WIRID SURAH AL-INSYIRAH


“Bukankah Kami telah melapangkan bagimu: dadamu (wahai Muhammad serta mengisinya dengan iman dan hidayah pertunjuk)? Dan Kami telah meringankan bebanmu (menyiarkan Islam)- Yang memberati tanggunganmu, (dengan memberikan berbagai kemudahan dalam melaksanakannya)? Oleh itu, maka (tetapkanlah kepercayaanmu) bahwa sesungguhnya tiap-tiap kesulitan akan disertai kemudahan, bahwa sesungguhnya tiap-tiap kesukaran, disertai kemudahan. Kemudian apabila engkau telah selesai (melaksanakan amal sholeh), maka bersungguh-sungguhlah engkau dalam berusaha (mengerjakan amal sholeh yang lain), Dan kepada Tuhanmu saja hendaklah engkau memohon.”

Surat ke-94 Al-Quran ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 8 ayat. Surat Al-lnsyiraah (Melapangkan Dada)  intinya adalah penegasan Allah SWT bahwa salah satu nikmat- Nya yang dikurniakanNya kepada Nabi Muhammad adalah akan melapangkan hatinya serta mengisi dengan hidayah pertunjuk.

Ada banyak kegunaan dan manfaat Surat Al-Insyiraah bagi kita yang mengamalkannya yaitu:

  1. Siapa pun yang ingin berhajat sesuatu yang besar, misalnya ingin jadi Kepala Desa, Bupati atau ingin meraih jabatan apapun, baca Surah Al-Insyiraah 700 kali atau 1000 kali setiap hari, maka hajatnya akan sukses dan ia akan mendapatkan apa yang diinginkan.
  2. Bila Surah Al-Insyiraah dibaca sebanyak 40 kali pada tiap-tiap lepas sholat fardhu selama tujuh hari berturut-turut, Allah SWT akan membuka pintu rezekinya dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Manfaat lain surat ini bila membaca Surah Al-Insyiraah 200 kali pada tiap hari ketika matahari naik (waktu dhuha), Allah SWT akan memperlihatkan kepadanya perkara-perkara yang gaib.
  3. Bila ada orang yang merasa sedih karena kehilangan kekasih atau ditinggal mati orang-orang terdekatnya, maka cara menyembuhkannya sebagai berikut: tulis Surah Al-Insyiraah pada piring masukkan air mawar kemudian minumkan padanya.
  4. Surah Al-Insyiraah juga bisa menjadi benteng pertahanan dari sakit-sakitan dengan cara sebagai berikut: Ambillah seurat benang dari kulit kayu dan bacakan Surah Al-Insyiraah. Tiap-tiap membaca huruf “Kaf”, simpulkan benang itu sekali, hingga tujuh kali simpul saja kemudian hentikan. Ikatkan benang itu ke tangan orang yang sakit-sakitan pada pergelangannya di sebelah kiri.
  5. Menghilangkan dukacita, kesusahan dan putus asa bila diwirid usai sholat fardhu. Selain itu, wirid rutin surat ini akan meluaskan rezeki yang halal dan mendatangkan barokah-NYA. Pikiran kita akan terbuka dan sifat malas akan hilang.
  6. Manfaat lain surat ini, bagi mereka yang selama ini belum mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, bisa diamalkan sebagai berikut: Sembahyang sunat dua rakaat. Pada tiap-tiap rakaat baca Surah Al-Fatihah dan surat (silahkan membaca surat apa saja). Selesai sembahyang, duduk menghadap kiblat dengan tetap bersungguh-sungguh memohon pada-NYA kemudian baca Surah Al-Insyiraah sebanyak bilangan hurufnya. Sesudah membaca Surah Al-Insyiraah, ajukan doa agar apa yang diinginkan terkabul atas ijin Allah SWT.

    @wongalus,2010

About these ads
Categories: WIRID SURAT INSYIRAH | 55 Komentar

Navigasi pos

55 thoughts on “WIRID SURAH AL-INSYIRAH

  1. Yovi

    Assalamualaiku wr.wb.makasih byk atas saran2 dan petuah dr kisuwung,smga sgl amal aki menjadi barokah dan jadi suri tauladan bg umat khususnya sy.ki sy slalu menanti petuah dan ajaran dr aki utk mencapai pencerahan hidup yg hakiki,sehingga tercapai sejatinya diri,sejatinya Tuhan.AMIN.KI…Apa yg disebut dzikir SIR,dan gmana caranya.sy hamba yg fakir menanti jawabanya.makasih salam.

  2. NOVA AULIA

    SIIP. YNG TRPTNG KITA FOKUS PADA ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA

  3. wongalus

    @NOVA: PASTI MAS. nwn.

  4. ijin ngamalinya ki
    wassalam

  5. mohon izin ijasah kale ngamalken

  6. anas wae

    mohon ijazah dan cara mengamalkannya ki …matur nuwun sanget..

  7. mhn izin ijazah ngmalken

  8. arek ilank

    maaaaantaaaaaaaaaaaaaap,,,,,,,,,

  9. ijin ngalalin ki…..

  10. arif

    bagaimana ki cara agar wanita yg kita cinta hanya jatuh cinta pada saya n gak ada rasa dengan laki2 lain mohon bantuannya sangat ki…….

  11. Setya Aji

    Assalamualaikum
    Sungguh endahnya ada yg berbagi ilmu seperti ini… sungguh amal ibadah yang takkan terputus pahalanya…
    tp alangkah bijaknya qt jika melakukan amal itu tidaklah dengan menghitung (hitung-hitungan), tidakkah qt menyadari bahwa ALLAH tak pernah hitung-hitungan pada rejeki dan nikmat yg dberikan pada qt? pernah qt dbatas saat menghirup nafas? Ikhlaskan, ikhlaskan segala sesuatu amal ibadah yg qt lakukan. sesungguhnya Allah maha kaya yang tak perlu berhitung atas nikmat yang dberikan pada hamba-hambaNYA yang pandai bersyukur.
    Terimakasih
    Wasalam

  12. Ahmad Suhaimi

    Mohon izin/Ijazah untuk mengamalkan surah AlInsiroh ini. wassalam

  13. naura

    ass wr.wb
    mohon izajah untuk mengamalkanny ya Ki
    matur nuhun wasalam

  14. miftah

    ijin mengamalkannya ki

  15. kang Dullah

    Insya Allah, ijin ngamalin
    Al Fatehah………@sent

  16. winda

    izinkan saya mengamalkannya ya, semoga dapat balesan dari allah. amien

  17. assalamu alaikum,
    sebenarnya saya orang awam. Masalah fadhillah seperti disebutkan di atas, saya takut mengamalkannya. Saya tidak punya sandaran apa2 (hadits2 yang mendukung fadhillah tsb.). Saya takut ditunggangi rasa pamrih ketika beribadah kepadaNya. Cuma ilmu ikhlas saja yang saya fahami ketika membaca surat Al Insyirah tsb. Hiks… hiks..

  18. izin mengamalkan ki

  19. murid baru

    IJIN MENGAMALKAN………

  20. ki ageng gribig

    mohon ijazah……

  21. Arum Manis

    @ ki ageng gribig, yg ini bisa langsung diamalkan kok.

  22. ogel

    ijin mengamalkannya

  23. muhit

    mhn ijzh n ngamalin ki,thank^s

  24. Bismillahirrohmanirrohim

    Assalamu’alaikum wr wb.

    Qabiltu: Saya terima Ijazah Amalan WIRID SURAT AL-INSYIRAH dengan sempurna, Saya mohon izin mengamalkan di jalan yang di Ridhoi oleh Alloh, semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan membawa berkah dunia akhirat, untuk sang pengijazah (Man Ajazanii) saya ucapkan terimakasih, Semoga Alloh Meridhoi Panjenengan dan membukakan pintu Rahmat-Nya serta dilapangkan segala kesempitannya dan dimudahkan segala urusannya didunia hingga
    akhirat, Amin…

    Al-Fatihah Send …

    Wassalam…

    Raihan Syah Alam

  25. angga

    qobiltu

  26. Suryo

    Assallamualaikum para sesepuh, perkenalkan nama saya suryo, dulu saya sering mengamalkan surah tersebut, dan memang ayat ini sangat-sangat besar efeknya. waktu pertama kali saya baca surah ini cobaan dan godaan sering menghampiri saya, shingga saya berfikir apa ada yg salah dgn cara berdoa saya, membuat saya malah semakin banyak cobaannya. sehingga saya sempat takut untuk membacanya, namun seiring jalan . setiap kali saya berada dalam kesusuahan tiba2 terbesit dibenak saya untuk membaca surah ini, dan Alhamdullilah Bismillah Biidznillah kesusahan saya seketika hilang, dan benar apa yg dikatakan diatas, rizqi yg datang begitu berlimpah-limpah sehingga sekarang Alhamdullilah, saya merasa tidak pernah kekurangan. Alhamdullilah

  27. minta izin untuk ngilmu dan mengamalkannya mbah

    maturnuwun

  28. jazz

    wah sesat nih,ayat diturunkan bukan untuk jadi jimat….

  29. dwi

    izin mengamalkan

  30. guz san

    Bismillah Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  31. qobiltu mohon izin mengamalkan

  32. Arie

    Subhanallah..
    qobiltu ki,mdah2an segala hajat ane dan yg mengamalkan di ijabah Allah SWT.
    Amiin
    klo mengamalkan sebanyak huruf bilangannya itu bgmn ki?
    mohon pencerahannya..

  33. assalamu alaikum. qobiltu ki wongalus. mohon ijazahnya…
    smoga apa yang kita upayakan mendapat ridho dari ALLAH SWT. Amin…

  34. lyriclagulawas

    Assalamu alaikum wr wb..Mudah-mudahan Ijazah ini bisa membawa manfaat,,Banyak yang sudah hafal Surah tsb termasuk saya pribadi,tp tidak tahu khasiat kekuatan nya..Terimakasih dan Izinkan saya untuk mengamalkan nya,..semoga barokah …Amiiinnn

  35. johari

    mohon izin amalkanya

  36. Taufiq hidayat

    Mohon izin amakannya

  37. Taufiq hidayat

    Mohon izin sy mengamalkan

  38. kigebleksaestu

    Salamun Qoulam Mir-rob-bir-rohim…
    Mantafff Ki WA.. nja2l diba2r lagi rahasia di balik Surah Al-Insyiroh kui.
    Kabar yg Aki dapat… surah inilah yg didlmnya Tuhan bicara sangat2 tegas.
    Ada 2 ayat yg bunyi dan substansinya sama, khe…khe…khe…

    Yang jelas makna tersuratnya bahwa dadi menungso ning dunyo iki jangan mudah menyerah apalagi putus asa. Nanging….khe…khe…khe…
    kudu ulet lan pantang menyerah baru bisa mewujudkan yg tadinya cuma dlm angen2,
    khe…khe…khe…

    Nuwun,
    Wamtaazul Yauma Ayyuhal Muj-rimun…

  39. mohon nyimak……..sungguh luar biasa……..kuasa allah manusia hanya berharap dan belas kasihnya mudah2an manusia yg diberi ujian trima dng lapang dada begitu juga manusia yg sukses…….kadang ga ingat apa yg di dapatkannya lupa am yg kuasa………jadinya suka caci maki,sombong,picik,lupa daratan………? nah dr itu kita supaya lapang dada bisa trima ujian caciyan,umpatan dll maka dawamkan firman allah s w t…….yaitu surah al insyirah dng khussu ingsa allah apa yg kita harapkan akan terkabul…….barokallah….wsalam putra jowo

  40. wawan

    assalamu’alaikum wr.wb. mohon ijin mengamalkannya ki, terima kasih..

  41. asalamu alaikum, ki saya ora baru di kampus KWA ki tolong dong di shared kunci basmalah.trimakasih ki.

  42. wong pegagan

    Sungguh dahsyat Al Quran yang diturunkan Allah untuk umat Islam….
    mungkin sebagai masukan aj bagi yang ragu dengan fadilahnya….
    begini, logikanya simple….jika manusia berbuat baik PASTI dibalaz Allah dengan kebaikan yang berlipat ganda….begitupun jika kita membaca Al Quran…apalagi mendawamkan dan mewiridkannya…apapun surat dan ayatnya….
    Tapi yang perllu diingat adalah bahwa kita tidak mengkultuskan itu ayat dan surat tsb…sehingga niat kita bisa menyimpang…mengamalkan ayat ini dan itu buat ini dan itu….BACA ALQURAN….adalah wajib dan syariat yang harus dijalankan…tapi jika karena itu kita diberikan balazan yang lebih dari Allah berarti itu hak anda…
    Demikian celoteh dari orang yang dhoif ini…mohon maaf jika ada salah…
    Karena saya juga mengamalakan ayatul kursi setiap habis sholat faardhu dan mo kluar rumah…alhamdulillah…saya merasa Allah selalu melindungi saya wlopun saya hina dan banyk dosa…..
    Karena dari smua yang dilihat Allah sama kita adalah sudah TAAT kah kita dengan Allah????

  43. agus

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

    Ijin mengamalkan ki,..smg mendapatkan berkah..آمِيّنْ… آمِيّنْ.. آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  44. kamaludin yasin

    mohon ijin untuk mengamalkannya…. semoga Alloh memberikan keberkahan kepada kita semuanya,,,,, Aamiin Yaa Mujiibassaa’iliin

  45. Assalamualaikum,
    mohon izin mengamalkan.

  46. mahesa

    mohon ijin untuk mengamalkan ki,,,

  47. mistersm

    mohon izin guru untuk mengamalkanya. terimakasih telah berbagi kepada kami semua..

    semoga kebaikan guru di balaskan oleh ALLAH

    amiiiinn

  48. chanoks

    Izin mengamalkan disaat ane butuh.

  49. saroful anam

    @JAZZ……… ENTE YG SESAT KRN GAK PERNAH BACA AYAT……………..JGN SOK MILITAN LURRRRR……..
    ALAM NASYROH SUDAH SAYA BUKTIKAN(ijazah dari Hadrotus Syech Mbah Dur Tegalrejo Magelang) DAN SUBHANALLOH LUARRRRR BIASA TIDAK MUNGKIN SAYA CERITAKAN(takut riya) KRN BEGITU BYK KHASIAT DAN BERKAT SEBAB AMALAN ALAM NASYROH INI………..
    LANJUTKAN TERUS YG MENGAMALKAN YAQINLAH PASTI ALLOH TIDAK MENYIA-NYIAKAN HAMBANYA………!!!!!!!!!
    JANGAN SOK MILITAN SOK BID’AH SOK QUR’AN DAN SOK SOK LAINNYA……OK
    ALLOHU YUBARIK WA YAHDIKUM AJMA’IN AMIEN YA MUJIBASSAILIN

  50. Qabiltu…izin mengamalkan…alfTihah buat pengijazah dan sedulur KWA..alfatihah…send…

  51. ari

    Ass. Wr.wb…mohon ijin utk mengamalkan. Ada yg mau sy tanyakan yg no.6 tuk dptkan kerja surat al Insyirah dibaca sebanyak bilangan hurufnya ? Maksudnya bilangan hurufnya yg mana ? Maaf kalo pertanyaannya konyol…krn memang kurang tau maksudnya berapa kali? Matur nuWun…sy tunggu balasannya

  52. omar muhammad

    Minta ijazah untuk mengamalkan ki

  53. baarokahallah

  54. ijin mengamalkan ki

  55. Muh. Taslim BH

    Qabiltu…
    Izin mengamalkan
    mengamalkan…..
    Semoga Berkah amin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: