BELAJAR ILMU SUPRANATURAL BOLEH ASAL WASPADA


Kajian sejarah menyebutkan bahwa sebelum agama-agama (Hindu, Budha, Islam) masuk ke nusantara, masyarakat Jawa sudah sangat mengenal tradisi mistik dan kebatinan yang tinggi. Kedatangan para wali di Pulau Jawa (Wali Songo) tidak menolak tradisi jawa tersebut. Melainkan memanfaatkannya sebagi sarana dakwah.

Dalam hasanah ilmu supanatural di tanah air, kita mengenal dua aliran utama yaitu Aliran Hikmah dan Aliran Kejawen. Aliran Hikmah berkembang di kalangan pesantren dengan ciri khas rapalannya berbahasa Arab misalnya hizib/hijib/asma. Sedangkan Aliran Kejawen (sebetulnya sudah tidak murni Kejawen lagi, melainkan bercampur dengan tradisi arab) mantranya murni berbahasa Jawa. Namun sekarang mantra tersebut sudah diawali dengan membaca “Basmalah” kemudian dilanjutkan dengan mantra Jawa dan diakhiri dengan memohon ijin Tuhan (Soko Kersaning Allah)..

Baik Aliran Hikmah dan Aliran Kejawen itu sudah diketahui oleh para penyebar agama. Awalnya aliran hikmah dan oleh Para Wali kemudian dikoreksi dan direvisi dengan menyusun amalan ilmu-ilmu supranatural dengan tatacara yang sesuai dengan akidah agama, misalnya dilakukan puasa, wirid dan rapal yang biasanya dicampur antara bahasa arab-jawa. Intinya adalah do’a dan permohonan agar diijinkan Tuhan memiliki amalan tertentu. Mungkin itu alasan para wali mengapa mantra kejawen tersebut tidak seluruhnya berbahasa Arab. Yaitu agar orang jawa tidak merasa asing dengan ajaran yang baru mereka kenal.

Salah seorang wali yang terkenal dengan kemampuan mengolah amalan ilmu supranatural adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga adalah tokoh yang pandai dan cerdas memanfaatkan berbagai media dan sarana untuk berdakwah. Misalnya melalu suluk, tembang, kidung. Suluk dan kidung yang dikarangnya mengandung ajaran falsafah ketuhanan dan ajaran kebatinan yang sangat berharga.

CADANGAN ENERGI DI ALAM ASTRAL
Setiap perilaku manusia akan menimbulkan sebuah bentuk fisik di alam astral. Apapun perilakunya, suatu ketika akan kembali ke pelakunya dan akan menimbulkan akibat yang bersifat metafisik. Amalan ilmu supranatural yang diniatkan untuk tujuan baik akan membangkitkan energi astral yang sangat dasyat sehingga seseorang bisa melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan manusia biasa. Amalan sebuah ilmu adalah olah batin sebagai syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan suatu ilmu supranatural.

Olah batin adalah mengisi energi batin yang gaib. Pengisian energi cukup dilakukan satu kali untuk seumur hidup. Penabungan energi ini dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam tergantung jenis ilmu yang ingin dikuasai. Jadi syarat mendapatkan ilmu adalah mengamalkan bacaan wirid doa/mantra, menjauhi pantangan, berpuasa. Di Jawa kita mengenal puasa patigeni (tidak makan, minum, tidur dan tidak boleh kena cahaya), nglowong, ngebleng dan lain-lain. Biasanya beratnya tirakat sesuai dengan tingkat kesaktian suatu ilmu. Seseorang harus banyak melakukan kebajikan dan menjaga bersihnya hati ketika sedang mengamalkan sebuah ilmu.

KHODAM
Setiap Ilmu Gaib memiliki khodam. Khodam bukanlah mahluk ghaib sejenis jin, namun khodam itu sebuah energi bentukan batin kita. Khodam adalah “roh” suatu ilmu. Khodam itu berada di alam astral dan akan tetap ada di badan orang yang sudah mengamalkan ilmu.

MACAM ILMU SUPRANATURAL
BeRdasarkan fungsinya ilmu supranatural digolongan menjadi sebagai berikut:

1. Ilmu Kanuragan atau Ilmu Kekebalan
Berfungsi untuk bela diri secara metafisik. Ilmu ini mencakup kemampuan bertahan (kebal) terhadap serangan dan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa.

2. Ilmu Kawibaan dan Ilmu Pengasihan
Fungsinya mempengaruhi kejiwaan dan perasaan orang lain. lmu Kawibaan dimanfaatkan untuk menambah daya tarik kepemimpinan dan menguatkan energi komunikasi atau kata-kata yang diucapkan, disegani masyarakat dan perintahnya dituruti. Ilmu Pengasihan atau ilmu pelet adalah ilmu yang membuat simpati dan rasa sayang orang lain. Membuat pujaan hati jatuh cinta. Ilmu ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat lawan yang berhati keras menjadi kawan yang mudah diajak berunding termasuk memulangkan orang yang pergi jauh. Termasuk dalam ilmu pengasihan ini adalah ilmu penglarisan untuk menggaet pembeli agar datang ke toko dan usaha bisnis kita.

3. Ilmu Trawangan & Meraga Sukma
Ilmu trawangan berfungsi untuk menajamkan mata batin hingga dapat menangkap isyarat yang halus, melihat jarak jauh, tembus pandang dan lain-lain. Sedangkan Ilmu Meraga Sukma adalah kelanjutan dari Ilmu Trawagan. Dalam ilmu trawangan hanya mata batin saja yang berkeliaran kemana-mana, sedangkan jika sudah menguasai ilmu Meraga Sukma seseorang bisa melepaskan ruh untuk melakukan perjalanan astral. Baik Ilmu Trawangan maupaun Meraga sukma adalah ilmu yang membutuhkan keteguhan dan kebersihan hati. Biasanya hanya dikuasi oleh orang yang sudah tua.

4. Ilmu untuk Pertunjukan
Hanya bisa digunakan untuk pertunjukan di panggung. Ilmu ini mirip dengan ilmu kanuragan karena bisa memperlihatkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam, minyak panas dan air keras namun sebenarnya hanya dipakai sebagai pertunjukan saja

5. Ilmu Pengobatan
Ilmu kesehatan tubuh dan dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit baik yang fisik maupun yang metafisik. Misalnya ilmu yang dimiliki mak erot, amalan agar kuat seks, dan ilmu supranatural alternatif yang digunakan untuk mengobati darah tinggi, diabetes dan lainnya.

Olah kanuragan adalah seperti olah raga. Namun biasanya tidak hanya raganya saja yang dilatih untuk menguasai jurus-jurus, kuncian maupun kemahiran untuk menyerang dan bertahan. Namun juga kemampuan membangkitkan tenaga dalam. Tenaga dalam yang diganbung dengan amalan batin khusus (laku) kemudian menjadi ilmu dan ajian yang sangat banyak jenisnya. Ajian ini bersumber dari energi yang tidak nampak oleh mata.

DARI MANA ASAL ILMU SUPRANATURAL?
Setidaknya, seseorang memiliki kemampuan atau mampu menguasai ilmu ajian berasal dari:

1. Warisan
Seseorang bisa mendapatkan warisan ilmu supranatural dari kakek-buyut simbah-canggah, orang tua maupun orang lain yang yang tidak dikenalnya sama sekali. Mereka yang mendapatkan ajian ini secara otomatis tanpa belajar dan tanpa sepengetahuannya sudah memiliki ajian tertentu. Maka orang menyebut sebagai “ilmu tiban” yang artinya datang tanpa disangka-sangka sebelumnya.

2. Menjalankan Laku Tirakat.
Tirakat adalah bentuk olah rohani khas jawa yang tujuannya untuk memperoleh energi supranatural atau tercapainya suatu keinginan. Tirakat tersebut bisa berupa amalan, mantra, pantangan, puasa atau gabungan dari unsur tersebut. Inilah yang disebut belajar ilmu supranatural. Berhasil atau tidaknya menjalankan tirakat hingga menguasai ilmu, tergantung sepenuhnya pada dirinya sendiri. Dalam hal ini guru hanya memberi bimbingan.

3. Pengisian.
Seseorang yang tidak mau susah payah juga bisa mempunyai kemampuan supranatural, yaitu dengan cara pengisian. Pengisian adalah pemindahan energi supranatural dari Guru kepada Murid. Dengan begitu murid langsung memiliki kemampuan sama seperti gurunya. Pengisian ilmu hanya bisa dilakukan oleh Guru yang sudah mencapai tingkatan spiritual yang tinggi.

APA EFEK SAMPINGNYA?
Beberapa orang masih menyakini bahwa pemilik Ilmu Gaib akan mengalami kesulitan hidup dan siksaan saat sakaratul maut menjelang kematian dan ini benar JIKA orang yang bersangkutan menanam NIAT BURUK dan MENGAMALKAN AJIAN tersebut untuk tujuan buruk. Maka hukum karma/sebab akibat harus ditanggungnya. Namun, apabila dia menanam NIAT BAIK dan MENGAMALKAN AJIAN tersebut untuk tujuan yang baik dan positif, misalnya untuk membela diri, membela kebenaran dan ajaran keyakinan yang dimiliki maka hukum sebab akibat juga akan diterimanya langsung dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ada sebuah mitos bila orang akan miskin bila memiliki ajian tertentu, maka hal ini tidak benar. Rizqi dan nasib kita ada di “tangan-Nya”. Bukan di tangan khodam ajian. Bila kebetulan orang yang memiliki ajian itu miskin, maka itu bukan disebabkan oleh ilmunya, melainkan karena malas bekerja, tidak memiliki kemampuan dan kompetensi tertentu dan sebagainya.

Yang perlu diperhatikan bahwa kebanyakan orang yang memiliki ilmu gaib maka dia biasanya menjadi SOMBONG. Perlu diketahui bahwa KESOMBONGAN inilah sebenarnya yang dilarang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. RASA MEMILIKI yang berakibat KESOMBONGAN inilah yang tidak diperkenankan dan akan nyrimpeti LAKU kita dalam menjalani SANGKAN PARANING DUMADI nya manusia. Jadi bukan ilmu supranaturalnya yang dilarang namun karena dampak sifat negatif yang ditimbulkannya yang berpengaruh. Apalagi bila pemilik ilmu spuranatural ini malas bekerja dan hanya menunggu uluran tangan orang lain maka dia akan dikutuk oleh Tuhan. Akhirnya bisa disimpulkan bahwa negatif dan positifnya Ilmu Suptanartural tergantung pada NIAT DAN LAKU AMALAN dan PERBUATAN pemiliknya. ***

@wongalus,2009

About these ads
Categories: ETIKA BELAJAR ILMU GAIB | 91 Komentar

Navigasi pos

91 thoughts on “BELAJAR ILMU SUPRANATURAL BOLEH ASAL WASPADA

  1. saya sendiri selama ini agak rancu mana yg ilmu gaib yg putih dan mana yg sihir, kalo sihir menurut pengertian para ulama salaf kira2 sbb : menggunakan bantuan jin, menciptakan ilusi2 yg menipu mata, menggunakan syarat2 dan laku yg aneh atau dholim CMIIW

    nah sekarang kalau misalnya menggunakan ilmu gaib tapi tidak memakai jin tapi menggunakan khodam apakah bisa juga disebut sihir? seperti kita tahu jin itu kan artinya “makhluk asing” jadi bisa juga dong khodam masuk kategori jin sedangkan utk masuk ke kategori malaikat keknya ketinggian…….ya selama ini memang kita disibukkan dengan urusan halal haram boleh tidak tapi seringkali meninggalkan substansi dari masalah itu sendiri…..

    bagaimana menurut pendapat ki wongalus sendiri dengan ngelmu itu sendiri, apakah mungkin satu keilmuan misalnya aji lembu sekilan bisa dikategorikan sebagai sihir dan disisi lain bukan sihir…contohnya : dua orang menuntut ilmu yg sama pada guru yg sama dengan laku yg sama pula, tapi mereka berbeda didalam penerapan ilmunya….yg satu utk kebaikan yg satunya lagi utk kejahatan….mungkin yg utk kejahatan bisa dikategorikan sebagai sihir, berarti pengertian sihir itu berdasarkan niat dan tujuan ……..mohon urun rembugnya….semoga kita bisa saling melengkapi…….. :D

    nuwun

  2. Yth Ki Mastono: benar apa yang panjenengan sampaikan. Bila kita berusaha mengkategorikan secara tegas antara ilmu hitam dan putih berdasarkan atas SUMBER ilmu secara spesifik apakah itu asalnya dari jin atau khodam itu, maka yang akan terjadi adalah kebingungan. Sebab bisa jadi ilmu supranatural itu juga disisipi oleh kekuatan lain di antaranya dari Jin, atau mungkin juga malaikat. Kita bisa jadi tidak tahu.
    Namun bila dilkategorikan berdasarkan atas NIAT memiliki ilmu, kita juga akan bingung. Sebab bisa jadi ukurannya sangat subyektif. Niat yang baik bagi saya belum tentu dipahami baik menurut orang lain. Namun saya memiliki patokan sebagai berikut: Bahwa apapun yang tergelar di depan mata (fisik) dan batin (metafisik) itu sumbernya tetap dari Gusti Allah. Apa yang baik dan yang buruk sesungguhnya tetap bisa diterima dan diolah dengan hati yang ikhlas. Ini memang membutuhkan pengalaman kesatuan ruhani yang akan merubah cra pandang kita/pengetahuan kita untuk mengerti bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya. Bahwa ILMU PUTIH dan ILMU HITAM sebenarnya memiliki tujuan yang sangat penting yaitu membantu proses dunia untuk berevolusi. Dalam pengertian itu, ILMU HITAM sama baiknya dengan ILMU PUTIH. Sebaliknya melalui pengalaman kesadaran spiritual kita melihat bahwa banyak hal yang kita lihat sebagai ILMU PUTIH mungkin tidak benar-benar aputih. Kita akan merenungkan bahwa pada saat tertentu ILMU PUTIH bisa jadi tidak membawa PENCERAHAN dan KESADARAN spiritual karena kita tidak merasakan sebagai ILMU PUTIH. Sebaliknya, pengalaman menggunakan ILMU HITAM sering merupakan pintu memasuki sebuah KESADARAN SPIRITUAL bahwa mencelakai orang lain adalah sebuah tindakan nista dan bertentangan dengan hukum Tuhan. Itu sebabnya ada mekanisme TOBAT. Banyak tokoh spiritual yang mengalami TOBAT setelah memasuki dunia ‘HITAM” dan kemudian mengarahkan ke DUNIA PUTIH. Misalnya, Sunan Kalijaga, Milarepa dll.
    Saya yakin, jika kita dapat membawa ke dalam kehidupan sehari-hari yaitu KESADARAN ILAHI yang melampaui HITAM dan PUTIH, baik dan buruk, BENAR dan SALAH ini, maka kita akan tenang dan pikiran lebih terpusat. Ini memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang lebih baik karena kita melihat dunia dengan kedalaman yang lebih jauh dan kebenaran yang lebih ABSOLUT dan KEMANFAATAN SOSIAL yang lebih BESAR. nwn.

  3. mantep ki panjenengan waskita sekali sebuah penjelasan yg gamblang dan lugas………………………………

    bagi saya pribadi sendiri, ngelmu yg benar adalah ketika ngelmu itu bisa disepuh dari kanoman ke kasepuhan, syarat awalnya niat dan memohon langsung ke Allah, mungkin pada awal2nya jin kafir/muslim yg menjadi khodam tapi karena keteguhan iman dan mengabaikan eksistensi si khodam itu maka lama2 kekuatan itu akan dihandel oleh malaikat….menurut pendapat saya keberadaan khodam yg menjadi ruh dari ngelmu tsb perlu diabaikan sebab kalo kita mempersoalkan apakah itu malaikat atau jin maka yg terjadi adalah sifat ragu2 dan was2 didiri kita, yg penting niat, laku, tujuan dan permohonan ditujukan kepada siapa sudah benar……………..dan juga menguatkan keyakinan kita bahwa semua daya kekuatan hanya dari Allah sedangkan khodam hanya sebagai perantara saja…….nggih nopo nggih ki……………….nuwun :D

  4. iwan marhaen

    sugeng rahayu kang mas tono lan sedulur wong alus
    subhanallah…..sungguh diskusi yg menyejukkan………..tdk fanatik lan ora golek benere dewe……….maju terus ……..

  5. wongalus

    @sdr Iwan Marhaen: Lha kita ini malah lebih suka rebutan golek salah mas. Insya Allah, kalau ILMU REBUTAN SALAH ini kita miliki, kita terbebaskan dari egoisme dan fanatisme yang berlebihan.

  6. wiro sableng

    sebenarnya ilmu dari semua ilmu adalah ilmu sejati, digdaya tanpa aji ,semua ilmu itu adalah milikNya, sedangkan yang ditata adalah niat kita belajar ilmu.ilmu yang bermanfaat yaitu yang bisa menyelamatkan orang bukan mencelakakan orang. hanya sedikit orang mengetahui ilmu sejati yaitu ilmu yang menunjukkan pintunya mati.yakni ilmu segala ilmu ilmu diatas langit yang dibawa para rasul dan utusannya sampai kiamat nanti.jadi benar salah putih hitam nya ilmu bukan persoalan tapi apakah ilmu itu nanti bisa menyelamatkan kita di akherat nanti, lha wong gak weruh pintu mati mana bisa kembali ke asal,

  7. yudhi2712

    Assalamu`alaikum.

    numpang nimbrung Ki, mohon maaf sebelumnya bukan maksud saya menunjukkan bahwa saya paling tahu tentang dasar-dasar ngelmu. Tapi saya sangat mendukung penjelasan dari Ki Wongalus bahwa hitam atau putihnya suatu ilmu adalah tergantung dari niat kita ( dalillnya adalah ” inamal `amalu binniyaati ” ) jadi seluruh amal ibadah kita dinilai oleh Gusti Allah dari niat kita.
    Adapun segelintir orang atau golongan yang mengharamkan atau memvonis ngelmu kesaktian itu syirik mungkin karena mereka menganut faham yang sempit dan itupun ada sejarahnya, berawal dari kejadian suatu hari saat Baginda Rasulullah SAW sedang berdakwah dihadapan para jamaah dan sahabat, tiba-tiba datang seorang kabilah ( rombongan pedagang ) yang sedang melakukan perjalanan dagang ( musafir ). lalu sang kabilah bertanya kepada Rasulullah SAW, ” Wahai Rasulullah, apakah islam yang benar itu ? “. kemudian Rasulullah menjawab, ” Islam yang benar itu adalah : Membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa dibulan ramadhan, membayar zakat, melaksanakan haji “. Lalu sang kabilah bertanya lagi, ” Hanya itu saja yaa Rasul ? “. Lantas Rasulullah menjawab, ” ya, itu saja ! “. Kemudian sang kabilah pergi meninggalkan jamaah Ta`lim dengan tergesa-gesa kembali kepada kaumnya dan menyampaikan apa yang dikatakan oleh Rasulullah kepadanya dan disampaikan lagi oleh sang kabilah kepada kaumnya.
    Kemudian para sahabat bertanya kepada Baginda Rasulullah SAW, ” Ya Rasulullah, apa benar islam yang benar hanya Membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa dibulan ramadhan, membayar zakat, melaksanakan haji saja ? bukankah islam itu sendiri sangat luas ? “. Lalu Baginda Rasulullah SAW menjawab, ” Kamu benar tadi aku menjawab bahwa islam yang benar itu adalah Membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat, berpuasa dibulan ramadhan, membayar zakat, melaksanakan haji kepada kabilah itu dan dia akan selamat jika menjalankan apa yang aku katakan tadi tanpa dilebihkan atau dikurangi, dan dia akan celaka jika menjalankan apa yang aku katakan jika dilebihkan atau dikurangi. Dan kamu benar bahwasanya islam itu sangat luas, jadi bagaimana mungkin orang yang sedang terburu-buru ( tergesa-gesa ) waktunya seperti kabilah tadi bisa mempelajari islam yang begitu luas dalam waktu yang sangat singkat ? jadi kalau dia ( sang kabilah ) menjalankan apa yang aku katakan tadi tanpa dilebihkan atau dikurangi, maka dia akan selamat , dan dia akan celaka jika menjalankan apa yang aku katakan jika dilebihkan atau dikurangi “.

    Kisah diatas seperti yang diriwayatkan oleh seorang ulama kepada saya, Jadi kesimpulan dari sejarah diatas adalah bahwa islam itu sangat luas dan tidak hanya sekedar formalitas ibadah fardhu, tetapi sangat banyak hal-hal lain selain ibadah yang fardhu, seperti halnya dunia matematika tidak lagi cuma sekedar 1 + 1 = 2 atau 1+ 0 = 1, tetapi sudah berkembang dengan rumus logika yaitu 1 + 1 = 1 atau 1 + 0 = 0 yang pengaplikasiannnya ada di bahasa ilmu pemrograman komputer, Tetapi masih ada beberapa golongan di negeri ini yang menganut faham seperti yang diyakini oleh sang kabillah bahwa islam hanya sekedar ibadah yang itu-itu saja, dan menolak keilmuan keislaman yang lain seperti kesaktian atau amalan yang mengandung energi karomah atau maunah Allah, yang akan langsung mereka cap bid`ah atau bahkan lebih keji lagi memvonis praktisi supranatural itu musyrik, dalam ilmu Fiqh islam saja jika kita menuduh seseorang berbuat zinah tanpa ada empat orang saksi maka dia dianggap telah memfitnah orang lain berzinah dan dosa zinahnya oleh Allah akan diberikan kepada orang yang memfitnah. Apalagi jika ada orang yang memvonis orang lain ( praktisi supranatural yang jelas-jelas seorang muslim dan praktek ilmunya sendiri tidak menyimpang dari ajaran islam karena selalu memohon Ridho dan izin Allah mengamalkan ilmunya ) sebagai musyrik tanpa ada dasar atau bukti yang kuat, maka sudah pasti dosa syirik orang yang divonisnya akan timpakan oleh Allah kepada orang yang memvonis. Na`udzu billah tsumma na`udzu billah.

    Jadi kepada ikhwan muslim sekalian jika ingin menuntut ilmu, jangan ragu-ragu selama tidak menyimpang dari ajaran islam.

    Demikian pandangan saya dalam rubrik ini, kebenaran yang ada dalam tulisan ini datangnya dari Allah tetapi jika ada kesalahan kata dalam tulisan ini jelas datangnya dari saya pribadi selaku manusia yang tak luput dari khilaf dan lupa, untuk itu saya mohon dibukakan pintu maaf yang besar-besarnya. Saya juga berharap ikhwan yang lain bisa mencari literatur yang lain untuk mengkoreksi tulisan saya, karena saya lupa urutan sanad riwayat sejarah diatas, jika ada tolong dikoreksi dan dilengkapi atau diperbaiki.

    Terima kasih buat Ki Wongalus atas dibuatnya forum yang bagus ini semoga bermanfaat bagi khasanah wawasan spiritual para ikhwan yang ingin menimba ilmu.

    Wassalamu`alaikum.

  8. yusak

    assalamualaikum..
    mohon bantuan konsoltasi,saya akan puasa mutih (puasa ilmu kejawen)apakah termasuk dosa besar/syirik dan juga ngilmu lain tapi niatan saya insya allah tidak untuk sombong dan takabur,saya hanya berniat hanya mensukuri nikmat yang allah berikan kepada hambanya serta menambah keimanan saya kepada sang khaliq..
    terima ksasih ki wong alus
    wassalamualaikum…

  9. bani muslimin

    Kok saya merasa enggak butuh ilmu ya…yang saya butuhkan Ridhlo Allah aja lebih dari cukup dan mencakup semua ilmu

  10. abdullah

    Assalamu’alaikum

    Kepada mas di balik kampus wong alus
    Semoga Rahmat Allah tercurahkan untuk mas, kajian di atas membuat saya semakin kagum akan KebesaranNya dan membakar semangat saya yang hampir padam karena letih dan penat dalam pencarian saya.
    Sudah bertahun-tahun saya ikhtiar untuk mencari guru yang bisa mengajarkan saya akan ilmu2 kebathinan. Mulai dari guru mengaji, surat kabar, majalah, dan situs2 saya selami. Akhirnya saya berguru di beberapa guru dan mendapatkan berbagai ilmu, tapi sampai saat ini saya belum menemukan dan merasakan apa itu ghaib. dalam rukun iman ddi wajibkan kita untuk mempercayai ghaib, saya bukan hanya ingin mempercayai saja tetapi ingin membuktikan dengan jasad dan ruh saya. itu semua saya lakukan untuk menambah dan memperkuat keyakinkan saya terhadap Allah SWT.
    Apabila mas berkenan, Tolong tunjukkan saya guru / amalan yang sekiranya membantu dalam pencarian saya.
    terimakasih,

    Wassalamu’alaikum

  11. mus

    blog yang indah..
    Ana saluuuuut…

  12. alfarisy

    aslkm,maaf cm lwt.utk Bni Salim.bgm ent mo dpt ridoNYA,klo ilmuNYA sj ga pnya.krn tuk dpt ridoNYa,hrs pnya ilmuNYA.wslm

  13. Assmlkum.w.w
    turut nimbrung Ki…
    sama spt sdr Abdullah, sayapun mengalami hal yang sama spt Sdr Abdullah. Saya mohon bimbingannya dlm mempelajari ‘keilmuan’ yang di babar/diijazahkan di blog ini, seumpama sy yg sbgai perempuan ini diperkenankan. Smoga Allah SWT senanantiasa melimpahkan keberkahan kpd semua admin n pengunjung blog ini, amin. Hatur nuhun.
    Wasslmkum.w.w.

  14. wong sae

    sesungguhnya rasa ingin merasakan hal gaib itu sendiri adalah gaib cuma kita tidak pernah memperhatikanya. coba kita perhatikan rasa itu datangnya darimana, bersemayam dimana, bentuknya seperti apa, dan siapa sesungguhnya yang merasakan, dan jika kita perhatikan lagi diri kita ini yang merasa tidak pernah merasakan gaib sesungguhnya adalah gaib dan semakin diperhatikan semakin banyak kegaiban yang tak bisa dipecahkan akal

  15. numpang nyimak ki sesepuh ampuh……………………….

  16. numpang nyimak ki sesepuh………………

  17. asslam,, wr, wb….
    saya ingin sekali bisa belajar ilmu supernatural/ kanuragan dsb..
    tetapi saya takut akan efek sampingnya,,, sperti,, ajalnya susah,,dll
    saya jg ingin sekali melihat alam2 ghaib… sperti jin dsb..
    saya ingin membuktikanya.. tetapi saya takut efeknya trus seandainya saya tidak kuat n menjadi gila,, apa itu benar ?

    sblumnya maaf klo ada kata2 yg kurang sopan,, n mohon dbls.. trims..
    wasalam,,, wr,wb..

  18. asalam…wr,wb..
    saya cuma ingin menambahkan…
    dari berbagai ilmu kanuragan/kejawen/supernatural dbwah ini,,
    saya cuma ingin belajar NO.3 dan NO.6 saja…
    apakah itu bisa????
    trus seandainya saya iut perguruan pencak silat,,
    apakah harus menjadi warganya dulu??
    apakah harus nunggu 2 tahun?
    trims,,
    wasalam.wr,wb..

    1. Ilmu Kanuragan atau Ilmu Kebal
    2. Ilmu Kawibaan dan Ilmu Pengasihan
    3. Ilmu Trawangan dan Ngrogosukmo
    4. Ilmu Khodam
    5. Ilmu Permainan (Atraksi)
    6. Ilmu Kesehatan

  19. mohon ijin nyimak mawon damel wawasan

  20. rudi

    anda punya hutang?di kejar rentenir?sudah putus asa kn jalan dah buntu?
    jangan kawatir,saya siap bantu masalah anda sampai selesai
    aman mudah dan tanpa tumbal
    mahar gratissssssssssssssssssssssssssss
    sukocorudi@yahoo.co.id

  21. anwar

    alhamdulillah berkat rahmat rahmat allah,kami siap membantu saudara yg menderita sakit tp belum mendapat kesebuhan,insyaallah kami siap membantu baik masalah medis maupun non medis
    1)guna guna atau santet
    2)masalah rejeki supaya lancar karena allah
    3)memisahkan pil atau wil
    4)pelet atau wibawa
    5)dll
    kami siap melayani saudara yg membutuhkan jasa kami
    silahkan konsultasi
    anwarmuhamad93@yahoo.co.id
    insyaallah kami siap bantu
    wslm

  22. PASTI WASPADA………………….PASTI

  23. andiman

    saya ingin belajar,,,
    mohon bantuanya…

  24. Wong ireng

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh…

    Nderek Ngudi keslametan… Salam kagem sedoyo sedulur..
    khususon Ki Wong Alus… newun

  25. gi mna sich cara supaya badan kita terisi ilmu itu, pgen banget nie isiin donk…

  26. gi mna ntu cara ilmu nya , pngen isi badan paai ilmu jawa gitu, saya oaang jawa tpi gak ngerti ilmu begituan aneh kan

  27. dyan

    apa ga aga slametan atau ritual kainnya ?

  28. Seprianka

    Maaf sesepuh wong alus, saya ijin copas….
    Menurut saya persoalan seperti harus diberitahukan kepada orang lain, karena menurut saya, sebagai seorang pelajar yang baru akan terjerumus kepada hal yang tidak dinginkan sebagai seorang hamba Allah… Dunia Akhirat…

  29. Seprianka

    Maafkan saya kalau saya lancang kepada sesepuh KWA, saya tidak akan mengulangi lagi

  30. @seprianka,,,,,,, monggo silahkan smoga bermanfaat,,,,, asal ada nma penulis serta sumbernya. nuwun.

  31. palek bas

    Ass.Wr.Wb
    sebelumnya saya mohon maaf, bade urun rembag
    memang betul apa yang dikatakan, saya juga pernah dengar tentang kata-kata bapak/simbah/pembimbing saya
    “wong urip ning ndonya kudu eling lan waspodho”
    golekono opo tho kuwi artine pitakonan “kowe urip kanggo opo, sak njerone kosong ono opo,mati karo sopo?”
    jadi kita sebagai orang yang mau nuntut ilmu (kejawen/sejenisnya) harus tahu dahulu maksud (kita mempelajari), tujuan (kita mempelajari) dan kegunaan (yang kita pelajari) dari ilmu tersebut
    banyak manusia sekarang yang menuntut ilmu (kejawen/sejenisnya) hanya tahu kegunaannya tidak tahu maksud dan tujuannya
    namun yang kita lihat sekarang ini tujuannya sudah banyak yang diselewengkan (untuk memeras, merampok, menghasut, menipu, memerintah dll)
    jadi jangan belajar model instan, kalau mau belajar ya harus tahu dasarnya wong bangun rumah/negara/nikah/sekolah dan agama aza pake dasar/pondasi
    apalagi nuntut ilmu kejawen/sejenisnya

    trimakasih, mungkin itu bisa berguna bagi yang mau belajar
    mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan

  32. palek bas

    maaf lupa
    Wass.Wr. Wb

  33. gaib

    belajar ilmu gaib itu gpp asal tau caranya dan tau caranya penggunannya tapi belajar ilmu gaib harur juga hati” jangan sampe gila apalagi terjumus dalam alam gaib

  34. macan p0te

    Laailaahaillallah muhammadarrosulull0h.
    Ki, ane m0 tnyak sesua2. Cra buang ilmu dtubuh gmana ea cranya?
    Sya mrasa trganggu dg apa yg ada d dlm tbuh sya, hampir tiap mlm tangan saya trasa panas n ada energi besar yg masuk, n sya g kuat lw kseringan mliht bangsa ghoib. Sya ingn membuang kekuatan ne. Sya dah kmana mana baik kiai bhkn dukun untuk mnetralkn tbuh sya. Pi mreka blang ini adlah ilmu turunan dr kluarga dr ayah. G bsa d buang n bsa ilang jika sya mnurunkn pd anak sya. Pi mslahx sya msh perjaka. Pa bsa dturunkn pd rang laen slain klan q?
    Klan q sbagian dr mreka adlh para pembesar agama n yg lænx ahli peng0batan pi mreka dh wafat, jd g bsa ngambil energi dlm tbuh q. Aq adlh yg trakhir dr 2 brsaudra. Kakak q gila krn tr0bsesi pd ngelmu n akhirx dy mninggal.
    Sya hrap anda bsa bntu sya cri s0lusix.
    Matur nuwun

  35. Akong

    maaaf sebelumnya KI
    saya seorang pembaca yang tak sengaja membaca Blog ini !! dan saya sangat tertarik dan penasan dengan istilah2 Khodam dan sejenisnya….. !!!!!
    dan saya ingin sekali mempelajarinya !!! bagai mana cara memperoleh Khodam itu sendiri KI ?
    lantas apakah agama lain selain muslim Bisa memperolehnya !!!
    karna saya nonmuslim Ki !!!
    mohon penjelasannya dengan sangat sesederhana mungkin,,,,,!!!! Trimakasi KI !!!!

    moohon maaf sebelumnya !!!!!

  36. ujangkurnia

    aq sebagaai orang indonesia ingin sekali /melestarikan budaya yang di miliki negara kita termasuk ilmu peeninggalan nenek moyang kita/aq ingin tau?

  37. taufik al bantani

    assalamualaikum,, wr wb
    ilmu kanuragan adalah ilmu yg tidak bisa dipikir oleh logika,,, atau disebut ilmu batin,,,salah satunya ism tunggal(nonjok jarak jauh,,,) tapi kita harus inget ilmu allah gk boleh di pake maksiat,, gk boleh dipke kejahatan melainkan dipke untuk kebaikan,, cuma mengingtkan
    WASSALAMUALAIKUM wr wb

  38. taufik al bantani

    to :akong
    ilmu batin itu kelebihan orang islam karna bnyk syaratnya tidak gmpng memperoleh,,,hanya orang islam yg dapat mempelajarinya setau saya,,,
    beruntunglah bagi orang2 yg beragama islam

  39. taufik al bantani

    to:macan pote
    assalamualaikum wr wb
    mohon maff sebelumnya bukannya saya sok tau ,, say cuma memberi info,,
    itu sudha kewajiban anda untuk menjga ilmu itu karena ilmu itu warisan dari ktrunan anda,,, siap lagi klo bukan anda yg mewariskan,,,
    wassalamualaikum wr wb

  40. smpi saat ini sy msh ragu, uk belajr ilmu ini.. Mhon ptnjuk mana yg di ridhoi allah atou yang tdk dridhoi, sdngkan allh mlrang hmbany uk brskutu dngn zin,sytan dan sebngsanya, mhon ptnjuknya spya sy tdk slh memilh ilmu.

  41. kyai tajug

    saya masih belum paham dengan istilah “ngebleng” seperti ngebleng 3 hari ,,,,maksudnya apa ya,,,mhn penjelasan,,,makasih,,

  42. Astokinaryojopo

    Ass..wr..wb
    Mantap ….nderek ngangsu kaweruh Ki alus….tambah penasaran j….
    Salam tetepangan…
    Wass..wr..wb

  43. gabung ah , NAMA:AHMAD ROBI , ALAMAT:JLN IR H JUANDA , KOTA: KISARAN , NO HP :083193326385

  44. Becik ketitik Olo ketoro

    Manten ki

  45. Bambang Semarang.

    Assalamu’alaikum, Ki Wongalus & Saudaraku semua hamba Allah.
    Perkenankanlah sy memberi salam pembuka dg Assalamu’alaikum walaupun sy non muslim. Krn menurut sy kata “Assalamu’alaikum” adalah kata universal yg logis utk org Indonesia.
    Sy ingin “belajar” & “diajari” ttg banyak hal dunia supranatural, oleh sebab itu sy sangat berterimakasih banyak pd pengasuh forum Kampus Wong Alus ini yg sdh memberikan penggambaran scr gamblang mengenai dunia supranatural. Pengalaman gaib pertama yg sy alami ketika sy msh umur 9 th (SD kelas 3), ketika ada sosok penampakan yg menakutkan ketika sy bermain sepeda sekitar jam 19 di halaman SD tempat sy bersekolah. Saat itu sy takut sekali, scr reflek sy loncat dr sepeda & lari meninggalkan sepeda serta halaman SD tsb. Sejak kejadian itu sy msh sering atau merasakan hal-hal gaib sampai sy dewasa. Sy digembleng & dididik scr nasrani, dg kewajiban hrs rajin belajar agama & membaca injil. Pada saat SMA sy mulai “mempelajari” ttg islam dr guru agama islam di tempat sy bersekolah. Pd saat kuliah sy juga “mempelajari” budha dr seorg teman Tionghoa yg tekun beragama budha. Setelah selesai kuliah sy coba membaca kitab-kitab Jawi. Dlm membaca kitab-kitab Jawi ini sy sering terbentur kesulitan memahami istilah Jawi, krn walaupun sy etnis Jawa tapi sy dibesarkan di Jakarta & Bandung.

    Pertanyaan sy adalah:

    1. Dg mempelajari agama-agama & kitab-kitab, sy percaya bhw alam gaib itu ada. Namun seberapa besarkah pengaruhnya buat kehidupan kita?

    2. Beberapa kali sy ketemu orang “pintar” & mereka menawari sy utk “memberi pelajaran” ilmu yg berhubungan dg supranatural. Ada yg berbasic agama islam, nasrani ataupun lain-lainnya. Utk sekedar ingin tau maka sy mengikutinya. Tapi setelah 2 atau 3 kali pertemuan maka sy mundur teratur, penyebabnya lantaran sy takut terjerumus pd hal-hal yg sy tdk inginkan. Apakah ketakutan ini berhubungan dg “keraguan” sy atau sbg bentuk perwujudan “perlindungan bathin” krn agama yg sdh sejak kecil sy pelajari & sy anut?

    Itulah 2 pertanyaan dr sy & dg kerendahan hati mohon jawaban dr Ki Wongalus serta saudaraku semua. Dalam hidup sy, sy selalu belajar & mengamalkan tttg kebaikan & bagaimana membantu org lain. Sy juga selalu mencari tau ttg kesalahan-kesalahan sy dlm hidup & berusaha memperbaiki serta tdk mengulanginya lagi. Tuhan Allah bagi sy di atas segala-galanya. Nabi, kitab suci, agama & apapun yg ada di dunia ini tercipta krn Tuhan Allah. Bahasa hanyalah alat media komunikasi utk menyampaikan sesuatu ataupun mengekspresikan sesuatu. Terimakasih Ki Wongalus & saudaraku semuanya.

  46. mohd yusuf

    Assalammulaikum semua..sy dr malaysia..sy mohon jasabaik sesiapa sja dsini untuk membantu sy..menunjukajar dan mengijazahkan kpd sy ilmu perawatan diri..untuk sy membuang sgala aura2 negatif pd dri sy..tlg emailkan pd sy….atantaiko@yahoo.com

  47. Yayan dahyan

    Assalmualikum..ki tolong terawng di tubuh sy msh ada khodm nya,ga?hatr nuhun.

  48. Numpang nyimak…

  49. Muhammad Said

    ki saya mau tanya. apasih dampak negativnya mempelajari ilmu gaib ?
    apa bener bisa bikin orang jadi gila ?
    semisal orang pertama kali belajar ilmu gaib sendirian tiba-tiba liat jin gitu ? apa yang musti kita lakuin ? panik ?

  50. trisurya kuncoro

    saya pribadi memang blum pernah belajar dan mengamalkan ilmu kanuragan dll, walaupun saya jg pernah diajak oleh salah satu organisasi. cuma setau saya dalam akidah Ahlussunah waljamaah ilmu semacam ini tidak masalah selama tauqid kita tetap lurus kepada Allah. dan saran kami jangan sampai kita sombong dan riya’ karna ilmu tersebut dan jangan lupa bahwa itu murni pemberian Allah. salam persaudaraan

  51. mantri anang

    Assalaamu’alaikum Ki, salam sejahtra, izinkan sy ikut bergabung, dengan Biodata Sbb: Nama. : ASEP NANANG (Mantri Anang). Alamat Asal : CIAMIS JAWA BARAT. Kerja. : Puskesmas di Tasikmalaya
    No HP. : 081322677759
    PIN BB. : 29EBB9F7
    Demikian sekilas Biodata saya Ki, barangkali berguna utk dokumen Keanggotaan. Hatur Terima kasih sy ucapkan, jika sy diterima bergabung di Campus Supranatural ini, salam bakti &hornat sy haturkan kpd pinpinan Campus, Ki Wong Alus jg para sesepuh semua, yg ga bisa sy sebutin.
    Wassalaam…

  52. Dhonni

    Pak kalau pingin menyempurnakan ilmu ghoib yang ada di tubuh saya bagaimana

  53. Hal ghaib adalah perkara yang tidak terdeteksi oleh indera manusia. Hal ghaib bisa berupa masa lalu, masa depan atau hal-hal yang lain. Sebuah kaedah dasar yang harus diketahui setiap muslim bahwa ilmu ghaib adalah ilmu yang diketahui oleh Allah saja. Allah berfirman : Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah”, (an-Naml:65)
    Tentang beberapa ilmu yang ditanyakan, seperti kebal dan hipnotis menurut kami hal itu termasuk ke dalam sihir. Sihir itu terjadi sebagai hasil dari kerja sama atau persekutuan antara manusia dengan syetan (jin). Maka untuk mendapatkan ilmu itu harus melakukan ritual tertentu. Biasanya ada ritual seperti melakukan puasa. Maka jika ada orang yang melakukan puasa untuk mendapatkan ilmu tersebut, maka sesungguhnya puasanya dilakukan bukan karena Allah disamping puasanya itu tidak ada tuntunannya. Artinya bukan untuk mendapatkan ridla Allah, tetapi untuk mendapatkan ilmu. Dengan niat seperti itu, hakekatnya seseorang telah mendekatkan diri kepada selain Allah (syirik). Sebab dia melakukan suatu amal yang diperintahkan oleh syetan sebagai syarat ia akan membantunya. Dan tindakan ini termasuk syirik besar, syirik yang membatalkan keislaman seseorang, sebab ia melakukan ibadah bukan kepada Allah. Puasa sebagai syarat mendapatkan ilmu itu sebagai puasa sunnah adalah keliru. Puasa sunnah itu harus sesuai dengan syari’at Allah, dan dilaksanakan semata-mata untuk mendapatkan ridla Allah. Sementara puasa di sini, aturannya seperti diminta oleh perguruan atau tempat belajar, dengan mengabaikan aturan syari’at.
    Mempelajari ilmu sihir hukumnya haram, sebab sihir itu hanya akan terwujud dengan adanya bantuan syetan dan ruh-ruh jahat. Karena itulah pelaku sihir termasuk sebagai pelaku kekufuran, sebagaimana firman Allah :
    Hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). mereka mengajarkan sihir kepada manusia (al-Baqarah:102)
    Hukum haram mempelajari ilmu sihir ini mutlak, baik untuk kebaikan atau untuk kejahatan. Sebab sihir hanya bisa diraih dengan melakukan kesyirikan atau kekufuran. Maka kebaikan yang dilakukan dengan menggunakan sihir tidak bermanfaat sedikit pun bagi pelakunya, sehingga Allah membantah anggapan orang yang mengatakan bolehnya mempelajari sihir untuk kebaikan di dalam firmanNya:
    Dan mereka itu (ahli sihir) mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. (al-baqarah:102)
    Ayat ini memberi isyarat bahwa sihir hanya akan membawa madharat (bahaya) dan tidak memberi manfaat. Sebab bahaya yang ditimbulkan jauh lebih besar dari manfaat yang diberikan. Memang kadang-kadang sihir bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seseorang, bisa untuk membantu keberhasilan usaha seseorang. Namun harus diingat bahwa ahli sihir, yang minta diobatinya dan yang mempelajarinya termasuk haram. Allohu A’lam

  54. Seorang muslim hendaknya mengembalikan setiap permasalahan dan problematika kehidupannya kepada Allah dan Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wasallam, yakni dengan mengembalikannya kepada hukum-hukum Islam yang berasaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih. Sehingga jelas hukum dan jawaban dari permasalahan tersebut. Termasuk juga mengembalikan permasalahan ilmu kebal ini kepada Islam itu sendiri.

    Berbagai ritual diadakan untuk mendapatkan ilmu kebal tersebut. Pada kisah yang pertama, disebutkan bahwa untuk mendapatkan ilmu kebal tersebut, mereka diwajibkan menjalankan ritual puasa selama 30-40 hari. Secara sekilas, nampaknya ritual yang dilakukan adalah ritual yang syar’i, yakni berpuasa. Tapi betulkah seperti itu? Ternyata tidak. Cobalah periksa lebih lanjut, maka akan timbul beberapa pertanyaan berkenaan ritual yang dilakukan untuk mendapatkan ilmu kebal ini, yakni:

    Adakah puasa yang lebih banyak dilakukan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam yang diajarkan oleh beliau kepada umatnya melebihi banyaknya puasa di bulan Ramadhan, yakni selama 29 atau 30 hari (satu bulan penuh)? Setelah kita menilik hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, tidak kita jumpai beliau berpuasa lebih banyak dari bilangan di bulan Ramadhan. Akan tetapi coba perhatikan bilangan puasa yang ditentukan oleh manusia-manusia sakti ini! Untuk mendapatkan ilmu kebal, mereka diwajibkan berpuasa selama 30-40 hari! Allaahulmusta’an.

    Kemudian, hal lain yang perlu kita cermati adalah para manusia sakti tersebut diwajibkan berpuasa selama 30-40 hari untuk memperoleh kesaktian berupa ilmu kebal ini. Apakah mereka memiliki Tuhan selain Allah ta’ala yang mewajibkan puasa untuk mendapatkan ilmu kebal? Atau apakah mereka memiliki Nabi dan Rasul yang lain selain Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam yang mensyari’atkan puasa untuk memperoleh ilmu kebal? Jika mereka jawab tidak, lalu siapa yang mewajibkan dan mensyari’atkan mereka untuk berpuasa selama 30-40 hari untuk memperoleh ilmu kebal?

    Puasa yang diwajibkan oleh Allah dan Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wasallam hanya ada tiga, yakni puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa nadzar dan puasa qadha` untuk membayar hutang puasa. Selain dari tiga puasa itu tidaklah wajib hukumnya. Maka, dari mana mereka bisa mewajibkan sesuatu yang tidak diwajibkan oleh Allah dan Rasul-Nya?

    Allah ta’ala memperingatkan kita agar tidak mengikuti selain apa yang Dia turunkan. Allah ta’ala berfirman,

    اتَّبِعُواْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكُمْ مِّن رَّبِّكُمْ وَلاَ تَتَّبِعُواْ مِن دُونِهِ أَوْلِيَاءَ قَلِيلاً مَّا تَذَكَّرُونَ

    “Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti selain itu.” (QS. Al-A’raf: 3)

    Allah ta’ala memerintahkan kepada kita untuk mengikuti apa yang datang dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Allah ta’ala berfirman,

    وَمَا ءَاتٰكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهٰكُمْ عَنْهُ فَانتَهُواْ

    “Apa yang diberikan Rasul kepada kalian, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7)

    Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pun telah memberitahukan kepada kita bilangan bulan dalam Islam, yakni terkadang 29 hari, terkadang 30 hari. Termasuk juga bilangan hari di bulan Ramadhan adalah 29 atau 30 hari. Dan bilangan inilah bilangan puasa di bulan Ramadhan yang mana pada bulan tersebut kita diperintahkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, yakni 29 atau 30 hari. Lalu bagaimana mungkin para pendekar sakti itu diwajibkan berpuasa 30 bahkan sampai 40 hari untuk memperoleh ilmu kebal?

    Dari sini kita bisa mengetahui bahwa puasa untuk mendapatkan ilmu kebal seperti itu bukanlah ajaran Islam. Dahulu, ketika saya masih berada di lingkungan Nahdhiyin, saya pernah mengikuti sebuah perguruan bela diri “Pagar Nusa”. Saat itu sampailah saya mempelajari tenaga dalam. Sebelum latihan tenaga dalam itu, ada beberapa bacaan yang saya dan teman-teman saya harus baca. Di antara bacaan itu adalah ayat-ayat mu’awidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) dan beberapa bacaan lainnya yang juga berasal dari Al-Qur’an. Maka, bacaan-bacaan itulah yang harus dibaca setiap kali mengeluarkan jurus tenaga dalam tersebut. Setelah membaca bacaan-bacaan itu, kami pun melakukan gerakan-gerakan bela diri dengan mengolah pernapasan. Terkadang kami disuruh untuk menarik napas panjang-panjang, menahannya dan mengeluarkannya. Maka, ketika kami menghentakkan tangan kanan ke depan sebagai tanda memukul, maka lawan yang berada di depan kami terhempas ke belakang tanpa harus menyentuh lawan tersebut.

    Saya tidak ragu lagi bahwa kekuatan-kekuatan tersebut didapatkan dengan melibatkan bantuan jin. Meskipun mendapatkan kekuatan itu dengan mengamalkan amalan-amalan yang diklaim sebagai amalan yang Islami. Akan tetapi setelah kita telisik lebih jauh, ternyata amalan-amalan tersebut tidak diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Sementara, kita dilarang meminta tolong kepada jin untuk mendatangkan manfaat atau menolak mudharat. Allah ta’ala berfirman,

    وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

    “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (QS. Al-Jin: 6)

  55. AyaheAyin

    Ass wr wb para sederek

  56. Intinya apapun yg terjadi pada diri manusia adalah pasrah KEPADANYA….walaupun orang jahat mengganggu kita dengan kesaktiannya,jika ALLAH SWT melindungi kita,kita akan tetap selamat.Tidak perlu ilmu kesaktian…yg paling sakti adalah “Kepasrahan KEPADANYA”

  57. To : Anisa Gratia

    ya itulah Kehidupan apakah anda tidak perna tau tenaga dalam tai chi ?
    apa anda tdk perna belajar tai chi ?
    mohon di telusuri tai chi itu.
    apa beda,nya dengan tenaga dalam yang indonesia miliki secara umum ini
    salam buat sesepuh KWA mohon maaf jika ada salah dan kom yg berlebihan
    mau tau gimana cara nya biar bisa masuk Group KWA secarah keseluruhan trimah kasih Blok nya

  58. Sudah lah kawan, bedakan antara seni beladiri (termasuk tenaga dalam) dengan keyakinan agama. Ya ibarat kita punya pisau, gunanya banyak, tapi kalau untuk membela diri nusuk balik orang jahat apa itu juga baik? Kalo dikaitkan dengan Tuhan, kira kira Tuhan lebih suka yang mana, untuk numis kangkung ato melindungi diri akhirnya nusuk orang jahat?

    Khodam itu dimana mana sama, kalau bukan jin ya malaikat, yang saya heran kenapa kok ada malaikat ikutan melindungi manusia seolah kita mampu mengeluarkan tenaga dalam, lah wog cara kerja malaikat berbeda dengan jin, makanya malaikat tidak ikut campur urusan manusia, campur tangan nya cuma pada pengaturan yang sudah ditetapkan Alloh ta’ala. Para wali zaman dulu hingga zaman sekarang yang bisa melihat dimensi jin pada setiap detik masa hidupnya mengakui hal semacam itu ada bantuan dari jin, termasuk taichi.

    Tapi hal semacam ini jangan sampai hilang, karna ini adalah budaya indonesia, yang sudah fokus ke agama ya jangan terjun kesitu lah. Yang masih terjun ya silahkan, toh semuanya kembali pada diri kita sendiri to, asal jangan sampai lepas dari iman kita. Wong para wali sendiri menyebut tenagadalam itu ibrat “dulinan” (bhasajawa: cuma main main) sperti anak kecil yang masih suka maenan mobl mobilan.

    Makanya kadang yang pake ilmu tenaga dalam sering mengalami hal aneh, bahkan kesialan, ini wajar, lah wong punya partner ya harus memahami partner nya to, udah diberi syarat ya di ikuti dong. Makanya didalam islam kalau dibacakan ayat tertentu dalam Al Qur’an, ilmu tenagadalam seringkali gak mempan ato gada efeknya. Lah kalo masih mempan? Kembali lagi ke takdir Tuhan, jangankan ilmu tenagadalam, wong Ratu Pantai Selatan sendiri mengakui, dia tidak akan merenggut nyawa seseorang kalau Alloh ta’ala tidak memberi tanda berupa isyarat kepada aura seseorang manusia. Maka dari itu saya setuju dengan adanya ungkapan pasrah dan berlindung kepada Alloh azza wa jalla melalio do’a.

    Pada dasarnya semua jangan disama ratakan, Agama ya Agama, jangan dicampur aduk, jangankan ilmu tenaga dalam, sopan santun hidup kehidupan yang baik saja didasari oleh tatanan agama kok, apalagi ilmu kebatinan. itu sebab nya saya bilang kita harus bisa membedakan antara ajaran agama dengan nuansa agama.

    Kembali pada tenaga dalam, itu semua adalah budaya indonesia yang harus kita lestarikan, maka semoga ilmu kesaktian tenaga dalam itu bermanfa’at untuk nama baik indonesia. Kita bangga akan budaya kita, tidak ada negara yang se hebat indonesia! Kita unik, kita tangguh, dan kita punya semuanya. :-)

  59. dwienda

    ada tmn yg bs sharing tentang ilmu supranatural gag ?
    klo bs yg murni tanpa “bantuan” apa pun.
    makasih :D

  60. candra nur candra

    Assalamualaikum,Meraga sukma iku pas arep nglepas ruh nopo awake dadi sakit,?koyo ditusuki jarum,,

    Matur nuwun.wassalamualaikum

  61. seta

    mau belaar ilmu itu tapi gak ada yg ngajarin , katanya gw udah ada bakat , ada yg mau ngjaarin gak

  62. Anggariau

    Saya pernah mendalami keilmuan sampai tingkat tasauf tapi saya belum bisa melihat khodam yg mendampingi saya selama ini! Dari itu saya mulai meninggalkan keilmuan2 itu apa tidak masalah buat diri saya yg pernah menjalaninya?

  63. alwifaisal

    Aq wis ngingatin hati2 dlm belajar ilmu gaib..jangan trlalu sbuk mncari dunia yg hnya sesaat ini..pokoke sdulur2kabeh ……hati2 yo..
    Aq dulune nguasai asma rajeh dngan smpurna..skrang sudah tidak.

  64. asalamualaikum warahhmattulah hiwabarakatu saya ingin menmbah ilmu iman saya mohon bantuan allah dan yang mebuat acara ini terima kasih asalamualaikum

  65. Pangeran

    Asww. Para sesepuh mohon bantuannya. Saya sudah melatih ilmu terawangan insya allah saya puas tapi saya ingin mendalami ilmu untuk melihat makluk gaib secara kasat mata. Tapi dengan cara yang sudah pernah di pelajari belum membuah kan hasil. Mungkinkah ada tirakat kusus untuk meningkatkan indra ke enam untuk dapat melihat makluk gaib secara langsung . Terima kasih mhn bantuanya

  66. Saya berniat mau belajar Ilmu Terawang semoga Allah mengizinkan, sehingga mudah untuk menerima ilmu nya dan maslahat fi dunia dan fi akherat…….sapa yang bersedia jadi guru kami..???

  67. riniko

    mamah saya belum sembuh terkena santet . udah setahun ini :'( :'(

  68. Cokro Bhuwono

    Alhamdulullah..aq mulai ingat kembali dunia supranatural yg pernah aq alami yg sudah lama bgt aq lupakan..’ ( makasih buat penyegaran ingatanq)

  69. gaung uburubur

    merasa sreg ya dipakai, gak sreg ya gak usah dipakai, semua adalah pilihan, ketika seseorang sudah menentukan pilihanya tentu sudah dipikirkan segala akibatnya, baik dan buruk, amal dan dosa seseorang adalah urusan Alloh SWT. baik dimata manusia belum tentu baik dimata Alloh SWT, silahkan tentukan pilihan anda dengan bijaksana…’**

  70. zee

    Assalamu’alikum…

    Mau tanya soal tulang kuning mohon penjelasan dan mohon d jabarkan tentang untung dan buntungnya memiliki tulang kuning.trima kasih

  71. irwan

    Assalamu’allikum,,,,

    Punten mbah, saya mau cerita sedikit tentang apa yg ada di dlm tbh sy,tp sya juga masih bingung
    Apa yg harus saya lakukan,
    Semasa saya masih kelas 1smp saya tidak sadar/ dan memang tidak tahu,
    Waktu itu umur sy masih 15thn,dan ketika bapa saya meninggal dia sempat memeluk sy,
    Trus bebrapa dtik bp sya langsung meninggal,
    Sy bru sadar setelah umur q masuk ke 22tahun, aq sering kesurupan macan,
    Dan sampai seminggu sya merasa ketakutan,dan makin sering kesurupan,
    Ahirnya aq bertanya sama adik kandung alm bapa sy,
    Dia bilang sya sudah di warisi macan siliwangi,

    Tp sampai skrng sy masih bingung, bagai mana cara saya mengamalkannya,
    Mohon penjelasannya mbah, mohon maaf,jika pesan sya bgtu panjang,
    Sy minta penjelasannya mbah, 087744255701

  72. Eljhan

    maaf sebelumnya,,,sebelum anda menggunakan segala ilmu sakti itu …apa anda pernah lihat hodam dalam diri anda………..bukan kah terllihat seperti jin

  73. Eljhan

    sudah lima tahun saya memiliki ilmu ini namun ketika lebih di telaah memang benar ada bantuan jin
    jin atau pun setan itu sungguh pintar menipu kita menyesatkan kita ……ibaratkan hitam berselubung putih …hanya depanya saja pake ayat ayat alquran tp dibelakang tetap saja jin turun tangan

  74. Eljhan

    silakan terawang diri sendiri ….cukup penuh keyakinan kepada….meminta dalam hati “ya alloh perlihatkanlah mahluk didalam diri saya” coba lah

  75. Arriadi

    Assw wr wb, mhn maaf kpd pengasuh room ini, munkin yg dmaksud dgn rekan2 khodam ato apalah yaitu saudara yg ke 4 munkin itu. katanya org tua2jd jgnlah trlalu hantam kromo istilahx-sekian klo ada kta yg krg tpt mhn dluruskan wassalam.

  76. Arriadi

    Ass wr wb mau tanya ki kenapa setiap saya mau mengasah mata batin sllu trhambat.mohon penjelasanx ki wassalam.

  77. Assalamu alaikum ..wr..wb.
    ntuwun sewu kulo izin nyimak.

  78. Assalamu’alakum wr wb

    Sangat menarik sekali Ki ulasannya, sekedar berbagi saja kebetulan saya seorang praktisi supranatural yang mana atas ijin dan ridho Allah diamanatkan sedikit ilmu supranatual. Adapun selain menjalani laku lampah namun pada dasarnya ilmu yang saya dapatkan lebih kepada ilmu titisan, mengingat leluhur saya masih ada trah silsilah ke Kanjeng Syeikh Syarief Hidayatullah dari jalur Sultan Ageng Tirtayasa (Sultan Abul Fath Abdul Fathi) Kesultanan Banten. Hal ini sudah terasa ketika saya berusia 13 tahun. Awalnya saya takut dan bingung mengenai apa yang terjadi dan saya rasakan dalam diri saya bahkan terkadang timbul rasa takut dan cemas, namun seorang guru spiritual telah membimbing saya sehingga saya dapat memahami dan memaknai arti dari semua ini.
    Dari tingkatan keutamaan atau kelebihan yang Allah berikan kepada mahluknya dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan, antara lain:

    1. Mukjizat, khusus diturunkn kepada para nabi dan rosul
    2. Karohmah, khusus diturunkan kepada para waliyullah
    3. Hikmah dan Maunah, khusu diturunkan kepada orang-orang yang tingkat ketakwaannya mendekati
    tinggi sehingga diamanahkan keutamaan diatas hamba-hambaa Allah lainnya.
    4. Istidraj, diberikan kepada orang-orang yang tingkat keimanan dan ketakwaanya rendah bahkan
    biasa-biasa saja. Umumnya hal ini dicapai melalui jalur laku tirakat yang didasari asas tujuan-tujuan
    tertentu.
    5. Sihir, diberikan kepada orang-orang kafir atau yang ingkar terhadap ketentuan Allah.

    Untuk Mukjizat, Karohmah, Hikmah dan Maunah memiliki ciri dan kesamaan karakter serta tujuannya yaitu rahmatan lil alamin, kemaslahatan untuk seluruh umat manusia. Keilmuan, keutamaan atau kelebihan ini tidak dapat didemonstrasikan atau dipertunjukan kehebatannya, karena sifatnya langsung dari Dzat Yang Maha Kuasa melalui para malaikatnya dan hanya dapat dibuktikan atas ijin Allah dan hanya untuk tujuan-tujuan yang maslahat. Hanya golongan yang sedikit yang Allah kehendaki, artinya dengan jalan keimanan dan ketakwaan erta berserah diri kepada Allah secara totalitas menyeluruh yang insya Allah akan mendapatkan keutamaan ini.

    Istidraj dan Sihir memiliki ciri dan karakter yang hampir mirip, yaitu dapat didemonstrasikan dan dipertunjukan, tentunya untuk tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan laku lampah yang ditempuhnya. Keilmuan seperti ini bisa kapan saja digunakan bahkan didemonstrasikan sesuai keinginan hawa nafsunya.

    Maka berhati-hatilah terhadap segala tipu daya syaithan yang bakal menjerumuskan kita bahkan melalui jalur keilmuan yang menyimpang. perbanyaklah istighfar dan instrospeksi diri, dimanakah letak keilmuan kita yang sesungguhnya.

    Wassalam

  79. ngulat sariro hangroso wani

    golek ono !!!
    tapaking kuntul ngalayang
    galehing kangkung
    wong cebol nggayuh lintang
    wong lumpuh ngideri jagad

  80. ok

  81. ass.wr.wb
    Mbah,saya ada masalah,soal warung..saya minta no.hp.mbah,karna saya uda bingung..ni no.hp.saya 089673948559..wassallam.

  82. trimakasih……….
    jika boleh saya minta copyan artikelnya

  83. aku suka apa2 yg berbau mistik..

    bagi aku ilmu kejawen patut di lestarikan mengingat kita adalah orang jawa…barang sipapa yg sampe sekarang masih dan punya ilmu kejawen..maka ia adalah salah satu tonggak bangsa..karna tanpa itu tak akan ada satupun akan mampu memimpin bangsa…percaya dah…

  84. azrafa

    Assalammualaikum,, wr wb,,
    sekalian hamba Allah,,
    mohan hamba mengulas sedikit tntg ilmu kebatinan,, yg menurut hamba ilmu kebatinan ini adalah ilmu Allah Swt,, Semua skalian hambanya bisa mendapatkan dan harus untk mndapatkanya dlm menjalani hidup d dunia menuju akhirat,, Allah maha kuasa,, tidak ada sebarang makluk sakti pun d dunia ini,, jin, setan, dan sekalian makluk halus mohon minta pada Allah utk kesaktian,, dan jika ada hamba Allah itu percaya jin boleh membantunya memberi kesaktian maka tersesatla hamba itu,, sedangkan jin minta pada Allah untk mendapatkan kesaktian,, setan itu menyesatkan kita dan itula tugas setan yg sedikitpun tidak ada kuasa sakti melainkan Allah Swt,,

  85. Nur rohman

    Punten saya mau tanya?
    Seprti apa si bentuknya ilmu supranatural itu..

  86. Asalamu’alaikum

  87. mksh atas sarannya…

  88. segala kekuatan hanya datang dari Allah SWT.aku hanya berlindung kepadaNya.amin

  89. pingin aku diajari supranatural ki? tapi gak tau kemana dan caranya..

  90. Asalamualaikum,
    mau tanya, kalau blajar ilmu supranatural di bulan puasa di bolehkan atau kh tidak??

  91. aku dapat ilmu pengetahuan dari ALLAH SWT.

    Hanya gunakan akal (‘aql) untuk berpikir yang benar dan baik (optimis / berpikir positif) sehingga tidak tersesat dan menjadi sesat selama masih hidup.

    gunakan cara berpikir logika hingga batas kemampuan akal berpikir dengan bantuan pengetahuan yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya (Al-Amin artinya dapat dipercaya, itu gelar Nabi SAW karena memiliki Akhlak Al-Karimah pada jiwa/ruh beliau), memikirkan pengetahuan Al-Furqan (kitab-kitab suci milik ALLAH SWT + TAUHID) untuk membandingkan dengan pengetahuan dari makhluk hingga mengerti mana yang baik dan benar untuk dikerjakan.

    aku punya diagram Ath-Thariq Al-Isyraqy (perjuangan mensucikan jiwa dan raga) + diagram Pengetahuan Riyadah dan diagram Mujahadah (Teknis perbuatan yang Mulia dari bapak Mursyid (Alm. bpk. Nabi Muhammad SAW) )

    Keterangan :
    Mursyid adalah guru spiritual (spiritual itu berkaitan dengan jiwa/ruh pengetahuan Akhlak dan Qalbu bukan ghaib (maksudnya bukan ke-ghaib-annya))

    definisi pengetahuan yang tertulis di Qur’an :

    1. pengetahuan yang ghaib
    ini hanya Tuhan Yang Maha Mencipta yang dapat mengetahuinya dan yang punya pengetahuan didalamnya. sehingga tidak ber-hak siapa pun yang mengatakan “saya tahu alam ghaib/makhluk ghaib”

    16:78
    Indonesian
    Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
    16:79
    to top
    16:79
    Indonesian
    Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.
    16:80
    to top
    16:80
    Indonesian
    Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).
    16:81
    to top
    16:81
    Indonesian
    Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).
    16:82
    to top
    16:82
    Indonesian
    Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atasmu (Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.
    16:83
    to top
    16:83
    Indonesian
    Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir.
    16:84
    to top
    16:84
    Indonesian
    Dan (ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan dari tiap-tiap umat seorang saksi (rasul), kemudian tidak diizinkan kepada orang-orang yang kafir (untuk membela diri) dan tidak (pula) mereka dibolehkan meminta maaf.
    16:85
    to top
    16:85
    Indonesian
    Dan apabila orang-orang zalim telah menyaksikan azab, maka tidaklah diringankan azab bagi mereka dan tidak puIa mereka diberi tangguh.
    16:86
    to top
    16:86
    Indonesian
    Dan apabila orang-orang yang mempersekutukan (Allah) melihat sekutu-sekutu mereka, mereka berkata: “Ya Tuhan kami mereka inilah sekutu-sekutu kami yang dahulu kami sembah selain dari Engkau”. Lalu sekutu-sekutu mereka mengatakan kepada mereka: “Sesungguhnya kamu benar-benar orang-orang yang dusta”.
    16:87
    to top
    16:87
    Indonesian
    Dan mereka menyatakan ketundukannya kepada Allah pada hari itu dan hilanglah dari mereka apa yang selalu mereka ada-adakan.
    16:88
    to top
    16:88
    Indonesian
    Orang-orang yang kafir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan.
    16:89
    to top
    16:89
    Indonesian
    (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.
    16:90
    to top
    16:90
    Indonesian
    Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
    16:91
    to top
    16:91
    Indonesian
    Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.
    16:92
    to top
    16:92
    Indonesian
    Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.
    16:93
    to top
    16:93
    Indonesian
    Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan.
    16:94
    to top
    16:94
    Indonesian
    Dan janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan tergelincir kaki(mu) sesudah kokoh tegaknya, dan kamu rasakan kemelaratan (di dunia) karena kamu menghalangi (manusia) dari jalan Allah; dan bagimu azab yang besar.
    16:95
    to top
    16:95
    Indonesian
    Dan janganlah kamu tukar perjanjianmu dengan Allah dengan harga yang sedikit (murah), sesungguhnya apa yang ada di sisi Allah, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
    16:96
    to top
    16:96
    Indonesian
    Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
    16:97
    to top
    16:97
    Indonesian
    Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
    16:98
    to top
    16:98
    Indonesian
    Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.
    16:99
    to top
    16:99
    Indonesian
    Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.
    16:100
    to top
    16:100
    Indonesian
    Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.
    16:101
    to top
    16:101
    Indonesian
    Dan apabila Kami letakkan suatu ayat di tempat ayat yang lain sebagai penggantinya padahal Allah lebih mengetahui apa yang diturunkan-Nya, mereka berkata: “Sesungguhnya kamu adalah orang yang mengada-adakan saja”. Bahkan kebanyakan mereka tiada mengetahui.
    16:102
    to top
    16:102
    Indonesian
    Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.
    16:103
    to top
    16:103
    Indonesian
    Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: “Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)”. Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa ‘Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.
    16:104
    to top
    16:104
    Indonesian
    Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah (Al Quran), Allah tidak akan memberi petunjuk kepada mereka dan bagi mereka azab yang pedih.
    16:105
    to top
    16:105
    Indonesian
    Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta.
    16:106
    to top
    16:106
    Indonesian
    Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa), akan tetapi orang yang melapangkan dadanya untuk kekafiran, maka kemurkaan Allah menimpanya dan baginya azab yang besar.
    16:107
    to top
    16:107
    Indonesian
    Yang demikian itu disebabkan karena sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat, dan bahwasanya Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang kafir.
    16:108
    to top
    16:108
    Indonesian
    Mereka itulah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci mati oleh Allah, dan mereka itulah orang-orang yang lalai.
    16:109
    to top
    16:109
    Indonesian
    Pastilah bahwa mereka di akhirat nanti adalah orang-orang yang merugi.
    16:110
    to top
    16:110
    Indonesian
    Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
    16:111
    to top
    16:111
    Indonesian
    (Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap-tiap diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap-tiap diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedangkan mereka tidak dianiaya (dirugikan).
    16:112
    to top
    16:112
    Indonesian

    QS. HUD (11) :46
    Bahasa : Indonesian
    Allah berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan), sesungguhnya (perbuatan)nya perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakekat)nya. Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan”.

    QS. HUD (11) :47
    Bahasa : Indonesian
    Nuh berkata: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi”.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: