APA ITU HIZIB?


Santosoiman Wahyu
santosoimanwahyu@yahoo.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam hormat untuk para sedulur dan sesepuh KWA. Numpang lewat saja sambil ngasih coret-coretan anggap saja sebagai oretan-oretan lemah dari orang yang kurang pengetahuannya saja. Tiada maksud untuk menggurui atau menghakimi dari tulisan lain sekedar urun rembug dan share saja. Saya minta maaf sekali jika tidak berkenan di hati saudara. Jika memang mengganggu anggap saja tulisan sekedar lewat..

Bismillah. Saya mencoba mengkaji Apa Itu Hizib. Hizib adalah Rangkaian doa yang diambil asrar dari ayat-ayat Al-quran, kutipan hadist serta doa dari Nabi Allah yang disusun oleh waliyullah berdasarkan urut asbabun nuzul dengan latar belakang penyusun (waqi’iyyah) berdasarkan ilham dari Allah SWT atau Nabi Muhammad SAW.

Hizib berbeda dengan Ratib walau sama-sama mengandung ayat-ayat Al-quran dan Doa Karena pada Hizib di rancang untuk kalangan tertentu sedangkan ratib untuk umum sebab karena pada hizib banyak sirr (Rahasia tersembunyi) dan pada hizib lebih banyak Izmul A’zam (Asma Allah yang Agung). Sehingga Hizib mempunyai fadhilah yang luar biasa. (Wallahu A’lam Hanya Allah yang Tahu)

ALASAN HIZIB/AMALAN MEMERLUKAN IJAZAH :
Fadhilah yang luar biasa berkaitan erat dengan ujian Allah yang berat untuk pengamal Hizib diantara : mudah menjadi sombong karena adanya kehebatan hasil hizib. Mudah baik darah dan kehilangan kontrol menjadi darah panas, berkaitan dengan rizki cepat menguap karena panasnya darah.

Berkaitan dengan umur sehingga ada kesiapan mental dan badan si pengamal. Memerlukan pendamping seorang ulama yg mengerti dosis hizib dan sanad ijazah hizib yang tersambung sehingga bisa memantau pengamal hizib. Setiap orang belum tentu sama hak hizibnya. Ada yang cocok dngan hizib ini ada pula yang tidak. Pemberian Hizib berkaitan dengan waktu yang tepat dan hak dari Allah yang di berikan kepada Pengijazah. Alasan-alasan diatas itulah yang menyebabkan suatu hizib tidak bisa di ijazahkan sembarangan kepada semua orang.

Hizib menjadi sekedar bacaan biasa jika : Pengijazahnya tidak mengerti dosis hizib dan tidak tersambung sanad ijazahnya serta belum mengerti ayat-ayat Allah yang tersurat maupun tersirat.. Pengijazahnya bukan guru yang shalih. Tidak mengetahui siapa yang di ijazahkan dan siapa yg mengijazahkan sehingga tidak tahu bacaan yg tepat dan assarnya sehingga tidak mengetahui sirrnya (Rahasianya). Adanya syarat Mahar biaya / untuk komersil. Sehingga tidak ada unsur Ikhlas dan Ridho karna semata-mata Allah Ta’ala. Karena Hizib bukan untuk Jual beli dengan syarat Mahar Apapun. Hizib hak dari Allah. Pemberian seikhlasnya di perbolehkan jika tidak bersangkut paut dengan pemberian hizib.

Contoh: jika tidak di beri sujumlah biaya maka hizib tidak di berikan. Pemberian sekedarnya, ikhlas dan terjadi sesudah hizib diberikan dan atau sesudah Insya Allah berhasil suatu hajatnya. Dan jika tidak diberi pengijazah tidak mempersoalkan karena niatnya hanya Allah semata. Ini saya tekankan karena saat ini banyak sekali orang yang memperjual belikan Hizib dengan alasan Mahar. Sedangkan Allah memberikan hanya meminta mahar ke Tauhid tan kita dan ibadah kita kepada Allah. (Jual beli kepada Allah): Al-Quran At-taubah [111] Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang yang beriman akan jiwa mereka dan harta benda mereka dengan (balasan) bahwa mereka akan beroleh Syurga, (disebabkan) mereka berjuang pada jalan Allah maka (di antara) mereka ada yang membunuh dan terbunuh. (Balasan Syurga yang demikian ialah) sebagai janji yang benar yang ditetapkan oleh Allah di dalam (Kitab-kitab) Al-Quran dan siapakah lagi yang lebih menyempurnakan janjinya daripada Allah? Oleh itu, bergembiralah dengan jualan yang kamu jalankan jual belinya itu dan (ketahuilah bahawa) jual beli (yang seperti itu) ialah kemenangan yang besar.

Itulah mengapa Hizib itu ibarat obat yang diberikan oleh dokter kepada Pasiennya. Obat untuk sakit tertentu diberikan oleh orang yang mengerti ilmu kedokteran dan diberikan kepada pasien yang membutuhkan pada waktu yg tepat dengan dosis yang tepat. Jadi tidak dapat dikonsumsi oleh sembarangan seperti orang sehat, anak-anak dan alergi obat.

Sehingga Ratib itu sama dengan Vitamin atau suplemen yang membuat orang tambah sehat dan semangat untuk menjalankan hidup tapi juga tidak berlebihan sehingga manusia bisa seperti yang diharapkan dalam Al-quran dan Hadist. Demikian oret-oretan saya yang kurang pengetahuannya, sekali lagi maaf jika sudah mengganggu dan kalau ada yang salah saya minta maaf dan di koreksi sehingga kita sama sama belajar.

Yang benar dari Allah yang salah pasti dari saya.Semoga Allah memaafkan kita semua. Amin. Dari saya yang baru belajar Alif. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 39 Komentar

Post navigation

39 thoughts on “APA ITU HIZIB?

  1. Ifrit

    pertamax ka

  2. mas akik

    NOMER LOROOOOOOOOOOOO

  3. onoraono

    salam…salam…

  4. Tenoputra

    Ijin nyimak aja..

  5. ya..seperti itulah tata laku /olah batin hijib

  6. sigit

    nderek nyimak,,,,,,,

  7. Yan@Ganti~Nama

    Juga ikut Nyimak..

  8. Santri Tidur(Doyan Tidur)

    Nyimak aa ki,,,br bgn tidur,,,,hehehehe,salam sedulur

  9. ihsan aljawius

    inggih…inggih….inggih….amiin…

  10. arif setiyawan

    oret oretan sing joz gandoz kang,,,,
    matur nuwun/ thank’s

  11. ada gak HIZIB MAHABBAH?

  12. joealex

    Numpang nyimak

  13. Taqqobalallohu
    Minna Wa Minkum

    Tiada kata seindah maaf…..
    Bila ada kata & perbuatan yang khilaf…
    Kiranya maaf yang kami harapkan….

    Selamat Hari Raya
    IDUL FITRI
    1430 H
    Mohon Maaf lahir Bathin

  14. Gumelar

    Assalamu alaikum
    @ Mas Santosoiman.
    alhamdulillah, bertambah pengetahuan saya tentang apa itu HIZIB.
    pemaparan yang bagus, untuk menjadi rambu rambu ketika kita akan mendalaminya.
    terima kasih Mas Santosoiman.
    wasallam

  15. Santosoimanwahyu

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam hormat untuk para sedulur dan sesepuh KWA

    Taqqobalallohu
    Minna Wa Minkum ( Semoga Allah memaafkan saya dan Anda semua)
    Minal Aidin wal fa idzin ( Dari suci kembali bersih)
    Mohon maaf Lahir Batin untuk Semua
    Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1430 H.

    Untuk Mas Dalang =
    Insya Allah ada untuk Hizib Mahabbah. di Blog ini pun ada, tetapi saran saya Mas Dalang menemui seorang Ulama/Kyai/Habib yang sudah kita tahu tingkat keSolehannya sekalian silaturahim kepada Mereka. Sehingga mereka dapat meng ijazahkan kepada Mas Dalang sekaligus memantau perkembangan Anda. karena mereka juga Insya Allah tahu Hizib apa yg cocok untuk anda. Ada yang paling bagus Hizib Mahabbah, yaitu Mahabbah kepada Allah SWT. karena kalau Allah sudah sayang sama kita, itu adalah karunia yang luar biasa buat Manusia. Amin.
    Mohon Maaf jika saya Salah dan ada yg tidak berkenan.
    Semoga Allah mengampuni kita semua.
    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  16. mas.rio

    @ assalam’mualaikum.wr.wb

    masih hadiir..

    ikut nyimak…

  17. gopalino

    Ada yang paling bagus Hizib Mahabbah, yaitu Mahabbah kepada Allah SWT. karena kalau Allah sudah sayang sama kita, itu adalah karunia yang luar biasa buat Manusia. Amin. saya suka kata2 yg ini bang. sip

  18. Berapa batasan umur untuk mengamalkan hizib?

  19. Masharis

    Ijin nyimak..

  20. santosoiman wahyu

    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    salam tuk para sedulur dan sesepuh KWA
    salam tuk Mas Celetukan Segar yg saya hormati
    batasan umur tidak ada aturan baku yg jelas Baliq, sehingga mengerti amanah fathonah dan sidik. smua brgantung pd pengijazahnya bagaimana ilham yg ditangkap oleh hatinya dari Allah selain rasa shg diperlukan silaturahim tetapi itu jg bukan hal mutlak smua bisa trjadi karena adanya hak dr Allah smata. pengijazahan itu hal berat karena adanya tanggung jawab kpd Allah. ini spt memberikan senjati api kpd yg diberikan. menjadi amanah atau amarah. terimakasih
    wassalamu’alaikum wr wb

  21. ada yang punya hizib bathin??mgo sy dksh tau,,,

  22. @santoso: terima kasih atas jawabannya

  23. gelandangan

    nderek ndeprok
    mantep mas santoso, memang demikianlah seharusnya.
    dokter pasti lbh tau obat apa yg cocok untuk pasiennya
    tdk melebihi takaran dan tau apakah pasiennya punya alergi terhadap obat tertentu atau tdk
    jd smua pas agar tdk menimbulkan efek samping nantinya
    salam

  24. Cinta Dunia

    Cuma sekedar nanya mas santoso, pernah apa sama habib Luthfi pekalongan. Soale redaksinya hampir sama ama omongan habib waktu menjelaskan masalah hizb.

  25. santosoiman wahyu

    Assalammu’alaikum Wr Wb.
    salam tuk sdulur dan sesepuh KWA
    Salam tuk Mas Cinta.
    Alhamdulillah kebenaran Beliau /Habib Lutfi adalah rujukan dan saya anggap tempat brtanya slain al habib Munzir. dan habib2 lainnya. Alhamdulillah beliau2 smua masih saudara saya. Maaf bukan maksud hati membuka silsilah saya yg masih dhoif ini.
    karena belum pantas saya menulisnya. malu karena ceteknya ilmu saya.
    terimakasih
    wassalamu’alaikum wr wb

  26. Ki Abduljabbar

    Matur nuwun Mas Santosa atas share pengetahuan tentang Hizibnya. Mohon ikut menyimak…

  27. @santosoimanwahyu
    trimaksih ki wejanganya,.smga ada yah hizib mahabbah,cz dulu pernah ngamalin hizib rifai panasnya pool,mkanya pengen yg adem,

  28. jagaraksa

    Good posting…syukron katsir Mas Iman

  29. abdul malik memang luar biasa,dia belajar ilmu nahwu shorof bhs.arab,dan ilmu ghaib yang sanad nya jelas

  30. santosoiman wahyu

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salam sejahtera tuk sedulur dan sesepuh KWA
    Salam hormat utk Mas Dalang smg dapat nanti Hizibnya Insya Allah ada jodohnya.
    Salam hormat utk Mas Jagaraksa dan Hamba Allah
    Tuk Mas Hamba Allah saya luruskan dikit ya..ndak apa2 ya..
    Tiada yg hebat kecuali izin Allah. Allah lah yg Maha Luar biasa
    manusia hanya mahluk tanpa daya..laa hawla walaa quwwata ilaa billah..
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  31. GUPITO

    minal ‘aidin wal faizin

  32. gus santri

    nderek nyimak lan absen..
    Sekalian nyuwun pangapunten mohon maaf dzohir dan batin kpd Semua Saudaraku…

  33. mohon maaf lahir dan batin bagi semua saudara2 ku pembaca blog kampus wong alus…

  34. ada tidak hizib khusus melipat gandakan rejeki?

  35. Arif

    Minal aidin wal aidzin……!

  36. asslmlkm…
    ada ilmu yang bisa merubah daun jadi batu gak? atau merubah batu jadi emas?

  37. maaf.., maksudnya daun jadi uang dan batu jadi emas..

  38. maaf…, hanya sekedar guyon.
    minal’aidin walfaidzin…, mohon maaf lahir dan batin…

  39. maturnuwun mas santoso.saiki kulo dados faham.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: