ILMU SEJATI MENURUT SYEKH SITI JENAR


“Sajati jatining ngelmu
Lungguhe cipta pribadi
Pustining pangestinira
Gineleng dadya sawiji,
Wijaning ngelmu dyatmika
Neng kahanan ening-ening”

Hakikat ilmu yang sejati
Letaknya pada cipta pribadi
Maksud dan tujuannya,
Disatukan adanya,
Lahirnya ilmu unggul,
Dalam keadaan hening seheningnya

— “Serat Siti Jenar”

Dalam paradigma filsafat ilmu, definisi dari ilmu adalah pengetahuan yang telah diproses sedemikian rupa menggunakan metode, sistematisasi, memiliki obyek forma/sudut tinjau (point of view) dll. Metode ilmu berbeda-beda. Tergantung pada obyek material/materi yang diteliti. Namun, ilmu dalam pemahaman kalangan spiritualis biasanya dipahami lebih kompleks dari itu. Ilmu tidak hanya pengetahuan yang telah diproses dengan metode, sietematisasi, obyek dll… melainkan lebih luas. Meliputi wilayah ilmu sebagai teori dan juga praktik sebagai sarana untuk manembah ke diri pribadi yang merupakan pengejawantahan DIRI-NYA Gusti Inkang Akaryo Jagad.

SYEKH SITI JENAR juga menghayati ilmu seperti pemahaman ini. Terwujudnya ilmu/ngelmu karena ada usaha dan aspek tindakan nyata dari teori. (Ngelmu iku kalakone kanthi laku) Untuk mendapatkan ngelmu, Siti Jenar mensyaratkan adanya perjuangan yang berat, sungguh-sungguh, teliti dan sabar. Bahkan ada syarat khusus yaitu pelaku ngelmu tersebut harus meper hawa nafsunya. Ilmu yang dicari oleh Siti Jenar adalah ilmu sejati, yaitu ilmu yang harus dihayati dan memberikan kemanfaatan hidup di dunia dan diakhirat. Jadi ilmu harus memiliki dimensi pragmatis/kemanfaatan/kegunaan yang besar.

Teori itu penting namun lebih penting lagi adalah mampu mempraktikkan ilmu tersebut untuk kemanfaatan sesame makhluk Tuhan. Ibarat insinyur, teori membangun gedung itu penting. Namun yang lebih penting adalah bagaimana insinyur tersebut mampu mengaplikasikan teori tersebut untuk membangun gedung. Syekh Siti Jenar membimbing orang untuk mampu mengetahui ilmu dari Gusti Yang Maha Tunggal dengan mengetahui kenyataan ini adalah sebuah perwujudan kodrat-Nya. Siapa yang mampu memiliki ilmu ini? Tidak lain pribadi yang tahu, paham dan mempraktekkan kodrat, iradat dan ilmunya.

Ilmu yang sebenarnya/ilmu sejati menurut Siti Jenar berada di dalam cipta pribadi. Ide dan kreasi yang lahir dari dalam diri sendiri. Yang adanya di dalam diri yang paling dalam. Biasanya, kita mengetahui sesuatu itu berasal dari luar, melalui indera/pengalaman indera dan melalui pengajaran-pengajaran dari orang lain/guru/dosen. Namun, kata Siti Jenar, ilmu sejati yang memberi pengajaran adalah DIRI SEJATI. Diri Sejati itu berada di dalam lapisan diri yang paling dalam. Maka, pengetahuan tentang ilmu sejati, menurut Siti Jenar, hanya bisa ditemukan melalui ketajaman batin yang sumbernya dari hening dan sepinya diri. Sebab ilmu sejati memang adanya di kedalaman kesadaran manusia yang paling dalam.

Untuk mendapatkan ilmu sejati, manusia harus sepi ing pamrih rame ing gawe. Bebas dari nafsu dan ego pribadi apapun juga. Batin benar-benar menyatu dalam irama keheningan samadi. Hati dan pikiran tertuju pada fokus: Hu Allah! Itu saja, sehingga tidak ada konflik batin karena semuanya hakikatnya SATU. Susah-senang, baik-buruk, benar-salah, hitam-putih semuanya sumbernya satu dan tidak saling mengalahkan. Semuanya bisa diresapi dalam diamnya pribadi kita untuk selalu menyatu dengan pribadi-Nya. Sedulur papat limo pancer: Empat saudara yaitu ketuban, ari-ari, tali pusat dan darah yang menyertai kelahiran bayi ke alam dunia. Keempat saudara itu secara simbolik akan mati dan bersifat sementara, tinggal Pancernya—Ruh—Pribadi yang hidup. Pancer yang berupa ruh itulah DIRI PRIBADI MANUSIA.

Manusia sejati, menurut Siti Jenar, harus mengetahui GURU SEJATI-nya. Guru Sejati itu semacam intuisi/indera keenam hasil olahan dari RASA yang sangat dalam. Guru sejati adalah RUH yang memperkuat Sukma Sejati/sang pribadi dalam hidup ini. Sementara Sukma Sejati adalah tempat atau wadah bagi dunungnya SANG PRIBADI. Ilmu-ilmu tentang yang demikian itulah oleh Siti Jenar dikatakan sebagai ILMU SEJATI. ***

(wong alus)

About these ads
Categories: ILMU SEJATI SITI JENAR | 104 Komentar

Post navigation

104 thoughts on “ILMU SEJATI MENURUT SYEKH SITI JENAR

  1. pamuji rahayu…,

    Kanjeng Sunan Syech Siti Jenar, Bapak Hening bagi diri yang hening dalam kedalaman diri rahsa sejati…, semoga kita menjadi insan yang selalu hening dan sepi ing pamrih rame ing gawe.. dalam keseharian kita ya Ki…, nanging ya ego itu yang menjadi kendala… …., semoga saya selalu bisa belajar dengan niat dan kesabaran serta iklas dan bisa menemukan .., sejatinya orang yang mencari mudah mudahan akan menemukan apa yang dicari…, belajar dari pengalaman dan belajar serta menimba ilmu dari para sedulur disini, sangat bermanfaat khusus buat saya pribadi, semoga ..,
    matur sembah nuwun
    salam sihkatresnan
    rahayu

  2. Yth Ki Hadi, nuninjih mekaten meniko kedah dados pelajaran ingkang nyata kagem kita sedaya ki. Syekh Siti Jenar, yang akhirnya dalam sejarah tercatat sebagai wali kesembilan, yang jujur untuk manembah Gusti Sang pribadi. Tidak pernah takluk oleh kekuasaan dari luar diri, termasuk tidak takluk oleh nafsu dan ego termasuk tidak takluk oleh Demak Bintoro. Dari dia, kita bisa belajar bagaimana teguh kukuh mengikuti Guru Sejati. Nuwun ki. Rahayu, salam sih katresnan kagem panjenengan ugi kagem poro sanak kadang sedaya.

  3. seh siti jenar itu memang kontroversi, barangkali dilihat dri namanya aja sudah nganeh anehi, lho kok syeh pake siti, siti itu menandakan seorang wanita, keberadaan beliau juga masih tanda tanya, apakah ini tokoh fiktif karya pujangga ya wallahu a’lam, tapi secara maknawi beliau adalah sebuah simbol perlawanan sifat2 kejawen terhadap penyerbuan demak ke majapahit yg notabene adalah leluhurnya setelah sunan ampel meninggal, beliau bahkan menyindir bahwa kita semua ini hanya bangkai atau mayat hidup maka dari itu tidak lah perlu memperebutkan tahta apalagi sampai melawan orang tuanya sendiri.

    ajaran yg paling kontroversi adalah nmanunggaling kawula gusti dan ucapan yg paling kontroversi adalah “ingsun iki Allah”, tapi kalau mau berpikir jernih dan tidak emosional, ada benarnya juga, hakekat terdalam manusia adalah Allah, apabila berkata aku ini Allah maka m4stono, wong alus, hadi wirojati sudah tidak ada, yg berkata ini sudah kalenggahan gusti atau jumeneng kalawan pribadi, inilah makrifat yg sesungguhnya………..beliau juga mengajarkan teknik meditasi melalui neng ning nung nang….saya kira terlepas beliau itu ada atau tidak segala pelajaran yg dapat kita ambil sungguh luar biasa dan saya kira beliau telah mencapai makrifat walaupun agak nyeleneh maka dari itu para wali sepakat menghukum beliau supaya ilmu2 sinengker tidak bisa begitu saja menyebar luas tanpa pemahaman yg mendalam……….

    nuwun ki, wah panjenengan kreatif sekali, sehari bisa posting 2 kali, saya aja biasanya 5 hari sekali aja sudah ngos2an..heheheheheh

  4. KangBoed

    MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

  5. Tiada bosan bosannya mengajak sahabatku untuk melangkah….

    “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

    Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
    Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
    Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
    Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
    Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
    Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
    Dahulu datang putih suci bersih
    Mudah mudahan kembali suci putih bersih

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  6. Perjalanan SPIRITUAL mencakup tiga hal yang harus dilalui..
    1. Pemahaman
    2. Dimensi Spiritual (bathiniah)
    3. UJIAN..

    apalah artinya semua jika ALAM SEMESTA tidak bergetar..

  7. Carilah keheningan dalam samadhi.. hingga keheningan itu meliputi dalam HIDUP.. bukan hanya dalam SAMADHI.. itulah HIDUP yang MELIPUTI.. Hidup dalam pelukan YANG MAHA HIDUP.. HIDUP DALAM KEHENINGAN ABADI..

    Salam Kangen dan Rindu untukmu

  8. Stionista

    Yth.. Bapak serta guru para penulis yang saya hormati.. dari saya kecil saya hidup bersama orang tua yang Notabene seorang keturunan.. para Raja Jawa dan selama ini MENURUT saya orang tua saya berpegang teguh ajaran kebatinan jawa( kejawen ) dan memang saya melihat mereka orang yang sempurna dalam menjalankan falsafah hidup yang benar.. dan sedikit saya ketahui kalau apa yang saya baca mengenai artikel2 bapak itu klop/ satu tujuan dengan apa yang orang tua saya lakukan dari dulu.. bahwa ilmu sajati itu ada dalam relung hati sendiri.. cahaya hati telah menyelimuti dalam dirinya.. namun saya sabagai anaknya belum mampu menalar ke arah sana sehingga saya masih berpegang teguh pada ajaran Islam pada saat ini namun terbuka terhadap ajaran yg lainnya ( Liberal), dan saya pernah bertanya dimana Tuhan Allah.. mereka menjawab : “Tuhanmu/ Allah mu itu ada didalam dirimu seandaikan kamu mengerti apa arti Hidup yang sesungguhnya”.. mereka pernah sesekali bercerita tentang pengalaman Batin (secara Gaib) Mereka tentang kunjungan mereka ke Neraka & Surga.. mereka dituntun oleh suatu kekuatan gaib dan diberi tahu bahwa inilah surga & Neraka.. saya namanya anak2 masih lom mengerti.. dan saya pernah menanyakan perihal agama mereka.. mereka mengakui agama2 yang ada itu Benar karena mengajarkan kebenaran dan berorientasi kepada satu Ketuhanan.. Namun kebenaran atas keberadaan Tuhan berada dimana hanya ada di dalam Dirimu.. dan mereka berkata seandainya kalau kamu telah menemukan dimana DIA berada alangkah Dahsyatnya kebahagiaan untukmu tak ada yang menandingi aura kebahagiaannya dan kamu akan menangis tak terbendung.. namun itu semua atas kehendakNya & RencanaNya dan dengan Niatmu yang IKHLAS & PASRAH.. . terima kasih saya harus kembali bekerja,, dan pengalaman dari keluarga saya masih banyak yg belum saya ceritakan.. mungkin lain waktu saya kembali bercerita.

  9. Yth Kang Boed terima kasih.

    Yth Stionista. Memang demikianlah adanya. Kesadaran manusia bertingkat masuk ke dalam diri hingga terdalam. Mulai kesadaran fisik: menyadari benda-benda fisik dengan menggunakan indera, kesadaran jiwa: kesadaran akan nilai-nilai dibalik hal-hal fisik, hakikat segala sesuatu hingga kesadaran ruh: kesadaran akan diri sejati. Diri sebagai cermin Diri-Nya. Lipatan kesadaran itu bisa ditembus dengan ngelmu batin sebagaimana yang diajarkan oleh para leluhur Jawa. Ajaran kejawen yang kaya dengan aspek batin, sesungguhnya sangat ideal untuk menjadi panduan untuk masuk ke wilayah dimensi kejiwaan/batiniah agama (tasawuf). terima kasih. Kita tunggu cerita panjenengan njih. Nuwun. Rahayu.

  10. dewanindra

    Asalamualaikum
    syeh siti jenar adalah wali yang sangatsangat kontrofersi. ajaran yang sangat bagus tapi sayang banyak diselewengkan. saya suka kata syeh siti jenar “Manunggaling Kawulo Lan Gusti” yang bagi saya artinya sangat dalam dan bermakna menurut saya itu adalah artinya bahwa di dirikita ini ada sifat2 ALLAH. tapi kita bukanlah ALLAH,saya pernah mendengar mbah buyut saya yang bernama Reso Sastro Wijoyo bercerita tentang syeh siti jenar dan ajarannya, mbah saya berkata ” syeh siti jenar iku gak salah le, cuman murid2e seng salah ngarteake maksud soko kanjeng syeh siti jenar” mbah buyut mempunyai buku kuno yang bertuliskan aksara jawa kuno dan juga tulisan arab. kata mbah buyut dibuku itulah menerangkan semua ajaran syeh siti jenar yang benar. sayang saya tidak bisa membacanya.
    saya sangat ingin tau ajaran dan ilmu yang diajarkan kanjeng syeh siti jenar. terimakasih

  11. sugeng rawuh…..poro rencang2 sobat2 sesama pejalan spritual
    sebenarnya kita sama2 satu tempat satu tujuan MANUNGGAL ,DEWANINDRA tolong bagi ilmunya buku kuno kita bahas bersama sama ,wong alus maskumitir dan kisabda langait mohon imformasinya ini email saya. RIFALDI90@YAHOO.CO.ID ,sebelumnya terimakasim saya yg merindukan pelajaran sehsiti jenar.

    wasalam.

  12. Dalgendu

    Tukang sulap dan ahli hipnotis malah bisa memperlihatkan surga dan neraka kepada orang lain yg dia hipnotis. Dan ahli hipnotis juga bisa melihat surga dan neraka dng menghipnotis dirinya sendiri. Tapi apakah betul surga dan neraka yg mereka lihat itu SEJATINING SURGA ataukah bukan. Mohon di renungkan. Sepuntene menawi wonten ingkang tersinggung. Tujuan kito cuman nggoleki sing paling bener dudu nyalahno

  13. Bilowo

    Luhuring citpo manembah mrang Gusti Allah sing Kuoso,nglakoni suci,temen,jujur,tresno asih,sabar lan narimo.
    Rahayu Rahayu Rahayu..

  14. Jaka lanang

    Maternuwon atas ilmu yang bagus dan sangat bermanfaat ini

    Rahayu

  15. aris

    ILMU SEJATI ITU ADALAH YANG SANGGUP MENAHAN SYARI’AT DARI ARASY ALLAH SWT.
    SAYA MOHON MAAF KEPADA SHEH SITI JENAR ATAS POTULAT YANG AI LONTARKAN.
    DAN SALAM KEPADA GURU2 YANG TERLIDUNGI DAN YANG DILINDUNGI.

  16. ilmu sejati hanyalah ilmu dari allah saja…….
    kekal,abadi……..

  17. mas.rio

    * alhamdulillah…hati ku sangat tenang..membaca..mendengar..apa-apa yang belum kita ketahui…baik-buruk itu semua dari hati kita…baik hati kita baik pula sipat kita..buruk hati kita buruk pula sifat kita..

    ilmu sejati itu datangnya dari hati kita…amiin..

  18. yunus

    begitulah allah dlm memperlihatkan diri..begitu unik n menarik..cuma hati2 dgn tipuan nafsu yg sering menipu kita dlm ngelakoni ngelmu..hati2 ghaib itu maha luas..tnp petunjuk yg akurat..niscaya kita akan terjebak..mohon maaf kl ada salah2 kata..nuwon

  19. Si Bandel

    ane selama ini ke mane aje ya, @all: mohon pencerahan selalu dari panjenengan semua.

  20. banyulumut

    salah satu orang yg terpilih diantara orang2 pilihan..

  21. Siembah Ganteng

    membaca surat diatas, mengingatkan saya waktu SMA dahulu pernah diwirid di daerah wonorejo madiun, perguruan ngelmu sejati, pada pokoknya kita manusia harus memahami hakekat sebagai manusia,( Aku Adam), sebagai kilafah (aku Muhammad) dan Aku Allah tegese urip kang suci. Jadi saya mennyimpulkan bahwa untuk menjadi manusia yang sholeh itu memang harus dapat memahami dirinya bahwa diri ini adalah manusia, ciptaan Allah. Rasa Jati jatining rasa, dengan kesadarannya sebagai ciptaan maka manunggaling kawula Gusti itu akan dapat terwujud apabila manusia hidup suci dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya..itu saja sebenarnya ajaran Syech Siti Jenar..maaf kalau salah ya !.

  22. Siembah Ganteng

    maaf ralat tanggapan saya.., pernah diwirid di sukerejo bukan wonorejo, Caruban sudah lama skali thn 1985..tanks

  23. jk prio

    manunggaling kawulogusti,dhuh gusti engkang moho suci kulo nyuwun pangapuro dumateng gusti engkang moho suci sir Allah dhat Allah sifat Allah

  24. pelitahati

    segala puji bagimu ya alloh…….
    inilah kebesaranmu umat manusia ciptaanmu banyak macam menetralisir akan keberadaanmu allohuakbar…………..

  25. jatmiko

    mugi dados insal kamil yang sejati bertemu dengan dzat tunggal…amiin

  26. ruh di ingatkan * bukankah Aku ini Rabmu* Ruh menjawab *Ya saksikanlah Aku mengakui bahwa Engkau adalah Rab ku*
    Guru sejati adalah ALLAH…..mengajar pada Ruh melalui *Pena*
    Pena ALLah hanya satu………………………siapa yg tahu….Yaitu ALLAH.
    bertanyalah pada ALLAH…..Sholat Sarana untuk memohon jawaban;;;;;;
    klop nggak………..ya klop lah menurut si Darno…..hik99x

  27. @ si embah ganteng …leres mbah…..duh ganteng tambah ganteng deh….

  28. mmarjuki

    laku marang alam kelanggengan (perjalanan menuju alam kekal,abadi).sakdremo dilakokake,diuripke (sekedar dijalankan,dihidupkan).bali,urip nyang alam kelanggengan(kembali hidup ke alam yang kekal abadi).Poro kadang sedulur,seluruh ciptaan Tuhan.Seserepan ing nginggil kulo asring mireng saking tiyang sepuh.Mbok menawi wonten kadang ingkang sampun pikantuk hikmah ,manfaat pengertosan bab alam kelanggengan,kulo nyuwun tambahan seserepan.nopo engkang kulo pireng meniko nopo leres lan nopo kemawon engkang kedah kito lampahi.suwun.salam rahayu slamet.(Muhamad Marjuki,S.IP.Eng tlatah randudongkal Pemalang Jateng)

  29. saya ingin sekali mendapatkan ilmu itu, kepada siapa saya berguru, apakah tuan mau menunjukkannya?

  30. kepada siapakah saya berguru ki? saya ingin memperoleh ilmu itu

  31. …………………………………………..

  32. Mbah Agus Wiro Dokromo

    nuwun sewu…nderek nyemak…

  33. Mbah Agus Wiro Dikromo

    nuwun sewu…nderek nyemak…nggih…

  34. Pitat Haeng

    menawi kulo woco, kaduse sae damel ngobati batin, matur nuwun kagem sedoyo mawon ingkan nulis wonten mriki

  35. Erick

    wong jowo memang hebat …

  36. Pangeran Surya

    Alhamdulillah dengan mengetahui ilmu sejati, berarti kita harus tahu Hakekat diri kita sebenarnya, terlebih dahulu kita harus memahami dan mengamalkan syareat, thorekat, hakekat dan makrifatullah, insah Allah dengan bermujahadah dan bersungguh seungguh hidup di jalan Allah dengan menjaga kesucian zhoir dan batin sepanjang hidup di dunia, insah Allah kita sampai kesempurnaan yaaitu Makrifatullah sampai ke Allah swt, amin, semoga kita selalu mengamalkan syareat, thorekat, hakekat dan makrifatullah, amin.

  37. Tai Chi Anur

    saya sbg pelaetih senam tai chi,,,,,,,,,,,,,,kagum dgn syeh siti jenar……..sampe sekarang,,,,,,,,say blm bisa temukan ,,,,,,jati diri ku,,,,,ihlas slalu ku lakuakan ,,,,,,,,,,,, sampe2,,,,,,waktu di kebun banyak sekali nyamuk hitam putih menggigitku hanya ku pandang ,,,,,,,,,,,tapi biar sekarang ku blm temukan jatidiriku ,,,,,,,,hidupku lebih bermakna dan sangat bahagia ,,,,,,,,,dgn pun materi tak begitu perlu

  38. pangeran rincik

    Lira lakune tirta sangking gunung , tanpa swra tanpa pamrih , ra kena den bendung lampahe seja karep nyuwiji mring samudra …

  39. mbah khum

    Mengkono mau kang dadi lir ing ilmu leluhur kang jinawi…kang sinebut kjawen,…bukan asal kelahiran,keturunan,namun skabehing pepadha kang kersa,ngugemi kawruh ugi lelampahn ngelmu jawan,…kang makna jiwa,dalm hal ini adalah jiwa yg berbudi pekerti luhur,…Salaam,rahayu3x kang sami pinanggih,…

  40. ronie bulganom hasbullah

    sugeng anglampahi ‘ilmu kang maujud.anegesake lelaku gesang kang kabimbing dening titah kang sejati,…rahayu3x

  41. islam agamaku, muhammad nabiku, dan kaum muslimj sodaraQ
    kurang benar jika kaum islam menjadikan satu pathokan yg bLom jelas kebenarannYa, syeh siti jenar, bahkan sunan kalijaga.,,, kenapa kita ikuti jalan mereka, iLMU SEJATI dri tanah jawa bukan aP” dgn iLmu ALLAH yg dibawa MUHAMMAD. ALLAH telah mengirimkan MUHAMMAD sebagai utusanNya, satu saat islam akn trpecah mnjadi bxK bagian, tapi 1 Yg benar. y itu pengikut sang MUHAMMAD, kita pegang aL quran dan hadis ROSULLuLLAh, itu lebih dari pd cukup, krjakan ap yg dikerjakan MUHAMMAD dan jgn dikrjakan aP yg tak di kerjakan MUHAMMAD.
    kebaikan datang dr ALLAH, keburukan datang dari kita,,,,
    salam damai buat smoa sodara ku , ,,
    matur sembah nuwun

  42. @raden mas said,………..apa yang anda katakan memang benar adanya……….tapi konteknya di KWA bukan membahas mengenai agama,melainkan belajar mendalami ilmu2 peninggalan para orang tua kita terdahulu,kalau mau berbicara masalah agama bukan disini,

  43. panglima

    ilmu sejati, menurut Siti Jenar,, iLmu,, iLmu yg mana,,, iLmu yg tidak benar akan berakibat kepada keburukan, ( kesesatan ). itu iLmu yg benar (dalam guru yg salah ). sdangkan kanjeng syeh siti jenar sendiri hanyaLah seorang pembohong, yG mengaku dirinya ALLah, apakah guru seperti itu yG patut kamu ikuti jejakNya, tidak wajib kita percaya sama prkataan seorng pembohong, sekalipun apa yg dikatakan itu benar,

  44. nyuwun sewu nderek sowan………….

  45. ajaran, ilmu dan cara kalian merupakan tanda kiamat yang nyata sungguh semua otak kalian telah dikelabui oleh org2 pendusta, hanya al qur’an lah yang bisa kalian buat petunjuk kehidupan, sungguh kalian telah lari dari ajaran islam yang murni dan suci, dan perlu kalian fahami bahwa syeh siti jenar tidak seperti kalian, beliau jg melaksanakan syari’at aqidah, fiqh dan tasawuf secara benar. Ma’af krn q hanya bisa mengingatkan kalian saja……

  46. Suprat doyok

    Suwun wedarannipun.Rahayu.

  47. Nurhadi

    Masuk,benar2 oke bro.trimakasih

  48. evi siahaan

    hmm hmmmm hmmm ijin menyimak

  49. Ki Ageng Jati Pamungkas

    Rahayu smua.mohon maaf sblmnya kpd raden said,panglima,fauzan al khazan dan yg lainnya.klo anda g tau n g ngerti tentang anjaran ilmu sejatinya siti jenar g usah banyak komentar dan ngatain siti jenar pendusta,pembohong ajarannya g benar dsb.klo pegangan anda al qur’an y silahkan g usah ngomentari yg macam.kepercayaan orang itu sendiri2 anda g bisa bilang bahwa ajaran nabi muhammad yg paling benar dan hrs di ikuti,klo anda bilang seperti itu skrng sy tanya apakah anda sdh benar dlm hdp ini dan apakah anda jg benar2 sdh mlkkn smua ajaran tuhanmu dan nabimu,koreksi dirimu sblm mengoreksi orang lain.orang yg ngerti/benar tu g akan bilang bahwa apa yg d yakini orang lain tu salah,salah itu kan mnrt anda dan ajaran anda.klo ajaranmu benar,benar yg bagaimana cari yg lbh dlm atau cari intisari dari ajaranmu.klo masih suka nyalahin orang,ngrasani,iri,dengki dendam,benci,adigang adigung adiguno,sombong,congkak dsb berarti blm bisa memahami betul2 ajaran agamu.sbb nabimu pun gak pernah ngajarkan tntng hal2 di atas.

  50. Kalao ingin mengetahui tentang manusia sebenarnya sederhana saja. Menurut Kitab suci, berawal dari firman Allah yang menginginkan untuk membuat manusia yang secitra denganNya. lalu Allah membentuk manusia seperti yang kita lihat sekarang. Ketika Allah belum meniupkan roh pada manusia yang telah dibentuknya itu, manusia hanyalah seonggok tanah yang sama sekali tidak berarti.Tetapi setelah roh kehidupan itu ditiupkan Allah, maka manusia mukan hanya hidup, tetapi manusia sekaligus mempunyai akal, budi, perasaan, emosi dan juga nafsu. Ketika manusia itu mati, rohnya terpisah dari jasatnya, lalu apa yang bisa roh lakukan, roh itu kini tidak lagi membutuhkan ruang dan waktu. lalu apa bedanya dengan malaikat atau setan? Tidak ada bisa dia lakukan. Maka sesungguhnya kalau ada yang bilang bahwa ada orang bisa menangkap hantu, itu adalah dusta. Karena hantu tentunya adalah roh. Dan roh tidak membutuhkan ruang dan waktu.

  51. sedulur artikelnya bagus saya mau tanya yang dimaksud “LAHIRNYA ILMU UNGGUL DALAM KEADAAN YANG HENING SEHENINGHENINGNYA” itu yang dimaksud bagaimana apa seperti orang yg melakukan solat pada tengah malam,pasrah menyerahkan diri,menyatukan jiwa raga kepada gusti Allah…

    terima kasih dulur…..

  52. salam sejahtera semuanya

    Apa yang di tulis di oleh ki Wong alus benar. ilmu sejati adalah ilmu tentang diri kita sendiri. dan ilmu ini sangat-sangat hebat, melebihi ilmu-ilmu yang lainnya. agama adalah suatu jalan. ilmu sejati adalah ilmu yang menyatu dengan Yang Maha Kuasa. tidak semua orang bisa menyatu dengan Yang Maha Kuasa.hanya yang diperkenankannya. sifat-sifat Allah ada pada asmaul husna. akan tetapi bilamana sudah menyatu. Yang Maha Kuasa ada di dalam Dia dan Dia di dalam Yang Maha Kuasa. jika sudah mengenal dan mengetahui ilmu sejati. maka ilmu-ilmu yang lain tidak ada artinya. karena apa yang di ucapkannya akan terjadi tanpa amalan, mantra dan sebagainya( Sabdo pandito Ratu ) yang di ucapkan stionista dari ortunya benar adanya. so bermeditasilah untuk bisa menyatu dengan Yang Maha Kuasa. dengan kesabaran, ketekunan, dan memohon di perkenankan Oleh-NYA. Amin.

  53. untung wijaya

    Aku yg ada di dalam diri manusia hakikatnya “1” akan manunggal kepada Gusti Allah..
    Ibarat sebatang korek api itu mengaku masing2 aku…tp setelah manunggal (menyatu) dalam kotak korek api ya hakikatnya 1. tidak ada aku, kamu, cuma Allah yg ada..

    maaf apabila salah mohon di luruskan.trims.

    (Wijaya – Pemalang)

  54. suprianto

    perluas pengetahuan ilmu setelah kau tau ilmu lalu amalkan ilmumu baru kau tahu jawaban…
    Ilahadrotin syehk siti jenar alfatehah..

  55. nderek nyemak

  56. Pangeran Semapta

    Tidak ada Manusia tidak ada Tuhan.. Tidak ada Tuhan tidak ada manusia… Agama apapun itu ciptaan manusia, tidak ada satu agama pun yg benar-benar ciptaan tuhan.. Tidak ada satu orang apapun pembawa ajaran itu yang pernah melihat seperti apa tuhan itu? Krn semua itu pemberian hanya pemberian nama oleh manusia itu sendiri. Terkadang pemberian atas nama tsb mempunyai kepentingan2 tertentu tp yg berkepentingan bukanlah Tuhan melainkan manusia itu sendiri. Tuhan tidak memerlukan agama. Pikir Kata dan Laku manusia itu sendiri yg Tuhan nilai, biarpun banyak manusia beragama belum tentu semua bertuhan.

  57. Wong Bois

    Uraian dari banyak teman-2 cenderung hanya berbicara ttg ajaran Syech Siti Jenar dlm tataran umum dan bukan tataran yang sebenarnya yaitu : ILMU Kasuyatan kasempurnan ” dimana didlmnya harus mengenal dulu ” Goib Jasmani Dan Goib Rohani ” utk menuju manusia insan Kamil

  58. "putri Eling"

    “Kekasihku tiada menyamai kekasih lain biar bagaimanapun,
    Tiada selain Dia di dalam hatiku mempunyai tempat manapun,
    Kekasihku ghaib daripada penglihatanku dan peribadiku sekalipun,
    Akan tetapi Dia tidak pernah ghaib di dalam hatiku walau sedetik pun.”Sesungguhnya apa juga lintasan hati dan luahan rasa yang tercetus daripada kita bergantung kepada cara hati kita berhubung dengan Allah. Semakin kita kenali keluhuran cinta kepada Allah, maka bertambah erat pergantungan hati kita kepada Allah serta melahirkan keyakinan cinta dan kasih yang sentiasa subur.

    Lanjutan itu jiwa kita tidak mudah berasa kecewa dengan gelagat sesama insan yang pelbagai ragam. Keadaan begini sebenarnya terlebih dahulu perlu dipupuk dengan melihat serta merenungi alam yang terbentang luas ini sebagai anugerah besar daripada Allah untuk maslahat kehidupan manusia. Kemudian cubalah hitung betapa banyaknya nikmat Allah kepada kita.

    Dengan itu kita akan sedar bahawa kita sebenarnya hanya bergantung kepada Allah. Bermula dari sini kita akan mampu membina perasaan cinta terhadap Allah yang kemudian mesti diperkukuhkan dengan mencintai titah perintah Allah. Mudah-mudahan nanti kita juga akan menjadi perindu cinta Allah yang kekal abadi.

  59. "putri Eling"

    Saya sangat2 setuju dengan pangeran samapta ” biarpun banyak manusia beragama belum tentu semua bertuhan”

  60. sugeng dalu dulur2
    saya menyimak dari artikel2 yg di lontarkan dulur2,kenapa dalam ajaran ilmu sejati kok tdk membahas tentang sholat ya..padahal sholat itu wajib bagi kita..apalah artinya semua diatas itu sdh kita dapatkan tetapi kita sendiri tik pernah melakukan sholat,padahal sholat itu kan sarana kita untuk memohon petunjk kepada Allah. Allah menitipkan amanat kepd nabi Muhammad melalui perjalanan panjang dan sempat ada negoisasi dngn Allah tentang sholat.untuk di sampaikan kpd umatnya dan wajib dilakukannya untuk memohon kepadanya(Allah).tetepi kita sendiri yang melalaikannya,apakah itu sudah benar kita dibilang sdh menguasai ilmu sejati,mengetahui sejatine urip…saya merasa klo tdk salah dalam ilmu sejati cuma mengambil patokan pada makrifat saja tidak mengintip pada syariat.padahal perjalana untuk menuju ke makrifat itu diawali dengan syariat.baru melangkah ke atasnya sampai ke sabdo ing manunggal/sufi..seandainya dalam ilmu sejati kita terapkan mulai dari syariat sampai ke titik atas mungkin itulah yang dinamakan ilmu sejati yang sebenarnya….mohon maaf mungkin perkataan saya ada yang menyinggung hati panjenengan,mohon tambahan ilmunya tentang ilmu sejati saya murid baru, msh belum paham bener tentang ilmu sejati….

    ini email saya” mohalimahsun@ymail.com

  61. haku Adam,haku Muhammad,haku Allah
    yang dimaksud diatas itu,apakah kita sebagai Adam,Muhammad dan Allah ataukah perumpamaan maknana saja mengambil arti dari kiasan trsbt..kalao kita mengaku sebagai Adam,Muhammad dan Allah berarti kita ini sdh musyrik.menduakan dari mereka…padahal Allah berfirman”tiada tuhan selain Allah,Muhammad adalah Rosul Allah dan Adam adalah nenek moyang kita”manusia pertama kali” yang di ciptakan oleh Allah…mohon penjelasannya ki…..
    comen ke email”mohalimahsun@ymail.com”

  62. putri eleng saya juga sependapat dengan njenengan….dan banyak sekarang orang2 yang mengaku sebagai tuhan…..salam kenal

  63. Pengemar pf

    ,Bila brkenang mohon pencerahan utk smua n yg pny blog almt lwt fb,ni almt fb q inox_sanjaya@yahoo.com

    N q brcrita
    Dlu eyang q t,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  64. Andri aristanto

    semua yng hidup,berasal dari tiada….yang pada akirnya menjadi ada..!
    jika kita ingin hakekatnya hidup (tiadakan semua rasa)maka akan ada sebuah rasa …..!…? PADANG…! menempatkan sesuatu pada posisinya(karena mausia hidup tidak ada yng sempurna /suci) pergunakan tentara dari TUHAN untuk kehidupan Jasmani/Rohanimu)…! jadilah Dirimu Sendiri( karena baik/buruknya Sholat tidak berkait dengan TUHAN,…!SHOLAT …Dari Kamu..Oleh Kamu…Untuk Kamu..! ) dan Janganlah selalu Mengemis../ ..Merengek ..Meminta semuanya …! Kurang apakah Manusia..? sehingga ia merendahkan diri ..merengek kepada penciptanya…! dan…bukankah begitu banyaknya nikmat yang kita dapatkan …..! BERSYUKURLAH…….. jangan menjadi rakus dan selalu meminta…!

  65. 1

    5ap sebelumx pd smw yg ad dlm KWA,
    sebenarx tak ada yg salah dlm berpendapat,untuk itu t prlu salink menyalahkan,
    sejak dlu mmng ad ilmu 4.
    syari’at
    toriqot
    hakikat=
    ma’rifat
    smw g da yg slh ap lg dipermasalahkan,
    saat dlm forum pembahasan ilmu syariat – toriqot tdk bz di campuri dgn pembahasan hakikat – ma’ rifat,begitu juga sebaliknya.
    maka dri itu sebaiknya masink2 bz menaruh ssuatu hny pd tmptx,jgn qt salink menyalahkan apalgi membenarkan dirisndiri

    “KEYAKINAN HANYA UNTUK DIYAKINI BUKAN UNTUK DIPEEDEBATKAN”
    sekali lagi 5p

    ~~kosonk hampa~~
    ~~hampa berisi~~
    ~~berisi bukan kosonk~~

  66. Bandung susanto

    Salam buat dulur smua
    Buat mas dewa indra klo di perkenankan sy boleh mta pemahaman dr syeh siti jenar

  67. Putro bintoro

    Mantab ki wong alus…
    nyuwun wedaranipun malih.. suwun
    ( P7 X 7090 )

  68. Assalamualaikum…

    1.syari’ah
    2.thoriqoh
    3.hakikat
    4.ma’rifat

    Indahnya ISLAM….

  69. aq pengen tau ,apakah ada orang yang mengajarkan perihal ilmu sejati ini.di indonesia?dan apa arti ashaduAllah ananing ingsun ananig rasul ananing juwar.BALAS.ytmn980@ovi.com

  70. donisiwa

    suguh bijak mungkin ibrat era skarang syeh siti jenar adalah korban kudeta dari salah presepsi antar bragama

  71. kijagad pitu

    bagi seluruh sedulur2 dimuka bumi,contac email saya bagi yg ingin mendalami ilmu sejati sejati ning kang sampurno dari syech siti djenar.tanpa dipungut biaya,versi jarak jauh dan datang langsung.demi pelurusan ahlak manusia menyikapi tragedi eksekusi syech siti djenar yg porak poranda.tanpa dipungut biaya apapun,dan bebas agama.

  72. Hamamayuhayuning bawon0

  73. henang hening mahanani dadi.ula bin kerso siniran tirto kesabaran ..kyu gung susuengangin

  74. santri kuburan

    asalamualaikum…………….salam rahayu……….sedoyo kemawon………………… mhn ini di renungkan dng ati yg wening. JADILAH WONG JOWO SING ISLAMI LAN WONG ISLAM SING JAWANI.

  75. SiPahit Lidah

    Subhanallah…apa yang saudara saudaraku,sahabat sahabatku & teman temanku ucapkan sesungguhnya bagiku adalah benar semua adanya, atas nama ilmu sejati dan ajaran ajaran kanjeng sheikh siti jenar baik yang berpendapat pro dan kontara,setuju atau tidak setuju,yang menghujat ataupun memuliakan “ITU SEMUA ADALAH PANCARAN CAHAYA KEBESARAN ALLAH SWT.” yang dimanifestasikan dalam wujud kalian semua yang sempurna lengkap dengan kecerdasan akal,budi dan hati nurani….bila kita menyadari dengan kesadaran qalbu yang paling dalam niscaya….SEMUA YANG ADA ADALAH TIADA, SEMUA YANG TIADA ADALAH ADA DAN TIADA ADA KECUALAI “CAHAYA ALLAH”
    Subhanallah…saudaraku, bahkan manusia yang tidak percaya Tuhanpun sesungguhnya adalah hakikat ALLAH itu sendiri karena sifat “ZATNYA YANG ADA TAPI TIADA” sulit dikatakan dengan kata kata karena tidak ada kata yang bisa digunakan karena luasnya samudera perasaan akan KEBESARAN ALLAH, tiada bahasa manusia dan alam yang bisa digunakan selain bahasa “BISMILLAHIRRAHMAN NIRRAHIM” jadi saudaraku jangan ditanya apa itu ilmu sejati, karena sejatimu itu adalah PANCARAN KEBESARAN ALLAH ITU SENDIRI… maaf ki wongalus dan sahabat sahabatku sekalian atas komentar dan bahasaku yang mungkin sulit difahami…………wassalam

  76. setyo

    injih….setuju komentar e, mas si pahit lidah

    wassalam
    dulur lanang nglames. Ags

  77. santri kuburan

    ijin nyimak dan SALAM RAHAYU

  78. Mator nuwon

  79. JabrieG

    Kulo nuwun, ijin maos pa’D,

  80. @ Siembah Gantenk
    TOLONG ASMO TIGONYA DIHAPUS…
    Sebelum Datang Poncoboyo. Maturnuwun

  81. kita kemabali fitrah wujud ya

  82. arik

    SETIAP MANUNGSO DWENI SIFAT POSITIF DAN NEGATIF,MUKIN
    MANUSIA BISABICARA TETPI TIDAK BISA MEPRATEKAN DIRI SENDRI?COBA RENUNGKAN
    SEORANG MAKRIFAT MEPUYAI JIWA YG TENANG,BATIN LAN PIKIRANE INSA ALLAH KTO SEDTEN SAGET MEMAHAMI ARTI KEHIDUPAN YG SEBENAR NYA?

  83. jamhur ef alsyahadah

    Bismillah. sy setuju dgn syeck siti jenar dgn manuggalku ala gusti.tp sebenarnya yg perlu ditekan yg manunggal itu apa. …?yg manunggal itu adalah amanahnya.itulah hakikat diri kita dimuka bumi.aku ya allah .allah ya aku. maaf saudaraku seiman dan seagama ilmu sejati itu melaksanakan semua perintahnya dan menjauhkan semua laranganNya. sekali lagi maaf…

  84. muhamad tohir

    sy mbok diajari cara mmbangkitkan sukma sejati…

  85. Rathu anha

    mohon izin menyimak soalnya saya baru tahap belajar dan saya pengen masukan dari sedulur

  86. ternyata kita itu bagaikan ikan di dalam air yang mna ikan itu mencari air…
    yang ternyata menyelimutinya..!

  87. PencariMU

    selamat mlam smua,
    Alhamdulilah gejolak hati aku terjawab,
    Kbnaran sejati adalah milik Alloh semata…..
    Setiap malam kurenungkan,kucerna….di agama ap dan kepercayaan yg bagaimana agar kita sampai kepada Alloh SWT.
    Kejawen dan Tasawuf atau hal2 lain yg kucermati ternyata berinti sama,kerinduan makhluk terhadap Tuhan Yang Esa….terletak dalam kalbu insani,
    Bka hati dg ikhlas mgkin syarat utama bagiku hingga aq bertanya dlm hati dimana dan dg ap aq mencari Alloh Tuhanku,trnyata smua berinti sama meski melalui jalan yg berbeda dg berinti kepada “hati”….hanya pandangan gelap serta dangkal dan blum ikhlas menerima kbenaran sejati membuat mata batin kita tertutup…sehingga kdang lidah berulat dusta …,..dmn qta blum bsa melepas dunia karena smua adalah pengaran aran,
    Maaf jk koment saya trlalu bnyak…saya baru belajar memahami ini dan pnasaran dg ucapan2 dari kakek saya (kejawen)dan saya islam yang hanya taw syariat sedikit saja….dan kupelajari ap tujuan tasawuf …..ajaran kanjeng syech siti jenar adalah bagus dan punya kemiripan dg kejawen kakekQ,
    Mkasih y atas kterangan2 diatas tlah menyentuh hatiku…

  88. Terima kasih pd sedulur kabeh, dg blok ini saya dpt ilmu banyak dari saudara semua, saya dpt mencari apa yg selama ini saya cari. aq punya pemahaman sperti ini, Singgasana ALLAH itu diatas Arst yg berada dilangit ketuju tapi ALLAH mengutus NUURNYA untuk menerangi langit dan bumi qs ANUUR ayat35,36. yg bernama NUR MUHAMMAD dan inila yg harus kt pahami bawa NUR MUHAMMAD inila yg berada dlm diri kita.Hanya ini yg bisa sya sampaikan, terima kasih.

  89. Eckopekock

    “Manunggal Ing Kawulo Gusti”
    Kabeh iku bakal balik neng Gusti Moho
    Suci,,bakale mati,,Urip iku golek dalan pati,,
    Di ngapuro nek onten bahasa sing mboten
    Pas,,,,Salam sedulur

  90. Tai Lu Siti Jenar, Syukur sudah meninggal dunia dipenggal sunan giri …
    Ilmu sesat harus mati …

  91. seeep sandi,hanya manusia yg bs mengerti

  92. raiso

    ikut nyimak

  93. raiso

    dalam budha ada istilah isi adl kosong. kosong adl isi. cari dan pahamilah. istilah tsb.dlm islam ada adam ada hawa apakah adam dan apakah hawa..

  94. “OJO PERCOYO TEMBUNG JARENE,.. YEN DURUNG WERUH BUKTI LAN KASUNYATAANE”

    “Jangan percaya begitu saja pada : Tradisi lesan,.. adad istiadad,.. apa kata banyak orang.. Jangan percaya kepada kitab suci,.. jangan percaya kepada guru atau penuntunmu ..tetapi.. jika setelah kamu renungkan dan kamu pikirkan masak-masak ternyata hal itu masuk akal (logis) ..dan.. hal itu BERMANFAAT pada DIRIMU ..dan.. BERMANFAAT bagi ORANG LAIN ..dan.. hal itu TIDAK MERUGIKAN DIRIMU dan TIDAK MERUGIKAN ORANG LAIN ..maka peganglah hal itu sebagai ajaran yang benar dan lakukan dalam hidupmu sehari-hari…

    Artine Opo,..?!
    Ajaran kuwi ojo di untal mentah-mentah,.. tetapi BUKTIKAN dulu KEBENARANYA biar nggak kenek lecun (diempok-i)

    Pesan saya : “BERBUAT BAIKLAH UNTUK MENJADI ORANG BAIK”

    ….Ingat,..!! “SESAMA MUSLIM OJO JOTOSAN,..!!”

    [Wong Agung]

  95. putra lawu

    Kenali dulu dirimu sebelum kau mengenal tuhanmu, jika engkau mengenal siapa dirimu niscaya kau akan mengenal tuhanmu

  96. gendero jowo

    sing penting ngerti baline neng.kandange dewe2. urip ojo gawe gelo sepodo podone.

  97. X;m'tan. Child

    Terimakasih Pencerahannya, sebagai bekal untuk ‘hidup’ di kehidupan didalam kebenaran.

  98. Syeh Siti Jenar.. beliau adalah tokoh yang tak akan habis di kaji ilmunya..

    Selamat pagi..
    salam kwa.6513

  99. Assalaamualaikum ki ,sy mau dftar jd anggota kwa,kp cipicung rt04/1,cibolang mangklya cisaat-sukabumi-jawa barat no hp 085659138331

  100. eko

    ** *** *** **

  101. basuki

    Betul sedulur sedulur…salam paseduluran

  102. asalamualaikum kagem sudulur2 kabeh nopo to kang kok baru sak iki di goleki di debat ajaran shek siti jenar asma alloh yang haq atau asmaul haq nopo sajane islam ajarane neng indonesia sami kaleh wonten arab padahal pusate wonten arab saudi lekne ajaran kiai indonesia wonten islam sejati id sukarno wahabi ahmadiyah wahidiyah lan tasek katah ajaran2 liyane sakniki di banding mawon kaleh neng arab SAUDI wonten mboten APA DISANA SOLAT 5WAKTU ITU DI JALANKAN APA TIDAK ATAU CUMA BERDIKIR SAJA TP TIDAK SOLAT dan kita di indonesia jangan taksuf dengan aliran2 baru yang atas nama ISLAM TAPI TAK ISLAMI kita ambil yang gampang saja rosuloh itu sembahyang apa tidak dhikir apa tidak atau cuma sembahyang saja atau dhikir saja atau sembahyang dan DHIKIR nyuwun ngapunten ingkang katah wasalamualaikum waroh matuloh

  103. eenor

    buat sesepuh wong alus:trima kasih atas tulisannya dimana saya bisa lebih memahami diri sy sendiri.
    buat pengkomentar kasar:bagaimana bisa mendapatkan kebenaran kalo qita saling menyalahkan…
    buat yg bingung:sudah biasa antara kebenaran dan kesalahan itu harus ada krna smua itu keseimba
    ngan.
    bagi yg mau menilai agama:smua agama itu pada hakikatnya bnar,tanpa agama lain islam tidak akan
    sempurna keislamannya.klo ada kata kok bisa?(kalo gak ada isa sj alqur
    an akan kurang surat”nya….simplenya begitu)
    bagi yg islam sesuai ajaran rosul:memang benar ngambil amannya sj,ketimbang salah menafsirkan
    ajaran bisa sesat nantinya.islam sudah sempurna,pahami semua yg
    tersirat didalamnya.
    bagi lelaku syariat,tarikat,makrifat dan hakikat:jangan terbuai setelah menjalani ke makrifatan dan
    kekhakikatan harus bisa kembali ke syariatnya.karna
    itulah kodrat
    bagi saya>>>saya bingung knapa umat islam suka dgn KAROMAH sedangkan agama lain seneng
    dengan mukjizat.

  104. pERTANYAAN : APAKAH SITI JENAR STDAH WAFAT DAN DI MANA MAKAMNYA YG SAYA TAU ORANG BERJIARAH KE MAKAM WALI 9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: