ILMU KASAMPURNAN


Puncak ilmu yang sempurna
Seperti api berkobar
Hanya bara dan nyalanya
Hanya kilatan cahaya
Hanya asapnya kelihatan
Ketauilah wujud sebelum api menyala
Dan sesudah api padam
Karena serba diliputi rahsia
Adakah kata-kata yang bisa menyebutkan?
Jangan tinggikan diri melampaui ukuran
Berlindunglah semata kepada-Nya
Ketahui, rumah sebenarnya jasad ialah ruh
Jangan bertanya
Jangan memuja nabi dan wali-wali
Jangan mengaku Tuhan
Jangan mengira tidak ada padahal ada
Sebaiknya diam
Jangan sampai digoncang
Oleh kebingungan

Pencapaian sempurna
Bagaikan orang yang sedang tidur
Dengan seorang perempuan, kala bercinta
Mereka karam dalam asyik, terlena
Hanyut dalam berahi
Anakku, terimalah
Dan pahami dengan baik
Ilmu ini memang sukar dicerna
“SULUK JEBENG” SUNAN BONANG
@wongalus,2010

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 193 Komentar

Navigasi pos

193 thoughts on “ILMU KASAMPURNAN

  1. FATKUR ROHMAN

    Suluk ini sangat dalam, mohon siapa saja yang bisa menerangkan mohon diterangkan secara mendalam, terima kasih…..,

  2. tiang bungkuk

    mhmm memang susah dipahami, sepertinya harus pakai otak kanan,otak kiri,pakai hati,pakai rasa,pakai bathin baru ngeresap nih….

  3. devil

    baca allahumma sholli ‘ alaa sayyidinaa muhammad setiap malam 10000x,,,dan rasakan sendiri khasiat dan pengalaman dalam mengamalkan nya

  4. wah bercinta…… semi pornografi….hehehe
    maaf……
    malem semua….

  5. FATKUR ROHMAN

    apakah suluk ini menuju kepada ilmu sangkan paraning dumadi ya ?

  6. Santri Tidur

    Assalamualaikum,wr,wb
    He,he,he pasti tidur nya kyk santri tidur,brcinta dgn maut,..tp bnr2 susah memahami nya,tp bukan brarti tdk bs d mengerti…hanya dgn Hati iklas mengharap ridho Allah.swt…insya Allah mendapatkan jalan Nya…slmt mlm buat sedulur,sesepuh dan seluruh kluarga besar Kampus Wongalus…mksh

  7. Nurcahyo

    Heneng hening henung s4tuk4n fikir4n dn ht,mgendalik4n 5 panc4 indr4 ke ajna cakr4..Mgikuti nafas dn detak nadi trus tengelam ke samudra tauhid laaillahaillallaah,hanya alloh yg ada yg wujud dn maha sempurna..Amin barokalloh..

  8. wongangus

    laysa kamitsliHI syai’un..haqqo qodriHI.

  9. Kampusnya kok sepi, ki bengawan kok belum njedul pa lagi banyak tamu ya?@ki bayu pamungkas monggo absen@ ki nurjati @ki jati raga@ ki arya @ki wong alus poro pinisepuh sedoyo lan seluruh keluarga besar kwa sugeng dalu.

  10. rahyang

    Hanya kepada Alloh bermaksud ruh-ruh yg suci dari kedunian, alam semesta, dan makhluk-makhluk. Kemudian sirnalah pemandangan-pemandangan berbarengan dgn lenyapnya derajatku. Kini aku kembali kepermulaan, yakni dlm dekapan kekasihku lautan Nur. setelah melewati rahasia keingkaran menuju lautan batasan-batasanku. Kedua telinga, kedua mata, kedua lisan menyaksikan Dzat Alloh berkat Kemurahan-Nya wwasalam

  11. JEBENG…..

    ohhhhh ini pernah ana temui sewaktu sma dulu jadi ini suluknya to
    siiiippp makasih infonya

  12. salik

    Sampainya (wushul) anda kpd Allah pada dasarnya adalah ketika anda sampai pada pengetahuan (ilmu) sejati tentangNya. Artinya, anda menyaksikanNYA dg matahatimu (bashirah), suatu penyaksian yg tdk lagi membutuhkan dalil dan argumen. Itulah yg disebut musyahadah, ilmul yaqin, at-tajalli, makrifat, rasa sejati (adz-dzauq al-wujdani), dan ILMU KASAMPURNAN. (disadur dari perkataan Ibn ‘Athailah)

  13. salik

    “mata waradat al-waridat al-ilahiyat ‘alaika, hadamat al-awaid ‘alaika” ketika cahaya ilahiyah menetap dlm dirimu, niscaya binasalah semua kebiasaan yg ada dlm dirimu. Artinya, jika seseorang sdh tercerahkan oleh cahaya ilahiyah, maka dia akan merasakan “sesuatu” yg berbeda sama sekali dg kebiasaan hidupnya selama ini. inilah saat diri lebur menjadi INGSUN sejati. Tetapi fenomena ini tdk berlangsung selamanya…

  14. selamat mlm sesepuh
    semangat blajar para pecinta KWA.. Nderek absen njih,,
    @ki wong alus monggo dipun wedar dgn bahasa rendahan saja.. Maklum wong ndalan blm mampu berpasulukan (suluk’e koyo bimo golek susuhing angin yo) hehehe ngawur
    @wong abangan salim lg dimana njih, TGR Apa alas giri

  15. salik

    @ki wongalus, monggo ki dibabar jurus tarian mabuk Allah-nya biar nyaingi drunken master …. hehe nuwun, salam katresnan

  16. sangmata_angin

    asswrwb……
    @ki wongalus….nderek nyimak ki kidung kasampurnannya…sugeng ndalu…sugeng rawuh…..
    @ki salik…sesepuhku,sugeng ndalu…..
    @bang jali….asswrwb bang….

  17. rooney

    Ijin menyimak…mantab penjelasannya mas salik..tp sejatine INGSUN niku sinten? Monggo dilanjut..

  18. Anto_Bwok Samudera Putih

    Ass. Para Sedulur semuanya.

    Yang pasti kita harus kembali kpd kemurnian Tauhid yaitu jangan pernah ada rasa Mengakui, Memiliki, apalagi Menyangkal tentang Haq Allah, kita ini nggak ad apa-apa sama sekali, jangankan kuat, lemah aja nggak ad kok…

  19. sangmata_angin

    @anto_bwok samudra putih….sang pamacan…..injih bener oom….

  20. salik

    “syi’au al-bashirah (nur al-aqli) yusyhiduka qurbahu minka, wa ‘ain al-bashirah (nur al-ilm) yusyhiduka ‘adamaka li wujudihi, wa haqq al-bashirah (nur al-haqq) yusyhiduka wujudahu la adamaka wala wujudaka” cahaya akal akan mengantarmu mendekatiNYA, cahaya ilmu akan membawamu utk menyaksikan ketiadaanmu karena wujudNYA, dan cahaya ilahi (nur al-haq) akan menuntunmu pada WUJUDNYA, bukan pada ketiadaanmu dan bukan pula wujudmu. Artinya, mereka yg menggunakan akal rasio (al-uqala) bisa menyaksikan dirinya dekat dg Allah berkat rasionya. Para ulama-ilmuan dg cahaya ilmu merka bisa merasakan ketiadaan wujud mereka tenggelam dalam WUJUDNYA, sedangkan ahli hakikat (al-muhaqiqun) dg cahaya ilahi bisa menyaksikan WujudNYA, dan tdk ada wujud lain selain WUJUDNYA…

  21. @sangmata_angin waalakum salam
    @ki salik salim njih biar dpt barokahnya
    @ki wong alus
    wah tenan ora weruh.. Hmm mau matek aji nur rajeh…smoga dpt setitik nur-NYA .walah ngarep maneh. ki alus mohon doa panjenengan biar sy bisa ber-suluk

  22. sangmata_angin

    @ki salik….salam takzim ki…salam hormat…..wah ki….apkh ini trmsk gambaran u/mnuju makrifat ya ki?…mhn pencerahannya…trmksh….

  23. me

    ikut nyimak ah..moga2 bisa jadi ‘wong’ ,..abis jadi ‘ cacing’ gak enak sih..:-D

    slmat malam @all sesepuh.

  24. salik

    wa’alaikum salam for @all, apa yg sy tulis hanya sekedar penyambung lidah dan sdikit interpretasi dari perkataan al-arif billah syeikh Ibn ‘Athailah qaddasallahu sirrah wa nafa’ana bi ‘ ilmihi wa ma’rifatih

  25. sangmata_angin

    @ki wongalus…..injih ki,meniko mas bengawan lg pgn menyendiri rumiyin,meniko kawulo ingkang dipun suwun gentosi manggihi poro sedulur…..
    @ki salik….injih ki,mhn pencerahan hakikat hidup&ke hidupannya….biar adem….nuwun….

  26. Nico syah alam

    Ass wr wb, Ki wong Alus & dulur2 semua..izin menyimak & mohon pencerahannya..

  27. salik

    Al-akwan tsabitatun bi itsbatihi mamhuwatun bi ahadiyati dzatihi, sesungguhnya alam semesta ini ada karena ADANYA, dan alam semesta ini (termasuk kita) lebur, manunggal dalam keesaan DZATNYA….

  28. salik

    wah ki alus ampun gemujeng mawon nggih, lha meniko kok tangan kulo gatel kepengin mencet tombol hp terus…. pripun meniko….

  29. rooney

    Tambah maleh mas salik, kraos nyeesss wonten manah meniko..sungkem kawulo kagem sedoyo sesepuh lan para kadang..

  30. Bang jali pripun kabare hehehe trah wonogiri mas,jadi anak rantau warga tangerang. Ki shalik wah ini wejangan tingkat tinggi ki ini sepertinya guru yg saya cari untuk mengantarkan ke pintu mukhasafah makkrifatulloh.seperti jalaluddin ar rumi mejjerit dalam sajaknya “aku tidak emiliki apa2 selain yg kauberi,apabila kau sembunyi, aku selalu menjadi fakir. Apabila kau mewujud, aku sanga senang dan setia. Hanya kau yg kupilih, diantara segala isi dunia. Kau jualah penyebab gembira atau sedih di hati. Dalam diri ini ada duri dan mawar. Kucium bau mawar lalu kucabut semua duri” mohon sedekahnya ki shalik nuwun.bila ada tutur kata yg kurang berkenan mohon dimaafkan.

  31. ki joko tgl

    kang badan nyowo kabeh,ya hu ya hu ya hu Alloh.meniko asmonipun sahadat sedjati kanjeng sunan kalidjogo.maturnuwun

  32. mbah gondrong x

    assalaamu ‘laikuum………

  33. salik

    “la tata’adda niyyata himmatika ila ghairihi, fa al-Karim la tatakhathahu al-amal”, janganlah kamu melewati batas dg menggantungkan niat dan hajatmu kpd selainNYA, sesungguhnya AL-KARIM (ALLAH) tdk akan kewalahan menampung semua keinginanmu

  34. sangmata_angin

    @wongabangan…..asswrwb….bgmn kbrnya?….
    @mbah gondrong…sugeng rawuh mbah…nyuwun kacang duakelincinya di babar……

  35. Cagak Alam

    Salam sedulur fatihah sent to all, malam yang indah dihias syair bermuatan aura positif menggetarkan jwa, menyeret ke dalam rasa sejatinya rasa, teriring puji pujian mengagungkan Nya. Salam jumpa sedulurku maaf baru bisa gabung

  36. sangmata_angin

    @wongabangan….panjenengan dpt pesen dr bengawan.candhu katanya kiriman gmbr jg email tdk msk….nuwun….

  37. Sang mata angin sugeng dalu injih mas cobi mangke kulo kirim malih. Salam kagem kiaine bengawan chandu.

  38. sangmata_angin

    @wongabangan….ya nnt sy smpkn kpd bengawan….trmksh….katanya pnya koleksi2 pusaka keris jg ya panjenengan….wah bs share dong dsini…mhn pencerahannya…..

  39. @ki wong alus sugeng dalu ki sungkem kulo mugi konjuk. Nuwun

  40. @mbah gondrong waalaikumsalam sugeng rawuh salim dl
    @ ki joko tegal salam
    monggo ngumpul sm sesepuh yg lain
    @wong abangan baik2 yg disitu moga sukses
    @ki salik monggo lanjutt ,

  41. rahyang

    Nur Dzat, Nur Sifat, Nur Cahya Johar Awal, Asmaning Pangeran pancering urip, Sampurna ning iman. Sampurnaning Sahadat….dan seterusnxw….Ilmu Kesempunaan (Sultan Hasanudin Banten) Wassalam

  42. salik

    “al-karim al-ladzi idza wa’ada wafa, wa idza u’thiya zada ‘ala muntaha ar-raja wala yubali kam a’tha wala liman a’tha wa in rufiat hajatun ila ghairihi la yardla” sesungguhnya Allah adalah DZAT yang jika berjanji selalu menepati, jika diminta selalu memberi bahkan lebih dari yang diminta. DIA tidak peduli berapapun banyaknya orang yg memohon kepadaNYA dan tdk memperdulikan status orang yg memintanya. Namun, DIA TIDAK RELA jika ada permintaan yg tdk ditujukan kepadaNya…

  43. me

    maaf, ki@salik,dalam memaknai lawan dari ‘ADA’ yaitu ‘KETIADAAN’,Menurut penjenengan suasan ‘TIDAK ADA’ itu seperti apa?
    seperti angkasa/space-kah?,atau bagaimana ki?
    trims.

  44. sangmata_angin

    @rahyang….mhn pencerahan&pembabarannya…agar bs slg mlengkapi&mengisi di blog ini…..salam takzim….salam hormat…..

  45. mbah gondrong x

    semangat malam ………
    @wongalus ;nderek pinarak njih….
    @Cagak Alam;sugeng rawuh ,sugeng pinanggihan….
    @wong abangan;nuwun sewu, lungguhe dipun geser njih…,kulo tak pinarak…
    @salik;sang pencari tuhan….,monggo dipun lanjutaken tausiyah ipun….
    @ki joko;pripun kabaripun bib,monggo dipun wedar wejanganipun simbah njeng sunan kali..
    @sangmata_angin; masih tetap seperti air yg mengalir,disitu angin kan berhembus…..ehi..hi..hi..hi…
    @all; semangat malam …,monggo sareng2 midangetaken kidung2 ruhani dari sang salik….

  46. salik

    @me, meminjam istilah poro waskito ketiadaan yg dimaksud adalah “suwung, sejatine ora ana apa-apa sing ana kuwi dudu” monggo divalidasi kimas wongalus….

  47. erlangga

    ikut nyimak aja ,,, Pada Bicarakan apa ya ? ? jadi bingung ? ?

  48. sangmata_angin

    @mbah gondrong…injih mbah…..matur suwun…..aire lg rodo keruh meniko mbah….nyuwun berkah pandonganipun…lg metamorfosis mjd angin…agar bs terbang lbh tgg,u/bs mlihat lbh jauh ke depan…….

  49. Sang mata agin saya sudah kirim kembali coba di cek ki

  50. erlangga

    @ Ki Wongalus : Loh kok nama kampusnya Berubah ? ? Salik sejati artinya apa ya ki ? ?

  51. sangmata_angin

    @wongabangan….bengawan bilang katanya blm msk…..almt sdh bnr….tp katanya blm msk….maaf ya cuma mnyampaikn pesan….

  52. Cagak Alam

    Mau tanya aja kampus kita ganti nama ? kenapa ya

  53. mbah gondrong x

    @bang jali ; semangat malam …monggo niki buhure 234…
    @sangmata_angin ;njih ki,sami2 ….mugi pinaringan ridlonipun gusti….
    @ki wong alus;menopo ndamel blog enggal malih mawon ki….

  54. Cagak Alam

    Kayaknya ada rasa rugi dihati saya mohon maaf, kami sudah kadung kagum ko tiba” ganti kurang gimana gitu ……………….

  55. salik

    “rubama istahya al-arif an yarfa’a hajatahu ila maulahu li iktifaihi bi masyiatihi, fa kaifa la tastahyi an tarfa’aha ila khaliqatihi” seringkali seorang al-arif (ahli makrifat) merasa malu utk memohon kpd KEKASIHNYA karena dia (al-arif) sdh merasa puas dg segala ketentuanNYA, lalu mengapa kamu tdk malu utk memohon kpd makhlukNYA

  56. erlangga

    @ Ki Wongalus : Terima Kasih Penjelasannya Ki,,, Walau Agak Membingungkan Saya Soalnya Bahasanya Ki Wongalus Mirip Bahasa yG dipakai Para Sufi,,, semacam bahasa Filsafat Gitu ya ki ? @ ALL : Saya Mohon Ijin Undur Diri Dulu,,, mau istirahat dulu Sudah Jam 01.30 Wita(setengah 2 dini hari)

  57. erlangga

    @ Ki wongalus : Oow Alang alang Kumitir Itu Blog Ki wongalus Juga ? ? Pantesan bahasanya sama,,, Bahasa Sufi Juga,,,…….

  58. salik

    Qala an-Nabi saw: “aktsiru dzikrallahi hatta yaquluna majnun” Rasul saw bersabda: Perbanyaklah kalian dalm berdzikir kpd Allah, biarlah orang lain menganggapmu gila”

  59. salik

    @ALL, Saya mohon pamit, mohon maaf kpd semuanya jika ada khilaf, SUBHANAKA la ‘ilma lana illa ma ‘allamtana innaka anta al-‘alim al-hakim, wa akhiru da’wana hadza, wassalamu ‘ala man ittaba’a al-huda

  60. mbah gondrong x

    @salik ; setuju ki…. kalau kita memang mencintai DIA ,mengapa masih menginginkan sesuatu yg lain dari NYA,bukankankah dengan diterimanya cinta kita kepadaNYA itu sudah merupakan segala-galanya…
    @@ Ki Wongalus ; ngapuntenipun ki….kulo khilaf…,kabeh iki ancene minongko sakdermo kanggo ngramekno isine ndonyo,
    karena seperti apa yg pernah panjenengan posting pada rdr,itu hampir sama persis yg pernah kulo alami pd waktu beberapa tahun yg lalu..

  61. mbah gondrong x

    ki munif…monggo2…ki.matursuwun sampun mengingatkan kita semua………

  62. pemulung ilmu

    Terimakasih mas Salik & Ki Wong alus telah memberi pengantar kuliah filsafat Ketuhanan (Makrifatullah) kepada sedulur2 semua. Alfatihah sent buat njenengan berdua

  63. sangmata_angin

    @pemulung ilmu…..asswrwb….barakallahu….asik menyimak ki dsini,lmyn adem….lagian dsini hjn ki….bgmn dgn di kota roti unyilnya….hjn ki?….

  64. taKWA

    @ki wong alus :sugeng enjang.
    @sedulur kampus salik sejati..sugeng enjang.
    wah..wahh… dari tadi nyimak sampai skrg juga belum ngerti…
    rrruuaarrrrr bbiaassaaa….mengingatkan tulisan syeh siti jenar di alang-
    alang kumitir.
    salam..

  65. Didi Kemprot

    @ki alus mau tanya kalau makna “suh luyud sirna gepang kagenten ananing gusti” apa ya ki? Maklum kulo wong cubluk mboten ngertos

  66. mbah gondrong x

    @mas tukang absen;semangat malam………
    serat syeh siti jenar di alang-alang kumitir itu juga blognya panjenenganipun ki wong alus…

  67. taKWA

    @mbah gondrong .semangat pagi…
    pantesan sama sama tingkat tingginya.
    kok makin lama takwa makin makin merasa goblog ya…
    tambah merasa makin kecil n nggak berarti apa apa..
    monggo kulo di sirami.
    nuwun…

  68. taKWA

    @all: matur nuwun, saya mau pamit dulu .
    persiapan ngadepi pekerjaan rutin esok pagi.
    pamuji rahayu salam sih katresnan …

  69. mbah gondrong x

    monggo kang iwil ,kawulo derek aken,nyuwun agunge pangapunten…,mugi tansah pinaringan ridlonipun gusti kang murben waseso……

  70. sangmata_angin

    @takwa….oom pak gede takwa….kapan2 ilmu kejawenipun dipun babar,dipun tenggo njih…ndrekaken tindakipun….salam sih katresnan….monggo…..

  71. Didi Kemprot

    Sang mata angin, asmo nipun panjenengan uapik tenan lho mas. Lam kenal njih.

  72. Didi Kemprot

    Katur sedulur kulo nderek nyimak

  73. lanang edan

    salam asah asih katresnan juga ki Wong alus……

  74. sangmata_angin

    @didi kemprot…injih langkung sederhana lan sae kagunganipun panjengan….salam kenal lan ugi salam paseduluran njih mas…..
    @mbah gondrong x….mbah poro sedulur wadon kok gak tau ngetok maning…padahal tgl enom,biasane isih podo blonjo mbah……

  75. mbah gondrong x

    sangmata_angin ;njih ki….mugi2 menawi mawon tasih dso sibuk musyahadah…..

  76. sangmata_angin

    @mbah gondrong x….sampun njedul malih setunggal….anyar ki….

  77. sangmata_angin

    @mbah gondrong x…siji maneh mbah njedul……loro saiki mbah….

  78. mbah gondrong x

    @SEDULUR KABEH;
    @sangmata_angin;
    nuwun sewu ki…kulo tak nyuwun pamit riyen njih…
    ada acara curhat sama atasan….
    nyuwun agungipun pangapunten….
    SEMANGAT FAJAR………

  79. sangmata_angin

    @mbah gondrong x…injih mbak…nderek sedoyo sabdo lan doanipun mangkih kagem para sedulur….nuwun……

  80. salawar rabit

    ikut nongkrong disini ya

  81. lele sayur

    kulo nuwun…

  82. lanang edan

    @salawar rabit>>.sugeng rawuh bro!

  83. bengawan.candhu

    @salawar rabit…piye bro delima putihnya…..?….
    @lanang edan….bgmn kbrnya sdulur…..?

  84. lele sayur

    @lanang edan…njih mboten nopo-nopo…btw,sugeng rawuh ku ga tau artinya…hehe..monggo di lanjut…

  85. bengawan.candhu

    @lele sayur & salawar rabit….ha19x….salam takzim….(he bro editnya yg bnr)…

  86. bengawan.candhu

    @lele sayur @salawar rabit….konsen…konsen….konsen masss….ha5x….

  87. salawar rabit

    @lanang edan..njih mboten nopo-nopo..btw,,sugeng rawuh ku ga tau artinya…hehe…monggo di lanjut…
    @bengawan.candhu/sang_mata angin…kemarin di suruh seorang dosen supya delima putih itu dioles minyak jakparon atau minyak hajar aswad
    selama 3 hari berturut-turut pagi & malam,,cuman lum tak lakukan om,
    maksudnya apa ya tu mesti di oles??

  88. lanang edan

    Om bengawanC,…al-hamdulillah om nonggol nih…
    Lele sayur sopo y?

  89. lanang edan

    om bengawn C, ada ilmu pager diri/badan yang ampuh gak?, aku mau datengin tempat2 angker didaerahku….mau narik pedang/pusaka.
    kalo minta ilmu nya ama bro SolawarR,malu mas….abis aku minta mulu.

  90. bengawan.candhu

    @salawar rabit…..nyemash…hp u tu dbenerin wah kasian si ray pranata&erlangga….masak salawar rabit itu artinya CDR to wah….istighfar100x br bs adem nih….
    @lanang edan….lele sayur pnguasa ilmu shalawatan,tp isengnya itu lo gak nguati…..untung ray pranata bkn tukang pelet. klo salawar rabit dpelet sama ray&erlangga…gak bs masak lele sayur tuh….megangin trs “something” pake sumpit….ha10x…..

  91. bengawan.candhu

    @lanang edan pake sj asma singa rajeh,slain buat pagaran,energi khadamnya spt kuat klo buat backingan narik pusaka…cb u/pstnya panjenengan hub ki maghrobi ato ki nurjati….ato pake doa sgl hajat dr ki sandaljepit…sama2 pake proses to?…..

  92. lanang edan

    hahahaha…..

  93. lanang edan

    iya mas bengawanC,….thanks

  94. salawar rabit

    @bengawan.candhu…xixixi..abs kehabisan nama sie,,,itu om bro lanang sugih minta amalan pagar gaib,,ijin nyimak ^_^

  95. salawar rabit

    KAF 40 juga mantap dari pak cik Langsambar

  96. lanang edan

    dibaca atau ditulis bro? guru?

  97. bengawan.candhu

    @slawar rabit…ikut nyimak…..tp klo narik pusaka itu wasilahnya yg lengkap….biasanya yg sering lupa adlh leluhur laki2&perempuan di faerah tsbt ato cikal bakal desa/daerah tsbt(pemilik ghaib)….kmdn khadam dluar pusaka jg di dlm pusaka…..
    …..shalawat adrikiyah…..jg cukup mumpuni u/kombinasi penarikn pusaka. khususnya pusaka jenis sumpit&jepitan gorengan drmh salawar rabit…..

  98. salawar rabit

    jangan di panggil guru bro…aku aja atut klo liat pocong apa lagi ketempat angker….biasanya dibaca sewaktu-waktu aja,klo aku biasanya baca 1 kali aja…bisa juga ditulis…digulung masukkan kebambu terus tancapkan ketempat angker…sama pembukaan surah at-taubah juga mantap bro…’AudzubillaaHi minannar wamin syarril kuffar wamin ghodhobil jabbaar…aku pernah ada pengalaman nih,ada orang kerasukan jin muslam yang hafal 30 jus,,trus aku bawain pembuka surah attaubah tsb,,belum aku baca masih dalam bentuk tulisan dikertas…jin muslamnya teriak-teriak ga tahan…padahal bukan dalam tulisan arab lho,cuman tulisan latin

  99. dead man

    aslm. Mas kumitir tercinta,,,,
    @bengawan,,,, wah ada yg dpt orderan om salawar rabit nih! Hehehe,,,

  100. salawar rabit

    @bengawan.candhu…ngomongin tentang cara narik pusaka,malah ku ga tau caranya….itu kan aku baca di majalah om,dia wirid-wirid tiba-tiba ada keris di atas sajadahnya…pengen nyari amalan kayak gini om…

  101. salawar rabit

    @dead man…om share dunk cara dapat khodam…sulawesinya di mana sih om?

  102. bengawan.candhu

    @salawar rabit…klo itu gampang…u wirid sj di depan rmhku smalaman…nnt tak ksh nasi,mnm cooffemix jg gorengan,sjadahnya buat tdr sj dhalaman rmhku…bgt u trtidur jam2pagi sdh ada yg nganterin pusaka diatas sajadah u,gak usah pake melek wirid,ckp tdr sj dsitu…tp ya hrs ddpn rmhku….ada keris dtg nnt….

  103. salawar rabit

    @bengawan.candhu…hehe…kerisnya dari om ya…jangan-jangan cerita yang dimajalah itu boongan,ketipu deh aku.. ^_^ tatacara yang benar memelihara keris yang benar di jelasin dunk om..mulai dari kain pembungkusnya apa gth

  104. bengawan.candhu

    Dedecated for some one……with all my heart…..
    WAKTU TELAH MEMEPERTEMUKAN & MENAUTKAN KITA&HATI KITA PADA PERSAHABATAN&PASEDULURAN YG BERSAHAJA…..HARMONI&…….HANGAT.
    WAKTU PULA YG MEMISAHKAN KT U/SEMENTARA WAKTU U/LEBIH MAJU&LEBIH RAPAT LAGI BARISAN KITA……
    WAKTU PULA YG MEMPERTEMUKAN KT DGN ASA,HARAPAN&IMPIAN…..
    WAKTU PULA YG MEWUJUDKAN ASA,HARAPAN&IMPIAN ITU MENJADI KENYATAAN……
    TIDAK ADA YG PERLU DSESALI,SMUA PASTI TERJADI….DAN SDH KITA LEWATI….U/MNAPAKI LEMBARAN BARU….
    SESALILAH SINGKATNYA WAKTU YG MGKN BANYAK HAL HADIR SKL DLM HDP KITA…..
    JUSTRU SINGKATNYA WKT INILAH YG MENDEKATKAN KT…..
    MENAUTKAN HATI KT ADANYA SEBUAH KEMURNIAN PERTEMUAN&PASEDULURAN……
    BILA WAKTU TLH MEMANGGIL,SMUA RNCN BS TRJD BHKN PUDAR,TP YAKINI PST KMBL DGN HIMPUNAN BARU YG LBH INDAH….
    JABAT ERAT DAMAIKU UNTUKMU……
    SALAM HORMATKU….SALAM TAKZIMKU DR HATIKU UNTUKMU……
    TEMUKANLAH ARTIMU DI SETIAP SUDUT WAKTU…..
    SELAMAT JALAN…TRMKSH DR SGENAP HATI TRDALAM ATAS SEGALANYA….
    TUNGGULAH HADIRNYA PERSAHABATAN&PASEDULURAN YG LBH LBH&LBH LG…DPENGHUJUNG WKT PERTEMUAN KT KMBL…….
    SALAM………………………………………………………………………..

  105. sangmata_angin

    @mbah gondrong x….sy mo undur diri dulu,soale bsk mo ke madiun klo jd….djmpt…tmn….
    @ki wongalus….bade pamit rumiyin….salam takzim kawulo kagem ki kapalapi……
    @ray pranata….smp ktm lg….jgn bosen nyari ilmu pecah raganya….biar pinter backingnya ya……salam dr bengawan katanya,jgn salah telpon lg…biar tdk kena semprot……ha10x…..
    @takwa……slmt mengurutkan,klo kriyip2merem dulu ngopi,nnt dlanjut ngabsennya…..di wedar ilmu kejawennya…..
    @deadman @salawar rabit…@lanang edan…@dewi sri @ananda dyah ayu pitaloka…..a mhn diri dulu…..slawar rabit ….yg laen kt bahas besok2 ya….a sdh saatnya istyrht….klo ada slah kata salah ucap…a mhn maaf yg sebesar2nya ya……

  106. salawar rabit

    @bengawan candhu + lanang edan + dead man…waktu Indonesia tengah dah mendekati azan subuh…pamit dulu ya..wassalam

  107. salawar rabit

    @bengawan.candhu…ya deh om met bobo ^_^

  108. dead man

    @salawar rabit,,, mungkn mksd bengawan itu keris sapu lidi sama keris sapu ijuk. Coz pas bngun pagi2 langsung disuruh nyapu rumah. Hahaha,,,
    @sangmata angin,,, slamat jln. Hati2 dijalan ya.

  109. Ternyata sesepuh dan murid2 kampus dh pulang ya.
    Spt biasa, dpt tugas bersih2 ruangan.
    Wktuny nyapu dan ngepel…
    Semangatttt

  110. salawar rabit

    @dead man…waduh,disuruh bersi-bersih toh…hehehe…
    @Ray pranata…ku baca bolak-balik ga ketemu nomer kamu bro,,jangan-jangan di sembunyiin jin ya.. ^_^

  111. harsa

    assalam Ki Salik..Ki Wong Alus dan poro sesepuh matur nuwun babar pencerahan shingga alhamdulillah dalam hati jd bisa remang2 memahami ada dan tiada tp sulit diungkapkan dg kata2 mgkin krena kebodohan sy
    yg ingin sy tanyakan bgm cara mempertahankan sdikit pemahaman ini dan senantiasa bisa mengingat pemaham ini agar bisa berperilaku lurus dlm jalan Illahi..
    matur nuwun

  112. salawar rabit

    MAN ABAFANNAFSAHUFAQOD AROFA ROBBAHU
    (BARANGSIAPA MENGENAL AKAN DIRINYA,MAKA DIKENALNYA AKAN TUHANNYA).

    Asal tubuh terdiri dari 4 unsur:
    Tanah,air,angin,api. Kesemuanya ini dari pada Muhammad (Muhammad-Al-Qur’an).
    Asal kejadian diri terdiri dari 3 perkara:
    1.Bapak;urat besar,urat kecil,tulang,otak.
    2.Ibu;rambut,kulit,daging,darah.
    3.Tuhan;penglihat,pendengar,pengrasa,nyawa.

    Apabila kita hendak mengenal diri,maka hendaklah terlebih dahulu kita ketahui akan rahasia “NUR MUHAMMAD” karena rahasia nur Muhammad itulah sebenar-benarnya diri.
    RAHASIA NUR MUHAMMAD.
    Adapun yang bernama diri itu terbagi 2 bagian,pertama diri yang lahir,kedua diri yang bathin.Adapun diri yang lahir itu berasal dari unsur Adam,yakni 4 perkara:api,angin,air,dan bumi.
    -Adapun api terbit dari pada yang bathin berhuruf ALIF,
    bernama zat,menjadi rahasia,hurufnya darah pada kita.
    -Adapun angin itu terbit dari pada yang bathin berhuruf LAM-AWWAL,
    bernama sifat, menjadi nyawa,hurufnya nafas pada kita.
    -Adapun air itu terbit dari pada yang bathin berhuruf LAM-AKHIR,
    bernama asma’,menjadi hati,hurufnya mani pada kita.
    -Adapun bumi itu terbit dari pada yang bathin berhuruf HA,
    benama af’al,menjadi kelakuan,hurufnya tubuh pada kita.

    Jadi jika demikian diri kita yang lahir itu terbit dari pada bayang-bayang
    diri kita yang bathin jua,berhuruf atau berkalimah “ALLAH” dan jangan kiranya kita syak & waham lagi.
    Kemudian dari pada itu hendaklah kita fikirkan pula diri kita yang sudah
    berhuruf berkalimah ALLAH itu,bagaimana hendaknya supaya jangan sampai tersalah sangka. Kemudian sesudah kita ketahui diri yang lahir itu
    hendaklah kita ketahui diri yang bathin,karena diri yang bathin itulah yang bisa mengenal Tuhannya.

    BERSAMBUNG ^_^

  113. Leave a Reply

    “Puncak ilmu yang sempurna”
    Ilmu diatas ilmu segala ilmu yang paling tinggi

    ”Seperti api berkobar”
    Dia tidak pernah menganggap bahwa ucapannya adalah ucapan dirinya dia mengganggap bahwa apa yang ia ucapkan adalah ucapan Alloh setiap sesuatu yang keluar dari bibirnya adalah suara Alloh gerak gerik alloh dan wujud alloh pandangan alloh, genggaman alloh

    ”Hanya bara dan nyalanya”
    Kalam-kalam itu datang seperti keadaan kalam itu sendiri dengan tidak membawa dirinya dia benar2 merahasiakan dirinya dia adalah mursyid dari segala mursyid yang tidak diketahui semua orang dan dia tidak ingin di ketahui seluruh manusia hanya kalam-kalam yang menggaung kesana kemari

    ”Hanya kilatan cahaya”
    Yang dapat mengambil hikmah dari kalam-kalam para waliNya sebernanya itu adalah sebuah ayat yang turun tapi mereka tidak mengira bahwa itu adalah pelajaran dari seorang wali yang jika dicerna hanya kelihatan kilatan2 cahaya bernar-benar hanya beberapa orang yang bisa memahami kilatan cahaya itu yang masuk kedalam lubuk hati seorang hamba

    ”Hanya asapnya kelihatan”
    Sesungguhnya manusia mengetahui seluruh isi alam melalui caranya masing yag semuanya itu adalah wujud dari alloh itu dendiri dan berbeda , mereka hanya sebatas pengetahuannya saja mereka melihat mengatakan hanya ini mungkin yang kita cari tapi sebenarnya itu adalah asap – asap yang dilihat menjelma sesuai hati masing2 hamba

    “Ketauilah wujud sebelum api menyala”
    sebelum hikmah musyahadah ma`rifat jagat raya ini terbentuk untuk hambanya disana sudah di catat segala apa yang tesirat dalam perilaku dan ucapan manusia, catatan2 itu berupa ayat-ayat yang sudah tecatat dalam kitabNya, ketahuilah bahwa semua yang diucapkan adalah sudah ketentuan dariNya.

    Dan sesudah api padam
    segala sesuatu yang telah di turunkan melalui kalamnya terlihatlah sebuah kegelapan yang benar-benar gelap sehingga tak satupun diantara mereka bisa menjawab apa maksud dari semua yang tersirat sehingga dengan terpadamnya api itu semua hamba mengembalikan urusan kepada Alloh sampai pada suatu masa yang tak terhingga

    Karena serba diliputi rahasia
    benar-benar semua serba kesamaran dan bias memadukan kalam-kalam itu mengandung ribuan pahala inayah hikmah ma`rifah yang tersimpan didalamnya yang hanya bisa diambil sedikit dari orang –orang yang terbuka pintu hatinya diantara ribuan pintu hati masing-masing menerima kerahasiaan alloh tidak ada yang sama antara hamba yang satu dengan yang lainnya

    Adakah kata-kata yang bisa menyebutkan?
    Sesungguhnya kalam-kalam itu tidak bisa dinukilkan dalam kata2, kalam2 dan ayat2 itu hanya bisa dinukilkan dalam hati yang paling dalam, serta dirasakan kesejukkannya lelui relung-relung jiwa halus oleh hamba yang sudah sampai kehadiratNya

    ”Jangan tinggikan diri melampaui ukuran”
    Apabila diantara kamu sudah memasuki tahap ini jangan kalian berkata diatas bayangan ahklaq dan teori yang masih belum kamu lakukan karena itu akan mengakibatkan bahaya bagi dirimu sendiri serta godaan-godaan yang tida guna bagi kalian semua, sebenarnya tanpa semua itupun tidak bisa ditulis dengan kalimat apapun dan bahasa apapun juga.

    “Berlindunglah semata kepada-Nya”
    segala sesuatu yang telah kamu lakukan memohonlah kepada alloh dari apa-apa yang telah kamu ucapkan dan kamu kerjakan semata-mata untuk berlindung kepadaNya, bersembunyilah dalam dzatNya yang nyata, katakan bahwa semua ini adalah untukNya, pergi dan kembali padanya

    “Ketahui, rumah sebenarnya jasad ialah ruh”
    ingatlah bahwa ingatanmu penglihatanmu, tanganmu, bibirmu, serta jasad utuhnmu tiadalah berguna dimuka bumi ini dan tida berguna diakhirat nanti serta menuju keharibaanya bahwa semua itu yang dinilai hanya tinglaku ruhmu sendiri

    “Jangan bertanya”
    Janganlah sekali-kali bertanya tentang persoalan hidup dan tingkah lakumu kepada seluruh umat manusia seharusnya berdo`a dan bertanyalah kepada alloh yang telah menjadikanmu lahir hidup dibumi ini jangan pernah meminta-minta kepada siapapun kecuali kepada Alloh, sesungguhnya semua ucapan manusia adalah lukisan-lukisan kebohongan dan doalah yang paling benar disisNya

    “Jangan memuja nabi dan wali-wali”
    seorang yang telah di beri petunjuk maka dia tidak akan menduakan tuhannya wushulnya langsung kepada alloh swt tanpa perantara yakinlah bahwa alloh maha mendengar apa yang telah kau ucapkan akan tetapi menunggu waktu dan butuh kesabaran, kebanyak semua hamba alloh lalai akan hal ini sesungguhnya hanya sholat dan sabar yang bisa menolongmu tanpa memuja dan merayu dengan nabi dan wali, apabila kalian mau menunggu datangnya petolongan maka alloh pasti akan menolongmu dengan cara yang lebih halus yang sulit dirasakan kedatangannya

    “Jangan mengaku Tuhan”
    jika sudah demikian apa yang kamu rasakan sudah menyatu dengan alloh maka sekali-kali kamu jangan mengaku tuhan dan jangan pula kamu mengisyaratkan dengan hal-hal yang bersifat ketuhanan dalam dirimu sesungguhnya itu tipuan yang kamu sengaja agar kamu lebih dekat dengan alloh padahal tidaklah demikian

    “Jangan mengira tidak ada padahal ada”
    Segala sesuatu yang telah dilakukan yang terbaik maka disitu ada masing-masing pahala yang akan menghampirimu kemudian menyatu dan pahala itu akan dicatat oleh malaikatnya yang suatu saat akan menjadi saksi di hari persidangan nanti sebuah kenikmatan

    ”sebenarnya ma situ
    Sebaiknya diam”
    Langkah selanjutnya apabila kalian sudah memasuki taraf ini sebaiknya jangan pernah berkata apa2 dan berbuat apa2 dimanapun dan kapanpun kecuali kalian berkata2 dengan alloh dan memujiNya, serta berdakwah melalui do`anya tiada masa dan batas untuk berdiam hingga akhir hayatnya

    “Jangan sampai digoncang
    Oleh kebingungan”
    Ingatlah ketika maqommu sudah diambang batas maka janganlah kalian semua memakai otakmu untuk mengenal sesuatu sehingga kalian semua akan terjerumus kelembah kebingungan pakailah hatimu dan hilangkan nafsumu dari hal-hal yang ingin kau ketahui cukup allohlah bagimu dalam hidup dam matimu.

    “Pencapaian sempurna”
    disnilah maqam teratas dari orang yang berilmu tinggi

    “Bagaikan orang yang sedang tidur
    Dengan seorang perempuan, kala bercinta
    Mereka karam dalam asyik, terlena
    Hanyut dalam berahi”
    ketika spermamu keluar dari dari kemaluanmu maka kamu merasakan kenikmatan yang tidak pernah ada dalam dunia ini, disitulah hamba-hamba alloh yang telah menyatu kepadaNya tiap hari dia merasakan jiwa penyatuannya laksana seseorang yang telah mengeluarkan sperma dari kemaluannya.
    Sungguh kenikmatan tiada tara

    Anakku, terimalah
    Dan pahami dengan baik
    Ilmu ini memang sukar dicerna
    Anakku inilah ilmuku pelajarilah dan pahamilah dengan baik ilmu ini memang sulit ditelan dan sulit juga di cerna
    Alfatrikha …1x

  114. Anto_Bwok Samudera Putih

    @Salawar rabit

    Maaf yg benar “Man ‘arafa nafsahu faqod ‘arafa rabbahu”.

    Waah…nte juga kaji martabat tujuh ya Mas…muanteep…lanjuuuut mas.

  115. salawar rabit

    @Anto_Bwok Samudra Putih…bener mas salah tulis…hehehe…MAN AROFA NAFSAHU FAQOD AROFA ROBBAHU…ntar dilanjut mas,,lg aktifitas pagi ^_^

  116. mas agung

    @om salawar rabit , mas harsa & om Anto_Bwok Samudera Putih : semangat pagi
    monngo dilanjut…..

  117. erlangga

    @ Selawar Rabit : Coba Pian Hubungi Habib Basri ,,,, Ulun Tadi ditanya Lewat Sms Tentang Bisa Kadanya Meubah Nama “Selawar Rabit” Di Kampus Wongalus Jadi Nama Beliau,,, Nah Yg di Ubah Komentarnya atau Daftar No Hape Saya gak tau saya Bingung,,,……….

  118. kancil/mulyono

    Assalamualaikum
    kagem poro dosen, mahasiswa lan sedoyo civitas kampus wongalus
    sugeng injing….monggo pelajaran di lanjut……
    kulo sambil ngopi……hehehe

  119. Nuwun poro sesepuh sodoyo,kulo nderek nyimak,

  120. Assalamu’alaikum wr.wb
    Salam utk sesepuh, saudara dan keluargaku d KWA.
    Slmat pagi…
    To
    Salawar rabit@insyaAllah. Nama sy msh ada d dlm Kartu Keluarga KWA urutan 009 paman ku. ^_^
    Erlangga@pa kbr mas?
    Nampakny kejadian slh no pe jd pembicaraan yg hangat y mas. Kl slh no gpp tp CDR ny yg bwt jd mslh.
    Mas Agung@dpt salam dr uda ery.
    Mas Anto Bwok@salam knl mas..
    Kancil/mulyono@salam Ki…

  121. kancil/mulyono

    salam kang ray pranata……mau kopi ?
    sambil nunggu dosen kita ngopi2 dulu………hehehehe

  122. erlangga

    @ ray pranata : wah iya nih om Selawar Rabit ini saya Yg di tanya Oleh Habib Basri,,, Pagi pagi dapat SMS Beliau Mungkin masih ada Yg Hubungi no hp beliau menyangka itu no om Selawar Rabit Kali,,, mudah mudahan daftarnya udah diedit Ulang Oleh Ki Wongalus,,, @ Selawar Rabit : Udah Paman Jangan Iseng Lagi Saatnya Minta Maaf Lawan Habib Basri kan dekat Bulan Puasa Juga,,, Beliau Yg Gak enak Di panggil Begitu Soalnya Dikira itu no hp Paman

  123. mas agung

    selamat pagi sedulur semua, kayaknya enak nih ngopi jam segini. ayo mas ray, mas kancil, mas erlangga semangat, aku duduk di pojok aja ah. buat mahaning salam kenal, ayo bareng2 nyimak

  124. Ki Kancil/mulyono@mksh Ki tawaran kopi ny. Kl blh sy minta es ny Ki, biar suegerrr…
    Ki Gentar Alam mana ya?
    Ntar lg jam istirahat kampus…
    Kantin Ki Gentar msh tu2p.
    Murid2 dh pd kangen ma serangan SATE KWA dr Ki Gentar…

  125. JOE

    ass, mohon maaf jika salah, man arrafa nafsahu faqod arrofa robbahu… man arrofa robbahu faqod jahilan nafsahu,
    ikra kitabbaka kafa binafsika alyauma alaika hasiba… ortu saya pernah berkata itu saat sy masih di bangku smu, adakah yg dapat menguraikan lebih lanjut, mohon pencerahan pd sedulur-sedulur kampus wongalus, terimakasih. salam

  126. Erlangga@bnr mas.
    Ternyata paman yg atu ne nakal jg y mas. Korban dh bnyk berjatuhan paman…
    Saatny paman maju ke medan perang dgn menyebarkn no pe tentunya.
    ^_^
    Mas agung@mari mas silahkn…
    Nti sy ambl kn Sate KWA nya.
    Ne sy lg nunggu Ki Gentar Alam.

  127. kancil/mulyono

    @mas agung : mari kita mojok dulu sambil nunggu mahasiswa yg lain
    @ray pranata : boleh….es apa nih………hehehehe
    kayanya di tambah sate enak nih……..hehehehe

  128. kancil/mulyono

    @erlangga : kita ngopi dulu……yg iseng ikutan ngopi saja…..biar ga iseng
    hehehehehe……..

  129. Anto_Bwok Samudera Putih

    @Mas Agung
    Semangat pagi jg mas…
    @Ray
    Salam kenal jg dr ane…

    Kalo bicara martabat tujuh/martabat tanazul, dari Ahadiyah, wahdah, wahidiyah, alam arwah, alam ajzam, alam misal dan alam insan, bagusnya mas salawar rabit yg babar 7 tingkatan martabatnya…kebetulan ane lg kerja nih…salam utk sedulur semua.

  130. Asalamualaikum kagem sesepuh,kadang2 KWA sedanten.tumut nyemak amergi tambah siiiip…….mak blong raosipon.suwon,wasalam

  131. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    K O N S E P ATAU CARA M E N G E N A L D I R I S E N D I R I
    (GURU SEJATI ATAU SEJATINE GURU)

    Assalamualaikum wr wb.

    Salam Pamuji Rahayu Ki Wong alus selaku pengasuh blog ini. ijinkanlah kaulo berbagi sedikit karunia allah berupa K O N S E P ATAU CARA
    M E N G E N A L D I R I S E N D I R I (GURU SEJATI ATAU SEJATINE GURU) yang insya allah akan sangat berguna apa bila mau memahaminya.

    Mongo sedulur-sedulur semua kita merenung sejenak siapa diri sendiri untuk mengenal diri kita , dalam keheningan ,mendel ening, “niat ingsun mendel ening nyuwun kamurahane gusti kang moho kuwoso”

    Pengetahuan Umumnya.

    Bahwa “ manusia sadar “ adalah manusia yang mengetahui akan sifat dan watak pribadi masing-masing. Segala sesuatu yang berkenan atau tidak dihatinya, haruslah dimengerti dan dikendalikan cara-cara ekspresinya. Hal ini sangat penting untuk menempatkan diri kita sesuai dengan harkat manusia yang kita miliki ;

    Terutama didalam pergaulan bermasyarakat.Satu hal yang sangat perlu dikemukakan, yakni :

    Apabila suatu saat kita tidak setuju pendapat orang lain ataupun tidak menyukai pribadi orang lain, tindakan kita haruslah “diam” tanpa menaruh rasa negatif dalam diri kita.

    Hal ini kita lakukan agar supaya tidak terdapat produk-produk negatif dalam diri kita.Sikap diamini bukan sikap apatis, tetapi tetap dalam sikap waspada.

    Pertama kita tidak seharusnya menilai pendapat / kemampuan orang lain, kecuali diminta.

    Kedua mempersiapkan diri dengan berbagai kemampuan yang kita miliki, digunakan bila perlu.Lain halnya bila seseorang tidak mengenal sifat dan watak diri sendiri, tentu akan sulit untuk mengenal diri orang lain. Dengan demikian akan terjadi silang pendapat tajam, apabila orang yang hanya berkemampuan demikian mengeluarkan pendapat.
    Untuk itulah sehubungan dengan tugas dan kewajiban kita “ Menghayu Hayunig Bawono “, kita utamakan “ mengenal diri sendiri “ sebelum melangkah mengomentari pendapat orang lain. ( Ingat : Apabila kita belum menguasai diri kita, berakibat kita akan lebih tidak menguasai diri orang lain, termasuk latar belakang dari pendapat orang lain tersebut ).Sengaja disajikan informasi dalam bentuk global, dimana masih harus dilakukan penelitian untuk “ detail operation “ – nya.Informasi ini dilontarkan, agar menjadi bahan kajian kita bersama, berupa “ Konsep mengenal diri – sendiri “ yang terdiri dari :

    I.A P A menyangkut pengertiannya ).

    II.B A G A I M A N A ( menyangkut metode pencapaian ).

    III. K E M A N A ( menyangkut sasaran ).

    I. A P A ( Pengertian )

    Manusia terdiri dari dua bagian : jiwa dan raga.Raga sebagai tempat ( wadah bhs Jawa ) dan isinya adalah jiwa.Kita harus mengenal kelemahan dan kemampuan / kelebihan dari bentuk luar yang dipengaruhi oleh Pancaindera, dimana pusat informasi adalah pada susunan saraf terbesar yakni : OTAK ( Cipta ) dan juga pada susunan saraf kedua, yakni : SUMSUM TULANG BELAKANG ( Karsa ).
    Kelemahan dan kelebihan dari bentuk yang lebih kedalam dimana pusat informasi
    adalah : HATI ( Rasa ) dan akan didukung pusat informasi yang lain, yakni : JANTUNG.Pusat-pusat informasi tersebut harus kita kuasai dengan baik ( ATUL, bhs. Jawa ), agar mencapai sasaran yang kita inginkan ( siapa kita, bagaimana kita dan kemana kita ).( Dengan mengenal semua instrumen yang ada pada diri kita sebaik-baiknya dengan segala aspeknya, maka kita akan mengenal diri kita ( Bandingkan dengan konstruksi pada mesin mobil, misalnya ).

    II. B A G A I M A N A ( methode pencapaian )

    Dengan memperhatikan bagian luar dan bagian dalam pada diri manusia, kita akan
    ( baca : harus ) mampu mengelolanya ; dalam arti : selalu dilakukan monitoring
    terhadap perangkat yang bersangkutan.Harus diingat, bahwa fungsi perangkat tersebut setiap saat mengalami pasang-surut. Inilah gunanya pengelolaan dan monitoring secara berkesinambungan, agar kita selalu dalam kesiapsiagaan ( WASPADA ).Bentuk luar dikendalikan terutama oleh fungsi OTAK ( CIPTA ).
    Cipta harus dilatih semaksimal mungkin secara konstruktif, agar produksinya sesuai kebutuhan.Penataan hidup sehari-hari secara konstruktif dan produktif, merupakan cara terbaik untuk berlatih. Kita harus disiplin melaksanakan jadwal dari hari kehari tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Didalam perjalanannya kita harus meluangkan waktu untuk KOREKSI dan EVALUASI. Sikap kedua adalah melatih CIPTA dengan sikap KONSENTRASI. Hal ini harus dilakukan secara teratur, sehingga kita “ mapan “ dalam mengakumulasi suatu masalah sampai dengan pemecahannya.Untuk melatih bentuk dalam agar produksinya konstruktif dapat dilakukan banyak cara yang intinya selalu menjaga agar kondisi fluktuasi dari HATI ( rasa ) dan JANTUNG tidak mencapai tingkat “ bergejolak “ ; harus mampu dikendalikan. Didalam pergaulan sehari-hari harus mampu menghilangkan sifat-sifat : sombong, takabur, benci dan dendam ( termasuk : dahwen, meren, srehi, drengki ataupun jahil dan methakil ).Untuk melatih langsung RASA ( HATI ) ada dua tahap, yakni SIKAP MEDITASI
    ( kombinasi CIPTA dan RASA ) dan SIKAP SAMADHI ATAU MANEKUNG.

    III. K E M A N A ( Sasaran )

    Hampir setiap manusia mampu mengucapkan istilah diri-sendiri dan juga diri-
    pribadi. Akan tetapi mereka sebtulnya mengalami kesulitan dalam pengertian yang
    hakiki ( misalnya untuk memberikan pengertian / definisinya ). Inilah sumber
    permasalahannya.Perlu diketahui dan dimengerti, bahwa bentuk sasaran adalah merupakan tugas dan kewajiban kita bersama dalam rangka pengabdian kita kepada Tuhan, Alam dan Manusia.Sasarannya adalah : setelah mengenal diri-sendiri kita akan mampu mengenal diri-pribadi, yang pada akhirnya kita akan mengenal KEAKHBARAN ALLAH ; untuk selanjutnya menjadi makhluk Allah yang “ KINASIH “ oleh-Nya.
    Amien.

    ( Komunikasi internal / extenal terjadi setelah muncul “ diri pribadi “ atau guru sejati atau sejatine guru) maune ora ono dadi tumekane ono, nanging sing ono ora weruh marang sing ono artinya sak karepmu )

    Demikian yang bisa kaulo sampekan, semoga K O N S E P ATAU CARA
    M E N G E N A L D I R I S E N D I R I (GURU SEJATI ATAU SEJATINE GURU) yang saya wedarkan bisa memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi sesama yang membutuhkan amin ya robbal alamin

    Wassalamualaikum wr wb.

    (Ki Ageng Jembar Jumantoro)

  132. mas agung

    pelajaran selanjutnya dari Ki Ageng Jembar Jumantoro. matur nuwun sanget Ki, mudah2an kami bisa. walaupun sekarang masih mengkerut bathuke sambil garuk2 kepala.

  133. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    @mas agung : matur nuwun mas agung yang selalu on time di kampus ini
    monggo di pahami mas agung.
    kulo nggih tasih belajar

  134. mas akik

    ki@ageng sugeng siang…
    @mas agung
    @kang kancil
    @om joe….salam kenal..
    @om ray..
    @all ikut mengkerut biar hati tambah lapang…

  135. ngesty

    assalamu’alikum
    sugeng siang KI AGENG JEMBAR JUMANTORO
    kulo ikut nyimak njih ki………

  136. erlangga

    @ mas agung : Iya mas ,,, nyimak dulu sambil minum teh,,, @ kancil/ mulyono : Terima kasih mas ,,, saya Lagi minun teh,,, @ Ray pranata : wah iya tuh paman selawar rabit masih bandel,,, Aduuh saya aja mau Tobat Nih dari Perbuatan Perbuatan Saya di masa lalu,, Saya Merasa Dapat Hukum Karma dari masa lalu di balasnya saat Saat Sekarang,,……….

  137. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    @ngesty : monggo silahkan

  138. Assalamualaikum : to @All Subhanallah ….. merinding lihat trans7 ada malaikat hinggap diatas ka’bah opo artine niki ?????????

  139. adim

    @Satria jalaksana

    silahkan dibuka vidionya di

    http://unic77.blogspot.com/2010/08/malaikat-terlihat-di-mekkah.html

    malaikat turun di ka’bah

    trims
    monggo dilanjut

  140. akik

    Subhanallah…. rahasia ALLAH apa lagi yang akan di perlihatkan NYA??

  141. Ki Ageng Tirtomoyo

    Salam rahayu kagem Ki ageng Jumantoro

    pembahasan yang sangat bagus dan gamblang, memang begitulah harusnya manusia, lebih mengenal kedalam diri dulu untuk bisa menguasai jagat alit ( Mikro kosmos ) yang pada akhirnya akan menuntun pada penguasaan jagat ageng ( makro kosmos ). setiap manusia yang telah menemukan dirinya di dalam perenungan di dalam dirinya akan menemukan guru sejatinya.
    monggo ki Ageng Jumantoro dilanjut pembahasan nya kembali, kami menunggu petuah petuah nya kembali.

    matur nuwun

  142. kancil/mulyono

    Subhanallah…..saya tunggu kembali yang tersirat di alam jagad raya ini.
    semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Barokahnya buat kita semua
    monggo di lanjut

  143. Samiaji

    sembah nuwun kagem poro sedulur, memang sukar dicerna namun mungkin itu keterbatasan disi yang masih dilapisi hijab karena kerak-kerak dosa, tapi sungguh ini sebuah petuah yang sangat dalam,,

    ibarat pinang dibelah dua, satu bagian ada di blog warisan adiluhung, sebenarnya dari satu kesatuan, namun muncul di dua blog secara bersamaan,,,,

    kebetulan yang di warisam adiluhung sudah ditarik kemari oleh mas leave, jagi gak perlu bolak balik dua blog,,,

  144. salawar rabit

    @Anto_Bwok Samudra Putih…silahkan mas aja yang posting MARTABAT TUJUH…kalo dah ada waktu luang…saya juga lagi sibuk nih..ni cuman bentar aja liat-liat internet…Wassalamu’alaikum :)

  145. salik

    assalamu alailum for@all, kpd ki ageng jembar dan ki ageng tirto, monggo dilajengaken anggenipun panjenengan kekalih paring uwur sembur kangge kita sedoyo ingkang tembe nggayuh kawicaksananipun GUSTI, monggo dilanjut

  146. mas agung

    @mas salawar rabit….lanjuttt…… ditunggu kejutan dari bengawan candhu :D
    @ pakdhe salik dipun tenggo wejangan selanjutnya , salam salim kagem panjenengan.
    @ mas kancil, mangke menawi warungipun mas akik sampun dasar, pesen teh botol sekalian nggih, nuwun
    @ all sugeng siang kagem sedulur sedoyo

  147. kancil/mulyono

    @mas agung, nggih kulo pesen teh botol…..hehehe

  148. sangmata_angin

    @mas agung……..salam kenal njih….taksih sadeyan dawet ting pasar johar mas?utawi sampun pindah wonten pasar jatinegara..?…trmksh…mhn pencerahannya……
    @salawar rabit…….sdh dpt keris ddpn sajadahnya?……

  149. salik

    @para sedulur…! tanpa mengurangi minat para sedulur thdp pengijazahan ilmu-ilmu hikmah, bgm kalo kita usulkan kpd ki wongalus utk mrmperbanyak porsi postingan yg berkaitan dg kajian keislaman sebelum dan selama bulan ramadhan nanti..!!

  150. sangmata_angin

    @ki salik…ingkang tansah kawulo dereki sabda lan doanipun….kawulo setuju skl ki…ikut mendukung……..salam takzim…..

  151. salik

    @sedulur mata angin, idealnya kajian nanti bisa mrnyangkut kajian fiqh, aqidah, tasawuf, tafsir, hadits, dan yg juga penting utk dibabar adalah kajian ttg sejarah umat islam … biar wawasan kita ttg Islam semakin luas sehingga tdk terjebak pd pemahaman yg sempit dan “golek benere dewe”…

  152. bodokeremezken

    @salam ta’zim kunjuk sedulur2 kampus wong ngalus semua ….al fatihah….send

    @artikel diatas bagus ,ditambah kupasan2 pencerahan yang menyejukan ,

    klu saya pribadi mungkin sangat sulit untuk mencapai tahap seperti itu ,entah sampai kapan saya akan mengerti ,akan faham ,akan jelas dengan keberadaanNYA.

    @MUNGKIN SEDIKIT OCEHAN DARI SAYA JUGA BUAT DIRI SAYA SENDIRI
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM NIATMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM KHUSUKMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM TAUHIDMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM IKHLASMU
    mungkin klu kita tau setidak2nya kita akan tersenyum malu pada diri sendiri atau mungkin kita akan tertawa terbahak2 karena saking malunya atau mungkin kita akan pingsan karena sedikit kesaksian atau mungkin munkin kita akan gila karena kebahagian ingin kembali
    ,,,,,,,,,,,,,,,,itu semua kemungkinan saja //jawabnya mungkin bisa yaaaaaaa mungkin bisa tiiidaaaaaaaaaaaak/////TERSERAH

    ///TIDAK TERIKAT RUANG DAN WAKTU

    TERUSKAN TERUSLAH MENDEKAT PADA-NYA MAJU JANGAN TOLAH TOLEH APALAGI PANDANG BELAKANG///SUBHANALLAH

    KLU TERASA SUSAH DADIO R E C O WAE ……..WKAWKAKA…100X

  153. bodokeremezken

    @salam ta’zim kunjuk sedulur2 kampus wong ngalus semua ….al fatihah….send

    @artikel diatas bagus ,ditambah kupasan2 pencerahan yang menyejukan ,

    klu saya pribadi mungkin sangat sulit untuk mencapai tahap seperti itu ,entah sampai kapan saya akan mengerti ,akan faham ,akan jelas dengan keberadaanNYA.

    @MUNGKIN SEDIKIT OCEHAN DARI SAYA JUGA BUAT DIRI SAYA SENDIRI
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM NIATMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM KHUSUKMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM TAUHIDMU
    ==MASUKLAH KENALILAH SEBERAPA DALAM IKHLASMU
    mungkin klu kita tau setidak2nya kita akan tersenyum malu pada diri sendiri atau mungkin kita akan tertawa terbahak2 karena saking malunya atau mungkin kita akan pingsan karena sedikit kesaksian atau mungkin munkin kita akan gila karena kebahagian ingin kembali
    ,,,,,,,,,,,,,,,,itu semua kemungkinan saja //jawabnya mungkin bisa yaaaaaaa mungkin bisa tiiidaaaaaaaaaaaak/////TERSERAH

    ///TIDAK TERIKAT RUANG DAN WAKTU

    TERUSKAN TERUSLAH MENDEKAT PADA-NYA MAJU JANGAN TOLAH TOLEH APALAGI PANDANG BELAKANG///SUBHANALLAH

    KLU TERASA SUSAH DADIO R E C O WAE ……..WKAWKAKA…100X
    .

  154. sangmata_angin

    @ki salik…klo pd prinsipnya sy tetep mendukung,smkn banyak ilmu dsini,brarti smkn lgkp. jd klo dtanya ilmu kadigdayan ada yg nyantol…klo dtanya ttg ketuhanan jg bs…mnyeimbangkan ki…setuju skl……mhn trs dkupas&dtampilkn….trmksh….
    @bodokeremezken…..kakang yg hitam manis&rambut terbelah agak gondrong,dgn sgenap ke kusuan&kesederhanaannya….bgmn kbrnya?…ikut mperkenalkn diri njih diri sy……

  155. mas agung

    salamkenal ugi mas kompas eh, sangmata_angin :D lapakipun sampun dipun gusur satpol PP :(, dhawet radi sepi mas, asring jawah. sakniki mburuh macul wonten kebon nanas tangerang mas.
    @ pakdhe salik, ide yang sangat mencerahkan. monggo dipun babar kemawon
    @ mas kancil, warunge mas akik durung bukak ki, wis rodo kecut durung entuk kiriman 234 :D

  156. sangmata_angin

    @mas agung…..o ngaten njih,mesakno…..sadean kemawon mas konsul kaliyan rencang2 daerah,mbok bilih wonten ingkang saged atur pambiyantu….

  157. bodokeremezken

    AKU DEWE YO GAK ISOH NGLAKONI MULAI WAE SUSAH OPO MENEH NGAKHIRI HA…HA..9X PIYE TO AKU KI OLAH DASAR AKUKI WONG BODO LONGA LONGO KOYO KEBO TOR ISEH AKEH SUBHATE ,DASAR AKUKI WONG KERE RONG OPO2 WES ILANG SABARE ,DASAR AKUKI WONG MEZKEN ISEH AKEH SEMBRANANE///////PIYE OALAH…PIYE …OALAH PIYE….OALAH PIYE….

  158. mas agung

    @ om bodokeremezken : aku tak diam tanpa kata kayak lagunya dik massiv aja :D, pa kabar om habib?
    saya masih terus mengkerut bathuke, berusaha menelan dan mencerna, semoga wetengku gak kaget menerima bubur sari pati wejangan ini. maklum, biasa makan nasi dari beras raskin yang kemrotok dan buru2 ditelan karena semakin lama kok malah semakin sepo kalo dirasakan.Astaghfirullahaladziim

  159. sangmata_angin

    @bodokeremezken……wah….penyadaran diri lewat nama&jg lewat kata2&maknawi…salut mas yg hitam manis…mas maulana fird……

  160. bodokeremezken

    @KAKANMAS SANG_MATA_ANGIN …..HAI……

    kangmas mbok saya ditrawang lagi khodam apa saja yang ikut dg saya
    …mau ya…please tulong maturnuwwun
    nanti klu ada biar khodamnya ikut sama kakangmas saja..yg mana yg mau ikut ama mas atau buat mas semua juga boleh plussssss bonusdari saya tapi rahasia hi……….10x

  161. sangmata_angin

    @bodokeremezken…..wah a gak bs terawang…..klo bs sdh buat ikut one to be milionare ato super deal 2 milyar…cepet kaya mas ha10x…….stadium4….

  162. bodokeremezken

    @kakangmas sangmata_angin ayaooooo to gelemmmmmmm yaaa piya to iki aku weas kebacut cayank he….ayo to mas pleasessssssssssssssssssss

  163. bodokeremezken

    @kakangmas coba tontonen foto imielmu ganteng tenan…. piye to gambar imielee kok gak berubah yoo hi….10..x

  164. sangmata_angin

    @bodokeremezken….cb hp panjenengan klo sinyalnya lg bgs kan bs searching via google,makas pencerahan via sy,bs ke mas maulana dulu…..aduh klo lg ngrayu tambah item manis nih org smbl manyun ha10x…..

  165. bodokeremezken

    wkakakawkakaka….999X

  166. sangmata_angin

    @bodokeremezken…..asma opo iku ijazahan
    (wkakakawkakaka….999X)…..mohon tatalaku&caranya jg fungsinya dsertakan…..qabiltu…sy mhn ijazah dr mas bodokeremezken…..dgn lgkp sempurna…..amin….

  167. sangmata_angin

    @bodokeremezken….wis ndang di ijazahke….a wis mantep ki,semangat45 pokoke…..mas gondrong lurus…..

  168. mas agung

    waduh…55X, iki awan2 kok wis dho arep sayang2an too……… wakkakakkak… aku gak melu2 ah…

  169. bodokeremezken

    kakangmas sangmata_angin jg lupa pesenan saya,,,,,adek tak bobo’ sek mengko salamno sama kakagmas bengawan cayank bilang ama beliau aku kangeeeeeeeen banget dan salam manis buat beliau……dadadaaaaaaa

  170. bodokeremezken

    @mas agung hai…………daaadaaaaaaaaaaaaaaaa

  171. sangmata_angin

    @bodokeremezken….halaaaah halaaaah turu maning yo yo yo…mumet aku….ya nnt tak smpkn….dia lg luar kota sptnya……(wah bengawan mmg laris tur narsis….ampun deh)…..he5x…..
    @mas agung….jgn heran medan maghnet @sangmata angin kuat…shg maghnetnya menarik&dsayang smua lapisan masyarakat…he5x…..(tdk pandang bulu siang ato malam,tubruk…saking sayangnya)…..

  172. The connection has timed out

    dulur salam kenal niiiiih
    emmmm eeaachh

    asyikniih

  173. sangmata_angin

    @the connection….slmt siang…slmt brgabung…ikut memperkenalkn diri kami….salam hormat……

  174. Sbnr nya saya sngt ingin belajar kesaktian, krn trauma masa lalu.. saat saya merantau, harga diri saya diinjak injak spt sampah. saya semakin baik kpd org tp org semakin kurang ajar kpd saya. maklum, kehidupan kota besar.

  175. Harsa

    @Ki Ageng Jumantoro : ijin menyimak kawruhnya sangat mendalam…batuk megkriut jadi mumet tapi tetep usaha supaya paham…

  176. rahyang

    Ass wrwb. Panekung, wasiyatipun Kanjeng Panembahan Senopati ing MANTAWIS. ….matrapaken panjenengan ing Dat kados makaten : “Ingsun tajalining Dat kang Maha Suci, kang Amurba Amisesa, kang Kawasa ngadika Kun Fayakun dadi saciptaningsun, metu saka kodratingsun”, manawi sampun makaten, adat sanalika kemawon kayaktosan ingkang dados tandanipun. etc Buat para pini sepuh saya mohon penjelasan kalimah di atas kedalam bahasa Indonesia, karena sy tdk ngerti Bahasa Jawa. Wasallam

  177. Sekedar menyampaikan amanat Monggo diamalkan dan disebarkan : SHOLAWAT WAHIDIYAH (Gabungan Sholawat Wahidiyah + shalawat-ma’rifat + shalawat-tsaljul-qulub)
    Berfaidah menjernihkan hati dan ma’rifat billah wa rosuulihi
    Boleh diamalkan oleh siapa saja, laki-laki, perempuan, tua dan muda
    Dari aliran atau golongan dan bangsa manapun juga, tidak pandang bulu
    FAFIRRUU ILALLOOH = LARILAH KEMBALI KEPADA ALLOH

  178. PENGAMALAN SHOLAWAT WAHIDIYAH (Gabungan Sholawat Wahidiyah + shalawat-ma’rifat + shalawat-tsaljul-qulub)
    1. Marilah segala perhatian kita pusatkan menghadap ke Hadlirot Alloh Subhanahu Wata’ala, TUHAN
    YANG MAHA ESA, dan mesara benar-benar berada di hadapan Junjungan kita Nabi Besar Muhammad
    Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, dengan adab, ta’dhim (memuliakan) dan mahabbah (mencintai)
    semurni-murninya.
    2…Berniat semata-mata mengabdikan diri (beribadah) kepada Alloh dengan ikhlas tanpa pamrih apapun juga.
    LILLAH !. dan niat mengikuti jejak tuntunan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, LIRROSUL !
    3.. Mari kita sadari bahwa kita bisa melakukan ini semua adalah semata-mata atas titah Allah. BILLAH ! dan
    karena syafa’at atau jasa dari Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam. BIRROSUL !
    4. Mari kita mengakui dengan jujur bahwa kita ini penuh dosa dan banyak berbuat dholim. Baik terhadap
    Allah Subhanahu Wata’ala, wa Rosuulihi Shollallohu ‘alaihi Wasallam, terhadap orang tua dan keluarga,
    terhadap ummat dan masyarakat serta terhadap makhluk pada umumnya. Sangat membutuhkan sekali
    maghfiroh (ampunan) dan taufiq hidayah Alloh Subhanahu Wata’ala, syafa’at-tarbiyah dan bimbingan
    Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, serta barokah-karomah-nadhroh, do’a restu Ghoutsi Haadzaz –
    Zaman wa a’waanihi wa saairi Auliyaa – Ahbaabillaahi Rodliyalloohu ‘anhum.
    5. Seluruh pengamalan dihaturkan sebagai hadiyah penghormatan kepada Junjungan kita Nabi Besar
    Muhammad Shollallohu ‘alaihi wasallam, kepada Ghoutsi Haadzaz Zaman dstnya. (Dan lain-lain jika
    dikehendaki cukup dalam batin saja).
    ILAA HADLROTI SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI WASALLAM, AL FAATIHAH ! (Baca Fatihah 7x).
    WA ILAA HADLROTI GHOUTSI HAADZAZ-ZAMAAN WA A’WAANIHI WA SAA-IRI AULIYAA ILLAAHI RODLIYALLOOHU
    TA’AALA ‘ANHUM, AL FAATIHAH ! (Baca Fatihah 7x).
    ALLOOHUMMA YAA WAAHIDU YAA AHAD, YAA WAAJIDU YAA JAWAAD, SHOLLI WASALLIM WABAARIK ‘ALAA
    SAYYIDINAA MUHAMMADIW – WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. FII KULLI LAMHATIW-WANAFASIM-BI’ADADI
    MA’LUUMAATILLAAHI WAFUYUUDLOOTIHII, WA AMDAADIH. (100 x).
    ALLOOHUMMA KAMAA ANTA AHLUH, SHOLLI WASALLIM WABAARIK ‘ALAA SAYYIDINAA WAMAULAANAA,
    WASYAFII’INAA, WAHABIIBINAA, WAQURROTI A’YUNINAA MUHAMMADIN SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI WASALLAMA
    KAMAA HUWA AHLUH; NAS-ALUKALLOOHUMMA BIHAQQIHII ANTUGHRIQONAA FII LUJJATI BAHRIL WAHDAH;
    HATTAA LAA NAROO WALAA NASMA’A, WALAA NAJIDA, WALAA NUHISSA, WALAA NATAHARROKA WALAA NASKUNA
    ILLAA BIHAA; WATARZUQONAA TAMAAMA MAGHFIROTIKA YAA ALLOOH; WATAMAAMA NI’MATIKA YAA ALLOOH,
    WATAMAAMA MA’RIFATIKA YAA ALLOOH, WATAMAAMA MAHABBATIKA YAA ALLOOH; WATAMAAMA RIDLWAANIKA
    YAA ALLOOH; WASHOLLI WASALLIM WABAARIK ‘ALAIHI WA ‘ALAA AALIHII WASHOHBIH. ‘ADADA MAA AHAATHO
    BIHII ‘ILMUKA WA AHSHOOHU KITAABUK; BIROHMATIKA YAA ARHAMAR-ROOHIMIIN, WALHAMDU LILLAAHI
    ROBBBIL ‘AALAMIIN. ( 7 x ).
    YAA SYAAFI’AL-KHOLQISH-SHOLAATU WASSALAAM _ ‘ALAIKA NUUROL KHOLQI HAADIYAL ANAAM
    WA-ASHLAHUU WA RUUHAHUU ADRIKNII _ F AQOD DHOLAMTU ABADAW-WAROBBINII
    WALAISA LII YAA SAYYIDII SIWAAKAA _ F A – I N TARUDDA KUNTU SYAKHSHON HAALIKAA
    3 x
    YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH ! ( 7 X )
    YAA AYYUHAL – GHOUTSU SALAAMULLOOH _ ‘ALAIKA ROBBINII BI – IDZNILLAAH
    WANDHUR ILAYYA SAYYIDII BINADHROH _ MUUSHILATIL-LIL- HADLROTIL ‘ALIYYAH
    3 x
    YAA SYAAFI’AL- KHOLQI HABIIBALLOOHI _ S H OLAATUHUU ‘ALAIKA MA’ SALAAMIHII
    DLOLLAT WADLOLLAT HIILATII FII BALDATII _ K H U D Z BIYADII YAA SAYYIDII WAL UMMATI
    3 x
    YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH ! ( 7 X )
    YAA ROBBANAALLOOHUMMA SHOLLI SALLIMI _ ‘ A L A A MUHAMMADIN SYAFII’IL UMAMI
    WAL –AALI WAJ’ALIL ANAAMA MUSRI’IIN _ BIL-WAAHIDIYYATI LIROBBIL ‘AALAMIIN
    YAA ROBBANAGHFIR YASSIR IFTAH WAHDINAA _ QORRIB WA-ALLIF BAINANAA YAA ROBBANAA
    3 x
    ALLOOHUMMA BAARIK FIIMAA KHOLAQTA WAHAADZIHIL BALDAH YAA ALLOOH, WAFII HAADZIHIL MUJAAHADAH
    YAA ALLOOH ! ( 7 x )
    ISTIGHROOQ ! : (Diam tidak membaca apa-apa, segenap perhatian lahir batin, fikiran dan perasaan
    dipusatkan hanya kepada ALLOH ! tidak ada acara selain ALLOH !).
    AL-FAATIHAH ! (1x), Kemudian membaca do’a di bawah ini.
    BISMILLAAHIR ROHMAANIR ROHIIM,
    ( ALLOOHUMMA BIHAQQISMIKAL-A’DHOM, WABIJAAHI SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI
    WASALLAM, WABIBAROKATI GHOUTSI HAADZAZ ZAMAAN WA A’WAANIHII WASAA-IRI AULIYAA-IKA YAA ALLOOH,
    YAA ALLOOH, YAA ALLOOH, RODLIYALLOOHU TA’AALAA ‘ANHUM 3 x ). ( BALLIGH JAMII’AL ‘AALAMIIN NIDAA-ANAA
    HAADZAA WAJ’AL FIIHI TAKTSIIROM-BALIIGHOO 3 x) ( FA-INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-ING QODIIR, WABILIJAABATI
    JADIIR 3 x ).
    FAFIRRUU ILALLOOH ! ( 7 x )
    WAQUL JAA-AL HAQQU WAZAHAQOL BAATHIL; INNAL BAATHILA KAANA ZAHUUQOO ! ( 3 x )
    AL-FAATIHAH ( 1 x )

  179. KETERANGAN
    SHOLAWAT WAHIDIYAH di atas
    telah diijazahkan secara mutlak oleh Muallifnya (Hadlrotus Syekh Al-Mukarrom Romo KH Abdoel Madjid Ma’roef, Pengasuh Pesantren Kedunglo, Desa Bandar Lor, Kota Kediri). Siapa saja dan dari manapun memperolehnya telah diberi izin
    mengamalkan dan menerapkan, bahkan dianjurkan supaya menyiarkan
    kepada masyarakat luas tanpa pandang bulu dengan ikhlas dan bijaksana. mohon maap jika ada kekhilafan dari hamba lemah dan bodoh ini

  180. kholik

    ijin nyimak,,,, dan mengamalkan ki,,,, moga diberkahi Allah,,,,

  181. Harsa

    @mas Agung…
    met pagi juga dan sekarang met malem mas…he3x

  182. salawar rabit

    MAN AROFA NAFSAHU FAQOD AROFA ROBBAHU
    (BARANG SIAPA MENGENAL AKAN DIRINYA,MAKA DIKENALNYA AKAN TUHANNYA)
    Lanjutan:
    Tetapi sebelum kita mengenal diri yang bathin,maka hendaklah lebih dahulu diri kita yang lahir itu,zat yang berwujud nama ALLAH,itu kita matikan sebelum dari pada mati,seperti firman Allah didalam Qur’an;
    “ANTAL MAUTU QOBLAL MAUTU” artinya:engkau matikan dirimu sebelum kau mati. Maka jikalau sudah kita matikan diri kita yang lahir,barulah nyata diri kita yang bathin,yang bernama sebenar-benarnya diri.
    Adapun mematikan diri yang berhuruf/berkalimah nama ALLAH itu demikian caranya: Pertama mematikan huruf ALIF-LAM-LAM-HA.

    1. ALIF: ALLAHUSSAMAWATIWAL ARDH.
    2. LAM: LILLAHISSAMAWATIWAL ARDH.
    3. LAM: HA LAHUDMULKUSSAMAWATIWAL ARDH.
    4. HA: HUWAL AWWALU WA AKHIRU WAL ZHOHIRU WAL BATHINU.

    Jadi kalau diri kita yang lahir itu nyata sudah fana,artinya sekali-kali
    tiada mempunyai ada lagi,seperti kata lafaz:”MIN ADAMIN ILLA UJUDIN
    WAMIN UJUDIN ILLA ADAMIN” artinya; Dari pada tiada menjadi ada,dan dari pada ada kembali kepada tiada.
    Jadi maksudnya kita ini (diri kita yang lahir ini) sudah fana kepada diri yang bathin,artinya diri yang lahir ini sehelai rambutpun tiada mempunyai ada lagi,dan tiada boleh dikatakan ada lagi.

    BERSAMBUNG ^_^

  183. salawar rabit Says:
    5 August 2010 at 01:08

    MAN ABAFANNAFSAHUFAQOD AROFA ROBBAHU
    (BARANGSIAPA MENGENAL AKAN DIRINYA,MAKA DIKENALNYA AKAN TUHANNYA).

    Asal tubuh terdiri dari 4 unsur:
    Tanah,air,angin,api. Kesemuanya ini dari pada Muhammad (Muhammad-Al-Qur’an).

    @Salawar rabit, Assalamu’alaikum Mas…membaca artikel diatas, ane jd ingat Kartun AVATAR.
    Mohon dilanjutkan sambungannya…krn ane penasaran ama kajian NUR MUHAMMAD YG LBH DALAM.

  184. salawar rabit

    @Arif….ntar mas tak lanjutin…^_^

  185. salawar rabit

    @arif….mas googling aja klik “KITAB BARENCONG”…disitu sama yang aku tulis,aku baru tau tadi…aku ga copas lho,ku punya kitab barencong ndiri…klo ditulis secara lengkap,,memuat ilmu-ilmu supranatural & spiritual…kitab ini cuma diwarisi 2 orang dahulunya…Wali dari tanah banjar sama Wali yang ada di palembang..

  186. anwar

    atas rahmat allah kami siap membantu poro sedulur yg punya penyakit blm lama sembuh
    1)yg disebabkan karena guna guna atau santet
    2)memisahkan pil atau wil
    3)bisnis macet karena ulah orang yg gak tanggung jawab
    4)pelet,wibawa dll
    silahkan konsultasi di
    anwarmuhamad93@yahoo.co.id
    semoga bermanfaat,amin
    wslm

  187. murid hyang wilis

    teori banyak boss….
    lakunya yang bener2 susah apalagi kalo udah kegandolan anak istri bagaimana bisa mi’roj ?
    saya pingin ketemu guru seperti sunan bonang mejang kalijogo sekali langsung bisa tidur sampai berbulan2 kalo belajar sendiri susahnya setengah mati …

  188. murid hyang wilis

    teori banyak boss….
    lakunya yang bener2 susah apalagi kalo udah kegandolan anak istri bagaimana bisa mi’roj ?
    unen-unen, jopo montro hanya bikin kita jadi abdul lafal aja
    saya pingin ketemu guru seperti sunan bonang mejang kalijogo sekali langsung bisa tidur sampai berbulan2 kalo belajar sendiri susahnya setengah mati …

  189. didik mangkurondo

    assalamualaikum, nyuwun sewu, kulo tiang bodoh sanes tiang listrik,kulo nyuwun wejangan amrih saget angsal kamulayaning urip

  190. Dodol

    Jika panca sudah mati, Karep/Karsa lebur dalam Rasa, Rasa pun lebur dalam Batin. Batin Lebur tinggal Cipta. “Urip tan kena pati, langgeng tan kena owah, menguasai ruang dan waktu.” Monggo…

  191. Sejati nya badan itu ruh,badan harus menyatu dgn ruh,manjing angrasuk ing ruh..maka akan tercipta suasana yg mutma’inah,hening..tenang.dlm kesempurnaan menuju insan kamil,harus melewati tahap demi tahap,hindari ujub atau bangga diri,riya..diam itu emas,tak perlu ujub tak perlu riya..karena ilmu yg sempurna adalah yang mengenal wujud dan bentuk ilmu nya..menyadari ajesam nya diri,msh terkurung 4 dinding nafsu pribadi..bila 4 dinding nafsu itu hilang maka ajesam atau kesempurnaan ilmu akan naik dan maujud di badan atau diri kita..bukan khodam,jin,tapi sesungguh nya kita..saat itulah kita sadar,kita adalah makhluk khalifah alloh yg sempurna..karena nafsu tidak lagi jadi penghalang.wasalam.

  192. Koh Yun

    Sugeng dalu Ki…ijin nyimak

  193. Sangjati

    Sabdo guno tirtowono lepas sabda sak sabda sabdane dadi, ( menginjak kaki ke bumi “gedruk” 3 kali ) Ingsun mateg aji kasampurnan sejati, kasampurnane Gusti kang mubreng dumadi. Tanpa tanding, tanpa liya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: