DZIKIR TELES DAN DZIKIR GARING


wahyu iman
iman.wahyu@yahoo.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bismillahir Rohmanir Rahim.
Saya hanya akan menambah apa yg sudah Gus Santri jelaskan.

Dzikir Teles dan Dzikir Garing.
1. Dzikir Teles / Basah : Adalah Dzikir yg membasahi lidah. banyak amalan dzikir i yg utama dan syariat contoh diberikan Rasul adalah. pada waktu sesudah Sholat..Tasbih, Tahmid, Takbir dan seutamanya dzikir adalah Tahlil..Laa Ilaa ha Illallah itu dengan hitungan 33 x :(Jumlah hitungan yg Rasul contohkan sesudah Sholat ini tidak baku ,maksud dari 33x agar para mukmin dan mukminin tidak menjadi berat dan atau tidak terlalu lama dan berlebihan berdzikir setelah sholat sehingga melupakan tugas yg nyata sebagai khalifah di bumi yaitu mencari nafkah dsb sesuai dengan banyak hadist diantaranya “bekerjalah utk urusan duniamu seakan engkau hidup selamanya dan beribadah kamu seakan engaku mati besok ” dll.

Hakikat dari dzikir teles itu banyak sekali:
a. (Subhaanallah) Membiasakan diri kita selalu mensucikan Allah dalam diri kita sehingga kita menjadi orang bersih hati menjadi orang ikhlas..tidak berburuk sangka pada ketentuan Allah. selalu tawadhu dan ini berkitan erat dengan sifat yg akan menjadi dasar kepasrahan yaitu La Hawla Walaa Quwata illa billah. dzikir ini tahap pertama untuk membuat hati kita bersih dan siap untuk dimasuki sifat-sifat Allah yg lain.(Asma Ul HUsna).

jika hati kita bersih maka tubuh dan jiwa kita bersih (segumpal darah /Hati) Al-Alaq. berkaitan erat dengan surah-surah Al Quran : Al Ikhlas, Al Qadr, An Nashr. An Naas

Tahap ini adalah tahap penting untuk menuju Makrifatullah : karena dengan mensucikan diri kita maka kita akan dapat menyamakan dan menangkap gelombang Ilahiah pada setiap ciptaan Nya : Melihat wujud kebesaran Allah pada Ciptaan Nya , mempertajam firasat batiniah kita thdp pertanda yg diberikan Allah pada Alam.

Tahap ini sebenarnya bukan di mulai pada tahap membaca dzikir Subhanallah tapi bersuci dari hadas besar dan kecil (Instinja): Insya Allah akan saya terangkan nanti // dan hadas batin. membiasakan dzikir ini akan berdampak besar pada tingkah laku sehari-hari.

b. Alhamdu Lillahi Robilalamin . dzikir ini adalah tahap selanjutnya setelah membersihkan hati maka dzikr ini berguna melapangkan hati..agar kita makin banyak menerima sifat-sifat Allah..terutama Rahman dan Rahim Allah. maka oleh Allah di firmankan :”Barang siapa bersyukur pada Ku maka anak Kutambah Nikmatnya (Rahman) barang siapa kufur maka Azab Ku sangat Pedih (Rahim)” jadi jika kita sering bersyukur maka Rahmat Allah (Nikmat) akan bertambah dan kitamakin di Kasihi (Rahim). untuk dzikir ini harus perlahan karena ada rahasia besar yg terkandung dalam Kalimat ini..karena Allah tidak sembarang untuk Rahman dan Rahimnya..jika Rahmat itu Universal tapi Rahim hanya pada orang-orang tertentu..(Insya Allah nanti akan saya terangkan karena berkaitan erat dengan pembacaan surat Al Fatihah). usahakan pada saat membaca ini dipisah.

Hadist :
Menurut keterangan Ummu Salamah Ummul mukminin RA. bahwa beliau pernah ditanya seseorng tentang bacaan shalat Rasulullah saw., maka beliau menjelaskan: Rasulullah SAW. membaca satu ayat demi satu ayat dengan terputus putus:

(HR.Abdu Daud&Ahmad dll) bagi siapa yg sering mengucap kalimat ini Inysa Allah akan banyak nikmat yg akan Allah berikan dan ini Janji Allah.

Dzikir ini berkaitan erat dengan surat Al Kautsar, At Takatsur.

c. Allahhu Akbar dzikir ini adalah pintu masuk menyambut sifat-sifat Allah untuk masuk kedalam hati manusia. setelah di bersihkan dilapangkan maka di bukakan pintunya dalam hati manusia : oleh karena itu hati kita menyambut sifat sifat Allah yg mewujud masuk kedalam hati kita dengan menyambut kebesaran Tuhan yg akan bersemayam dalam hati kita : sama seperti kita dalam sholat ketika bertakbir ” Allahu Akbar” hati kita menyambut dengan penuh keriangan kedatangan Dzat pemilik sejati tubuh kita..Dzat pemilik alam kecil tubuh kita, sebenar-benarnya pemilik tubuh kita. hingga Syeh Siti Jenar pun merasa Manunggal. karena hatinya sudah di isi oleh yg Pemilik Sejati tubuh.

Allahhu Akbar sebenarnya kita akan merasakan benar-benar Wujud Allah seperti dalam Hadist “Beribadah kepada Allah seolah-olah anda melihat-Nya walaupun anda tidak melihat-Nya, karena sesungguhnya Allah melihat anda.”

4. Fadholi Dzikri : Laa Ilaa ha Ilallah Dzikir yang utama : ketiga dzikir diatas tadi tidak akan berfaedah dalam hati kita atau tidak ada pahala manfaat di dunia dan akherat jika kita tidak meyakini Kalimat Tauhid utama mahluk ciptaan Nya… La Ilaa ha Ilallah adalah sumber dari segala sumber apapun. sumber ketakwaan manusia kepada Tuhannya. tiada kalimat di Alam ini yg se agung Kalimat Tauhid..hanya kalimat ciptaan Nya lah yg Mulia yg dapat di persandingkannya : Muhammaddur Rasulullah. Tauhid adalah pembuat wadah hati kita sebelum dibersihkan,dilapangkan dan dibuat pintu maka dibuat dulu wadahnya..karena Allahlah kita menjadi ada..maka dzikir ke tiga diatas tidak berfungsi jika kita syirik. menduakan atas Ke Tuhanan dari Allah.

Dzikir diatas tadi adalah dzikir Jahar/ keras / basah lidah yg akan bermanfaat kedalam kehidupan kita. Jumlah bilangan diluar setelah sholat ada juga yg berbeda-beda hanya yg dicontohkan secara umum 33x. untuk sebagian tarekat jumlah berbeda-beda tergantung sanad daro Mursyid yg diterima waktu di bai’at.

2. Dzikir kering / Syir / sembunyi/ dalam hati.
dzikir basah tidak dapat dilakukan di sembarang tempat seperti tempat kotor WC dsb..tetapi ada tempat yg selalu bersih…yaitu Qolbu..(Qolbu Salim) dzikir ini dapat nermacam-macam bergantung apa yg telah menjadi kebiasaan dan atau yg diperintahkan oleh Mursyidnya dengan sanad yg jelas berakhir kepada Baginda Rasul. yg umum biasanya melantunkan Allah..Allah..Allah…

Kebiasaan dzikir kering akan membawa kita dalam nafas kita menjadi Allah…Allah…Ha..ha…ha (desah nafas) yang ber arti Hayat…Hayun…atau hidup…yang memberi kehidupan..maka dari itu jadikanlah desah nafas kita dzikir kepada Allah niscaya kita akan selamat Dunia wal Akhirat…Amin..

Wallahu Alam / Hanya Allah yg tahu.. Maafkan saya yg bodoh dan daif ini.
Amin Ya Rabbal Alamin

Wimans

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 52 Komentar

Post navigation

52 thoughts on “DZIKIR TELES DAN DZIKIR GARING

  1. ari

    pertamax
    yess

  2. ari

    hore.

  3. Aji bayu sengkelat

    Ketigax

  4. Aji bayu sengkelat

    Keempax

  5. ari

    ke 5 gk dborong ki

  6. sigit

    keberapa yaa????!!!,
    mohon ijin ikut nyimak pencerahanx @ki,
    slamat berbuka smua,smoga amal ibadah kita diterima ALLAH SWT,amiiiiin

  7. Aji bayu sengkelat

    Ke tujux…ha…ha…

  8. jahe wangi

    nice artikel

  9. joko tgl

    keberapa ya?..absen sesepuh semua,salam kiwongalus juga sesepuh dan sedulur,suwun

  10. Aji bayu sengkelat

    @ki joko tgl…salam takzim ki,slm hormat q bt rektor KWA ki wongalus dan poro pinisepuh…sent al fatihah

  11. Anto_Bwok Samudera Putih

    Salam sedulur semuanya..

    ane ikut nyimak aja nih artikelnya..

  12. Dania97

    Ijin kopas ya kang wahyu….bagus pisan ni artikel buat nambah wawasan ttg dzikir,dan yg paling penting bukan hanya sekedar wawasan tp pengamalannya dlm sehari-hari,moga Alloh memberikan kekuatan pada kita untuk dzikrulloh scr mudawwamah

  13. murid baru

    Mantap pencerahan dzikirnya. Smakin tebal rasa iman kini. Alhamdulillah Ya Allah telah kau pertemukan aku dgan sdulur2 yg mau berbagi ilmu.smga menjadi ilmu manfaat dunia akhirat amin. Special untk Rektor ki wongalus salam hormat. Poro dulur salam kompak

  14. Onedie

    Pencerahan yg menyejukan….salam persaudaraan.

  15. pemulung ilmu

    Matur suwun mas wahyu…good posting. Jazakallahu khairon katsiro..

  16. Yuan

    ass.wr.wb. terima kasih atas postingan yang bagus untuk menambah pengetahuan bagi hamba yang ingin mardhatillah.

  17. Wagiman

    Ass,salam bwt slrh sedulur KWA..

    Sebuah ulasan yg menarik tuk di kaji.,m0nggo di lanjut

  18. Ifrit

    kalo dzikir rasa gimana ya? .. adkh ianya brbentuk ato brhurf ato gmna?

  19. wong awam

    assalamualaikum poro sedulur…
    alhamdulilah banyak pencerahan yg saya dapat di blog KWA ini….
    pdhl dzikir di ats sering saya bc tp baru skrg tau arti dan maknanya yg begitu dalam
    terima kasih mas wahyu iman atas pencerahannya…
    alfatiha buat ki wongalus, poro sesepuh /pinisepuh dan poro sedulur KWA

  20. jagaraksa

    Asslmkm….sugeng ndalu sedulur2 :
    @Ki Joko tgl
    @Ki Aji Bayu Sengkelat
    @Ki anto bwok
    @ sedulur2 kabeh njeh…
    Ijin nyimak ki…matur nuwon

  21. bengawan.candhu

    DAFTAR SUKARELAWAN PALIIIIIIING UPDATE…….!!!!
    JAM 22.10 RABU,25 AGT 2010……..JL. KYAI SALEH,BUMI MINATANI PATI.
    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
    ASSWRWB….
    @DEAR ALL….BOLOWONGALUS SEMUANYA……
    SEHUBUNGAN DGN HR H PELAKSANAAN SILATURAHMI&GATHERING YG TETAP DLAKSANAKAN PD TGL 17 SEPT 2010 DI PANTAI PARANGKUSUMO YOGYAKARTA. MAKA KAMI PADA KESEMPATAN INI KAMI MENGETUK KEPEDULIAN SAUDARA2KU YG BERKENAN MBERIKN SGENAP SUMBANGSIH TENAGA,FIKIRAN&WAKTUNYA U/BERGABUNG MJD TENAGA SUKARELAWAN/PANITIA SLM ACR TSBT BERLANGSUNG. DIHARAPKN DGN ADANYA SUKARELAWAN INI DPT LBH MEMBANTU PARA SESEPUH&SOHIBUL IJAZAH U/DPT LBH BERKONSENTRASI PD TUGAS MASING2&KPD PARA SEDULUR YG MENGIKUTI JLNNYA ACR DHARAPKN DPT LBH KHUSYU&LANCAR,SHG SGENAP HAJAT&TUJUAN KT BERSAMA DPT TERCAPAI. AMIN. AMIN. AMIN.
    U/ITU BAGI YG BERKENAN U/BERGABUNG SILAHKAN MENCANTUMKAN NAMA….ASAL DAERAH…..NMR YG BS DHUB……
    KAMI MERENCANAKN/MBUTUHKN TENAGA KURANG LBH 30 ORG
    U/SMNTR DAFTAR SUKARELAWAN YG SDH TRBENTUK ADLH SBB :
    1. BENGAWAN.CANDHU SEMARANG 085216123458
    2. DEADMAN JAKARTA 02132345408
    3. WONGABANGAN JAKARTA 081399214971
    4. HIJRAH SEMARANG 081228182273
    5. ANDRA YOGYAKARTA 081226119538
    6. SURYA MANGKULANGIT JAKARTA 02191161098
    7. GUS SANTRI BLITAR 085732225200
    8. AUFANNISA YOGYAKARTA 081931703826
    9. KASTURI JATI MAGELANG 0817752477
    10. CANTRIK PDS JAKARTA 085697349737
    11. GARUDA 99 YOGYAKARTA 081802764393
    12. BANG JALI YOGYAKARTA 085868330605
    13. MAS HARIS SEMARANG 081325224129
    14. KI ABDULJABAR CIKARANG 0878 8182 8888
    15. TJAH–MUMET MAGELANG 085743335618
    16. GENIBIRU SIDOARJO 0888 5060 395
    17. WAWAN SLEMAN 083869111282
    18. THANMUST THEPOS JAKARTA 08128671411
    19. SURYA BUANA BEKASI 087888828968.
    20. AMUS INDRAMAYU 085224083221
    21. PENCARI GURU SEJATI SEMARANG 088215003820
    22. TENO PUTRA SEMARANG 02491117789
    23. WONGSAE YOGYAKARTA 085879834498
    24
    25
    26
    27
    28
    29
    30. BUNGSU KUDUS 085740657689
    BAGI YG BERKENAN U/MENGISI DAFTAR TSBT BISA LANGSUNG COPAS,SBLM&SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN BYK TRMKSH.
    U/LEBIH MEMPERCEPAT&MEMPERMUDAH KOORDINASI SUKARELAWAN. JAZAKUMULLAHI KHAIRAN KATSIRA….
    SALAM HORMAT…SALAM PASEDULURAN….SALAM TAKZIM…..
    OWOR OWOR…WADUH SALAH….ROWO ROWO…WAH SALAH MANING….WORO WORO(alhamdulillah bener bro…)…WORO WORO…MO CLOSING NIH KRG ANEM ALIAS ENEM ALIAS SIX….AYO2 DGENEPI…SALAM KOMPAK…koordinator…..

  22. Soeyat

    Met malem semua…
    Salam persaudaraan…
    Buat ki wongalus
    Sejatera dan sukses selalu…

  23. Teno putra

    Ikut nyimak aja biar tambah ilmu…

  24. tukang_pel_lantai

    ke 33 hore…..

  25. Salam sedulur semua.semoga Alloh memberikan kekuatan pada kita untuk selalu dzikrulloh

  26. sugik_sawunggaling

    QOBILTU………………….HADZAD DU’A……………..AMIN

  27. bodokeremezken

    all@ salam salim salam hormat ,salam ta’zim makasih bin maturnuwwun atas pencerahanya
    @katur ki wahyu …….al fatihah ….send
    @katur sedulur2/saudara2 KWA…..al fatihah……send

    kenapa saya tanyakan apa itu zikir teles dan apa itu zikir garing
    sebabab pada saat saya zikir ,tiba2 datang seorang goib yang kurang lebih hampir 7th selalu hadir ,entah siapa beliau ini ,
    ketika itu dia cuma bilang ,dengan langsung dicontohkan
    beliau sholat lalu duduk bersila dan membaca zikiran setelelah selesaai beliau tetap dalam keadaan duduk dan beliau berkata :YO IKI SENG DIARANI ZIKIR TELES dan selanjutnya
    beliau menghilang dan tiba2 saya menerawang beliau situasi lain dan beliau sholat lagi setelah selesai sholat beliau berjalan sambil berzikir dan belliau memandang keseluruh alam tiba2 belliau berada disebuah perkampungan dan selanjutnya beramal ,membantu orang disekitarnya ,
    selanjutnya hilang lagi beliau ada jalan entah dihutan atau dimana beliau bersihkan jalan yang ada kerikillnya dan daun2nya dan beliau melihat ada pohon yang rantingnya patah dan selanjutnya belieu dekati dibetulkan ,
    setelah itu beliau melihat kearah saya dan berkata ;YO IKI SENG DIARANI ZIKIR GARING .

    SAYA TIDAK TAU SIAPA BELIAU INI ,TPI YANG SAYA KHAWATIRKAN KLU SETIAP MENGAJAR SAYA TIDAK FAHAM APA YANG DIMAKSUD OLEH BELIAU INI DAN SAYAPUN TIDAK PUNYA TEMPAT/SEORANG YANG SAYA BUAT TANYA TENTANG HAL2 SEPERTI INI
    SERING SAYA TANYAKAN KEPADA ORANG ,MAKA SEMAKIN SERING SAYA DITERTAWAKAN ORANG ITU DAN AKHIRNYA SAYA PILIH UNTUK DIAM SATERIMA APA ADANYA TANPA SAYA KUPAS ,DAN KLU ADA GOIB2 YANG MENGAJAR SAYA SAYA TERIMA MENTAHNYA SEMUA ,DAN AKHIRNYA SAYA PILIH UNTUK MELURUSKAN NIAT SAYA ,MAJU SEMAMPU SAYA UNTUK MENDEKAT KEPADA-NYA ,
    PERNAH JUGA SAYA DIAJAR TAPI SUARA SAJA BAIK SECARA MIMPI ATAU LANGSUNG MUNGKIN KURANG LEBIH DALAM 3BLN SETIAP HARI SAYA DIAJARNYA TAFSIR AL QUR’AN TAPI SECARA SIMPELNYA SAJA ,TAPI SANGAT DISAYANGKAN SAMPAI YANG TERAKHIRPUN ALHAMDULILLAH SAYA TETEP TIDAK FAHAM ,DAN AKHIRNYA BELIAU DENGAN NADA KERAS MENUNJUK KEPADA SAYA DAN DIJELASKANYA SATU QADIS TAPI TETEP TIDAK FAHAM ,WALLAHUA’LAM ,SAYA BETUL2 KOTOR ,SAYA BETUL2 BODOH GOBLOK ENTAH UCAPAN APALAGI YANG PATUT DILONTARKAN KEPADA SAYA SAMPAH YANG HINA INI

    SEBAGAI PENUTUP ,SEBENARNYA SAYA INGIN BELAJAR TAPI PADA SAAT SAYA BELAJAR KEPADA SIAPAPUN PADA AKHIRNYA GURU2 SAYA TEMPAT BELAJAR MENJADI TIDAK SUKA SAMA SAYA SEBAB SAYA AKAUI KALAU SAYA DIAJAR SEMAKIN LAMA SAYA MENDENGARKAN PETUAH SEMAKIN LAMA SAYA TENGELAM SECARA TIDAK SENGAJA MACAM ADA KEKUATAN YANG MENGONTROL DIRI SAYA HINGGA AKHIRNYA AKAL PIKIRAN SAYA TERLEPAS ,DAN PADA AKHIRNYA GURU2 SAYA BERKATA SEHARUSNYA BELIAU YANG BELAJAR KEPADA SAYA ,TPI SAYA MALAH BINGUNG ENTAH APA YANG SAYA KATAKAN ,SAYA LUPA SEMUANYA ,
    SAYA ZIKIR ASR SAYA KHUSUKAN SADAR2 YANG SAYA BACA PUJIAN ASMA-NYA
    SAYA ZIKIR APAPUN PADA AKHIRNYA YANG KELUAR ;KALIMAH LAILAHAILLAH TERUS DARI DALAM KELUAR SAMPAI KESELURUH BADAN DAN LISAN SAMPAI MENGUASAI SAYA DAN SAYA MAU TIDAK MAU PILIH MENGIKUTINYA SAMPAI BERHENTI SENDIRI

    DENGAN KEADAAN SEPERTI ITU SAYA MOHON DENGAN SANGAT KEPADA KI ALUS ,SESEPOH2,SEDULUR2 SEMUA MOHON BIMBINGAN SEIKHLAS2NYA DENGAN TANPA SYARAT APAPUN ,ENTAH ITU ZIKIR ,ENTAH ITU PUASA ,ENTAH SYARAT2 APA SAJA
    SEANDAINYA SAYA INI ADA KHODAM2 APA SAJA MOHON DIBUANG SAJA ,SAPU BERSIH SAJA ,YANG SAYA INGINKAN SAYA BETUL2 KOTONG/KOSONG DAN SELANJUTNYA SAYA INGIN SEKALI KEMBALI KEPADA-NYA ,SEPERTI KEINGINAN2 YANG TERLUAP DIDALAM DIRI SAYA
    MOHON DENGAN SANGAT………..
    MOHON JANGAN ADA BENTUK2 PRASANGKA APAPUN KARENA WAWASAN DAN TUTUR BAHASA SAYA YANG WAGU INI

    MATURNUWWUN
    NGAPUNTEN
    MOHON MAAF YANG SEBESAR2NYA

  28. bodokeremezken

    nasib2 disini kok tak ada temenya ya….
    eallah muggo kakangmas alus kerso njawab ,utau sesepoh yang lain
    katur ingkang kerso njawab…….al fatihah …send

  29. Wimans

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam untuk para sedulur di KWA yg kita cintai ini.
    Salawat dan salam kita hadiahkan untuk Baginda Rasul Ya Mustafa..Ya Nabi Muhammad SAW.

    Bismillah.

    sebelumnya saya minta maaf jika dalam keterangan saya ada yg kurang maka kepada para sedulur saya harap bisa ditambahkan karena saya masih belajar dan kurang sekali pengetahuannya.

    Saya coba jawab Mas Ifrit ttg Dzikir Rasa..
    Dzikir Rasa adl bagian dari dzikir syir / tersembunyi/ garing/ hati..
    adapun dzikir rasa ini memang adalah perwujudan dari kalimat kebesaran dan keagungan Allah..Rasa adalah tempatnya di Hati..adapun
    dzikir ini biasanya hanya pribadi kita yg mengetahui ataupun jika ada yg sudah di tuntun oleh gurunya bagaimana caranya.tetapi secara otomatis bagi kita mahluk Allah yg belajar jujur belajar berkawan dengan Hati nurani maka saat kita melihat ciptaan NYA yg luar biasa kita akan bertasbih bertahmid dan bertakbir dalam hati..Dzikir rasa adalah mengolah rasa akan cinta kita kepada yg MAHA TUNGGAL..biarkan hati kita bercengkrama dan Asyik Masyuk kepada YG ESA..Insya Allah jika kita biasa bercengkrama maka hati kita akan dibimbing oleh Pemilik Sejati Hati Kita..(Insya Allah seperti itu garis besarnya..mungkin bisa di lihat pada artikel di KWA yg di Postkan oleh KI WONG@ALUS mengenai SULUK SUNAN BONANG..Kesaksian dalam Diam)

    Untuk Mas Bodokeremezken

    Masalah Jin/khodam atau apapun Insya Allah bisa di tanyakan pada para Sesepuh di KWA yg lebih mengetahui dibanding saya yg tidak tahu apa-apa. Insya Allah bisa ditanyakan langsung kepada KI WONG@LUS, KI JATIRAGA, KI DIVIDI, KI AGEN JEMBER JUMANTORO dan lSesepuh Lain yang kita Cintai di KWA ini.

    Saya hanya mencoba menjawab sebatas kemampuan saya yg minim sekali..
    Bismillah.
    1. Mengenai yg sosok gaib yg datang 7 th ini..bisa khodam pendamping / Qarin ..bisa juga perwujudan dari batiniah anda yg ingin sekali mencari jalan ke Tuhanan tapi masih terhalang hijab dari tubuh kita sehingga sulit sekali kita melangkah menuju cahaya Ilahi. tapi dari penjelasan Mas Bodokremezken saya cenderung perwujudan batin yg mendapat isyarat keTuhanan untuk Mas Pribadi..hanya saja pada saat ini masih ada hijab sehingga anda belum bisa bertemu dan menyelaraskannya..Isyarat2 tersebut hendaknya difahami bukan jal yg mengganggu tp kita coba telaah sendiri dengan batin yg tenang dan fikirin jernih..langkahnya bersihkan badan kita dari Hadas besar dan kecil kemudian Sholat Malam berapa rakaat seikhlas anda..Percaya dahulu bahwa Kasih Allah sangat dalam luas dan tidak akan meninggalkan anda..setelah sholat anda dzikir dan kemudian tarik nafas 3x dalam lalu tahan sebentar buang perlahan setelah tenang rileks..niatkan Anda akan bersahabat dengan Nurani anda, buka gerbang hati perlahan temukan tempat qolbu anda bersihkan dan nyalakan/terangi lalu coba bicara dengan pemilik hati anda. tenang dan diam..sambil batin anda tersenyum..bicaralah dengan sejujurnya apa yg diharapkan batin anda yg dalam..
    lakukan tanpa tekanan dan keterpaksaan dan selalu tersenyum dan percaya Allah itu maha Sayang pada kita.
    Pesan saya pada saat ini jangan terlalu risau dan jika dirasa tidak enak bertanya kepada orang lain jgn dulu bertanya belum tentu setiap orang akan memahami anda bertanyalah pada orang yg anda kira tepat dengan hati anda..karena Allah selalu mengatur setiap langkah kita..niatkan pada saat kita jalan bahwa hanya Allah yg mengatur kaki kita..karena dialah sebaik-baiknya pengatur.
    Anda menulis pada saat belajar menjadi tidak disukai oleh guru dan tenggelam dalam kekuatan yg mengontrol anda..saya membaca dari hal tersebut jika anda mencoba berkomunikasi dengan Batin anda sejati anda Insya Allah tidak akan terjadi lagi…
    dan yg utama tidak ada manusia yg bisa menilai diri kita bersih atau kotor karena kita tidak mempunyai hak untuk itu..hak kita adalah sebagai khalifah dibumi yg dititipi badan ini merawat dan menjalankan sebaik-baiknya sebagai manusia..Bahkan sudah di terangkan dalam Al Quran..Janganlah kamu mengolok-okok suatu kaum karena belum tentu kamu lebih baik dari kaum tersebut…saya sangat percaya Allah tidak beranggapan seperti yg kita anggapkan kepada diri kita..
    Bagi Allah manusia yg mencari Tuhannya sangat dihargai..
    demikian dari saya yg terbatas pengetahuannya. dan lemah ini.
    Untuk lebih jelasnya Insya Allah para Sedulur disini dan sesepuh disini pasti saya yakin akan mengulurkan tangannya untuk Mas Bodokremezken .
    Hal yang Baik hanya milik Allah. yang salah pasti dari saya.
    Wallahualam.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  30. bodokeremezken

    @ki wimans :maturnuwun sanget penjelasanipun ,keikhlasanipun maturnuwun ki wimans

    …petunjuk ki..wimans insyaallah sudaah sayalaksanakan dengan hasil ada luapan keras keluar dari dlm diri saya dg ucapan :aku njaluk bali/saya ingin kembali atau balek ,klu menurut ki wimans krn luapan itu tdk mengenal waktu entah saya dlm posisi kerja ,duduk ,ngobrol dengan teman ,makan dll .mohon pencerahanya
    Terimakasih
    Mohon maaf dan yang sabar ya ki dan jangan jenuh2 unk membimbing saya ini ,maturnuwun

  31. Masharis

    ikut nyimak… ya, Ki..

  32. Wimans

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam untuk para sedulur di KWA yg kita cintai ini.
    Salawat dan salam kita hadiahkan untuk Baginda Rasul Ya Mustafa..Ya Nabi Muhammad SAW.

    Oh jangan saya di panggil KI..saya belum pantas untuk hal itu..masih jauh dari ilmu dan kebijaksanaan seorang KI..saya seorang daif yg mencari cara mendekati RABB nya.

    Jika saya salah tolong para sedulur koreksi karena keterbatasan pengetahuan saya…
    BIsmillah.
    Jika membaca dari tulisan anda maka mungkin(Hanya Allah YG TAHU) anda sedang memasuki tahap Majnun. yaitu tahap kesadaran sejati sedang keluar dari wadah anda..berhati-hatilah karena tahap ini bisa memakan waktu lama bisa cepat hanya Allah yg tahu..cuma dibutuhkan pemahaman ketauhid dari diri anda yg kuat..ini berbicara dalam koridor Aku..keakuan..Haq..
    Ditarik kebelakang beberapa tahun sebelumnya..apakah anda waktu memulai pencarian Tuhan sudah mempersiapkan diri dengan bekal Ketauhid yg kuat..sebab jika belum maka untuk menundukan keakuan ini hanya bekal Laa Ilaa Ha Ilallah yg kuat…
    sebagai saran dari seorang teman yg sama-sama mencari Tuhan..
    ada dua cara untuk menghilangkan kondisi ini
    1.cara Pertama fokuslah pada urusan anda disekitar dulu istilahnya seimbangkan antara jasad dan ruh anda..dunia dan akhirat. pada rlnya jangan berlebihan pada salah satu.
    2.cara kedua unuk sebagian orang membutuhkan bimbingan dan tuntunan untuk sebagian orang lagi dapat belajar sendiri secara alami dan otodidak banyak membaca dari tersurat dan tersirat..saran saya untuk anda silahkan datangi orang2 soleh di tempat anda bisa HABIB atau Ulama yg anda yakin bisa..minta doanya dan terangkan maksud anda..minta sentuh kepala atau dada anda jika berdoa. semoga kearifan mereka bisa menenangkan ke akuan anda …hanya itu yg bisa saya jelaskan karena memang tidak ada kemampuan untuk langkah itu..dan sebelum itu jika anda masih mepunyai orang tua..datangi dan minta doanya dan ridhonya…(Ridho orang tua adalah ridho Allah juga)
    demikian semoga jawaban saya bisa sedikit menambah informasi anda..

    semoga anda cepat selesai dari masalah ini.
    yg benar hanya dari Allah yg salah dari Saya.
    buat sesepuh dan para sedulur saya ucapkan terimakasih dan semoga blog KWA ini makin bersinar..
    Untuk KI WOng@LUS semoga tetap dalam perjuangannya. salam hormat saya
    akhirul kalam
    Wassalamu’ alaikum Wr. WB.

  33. KI AGENG JEMBAR JUMANTORO

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam pamuji rahayu katur dulur sedanten

    @wahyu iman : mas wahyu iman derek nyimak nggih….

    @Wimans: terima kasih mas Wimans tambahan pelajaranya untuk kita semua, monggo pengalaman pribadi panjenengan di sharing mas, supaya menambah kita dalam mencari sangkanparane dumadi.

    @bodokeremezken: silahkan di lanjutkan mas bodokeremezken dalam mencari sangkanparane dumadi.

  34. Alhamdulillah…

  35. Wimans

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salawat salam untuk para Sedulur dan Sesepuh di KWA ini..

    Salam untuk Ki Wong@alus, Ki Ageng Jumantoro…dll

    Maafkan saya telah lancang menjelaskan ini karena saya masih jauh dari pintu qalbu…malu rasanya menerangkan hal yg orang lain lebih mampu. apalagi banyak sesepuh disini yg pengalamannya lebih dari saya.
    Untuk Ki Ageng Monggo di luruskan.dikoreksi dan ditambahkan uraian saya diatas tadi…
    Maaf nama asli saya Wahyu Iman. Wimans singkatan saja.
    silahkan KI Ageng…

    Saya takut salah karena terbatasnya ilmu pengetahuan saya..
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  36. Assalamualaikum .wr.Wb Al-fatehah sent to @ All WASALAM :)

  37. qobiltu….

  38. bodokeremezken

    assalamu’alaikum wr wb

    all@salam salim salam ta’zim salam hormat buat sedulur2 KWA dan khususon sedulur2 KWA………al fatihah ……….send

    @katur ki wimans …..al fatihah….send
    matursembah nuwun atas pencerahanipun
    dan satu hal lagi ,mohon maaf klu sekiranya saya yang bodoh ini banyak bertanya
    ;;;;apa yang dimaksud dengan ;meskipun badanku didunia tpi ruhku ada pada genggamanya dan bagaimana cara memposisikanya ……..matursembahnuhun

    @katur ki ageng jembar jumantoro salam salim salam hormat ugi salam ta’zim saking kaulo

    khususon katur ki ageng jembar jumantoro …al fatihah…send

    matursembahnuhun ki ageng…atas supotipun ugi motivasinipun
    kaulo bade tangket/saya mau tanya ;dulu pada saat saya masih sma pada saat persami ;kurang lebih jam 3.30 saya duduk didepan kantor tu sekolah
    saya melihat kalimat SYAHADATAIN berjalan didepan saya lalu sya baca kalimat tersebut dan bacaan yang ketiga langsung kalimat tersebut masuk
    kekepala saya ;dan pada pagi harinya ketika saya mau berangkat sekolah napas saya sesak sekali sampai badan saya kurus kurang lebih hampir satu bulan lebih ;dan ketika saya mintak uang sama bapak saya untuk berobat dikasihnya saya uang rp25000 tapi bapak saya bilang gak usah berobat ,uangnya buat beli apa atau buat seneng aja ,kata bapak saya

    dan yang saya mau tanyakan kepada KI AGENG JEMBAR JUMANTORO
    kira maksud dan tujuanya apa kalimah syahadatain tersebut masuk kekepala/badan saya ………..ngapunten sanget sampun krepoti panjenengan
    kanti hatur matursembahnuhun

    @katur kakangmas rektor KWA mbah ki alus……kulo nyuwun artonipun setungal ewu mawon ……..kanti atur atas keikhlasanipun……kaulo haturaken matursembahnuhun

    ,,,khususon kakangmas rektor KWA mbah ki alus…al fatihah….send

    wassalamu’alaikum wr wb

  39. Kelabang ireng

    Ayat 4.saya ijazahkan buat sadulur semua ayat 4 dengan mengharap ridho Alloh semoga berkah.1 la ilaha illa anta subhanaka inni kuntum minazh zholimin 33x.2 wallohu goliban ‘ala amrihi 33x.3 yaa hayyu yaa qoyyum 33x.4 yaa zal jalali wal ikrom 100x.tata caranya.puasa sunah 7 hari.amalan dibaca tiap sholat fardu ma sholat hajat malam.pas hari terakhir kungkum disungai sambil membaca ayat 4.fungsinya untuk keselamatan mutlak.pager gaib.dan lain lain.amalkan ayat 4 ini hanya mencari ridho Alloh semata

  40. murid sesat

    nderek nyimak ngaji tasawuf ipun……..monggo dilanjut…

  41. Kelabang ireng

    Tawasul.nabi muhamad saw.nabi khidir.4 sahabat.syekh abdul qodir jaelani.wali songo.mbah kuwu sangkan.man ajazani.ortu.diri sendiri

  42. pangeran anom

    Assalamuallaiku….wr wb.
    Salam buat sesepuh d KWA semuanya.
    KWA blog paling the best pokoknya.
    Sy cinta KWA…
    Mohon bantuan untk mendaftarkan sy d KWA ni.
    Sy udh cb daftar tp gagal trs….
    Mdh2an orang yg baik hati mau mendaftarkan sy…
    Ni biodata sy :
    Nama ; pangeran anom
    Asal. ; Cilacap
    No Hp ; 081382221056
    Email ; gelap.id@gmail.com

    Mksh seblm dan sesudahnya…
    Mohon bantuannya….

    Wassalam….

    Hamba yg dholim

    Pangeran anom

  43. Kelabang ireng

    Akan datang kepada anda khodam singa yang dibadannya tertulis surat yasin.ini khodam ayat 4

  44. Wimans

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salawat dan salam untuk Baginda Nabi Muhammad SAW.
    dan Salam untuk semua sedulur dan sesepuh di KWA ini.

    Saya mencoba menjawab yg ditanyakan Sedulur bodokeremezken. dengan minimnya ilmu saya dan keterbatasan saya:
    Bismillah :
    **?. apa yang dimaksud dengan ;meskipun badanku didunia tpi ruhku ada pada genggamanya dan bagaimana cara memposisikanya …?

    mengkaji ruh memang sedikit mendalam jika di kaji untuk mencari keberadaannya waktu hidup maupun setelah wafat maka kita memasuki hukum haram untuk sebagian ulama secara syariat : berdasarkan
    Al Quran : “Mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, ‘Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan kalian hanya diberi sedikit pengetahuan’.” – QS Al-Isra’ (17): 85.

    tapi jika kita mengkaji bukan mencari keberadaan Ruh dikarenakan sebagai pendalaman menuju Makrifatullah maka akan menjadi boleh (Insya Allah…Wallahu alam)
    “ Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir. “ [QS Surat 39.ayat 42]
    ::Habib Syaikh bin Ahmad Al-Musawa, dalam karyanya berjudul Apa itu Ruh?, menyatakan, definisi ruh adalah, “ciptaan/makhluk yang termasuk salah satu dari urusan Allah Yang, Mahatinggi. Tiada hubungan antara ia dengan Allah kecuali ia hanyalah salah satu dari milik-Nya dan berada dalam ketaatan-Nya dan dalam genggaman (kekuasaan)-Nya.
    berkaitan yg sedulur tanyakan tadi maka secara otomatis disadari atau tidak memang hal itulah yg sebenar-benarnya terjadi bagi smua mahluk..
    Bagi orang yg beriman demikianlah ketentuannya yg harus dijalani :
    Badan di dunia tapi ruh ku ada di gengamanNya…
    berlakulah sifat dari ” Laa Haw La walaa Quwata ilaa bilallah” sesungguhnya kita hidup ini adalah tidak punya daya..melihat karena Allah menghendaki kita melihat..bergerak karena Allah menghendaki kita bergerak…kita hanya Wayang…contoh umumnya kita ada janji tiba-tiba kita sakit…itu menandakan kita tidak mempunyai kuasa untuk badan kita..oleh karena itu pada Sholat kita yg pertama waktu bergerak adalah takbir..Allahhu Akbar..ini menunjukan bahkan pada sholat pun kita tetap kecil..sehingga Allah sangat melaknat orang yg sombongnya karena berarti ingin menjadi tandingannya..
    Al-Ghazali, dalam Ihya’-nya, menyebutkan, kata-kata ruh, jiwa, akal, dan hati, sejatinya merujuk pada sesuatu yang sama, namun berbeda dalam ungkapan. Sesuatu ini, jika ditinjau dari segi kehidupan jasad, disebut ruh. Jika ditinjau dari segi syahwat, ia disebut jiwa. Jika ditinjau dari segi alat berpikir, ia disebut akal. Dan jika ditinjau dari segi ma’rifat (pengetahuan), ia disebut hati (qalb)/qalbu.
    Sehingga Syeh Siti Jenar berkata : bahwa kita ini sebenarnya Mati karena hidup yg sebenarnya adalah akhirat nanti..jika kita hubungkan dengan Al Quran sesuai dengan ayat diatas tadi..
    Jadi kesimpulannya sudah seharusnya Manusia menyadari bahwa
    Badan di dunia tapi ruh ku ada di gengamanNya…mutlak sebagai hal yg dipahami..sehingga jika kita memeluk Agama Islam itu bukan suatu pilihan yg begitu saja terjadi tapi Hidayah Allah yg membuat kita menjadi Muslim.
    Demikian jawaban saya yg daif dan terbatas pengetahuannya..
    Yang benar semata-mata datang dari Allah kalau salah pasti datang karna saya.

    Wallahu alam.
    Wassalamualaikum Wr. WB.

  45. Wimans

    Salam Untuk Pangeran Anom coba email atau sms kepada Ki Wong@lus sebagai rektor di blog ini atau pada KI Jatiraga sebagai Sesepuh disini. Insya Allah mudah-mudahan Ki Wong@alus membantu.

    Salam Untuk Ki Wong@alus, Sesepuh dan sedulur semua semoga makin bersinar blog ini..
    Oh ya Salam untuk Ki Ageng Jumantoro monggo, ada pertanyaan dari sedulur bodokeremezken.
    saya izin nyimak Ki Ageng.

  46. Tas KRESEK TMPT SAMPAH

    Penjelasan, penjabaran anda sungguh sbuah ilmu pendalaman yg sangat2 dlm. Salam knal mas Wimans dr sy nak jkrta.

  47. SINGA MARANTEE

    LANJUUUT……………..

  48. wimans

    Salam kenal jg tuk Mas Tas kresek..

  49. tiangbungkuk

    ki kelabang..sama dengan singa rajeh ya ki khodamnya…

  50. Mr.Di2c

    yang dimaksud mas wahyu iman sebenernya, pada tahapan dzikir biasanya dzikir lisan atau dzikir teles dulu..ini dilakukan pada tahapa awal makrifat….jika udah terbiasa maka seseorang biasanya meneruskan dengan dzikir kering atau dzikir nafas dan Qolbu.maaf jika ada salah

  51. Wimans

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam tuk Para Sedulur dan Sesepuh KWA yg berbahagia.

    terimakasih untuk Mr.Di2c atas tambahannya…
    semoga kita makin bisa meniti jalan kesana..Amin.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  52. ainur rofiq

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    terima kasih atas pemberi tahuannya
    smoga bermanfaat bagi saya&umat islam di dunia.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

