TAKWIL MIMPI


Sdr nanokarsono said, 15 March 2010 at 15:53 • Edit

Assalamu ‘alaikum Wong Alus,,,
Mohon maaf jika sapaan ini membuat aki merasa terganggu.sekali lagi saya sampaikan salam sejahtera buat aki dan para sahabat yang lain,Boleh kan ki ,,,,?jika saya punya pertanyaan dan ini sebetulnya merupakan sebuah cerita dalam mimpi saya dan mohon diterawang mengenai hal ini ada baiknya buat saya sperti apa?dan jika ada buruknya buat saya ,saya harus bagaimana untuk lebih baiknya?Mohon penjelasan dan jawaban nya,terima kasih atas segala perhatian dan balasannya,Wasssalmu ‘alaikum.

Dalam sebuah mimpi saya diajak seorang PUTRI lengkap dengan mahkota layaknya PUTRI / RATU”isi ajakannya :NO ANGGER KOWE PENGEN MULYA URIPE NANG ALAM DUNIA LAN AHIRAT AYO MELU AKU,nah dalm ajakannya itu saya digandeng dengan tangan kananNYA kemudian saya berjalan kesuatu tempat yang TINGGI tidak terasa perjalann tersebut sampailah saya di puncak gunung Kemudian saya disuruh DUDUK seperti duduknya antara dua sujud dalam sholat setelah DUDUK saya disuruh SUJUD sambil memejam kan MATA setelah bangun dari SUJUD saya duduk menghadap kedepan suasana jadi berubah menjadi HAMPARAN AIR yang BENING padahal tadinya yang saya lihat itu hanya perbukitan dan lembah ta[pi setelah saya bangun dari SUJUD semua jadi berubah jadi HAMPARAN AIR YANG BENING DI SEKELILING GUNUNG yang saya duduki dipuncaknya tersebut.Mohon penjelasan atau penapsiranNYA .

Yth sdr Nano Karsono:
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, marilah kita telusuri hakekat mimpi agar bisa menjadi pembelajaran hidup bagi kita semua. Mari kita awali artikel ini dengan pertanyaan, apa sebenarnya mimpi itu?

Mimpi adalah gambaran-gambaran yang dialami seseorang di saat dia tertidur. Mimpi bersifat irasional karena diluar kendali kesadaran kita. Beda dengan meraga sukma dimana kesadaran masih mengontrol perjalanan sukma keluar dari tubuh dan berkelana sesuai dengan yang dikehendaki, di dalam mimpi kita tidak mengontrol gerakan mental apapun. Jadi kita hanya menerima dengan pasif apa yang nanti kita alami saat tidur.

Mimpi dikirim kepada kita dari alam gaib. Mimpi adalah suara-suara dari alam bawah sadar kita. Kadang ia memberikan petunjuk atau peringatan yang perlu ditafsirkan/ditakwilkan secara benar, namun kadang mimpi hanya gangguan batin dan jiwa yang harus dilepaskan dalam mekanisme hidup agar tetap normal dan tenang. Mimpi juga merupakan kenangan indah atau sedih yang sudah lama terpendam.

Karena dikirim dari alam gaib, masalahnya sekarang adalah dari siapa mimpi itu dikirim? Langsung dari Tuhan Yang Maha Kuasa? Atau dari Iblis dan anak cucunya? Atau suara dari diri sejati kita sendiri? Bagaimana membedakan kiriman antara Tuhan, Iblis atau diri sejati kita?

Dalam sejarah risalah kenabian, mimpi adalah pesan-pesan Ilahi yang ditujukan untuk merubah peradaban. Pesan ini dikirim kepada pribadi yang siap untuk menerima pesan itu dan menafsirkan pesan itu secara benar. Pribadi para nabi sepanjang masa, kita tahu, adalah pribadi-pribadi yang siap untuk berjuang membela keyakinan dengan teguh dan gigih. Kalau dia sudah percaya bahwa pesan itu langsung dari Ilahi, maka dia tidak ragu-ragu untuk melangkah.

Mimpi Nabi Ibrahim A.S tentang perintah untuk mengorbankan anaknya, kepatuhannya kepada kehendak Allah SWT dan kemauannya untuk menyerah kepada keimanan mutlak pada Sang Pencipta menjadikannya sebagai muslim sejati pertama dan juga bapak para nabi. Tafsiran yang benar tentang mimpi raja Mesir oleh Nabi Yusuf A.S menyelamatkan bangsa Mesir dan Bani Israil dari kelaparan dan kematian. Mimpi Nabi Muhammad SAW menandai diawalinya penurunan wahyu Al Qur’an.

Pengetahuan dan pemahaman tentang mimpi memang merupakan kebutuhan setiap orang yang berkeinginan untuk mendapatkan petunjuk langsung dari-NYA. Fakta ini telah lama diketahui oleh para nabi dan para wali dan juga orang-orang waskita sepanjang masa. Namun demikian, tidak semua mimpi bisa ditafsirkan secara gampang. Pesan-pesan melalui mimpi tidak jarang justeru kita temukan sumbernya adalah setan sehingga menyesatkan. Bisa jadi juga mimpi merupakan ‘bunga tidur’ karena bersumber dari masalah-masalah fisik dan psikologis emosional. Oleh karena itu dibutuhkan satu kunci yang benar agar kotak pandora misteri mimpi bisa dibuka dan dibaca secara benar.

Penafsiran mimpi membutuhkan pengetahuan luas, kepekaan batin dan kewaspadaan yang tinggi agar tidak terjebak pada kesalahan dan sikap sok tahu. Dalam pemahanan awam sumber mimpi bisa digarisbawahi sebagai berikut:
1. Mimpi yang baik berasal dari Allah yang Maha Baik. Ini semacam wahyu untuk menyampaikan kabar gembira dan peringatan.
2. Mimpi yang mengelabui atau membohongi kita, yang berasal dari Iblis dan sekutunya juga bisa jadi berasal dari nafsu dan ego kita sendiri.
3. Mimpi yang berasal dari suara diri sejati/aku sejati/ruh kita.

Bila kita telaah lebih jauh, dari sisi hakikatnya, MIMPI ITU SEMUA BERASAL DARI SANG PENCIPTA. Sebab bukankah Iblis itu sesungguhnya juga ciptaan-NYA? Tidak hanya kebaikan, bukankah keburukan dan kejahatan itu juga sumbernya dari-NYA? Bukankah surga dan neraka itu juga ciptaan-NYA?

Sehingga kita bisa menyimpulkan dengan skala yang paling luas bahwa semua pesan yang ada di dalam mimpi itu tetap bisa ditafsirkan sebagai sebuah pesan dari Sang Maha Pencipta dan Yang Maha Mencintai agar kita melakukan sesuatu. Apakah itu kita harus waspada, hati-hati dan menjalankan pesan itu secara bijaksana.

Maka mimpi adalah teguran atas perbuatan jelek yang kita lakukan, atau sebuah pesan bahwa tindakan kita yang kita yakini benar itu ternyata salah/keliru. Mimpi juga merupakan bimbingan spiritual tertentu akan datangnya petunjuk yang baik yang harus kita jalankan dengan ikhlas. Mimpi juga terkadang merupakan pesan akan datangnya bahaya sehingga kita bisa menghindarinya. Ini yang dimaksud dengan Rasulullah SAW bahwa “Mimpi yang benar (dimaknai oleh penerimanya pen.) adalah salah satu dari empat puluh enam cabang kenabian.”

Kita juga diperingatkan akan banyaknya mimpi yang kacau yang sumbernya dari nafsu dan ego. Sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW: “seiring dengan dekatnya hari akhir, mimpi-mimpi akan menjadi kacau. Mimpi yang paling benar adalah mimpi orang-orang sholeh. Jadi jika seseorang melihat mimpi yang tidak disukainya, maka hendaknya ia tidak boleh menuturkannya pada orang lain dan ia harus segera meninggalkan tempat tidurnya untuk menunaikan sholat” karena”Tali yang terbaik adalah keteguhan dalam beragama”

Kalau di hari akhir, mimpi-mimpi manusia semakin kacau. Lantas bagaimana dengan sejarah mimpi yang pertama kali? Sejarah mimpi yang pertama kali ada di dunia ini dialami oleh Nabi Adam A.S. Yaitu saat Allah SWT berkata pada Adam: Pernahkan engkau melihat di antara ciptaan-KU sesuatu yang menyerupaimu? Adam menjawab, “Tuhanku, Engkau telah merahmatiku dan memuliakan aku di antara ciptaan-MU dan aku belum pernah melihat sesuatu yang menyerupaiku. Ya Allah, anugerahi aku seorang teman agar aku dapat merasakan ketentraman bersamanya, dan kami akan menyembahmu dan mengagungkan-MU bersama.”

Allah Yang Maha Pengabul Doa kemudian menjawab doa Adam saat ia tidur. Dalam mimpinya, DIA memperlihatkan Hawa kepadanya dan saat Adam terbangun, ia sudah melihat Adam duduk di depannya. Inilah Kemahakuasaan-NYA, menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam dan membuat bentuknya menyerupai Adam, yaitu berbentuk manusia. Bukan bentuk Malaikat, Jin, Bidadari atau makhluk yang lain.

Yth sdr Nano Karsono:

Anda bertemu dengan Ratu atau Raja di dalam mimpi. Bersyukurlah sebab Anda telah bertemu dengan apa yang selama ini Anda cari dan Anda dambakan. Sang Ratu yang Anda lihat di dalam mimpi itu adalah gambaran wujud Tuhan. Sebab Raja Sejati sesungguhnya DIA.Jika di dalam mimpi, Anda dibimbing untuk menjalankan sholat itu berarti Anda diminta untuk terus tekun melaksanakan sujud. Yaitu Menghadapkan diri, menyerahkan sepenuhnya diri dan ego kita pada-NYA. Jika Anda melihat dalam mimpi itu, sang Ratu itu senang dan tersenyum maka berarti IA ridho pada Anda. Jika sang Ratu itu cemberut, maka berarti anda ditegur olehnya agar tidak lalai mengerjakan sholat dan agar anda semakin taat menyembah-NYA.

Bila dalam mimpi itu ada air yang tenang, maka itu berarti bahwa masalah yang ada di depan Anda/ apakah itu ada di masyarakat atau di lingkungan sosial tempat Anda tinggal akan menjadi tenang damai dan sejahtera bila Anda yang berikhtiar untuk sujud pada kehendak/iradat-NYA. Ya, bersyukurlah Anda yang ditunjuk menjadi perantara agar kemaslahatan umat dan lingkungan terjaga.

Sayangnya, Anda tidak menyebutkan apa pekerjaan dan status Anda sekarang, usia, alamat dan sebagainya sebab mentakwilkan mimpi perlu data-data tersebut. Misalnya, jika Anda sekarang ini adalah seorang Bupati, atau pimpinan di sebuah organisasi/wilayah maka bebarti bahwa anda akan mendapatkan kehormatan, kepercayaan dan kedudukan yang lebih tinggi di organisasi/wilayah itu lagi bila menuruti bimbingannya untuk mengendapkan dan merendahkan ego di hadapan-NYA.

Bermimpi tentang ratu atau raja memang menjadi dambaan banyak orang. Namun tidak semua mimpi tentang ratu atau raja ini disukai. Misalnya, jika seorang melihat dirinya sebagai seorang raja di dalam mimpi, padahal ia sesungguhnya tidak cakap, tidak berkompeten dan memiliki kesempatan menjadi ratu maka ini berarti ia akan segera wafat. Hal ini juga berlaku manakala seorang yang sedang sakit melihat dirinya menjadi seorang raja. Namun, jika ia sehat maka ini berarti bahwa seseorang di dalam keluarga/kerabatnya akan meninggal dunia.

Demikian penjelasan dari saya. Bila ada benarnya itu semata-mata datang dari petunjuk-NYA. Namun bila salah, itu semata-mata berasal dari saya pribadi. Wallahu’a lam.

@wongalus,2010

About these ads
Categories: HAKIKAT MIMPI | 34 Komentar

Navigasi tulisan

34 gagasan untuk “TAKWIL MIMPI

  1. Dirja krisma huda

    Assalamualaikum.Wr.Wb.Terimakasih atas pengetahuannya ya ki semoga bermanfaat.Saya mau bertanya lagi ki.Boleh saya tau ki? Hizib suryani itu bagaimana bunyinya dan apa saya boleh mengamalkannya?

  2. nanokarsono

    maaf sekarang saya jawab jg dg setatus sy serta kronologis mengenai mimpi sy:mimpi tersebut dialami dikampung saya di cilacap barat di daerah kecamatan cimanggu,disaat Ibu saya masih hidup tepatnya di tahun 1997 mimpi jg trs mimpi lg dg mimpi yg sama kemudian saya berumah tangga dg orang jogja.setelah Ibu saya telah kembali Kepada Sang Pencipta tahun 2000 bulannya lupa tapi meninggal dihari minggu tepat dihari kelahiran saya.nah karena saya tidak menyaksikan pas ibu meninggal.saya msh di rmh saudara di tangerang dan istri sy mengalami kejadian aneh :diatas kasur tempat tidur saya yg dijogja itu ada gundukan tanah berbentuk gunung ,setelah berjalan sesuai waktu yg ditentukan TUhan dan masih banyak lagi mimpi yg berhubungan dg hal itu sampai saat ini saya merantau di jakarta dan saat ini say sdh tidask berumah tanga dg orang jogja sekarang dg orang cilacap,sya pengen telpon langsung denga aki gemn ?boleh kan untuk lebih jelas dan mudah berkomunikasi,Wasalamu’alaikum

  3. ibu saya bermimpi melihat jembatan sirat(jembatan yg dibawah neraka dan diujungnya surga).jika ki alus tahu mohon ditafsirkan.ini beneran ki,bukan saya bohong.

  4. Dirja krisma huda

    Astagfirullahal’aziim.Mohon maaf ki jangan dihiraukan pertanyaan saya di atas. Begini Ki wong alus.Saya mohon kepada ki untuk mengijazahkan kepada saya wirid bismillah enam,dan doa nurbuat dengan ikhlas?

  5. Air

    Ki mau nanya dulu saya mempunyai ingatan waktu saya belum lahir yg saya ingat waktu itu saya terbang masuk kerumah yg saya tempati sekarang dan saya di situ melihat nenek om dan tante saya terus saya jg mempunya ingatan masa lalu yg enggak jelas itu apa ya ki?

  6. anggi abriko

    ki maaf yah jika pertanyaan saya ini membuat kialus metasa terganggu,ki saya bermimpi dalam mimpi itu saya melihat keadaan disekeliling saya berwarna merah,dan saya melihat ada orang yang telah mati dan hidup kembali disitu terdapat sebuah padang pasir yg luas sekali,dan sungainya adalah darah.dan para setan,binatang,manusia,berkumpul disana.saya ketika itu juga berada disana.mohon ditapsirkan kialus”

  7. ki koclok

    saya ingin menambahkan tentang beberapa arti mimpi buat saya pribadi:
    1.jika mimpi berenang maka setiap yang kita cita2kan akan gagal
    2.jika mimpi melihat mayat

  8. assalamualikum ki alus “bisa tolong cariin amalan buat usaha/warung/jualan ,supaya rame teruss agar tidak sepi dari pembeli/pelanggan..
    assalamualikum

  9. Cagak Alam

    Ass…. maaf sedulur kabeh pertanyaan sedulur itu sudah pada ambang batas mungkin Maha guru kita butuh meditasi ngga mungkin ngeblog terus, sedulur akan dapat pencerahan agak lama ….. wass…..

  10. mumpung guru masih semedi diskusi bentar ya,
    1.Gimana sh rasanya punya ilmu gaib?
    2.Dulu saya ngebet banget ingin membuktikan salah satu kegaiban yaitu belajar tarik pusaka dll,…tapi kok g bisa ya?,Apa saya banyak dosa?
    3.Kalau wirid Asmaul khusna itu sebetulnya ada manfaatnya ga?,jujur saja ya,bahwa saya merasakan biasa saja.
    4.Benar gak kalau kalau ilmu diamalkan atau disebarkan akan bertambah,atau sebaliknya?
    Dijawab ataupun tidak,matur nuwn

  11. wongalus

    @Sdr Budi: Rasanya punya ilmu gaib memang tidak terasa apa-apa. Tapi saat Anda melakukannya untuk diamalkan misalnya untuk membantu orang lain maka akan sangat bermanfaat bagi dia. Orang sakti di dunia itu tidak ada. Yang ada adalah orang yang berdoa dan doanya dikabulkan-NYA. nwn.

  12. gadang pinilih

    ass…Wr.Wb
    kalau bermimpi membawa pedang rasul.. apa artinya ya ki
    maturnuwun
    wass Wr.Wb

  13. joko umbaran

    ass…Wr.Wb
    Salam kenal
    Saya seorang guru pada SMA Negeri
    di Lampung Timur
    Orang tua berasal dari Jatim (Blitar)
    Saya lahir di Lampung
    mohon di jawab Ki
    beberapa tahun yang lalu saya pernah bermimpi, bahkan mimpi itu sampai sekarang masih tergambar jelas. begini Ki, perasaan saya dalam mimpi itu, saya sedeangt menyaksikan pagelaran wayang kulit, tapi dalam mimpi saya wayang kulit belum dimainkan. Tiba-tiba saya mendengar suara yang menawarkan kepada saya dalam mimpi itu, begini bunyinya ” Sak enenge wayang sing di jejer iki pilihen endi sing kok senengi!” Perasaan saya waktu itu Ki, saya mengtambil gunungan yang letaknya di tengah2 karena yang saya lihat dalam mimpi itu ada tiga gununganm, tetapi gunungan itu ada lubang di tengahnya Ki.
    Matur nuwun.

  14. Ma'mun

    Asskum,
    Ki……..
    pada tahun 2005 sy bermimpi di datngi oleh 3 orang berjubah putih, mengajak keluar rumah, ternyata diluar rumah sudah ada menunggu kanjeng sultan HB IX,lantas saya di peluknya,,, kemudian selang satu minggu dari situ, sy bermimpi lagi di undang ke kraton jogya dengan bapak saya, stibanya disana saya d suruh menimba air d sumur, sedangkan bapak saya diajak ngobrol di mejanya, setelah lama menimba air saya di panggil ke meja kanjeng sultan, saya diberi semacam tasbih besar yang bertuliskan JOKO TINGKIR,
    Mohon pencerahan dari aki
    maturn nuwun

  15. Kunci untuk membuka makna mimpi ini adalah tasbih: Joko Tingkir. Tokoh sakti, bijaksana, mampu membaca tanda-tanda alam dari dalam diri maupun apa yang tergelar di luar diri. Lakunya adalah niat dan kemauan untuk berkehendak membawa “tasbih”. Artinya selalu mengakui kemahakuasaan-NYA, selalu menyebut serta mengagungkan nama-nama Tuhan dalam setiap detik hidup sehari-hari. Maka, sdr diminta untuk belajar dari sang tokoh Joko Tingkir ini agar bisa mengambil sari pati untuk hidup anda sehari-hari.

    Siapa Joko sebenarnya? Ia adalah putra Ki Ageng Pengging atau Ki Kebo Kenanga– murid Syekh Siti Jenar. Ki Pengging dihukum mati karena dituduh memberontak terhadap Kasultanan Demak dengan pelaksana hukuman Sunan Kudus. Setelah kematian suaminya, Nyai Pengging juga jatuh sakit dan meninggal hingga Joko diambil anak angkat Nyai Ageng Tingkir. Joko adalah pemuda yang gemar bertapa dan olah batin, Guru pertamanya Sunan Kalijaga. Ia juga berguru pada Ki Ageng Sela. Saat ia menjadi kepala prajurit Demak berpangkat lurah wiratamtama Joko bertugas menyeleksi penerimaan prajurit baru.

    Ada seorang pelamar bernama Dadungawuk yang sombong. Joko geram dan menguji kesaktiannya yang mengakibatkan si Dadungawuk tewas oleh senjata Joko yaitu sadak kinang. Akibatnya, Joko dipecat dari ketentaraan. Selanjutnya Joko berguru pada Ki Banyubiru atau Kebo Kanigoro. Setelah tamat, ia kembali ke Demak bersama ketiga murid yang lain. Saat menyusuri Sungai Kedung Srengenge menggunakan rakit ia dihadang kawanan siluman buaya menyerang mereka namun dapat ditaklukkan. Bahkan, kawanan tersebut kemudian membantu mendorong rakit sampai ke tujuan. Semasa hidup, Joko adalah tokoh yang terkenal sakti mandraguna. Ia diangkat sebagai Adipati Pajang bergelar Sultan Hadiwijaya. Ia juga menikahi Ratu Mas Cempa, putri Sultan Trenggana tahun 1549 tersebut.

    Meskipun sakti ia juga manusia biasa yang bisa kalah. Itu terjadi saat Pajang menyerang Mataram. Pasukan Pajang yang bermarkas di Prambanan dengan jumlah lebih banyak, menderita kekalahan. Sultan Hadiwijaya semakin tergoncang mendengar Gunung Merapi tiba-tiba meletus dan laharnya ikut menerjang pasukan Pajang yang ada di dekat gunung tersebut. Ia menarik pasukannya mundur. Dalam perjalanan pulang, ia singgah ke makam Sunan Tembayat namun tidak mampu membuka pintu gerbangnya. Ini firasat kalau ajalnya segera tiba. Dan saat perjalanan pulang di tengah jalan ia jatuh dari punggung gajah sehingga harus diusung dengan tandu. Sesampai di Pajang, datang makhluk halus anak buah Sutawijaya bernama Ki Juru Taman memukul dada Adiwijaya, membuat sakitnya bertambah parah.

    Namun Sultan Hadiwijaya adalah tokoh yang arif bijaksana. Itu nampak saat ia berwasiat supaya anak-anak dan menantunya jangan ada yang membenci Sutawijaya, karena perang antara Pajang dan Mataram diyakininya sebagai takdir. Sultan Hadiwijaya alias Joko Tingkir ini akhirnya meninggal dunia tahun 1582 dan dimakamkan di desa Butuh, kampung halaman ibu kandungnya.

  16. @sdr Joko Umbaran: Gunungan merupakan simbol kehidupan. Setiap gambar yang berada di dalamnya melambangkan seluruh alam raya beserta isinya mulai dari manusia sampai dengan hewan serta hutan dan perlengkapannya. Gunungan dilihat dari segi bentuk segi lima, mempunyai makna bahwa segi lima itu lima waktu yang harus dilakukan oleh agama adapun bentuk gunungan meruncing ke atas itu melambangkan bahwa manusia hidup ini menuju yang di atas yaitu Allah SWT. Adapun bila dalam mimpi disebut ada gunungan yang bolong (berlobang) maka itu berarti kita diminta untuk menambal lobangnya makna hidup agar pemahaman kita terhadap makna hidup ini semakin sempurna. Gambar pohon dalam gunungan melambangkan kehidupan manusia di dunia ini, bahwa Allah SWT telah memberikan pengayoman dan perlindungan kepada umatnya yang hidup di dunia ini. Beberapa jenis hewan yang berada didalamnya melambangkan sifat, tingkah laku dan watak yang dimiliki oleh setiap orang. Gambar kepala raksasa itu melambangkan manusia dalam kehidupan sehari mempunyai sifat yang rakus, jahat seperti setan. Gambar Banaspati melambangkan bahwa hidup di dunia ini banyak godaan, cobaan, tantangan dan mara bahaya yang setiap saat akan mengancam keselamatan manusia. Gambar samudra dalam gunungan tancep kayon pada wayang kulit melambangkan pikiran manusia. Gambar Cingkoro Bolo-bolo Upoto Memegang tameng dan godho dapat diinterprestasikan bahwa gambar tersebut melambangkan penjaga alam gelap dan terang. gambar rumah joglo melambangkan suatu rumah atau negara yang di dalamnya ada kehidupan yang aman, tenteram dan bahagia. Gambar raksasa digunakan sebagai lambang kawah condrodimuka, adapun bila dihubungkan dengan kehidupan manusia di dunia sebagai lambang atau pesan terhadap kaum yang berbuat dosa akan di masukkan ke dalam neraka yang penuh siksaan. Gambar api merupakan simbol kebutuhan manusia yang mendasar karena dalam kehidupan sehari-hari akan membutuhkannya. nwn.

  17. joko umbaran

    Matur nembah nuwun ki pencerahanipun

  18. Arjuna

    assalamu’alaikum…Wr.Wb
    Salam kenal ki wong alus
    Saya seorang guru pada STM Swasta di Bogor
    ki……… sekitar 5 tahun yang lalu, saya bermimpi kedatangan seorang berpakaian layaknya seorang ratu, lantas dia menunjuk ke sebuah sungai yang ada teratainya, lantas dia berkata ” itu kerajaan anda ”
    maksudnya apa ki
    matur nuwun ki sebelum dan sesudahnya !

  19. Eko

    numpang baca, ki, terima kasih

  20. dewi

    Assalamu’alaikum wr.wb..
    salam kenal sebelumnya,
    aku mau tanya ki, aku pny 2 mimpi
    1. aku pernah mimpi memimpin sebuah kelompok yg terdiri dari pria dan wanita, lalu aku naik psawat besama klompok itu, kmudian di ketinggian saya terjun ke laut utk memberi conth kepada klompok yg saya pimpin. itu maksudnya apa ya ki?
    2. aku mimpi bersama suami naik gunung n waktu mw sampai ke puncak gunung yg licin dan berkabut aku ga berani, padahal suami trus meyakinkan aku klu ga akan knp2.

    trims jawabannya.
    wasalam

  21. Nur Soleha

    Assalammualaikom…
    saya dari Malaysia ingin menanya sedikit soalan tentang mimpi yang telah saya lalui di bulan Ramadhan ini…ia sangat seram sehingga saya takot ingin tutup mata dan tito lagi…

    Saya bermimpi pada suatu hari saya ingin betolkan rambut di cermin lalu prasan kelopak mata saya seperti bengkak hitam macam hangus terbakar..warna mata saya pulak jadi merah..lama kelamaan pandangan saya jadi kabur..tetiba saya terdengar suara seseorang menyatakan bahawa sudah masanya Allah amik matamu wahai insan…saya terkejut lalu menjadi lemah dan trus jatuh ke lantai dengan perasaan sedih sekali di hati.tiba-tiba saya terdengar lagi skali suara seseorang memberitahu aku membaca satu ayat yang aku tidak pasti apa dan tidak brapa ingat untuk mendapatkan penglihatan ku kembali…perasaan menjadi buta sementara amat gelap rasanya…

    Boleh kamu tolong saya apa maksudnya?
    terima kasih ya..

  22. raden arto

    bg minat pesugihan putih,(kusus yg terjepit hutang)
    bg yg serius hub
    radenarto@yahoo.co.id

  23. rendi

    ahli pengobatan karena ulah orang yg tidak bertanggung jawab(santet atau guna guna)
    ahli ruwatan dan penarikan pusaka

  24. Assalamu’alaikum… Ki. saya bermimpi lidah saya cekong ke atas sehingga susah untuk makan dan minum. apa takwilnya? Terima kasih.

  25. amrulloh

    ass. wr.wb. Ki ….. apa amalan yang pantas buat saya….? terima kasih untuk pencerahannya. wassalamualaikum. wr wb

  26. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Ki’ nma ku rudian mustofa, quw pria berumur 17 thn, dan tnggl di maluku.
    Ki’ quw mau tany ne, klow mmpi kejatuhan buah kelapa yg pling besar dri buah klpa yg lainya, abis itu phonnya tumbang dan menimpa kabel pln yg biasa melintang di dpan rmahku, trus ke’setrum dech,.
    Tuch prtnda ap ya ki! S0alnya wktu di antara kejatuhan buah kelapa, rasa2nya bgutu kuat, n bdanku bgtu brgetar, bgaikan ad sesuatu, ap lagi yg wktu ke’setrumnya, lebih trasa,. Yg sya heranin di antara ke dua hal tsbut, mngapa koq bsa mngalami hal yg sma!,. Klo y kestrum cee msih msuk akl,. Tpi l0w yg k’jatuhan buah k’lapa tuch lo..
    Mhon pncerahannya!..
    Wassalam.. . .

  27. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    qobiltu , mohon izin ijazah nya untuk menerima dan mengamalkan amalan ini
    terima kasih :)

  28. guz san

    Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  29. salamjagat

    Assalamualaikum.Wr.Wb.
    saya mau tanya tentang arti mimpi saya ini kepada sedulur semua yang mungkin bisa membantu.
    saya bermimpi saat semua manusia berbaris untuk menentukan apakah mereka ke Surga atau ke Neraka. Jika tidak salah ingat, yg menuju ke arah Surga nyaris tak terlihat. Mereka yg berwajah muram, lesu, takut dan semacamnya di suruh oleh penjaganya untuk menuju ke arah lorong seperti gua dari batu, kemudian setelah masuk mereka pada teriak.
    Rasa penasaran yg saya anggap mungkin neraka tsb saya telusuri tempat seperti lorong/gua berdinding batu tsb. hanya beberapa langkah saya tidak bisa masuk lebih jauh, tetapi samar-samar terlihat seperti ada pintu untuk melewati dinding tersebut. saya merasa sadar dan bisa berfikir dalam mimpi tsb. karena sadar tersebutlah, kemudian saya paksakan sekuat tenaga supaya kaki ini bisa melangkah lebih jauh kedalam, tapi sia-sia. hanya suara teriakan dan kesakitan yg terdenga dari balik dinding batu tersebut.
    Kemudian saya balik arah lagi ketempat semula. Kemudian saya mencium aroma wangi dari arah berlawanan. Wangi yg sangat wangi yg belum pernah saya rasakan selama hidupku. Kemudian aku menoleh, dan terlihat pintu terbuka yang sangat-sangat-sangat besar, kemudian ku melangkah kearah tersebut semakin dekat. Saya berfikir mungkin inilah salah satu Surga tersebut. tak terlihat ada penghuninya, tetapi indahnya luar biasa. masih teringat adanya air mancur dekat pintu tersebut diarah sebelah dalamnya. Saya terus melangkah, tetapi tinggal beberapa langkah lagi menuju pintu tersebut langkahku terhenti, tak bisa maju lebih dekat lagi, meski ku paksa seluruh tenaga ku kerahkan, hasilnya tetap nihil. hanya beberapa langkah lagi loh sedulur.
    Mungkin karena terlalu letih berusaha, akhirnya saya terbangun dari tidur.
    Sungguh, itu adalah mimpi yg sangat terindah lagi tak terlupakan oleh ku. setidaknya kalau aku belum pikun.
    Mohon pendapatnya dari Sedulur semua tentang mimpiku itu.
    Semoga ada manfaatnya.
    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  30. Ass wr wb
    Ki Wong Alus saya mohon ditafsirkan mimpi saya ini.

    Dalam mimpi tersebut hadir alm bapak dan ibu (Insya Allah ibu diberi slalu kesehatan). Lalu dimimpi ini oleh ibu saya di suruh sholat taubat, sholat tahajud, sholat hajat, dan ibu saya menyuruhnya di mekah. Maka saya akan mendapatkan mirah delima, sementara alm bapak saya (semoga Allah SWT menerima disisi Nya) diam saja.

    Monggo kepada sedulur ada yang mau membabar tafsir mimpi ini, saya tunggu…!
    yudha_sukses@yahoo.com

  31. Kok… nama saya jadi ganti “admin”,
    Maaf yang seharusnya adalah “baduy”

  32. Maaf sekali lagi mohon maaf!
    seharusnya nickname yg muncul adalah “baduy”

  33. mimpi kenampakkan rumput kering

  34. abu risang pinilih

    Bismillahirohmanirohim
    Salamkumsalam.. dumateng ki wong alus

    nyuwun pangapunten ki sakderengipun nderek nyuwun takwil

    saya pernah bermimpi ditemui alm eyang saya “Mbah Saridin” beliau sedang duduk disinggasana
    bahwa simbah memberikan 3 keris :
    1. “lupa namanya” tapi bentuk gagang seperti kembang melati
    2. “semar mesem”
    3. “dongo”
    simbah berkata “bahwa keris ketelu sing ngrungkepi keris 1 dan keris ke 2″
    dan diwanti-wanti ojo mbalik ageman dengan klimah ayat Al Qur’an.

    kemudian simbah meminta untuk menghitung batu berwarna blorok yang ada di
    pelataran, saya menghitung hingga hitungan ke 5 beliau mengambil satu untuk diambil beliau

    mimpi ini ceto lan runut

    selang beberapa waktu saya bermimpi lagi ditemui simbah lagi
    dan diberi klimah untuk pegangan “bismilahirohmanirrokhim”

    maturnuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: