MAKNA KEHIDUPAN MENURUT SURAT ALAM NASYROH


risang mukti
risang.mukti@gmail.com

Assalamu alaikum kepada wongalus para sesepuh dan seluruh pembaca yang
saya hormati.Mungkin kita pernah mendapat ijazah atau sekedar membaca
tentang khasiat surat alam nasyroh unt didawamkan unt mencapai hajat
atau untuk bekal menghadapi problem kehidupan.Karena dalam surat ini
ada suatu hukum sunatulloh yang pasti terjadi di mikrokosmos(diri
manusia)dan makrokosmos(jagad raya).Maka bila makna dari surat ini
kita jadikan AJI dalam kehidupan kita maka kita lebih menyadari apa
yang terjadi bila menerima anugrah dan kita juga menyadari apa yang
akan terjadi bila kita menerima cobaan yg berwujud kesusahan.SESUNGGUHNYA SESUDAH KESULITAN ITU ADA KEMUDAHAN(ALAM NASYROH AYAT 7).Sebenarnya tidak ada satu orangpun didunia ini menerima kegelapan /kesusahan.

Namun antara gelap dan terang adalah dua sisi yg tidak dapat dipisahkan.Orang tidak pernah akan tahu yang namanya terang sebelum dia mengalami gelap.Baik manusia maupun jagad raya tidak akan mengalami gelap terus maupun terang terus kecuali
dunia akan ditutup.Maka saat negri kita mengalami beberapa bencana yg saya sebut sebagai gelap sesungguhnya ada kalam illahi berbahagialah karena akan segera ada terang.Cuma ukuran waktu kapan datangnya terang manusia tidak tahu kapan waktunya.Namun hukum ketetapan alloh itu pasti.Bagaimana dengan manusia yang selalu mengalami gelap/kesusahan?

Carilah terang dalam kegelapan maksudnya terangilah jiwa anda untuk menerangi kegelapan yang selama ini menutupi jiwa.Sinar yang terang adalah sinarnya matahari dia menyinari seluruh jagad raya dengan tulus dan iklas.Sebagai manusia penerang yang
memberi cahaya terang kepada sesama manusia contohlah matahari.Marilah memperluas pandangan memperluas kesadaran sehingga dapat memetik pelajaran dari berbagai hal.Kalau kita enggan melihat suatu masalah peristiwa dari sudut pandang dan kesadaran yang berbeda maka kita tidak akan tahu apa yg terjadi dibalik semua ini.Mungkin
pendapat kita wawasan kita itu2 saja alias kita tidak punya cakrawala baru dalam kehidupan.Salah satu contoh dalam mensikapi bencana letusan gunung merapi banyak para waskita mengatakan akan datangnya SATRIO PINANDHITO setelah bencana merapi.

Penulispun pernah mendapatkan pemahaman itu 3tahun yang lalu begini ucapan beliau berdasarkan kitab para pujangga nusantara jaman dulu:karakter pemimpi nusantara
berdasarkan kitab pujangga.SATRIO KINUNJORO=BPK SUKARNO krn dia
setelah menjabat presiden dia dipenjara.SATRIO MUKTI WIBOWO KESAMPAR
KESANDHUNG=BPK SUHARTO dia diwaktu menjabat kaya raya dan wibawanya
luar biasa namun setelah lengser ibarat kata dia di injak2 rakyat.RAJANE NGATAS ANGIN=BPK HABIBIE dia berasal dr daerah anginmamiri sulawesi selatan.SATRIO PININGIT=IBU MEGAWATI kebijakan2 dan rencana kerjanya slalau dibatasi dan dijegal oleh rivalnya.SATRIO LELONO=GUS DUR selama jadi presiden suka mengembara ke luar negri.SATRIO BOYONG PAMBUKANING GAPURO=SBY…..Lalu SATRIO PINANDHITO SINISIHAN WAHYU=….?

Mensikapi hal semacam itu kl kita tdk memperluas pandangan dan kesadaran tetunya kita menganggap ah..Syirik mempercayai ramalan.Tapi kalau kita memperluas pandangan melalui makna surat alam nasyroh td tentunya penilaian kita berbeda.Mempercayai ramalan yg dilarang oleh agama tentu beda dengan memperhatikan kata2 bijak dr
orang yg telah bersih jiwanya. Karena jiwa lawamah punya potensi unt lari ke masa depan.Mungkin anda sering mengalaminya tp anda tidak tahu dan menyadari ini fenomena apa?.Hidup tidak selamanya gelap terus dan tidak selamanya terang terus.Gelap terang senang susah silih berganti kalau kita menyadari begitulah keadaan dunia maka perasaan kitapun biasa saja senang sedih gelap terang tak ada bedanya hanya pandangan mata yg membedakan.

Begitulah eksistensi ciptaan serba dua laki2 perempuan, gelap terang, angkara mulia, pintar bodoh dll.Berbeda dg sang pencipta yg eksistensinya serba esa tak terjangkau tidak pria bukan pula wanita bukan gelap bukan pula terang.Semoga bermanfaat@@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 109 Komentar

Post navigation

109 thoughts on “MAKNA KEHIDUPAN MENURUT SURAT ALAM NASYROH

  1. Aji bayu sengkelat

    Pertamax

  2. Pea paser

    Assalamualaikum warohmatullah..

  3. Premium jepang

  4. murid baru

    K4 ato kelimax?

  5. arek ilank

    mantaaap,,,,,,

  6. BAYU PAMUNGKAS

    se7

  7. KiTAKARABAS

    Ciri2nya apa ki? Kok dari SBy sampe panandhito tdk di jelasin? Makasih

    Salam takdzim.

  8. Agung

    Assalaamu’alaikum ki Risang…. smg panjenengan sll senantiasa ada dlm lindungan Alloh….amin.

  9. genderi jowo

    ikut nyimak aja ya gan

  10. Jeruk suka Melon gede

    sodara-sodara…

  11. gendero jowo

    wah kang bayu kapan nich gambar yang pas pertemuan di bdg di tampilin

  12. KiTAKARABAS

    Siapa tahu aje …sy orgnya yg akan mganti SBy?! Hehehe…
    B’canda kali,,,hehe..he
    Bgm kbr dgn ki wongalus apa baek2 aja? Sdh lama ga dengar suarax. Sampaikan salamku,,juga buat smua ssepuh & sdulur yg tetap setia di kwa.

  13. KI TANJUNG

    salam seduluran,
    Orang Jawa kalau dari pemikiran saya itu senengane gethuk (nggothak-nggathukno). Sebaiknya perjalanan para pemimpin kita itu dipelajari, yang baik diambil, yang jelek ditinggal. Jangan saling menghujat. Kadang orang yang dihujat itu belum tentu seperti yang kita perkirakan. Wis ta lah dulur, sing penting urip iku nriman lan ikhlasssssssssss. Kabeh kuwi wis kersaning Pengeran.

  14. ijin nyimak

  15. puji lembah dieng

    absen, salam sduluran…

  16. Pemalu

    Askum sesepuh semua na…absen malam…nyimak..

  17. risang

    Assalamu alaikum saudara semua lama tdk kumpul n silaturohmi ni..

  18. risang

    @ki tanjung sy tdk menghujat.Memang benar kata ki tanjung sy orang jawa asli wajar karakter jawa sy yg suka mikir gathuk2ke.

  19. risang

    Menerima pemahaman apapun agama budaya sosial jng dpcy langsung atau asal iya.Perlu ditelaah kl perlu dibuktikan.Bs dbuktikan dg kenyataan atau dibuktikan dg rasa.

  20. jaga®aksa

    Asslmkm.Ki Risang lan sedulur sedoyo..
    Monggo di wedar S.Alamnasrohnya jika dipakai wirid utk kemudahan dan kerejekian…

  21. harsa

    Nyuwun Ngapunten Ki Wong Alus , Sesepuh Pinisepuh dan sedulur2 sedoyo nderek ngaturi info :
    DAFTAR PESERTA ACARA KWA SEMARANG BULAN 18-19 DESEMBER 2010
    DI CANDI GEDONG SONGO – BANDUNGAN
    BAGI YG BERKENAN HADIR,SILAHKAN DI COPAS KEBAWAH ATAU KONFIRMASI ABSENT DI SUB JUDUL KWA SEMARANG

    1. Pencari guru sejati semarang 088215003820
    2. Hijrah semarang 081228182273
    3. Laskar lung gading 085740011189
    4. Harsa 02470031795
    5. Bengawan.candhu 085216123458
    6. Prabowo Magelang 08562560237
    7. Khaerul umam (iroel casteller) Pati 081344811993
    8. Sabar Subur 08187886088356
    9. Ferry Wardana kwa mataram 081916031463
    10. Bhasudewo
    11. Puji wiyanto grobogan 08886503995
    12. Yoto wong kudus 085310408282
    13. Tirtha meganthara salatiga 085865037139
    14. Viki
    15. adipatiunus 085641703978
    16. abah hikam

  22. risang

    @mas jagaraksa gantian tho jenengan genti yg nulis ttng alam nasyroh

  23. Ali kafii

    Te7

  24. Ali kafii

    Assalmkm mas risaaaaaaaang,sdulur smua.

  25. Ali kafii

    Mgo dipun wedar,kulo siap tgu.

  26. m khozin A

    ass@dulur2 absen malam..

  27. jaga®aksa

    Walaaaah Mas Risang,masak murid mewedar kawruh sama gurunya?..hehe
    Lhaa..saya ini cuma tukang nyimak smbl belajar jee…

  28. risang

    @wa alaikum salam mas ali.Ni mas ali yg dnegri sebrang bkn?@mas jaga disini kita kan cm diskusi jd ya saling mengisi saling menerima.Kala sy guru kok g ada honornya ya…Mas he…

  29. Agung

    @Mas Risang
    Mas…honornya kan pahala dari Alloh mas!

  30. Batara Pancer Buana

    semua cuma sebutan kita kmbalikan saja padanya
    kita yang ngasih gelar dan kita juga yang nilai
    ahirnya kembali pada kita
    kl dipikir2 kita cm penonton yang cm bs mrasakan imbasnya dri pra pemain baik suka ataupun susah
    ya allah ya robbi . innalilahi waina ilahi roziun.
    allahuma minka wa ilaik

  31. debu

    Absen

  32. assalamu’alaikum ….
    Monggo ki risang…. dipun wedar sekalian ……….

  33. risang

    @mas agung betul mas…Tp bkn cuma pahala kok mas

  34. jaga®aksa

    Hehehe…ada2 saja njenengan ini Ki Risang…
    @ Agung : tullll ! Skali..hehe..lam kenal dari saya

  35. risang

    @kang sugeng gantian donk kang

  36. Sword Zulfaqor

    Assalamu’alaikum Wr.Wb,… Salam Damai selalu mas risang,… Artikel panjenengan bagus sekali,… mudah-mudahan para saudara kita dapat memahami dan mengambil pencerahan dalam artikel tersebut,… Maju terus mas risang

    @Wongalus: Thanks to mas Wildan,… akhir-akhir ini Artikel yang panjenengan tampilkan bagus-bagus dan bermanfaat,… semoga KWA tetap bersinar… Salam Damai dan Salam Persahabatan

    @All : salam Damai semuanya… Semoga Allah Selalu memberikan keselamatan, Rahmat dan Hidayahnya kepada kita semua,… Amin

  37. mat_koleng

    monggo diwedar sederek,saya ijin nyimak aja

  38. dian

    nyimak malam

  39. JM Kawulo Wong Alus

    Mantab pencerahannya ki….salam takzim dateng sedoyo poro sesepuh lan pinih sepuh KWA. kanggo dulur2 sedoyo..salam kenal

  40. TRINITY

    salam mas risang,jagaraksa,mas agung,harsa,m khozin,batara,debu,kang sugeng dan dulur semua yg tdk dpt sy sebut satu2,salam paseduluran smg rahmat Allah selalu tercurah pd semua sedulur KWA…AMIN.

  41. Satrio Mataram

    ass…
    absen malam…salam hormat dan ijin nyimak Ki Risang……lanngsung mojok….

  42. ahmad dhuha

    derek nyimak mas.

  43. belajar nyantri(ahmad zamroni)

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    ijin nyimak
    terima kasih kepada kwa dan ki risang atas segala bimbingannya
    matur nuwun

  44. risang

    Salam jg yg lg masuk enak begadang sampil ngopi tp kopinya bikin sdri2 aj.Seandainya di kwa ada kopi online…

  45. pencari guru sejati

    Nyuwun Ngapunten Ki Wong Alus , Sesepuh Pinisepuh dan sedulur2 sedoyo nderek ngaturi info :
    DAFTAR PESERTA ACARA KWA SEMARANG BULAN 18-19 DESEMBER 2010
    DI CANDI GEDONG SONGO – BANDUNGAN
    BAGI YG BERKENAN HADIR,SILAHKAN DI COPAS KEBAWAH ATAU KONFIRMASI ABSENT DI SUB JUDUL KWA SEMARANG

    1. Pencari guru sejati semarang 088215003820
    2. Hijrah semarang 081228182273
    3. Laskar lung gading 085740011189
    4. Harsa 02470031795
    5. Bengawan.candhu 085216123458
    6. Prabowo Magelang 08562560237
    7. Khaerul umam (iroel casteller) Pati 081344811993
    8. Sabar Subur 08187886088356
    9. Ferry Wardana kwa mataram 081916031463
    10. Bhasudewo
    11. Puji wiyanto grobogan 08886503995
    12. Yoto wong kudus 085310408282
    13. Tirtha meganthara salatiga 085865037139
    14. Viki
    15. adipatiunus 085641703978
    16. abah hikam
    17. Mbah Jambrong/Bangkrisna 08157736941
    18. aguskentus 08813745438
    19. Ki cipto roso 081575071646
    20. anton (cipto husodo) 085876213806
    21. ki ageng ungaran

  46. TRINITY

    Risang@ ada mas kopi online nya nunggu mas kapalapi aja.

  47. BayuChakra

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Salam kagem sedulur-sedulur kemawon lan ijin nyimak

  48. dji8ril

    Isi absen.Ijin nyimak.(salam hormat selalu buat sesepuh KWA..salam kompak selalu buat keluarga besar KWA.)

  49. ahmaddhuha

    mas risang lan sedulur sedanten. monggo di lanjut kopi nipun. kapan pada main ke sragen. ada roti bakar nih

  50. Satrio Mataram

    silo karo ngopi….adem adem….enak bangettttttt…

  51. ahmaddhuha

    leres mas risang ,gusti ALLAH pasti mengasih jalan pada hambanya yang lagi susah(gelap). seperti yang aku alami 1 hari ini.

  52. ahmad dhuha

    maturnuwun mas risang bimbingannya lan sarannya sehari ini. mugi sedulur sedanten sehat2 mawon. nyuwun pamit riyen ajeng tutup. wassalamu’alaikum

  53. Nyimak

  54. Cungkring Cerbon

    susah bgt ne masuk…….Bismillahi ijab ksingkab…mlebuh gampang gampil jumeneng…gejog bumi 3x…..

  55. harry indramayu

    absen ah……
    speedy lelet bgt…apa krena blum byar yah…..?
    @cungkring cerbon…
    gmana ki kbar nya….?
    kpan neh pertemuan kwa indramayu….?

  56. suwanto

    ikut nyimak

  57. ikut absen

  58. Kertapati77

    absen malam, sambil nyimak……

  59. Cungkring Cerbon

    Monggo diatur sm Mas Herry……Gmn katanya ada kereta anjlok & terguling d indramayu,brp korbannya?

  60. Cungkring Cerbon

    ralat: Mas Harry Indramayu

  61. luciola EJ.

    Salam Hormat buat Ki Alus smga bermanfaat amalan ini.

    amien.

  62. bengawan.candhu

    SESUAI DENGAN HASIL RAPAT I DAN II,KAMI BERMAKSUD MENGINFORMASIKAN SUSUNAN ACR RESMI DAlam ACARA DIBANDUNGAN UNGARAN KAB.SEMARANG
    HARI/TANGGAL SABTU/MINGGU : 18-19 DESEMBER 2010

    SABTU :
    15.00-16.00 REGISTRASI PESERTA
    16.00-17.30 ACARA PERKENALAN
    17.30-19.30 ISHOMA
    19.30-20.00 PERSIAPAN
    20.00-21.00 PELATIHAN MEDITASI PENYELARASAN ALAM ENERGI KESELAMATAN OLEH KI AGENG UNGARAN
    21.00-21.30 DOOR PRICE
    21.30-23.00 1)PENYELARASAN DAN IJAZAHAN TASBIH ASMA
    2)PENYELARASAN DAN MEWUJUDKAN BENDA GHAIB KE ALAM MANUSIA
    23.00-00.00 PERSIAPAN PENYELARASAN ASMA XXX DR RADEN SANCANG UNGU
    00.00-00.30 PENYELARASAN ASMA XXX
    00.30-01.00 EVALUASI PENYELARASAN
    01.00-07.00 ISTIRAHAT
    07.00-07.30 PERSIAPAN
    07.30-11.00 PENGOBATAN HERBAL,REFLEKSI DAN BEKAM OLEH KI CIPTO HUSODO DAN REKAN2NYA.
    11.00-12.00 PEMBAGIAN DOORPRICE,PENUTUP,ACR BEBAS……

    KEPADA PARA SEDULUR2 YG BERKENAN HADIR KAMI PERSILAHKAN,KEGIATAN INI MURNI KEGIATAN SOSIAL DAN GRATIS TNP DPUNGUT BIAYA.

    SALAM HORMAT

    TEAM LITBANG KWA SEMARANG

  63. Pengumuman kepada semua saudara-saudara kampus wong alus

    Dari Rois’am jam’iyyah Ahlith Thoriqoh yang mulia Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan beliau menganjurkan kepada seluruh umat muslim indonesia didalam menghadapi bencana meletusnya gunung merapi agar melaksanakan sholat hajat Li daf ‘il bala’ 2 rohaat adapun rokaat pertama membaca s.Alfatiha dan s.Al lahab 3x dan rokaat kedua membaca s. al fatiha dan s.al iklas 3x, s,al falaq dan s.an nas masing-masing 1x. Kemudian sesudah sholat dilanjutkan membaca sholawat daf’ul bala, adapun bacaannya :
    Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin annabiyyil ummiyi wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim, sholatan taghfiro lii wa liwaalidayya wa lil mukminin wak mukminat wal muslimin wal muslimat al ahyai minhum wal amwat, wa aslih bihal imam wal ummat warro’iy warro’iyah wa allif baina qulubihim wa dafi’ syarro ba’dlihim an ba’dlin wa mimma nakhof. Dibaca sebanyak-banyaknya sholawat tersebut kenudian diterushan dengan membaca s. alam nasyroh 28x..
    mohon kepada sedulur-sedulur semua diikhbarkan dan diamalkan

  64. Java

    Apapun ilmune sing penting Islam rsa Jawa…hidup Islam rasa Jawa

  65. Java

    Sing penting Eling waelah,rasah ritual..oke boss

  66. risang

    Wah kayaknya enak didiskusikan itu mas sing penting eling tanpa ritual.Eling tanpa ritual itu ada ilustrasinya dalam cinta monyet cinta palsu cinta gombal roman kadal roman picisan dan cinta sejati.Pokoknya enak unt bahan diskusi itu…eling tanpa ritual.

  67. risang

    Percayakah seorang cewek bila ada cowok berkata padanya aku cinta kamu aku ingat kamu aku sayang kamu akau dan kamu telah menjadi satu.Biasanya si cewek ingin bukti dari ucapan si cowok

  68. banyulumut

    percaya mas…. hehehe

  69. jeruk

    Wah…gak percaya dunk ceweknya kalau gak dicipok dan dipeluk

  70. risang

    Mas bayu lumut pke pelet jaran goyang x si cewek lgsng oye gt

  71. jeruk

    misalkan dah nikah cuman eling aja…gak ngelakuin ah uh ah, gimana dunk??hehehe

  72. risang

    Tuh kan mas jeruk g pcy

  73. jeruk

    iya ki…mesti melakukan ritual intim dunk dengan sang kekasih…emang enak apa cuman dihayalin doang + dieling-eling saja…sip pemahaman yang mantap ki..

  74. risang

    Rumah tangga tanpa ah uh ah kata mas jeruk hambar.Sama dg hidup tanpa ritual ah uh ah ya hambar jg. Tapi ya monggolah itukan urusan masing2 individu

  75. Satrio Mataram

    ass..
    nderek nyimak ki risang….sambil mojok….

  76. @ mas risang : sugeng enjing. wah kok jadi ada ah uh nya sekarang? gara2 mas java ya he…he…

  77. risang

    Monggo dlanjut mau berangkat kerja dl.Mas satria silahkan dilanjut mas..Dg poro sedulur yg lain.

  78. eka

    assalamualaikum..absen pagi

  79. Satrio Mataram

    mas agung…bedanya amalan ah uh dan ha hu…..
    kalau ha…hu…energinya tambah….
    kalau ah ..uh…energinya berkurang….
    (maaf ini amalan khusus dewasa…)

  80. Agung

    @mas Satrio Mataram, bagi dong amalan ah…uh…nya, kl bs sekalian sm oh…yes….oh…no….biar mantap mas.

  81. ki dagoel badranaya( kwa jakarta)

    asslm. kepada para sedulur smua sy ingin berbagi satu amaln yg sekira nya bisa tuk di amal kan .bismilah inn a barqosyiah annaan syahidan barqosyin ya dzalihi iman .tawasul. nb muhammad, nb idris as. wa daud as. malaikat 4..syekh abdul khodir jaelani,syeh junaid al bagdad. sunan gunung jati,sunan kali jg. ibu bpk kita. dirikita dan hajat kita. bc doa nya sbnyak 350 x, shbs shalat isya…..khasiat. tuk pageran diri. menolak santet. memohon silat ghaib….

  82. ki dagoel badranaya( kwa jakarta)

    asma ini dnma kanasma haritin… salm tuk parasedulur smua

  83. Wahyu Taqwa

    IJIN MENYIMAX

  84. Agung

    @Ki Dagoelbadranaya, selamat pagi Ki…maaf mau nanya…kl utk silat ghaib cara kontak nya gimana?

  85. banyulumut

    @ mas risang… gmn udah ada kabar blum bwt saya… hehehe

  86. absen rabu pagi

  87. banyulumut

    @ ki dagoel… salam takzim ki…

  88. TRINITY

    Mas jeruk@ kl ah uh ya sewajarnya aja kalau kbnykan jg bs lemes dan skt pinggang kl cuma di eling2 ya ndak terasa…hehehe

  89. Oval75

    Ass. Salam semua sesepuh N anggota KWA.
    – Disebut “kaya” krn ada “miskin”, Disebut “Pintar” krn ada yg “bodoh”, Disebut “senang” krn ada yg “susah”…………………………………………………….
    – Islam eling : Ya, klu cuma eling saja dan semua agama dianggap benar, untuk apa Allah, SWT mengutus Para Nabi dan Rasul mulai dari Nabi Adam sampai Ke Rasulullah Muhammad SAW, dengan membawa syariat yg telah ditetapkan. Rasulullah mengajarkan sholat, puasa, zakat dst………………..
    Sabda Rasulullah SAW : “Klu kamu meninggalkan Syariat sama saja dengan membunuh Aku………………………….

  90. ari.hermana

    @Ki Angker, saya udah baca artikel di blog nya Ki angker tentang RDR, ko bisa sampe ketiduran sih Ki….. he 313X

  91. asalamualaikum semuanya,

  92. ikutan nyimak aja dan absen siang

  93. ehen zaxis

    numpang dudukkkkkkkkkkkkkkkkkk

  94. Absen Malam, Mantab mas Risang, Surat Al-Insyiraah ( Kelapangan ) / Alam Nasyrah, yang terkandung pada ayat 5 dan 6 ( Fa Inna Ma’al Usri Yusroo Inna ma’al Usri Yusro ) , ” maka sesungguhnya beserta kesukaran ada kemudahan,sesungguhnya beserta kesukaran ada kemudahan”
    Saya pernah menggunakan ayat ini ketika salah satu dari sahabat saya mengalami musibah, ketika istrinya hamil dan anaknya meninggal dunia didalam kandungan yang berusia kurang lebih 4 Bulan, ketika itu memang kondisi keuangan sahabat saya memang tidak memungkinkan untuk mengambil jalan operasi berapa biaya yang dibutuhkan, akhirnya kita bersama sama bermunajad kepada Allah SWT untuk diberikan kemudahan untuk jalan keluarnya sijabang bayi, dan secara berjamaah membacakan Surat Al-Insyiraah / Alam nasyroh, alhamdullillah tidak lama setelah kita berjamaah membacakan surat tersebut si jabang bayi keluar normal dari rahim sang ibu walaupun dalam kondisi sudah tidak bernyawa .

    Amit Mas Risang Mohon Ma’af

  95. m khozin A

    @noname
    mana da muncul lum.?

  96. jeruk

    SAYA IJAZAHKAN ILMU MENDATANGKAN KEPALA KELOMPOK PARA MALAIKAT

    Bacalah setiap usai sholat Fardhu doa di bawah ini sekali saja, maka pada saatnya nanti datang Malaikat yang bernama Thohaythomghoyalyaaliin, dan ia berjanji untuk selalu siap membantu segala kebutuhan anda baik mengenai urusan duniawi maupun ukhrowi yang diridhoi Allah.
    Inilah doanya:

    TawajjaHtu yaa robbii ilayka bihaQQiHaa, bi asmaa-ikal husnaa idzaa Hiya jamma ‘at.

  97. m khozin A

    @jeruk
    berapa kali..?
    masa ga di babarkan dan skalian pengalaman kl ada ok.

  98. noname

    @mbah m khozin a,,,hadir mbah,,,

  99. Assalamualaikum.
    ki risang mukti. memang benar makna kehidupan menurut surat alam nasyroh. banyak sekali yang mengamalkan/mewiridnya setiap ba’da sholat subuh dan magrib.

  100. aryopabelan

    absen pagi..@ki risang kok ga hadir ya?..bakar buhur 234..ndeprok dipojokan…monggo dilanjut

  101. prayoga

    met pagi mas aryo pabelan
    @trinity
    mas risang
    mas khozin A
    oval 75
    jeruk
    dan sedulur semua yang belum tak sebutin.mas aryo pabelan,pekalongannya mana mas ? kalo aku daerah kebulen.

  102. aryopabelan

    semangat pagi…@mas prayoga..aq ada di panjang mas.pekalongan utara.@all sedulur KWA..salam rahayu. ;)

  103. prayoga

    wah…banjiran dong mas aryo pabelan .katanya daerah situ kalo pagi sering kena rob.naiknya air laut. he he he ….daerah samsat ya ? apa panjang wetan ?

  104. aryopabelan

    @prayoga…ya daerah rob…samsat masih trus keutara
    Q di perum panjang indah..

  105. @All: Sugeng Enjang sedulur…
    nderek nyimak..

  106. faqih

    assl mlkm, @ki wongalus
    @ki nurjati
    @ki deadman
    @ki bengawan candu
    @all
    selamat sore, kula tulung ngangge poro sedulur lan pinih sepuh, kula wonten mslh kluarga kula wonten yg ngrjai,tadi ny cm satu orang pas kula ikhtiari mlh skrg skueluarga kena smua, jd kula kewalahan penyakite niku seluruh bdn gatel2 dan merah2, kula neda pitulung sareng ki wongalus lan pinih sepuh sedanten, nuwun wasslm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: