AMALAN MERUKUNKAN DUA ISTERI


Komentar Mas Ratno di rubrik Doa Bersama (28 November 2009 at 05:30 ): Ass Wr Wb. Wongalus mohon masukanya bila mau kawin lagi istri dan calon istri agar bisa akur dan menerimanya. Mohon pencerahannya.

Terima kasih saya ucapkan kepada Mas Ratno yang telah memberikan komentar sekaligus ide penulisan artikel ini yaitu bagaimana agar rumah tangga tetap harmonis bila suami ingin nikah lagi. Suami memiliki isteri lebih dari satu adalah sesuatu yang biasa dilakukan di Indonesia.

Sejak dulu, para nenek moyang kita dulu, para mbah-mbah, para buyut. Para canggah kita, sepertinya “wajib” memiliki isteri lebih dari satu. Kondisi sosiologis dan psikologis saat itu memungkinkan agar pria berpoligami. Di dalam agama pun, poligami itu diperbolehkan dengan syarat suami bisa adil.

Dan ukuran adil itu sangat subyektif tergantung sudut pandang masing-masing orang. Adil menurut saya belum tentu adil menurut Mbah Wakijan, Lik Paidi, maupun Mbah Marmo. Setiap orang berhak menakar keadilan sesuai dengan hati nuraninya.

Konsep keadilan yang terlalu abstrak di dalam filsafat hukum juga terlalu ribet untuk menjawab soal apa dan bagaimana keadilan tersebut. Konsep filosofis semata biasanya tidak bisa dijadikan pegangan melangkah karena biasanya benar hanya pada tataran akal budi. Tidak sampai merasuk ke pemahaman dan kesadaran jiwa. Apalagi kesadaran ruh.

Contohnya: lembaga penegak hukum di negeri kita (KPK< Kepolisian, Kejaksaan) cekcok karena memahami hukum sesuai dengan perspektif dan kehendaknya sendiri-sendiri dan sifatnya yang subyektif.

Apabila dirasakan bahwa berpoligami adalah sesuatu yang wajib dan merupakan panggilan jiwa, maka laksanakan poligami dengan syarat Anda mampu untuk adil lahir dan batin. Kondisi jiwa masing-masing individu, dalam hal ini isteri pertama haruslah dimenej dengan baik sehingga suasana rumah tetap damai dan sejahtera.

Percekcokan hendaknya dijauni sebab bisa menurup rahmat dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Berikan hak kepada isteri pertama untuk menyuarakan hati nuraninya. Jangan tindas dan kuasai hak isteri pertama karena sesungguhnya pilar rumah tangga Anda ada di dalam kuasa ruhaninya. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana agar isteri pertama bisa ikhlas meneriman kehadiran isteri kedua dan bisa hidup rukun berdampingan di dalam satu biduk rumah tangga.

Untuk merukunkan isteri pertama dan isteri kedua, amalannya sebagai berikut: Sediakan air putih secukupnya. Dengan menghadap air itu bacalah wirid: SHADAQALLAHU SHADAQALLAHUL ALIYYUL AZHIIM seribu kali (1000 x). Sesudah membaca wirid tersebut, tiupkan air yang sudah disediakan dan usahakan agar bisa diminum oleh semua isteri Anda. Dengan ijin Allah SWT, amalan ini semoga mampu merukunkan isteri pertama dan isteri kedua.

@wongalus,2009

About these ads
Categories: AMALAN MERUKUNKAN DUA ISTERI | 57 Komentar

Navigasi tulisan

57 gagasan untuk “AMALAN MERUKUNKAN DUA ISTERI

  1. ratno

    Terima kasih pencerahanya Wong Alus, kalau ada yang lebih praktis mohon infonya, maaf sudah banyak bertanya.

  2. Wong Bingung

    Terima Kasih Mas Wong Alus. Apakah ada amalan untuk membuat anak mematuhi nasihat orang tuanya dan kerasan di rumah. Terus terang, saya kewalahan dengan anak saya.

  3. Yth Mas Wong Bingung: Bila anak tidak menurut keinginan orang tua dan amat nakal, maka amalannya sbb: Bila anak sudah tidur malam bacakan surat al ikhlas 10 X lalu tiupkan pada telinganya. Lakukan amalan ini selama 40 hari. Insya Allah mengijabahinya. Wass.

  4. Wong Bingung

    Terima Kasih Mas Wong Alus. Insya Allah saya akan mencobanya. Semoga Allah mengabulkan doa kami dan selalu merahmati Mas Wong Alus

  5. Amin ya rabbal alamin.. sama-sama. Matur nuwun mas

  6. Josan

    Wong Alus mohon bisa diberikan amalan untuk menundukkan istri yg selalu membantah tidak nurut sama suami. ( Kesel deh rasanya )
    Terimakasih sebelumnya

  7. Amalannya sama dengan amalan melunakkan hati isteri. yaitu cari otak kelinci dan olahlah sedemikian rupa agar dapat dicampur dengan minuman. Bisa menyuruh orang lain agar ulah Anda tidak diketahuinya. Minumkan otak yang telah dicampur minuman tersebut tanpa sepengetahuannya. nwn

  8. Dahlia

    Selamat siang Wong Alus
    Mau nanya nih apakah ada cara untuk bisa meningkatkan kecerdasan anak agar anak bisa berprestasi belajar semakin rajin dan tidak malas.
    Matur nuwun sanget loh Wong Alus.

  9. casmari

    bagaimana mengembalikan istri yang dipaksa orang tuanya untuk bercerai ?

  10. wongalus

    Yth Mas Casmari: monggo mengamalkan ilmu puter giling mas.

  11. broto

    wong alus, istri saya sering semena-mena dan bikin sakit hati. saya berniat menceraikannya dan mau kawin lagi saja. apa amalan yang mujarab untuk itu?

  12. Si Gelung

    klau menundukkan mertua yg bawel dan ingin memisahkan mantunya bagaimana mantranya ki. wasalam

  13. wongalus

    @sdr Gelung: Didoakan saja agar dia bisa menetapi kesabaran. Salam.

  14. bambang

    Ass ww badhe nyuwun pirsa pripun caranipun maratuwa saya dari isteri kedua mengijinkan saya menikah dengan anaknya karena anakknya dah saya nikhai secara siri, spy ibu mertua lunak hatinya bersama seluruh keluarganya matur nuwun

  15. hamba Allah

    wong alus mo nanya, kalau amalan/doa buat nundukin istri biar bnr2 tunduk&nurut dan tdk marah2 trs….bagaimana??
    NOTE: kl bs jgn yg pk otak klinci tp doa/amalan aja

  16. kyai abah

    Saya ..punya istri 3 ( kayak lagu P. Ramlee ..kerna sering bgt nyanyi lagu nya …akhirnya punya istri 3 )….syarat syarat nya :-

    1. Miliki penghasilan yang cukup ( masing 2 istri saling banyak MAU nya )
    2. Tenaga Bathin yang cukup ( masing2 istri wah..wah…semua mau kepuasan bathin )
    3. Pintar alasan ( istri tua merajuk…pulang ka rumah istri mude …kalau dua2 merajuk..ana kawin tiga )
    4. Banyak berdo’a ..amalan WIRID …allah swt menyatukan HATI mereka .

    Bukan gampang adik adik kusekelian ..KITA harus bayk sabar ..dan jangan banyak menjawab … ….kuping jadikan BUDEG ….INGAT semarah mana istri KITA…selesaikan dengan memberi kepuasan BATHIN ..JADI harus pintar menjadi PEMAIN yang baik.

    Semoga disyering buat sekelain sedulur..ma’af sebelum nya atas kelancangan saya …wasalam

  17. Komentar dari saya adalah : 1. sebagai suami istri harus saling menghargai, 2. dan saling mempercayai. 3. tidak egois bahasa gaolx. kira2 demikian pendapat saya. wassalam.

  18. neo

    salam ki..mohon mngamalakn ilmu amalan merukun dua isteri
    TQ

  19. ferly

    assalammualaikum ki..
    saya mw tanya ki,klo amalan agar istri mengizinkan kita menikah lagi apa ya ki?
    wassalammualaikum wr.wb

  20. ki mau tanya enk ya jadi pria bisa seenk nya poligami.klau gitu w juga boleh kn seri

  21. klau g cukup jgnpunya istri bayak,sok bertingakah hai para laki2eling lah.jgn gunakn amaln untuk kesenangan birahi

  22. JEMI ARIFIN

    ijin ngamalkan

  23. dewa katon

    Amalan buat kawin lagi ya ilmu pelet buat narik calon dan ilmu pambungkem biar istri nggak protes. Semuanya ada kok di Wong Alus.
    Mulut bisa diam tapi hati tetap bicara. Gusti Alloh tidak tidur, doa dalam hati orang yang teraniaya juga di dengar.
    Kalo nggak mampu secara ekonomi, kekuatan fisik dan kebijaksanaan hati…. jangan sakiti ibu dari anak anak kita dengan kawin lagi.
    Satu istri buat pusing…. tambah lagi apa nggak sakit kepala ??
    Libido nggak kuat…. ya nonton BF sampai puas….
    Merasa kebal api neraka dan penyakit kelamin ya main PSK aja. Tinggal pilih mau wajah, body dan kulit macam apa aja… CAri aja di iklan kebugaran / pijat di koran :P

  24. ariratno

    hehehehe saya setuju dengan pendapat dewa katon

  25. haaa………….hhaaaaaaaaaaaa………..hhhaaaaaaaaaaaaaaaa……….idem ki dewa…..

  26. tak bernama

    jempol buat dewa katon, ha..ha..ha..ha..ha…ha..

  27. rokib

    saya tdk sependapat dg dewa katon,tak ada landasan ilmunya,apalagi jajanperempuan wah sdh jelas kan arahnya kemana?surga apa neraka?soal hati sakit wah jika istri iklas maka itu jadi ladang amal baginya,cemburu wah jangan ditanya itu pasti,tiap perempuan pnya penguasaan bathin yg gak sama,ada yg tdk iklas suaminya nikah lagi dan ada pula yang justru mencarikan istri buat suami yg tentu punya alasan,Allah bangga dg jumlah orang islam yg banyak dan kuat,yg jls poligami yg sukses itu biasanya tambah kaya,istrinya rukun2 beserta anak,itu poligami yg dirahmati Allah amin…

  28. kalau merukunkan kedua suami gimana bisa ga heheheheheheheheheheh

  29. wong lamo

    @mencari ridho allah :heeeeemm,…suami ny dua y…?? bisa, kalau ngasih jatah nya nggk bebarengan..!@#$%^&*()(*_+…..dulu ke yang mau dulu,…wkwkwkwk
    maaf mbak henny bercanda..?
    salam sedulur selalu…i love you friend,..he3

  30. Salam Ki, mohon izin untuk mengamalkannya.
    Terima kasih

  31. asif

    Assalamualaikum. Saya terima ijazahnya dan izin mengamalkannya. Semoga bermanfaat

  32. ferly

    Assalamualaikum Ki Wong Alus..

    Mohon izin untuk suatu saat sy amalkan..

    Wassalam..

  33. .assalamualaikum tuan yang arif,,saya yang tersangatlah daif ini memohon pertolongan dan tunjuk ajar dari tuan yang arif bagaimanakah cara dan amalan yang paling ampuh dan berkesa supaya wanita yang berada jauh dari kita ini datang kepada kita dan terus menikah dengan kita ya?

  34. gretongan

    wkwkwk aya2 wae nya,jalma teh obrolanana ,bikin sakit prut,hhee

  35. Ikut mengamalkan Aki, saya juga punya 2 istri….Alfatihah sent to Aki

  36. putra guru

    enaak gak sih poligami satu aja gak abis,

  37. mani boing

    mohon ijin mengamalkan

  38. Assalamualaikum….Saling berbagi…………………

  39. Atas angin

    Mohon ijin ngamalin ya wongalus :)

  40. abah banten

    Mohon ijin mengamalkan

  41. betathong

    mohon ijin mengamalkan ki,moga ilmunya bermanfaat.

  42. ENO SUGIONO

    ass. sala, kenal ki,,,,mohon ijazah untuk mengamalkan amalan ini ki,,,mksih

  43. Muslih punya 2

    Met siank wong alus saya minta izin ikut mengamalkan amalannya kalau istri ke2 saya yang rese yang 1 mah baik saya juga kasihan tp sudah terlanjur kasihan anak2

  44. haha

  45. matamerah

    qobiltu ki. Minta halal minta ridho sebelumnya

  46. Sip ….

  47. zu-ra

    waaaaaw…spektakuler banget ki.
    Jaman sekarang sudah jauh berbeda dengan jaman dulu ki.tak ada banyak wanita yg rela di madu,walaupun di lihat luarnya rukun tapi bathin mereka yang pasti juga tersiksa.mereka rukun di bawah alam sadar bukan atas kesadaran diri sepenuhnya.
    Ini namanya mengajari untuk poligami.
    wah wah waahh waaaaahhhhh tragis banget nasib wanita.slalu jadi boneka mainan buat laki-laki.
    Iya kalau si lelaki yang poligami itu bisa ADIL lahir bathin,kalau enggak,,,jadi apa wanita di dunia.?
    Apa lagi jaman sekarang.?!?tidak ada yang bisa ADIL SEADIL-ADILnya seperti Junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW.

    #Jadi untuk amalan poligami ini hapus saja.
    *kecuali untuk merukunkan suami istri yang slalu berantem,ini baru Super mantap.

  48. joko tingkir

    qobiltu,,ki,,,,

  49. mohon ijin mengamalkan

  50. Mohd k

    Qobiltu ki ilmu utk merukunkan istri2 Dan ilmu anak2 taat .mohon ijin diamalkan.al fateha

  51. ikut mengamalkan sambil cari istri ke dua

  52. allahumma sholli ala muhammad

    kata guru resep yang ampuh mau adil poiygami yang pertama haruslah kaya, yang ke dua mestilah alim,. karna sesungguhnya yang adil itu hanya lah Allah.SWT..amin… QOBILTU guru

  53. q0biltu ki

  54. urip wahyudi

    mas RATNO ijin mengamalkan mas..qobiltu..suwun

  55. saiyful behhri

    bismilla dgn hormat sya mohn ijin tuk mangamalkan

  56. ndrew

    fucklah laki2laki yg kawin lg yg cm mikir kepuasan birahi biAr pada mampus msk keneraka jahanam!!!!!!!!!!!!!!!!!!cuma pada buat sengsara kaum perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: