SHOLAWAT JIBRIL


Sayyid Kahyail
mukasyafah99@gmail.com

Sholawat Jibril

ALLOHUMMA SOLLI WASALLIM ALLASAYYIDINA MUHAMMADIN
JIBRILLA NUDYAM SONII ROSULLULLOH
LAA ILLAHA ILLALLOLLOHU
MUHAMMADURROSULLULLOHI

walau Sholawat sudah mengandung doa…..
akan tetapi sholawat ini memiliki doa tersendiri.

Doanya :

ALLOHUMMA SOLLI ALLA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ALI
KAMALANI HAYAATA LIKAMA LIKA WAA’ADADA KAMALI
WA’ALLA KULLI NABIYYIN WAMALAKIN WAWALIYYIN
ADADA MA’LUMATIKA WAMIDADA KALIMATIKA
WA’ALAINA MA’AHUM WAFIHIM BIROHMATIKA
YAA ARHAMARROOHIMIIN.

dan Doanya di kalangan tertentu di golongkan Hijib.
juga di golongkan sebagai Ilmu Ladunni.

fungsi Sholawat dan Doanya di peruntukkan :
* Membuka mata bathin ( 9 indra )
* Membangkitkan Inti Energi dalam tubuh ( tanpa batas )
* Mempertajam Insting ( jangan untuk meramal )
* Meredam Nafsu/Emosi ( membangkitkan Ilmu Ikhlas)
* dll-nya……( fungsi Assunah….= fungsi Sholawat pada Umumnya.)

Maharnya :
Di bayar Pada Bulan Muharrom.
* Puasa (Biasa) -niat puasa Bulan Muharrom ( terserah berapa harinya )
* Puasa (Biasa) -niat puasa Amalan ( 7 hari ) , tata caranya…..
dalam berbuka membatalkannya dengan 3 buah kurma,air putih,dan
dilarang memakan daging berwarna merah.

malamnya :
Ba’da Sholat Isya
Dilanjutkan dengan,
membaca Surat Yaasin dan Tahlil beserta Doanya.

Shalat Hajat,Taubat,Tasbih dan Witir.

Tawasulnya :
Al-Fatiha untuk :
– Nur Muhammad
– Nabi Muhammad SAW dan
Para Sahabat
– Nabi Adam As
– Malaikat Jibril
– Pemilik Sholawat ini(sebutkan Namanya Dengan Lengkap dan jelas)
– Kedua Orang Tua Kita
– Diri Kita sendiri……
(adapun boleh di tambah yg laennya…tidak juga ga apa-apa)
– Baca Sholawat Dan Doanya 1x saja.
– Tutup dengan Doa Mustajab(ROBBANA ATINA…..)

- Sebelum tidur….Wirit AlloHU…..*(Hu-nya di baca tegas dan santai)…sampai tertidur…
——————————————————————————————————-
Untuk sehari-hari juga ga apa apa…tanpa di maharkan…(Assunah)
( maaf…Hanya Di peruntukkan Kaum Adam………..just 4 men ! )

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 39 Komentar

Post navigation

39 thoughts on “SHOLAWAT JIBRIL

  1. Danu Top Markotop

    pertamaaaaaaaaaxxxx……he..3x mana yg lain neeehhh…!!!!

  2. doni

    bensin!!

    hahah

  3. wawan sleman

    ke tigaaaaaaaaaaaaaaaa

  4. sombet

    Ikut nyimak

  5. cok

    melu melu

  6. Gugus

    kok sepi tenan…..

  7. TRINITY

    ijin copas dulu wak haji…

  8. mas..manyoel

    Sepuluh besar

  9. ===================
    qobiltu, sy terima ijasahannya secara lengkap dan sempurna…amin

    Alfatiha utk njenengan…sent
    ===================

  10. Rajis

    LUMAYAN DPT PREMIUM :)

  11. hasibuan

    Terima kasih kang asef atas infonya

  12. arek ilank

    seepiiiiiiiii,,poooooollLLL

  13. arek ilank

    seepiiiiiiiii,,poooooollLL
    errrrooooooooorrrrrrrr kok teruuuus

  14. pawana

    Ijin menyimak dan mengamalkan sholawat jibril..

  15. by anak kecil

    Assalamu alaikum. ijin mengamalkan salawat jibrilnya ki

  16. Ki Rekso

    Izin nyimak dan ijajah nya ki.mari solawat.ya nabi salam alaika,ya rosul salam alaika,ya habib salam alaika solawatulloh alaika.

  17. SANG PETUALANG

    qobiltu

  18. qobiltu dapet no 18 ya gpp deh besok2 harus jadi yg pertamax

  19. tanya KI ?, sejarah sholawat, Ibril

  20. wongadus

    doanya ada penggalan dari sholawat khidir mbah…..

  21. josepcakra

    KIRIM PENDAFTARAN K.W.A

    NAMA : JOSEP SAROINSONG
    KOTA : JAKARTA BARAT
    NO HP : 08567 206-209
    NICK NAME : JOSEPCAKRA

  22. josepcakra

    Aneka macam pamor yang terdapat pada keris …

    SEKAR TEBU.Hampir seperti Blarak Ngirid atau Sinered, tetapi ujungnya tidak sampai kebilah keris, malainkan agak mengumpul ditengah saja dan guratannya lebih halus. Tidak pemilih dan tuahnya untuk kewibawaan dan kepemimpinan.         
     KLABANG SAYUTO. Seperti paduan pamor Blarak Ngirid dan Naga Rangsang. Sepintas seperti seekor klabang dengan kaki seribunya. Dipercaya bisa menambah kewibawaan dan kekuasaan. Pamor ini tergolong pemilih dan hanya cocok bagi yang memegang posisi pimpinan.
     MANGGAR. Mirip untaian Bunga Kelapa. Merupakan kumpulan dari bentuk pamor macam pamor Wiji Timun tetapi letaknya sering menyudut, bersusun dari sor-soran keujung bilah. Memudahkan mencari rejeki dan menonjol dalam lingkungan pergaulan. Tidak pemilih.
     JALA TUNDA. Tergolong pamor pemilih. Tuahnya untuk ketenaran, untuk menonjol dalam lingkungandan tergolong pamor langka walau dari teknik pembuatan tidak terlampau sukar. Sepintas mirip pamor Wengkon tetapi lebar dan pada bagian dalam ada lekuk-lekuk yang terkadang simetris berhadapan tetapi pada bagian lain sering tidak simetris. Pamor Jala Tunda yang bagus, garis-garis yang menjadi wengkon biasanya halus dan rangkap banyak sekali.
     SUMUR BANDUNG. Merupakan bulatan hitam besi tanpa pamor sebesar uang logam lima puluh sen-an atau lebih kecil sedikit letaknya ditengah bilah, diantara pamor – biasanya Wos Wutah nggajih atau Pendaringan Kebak nggajih. Banyak terdapat pada keris buatan Madura. Tergolong pamor pemilih dan paling cocok buat keprajuritan, militer atau yang belajar ilmu kekebalan.
    BUNTEL MAYIT. Nama yang menyeramkan, artinya “pembungkus mayat”. Tergolong pamor sangat pemilih. Kalau cocok akan cepat menanjak kariernya atau kekayaannya tetapi kalau tidak cocok bisa mendapatkan malapetaka. Karena itu bila menginginkan pamor ini sebaiknya ditanyakan dulu pada mereka yang tahu agar bisa dilihat cocok atau tidaknya.
     JAROT ASEM. Ini termasuk pamor langka walau tampaknya sangat sederhana tetapi pembuatannya sangat sulit. Sepintas seperti jalinan serabut kasar, saling menyilang arahnya tetapi tidak ada kesan tumpang tindih. Pamor ini dipercaya memberikan pengarus baik pada pemiliknya, menjadi teguh hatinya dan besar tekatnya. Amat cocok bagi yang punya cita cita besar baik dalam pendidikan ataupun dalam pekerjaan.
     KENDHIT GUMANTUNG. Ini termasuk pamor tiba. Letaknya dibagian sor-soran dan biasanya bercampur pamor yang lebih dominan seperti Wos Wutah atau Ngulit Semangka. Baik untuk setiap orang. Dipercaya dapat menolak segala macam penyakit menular, jadi seperti anti wabah. Tetapi pemiliknya harus menjaga tingkah lakunya dan jangan sampai menyeleweng dari jalan yang lurus.
     KUPU TARUNG. Sepintas seperti gambar kupu-kupu sedang berlaga. Namun esoterinya tidak ada sangkut paut dengan bidang laga, bahkan baik untuk pergaulan. Pamor ini tidak pemilih dan terletak sepanjang bilah dari sor-soran hingga ujung bilah.
     MRUTU SEWU. Mirip Udan Mas dan Sisik Sewu. Pamornya berupa bulatan besar dan kecil, rapat satu sama lainnya dan disela pamor yang berbentuk pusaran-pusaran itu ada semacam titik-titik pamor kecil. Pamor ini memudahkan mencari rejaki juga dipercaya orang memudahkan anak gadis atau janda dalam mencari jodoh dan pamor ini tidak pemilih.
    RATU PINAYUNGAN. Tergolong pamor tiban yang letaknya di sor-soran dan biasanya bercampur pamor dominan lainnya. Pengaruhnya baik pada pemiliknya, melindungi marabahaya, berwibawa dan punya pengaruh luas. Baik bagi seorang pimpinan tetapi tergolong keris pemilih.
     LAWE SETUKEL. Biasa disebut “benang setukel” atau “saukel”. Sepintas memang mirip benang yang diurai dari gulungannya. Keris ini cocok untuk polisi, militer atau pekerja lapangan. Banyak yang menganggap keris ini bisa menolak guna-guna dan keris ini tergolong pemilih.
     YOGAPATI. Hati-hatilah bila berjumpa dengan keris ini. Pamor ini punya pengaruh buruk sekali, terutama buat yang bekeluarga. Sering anak-anak sang pemilik sakit-sakitan atau bahkan meninggal. Sebaiknya dilarung saja.
     KINASIHAN. Ini pamor baik dan tidak pemilih, tuahnya disayang dan dihormati orang sekeliling. Factor rejeki juga baik, bisa lumintu (selalu ada saja)  
     KALACAKRA. Tergolong pamor langka. Untuk penguasaan wilayah, kekuasaan dan kewibawaan serta kepemimpinan. Baik dipakai oleh pemimpin masyarakat. Ada faktor penolak bala dan guna-guna.
     BUNGKUS. Bentuknya sederhana, Cuma gambaran seperti tonjolan berlekuk-lekukbagai kepompong ulat dan letaknya di sor-soran. Tuahnya memudahkan mencari rejeki, hemat serta merupakan pamor yang tidak pemilih. Paling cocok untuk pedagang atau pengusaha.
     

    SLAMET. Bentuknya mirip bayi berjambul sedang tidur. Letaknya di sor-soran dan juga terdapat pada tombak atau pedang. Tuahnya adalah untuk keselamatan dan tergolong “singkir baya”, termasuk berguna untuk menolak guna-guna. Kelebihan dibanding pamor lain, pamor Slamet ini juga mencegah fitnah serta omongan negatif. Tidak pemilih dan cocok untuk semua orang.
     MAKRIB. Kadang disebut pamor Makarib. Tuahnya baik sekali, menyangkut kepemimpinan, rejeki dan keselamatan dalam perjalanan dan pamor ini tidak pemilih.
     TELAGA MEMBLENG. Bentuknya menyerupai gelang-gelang yang tidak begitu bulat dan paling sedikit ada tiga gelang-gelang. Letaknya pada bagian pejetan (blumbangan) dibelakang gandhik. Tuahnya untuk penumpukan harta dan rejeki, yang sudah kita terima sukar keluar lagi kecuali untuk hal yang bermanfaat. Baik buat orang yang pemboros agar bisa lebih hemat dan pamor ini tidak pemilih.
     PANGURIPAN. Disebut juga pamor Ngurip-urip, mirip pamor Tamsul Kinurung tetapi bentuk utamanya bukan jajaran genjang melainkan lingkaran-lingkaran yang pada satu sisinya seperti meleleh. Letaknya ditengah sor-soran, tuahnya seperti namanya untuk memudahkan mencari sandang-pangan, rejeki. Pamor ini istimewa dan kadang bisa digunakan untuk mengusir mahluk halus. Perbawanya dijauhi binatang buas. Termasuk pamor tidak pemilih.
     DIKILING. Ada yang menyebut pamor Dingkiling atau Cengkiling, tuahnya buruk bagi yang sudah berumah tangga. Sering ruwet, cekcok dan tidak tentram bahkan bisa jadi rumahtangganya akan bubar.
     GANGGENG KANYUT. Tuahnya seperti Sekar Lampes, tetapi yang menonjol justru kewibawaannya, tergolong juga pamor pemilih.
    UNTHUK BANYU. Mirip dengan air berbuih, tuahnya untuk rejeki dan pergaulan serta mengurangi sifat boros. Tergolong tidak pemilh.
     
    WENGKON. Ada yang menyebut pamot Tepen, ada yang menyebut Lis-lisan. Bentuknya merupakan alur pamor yang merata sepanjang pinggiran bilah keris. Tuahnya macam-macam, ada yang bersifat perlindungan bagi pemiliknya agar terhindar dari bahaya. Ad yang memberikan perlindungan terhadap godaan batin, ada pula yang menambah rasa hemat. Pamor ini tidak pemilih.
    TEJO KINURUNG. Seperti perpaduan pamor Sada Saler dan Wengkon, tuahnya cenderung seperti Sada Saler yaitu berkaitan dengan kepemimpinan dan derajat. Tergolong pemilih.
     
    WIJI SEMEN. Tergolong pamor rekan dan juga pemilih. Tuahnya melindungi dari guna-guna atau mahluk halus. Tergolong pamor miring yang menempati bagian bilah dari sor-soran sampai keujung bilah.
     TUMPUK. Terletak dibagian sor-soran, bentuknya menyerupai garis melintang antara tiga sampai lima lapis, manfaatnya seperti Udan Mas, memudahkan “menumpuk” rejeki. Pada umumnya kerisnya lurus dengan dapur kalau tidak Tilam Upih atau Brojol.
     ROJOGUNDOLO (A). Sebagian orang menyebut Gundolorojo. Umumnya terletak ditengah sor-soran, namun adakalanya terletak agak ketengah bilah keris. Bentuknya mirip gambar mahluk yang menakutkan, kadang seperti perempuan kadang seperti laki-laki atau juga hewan. Rojogundolo yang bertuah biasanya yang dari pamor tiban dan bukan rekan.
     ROJOGUNDOLO (B). Umumnya bersifat perlindungan terhadap pemiliknya, bisa digunakan menolak guna-guna, memindahkan mahluk halus, membersihkan rumah “angker” bahkan jika kerisnya istimewa bisa digunakan menyembuhkan orang yang kesurupan. Tergolong pamor tidak pemilih dan bisa juga terdapat di tombak atau pedang.
    Masih banyak lagi pamor yang belum terdata disini, pamor buatanpun sering tidak terdata dengan baik dan kadang penamaan pamor juga hanya berdasarkan gambar yang terjadi belum ada padanannya atau juga karena timbul kreasi baru dari sipemesan keris kepada sang empu agar dibuatkan pamor seperti rancangannya.
    Semua masukan mengenai pamor yang baik tercantum didalam tulisan ini ataupun belum tercantum sangat diharapkan untuk melengkapi data dan kekayaan informasi pamor agar informasi itu tidak hilang begitu saja.

  23. josepcakra

    Parah sesepuh kwa,sy hanya ingin berbagi sedikit apa yg saya tahu dan apa yang saya punya. Agar supaya budaya dan warisan leluhur kita tidak hilang dimakan zaman.maaf kan saya jikalau saya lancing.

    AJI PENGASIHAN DANAN JAYA

    Aji pengasihan danan jaya merupakan rajanya pengasihan yang diciptakan oleh orang hindu, makanya dibuku primbon pun, tidak di cantumkan aji pengasihan danan jaya ini karena merupakan aji pengasihan yang bersifat siningit atau dirahasiakan.
    Siapa saja yang menguasai aji pengasihan danan jaya ini,akan menjadi rebutan kaum hawa atau kaum wanita. Ibaratkan jangankan yang masih perawan,yang sudah bersuami pun akan tergila-gila pada pemilik aji pengasihan danan jaya ini. Bukan itu saja, mahluk halus seperti: jin, setan, damyang, merkayagan tidak tega menganggu. Di samping itu bila aji pengasihan danan jaya ini dibacakan pada orang yang hendak menganiyaya anda,akan berubah menjadi iba melihat diri anda.

    Keampuhan aji pengasihan danan jaya ini konon klo ada orang yang berhasil memuasainya yakni puasa ngidang selama 40 hari, maka pohon-pohonan yang dilewati oleh orang tadi pada menukik ingin memayunginya. Aneh bin ajaib memang aji pengasihan danan jaya ini.

    Dalam cerita pewayangan aji pengasihan danan jaya ini aji pengasihan milik raden arjuna salah seoerang pandawa lima yang dikenal sebagai “LELANANGING JAGAT” (kesatria utama didunia) . konon tokoh wayang yang satu ini memiliki istri sebanyak 444, gila memang.

    Perlu diketahui bahwa mantra aji danan jaya itu bukan hanya ada satu saja, tetapi banyak dalam arti mantera aji pengasihan danan jaya banyak di pecah-pecah dan tentu saja yang asli hanya ada satu sedangkan yang lain hanyalah fotocopyannya saja. Yang penulis sajikan pada anda ini juga bukan yang aslinya, tetapi sekalipun begitu tidak akan kalah ampuh dengan yang aslinya bila lakunya (puasanya) dijalankan dengan benar.

    Untuk mendapatkan kehebatan aji pengasihan danan jaya ini, caranya sebagai berikut:
    puasa ngidang selama 40hari, dan sebelumnya mandi keramas terlebih dahulu.
    selama puasa pada waktu tengah malam lakukanlah sholat taubat,sholat hajat khusus,silsilah dan membaca mantranya sebanyak-banyaknya.
    salama puasa setelah selesai sholat 5 waktu manteranya dibaca sebanyak 7x, dan setelah selesai puasanya setelah sholat 5 waktu manteranya dibaca sebanyak 3x saja.

    SILSILAH:
    BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM ILA HADHROTIN NABIYYIL MUSHTHOFA SAYYIDINA MUHAMMADIN SHOLALLAAHU ‘ALAIHI WASSALAM WA ‘ALAA AALIHI WA ASHHAABIHI WA AZWAAJIHI WA DZURRIYAATIHI WA AHLI BAITIHI WA ATBAA’IHI SYAIUN LILLAAHI LAHUM AL FATIHAH…..

    TSUMMA ILA ARWAAHI JAMII’IL ANBIYAA-A WAL MURSALIINA WAL MALAIKATIL MUQORROBIINA WASY-SYUHADAA-I WASH-SHOOLIHIINA WA KHUSHUUSHON ILAA RUUHI ABIINAA ADAM WA UMMINAA HAWA WAMAA TANAASALA BAINAHUMAA ILAA YAUMID DIINI SYAIUN LILLAAHI LAHUMUL AL FATIHAH…….

    TSUMMA ILAA ARWAAHI ARBA’ATISH-SHOHAABATI WAHUM SAYYIDI-NAA ABU BAKAR WAUMAR WAUSTMAN WA ‘ALI RODIYALLAAHU ‘ANHUM SYAIUN LILLAAHI LAHUM AL FATIHAH…….

    TSUMMA ILAA ARWAAHI JAMII’I AULIYAA-ILLAAAHI TA’AALA MIN MASYAARIQIL ARDHI ILA MAGHOORIBIHAA FII BARRIHAA WABAHRIHAA MIN YAMIINIHAA ILA SYIMAALIHAA KHUSHUUSHON ILA HADHROTI SULTHOONIL AULIYAA-I SYAIKH MUHYIDDIN ABDUL QODIR ZAELANI BAGHDADI WAUSHUULIHIM WAFURUU’IHIM WA AHLI SILSILATIHIM WAL AAKHIDZIINA MINHUM SYAIUN LILLAAHI LAHUMUL AL FATIHAH………..

    WA ILA ARWAAHI JAMII’I MASYAA-IKHINAA WA USTADZIINAA WA MU’ALLI MIINAA WAMAN AJAAZANAA ILA MUNTAHA SYAIUN LILLAAHI LAHUM AL FATIHAH…………….

    WA KHUSHUSHON ILA RUUHI ABI WA UMMI SYAIUN LILLAAHI LAHUM UL AL FATIHAH………..

    MANTERA AJI PENGASIHAN DANAN JAYA

    BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM
    HONG, NIAT INGSUN NETRAPAKEN
    ILMU DANAN JAYA
    KAYU WAYANG KAYU URIP
    KAYU SEMAR KAYU MATI
    KETOK BUMI SAISINE
    SENAJAN WONG SEKABEHE MANING
    ORA WELAS ASIHA MARING BADAN INGSUN
    SENAJAN JIN,SETAN,DAMYANG,MERKAYANGAN
    YEN WIS TAK WATAK ILMU DANAN JAYA
    KATUT MANGSA WURUNGA

    Keterangan tambahan:
    kalau ditujukan untuk satu orang, kalimat : WONG SEKABEHE digantikan dengan nama orang yang dituju.
    Tiap-tiap anda membaca mantera aji pengasihan danan jaya ini dan mendapatkan 1x bacaan anda tahan nafas, terus jejakan kaki anda yang sebelah kanan kebumi sebanyak 3x, atau kalau anda membaca manteranya sambil duduk, anda cukup memakai tangan anda yang sebelah kanan saja. Anda membaca manteranya 1x, anda tahan nafas terus pukulkan tangan anda yang sebelah kanan tadi kebumi sebanyak 3x.
    Ajian pengasihan danan jaya ini hanya bisa dipakai oleh pria.

    Ilmu pengasihan yg satu ini sy peroleh dari bpk guruku bahroni bin master,indramayu

  24. OJIBUAKU

    absen……… nderek nyimpen syukur bisa ngamalkan…….. amien sent alfatihah…… sohibul ijazah……

  25. wisanggeni

    @ Sayyid Kahyail

    Di bayar Pada Bulan Muharrom.
    * Puasa (Biasa) -niat puasa Bulan Muharrom ( terserah berapa harinya )
    * Puasa (Biasa) -niat puasa Amalan ( 7 hari ) , tata caranya…..
    dalam berbuka membatalkannya dengan 3 buah kurma,air putih,dan
    dilarang memakan daging berwarna merah.

    saya mau nanya nih, apa puasanya ada 2 model, apa semua model diatas hrs dijalanin?

  26. wisanggeni

    @josepcakra : sptnya ahli dlm pamor keris ya? bisa nggak saya minta tolong soal pamor keris saya, ini peninggalan ortu. kalo boleh minta emailnya?

  27. wong mbohol

    USUL: untuk mencegah meletusnya merapi gimana sesepuh KWA mengadakan istighotsah/ doa bersama dengan bacaan asma bledug awu rajeh???
    Konon asma’ tsb dapat meredam letusan gunung berapi.

  28. Sham

    Assalamualaikum..izin saya amal selawat jibril

  29. Rasa

    Alhamdulilah Ahkir nya ketemu uga nc solawat Sayyid Kahyail
    mksi iia k ..

  30. ASS…SAYYID KAHYAIL?MHON IJIN AMLKN SHOLAWAT JIBRIL INI.INSYA ALLAH.SAYYID BILA WKTU PUASANYA BS TDK DG PUASA LAIN(MUTIH DLL)?

  31. beys

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ .
    Mohon ijin dan perkenannya untuk mengamalkan solawat jibril.
    Terima kasih

  32. An's mr

    Qobiltu ijin ngamalin

  33. Muhammad Fauzi

    ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
    Numpang singgah mbah—
    sak derenge maturnuwon
    WASSALMU’ALAIKUM Wr Wb.

  34. mohon buat kampus woeng alus.menerawang batu mustika macan slimpet saya.makasih

  35. deden komara

    Qobiltu….

  36. Ahmad muchlis

    Ijin ikut mengamalkan mbah. Dan bgmn sy bs lgsg bcr sm mbah utk ijin mengamalkan

  37. faiztwin

    asslmkm..izin meng amalkan pak

  38. Bajank Lombok

    Izin ngamalinn…

  39. Syah Rizan

    Qobiltu, minta izin mengamalkan Sholawat Jibril ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: