WUJUD ALLAH MENURUT SEMBILAN WALI


Makrifatullah sebagai pengenalan tertinggi kawulo/hamba pada gusti telah dialami oleh para wali penyebar agama Islam di Nusantara. Mereka adalah suri tauladan pencapaian pendakian spiritual bagi kita, pencari jalan Ilahi. Apa dan bagaimana makrifat dari para wali  dan bagaimana wujud Tuhan yang sebenarnya?

Makrifat adalah sebuah situasi mental dan kondisi kejiwaan yang  dialami oleh siapapun yang menginginkan adanya perjumpaan dengan Tuhan Semesta Alam. Salah satu momen makrifat yang paling fenomenal dalam sejarah para nabi adalah apa yang dialami Nabi Musa As saat ekstase/ fana/jatuh tersungkur di bukit Sinai saat “menatap” wajah-Nya setelah gunung yang ada di depannya hancur karena tidak sanggup ditempati pancaran cahaya-Nya.

Makrifat bisa diraih dengan perjuangan dan laku yang berat.Dalam khasanah tasawuf, kita akan diajari bagaimana laku yang berat tersebut harus dijalankan untuk menyingkirkan dan menerobos hijab menuju langit. Hijab adalah tirai selubung penutup batin kita sehingga kita tidak mampu menggapai wujud-Nya.

Hijab di dalam perbendaharaan kaum sufi bisa dikategorikan menjadi sepuluh besar. Hijab ini berasal dari empat unsur, yaitu unsur jiwa, dunia, hawa nafsu, dan setan:

Hijab ta’thil, yaitu meniadakan asma’ dan sifat Allah.

Hijab berupa kemusyrikan, yaitu manembah kepada selain Allah.

Hijab bid’ah qauliyah yang tidak ada pijakannya dalam agama).

Hijab bid’ah ‘amaliah atau perbuatan yang menyimpang dari kebenaran iman dan ikhsan

Hijab batiniyah: takabur, ujub, riya, hasad, bangga diri, sombong dan iri dengki dan lain-lain.

Hijab lahiriyah: Perbuatan Ibadah yang tidak diniatkan untuk berjumpa dengan-Nya.

Hijab dosa kecil. Melakukan perbuatan dosa-dosa kecil namun banyak.

Hijab mubah. Melakukan perbuatan mubah namun tidak dianggap sebagai sebuah dosa.

Hijab lalai dari misi penciptaan dan iradat Allah.

Hijab penempuh jalan spiritual yang bersusah-payah, tetapi namun tidak sampai tujuan.

“Sekali-kali tidak, sesungguhnya mereka pada hari itu benar-bena tehijab dari (melihat) Rabb mereka. Kemudian, sesungguhnya mereka benar-benar masuk neraka”
(Al-Muthaffifin: 15-16)

Setelah semua hijab terbuka dan seseorang pejalan spiritual sudah sampai ke langit ketujuh di dalam diri sejatinya, maka seseorang akan kebingungan dan berada di alam “suwung”/ ora ono opo-opo. Semua pendamping kini telah meninggalkannya termasuk diri, malaikat dan para rasul. Dia kemudian dibimbing oleh Tuhan sendiri untuk berjumpa dengan  Dzat-Nya.

Apa yang terjadi sesudah kita bermakrifatullah? Tidak ada kata yang mampu menjelaskan situasi dan kondisi fana tersebut. Namun, kita bisa mendapatkan penjelasan dari para wali saat mengalami fana tersebut. Bagaimana wujud Allah SWT?

Sunan Kalijaga: “Allah itu adalah seumpama memainkan wayang.”

Syekh Majagung: “Allah itu bukan disana atau disitu, tetapi ini.”

Syekh Maghribi: “Allah itu meliputi segala sesuatu.”

Syekh Bentong: “Allah itu itu bukan disana sini, ya inilah.”

Sunan Bonang: , “Allah itu tidak berwarna, tidak berupa, tidak berarah, tidak bertempat, tidak berbahasa, tidak bersuara, wajib adanya, mustahil tidak adanya.”

Sunan Kudus: “Jangan suka terlanjur bahasa menurut pendapat hamba adapun Allah itu tidak bersekutu dengan sesama.”

Sunan Giri berpendapat, “Allah itu adalah jauhnya tanpa batas, dekatnya tanpa rabaan.”

Syekh Siti Jenar: “Allah itu adalah keadaanku. Sesungguhnya aku inilah haq Allah pun tiada wujud dua, nanti Allah sekarang Allah, tetap dzahir batin Allah”

Sunan Gunung Jati:  “Allah itu adalah yang berwujud haq”

***

@. wongalus, 2009

About these ads
Categories: WUJUD ALLAH MENURUT PARA WALI | 62 Komentar

Navigasi pos

62 thoughts on “WUJUD ALLAH MENURUT SEMBILAN WALI

  1. Orang sering mengatakan makrifat, juga syari’at. Padahal bukan begitu pembagiannya. Syari’at itu artinya jalan, sehingga semua ajaran agama itu adalah jalan menuju Tuhan. Selain ada jalan juga ada metode (manhaj), artinya cara untuk menuju Tuhan itu sebaiknya bagaimana? Apakah mengendarai mobil, motor, pesawat terbang, kereta api, dll..
    Kita mestinya menginginkan jalan bebas hambatan dgn kendaraan yg paling cepat. Jalan tol itu adalah jalan lurus atau siratalmustaqim. Setiap hari kita mengucapkan Ihdinasiratalmustaqim adalah supaya kita ditunjukkan jalan tol tersebut. Sedangkan kendaraannya bermacam-macam, ada yg pengen naik becak, pit onthel, sepeda motor, mobil dll.. itu merupakan pilihan masing-masing. Yang penting tidak boleh saling mengejek. Dalam Qur’an disebutkan, “Jangan mengolok-olok suatu kaum bisa jadi yg diolok-olok itu lebih baik”.

  2. Dimana kekuatan manusia berhenti,disitulah pertolongan Allah mulai berperan.Dialah yang mengajari kita,yang menguatkan kita,yang menjadi segalanya bagi kita,dan Dia sendirilah yang menuntun kita kepada Nya.

    Manusia yang percaya pada Sang Pencipta akan menghargai manusia dan semua ciptaan Nya.

    salam rahayu.

  3. ahmad zainul ihsan arif

    Saya bingung dengan istilah dosa-dosa kecil. Dosa-dosa kecil itu seperti apa ki alus. salam sayang selalu

  4. Yth Mas Ardi, Yang Kung dan mas Zainul.. Matur Nuwun. Sedaya penjelasan panjenengan mugi ndadosaken tambahan ngelmu lan manfaat. Rahayu, dilanjut sederek sedaya…

  5. lorMuria

    Hmmm…
    Damai dihati damai disini damai di alam semesta..
    Salam kasih dan sayang dalam Keberkahan Rahmat dan Kasih SayangNYA untuk semua yg ada di sini..

    Salam sihKatresnan
    Rahayu
    nuwun

  6. jened

    penjabaran yang diungkapkan siti jenar ini gamblang dan terbuka , efek dari manunggalnya kawula dan gusti , dan pencapaiannya , sehingga ungkapan aku ini haq allah , lahir batin allah secara harafiah meski kita belum merasakan kemanunggalan dengan gusti kita tetap manunggal , semua mahkluk sudah manunggal sadar atau tidak , memang terlihat banyak tapi satu kesatuan, dalam pencapaian batin dimana saat mencapai kekosongan , disana tiada apapun , tapi ada “aku” dan “hampa” , aku sejati ini bisa dikatakan yang “nanggep” sedangkan sifat dan perbuatan adalah ibarat “dalang” dan “wayang” kodrat iradatnya tetap dari satu sumber “yang nanggepin” apapun itu sehingga bagaimanapun secara sadar atau tidak ikhlas atau tidak ,dalam pengakuan aku ( dlm tingkatan ego pribadi,identitas membumi ) ” ya aku ini allah ta ala kodrat iradat lahir batin , sampai kapanpun kemaren atau besok ya aku ini allah yang haq , itulah insan kamil berdiri secara mandiri menopang dirinya sendiri

  7. kok rasanya sulit sekali mengenal ALLAH, sampai perlu laku berat untuk mengenalnya, padahal ALLAH tidak dimana-mana. ALLAH sudah bersama kita setiap hari, setiap saat, setiap detik,kapanpun dan dimanapun. ALLAh tidak dimana-mana karena ALLAH ada disini dan disini. kunci untuk mengenal ALLAH adalah RELA, rela untuk dialiri ALLAH, rela untuk dikehendaki ALLAH, rela menerima ALLAH dan segalanya.makrifat

  8. punten ikut nimbrung lagi, kanggo mas zainul dosa serta pahala itu bahasa mahluk, jadi tidak ada kedua hal itu dalam ma’rifat…

    untuk saudaraku ‘kanjeng’ wong alus semoga limpahan Tuhan demikian, pangapunten ‘ki kanjeng’ wong alus, kapan mereka berbicara seperti ini? dan kepada siapa mereka berbicara?

    ” Allah itu adalah seumpama memainkan wayang???
    Allah itu bukan disana atau disitu, tetapi ini???
    Allah itu meliputi segala sesuatu???
    Allah itu itu bukan disana sini, ya inilah???
    Allah itu tidak berwarna, tidak berupa, tidak berarah, tidak bertempat, tidak berbahasa, tidak bersuara, wajib adanya, mustahil tidak adanya???
    Jangan suka terlanjur bahasa menurut pendapat hamba adapun Allah itu tidak bersekutu dengan sesama???
    Allah itu adalah jauhnya tanpa batas, dekatnya tanpa rabaan???”

    ini masih berupa serpihan dan belum masuk pada murni inti, sejarah yang asli harus diungkap dulu…pangapunten…
    salam

  9. amr

    tolong sumber ilmu yang anda dapat disebutkan kitab atau buku rujukannya dan ayat quran atau hadist nabi…..jangan asal tulis….saya takut ini hanya pikiran anda saja…jangan suka bermain dengan alam pikiran karena setan mampu mengelabui pikiran..setan dapat masuk dari pori-pori kulit kita apalagi pikiran kita…salam sayang ya akhi….para wali menuntut ilmu oleh banyak guru dan banyak kitab yang mereka hatamkan dan banyak laku yang dijalankan….

  10. Yovi

    Hapunten ngiring nimbrung,alloh bukan disana/disini tp ini,punten bade naros ka kisuwung alus,kalau memang demikian jadi siapa yg disembah dan siapa yg menyembah? Kalau memang alloh dikatakan “ini”mhn penjelasanya…! Maaf,ada satu hal lg,berangkat dr pengalaman sy,suatu malam sy dzikir dg niat ingin jumpa dg “RABB”bukan alloh,lalu sy dijmpt oleh 2 sosok yg mengaku malaikat,mrka diutus oleh “RABB”utk jmpt sy,lalu sy ikut,dan yg terjadi sy bingung krn dg tiba2 sy sendirian tak ada apupun(suwung) tak ada brt,timur,dan arah lainya,tak ada bwh,tak ada atas,pandangan tak terbatas,tdk gelap,dan tak ada matahari tp terang.tak ada angin,intinya tak ada apapun dan siapapun kecuali saya.dlm kebingungan sy bergumam”dimanakah RABB yg sy cari”lalu ada jawaban tanpa kata dan bahasa pun tak ada bentuk,tp anehnya sy mengerti apa yg sy dengar.kalimat inilah yg sy dengar”AKU ADALAH RABB”terdengar dg jelas tp rasanya dibilang jauh tdk pun dibilang dekat tidak.setelah itu sy kembali kealam sadar.tentram jiwa sy tp fisik lemas.dan yg sy amalkan dzikirnya lahaula…dst,serta jiwa sy melakukan pengakuan dan pemasrahan total.Apa yg terjadi sm sy kala itu,KI…?Mhn penjelasanya.sekali lg sy mhn maaf,semata mata karena kebodohan dan kefakiran saya sbgai insan biasa,hatur nuhun pisan,diantos waleranana ti pangersa kisuwung.permios…….

  11. wongalus

    @Yovi: teruskan perjalanan batin Anda menuju samudra rasa yang tiada terhingga. Kelak, Anda akan menjadi orang yang akan memberi pencerahan dan sangat bermanfaat pada orang disekeliling Anda. Semoga selalu mendapatkan bimbingan dan tuntunan dari Allah SWT.

  12. monggo dilanjut ajaran ma’rifatnya,….
    mas ades,sg realitas,ms yovi…dan para orang yg berilmu,mohon di share ilmunya.

  13. kalau boleh tau ambil referensi dari mana?

  14. aris

    Alllah itu sifatnya CAHAYA DIATAS CAHAYA YANG DI TUTUP ( SURAH AN NUR)
    DAN ALLAH MENERENGAKAN DIRINYA DALAM AL QURAN DAN MAHLUK TIDAK DAPAT MENJANKAU DIA KECUALI DI IZINKAN OLEHNYA ( DIALAH AL-AMIN YANG DI ANGKAT DI MAKTU ISRA MI’RAT)
    DAN SALAM KEPADA GURU2 YANG IKHLAS DAN YANG MEMBAWA SEYUM RAHMAD

  15. barang siapa mengenal dirinya sendiri maka dia akan mengenal ALLAH.
    AKU di dalam dirimu tp mengapa kau tak mengenalku bahkan AKU lebih dekat dari urat saraf nadimu..

  16. syaiful

    Menurut ku “Allah itu adalah Aku tapi aku bukan lah Allah”,
    statement di QS 20:14: Sesungguhnya Aku ini Allah…. itu adalah statement Allah. jadi kesimpulannya semakin ingin mengenal Allah maka akan semakin mistery.

    yang penting menurut ku, nikmatilah perjalanan sipritual tanpa melupakan dunia dengan pasrah sesuai kehendak diri sejati.

    salam

  17. Samiaji

    kita sering jerjebak, antara rasa dan perasaan kita.

  18. satrio ilang

    ternyata kata2 tak mampu mewadahi makna rasa.. ketika kata2 muncul, maka logika yg bermain. setelah logika bermain dan tidak menemukan arah, maka yg terjadi adalah keputusasaan. kadang2 logika juga tak mampu menampung kata2 yg keluar dari rasa.. ungkapan2 di atas masih mudah dilogika, tp tentunya logika akan hanya mendapatkan kulit arinya saja, tidak mendapat kedalaman makna dan rasanya.

    pengalaman Ibrahim AS ketika ekstase memposisikan Tuhan sebagai org ketiga dg menyebut kata “DIA”, baik kepada bintang, bulan, maupun matahari, sebelum akhirnya menemukan Tuhannya
    Pengalaman Musa AS ketika ekstase memposisikan Tuhan sebagai org kedua, sehingga menyebut Tuhan dg sebutan ENGKAU..
    pengalaman Isa AS ketika ekstase memposisikan Tuhan sebagai org pertama, sehingga menyebut Tuhan dg sebutan AKU.. (Tuhan sbg org pertama, sedangkan diri Isa AS sendri sebagai tidak ada)

    sedangkan umat Muhammad SAW bisa di posisi manapun dari ketiganya
    Demikian ungkapan yg saya dpt dari cak nun sekitar tahun 1996.

  19. Iswan

    Ass,, para sedulur.sy setuju dgn mas Nizar.mengenal diri brarti qt mengenal Allah.namun Allah tetaplah Allah dan Hamba tetaplah Hamba.4 dri ibu, 4 dri bapak, 5 dari Allah ada pda dri perlu qt ketahui utk mengal Allah SWT. By Isone_Exotis@yahoo.co.id

  20. akal budi

    ALLAh itu DEWA BULAN!!!!

  21. Si Bandel

    ilmu ma’rifat yg menggetarkan dada, salam salim semuanya.

  22. Siembah Ganteng

    nuhun ki, mengingatkan saya ntuk mengingat Allah, mengingat Allah hati saya menjadi tenang, walau lg banyak utang…tarik nafas Ya..hembuskan Allah, Allah,Allah,… Ya, Allah,Allah,Allah…tanks !

  23. dewaputrajaya

    ALLAH TIDAK BER- WUJUD MASIH RAHASIA…………..
    JADI GA SAMA DENGAN YESUS YG DIBENTUK MERIP PATUNG……

  24. @ YUDI TERUS JO TERUS JOTERUS JO JGN BERHENTI…..
    MANTAP………..SEMUA AMIN

  25. Ikutan Nyimak zja ………..,

    Malah Jd Binun aQ….?

  26. Jangan mempermasalahkan tentang Alloh. Permasalahkan diri / pribadi masing2 karena insan yang sempurna itu pasti diperlihatkan wujud Alloh. Kenapa demikian? karena semua berasal dari Alloh, mestinya sudah mengalaminya. Kalo sejak lahir di dunia tetap fitroh sampai sekarang, pasti masih diperlihatkan WUJUDULLOH. Nah..sekarang kkita koreksi diri aja, kita di posisi atau di pos mana kedekatan kita dengan Alloh.

  27. Seberapa banyak hijab antara kita dengan Alloh, banyak sekali, sedikit atau sudah tak berhijab? Terima kasih. hsiswanto7@gmail.com

  28. hsiswanto7@gmail.com .. sekali lagi jangan memperbincangkan atau membahas keadaan Alloh karena Alloh terlalu agung dan tidak pantas diperbincangkan apalagi diperdebatkan, kan sudah dijelaskan oleh Muhammad Rosululloh. Sekarang enaknya menyadari, hidup kita ini apakah sudah berperan sesuai Visi dan Misi Alloh terhadap kita. Tolok ukurnya di situ, semakin jauh dari visi & misi, semakin besar hisab kita. Semakin sama hingga tanpa selisih (0) semakin tanpa hisab.

  29. bonar

    mohon maaf poro sedulur…berbicara masalah wujud alloh…pahami dulu babakan sifat wajib nya gusti alloh dan sifat mokhal nya dan wenang nya alloh……kalau memang sudah betul2 paham dan hatam mengkaji babakan ini…..insyaalloh tidak kesasar dg wujud alloh…mohon maaf kalau ada yg salah dari yg doif ini wasalam

  30. bonar

    …sifat wajibe alloh 20 mokhale 20 wenange 10 dadi jumlahe 50 sing di arani muktakot 50 laaaa kuwi kudu di pahami diseeeek ben ora kesasar gayuh marang babakan makrifatu billah

  31. Sorban Terbang

    Assalammu’alaikum,wahai sedulur KWA,
    tempuhilah dulu Syari’at sebagai landasan dasar atau pondasi,menjalankan perintahNYA dan menjauhi segala larangaNYA .
    ” 4jJi ” Artinya : Yang menciptakan
    mahluk dari tiada menjadi ada, dan RABB semesta alam.

  32. mbah kebak duso

    assalamualaikum wr wb…
    simbah nderek mojok midangetaken…
    lan alhamdulillah saking komen2 meniko katah kang ngertosi ALLAH SWT…mugi sedoyo angsal makrifat..amin..amin..amin

  33. ngelindur

    hmm….semarang oh semarang….kota kelahiranku…..aku tahu persis dari PETA ATLAS dimana posisimu……sesampainya di kota semarang tak sanggup aku menunjuk dan menjelaskan dimana semarang,yang lebih tololnya sampai sekarang masih kucari petunjuk pada orang2 semarang yang tinggal di semarang..dimanakah semarang..(‘)di jawabnya “disini”pun (aku masih bingung)………..1×1=selamanya akan tetap satu maka satulah satu dan satu tuk satu hingga sirna dan satu…..-ngelindur.com-

  34. JangEka

    Ada be2rapa p’tanyaan yg bisa djawab & jawabn yg lain’y hrs menunggu sampai yg b’tanya dpt mengerti…
    Tuhan adl suatu citra terAmat tinggi, sangat mempesona & terAmat Agung utk djelaskn dgn kata-kata, klo pn ada definisi utk Tuhan hanyalah “Laysa Kamiskhi Syai’uun” Tdk Ada Sesuatu Yg Seumpama DgnNya !
    Bicaralah : Robbi Dlm Kediaman Alam, Telinga Hatiku Terbula Menanti Seruan-Mu.

  35. sutrisno

    Ass wm wb ki wong alus
    mediskusikan tentang ujud allah, sedangkan kalau ada sepuluh jt orang, satupun belum tentu di tau rasul2nya wasalam

  36. brist

    sabda Nabi saw, “Tafakkaruu fi khalkillah walaa tafakkarua fi dzatihi” (= berpikirlah kamu tentang ciptaan Allah tapi jangan berpikir mengenai DzatNya).

    fikiran kita tak berkapasiatas untuk memikirkan zat ALLAH., jika kita memikirkan zat ALLAH pasti setanlah yang memberi bisikan sehingga kita tersesat..

  37. brist

    @ mas syaiful
    assalamu’alaikum.
    sebelumnya mohon maaf, ingin memberi masukan..

    14.إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

    Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

    jangan sepotong2 dalam menafsirkan ayat, dan juga sebaiknya di dampingi guru Ahli tafsir., tanyakn_

    sebelum ayat itu berbunyi:

    وَأَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوحَى
    13. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu : Rasulullah Saw.).

    dapat disimpulkan bahwa pernyata’an “Aku ini adalah Allah” adalah pernyataan Allah kepada Nabi Muhammad Saw. untuk menyatakan bahwa yah akan memberi wahyu adalah Allah Swt.

    mari berhati-hati dalam membaca tafsir al-qur’an, banyak tafsir yang artinya berupa kiasan, sebaiknya tanyakan pada ustad, atau kiayi. jangan tanyakan pada tukang sapu, OB, atau orang lain yang tidak menguasai tafsir qur’an.

    mohon maaf bila banyak salah kata yang saya ucapkan yg tdk brkenen di hati..

  38. amank pbm

    Nama:Amank Alamat:Banjarbaru/Kal-Sel No hp:087716408382 Email:binuang.putra@yahoo.co.id

  39. LAA MAUJUD ILLALLOH, MA’RIFATULLOHI TA’ALA SYAHADATUN NAFSIN WAHIDIN LAA SYARIKALAHU LAA ILAHA ILA ANA

  40. ahmad

    Bismillah :
    Siapa Allah ?
    Allah adalah Tuhan kita, sembahan kita, penolong kita, pencipta kita, peencipta seluruh alam semesta (alam nyata, alam ghaib,padang masyar, alam surga beserta kenikmatannya, alam neraka beserta siksanya, alam barzah beserta siksa kuburnya, alam rahim beserta kejadian-kejadian penciptaanya dalam rahim, alamruh beserta dengan syahadat seluruh hamba-hambanya akan pengakuan Alah sebagai Tuhan dan alam-alam yang berada dalam kekuasaannya.
    Allah pencipta, manusia yang dicipta dan seluruh alam ada dalam kekuasaannya
    Allah Raja yang sebenarnya yang dipatuhi oleh penduduk langit yaitu para malaikat yang dimuliakan
    Allah tidak dapat dilihat, tapi memandang Allah bisa dengan hati yang bersih
    Allah berdua ketika kita sendiri, bertiga ketika kita berdua, berempat ketiika kita bertiga
    berlima ketika kita berempat, sejuta satu ketika sejuta, sepuluh miliar ketika kita sepuluh miliar satu
    bersambung insya Allah….

  41. Daim krisnajaya

    Ass wb allah itu dzat laesa dzat yg tida ada umpamanya. Kalau kita ingin meyakinkn ada nya allah kontrol diri kita, tandanya ada allah ada kekuasaannya. Maka kita wajib tumarima semua yg ada di diri kita atas kebesaran allah(sholat).wslm

  42. Tiang alit

    Menurut saya,kita bs dekat sm Alloh kalau jiwa kita sudah terasa semeleh (tenang). berjalan sesuai sunatulloh,bahwa Alloh iku sutradara (Dalang) yg sangat sempurna

  43. akusejati

    allah itu tdk bisa di gambarkan.
    dan tidak bisa kita bayangkan wujudnya. munkin para nabi dan rosul yg di tunjuk allah untuk menemuinya. ya mereka itulah yg tav wujud allah..
    dan wujud kita ini adalah ciptaan allah.. dari beberapa ciptaan allah. mungkin yg benar adalah allah itu adlah dalang sebuah wayang dari semua kehidupan jagad raya..
    sbg umat kita haruz saling mengingatkan oke zob salam persahabatan ki kwa

  44. balakaciprut

    Dia ALLAH tidak terjangkau oleh alam pikiran, memikirkan Zat ALLAH bisa bisa binasa kita..yakini saja karena tanda tanda kekuasaanya bertebaran dialam semesta termasuk pada diri kita sendiri

  45. shesill

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb . . . .

    Salam kenal dan salam ukuwah semua’y . . . .
    Mau ikut nimbrung . . . . Sblm’y punten untk admin & sepuh-sepuh ane cuma mau ngasih masukan saja . . . . Sblm mengenal Allah Sebaik’y kita mengenal dan ketemu dulu dngan ciptaanNYA krna blm tentu kita akan kuat untuk bisa ketemu dngan semua ciptaan’y.Ingat Ciptaan Allah bkn hanya Manusia , Hewan dan Tumbuhan Saja…Nah untk mengaji Sesama manusia atau dngan Hewan dan Tumbuhan yg dah jelas2 ciptaan Allah yg dhohir aja Kita msh jauh kok ya mau ketemu Allah….Sudah faham blm dan sudah mengenal blm dan sudah dekat blm dngan ciptaan Allah yg dohir aja dulu jgn yg ghaib….Dan sudah bersyukur blm kepada Allah kalo kita telah di ciptakan mereka oleh Allah? Kalo blm,,,lakukan itu dulu br msk ke taham yg lanjut’y

  46. shesill

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb . . . .

    Lanjut yg tadi . . . . Setelah bersyukur dan mengenal ciptaan Allah yg dhohir aja dulu td . . . . Apa ente2 kuat kalo mereka ngajak ngobrol dan ente mengerti bhasa tumbuhan,hewan,bumi yg kita pijak,air yg kita minum,batu kerikil yg kita sepak,nasi yg akan kita masukan ke mulut kita…Bagaimana kalo nasi atau air yg akan kita masukan kemulut kita mereka protes tidak ikhlas?Atau bagaimana bumi yg kita pijak tidak ikhlas kita injak2 tiap saat? Mereka jg hidup loh . . .
    Nah mengenal ciptaanNYA yg dhohir saja blm tentu kita Kuat apalagi untk bisa berjumpa dngan yg menciptakan Kita,,,gak usah lah untk ngebahas wujud dan apalagi mau ketemu wujud dr Sang Kholik Sangat2 Tidak Pantas Kita ini . . .

  47. Kalau ingin dekat dengan Allah baca : Subhanallah Walhamdulillah Wallaillaha Illaha Allahu Akbar

  48. kimpo

    Maaf …Kalo boleh saya tau ….. dari dasar manakah panjenengan mengatakan langit ke 7 dalam diri sejati kita adalah alam suwung / “ora ono opo opo” ???
    Mohon yang bodoh ini dijelaskan agar menjadi sedikit tau …
    Matur Suwun

  49. djanoko

    assalamualaikum.wr.wb
    yah memang sebaiknya tiap kata di kupas tuntas brdasar sumber n hukumnya..agar para muallaf spt saya tdk salah.jalan.n gampang mengeerti…suwun

  50. afiros

    Menyimak sugeng rahayu.

  51. alvaro

    allah adl dzat.tag brwarna brbentuk. allah adlah sumber dari sgala energi.. hehe..

  52. Isa mardanus kuncoro

    Ada kitab bumi ada kitab langit cuma orang kadang tak memperhatikan saja.
    Kedua kitab tersebut saling menjelaskan satu sama lain tentang banyak hal.Dengan kitab bumi surga juga ada 2 surga didunia yang tak abadi dan surga diakhirat yang abadi.
    menurut kitab bumi ALLAH bisa ditemui didalam batin didunia ini dan dilihat dengan mata kepala langsung saat diakhirat nanti.
    saya pernah pergi kebagian batin yang saya namakan TANPA DIMENSI disana saya menjumpai GODBLESS (berkat TUHAN ) disana bisa dilihat bentuk ( GODBLESS ).
    Salah satu arti gaib ialah tersembunyi.
    Perlu pemahaman yang luas dari berbagai kitab suci,dari sejarah alam semesta jutaan tahun lalu,memahami diri sendiri ,melihat tanda tanda jejak jejak alam semesta merenungkan dari berbagai sudut pandang hal hal diatas karena masa lalu ada sejarahnya meninggalkan jejak tanda tanda dimasa lalu.
    tanda tanda alam semesta ada dalam diri manusia tersembunyi terpendam contoh matahari adalah mata kananmu bulan adalah mata kirimu dstnya
    Alat dunia ganti berganti bila kita tahu sejarah alam semesta ribuan tahun lalu dan merangkainya mengbungkannya dengan sempurna maka kita akan tahu ribuan tahun kedepan dimasa depan misalnya ribuan tahun lalu suku arkadia datang kebumi dengan kendaraan roket dan berjumlah 600
    orang
    lihatlah alam semesta begitu luas begitu indah terangkai dengan sempurna dalam diri manusia karena manusia adalah ekspresi dari alam semesta
    bila kita sedang menulis atau berbicara sebenarnya kita sedang mencampur bumi dengan langit
    tentu hal ini bisa dijelaskan dan dibuktikan
    ilmu itu menjaga hidup kita tapi kalau harta kita yang menjaganya
    melihat dari berbagai sudut pandang misalnya A berpikiran nyamuk itu mengganggu dan tak berguna
    dan B berpikiran nyamuk bisa membuat dia kaya lalu dia buat pabrik obat nyamuk terus berusaha dan benar benar membuat dia kaya
    saya perhatikan orang orang berpikiran surga itu sulit sekali mencapainya padahal ada cara yang mudah untuk mencapainya.
    Surga artinya Kebahagiaan
    ibadat itu artinya 1. ibadah 2. segala usaha lahir dan batin sesuai perintah TUHAN untuk mendapat kebahagiaan dan keharmonisan hidup baik untuk diri sendiri,keluarga ,masyarakat dan alam semesta
    udah dulu ya semoga bermanfaat untuk semua terima kasih

  53. abdul

    seruuuuu,…… lanjut…

  54. ambia alexander

    syariat itu ya makrifat, makrifat itu ya syariat, laksanakan dulu syariat yang sesuai alquran dan sunnah rasul, jika sudah ya otomatis ke makrifat juga akan kita dapatkan. jangan cuma melakukan makrifat malah syariat ada yang ditinggalkan, allah tidak menganjurkan lewat tol untuk mendekat kan diri dari nya. cara tawassul jangan di MODIFIKASI, lakukan dengan iklas dalam pelaksanaan syariat islam dan berdasarkan alquran dan sunnah rasul, adat ya adat, tradisi ya tradisi tapi jangan digabungkan ke dalam syariat agama islam dalam pelaksanaannya. jika kita telah menjalankan syariat islam berdasarkan alquran dan sunnah rasul, insya allah kita akan dekat dengan allah, pelaksanaan syariat jelas ada jalan atau tuntunan dari rasullullah, yang berpedoman dari jalan hidupnya sehari hari. dengan kata lain urusan akhirat pada rasullullah lah pedoman kita. adat, budaya, tradisi jangan kita campur adukkan dalam pelaksanaan syariat islam.

  55. azan

    menurut pengalaman spritual yang saya alami ketika kita berjumpa dgn maha suci allah S.W.T allah itu memiliki wujut yang sangat nyata ketika di lihat sekilas mata kita kalau manusia memandangnya beberapa detik manusia tidak akan sanggup menahanya, allah itu ibarat bercahaya keemasan, bila di pandang sekejap mata dia berlapis 3 cahaya yg berkilau, yg di nauing lingkaran besar yg di setip ujung lingkaran terdapat Nur-Nur suci malaikat yg terus bertasbih kepada ALLAH S.W.T ketika itu dimna saat itu perasaan diliputi ketakutan yg sangat hebat, kebingunan yg amat dalam , kehampaan-kehampaan ruang wujut yg sangat luar biasa tampa batas.
    barang siapa yg mengalami perjalan spritual batin yang bertemu dgn maha suci ALLAh dia akan melewati 3 ruang dimesi cahaya illahi , 1.-nur malaikat dmna semua manusia dapat menggapai semua dimensi ini hanya sja mreka tdk menyeadari keberdaan mreka dsna, 2-nur muhamat disna terdapat gembang cahaya menuju langit menuju nur cahaya paling suci maha suci allah S.W.T yang di ujung gembang terdapat cahaya seperti matahari yaitu nur cahaya Jibril.
    wujut allah yg dilihat seorang manusia berbagai macam sejauh manah tingkat hubungan kebatinan sesorang dan allah S.W.T tersebut.
    teruslah berjikir kepada allah di waktu malam dan rindukanlah pertemuan dengan dirinya setiap waktu isnyya allah dgn izin,x kalian akan bertemu dgn dirinya, ingat rindukanlah pertemuan dgn dirinya bukan menita ataupun berdoa memohon sesuatu…?

  56. Ketika ingin jauh mengenal Allah yang maha dekat, maka hendaknya fahami dahulu akan jalan(agama) yg sedang kita tempuh……! “Ketika engkau berkesimpulan bahwa engkau adalah Muslim maka jawaban itu adalah hijab dan menjauhkan diri dari pengenalan terhadap Allah….lalu ketika engkau menyimpulkan bahwa engkau bukanlah Muslim maka sungguh jelas bahwa engkau tlh masuk kedalam golongan yg dilaknat Allah…..!!! Uraian ini juga merupakan perwujudan kesiapan diri kita menghadapi sidang dimahkamah Allah yg tertinggi kelak diakhirat……! “APA AGAMA-MU….? Maka kebanyakan kita akan menjawab….ISLAM AGAMA-KU……..Dan ada yg akan menjawab……..(Maaf hanya contoh:) MAJUSI AGAMA-KU……..Apabila jawaban AGAMA ISLAM dipersalahkan…lebih2 jawaban yg MAJUSI…..Lalu…….bagaimana kita menjawab??? ini-lah secuil rahasia yg patut diungkap sebelum keinginan kita ingin lebih jauh lagi bahkan hingga ingin berhadapan langsung dgn Wujud Allah Rabb Semesta alam…..Wallaahu a’aalam…..!

  57. Itu perkataan walisongo,dapat bagaimana pendapat para ulama yg lainnya?

  58. hardjo al jawie

    lanjutkan

  59. al-fakir

    nyuwun sewu, nderek pitutur :

    kita saja mau ketemu presiden saja harus melalui prosedur yang ketat padahal itu hanya manusia.

    nah kunci untuk ketemu Gusti Allah hanya satu yaitu Rasulullah melalui guru Mursyid

    mari kita perbanyak shalawat dan mengkaji sifat 20 agar dasar-dasar sifat Alloh dapat kita implementasikan dengan perbuatan sehingga bisa membersihkan hati (qalbi)

    semoga berkenan….

    wassalam
    Al-fakir

  60. Subhanallah… Matur suwun sanget ki wejanganipun.

  61. rizal

    ALLAH itu tak mau disamakan dengan makhluk manapun >>>> maka diawali dengan huruf BA (bismillah) diciptakanlah NUN / nur yang dikenal dg nur Muhammad >> disinilah awal kehidupan alam semesta

  62. Sandy

    Bumi ini berpenghuni bermacam macam tuhan.Manusia menjadi Manusia dan seterus ya bagi semua penghuni Bumi.peraturan hanya satu biarkan penghuni bumi melanjutkan pada masa ya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: