APA SIH TUJUAN BELAJAR ILMU ITU?


Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari apa sebenarnya hakekat mencari ilmu (ngelmu) tersebut, sehingga bisa jadi pengingat dan kalau bisa jadi bahan penyadaran kita semua. Sengaja saya kutip dari khasanah budaya Jawa yang kita tahu cukup mendalam falsafahnya.

Kita mulai dengan sebuah mocopat “Sekar Mocopat Tanpa Tandhing Ajinira sinawung ing Pocung” dari buku Warisan, Geguritan Macapat, karyan Suwardi, weton Balai Pustaka, 1983 disitu diungkapkan sebagai berikut:

THOLE KUNCUNG,
LAMUN SIRA NGUDI NGELMU,
JA PISAN SEMBRANA,
AWIT NGELMU MIGUNANI,
TANPA IKI URIPMU BAKAL REKASA.

Saat seseorang mencari ilmu yang pertama kali perlu diperhatikan adalah memahami pentingnya ilmu. Kenapa harus tahu ilmu? Sebab tanpa ilmu, hidup ini akan terasa susah dan hampa yang berakibat nanti kita akan sengsara. Sehingga kita tidak boleh “sembrana” atau kurang berhati-hati. Beda dengan orang yang punya ilmu, dia akan lebih waspada karena tahu sebab akibat dari piiran, niat, dan tingkah lakunya.

WIT WONG SEPUH,
INGKANG WUS BODHO KEBACUT,
ANANE MUNG PASRAH,
ORA BISA ANGGETUNI,
MARGA NGERTI GETUN MBURI TANPA GUNA.

Kalau usia sudah memasuki tua yang sudah terlanjur menjadi “bodoh” adanya hanya pasrah dan tidak bisa meratapi nasibnya di kemudian hari. Sebab bila meratapi nasib maka hal tersebut tidak ada gunanya.

ANAK PUTU,
ORA KENA MELU-MELU,
DADI WONG KLUYURAN,
AWIT MARAKAKE LALI,
GAWEYANMU KUDU RAMPUNG SABEN DINA.

Nah, sebagai generasi muda kita tidak boleh ikut-ikutan kebiasaan yang kurang bagus tersebut. Apalagi jadi orang yang tidak punya visi dan misi hidup atau jadi orang “keluyuran” karena hal tersebut mengakibatkan lupa pada pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari.

DISINAU,
AWAK AJA NGANTI NGELU,
AMRIH KABEH LANCAR,
MULA KUDU NGATI-ATI,
SABEN DINA ULAH RAGA DIMEN KUWAT.

Maka, belajarlah jangan sampai bingung supaya semuanya jadi lancar. Maka harus berhati-hatilah agar setiap hari tubuh dan raga kita bisa kita olah dengan sebaik-baiknya. Agar menjadi kuat dan sehat.

LAMUN ESUK,
AJA PISAH WEGAH WUNGU,
BANYU ANENG NJANGAN,
IKI PITUDUH SAYEKTI,
IKU LAMUN DIPUN UDI APIK TENAN.

Setiap pagi, jangan malas bangun pagi. Sebab embun pagi adalah sebuah petunjuk yang nyata sebab hawa pagi itu sangat bagus untuk dicari.

PANCEN KUDU,
SOLAH TINGKAH INGKANG CAKUT,
JANGKAHMU SIH AMBA,
GOLEK MULYA JAMAN MANGKIN,
ISIH AKEH IDHAM-IDHAMAN INGKANG MULYA.

Begitulah. Bahwa langkahmu masih panjang untuk mencari kemuliaan di jaman sekarang yang masih dicita-citakan yaitu yang mulia.

YEKTI KOJUR,
UWONG BODHO KAYA AKU,
SASAT LAWE KLASA,
AJI GODHONG JATI AKING,
EMAN-EMAN YEN URIP DITINGGAL JAMAN.

Orang yang bodoh bakal mengalami nasib buruk seperti tikar yang rusak dan perlu dibuang, masih bermanfaat daun jati yang kering. Maka sayang bila hidup ini kita ketinggalan jaman.

RUMANGSAMU,
APA JAMAN ORA MAJU,
IKI KUDU TANGGAP,
NGELMU PERLU KANGGO URIP,
PAWITAN KANG TANPA TANDHING AJINIRA.

Anggapanmu, apakah jaman itu berjalan di tempat? Kita harus tanggap bahwa ilmu itu perlu untuk hidup. Modal yang tiada bandingannya.
Dari penjelasan tersebut, kita akan memahami pentingnya ilmu. Ilmu berbeda dengan ngelmu. Kalau ilmu adalah pasif dan sebuah “benda” maka Ngelmu bersifat aktif. Artinya kita sudah meresapi, memanfaatkan dan memproses ilmu dalam tingkah laku sehari-hari. Inilah hakekat NGELMU.
Apa saja hambatan orang yang sedang ngelmu? Mari kita telusuri bait-baik Suluk Wragul Sunan Bonang. Seorang yang sedang mencari Ilmu itu seperti pemburu….

WRAGUL 28
PEMBURU TAK HENTI BERKELANA
IBARAT BURUNG BANGAU BERTAPA DI RAWA
TIADA LAIN NIATNYA
KECUALI MENCARI IKAN DI AIR
DIMAKANNYA SIANG MALAM
SEPERTI BANGAU BOTAK
SEPERTI KAMBING PRUCUL
MAKA ORANG YANG MENJALANI LAKU
JANGAN CEPAT MELANGKAH DULU
BERTANYALAH KEPADA YANG TAHU

Inilah pentingnya kita berguru laku kepada seseorang yang lebih tahu agar tidak tersesat. Kepada siapa kita berguru? Di Jawa kita mengenal adanya guru bakal, guru dadi dan guru laku. Mereka inilah yang seharusnya menuntun patrap-patrapnya ilmu? Apalah arti doa dan amalan bila tidak diresapi makna dan hakekatnya sehingga nanti baru kita melangkah ke tahap NGELMU, atau aplikasi dari pemahaman akan makna dan hakekat tersebut. Sebuah ilmu bisa “kontak” dengan sumber-sumber energi dalam hidup bila ada guru/mursyid. Dan guru inilah yang mengijazahi sebuah ilmu. Pengijazahan maksudnya adalah memberikan secara ikhlas ilmu yang sudah dia kuasai dan jalani. Pengijazah yang belum menguasai dan menjalani “ilmu” dan hanya sekedar tahu maka ilmu tersebut tidak bisa dijalankan.

WRAGUL 29
HARUSLAH LAHIR BATIN KALAU MEMUJI
YANG DIUCAPKAN MUSTI DIMENGERTI
YANG DILIHAT HENDAKNYA DIPAHAMI
JUGA SEGALA YANG DIDENGAR
BETAPA SUKAR ORANG MEMUJI
MAKA SEBAIKNYA CARILAH GURU
YAKNI ORANG YANG LEBIH TAHU
YAKNI AHLI IBADAH
DAN MEMUJILAH HINGGA MERASUKI HATI
BEGITULAH ORANG MELAKUKAN SEMBAH PUJI

Ilmu itu adalah rangkaian paket puja dan puji untuk-NYA. Ilmu adalah penafsiran tentang sebuah fenomena yang tergelar di alam semesta ini. Ilmu menafsirkan rahasia-rahasia alam mulai alam sahir dan alam kabir. Dalam mengajani ngelmu, maka kita harus mengerti dengan sungguh-sungguh dan apa yang dilihat dan didengar hendaknya benar-benar dipahami. Jangan hanya ikut gelombang keinginan orang lain tanpa paham maksudnya. Apa langkah yang harus dilakukan bila kita belum paham? Ya apa boleh buat, kita harus mencari sosok guru.

WRAGUL 30
KALAU TAK TAHU APA YANG DISEMBAH
HILANGLAH APA YANG DISEMBAH
KARENA SESUNGGUHNYA TAK ADA TIRAI ITU
TATAPLAH GUNUNG
DAN BUNGA DALAM KESEPIAN
IKAN TANPA MATA
WAHYU SEJATI
PANDANGLAH ARJUNA
KALAU BERTAPA TAK TERGODA
OLEH APA SAJA

Dalam menjalani ngelmu kita akan menemui banyak godaan dan hambatan. Godaan dan hambatan itu bukan kita yang menciptakan, tapi memang sudah ada secara alamiah ketika seseorang berniat mencari dan mendapatkan ilmu.

WRAGUL 31
ADA TIGA MACAM PEPUJI
PERTAMA MELIHAT YANG DISEMBAH
KEDUA MELIHAT RUPANYA
KETIGA TAK MELIHAT
KEPADA SESUATU, NAMUN
MENGHADAP YANG DISEMBAH
IBARAT MENCARI
DALANG TOPENG YANG SEDANG MELAKUKAN PERTUNJUKAN
TAK BEDA SEGALA YANG DIMILIKI
BERPADU SATU RAGAWI RUHANI

Sebenarnya, semua ilmu apapun muaranya kepada ilmu-ilmu ketuhanan dan ketauhidan. Sehingga dalam ilmu kita akan mememukan tiga hal. Pertama mengetahui apa yang kita cari yaitu sesuatu yang kita sembah. Kedua, merasakan kehadirannya dan ketiga kita sudah tidak lagi melihat lagi sesuatu tersebut karena sejatinya sesuatu itu sebenarnya ada di dalam diri diri kita sendiri. Kita sudah manunggal dengan sesuatu yang kita sembah tersebut.

WRAGUL 36
DALANG DAPAT BERTUKAR RUPA
BANYAK ORANG JATUH CINTA
MENYAKSIKAN TINGKAH WAYANGNYA
TERLIHAT SEGALA TINGKAH LAKUNYA
SEMUA SALING JATUH CINTA
BETAPA MENDALAM KEINGINAN
MENATAP SANG DALANG
NAMUN DICARI TAK KETEMU
MESKIPUN DENGAN SUSAH DAN RINDU

Ketika ilmu sudah menyatu dalam diri, maka kita akan menemukan hakekat ilmu yang sejati. Orang yang berilmu tinggi, maka dia akan merasa semakin tidak tahu apa-apa. Yang dirasakannya adalah kerinduan pada “Sang Dalang” atau Yang Maha Menciptakan semua yang ada ini. Perlu diingat bahwa “Sang Dalang” itu tetap susah dicari meskipun dengan kerinduan yang mendalam.
Kami ingin mengakhiri paparan malam ini dengan sebuah pesan bahwa “Kebijaksanaan adalah tetesan kesaktian yang tidak menimbulkan luka” artinya buat apa kita belajar ilmu, memiliki ilmu bila hanya untuk mencari musuh atau untuk menyakiti sesama?

@Mas Kumitir & Wongalus, 2010

About these ads
Categories: APA SIH TUJUAN BELAJAR ILMU? | 91 Komentar

Navigasi pos

91 thoughts on “APA SIH TUJUAN BELAJAR ILMU ITU?

  1. wong awam

    ikut nyimak ki…

  2. Sigerandong X

    pertamax…….
    komen nyusul….

  3. Sigerandong X

    @wong awam ; assalamu alaikum…..
    semangat malam……
    wah isin aku, kedimik an panjenengan…

  4. dead man

    @gerandong,,,,,semangat malam ki. salam

  5. anggodo

    asalamualaikum….sugeng dalu derek nyimak
    @ ki wong alus
    @ wong awam
    @ si gerandong x
    @ dead man

  6. LareAlit

    salim untuk warga KWA..
    @wong awam..lam kenal Ki
    @Sigerandong X..malem Ki..om gondrongX mana Ki?
    @dead man..malem bro lam kenal bro…

  7. dead man

    @anggodo,,,,,wslm. wah bukannya njenengan ada dipenjara krna kasus korupsi to??? heheheh
    @larealit,,,,,mlm salam knal jg bro.

  8. anggodo

    heheh kang dead man ini sy keluar nyogok sipirnya mas hehehe, mas dead man mo nanya ada ga amalan untuk penyakit sesak nafas dan poro sedulur yg budiman diblog ini please……….

  9. Assalamu ‘alaikum
    slm knl buat Ki Wong Alus dan slrh sepuh di KwA ini,
    sy sgt mengagumi dan bersyukur dg adanya KWA,trs trang sy sgt menyukai ilmu2 gaib dan ilmu2 hikmah.termasuk berbagai asma rajeh.banyak khasiat dan pengalaman yg sy rskan,hal ini mmbuat sy slalu ingin lbh sakti,lbh hbat,lbh kuat dan ingin memiliki RDR..
    tp skrg rsnya keinginan ini mlh mmbuat sy mncptakan “dinding pmisah” yg tebal antara sy dg Sang Khaliq,dan lupa akan hakikat sbuah ilmu yg hanya mnghrp ridho-Nya.mhn pencerahan ki,wslm

  10. Nurcahyo

    Ilmu angele lek wis ket3mu…Ilmu kudu nganggo laku…Dgn ilmu ingin duni4..Dgn ilmu ingin akhirot…Dgn ilmu ingin duni4 akhirot…B4rokalloh..M0nggo santap saur…Kagem sesepuh sugeng santap saur…

  11. Saat baca di awal tulisan, saya jadi ingat alang2 kumitir, ternyata beliaunya ikut nulis

  12. Sigerandong X

    @LareAlit ; wa alaikum salam, mbah gondrongnya lagi preinan dulu om,lungo posonan ,sanjange lg pengen topo ngrame….
    @anggodo ; wah om anggodo punya ilmu ngilang nih, kok bisa lepas ya…
    @dead man ;yuk om minta resep ilmu ngilang sama om anggodo….hi..hi..hi..hi..

  13. dead man

    @anggodo,,,,,,, ada mas,,,,mnta sj sm ki celetukan n se2puh dsni.

  14. salam katur dulur sedanten….

    ikut nyimak ki…

    paparan yang mantab…..

    monggo di pun lanjut….ki…..

  15. dead man

    @gerandong,,,,,,hehehehe klo bisa ilang ayo kita ngambil duit di bank indonesia untuk rakyat miskin.
    @anggodo,,,,,oh iya ki gerandong jg mantap tuh.

  16. dead man

    @ki ageng,,,,,salam pamunji rahayu,,,,,,ki ageng apa sudah baca email sy ki??? thanks.

  17. Ternyata yg dijelaskan mirip dg yg kemarin saya bahas di Kantin Kampus Wong Alus, tentang ilmu rasa. Jika ingin mengamalkan ilmu ini, paling tidak diuji dg 3 pertanyaan. 1. Ilmu itu apa? 2. Ilmu itu punya wujud atau tidak? 3. Dimana letaknya ilmu? Jawaban dari 3 hal, itu harus jujur dari hati nurani. Dan kualitas jawaban tadi akan mempengaruhi, bagaimana dia mencapai ilmu rasa. Sedangkan puncak ilmu rasa, adalah kepasrahan, dan yg bisa membuat kita mampu, hanyalah Allah Ta’ala.

  18. Sigerandong X

    @Celetukan Segar ; om cs, alhamdulillah penyelarasan yg kulo sampaikan ke panjenengan tadi,sudah sedikit ter obati oleh postinganya kang iwil,ya ilaahi anugerahkanlah hambamu ini rasa cintaMU dan rasa dari semua orang2 yg mencintaiMU
    @KIAGENG JEMBAR JUMANTORO; SEMANGAT MALAM KI……
    pripun kabaripun panjenengan……

  19. @dead man : sudah saya baca barusan….

    pripun mau di jawab di sini apa lewat email saja

  20. Sigerandong X : terima kasih ki……atas SEMANGAT MALAMNYA

    alhamdulillah…..tasih kanugrahan ingkang gusti

  21. Ngikut Nyimak ……

  22. Sugeng enjang poro pinisepuh kwa
    @ki wongalus
    @ki mas kumitir
    @ki ageng jumantoro
    Lan kulowargo agung kwa

    Nderek nyimak andaranipun jan mak nyes,saklebeting nolo.nuwun

  23. joko tgl

    dawuh paku buwono: LAMUN SIRO ANGEGURU KAKI,AMILIHO MANUNGSO KANG NYOTO,INGKANG BECIK MARTABATE,SARTO NGERTI ING HUKUM,LAN NGIBADAH,SARTO NGIRANGI,SUKUR OLEH WONG TOPO,KANG WUS ANUNGKUL,GURONONO KAKI SARTONE KAWRUH ONO. ass,salam kagem kiwongalus,alam kagem kigerandong x,ki deadman,kiageng jumantoro,kitaofik,sedulur smua dll,salam.nuwun

  24. joko tgl

    salam ki celetukan segar,ki wong abangan,salam,ki angodo salammmm

  25. @sigerandong: Insya’allah keinginan saudara dikabulkan, yg penting jangan ngoyo!

  26. Sigerandong X

    @anggodo; kalo resep tradisional , yg pernah kulo sarankan ke beberapa orang,dan alhamdulillah berhasil ; mata tokek di campur sama satu buah pisang mas,kemudian di makan.
    mudah2an bermanfaat dan lekas sembuh…

  27. anggodo

    @ assallamuallaikum kiageng jembar jumantoro, ki celetukan segar dan para sesepuh blog
    @ dead man bisa ngilang ga bisa balek hehehe…….

  28. @wong abangan & ki joko tgl : terima kasih atas semangat malamnya…

    monggo di pun lanjut….

  29. @joko: salam juga!

  30. Ki joko tgl,sepuntene kulo tambahi ngihh kirang setunggal bait, tan mikir pawewehing liyan.nuwun

  31. Salam deh buat semuanya!

  32. anggodo

    @ KI JOKO sugeng dalu……….

  33. Monggo yaine keparengo paring berkah pitutur kalian poro siswo meniko yaine. Kersanipun sami asrep manah ipun. Sumonggo ki.

  34. Sigerandong X

    @joko tgl ; semangat malam kang,monggo sekalian di artikan mawon, biar lebih bermanfaat kagem sedulur sedoyo,.monggo2 pinarak…….
    @Celetukan Segar; pangestunipun mawon njih om….,
    cinta itu memang buta,sebuta pandangan orang yang belum pernah merasakan mencintai dan di cintaNYA…..

  35. joko tgl

    maturnembah nuwun ki abangan,hehe,radi mbliyut ki,hehe,TAN MIKIR PAWEWEHING LIYAN IKU PANTESSS,GURONONO KAKI SARTONE KAWRUH ONOOOOOO, ilmu iku tinemune kanti laku,laku ngono kudu linambaran,ilmu angel e yen wis ketemu,sopo kang anglirwaake pitutur ingkang luhur ibaratipun keli sakderengipun kecemplung banyu,ibarat bolo pecah dumawah mongko ing selo remuk adjur,sopo kang tekun bakal ketekan opo kang dadi sejo lan karepe,dawuhipun eyang raden mas sudjono prawirosudarso.maturnuwun ki

  36. wong awam

    sugeng dalu kagem warga KWA sedoyo… monggo di lanjut…

  37. joko tgl

    ilmu minongko sesuluh kange lakuning agesang,madeng mring gusti,manembah maring gusti,lakuning amenbah mengku 4 bab,sembah rogo,sembah roso,sembah sukmo sembah urip(sareat,hakekat thorekot ma’rifat) mongo kiageng ugi kigerandong dibabar..!.maturnuwun

  38. Sigerandong X

    @joko tgl ; wah sungkan kulo kang, monggo panjenengan lajengaken mawon,KI JEMBAR lan OM CS ,menawi badhe nambahaken monggo mawon,ampun sungkan2….

  39. wong awam

    poro se2puh lagi dawuh… kulo pun nyimak mawon…. monggo dilanjut

  40. nderek_mawon

    Untuk para sesepuh semua saya mohon bantuannya untuk mengecek asma ini sebetulnya namanya apa? dan energinya bagaimana ?

    Asma 1 :

    Bismillahirrohmanirrohim KAF HA YA ‘AIN SHOD, HA MIM ‘AIN SIN QOF, KUN FAYAKUN.
    Inna Quwwatin Kaf Ha Ya Ain Shod Kifayatuna Ha Mim Ain Sin Qof Himayatuna ahin ahin ‘amshonihin ‘amshonihin azlamusyin azlamusyin wa narin talhabat

    Terima kasih

  41. joko tgl

    mbah gerandong ugi sesepuh kulo bade masak riyen,hahaha,kalau nda masak ntar keluarga nda makan sahur ki,pamit riyen njih mbah ugi sesepuh,maturnembahnuwun salamm

  42. joko tgl

    numpang coment dikit ki nderek mawon maaf bila salah ki,kalau tidak salah kayaknya itu ada didalam khizib nasor ki,maturnuwun,pamit malih

  43. @all sesepuh,salim
    @all sdulur kwa smangat pagi nderek nyimak njih

  44. Sigerandong X

    joko tgl ; monggo2 kang , kulo derek aken….
    sesepuh lan sedulur sedoyo kulo njih sami nderek pamit njih…

  45. Irto Suharto

    wah…wah… digabung nih mas kumitir dengan kang mas wong alus!. Ikut nyimak dan mencoba meresapi alunan nada kehidupan yang sering terlihat di alang-alang kumitir dan sekarang muncul di Kampusnya Wong alus. Salam kagem loro-loroning atunggal !. nuwun.

  46. Masharis

    Nyimak aja
    monggo di lanjut….

  47. ganti~nama

    mencari ilmu walo sampai ke negeri china …

  48. Mbah Ardy

    Para sesepuh ketika saya mengaji Guru saya pernah mengatakan bahwa, ilmu kanuragan, tenaga dalam, ilmu kebal dll… tidak akan kamu butuhkan jika kamu selalu baik pada setiap orang bahkan dengan musuhmu?!

    ucapan itu selalu saya renungkan dan mencari makna yang meluas?

    tapi, saya adalah santri yang tidak patuh. sehingga saya selalu mencari dan mencari. Maaf Guru!

  49. adek bodokeremezken

    do’a ne wong bodo koyo aku
    do’a ne wong kere koyo aku
    do’a ne wong mizkin koyo aku

    zikire wong bodo ,wong kere ,wong mezken koyo aku
    -aku sabar lillahita’alla
    -aku islam lillahita’alla
    -aku yakin lillahita’alla
    -aku syukur lillahita’alla
    -aku ikhlas lillahita’alla
    -aku sekti mandraguna lillahi ta’alla
    -tidak ada daya dan kekuatan kecuali dg allah dan dengan mengharap ridhonya

    saya baca ,saya zikir berulang kali alhamdulillah ,saya tetep
    tidak bisa sabar ,tidak bisa pasrah ,tidak bisa yakin ,tidak bisa sakti mandraguna ,tidak bisa ikhlas ,tidak bisa syukur ,tidak bisa tidak bisa tidak bisa……….toloooooooong ajari aku untuk bisa menemukanya….

    atau mungkin karena setiap kali saya mengamalkan suatu amalan/zikir/wirid ,selalunya saya pegang,saya mengenggam ,saya hayunkan pedang ,palu ,batu ,bom atau nuklir ataupun banyak yang saya pegang ,sehingga terkena saudara2 yang dr manusia ,jin2 ,hewan2 tumbuhan2 ,sehingga membuat mereka sengsara dan membuat makluk tidak tentram ,karena niat saya yang tidak bener,betul/pas/lurus ,niat niat niat…..
    ……….tolong ajari saya bagaimana amalan2 entah itu hizib ,asr ,saefi dll mungkin klu ada RDR..dll ,bisa saya amalkan dimana saja tanpa membuat mudhorot/menyusahkan makhluk2 lain……….tolooooooooooong ajari saya klu toh setiap amalan punya khodam bagaimana caranya saya bisa ketemu bersahabat atau klu perlu bisa mengendalikan mereka. biar saya dimana saja bisa tenang untuk memuji bersyukur ….kepadaNYA

    toloooooooong ajari saya……………..

    salam hormat ,salam ta’zim ,saya kepada sedulur2 kampus wongalus
    semoga kita selalu mendapat rahmat dan hidayahNYA

    sugeng rahayu kerahayon ,med sukses semuanya
    klu ada salah/silaf kata mohon maaf yang sebesar2nya
    @katur semua warga kampus wongalus …al fatihah….send

    toloooooong ajari saya untuk yakin dan mentauhidkanNYA

  50. adek bodokeremezken

    @MBAH KI ALUS & MBAH KI KUMITIR SALAM TA’ZIM SALAM HORMAT ,ARTIKEL YANG BAGUS SEKALI ,TRIMAKASIH ATAS PENCERAHANYA

  51. adek bodokeremezken

    bertaun2 aku mencari dan belajar untuk sabar ,untuk yakin ,untuk nyerah pasrah seleh sumeleh ,untuk meng esa kan NYA ,untuk selalu syukur dan memujinya ,untuk jadi sakti mandraguna dan semua itu semata2 hanya mengharap ridhonya ,tpi alhamdulillah sampai sekarang belum ketemu end belum bisa
    atau mungkin mungkin mungkin karena kebodohan saya yang tidak bisa melihat semuanya ,tidak bisa melihat kejelasanNYA
    atau mungkin karena sebenaranya sudah diberikan sedangkan aku enggan untuk menerimanya ,atau sebabnya aku sendiri yang tidak sabar ,tidak ikhlas ,tidak ada keyakinan ,tidak betul untuk bersyukur ,tidak memuji dengan kerendahanku ,tidak nyerah dengan sebenaar2nya ,saya katakan semata2 hanya karena mengharap ridhonya ,tpi akunya yang masih membelot dan bergantung dengan yang lainya
    pantaskah aku mengucap LAILAHAILALLAH ,pantaskah aku mengucap LILLAHITA’ALLA
    astaghfirullahal’azim subhanallahuallahuakbar
    aku ingin selalu didalam lingkup ilmu itu sehigga aku tidak bisa meletakanya ,menyisihkannya toloooooooooooong ajari aku…….toloooooooong……………?

  52. adek bodokeremezken

    lhooooooooo kok sepi pada dimana kemana ya………..
    kontak dulu lah
    bismillah ba’ sin mim alif

    MBAH KI WONGALUS………….DIMANA NJENEGAN…………..
    TOLONG DATANG KASIH PENCERAHAN KEPADA SAYA ………SAYA HARUS GIMANA NI…………..
    MBAH KI ALUS…………..KLU ADA KEKLIRUAN MENURUT MBAH KI ALUS
    TOLOOOOOOOOONG DUNK BETULKAN…………

    HA………………….DIIIIIIIIR………………….LAH…………….

  53. bengawan.candhu

    @mas bodokeremezken…yaa Allah,senenge mojok….wah a gak wani njawab ah…ketoke iki ilmu sing berkaitan karo sangkan paraning dumadi….he5x…..asswrwb….mas….

  54. adek bodokeremezken

    @KAKANG MAS BENGAWAN CAHYANK ………….WA’ALAIKUM SALAM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

    PRIPUN KABARIFUN PANJENENGAN KANG……..
    NAK MBOTEN KEBERATAN MBOK DIAJARI AKU IKI

    JADI MENURUT KAKANGMAS SOALAN SAYA MENJURUS PADA ILMU SANGKAN PARANING DUMADI YA……..?
    SAYA BETUL2 TIDAK TAU KAKANGMAS
    TOLOOOOOOOOOOOOOOOOOONG AJARI AKU……………?

  55. bengawan.candhu

    @mas bodokeremezken…mbuh ah…iki jatahe ki wongalus…nek wis omong sing bab kautaman urip lan sing alus2….a ae sing njenengan ajari,a moco tulisane njenengan ki yo karo mantuk2….he5x…mantep mas ganteng&gondrong….

  56. adek bodokeremezken

    KAKANGMAS MBAH KI ALUS ;ASSALAMU’ALAIKUM ASSALAMU’ALAIKUM

  57. dead man

    @adek,,,,,,,ajari aku jg ki.

  58. adek bodokeremezken

    @WKAKA HA….4212..X ……….KAKANGMAS BENGAWAN CAYANK
    SENENGANE ………….MERENDAH……..
    KAKANGMAS AKU NJALUK AMALAN/ASMAK/ OPOLAH SENG PENTIG AMFUN SENG DOWO2, SENG CENDEK WAE YOOOOO …….MAKASIH BIN MATURNUWWUN

  59. Mendengar perkartaan adek bodokeremezken, saya jadi ingat dua pengertian dari pintar dan bodoh :

    1. Orang pintar adalah orang yang merasa dirinya bodoh, sedang orang bodoh adalah orang yang merasa dirinya pintar.

    2. Orang pintar adalah orang yang selalu belajar, sedang orang bodoh adalah orang yang sudah tidak mau lagi belajar.

  60. bengawan.candhu

    @mas bodokeremezken….a rak duwe opo2 soale a ki wong miskin ilmu ora biso opo2 tur bodo lagian jg melas…jstr a ki pgn diajari werno2 karo panjenengan….nek misal iso wis mbukak padepokan…ha5x…

  61. dead man

    @celetukan segar,,,,,,,wah pemahaman yg dalam sekali n sarat makna. salim ki.

  62. bengawan.candhu

    @deadman…tlg keluarin flasdisk…ada pertarungan akbar dr kakangmas bodokeremezken vs celetukan segar…he5x…ayo diliput….

  63. adek bodokeremezken

    @KAKANGMAS DEAT MAN ……….WADUHHHHHH…..
    LAWONG DISININYA MAU TANNYA DAN BELAJAR KOK MALAH SURUH NGAJARIN

    MUMPUNG KAKANGMAS DEAT MAN ADA
    BISMILLAH BA’ SIN MIM ALIF
    BISMILLAH ALIF HA’ WAW NGAA
    BISMILLAHI QUDROH ALIF ALIFHU
    KAKANGMAS DEAT MEN MINTAK AMALANYA……..DUNK…
    KASIH YANG PENDEK AJA YAA…..TRIMAKASIH BIN MATURNUWWUN

  64. @deadman
    Itu kan perkataan dari film.

    @adek bodokeremezken
    MENERIMA adalah kunci jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan itu!

  65. adek bodokeremezken

    @SALAM HORMAT SALAM TA’ZIM SAYA KATUR MBAH KI CELETUKAN SEGAR

    MOHON BIMBINGANYA MBAH KI……….

    SETELAH SESEORANG ITU MENGALAMI LEDAKAN2 PUJIAN ASMA2-NYA
    HINGGA BINGUNG MENCARI TEMPAT
    HARUS GIMANA / ATAU KEMANA SESEOARANG ITU MOHON DENGAN SANGAT PENCERAHANYA
    MAKASIH BIN MATURNUWWUN

  66. bengawan.candhu

    @celutukan segar….mantap,kt msh mengikuti&meliput ki. biar ada tetesan diskusi yg dbawa wkt ketap ketip dtemapt tdr nnt ki….buat bahan renungan…

  67. adek bodokeremezken

    @MBAH KI CELETUKAN SEGAR
    MOHON PENJELASAN SEGAMBLANG2NYA MAKLUM SAYA INI SEMAKIN LAMA SEMAKIN NDABLEK HARAP MAKLUM
    MENERIMA=APA ADANYA/TERSERAH ATAU GIMANA…..?

  68. dead man

    @bengawan chandu,,,,,,hahahhaha good idea.
    @celetukan,,,,,,bisa aja nih ki. heheheh
    @adek,,,,,,itu amalan buat sy ya??? trimakasih banyak ya om.
    khusus buat om adek,,, alahuma sholli ala sayyidina muhammad wa ala ali sayyidina muhammad…rasa sejatiku masuk ketengah-tengah ka’bah Allah. baca seiklasnya dimanapun brada. thanks.

  69. adek bodokeremezken

    KATUR MBAH KI CELETUKAN SEGAR TERIMAKASIH BIN MATURNUWWUN…………AL FATIHAH ………..SEND

    KATUR SEMUANYA KELUARGA BESAR KAMPUS WONGALUS….AL FATIHAH…………SEND

  70. adek bodokeremezken

    @ KAKANGMAS DEAT MAN TERIMAKASIH………QOBILTU…………AL ALFATIHAH….SEND

  71. dead man

    @adek,,,,,,sama2 om. qobiltu amalannya. alfatihah send,,,,,

  72. @adek bodokeremezken
    Gimana masih ada yang ingin ditanyakan?

    @deadman
    Dari tadi dengerin lagu Bondan Feat Fade2Black : YA SUDAHLAH!
    (diputar terus)

  73. bengawan.candhu

    @deadman…itu amalan buat apa?….taqarrub ya?….

  74. adek bodokeremezken

    @KAKANGMAS DEAT MAN AMALAN YANG SAYA TULIS TOLONG SILAHKAN TANYAKAN DULU KEPADA YANG BETUL2 TAU KLU SEKIRANYA OKE MONGGO SILAHKAN DIAMALKAN ;YANG JELAS SEMUA AMALAN YANG SAYA PEROLEH TANPA GURU TAKUTNYA KLU MENYIMPANG ,TPI KLU SAYA ASAL MAJU TERUS ENTAH BENAR/SALAH BIARLAH DIA-NYA YANG MELURUSKAN

    1.AMALAN PERTAMA SEBENARNYA ADA 3DAN ITU JAWABAN DARI PERTANYAAN SAYA DARI ASR/RDR
    DAN SEMUA DIRANGKUM DALAM AMALAN YANG KE3
    2.AMALAN YANG KEDUA PENJELASAN DARI SATAT BI SATAT(NARUDU) APAKAH BETUL ITU TERTIGGI DAN JAWABANYA KATANNYA YANG DINAMAKAN AJUR SAK AJUR AJURE YA…AMALAN KE 2 DUA ITU

    SAYA YAKIN KAKANGMAS PASTINYA SENYUM2 HA…99+1..X
    JADI KLU TOLOOOOOOOOONG KLU NANTI ADA KEJELASANYA SAYA DIKASIH TAU…….TERIMAKASIH BIN MATURNUWUN

    BONUS AMALAN INI LANGSUNG SAYA DAPAT DARI YANG NGAKUNYA SYEH SITI JENAR……….BACAANYA

    BISMILLAHIRROHMANIRRAHIM

    KAROLLAH
    TOLOOOOOOOOONG YANG INI DITANYAKAN JUGA
    KLU BAIK INI JUGA UNTUK KAKANGMAS DEAT MAN

    JANGAN LUPA DITANYAKAN DULU………HATI2
    SUGENG RAHAYU KERAHAYON DAN UNTUK SEMUANYA SUGENG KEPANGIH

  75. ASGAR

    Askm sadalur salam rahayu…..Hatur nuwun to ki wong Alus dan sadulur semua..Insya Alloh pembabaran seperti ini kan menjadi pembuka bagi kiita si penuntut Ilmu… di lanjut Ki..pada episode berikutnya…Karollah

    Salam kerahayuan..

    ASGAR

  76. tidak da kata terlambat untuk belajar

  77. supri

    askm saya anggota lama yang merantu dikalimantan, karena sudah lama saya lupa amalan yang 2 dan ke 3

  78. asww untuk adek kremez dibalik minta tolongnya kok ada rasa sombong ya..atau cuma rasaku saja kali……….hehehe

    semakin pinter semakin bodoh,,,,,,,,,,,,,semakin bodoh ya bodoh…………mengerti semakin mengerti…………..
    yang kubaca dan kutahu ya hanya ummi dan aku gak tau dalam bahasa indonesianya………….

    semakin tahu.semakin banyak yang tak tahu,semakin pasrah semakin gelisah……..semakin sabar semakin gerah……….

    laquwata masih ada kekuatan………….
    ada kekuatan tak berdaya……………….

    aku dan kau suka dencow……………bisa sakit perut bisa sehat perut

    bingung bisa tahu kalau lagi bingung……….kagak bingung……….nyatanya bingung………….

    report………………tak mau report………gak mau report ternyata report juga…………waduh…………waduh.waduh………….eeeeeeeeeeeee kagak ah salam.salam………..salam aja ah

    bagiku mungkin bagi Engkau Tak mungkin……
    Bagi Engkau mungkin bagiku tak MUNGKIN……

    Aku adalah Engkau……..Engkau adalah Aku……….kita bersaudara satu Nusantara……….rakyat sejahtera Indonesia Jaya Aman Sentosa……..

    Detik…….menit…….jam…….hari……..minggu………bulan
    …………tahun………………..
    amalina…..amalukum……….amalukum ………amalina
    sama…………beda………………beda…………sama
    tambah……..kurang………kali………….bagi…………sama dengan……..tidak sama dengan…………….
    abcd………alif ba ta sa…..cingcau….arigato………….dll…..

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    dah ketemu………..maunya pisah……….dah pisah maunya ketemu……………

    huruf beda tapi sama …..itu adalah…..unsur pembuat kata atau kalimat
    bahasa beda………..satu tujuan…….sampai tujuan beda kemauan….beda yang didapat……………….beda sama ….sama beda…..
    dikremez……….jadi ancur……..ancur …………..jadi baru………baru…….lama……………

    alus……..nyatanya kasar………….kremez……..nyatanya mengkremez…

    mal ..amal…..dimana kamu…….kamu diamal……..diamal kamu

    salam…………….salam……………..salam

  79. aswb
    ning nang ning gung iwak ayam…..sega jagung ora doyan………..manjat gunung oleih perawan…………..murni lagi…….hehehehe

    luku-luku batok…batoke ela elo…….siromo menyang solo….oleh-oleh payung moto………tak jentir ….lololobah………..wong mati ora obah……….yen obah medeni bocah………..yen urip golek duit……….

  80. aswb.

    titahKU tidak KUjadikan jin dan manusia kecuali untuk Mengabdi padaKu….

    menerima itu ya KERJA sesuai dengan kedudukan dan pangkat anda…..

    Ihklas…………baca surat………..Al-Ikhlas…………………pahami tentunya!!!!!!!!!!

    Kuberi kalian 99……….tetapi Yang SATU…………itu MILKKU………..

    karena ………..PENAKU HANYA SATU………….lainnya adalah tintaKU…….

    salam……salam………….salam…

  81. aswb.

    TINTA YANG ADA…………….TAKKAN BERLAKU ………TANPA …………MELALUI PENAKU…………………….

    gudang…………Garam…………..Merah…………………….

    Salam…………..salam………………..salam……

  82. .

  83. SSJ PERNAH HADIR (DATANG )PADAKU………DAN BERTANYA…SIAPA KAMU !!!?
    TAK KUJAWAB MALAH KUTINGGAL PERGI ,,,HAHAHHAHAH
    GAK PERCAYA !!! TANYA SAJA PADANYA…………
    YANG LAIN……UNTUK GG !!!
    KALO JADI IBLIS ITU BENGIS !!!!!!!!!!!!!
    kALO JADI KETHEK ITU………….MARUK !!!!!!!!!!!!!!
    APALAGI ETHEK GENDENG .HEHEHEHEHEHH

  84. Ngikut nyimak ngih Ki..

  85. Erick

    ancene wong lek wes pinter iku mirip koyok wong gendheng.
    jadi ingat suatu pencitraan sufi ; sufi adlh ; orang gila yang paling waras diantara orang orang waras yang semakin gila …
    Koyo jaman saiki yoiku jaman edan, mergo wonge pinter pinter kanthi koyok wong edan kabeh … hehehe …
    salam edan

  86. abdul ghofur

    sip sip…………..
    Melu absen……

  87. oke lah kalo begitu

  88. Assalamu ‘alaikum
    tq…, mas

  89. cahaya keselamatan

    aku udah puasa mutih apalah banyak aku lakuin…….tapi ga ada artinya makanya kataku seperti nambal kain usang dengan kain baru pasti sobek juga……..tapi aku pernah lakuin puasa batin dengan tidak ngataain orang,ngomongin orang (gosip) walaupun masih dipikiran belum aku ngomongin aku langsung puasa mutih 7hr,dipukulin orang pernah tp aku minta maaaf ama yg mukulinaku walaupun aku ga punya salah ma orang itu, diminta duit aku diterminal aku ga marah tambah aku berikan semua apa yg diminta ama orang itu istilah kata dipalak ama preman terminal,bahkan untuk bunuh semut aku ga berani….terus aku merasa dibatin aku ada dua kubu….ada yang putih ama merah…tp yg putih naik permukaan jd langkahku enak kalau ada niat jahat dia yg nasehatin…akantetapi batin yg merah itu berusaha naik kepermukaan untuk mengiyakan kalau aku dihadang /dijahatin ama orang, batin yg merah itu nyuruh hajar aja makanya aku puasa batin itu kuat nyampek selama 8 bulan saja ….kayaknya aku ga tahan lg masalahnya batin yg merah itu bergejolak terus ……sampai dalam kehidupanku timbul ….batin putih sering berbenturan ama batin merah di ruang batinku….aku sampai ga sadar dalam kehidupanku sendiri bahkan mau makan mau minum itu ga inget lg, apalg mandi atau apalah ,,,cuma dalam pikirinku hanya mikirin yg perang di dalam batinku itu sendiri….terus aku sadar semua aku balikan ama Tuhan sang pencipta makluk hidup….akupasrahkan kehendakku kepada-Nya…..akhir cerita aku kembali lg di kehidupanku yg liar…sampai skrg…..aku ga tau apa yg aku inginkan …..tolong aku minta solusinya mbah…aku merasa seorang nabi aja bisa marah apalagi manusia hina seperti saya…….Tuhan ampuni aku yaaaa……..makasih orang bijak

  90. ijin nyimak ki…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: