mendapatkan pengikut di era pengasingan diri ini.

Pada tahun 1913, Kusumowidjitro tercatat sudah muncul lagi di berbagai kesempatan. Salah satunya adalah hadir dalam forum paguyuban Masyarakat Teosofi –salah satu aliran kebatinan juga— dan dia berkhutbah di sana tentang praktik spiritual yang dijalaninya.

Hampir semua bagian ajarannya diakui masih misterius dan cukup sulit untuk dipaparkan. Sumber-sumber di paguyuban ini enggan memberikan keterangan. Bisa jadi ini dikarenakan sikap waspada para penganut paguyuban HARDOPUSORO karena saat itu pengawasan Belanda terhadap berbagai penganut aliran kepercayaan semakin ketat.

Penganut aliran kebatinan yang ada di paguyuban HARDOPUSORO melakukan kegiatan spiritual secara sembunyi-sembunyi dan menutupi aktivitas spiritual mereka dengan dalih acara SLAMETAN. Secara internal, ajarannya termasuk sulit sebagaimana paguyubannya yang tidak mudah dijumpai. Ajaran spiritual (wiridan) HARDOPUSORO pun dilarang untuk diamalkan bagi yang belum menjadi anggota. Segala pertanyaan menyangkut paguyuban ini juga dilarang untuk dijawab.

Biasanya Kusumowidjitro menyampaikan ajaran-ajaran mistik kebatinan pada tengah malam dengan memakai jubah putih. Pada setiap pertemuan, biasanya dilaksanakan tujuh tingkatan inisiasi atau pembaiatan. Setelah merampungkan pembacaan masing-masing jenjang wiridan tadi, hanya para anggota yang telah dibaiat pada level itu yang diijinkan keluar. Dalam satu sesi, hanya mereka yang telah menerima tujuh kali baiatan yang diijinkan tetap di tempat sampai akhir acara. Kemajuan melalui tingkat baiatan tergantung pada hafalan wirid dan pengamalan beberapa teknik tertentu yang berhubungan dengan tiap level.

Ajaran mistik HARDOPUSORO memang rumit. Dipenuhi dengan paradoks, dijejali dengan simbol-simbol dan mengatasi segala macam tataran akal. Berbagai macam teknik pada masing-masing baiatan itu diarahkan untuk membangkitkan kesaktian yang bersemayam di dalam tubuh.

TEKNIK UTAMA PEMBANGKITAN KESAKTIAN dilalui dengan cara KUNGKUM atau semedi dengan mengucap mantra, sambil duduk merendam diri sampai leher di sumber air yang dianggap memiliki daya keramat atau pertemuan antara dua aliran sungai yang oleh masyarakat biasa disebut dengan “tempuran”.

Pelahan-lahan latihan yang keras itu mengendur hingga akhirnya hanya cukup dengan SEMEDI atau MEDITASI dengan KAKI YANG DICELUPKAN DI DALAM SEMANGKUK AIR saja. Meskipun kekuatan magis atau KASEKTEN merupakan elemen pencapaian pada setiap jenjang baiatan, sesungguhnya TUJUAN AKHIR PERJALANAN SPIRITUAL PAGUYUBAN HARDOPUSORO adalah MELEBURNYA ANASIR FISIK DAN JIWA dari DIRI atau yang dikenal dengan MOKSA alias SUWUNG

Belum diketahui secara pasti, apakah paguyuban aliran kebatinan HARDOPUSORO ini masih ada di negeri kita atau tidak. Semoga masih ada sehingga kita tidak kepaten obor eksistensi saudara-saudara kita yang gigih berjuang untuk menemukan DIRI SEJATI ini.

wongalus

About these ads
Categories: HARDOPUSORO | 71 Komentar

Navigasi pos

71 thoughts on “PAGUYUBAN KEJAWEN HARDOPUSORO

  1. wah punika informasi yg sangat menarik Ki. Saya pribadi merasa akrab di telinga dengan nama Hardopusoro. Sepertinya masih eksis di level bawah permukaan, di Jogja. Mudah2an suatu waktu dapat bercengkerama dengan para kadhang generasi penerus Hardopusoro, pimpinan Kusumowitjitro.

    matur nuwun KI
    Rahayu

  2. Ki Sabda: Eman bila kekayaan tradisi spiritual seperti ini hilang. Sebab ini bukti bahwa nggayuh kasampurnaning urip untuk maneges pada Gusti Kang Maha Wikan bisa dengan laku dan cara yang kreatif. Nuwun ki.

  3. Anonymous

    paguyuban hardopusoro tasih eksis dugi sakniki,lan saben malem tanggal 14 sura masih ada kegiatan srawung agung,nuwun,
    (PENGELOLA PADEPOKAN HARDOPUSORO)

  4. ikhsan febri.h

    KI,kula suwun kapan2 mbok dolan nuweni padepokan hardopusoro wonten Kemanukan,Bagelen,Purworejo,JAWA TENGAH,kaliyan ziarah wonten makame ki KUSUMAWICITRA guru kita semua,
    mbenjang tanggal 30 desember badhe wonten acara tahunan ngih menika SRAWUNG AGUNG,
    matur nuwun,
    @a.n Kadang Hardopusoro Purworejo,

  5. Yth Mas Iksan Febri, wah meniko inkang kulo tenggo mas. Saya sangat bahagia akhirnya bisa bertemu dengan saudara-saudara penganut aliran kebatinan Hardopusoro yang awalnya saya khawatir sudah “hilang” dari peradaban. Semoga para sanak kadang penerus ajaran ki kusumowitjitro tetap melestarikan dan nguri-uri ajaran beliau yang adiluhung. Matur nuwun mas. Semoga saya bisa hadir di acara srawung agung bersama dengan para sedulur spt ki sabda langit, ki kumitir dll.

  6. ikhsan febri

    sama2 ki,saya juga trmkasih banyak atas artikel tentang sejarah dr mbah somocitro,artikel sampeyan bisa menambah refrensi dalam saya menulis perjalanan spirutual simbah,saya dipurworjo,bersama kadang dan pengurus pusat sedang mengumpulkan,arsip sejarah dari mbah somowicitro,dan semoga artikel sejarah itu dapat selesai sebelum srawung agung,saya kagum dengan simbah,saya adalah yang menempati bekas kediaman/rumah dari mbah kusumowicitro,

  7. Ilang

    Masih ada kok.. didesa Kemanukan Kec Bagelen Kab. Purworejo..
    Hidup adalah bagaikan air yang mengalir……

  8. Irtosuharto

    Rahayu.
    Kang Mas Wong Alus, trimakasih saya dapat menemukan bagian-bagian dari kisah Ki KusumaWicitra yang belum saya dapatkan selama ini.

  9. nderek nyimak…

  10. ki Anonymous,

    alamat tepatnya dimana kalau dari setasiun purworeja ki, nderek ngemum sawab ki. sukur2 diperbolehkan untuk mengikuti ajaranya yang adiluhung. nuwun
    matur nuwun sanget ki wong alus dengan adanya blok ini berperan besar untuk menjembatani para saudara2 semua untuk saling berkomunikasi, dan terima kasih juga untuk semua para sesepuh yg telah memberikan bimbingan kepada kita semua, semoga menjadi ladang amal kebaikan amin.

  11. Irto Suharto

    Rahayu.
    Sedikit informasi untuk Ki Cokrojoyo. Pengilut kawruh Hardo pusoro banyak tersebar di Jawa, sesepuh untuk Yogyakarta adalah Eyang Niti, beliau dahulu sering mandi malam di Kali Kuning yogya, letaknya di sebelah timur Bandara Adisucipto, diselatan Jl Solo . Rumah beliau di Desa Kembang , ancar-ancarnya pertigaan antara JLringroad Utara Yogya yang bertemu dengan jl Solo ada lampu merah, selatan lampu merah, disebelah barat masjid, sebelah barat gereja, serta sebelah timur makam. beliau sangat terbuka untuk diajak berdiskusi. Smoga informasi ini dapat berguna bagi panjenengan dan sedherek yang lain.nuwun.

  12. Generasi Lembu Peteng

    pernah aku di critani oleh penganut aliran HP ini,, namun setelah kecermati dan kusimpulkan dari dakwah orang tersebut,, ajarannya mirip sekali ambek siti jenar,, yang ujung2nya mengaku dirinya tuhan,,
    siapa aku? ini siapa? sambil menujuk tangan,,iki sopo? sambil memegang batuk,, yah persis..
    dia jiuga mengagung agung kan kusumowicitro yang katanya adalah murid dari siti jenar…

    entah apa katanya tapi akan berdiri universitas ketuhanan YME.. yg mempelajari hidup dan mati..
    semoga ajaran ini tidak bertentangan dengan syariat islam,,
    itu saja,, Karena Satu satunya Tuhan adalah ALLAH yg maha agung.. yg menciptakan & dia maha esa..

  13. Irto suharto

    @generasi lembu peteng . kalau hanya dicritani dan belum masuk melihat sendiri jangan menggeneralisir dan menghakimi .apalagi memfonis ” ujung-ujungnya mengaku dirinya Tuhan”.
    Paguyuban kejawen Hardopusoro adalah aliran kebatinan yang memproklamirkan ” bukan agama dan tidak akan menjadi agama”.
    Saai ini ketua umum paguyubannya adalah seorang Prof dan bergelar Haji dari Universitas ternama di Indonesia. apakah mungkin ajaran ini bertentangan dengan ajaran islam?. monggo dipahami. nuwun.

  14. KRT Eddy condronagoro, MSi

    Rahayu, bisa minta tolong alamat atau no telp , paguyuban Hardopusoro, di jakarta atau jogjakarta. Maturnuwun. Rahayu

  15. Irto suharto

    rahayu
    @ ki KRT Eddy condronagoro, MSI : nuwun sewu kula aturi paring alamat email kemawon, mbok bilih mangke para sedherek saking Paguyuban Hardopusoro saget menghubungi. rahayu.

  16. cokroyudho manggolo

    Rahayu, bisa minta tolong alamat atau no telp, paguyuban Hardopusoro, di jogjakarta. Matur nuwun. Rahayu

  17. nugroho

    @cokroyudho manggolo: Kangmas langsung menemui Bpk Prof Dr Damarjati Supadjar kemawon, beliau Ketua umum paguyubannya

  18. aryo

    http://hardopusoro.blogspot.com/2009/05/hardo-pusoro.html

    salah satu blog wargo hardo pusoro jg

    rahayu

  19. yudi cahyo utomo

    rahayu, saya ingin tanya web atau bloggger resmi untuk hardopusoro

  20. yanto sweet

    salam rahayu! warga paguyuban hardo pusoro kudus jawatengah.

  21. Hardo pusoro kaweruh nenggih
    ngelmu kasunyatan
    sarwo luhur kang dadi sedyane
    srono angudi isining wirid
    tekade sawiji
    linambaran laku…
    ……………
    Tekade Hardo Pusoro
    Mung amawas ing pribadi
    Nembah bekti mring hyang agung
    Rumongso yen Kawulo
    Tekad luhur kang sinedyo slaminipun
    Srono ngendaleni hardo
    Minongko sedyo pambudi
    ……………
    Lirih lerem aluruh
    Dadyo srono marganing pangukud
    Kanti rilo pasrah sumarah ing Widdhi
    Ngestokken sakeh pitutur
    Pepadang saking Hyang Manon
    …………….

    Rahayu…kadang sedoyo :-)

  22. tsmario

    mau nanya blog resmi Hardapusara yang dirintis oleh generasi muda dah jadi terbit atau belum ya!. nuwun.

  23. Imansyah Rukka

    Alirahn kebatinan Hardopusoro, adalah aliran kebatinan tertua yang merupakan ilmu kasunyatan. Tuhan itu nyata ada maka itu disebut kasunyatan dan harus di rasakan. Dengan pemahaman HP inilah kita bisa menemukan itu semua.

    Rahayu,

    Warga HP Jakarta :

  24. leo

    RAHAYU.

    selalu eksis tuk HP.

  25. sumartono

    kulo warga hp..malang..nyuwun no.engkang saget dipun hubungi ten jatim..nuwun

  26. inpo yg bagus ,,,,,,,di jogja dmn ya?

  27. rendra

    sesepuh ane mau gabung ne,g mn caranya,ane di riau

  28. dayu widya prameswari

    HP………..
    mturswun artikel tntg Hp.ya…
    jd smkin tw…
    dayu warga dr kebumen…..

  29. joko

    RAHAYU……..WARGO HP MAGELANG,JAWA TENGAH.

  30. rahayu.semoga semua penggilut hp makin mendalami smua wejangan

  31. agus dibyo

    maju terus pantang mundur …yo..podo..nggayuh..wahyuninggusti….opo to ..sing.dikarepke.nyoto. …….RAHAYU..KATUR.WARGO.HP.SEDOYO

  32. saya menharap,kadang hardo pusoro untuk banyak membaca buku karangan sujono rejo.buat menambah wawasan kaweruhnya.

  33. sugeng enjang dalem agung purwo widodo asli purworejo domisili wonten cijantung jaktim badhe nderek sareng2 belajar ilmu kehidupan sareng HP,wonten jakarta alamatipun wonten pundi ?,matur nuwun

  34. padma

    mas sumartono njenengan di malang mana ya……saya juga warga hp posisi di lawang

  35. Errick S'tak

    Kalau tidak salah masih banyak pengikut setia HP hingga saat ini, sedangkan saya hanya dapat mengetahui secara lisan dan membaca Risalah Srawung Agung – 1978, dan sebelumnya juga sdh ada perbincangan tentang HP, dari yang sdh sampai Titik 3.

    Apakah hanya Pas Acara Srawung Agung di Hari ke – 14 Bulan Suro saja dapat dilakukan WIRID Titik 1 – 6 nya….. Kalau ada Informasi untuk Wejang / baiat Titik 1 – selanjutnya mohon diinformasikan, karena ada hal yang saya ingin ketahui, tapi menurut pengikut HP hal tersebut “RAHASIA” sehingga buntu…..atas infomasinya saya haturkan terimakasih

    Mohon infonya : jousim65@gmail.com
    rsimantaqe@yahoo.com

  36. mirad

    @erriick :pengambilan wirid 1,2,3,5,6 bisa dilakukan di wengkon masing-masing cuma pengambilan titik 4 yang harus pas acara seraung agung

  37. wisnu

    askum…nuwun nuwun kawulo nuwun..nderek nyimak nambahaken raos syukur saget tetepangan poro sederek2 bathin…munkin dalem dateng mriki tasih kawulo kaneman piambak..nyuwun bimbingan mugi sageto dados manunggal kawulone gusti..houng wilaheng awigeno mastuhu bawono langgeng…nuwun nuwun nuwun….

    NB: wisnu {085641462554}

  38. secara pribadi ki sumo pernah belajar kebatinan kapada raden panjinoto roto.beliau kepala distrik ngijon d yogyakarta.raden panji ada;ah temen langsung kere godean dlm membahas ilmu roso

  39. maaf,yang d utarakan womg alus kurangtepat.dlm kungkum bukan untk mencari kasekten.tp mencari lerem.untuk mengenal diri pribadi sesungguhnya.adapun kesaktean adlh bonus dari sang diri pribadi.biasanya orang sekti mempunyai sifat kumingsun dg kesaktianya.HP adalah ilmu kaweruh,bukan perguron yg mencari sekti.percuma klo sekti klo hidupnya tdk sesui pepacak.suwun

  40. dan maaf.banyak orang mengaku sdh melangkah wates 1.buat saya itu sdh kumingsun,yang ngomong itu msh kejebak dlm angen2.(sombong)dan blm smpi k alam roso jati.sesungguhnya.klo sdh melangkah wates,tdk d ceritakan sembarang orang.karna sdh buka rahasia alam.makanya sewaktu ki sumo sugeng,ki sumo menunggu d jagad persagi bagi murid2 yg melangkah wates.adapun maksudnya:1.untuk menghindari tersesat.2.biar merasakan sendiri suasananya.3.dan pentingnya guru menuntun d alam persagi.bagi yg sdh bisa melangkah wates,biasanya dlm menerangkan atau ngobrol dg orang yg sdh melangkah wates,biasanya dg sanepo.untuk menhindari rasa kumingsun.

  41. pesan saya buat kadang HP wengkon wates magelang.terutama kpd bpk sugianto (dan warga HP d mana pun) jangan merusak ajaran HP sesungguhnya.saya amati dari dulu sampai sekarang msh menggunakan kaweruh HP buat hal2 yg tdk sesuai dg ajaran.termasuk untuk menerawang,dll.HP adalah kaweruh kasunyatan bukan perdukunan,adapun bisa ELOK itu adalah bonus dari si URIP SEJATI untuk kita lbh asor bukan dangngak AKU nya.kita harus malu kpda swargi ki kusumo wicitro beliau sangat mumpuni tp beliau lbh banyak diam,tdk ngumbar kasekten.kita baru bisa sedikit lagaknya sudah merasa AMPUH/BISA.semoga ini buat renungan kita.adapun yg tersinggung,berarti jiwa anda blm bisa memahami HP sesungguhnya.wasallam,…..rahayu

  42. Marwoto

    Sugeng Pamuji Rahayu Lumintu Langgeng..
    Rahayu Poro Sedulur…
    inggih leres sak meniko ingkang saget ngrasak aken inggih meniko diri kapribaden.
    landepe lading soko sering’e ngungkal…

  43. saya,memahami benar apa yang d katakan saudara aryo.dlm kungkum kita mencari lerem,adapun doyo adalah “efek” saja.dan hal yg menarik kiasan dlm kungkum adalah kita mengenang wktu kita kungkum d gua garbo ibu (d dlm kandungan ibu)kita bisa melihat betapa pasrahnya janin smpi menjadi bayi d dlm air ketuban. selama 9 bulan 10 hari.kita jd ingat titik 6 dlm wirid HP.kiasan di atas merupakan pengalaman saya bertemu dg orang tua saudara aryo.orang tua dari saudara aryo menerangkan mengenai hal kungkum dan kiasan dari kungkum itu sendiri.mski orang tua dari saudara aryo beda kaweruh,saya dan saudara aryo adalah kadang HP tp kami bgtu bnyak dpt masukan.

  44. dan ada sdkit cerita dari orang tua saudara aryo,pd taun 1960 d pinggir kota M,ada seorang sepuh yg pendim dan tdk mitayani penampilanya.di sinyalir kuat adlah warga HP.beliau menolong warga yg baru kena musibah.pada wktu itu hujan sangatlah lebat,seorang sepuh tadi berteduh di salah satu rumah.dan terdengar tangisan dlm rmh tsbt,10 menit smpi 30 menit suara tangis tsbt tdk kunjung berhenti.maka orang sepuh td membranikan diri untuk mengetuk pintu.selang beberapa saat pintu di bukakan.dan orang sepuh tdi bertanya ada apa gerangan yg membuat bersedih kpd pemilik rmh tsbt.kemudian yg punya rumah menceritakan bahwa suaminya baru saja meninggal,dan binggung tdk punya uang untuk tahlil selama 7 hari.orang sepuh tdi tdk bnyk bicara,lalu ia minta meja makan di rapatkan dan d tutup jarik.orang tua td pesan setelah dia pergi nanti meja yg di tutupi jarik tsbt d buka,apa alhasil setelah di buka.apa yg di minta pemilik rumah untuktahlil selama 7 hari sdh tersedia.di sini kita bisa mengambil pelajaran,bahwa orang klo sdh tinggi kaweruhnya cenderung diam dan otomatis sopo sing atine selamet sandang pangan melu dewe.dan keelokan tdi adalah bounus dari sang guru sejati….suwun,rahayu

  45. saya membaca kutipan dari saudara generasi lembu peteng,saya sangat tertarik apa yang di tulis saudara generasi lembu peteng kepada hardopusoro.memang ada kalanya warga HP harus d kritik,dg d kritik akan memacu warga HP lbh maju dan tdk sembarang ngomong kaweruh di kalayak umum.dlm hal ini orang yg tdk atau blm msk kaweruh apapun.namanya kaweruh hanya di bicarakan di tempat khusus,maksudnya pada sarasehan atau kumpulan se warga HP saja.saya bisa memaklumi reaksi dari saudara generasi lembu peteng,kepada salah satu warga HP.saya harapkan bagi warga HP jangan sok dlm membahas ilmu kaweruh,siapa tau yg di ajak bicara pemahaman kaweruhnya lbh dari pada kita.dan untuk mas irto suharto jng membawa nama prof.damarjati dlm meyakinkan saudara lembu peteng.yg saya tau pak damar adalah pengajar filsafat dan kebetulan warga HP saja.pak damar bukan pelaku kaweruh yang matang.klo pelaku yang matang sudah banyak diam dan sikapnya sdh kridho grahito dlm keseharianya.kebetulan pak damar literaturnya banyak,karna beliau gemar membaca buku buku kaweruh kejawen.dan kebetulan saya bekas mahasiswanya pak damar……suwun….rahayu…wassalam

  46. untuk semua warga hardopusoro di mana pun berada.saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.rahayu….rahayu…wasalam

  47. PENDING

    Rahayu,,,wargo HP sedoyo,khususipun wargo HP Magelang

  48. matursuwun sedherek pending…………….rahayu ugi…….wasalam

  49. HERYASA

    rahayu,, laku saliraning diri,. tdk blh diwakilkan,,menyatakan,,langsung sa’jroning uripe dewe2,, wujudaken kasunyatanipun tekad poro kadang wargo,, panggilut kaweruh kasunyatan HARDO PUSORO..

  50. rahayu……………saya dan kel besar HP kab magelang mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1433 h.kepada warga HP se nusantara.rahayu….rahayu.

  51. pc suhartono

    Rahayu

  52. dika

    Nuwun sewu..
    Badhe nderek tenglet!
    Menawi Paguyuban HP wonten cabang teng Wonosobo nopo mboten njeh?

  53. mau tanya warga hp yg ditangerang nopo wonten?

  54. aris

    alhamdulillah paguyuban HP dijawa timur masih aktif walaupun tidak giat sewaktu diasuh oleh pak dhe hendro,tetapi saat ini masih ditata kembali untuk menggiatkan kembali aktifitas paguyuban HP dijawa timur…pinisepuh yang ada saat ini disurabaya dan pujon malang

  55. sumartono

    mas nyuwun alamat ten pujon utawi no. hp ingkang saget di hubungi mas aris….kluarga besar kulo penganut HP..tapi pun kepaten obor…nuwun

  56. Kadang Wargo

    Salam Rahayu

  57. Arie

    Maaf mohon info kalau cabang HP di tegal ada gak ya..matur suwun

  58. dinda

    permisi, saya mau minta tolong, minta ijin, dan minta kerjasamanya untuk dijelaskan mengenai hp ini..
    siapa yang mau meembagikan infonya.. terimakasih

  59. dinda

    mas aryo, saya pengen tau seluk beluk HP ini, apakah mas mau jd narasumber saya?

  60. ito

    Rahayu..salam pasederekan dari HP Wonogiri

  61. agus

    ikut berbahagia pak damar udah kondur kasedan jati

  62. samudro

    monggo sareng 2 memayuhayuning bawono

  63. samudro

    saya di jakarta barat kebun jeruk ada paguyuban hp minta info

  64. samudro

    dinda udah masuk HP lum

  65. samudro

    tu kasih pepadang mas aryo ma dinda komentar tak tunggu

  66. samudro

    mas heryasa laku sarining diri meniko kedah pripun …..wujud kasunyatan meniko meniko nopo saget dipun raosaken sak meniko …alat untuk melihat pakai apa ..mohon minta pencerahan

  67. Indra Caraka

    Rahayu,…Nyuwun pirso sederek2 ingkang ngertos alamat HP di Cirebon ? Nuwun.

  68. Syafaat Hardopusoro

    hardopusoro meniko ngelmu kasunyatan sanes ngelmu kasekten….. jogja panggenanipun wonten maguwo

  69. nderek langkung kulo saking purworejo menawi badhe ngangsu kawruh HP kemanukan Bagelen manggihi sinten nggeh mas Aryo

  70. ikhsan febri.h: menawi badhe dolan lajeng ngangsu kawruh ten Kemanukan manggihi sinten nggeh mas ,kulo saking Ngombol

  71. danang

    kalau daerah solo ad ndak ya…?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: