ILMU SERUNTING SAKTI


Artikel ini dikirim oleh sdr Wijanarko

Ilmu Serunting Sakti sering disebut Ilmu Si Pahit Lidah, sebab apapun yang diucapkan akan terjadi dan tidak bisa ditawar lagi. Pemilik ilmu ini sangat ditakuti karena ucapannya “berbisa”. Oleh karena itu, pemilik ilmu ini harus orang yang benar-benar sabar, bijaksana dalam setiap ucapannya. Lebih bagus jika orang yang hendak mengamalkan ilmu ini sudah berumur 40 tahun ke atas karena mereka sudah matang dalam ucapan, tingkah laku dan kepribadiannya. Adapun urutan amalannya adalah:

TAWASSUL dengan MENGIRIMKAN AL FATIHAH
1. kepada Rasulullah keluarga dan sahabatnya
2. kepada Nabi Sulaiman dan Nabi Khidir A.S.
3. kepada Nabi Adam dan Hawa
4. kepada Syekh Muhyidin Abdul Qodir Al Jilani Qutuubu Robbani
5. kepada Syekh Ismail Jabbarti
6. kepada Syekh Abi Yaasiin Al Jabbarti
7. kepada Kaum Muslimin dan Muslimat, para leluhur, orang tua kandung, guru-guru
8. kepada saudara tua kita; uri, temuni, ketuban, darah.
9. kepada diri sendiri. Sebut nama kita binti ibu kandung. WA’ALAA NIYYATI… MEMINTA ILMU SERUNTING SAKTI.

Selanjutnya mulai membaca ayat:
INNAMA AMRUHU IDZAA AROODA SYAI-AN AY YAQUULA LAHU KUN FAYAKUN (QS Yaasiin, 82).

Urutan amalan itu dilakukan selama 40 kali setiap hari selesai Sholat Jum’at. Pada Jum’at pertama baca 1 x, Jumat kedua 2 x, Jumat ketiga 3 x, dan begitu seterusnya. Sampai 40 x Sholat Jum’at harus berturut turut tidak boleh tidak dilakukan. Jika kita mengamalkan dengan matang dan sempurna maka Insya Allah di Jumat terakhir kita mengamalkan akan ada khodam mendatangi. Saat khodam datang, tidak perlu takut. Demikian tentang ilmu warisan leluhur ini semoga bisa dijadikan perbendaharaan atau referensi bagi kita semua. Diharapkan semoga ilmu ini dipakai dijalan yang benar karena bila ilmu ini sudah merasuk ke diri kita, gedung bertingkat pun bisa dirobohkan hanya dengan satu ucapan ‘ROBOH!’.

@wongalus,2010

About these ads
Categories: ILMU SERUNTING SAKTI | 128 Komentar

Post navigation

128 thoughts on “ILMU SERUNTING SAKTI

  1. Sugeng enjeng ky alus lan ky wijarnoko engkang kinurmatan..
    Wach mantap bangen ky, ajianya…
    Harus di miliki umur 40thn ke ataz za ky,

  2. abdullah

    jika seseorang punya kelebihan yg tdk manusiawi, dan ia bukan Nabi atau wali Allah,maka besar kemungkinan,itu adalah sihir dengan bantuan syaitan walaupun ia tdk mengakuinya.Dan hal itu sudah merupakan syirik yg besar.Suatu mukjizat yg sebenarnya adalah datangnya dari Allah, bukan diperoleh dari pembelajaran,bertapa,apalagi melakukan hal hal yg jelas jelas tidak ada dalam syariat agama Islam.
    “Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan. ” Al Jin ayat 6
    Dari Sahabat Abdullah bin Umar Radiyallahu’anhu, Ia berkatac”Setiap Bid’ah adalah kesesatan, walaupun dipandang oleh manusia sebagai suatu kebaikan”. (dishahihkan pleh Syaikh al-Albani dalam Ahkam Jana’iz )
    Kalau sekiranya perbuatan itu baik, tentulah para Sahabat Radiyallahu’anhu telah mendahului kita mengamalkannya dan kita akan menemukan riwayatnya….

  3. Jundullah

    asslamualaikum wr wb….

    untuk saudaraku abdullah yang di rahmati allah. statement anda memang benar akan tetapi perlu anda ketahui bahwa allah selalu memberikan kelebihan kepada siapapun yang di kehendaki NYA,

    1.jikalau kelebihan itu di berikan kepada nabiyullah itu di namakan
    mukjizat

    2. jika kepada waliyullah dinamakan karomah

    3. jika kepada manusia dinamakan maunah

    4. dan jika kepada suatu benda dinamakan khasiat

    anda bukan tuhan yang berhak menjustifikasi seseorang itu syirik, khurofat, bid’ah atau tathayur karena sesunguhnya hanya Allah yang maha mengetahui kedalaman hati hamba hamba NYA. sikapilah segala sesuatu dengan bijak dan arif, wasalam

    al dhoif al fakir

  4. xxxx

    ijin mengamalkan mas

  5. Muhammad Antonius Sony

    apakah harus dilakukan pada jum’at yang berturut2 alias tidak boleh bolong 1 jum’at pun ???
    kalau memang demikian amalan ini hanya untuk para kaum adam aja ????
    terus gimana bila ada para wanita yang ingin mengamalkan gimana ????

  6. Muhammad Antonius Sony

    saya pernah dikasih orang tapi kurang lengkap, berfungsi untuk pukulan dan serangan jarak jauh.
    bunyinya begini :
    YA SAFIU YA BASIIR (X199)
    ILLA BADASTUM YA BAARI
    sebelum 2 kalimat tersebut masih ada bacaan lagi, yang jadi penasaran saat saya mau menyempurnakan bacaan-nya orang yang kasih meninggal.
    tapi sebelumnya dia pernah cerita kalau amalan itu dapatnya dari Kyai Tapak Liman di Watu Pitu daerah Banten
    mungkin ada yang tahu bacaan sebelum-nya

  7. yon

    Ass wr wb sdr Wijanarko dan wong alus, mohon izin untuk diizazahkan umur saya 42 tahun terimakasih
    wa sallam

  8. wong djowo

    Salam ki wongalus pancen oye, mantabs uploadnya joss tenan

  9. Rakha

    Assalamu alaikum ki Alus ,matur nuwun atas karyanya dan ilmunya yang tentu bermanfaat buat kita semua buat bekal dunia akherat ,semoga ki Alus selalu dalam lindungan Allah SWT,amin!
    wa alaikum salam.

  10. kepyek jagad

    Assalamualaikum…
    salam ki Wijanarko Ki wong Alus dan sedulur semua..
    untuk mengamalkannya apakah harus tepat sehabis sholat JUM’AT ataukah apakah boleh waktu kt sudah tdk berada di masjid tetapi waktu belum masuk sholat ASHAR.
    mohon penjelasan dari Aki..terima kasih
    Wassalamualaikum…

  11. kepyek jagad

    Maaf nyelo lagi..
    untuk JUM’AT ke 2 dan seterusnya tawasul cukup 1 X ataukah kelipatan jg ki ? napuntenipun
    matur nuwun..

  12. Buat mas kepyek jagad,amaln di lakukan tepat selesai sholat jumat tdk blh lebih dahulu keluar dr masjid,dan utk tawassulnya cukup sekali saja setiap kali selesai shlt jumat,hanya ayat mantranya saja yg di tambah setiap jumat nambah 1x.
    Dan buat mas anton memang sholat jumatnya gak blh bolong2 harus tepat berurutan,jd ilmu ini khusus utk kaum adam saja. Wass.

  13. kepyek jagad

    Assalamualaikum..
    salam kampus wong alus..ta’lim jg bwt ki Alus,Ki Wijanarko jg sedulur smua.
    matur suwun atas penjelasannya.semoga jika ALLAH mengijinkan kita menguasai ilmu2 ALLAH tetap di berikan jln ke arah NYA amiin..

    Wassalam…

  14. rizal

    assalamu alaikum wr wb,,, mohon izin mengamalkannya ki

  15. Danu Top Markotop

    Ass sedulur-sedulur..salam Ki Wijanarko mau tanya bgm cara penggunaan ilmu ini biar gak kacau balau maksudnya kita kan gak mau gedung nya roboh hanya karena kita ngomong roboh padahal niat kita gak mau ngerobohin gedung nya Ki..mksh wass…..

  16. assalamualaikum…
    Ki,kalo diamalkan di rumah setelah pulang jum’atan boleh atau nggak?
    Wassalamualaikum…

  17. mohon ijin nya dan keikhlasannya. karena saya akan mempelajari ilmu ini. semoga menjadi amal yang baik. amiin

  18. mus

    mohon ijin nya dan keikhlasannya. karena saya akan mempelajari ilmu ini. semoga menjadi amal yang baik. amiin..

  19. bengawan.candhu

    asswrwb….
    ki wijanarko….mo brtanya ki…klo msl dbacanya shbs shalat jmt trnyata lbh….msl 100x gt bgmn. apkh mnrt ki wijanarko lbh baek ato sama sj hslnya?ato malah keluar dr pakem/aturan? trmksh.

  20. ass wr.wb
    ki umur saya 31 klo saya mengamalkan ilmu ini apakah ada efeknya,soalnya ilmu ini kan harus yg 40 th keatas,mohon di jawab ya ki..
    wassalam

  21. Seto Satrio

    asslmkm sedulur…
    Om saya ada yg khodam pelindungnya Serunting Sakti,.
    itu ilmu di daerah Sumatra.

  22. supadi

    apakah bila yang diucapkannya yang baik2 saja malah tambah khasiatnya ki

  23. isman

    buat pak Abdullah saya sangat setuju dengan apa yang di katakan pak jundullah , maaf pak abdullah kita tidak boleh mengkafirkankan sesama sekalipun anda tidak terang- terangan. kita berpegang teguh saja dengan alQuran dan apa yang yang tersirat di dalam Qs yasiin 82 adalah bukti nyata bagi yang percaya alquran bahwa tidak ada yang tidak mungkin, logika technologi yang ada sekarang osama bin ladin tak ada tempat sembunyi tapi apa yang terjadi..??
    demikian juga dengan ilmu serunting sakti, bid’ah itu banyak dan tidak semuanya sesat, contoh jaman nabi Alquran hanya berada di kepala- kepala sahabat yang hafizz Quran dan sebagian di tulis di pelepah korma dan tulang- tulang onta. Apakah kita kafir dengan meyakini alquran yang ada sekarang?? atau kita harus berebutan cari pelepah korma dan orang yang hafizz Alqur”an?? Allah memerintahkan agar kita memohon kepada Allah melalui asmaNya dan berdoa dengan Ayat alqur’an adalah hal yang sangat baik mendoakan pendahulu kita adalah amal yang di anjurkan

  24. Lela Rentaka

    Minta dizinkan dan berkat mengamalkan ilmu ini…Al-Fatihah serta salam kepada empunya ilmu

  25. rony

    mohon keiklasannya poro sesepu nipun.,cara nya ntk mendapat kan serunting sakti????mhn penjelasan nya???

  26. rony

    mohon balasan nya ke absr54@yahoo.com

  27. Kalung Naga Ratu

    Ass wr wb…. mau tanya pak kyai posisi dimana terima kasih

  28. Zack bongek

    assalamu alaikum wr wb,,, mohon izin mengamalkannya ki moga berkat dunia akhirat……

  29. Taopik MT

    Bismillahirrohmanirrohim.. dgn niat mncri ridho Allah : Qobiltu, sy trma ijazhnya ilm srunting skti dg lngkp & smpurna dri ki wijanarko, smga ki wijanarko mndpt limphn rahmt dr Allah SWT, mdh2an ilm trsbt dpt sy mnfaatkn khsusnya untk sy sndri dan org lain yg mmbtuhknnya fiddunya wal akhirat, khsson ila ki wijanarko alfthah.. Bismillahirrohmanirrohim..smp slesai.. Amiin (trkrim)

  30. Daeng

    assalamu alaikum..mohon izin mengamalkan ilmu serunting sakti ki…

  31. wahyu

    ass,,, mhon ijin bwt ngamalin,,,,

  32. ancha

    ijin mengamalkannya KI……………

  33. Saya minta izin mengamalkannya ki. Mau digunakan untuk permainan piano saya yg sulit dicari nada indah nya. Makasih. :)

  34. jagat Besemah

    hehehee…ini aslinya dari mana ya sang admin,jika anda tau dasarnya,gak penting ajian2 ini di ajarkan,Ilmu serunting sakti murni berasal dari jagat besemah kota Pagar alam,di sana pusat puyang serunting berawal,sampai sejarahnya si pahit lidah,tiada bahasa jawa atau lainnya.utk mempelajari sgala aliran /ajaran kemampuan tsb butuh proses dan harus ada pembimbing,tak bisa main ramalan sendiri,melalui proses yg di katakan Kuntau seminggu atau kuntau sebulan,gak bs maen ramal2 bgt,dan kepada Admin jangan bawa2 nama Serunting sakti atau si pahit lidah jika anda tak tau asal usul sejarahnya atau kemampuan Kuntau. ini sekedar saran sebelum Puyang Serunting marah,heheheheee………

  35. bengawan.candhu

    @jagat besemah….asswrwb…..slmt dtg…sugeng rawuh…..salam kenal…salam paseduluran dr sy yg msh awam dan bodoh ini…..salam takzim….u/mhn pencerahan dan bimbingannya buat poro sedulur di blog ini…mhn maaf atas kekurang nyamanan panjenengan u/hadir di kampus ini…..tak ada gading yg tak retak…klo krg sempurna mhn dsempurnakan…klo krg lgkp mhn bantuan u/melengkapinya……salam hormat….dan menjura yg dalam kagem panjenengan abi jagat basemeh….

  36. bengawan.candhu

    @jagat basemeh….mhn maaf mgkn bs dkonfirmasi sama ki wijonarkonya,ini mksd beliau mgkn dpt ijazah jg sdh spt ini….mhn pencerahan lbh lanjut buat poro sedulur…..

  37. rudi

    anda punya masalah problem hidup?hutang menumpuk?tiap hari di kejar rentenir?jangan putus asa,kami ada untk anda
    kami siap bantu masalah anda sampai selesai,aman mudah dan tanpa tumbal
    tidak melenceng dari keagamaan,insyaALLAH km menggunakan ilmu wali
    mahar gartissssssssssssss
    karena kmi lebih utamakan persaudaraan dari pada mahar
    hub kami
    sukocorudi@yahoo.co.id

  38. qobiltu ki.. moga kemaslahatan dan rohmahNya dilimpahkan pada ki wong alus sekeluarga amin

  39. satrio ilang

    bismillah qobiltu..

    utk abdullah.. kalo anda bukan aliran Islam sejenis ini, anda bisa berbeda pendapat.. tp Nabi SAW tidak pernah mengkafirkan org, malah sebaliknya beliau bersabda man kaffaro mukminan fahuwa kafirun.. barang siapa mengkafirkan mukmin (lain), maka dialah yg kafir..
    selama ini Islam menunjukan bagaimana Sulaiman AS berkomunikasi dg binatang, jin, angin dan sebagainya. Tp umat Islam jarang mempelajari hal itu dan malah menganggap hal tersebut sebagai syirik, bid’ah.. lalu umat Islam mempelajari ilmu2 Barat dalam mengelola alam, akhirnya terjadilah kehancuran bumi dan alam ini..
    Nabi SAW pernah menyepi (bertapa) di Gua hira.. Umat Islam sudah jarang yg menyepi dan bertapa. malah menganggap bertapa sebagai syirik.. akhirnya spritualisme umat Islam mjd dangkal dan tidak bs merasakan kehadiran Tuhan. muncullah kemaksiatan2…
    Apa yg tjd pd sejarah Nabi2 sebenarnya adalah serangkaian konsep. Nabi Musa AS terlihat spt penyihir dg tongkat di tangannya, tp bukan penyihir.. dia membawa jimat di sakunya, tp bukan penyembah jimat.. bagi org yg bisa merasakan, itu adalah serangkaian konsep Islam. tp bagi org yg sudah kena pengaruh emperisme Barat, maka akan menganggap itu sebagai takhayul, mitos dll.. wallohu a’lam..

  40. OJIBUAKU

    ass… qobiltu.. ijin ngamalkan….
    saya juga sudah pengamal ayat itu..
    biar mendapat sanad juga dari jenengan…
    cuma punya saya namanya.. aji pamungkas…
    terima kasih..
    wassalam…

  41. amin ya robbal alamin

  42. saya dilahirkan ditanah sumatra selatan suku saya pasma (semende lembak ) ilmu serunting sakti adalah ilmu keluarga turun temurun saya harap jangan terpancing dengan amalan2 mengatas nama kan serunting saktiitu

  43. anwar

    atas rahmat allah kami siap membantu poro sedulur yg punya penyakit blm lama sembuh
    1)yg disebabkan karena guna guna atau santet
    2)memisahkan pil atau wil
    3)bisnis macet karena ulah orang yg gak tanggung jawab
    4)pelet,wibawa dll
    silahkan konsultasi di
    anwarmuhamad93@yahoo.co.id
    semoga bermanfaat,amin
    wslm

  44. Assalamu’alaikum Wr.Wb..sebagai salah seorang keturunan “Puyang Serunting Sakti” dan Pemerhati Sejarah Budaya Djagad besemah Libagh_Semende Panjang saya mohon klarifikasi kepada Sdr.Wijanarko, “amalan” ini diijazahkan oleh siapa? karena mewiridkan keilmuan haruslah diiijazah oleh orang yang memang berhak menurunkannya (mursyid/guru/pembimbing) kalau tidak bisa berakibat fatal.Karena dalam wasilah/menghadiahkan Fatihah Ilmu Serunting Sakti di atas itu ada nama yang kurang dan kalimat yang kurang.Tolong jangan dipermainkan amalan itu karena yang di atas cuman sepotong saja ala Wijanarko..Maaf, tarekat apapun dalam Islam wajib diijazah langsung oleh mursyid begitu juga dg ilmu kebatinan.(Dan bertanyalah kamu kepada orang yang mengetahuinya, jika kamu tidak mengetahuinya: QS.Al Anbiyaa:7).kami sangat sependapat bahwa kita tidak boleh menjustifikasi soal bid’ah atau syirik karena wiridan/keilmuan yang berdasarkan Al Quran dan Al Hadits merupakan salah satu jalan/wasilah mencapai maqom/tingkatan keimanan kpd ALLAH SWT. HAKIKAT KEILMUAN ADALAH MILIK ALLAH SWT.

  45. santos

    ada banyak rahasia yang Tuhan sembunyikan kapada kita,dari saking rahasianya banyak manusia yang tidak tahu.bukankah kita dieri pengetahuan oleh Tuhan hanya sedikit?mudah2n ilmu ini menjadi jaln agar kita semakin tahu kelemahan kita dan semakin mengenal TUhan.terima kasih atas ijazahnya!!!!!!!!!!

  46. alah aku bingung moco komennya, wedi edan nek ngamalke tanpa guru, ati2 jangan asal mengamalkan, harus ada guru

  47. Assalamu’alaikum
    Saya melihat keganjilan kalo ilmu di atas disebut dari Serunting Sakti atau Si Pahit Lidah. Mungkin maksud sdr Wijanarko, ilmu tersebut di atas jika diamalkan akan mempunyai kelebihan seperti Si Pahit Lidah yaitu apa yang diucapkan akan MAKBUL, atau kalau istilah kami Lintang Empat Lawang: (MASIN).
    Soalnya saya juga ragu kalo amalan diatas telah diamalkan Si Pahit Lidah. Sepengetahuan saya Serunting Sakti berkemungkinan besar belum mengenal Islam kala itu, kalau pun dia beragama Islam, saya yakin dia pun mungkin memakai ilmu adat atau ilmu berbahasa melayu.
    Wallaahu a’lam

  48. panglima alam

    qobiltu..

  49. radhin mas ahmadi suwinoto broto

    yg saya tau ilmu serunting sakti itu menggunakan bahasa semende,,, tdk ada wasilah2 hanya ada ritual/lelaku tertentu,,,, yg di lakukan di danau rakihan ulu danau,,,, tdk jauh dari petilasan puyang pulau beringin/serunting sakti… mohon maaf, dari pihak ibu saya ada trah sana…

  50. Jati diri

    Salam sedulur..
    Mungkn ilmu ini hanya menggambil nama dari serunting sakti dari kepuyangan 9 dempo,tepatnya dusun tertap pagar alam,sumatra selatan,krna persamaan khasiat dg ilmu serunting sakti,mgk lebih tepat nya ini dinamakan ilmu seucap nyata, yang sama khasiatnya dengan ilmu serunting sakti, krn saya salah satu yang dituruni khodam serunting sakti, sebelumnya saya mohon maaf saran saya klo untuk mengamalkan ilmu yang sifatnya kadigjayaan harus punya guru,yang sifatnya keras, krn bahaya, bnyak mudharat nyadan blom tentu mendapatkan manfaatnya,,

  51. pangeran langit

    kesuwon…selamat beramal..

  52. aswb…..kiranya perbendaharaan pengetahuan ini makin mantaps…….mungkin dimaksudkan kita semua itu soal nama…………dalam islam pun (walaupun sebenarnya semua adalah islam)……orang-orang yg mencapai derajat Qun itu ada……………..dan pasti ada namun memang cara menamakAn,cara mengamalkan untuk memperoleh derajat demikian bisa berbeda-beda………….tetapi yg pasti…………mereka yg TAUHID….SEMPURNA……….PEACE

  53. JIKA ITU SUDAH DIPEROLEH…………..KALO ORANG ITU BILANG…………..QIAMAT….YA KIAMAT LAH KITA……..HIKHIKHIKHIK

  54. ILMU ITU DISERAHKAN OLEH ALLAH…..PADA MALAIKAT……PENIUP TEROMPET……………………..
    PREEEEEEEEEEEEEEET………..MATI……………….YA MATI SEMUA…………….
    PREEEEEEEEEEEEETTTTTTTTT………………BANGKIT YA BANGKIT SEMUA……………..HIKHIKHIKHIKHIK

  55. Oval75

    Ass. Salam semua…..Serunting sakti klu tidak salah nama lain dari si pahit lidah….

  56. Oval75

    @fekri : ini fekri yg tinggal di way hitam bkn..???

  57. Kalung Naga Ratu

    Mang puyang sakhunting gurunya dari mana…terus guru puyang berguru dimana…..kok pada mare2….dengan ilmu keturunan seh

  58. Gedung Pakuon

    Ada yang mengenal sakhunting sakti sebagai puyangnya…ada yang bisa memberi pencerahan keturunan sakhunting sakti,sakhunting 1,minak adipati,suntan kemala bumi….please…

  59. riko

    Si Pahit Lidah
    Siapa sebenarnya Si Pahit Lidah itu? Kalau Anda pernah menonton film yang dibintangi Advent Bangun sebagai pemeran Si Pahit Lidah, tentu Anda akan tahu mengenai legenda Si Pahit Lidah. Mengapa setiap kata-kata yang keluar dari lidahnya begitu “manjur” sehingga orang pun bisa berubah menjadi batu, atau desa menjadi goa batu.

    Dari mana asal muasalnya Si Pahit Lidah? Sang jagoan sebenarnya hanya seorang pembantu yang bekerja pada seorang Kiai sakti. Setelah sekian lama bekerja pada Kiai, ia lalu berkeinginan minta ilmu kepadanya. “Tolonglah Pak Kiai, kalau ada ilmu bagi-bagilah sama saya,” kata lelaki itu kepada Pak Kiai. Suatu saat, Pak Kiai juga bosan berkali-kali mendengar permintaan itu. Karena lelaki itu juga sudah ingin pulang ke kampung halamannya, maka dipanggillah lelaki muda itu untuk menghadap Pak Kiai.

    Kemudian Pak Kiai meminta lelaki itu untuk membuka mulutnya. Pada saat mulutnya dibuka, Pak Kiai lalu membuang ludah ke dalamnya. “Kamu katanya minta ilmu, ya itulah ilmu yang saya kasih, sekarang kamu boleh pulang’, kata Pak Kiai. Nah kesaktian lelaki itu kemudian ternyata terletak pada lidahnya. Kata-kata yang keluar dari lidahnya itu sungguh berbahaya, semuanya bisa terjadi.

    Si Pahit Lidah juga mempunyai teman yang sakti, namanya dikenal dengan Nenek (Kakek-Red) bermata empat atau Puyang Mata Empat. Keduanya ingin mengadu kesaktian dengan memilih tempat di sekitar Danau Ranau. Keduanya juga sepakat dengan cara saling ditimpa dengan buah aren, persis di bawah pohon aren. Yang pertama duduk di bawah pohon aren adalah Nenek Bermata Empat dan Si Pahit Lidah naik ke atas pohon aren dan memotong serangkaian buah aren. Begitu rangkaian buah aren jatuh persis di atas ubun-ubun kepala, Nenek Bermata Empat dengan mudah mengelak, karena ia bermata empat. Kendati Si Pahit Lidah marah-marah, tetapi ia tetap harus menghormati perjanjian dan kesepakatan yang telah dibuat.

    Giliran Si Pahit Lidah duduk di bawah pohon aren dan Nenek Bermata Empat naik ke atas pohon aren untuk memotong buah aren. Begitu tangkaian buah aren dipotong, rangkaian buah itu jatuh persis di atas kepala Si Pahit Lidah. Tanpa bisa mengelak, karena Si Pahit Lidah tidak bisa memprediksi saat jatuhnya rangkaian buah aren itu, lelaki itu akhirnya mati konyol. Karena penasaran, Nenek Bermata Empat ingin mengetahui lebih jauh mengapa sang jagoan bergelar Si Pahit Lidah, lalu ia mencicipi lidahnya. Dan apa yang terjadi? Sekonyong-konyong Nenek Bermata Empat pun langsung mati karena lidah Si Pahit Lidah mengandung kesaktian.

  60. Hamba Allah SWT

    HARAP SEDULUR SEDOYO BERHATI-HATI TERHADAP ORANG YANG PUNYA EMAIL SUKOCORUDI@YAHOO.CO.ID & ELIXSUKOCO@YAHOO.CO.ID
    DIA PENIPU, NGOMONGE AREP NULUNG MALAH MENTUNG
    BILANG MAU BANTU KESUSAHAN ORANG MALAH MENAMBAH DERITA ORANG

    WASPADALAH… WASPADALAH… WASPADALAH

  61. Nurwahid

    qobiltu, saya terima ilmu serunting sakti ini lilahi ta’ala. mudah2an bermanfaat bagi kita semua.

  62. izin ngamal ki…..

  63. sy terima secara lengkapz qobiltu…al fatihah send

  64. oktarizal

    ???????????????????????????, ni bukan mainan

  65. hasbi robbi

    maaf ya, sepertinya saya harus meluruskan dari cerita diatas. perlu kita semua ketahui bahwa serunting sakti atau nama lain semidang sakti atau gading sakti adalah PUYANG NJADIKAH JAGAT. dan kehidupannya jauh sebelum masa sriwijaya apa lagi zaman kiayi jauh panggang dari api, kalau cerita di film siPAHIT LIDAH, itu ngawor (mengada ngada)dan ilmu serunting sakti tidak bisa dimiliki oleh siapapun, kalaupun ada itu adalah keturunan anak BESEMAH. ga percaya coba aja…..

  66. GADING KUNING

    sepertinya ada yang nyeritain aku ya……..

  67. Ramona Purba

    izin mengamalkan.
    tak banyak kata terucap.
    satu kata banyak manfaat.
    mohon di ijazahkan.

  68. tokmay

    Mohon di ijazahkan, mudahan mustajab

  69. Mohon di ijazahkan, mudahan mustajab

  70. usman

    ass.mhn izin ki untuk mngmlkn..smga brmnfaat.mhn doa restunya ki..

  71. GATOTLUCU

    sekarang lg tren ilmu AMR.

  72. mas kenter pamukas jagat alus

    qobulti ki wasalam ijin kan rapal kan..

  73. Dewa Tidur

    mending tidur..

  74. GATOT NGALOCO

    mending ngaloco he he

  75. Wong alus dapat amalan ini dri siapa?

    Ilmu serunting sakti itu ilmu turunan dk stau saya jman serunting skti itu blum mngenal agama islam..
    Jadi mhon maaf kalo amalan tsb hanya sbgai amalan sja!
    Wallahualam

  76. Kemungkinan hanya kturunan dri srunting sakti yg bisa mndpt ilmu ini..

    Apakah kiay adlh kturunan serunting sakti?
    Numpang nanya aja

  77. hermanto

    apalah artinya sebuah nama….ilmu hanya milik Allah,tidak ada maslah asal yang berhak memilki, kalau begitu kenapa kita bangsa indonesia memakai bahasa arab yang kepunyaan orang arab,,orang arab sendiri ndak pernah marah kok..memiliki ilmu apapun tergantung bagaimana si pemilik menggunakannya..ibarat memilki sebsebuah senjata tajam.dan jangan pula men ”cap seseorang sirik kalau kita sendiri masih mentah dalam mempelajari islam karena ilmu islam sangat luas…perbedaan pendapat boleh saja tapi jangan saling menghujat….inilah perbedaan..sebagai warna dalam bangsa kita,,,,setiap daerah juga memliki persamaan ilmu dan berbeda dalam nama….wasalam….lanjut mas wijanarko….

  78. Yos

    Sebelumnya saya mohon maaf kepada rekan-rekan sekalian, ilmu ini disebut ilmu serunting sakti oleh ki wijanarko, tetapi pada urutan wasilah atau tawasul diatas saya tidak melihat ada tawasul yang dikirimkan kepada puyang serunting sakti itu sendiri, mohon dijelaskan..

  79. wah.,. makin seru aj nih perdebatan/pndapat maaf ya para senior sya yg awam cma pnya pendapat bagi yg berkomentar yg sifatnya mengkalim ilmu itu berasal dri sinilah situlah keturunanlah kesanya ilmu itu ngaco/gakbenerlah shrusnya kalau kita merasa menguasai ilmu tsb ya..berilah pembabaran/pncerahan kpda kami yg lgi belajar dan setau sya ilmu itu banyak versinya liat aji jaran goyang semar mesem asr rdr nusantara ini kaya dgn warisan leluhur namun semua milik Allah taksatupun kita berhak mengklaim.

  80. maaf ki smpe lupa deh ngucapin Qobiltu tukdiamalkan suatu saat ijin save dulu.

  81. anak bangka....

    ilmu itu mungkin hanya untuk keturunan serunting sakti.. tapi saya juga heran.. almarhum nenek istri saya org bangka juga punya ilmu itu dan & turun ke anak nya .. ya itu mertua saya.. setiap dia marah apa yg di ucapkan nya pasti terkabul… tp tidak menggunakan ajian.. hanya kata2 saja.. saja juga keturunan dari semendo dari kakek dan nenek saya.. sebelah papa saya.. yg masih juga keturunan puyang besemah katanya.. waktu bercerita dgn pakcik saya.. dan saya juga masih ada keturunan dari keraton jogja dari kakek saya sebelah ibu saya,, kata keluarga sebelah kakek saya yg masih saya pertanyakan.. teman pakcik saya mereka 2 beradik memiliki kodam puyang besemah.. anggota badan puyang besemah ada di badan nya , karena merka keturunan puyang besemah.. menurut legenda tubuh sipahit lidah itu terpecah ntah kemana saja.. napak tilas nya ada di bangka.. saya ada amalan sipahit lidah.. dari nenek istri saya yg turun lewat mimpi.. tp saya masih ragu.. terkadang saya peraktekan gak manjur.. tp ada juga yg manjur.. ntah kurang apa.. saya gak tau.. terimakasih.. salam dari wong semende pulau panggung.. dan dari bangka..

  82. Regen

    okee lah kalo begitu.. asal tahu lahat sumsel kenapa dinamakan lahat karena disitu liang lahat bumi ini atau pusaran bumi ini ada dilahat..

  83. Regen

    serunting sakti puyang semende luas ulda

  84. Allah akan mengngkat derajat orang-orang yang menuntut ilmu

  85. arizal

    Bismillahirrohmanirrohim.. dengan niat mencari ridho Allah : Qobiltu, saya terima ijazahnya ilmu serunting sakti dengan lengkap dan sempurna dari ki wijanarko, semoga ki wijanarko mendapat limpahan rahmat dr Allah SWT,

  86. شريف هداية الله

    السلام مليكم
    para sedulur semua, usah kaget usah ribut,apa yg ada pada nama, bagiku namanya HIKMAH AYAT SURAH YASIN, Qobiltu..ijin ngamalin

  87. totok topo s

    saudara2 sekalian gak usah saling berdebat meng-hak-i ilmunya Allah,yg penting di ridhoi olerh Allah..amin….
    Qobiltu….mohon ijin mengamalkan

  88. qobiltu.,.,,.,.ae.,.,.,.makasih,.,.moga qt smua dpet rahmatnya ALLAh SWT

  89. sunggu hebat manusia yg sempurna
    yg mengenali dirinya
    yg terdapat ke4 saudara mereka

  90. Faujan

    Qobiltu ijin mengamalkn.

  91. naga putih

    boleh…boleh aj…ngamalin……….40 jum’at berarti 3 tahun lebih…… kelamaaaannnn…pengen mandi pengucap……. hadirkan dan satukan aj 3 khodam al ihklas….. weeerrrrrrrrrrrrrr sama ampuhnya…. sekali bilang apes,,,apes,,,, sekali bilang jatuh jatuh……………..multi fungsi laagi..pengobatan kesaktian kerejekian ,,,,,,,dlll……. amalan al ihklas ini biasanya banyak versi doanya…biasanya sebelum khodam datang ada angin ato gempa…. ato apa…… tp versi ini tdk..innsya allah…khodam golongan roh suci .. non jin… hanya saja bau harum akn menyertai anda kemanapun anda berada baik naik motor ,,bertamu apapun itu…….. amalan ini berasal dari perguruan ghoib di gunung ceremai sumedang larang yaitu perguruan weringin kembar………

  92. AIZ

    amalan ilmu seruntingnya itu kurang lengkap bos, coba check lg

  93. Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  94. guz san

    Qobiltu..mhn ijin mengamalkan dan izin pula buat keluarga dan orang lan sekiranya d butuhkan
    Baarokallah alaik..

  95. Ma'ruf

    Asslmualikom… Ki ni sy mau tny,, lok gk ikut sholt jum’at gmn ki? So’aly skrg ni sy lg merantau & t4 krjy d tngh hutan jd gk da masjid,, tp sy ingn mngmlkn ilmu dr ki ini,, mhon pnjlsny ki.. Skian & trima ksih.

  96. AIZ

    Saya cuma mau tanya, ” Apa penangkal untuk ilmu serunting sakti tsb??”

  97. ane setuju bnget sodare jundullah.karena kesaktian itu tidak semuanya dilimpahkan kepada setan atau sebangsanya,,karena allah maha bijaksana,jd pasti tau kepada siapa harus di berikan

  98. rici

    tawasulan atau kirim patehan itu bagus, tapi kalau masalah ilmu itu bisa kita pelajar kayak nya gak mungkin, mungkin jg klu yg mempelajari masih keturunan nya sendri

  99. hamzah

    ame nak lengkap nye, datang kehumah nining ku saje, katah ige ilmu nye

  100. Untuk saudara-saudaraku..berhati-hatilah dalam mengijazahkan suatu keilmuan..Semua Ilmu di langit dan di Bumi ini adalah milik ALLAH SWT…dan untuk memperolehnya bukanlah tanpa proses ijazah dari seorang guru/mursyid…Apalagi membawa-bawa nama seorang penyebar agama Islam (Waliullah)..Khusus untuk ilmu Serunting Sakti di atas setelah kami telusuri ternyata hanyalah sebuah amalan biasa yang mencatut nama leluhur kami Serunting Sakti…Karena ilmu Serunting Sakti walaupun bisa dipelajari oleh siapa saja (muslim) tetapi harus diijazahkan oleh “pengemban amanah/guru” yang memiliki nasab (keturunan) dengan Beliau…ada silsilah jelas.. Puyang Serunting Sakti itu memang ada, bukan sebatas legenda…Beliau sebagai salah seorang tokih pendiri Djagad Besemah (mukim di bilangan Kota Pagaralam SUMSEL dan sekitarnya)..mari kita kirim hadiah Surat Al Fatihah untuk beliau yang telah membawa pencerahan spiritual di Tanah Besemah (Besmah)..Bukan seperti cerita di Film..Jika i ingin mengenal beliau secara spiritual …silahkan datang ke kediaman saya di Banda Aceh…saya akan ajarkan gratis setetes dari ilmu-NYA maka Insya ALLAH anda akan dipertemukan secara ruhani melalui perjalanan spiritual…tidak usah kita berdebat lagi…! Apapun ilmu kebatinan jika diijazahkan tanpa guru/mursyid, tanpa silsilah yang jelas bahkan tanpa etika spiritual maka tunggulah balasan dari ALLAH SWT krn tidak ada kebarokahan dari yang dipelajari….mudah2an kita senantiasa dlm bimbingan dan ridha ALLAH SWT..wassalam (Kiam Radja Muda/KAng Fekri: Guru Besar Kebatinan Serunting Sakti/Ketua Padepokan Bumi Serunting Sakti),._.tinggal di Banda Aceh

  101. Pemabuk

    Salam buat Wong Alus dan sesepuh KWA..
    Salam buat penulis artikel Ilmu Srunting Sakti ini..
    Salam untuk semua pembaca yg budiman..

    Saya mau share cerita (pengalaman saya) yang mungkin – berkaitan dg artikel ini.
    Saya punya teman yg agak unik. Saya katakan unik karena dia memiliki semacam keahlian bisa mengeluarkan batu (berbagai bentuk dan macam batu) dari berbagai tempat, atau bahan, atau media…

    Contoh, saya mau minta batu yg sekiranya cocok dengan diri saya. Maka teman saya itu minta disebutkan nama saya dan nama ayah saya (bin), saat saya sebutkan – saat itu juga dalam genggamannya sudah terdapat sebuah batu. (kebetulan waktu itu batunya – batu combong).

    Nah, melihat keunikan ini, mulailah saya sering main kerumahnya. Yah, sekedar ngobrol2 saja. Tidak ada urusan buat ‘ngelmu’ sama teman saya itu. Saya hanya tertarik saja dg kepribadiannya. Dan pada saat ngobrol atau bercanda-canda, sering dia mengeluarkan ‘trik-trik’ keahliannya, yang membuat kami yg main kerumahnya jadi terhibur.

    Singkat cerita, karena sering main kerumahnya, maka sedikit banyak saya jadi tahu silsilah keturunan teman saya itu. Salah satu leluhurnya adalah sesosok yang disebutkan dalam artikel ini, yaitu Serunting Sakti – Si Pahit Lidah.
    Dari namanya, sudah jelas, itu pasti sosok dari pulau Sumatra.
    Sedangkan saya sendiri orang jawa yg tidak begitu tahu sosok Serunting sakti Si Pahit Lidah itu.

    Oke, cerita ini mungkin tidak menarik apabila tidak ada yg bikin greget.

    Suatu ketika, saya sedang berkunjung (silaturahmi) ke salah seorang ahli spiritual di daerah saya (seorang ibu tua).
    Kami pun berbincang-bincang (kebetulan) topik pembicaraan mengenai teman saya yang unik tsb diatas.
    Ada satu moment, dimana tiba-tiba sang ibu tua itu (maaf kalo istilah yg saya gunakan kasar) tiba-tiba ibu tua itu “kemasukan” leluhur teman saya yg sedang jadi bahan obrolan kami.
    Tidak lain, sosok yg masuk itu adalah Serunting Sakti Si Pahit Lidah itu.

    Saya orang jawa, dan ibu tua itu orang jawa.
    Oleh karena ibu tua itu sedang kemasukan sosok dari luar jawa, maka bicaranya pun terdengar aneh bagi kami (nada bicara orang melayu).
    Akhirnya, bukannya saya ngobrol dg ibu tua itu, justru saya berbicara dg sosok yg disebutkan dalam artikel ini.

    Inti dari obrolan kami adalah, bahwa beliau (Serunting Sakti Si Pahit Lidah) menasehati saya, agar bersabar dalam menjalani pahitnya kehidupan. Dan diapun berpesan sama untuk cucunya (yaitu teman yg saya ceritakan tsb diatas).
    Beliau memeriksa dada saya, beliau berkata bagus…
    Kemudian beliau memeriksa ‘lidah’ saya, dan berkata, (dg nada logat bahasa melayu) “Cobalah kau bersabar… jangan sesekali kau ucapkan kata-kata yg menunjukan kekesalanmu… Apa yang kau ucapkan, akan menjadi kenyataan jika kau tidak hati-hati dalam berbicara…”

    Waduuuhhh…. (dalam hati saya ketakutan…) Apa maksudnya nih…???

    Singkat cerita, waktupun berlalu…
    Hingga sekarang saya membaca artikel ini, saya jadi teringat dg sosok Serunting Sakti Si Pahit Lidah itu, dan sekarang saya mulai paham dg maksud ucapan beliau dulu, bahwa kita harus berhati-hati dalam berbicara.

    Apa yg kita ucapkan – itulah yang akan menjadi kenyataan.
    Benar kita ucapkan – maka (insya Allah) kebenaran yg kita dapatkan…
    Salah kita berucap – maka (insya Allah) kita akan terjebak dalam kesalahan…
    ——————————————
    Oke, demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat.
    Salam…

  102. AIZ

    Apa ada penangkal untuk ilmu serunting sakti, apabila kita sudah melakukan sebuah kekhilafan terhadap kegunaan atau penggunaan ilmu tsb??

  103. ahmad al basyeif

    wa allohu a,lam,hanya allah yg tau ilmu puyang serunting si pahit lidah,yg mau ngamalin slkn yg ngak jgn kbnykn protes bginilah begitulah udah jalanin aj yg mau

  104. Saya sangat suka dengan ajian si pahit lidah

  105. M D Zainal abid

    Assalamuaikum , Qobiltu ki izinkan saya mengamalkanya moga bermanfa,at , terimakasih

  106. Djoko prasetyo

    Ki pati geni itu apa??

  107. izin mengamalkan.

  108. Joe Rock

    Klo ada yyg sdh slesai ngamalin ilmu ini n berhasil share dsni donk para mas bro

  109. jaka

    Bismillaahirrohmaanirrohiim,
    Ilahii Anta Maqsudi Waridhoka Mathlubii, A’thinii Mahabbataka Wama’rifataka. Qobiltu Saya terima ijazah Ilmu Serunting Sakti dengan lengkap dan sempurna, semoga bermanfaat di dunia wal akhirat amien. hadiah alfatihah untuk Sohibul Ijazah Ki Wijanarko Sent..

  110. H.fathudin

    qobiltu….,mohon ijin untuk sy amalkan…..syukron

  111. Wisnu

    Jika yg mengamlkannya umurnya dibwah 20 bisa ap nggax ki?

  112. Radden putra

    Assallamuallaikum.
    Qobiltu ki izin mengamal kan,

  113. Handri

    Jangan terlalu

  114. Handri

    Ilmu serunting banyak disemende lembak,rate-rate jeme sane ade ilmu itu

  115. Arif

    Versi lainnya :
    1.puasa sunnah 3 hari,dimulai hari selasa.
    2.amalan dibaca sebanyak 3x setiap mandi pagi,caranya setiap 1x gayung air yang disiramkan ke tubuh,maka amalan dibaca 1x.
    3.untuk mandi ini harus dilakukan seumur hidup agar ilmu meresap dalam jiwa dan raga.

    Dan inilah amalannya :

    “BISMILLAHIR ROHMAANIR ROHIIM,SI TANAH ALLAH DI PANGKAL LIDAHKU,RASULULLOH DI TENGAH LIDAHKU,SI TANAH JIBROIL DI UJUNG LIDAHKU,UCAPKU BISA,BADANKU PENGUASA,YA DIBISAKAN SI TANJUNG LADAM,BERKAT LAA ILAAHA ILALLOH MUHAMMADUR ROSULULLOH”

  116. amalkan saja seperti anda menabung klu ilmu itu berjodoh takan kemana….amalkan dengan hati bersih….amalkan dari sekarang tak perlu tunggu umur 40 tahun…hati2 bila sudah menguasaix sebab ilmu ini akan bisa berbalik ke anda sendiri bila anda tak pandai menjaga ucapan anda sendiri.

  117. saya sudah mengamalkan doa yasin tersebut dari masa SMP tpi tujuannya bukan untuk itu,tujuan saya untuk memohon hajat.sampai sekarang,saat ini umur saya 33.
    hasil dari amalan tersebut berbeda2 pada setiap orang tidak semua bisa bukan sekedar IKUT2AN KARENA MEMBACA ARTIKEL.ada hal2 lain yang harus anda pahami.
    pengalaman yang saya dapat dari mengamalkan ayat yassin tersebut alhamdulillah efektif untuk memohon hajat….untuk mendoakan kebaikan orang pun efektif dan untuk mencelakakan orang jg efektif tapi posisi anda dalam keadaa terdesak jangan di gunakan sembarangan.
    imbas dari ucap sembarangan tanpa di dasari hati yang sabar efeknya berbalik ke diri sendiri.

  118. Mywid

    Qobiltu ki untuk mengamalkan ilmunya. Juga kpd Mbah Arif, mohon ijazah untuk mengamalkan versi lainnya. Saya sudah berumur limpas 40. InsyaAllah saya akan mengamalkan kearah kebaikan seperti mohon hajat dalam perusahaan sendiri.

  119. egy (jeme semende)

    as.wr.wb
    jangan anda maen2 dengan ilmu ini,
    nenek puyang saya(pahit lidah) mengatakan
    ilmu pahit lidah tidak akan sirnah sampai akhir zaman
    “kun fayakun saku kudung”
    wasalam

  120. nizar

    Qobiltu ki
    Mhon ijin mengamalkan saat sudh bnar2 membthkan

  121. indrawati

    Assalamu`alaikum wr wb …saya tak tau hrs cmnt apa tapi saya jg gk tau soal silsilah keluarga bsr saya yg saya tau setiap ucapan saya sering jadi kenyataan
    prnh saya berbohong pada anak saya kenapa saya telat plg senam saya blg ban motor tmn saya bocor sdg kn saat itu saya di atas motor selang beberapa saat ban motor bnr bocor
    ini bkn sekali 2 ucapan saya jd nyata bahkan sering mk nya skrg saya tkt klw mw bicara yg jelek2 satu contoh lg saat saya blg pd hari pernikahan saya percereian saya akan terjadi dn itu pas di jam dmn dulu saya melangsung kan akat nikah di jam dn hari itu pula talak saya terima begitu bnyk kejadian yg tak bs saya rangkai apa ini jg terpasuk kategori lidah berbisa

  122. ron rayyan.

    saudara abdullah

  123. ron rayyan.

    sy mau bg contoh, jika anda sakit tenat, adakah anda hanya duduk dirumah mohon pd ALLAH utk sembuhkan atau anda pergi ke doktor walaupun kadang2 doktor tu bkn yg beragama islam, pikir lah baik2.

  124. Frinces

    Ad0h jd pada maen otot ni ,, gini aja pak mas mba br0″smua ,dari pada swot trus saling adu mulut yg gk jelas mending kita pikir dah ,, ini 2014 bukan masa lampau bukan pula masa2 nenek m0yang kita,, intinya? Ilmu itu memang ada tapi tentunya gx smudah itu didapat,apalagi didapat dari situs2 yg gx pasti,, so’ ilmu langka and sulit gitu ko diobral?? emangnya barang loak/bekas? meskipun ilmu itu ada, gx bakal di obral semurah itu,,apalagi di obral di situs paling ujung2 nya duit duit duit..ilmu yg asli itu hanya bsa didapat di orng2 trtntu..bhkan gx sgmpang itu juga ,ilmu sakti ko diobral

  125. orang awam

    saudara-saudaraku sekalian yang haus akan ilmu serunting sakti, ketahuilah bahwa sesungguhnya allah swt itu menggunakan kalimat kunfayakun itu hanya dua kali yaitu pertama pada saat penciptaan alam semesta ini, kedua digunakan allah swt setelah dunia kiamat, allah swt menciptakan alam akhirat sebagai tempat balasan amal manusia.
    lalu sisanya kunfayakun diberikan allah swt seluas luasnya kepada manusia untuk digunakan sebagai bahan modal dasar sebagai kholifah memimpin dunia. dengan itu apapun ke inginan manusia akan dapat diwujudkan, tentunya melalui niat yang kuat untuk menjadikan sesuatu. sebagai contoh kunfayakun jadilah pesawat terbang maka manusia berusaha mewujudkan impianya itu dengan usaha yang sungguh sungguh, kemudian apa yang terjadi pesawat jadi dan manusia bisa terbang.

  126. aswb

  127. askum wr.wb
    maaf saya baru berumur 13 Th, tapi saya ingin mengamalkan ilmu tersebut…
    Bagaimana apa saya boleh????
    terimakasih.. mohon dibalas ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: