BERLATIH ILMU NGRAGA SUKMA


tari

Ini ilmu para leluhur Jawa yang sangat luar biasa. Dengan ilmu ini, diri kita bisa lepas bebas kemana yang kita inginkan. Kita bisa berjalan-jalan ke Mekkah untuk melaksanakan naik haji, kita bisa juga berjalan-jalan ke India untuk menyapa para yogi, atau berjalan-jalan ke Tibet untuk bertemu Dalai Lama.

Para leluhur orang Jawa sadar benar bahwa manusia memiliki potensi tersembunyi yang bila dioptimalkan akan mendatangkan manfaat bagi hidupnya. Mereka sadar, manusia sudah memiliki kelengkapan software untuk hidup dalam berbagai dimensi baik fisik maupun metafisik. Para leluhur dulu tidak hanya membaca “kitab garing” yang berbentuk kitab-kitab kuno yang ditulis di kertas atau yang dipahat di batu-batuan atau di daun-daun lontar.

Salah satu bukti kehebatan para leluhur ini adalah tersebarnya Candi-candi. Candi adalah bangunan dari batu kali yang dibuat dengan ketepatan ukuran geometri yang tiada banding jaman itu. Masing-masing batu disusun dengan presisi yang tinggi sehingga tidak ada yang penceng sambungannya. Selain kehebatan fisik, pada candi kita bisa belajar filsafat hidup yang dahsyat hasil olah rasa/olah batin yang gentur mencari ilmu sangkan paraning dumadi demi kesempurnaan hidup.

Tanpa ilmu matematika, ilmu fisika, ilmu arsitektur dan ilmu sastra, ilmu sejarah, ilmu kebatinan, mustahil mereka mampu membuat bangunan yang begitu tinggi nilai historisnya itu. Borobudur, Prambanan, Boko, Cetho, Panataran, Dieng, Gedong Songo dan masih banyak lagi candi yang tersebar di seantero nusantara. Mereka adalah bukti fisik yang tidak bisa dibantah.

Selain itu, banyaknya kitab-kitab kuno membuktikan bahwa tradisi berilmu pengetahuan juga tumbuh subur di Jawa. Serat Purwakanda, Serat Pulo Kencana, Serat Panji Asmara Bangun, Serat Nagri Ngurawan, Serat Tawang Gantungan, Serat Niti Praja, Serat Waskithaning Nala, Serat Paniti Sastra, Serat Pamrayoga Utama, Serat Nirata Praketa, Serat Kridhamaya, Serat Niti Sruti, Serat Arjuna Wiwaha, Serat Tripama, dan masih banyak lagi serat lain adalah bukti yang cetho welo-welo.

Dari sekian banyak bab di dalam khasanah ilmu kebatinan, ada satu ilmu yang sangat menarik dan menjadi bukti keunggulan olah rasa/batin dan olah spiritual tingkat tinggi para leluhur Jawa. Ilmu ini disebut dengan NGRAGA SUKMA. Entah siapa pencipta ilmu ini. Yang jelas, ilmu ini sudah umum dimiliki oleh para waskita dan winasis untuk berbagai kemanfaatan dalam mengarungi perjalanan hidup mencapai kesempurnaan yang penuh misteri ini.

NGRAGA SUKMA adalah ilmu yang mampu mengeluarkan sukma dari tubuh. Dengan NGRAGA SUKMA, seseorang yang sedang duduk di sebuah rumah di Jakarta, akan mampu menampakkan diri di sebuah tempat yang jauh sekalipun seperti Washington DC Amerika Serikat. Belakangan di era Modern, orang Barat menyebut fenomena ini dengan OUT OF BODY EXPERIENCE (OBE) atau pengalaman keluar tubuh fisik. Di Barat, fenomena OBE ini bahkan dijadikan latihan terbuka dan banyak orang yang akhirnya mampu sampai ke tahap OBE ini.

Seorang teman dekat saya sudah sangat terbiasa untuk mempraktikkan ilmu Ngraga Sukma ini hingga dia bisa berjalan-jalan ke tempat yang lain. Suatu hari, dia duduk di dekat saya sambil merem leyeh-leyeh dan saat terbangun dia pun mengatakan telah berkunjung ke Cina. Dia mampu menceriterakan seara detail apa yang baru saja dialaminya, termasuk bertemu dengan orang-orang dan kemudian kembali ke tempat kami semula. Inilah Ngraga Sukma.

Bagaimana ilmu Ngraga Sukma ini dijelaskan secara ilmiah? Mari kita bedah satu persatu wacana JIWA MANUSIA.

1. JIWA AMARAH

Dalam ilmu kebatinan Jawa, kita mengenal adanya nafas/nafs/ambekan. Nafas ini merupakan bagian inti dari Jiwa dan nafas terkait dengan batin kita. Semua mahluk hidup perlu respirasi atau bernafas yaitu menghiup oksigen dan diekspor ke paru-paru/insang. Oksigen dibutuhkan oleh setiap sel tubuh yang ingin hidup. Tanpa oksigen, sel tubuh akan lemas dan mati. Oksigen dibutuhkan untuk proses pembakaran, sehingga sel di dalam tubuh mendapat energi baru.

Pengendali jalannya nafas adalah JIWA AMARAH/NAFS AL AMARAH. (bukan marah dalam arti nesu, mangkel, atau marah..ini hanya nama). Jiwa Amarah bertugas untuk mengoperasikan jalannya nafas manusia mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Bila jiwa ini berhenti maka manusia akan mengalami kematian. Selama belum putus meskipun nafasnya sudaha berhenti maka manusia masih tetap hidup. Nah, ada satu lagi yang perlu kita ketahui saat membicarakan JIWA AMARAH ini adalaha yang kita kenal dengan PRANA/PREMANA yang berkaitan dengan DAYA HIDUP. PRANA ibarat ARUS LISTRIK sementara JIWA AMARAH ibarat kawat.

2. JIWA LAWWAMAH
Berada di dalam tubuh manusia yang lebih dalam dan halus dari JIWA AMARAH dan jiwa lawwamah ini berada di alam eterik. Jiwa lawwamah bisa keluar masuk tubuh baik saat sadar maupun saat tertidur tanpa ada hambatan apapun. Saat kita tidur, kita bermimpi bertemu dengan seseorang maka jiwa lawwamah kitalah yang tertemu dengan orang tersebut. Namun bila kita tiba-tiba terjaga, maka dengan cepat pula jiwa masuk lagi ke tubuh.

Kita sering bermimpi mengembara ke sebuah tempat yang belum pernah kita datangi sebelumnya, ini berarti jiwa kita berjalan-jalan mengembara ke tempat yang asing. Ya, jiwa kita tidak terikat ruang dimanapun dan kapanpun. Itu sebabnya, bila kita bermimpi bertemu dengan para Nabi, itu berarti kita memng sungguh-sungguh bertemu dengan para nabi pula. Bagaimana dengan waktu? Nah, jiwa kita tetap terikat waktu saat mimpi tersebut.

Sistem kerjanya jiwa Lawwamah adalah ibarat tape recorder yang merekam kejadian di depan kita secar otomatis dan digerakkan oleh alam bawah sadar (subconscious mind). Yang perlu diperhatikan adalah pada Jiwa inilah daerah operasi niat jahat manusia. Watak Iblis pada diri manusia juga tumbuh subur pada jiwa ini.

Bila kita berlatih untuk berkomunikasi dengan ruh orang meninggal dan saat itu kita bertemu dengan wujud fisik orang meninggal tersebut, maka kita sebenarnya sedang bertemu dengan jiwa Lawwamah-nya. Jiwa ini masih terikat dengan keberadaan fisik bumi kita. Bagaikan embun, jiwa ini melayang-layang di dekat permukaan tanah. Oleh karena itu bila orang meninggal, maka jiwa ini harus disempurnakan.

DALAM PROSESI KEMATIAN YANG SEMPURNA, SEMUA JIWA HARUS BISA MENEMBUS ALAM BARZAKH/ALAM KELANGGENGAN. ADANYA JIWA YANG MASIH MEMILIKI KEMELEKATAN DENGAN BUMI KARENA SUATU PERKARA, MAKA JIWA MANUSIA MASIH BERPUTAR-PUTAR DI BUMI. ORANG-ORANG MENYEBUTNYA HANTU, PADAHAL ITU ADALAH JIWA ORANG YANG MENINGGAL YANG BELUM SEMPURNA.

Nah, ilmu Ngraga Sukma bekerja di tingkat JIWA LAWWAMAH ini. Bagaimana membangkitkan kemampuan Ngraga Sukma hingga jiwa lawwamah mampu keluar dari tubuh? Caranya adalah latihan. Ada tiga tahap latihan:

LATIHAN PERTAMA : PERCOBAAN
Belajarlah untuk mengalami tidur dengan merencanakan mimpi apa yang sekiranya Anda pandang menarik. Banyak cara, salah satunya merekam banyak kejadian sebelum tidur dan mengucapkan NIAT UNTUK BERTEMU SI A, ATAU NIAT BERKELANA KE SEBUAH TEMPAT…
Latihan berulang-ulang hingga benar-benar mampu mengarahkan mimpi. Jiwa Lawwamah yang sudah terlatih bisa diajak kemanapun yang diinginkan. Rapalnya baca sebagai berikut:

MELAYANG AKU
JIWAKU YANG BERADA DI TANGANMU, GUSTI
MENGEMBARA MENEMBUS RUANGMU
AKU INGIN KE ….. (sebutkan tempat yang ingin dituju)
BERTEMU DENGAN ………. (sebutkan nama orang yang ingin ditemui)
ATAS IJINMU!!!

LATIHAN KEDUA: PENGUJIAN
Ujilah apa yang Anda alami. Bertanyalah via telpon terhadap mimpi apa yang sudah Anda alami kepada si A. Bila sudah terlatih, apa yang ada dalam mimpi akan persis sama dengan kenyataan.

LATIHAN KETIGA: PEMBUKTIAN
Ujilah berkali kali apa yang Anda alami. Bila sudah terlatih, Anda bisa menggunakan ketrampilan untuk melakukan Ngraga Sukma ini tidak hanya saat bermimpi namun saat Anda terjaga sesuai dengan kehendak hati. Tentu saja harus dibimbing dengan kebijaksanaan. Sebab kemampuan ini meskipun hasil latihan namun pasti merupakan kesempatan yang diberikan Tuhan Yang Satu.

3. JIWA MULHAMAH
Jiwa yang berada lebih dalam dan halus dari JIWA LAWWAMAH. Jiwa Mulhammah adalah alat sensor metafisik yang sangat bagus untuk menerima petunjuk-petunjuk dari Tuhan. Jiwa Mulhamah ada di alam astral, suatu lapisan alam yang lebih halus dari pada alam eterik. Pada saat tertidur, jiwa Lawwamah dan Mulhamah ini bisa keluar secara otomatis tersamaan dan akibatnya mimpi pun jadi campur aduk dan kacau. Sebab masing-masing ditangkap dengan pikiran sadar dalam bentuk kesan yang berbeda. Saat tertidur, mimpi yang kita alami kadang tiak nyambung dan berbeda tema/topik. Ini akibat bercampur aduknya dua jiwa.

BILA JIWA LAWWAMAH CENDERUNG KEPADA MASA KINI, MAKA JIWA MULHAMAH LEBIH CENDERUNG UNTUK MENGENANG MASA LALU.

Ini dikarenakan Jiwa Mulhamah merupaka gudang ingatan kita seluruh kejadian tanpa dibatasi waktu. Jiwa ini juga merupakan tempat yang subur bagi jiwa yang haus nilai-nilai spiritualitas. Pikiran sadar merupakan operasi jiwa ini dan jiwa ini adalah tempat pertimbangan baik buruk benar salah. Dalam hubungannya dengan dunia fisik, jiwa ini erat kaitannya dengan “Qalbu” dan erat kaitannya dengan pengendalian emosi.

DALAM PROSESI KEMATIAN YANG SEMPURNA, SEMUA JIWA HARUS BISA MENEMBUS ALAM BARZAKH/ALAM KELANGGENGAN. JIWA MULHAMAH YANG ADA DI ALAM ASTRAL PUN HARUS DISEMPURNAKAN KARENA JIKA BELUM DISEMPURNAKAN, MAKA DORONGAN UNTUK HADIR KEMBALI KE BUMI MASIH TINGGI.

4. JIWA MUTHMAINAH
Tenang seperti teratai adalah sifat JIWA MUTHMAINAH. Keberadaannya murni di alam mental, alam transisi antara dunia astral dan spiritual. Jiwa ini sudah terbebaskan dari ruang dan waktu. Mampu menembus langit manapun hingga bertemu dengan kebenaran tertinggi yang mampu dicapai oleh manusia. Jiwa ini mampu berkelana baik ke masa lalu dan ke masa depan. Bila menembus ke masa depan, maka orang bisa melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Kemampuan ini disebut juga dengan CLAIRVOYANCE yaitu melihat obyek di luar jangkauan mata fisik dan juga mampu CLAIRAUDENCE yaitu mendengar suara di luar jangkauan telinga.

Kemampuan ini ada yang memang bakat sejak lahir dan ada pula yang optimal karena dilatih. Waktu bagi jiwa Muthmainah adalah kesatuan masa lalu, masa kini, dan masa depan dan mampu menembus berbagai alam gaib dimensi bumi bahkan hingga alam malakut. MSKIPUN JIWA INI BERADA DI ALAM KETENANGAN DAN KEDAMAIAN MEDITATIF NAMUN IA TETAP NAFS YANG MASIH PUNYA KEINGINAN SEHINGGA MASIH PUNYA CELAH UNTUK KEMBALI KE BUMI. SEHINGGA SAAT ORANG MENINGGAL PUN JIWA MUTHMAINAH INI HARUS SEMPURNA.

(wongalus)

About these ads
Categories: ILMU NGRAGA SUKMA | Tags: , , , | 89 Komentar

Navigasi tulisan

89 gagasan untuk “BERLATIH ILMU NGRAGA SUKMA

  1. kayaknya ilmu ngraga itu ada di serat wedhatama winardi karangan sujono rejo kalo gak salah cuplikannya “saben nendra saking wisma lelana ing laladan sepi…” kira2 artinya setiap ruh keluar dari tubuh dan berkelana dikeheningan……………….

    wah panjenengan biasa ngrogo sukmo ya ki….ampuh tenan….kalo saya hanya secara tak sengaja turu eling aja….ceritain ki pengalaman panjenengan….nuwun

  2. Yth Ki Mastono, lha saya ini wong cubluk tenan yang nggak bisa apa-apa ki. Cuman pengen sedikit nulis saja apa yang terlintas di kepala berdasarkan secuil pengalaman. Apalagi saya belum baca karya-karya Jawa sebagaimana pangracutan Sultan Agung yang panjenengan kupas… jadi teknis ngraga sukma versi wong alus mungkin sangat beda dan sangat sederhana ki. Banyak pembaca, dan saya yakin ki Mastono juga sering mengalami ngraga sukma ini. Mungkin terstruktur namun mungkin juga acak. Nah, karena faktanya sukma kita susah dilepas dari jaad fisik maka kita latihan sedikit demi sedikit. Sehingga sekarang dengan susah juga akhirnya bisa mengendalikan lepasnya sukma. Nikmat banget… bisa bertemu gadis-gadis cantik kayak kemaren bertemu idola di kantor dan mojok di kamar… ndableg nya keluar nih hehe…ayo ki, pengalaman panjenengan saya tunggu di sini!!

  3. Kris

    Mumpung jebeng siro masih urip, nyatakno ywa kandek ing carito, karben wruh rupo lan rasane, rasakno urip iku, wani mati sakjroning urip, lamun biso mangkono, kinasih Hyang Agung, biso bali asal iro, urip iku langgeng tan kenaning pati, ing ndunio tumaking akherat. Tembang Dandang gulo ini adalah pertanda bahwa leluhur kita berceritra hidup dan kematian adalah ilmu nyata dan ilmiah, tentu bisa dinyatakan. Namun jaman modrn dg teknologinya yg dicapainya manusia terlena dan spt Mas Wong alus sampaikan krn dikuasai oleh pikiranlah tidak mudah mencapai ilmu ngraga sukma tsb.

  4. Sepakat dg panjenengan Mas Kris. Akal pikiran, dan keinginan akan materi yang tidak terkendali oleh jiwa mutmainah akan membuat selubung diri sejati semakin tebal. Itu sebabnya dalam berbagai tradisi kita diminta untuk meditasi, meneng yang sehening-heningnya, maladihening sekhusyuk-khusyuknya sampai taraf paling dalam. Sebagaimana sunan kalijaga masuk ke khidir, bimasena masuk ke telinga dewaruci, musa yang tersungkur ekstase bertemu dengan Gusti di bukit Thursina. Ngraga sukma sebenarnya masih berada di traf kesadaran jasad/fisik yang bisa diteliti karena merupakan gejala psikologi dan sedikit materialisasi akibat kuatnya jiwa untuk melekat di bumi.

    Hmm… kita yang setiap hari disibukkan dengan urusan material, jalan ke mall melihat barang elektronik baru lantas ingin memiliki, melihat wanita cantik lantas pengen beristri (lagi), pengen harta, pangkat, derajat, kekuasaan, dll… jangankan ngraga sukma, ngraga akal saja pasti kebingunan dan gagal. Nuwun mas.

  5. Ngabehi

    Wah Ki, saya sampai dua kali ke daleme Ki Sabda,penjenengan tidak mampir, pengen banget lho ketemu sampeyan.

  6. Ngapunten ki, saya harus oncat saat itu dr mertua di kotagede ke ortu di gng lawu je… sak janipun kulo njih pengen sanget bertemu panjenengan… tapi kahanan ki. Mugi lain waktu kita bisa kangen2an. Nuwun.

  7. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    Baru jalan jalan dan keliling lagi..

    salam sayang

  8. Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
    Malam penghujung hari yang indah ini
    Genderang Perang sudah di tabuh.
    Pekik Kemenangan dikumandangkan
    Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
    Suara Riang Gembira berkeliling kota
    Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama
    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”
    Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih
    Tiada kata yang terungkap lagi
    Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Dari :
    ” Kang Boed Sekeluarga “
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  9. KangBoed

    mudah mudahan semangat lebaran.. semangat persahabatan dalam CINTA dan KASIH SAYANG terus melekat di hati kita semua.. dan bertumbuh kembang membangun kembali kepribadian bangsa yang ramah dan penuh CINTA
    salam sayang untukmu saudaraku

  10. KangBoed

    meraga SUKMA.. ada yang terbang hanya bayangannya saja.. sehingga jika menemui bahaya langsung mencelot masuk lagi dan ada yang disertai dengan kekuatan bahkan dipersenjatai pusaka.. sehingga bisa bertarung dengan gagahnya di sana yaaaak..
    salam sayang

  11. Buat Saudaraku Kang Boed, lama tak jumpa… rasanya kangen untuk saling kasih komen plus canda riang sesama hamba_Nya. Gabung laginya Kang Boed semakin menambah semarak dan renyah suasana lho. Di sela suasana bahagia itu, kita juga belajar saling mengisi batin kita dengan persinggungan rasa yang tulus penuh kasih. Khusus tentang meraga sukma seperti pendekar silat, lha saya yang harus berguru pada Kang Boed yang konon menguasai ilmu macannya prabu siliwangi dari tanah pajajaran… ayo kang boed, beber ilmu kanuragannya di sini biar kita bisa belajar bersama… terima kasih… Salam sayang!!!

  12. Pamuji rahayu,

    nuwun sewu Ki…,dah sementara waktu saya amblas bumi dari dunia maya.., belum sempat tengok paseban kadhang kang kinasih Ki Wong Alus ingkang prayitno.. tatag tanggon lan waskitha.., mugya panjenengan tansah medar terus kawruhipun .. sehingga para sanak disini bisa belajar dan nyantrik ya Ki.. termasuk saya …., nuninjih Ki… ngraga sukma…. sesuatu gegayuhan kang bisa menambah khasanah pengetahuan tentang betapa banyaknya misteri dunia juga manusia, untuk bisa lebih mencari tahu.. dengan kehendak Sang Jagad Nata…, yang selalu ingin dicari bagi para pencari dan pejalan.., dan akhirnya… bisa menemukan suwung, hakekat sebagai manusia untuk bisa mengetahui sangkan paraning dumadi.. sehingga tidak hanya stagnan pada apa yang diajarkan dan dibaca… karena sesungguhnya budaya dan ajaran leluhur mengajak kita untuk mengetahui yang sesungguhnya. dengan cara laku, nglakoni.. perihatin..,tirakat.., berkelana dilaladan sepi…, heneng…, dan akhirnya bisa tapa ngrame…, nyuwun gunging pangaksami Ki… mbok bilih atur kawulo mboten mrenani penggalih panjenengan dan para kadhang ingkang dahat luhuring budhi.., mohon maklum namung gunem catur. mugya sageda ngapurani..,
    matur sembah nuwun
    rahayu..,

  13. salam sihkatresnan Ki..,

  14. wah ki ati2 kalo mojok ntar konangan sama bu Alus bisa repot….hihihihihi……tapi kalo pengalaman pribadi saya sendiri sih turu eling gak berlangsung lama seperti pengalaman ki ngabehi…biasanya kalo kita sudah menyadari kalo ini hanya mimpi maka penglihatan di mimpi akan terlihat semakin nyata dan karena sempitnya waktu maka untuk membayangkan yg macem2 agar terjadi di mimpi belum sempat terjadi sudah bangun, walaupun kadang berhasil juga heheheheheh….tapi yg terpenting bukan itu, kalo bisa kita bersaksi “sesungguhnya tidak ada apa2 kecuali yg berkata” seperti kata pak damar dan ini hanya yaaa sedikit2 sudah pernah saya alami walaupun masih ada apa2 juga hihihi, kalo sekarang malah saya jarang ngalami turu eling mungkin karena kondisi batin saya yg sedang kacau atau apa……….

    o ya ki, mungkin salah satu trik untuk bisa turu eling disengaja dengan cara berendam di air se dada hingga tertidur, nanti tidur kita akan ingat….tapi saya blom pernah nyoba…………..nuwun

  15. Yth Ki Hadi Wirojati, panjenengan lah guru laku, ki… kalau suatu saat kita diberi kesempatan Gusti, kulo kedah berguru kalihan panjenengan lho ki. Nuwun…

    Yth Ki Mastono, hehe… panjenengan itu bisa saja. Nyi alus sudah lebih dulu punya ilmu ngraga sukma ki, jadi tidak perlu khawatir soalnya sama-sama jalan-jalan sesuai keinginannya sendiri-sendiri hehe… nuwun ki tambahan ilmu-nya. Yang benar memang yang arahnya ke makrifatullah. Kapan-kapan bisa dicoba saran panjenengan untuk berendam itu. Siapa tahu lebih efektif.. Nuwun ki.

    Rahayu. Salam sih katresnan!!!

  16. Ngabehi

    Liburan dikampung kemarin juga dapat pengalaman lucu, waktu saya mapan turu tiba2 badan ndak bisa digerakin sama sekali, lha langsung inget mudah2an bisa ngrogo sukmo walau baru ajar, ters kreket2 badan astral keluar dari fisik, lho keluarnya kok masih kasar banget seperti orang baru latihan nyetir, baru beberapa menit saya berputar2 di ruangan rumah, saya jadi ketakutan lha tiba2 banyak orang halus pating sliwer, perasaat tidak pd itu tiba2 membuat saya secepat kilat tersedot kedalam tubuh saya, mak plass. Opo ini yang dinamakan turu eling seperti komen mas tono ya ki? Pada hal ketika bertemu kejadian seperti itu, saya ndak pernah mbatin2 sebelumnya je. Nyuwun wedaranipun.
    rahayu.

  17. @ ki ngabehi

    wah panjenengan beruntung ki bisa ngrogo sukmo secara tidak sengaja, memang kalo takut biasanya langsung tersedot balik lagi ke badan…katanya lho….tapi kalo turu eling yg saya maksud itu kita sadar kalo kita sedang mimpi lalu kita bisa membuat atau menciptakan kondisi mimpi sesuai dengan keinginan kita, kalau kita pingin wanita cantik tinggal membayangin wanita cantik aja langsung terwujud, pernah juga ki saya waktu sadar kalo itu mimpi langsung saya mbayangin meteor guede banget jatuh menimpa saya biar dapet rejeki nomplok…kan katanya mimpi kejatuhan benda besar itu bertanda rejeki nomplok…tapi sebelum meteor itu terwujud saya malah takut sendiri, mungkin belum saatnya saya kaya ….hihihihihi…hanya pikiran wong ndableg seperti saya ini yg pingin aneh2……yg bagus adalah kita merencanakan sesuatu di turu eling kita untuk kita kerjakan esok paginya maka begitu kita bangun akan terasa perubahan yg luar biasa….sepertinya ini sudah diteliti oleh ilmuwan2 barat….oya malah sekarang saya ndak pernah tindihen lagi ki…mungkin kalo direncana malah ndak berhasil heheheheheheh

  18. wong samar

    Rahayu katur sedoyo Wong Agung (Den Mastono,Ki Wong Alus,Mas Kris,Mas Ngabehi, Kang Boed, Mas Hadi Wirojati ), mugi kerso paring kawelasan, paring pituduh margi dumateng kawulo ingkang wonten margi lepat, sahenggo kawulo ugi saget ngraosaken enak lan kepenak nggayuh ayem tentrem, saget weruh lan ruh kahanan, saget mangertosi sejatining urip lan urip kang sejati, ugi nyuwun tuntunan bab mati sajroning urip, Kawulo inggih dereng mangertosi sedoyo wau, Nyuwun pitedah, Mugi Panjenengan sami kerso paring kawelasan.Nuwun

  19. wongalus

    Mati Sajroning Urip ada makna filosofis dan ada makna biologisnya. Makna biologisnya adalah merasakan kematian jasad/fisik kita dengan meditasi/maladihening/meneng yang sedalam-dalamnya… hingga biolistrik di otak kita tidak terbaca oleh alat pengkur gelombang otak (EEG). Yaitu saat kita memasuki kesadaran ruh. Di sanalah diri sejati bersemayam. Adapun makna filosofisnya, yaitu merasakan ketiadaan eksistensi “aku” untuk merasakan “AKU’-NYA GUSTI. Nuwun mas, salam sih katresnan…

  20. raabihsabar

    bener tulisannya . . .dalem bade mencoba . . .untuk bisa berkelana kelliling dunia . . .nyuwun pangestunipun mawon . . .

  21. iyan

    ki saya pengen sekali bisa ngraga sukma kalau boleh saya minta alamat nya kalau ki ada waktu saya ingin sekali bertemu

  22. tommy_sasmita

    Nuwun sewu bade tanglet KI…
    gimana caranya memelihara / manjaga tetap sadar saat rogoh sukma?
    soalnya saat kluar bandan wadag saat kesadaran di fase thete/gama ya? cenderung tertidur
    beberapa kali saya pernah merasakan sensasi ini, bisa liat badan wadag sendiri.
    nah saat kluar dr badan wadag… bagaimana mengendalikan sepenuhnya..
    misal untuk menerawang / berkunjung ke suatu tempat..
    nuwun.

    Trus untuk bertemu guru sejati apakah melalui fase rogoh sukma juga ki?
    apa gimana?

  23. rahayu.3x sagung dumadi
    mantap ki pengalaman panjenengan,doakan saya bisa
    mengalami pengalaman kayak KI WONG ALUS.
    Matorsembah nuwon.Dungo di dungo

  24. Faizal Angga

    Assalamu;alaikum
    Permisi Ki, mohon diterawangkan tentang teman saya Candra Budi Kusuma.
    Ditunggu balasannya.

  25. panjani

    ki ane mw nnya neh……??
    klo ngraga sukma bisa gx di lakukan di tmpat yg ramai….??!!
    oia sblum’y slm knl neh dr ane panjani

  26. Yth sdr raabihsabar: Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

    Yth sdr Tomy sasmita: menjaga kesadaran jiwa dengan cara laku tirakat. Ya, meraga sukma awalnya mengenal guru sejati.

    Yth mas Kopo: dongo dinongo terus lho mas!

    Yth sdr Angga: diterawang apanya mas?

    Yth sdr Panjani: di semua tempat bisa asal sudah mahir.

    Terima kasih kpd semua sedulur. Terima kasih pula kepada Gusti Allah.

  27. semoga komunikasi ini tidak hanya lewat dunia maya..semoga komunikasi ini juga dapat di alam nyata..sebagai bentuk seduluran..semoga kita semua dalam naungannya.wassalam

  28. Donie

    Terima kasih atas artikel yang sangat menarik ini, Ki. Saya benar2 tertarik membacanya.
    Apa 4 jiwa di atas adalah yang dimaksud sedulur abang, ireng, putih, kuning (sesuai urutan nomer di atas) ?

  29. @mas kopo: manur nuwon. kapan-kapan para sedulur monggo kopi darat bareng.
    @Donie: saya kurang begitu paham. trims.

  30. @sdr..: amalan meraga sukma sangat sederhana: Sebelum tidur niatkan dalam hati untuk meraga sukma bisa ditambah dengan membaca mantra,… terserah menggunakan mantra apa… lalu tidurlah. Sukma akan lepas dari raga dan kendalikan sukma tersebut untuk menuju kemana yang anda inginkan. Yang sulit biasanya adalah mengingat kembali perjalanan sukma itu setelah kita bangun. Kenapa? sebab memori di otak kita tidak akan bekerja saat meraga sukma. Cara mengingat perjalanan sukma adalah dengan rajin mencatat dan menuliskan apa yang kita alami tanpa ego atau nafsu. Untuk itu kita berlatih mengendalikan ego atau nafsu. Inilah pentingnya laku tirakat (puasa dll) lahir dan batin.

  31. sancang panca sukmajati

    ki saya memiliki pengalaman yg unik, cerita nya seh dah lama banget waktu mau sholat isya di masjid yg gede dan bersih waktu itu jam 21.00 wib setelah ambil wudhu sewaktu mau sholat di tegur oleh pengurus masjid dan di suruh sholat di luar, akhir nya saya ngga sholat di masjid sambil keluar dari masjid saya menangis dengn berbagai pertanyaan apakah saya begitu najis untuk sholat di dalam masjid.

    akhir nya saya menemukan mushola yang tidak terawat berdinding bilik bambu kaca yg sudah pecah tanpa ada lampu untuk penerangan di dlam nya. dan saya kembali mengambil wudhu terus sholat tp yang saya rasa kan sungguh aneh dan luar biasa … saya ngerasa sholat di mekah tepat nya depan ka’bah bersama umat muslim yg lain nya setelah sholat saya berdzikir dan setelah duduk bersila saya sudah ada di dalam ka’bah dan di depan saya ada makam, di samping nisan ada batu warna hitam mengkilat dan seorang kakek yg bersorban membawa tongkat. dan yg pasti saya ngga tau siapa beliau dan makam siapa ki … setelah habis berdzikir keadaan mushola seperti biasa lagi gelap tanpa ada cahaya sedikit pun.

    wallahu’alam saya jg masih blom mengerti tentang semua kejadian yg pernah saya alami ki…

  32. wongalus

    @sdr sancang: Pengalaman spiritual yang indah mas. Semoga menjadi inspirasi bagi laku perjalanan spiritual yang tidak kenal titik henti sampai hayat dikandung badan. salam.

  33. ki wong alus saya minta pengi jazahan asr v4. soal nya saya belum ada. semoga ki sehat selalu

  34. Wong pinter

    Ass. .Ki, ada gak ngelmu yang lelaku nya ringan ato yang tanpa lelaku, yg menggunakan mantra ato ajian ki. .ilmu pagar diri dan kekebalan ki. .Kalau ada saya mohon pengijazahan nya ki. .Ke alamat email saya: tyorace46@gmail.com

  35. Wong pinter

    Saya mohon ki. . .

  36. WongAdoh

    Yth @ki_wongalus.

    1. Saya mencoba berlatih berkali-kali menggunakan metode diatas waktu mau tidur.Tapi rapalnya tidak persis dalam bahasa indonesia seperti di atas.Akan tetapi apabila saya bermaksud pergi ke kampung A bertemu B, maka selama ini yang terjadi ” perasaan saya sampai kampung A, akan tetapi ketemunya C, bukan ketemu B “.Pertama kali saya mencoba ini malah saya ketemunya Nenek saya yg sudah meninggal, dan saya pun sempat pamitan kalo mau balik dulu. Bagaimana solusinya?

    2. Klo saya mencoba berlatih rogosukmo waktu malam, malah kebablasan tertidur.Bagaimana solusinya?

    3. Saya pernah baca artikel ” Raga Sukma menggunakan 4 Ayat terakhir surrah Al-Kahfi ” yang dibaca 160 kali & sebelumnya puasa dulu, bagaimana itu? Apa efektif dan di anjurkan?

    4. Saya pernah kirim mail ke “kiwongalus@gmail.com” , akan tetapi sampai saat ini belum ada jawaban. Tapi saya pun maklum, karena kesibukan kiwongalus & pasti banyak sekali email penting yang harus di balas.

    Kalau saya pribadi sangat cocok dengan cara pandang & metode kiwongalus, untuk semua artikel yang di tulis atas nama anda pribadi, dari masalah keilmuan sampai masalah ke-TUHANan.

    Mohon tanggapannya & mohon maaf sebelumnya.

  37. Wiryo

    Aslm.. Slm knal bwt smuanya. Tanya ki apkh ngrga skma bisa wujud di alam nyata?

  38. kijokobodo

    ass.ki..bgaimana cara praktis &cepat &aman utk meraga sukma?

  39. Begawan Manik Maya

    niki ngaten Ki..
    kawulo anggadhai sakedhik wedharan ingkang kawulo tampi saking wisik ing ghaib..
    ingkang kirang langkungipun mekaten ki..

    “LIYEP LAYAPING ALUYUP..PINDHO PESATING SUMPENA..SUMUSING RASA JATI”

    Lha pitaken kula..ingkang kados mekaten meniko teges ipun ingkang trep menopo Ki..?

    Matur Suwun…….

  40. asep

    mw tny…
    eh sebelum e maap,sy g terlalu paham cara buat posting.
    kalau saya dulu pernah mimpi sayamelihat diri saya sendiri saat tertidur.
    apa itu ngraga sukma ya?

  41. Amiro

    izin guna

  42. edkus

    ikut nimbrung and menyimak.begini ki waktu kecil saya punya pengalaman.ada tetangga yany katanya kena las(bayi keguguran)belum waktunya.orang yang terganggu itu layaknya orang gila yang bernyanyi nyanyi .tapi setelah di datangkan para normal orang itu mengaku bahwa dia mencari orang tuanya dan baru ketemu dan dia katanya juga minta seragam kemudian paranormal memberikan janji kalau sudah di belikan baju tidak boleh kembali lagi.yang saya tanyakan ki apakah las itu ada dan apakah orang yang meninggal belum waktunya punya komunitas di alam sana . kalau ada saya pingin melihat bagaimana ki . terima kasih atas pencerahanya. alfatikah sent

  43. tressdhelick

    Manstaaaaaap Ki,..aku mo coba dah.Doakan ber hasil Ki,.
    terima kasih.

  44. donny,boy

    ass,ki
    saya donny,saya kepengen banget bisa ngeraga sukma,saya pernah tindien ki bahkan sering yang sya mau tanya…
    1.apakah itu juga awal dari ngeraga sukama??
    apakah karena saya takut jd roh saya gk bisa keluar dan cuma sebatas tindien ki…??
    klo benar,saya harus gmn kl mengalami hal yang sama??
    2.kalo saya sedang meditasi/semedi knp pikiran saya gk bisa konsentrasi dan terpecah padahal saya sudah mencoba untuk fokus ke satu tujuan..!
    gmn caranya untuk bisa memusatkan pikiran saya ke satu tujuan ki??

    sebelumnya saya minta maaf sama panjenengan apabila ada tutur kata saya yang kurang brkenang dihati ki wong alus….!
    trima kasih ki wongalus saya tunggu jawaban dan solusinya
    wss,ki wong alus

  45. maaf kawulo tiyang cubluk nyuwun wewarah kados pundi caranipun ngrogoh sukmo supados mboten ngantos kito kesasar mboten saget mlebet malih wonten badan wadak kito,nwn

  46. bagus

    assalamuailaikum,, aku mau tanya gimana caranya ngerogo sukma ki??
    tolong petunjuknya,

    wassalamualaikum

  47. winarko

    assalamu’alaikum ki…
    Ki saya mau tanya ya,, saya dulu pernah belajar ilmu raga sukma dan hampir berhasil,, waktu saya diam sambil meditasi terasa ada yg menarik tenaga saya dari kedua ujung kaki kaki saya dan kaki ini terasa tidak bisa digerakkan demikian jg tangan saya ki.. setelah itu saya berusaha mengulanginya kembali tetapi gagal dan badan saya terasa panas sekali terutama pada kemaluan..
    Apakah bisa utk dilatih kembali & mohon bimbingannya ki..
    wassalam..

  48. donn

    ki wong alus kq gk di bls posting saya ki??

  49. achmad sobiq

    ki ajari aku lewat mimpi dong? trim

  50. Ijin Mengamalkan

  51. ki. saya mau mintak ijin untuk mengamalkan ngerogo sukmo. semoga berasil saya ki.terimakasih atas amalanya.

  52. handoko

    Sekar-sekar jenang ulane dadari kuning
    ageng alit temuruno
    wes kawulo nyuwun sepuro dateng panjenengan
    ugo nopo seng di karep ake kabul kersaneng Allah

  53. DARA

    sy trm ijazahnya ilmu ngoro sukma…alfateha buat ki…………

  54. dhony

    ILMU NGENTOT GA PAKE KONTOL ATAU GA PAKE NONOK ADA GA YA??

  55. 1

  56. qobiltu

  57. biasa qobiltu

  58. jefri

    ki saya ada kemuskilan…di dalam mimpi saya semacam mampu megarah roh saya untuk melakukan sesuatu..contohnya kalo saya mahu bertemu degan sesorang saya akan bisa menemukan,tetapi gambaran mimpi itu tetap bercampur2 dari sudut tempat masa dan kejadian
    ….apa maksudnya?

  59. bs nggak ki ketemu dg saya ki dlm mimpi atau secara ngraga sukma,,,sy benar2 butuh bimbingan ki…

  60. met kenal semua-y ..
    dr om gufron al bantani

    kalo pas kita lagi ngrogo sukmo susah balik y.. gi mana biar cepat ya…

    tlng kasih masukan via email .. gufronalbantani@hotmail.com

  61. evi yogya

    ijin menyimak ….hmmmmm

  62. tanya ttg rogosukmo

    assalamualaikum ki wongalus…

    saya mau tanya. apakah meraga sukma bisa dilatih tanpa harus tertidur tapi cukup niat lalu berbaring…

    misalnya seperti ini:

    1.niat

    2.berbaring

    3.menghitung keluar masuk nafas

    4.jangan sampai tertidur…

    ditunggu jawabannya ya ki…

  63. opo iyo..???
    sing bner iki

  64. bejo satriyo paningit

    assalamualaikum nderek nimrung njeh..

  65. heru

    assalamu alaikum ki mau tanya ?bagaimana cara cepat ngerogo sukmo dengan cepat dalam keadaan sadar, trus apa bedanya ngerogo sukmo cara tawassul dengan ngerogo sukmo cara ma’rifatullah

  66. kresna

    assalamuallaikum , , , saya mohon ijazahnya

  67. mnta ijin n bimbingan y utk ltihan Ki. .

    moga aj bs. .amiin
    . .slm sejahtera bwt saodara”d KWA
    . .sekian n suwon

  68. Umpu Kakah

    Saya Asli Dayak dari Barito Timur,saya mau berbagi sedikit ilmu dayak dgn teman2 di sebrang sana…
    1.PRAKASIH,Guna nya supaya org yg marah/benci menjadi luluh.= Bismilah.. Nuri kata nya burung,mula Hak katanya Allah,ya Allah-Allah sakampung sagabah. Baca 3x sambil menahan Nafas,setelah itu tiup ke dada kiri-tengah-kanan.
    2.Kata salisih:Supaya kita tidak bisa bertemu dengan musuh bila ada musuh/terancam/mau dikeroyok. Berikut Mantra nya:
    Puang Sagar tau panalu musuh mansa. Baca 3x menahan nafas,setelah itu ambil daun sirih robek menjadi dua lalu buang ke kiri dan ke kanan. (ILMU ini luar biasa,dampak nya sial 3 Jumat/susah dpt rejeki)
    3.Ilmu Taguh Gansang,melawan orang 1 kampung yg mengeroyok. Ini Mantra nya:
    Rata jari kapui jari tane. Baca 1 kali smbl menahan nafas,lalu cabut bulu di jempol kaki anda dan telan. (Jgn pernah mencoba klo tidak dalam keadaan darurat/Perang bisa VATAL…!!!.) Ilmu ini sangat tinggi,meskipun hujan peluru anda tidak akan apa2.
    4.Cara mengusir hantu: Ambil 3 biji beras ketan lalu makan. Setelah itu jejak kan kaki ke bumi 3x seraya menghambur garam.
    5.Supaya rumah tidak di masuki maling,tuyul,babi ngepet,sirep dll: Taruh sapu ijuk terbalik di depan pintu. (Buktikan)

    Terimakasih.
    Salam Umpu Kakah!

  69. cepz

    asslmualaikum,.,.,.
    saya pas mw tdur baca ajian itu saya mimpi mendapatkan batu ali berwarna putih mksudnya apa ia,,,,?

    terima kasih
    salam.,.,.,

  70. wahid sutrisno

    ya semua itu benar memang gerogo sukmo itu ada dan bisa di pelajari,sya aja setiap hari gerogo sukmo ke mbah putri kanjeng nyilorokidul dan romo prabu heru cokro semono,dri itu baru aki yakin semua itu,tapi sya harap rekan2 bisa kumpul siraturohmi sama teme2

  71. jaka sablenk

    td saya nyoba meraga sukma spt ada tangan yg memeluk saya. saya berusaha melepaskan nya. kmdian sukma saya bangkit dari tempat tidur, tp saya buka mata tiba tiba sdh berada di dlm tubuh krn konsentrasi buyar. maka saya pejamkan mata dan pakai mata batin utk melihat sekeliling, sukma saya jalan ke ruang tamu. saya liat ada cewek berjilbab dan anak kecil di ruang tamu. tp saya mau ke luar rumah kok gk bsa. mungkin krn malam hari, jd takut. dulu saat meraga sukma siang hari bsa ke luar daerah.

  72. jamal

    ki sepertinya saya pernah mengalami meraga sukma tanpa di sengaja,,saya melihat tubuh saya sedang tidur tapi saya bisa gerak dan bahkan sempat bertarung dengan mahluk yang seperti memberikan aura hitam kepada saya,,apa benar meraga sukma itu bisa terjadi tanpa di sengaja ki??

  73. ak dlu pernah mengalami bertmu ama mahluk tinggi besar n serba pakai pakaian putih n berchya n bersayap, it so2k pa y ki

  74. Mau tanya, saya sudah bisa mengeluarkan sukma saya dan berada didimensi lain,dan gak tau saya seakan berubah jadi raksasa.
    Dan raga saya terasa dingin.
    Itu kenapa ya ki? Mohon penjelasanya mbok bilih salah

  75. Dik Mz Pagar Arief

    trimakasih penjelasannya ki,skg dah ada bayangan ttg raga sukma,,
    masalahnya dulu saya di kasih amalan sm guru saya entah gak tau yg mana intinya
    saya merasakan sepert apa yg aki ceritakan,, jd dulu saya jd hobi tidur,, jarang sekali keluar2 rumah,, ttp ke enakan jalan-jalan ke alam-alam gak tau lah,,
    saya sampe 2 hari 2 malam tidur di kamar,, bangun cuma sebentar makan minum dan lanjutin tidur lg., ad juga perjalanan yg mengasikkan dan ada jg perjalanan yg menegangkan,,bener yg di katkan Kang boed lebih asik klo kita di sertai senjata,,
    ttp ahir2 ini saya kurang begitu mulus untuk tidur seperti itu lg ki,,
    mau tanya guru saya biar ,diberi pengarahan langsung agak susuh ki krn sudah berbeda alam.
    mungkin aki aki sesepuh puny saran buat saya,,

  76. Dina

    Saya telah mengikuti kursus ini dan sekarang sedang belajar membuat website lumayan gratisan bisa buat belajar

  77. izin ngamalin ki

  78. satria elank

    asslmlkm….

  79. Assalamualaikum buat sedulur semua; khususon buat Wong Alus. Salam perkenalan, saya Bambang saking Cirebon. Secara wacana saya sangat tertarik sekali dengan ” Wacana Meraga Sukma ” sebagai suatu bahan perenungan yang berkaitan dengan sebuah hadist Rasulullah ” Barang siapa tak mengenal dirinya , dia takan mengenal siapa Tuhannya. Saya memaknai fenomena Meraga Sukma sebagai salah satu usaha dalam mengenal diri.Cuman terus terang saya tak berani untuk belajar sendiri .Saya sangat ingin bertemu dengan Wong Alus untuk bisa bersambung rasa dan pikir lebih leluasa . Bila berkenan saya ingin temu darat. Ditunggu balasannya. Wassalam.

  80. Mohon ijin utk mngamalknnya ki dan mohon dibimbing!
    Wasalam sedulur smwanya

  81. Ijin mengamalkannya ki wong alus, mw brkelana k masjid masjid dg mraga sukma.

  82. SAYA KEPINGIN SEKALI NGROGO SUKMO, DULU SYA PERNAH BERGURU UNTUK BISA NGROGO SUKMO TP BLM BERHASIL, WAKTU ITU SAYA TEPEJAM SAYA MELIHAT SINAR DAN ANEHNYA KANAN KIRI SAYA ITU SEPERTI BANYAK MAYAT-MAYAT BERGELIMPANGAN. BAGAIMANA YA AGAR SAYA TERHINDAR DARI KATAKUTAN, SHINGGA SAYA BISA MENERUSKAN UNTUK BELAJAR NGROGO SUKMO, MOHON BIMBINGANYA …………

  83. fera fransiska sari

    nyuwun sewu nyuwon pengagemane ngrogo sukmo engkang versi jawa

  84. VENDRA

    gw dh jarang meraga sukma, krn ketiduran terus.

  85. Apakah saya jga bisa belajar Ki… Mohon bimbinganya. Semoga Ki wong alus selalu mendapat rido dari ALLAH SWT.

  86. abdurrahman

    qobilltu ki wong alus
    alfatehah..

  87. kawulo alit

    bahayane ngragh skmo iku opo ki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: