TUJUAN HAKIKI SETIAP PENGAMALAN ILMU GAIB


Ki Sukma Rahayu
sukmarahayu70@yahoo.com

INI ADALAH KOMENTAR KI SUKMA RAHAYU ATAS KOMENTAR SDR MUKTI TERKAIT KEGAGALANNYA MENJALANKAN AMALAN. KOMENTAR YANG MENCERAHKAN BUAT SIAPA SAJA YANG AKAN MENJALANI LAKU AMALAN. SILAHKAN DIBACA. (SANDAL JEPIT)

Para Sedulur Kiranya Saya tidak Banyak Komentar atas amaliah masing2 Sedulur Hnya Alloh yang Menilai Setiap Dzaroh Amalan qt, namun secara Pribadi Alangkah Bijaknya bila hanya Ilmu Hikmah/Ilmu Haqeqat Tidak Disandarkan atas Pengamalan Yang hanya dibaca, di Wiridkan,di Puasai, namun ada beberapa Faktor dalam Menuju Ilmu Haqeqat & Hikmah, Sedangkan Seseorang menhendaki Kekuatan Illahi Insya alloh klo tidak salah hendaknya memperhatikan sbb:

1. AMALAN HENDAKNYA/SEBAIKNYA DITUJUKAN KARENA ALLOH SWT.

2. AKTIFITAS SESUATU AMALAN TIDAK LEPAS DARI ASPEK BONUS DARI SANG ILAHI YANG KEKUATANNYA UNTUK MENCAPAI MARDHOTILLAH.

3. DENGAN MENDEKATI DIRI KPD ALLOH SECARA ISTIQAMAH, SESEORANG DIMINTA/TIDAK PASTI TERSINGKAPLAH HIJAB ALAM GHAIB.

4. PENGERTIAN AMALAN DAN DZIKIR ADALAH INGAT KPD ALLOH YANG DI AKTUALISASIKAN DG LISAN,HATI, DAN PERBUATAN.

5. SETIAP KITA MENGAMALKAN SECARA ISTIQAMAH PADA HAQEQATNYA MENABUNG ENERGI BATHIN.

6. METODE DZIKIR DAN BERAMAL SUATU ILMU TIDAK LEPAS DARI METODE ATAU ATRUAN TERTENTU YANG BERFUNGSI MEMBANTU PROSES PENCAPAIAN KEHENINGAN BERTAQARUB KPD ALLOH SWT.

7.KITA HARUS BANYAK BERTAFAKUR DAN PEKA DALAM MEMBACA DIRIKITA DAN TANDA-TANDA ALAM.

8.SEORANG YANG SUDAH PANDAI DAN MENGUASAI SESUATU ILMU TINGKAT TINGGI BIASANYA PANDAI MEMBACA SITUASI DAN MENGONDISIKAN SUASANA BATHIN.

9. BERGURULAH LANGSUNG KEPADA AHLINYA

Mengenai Amalan Dzikir Bacaan Sama dan Apa yang salah..?? Begitu Besar setiap Aktifitas bathin,rohani ataupun olah rohani para ahli ilmu Hikmah biasanya membekas sesuatu amalnnya bagi Pengamalnya Tergantung faktor pendorong, di umpamakan Surat AlIhlas di amalkan oleh seorang yang saleh berbeda ketika dibaca oleh orang awam, jadi yang menentukan bukan jenis amalannya, Tetapi dibalik amalan itu.

Misalnya:Si X bisa Membaca surat al ihlas dg 100ribu baru bisa membeli mobil, sedangkan si Z hanya menorehkan beberapa tanda tangan saja tetapi bisa membeli mobil. jwabannya adalah soal pangkat Keruhanian (Maqom) dan Ketaqwaan kpd alloh SWT, Semakin tinggi ketaqwaannya seseorang semakin Banyak mampu yang dilakukannya.

Begitupun dalam Berdoa dan beramal yang berkaitan dengan Ilmu Hikmah/Haqeqat berkaitan dengan Daya Supranatural(ghaib) pangkat dlm kerohanian menentukan hasil yang hendak diraihnya.

Seorang Guru Hikmah Berkata bahwa di dalam hati manusia itu terdapat 2 Wilayah yang satu dan yang lainnya saling bertempur untuk menguasai wilayah yg dimaksud adalah Daerah kekuasaan Khotir Syaethoni dan Khotir Maliki.

Harapan saya Percayalah Bahwa wirid itu menabung, meningkatkan Energi, dan kekuatan?..dalam suatu hadis Qudsi alloh berfirman Bahwa Mengingat Alloh dikala engkau suka (tidak ada bahaya ) menyebabkan Alloh akan mengingatkmu dikala susah.Itulah pula yang membuat para ahli hikmah Berupaya menyimpan Energi.

Sesuai dengan yang diriwayatkan Rosululloh SAW: Tidak Ada Sesuatu yang paling mulia dipandangan Alloh SWT Selain berdoa kpdnya, sedangkan kita dalam keadaan lapang. Terbukti orang2 yang rajin mengamalkan wirid2 tertentu, semakin padatnya intensitasnya , Semakin sering Mengalami Hal-hal ajaib yang secara nalar hali itu mampu dilakukan.

Harapan Saya Mohon Ki Wong Alus Di Kampus Ini jangan Ditutup Blog Ini Masih Banyak Kemanfaatan Untuk bisa diraih untuk semua dan Bagi para Sedulur Mohon maap Janganlah Menghakimi seseorang Bila Sesuatu Ilmu belum Sesuai dg Harapan Para Sedulur dan Hendannya Kita Intropeksi diri dan tafakur.

Maap Saya ini orang bodoh hanya Peduli untuk menyambung silaturahim dan membuka cakrawala keilmuan kita Semua. Mohon maap Bila tutur kata saya Ini salah, Mohon dikoreksi. @@@

About these ads
Categories: TUJUAN HAKIKI PENGAMALAN ILMU | 66 Komentar

Navigasi tulisan

66 gagasan untuk “TUJUAN HAKIKI SETIAP PENGAMALAN ILMU GAIB

  1. wean

    ki sukma rahayu..sy setuju.. terima kasih atas komentarnya yg sangat membngun jiwa..

  2. dead man

    smoga masukan ki sukma rahayu bermanfaat buat kita smua,,,,,,,,

  3. Yuan

    Terima kasih ki rahayu atas komentarnya yg membawa rahayu bagi jiwa.

  4. salawar rabit

    assalamualaikum om-om

  5. salawar rabit

    om dh pd tidur ya,ga ada yg nyahut salam :(

  6. Wong Faqir

    assalamualaikum wr wb

    sent fatihah @Ki Sukma Rahayu
    sejuuuuk bangets ki, pencerahan dari sampean…… ^___^

    wassalamualaikum wr wb

  7. mahardika

    buat guru_guruku semua
    berilah pencerahan kpda kami yg jg di alami orang pinggiran soal hutang yg mendesak
    sudilah kiranya para sesepuh membantu kami_kami yg mengalami nasib dikejar_kejar utang
    walaupun sebenarnya kami nggak memakai uang tersebut
    sebelumnya kami haturkan maturnuwun

    ngapunten nggih ki wong alus kaulo saged’te namung nyuwun terus

  8. pembasmi dajjal

    KEAJAIBAN YANG BERMANFAAT
    berbagi info untuk sedulur-sedulur muslim di blog wong alus.
    ambil empat lembar daun dari satu pohon yang sebelah berwarna merah dan sebelahnya berwarna hijau. Lalu peras ke 4 daun itu dengan air.
    Ambil besi dan letakkan besi itu di dalam api (panaskan besi itu) hingga merah.
    Kemudian dinginkan besi yang telah merah itu dengan air perasan tadi.
    Maka sesungguhnya, besi itu akan…….menjadi EMAS atau PERAK dengan IDZIN ALLAH.

    Nb: jangan lupa buat yang berhasil, zakatnya buat pengelola blog wong alus yang udah ngorbanin waktu dan tenaganya buat blog yang menyenangkan ini tanpa bayaran. dan buat yang gak berhasil, gak usah nesu or marah2 y…
    .Nuwun. Wassalam.

  9. Wong Faqir

    @brader Pembasmi dajjal…tolong kasih penjelasan yang lebih detail dung..
    thx sebelumnya

  10. wongwongan

    @pembasmi dajjal : daun apaan tuh……

  11. irto suharto

    alhamdulillah ki Sukma rahayu, semoga pencerahannya semakin memaknai dan menjadikan kita Para Pencari Tuhan yang ada di kampus wong alus ini menyadari bahwa yang terpenting adalah prosesnya dan ” hasil” adalah merupakan hak prerogatif Tuhan.

  12. pembasmi dajjal

    @wong faqir n wongwongan…..daun apa aja…dari satu pohon.
    sebelah daunnya berwarna merah, sebelahnya berwatna hijau.
    saya juga lagi nyari daunnya…tapi belum nemu.
    ditempat saia jarang pepohonan. yang banyak malah rumah kontrakan…..

  13. Wong Faqir

    @brader pembasmi dajjal…oh begitu tho,,kebetulan aku di desa nti tak coba nyari pohon yang seperti itu,,trus detil ritualnya gmn,,pa harus puasa,,wirid,,or yg lain gitu….ohya brader anda dapet amalan ntu darimana…?

  14. pembasmi dajjal

    @wong faqir.
    gak pake wirid2 dari kitabnya….. yang ada banyak bertasbih aja.
    kan dapat pahala dari Allah
    ritualnya.??…tawakkal aja pada pada Allah.
    kasih kabar y kalo berhasil..

  15. Bengawan.Candhu

    @ki sukma rahayu…akur ki….biar antena kt smkn tgg u/mnyikapi&mmahami pengamalan&hasil dr pengamalan suatu ilmu….
    @wong faqir @pembasmi dajal…salam kenal&salam hormat…mhn maaf ikut nimbrung gabung njih…klo daun spt itu sptnya hmpr spt suruh wulung…ada yg bolak balik merah biru…ato bolak balik ungu ungu…ato bolak balik keemasan….

  16. Sword Zulfaqor

    Bermanfaat… terima kasih

  17. Wong Faqir

    @Ki bengawan candhu,,,waahh informasi yang bagus Ki,,makasih nih,,saya cuma penasaran aja ki,,hehehe….
    salam rahayu

  18. pembasmi dajjal

    @Bengawan.Candhu n wong faqir…
    salam persudaraan.

  19. Bengawan.Candhu

    @wong fakir….nyarinya ssh…dulu ada tmn dpt jg katanya dr sktr puncak lawu,gak tau yg di pringgadani…jalatunda…ato di sendang drajatnya…a krg paham,yg jls ssh dapetnya. krn katanya selain u/obat pnyakit kronis/aneh bs jg dproses u/mendatangkan harta,slh1nya mgkn spt yg diajarkn @pembasmi dajal…

  20. De santos

    @>ki sukma rahayu….setuju banget ki…ini baru pencerahan yg saya tunggu2……lha wong bru seminggu saya kuliyah diblog ini kog dah da usulan mau ditu2p…py tow mas mukt1?????manggil kog kuntilanak..!? Panggil aku aja dan sediain sajennya sate kambing en es jeruk pasti datang……heheheheheee…….salam damai…

  21. Bengawan.Candhu

    @pembasmi dajal…trmksh…salam hangat&hormat dr kami…smg niat silaturahmi kt di ijabah&membawa manfaat…salam…

  22. Wong Faqir

    @pembasmi dajjal…salam hangat persaudaraan.. ^___^

    @Ki Bengawan candhu…saya tadi liat di mbah guugel ada yang namanya suruh wulung,,,bentuknya apa seperti itu Ki…? ohya sekalian nanya kalau bambu kembar dua tuh kegunaannya apa aja Ki…?apa bener kegunaannya seperti yang di iklankan di internet…[maaf lok banyak nanya]

  23. Bengawan.Candhu

    @wong faqir…ini skedar share sj,mgkn nnt bs dbantu dlengkapi para sesepuh lainnya…
    1)suruh wulung ya suruh biasa,tp cuma dia dberi kelebihan Allah Swt tdk brwarna hijau spt umunya suruh. klo yg bgs itu brwarna ungu/wulung bolak balik,klo yg sepuh beraroma sedap,trs mngeluarkn tetesan diujung daun brwarna biru. jmlh daunnya biasanya ganjil 1,3,5,7,9,11 dst. tdk jarang dtunggui khadam jg.
    2)bambu kembar dua,mksdnya bgmn?bambu petuk?

  24. Wong Faqir

    @Ki Bengawan Candu…
    1). weh susyah juga ya Ki nyarinya [sambil garuk2 kepala]…..tapi makasih infonya,,semoga bisa berguna bagi kita semua…
    2). tu lho Ki,,bambu tsb satu batang ada dua,,
    sedikit cerita nih Ki….saya ma teman waktu itu sedang ziarah di makam seorang wali [kata masyarakt sekitar] di desa dekat rumah,ketika nyampe di tempat kok ada bambu unik tsb,terlintas dalam benak saya dan teman buat bawa bambu tsb pulang wat kenang2an,kebetulan teman saya mempunyai sedikit kepandaian dlm spiritual,dia minta ijin ma khodam yg berada di daerah tsb dan ngasih ijin,,akhirnya bambu tsb bs nyampe di rumah kami.ketika tmn saya tak tanyain apa manfaatnya dia malah kebingungan,,begitu ceritanya [maaf rada panjang ceritanya]

  25. Bengawan.Candhu

    @wong faqir…soale klo asumsi “satu batang itu ada2″ itu bs mcm2…bambu patil lele,bambu cawang,bambu pethuk(inipun ada sktr10 mcm jnsnya)?klo asumsiku “1 batang ada 2″ brarti tumbuhnya lurus kmdn dlm ktinggian tertentu mjd belah/cawang/bercabang bgt?
    klo omongin bambu aneh itu byk…slain bambu diatas ada bambu buntet/pring buntet,ada bambu yg berluk spt keris,ada bambu yg normal tp dtengah batang ada batang bambu yg menggembung&ddlm bambu tsbt ada air&binatang spt kecebong klo dtelen brikut air&kecebong katanya bs kebal….

  26. Wong Faqir

    @Ki Bengawan Candhu…punya kami itu ruas pertama masih satu ruas,, ruas berikutnya bercabang dua,,kedua cabang sama besar Ki…

  27. tuk pembasmi dajjal. sya mau tanya nih? daun siri yg sbelah merah sblah hjau, atau bolak baliknya.spa tau di tmpat yg sya lihat sirih htam tu ada srih yg anda maksud.

  28. iwan

    Assalamu ‘alaikum wr.wb.
    Saya Sangat Setuju Dengan Ki Sukma Rahayu, makasih Ki sudah memposting Artikelnya, ini membuat tambahan ilmu dan pengetahuan bagi kita semua. Semoga blog ini bermanfaat bagi setiap pengunjungnya, Amin.
    Wassalam

  29. lebayyyyyy.com

    Jam 6.00 pagi….

    HUAAA…
    BANGUN TIDUR KU TERUS MANDI
    TIDAK LUPA MENGGOSOK GIGI..

    Ane aja gagal elmu ribuannn kali dan jutaaaan uang hilanggg NERIMOOO SAJAA….
    lah INI SUDAH GRATISSSSSSS … Malah protesss????

    syukuri saja.. mas tdk ada yg rugi lihat tuh tementemen kita jutaaaan hilang dan tidak terbukti…

  30. mbah pace

    wah betul ki sukma rahayu. dan saya tanya juga ki. Pernah ada teman yang bilang, bila kita melakukan amalan dan kita belum mendapatkannya. itu mungkin yang berjodoh untuk mendapatkan amalan itu adalah keturunan kita, betul apa ndak ya? maaf saya nggak ngerti apa2 dan nggak bisa apa2

  31. rizal

    @ Pembasmi : oooo daun sirih maksudnya ? daun sirih sih saya pernah liat atasnya hijau n bawahnya merah,,, @ De Santos : Wah kalau disediakan Sate Kambing ma Es Jeruk,,, Saja juga mau,,, Yg Ada Saya yg datang bukan Mba Kunti

  32. kapal api

    TENG…TENG….TENG,

    Buka warung kopi di pagi hari
    Terus teriakkkk :
    ” KOPI… KOPI…KOPI CAK !!! ” :) :) :)

  33. kapal api

    Salam @ki wongalus, namanya juga kerja biar dpt duit banyak wkwkwk

  34. Raden Arya Kelana

    Pencerahan yang sangat bagus untuk lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt dan saya juga sependapat dengan ki sukma bahwa semakin tinggi ketakwaan seseorang dan pangkat kerohanian (maqom)nya juga tinggi maka semakin banyak yang mampu dilakukannya terutama dalam hal olah batin ilmu spiritual
    seperti yang sudah dijelaskan diatas misal
    si A membaca surat al-ikhlas 100ribu kali bisa
    membeli mobil sedangkan si B hanya menorehkan tanda tangan saja tetapi bisa membeli mobil dan contoh lagi ilmu bisa terbang di udara si A ingin menguasai ilmu tsb agar bisa terbang lewat puasa misal 40 hari dan amalannya misal ya hayyu ya qoyyum dibaca 15ribu kali dalam waktu sehari sesudah selesai puasa
    si A ingin mencoba ilmunya dengan merapal amalannya sekian ratus misal 333x bi’idznillah si A bisa terbang di udara sedangkan si B hanya merapal amalan tsb sekian kali dan membuka kunci keilmuan tsb bi’idznillah si B bisa terbang dalam sekejap
    melebihi si A yang harus melalui puasa selama 40 hari. itulah perbedaanya bahwa semakin tinggi maqom dan ketakwaan seseorang kepada Allah Swt maka ia mampu dan mudah sekali dalam menguasai suatu ilmu dalam waktu cepat tanpa puasa sekian
    hari. hebat dan ampuhnya suatu ilmu bukan terletak pada tatacara pengamalan tetapi pada seorang pengamalnya.
    Saya sendiri juga
    sedang menjalankan sebuah amalan khususiyah dan tata laku utk mencapai maqom “Mukasyafah” dan untuk mencapai maqom itu sendiri tidaklah mudah saya mencapainya banyak berbagai macam godaan dan rintangan.
    Setiap hari saya hanya
    duduk tekun berdzikir
    memohon ridho Allah, bertaqorrub dan meningkatkan ketakwaan saya kepada Allah Swt lewat
    wasilah sholawat karena amalan yang paling sangat aku sukai adalah sholawat, diantara sholawat khususiyah yang sedang aku dzikirkan saat ini adalah SHOLAWAT MIZANUL ARDHI SAMAAWAAT sholawat pamungkas andalanku diantara sholawat khususiyah
    yang aku ijazahkan di kampus blog ini.
    Sepengetahuan saya tentang sholawat ini
    saya pernah dengar dari seseorang kalau sholawat ini adalah sholawat yang memiliki rahasia yang sangat besar dan luarbiasa sekali serta mempunyai keutamaan yang langka yang sangat banyak sekali tidak dapat dihitung dan diantaranya kalau sholawat ini sudah keluar/tampak karomahnya
    maka dia akan menemui berbagai keajaiban langka dan rahasia yang sangat mengagumkan bagi mereka yang istiqomah
    ikhlas lillahi ta’ala dengan niat karena Allah ta’ala dan yang perlu di ingat adalah “Barangsiapa yang mengamalkan suatu ilmu dengan niat mencari kesaktian2 bukan karena allah ta’ala maka dia telah berteman dengan jin dan barangsiapa yang
    mengamalkan suatu ilmu dengan niat ikhlas lillahi ta’ala karena mencari ridho
    Allah bukan berniat utk ingin ini ingin itu & tidak mengharapkan suatu apapun maka dia telah berteman dengan malaikat”.

    Saya yang dhoif yang tidak luput dari kesalahan dan dosa Mohon maaf yang sebesar-besarnya
    bila ada kata2 yang tidak menyenangkan atau ada kesalahan mohon maaf…

  35. bener banget @ki sukma rahayu,bagi saya pribadi yg penting amalan rutin mau dikasih apa sama allah ya terserah wng ALLAH lebih tau apa yg terbaik bwt qta

  36. Rasek

    Assalamu ‘alaikum wr.wb. kepada Ki Sukma Rahayu dan semua para sahabat yang ada diblog ini. Terimakasih saya diatas nasehat Ki. Setiap amalan atau ilmu semuanya kepunyaan Allah. Dan setiap manusia telah dicipta mengikut ukuran masing2. Semua amalan adalah baik walaupun sekadar membaca Bismilaa.Mohon maaf para sahabat semua dari hamba yang masih mencari erti ‘Keikhlasan’. wahuwa alaa kulli syain Qadiir.

  37. duduk kut nyimak j ahhh………..

  38. Wong Samar

    Ora udan ora angin ono wong ngongkon nutup BLOG WONG ALUS, he he he …., mas aku sing keminter iki tak ngomong yo, yen kepingin mandi amalan iku kudu – percoyo lan yakin – nalikane ngamalke ora pamrih – nalikane ngamalke kudu selaras antarane ati, pkiran lan ucapan, yen arep ngamalke wae wis ragu, terus arep dadi piye?,…. Wong karo uripe dewe ora percoyo………………. Monggo dicoba malih Barokallah.

  39. Wong Faqir

    assalamualaikum wr wb

    @Ki Raden Arya Kelana,,, makasih ki masukkannya,,,,mantab banget buat koresksi diri….. @poro pinisepuh Kampus Wong alus janganlah panjenengan sedoyo bosan dalam membimbing kami yang bodoh ini ke jalan yang diridhoiNya amiin….

    wassalamualaikum wr wb
    asah asih asuh

  40. PUASA KUNCI PINTU KEGAIBAN

    Tentunya pembahasan ilmu tidak akan ada habis-habisnya. Sebab, diibaratkan ilmu itu, “yen ginelar ngebaki jagat”, yen ginulung sak mrica jinumput gedene.” Karenanya, bahasan tafakur kita sampailah pada kunci cara belajar mendalami ilmu menuju Tuhan. Bagaimana kuncinya?

    Tuhan sifatnya gaib, untuk menuju-Nya harus melalui jalan gaib pula. Yaitu melakukan kontak dengan alam gaib. Perjalanan menuju kegaiban tidak lain dengan berpuasa, menyatu dengan alam, dan berzikir. Namun, bukan berarti harus pergi menyendiri ke hutan atau masuk gua kemudian bertapa (Uzlah). Didalam keramaian juga bisa dilakukan. Dalam istilah Jawa disebut tapa “ngrame” (berpuasa dalam keramaian dunia). Tetapi, etimologi (istilahnya) harus minggir dari keramaian artinya di dalam keramaian kita harus bisa ‘mensunyikan’ kalbu. Mengambil posisi diperbatasan antara alam nyata dan alam kegaiban. Minggir, istilah Jawanya Nepi. Tembung ‘Nepi’ merupakan kepanjangan dari “meneping pikir”

    Dalam konsepsi tasawuf Jawa, manusia terbagi menjadi tiga bagian alam. Masing-masing; kepala yang didalamnya terdapat otak, dinamakan ‘Baitul Makmur’ (tempat keramaian), bagian tengah adalah Dada yang didalamnya terdapat hati nurani, disebut ‘Baitul Muharram’ (tempat kesucian), dan bagian terbawah adalah Kemaluan yang disebut ‘Baitul Muhadas’ (tempat kotor atau nafsu).

    Alam pikir atau tempat keramaian semuanya terdapat di dalam kepala. Segala macam keinginan, keruwetan, dan bermacam-macam angan-angan, yang bersifat keduniaan bersumber dari alam pikir. Karenanya harus dijernihkan sejernih mungkin. Segala keinginan selain Allah harus dihilangkan. Hal ini tentunya membutuhkan pelatihan. Sebab, jika dilakukan secara spontan jelas tidak mungkin. Karena itu itu untuk memahami ilmu tasawuf membutuhkan waktu sangat lama.

    Baitul Muhadas, tempat nafsu. Disebut demikian, sebab segala keinginan, pemikiran jahat, perbuatan angkara murka, perbuatan mungkar, sumbernya adalah nafsu. Maka harus dikalahkan. Dihilangkan. Jalan menghilangkannya dengan cara menyendiri. Menjauhi keramaian. Jika sudah dari keramaian, jauh dari dunia dan seisinya, maka nafsu bisa menjadi lemah.

    Tak terkecuali hati. Tempat suci ini bisa dikotori akibat terpengaruh oleh samudra alam pikir, dan dorongan nafsu yang bersumber dari kemaluan. Seperti iri dengki, riya’, tamak, dan sebagainya. Karena itu, untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, harus memohonkan ketiga-tiganya.

    Perbatasan Gaib
    Perbatasan antara dunia ramai dengan dunia gaib di dunia keramaian ini adalah kesunyian. Di dalam kesunyian kita harus menyendiri. Sedangkan kesunyian itu bukan berarti harus berada di tengah hutan atau di dalam gua. Tetapi bisa juga ditengah malam yang senyap. Pada lebih tengah malam itu, kesibukan nyaris berhenti. Semua makhluk pada terlelap dalam tidur dan asyik masyuk di alam mimpi. Pada waktu itulah kita bangun, kemudian bersuci lalu beribadah, memperbanyak salat sunah dan zikir. Juga tidak meninggalkan salat sunah nawafil lainnya seperti salat Isra’ Dhuha, qobliyah dan ba’diyah.

    Aktivitas demikian ini harus dilakukan secara istiqamah (kontinyu). Istilah yang sering disinggung, idep, madep, mantep dan tetep. Idep artinya memiliki tekad yang sungguh-sungguh. Madep artinya menghadap/ menyongsong kehidupan yang akan terjadi. Mantep artinya penuh keyakinan lahir batin. Dan Tetep artinya istiqamah (kontinyu), terus menerus tak kenal lelah dan susah.

    Dalam menjauhi dunia seisinya, konsepsinya harus ‘mbudeg lan micek’. Mbudek artinya tidak mendengarkan suara yang isinya menjurus keduniawian (dicela dan disanjung sama saja). Micek (membutakan diri) artinya tidak memperhatikan sekelilingnya yang tidak ada arti dan manfaatnya.

    Disisi lain, dalam menjalankan ketafakuran juga harus memperhatikan tatakrama. Baik soal makan, bekerja, beribadah, dan lainya. Seyogyanya meniru apa saja yang dilakukan Nabi Muhammad saw. Yang tidak kalah pentingnya, hendaknya memperhatikan waktu ijabah. Malam-malam dan hari-hari yang mulia. Sebab, pada saat-saat itulah rahmat dan karunia Allah diturunkan. Karenanya, paling afdal dipergunakan memperbanyak salat sunnah dan zikir, serta berpuasa pada siang harinya. Tidak lupa berdoa dan memohon ampunan pada Illahi Robbi.

    Waktu Ijabah
    Mengenai waktu-waktu ijabah yang sangat penting untuk dipergunakan memperbanyak ibadah, disebutkan Imam al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin, ada 15 malam, yaitu malam ke 7 dan 10 hari terkhir di bulan Ramadhan. Malam Nisfu Sa’ban, malam ke 27, yaitu malam Mi’raj, malam hari di malam dua Id, malam Jumat dan banyak lagi.

    Nabi Muhammad bersabda: “Orang yang beramal di malam tersebut di atas mendapat kebaikan-kebaikan 100 tahun. Maka siapa yang shalat di malam-malam tersebut melaksanakan shalat 12 rakaat dengan membaca Fatihah dan surat Qoof dalam setiap rakaatnya, membaca tasyahut dalam setiap dua rakaat, dan memberikan salam pada akhirnya. Kemudian membaca: “Subhanallah wal hamdulillah wa laailaha illallah wallahu akbar, 100 kali dan memohon ampunan (istghfar) 100 kali, salawat Nabi 100 kali, dan mendoakan dirinya sekehendaknya tentang urusan dunia dan akhirat, serta berpuasa di pagi harinya, maka Allah Ta’ala akan mengabulkan seluruh doanya, kecuali maksiat.”

    Sabda Nabi SAW: “Barang siapa menghidupkan dua malam Id, tidaklah mati hatinya disaat banyak hati manusia telah mati.” Dan malam terakhir Zulhijah yang memiliki keutamaan besar. Selesailah seperempat kitab tentang ibadah dan disusul seperempat kitab tentang adat.

    Tidak lupa pula membaca Al-Quran. Pentingnya membaca, dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi: “Tidaklah ada juru safaat yang utama derajatnya disisi Allah pada hari kiamat daripada Al-Quran, bukan Nabi, bukan Malaikat, dan bukan lainnya.”

    Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa Allah Azza wa Jalla membaca surat Thaha dan Yasiin 200 tahun sebelum menciptakan makhluk. Tatkala malaikat mendengar Al-Quran, mereka berkata, “Beruntunglah umat yang diturunkan Alquran ini kepada mereka, dan beruntunglah rongga tubuh yang mengandung Alquran ini serta beruntung pula lisan yang membacanya.”

  41. wis kucluk kabeh…….

  42. syarif

    salam para sesepuh lan sedulur disini….
    buat pengasuh kampus wong alus…gimana bila ada informasi perguruan ilmu ilmu batin yang juga mau menerima murid,,,,bukan apa apa kalau dilihat dari minat yang mau belajar banyak sekali….dan mungkin lebih baik lagi bila belajar sama sesepu sesepuh langsung, sayang juga kan kalau ilmu leluhur nantinya jadi pudarm ataupun ada dari generasi muda kita tersesat jalan keilmuannya karena salah jalan …saya yakin beberapa sesepuh disinipun ada yang memiliki perguruan ilmu batin tersebut…
    maaf ini hanya usulan kalau diterima syukur tidak diterima ya tdk apa apa,, makasih salam

  43. mohon izin ijasah kale ngamalken

  44. iwan

    kpd sirrulghaib; bagus juga tulisan in your comment. tankQ

  45. rudi

    anda punya hutang?pusing memikirkan hutang yg bunganya tipa hari semakin menumpuk,belum ada jalan keluar?
    saya bisa bantu bg sandara yg punya masalah hutang
    baik solusi gaib atau nyata
    aman mudah dan tidak pke tumballllll
    mahar gratisssss
    elixsukoco@yahoo.co.id

  46. anwar

    atas rahmat allah kami siap membantu poro sedulur yg punya penyakit blm lama sembuh
    1)yg disebabkan karena guna guna atau santet
    2)memisahkan pil atau wil
    3)bisnis macet karena ulah orang yg gak tanggung jawab
    4)pelet,wibawa dll
    silahkan konsultasi di
    anwarmuhamad93@yahoo.co.id
    semoga bermanfaat,amin
    wslm

  47. imam

    ass.trima ksh pencerahannya…

  48. wahyu

    kita harus mengamalkan ilmu dg ikhlas, mgkn seketika itu amalan kita seolah-olah tidak berhasil tp dalam keadaan terdesak tiba2 muncul ilmu nyg pernah kita amalkan dan kita anggap tidak berhasil, ini pernah saya alami sendiri,,, buat ki bengawan, kpan balik sala 3,,sedulur2 semarang ayo rapatkan barisan biar KWA tambah sukses

  49. wahyu

    usul buat sesepuh en pinisepuh KWA, klo bisa ada tabloid khusus informasi KWA buat anggota KWA,, trus cabang KWA klo bsa ada disetiap karesidenan jd koordinasi lbh enak

  50. kat-katamu tidak salh nak………..biarlah mereka……………membaca dan memperoleh hikmah dari mereka membacanya,amin….

  51. zaenal arifin

    Ass.wr.wb. salam ta’dzim kepada para sesepuh kampus wong alus, dengan ini saya mohon untuk di konfirm menjadi salah satu anggota keluarga besar KWA..
    1.NAMA LENGKAP : zaenal arifin
    2.NAMA IBU KANDUNG : siti maemunah
    3.TANGGAL,BULAN,TAHUN LAHIR : bandung 12 november 1982
    4.ALAMAT LENGKAP SEKARANG : jl.kopo bihbul gg. ipik rt.05/rw.01 no 220 bandung 40228
    5.NICKNAME/NAMA SAMARAN/ALIAS : zezen
    6.ALAMAT E-MAIL : zaenalarifinuje@gmail.com
    7.NOMOR TELEPON/HP : 085222490166

  52. ass,wr,wbr
    nyimaaaak ki.

  53. wong deso

    assalamualaikum. Mohon ijin nyimak dan mengamalkanya.

  54. ery al awwabin

    assalamualaikum..mohon doa nya kpd sedulur

  55. didit

    terima kasih atas pencerahannya, semoga saya bisa introspeksi diri dan lebih dekat dengan allah,,,,,,,

  56. angga

    bagi para sesepuh semua, mungkin ada info yg bisa untuk nikahkan saya dengan jin muslim, untuk bayar hutang, tolong infonya, karena sy sedang kepepet bgt, yg klo bisa maharnya setelah hasil atau g mahal, prosesnya cepat
    tolong jangan di hujat dan di caci maki ,kalo tidak sepaham sy sudah ikhtiar real tapi mungkin belum ada hasil, ini yang mau sy ambil, karena mungkin anda tidk berada diposisi sy, TOLONG SEKALI, SESEPUH SEKALI, info tolong email or sms ke 02195767624

  57. ki saya minta petunjuk agar bisa memanggil jin kekayaan.soalnya saya ke pepet untuk bayar hutang dan rumah saya udah tergadai sama bank.sudah banyak cara pesugihan saya ikuti namun gagal ki.mohon bantuan dan petunjuknya ya ki.

  58. bodone wong

    sampek rambut kelek krangsa tekan lemah wesi ora biso dadi emas nk sampean aku percoyo

  59. kidungarya

    aku ikut nyimak

  60. kidungarya

    aku ikut nyimak ki rahayu

  61. nyimak..sabari nyamak yuaa

  62. moyudan

    maturnuwun Ki. saran dari saya yang baru belajar Ki, backup data dari wordpress dot com, jaga2 sewaktu2 wordpress down ato tutup bisa di online kan kembali, karna sangat bermanfaat bagi nyubi seperti saya.
    salam saking kawula alit ngayogyakarta.

  63. salam…apabila…seluruh diri, masa, harta di gunakan dan mengamalkan untuk allah….
    insyallah…….tembus….n di bukakan pintu2 nya….

  64. haji

    assalamualaikum……andai saja dedauanan di jadikan kertasnya dan tujuh laut di jadikan tintanya tiada akan habis ilmu allah untuk di tuliskan,dan kita hanya sebagian kecil saja deberikan oleh Allah kepada kita,yang baik dan tidak baik allah paparkan begitu jelas dan gamblang…….moga kita semua pandai pandai dan bijak dalam hidup ini……

  65. haji

    alqura’n bagai samudera masih banyak kandungan makna dan rahasia yg begitu dalam dan belum tersentuh penafsiranya,lewat blog ini monggo poro sedulur menggalinya untuk kebaikan kita bersama,dan keselamatan kita bersama,dalam mencapai ridhoNya,amien

  66. Mustofah Abdullah

    Assalamu’alaikum..
    Salam shilaturrahiim semuanya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: