TEKNIK MENDETEKSI BENDA BERTUAH


Kata “bertuah” seakan sudah menjadi kata milik jagad perdukunan alias jagad perklenikan. Terus terang, awalnya saya sangat ragu menggunakan kata “tuah” ini. Sebab kata ini mungkin sudah masuk daftar wajib sensor dan diharamkan. Kepada para Pembaca santri dan pak kyai yang budiman, saya mohon maaf…

Namun, kata inilah yang paling “umum” dan dikenal luas oleh masyarakat. Mohon maaf sebelumnya, bila saya terpaksa harus ikut-ikutan menggunakan kata “bertuah” ini. Tidak ada maksud sama sekali untuk ikut serta melanggengkan kepercayaan yang mungkin kurang pada tempatnya tersebut. Saya justeru berharap dengan artikel ini nantinya pembaca semakin mengenal hakikat benda-benda. Marilah kita mulai saja.

Pertama, benda-benda pada dirinya sendiri (das ding an sich) itu bebas nilai. Ia ada dan keberadaannya obyektif. Sementara yang memberi muatan nilai adalah manusia, sebagai sosok sang penilai. (sebenarnya ini juga bisa diperdebatkan,,… namun saya batasi dengan kalimat ini untuk kemudian nanti bisa didiskusikan bersama). Contoh: “celurit tetap celurit.” Substansinya ya celurit. Obyektif artinya kita semua bisa melihat celurit bersama-sama tanpa berubah substansinya.

Kedua, manusia sebagai sang penilailah yang memberi arti, makna, fungsi yang disesuaikan dengan fakta, faktor dan perannya masing-masing. Karena manusia yang memberi penilaian maka benda bisa bermuatan subyektif. Celurit bagi saya merupakan benda yang bermanfaat untuk membabat rumput yang liar tumbuh di halaman. Bagi polisi yang menyelidiki kasus pembunuhan, ditemukannya celurit yang bersimbah darah akan menjadi barang bukti yang memiliki nilai tinggi di pengadilan. Bagi orang tua, celurit adalah benda berbahaya yang harus dijauhkan dari anak-anak. Dan seterusnya…

Kembali ke tema awal: apa benda “bertuah” alias “berenergi” itu?

Benda bertuah adalah benda yang sudah diberi muatan nilai tertentu oleh seseorang, nilai itu bisa berupa “kesaktian”, “kemanfaatan”, “keberkahan” dan seterusnya. Sifatnya jelas subyektif tergantung pada keyakinan dan pengalaman seseorang bersinggungan dengan nilai-nilai tersebut.

Ada yang menjawab bahwa benda dikatakan bertuah bila memiliki energi tertentu. Tolok ukur yang eksak misalnya yaitu sudut tinjau ilmu fisika. Bahwa setiap benda memiliki kerapatan atom, energi dan massa tertentu yang berbeda-beda sehingga materi benda bisa diukur dengan alat ukur tertentu.

Yang jelas, bila benda sudah diberi muatan nilai akan memiliki nilai subyektivitas tertentu…Marilah kita memperdalam sudut pandang ini.

Benda apapun itu, pasti memiliki sebuah “energi spiritual” tertentu. Benda tertentu akan memiliki keterlibatan dengan sejarah hidup seseorang. Saat melihat sebuah cincin kawin, ingatan saya langsung melayang pada saat pertama kali melamar isteri saya. Saat melihat keris, ingatan saya langsung melayang pada bagaimana hebatnya empu nenek moyang kita berjuang mati-matian untuk membuat benda cagar budaya tersebut. Dan seterusnya…

Energi spiritual yang melekat pada benda-benda oleh karenanya bisa dideteksi dengan mempelajari latarbelakang ‘ada’-nya benda tersebut. Itu sebabnya tombak kyai pleret yang tersimpan di Kraton Yogyakarta dipercaya “sangat bertuah” karena memiliki sejarah yang panjang. Atau Keris Kyai Sengkelat, atau yang lain dan seterusnya….

Mempelajari riwayat atau sejarah sebuah benda jelas memerlukan ilmu pengetahuan misalnya arkeologi, ilmu sejarah dan lain-lain. Ilmu yang demikian adalah hasil dari olah pikir para sarjana yang gentur membaca buku referensi dan akhirnya memiliki keluasan pengetahuan tentang sejarah sesuatu.

Namun, kita tidak menutup mata dengan adanya ilmu batiniah untuk menerawang benda-benda bertuah ini. Ilmu batiniah adalah sebuah fakta yang ada di masyarakat dan hingga kini masih lestari. Ini adalah budaya spiritual nusantara Indonesia yang adiluhung lho. Kita tidak boleh menutup mata dengan menganggap budaya asing lebih bernilai. Menghargai budaya asing disarankan, namun lebih luhur lagi juga menghargai budaya nenek moyang.

Untuk itu, ijinkan saya mengangkat kembali pengalaman para leluhur dulu untuk mendeteksi apakah sebuah benda itu bertuah atau tidak.

Benda yang dipercaya “bertuah” banyak wujudnya. Misalnya cincin berakik yang dipakai sebagai jimat, keris dan senjata tradisional lain yang dipakai sebagai piandel (pegangan), berbagai jenis bebatuan alami.

Terkait dengan soal bahan alamiah, biasanya mengandung unsur bio elektrik tertentu yang memang bisa dimanfaatkan sebagai alat kesehatan. Ada benda-benda yang mengandung unsur magnet alam sehingga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan sebagainya… Cara mengenalinya dengan membuka-buka buku untuk mencari info tentangnya.

Ada juga cara mendeteksi dengan jalan mengoptimalkan peran batin kita. Batin sesungguhnya selain mampu untuk diajak mengenali hal-hal gaib juga mampu mengenali nilai esoteris dari benda-benda. Cara yang saya lakukan biasanya sebagai berikut:

Mengenali benda “bertuah”
1. Lihatlah dengan cermat benda tersebut.
2. Pakai atau pegang benda tersebut pelan-pelan saja
3. Bukalah mata “batin” yang intuitif, dan ketahui apa yang ada di dalam cincin… Rasakan energi batin apa yang muncul…dingin, panas, damai, kisruh, celaka, harapan, kasih sayang…dan seterusnya… Benda pasti memancarkan sejarah tertentu. Ia merekam dan menyerap sebuah fakta-fakta dan riwayat sejarah yang panjang. Ingat benda adalah saksi bisu yang bisa “bicara” yaitu bahasa alam.
4. Benda bertuah bisa mendatangkan efek negatif yang tidak kita sadari. Ini bisa akibat energi alamiah benda tersebut, namun juga ulah “sesuatu” yang metafisis.
5. Lebih dalam lagi, bila terasa ada “sesuatu” di dalam benda tersebut maka lakukan terus pendeteksian. “Sesuatu” yang saya maksud adalah makhluk halus. (Makhluk ini bisa mendatangkan perasaan gelisah, anak isteri tiba-tiba nakal, penghuni keluarga sakit-sakitan,… disamping mendatangkan efek, misalnya mudah cari uang, enteng jodoh dan sebagainya)
6. Bila pendeteksian belum berhasil, maka boleh menggunakan cara ini: Letakkan benda bertuah tadi di bawah bantal dan mohonkan pada Tuhan agar berkenan untuk memberikan informasi terkait benda tersebut. Makhluk halus biasanya muncul dalam mimpi…
7. Bila Anda mampu berkomunikasi dengan makhluk halus “penunggu” benda tersebut akan lebih baik. Anda bisa berbagi kebijaksanaan, dan mengajaknya untuk mengutarakan kenapa dia setia menunggui benda tersebut dan seterusnya.

Banyak benda bertuah yang diisi oleh paranormal/dukun dengan makhluk halus untuk tujuan macam-macam. Misalnya untuk jimat penglaris dagangan, enteng jodoh, pagar gaib dan sebagainya… Ini tentu saja perlu dicermati kemanfaatannya. Bila Anda merasa tergantung dengan cincik akik yang Anda pakai, apakah ini mendatangkan manfaat atau tidak baik di dunia maupun di akhirat? Benda tersebut mendatangkan kemanfaatan apa tidak dengan perkembangan spiritual kita khususnya berkaitan dengan ketauhidan kita pada Gusti Allah… Boleh jadi di dunia kita mendapatkan manfaat dengan keberadaan benda-benda tersebut, namun nanti di dunia kita akan mendapatkan celaka karena sudah masuk ke wilayah “Mempersekutukan Tuhan”.. jadi ya.. hati-hati…

Bila Anda merasa tidak bermanfaat dan Anda menyadari kesalahan bahwa Anda sudah terjebak dalam perilaku syirik, maka langkah Anda adalah melakukan penyingkiran makhluk halus penunggu benda-benda tersebut. Benda-bendanya sendiri tetap boleh dipakai dan dipergunakan sebagaimana biasanya. Toh, benda kan bebas nilai… yang memberi nilai kan kita sendiri. Jadi sesungguhnya OTAK MANUSIA lah yang syirik. Bukan keris, cincin akik, dan benda-benda budaya tersebut.

Tetap lestarikan budaya spiritual nusantara yang Adiluhung! Kepada semua saudara dari Sabang sampai Merauke…dari yang agamanya Islam, Hindu, Budha, Kristen, Kong Hu Cu, Taoisme, Aliran Kepercayaan apapun yang Anda anut..marilah kita bersama-sama hidup guyub dan rukun. Tuhan kita semua Satu, cara kita menyembahnya saja yang beda-beda….

wongalus

About these ads
Categories: DETEKSI BENDA BERTUAH | 138 Komentar

Navigasi pos

138 thoughts on “TEKNIK MENDETEKSI BENDA BERTUAH

  1. abu amili

    Yth.Ki Wong alus
    Pertamaaaaax
    Kalau bicara benda2 bertuah saya jadi ingat masa lalu……yg pekerjaan slalu memburu benda2 bertuah, tapi hanya sebagai kolektor dan percaya manfaat atau khasiat dri benda tersebut, dari si pemberi atau identik sebagai dukun.hal yg saya rasakan pada saat itu tarikan bumi/dunia saya sangat kencang , pikiran atau otak tidak luput dari bagaiamana bisnis sekarang, besok dan akan datang dapat banyak uang …..ibadah hanya sekedar pemanis atau ikut2an karna terhijab dengan kebendaan.ibadah jalan terus pikiran tidak tentram dan penuh kegilasaan.
    Akhir perjalanan saya ketemu dg salah satu rekan teman saya, disarankan benda3 tsb, harus dibuang ,karena membahaya diri saya dan salah satu perbuataan menyekutukan Tuhan….dan akhirnya Alhamdullilah benda tsb saat sudah tidk berada ditangan saya.
    Gimana ki…… rasa saya tidak yakin lagi untuk bergaul dan berdekatan lagi dgn benda bertuah tersebut , atau bahkan mendeteksi dan seteruuusnya ?
    hal ini dengan segala kelemehan dan kebodohan diri saya…bisa2 melenjeng dari Tujuan hidup dan melanggar hukum Tuhan.
    Terima kasih ki…….dilanjut artikel ini bermanfaat buat saya sebagai wacana dan tambahan wawasan. Salam Alus yg Sejati.

  2. kulanuwun ki alus…..

    kalo boleh saya mau nanya sedikit saja, kira2 penunggu benda benda bertuah itu sejenis makhluk apa yah? apa sejenis jin brekasakan atau jenis jin lain, atau bisa juga malaikat?…wong saya ini baru dengar katanya si A katanya si B…saya belum bisa membuktikan langsung…….. saya kira segitu saja ki…mohon pembabarannya…….maturnuwun

  3. Yth Ki Mastono, penunggu benda bertuah bermacam-macam tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengisinya ki. Keris ampuh yang dibuat dari para empu umumnya ditungguin oleh para jin “siluman” yang umumnya tangguh dan sepuh .. akik yang “dijual” oleh kaum dukun “tiban” biasanya ditungguin jin brekasakan, semuanya tergantung pada kemampuan batin masing-masing orang untuk melakukan “pengisian”. Pengisian ke satu benda adalah sebuah upaya perjanjian ikatan batin antara seseorang “dukun” dengan jin… Mungkin begitu sederhananya.

  4. Kalo ilmu pengisian ini di ilmiahkan, suatu saat kita akan bisa menggunakan benda2 untuk memasuki alam lain, seperti film Smallville 8, sebenernya teknologi indonesia lebih mumpuni, hanya saja tidak dibuatkan metodologi ilmiahnya di universitas fisika.

    Sedangkan teknologi dari barat, ada teori2 yang dapat dijadikan landasan, imajinasi mereka juga tinggi, hanya saja mereka meremehkan indonesia. Kalo saja mereka belajar sama kita, maka kemajuan teknologi dunyaa akan meningkat sangat pesat.

    Meski saya bukan ahlinya dalam kedua bidang diatas, hendaknya mereka yang mumpuni sedikit memperhatikan koment saya dan semoga bisa diambil hikmahnya

  5. Saya punya pengalaman menarik dalam hal ini Mas
    Pernah disuatu industri pembuatan frame kacamata ada mesin grinding yang memakai batu gerinda berbentuk kerucut kecil
    Iseng saya ambil dua biji dan saya berikan kepada teman saya yang punya kepekaan batin & sudah madeg jadi paranormal terutama buat mahasiswa & anak2 muda yang kurang pede
    Saya buat suatu cerita aneh tentang bagaimana saya mendapatkan batu tersebut
    & karena teman saya mengangap saya punya kelebihan maka cerita tsb ditelan mentah2 yang anehnya saat dia coba mendeteksi batu tsb katanya ada penunggunya
    Saya katakan saja penunggunya cingkara bala & bala upata buat lebih mensugesti dia
    Saya tidak tahu kenapa bisa begitu hanya menurut saya sugesti bisa menimbulkan suatu kekuatan pada diri orang. Entah kepercayaan diri, kemampuan adikodrati atau trmakan ilusi

  6. preman pasar

    halu ki,.. apa betul jin/setan bs diliat dlm bentuk asli nya,, apakah manusia memiliki kekuatan yg lebih sakti dari jin/setan atau harus menggunakan jin/setan baru bs sakti……. bukan kah manusia lebih tinggi derajat nya dari jin/setan………….

  7. wongalus

    Yth Mas Preman Pasar, lha monggo disaksikan bareng-bareng saja dan nanti kita baru bisa memiliki pendapat biar obyektif. Soal itu bentuk asli atau palsu, sama seperti kita membedakan perempuan “asli” dengan perempuan “palsu”. Ya, manusia derajatnya lebih tinggi dari makhluk jin namun juga bisa lebih rendah. Itu tergantung pada perilaku orang tersebut. Terima kasih.

  8. SURAJA

    KI mau tanya bagaimana caranya mengetahui galih kelor itu asli atau tidak/ cara membuktikan bahwa galih kelor tersebut asli apa palsu mohon petunjuknya ki

  9. Secara fisik sulit membuktikan apakah galih kelor itu asli atau tidak. Hanya para ahli biologi yang mampu dan itu pun harus melalui uji laboratorium. Namun, karena itu adalah benda “bertuah” asli atau tidaknya benda bertuah sesungguhnya bukan karena bahan kayunya. Melaikan pada apakah galih kelor itu memiliki efek metafisis (yaitu sugesti dan kekuatan energi yang terpancar dari galih kelor) yang besar atau tidak. Konon galih kelor yang “asli” berasal dari tongkat para kyai atau orang-orang suci terdahulu. Maka kuat atau tidaknya pancaran energi galih kelor saangat tergantung pada pribadi masing-masing. Meskipun bendanya sendiri juga memiliki energi. Memang dengan alat Chronometer menunjukkan bahwa energi yang terdapat pada “Kayu Bertuah”, besarnya dua kali lipat dibanding energi Tosan Aji. Jika energi pusaka pada level 50, energi kayu “bertuah” bisa mencapai level 100. Terima kasih.

  10. yth.ki wong alus kapan hari pada saat tidur saya kaget saat terjaga tiba~tiba ditangan saya ada sebutir warna menyala merah habis itu saya kaget otomatis benda nyala tersebut jatuh kebawah tempat tidur kemudian hilang,ki bisakah benda tadi saya ambil lagi dan bagaiman caranya?thanks..matorsuwon

  11. andika putra

    yth.ki wong alus ditempat
    saya mau tanya,
    1. bagaiman cara kita mengetahui apakah ada isi khodam ataw tidak nya dari suatu benda cincin,batu,keris dll sebagai orang awam ??
    2. bagaiman cara mengetahui penunggu / khodam dari suatu cincin,batu,keris dll sebagai orang awam ?
    mohon penjelasannya..
    trimakasih.

  12. wongalus

    Yth Mas Andika: Tajamkan mata batin. otomatis terlihat

  13. andika putra

    trima kasih atas jawaban nya mas, tp yg membuat saya bingung adalah, bagaiman cara menajamkan mata batin saya itu, karna saya trmsuk orang awam/tdk mengerti dgn hal-hal tersebut ?

    mohon penjelasannya ?

    terima kasih

  14. Yth sdr andika. Caranya: menjalani laku tirakat dan laku prihatin, misalnya menjalani bermacam-macam puasa, mengurangi tidur mengurangi makan dan minum yang hakikatnya adalah mengendalikan nafsu atau keinginan-keinginan tubuh fisik.

  15. ki jaya semara

    ki tolong kasih tahu kasiat keong mampet/fosil keong tertutup warnanya putih….aku tunggu ya kupas habis pokoknya

  16. wongalus

    @ki jaya semara: kebal senjata tajam dan peluru. kapan-kapan kita bahas. trims.

  17. abdul azis

    Ass.wr.wb..Mohon ma’af ki saya mau tanya ,bagaimana hukumnya menurut syariat tentang penarikan harta karun at benda pusaka,ada gk cara yg tidak bertentangan dg syariat.untuk membedakan khodam itu bgmn?matur nuwun.wsslm.

  18. Andhi

    Ass…Wrwb
    Yth Ki wong Alus
    ki saya mempunyai beberapa benda peninggalan orang tua yg diantaranya Fosil mirip Keong, Besi warna hitam sebesar kelereng, batu yg berlubang sebesar ibu jari, serta batu sebesar kelereng kecil yg menyerupai mata ikan, kira2 apa ya gunanya ki??? trus gmn supaya kita bisa melihat/komunikasi dgn khodamnya agar kita bisa memanfaatkannya??? mohon pengetahuannya ki….sebelumnya makasih ki atas pencerahannya… semoga Allah SWT selalu memberi rahmat dan karunianya..Amin

  19. Andhi

    (pertanyaan sblmnya yg ketinggalan)….ada juga fosil yg bentuknya sprti kerang dan batu kecubung yg tengahnya lubang(seperti retak) ki… mohon pencerahanya….

  20. abdul munif

    Mo numpang tanya ni Ki Wong alus… Dari beberapa penjelasan di atas, tampaknya kebanyakan penunggu benda bertuah berasal dari kalangan jin. Mungkinkah roh leluhur juga berkenan untuk menunggui benda tsb. Maaf ki atas pertanyaan bodoh saya ini. Salam katresnan..

  21. wongalus

    @Mas Munif: Roh leluhur biasanya tidak menunggu benda bertuah. Penunggu benda bertuah biasanya jin atau khodam (sejenis energi bentukan kita akibat amalan yang kita lakukan sendiri. Kalau para leluhur, mereka biasanya hanya memberi pesan kepada kita melalui banyak media. Misalnya sebuah benda pusaka, seperti keris, tombak, bahkan tidak hanya benda… Mereka bisa lho merasuki alam bawah sadar kita dengan pesan-pesan pendek. Bahkan bisa juga melalui SMS dan telepon langsung seperti seorang sahabat saya. Dia rutin mendapat telepon langsung dengan nomor 00000…. Di dunia supranatural, semuanya serba mungkin. Akal kita akan jungkir balik bila digunakan untuk menalar. Nwn mas.

  22. bocah_angon

    romo wong alus salam hormat dari bocah angon panjenengan dimana alamatnya kalau boleh tahu saya mau sowan sekedar mengenalkan diri dan bertanya pada yang tahu, karena banyak diotak saya pertanyaan2 yg butuh bimbingan wong alus

  23. wongalus

    @sdr Bocah Angon: saya ada di blog ini mas. Setiap saat saya buka blog ini dan silahkan berbagi di forum ini saja sebagai jembatan tali silaturahim sekaligus berbagi kawruh. Nuwun.

  24. Sasonedy

    kyai,saya mulai SMP sampai 2008 dulu ikut kanuragan,klo dpat asmak dari guru ya sering puasa mutih n patigeni dan dulu selesai sholat selalu saya wirit tp skrg sdh tidak saya wirit lg tp saya masih hafal sekali asmak2 itu,yang saya tanyakan selama ikut kanuragan itu saya seperti tidak bisa merasa pny kanuragan dan tidak bisa menggunakanya,spt merasakan benda2 ghoib ato makhluk goib dan apa yang saya pelajari sesuai petunjuk guru itu skrg masih ada pada diri saya dan bagaimana cara mengetahuinya klo memang masih ada,mohon bimbingan kyai

  25. wongalus

    @mas Sasonedy: Belajar ilmu-ilmu gaib memang idealnya bila seseorang itu sudah “dewasa”, yaitu sudah bisa merasakan secara batin keluar masuknya energi di tubuh kita. Dibutuhkan kehalusan budi pekerti, perilaku yang santun dan yang merupakan pintu utama untuk memasuki gerbang kegaiban adalah adalah “keyakinan” dan “kepercayaan” untuk bisa merasakan hadirnya sesuatu yang gaib. JIka tidak yakin, kita pasti tidak bisa merasakan kegaiban yang terjadi di sekeliling kita. Sebagaimana telah ditegaskan di dalam KItab Suci bahwa rukun iman (keyakinan) adalah percaya kepada hal-hal yang gaib. nwn.

  26. mau nanya ne ki..saya punya batu delima..kata orang pandai itu batu adalah butil dari merah delima..bingung ne ki..soalnya tu batu peninggalan dari mertua saya..dapatnya di sedot dari orang pandai di kuburan putri 7 dumai riau..gimana sih ki biar kita puas and tw bahwa batu tersebut berkhasiat,,dan apa sih beda nya mustika ama butil delima

  27. mau tanya sy mempunyai benda / batu kecil yg satu warna biru dan tertncap di batu berbntuk kura2 dan yg satu warna merah kecil yg ditrauh didalm tempat kecil seperti gentong kecil semuany sebesar kacang kedelai kata orang pintar it namanya blue saphir n merah delima apa benar ki? dan apa mamfaatnya trus bgmn cr berkomuniksi dg penghuninya krn sudh sy bwt tidr dg cr dtruh dbwh bntal tp sy tdk mersakan ap2. trimksih dg jawabnya..by sony..

  28. Ibez

    Klo menurut saya, benda bertuah itu g’ ada manfa’atnya. Cuma pembodohan sj alias khayal. Tp klo utk sekedar koleksi.. OK! So’alnya antik dan unik.

  29. joko kendel

    tergantunglah pada orangnya pak coba bapak amati yang teliti di bilang kita bodoh ya tidak bodoh, di bilang pandai juga tidak pandai jadi tergantung pada orangnya yang punya . semua boleh percaya dan juga tidak boleh percaya semua ini yang ada di dunia ciptaan tuhan jadi kalau saya tetap ku hargai ……

  30. Ki Bayu Putra / Gus. DP.

    Ki wong alus bagaimana bila bapak saya telah meninggal 2 tahun yang lalu
    apakah pusaka bapak saya bisa di wariskan ke saya, sedangkan saya anak angkat saja…………… trima kasih, tetapi dulu sebelum beliau meninggal pernah beliau mau memberikan salah satu pusakanya kepada saya, tetapi saat beliau meninggal di jakarta entah kemana pusaka beliau, saya bisa hadir saat pemakaman di ngawi, lalu saya kembali ke surabaya karena kerjaan saya di surabaya, lalu entah kemana pusaka yang dulu mau diberikan ke saya, saya tidak tahu……….

  31. Mastufi

    Assalam… Wong alus yth. begini saya mau tanya, saya punya batu bertuah yang dikasih orang tua dijalan, tapi sekarang hilang, hilangnya waktu saya naik motor munkin jatuh dari saku saya, tapi sudah bolak – balik saya cari nga ketemu, yg ingin saya tanyakan bisa ga batu tuah itu saya temukan kembali? lo bisa dengan cara apa? dan pakai amalan apa biar batu itu kembali ketangan saya? Trima kasih.

  32. aslkm ki wongalus saya diamanati seseorang untuk memegana keris kataya keris itu harus di asapi kemenyan tiap malam jumat dan selama ini rutin saya lakukan meski saya sendiri kurang percaya karna tidak merasakan apa” yang kataya akan melancarkan rezeki ,kalau dilihat dari bentuknya sepertinya keris ini sudah cukup berumur atau bikinnya sudah lama perna sy bw paranormal memang keris itu ada penunnggunya tp belum tahu pasti manfaatya yang saya tayakan bagamana kita bisa mengetahui manfaat dari pusaka itu dan apa bisa kita ketemuan agar saya bisa melihatkan pusaka saya dan tolong aki jabarkan apa manfaat pusaka saya itu sekian dr sy sekedar info sy dijkt tepatnya jkt brt wslm

  33. wildan

    Assalammualaikum Ki Wong Alus Yth, Sy mau tnya bagaimana cara merawat yg baik dan membuktikan bahwa benda pusaka itu cocok buat sy, critanya sy diserahi peninggalan orng tua sy berupa pusaka keris semuanya ada 7 keris diantaranya yg sy tahu ada Tro banyu, Ki Lambang, Omyang Jimbe dan yg lain sy kurang tahu persis, sebetulnya sy kurang berminat merawat krna sy masih punya kakak yg lebih tua dr sy akan ttp kakak sy tdk mau dan semuanya diserahkan sama sy, Ki Wong Alus sy mohon pencerahannya, Terima Kasih. Wassalam.

  34. Lucky Sanyoto

    Assalamu alaikum Ki Wong Alus,

    saya memiliki keris pusaka dari alm. eyang kakung saya, jumlahnya ada 2, yang satu namanya Kiyai Bolajer (tertera tulisan pada kertas yang ditempel pada warangka keris), yang satu lagi tertera tulisan Empu Gandring – Pedaleman.
    yang ingin saya tanyakan, apakah keris tersebut bertuah, apakah keris tersebut cocok dengan saya dan keluarga saya, dan apa manfaatnya ? jika memang betuah, bagaimana caranya supaya saya bisa melihat ghaib dari pusaka tersebut ?
    Terima kasih. Wassalam.

  35. Kang bayan

    Assalmu alaikum. Ngomong benda bertuah saya teringat kisah kyai saya yang waktu itu pernah tirakatan minta petunjuk pd Alloh tentang batu stro banyu. Akirnya dapat petunjuk supaya menyusuri kali/sungai catur di daerah Madiun. Dalam perjalananya tampak cahaya putih dari dalam sungai dan terus dibuntuti sampai hulu. Disitu dihadang seorang raja jin diminta mengurungkan niat mengambil stro banyu kasihan rakyatnya. Kalau mau sbg gantinya mau dikasih batu merah delima. Stro banyu ternyata dijadikan media pengobatan oleh makluk halus yang mengalami sakit juga kecelakaan akibat pertempuran dg bangsa mereka jg dg manusia. Sang Kyai tak mau mengambil apa2 niatnya hanya ingin tahu aja masalah stro banyu. Disini ada satu tambahan ilmu bahwa semua di jagad raya ini ada manfaat dan mudhorot masing2 yang semua itu berasal dari Alloh. Kayak batu stro banyu tadi atau lainya telah dikaruniai keistimewaan dari Alloh dan dimanfaatkan untuk pengobatan bangsa jin. Jadi sadarlah, jangan memandang benda tuah dan khodamnya tapi ingatlah Alloh yg telah menciptakan benda tadi baik langsung tak langsung juga segala sesuatu dijagad raya ini. Kalau sudah begini gak ada alasan untuk berpaling maupun menyekutukanNYA. Wassalam.

  36. satrio ilang

    saya jadi ingat ungkapan minal ‘adam ilal wujud, tsummal ‘adam ba’dal maujud (dari tidak ada menjadi ada, kemudian tidak ada lg stl ada). ternyata ini bukan sekadar masalah keberadaan manusia di dunia, tp juga terkait dg tingkatan spritual manusia.
    manusia dalam tingkatan awal kepercayaan terhadap sesuatu yg ghaib (dalam hal ini: makhluk ghaib), pada dasarnya tidak punya kepercayaan itu karena pada dasarnya segala sesuatu bersifat lahir. (ini berarti tingkatan TIDAK ADA)
    ketika dikenalkan dg makhluk2 ghaib, kemudian manusia mjd begitu percaya dg makhluk2 ghaib, ada yg (paling parah) menyembahnya, ada yg (sedikit di bawahnya) suka meminta bantuan padanya, ada yg (dibawahnya lg) menjadikannya pelindung (guard), ada yg membanggakannya. (ini berarti tingkatan ADA)
    ketika sudah mengetahui lebih dalam mengenai makhluk ghaib, kemudian manusia menyadari bahwa yg ghaib itu ya sama saja kayak yg di alam dhahir. kekuatan mereka ya saling bersaing. bagi yg tidak mengetahui ghaib, seorg paranormal itu terlihat sakti. tp bagi yg mengerti ghaib, paranormal itu ya kayak gitu. bantuan ghaib yg diambil ya dari sana, dari sana dan dari sebelah sana. dia tau semua seperti pengetahuan org awam pada hal2 lahir.. akhirnya kekuatan ghaib tadi dianggap biasa, tidak hebat dan tidak istimewa. lalu? ya semua kekuatan itu hanya karena ada yg memberikan.. (ini adalah tingkatan TIDAK ADA kembali)
    setelah melewati tahap itu, org akan menjadi kuat ketauhidannya, karena sebenarnya semua itu bukan apa2. sumber kekuatan sebenarnya hanya Alloh SWT.

  37. Manik_Cundrik

    Assalamualaikum. ki, saya dapat mimpi tiga kali pada mimpi yang sama dari awal sma. mimpi saya itu adalah mimpi mendapatkan keris yang diwasiatkan kepada saya untuk merawatnya, sekarang keris tersebut sudah saya dapatkan tetapi saya tidak merasakan aura apa-apa pada keris tersebut, sugesti saya keris tersebut benda yang sangat unik dan antik karena bentuknya sangat tua, dan pamor keris tersebut berbentuk dua buah naga. saya sudah mendeteksi dengan mata batin saya dengan cara yang kyi berikan pada halaman sebelumya tetapi belum ada tanta-tanda dari keris itu memiliki kodam / tidak. mohon petunjuk cara lain mendeteksinya. wasalam kyi.

  38. mediunvanjava

    Assallamualaikum wr.wb buat semua sedulur kwa dan khususnya ki wong alus.saya punya cincin berwarna hijau dan pada cincin lingkarnya (logamnya)ada gambar bunganya.apabila cincin tsb kena cahaya lampu mauapu matahari setelahnya akan menyala hijau terang………mohon di jawab ki…kira2 apakah cincin tsb ada tuahnya ngak ya? trus kegunaannya apa?sy tunggu ki…jawaban njenengan.matursuwun.

  39. salam hormat ki.saya ada satu pertanyaan ki.kebetulan saya di berikan batu kecubung wulung.kata orangnya sich ada khodamnya.atau istilahnya bertuah.bagaimana cara memastikan kalau batu tersebut bertuah ki? mohon caranya…? trims ki

  40. Sam

    bagai mana cara mengetahui keberadaan khodam di pusaka

  41. imam

    ass.hormat sy yg sebesar2nya untuk aki.sy mau bertanya.kata beberapa orang yg mengerti ilmu ghaib.katanya sy itu ada yg mendampingi uyut sya.dan tiap orang menyebutnya sama smua yaitu mbah mukibat.jd sy bingung .bagai mana caranya agar sy bisa bertemu dan bisa mengetahui kebenarannya.?nhun ki…

  42. hasan

    wahhh,kalau ingat pusaka,saya teringat kenakalan masa muda dulu.dulu saya pencinta pusaka ki,sampai keris buat pengasihan dan banyak lagi pusaka yg lain.
    baik yg saya peroleh dari dukun atau menarik pke minyak sendiri.
    sekarang masih banyak koleksi saya,tp gak saya rawat.
    mungkin aki mau merawatnya???
    atau sedulur yg mau merawatnya MONGGO aja.
    085741288073

  43. newbie

    sip

  44. sutrisno

    qobiltu

  45. wah ini sangat2 bermanfaat bagi saya..
    saya berminat untuk ini semua..
    apalagi tentang pusaaka2…..
    apabila ada pusaka yang tidak bisa anda rawat..
    saya bersenang hati mrawatnya..

  46. bambang

    ass,pak/mas waktu bulan syuro nenek dr istri saya menemukan batu yg warnanya kuning keemasan sangat kinclong warnanya bhkan sampek tembus pandang.prnh sy tanyakn pd penjual bt akik nmnya bt topaz tp ktnya sy hrs merawtny dgn baik krna ktny ini batu kodam yg ada isinya.dan sy pun prnh ke org ngerti mslh yg ghoib gt.bhkan smpek beberapa kl, pd wkt dilihat batu itu di tutup kertas dobel tiga cahaya itu menembus kertas yg dobel 3.lalu trus sy tny kpd seorg kyai batu itu ditaruh di keningnya lalu memancarkan cahaya yg sgt terang dan silau hngga sy kget.dan ktny ada penunggunya yaitu berwujud hewan yg plg galak dr sgl hewan,yg intinya dia itu mau ikut sy tanpa syarat apapun bhkn smp sy mati.lalu tnp ada yg menyuruh sy ingn mlhat mskpn itu dlm mimpi batu sy taruh di bwah bntal dan ternyata mlm itu sy brmimpi ktm dgn singa yg sgt besar berjalan diatas air menuju sy dgn menundukan kplny didpn sy,singa itu sgt sopan lalu sy brtnya; singa siapa ini?sy pun jg tdk tkut krn singa itu baik dan sopan.ll sy terbangun dr tdr apa ini penunggu batu kodam ini?sblm sy menemukan bt topaz itu sy bermimpi sy dikasih dua bayi yg sgt tampan dan istri sy jgmimpi melahirkn bayi laki2 tampan jg,dan sudah sy buktikan kasiat bt topas itu sgt2 ampuh sekali baik kesehatan,rejeki maupun pelindung dri.yg sy tnyakan gmn sy bisa melihat sinar dr batu itu?krn sy prnh coba tp ga prnh bs.tp klo yg pegang kyai br bntr aja udh keliatan auranya yg sgt terang melebii dr lampu listrik.ada yg bs bantu?ini no telf sy 081335542451.

  47. bambang

    msh dr sambungan bt topas mas,sy jg prnh di datangi angin yg sgt kencang sprti angin topan dua kali malam jum,at dan jum,at mlm sabtu tp smua pd tdr cmn q aja yg tau sampe2 istri sy aku bngunin untk pndh dr tmpt tdr tp dia gak bgn2 sy pun tkt lalu sy berdoa spy angin itu cpt ilang dan akirnya angin itu ilang dgn prlhn2.stelah itu tanpa sengaja sy tdr tengkurap tb2 tangan sy memegang batu topaz itu yg sblmya udh ada di bwh bntl tp sy jg setengah sadar.dan yg terakhir sy bermimpi ada seperti cahaya bntuknya bulat warnanya persis dgn batu topaz itu yg msuk ke dalam tenggorokanku sampai empat kali yg terakhir cahaya itu masuk dgn bgtu kerasnya sampai2 sy mencelat dr tdr sy dan terbangun tp stlh itu sy lega sy merasa bdn sy jg ckup enteng,nyaman.sering sekali sy itu mrs aneh kayak ada sesuatu yg lewat dr tenggorokan sy itpn jg tdk skt.klo sprt apa rasanya yg aneh dlm dr sy itu tdk bs diungkapkan dgn kata2.mas wong alus prnh batu topaz sy ini mau dibeli berapapun dgn seorg kyai tp tdk sy jual seakan2 batu itu inspirasiku yg sdh jd satu dgn drku.mas haruskah batu itu diksh minyak?dan mas sy mint tlg supaya sy bs melihat aura ato sinar dr btu topaz itu dgn doa sy sndri bkn dgn org lain.sy jg ign tau namanya yg nunggu batu topaz itu namanya siapa gmn caranya?mhon bantuanya mbah ato mas.matur suwun.

  48. Widodo

    Gimana Cara mengenal pusaka yang mudah tanpa harus puasa

  49. kulonuwun ki, saya masih agak ragu masalah pusaka…
    kebetulan almarhum simbah saya meninggalkan empat pusaka, yang sayangnya sekarang sudah tidak ada yang merawat. kemarin saya sempatkan melihat pusaka-pusaka tsb (saya sangat awam dengan masalah hal gaib), karena menurut pakde saya yang rumahnya dekat dengan rumah simbah saya itu, sering terdengar bunyi ribut dari dalam rumah. ternyata setelah saya lihat, kondisi pusaka-pusaka itu sangat memprihatinkan, gagang kerisnya sudah copot, dan kerisnya tidak bisa ditarik dari sarungnya karena karat. apakah itu salah satu penyebab sering terdengarnya bunyi ribut?
    satu pengalaman mbah putri saya yang masih sehat (sekarang tinggal bersama saya) suatu hari beliau didatangi ‘seseorang’ yang berpenampilan seperti prajurit kraton. bagaimana itu?
    makasih

  50. afandi

    ki, sya mau tanya….gmana caranya mendeteksi harta leluhur yg ada dirumahku… soalya…menurut beberapa orang pintar ada harta leluhur kluargaku….sy mau ngambil tpi gmana caranya? mungkin rekan2x ada yg tau…siapa orang yg bisa narik harta tersebut.? trims

  51. ki mau tanyak, nich
    keponakan saya itu kan kerjanya di pengairan pada awal dia kerja dia mengalami kecelakan kerja dia terjebur di bendungan itu dan hampir merenggut nyawanya.setelah itu malam dimana setelah kejadian dia ditemui sosok gaib tiga orang putih dalam perujutan bunga kamboja dimana kelopak itu ada yang berkelopak tiga,kelopak,enam, dan kelopak empat baunya wangi dan ada pesan dari ketiga penampakan itu jangan diberitahukan pada semua orang namanya masih mudah dia kasik tau ke temenya pas dia pulang kerumah ketiga bunga itu hilang,tapi penapakan itu selalu mengikuti.yang saya tanyakn itu khodam atau jin terima kasih

  52. Aguez cool

    Yth.ki wong alus,sya mw tnya tntang btu akik,saya punya batu akik kuning bening ktanya namanya yakot fungsinya btu tersabut untuk apa?

  53. erwin syahril

    asslkum.saya pernah menemani orang berobat kedukun.metode pengobatan dengan memanggil jin gitu dengan masuk ketubuhnya.saat itu dukunnya kerasukan dan memanggil saya dan mengatakan dia kiyai panturan sewu sebagai pendamping saya.apa itu benar pak? saya sama sekali gak pernah merasakan apapun.mohon sarannya pak.terimakasih

  54. ki salam kenal ya:)
    buat aki saya mau mita ilmu kepandaiyan kurat laki laki kaya lah ki akakakakaka><3
    kalo boleh ki:)
    klau tak boleh tak apa*
    saya nak mita cowok yang kaya apa pon tu taruhan ya :(
    saya mau tau ki tlf aja sa atau pon ki kasi tau saya nr aki boleh ta?:(

  55. KI Itu namanya ngawor, kamu itu orang bodoh doh doh doh doh doh.

  56. kawulo

    assalamulaikum wr wb …. sugeng dalu ki.. saking dulur lanangmu ibnu hidayat.. sampon dangu kulo madosi panjenengan ki….. salam roso seduluran…

  57. teman saat dalam perjalanan dr sumatera selatan hendak ke jawa.dia nemu batu kecil agak kehijauan dijalan dan dibuang nya,ketika jauh kok ada benda seperti itu lg lalu diambil nya lg dan diliat2setelah itu dilempar nya dan ia naik ganti mobil lg melanjutkan perjalananNya dan ketika jalan kaki lg dia temukan batu semacam itu lg dng perasaan kesal dikantongi lah batu itu.
    Stelah bebarapa hr dirumah batu itu dikasih wadah lingkaran cincin tp sampai 3x-4x gonta-ganti dibelikan wadah lingkar cincin selalu melesat jatuh(meletik jw nya).Prnh jg batu itu dikapak pkai kapak beberapa kali tdk pecah bahkan tergores pun tdk wlu sedikit.Juga sy pernah memegang benda sebesar kuku jempol kaki itu.mulai pegang di genggaman terasa ada yg menjalar dikulit dan darah saya mulai dari genggaman menyapu seluruh tubuh,kemudian kulit saya tdk merasakan nyeri walau di sentuh pedang setajam apapun cubitan sekeras apapun tdk menimbulkan rasa bahkan kulit terasa dilapisi oleh sesuatu dr balik urat dan aliran darah sehingga benda tajam tak mampu menembus berasa tumpul apakah itu yg dinamakan kekuatan jin.

  58. Jg sy pernah waktu msh SD tengah malam hendak pipis ketika itu sy mau keluar di depan sy ada benda kecil mengeluarkan warna merah sdang melayang tdk jauh dr sy berdiri seperti krikil
    .karna sy penasaran dng agak takut saya hampiri benda itu yg sdh tergeletak ditanah dan tdk bersinar lg sehingga keliatan hitam kecokelatan karna malam gelap dan langsung saya tubruk tp saat saya akan genggam tangan sy gak kerasa nyentuh apapun dan batu itu melesat warna merah menembus genggaman sy seperti lwat pori2bagai angin.dan mendarat lg ketanah keliatan bulatnya seperti batu akik ku tangkap lg ia melayang lg sampai 3x tdk berhasil dan benda itu bercahaya lg kmudian menembus kayu gosong

  59. Ada cerita lg ditempat sy dulu dah lama Masih kanak2 ramai ngaji dimasjid ketika uasai ngaji nunggu shalat isha aku dan dia bermain dipelataran masjid bersama temen2 lainya Meliat ada ulat pisang ditanah dipegang buat mainan tp yg lain tdk tau.Waktu itu shalat isa dlu dan ulat dikantongi stelah selesai shalat mau pulang temen saya mengambil lg ulat yg ada dikantong bajunya Kok terasa agak beda dan keras ulatnya langsung diangkat aja ternyata besi kuning.jd kesimpulanNya kemudian dng diam2ulat td berubah jd wesi kuning.Dan teman sy jd kebal tp dirahasiakan

  60. wong awam

    Ki Wongalus, sy punya benda pusaka tapi tidak tau itu ada isinya apa tidak, benda itu pemberian almarhumah nenek saya, yang katanya juga pemberian neneknya. Bentuknya koin kuningan polos tak bermotif, kegunaannya, kata nenek saya, digunakan sebagai alat kerok-an, supaya sekeluarga senantiasa sehat selalu. Nenek saja juga berpesan supaya benda tersebut juga diturunkan ke keturunan-keturunan saya kelak.
    Yg saya tanyakan, gimana caranya mengetahui benda tersebut ada isinya disamping sudah jelas manfaatnya (sbg alat kerok-an). Trims.

  61. Bagaimana cara mengetahui dan mendapat harta karun, Ki tolong bantu saya, terima kasih..

  62. Abdul jamil bassalam

    Trima kasih atas keterangannya…

  63. mas prap

    para sahabat yang baik,saya hanya mau bertanya ,tentunya sy pun belum begitu paham akan hal ini, Begini sobat…?saya pernah punya satu benda yang katanya namanya itu kitab istombul bertinta emas ,apakah itu memang ada kebenarannya ?selama 18 th saya selalu membawa kemana saya pergi namun saya ga pernah memberi minyak wangi yang katanya itu makanannya,berhubung saya takut salah atau di bilang syirik dsb akhirnya barang tersebut gak pernah di apa-apakan selain saya bawa-bawa dikala saya sedang membutuh kannya.dan akhirnya benda tersebutpun kini hilang entah kemana ,yang ingin saya tau adalah ?apakah benda tersebut hilang karena keteledoran saya atau benda itu benar benar hilang dengan sendirinya?.sebelumnya saya mohon maaf pabila ada kata kata yg kurang berkenan kepada kalian semua ,kiranya sudi tuk memaafkannya .Trimakasih

  64. ki alus, saya mau nanyak, saya puya 3 jenis barang, yg 2 biasa orang menyebut nya mustika, dan yg satu bentuk nya seperti telor puyum ada ukiran dari bawa ke atas, seperti ular, saya dapat karena di kasih seseorang, la yg saya binggung, ni barang gimana cara menditeksi ada nggak ya khodam tsb, dan saya juga sangat hoby bersepiritual, tapi ilmu kurang mumpuni, karna ngak ada guru, mohon petunjuk soal barang tsb, dan sa,at masi kecil saya selalu di kasih oleh orang, atau kakek buyut, seperti keris tumbak dll, tapi saya kurang tau gimana h rus menggunakan nya, dan terus terang saya inggin sekali membantu semua orang dengan kemampuan saya, la yg saya ragukan, apa saya punya itu semua, mohon di bantu, trima kasih

  65. zaenal

    ass,kiwong alus perkenalkn sy pndatang baru.mohon bantuanya sy mempunyai batu sulaiman hasil dr penarikan apakh btu mempuyai khodam dan apa manpaatya?trimakasi sebelumya.

  66. Assalamu’alaikum…!!!

    sebelumnya maaf ki….
    saya tersinggung berat, karena ki mengatakan bahwa semua Tuhan itu sama cuma cara menyembahnya yang berbeda, selaku saya Agama Islam itu sangat bertentangan dalam naluri saya, kalau memang anda menganut Agama Islam coba anda periksa kembali Qur’an Surat Al-Ikhlas.. dan fahami maknanya.. Allah saja kita katakan (satu) kita sudah tergolong kedalam mempersekutukan-Nya.. karena setiap ada satu pasti ada dua dan seterusnya.. tapi Esa.. dan ada sedikit lagi, bagi yang koment-koment tolong “Assalamu”alaikum”_nya jangan di singkat “Ass” karena dalam bahasa Inggris itu maknanya “Pantat”.
    terima kasih..

    wassalam,

    juanda.joe88@yahoo.com

  67. rahmat santoso

    assalamuallaikum,, sy mw nanyak bwt sedulur kwa dulu di ubun2 sya ada sebuah btu htam kecil sekarang ntah kmna krna diambil dan dibwa kakak sya,, yg sya mw tnyakan batu tu berasal dri mana dan kok bisa pdhal sya tdk pernah belajar ilmu goib ato pasang susuk.? Mhon penjelasan’y

  68. alban

    slmat malam ki .
    adakah amalan lain buad mendapatkan sbuah mustika khusus buad agama lain selain agama muslim ki .
    mohon bantuannya ki .

  69. arifardiansyah

    hallo kii saya mimpi saya mendapatkan keris dan bermimpi saya mendapatkan batu
    berwarna merah
    saya melihat jelas keris itu engkok 7 dan berkepala ular di lemari saya baru 2 malam ini saya bermimpi berturut2 seperti itu,nenekk dan kakek saya orang pintar,saya pun di sangka orang pintar karena bisa lihat sesorang mungkin anda mengerti.
    yang saya tanyakan arti mimpi saya??
    kalaupun ada keris kenapa saya tidak mendapatkanya
    tolong balas ke email saya arifardiansyah253@yahoo.co.id

  70. Assalamualaikum Ki…
    saya punya barang yang bentuknya quin berwarna kuning.
    yang bertuliskan nama allah dan muhammad dan di bawah tulisan tsb melambangkan pedang dan di bawah pedang tsb bertuliskan yasin.Gambar di sebelahnya orang yang memegang tombak dengan kedua tangannya dan bertuliskan yasin juga.tempat saya heran, barang tsb selalu menimbulkan aroma yang sangat harum dgn sendirinya,dan terkadang juga aroma tsb hilang dgn sendirinya juga.
    yang pingin saya tanya,nama barang tsb apa,dan kegunaannya untuk apa?jujur saya awam masalah ini. tolong Ki trawang barang saya.
    saya sangat butuh bantuan Ki.
    No.hp: 081916814424

  71. Bendo Bertuah

    Gua Punya BENDA TUMPUL BERTUAH, cara mendeteksi Tuahnya Gampang sekali… cuma butuh Abg yg cantik dan mulus.. lihat baek-baek paha dan dadanya. Si Benda TUmpul tersebut langsung bereaksi… .

  72. Jm T

    Salam sedulur , Mau tanya Ki , Saya sangat susah berkonsentrasi bagaimana caranya yang peraktis untuk berkonstrasi untuk mencapai hal yang dituju , Nuhun !

  73. abu

    ki…. gimana caranya melihat hantu???

  74. Erick

    saya pnx benda trsebut,,ada yang mau beli kah?? saya sudah g bisa merawatx..

  75. dedi

    assalamualaikum ki…
    mohon maaf sebelumnya, saya ingin tanya tentang batu dan moga bisa menjawab dan membantu saya,
    saya punya batu dan pada saat penemuanya terjadi di bulan puasa dan didalam masjid lebih tepatnya di mimbar masjid.
    sudah sekitar 7 tahunan punya batu tersebut tp belum saya jadikan cincin
    kata orang itu adalah kecubung tanah, kecubung wulung, dll
    batunya hitam legam tp jika di beri sinar akan tembus cahaya, tp didalamnya ada semacam gelembung2 kecil
    yang saya ingin tanyakan :
    bisakah saya tau pasti jenis apa batu tersebut,
    bisakah saya jadikan cincin,
    dan apakah ada manfaatnya buat saya,
    makasih jawabanya ki,,

    jika ingin fotonya aki bisa kirim email ke saya..
    taba87kurniawan@gmail.com

  76. EP

    assalamualaikum ..

    mohon maaf saya ingin bertanya tentang barang yg saya temukan . Berwujud seperti kujang dengan pegangan berbentuk wayang . mohon untuk dijabarkan fungsinya .

    matur nuwun .

  77. ratnu

    numpang tny.sy ni wkt d ponpes d ajk salaman kyai,tp ada batuny yg seolah d ksh cuma2 k sy, cm d blangin.klo ska brhias,bs dpke cincin atw liontin.. atw bs skdar d smpan d tmpt yg aman.. ni batu isiny apa y kira2. kcl lonjong.agk bning abu2.prsis wrna kolang kaling.. fungsiny apa ya kira2.

  78. andri alamsyah

    Ass…Wr..Wb…
    Ki…, sy mau tanya,,,
    apa manfaat /kegunaan dari mustika mutiara kerang air tawar, krn sy punya barangnya tp tdk tau apa manfaat/ kegunaannya..
    mohon penjelasannya,,, Trimakasih sebelumnya..

  79. wiseno putro

    Salam sejahtera buat saudara semua. Sy mau bercerita sdkt ki. Entah aq mau bca atau menanggapi ya monggo. Awal ny sy gk ska sekali ma benda2 ghaib. Sy sering meghina dan mengejek. Sampai suatu ketika sy menemukan batu merah siam. Selama beberapa hari menyimpan terasa panas aura ny dan selalu emosi. Jd sy hancurkan btu ny pke palu. Setelah itu sampai sekarang sy pnya 5 btu akik. Yg dimana sy mendapatkan salah satu ny dr pisang emas yg saya tanam. Waktu lg menyiram kok ada batu bening di bwh akarny. Bentuk ny prisma segi enam. Dan getaran ny lbh kerasa dr yg lain. Dr pengalaman sy selama ini sy menyimpulkan apa pun yg kta miliki syukuri dan jagalah baik2, karena segala sesuatu yg terjadi pasti ada hikmah ny dan bkn sebuah kebetulan. BAGI YG PNYA BENDA PUSAKA, TP SDH TDK BERKENAN MERAWAT LG, SY BERSEDIA MERAWAT NY. SY GK BSA MEMBERI MAHAR APA2, YG BSA SY BERIKAN ADALAH NIAT TULUS UNTUK MERAWAT DGN KASIH SAYANG SEPERTI SY SAYANG DGN DIRI SY. SY HNY BSA MENGGANTI ONGKOS KIRIM SJA. BGI SAUDARA YG BERKENAN BSA MENGHUBUNGI LEWAT EMAIL ATAU HP. HAL INI SY LAKUKAN SBG SEDEKAH KARENA SY TELAH MENGHINA DUNIA GHAIB. JD SKRG SY MAU MERAWAT BRG2 DR DUNIA GAIB YG TDK DIRAWAT LG OLEH PEMILIKNY, SBG PERMINTAAN MAAF SY KEPADA ALLAH KARENA SY SDH MENGINA CIPTAAN NY. Ini alama Ea-Mail dan Hp sy. Yg berkenan silahkan hubungi. Terima kasih atas perhatian ny. No hp akn terus aktif selama sy msh hidup di dunia ini selama masih ada yg membutuhkan sy.
    putrowiseno@rocketmail.com
    085766656613

  80. on.errr

    maaf,sblumnya ki aq mau tanya dulu aq prnah di belajarin tmen q soal ilmu kanuragan, dulu aq prnah ,d tbuh q d masukkan yang nama nya khodam dan stlah it aq d sruh tmen q untk mencbanya ,,dan stlah it aq mnerawang aq kyak mlihat sbuah kerta mayat yang d bwa orang brpakaian htam dan d atasnya ad bnga kantil yang banyak,,
    dan mlam it jg aq mlakukan wiritan stlah slesai writan aq mncba untk brksentrasi trs tba2 aq sprti kayak d tabrak atau masuk d dlam tubhq cahaya ptih yg brsnar,, aq mau nanya ap it sebnewrnya………………………….?mksh wassalamualaikum.

  81. ari siswoko

    maaf, gabung ….ke wong alus ,,,,
    mohon tanya klo boleh … ada yang melihat sy .. diraga sy kemasukan khodam macan loreng …
    sebaro badan .. tangan, badan dan kaki ujudnya macan loreng … untuk mengetahuinya bagai mana … matur suwun

  82. dhandy

    permisi ki saya punya buluh perindu beserta minyaknya, dan bila di taruh di taruh di
    atas piring yang ada airnya bisa bergerak seperti cacing. ..
    tapi sampai saat ini saya belom merasakan manfaatnya sebagai pengasihan ..!
    gimana supaya buluh perindunya berfungsi untuk pengasihan ..?

  83. edi supriyanto

    asalamu alaikum wr wbr.ki sy punya azimat untuk ditaruh di dompet apakah azimat itu berguna apa tdk untuk diri sy?selama sy bwa benda itu sy gak merasakan apa2.mengandung kekuatan apa tdk mksh wasalam..by edi s.yanto

  84. Agus

    Kalau batu akik pandan mata kucing mempunyai filosofi apa ki?

  85. Shiip .bagaimana cara mendemonstrasikan benda bertuah .atau nyatur kepadanya.

  86. Askum semuanya,dan salam kenal bagi Admin sendiri.
    Saya joe,Dari jemBer saya Ingin berbagi cerita aja,yah katakanlah buat sharing aja,, buat silahtuhrahmi.
    Oke langsung aja,” kisah ini berawal waktu saya Ke lombok tepatnya Di lombok Timur,Waktu itu saya pulang Dari kerja,biasa dulu saya kerjaannya Di gudang tembakau,karna mungkin terlalu larut ahirnya saya Pulang ke rumah(Kos). Sepanjang perjalanan saya Ke Kos,saya Ngak tau Waktu itu memang sudah sangat gelap,dan di lombok memang Minim Listrik,
    Tepat jam 7malam,saya melintas di jalan Jerowaru(lombok timur) mau ke batuh putih itu desa saya kos, Tiba-Tba ada yang menghentikan laju jalan sepeda saya,waktu itu saya positif aja,saya berfikir mungkin Abis bensin atau sebaliknya businya mati,tapii setelah saya cek,ternyata semua masih normal,dan bensin pun masih ada,tepat dari arah jam 12 saya di kagetkan dengan sosok batu yang begitu terang,dengan warna merah,saya ngak tau menau apa itu,batu itu begitu sangat kecil tapi cahayanya sangatn terang,2xlebih terang dari motor saya,saya dengan rasa percaya diri menghampiri batu tersebut,baru 4langkah saya ke tempat kaki saya serasa kaku tak bisa berjalan mestinya,saya bingung,dan sangat bingung apalagi dengan suasana keruh malam itu,saya sendiri ngak tau tepat di mana saya berhenti tadi.
    tiba2 ada suara yang mengagetkan saya ,yang memecah keheningan itu,terasa sangat jelas dang hangat suara itu di telinga saya suara itu bilang”KAMU KEMBALI Itu BUKAN JALANMU’ saya sentak kaget dan berfikir maksudnya apa???
    Tapi sekali lagi saya memaksakan diri saya,karna rasa ke ingin tahu anku terhadap benda yang sangat terang itu. ahirnya kaki,yang baru saja terdiam tiba2 bisa jalan lagi,perlahan2 saya mendekati tempat tersebut,dengan penuh penasaran yang sangat dalam. tidak lama selang itu ahirnya saya sampai di cahaya itu,saya masih bingung apa yang membuat cahaya itu,saya mencari2 di sekitar tempat.. ALLAHUAKBAR ternyta hanya sebuah batu yang sangat kecil,batu itu di himpit oleh 2 batu,,yang saya sendiri ngak tau batu apa,, dengan penuh kenyakinan saya mengambil,dengan kata2″siapapun yang di sini saya minta ijin untuk mengambil batu itu,” ahinya batu itu bisa di ambil, setelah saya ambil batu itu,Batu itu tidak lagi bercahaya layaknya pertama dia masih di tanah,dia hanya seperti kunang2 cahaya.
    selang dari mengambil batu itu saya balik ke motor saya,dan apa kalian tau??
    tiba2 motor saya hidup lagi,allah huaklam,saya juga mash dalam kebingungan,saya bergegas pulang ke kos saya,setiba pulang ke kos,seperti biasa saya mandi,sholat,tidur..
    saya mengambil lagi batu yang tadi saya ambil dari kantong celana saya, saya melihat2 aja kok bisa dia bercahaya,(Maklum saya Orang Awam) ahirnya mata sudah ngantuk banget,saya langsung ke tempat tidur saya,dan batu itu saya taruh di bawah bantal,maksud saya biar saya ngak lupa, tapi Mimpi itu datang dengan sosok kakek2 tua sekali, dia berkata jika kamu dah siap membawa batu itu kakek mohon anak harus siap dengan segala resiko,saya hanya bisa ngangguk aja,,, karna memang ngak mengerti arti ucapan kakek itu..
    hari itu sudah selesai saya juga menjalani dengan biasa kehidupan saya, sesekali batu itu bercahaya jika ada orang yang sakit,saya berniat melihat sakit apa itu,(—-) dengan dorangan batin,saya masukan batu kecil itu ke gelas,dan saya ambil lagi,, masa allah,saya ngak menyangka orang itu sembuh dengan tidak ada bekas luka atau sakit lagi,, dan sejak saat itu saya menyakini batu ini yang sekarang saya pegang ada gunanya buat orang banyak. dan sampai saat ini.
    makasih mas,sekiranya cerita dari saya,hehe maaf panjang kan memang cerita.. makasih sekali lagi,,, wasalam salam hangat buat kalian.

  87. Nurpermadi Al jawi

    kiwong alus maaf ijin tanya bagaimana cara penggabungan asmak wali songo dg asmak nakaban

  88. Hamba allah

    @mas bambang, maaf lancang mas bam setau saya khodamnya sudah ikut tu sama mas klw soal bisa batunya bercahaya mas duduk aja seperti orang lagi semedi ditempet yang gelap baca ” ya ghaib ” sampai 3000 x tiap malam, bisanya klw khodamnya berwujud binatang apalagi singa auranya biasanya panas. mas mata cincinya diletakkan didepan mas semedi ya. salam rahayu……….

  89. Tuhfa

    salam rahayu…
    Mengenai benda bertuah atau memiliki nilai muatan energi menurut sy itu tergntung bgaimana tata cr kt memaknainya agr tdk terjebak dlm pola brfikir dan kyakinan yg salah (syirik)bukankah syirik adalah bgaimana tata pola fikir dan hati kt menyikapinya (innamal a’malu binniyah)…
    Mohon maaf jika ada slah kt dan mohon koreksinya ki.. Salam pseduluran.. Saking cah paiton probolinggo

  90. pujigojel

    Assallamuallaikum ki wong alus… Sy mau tnya ki… Sya pnya cincin batu akik mata kucing.tp cincinya d taruh d jari sy g masuk.saumpama d ganti emban/rumah cincinya itu berpengaruh g pd khodamnya ap tdk? kalau fungsi batu mata kucing biasanya untk ap y… Sbelum dan sesudahnya ucpkan trimakasih

  91. some one

    assallamuallaikum Ki wong alus…..saya mau tanya ki, beberapa minggu terakhir ini saya “berobat” di suatu tempat dengan seorang Pak Haji (maaf saya tdk bisa menyebutkan namanya), setelah berjalan 2 bulan ini beliau mengatakan ada salah satu benda bertuah/pusakanya yang ingin ikut menjagagai diri saya dan keluarga, dan beliau mengatakan barang ini sangat cocok dengan kebutuhan saya, dan beliau mengatakan untuk mempersiapkan 1 buah kantong merah dan parfum yg sering saya pakai, untuk nilai maharnya beliau menyebutkan angka 10 jt (menurut beliau harga tsb cukup ringan dibandingkan jika orang lain yang membelinya)…….nama barang bertuah adalah “cambuk amarasuli” beliau mempunyai 1 pasang, yang jantan ada ukiran 4 wajah sedang yg betina ada 3 wajah dengan warna barang kuning emas……melihat cerita ini saya bingung Ki, apakah barang ini memang cocok dgn saya atau bagaimana yah??? mohon bantuan informasinya Ki jika tidak keberatan…..terimakasih….
    Jika Aki berkenan memberikan penjelasan mohon di sms ke nomor : 0813-15617007, nanti saya sendiri yang akan langsung menelepon Aki…..terimakasih……

  92. pangky

    apakah khodam itu juga sirik ???

  93. Mbah…
    Saya punya uang sukarno,
    pecahan 1000,_ thn 1964.
    Konon katanya, uang ntu
    brtuah, warna hijau, ada huruf arab nya, tapi…
    Ga bisa melengkung ataw
    menggulung.
    * apkah uang ntu dpt di pake jd benda brtuah…???
    Mohon penjelasan nya….

    * thanxz to mbah aluz,
    dan para sesepuh yg ada

  94. mbo de subur

    sy pny mani gajah peninggaln bpk sy,bgm sy bisa berkomunikasi dg nya? mengingt sy dan suami tdk memahami barang gaib

  95. fere

    mana wong alus’nya kok ndak muncul…he..he”…

  96. Muhammad sabirin

    Assalamualaikum,,, sya cuman mau mnta tolong sama Ki,,kmarin malam sya bermimpi di kasih batu warna kuning ke emasan,,kta orang yang kasih sya jdikan batu itu mata cincin,,langsung sya pergi pasang batu itu untuk di jadikan mata cincin,,arti mimpi itu apa Ki..?

  97. M AULIA LUNAR

    Yth. Ki wong alus
    ki sya aulia pngen di trawang ,apa bnar sya sdah mempux i khodam yg di turun kn oleh ayah sya

  98. imolovery

    Keren,
    Yang penting gk ngusik pandangan yg berbeda beda,,,

  99. andi

    Mikum ki,saya mau nanya,saya punya kerang membatu bertulisan hurup gundul,kasiatnya buat apa yaki?,aturnuhun ki,saya tunggu jawabannya,,salammikum.

  100. Simo

    Salam satu nyali buat ki wong halus.
    Saya mau tnya ki… Saya punya batu sapu jagat.
    Setiap saya memakai ny bdan saya menjadi panas dan terasa mnjdi kuat dan kebal
    Apa kah batu itu cocok/tdak dgn saya ki. Mhn pnjelasn ny..
    Trimaksih…

  101. ki gimana caranya mendektesi batu akik masih ada khodamnya apa nggak???? matr suwun

  102. achmad cakmur

    yth Q wong alus,
    aku mau tanya masalah benda berkhodam,
    saya punya batu mustika kerakatau fungsinya/keguna’anya buat apa aja ya?tolong penjelasanya Q wong alus,,trimakasih.

  103. jamal

    ki saya punya 3 biji batu nih ki tapi gak tau batu apa dan manfaatnya apa ceritanya dulu kan ayah saya pernah bermimpi di temui kakek saya kata kakek saya periksa di bawah pohon itu dan esok nya harinya di periksa ternyata ada 3 biji batu bulat dan kecil dulunya berwarna agak merah sekarang berubah jadi warna agak biru kira kira apa itu ki? kalau aki bisa menerawangkan bisa saya kirim fotonya

  104. klo misalnya benda itu di pakai untuk kebaikan dan tdk mengingkari tuhan saya gimana ki????blh di gunakan tdk???

  105. DAYAT ROXY

    salam hormat buat ki wong alus, sungguh pencerahan yg mendalam, mohon penyelarasan bathin ki, sudah bertahun2 belajar ilmu kebatinan tetapi belum mendapatkan hakikat yg sebenar2nya, mohon bantuannya ki!

  106. ds

    lumayan buat pencerahan

  107. iwan

    Terima kasih ki infonya cukup membantu…

  108. Andre

    asalammualaikum ki.
    saya mau nanya.
    saya selalu merasa diri saya diikuti oleh suatu makhluk atau bahkan lebih.
    dan kata seseorang,yang berpengalaman dalam hal spiritual, ia mengatakan bahwa salah satu diantaranya adalah prabu singo barong yang diturunkan oleh leluhur saya.
    yang ingin saya tanyakan adalah, siapa singo barong tersebut dan bagaimana cara berkomunikasi dengannya agar tercipta hubungan yang baik.
    terimakasih

  109. Hariska saputra

    Loe menarik benda gaib gimana caranya ommm

  110. Ibad Margono

    Assalamu’alaikum sedulur kabeh..
    Mohon ijin gabung ‘ Ki Wong Alus
    Mohon Pencerahan Sedulur kabeh, maklum saya orang bodoh yg tidak mengerti harus bagaimana saya menggunakan dan memanfaatkan benda2 ini :
    1. Pusaka berupa Tombak, 4 bilah keris ( yg 2 bilah di bawa adik saya), yg Insya Allah semuanya adalah sangat tua
    2. Kantong Macan
    3. Batu Intan Hitam (batu kecil tipis bentuk segi -4) yg Insya Allah mempunyai kekuatan bagaikan medan magnit yg sangat besar, menyedot energi apalagi kalau di tempelkan ke benda yg mempunyai energi, benda yg ditempel akan abis dan hilang energinya
    Catatan (NB) :
    Saya tidak paham dan tidak pernah melakukan ritual apapun untuk menarik benda pusaka dan juga apalagi untuk ‘Memahari’ (maaf saya tidak punya biaya untuk Mahar seperti tsb), Benda2 tersebut datang sendiri tanpa saya minta.
    Mohon sedulur sudi memberi pencerahan…. terimakasih sebelumnya
    ( IBAD MARGONO )

  111. askum….. maaf ikut nimbrung slm kenal aja buat semua…. karna kita bersaudara…. karna bagiku kebersamaan itu indah kalau kita bisa berbagi dalam hidup karna ALLAH SWT menciptakan kita ada kelebihan dan kekurangan…. sebenernya saya ga memahami hal2 seperti itu…. tapi semenjak deberi satu batu akik dari pade saya yg asli dari jawa timur(pacitan) batu yg berwarna merah hati semenjak itu saya peka terhadapap dunia mistis…. saya diberi kayu galih kelor … katanya sih… tp saya pegang semata dingin ditangan saya….. saya mau tanya mengapa…saya heran….. om…. mohon seringnya om…. makasih…

  112. wawan hermawan

    Jika saya berkeinginan memiliki batu yang bertuah bagaimana caranya?

  113. Setuju aje..yg penting jangan menyembahnya/tergantung pd benda tsb

  114. Assalamu alaikum
    Dengan ini saya berniat mendaftarkan diri sebagai anggota kampus wong alus,
    Nama : syahwan maarif
    Alamat : jl.trikora sanggeng manokwari papua barat
    No hp : 081355512354
    Wassalam

  115. sahdan

    Mau numpang tanya ki cara mengetahui kuli kebo londoh yg aslu gmnaa dan pa guna nya

  116. gus syahri

    Ki wong alus

    Mau tanya åPª benar kris semar mesem itu hanya boleh qta yang Ʈªů‎​
    Apabila orng tau atau melihat kris itu
    Khodam atau khasiat’a akan hilang bgtu saja

    Salut buat ki wong alus
    Trims

  117. SATRIO WELAS

    amalan segala hajat
    1. AYAT QURSI 1X 2. ALFATIHAN 1X
    3. ANNAS 1X
    4. ALFALAQ 1X
    5. ALIKLAS 1X
    6. HAWQALLAH 3X
    DEMI ALLOH, DEMI ROSULULLOH.. (hajat kita)

  118. Ass KWA sya dpt amnah klo dirmh sya tu ada sjnis batu brwarna mrah mda ! Yg sya tanyankan gmna cra pengambilan batu tersbut. Mhon dksih tata cara lakunya ! Wallaikmslam wr wb!

  119. syarip

    asalamualaikum. sy mau pengasian supaya orng bs welas asih sm sy terutama wanita mhn petunjuk gmn cara nya mksh wslm..?

  120. Info ini saangat bermanfaat bagi kita..terimakasih ki

  121. adam

    Ass.
    Percaya kok sama yang begituan, mendingan sholat dan banyak” berdoa kalian itu bentar lagi mau kiamat, kekuatan ALLAH SWT tidak ada tandingannya !!

  122. brian adithia

    Yth.ki
    Saya mau tanya kan baru baru ini saya membeli semar kuning…bagaimna cara mendeteksi ada atau ngganya isi di benda itu…terima kasih…harap balasannya

  123. khayath

    permisi ki,,saya mau tanya nih,;seminggu yg lalu istri saya mimpi dr perutnya keluar batu sebesar telor berwatna hijau,,
    eh siang nya pas lg nyapu istri saya menemukan batu yg di alam mimpi,,gmn tuh ki,,kira” apa ya khasiatnya,atas jwbnya terima kasih

  124. khayath

    klo bisa bls k email saya aja ki,,terima kasih

  125. rizki

    aslkm ki.sy rizki .sy mau bertanya tentang mimpi yg sy alami.suatu hari sy pernah bermimpi bertemu sunan kali jaga di suatu tempat seperti padepokan, sy mencium tangan beliau .dan beliau berkata .BANYAK BANYAKLAH BERBUAT BAIK KEPADA ORANG LAIN ..LALU SY TER BANGUN… DAN suatu hari lg sy bermimpi bertemu dengan pangerang wijaya kusuma. belia berkata jangan takut nak.aku akan selalu berada di belakangmu.

  126. Assalamualaikum. Wr. Wb. … maaf sedulur KWA,,,,, saya mau nanya semalem saya mimpi memakan minyak misik hitam yang masih mentah(masih berbentuk krisal pasir menggumpal) yang disimpan oleh ayah saya,,,,, ….. pertanyaan saya apakah itu sbuah kewajaran(mimpi biasa) atau apa?? sebab saya pernah melakoni puasa mutih+matigeni “ibnu alwan” yang saya dapat dari paman saya , tapi itu dulu sudah 3 tahun lebih,,,,,,,
    ,,, dan saya juga pernah di isi oleh Kiai “perlindungan diri” dan saya juga pernah di isi pengasihan dengan meminum “inten” oleh orang pintar (dari jawatengah) dari paman saya yang lainya ,,,,, terimakasih sebelumnya,,,, Wassalam,,,

    alwan-cirebon

  127. Salam sejah tera guru besar wong alus
    Maaf yai pa benar sya memiliki kebatinan tinggi yg d katakn pra dukun. Yg sya datangi ma temen ?memang sering sya menemukan batu cincin bahkan sering jga d kasih …tolong yai sya d terawang dn gmn cara mempertajm kalau sekarang ak lgi kerja d masjidilharom mksh***,***

  128. rizk

    wong alusnya kemana nih hehe

  129. Kerenn :)

  130. didi

    Nyimak aja deh.

  131. didi

    Klo masalah gaib sih gak ngerti belas. Cuma denger dari apa kata, orang. Mo gak percaya emang ada, mo percaya juga gak bisa ngebuktiin. Suka2, takut aja klo mendalami. Ntar salah jalan bisa edan katanya. Nah tuh yg nakutin….

  132. Salam hormat semuany
    hay saudraku semua, jangan terll tinggi dgn halusinasi masalah goib.
    Nnti stressssssssssssssssss
    mnding gni z smbil nonton tv nyiapin kopi+ roti enakan?????
    Eh trs nmx goib past ad.klw mnrt kita ykin zimat msalny dgn izin allah bs bermnfaat kita rawat bkan untuk dpublikasikan.
    Setau aku orang awam bodoh; sihhh maaf sdulur …..tp ada 1 yang aku tnyakan pd sedulur kawa kiyai semua, gmn supaya saya dekat dgn rabbku, dan lisan akal fikiranku bisa brucap ya rabbku dgn iklas krn selm ini dunia yg mngturku n sy ingin hdup yng sebnarny miftahanyfacebook@gmail.com 082306969647

  133. Tp bwt yg senior kawa atau ssepuh misalny apapun bntuk materi yg dpublikasikan hal yng wajar karena merka semua mmg udah tw dgn masalah goib or mata batin ttg hal gtuan.tp klw org yg gx tw awam kyak aku mnding diem klw udah ykin selesai urusanny.drwat dngn baik.gtuuuuuuu sobattt
    malemmmm all

  134. fransisca

    Selamat siang, sya mau tny, suami saya sangat suka mengendarai mobilnya bahkan ketika mobil tersebut menabrak sesuati di jalan yang disalahin adalah org lain dan dia rela memukuli org2 disekitarnya untuk membela itu mobuil.. Saya pny firasat mobil itu bertuah, lewat mata batin sya bgitu krn dia marah dg sangat tdk wajar tetapi saya tdk tau bentuknya apa? Mohon diberi penjelasan, apa yg hrs sya lakukan trimakasih

  135. Kapal Api

    salam rahayu @mb fransisca
    maaf klu bs mobil yg baru dibeli kita mandikan dahulu dg air plus bunga tidak lain harapanya smg mobil tsb memberi berkah bagi pemakainya

    utk kasus ini tolg sediakan air seember+garam kasar kristal lalu diasmak/dibacakan doa apasaja utk menetralisir energi negatif yg ada dimobil lalu tiup dan siram kemobil+ban biarkan kering sendiri lalu kasih parfum non alkhohol dikit saja di kap mobil

    terimakasih smg berkah adanya

  136. Mbah Kapal Api: cocok

  137. putra

    Aslmkm ki sy mau tnya,bagaimana cara menarik kembali kodam yg ada pd diri sy ki.terimaksih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: