KESATUAN DENGAN “AKU”


KI SUKMA RAHAYU

INI DIALOG SUFISTIK ANTARA KI AGENG JJ DENGAN KI SUKMA RAHAYU TENTANG BAGAIMANA SESUNGGUHNYA MENJALIN KEAKRABAN ANTARA MANUSIA DENGAN TUHAN.

TANYA: Ki Sukma Rahayu (Luciola Eberta Jovita): Salam Rahayu karaharjan katur mbak Sukma sekeluarga. ‘AKU’ sebuah kata yang slalu menjadi pertanyaan yg mendalam. Tetapi amatlah rumit dan tak terkira jawabnya. Saat ‘AKU’ meng’aku’ paling inilah Paling itulah dan paling paling yg lain. Pertanyaannya: siapakah ‘AKU’ yg telah berani beraninya meng’aku’ ? …

JAWAB Assalamualaikum Wr.wb. Selamat malam Para Sesepuh KWA yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu semoga Alloh Meridhoi Sesepuh,sedulur dan saudara/i semua. amien. Maap untuk Menjawab Pertanyaan Sesepuh Ki ageung JJ sebetulnya saya Pribadi bukan orang Pintar kyai,ustadz, dan masih perlu banyak Belajar dari Panjenengan,aplagi saya seorang mualaf tetapi insya Alloh saya jawab tetapi bukan berarti bisa tetapi semata Pemahaman yang saya Pahami.

Pertanyaannya: siapakah ‘AKU’ yg telah berani beraninya meng’aku’ ? … Maap kalimat tersebut bukan berati “AKU” telah beraninya meng”AKU” dalam artian saya berani mengaku. Ucapan tersebut pada umumnya di pakai orang sufi/haqeqat, dibalik tersurat ada tersirat yang memahaminya dalam arti tersirat hanyalah kalangan Sufi/arti haqeqat sendiri, disinilah pangkal utama Perselisihan dan timbulnya tuduhan orang-orang Ahli Syareat (ahli dzahir), dan untuk memahami ucapan mereka yang ganjil itu, seharusnya dengan kacamata mereka pula.

Namun Untuk saya pribadi beranggapan bahwa kalimat tersebut terlalu berani di ucapkan, dan amat membahayakan terhadap orang awam dan selain itu mengundang silih sengketa, namun demikian saya pribadi tetap berbaik sangka kepada ALLOH bahwa alasannya adalah:

1. Dalam Kesendiriannya kata2 tersebut di ucapkan kaum sufi/ahli haqeqat dalam keadaan Syatathoh tanpa terkendali oleh aqal (saking cinta dekatnya dg sang pencinta)
2. Kalimat tersebut di ucapkan adalah karena karunia Alloh SWT.
3. Bahwa para Pendaki yang sudah Meng”AKU” karena berpendapat dahuu dia sangka kalimat2 Alloh,aku, dan Doa itu seutuhnya miliknya sendiri, lahir dari lidahnya sendiri, dan atas dasar pengetahuan dan Kemampuannya sendiri, tidak diketahuinya ada suatu penekanan bagi org Khowas dari suatu hadis Qudsi : La ilaha Illa Alloh adalah Ucapanku (alloh) dan dia adalah bentengku, barang siapa yg masuk kepada bentengku, amanlah dari siksaku”

Setelah merenungkan itu semua, sadarlah bahwa kaum Ahli haqeqat bahwa yang di yaqini adalah salah. Mari kita simak dari kutipan Senossi- Almiraj Sufi & Islamic Study Centre Ditulis oleh Ali Mursyid FA-Almiraj Sufi ElSenossi & Pusat Studi Islam dari cairo Mesir yang saya terjemaahkan dari bahasa inggris ke indonesia.

Tujuan transformasi diri untuk menghapus semua tabir antara kita dan Allah. Final Tabir adalah” Aku “, arti keterpisahan membawa kita masing-masing. Untuk menghapus ini jauh dari mudah. Tanyakan kepada diri sendiri,” Bagaimana saya bisa mengambil “Aku” keluar dari aku? ”

The Sufis take as their starting point the Unity of Allah– ‘ La ilaha ill Allah ‘ – There is no god but One God; There is no reality but One Reality. Para sufi mengambil sebagai titik awal mereka Kesatuan Allah-”La ilaha sakit Allah – Tidak ada Tuhan selain Tuhan Yang Maha Esa; Tidak ada realitas, tetapi Satu Realitas. It is not that we have to acknowledge the Unity of Allah. Itu bukan bahwa kita harus mengakui Kesatuan Allah. He does not need our confirmation of His Oneness. Dia tidak membutuhkan konfirmasi kita Keesaan-Nya. This acknowledgement is for our own benefit. Pengakuan ini adalah untuk kepentingan kita sendiri. When one starts with Unity it is easy to integrate all the different “I’s” which have no function except to confuse and mislead us. Ketika seseorang mulai dengan Persatuan mudah untuk mengintegrasikan semua berbeda “I” yang memiliki fungsi apapun kecuali untuk membingungkan dan menyesatkan kita. For this reason the practices of the Sufis include the remembrance of Allah ( Dhikr ) and His Names, in various forms, to awaken the consciousness and activate the subtle centres of the heart. Untuk alasan ini praktik para sufi termasuk mengingat Allah (Dzikir) dan Nama-Nya, dalam berbagai bentuk, untuk membangkitkan kesadaran dan mengaktifkan pusat-pusat halus jantung.

In Sufism there are seven stages of consciousness. (Stages of the Self) When we progress through them we will reach the Ultimate Truth and the Ultimate Unity of Realization in Allah. Dalam tasawuf ada tujuh tahap kesadaran. (Tahapan Diri) Ketika kita kemajuan melalui mereka kita akan mencapai Kebenaran Ultimate dan Kesatuan Ultimate Realisasi pada Allah. It is hard; and at the same time it is easy. Sulit, dan pada saat yang sama mudah. If we are sincere and if we have great determination (himma ) and really wish to be with Allah then, as Allah says in the Holy Qur’an, He is closer to us than our jugular vein. Jika kita tulus dan jika kita memiliki tekad yang besar (himma) dan benar-benar ingin dengan Allah itu, sebagaimana Allah berfirman dalam Al Qur’an Suci, Ia lebih dekat kepada kita daripada urat nadi kita.

It has been said that there are 70,000 veils between the seeker and Allah, but there are no veils between Allah and the seeker. Telah dikatakan bahwa ada 70.000 cadar antara pencari dan Allah, tetapi tidak ada selubung antara Allah dan para pencari. The complications are from our side. Komplikasi yang berasal dari pihak kami. We have to put our lives in order and bring peace and knowledge and proper behaviour to our existence so that we may be able, gradually, to remove the veils of personality, conditioning and lower desires (and after that, the higher desires). Kita harus menyerahkan hidup kita dalam rangka dan membawa perdamaian dan pengetahuan dan perilaku yang tepat untuk keberadaan kita sehingga kita dapat, secara bertahap, untuk menghilangkan cadar kepribadian, penyejuk dan keinginan rendah (dan setelah itu, keinginan yang lebih tinggi).

“The Sufis are people who prefer Allah to everything and Allah prefers them to everything else.” “Para Sufi adalah orang yang lebih memilih Allah untuk segala sesuatu dan Allah lebih suka mereka untuk segala sesuatu yang lain.”

So the first step, as we mentioned, is the acknowledgment of the supremacy of Allah, and the acknowledgement which includes the acceptance of 124,000 Prophets and Messengers of Allah who have been sent to humanity and to all the creations in the universe, (those creations that we know of and those that have not been discovered yet). Jadi langkah pertama, sebagaimana telah disebutkan, adalah pengakuan supremasi Allah, dan pengakuan yang meliputi penerimaan 124.000 Nabi dan Rasul Allah yang telah dikirim ke kemanusiaan dan kepada semua ciptaan di alam semesta, (yang kreasi yang kami ketahui dan mereka yang belum ditemukan).

The last Prophet and Messenger of Allah is the Holy Prophet Muhammad ÷ . Nabi terakhir dan Rasul Allah adalah Nabi Muhammad ÷. If we acknowledge this then the second step is to worship, because there is no point in acknowledging Allah if we do not fulfill His commands. Jika kita mengakui ini maka langkah kedua adalah ibadah, karena tidak ada gunanya mengakui Allah jika kita tidak memenuhi perintah-Nya. As a Sufi poet said: “You disobey Allah and yet you claim His Love. That is indeed a very strange kind of love!” If you truly love Allah you will obey Him because the lover is in a state of total surrender to his Beloved. Sebagai seorang penyair sufi berkata: “Kamu tidak mentaati Allah dan belum Anda mengklaim Nya Cinta kasih. Itu memang sangat aneh semacam!” Jika Anda benar-benar mencintai Allah Anda akan mematuhi-Nya karena kekasih berada dalam keadaan menyerah total nya Kekasih . So – worship you must! What does is mean to worship? Jadi – ibadah Anda harus menyembah! Apa yang berarti untuk? Worship is not just the movements of the body. (Movement of the Prayer) .

It is the orientation of the heart so that the object of your love is the Supreme Being. Ibadah bukan hanya gerakan tubuh. (Gerakan Doa) . Ini adalah orientasi hati sehingga objek cinta Anda adalah Mahatinggi. It is a state of knowledge, because in the true sense you cannot worship something that you do not know. Ini adalah keadaan pengetahuan, karena dalam arti sebenarnya Anda tidak bisa menyembah sesuatu yang anda tidak tahu. So, the Sufis say: “Worship!” Jadi, para sufi mengatakan: “Ibadah!” Worship in the Arabic traditions is called ibadat . Ibadat should take us to ‘ubudiyya meaning slavehood. Ibadah dalam tradisi Arab disebut ibadat. Ibadat harus membawa kita ke ‘ubudiyya makna slavehood. You are slave to none but the One. Anda budak tidak ada tapi Satu.

If worship does not produce this result then it has not been done properly. The highest state of consciousness is to be completely and totally submitted to your Beloved, Allah, the Supreme Being and the Creator of all things and the sustainer of all things, because we all remember when we arrived to planet Earth, we arrived without any luggage, Ipods, computers, or any of the other gadgets that we depend on in our daily lives. Jika penyembahan tidak menghasilkan hasil ini maka belum dilakukan dengan benar. Keadaan tertinggi kesadaran harus benar-benar dan sepenuhnya diserahkan kepada Anda Kekasih, Allah, Yang Mahatinggi dan Pencipta segala sesuatu dan penopang segala sesuatu, karena kita semua ingat ketika kami tiba untuk planet Bumi, kami tiba tanpa, Ipods, komputer koper, atau salah satu gadget lain yang kita bergantung pada dalam kehidupan kita sehari-hari. We think that if we don’t have them, our lives will be disastrous. Kita berpikir bahwa jika kita tidak memilikinya, hidup kita akan menjadi bencana.

The Holy Prophet ÷ has said, “What I say is the Law, what I do is the Way and my inner state is Reality”. Nabi ÷ mengatakan, “Apa yang saya katakan adalah Hukum, apa yang saya lakukan adalah Jalan dan negara batin saya Realitas”. There are three stages of practice and understanding in Sufism: Ada tiga tahap praktek dan pemahaman tasawuf:

Islam (submission) Islam (penyerahan)
Iman (belief) Iman (kepercayaan)
Ihsan (perfection) or, you could say: Ihsan (kesempurnaan) atau, Anda bisa mengatakan:

Shariah (The Law) Syariah (Hukum)
Tariqah (The mystical Path) Thariqah (Jalan mistik)
Haqiqah (Reality) Haqiqah (Realitas)

Each is built upon the stages that go before.When we combine this knowledge based on the Holy Qur’an, we will come face to face with each of the seven stages of consciousness. Setiap dibangun di atas tahap yang masuk before.When kami menggabungkan pengetahuan ini berdasarkan Al-Qur’an Suci, kita akan berhadapan dengan masing-masing tujuh tahap kesadaran.

Islam (submission) Islam (penyerahan)
Iman (belief) Iman (kepercayaan)
Ihsan (perfection) Ihsan (kesempurnaan)
‘Ilm al Yaqin (knowledge of certainty) ‘Ilm al Yaqin (pengetahuan tentang kepastian)
‘Ain al Yaqin (the eye of certainty) ‘Ain al Yaqin (mata kepastian)
Haqq al Yaqin (the Reality of Certainty) Haqq al Yaqin (Realitas Kepastian)

The seventh stage is the Complete Self, known also as Hayat as-Sha’ur , the Life of the Senses. Tahap ketujuh adalah Diri Lengkap, dikenal juga sebagai Hayat as-Sha’ur, Kehidupan dari Sense.

To start this process, you must take the necessary steps. Untuk memulai proses ini, Anda harus mengambil langkah yang diperlukan. It is highly recommended to observe the month of fasting every year (the Holy month of Ramadhan) in order to experience something of hunger,to tame the animal self and to become conscsious of the suffering of the human being who has nothing to sustain them. The Murshid, or Teacher of a Sufi order or school to whom one attaches oneself, may recommend other fasts if they are required. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengamati bulan puasa setiap tahun (bulan Suci Ramadhan) untuk mengalami sesuatu yang kelaparan, untuk menjinakkan hewan diri dan menjadi conscsious dari penderitaan manusia yang tidak memiliki apapun untuk mempertahankan mereka. Murshid, atau Guru tatanan sufi atau sekolah untuk yang satu menempel pada diri sendiri, dapat merekomendasikan puasa lainnya jika mereka diperlukan.

There is also zakat, or charity, which deals with material wealth. Ada juga zakat, atau amal, yang berkaitan dengan kekayaan materi. The Holy Prophet ÷ never kept anything more than what he needed for the day and he is our example to follow. Nabi ÷ pernah menyimpan sesuatu yang lebih dari apa yang dibutuhkan untuk hari itu dan dia adalah teladan kita untuk mengikuti. When we practise zakat , which requires a percentage of wealth to be given to the needy, then, according to the esoteric Teaching, we are learning detachment, generosity and many other qualities.

Ketika kita berlatih zakat, yang membutuhkan persentase kekayaan yang harus diberikan kepada yang membutuhkan, kemudian, menurut Pengajaran esoteris, kita belajar detasemen, kemurahan hati dan kualitas lainnya. We must know that the best gift one can give to others is a heart full of love and respect for all the creations of Allah. Kita harus tahu bahwa hadiah terbaik yang dapat memberikan kepada orang lain adalah hati yang penuh cinta dan hormat untuk semua ciptaan Allah.

Additionally there is the Hajj or pilgrimage. Selain itu ada haji atau ziarah. The Holy Prophet ÷ said: “Whoever dies without the intention to go on the Pilgrimage, may die on a different faith than that of the religion that I brought”. One must strive to perform pilgrimage to the House of Allah once in a lifetime. ÷ Nabi bersabda: “Barangsiapa mati tanpa niat untuk pergi Ziarah, bisa mati di iman berbeda dengan agama yang aku bawa” seumur hidup. Orang harus berusaha keras untuk menunaikan ibadah haji ke Rumah Allah sekali di. However, the real pilgrimage is to travel to one’s heart because it is the Real House of Allah.

Namun, ziarah sesungguhnya adalah melakukan perjalanan ke hati satu karena itu adalah Real Rumah Allah. Allah says in a Hadith Qudsi (Holy saying) “Neither My heavens nor My earth contain Me, but the heart of My true believer contains Me”. Allah berfirman dalam Hadis Qudsi (Suci berkata) “Baik saya langit bumi tidak saya mengandung Aku, tetapi hati orang percaya sejati saya berisi Me”. This ‘containment’ is of knowledge and realisation and illumination. Ini ‘penahanan’ adalah pengetahuan dan realisasi dan pencahayaan.

The Holy Prophet ÷ has said “die before you die” and he also said “whosoever knows himself, knows his Lord”. ÷ Nabi Suci telah mengatakan “mati sebelum kamu mati” dan ia juga mengatakan “barangsiapa yang tahu dirinya, tahu Tuhannya”. So the Sufis use all of these methods and more to transform the self. Jadi Sufi menggunakan semua metode ini dan lebih untuk mengubah diri. It is common knowledge that the ego-self cannot surrender to itself. Sudah menjadi rahasia umum bahwa diri-ego tidak dapat menyerah kepada dirinya sendiri. From the very beginning of our lives we are learning from our parents, our peers, schoolteachers, our university lecturers, and the masters of whatever trade we undertake. There is always someone at the beginning who must show us how to learn and Tasawwuf is no exception. S

ejak awal hidup kita kita belajar dari orang tua kita, rekan-rekan kita, guru, dosen universitas kami, dan para empu perdagangan apa pun yang kita lakukan. Selalu ada seseorang di awal yang harus menunjukkan kepada kita bagaimana untuk belajar dan Tasawwuf ada pengecualian. However, there is something unique to Islam and to Tasawwuf in particular, called bay’at , which was performed by the Holy Prophet ÷ and this practice still continues right to our time. Namun, ada sesuatu yang unik untuk Islam dan Tasawwuf khususnya, bay’at disebut, yang dilakukan oleh Nabi Suci ÷ dan praktek ini masih terus hak untuk waktu kita. In some parts of the world it is called mukaffaf – taking of the hand. That is, you must take the hand of the one nearest to you to link you to the chain which goes back to the First Teacher who brought this Teaching to us, the Holy Prophet Muhammad ÷ , who links us to Allah Himself.

Di beberapa bagian dunia itu disebut mukaffaf – dari. Tangan mengambil Artinya, Anda harus mengambil tangan dari orang terdekat Anda untuk link Anda ke rantai yang akan kembali ke Guru Pertama yang membawa ini Pengajaran kepada kami, Nabi Muhammad ÷, yang menghubungkan kita kepada Allah sendiri. It is like a very powerful magnetic circle. Hal ini seperti lingkaran magnet sangat kuat. The one who attaches himself becomes like a magnet, receiving the barakah, spiritual blessings , and participating in the Universal Remembrance of Allah, because this Teaching is for all of humanity. It is Universal. Orang yang melekat pada dirinya menjadi seperti magnet, menerima barakah, berkat rohani, dan berpartisipasi dalam Universal mengingat Allah, karena ini Pengajaran adalah untuk seluruh umat manusia. Ini adalah Universal. It is fresh and unadulterated and it gives you access to everything that your heart desires and unlocks the mysteries of everything you want to know, but were afraid to ask. Hal ini segar dan murni dan memberikan Anda akses ke segala sesuatu yang keinginan hati Anda dan membuka misteri semua yang anda ingin tahu, tapi takut untuk bertanya. I beseech my Beloved Allah to fill the hearts of those who seek the Truth and nothing but the Truth, with the Truth, so that they may become free, inward and outward.

Saya mohon saya Kekasih Allah untuk mengisi hati orang-orang yang mencari kebenaran dan hanya kebenaran, dengan kebenaran, sehingga mereka bisa menjadi bebas, ke dalam dan luar. The 21st Century, the end of the cycle is a wonderful time if the eye of the heart is open, but it is a dangerous time for those who are in a comatose state of forgetfulness. Their only worries and concerns deal iwth the material world, the enslavement to their work and their bodily needs and desires and the weekly rituals of pushing the tripod trolley through the supermarket, which has become our ‘home away from Home’. Abad 21, akhir siklus adalah waktu yang indah jika mata hati terbuka, tetapi merupakan waktu yang berbahaya bagi mereka yang berada dalam keadaan koma dari kelupaan. Kekhawatiran hanya mereka dan menangani masalah dengan dunia material, perbudakan untuk bekerja dan kebutuhan tubuh mereka dan keinginan dan ritual mingguan dari mendorong troli tripod melalui supermarket, yang telah menjadi ‘kami’ pulang pergi dari rumah.

Almiraj Sufi & Islamic Study Centre was established many years ago in Hobart, Tasmania, Australia. Almiraj sufi & Pusat Studi Islam didirikan beberapa tahun lalu di Hobart, Tasmania, Australia. It provides all those who want to know – and who really want to know – with a large range of books on Sufi traditions and their original sources and other traditions as well. Ini menyediakan semua orang yang ingin tahu – dan yang benar-benar ingin tahu – dengan berbagai macam buku tentang tradisi Sufi dan sumber asli mereka dan tradisi lainnya. So, I hope this introduction helps to give you some idea, but if you want more than the menu – the kitchen and the Cook are here on the Web. Jadi, saya berharap pengenalan ini membantu untuk memberikan ide beberapa, tapi jika Anda menginginkan lebih dari menu – dapur dan Cook di sini di Web. May your search bring you success in this life and the next. Anda cari Mei membawa Anda sukses dalam kehidupan ini dan berikutnya.

And may Allah fill our hearts and yours with Peace, Love and Knowledge and Guide us all to Him, by Him. Dan semoga Allah mengisi hati kita dan Anda dengan Peace, Love dan Pengetahuan dan Panduan kita semua kepada-Nya, oleh-Nya. Ameen. Ameen.

Sufism is but a name; when it is finished, only Allah remains. Sufisme hanyalah nama, ketika sudah selesai, hanya Allah tetap. Written by Murshid FA Ali ElSenossi- Almiraj Sufi & Islamic Study Centre Ditulis oleh Ali Mursyid FA-Almiraj Sufi ElSenossi & Pusat Studi Islam.

Maapkan kekurangan dan keterbatasan saya pribadi. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 65 Komentar

Navigasi tulisan

65 gagasan untuk “KESATUAN DENGAN “AKU”

  1. petamaxah

  2. Lucifer

    pertamax

  3. Cungkring Cerbon

    Perakkkkkkk

  4. Lucifer

    walah,ternyata solar….KI guru Sukma Rahayu nyimak

  5. arubian

    ahhhhhhh yg ke papatttttt

  6. ari.hermana

    muantaaaaaaaap….

  7. Dewi Sri

    Bismillah….

  8. Cungkring Cerbon

    meleset,dpt perunggu……Maaf Ki lebih enak andai paragrapnya tidak diselang seling kalimatnya indonesia inggris jd fokus dg bahasa yg dimengerti,maaf krn sy kurg bs bahasa londo….Jd sy sulit menarik jawaban dr prtanyaan Ki sukma (sdg pake bahasa indonesia z dah susah dicerna)….Nuwun ki

  9. dead man

    @dewi sri,,,,,, aslm. mba dewi sri apa kbr,,,????

  10. JM

    9

  11. Dewi Sri

    @dead man :kabar baik nich…semoga panjenengan jg dlm kebajikan..

  12. dead man

    @dewi sri,,,,,, kok hpnya gak aktif?????

  13. Satrio Mataram

    aku pusiiiiiiinggggggg…..nggak dong boso londo……

  14. Orang Bodoh bin miskin

    hmm,,,..kyknya Aku-akuan aja dari tadi.

    Cuman Aku bisa bilang dari enyak,mpok,babe ane di ajarin kyaknya begini:

    Aku Seorang Kapiten
    Mempunyai pedang panjang
    Kalau berjalan prok-prok
    Aku adalah Kapiten…

    Coba simak kate nyak:
    Aku artinya kapiten= maksudnya kapitennya diri/rajanya diri
    mempunyai pedang panjang= setiapucapan adalah pedang
    kalau berjalan prok2=artinye jng sombong di muka bumi
    aku adalah kapiten=artinye AKUlah yang menggerakan seluruh tubuh.

    pis………….

  15. Ki Sukma Rahayu

    Wa alikum salam..Salam takdzim .@ki alus semoga Alloh Ridha mlm ini mohon maap atas sgla kekurangan dan pembeljaran sy ini..

  16. Putra Raden Pajajaran

    wiih…para master & jago2 Haqeqat pada muncul sesepuh kita:

    Salam takzim buat Ki Wong alus
    Salam Takzim buat Ki Sukma rahayu
    Salam Takzim buat Nyai Dewi Sri
    Salam Takzim buat Qobiltuman……dan sesepuh lainnya..

    ndrek nyimak aja monggo di lanjut

  17. Dewi Sri

    Salam hormat & takdzim juga buat sesepuh Rektor kita @Ki wong alus dan selamat malam buat para sedulur semua…

    Salam hormat pula buat :
    @qobiltuman
    @Deadman
    @lucifer
    @ayar sutarem
    @Putra Raden Pajajaran

    Semoga malam ini penuh kebahagiaan..

  18. Dewi Sri

    @deadman : iya nomer buat di KWA paling di buka tiap 3 hari sekali. maklum nich..bnyk yg kpengen janjian malam mingguan….maap2..xixii

  19. Orang Bodoh bin miskin

    hmm…semua pade ngomong sndri2 Si bodoh di cuekin.

    tapi mantap………….he7x

  20. dead man

    @dewi sri,,,,,,,,, hehhehehehe nanti janjian sama saya aja mlm mingguannya. hihihihi salam.

  21. teratai

    punten. inginya sih nyimak tapi tete ora mudeng…..

  22. Putra Raden Pajajaran

    mantap pisan …ki sukma rahayu sy kgum sama jenengan

    maapkan Ki sukma Rahayu
    Sudikah sy menjadi murid anda…
    benar2 tdk tahu ttng ke ilmuan ini
    mohon pencerahannya..

  23. Dewi Sri

    @ki Teratai : klo mundeng teh naon teu ngertos…he..he..
    @ki dead man : iya malam mingguan di dago pakar sambil makan jagong bakar..tp hati2 makan bini org…xixixi..salam..salam…
    @Putra raden pajajaran : berguru ke Ki Sukma Rahayu mah…gawat..xixixi

    Gawatnya ntr di ajak kholwat di kamar sepi..sereeem…..jangan ah…(harman) ntr kyk siapa yach….

  24. Pemulung dekil

    absen malam sambil ijin nyimak…

  25. dead man

    @dewi sri,,,,,,, hahaha ya sdh klo maba dewi sdh berkeluarga, aku ajak ki sukma rahayu saja klo bgtu. xixixixii

  26. Dewi Sri

    xixixii tau aje….tukang ngintip silahkan ajak Ki sukma Rahayu to hrs fasih bhs German,bahasa sunda, dan bahasa Suryani,dan arab…silahkan klo yang mau…xixixi maap Ki sukma Rahayu guyon…

  27. dewikilisuci

    Waduh jawaban pertanyaanya mbulet.Yang simpel saja pa g ada?

  28. dewikilisuci

    Kalau ada yg mudah knp mencari yg sulit?

  29. Dewi Sri

    @dewikilisuci: betul klo ad yang mudah mengapa mencari yang sulit, klo yang sulit itu diri sendiri mengapa harus mempersulit bukankah tuhan tdk pernah mempersulit hambanya, sbgmn hambanya mempersulit diri…

    Masalah klo
    Dibuat susah ya..susah……..
    Dibuat jlimet ya…jlimet
    Dibuat gampang….ya gampang
    dibuat mudah ya mudah…….
    bagaiman qtnya ya…memandang sesuatu…

    tul kan……..maap………saya juga sulit memahaminya tp buat mudah ja dech…drpada pusing2 ambil intinya aj…

  30. bodokeremezken

    assalamu’alaikum Wr Wb

    salam salim ,salam homat ,salam ta’zim katur;
    @ kanjeng guru kyai mbah ki alus
    @ kanjeng guru budhe nyai sukmo rahayu
    @ kanjeng guru budhe nyai dewi sri dan poro2 kanjeng guru semuanya.

    bersyukurlah sedulur2ku yang disampingnya ada guru ,ustad ,kyai dsg. ditopang lagi banyaknya panduan buku2 ,kitab2 ,dll. ditambah lagi keadaan ekonomi yang mendukung saudara2 semua untuk belajar kesekolah yang lebih tinggi ,,,bersyukurlah,,,.dengan adanya semua itu setidak2nya berpengaruh pada wawasan ,cara pandang dan setidak2nya secara IQ diatas standart.

    sedang semua itu tidak ada pada saya , syukur kehadirat gusti kang moho mirah lan welas asih. saya diperkenalkan blog ini ,hingga saya diperkenanankan mempunyai guru2 disini……..trimakasih kanjeng guru ki alus ,kanjeng guru bu nyai sukmo rahayu dan semuanya bagi saya adalah guru2 saya.

    beragam pencerahan2 ,artikel2 walaupun saya yang bodoh ini tidak bisa memahami ,tapi alhamdulillah dari kebodhohan ini menambah keyakinan diri akan adanya titik pusat ,yang darinya harus mutlak benar.

    @dari sedikit uraian saya diatas yang ingin saya tanyakan kepada KANJENG GURU BU NYAI SUKMO RAHAYU ;

    saya belum paham apa itu AKU yang darinya/ketemunya akan lenyaplah semua yang ada………….

    kanjeng guru bu nyai budhe sukmo rahayu Apakah orang seperti saya ini ,yang tidak punya guru ,kyai ,ustad ,buku2 ,kitab ,dll.bisa sampai / wusul kepada-NYA ,kalau toh bisa mohon dengan sangat apa resebnya ,dan kalau ada saya minta formulanya atau resebnya yang paling murah dan mudah……?

    mohon maaf yang sedalam2nya ,sebesar2nya mungkin bahasa saya (coro jowone;WAGU TOR LUGU) itulah kenyataanya dan saya sendiri bukan orang yang terpelajar ;mungkin bahasa penulisan saya sulit difahami ,mohon dimengerti ;

    katur mbakyu sukmo rahayu kaulo aturaken agenge pangaleksami .matursembahnuhun.
    sugeng rahayu kerahayon

    wassalamu’alaikum Wr Wb.

  31. Sanjaya Guitarholic

    Guten tag ich bin eine gute Schwester Herz. Gluck immer fur alle Ihre Arbeit.

  32. Sanjaya Guitarholic

    @Dewi Sri: assalamu’alaikum. Kumaha damang teh? Pami Arcamanik Indah langkung caket di Sukamiskin atanapi ti Antapani? Hehehe.

  33. Dewi Sri

    Assalamu alaikum wr.wb.

    Menyambung dan meluruskan jawabannya mungkin tdk bisa di jwb Ki Sukma Rahayu saya sendiri sbtlnya setiap ada pertanyaan beliau sy handle krna JUJUR AJA SAYA RISIH DAN JANGAN SALAH TAFSIR BAGI SEDULUR SEMUA, SEBENARNYA DIA BESOK HARUS MEMPERSIAPKAN UNTUK UMROH MAKANYA DI FB DAN KEGIATAN LAINNYA TDK AKTIF DARI MULAI TD JAM 11 MALAM SEBAGAI SAHABAT SETIDAKNYA SAYA PUNYA RASA TANGGUNG JAWAB KARENA HAL ITU MOHON DI MAKLUM.

    SELAMAT UMROH KI SUKMA RAHAYU( LUCIA EBERTA JOVITA)
    SEMOGA ALLOH RIDHA BERDO’ALAH SY TITIP KE MUSTAZHOM AGAR KWA INI SELALU DIBERKAHI AMIEN…ITU PESAN SAYA TADI SORE..

    Maap saya akan jawab masalah Ki@bodokeremezken sebisa dan semampu yang saya pernah dilakukan…insya alloh mungkin ini solusinya

    Sholatlah Istiharoh tiap2 mau tidur dan baca :
    ……insya alloh hub email saya email saya : themastersrimudjiati@yahoo.co.id

    karena disini kurang tepat atau dan tdk nyaman.nanti saya kirimkan paling lambat 1 atau 2 minggu.

    Demikian agar bs maklum dan memahaminya.
    Klo nanti ada kekurangan bs di tambah Ki Sukma rahayu jk sdh pulang Umrah.

    Terima kasih sebelumnya.

  34. Dewi Sri

    Ki @Sanjaya Guitarholic: langkung caket ti sukamiskin atuh kang…antapani oge tiasa asal jalur ti Gatot subroto…klo jalur Cicaheum dekat Sukamiskin.

  35. bodokeremezken

    haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    huuwaaaaaaaaaaaaaaahuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…..(nangis,,karo ngenteni jawaban)…………………….melasi.com

    arep gopek degan witte duwur-duwur.
    arep mangan klengkeng reggane larang.
    yoweslah gak usah mangan sopo reti enek seng ngekei.
    nak rangono yo ,sok nak aku wes gedhe takpenekke.
    sok nak aku wes nyambut gawwe tak tuku klengkeng seng akkeh.
    opoyo bakal klakon yo wes embuhlah rareti.
    jare uripki sak dermo nyadong jatah .
    youweslah nak ngono tak nyadong wae.
    tapi….ngko gek salah.
    wes pokokke mboh raweroh nak wedi salah ,kapan benere..
    tapi ngko gek bener ,ger karepku dewe.
    adhuuuh malah lemes dadine.
    duh gusti kang moho agung mpu terserah panjenengan mawon.
    mpun kalulo mang cet nopo mawon kaulo pasrah.
    youwes sajakke wes sepi naknu aku tak bobo’ sekk yo.
    daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  36. Dewi Sri

    maapkan sy @bodokeremezken ..mudah2n anda diberi kebiakan oleh alloh amien….

  37. Sanjaya Guitarholic

    @Dewi Sri: Oo caket pacuan kuda nya… He3x. Kaleresan abdi seueur rerencangan sareng wargi di arcamanik, janten sering ameng ka arcamanik. Abdi oge ti alit di bdg, namung ayeuna di jkt margi didamel didieu. Pami abdi uih ka bdg, insya Allah bade silaturahim kabumi teh dewi. Sapertosna aya pakait antawis abdi sareng teteh & kulawargi (punten teu tiasa dicarioskeun didieu). Salam baktos kangge kulawargi sadaya dibumi. Hatur nuhun sateuacana. Wassalam.

  38. Dewi Sri

    Sekali lagi maapkan….klo anda tdk berkenan mungkin ada sesepuh lainnya yang lebih pintar dr saya dan saya memang BODOH atas hal tsb..jd tidak layak untuk menjawabnya.

    Wasalam..
    Mohon maap selamat malam semoga bahagia semuanya.

    amien, pamit.

  39. bodokeremezken

    wadduuuuuh sudah dijawab to

    @ terimakasih sekali katur kanjeng guru bu nyai budhe dewi sri.
    jujur sejujurnya saya katakan sebenarnya saya tidak bisa imailan……….tapi insyaallah akan saya coba semampu saya sebisa saya……….maklum ,saya kenal yang namanya imail ya gara2 saya kenal blog ini/kampus alus ini…………………,jadi kalau nantinya banyak sekali kekurangan saya ,yaitu kenyataan yang ada pada diri saya ,nama bodokeremezken bukan simbolik tapi itulah kenyataan saya ,jadi salah silaf mohon dimaafkan dan dimengerti.NUHUN

    assalamu’alaikum kanjeng guru bu nyai budhe themastersrimujiati warohmatullahi wabarokatuh

  40. bodokeremezken

    wadduuuuuuuuh kenapa jadi begini jadinya ,atau mungkin sayanya yang kurang sabar ya………..?

    dengan segenap ketulusan hati dan semua gerak yang terwakili. saya mohon maaf yang sebesar-besarnya ,sedalamnya kepada themastersrimujiati/kanjeng guru bu nyai budhe dewi sri…………..tidak ada sedikitpun untuk menyinggung hati ,perasaan dan gerak panjenengan…………..jadi kalu ada salah/sila saya, mohon untuk dimaafkan.

    hiiiiiiiiiii…………maafkan saya ya bu’…….?
    jangan marah apalagi benci ama saya ya…..bu’……..?

  41. Bengawan,Candhu

    02.55pagi….absen….sambil ngintip2he 5x…. @ki sukma rahayu…..mhn ijin gelar tiker,ngalab berkah tausyiahnya,bacanya kudu alon alon ini….its oke…..slmt menunaikan ibadah umroh…smg mjd ibadah yg dterima dan berkah…amin…. @dewi sri…..mantep nih moderatornya,sdh trcover smua…..ikut menyimak sj,smbl mnm teh….. @bodokeremezken bin melaz ibnu kasian…..wah,ini klo dsuruh curhat panjaaaaaaang banget,pencarian dlm perjalanan pjg yg tak prnh usai dan tak lekang oleh waktu…..monggo dlanjut…..

  42. absen malam….hehhehe

  43. Bengawan,Candhu

    @budayasenijawa….hayooo,ini siapa kok pake ”hehehehe”kayaknya kenal deh….ayolah bikin pengakuan….plis plis plis….(plg jg gak ngaku ) @guitar sanjaya holic…..mo ngomong pake bahasa jerman,takut panjenengan gak mudeng,pake bhs indonesia sj ya ha10x (pdhl a gak iso)…..asswrwb oom ninja gitarku yg trkasih,yg mnyembunyikan denting dawai2gitarnya di balik gumpalan awan dan mendungnya hati…..salam takzim….

  44. Sanjaya Guitarholic

    @Bengawan candhu: wa’alaikum salam sodaraku mas bengawan yg selalu mengalir tenang seperti aliran sungai bengawan solo. Iya betul mas, kita pake bhs indonesia saja, soalnya saya baru banget mulai kursus bahasa jerman ke mba sukma rahayu, jadi memang blm fasih. Hahahahaha :D
    Semangat siap2 sholat subuh ya.. Salam takdzim juga utk panjenengan dari saya “Pengamen Dengan Gitar Tua Yang Sudah Usang”. He3x.

  45. hehehe..iyo kakangq….adekmu yg pling nkal ki…salam takzm kang,,
    @sanjaya:ayok kang bareng mwon,d imami ya…he,

  46. kiudeng_nderek hamemayu hayuning bawono

    Salam sedulur semua…

  47. kiudeng_nderek hamemayu hayuning bawono

    Kesatuan dengan “AKU”..???

    Sari dari Ganj-Nama, Kitab tentang Harta dari Osman Amru

    Ketika Tuhan meniupkan nafas hayat yang suci ke tubuh Adam yang tak lain dari tanah dan air, Tuhan ingin agar para malaikat tak akan tahu tentang itu, dan tidak pula menaruh syak. Maka Tuhan pun bersabda pada mereka, “Bersujudlah di hadapan Adam? o Ruh Samawi!” Semua mereka pun bersujud, dan ketika mereka bersujud, Tuhan meniupkan nafas hayat ke dalam diri Adam dan tiada satu pun dari mereka yang tahu akan rahasia yang ingin disembunyikan Tuhan. Artinya, tiada satu pun kecuali Iblis, yang berkata dalam hati, “Tak ada yang akan melihat aku bertekuk lutut. Meski kepalaku bercerai dari badanku sekalipun, tidaklah itu akan sama celakanya dengan melaksanakan apa yang dikehendaki Tuhan. Aku tahu betul bahwa bukan karena masalah Adam akan ada di bumi itu saja, maka aku tak bersedia untuk bersujud dan untuk tak melihat rahasia itu.” Dan demikianlah, Iblis tak bersujud, melainkan mengawasi saja, dan melihat rahasia itu. Akhirnya Tuhan pun bersabda, “O kau yang tinggal menunggu, kau telah mencuri rahasia itu, dan untuk itu kau pun akan kumatikan, sebab aku tak ingin ada makhluk yang mengetahui rahasia itu. Bila raja duniawi menyembunyikan harta kekayaannya, ia akan membunuh dia yang mengetahui harta yang disembunyikan itu. Dan engkaulah dia.”

    “Rabbi,” kata Iblis, “beri kiranya pertangguhan, karena hamba ini abdi Tuan; dan tunjuki hamba kiranya bagaimana hamba dapat menebus dosa hamba.” “Karena begitu permohonanmu,” sabda Tuhan, “akan kuberikan padamu pertangguhan; namun sejak saat ini, akan kukenakan di lehermu kerah kutukan dan akan kulekatkan padamu nama pembohong dan pemfitnah, agar setiap orang akan waspada terhadapmu sampai hari kiamat.”

    Iblis berkata, “Apakah yang mesti hamba takutkan karena kutukan Tuan bila harta suci ini telah tersingkapkan bagiku? Bila kutukan datang dari Tuan, maka akan datang pula ampunan. Di mana ada racun, di sana ada pula penawarnya. Tuan mengutuk sebagian makhluk dan merestui yang lain. Kini karena hamba telah mendurhaka, maka hamba pun menjadi makhluk kutukan Tuan.”

    Bila kau tak dapat menemukan dan memahami rahasia yang kukatakan itu, bukanlah karena hal itu tak ada, tetapi karena kau tak mencarinya dengan benar. Bila kau suka pilih-pilih di antara apa-apa yang datang dari Tuhan, maka kau bukan penempuh Jalan Ruhani. Bila kau memandang dirimu sendiri dimuliakan dengan intan dan dihinakan dengan batu, maka Tuhan tak menyertaimu. Perhatikan baik-baik, janganlah kau menyukai intan dan menolak batu, karena keduanya datang dari Tuhan. Bila di saat kalap, kekasihmu melempari kau dengan batu, itu lebih baik daripada permata dari wanita lain.

    Di jalan penyempurnaan diri, kita tak boleh lena sejenak pun. Bila sejenak saja kita berhenti menyempurnakan diri, kita akan tergelincir mundur. (Syaikh Fariduddin Attar)

  48. Salam pamuji rahayu dan salam hormat utk ki sukma rahayu & the master dewi sri.

    Terima kasih Atas penjelasanya…. ini…..Baru Kajian Yang Mantab….sekali lagi terima kasih.

    MAUNE ORA ONO DADI TUMEKANE ONO.
    SING ONO ORA WERUH MARANG SING ONO.
    SING SOPO NGERTI SEJATINE URIP.
    URIPE BAKAL LUNGGUH.
    LAN SING SOPO ORA NGERTI SEJATINE URIP.
    URIPE WATON URIP.

  49. uwi

    untuk ki sukma rahayu : mohon arahan dari mu ki aku yg berlumur dosa ini ingin mendalami ilmu dan pelajaran2 tentang kehidupan dunia akhirat
    dari mu mohon kira nya ki sukma mau memberi pelajaran tentang ilmu-ilmu allah dan ilmu kehidupan agar aku senantiasa selalu di jalan-Nya

    Ya Allah ampuni aku…

  50. doni

    aku itu allah ya??
    allah itu ada dalam diriku ??
    benar ga sih??

    kalau kita tanpa allah, kita buka apa2,
    tapi bila allah tanpa kita DIA tetap tuhan alam semesta

    ga ngerti nih,
    ki sukma dan dewi sri, ki wong alus ki sancang ungu (pokoknya siapapun itu) ajarin saya donk

    masih lugu nih??
    mana penyakitan lagi,
    mana nih sesepuh kwa, khusus bagian tabib??

  51. doni

    tolong ya, dijelasin??
    msih bau kencur nih alias anak ingusan

  52. test.. dicoba..test dicoba .. udah bagus belom ya..
    tanya pa ngetest ya

  53. doni

    tanya donk.

  54. wagiman

    ass…………..

    absen pagiiiiii

  55. Ketika “aku” ada, Tuhan tidak ada. Ketika Tuhan ada, “aku” tidak ada.

    Jika Tuhan adalah sumber kehidupan, bukankah seharusnya kita bisa menemukan sumber esensi dari kehidupan kita? Lalu ketika kita meneliti hidup kita, di bagian mana kita menemukan Tuhan? Bagian mana adalah “aku”? Tuhan adalah cinta, kedamaian, keberlimpahan, keagungan, kekuatan, ampunan, kebenaran, keseimbangan, dan kebahagiaan. Bagi kebanyakan dari kita, hidup adalah kekurangan, keterbatasan, perselisihan, stres, kekacauan, bimbang, penindasan, dan kebencian. Bangsamu, bangsaku; tujuan-tujuan mereka, tujuan-tujuan kita, agamamu, agamaku, telah menggantikan rasa kebersamaan yang dikenal sebagai Tuhan. Apakah Tuhan menciptakan kekacauan ini? Tidak. “aku” yang melakukannya. Bagian kecil dari “aku” yang ingin mengatur dan berkuasa. “aku” adalah ketakutan, kesombongan, amarah dan berbangga diri. “aku” yang berpegang pada kesengsaraan karena “aku” tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. “aku” ingin melakukan caranya karena “aku” bisa menjaga diriku. “aku” yang tidak bisa mengenal bagian mana yang merupakan Tuhan dan bagian mana yang merupakan “aku” karena “aku” telah melupakan bahwa semua bagian Tuhan adalah bagian ku. Jika saja “aku” mengizinkan Tuhan melakukan bagianNya, kita akan baik-baik saja.

    @doni
    semoga cukup ada kaitannya dan cukup menjelaskan
    diambil dari seorang mursyid yg hidup di abad 20 tapi beliau wafat tahun 80an
    - Sheikh M. R. Bawa Muhaiyaddeen

  56. doni

    ohw gitu ya…??
    jadi bila tuhan ada aq tiada, ketika tuhan tiada aq ada??
    tambah bingung nich,???
    kenapa bisa begitu,
    kesadaran tertinggi adalah sadar akan kehidupan tuhan didalam diri,
    yaitu, jika tuhan sudah tidak ada dalam diri, kita pasti mati,

    aduh … tambah pusing nih??

    biarlah hanya tuhan yang bisa memberi petunjuk ekdalam hatiku yang penuh dengan kebingungan ini

    makasih buat mas qobiltuman atas penjelasannya, sehingga menambah pengertian saya akan tuhan

  57. Sword Zulfaqor

    Amazing Article….

  58. tahi besi

    aku yg haq atau mahasuci aku itu ungkapan yg masih syirik kerana masih ada dua keberadaan..hanya aku aku semata. aku yg tidak dikenai pandangan………….siasatlah aku itu bukan mengaku tapi diperakui. bukan mengangkat diri tapi di tabal dan diangkat aku itu sendiri….

  59. AKU…..YANG DISATUKAN ADALAH ” BUKAN TUHAN”……SEKALI LAGI “BUKAN TUHAN”………..SALAMSALAM……………….

  60. MANUSIA YG TELAH TURUN KEDUNIA INI MAUPUN MASIH DALAM ALAM RUH…..ADALAH TETAP TELAH MENJADI MAKHLUK…………….PENYATUAN ANTARA HAMBA DAN MAKHLUK ADALAH DIIBARATKAN KITA SEDANG RAPAT YANG MEMILIKI PIMPINAN UTAMA.(DENGAN TABIR)…………
    KARENA TIADA SATU MAKHLUKPUN “TANPA KECUALI” BERTEMU DENGAN TUHAN TETAP DIPISAHKAN OLEH TABIR………OLEH TABIR….OLEH TABIR……………..JANGAN SEKUTUKAN ANTARA SANG PENCIPTA DENGAN SI MAKHLUK…………………….
    INNA BATHILA QANNA ZHAHUKON…………….
    AKU DISINI ADALAH AKU DIRINYA MANUSIA YANG SESUNGGUHNYA….

  61. masduki

    sugeng dalu, assalamu’alaikum Wr. Wb, salam paseduluran sangking wong blitar jawa timur. kawulo namung bade matur suwun kathah dumateng KWA. sakniki kawulo mboten perlu tumbas buku, cekap maos wonten artikele KWA, cukup tumbas modem Rp 269.000, plus langganan internet 3 dengan pilihan rp 31000 perbulan atau 50.000 perbulan sampun saget explorasi kampuse wong alus. mugi sedanten anggota KWA tetep pinaringan wilujeng lan sederek ingkang sak puniko nampi musibah merapi dipun paringi kesabaran. amin.
    masduki blitar alamat kawulo_gusti@ymail.com

  62. masduki

    salam hangat untuk semua pembaca KWA semua dan salam persaudaraan, semoga semua pembaca entah kapan saatnya bisa bertemu, dan mengomentari artikel yang diselang-seling dengan ind-inggris, secara pribadi saya lebih senang. saya sering juga menyimak ceramahnya Suprem master Ching Hai, saya melihat klop, semua jalan menuju kebahagaian sama harus kebulatan tekat hidup benar dan terus banyak mengingat Tuhan, menyebut asma suci. matur suwun

  63. Kang Hari

    Sugeng dalu Gus, simbah nderek nyimak nggih….

  64. AKU ADALAH……….YANG………….MENGAKUI ANTA ROBBI PADA ALLAH…………..
    GAMPANG KAGAK USAH KEBANYAKAN ………….MEMPERSULIT DIRI………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: