AJARAN KEROKHANIAN SAPTA DARMA


SAPTAsapta2

Di tembok rumah sang pendirinya, tiba-tiba muncul gambar-gambar dan tulisan yang kelak menjadi lambang, nama, serta ajaran-ajaran pokok Sapta Darma…

Bagi kalagan umum disebut aliran kebatinan, bagi penganut Sapta Darma disebut ajaran kerokhanian. Diantara berbagai aliran kebatinan lain yang ada di tanah air, umur Sapta Darma tergolong muda dan modern. Meskipun sudah diakui pemerintah, namun hingga kini masih saja ada saja yang masih mempermasalahkannya dengan berbagai tuduhan yang miring.

Apa yang salah dengan aliran Sapta Darma? Bukankah negeri ini dasarnya adalah Pancasila dimana dalam sila pertamanya tercantum Ketuhanan Yang Maha Esa dan aliran ini bahkan mewajibkan warganya menyembah Tuhan yang satu, Allah Yang Maha Kuasa dan penganutnya berkewajiban menjalankan hidupnya berdasarkan tujuh kewajiban suci (darma), agar selamat hidup dunia dan akhirat.

Sapta Dharma bukanlah aliran sesat yang menyembah berhala dan meminum darah musuh demi mendapatkan kesaktian, Sapta Darma adalah aliran yang ingin agar penganutnya menjadi manusia yang berbudi luhur dan Pancasilais.

Tapi, lihatlah banyak fakta yang terjadi dimana masyarakat yang mengaku beragama tertentu menyerang para penganut aliran kebatinan tersebut dengan berbagai dalih. Kenapa hingga kini berbagai aliran kepercayaan/ aliran kebatinan itu masih dipandang sebelah mata? Bukankah mereka tumbuh berkembang sebagai hasil interaksi manusia asli Indonesia dengan alam dan Tuhan?

Sejarah adalah bukti bagaimana pemerintah kita mengakui eksistensi berbagai aliran kebatinan di nusantara. Dimulai pada tanggal 19 dan 20 Agustus 1955 di Semarang diadakan kongres dari berpuluh-puluh aliran kebatinan yang ada di berbagai daerah dilanjut dengan Kongres berikutnya pada tanggal 7 Agustus 1956 di Surakarta dan dua kongres serta seminar mengenai masalah kebatinan dalam tahun 1959, 1961 dan 1962.

Aliran kepercayaan/ kebatinan merupakan budaya lokal dengan anggota yang jumlahnya berkisar antara 200 orang hingga ribuan orang. Yang termasuk aliran kecil adalah berjumlah 200 orang misalnya PANCASILA HANDAYANINGRATAN dari Surakarta; ILMU KEBATINAN KASUNYATAN dari Yogyakarta; ILMU SEJATI dari Madiun; dan TRIMURTI NALURI MAJAPAHIT dari Mojokerto, PENUNGGALAN, PERUKUNAN KAWULA MANEMBAH GUSTI, JIWA AYU dan dan lain-lain.

Ada pula aliran kebatinan yang tergolong besar yang beranggotakan lebih dari 1000 orang yang tersebar di berbagai daerah. Yang termasuk aliran dengan banyak pengikut di antaranya HARDOPUSORO dari Purworejo, Susila Budi Darma (SUBUD) yang asalnya berkembang di Semarang, Paguyuban Ngesti Tunggal (PANGESTU) dari Surakarta, Paguyuban SUMARAH dan SAPTA DHARMA dari yogyakarta.

HARDOPUSORO adalah yang tertua diantara kelima gerakan yang terbesar itu, didirikan oleh Kyai KUSUMOWIDJITRO, seorang kepala desa di desa Kemanukan, Purworejo pada tahun 1895. Ia menerima wahyu yang semula disebut KAWRUH KASUNYATAN GAIB. Ajaran-ajarannya termaktub dalam dua buah buku ynag oleh para pengikutnya sudah hampir dianggap keramat, yaitu Buku KAWULA GUSTI dan WIGATI.

Susila budi (SUBUD) didirikan pada tahun 1925 di semarang, pusatnya sekarang berada di jakarta. Mereka tidak menyebut diri sebagai aliran kebatinan, melainkan “pusat latihan kejiwaan”. Anggota-anggotanya yang berjumlah beberapa ribu itu tersebar di berbagai kota diseluruh indonesia dan mempunyai sebanyak 87 cabang di luar negeri. Banyak dari para pengikutnya adalah orang Asia, Eropa, Australia dan Amerika. Doktrin ajaran organisasi itu dimuat dalam buku berjudul SUSILA BUDHI DHARMA.

PAGGUYUBAN NGESTI TUNGGAL, atau lebih terkenal dengan nama PANGESTU adalah sebuah budaya kebatinan lain yang luas jangkauannya. Gerakan ini didirikan oleh Soenarto, yang di antara tahun 1932 dan 1933 menerima wangsit yang oleh kedua orang pengikutnya dicatat dan kemudian diterbitkan menjadi buku Serat Sasangka Jati.

Pangestu didirikan di surakarta pada bulan mei 1949, dan anggota-anggotanya berkisar antara 50.000 orang tersebar di banyak kota di Indonesia. Anggota yang berasal dari daerah pedesaan banyak yang tinggal di pemukiman transmigrasi di Sumatera dan Kalimantan. Majalah yang dikeluarkan organisasi itu DWIJAWARA merupakan tali pengikat persaudaraan Pangestu.

PAGUYUBAN SUMARAH diprakarsai oleh R. Ng. Sukirno Hartono dari Yogyakarta. Ia mengaku menerima wahyu pada tahun 1935. Pada akhir tahun 1940 mengalami kemunduran, namun berkembang kembali tahun 1950 di yogyakarta. Jumlah anggotanya kini sudah mencapai 115.000 orang baik yang berasal dari golongan priyayi maupun dari kelas-kelas masyarakat lain.

SAPTA DARMA adalah yang termuda dari kelima gerakan kebatinan yang terbesar di jawa yang didirikan pada 27 Desember tahun 1952 oleh Hardjosapuro yang kemudian mengganti namanya menjadi Panuntun Sri Gutomo. Beliau berasal dari desa Keplakan, Pare, Kediri. Berbeda dengan keempat organisasi yang lain, SAPTA DARMA beranggotakan orang-orang dari daerah pedesaan dan orang-orang pekerja kasar yang tinggal di kota-kota. Walaupun demikian para pemimpinnya hampir semua priyayi. Buku yang berisi ajarannya adalah KITAB PEWARAH SAPTA DARMA.

AJARAN SAPTA DARMA

Pemeluk SAPTA DARMA mendasarkan apa saja yang dilakukan sebagai suatu ibadah, baik makan, tidur, dan sebagainya. Tetapi ibadah utama yang wajib dilakukan adalah SUJUD, RACUT, ENING dan ULAH RASA. SUJUD, adalah ibadah menyembah Tuhan; sekurang-kurangnya dilakukan sekali sehari.

RACUT, adalah ibadah menghadapnya Hyang Maha Suci/Roh Suci manusia ke Hyang Maha Kuwasa. Dalam ibadah ini, Roh Suci terlepas dari raga manusia untuk menghadap di alam langgeng/surga. Ibadah ini sebagai bekal perjalanan Roh setelah kematian. ENING, adalah semadi, atau mengosongkan pikiran dengan berpasrah atau mengikhlaskan diri kepada Sang Pencipta. ULAH RASA, adalah proses relaksasi untuk mendapatkan kesegaran jasmani setelah bekerja keras/olah raga.

Warga Sapta Darma tidak membicarakan surga dan neraka, tetapi mempersilahkan warga Sapta Darma untuk melihat sendiri adanya surga dan neraka tersebut dengan cara racut. Kejahatan, kesemena-menaan, dan sebagainya mencerminkan neraka dengan segenap reaksi yang ditimbulkannya. Begitu juga dengan kebaikan seperti bersedekah, mengajarkan ilmu, menolong sesama mencerminkan surga.

SAPTA DARMA lebih fokus pada pengembangan budi pekerti yang saat ini semakin terdegradasi di negeri kita. Seperti tawuran pelajar ada di mana-mana, pemerkosaan terhadap anak-anak dan perempuan, perdagangan manusia, semua terjadi hampir tiap hari. Semua catatan segala penyimpangan akan terus bertambah dan barangkali bisa menjadi daftar panjang tidak berkesudahan. Belum lagi apabila ditambah dengan korupsi yang dilakukan para politikus dan pejabat negeri ini.

Salah satu upaya untuk memperbaiki situasi adalah dengan terus menumbuhkembangkan budi pekerti sebagaimana yang dilakukan oleh aliran kerohanian Sapta Dharma. Inti dari ajaran aliran yang asal-muasalnya dari tanah Jawa itu adalah menyelaraskan kehidupan manusia dengan alam, sesama, dan Sang Maha Pencipta.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Srati Dharma Pusat Yogyakarta Subiyantoro mengungkapkan, aliran yang intinya pada penggalian budi pakarti luhur itu diterima kali pertama oleh Hardjosapuro yang setelah menerima wahyu bergelar rohani Sri Gutomo pada Desember 1952 di Pare, Kediri.

Dikisahkan saat proses awal Hardjosapuro menerima wahyu. Sewaktu dia Waktu itu, dia merasa tidak enak badan, lantas mengambil tikar dan berusaha tidur di lantai. Tiba-tiba dia merasakan suatu getaran hebat dan tergerak untuk menghadap ke timur. Di tengah-tengah situasi menggetarkan itu, dia beberapa kali merasa meneriakkan sesuatu. Setelah mengalami peristiwa aneh, dia kemudian menceritakan kepada teman-temannya.

Semula tidak ada yang percaya tetapi setelah semua ikut mengalami akhirnya percaya bahwa ada kekuatan yang mendorong mereka untuk menumbuhkembangkan budi pekerti luhur. Bukan sebatas itu, yang fenomenal adalah di tembok rumah Harjosapuro muncul gambar-gambar dan tulisan yang kelak menjadi lambang, nama, serta ajaran-ajaran pokok Sapta Dharma.

Semenjak itulah, berkembang aliran kerohanian yang bernama Sapta Dharma hingga kini sudah tersebar di seluruh propinsi di Indonesia.

Menurut Subiyantoro ajaran SAPTA DARMA terbuka bagi siapa saja dengan latar belakang berbeda-beda. Tidak ada diskriminasi dalam ajaran kerokhanian tersebut. Dijelaskan Subiyantoro, Ritual SAPTA DARMA adalah Ritual Sujud seperti layaknya orang berdoa untuk melakukan penggalian rohani. Dalam sujud tersebut, para penganut meluhurkan Allah yang Mahakuasa, mengakui kesalahan dan bertobat tidak melakukan kesalahan lagi.

SETIAP KALI SUJUD, SESEORANG BISA MEMAKAN WAKTU 1,5 JAM BAHKAN LEBIH. WAKTU TIDAK BISA MEMBATASI SESEORANG HARUS SELESAI SUJUD, TERGANTUNG PADA GETARAN YANG MEREKA RASAKAN. PADA TAHAPAN TERTENTU, SESEORANG BISA BERUBAH POSISI DARI SEMULA DUDUK BERSILA PERLAHAN-LAHAN TERTUNDUK SAMPAI KEPALA MENYENTUH LANTAI. “Ajaran Sapta Darma yang pada intinya budi pekerti luhur memang untuk menumbuhkan pikiran, sikap, dan perilaku berbudi pekerti luhur setiap insan,” tuturnya.

Sujud dan Dua Belas Saudara

Dalam sujud manembah yang telah diuraikan
Turunnya getaran dari kepala benar dirasakan
Terutama sewaktu melintasi jalur di dada
Tempat adanya bentuk tiga belah ketupat
Satu di atas, satu di tengah, dan satu di bawah
Yaitu yang disebut dengan istilah radar

Maka pada tiap belah ketupat itu
Terdapat getaran-getaran perwujudan
Dari sifat khusus kedua-belas saudara
Getaran berwarna hitam adalah aluwamah
Yang merah amarah, kuning suwiyah, putih mutmainah

Adapun letak dan sifat dua belas saudara itu demikian:
Hyang Maha Suci di ubun-ubun, sarana untuk menghadap
Hyang Maha Kuwasa dalam sujud dan dalam hening
Premana di dahi di antara kedua mata, untuk melihat
Segala hal yang tak tampak oleh mata biasa

Jatingarang atau Suksmajati di bahu kiri tempatnya
Gandarwaraja di bahu kanan dan bersifat kejam
Sering bertengkar serta tamak
Brama di tengah, senang marah sifatnya
Bayu di dada kanan, cirinya adalah keteguhan

Endra di dada kiri dan berpembawaan malas
Mayangkara di pusar, seperti kera suka mencuri
Merampas, mengejek, dan menghina
Suksmarasa di pinggang kiri dan kanan
Memiliki sifat halus perasaan

Suksmakencana di tulang tungging
Pengaruhnya pada gairah kebirahian
Nagatahun atau Suksmanaga di tulang belakang
Seperti ular sifatnya berbelit-belit dan berbisa
Baginda Kilir atau Nur Rasa bergerak sifatnya
Letaknya di ujung jari dan dapat digunakan
Oleh warga untuk menyembuhkan penyakit

Maka dalam sujud Sapta darma
Segala sifat saudara yang baik itu
Dikembangkan kepada kesempurnaan
Dan sifat saudara yang buruk
Diruwat agar menjadi tawar

Demikianlah ajaran Sapta Darma
Yang datang dari Panuntun Agung Sri Gutomo
Baik untuk didengar, dipahami, dan dijalankan
Supaya dapat seseorang menjadi satria berbudi
Yang berpegang pada Wewarah Tujuh dan Sesanti:

Ing ngendi bae Warga Sapta Darma
Kudu sumunar pinda baskara!

Dengan demikian para warga itu
Sesungguhnya juga mengikut pada petuah:
Sepi ing pamrih rame ing gawe!

@@@

wongalus

About these ads
Categories: SAPTA DHARMA | 120 Komentar

Post navigation

120 thoughts on “AJARAN KEROKHANIAN SAPTA DARMA

  1. saya ingin tahu alamat paguyuban sapto darmo yang ada di jember

  2. SY SNG BARU KTMU ADA WRG RMJ KSD

  3. abdullah

    saya sangat banga kalo di daerah2 perkembangan sapta darma lebih pesat ketimbang perkembangan di jakarta, saya warga ksd di wilaya jakarta timur boleh tuh kita adakan pertemuan antara kita dengan daerah2 di indonesia “Salam Waras”…

  4. tyo argo

    alamat aguyuban di jakarta timur dimana trus kapan waktunya

  5. alamat paguyuban sapta darma yang di jember itu ada apa tidak..? Harusnya ada tempat untuk kami saling bertukar pikiran

  6. Kang alus meniko wargi sapto darmo utawi sanes?

  7. wongalus

    Matur nuwun mas Gatholoco. Kulo keluwargi sedaya aliran kebatinan ingkang wonten ing nuswantoro. Pamuji rahayu.

  8. Eko

    kulo nate nderek sapta harma dipun tuntun rencang nanging sak menika sampun mboten sujud malih kulo kepengin sujud malih pripun coronipun

  9. yanto

    jangan mencampur adukan antara agama dan aliran kebatinan, ada diantara keluarga saya yang sudah hampir 30 th menjadi pengikut, yang tadinya rajin sholat wajib, puasa wajib dan ibadah yang lainnya, sekarang sudah ditinggalkannya. menurut keyakinannya dengan sujud wajib 1 kali sehari tidak shalat tidak apa-apa. dan yang lebih aneh lagi apabila ada orang yang telah meninggal, menurutnya arwahnya dapat diantarkannya sampai pintu surga. Benarkah Demikian ? yang lebih parah lagi rasa tanggung jawab kepada anak dan keluarganya sudah tidak ada. karena istri dan anaknya tidak ada yang mengikuti kemauannya supaya ikut meyebarkan aliran ini.

  10. agus

    matur nuwun. saya sekarang di kalbar tepatnya di kayong utara. dengan KSD saking mas yulianto, deresan bantul. salam waras kagem mas yuli saking dik agus lan warga sanese.Salam WARAS

  11. djaysman

    Salam waras, seneng banget weruh sedulur warga kang kreatif wani nulis ajaran kang adi luhung iki. Neng yoiku, kagem tiang sanes ingkang dereng nyumerepi ajaran punika kadosipun nyleneh, ananging bilih sampun maos utawi purun sinau ajaran punika kula kinten mboten kekathahan komentar. nuwun

  12. Heru fitriyanto.ST

    saya senang banget ada yang menulis artikel Sapta Dharma,
    salam waras kagem dulur warga sapta dharma.

  13. wongalus

    @sdr Heru: salam waras kagem poro sedulur di sapta dharma yang kebetulan mampir di gubuk ini.

  14. gatot

    ngwanteeeeng tenaaannn.!! sy salut n bangga. HARUS BERANI, JGN RAGU.. maju terus…

  15. agus

    Saya sewaktu duduk tingkat 3 SD diajarkan oleh ayah kandung saya bernama SAIKIN alm. ttg ajaran Sapta Dharma dan terasa sampai sekarang saya (PNS) tidak berani korupsi atau yang menyalahi ajarannya, bila niat itu ada, dalam hati langsung menolak keras. Dan saya bila ada sesuatu yang kurang baik, saya terasa sekali (gemetar badan saya).
    Terima kasih,Ayahku.

  16. widi

    KSD Demak alamatipun wonten pundi

  17. pak poh

    dsn Pandean-koplaan. kec. Pare Kab Kediri. SANGGAR AGUNG

  18. bening

    dimana saya bisa mendapatkan pengajaran sapta dharma, yg saya tau hanya bacaan kunci, mijil .. apakah itu sapta dharma?

  19. Agung

    Mas Bening Yth, yang panjenengan maksud bukan ajaran kerohanian sapta dharma – tetapi ajaran dari aliran kapribaden (Eyang Semono).

    Ki Wong Alus, nderek langkung… he..he.. Salam sejati !!

  20. kareno

    salam persaudaraan dri kami warga torekat insan kamil…

  21. Widhi

    Salam waras. Smg dg adax tlsan ni KSD smakin dkt dg tjuanx “memayu hayu bagya bawana

  22. Yudi

    Sebagai orang pribumi (Jawa) saya sangat prihatin melihat keadaan skrg

    Karena dari ujung rambut kita sampai ujung kaki “Luar negeri”
    Kurang puas… isi hatipun kita gadai ke “Luar negeri”
    Sampai ke urusan mati.. kita tidak ikut memiliki….
    Aduh…. bangsa apakah kita ini…?
    Tidak memliki Harga Diri
    Tidak punya Percaya Diri
    Dan tidak pernah Mandiri

    Mari kita belajar… Tidak hanya percaya dg ucapan “Katanya”
    Katanya kalau kita melakukan ini… balasannya “Surga”
    Katanya kalau kita melakukan itu…. balasannya “Pahala”
    Apakah Indonesia sdh menemukan “Surga”
    “Katanya” kalau tdk ketemu di dunia maka akan kita temukan di akhirat
    Walah…… Klo di dunia tdk ketemu, jgn harap akan ketemu di akhirat
    Apakah memang benar Agama2 dari “Luar” cocok kita terapkan disini
    Kalau memang cocok…… negeri kita sdh menjadi SURGA, kenyatannya adalah ….. nol koma kosong……!!!!!
    Katanya negeri kita berketuhanan kenyataannya adalah.. jauh dari itu
    Kita dilahirkan di Indonesia ini adalah untuk menyejahterakan bangsa Indonesia, bukan untuk bangsa lain…..
    Allah tidaklah salah menitipkan kita di Indonesia
    Kitalah yang salah karena selalu mengagung-agungkan Budaya bangsa lain, dan kita begitu bangga membawa Panji2 bangsa lain……..
    Kita silau dengan budaya asing…. sungguh kasihan
    Bangsa lain selalu ingin agar kita berpaling dari Indonesia…. karena memang itulah tujuan mereka….. ketika kita menjauh dari akar budaya kita sebagai bangsa dan putra Indonesia seperti sekarang ini, merekapun menguasai kita (renungkanlah kita sdh tdk berdaya….)
    Janganlah Agama2 dari Luar Negeri itu membawa kita menjauh dari Nusantara
    Mari kita kembali menjadi orang Indonesia… kembali menjadi orang Indonesia…. kembali menjadi orang Indonesia (dan bukan jadi2an…muka Jawa, Baju dan tata cara hidupnya persis orang Timur Tengah… ampun deh mas !!! )
    Sadarlah saudaraku……
    Terimakasih

  23. @mas yudi.. sip komentarmu.. ruang tamu rmh kita bkn lg dipenuhi budaya kita sendiri (jawa) tp penuh gambar dan tulisan impor dr negri sono. blajar jowo jare ndeso, nanging blajar ajaran import jare soko sing kuwoso. ingat, jgn sekali sekali meninggalkan sejarah.. contoh jepang, wlo dia kerja kantor dasian tp stelah pulang ganti pakai kimono,makan tetep pakai sumpit, rasa nasionalismenya tinggi makanya maju peradabannya. tp lihat org2 kita jawa yg jd singkek, raga di indonesia tp dia mencintai bangsa lain..yg katanya menurut mereka ada tuhan disana. kasian saudara2 kita itu.. dah gitu aja. rahayu.

  24. “siro ono, siro krasa lan siro cetha. ono marang kanyataane, krasa marang rasa lan karsane, sarto cetha marang kahanane, yoiku sipatingsun” “ngertiyo urip sejatining urip, sampek tutug ngrasakne mati sak jroning urip lan supoyo biso ketemu urip sak jroning mati”

  25. yuma

    salam, sy orng awam yg ingin tau ttg sapta dharma, pertanyaan: apakah sapta dharma ini sebuah agama? yg di maksud aliran kebatinan itu apa? mohon penjelasanya
    salam

  26. budi

    salam….saya ingin sekali belajar sapto darmo bagai mana caranya ya…..saya di lampung,apakah di lampung ada sapto darmo trimakasih

  27. mas jati.@
    alamat SANGGAR KEROHANIAN SAPTA DARMA di jember.
    dari perempatan pasar ambulu ketimur aja.
    sampe ke lapangan desa pontang utara jalan.
    nah pas disblh utara lpgn ada jln lurus ke timur.sktr 50m utara jalan.
    disitu letak SANGGAR CANDI BUSANA PERSADA 2,kab.jember.
    nuwun

  28. tary

    salam waras. Saya warga sapta dharma di sby. Sy msh du2k di bangku kuliah, sy sangat Sng bHwa trnyata dluar sNa bxk skali saudara2 wargo. Tp dsni terharu,senang,tetp tersilip rasa was2,takut apbila disekolah ato dkul plajrn agama. . .dwkt it pzti sy sangat tertekan. .smpai kpan n kapan KSD bs diakui n keluar dmta umum. Tp sy ttp brthan dgn suport yg dberikn bapak sy.
    ‘suatu sat pzti Sapta dharma kluar. .tgu w0lak walike jaman.salm waras

  29. slamet pujianto

    Saya wrga spta darma, skarang saya kerja di krawang. Ada yg tau gak sanggar yg ada di krawang tu dimana?

  30. Salam waras.

  31. Salam waras…

  32. ki_sudir

    Sapta Dharma, sebenarnya sempalan dari agama Buddha, pada awalnya pada jaman penjajahan mereka tertekan dan juga karena masuknya Agama dari Timur Tengah, maka mereka tidak berani mengaku agama Buddha karena dianggap aneh dan ber-Tuhan.
    Menurut hemat saya; kalau kita mau menegakkan Dharma kembalilah kepada agama Buddha.
    Alasannya; biar tidak dikatakan mencampuradukan ajaran Dharma yang luhur dan mulia. Karena prinsip Buddha jelas, apa yang disebut racut, manunggaling kawula gusti, ngroga sukma dan istilah lain bisa dijelaskan yang bersumber dari kitab Tripitaka.

  33. atok bujang

    sedekap lan semadhi …………………….

  34. anak wayang

    ………..sedekap lan semadhi …………………….

  35. R.Hendrawan Budi Purnama

    Rahayu…Selamat pagi…Paguyuban Kerohanian SAPTA DARMA untuk cabang di Banyuwangi alamatnya dimana?Saya berminat gabung…no.HP Sy 085649210204. Matur Nuwun

  36. buktikan saja dengan perlakumu yang telah diajarkan oleh orang engkau imani sebagai pembawa khabar dari langit tersebut dan tak usah menyalahkan agama dari ini agama dari…………..anda menyalahkan orang lain berarti anda juga harus siap disalahkan oleh orang lain.
    buktikan saja mas dengan ketaatan mu pada ajaran yang kau yakini benar…..tanpa anda mengajak pun mereka yg melihat bisa saja terpengaruh untuk mengikuti budi pekertimu yg telah kau anggap baik,jadi benar apa yang kau katakan jangan hanya katanya-katanya,,,,,,,,,nah sekarang anda telah mersakan jaran tersebut berceritalah dengan yg sebenarnya atau pengalaman anda pribadi………….salam……..

  37. @ untuk yudi………..apakah engkau sudah tau siapakan leluhur orang jawa……mengapa anda harus prihatin ???? buktikan saja dengan pengalamun pribadi sebagai orang jawa tulen……….??????????? oke???????

  38. om wawan sleman

    pemahaman yg ada di jawa sebenarnya juga campur aduk kok. ajaran buda di gabung ajaran hindu. islam pun di gabung hindu dan buda juga dalam penerjemahan .
    jadi di jawa tidak ada yg murni.
    aneh orang jwa itu. hehehhe

  39. elviand

    Salam Waras…

  40. tujuh bumi kaki langit

    saya punya sodara penganut sapto darmo, dia bisa ilmu teropong dia pernah bilang jika saya kosong tidak ada apa-apanya alias kosong, saya hanya di sugesti sama guru saya, saya marah saya lalu membaca muhibah (lebih di kenal dengan hizib akbar) latut (latut dikruhul absoru) sekarang dia sudah meninggal, sapto darmo sebenarnya lebih mirip ilmu kanuragan tapi halus, orang yang belajar sapto darmo adalah orang goblok, di beri janji-janji bisa ini bisa itu, saya punya doanya, yang aneh doanya doa islam yaitu ya allah ya rahman yarahim, ya allah ya qodim…dan seterusnya, teknik meditasinya sama seperti meditasi tarekat naqsobandiyah, kejawen sebenarnya adalah sempalan tarekat terutama samaniyah dan naqsobandiyah..saya nggak yakin semar adalah leluhur orang jawa, tapi saya yakin adanya semar, dan semar nggak suka disembah-sembah

  41. Petruk

    Untuk tujuh bumi kaki langit…..kok gelemen diapusi wong arab lho mas bro mas bro….wakakakaka

  42. gila isdebes

    tujuh bumi kaki langit Says:
    24 May 2011 at 12:03

    saya punya sodara penganut sapto darmo, dia bisa ilmu teropong dia pernah bilang jika saya kosong tidak ada apa-apanya alias kosong, saya hanya di sugesti sama guru saya, saya marah saya lalu membaca muhibah (lebih di kenal dengan hizib akbar) latut (latut dikruhul absoru) sekarang dia sudah meninggal, sapto darmo sebenarnya lebih mirip ilmu kanuragan tapi halus, orang yang belajar sapto darmo adalah orang goblok, di beri janji-janji bisa ini bisa itu, saya punya doanya, yang aneh doanya doa islam yaitu ya allah ya rahman yarahim, ya allah ya qodim…dan seterusnya, teknik meditasinya sama seperti meditasi tarekat naqsobandiyah, kejawen sebenarnya adalah sempalan tarekat terutama samaniyah dan naqsobandiyah..saya nggak yakin semar adalah leluhur orang jawa, tapi saya yakin adanya semar, dan semar nggak suka disembah-sembah>>>>>>>>>>>>>jaman bung karno agama tidak ada dalam kurikulum pendidikan tapi yang ada hanya ajaran tentang budi pekerti,tapi sekarang setelah agama masuk di dunia pendidikan malah perilaku masyarakat kagak karuan dan tentunya tentunya bisa bandingkan to anak jaman sekarang dengan pada jamanya bung karno???????????oke bro

  43. Bagus

    nenek saya (ibu dari ayah saya) salah satu pengikut ajaran atau kerohanian SAPTA DARMA ini,,,di daerah JENAR kidul, purworejo, jateng…
    awalnya saya berfikir ini ajaran sesat, karena diluar ajaran ISLAM, agama yang dianut saya,,,

    tapi saya tetap menghormati kerohaniannya itu, dan tidak bertanya2 tentang semuanya, dan menjelek2an,,
    hak seseorang lah mau percaya sama ALLAH SWT atau bukan

    atau mau TIDAK MEMPUNYAI agama pun toh silahkan, krna semuanya pasti ada balasannya kelak,,,

    saya juga bingung sebenarnya Tuhan itu kok banyak sekali yah ? sampai mempunyai banyak sekali agama,,,sampe kerohanian seperti ini,
    yah namun saya tetep pada keyakinan saya, ISLAM, Tuhan itu satu,,,,

    yang penting sih SALING MENGHORMATI aja satu sama lain, AGAMA/kepercayaan bukan menjadi suatu PENGHALANG tali persaudaraan ya kannnn?
    nantinya kan bakalan SALING TOLONG MENOLONG satu sama lain

    mulai dari kecil sampai seluas INDONESIA,,,

  44. Supaya dapat seseorang menjadi satria berbudi
    Yang berpegang pada Wewarah Tujuh dan Sesanti:

    Ing ngendi bae Warga Sapta Darma
    Kudu sumunar pinda baskara!

  45. Joko Prihanto

    Salah satu dharma dari Sapta dharma (wewarah pitu) adalah : Percaya marang ananing pancasilane Allah. Maksudnya gimana sih. Dan apakah Tuhannya Sapta Dharma sama dengan tuhannya aliran-aliran kerohanian yang lain ?. Kalau sama berarti Tuhan bingung menyeleksi aliran-aliran yang benar dan yang batal. Mohon pencerahan anda buat aku yang juga kebingungan.

  46. romo yohanes muhammad putu sidarta

    untuk beribadah, dengan cara apapun asalkan masih mengakui keberadaan Sang Pencipta dan memegang budi pekerti luhur tentunya akan bertemu dengan kebaikan, mau ngadep Barat, Timur Utara maupun Selatan tidak masalah karena Sang Pencipta tau yang kamu mau tapi kita tidak tau yang Dia mau jadi tidak usah diperdebatkan. Untuk marketing agama maka berlomba-lombalah dalam kebaikan dan ikuti aturan UU di negara nya masing2. Jangan kita membayangkan Dia bagai manusia yang pengen ini dan itu dan memaksakan doa untuk belas kasihannya karena kodrat dan irodat berjalan saat kita diciptakan jalani hidupmu dengan keyakinan yang kau yakin untuk apa kamu dihidupkani. selalu berbuat baik dan benar lah; ucapan tindakan harus satu kata. semoga damai untuk sahabat2 ku semua

  47. Budiku

    Mohon info keoada segenap pengunjung dan pemilik blog ini. ada yang tahu, alamat atau kontak person sapto dharmo wilayah jakarta, khususnya jakarta selatan? saya tertarik untuk belajar sapto dharmo

  48. gede

    mas2 yg komen dah lah gak usah ribut sana ribut sini(pethenthengan:jawa)
    mas mas klo yg udah berkluarga ya ni….njenengan mesti ngrti njenengan berbuat sama istri lo g perlu berdbat….
    Intinya saling menghormati aja…kita smua ni ciptaannya n kmbali kapadanya
    dah sabar nggih mas salam waras!!!!

  49. salam waras,sedulur semua memang benar… ajaran hidup itu tak perlu di perdebatkan,ttpi wajib dilaksanakan.toh klo besok smua nek ws ninggal yo kabeh bali nyang asale,asal kita semua sama,dari sari sari bumi (perantara bapak dan ibu )dan sinar cahya allah (roh suci dari alllah ) besok kalo kontrak kita dah habis (ws modar) semua akan kembali keasalnya to bro,sing seko tanah yo bali neng tanah 9tubuh kita)jd makanan cacing ,sing ayu ,sugih,pinter,opo eneh sing sok kuoso,sing rumongso paling bener,kbeh nek wws mbathang yomung di kubur opo di obong jasate. sedangkan roh suci kita hrusnya kembali lgi ke asalnya (klo bsa) kembali keasalnya yaitu hyang maha kuasa(allah) tapi inget lho bro ,allah hanya mau nerima roh suci kita klo ksuciannya bisa ttap terjaga,pokoknya dijamin nggak pake mampir mampir segala, tp nek tumindhake ora bener neng alam donya iki naliko isih urip,mestine yo bakal mampir mampir sek,nganti di ngapuro kabeh salahe kaleh allah.ono sing mampir neng kuburan(dadi pocong sing ngetoki wae) ono sing mampir nang kkrethek,wit gedhe,watu gedhe dll, yen siro percaya anane allah ,nyatakno dewe,ojo mung critane.yen siro jare ngaku isih urip buktekno rupo lan rasane urip mu,yen siro percoyo surgo neroko ki koyong opo ,ojo mung manut critane gurumu utowo ustad mu.,sinauo marang gurumu sejati (uripmu)sing bso nyambung karo hyang moho kuoso, ayo sami sesarengan tumindhak suci,supadhos gesang kulo njenengan sami ayem tentrem lumanthar sinar sinar allah hyang moho kuoso WARAS………

  50. oka

    alloh hyang moho agunga,,alloh hyang maha rahim,,alloh hyang maha adil

  51. oka

    ajaran sapta dharma sungguh sangat baik
    ajaran ini bisa merubah budi pkerti stiap penganut nya mnjadi lebih baik
    I LIKE IT..

  52. aku suka budi pekerti yang baik dan luhur……seperti sabda nabi muhammad..” aku diutus ke muka bumi ini untuk menyempurnakan ahlaq ( budi pekerti luhur )……….wahai para penuntun…teruskan perjuanganmu, agar mereka semua bisa berbudi pekerti luhur….amiiin,

  53. thole-jogja

    Kebenaran haqiqi hanyalah dari Allah. Silahkan manusia mengklaim ini salah satu jalan/kebenaran, tapi itu hanya di dunia, termasuk apa yang diajarkannya. Saya belum melihat adanya hubungan vertikal dengan “Yang Maha Sempurna (Allah)” terkait dengan ajaran sapta darma.

  54. KASDI MUH

    ,SALAM WARAS,
    SEDULURKU SING OLEH SINAR CAHYA ALLAH
    AYO PODO DISAMPEKNO KEBENERAN IKI CEK KABEH OLEH LAN DADI PANUTAN BOLO BOL ,CEK PODO KARO SESANTINE
    WARGO KSD SINAR PINDO BASKORA

  55. sanggar candi busono yang di jakarta, sejabodetabek alamatnya dimana, tolong kirim ke imail saya, trimakasih.

  56. I Made Sutra Wijaya

    To all of readers,

    After reading the writing of SAPTA DARMA, I trust that Kerokhanian Sapta Darma is one of the best beliefs in the world. Congratulation to all of Sapta Darma followers. Please do it with the best and you will definetely get the best. God bless you! Thank you very much. Best regards, Made

  57. Gatot

    Rahayu poro sedulur, Allah Yang Maha Agung, Allah Yang Maha Rahim, Allah Yang Maha Adil
    Sesungguhnya kita tdk perlu memperdebatkan antara masalah agama dan keJawen/Kebatinan dlsb. Hakikatnya semuanya menuju kepada “sesuatu” yang satu. Indonesia jauh sebelum pengaruh asing masuk (Hindu, Budha, Islam, Nasrani, dlsb) sesungguhnya sudah mengenal tentang “SESUATU” yang satu jauh sebelum Tahun Masehi ada di Indonesia sdh ada pranata kehidupan yg mapan> Kita tdk pernah mengalami zaman kegelapan seperti halnya di daerah-daerah yg mengalami zaman Jahiliyah, kita tdk pernah mengalami penistaan2 spt kala Sodom and Gomorah, Zaman Fir’aun. Negara kita sdh mapan……..pertanyaannya adalah mengapa sekarang kita mengalami kemunduran ketika kita sdh pernah mencapai masa kejayaan Ketika Borobudur dibangun pd abad ketujuh, Konon Ratu Inggris yg pernah ke Indonesia dan melihat Borobudur menyatakan bhw pd saat itu bangsanya masih tinggal di Goa. Pegangan orang Indonesia Jawa khususnya sangat jelas dan itu sdh dikuasai sejak zaman purba ketika agama-agama belum menjadi sesuatu yg kemudian menjadi kekuatau kelompok manusia. Indonesia sdh mengenal Kang Murbehing Dumadi sejak sebelum masa masehi ada (fakta dan situs yg ada menyatakan itu. Kaena para sedulur yg masih ngugemi manunggaling roso lan budi dalam mencapai hakikat Manunggaling kawulo lan gusti tidak perlu harus takut, risih atau sungkan. Kerjakan segala sesuatunya sebagai suatu fitrah kalau dalam Islam dikenal dikenal konsel ke atas kepada Allah SWT dan dan horison pada sesama manusia, hakikat inipun sesungguhnya dikenal di bumi Jawa. Yang penting berpikir positip dan senantiasa memberikan “sesuatu” yang terbaik dari dalam diri kita kepada Allah SWT, kepada sesama, bangsa dan negara ini, dan hal itu haru dilakukan secara ikhlas, tulus serta berserah diri kepada Allah SWT

  58. pingin tau sanggar yg ada di bekasi timur.ada dak ya tlg bagi alamatnya?matur shuwun.

  59. anton widodo

    untuk jati purbo
    untuk didaearah jember ada trsbar diberbagai kcmatan dijember unuk lbih gampangnya anda dtang saja di sanggar candi busana pontang ambulu jember stiap mlam jum’at wage anda bza tukar pkiran dsana

  60. papin pangestu

    tlng yang bisa plisss .embah q,pya ilmu sapta dharma, ia sesepuh namaya atmorejo,usia90thun,spy skarang ilmu yang mengendalikan.tlng berikan syarat tk menghilangkan ilmu tsbt.krna sdah byak yang mcoba ,gak,ada yang berhasil,malah d.tangtang. tlng yang bisa bantu

  61. papin pangestu

    tlng yang bisa

  62. cah pengelana

    mohon pencerahannya sedulur2,,
    aq membaca beberapa komen kok jadi bingung ya?
    ko ada yang katanya Allah Yang Maha Rohman,Allah Yang Maha Rochim milik islam tok?
    lha islam kan bagian dari Allah bukan sebaliknya,
    nyuwun pencerahanipun
    nuwun

  63. bayu

    @papin pangestu:
    kulo yakin niku dudu ajaran sapta darma,,sapta darma mboten ngangge jimat,demit,dll
    menawi sapta darma misal tumindak angkara murka/jahat mesti sampun ilang,,

  64. Poro kadang yang ingin tau lebih banyak mengenai wewarah Sapto Darmo bisa hub saya
    nwmandala@gmail.com

    Salam Paseduluran

  65. indra kusuma

    SAPTA DARMA bukan pecahan dari aliran/agama manapun, SAPTA DARMA ya SAPTA DARMA…SAPTA DARMA gag pake jimat,keris atau yang lainnya, tidak juga menyembah semar… warga SAPTA DARMA menyembah TUHAN mempunyai kewajiban menjalankan Wewarah Tujuh (buka di mbah google wewarah tujuh dan sesanti) mempunyai pedoman “DIMANA SAJA KEPADA SIAPA SAJA WARGA SAPTA DARMA HARUS BERSINAR LAKSANA SURYA” terus apa ada yang salah???

  66. Bener jaremu kangmas jaman sekarang banyak tuan rumah yg terusir dari rumahnya sendiri, terjajah,tertipu ,terpesona,dan terlalu. Agama luar telah menghancurkan jiwa bangsa, agam luar yg katanya penebar keselamatan malah pembuat onar penindas,pembunuh,arogan. mereka mengira golonganyalah yang kuasa,yang benar, dan yang hebat. surakarta ,surabaya , dll telah kehilangan jiwa kejewenya, sekarang WONG JOWO ORA NJAWANI LAN ORA RETI JAWANE, maka itu sadarlah hai sedulurku ingeto marang gusti,marang ibu pertiwi, tanah nusantoro yen ora di jogo ilang ujute. jaman wes gendeng ojo siro melu gendeng………………………. mari kita menjaga,melestarikan tanah kita meyakini ajaran leluhur kita. sebab leluhurkita lebih luhur budine di bandeng agomo luar negri…………………………………………… suwon sedulurmu PAGUYUBAN TURONGGO KENCONO LAMPUNG

  67. Yang di sayangkan di jaman ini adalah wong iso wewarah nangeng ora ngerah, agama di jadikan alat, surga di jadikan tujuan tapi jalannya lewat kemaksiatan, kekejaman,kelewatan yang menjadi tujuan.saya menghimbau bagi orang2 penganut agama luar negri menjadilah tamu yg sopan pada tuan rumah. maka kamu akan di terima dengan kesopanan pula. jalan kan tujuanmu maka akupun akan menjalankan tujuanku. jangan mengganggu di pejalanan maka kita akan selamat sampai tujuan………………….. untuk Surakarta negriku jangan gentar dengan orang2 yg tak berbudi. karna aku yakin kanjeng sinuwon akan melindungi kita semua.jadikan surakarta negri yang damai dan aman,maka kesejahteraan akan kita raih. aku beserta murid2 ku dari sebrang hanya bisa membantu lewat doa. semoga orang2 yg tidak eling itu segera di elingkan………… dan untuk seluruh umat manusia jangan lah adigung adi guno elinglah urep tujuane nang di. jogo urepmu, ojo salah dalan. agomo ora jaminan suwargo, kita semua tujuan sama maka mari kita eratkan tali silaturrahmi, eling lan waspodo, Ngalah, lan eling marang gusti Allah.

  68. anjar

    saya juga warga sapto darmo semenjak tahun 1987 sampai sekarang

  69. Rekso

    Permisiii..
    Bagi yg mnilai sapta darma it sesat y monggo tpi ganti dlu pancasila pertama dri “KETUHANAN YANG MAHA ESA” ganti j dg “KEAGAMAAN YANG MAHA ESA”(kalo bisa)…tpi ingat agama it bukan Tuhan,n Tuhan it bkan Agama.
    @mnurut sya yg kurang pas it bkn agama tpi para penganutnya yg biasanya terkesan sok bener n sok menyalahkn/sok menghakimi aliran lain.
    .
    Mhon maaf klo pendapat sya d atas kurang pas n sok.
    Salam waras ksd Malang

  70. Rekso

    Agama it bukan Tuhan,n Tuhan it bkan Agama.
    .
    @mnurut sya yg kurang pas it bkn agama tpi para penganutnya yg biasanya terkesan sok bener n sok menyalahkn/sok menghakimi aliran lain.
    .
    Mhon maaf klo pendapat sya d atas kurang pas n sok.
    Salam waras ksd Malang

  71. sugiri

    salam waras kangge warga KSD

  72. om swasiastu,aku warga bekasi yang pindah kebali
    slam waras

    kita tetp yakin sj dengan ajaran ini,suatu saat akan mengibarkan bendera nya
    dan semua orang akan tau tentang ajaran sapta darma

  73. suroso cerme-gresik jatim

    salam waras sejatine sapto darma ajaran rahasianing urip amarga sapta iku ngapek lobange menungsa urip marga yen diringkes ono pitu yen darma iku kewajiban suci ngresiki lobang pitu iku mau mula iku para warga sapta darma gunane sujud kanggo ngresiki lobang pitu yen wis resik bakal iso nemokake waskitaning rasa tapi kudu jelas rasa lan wujude amarga ajaran iki ajaran kenyataan mula iku yen sujud kita antarane hubungan rokani lan yang maha kuasa yo kudu jelas lan nyata amarga kabe iku nggawa wujud sing bentuke sinar lan cahyoning rokani kaya apa?,cahyoning yang maha suci kaya ap?,sinare yang maha kuasa kaya apa?,supaya ngerti lan jelas yen kita sujud iki diterimo apa ora ,nyambung apa ora.dadine kudu ngerti rasa lan sak wujude lan sak sinare.waras

  74. cak ruossooo!!!!!!! (padeg cerme gresik jatim)

    salam waras nek ndelok comene konco konco iku ajaran sapto darmo koyo koyo gabungane agama sing ono iki ,ngene lo dolor lan konco ,cak roso elok urun rembuk babakan iki.sadurunge sepurane sing ake karo dulur lan konco rembuk ku ojo di anggep menggurui .sapto darmo iku wahyu gelare jagad pribadi,sapto iku soko lobange manungso urip ,lobange wong orip nek di ringkes dadi pitu lobang sepulu minongko jangkepe darmo iku sing isine kuwajipan suci , tugas dewek nok ajaran iku ngesik i lobang pitu iku margo sangkane salah antarane bener yo soko lobang pitu iku ,nek wis koyo ngene opo jawapane,yo manungso urip iku sapto darmo, tapi ajaran sapto darmo gak mandek soko kono iku ,nek sing nggae urip nyip tak no manungso urip ono rahasiane ,wargo sapto darmo kudu iso lan ngerti nggolek i rahasianing urip ,suatu conto, sujud adep ngetan gak cukup tembung wetan minongko kawitane urip ,ono alasan sing mendasar sujud adep ngetan iku ngetut no puterane jagat ,manung so urip karo bumi ibarat dinamo muter menungso urip minongko setrume+bumi minongko ardere- mangkane urusan manungso manemba karo sing nggae urip atik kliru masang setrume jawab ane opo,nek listrik biasane yo konslet bekne,poro konco wargo sapta darmo kabe ae oyo podo ditingkatno sujute ,nek iso menyatu karo alam ,tetep kuncine sujud iku getaran kasar ,pandengan sak meter ,tapi yo ngono getaran kasar kudu ngerti roso lan sak wujute lan dadine koyo ngopo ,pandengan sak meter kudu ngerti roso lan wujute terus dadine konyo ngopo ,supoyo dadi wargo ksd iso yakin marang awak e dewe isoho ngatasi awak e dewe , nek iso mbuktikno sujud koyo ngono iku ,pari basan nduwe tujuan opo lan kekerepan opo wae bakal mesti kasedyan,margo dewek njalani rahasiane urip liwat ajaran ksd iki ibarat topo tengae pasar,iyo nek resi biyen topo tengae alas paling sing nggudo jin peri prayangan,tapi nek tengae pasar dewek di tuntut orip sing macem macem perangane,kito eling sabdo ne bopo srigutomo ,sujud diluk kesusu opo sujud suwe ngenteni opo , nek tak terjemano tergantung kebutuhane lan sing di karep no,nek butuh yo kudune suwe ,jarene konco konco sujud iku gak ole pamre ,tapi nurut prinsip sing tak terapno selama iki gak ono masala opo ,tapi kudu ngerti kuncine nek sing njobo kepenngen sing njero nuruti tujuane yo sing njobo kudu temen olehe nuruti sing njero,koyo opo yo mesti ono corone ,tak kiro wis cukup saking kulo,metik delimo merange teles nedonrimo pengeran sing mbales,,,,,,,,,,salam waras

  75. bandar lampung

    Warga Sapta Darma Propinsi Lampung melaksanakan Penggalian selama 6 hari 6 malam dari tanggal 6 s/d 12 Juli 2012 di Sanggar Candi Busana Baradatu Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung dilanjutkan dengan peringatan turunnya Wahyu Simbul Pribadi manusia, Wewarah Tujuh dan sesanti ….. Salam Waras

  76. sabdoismoyo@gmail.com

    Damai sejahtera Nusantara.kegelapan dibumi Nusantara yang sudah beberapa ratus tahun sudah saatya pagi.sungguh berarti bintang bintang yang memberikan sinarnya kemuka bumi bagi yang memahami kehidupan.hakekat kehidupan silih bergati tidak ada yang kekal,banyak yang mengabaikan cahaya bintang. biarkanlah orang2 yang tidak mau dibangunkan,mereka sedang dibuai mimpi yg indah,jauh dari keyataan,lupa rumahnya.tetapi kehendak Tuhan Sang Pencipta tak dapat ditolak.malam pasti berganti pagi.wahai bintang2 Nusantara,hantarkanlah umatmu untuk menyabut sorotnya Sinar Surya yang membias warna Orange diatas bumi Nusantara. memberi cahaya terang kepada semua mahluk dimuka Bumi,tidak membeda bedakan mahluk.memberi keterangan
    yg nyata,yang diwaktu malam menjadi perdebatan,hingga permusuhan.kehadiranya memberi manfaat kepada semua mahluk.waktunya sudah dekat ,Mari bersatu padu kita sambut kehadiran sinar fajar dibumi nusantara.Tulisan ini bahasa kiasan,smoga keluarga bintang2 Nusantara memahami.matur Nuwun,P.T.Y.E.Subur waras

  77. massiswanto292@gmail.com

    Waras kabeh

  78. joni darsianto

    Salam kasih…saya yg buta agama dan aliran apapun ..begitu bangga akan ajaran yang menuntun tentang dharma kebaikan sesama umat manusia.masalah nanti biarlah waktu yg jawab. Yang penting kita hidup di alam dinia berbaik moral antar sesama…maju terus ajaran sapto dharmo..klo ada yg bilang ini aliran sesat . Justru merekalah yg sesat.ayo kita tegakkan dharma pada umat manusia.

  79. ambia alexander

    semua agama mengajarkan untuk kebaikan, semua aliran untuk mengajarkan kebaikan, semua manusia untuk mengajarkan kebaikan , bahkan jin dan syaitan pun mengajarkan untuk kebaikan, jadi di bumi ini yang ada hanya kebaikan. jadi tidak perlu adanya neraka. karena sudah mengajarkan kebaikan semuannya, bahkan komunispun mengajarkan kebaikan. semua manusia di bumi ini mengajarkan untuk kebaikan, jadi ayo semuanya kita minta pada tuhan hilangkan saja itu neraka….syaitan sudah bertobat dan minta ampun pada tuhan, katanya: ya tuhan hamba sudah taubat, hamba sudah gak sanggup lagi godain manusia, hamba di caci maki terus oleh manusia, jika ada manusia yang berbuat salah malah hamba yang disalahkan, sekarang hamba ( syaitan ) mau taubat, nanti takut malah hamba yang di godain oleh manusia, jadi hamba pingin membentuk aliran kebaikan saja biar manusia tidak lagi menyalahkan hamba, yaitu SEWU DHARMO. ajarannya sangat mudah dilakukan oleh manusia untuk menyembah tuhan. tidak usah sholat yang penting budi pekerti baik, bisa terbang bersama burung, bisa menghilang seperti hamba, kalau ditekuni terus dengan semedi lama lama manusia bisa seperti hamba juga, yaitu bisa menjadi syaitan. yang berminat silahkan daftar diri anda. yang tidak berminat jangan menjelek kan aliran ini. karena sama sama untuk kebaikan.

  80. iksan

    Kalau cari mobil yah cari yang mereknya terkenal dan mutunya bagus,
    cari agama yah juga begitu

  81. AKU

    Tuhan itu Agamanya apa yua..??? Hee..hee.. :-) Tuhan kita Sama.. ya yg Satu itu’tapi kitalah yg berbeda. *Salam Bineka Tunggal Ika. ^_^ _/\_

  82. solahuddin

    @iksan: keyakinan jangan disamakan dgn mobil..gag ada ajaran Tuhan yang mutunya gag bagus…apa dengan menganut agama yang terkenal menjamin akhlak kita jadi baik, jawabannya TIDAK…lihat di penjara,koruptor dll..90% mereka menganut agama yg terkenal, saya muslim tp saya sangat benci melihat org2 yg tidak menghargai agama lain ataupun keyakinan lain, toh nanti yg mempertanggung jawabkan ya mereka sendiri, kita urusi urusan kita sendiri dan kita hormati hormati agama atau keyakinan lain…

  83. franky

    Bgmn caranya mndalami ajaran ini..tolong petunjuknya…salam waras

  84. iksan

    @solahuddin :bukannya saya tidak mengharagai agama atau keyakinan lain, tapi saya hanya memberi saran . kalau setuju dengan saran saya silakan ikuti bila tidak setuju yah tak apa -apa. ibaratnya kalau ada orang yang makan tahu kuning saya tawari kue kebab yang lebih bergizi dari pada tahu kuning Kediri.

  85. solahuddin

    @iksan : ada org makan tahu kuning anda tawari kebab…darimana anda tahu dan mengklaim org itu makan tahu kuning sedangkan anda tidak pernah tau yg namanya tahu kuning n tidak pernah mempelajari tentang tahu kuning,mungkin anda melihat dia sedang makan tahu kuning padahal dia makan iga bakar….. intinya agama atau keyakinan apa pun yang asalnya dari TUHAN pasti baik,kelakuan kita sehari2 blm tentu sesuai syariat ISLAM,td sy baca 7 kewajiban org sapto darmo…menurut saya gag ada yg salah.

  86. rino

    buat solahuddin : andaikan semua org punya pola pikir seperti anda pasti indonesia jadi negara yang hebat dan bineka tunggal ika bener terwujud….bravo solahuddin….

  87. Nophy

    Smua agama,kpercyaan yg mengesakan allah itu baik,baik buruk’y agama menurut saya tergantung orang yg mngamalkn’y…agma itu akn terkesan baik bila penganut’y baik bgtu pula sbalik’y…smua itu kmbali kdri qt sndri..inti’y itu..saking kulo warga sapta dharma kemutuglor baturraden,kec.banyumas jawa tengah

  88. PILIPUS SUWARDI

    pada tahun 80-an ada orang Barat yang secara spontan mengikuti suara hati dan pesan-pesan alam semesta. singkat cerita dia dituntun menggunakan serangkaian kejadian-kejadian dan akhirnya dia sampai di Peru Amerika Latin. dalam perjalanannya dia mendapatkan pecerahan. berdasarkan artifak-artifak suku astek dan maya yang sudah hancur dan hanya dipegang orang perorang konstruksinya secara lisan, dia salah satunya mendapat info bahwa pada awal milenium akan terjadi kebangkitan rohani dari yang sifatnya struktural, mekanistik, dan rasional ala Barat akhirnya terbuka sebuah kerohanian yang sifatnya holistik. tidak mampu hanya dipahami menggunakan akal tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada alam semesta yang bersatu dalam diri manusia untuk mengetahui kesejatian. jadi sifat kerohanian yang tidak berawal dari rasio tetapi pengalaman dan rasa. ciri-ciri yang tampak yang saya lihat adalah kebangkitan orang-orang penganut kebatinan. kerohanian yang saya maksud tadi itu tidak bisa terdefinisi, dan setelah beberapa orang mengalami dan memahaminya ternyata berbeda-beda. maka mucullah berbagai jenis aliran kebatinan.menurut saya, yang mereka lakukan dan yang mereka alami adalah agama yang sesungguhnya yang langsung berkomunikasi dengan alam semesta yang di dalamnya ada kenyataan yang paling sempurna dan mulia. orang bilang itu adalah zat yang mulia dan dimuliakan, namanya ALLAH.

    makanya didalam khasanah kebatinan tidak ada sosok nabi. jadi menurutku, aliran kebatinan adalah tingkatan kerohanian paling tinggi. untuk kerohanian dalam agama-agama yang ada di dunia menurutku adalah masih manusiawi. ajarannya pun manusiawi. maka tidak heran kalo orang orang penganut ajaran agama yang satu dan lainnya masih suka mengajarkan dan mempraktekkan diskriminasi, pertentangan, dan ketidak adailan. karena dalam agama-agama tadi banyak terkandung unsur-unsur politik dalam dunia sufi.

    orang jawa pada jaman sebelum ada pendatang dari daerah lain, sudah memiliki tingkat kerohanian yang sangat tinggi. setara dan mungkin ada kaitannya dengan suku maya dan astek di amerika latin (ihat relief di candi penataran Jawa Timur). orang-orang kebatinan adalah orang-orang yang nguri-uri peninggalan Jawa. siapakah orang-orang jawa asli? orang jawa asli sudah tidak ditemukan lagi. tetapi yang masih tertinggal adalah ras yang secara politis oleh orang-orang pendatang disebut sebagai “Buto” dalam khasanah pewayangan. dia adalah ras orang jawa yang tersingkir. dalam khasanah pemikiran orang jawa (kebatinan) kehidupan adalah doa dan doa adalah kehidupan. maka di dalam khasanah jawa tidak ada istilah liturgi atau peribadatan.karena kehidupan yang beraneka ragam itu adalah doanya. maka untuk membuat seragamisasi liturgi menjadi tidak mungkin. itulah orang jawa.

    saya sendiri adalah orang jawa kebatinan tetapi tidak memiliki aliran. dan menyatakan bahwa apa yang disampaikan orang-orang dari berbagai aliran kebatinan it6u adalah benar adanya. kalo tidak percaya, ya alami lah. maka akan mengerti sendiri.

    maka aku mengakui bahwa ada beberapa orang yang setelah mengikuti kebatinan menjadi malas beragama. karena apa? karena dia sudah ketemu yang dia cari. beragama sama dengan capek dech…….

  89. yusron ateis

    yang ngaku kebatinan,yang ngaku kepercayaan,yang ngaku ber agama…. lebih baik apa yang menurut anda baik teruskan dan klo menurut anda jelek tinggalkan dan nggak di omong lagi… jangan sok bener dan jangan sok suci karena nggak ada yang bisa menjamin kita bisa enak di akherat nanti….nanti toh yang bertanggung jawab dirinya sendiri, urusi diri anda dan keluarga sendiri…

  90. agustin

    assalamuallaikum, salam sejahtera, om swasti asthu, dan salam Waras!
    saya mengenal sapta dharma karna tugas penelitian dari kampus. dan cukup senang mengenal aliran kerohanian ini, mari kita semua mendarmakan diri bagi seluruh umat manusia untuk mencapai kebenaran hidup yang hakiki dalam jalan Tuhan yang maha Esa. amin ya Rabb

  91. mbah paimin

    dari jaman ajisoko , ..senengane gelut… tuggul ametung .dipateni . ken arok.. jaman rojo rojo .. mjojopahit.. ngati kediri .. kartosuro pecah dadi surokarto lan ngayojokarto… nganti jaman SBY gelut wae gaweyane… kristen soko jazirah arab.. islam soko jazirah arab.. yahudi jazirah arab.. hindu soko india.. buda soko india … ajaran jowone sing endi ? jaman ken arok ? pdp paten patenan nganti saiki..jaman ajisoko juga ajaran hindu.. sing asli ajaran jowo kui sing endi?

  92. Ajaran Tuhan sifatnya universal, artinya bisa dipeluk, ditekuni oleh siapapun dan dimanapun berada, tinggal bagaimana kita mewartakan ajaran itu agar cepat berkembang.Jika ada ajaran yang lebih cepat melebarkan sayap, berarti mereka betul2 serius dalam menekuni dan enyebarkannya.

  93. tresno.

    maaf sblm nya.q pgn tau lbh byk…bsa minta no tlp ne gak

  94. sawunggaling

    NYWUN NGAPUNTEN, kulo nembe sepindhah meniko atur seratan. sak sampunipun kulo ningali seratan2 sedherek2 kulo ingkang sanget kulo tresnani, kulo rumaos sungkowo ing manah. monggo kito tansah sami njagi kapribaden kito minongko priyantun jawi ingkang andhap asor. tansah hanjagi tentreming agesang. kito mboten sisah metani. nganggep awon keyakinan sanes ingkang paring hadiah swargo lan neroko. kito mboten sisah nanduki menawi wonten tiyang nganggep keyakinan kito sesat. menawi kito nanduki, kito malih mboten benten kalih tiyang2 kala wau. pramilo monggo, kito sami2 njagi karaharjan saha katentremaning gesang. sampun ngantos kito kados negari2 ingkang MENGKLAIM CINTA DAMAI, BERAQLAQ MULIA ananging tansah congkrah paten pinaten kalih sesamining gesang. monggo kito sami lelaku PARING DHAHAR MRING KANG KELUWEN, KEMUL MRING KANG KADHEMEN, PEPADHANG MRING KANG KEPETENGEN. MUGI KITO TANSAH PINARINGAN RAHAYU WILUJENG NIR ING SAMBIKOLO. Nyuwun sewu gunging pangapunten menawi seratan puniko kirang mranani ing penggalih

  95. allah iku gak nek wetan gak nek kulon.tp ndok njeroning ati..aku jg pengikut sapto darmo tp aq sujud madep ngulon sarono syariatku yg di bwah muhamad.salam waras dulur sedoyo

  96. ketabing

    sebaiknya bagi para pemula harus di bimbing jangan sampai salah penafsira?ajaran spd itu kasunyatan bukan agama ? Jadi yg mempunyai agama di anjurkan untuk shalat sesuai agamanya,spd hanya mengarjakan budi pekerti selama kita hidup slm waras

  97. Ibeng

    Saya ingin sekali mempelajari sapta darma jika teman2da yang punya wewarah sapta darma dalam bentuk file pdf aatau yang lain mohon tolong dikirimkan ke email saya santosoendro@ymail.com terima kasih

  98. Andre

    Manusia diciptakan sebagai makhkuk Nya, Sang kekasih : gunanya bisakah manusia berlaku sebebas bebas nya pikiran menjadi AKU ! Karena : benar dan salah itu sifatnya relatif. Tidak ada dijagat ini kejadian tanpa izin Nya, semua berdasarkan SEBAB-AKIBAT, badan dan bathin yang mersakan, maka rasakanlah ,hi manusia ! Manusia bebas menyangka Tuhan itu seperti apa….Karena ada ayat Nya:” Aku sesuai dengan sangkaan mu……( lupa ayat nya ). Sehingga sangkaan manusia terhadap dunia dan akhirat sesuai dengan keyakinan masing masing, gak ada yang salah dari sangkaan dengan panca indera yang “terbatas” ini, manusia bebas menyangka dan yakin soal TUhan…….Soal akhir( at ) itu nanti diperlihatkan….

  99. wong jowo

    assalam mualaikum wr. wb…

    kebetulan saya orang jawa, menganut agama islam….jika di perkenankan saya pnya sedikit gagasan mengingat kata SABTA DHARMA tidak asing di telnga saya… sedikit menggelitik membaca komentar2 dr sahabat2 yg baik dan bijak…saya percaya setiap orang memiliki tingkat keyakinan yg berbeda2 tetapi satu hal yang bisa jadi satu titik tengah bahwa… kita wajib menghormati indivdu setiap keyakinan karena setiap ajaran yg baik salah satunya kita diwajibkan saling menghormati….. bukan begitu sahabat2 yg baik dan bijak??? lakukan apa yang Anda yakini kehidupan ini adalah sebab akibat semua yg terjadi akibat diri kita sendiri dan kita pun yg akan mempertanggung jawabkan……..

    jadi marilah kita saling menghormati dan perbaiki diri…..pemimpin yang besar jika kita bisa belajar memimpin diri sendiri…

    mohon maafbila ada tutur kata yg tida sopan semoga semua sahabat2 mendapatkan kebaikan di setiap karya… amin

    wasalam…..

  100. Tlg sy mau belajar sapta dharmo minta petunjuk pembimbing,dimana pd siapa infokan ke 087711942840.trim

  101. Yudi

    Salam Waras..!

    Saya pernah bertanya ke salahsatu Tuntunan perihal Sesanti KSD

    Sesanti :
    “Ing ngendi bae, marang sapa bae, warga Sapta Darma kudu sumunar pindha baskara”
    Bhs Indonesianya:
    “Dimana saja, kepada siapa saja, warga Sapta Darma harus bersinar laksana surya”

    saya : “Apakah benar warga KSD bisa bersinar spt matahari…?”

    beliau menjawab sambil tersenyum

    beliau : Itu kan Semboyan Mas, jika kita sudah menjadi warga Sapta Darma, maka kita harus belajar dan harus bisa berlaku Adil seperti sinarnya matahari.
    Matahari itu tidak memandang siapa dia Mas…. semuanya disinarinya dengan kasih sayang.
    Matahari itu menyinari isi dunia ini tanpa pilih kasih kan…? sambungnya…..

    saya : Oooo gitu ya….Terimakasih pak…! (sambil manggut2… Aduh…ternyata saya masih jauh dari isi Sesanti itu)

    Nuwun

  102. Rathu anha

    nderek maos

  103. nang batubulitan

    T

  104. nang batubulitan

    terima kasi kepada warga sapta darma se nusantara dari sini saya memperkenalkan diri saya,bru blajar berkomunikasi melalui media maya perkenalkan nma saya NANG BATUBULITAN,saya msih belajar cara sujud yang benar melalui ajaran kepercayaan SAPTA DARMA ini,dan sampai sekarang saya masih menekuni dan mendalami ajaran ini,namun banyak jawaban yang saya terima,masih bulum bisa saya pahami.maka dari itu saya mohon pemasukan dari para warga yang sudah memahami betul yang semesti nya,SEKIAN TERIMAKASIH,,,jika ada kata2x yang kurang berkenang di hati para warga sekalian saya mohon maafyang sebesar-besar nya,salam WARAS…….

  105. Saya di bali saya ingin sekali belajar Sapta Darma ,di mana kiranya saya bisa belajar ini no tlp saya .08123962397

  106. Saya di bali di mana saya bisa belajar sapta darma. ini no hp saya. 08123962397

  107. putu

    salam waras
    saya mau nanya sanggar di wilayah jakarta utara alamatnya di mana ya???

  108. swandi

    sy swandi, sy mau dpt petunjuk. tolong di respon ya. ke no,082125988138

  109. theo

    sapta darma ?! barang yang gak jelas aja diributin……. yang terlalu cinta jawa. makan tuh jawa, kaya yang paling baik aja……. gak usah sok bijak dengan jargon2 yang dibalut kata2 indah tpi perbuatan nol besar…. setahu saya org2 begini nie harapanya pingin jadi dukun dapet ketokohan dan bisa ngoceh ala orang suci. liat aja pengikut ini kebanyakan madesu (masa depan suram) sdm nya gak jelas

  110. Ajumeneng Ratu Wesisono

    sudah.. sudah … jangan diperdebatka…. dalam hidup ini apa sih yang kita cari sebenarnya?? yang kita cari itu SELAMAT atau BENAR? yang SELAMAT sudah pasti benar yang BENAR belum tentu selamat….. bagaimana?? faham?? nah sekarang apa arti dari ISLAM itu?? ISLAM dalam arti bahasa adalah SELAMAT…. sudah jelaskan??

  111. Ajumeneng Ratu Wesisono

    DAN untuk anda yang beragama islam… janganlah lupa.. anda hidup dijawa… leluhur anda orang jawa… anda juga pake bahasa jawa… hargai dan hormati kebudyaan jawa, Alloh SWT menciptakan segala yang ada dibumi dan dilangit serta diantara keduanya, untuk manusia agar manusia itu berfikir… berfikir akan kebesaranNya.. untuk manugggaling kawulo marang Gusti, termasuk Alloh SWT menciptakan berbagai aliran kerohanian dan berbagai Agama di Indonesia, untuk apa mereka diciptakan??? pikirkan itu…. dan bagi anda KSD… Heningkan apa yang telah sy sampaikan diatas, Insya Alloh bagi anda umat Islam dan bagi anda KSD.. akan mendapatkan petunjuk…

  112. salam warassssss

  113. slamet

    minta alamat sapta dharma untuk wilayah sidoarjo atau surabaya,…rahayu..rahayu…rahayu..

  114. warass seduoyoooo

  115. lupus bento

    salam waras sedoyo wargo sabdo darmo ,

  116. H.Nugroho

    Almt sby,kedunganyar II/24

  117. Kulo rumiyen sampun nate diajari marang simbahku namun tansah sekedik” Simbah Rumiyen Ngajar SPD wonten Njogja Naminipun Mbah Kades Makaryonipun wonten Bandung” Salam Waras.

  118. Wawan Kurniawan

    kalau penganut aliran sapta darma meninggal, nguburnya secara apa ya????

  119. ruddi priyono

    salam waraas …
    buat warga sapta dharma
    tentunya kalian tau …kalo indonesia itu beragam suku . beragam agama ,kepercayan / keyakinan ..
    jadi buat kaliaan ..tak perlu membeda bedakan …karna kita semua sama ,
    hargai n hormatilah mereka yang tak seagama dengan kita

  120. moel yadi

    salam waras.
    wong jowo ilang jawane…adegke jowo nanging isine monco, sego seko thailand keyakinan seko arab teknologi seko amerika .ngaku jowo klambi seko cino trus nengdi jawane?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: