JALAN-JALAN SANTAI KE PASAR KEMBANG


Tubuh halus ini terbiasa berkelana kemana-mana meninggalkan fisik yang tertidur. Memejamkan mata sesaat, biasanya tubuh astral langsung terbang ke mana pun yang dikehendaki. Melintasi langit, turun ke sebuah kota, menembus tembok-tembok dan menyaksikan apa yang terjadi di sana. 

Malam ini, saat menulis artikel ini, saya ingin mengajak Anda sekalian berjalan-jalan menyaksikan dengan mata batin apa yang terjadi di Pasar Kembang Yogyakarta. Kenapa harus ke Pasar Kembang? Ini adalah pasar yang unik. Jangan bayangkan di sini banyak orang berjualan bunga-bunga indah beraneka warna. Di sini, yang banyak adalah para “bunga-bunga malam” yang menunggu tamu dan menjajakan dirinya. Jadi Pasar Kembang hanya sekedar istilah yang merujuk pada tempat para perempuan menjajakan diri dan bertransaksi dengan kaum hidung belang.

Perjalanan ini dimulai dari Jalan Malioboro. Untuk mengamati situasi, terpaksa saya duduk di atas sebuah lampu kota berwarna hijau terbuat dari cor yang kuat. Lampu ini tingginya sekitar 2,5 meter dan di bawah saya ada beberapa tukang becak menunggu tamu. Nama tukang becak itu Karyo dan Sutrisno. Asli Karyo adalah warga Pleret Bantul, sedangkan asli Sutrisno adalah warga Wates, Kulon Progo.

Malioboro malam ini sudah agak lengang dengan para wisatawan luar kota. Berbeda dengan kemarin saat perayaan tahun baru jalan ini sungguh padat. Kaki hampir tidak bisa digerakkan karena saking sesaknya orang-orang ingin bertahun baru di jalanan nostalgia ini. Sekarang saat kalender sudah menunjuk ke tanggal 3, meskipun agak lengang seakan tetap saja jalanan ini tidak pernah sepi dari kunjungan tamu-tamu. Tamu dari luar Jogja seakan harus ke Malioboro. Padahal, bila tujuan mereka Cuma berbelanja maka belanja benda-benda seni di emper-emper toko di jalan ini nyaris tidak berubah dari tahun-tahun. Tidak ada kreasi baru, membuat sebagian orang mulai jenuh. “Barangnya itu-itu saja,” kata Mr Smith, warga Canberra Australia yang sudah berusia 60 tahun. Mr Smith sudah beberapa kali ke Indonesia dan bila ke Indonesia, dia pasti menyempatkan diri mampir ke Jogja.

Malioboro jam 21.00 malam memasuki nuansa yang lain. Para penjual kerajinan di sepanjang jalan mengemasi dagangannya dan diganti oleh penjual makanan lesehan. Para pengamen pun mencarak-cakar gitarnya, melantunkan senandung beraneka rupa.

Mr Smith adalah seorang duda yang lumayan mapan. Rumahnya di Canberra cukup bagus, tiga ruangan mewah dan satu mobil Cherooke diparkir di garasi rumahnya yang bercat hijau. Smith pernah menikah dan punya satu anak. Akibat perselingkuhan yang dilakukan Smith, keluarga yang dibangunnya berantakan dan akhirnya si isteri memilih cerai. Sementara sang anak kemudian ikut si isterinya yang kini juga sudah menikah lagi. Smith, sang pria flamboyan ini adalah seorang produser film di negeri kanguru. Gaya hidupnya yang metropolis memaksanya untuk hidup ringan tanpa diribeti dengan berbagai pikiran yang berat. Kini, malam ini di Malioboro saya melihat Mr Smith berjalan santai menikmati malam. Langkah-langkah kakinya panjang akhirnya sampai di ujung jalan paling utara Malioboro. Dia kemudian masuk ke sebuah hotel dan masuk ke ruangan nomor 32. Kamar ini sudah dihuninya sejak dua hari yang lalu.

Dia lantas melihat jam yang menunjuk pukul 21.32 WIB waktu Jogja dan kemudian mengambil handphone di tas. Jarinya memencet Handphone dengan nomor 081392….
 
Smith: “Hello”
Perempuan: yap
Smith: Bisa menemani saya tidur
Perempuan: Boleh, dimana
Smith: Di hotel X, kamar 32
Perempuan: Sudah tau tarif saya?
Smith: 300 ribu untuk 2 jam kan?
Perempuan: Baiklah, saya menemani kamu berapa jam?
Smith: Sepuas saya, saya booking sampai pagi
Perempuan: Oke, kalau borongan sampai bagi, tarifnya 1 juta
Smith: Oke, segera ya…
(Smith pintar bahasa Indonesia, dia belajar bahasa Indonesia dari seorang pelukis yang sudah biasa ke Indonesia namanya Geoff Todd).

 

Beberapa saat kemudian, perempuan itu datang. Meskipun usianya 28 tahun tapi masih tampak seperti mahasiswa. Dia amat seksi dan bohay. Rambutnya panjang hitam. Dan sedikit basa basi, akhirnya perempuan berbaju minim berkaos putih dan memakai jeans ketat itu membuka satu persatu pakaian yang dikenakannya. Masuk ke kamar mandi dan kemudian mereka bercinta. Smith meski usianya sudah masuk lansia tetap semangat melayani libidonya. Saya tidak tega, bagaimana menyaksikan perempuan itu bekerja keras. Tahukan Anda, siapa sesungguhnya perempuan itu?

Ana, nama perempuan ini warga asli Majenang, Perbatasan Jateng-Jabar. Ibunya sakit sakitan. Ana adalah anak satu satunya ibu itu. Ana sebenarnya punya suaminya sudah pergi sekian lama meninggalkan keluarga karena kecantol perempuan yang lain. Akhirnya, dia memutuskan untuk mencari nafkah, meninggalkan ibunya yang kini tinggal sendirian di desa. Keputusan Ana pergi dari desa, adalah keputusan yang tergolong berani. Ya, memang dia tidak memiliki keahlian apapun. Maklum saja, dia hanya tamatan SMP. Pertemuan dengan seorang teman yang lebih dulu terjun ke dunia prostitusi mengantarkannya memasuki lembah hitam tersebut.

Malam ini, saat saya menuliskan pengalaman perjalanan batin dari Pasar Kembang Jogja ini saya hanya bisa mengelus dada sambil sesekali menahan nafas. Betapa sesungguhnya kita tidak bisa begitu saja berpandangan hitam putih terhadap satu persoalan. Prostitusi, bolehlah dikatakan lembah hitam dan nista, namun ada banyak alasan yang kuat kenapa banyak perampuan memilih bekerja di sana. Keahlian dan kemampuan yang minim memaksa mereka untuk bekerja apa saja yang mampu menghasilkan uang. Tuhan pasti memahami dan mengetahui niat suci yang ada di lubuk hati seseorang, meskipun itu berada di dalam tubuh jasadnya yang bergelimang kotor.

Semoga kita semua selalu diberikan Tuhan keberkahan hidup dan kebijaksanaan dalam menilai setiap fenomena yang tergelar di depan mata. Siapa yang berkewajiban menuntaskan masalah kemiskinan, kebodohan, kekurangterpelajaran anak bangsa ini kalau bukan kita sendiri yang kini menyadari hal ini? Tuhanku, hanya kepadamu aku memohon… berilah mereka semua keselamatan, kesejahteraan lahir dan batin, dunia dan akhirat. Pamuji rahayu…

@wongalus,2010

About these ads
Categories: PERJALANAN NGRAGA SUKMA | 23 Komentar

Post navigation

23 thoughts on “JALAN-JALAN SANTAI KE PASAR KEMBANG

  1. Konon khabarnya wanita gituan ada yg rajin shalat malam, Mas? saya aja kalah…

  2. wongalus

    Lha panjenengan kan memang jarang sholat malam tho mas ardi? Apa sudah ngowah-owahi adat? sukses kagem panjenengan. nwn.

  3. Hendri

    kantor saya tu dekat sarkem, di Library Center Jl.malioboro No.175, tapi karena kerja siang jadi gak tau persis sih seperti apa kehudupan malam sarkem. Mungkin temen saya yg jaga malam dah pengalaman dalam hal mengamati sarkem (nga,ati aja lo, bukan yg lain). yang membuat saya agak bingung, kok Mas Wongalus, bisa ceritakan detais gitu, emang ikut halan dgn Mr.Smith, trus kok tahu cewek tu asal Majenag ? gmana caranya / apa Mr.smith cerita blak balkan ?. Di kantorku Library Center kadang juga ada visitor macem macem: ada banci, homo (baik inlander maupun asing) , orgil, pengemis, orang streess (mayoritas inlander) dlll, ini menunjukan bahwa di sekitar tempat pariwisata dimana aja ya pasti mirip begitu. yang saya tahu, mayoritas orang sekitar mlioboro (termasuk yg ngaku sbg Guide, tak bisa bahasa Inggris dgn baik, ) anehnya saya dan teman sekantor yg bisa bahasa Inggris dgn baik secara akademis, setiap bicara atau mengantar turis asing, pasti orang kita anggap kami guide atau asistenya, payah , gara -gara wajah kita melayu, meski pintar tetap aja diremehkan sama orang kita sendiri. Sori nglantur…

  4. —kok Mas Wongalus, bisa ceritakan detais gitu, emang ikut halan dgn Mr.Smith, trus kok tahu cewek tu asal Majenag ? gmana caranya / apa Mr.smith cerita blak balkan ?.

    +Yth Mas Hendri: Semua manusia bisa untuk melihat dan menerawang dengan metode meraga sukma. Asalkan mau menghidupkan mata ketiganya, mematikan aktivitas biolistrik di otak dan untuk sementara waktu “mematikan” akal dan pancainderanya. Semuanya akan menjadi terang benderang, termasuk informasi-informasi apa yang terkait dengan orang tersebut. Manusia adalah makhluk yang metafisik, mampu melintas batas ruang dan waktu di mana pun dan kapanpun. Kita semua bisa berkunjung ke masa lalu dan ke masa depan, Kita semua juga bisa bertemu dengan jin, iblis, malaikat, termasuk Tuhan Yang Maha Esa. Bukankah dalam ibadah kita sejatinya sedang berkomunikasi dengan Tuhan? Inilah bukti bahwa manusia sesungguhnya adalah makhluk yang luar biasa, yang harus disyukuri dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan semua makhluk. Ya, hidup adalah sebuah misi dan misi hidup manusia itu sangat mulia. nwn.

  5. waduh saya jangan diterawang ya ki…malu je ndak punya apa2 dan ndak bisa apa2 juga…hihihihi

  6. Yth Ki M4stono, gimana kabar Jogja ki? katanya skrg sudah jarang hujan ya…

  7. anu ki tadi hujan lumayan deras…mungkin karena sedang punya gawe sekaten jadi awannya disingkirkan dulu…heheheheh….moga2 diwaktu dekat ini akan segera “jawaha caya” di seluruh nusantara ini ya ki dan semoga saja kita ngalami hal ini……nuwun

  8. mantap banget..tumut gabung mas ki wong alus..ngapunten ki,ki bisa minta tolong saya di trawang..dalam diri saya kok rasanya semangat hidup hilang..apa ada gangguan mahluk alus..mohon maaf agak lancang ki.
    matornuwon

  9. jokem

    pertamane aq ki ra sngojo nemu ki blog..asale gi golek no misterius 081392111… neng mbah google, lah ko sing metu slah siji-ne yo blog iki…
    aq ki cah jkarta,..lahir neng purworejo.
    ono no hp misterius 2 ngehubungi aq ae,…tak lacak, nah iki sing ke 2 ternyata no jogja jga…
    ngono ae,…nek msalah prostitusi kui yo mslaha kompleks, sing ngelakoni ono, sing ra seneng yo oleh, sing golek tetep wakeh,…

    wass

  10. yang namanya perek ya tetep ja jadi perek…
    da longgar mas…
    g malu ap..??!!
    soryyyyyy……….

  11. Kalajengking Nungging

    Sekali lonte yaa tetap lonte.. Gk ada istilah lonte alim.. Jgn mncampur adukkan haq dan bathil.. Bgitu jg gk ada istilah haji pasti baik.. Haji nyolong yaa ttp aja dsbut maling…

  12. PERINGATAN !!!
    kalo ke sarkem pastikan anda bukan PEKERJA KERAS!!!…
    karna yg di butuh kan adalah…KERAS dulu BARU BEKERJA !!!…
    JANGAN NUMPANG TANYA…tapi TANYA DULU harganya berapa BARU NUMPANG.
    MALU BERTANYA SESAT DI JALAN, BESAR KEMALUAN, SUSAH BERJALAN.

  13. jadi teringat cerita waktu kecil, seorang pelacur mengambil air dari sumur dengan sepatunya untuk diberikan kepada seekor anjing yang kehausan… dan pelacur itu-pun dapat porsi masuk surga karena keikhlasannya membantu si anjing yg kehausan tersebut.. yang jadi pertanyaan saya dari dulu, si pelacur ini masuk surga-nya itu langsung? apa nanti setelah dicuci dulu.. hehehe

  14. dani

    Assalamualaikum ki…..

    Mohon bantuannya ki wong alus utk Scan/terawang Tubuh saya,apakah ada Khodamnya?kalo ada berapa khodam?fungsinya utk apa dan bgm cara memanggilnya?
    mohon maaf kalo byk permintaan saya,nama saya ZARDANI
    ibu kandung DAHLIAR Alamat:Jl.Fisabilillah Perumahan Jala Bestari BlokA3 No.15 Tanjung Pinang,tolong balas ke email saja ki: zardani7377@yahoo.com, terima kasih

  15. pencari ilmu

    pernah dulu waktu saya wisata kebetulan saya lihat ada perempuan cantik baru keluar dari musholla lalu ada seorang om2 nyuruh dia masuk kemobil…

    beberapa saat kemudian saya lihat mobil itu goyang goyang…

    waktu itu disamping ada guru saya lalu beliau mengatakan:mungkin si perempuan itu pelacur yang alim yg ahli hadis…

  16. AssalamualaiKUM…..

    Seperti biasa artikel sperti ini memang kurang diminati di KWA…….Gus Pri dimana ya kok dah lama ndak nulis lagi….Amit Ki Wong Alus jangan di trawang ya…. ntar ndak bisa tidur saya…….puanas hehehe

  17. nirmayanto

    ya begitulah kehidupan kita tak berhak mengadili atau menghakimi seseorang yang blm tentu salah/benar

  18. Ass.. Mantab ki
    tapi dicerita perjalanan2 berikutnya ditunggu ki, biar memotifasi para pengamal ilmu.
    Alfatihah…

  19. muda mudadi

    ditunggu pengalaman kepasar kembang yg selanjutnya ki…

  20. wong awwam

    maaf ki saya baru tau blog ini..
    saya mau nanya ki wong alus biar cepat meraga sukma itu gimana caranya ki

  21. gatot

    Matur suwun sanget, kita harus bersyukur gak terjerembab kedalam lubang hitam tersebut. Tapi ojo GR klo kita lebih suci dari mereka. Namung Gusti Alloh sing iso nilai.

  22. khangran

    ki saya mau tanya,apa benar ngraga sukma harus pakai pager badan supaya raga tidak ditempati mahluk halus..kalau benar,tolong ki amalan pager apa yang mumpuni buat ngraga sukma.

  23. BapakGuru

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    – SMU : 4.000.000
    – D3 : 6.000.000
    – S1 : 8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK ( PNS , TNI , POLRI , BUMN , SWASTA )

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: