INSKRIPSI KERIS/ RAJAH PADA BILAH KERIS


Bengawan.candhu
bintangparikesit@rocketmail.com

Pengertian rajah keris/Inskripsi ato rajah scr umum adlh suatu lukisan ato goresan ato motif yg biasanya trdapat pd bilah keris ato pedang ato badik dsb. Pamor dibuat dr lelehan batu meteor/emas/perak. Klo menggunakan meteor sbg dgn kadar panas tertentu,pamor dpt dlelehkan dan dicairkan kmdn dialirkan,dioleskan maupun diatur sedemikian rupa shg membentuk tulisan,huruf,gambaran semacam motif – motif atopun lukisan-lukisan tertentu yg scr sengaja drancang oleh empunya,ato kekuatan batin ilhamnya menuntun sang empu u/berkarya dgn ukirannya/motifnya yg dgambarkn dlm wujud rajah/symbol/tulisan/gambar. Bs jg menggunakan lapisan emas ato perak yg diukir dan dihiaskan pd bilah keris oleh sang empu. Inskripsi/Rajah dyakini oleh sebagian penggemar keris pusaka selain u/keindahan jg memiliki mksd ato tanda tertentu yg kt sebut “sabda doa” ato klo yg biasa kt kenal sebagai tuah.

Tp kami dsini lbh senang menyebutnya sbg “sabda doa”,krn klo tuah mnrt kami
seakan akan melukiskan suatu fungsi yg paten yg kami khawatirkn mengarah pengkultusan thdp benda pusaka,harapan kami klo yg terlampir ddalam keris disebut sabda doa,kt akan lbh mawas diri,selagi itu adlh sabda doa,kami harap kt akan sll ingat akan kebesaran Tuhan Sang Raja Semesta Alam dlm memandang dan mensikapi sebilah keris,karena mnrt pendapat kami yg namanya sabda doa ada yg akan djawab/dberikan ddunia ato di hari nnt/alam akhirat. Shg kt bersikap lbh hati2 dan bijak dlm menyikapi menyimpulkan sesuatu yg kt sebut sbg “tuah” scr lbh bijak dan berhikmah. Spt saat kt berdoa sehari2sj,ada yg dkabulkan atopun ada yg tdk/belum dkabulkn oleh Allah Swt.

U/memfokuskan pembahasan dsini maka yg kami mksd rajah/inskripsi adlh pd bilah pusaka khususnya keris. Semoga dr wacana ini dpt mjd share yg berguna bagi pendewasaan dan pengetahuan kt u/mengenal pusaka scr lbh baek akan salah satu budaya kekayaan intelektual nenek moyang kita. Pamor ato rajah ato inskripsi ini adlh sesuatu yg dharapkan/diagungkan oleh sang empu u/diabadikan beliau dlm sebilah keris. Bisa dlm berbagai bentuk ato macam gambar jelas,gambar tdk jls,huruf/rajah.

Gambar rajah/pamor dr masa kemasa memiliki perkembangan yg tdk sama. Bhkn mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dgn masa atau jamannya.
Gambar rajah pd jaman majapahit bentuk inskripsi ato rajah biasanya adlh binatang2 yg dsucikan,msl naga,garuda,sapi,gajah,harimau,singa. Ato bhkn gmbr2 dewa ato simbo2 dewa yg dsembah raja ato masyarakat pd wkt itu. Pd inskripsi ato gambar rajah tsbt tdpt suatu doa pengharapan penghormatan pengingat ato bhkn suatu panutan/idola klo istilahnya skrg. Yg dilambangkan sbg lambing dr doa keselamatan dan perlindungan jg keberanian dsb.

Kmdn pd saat msknya jaman islam ato transisi ke jaman hindhu ke islam keris pd inskripsinya mengalami penyesuaian lbh didominasi huruf jawa dan arab,ato bhkn symbol bintang daud. Pd jaman majapahit inskripsi ato rajah keris diarahkn kea rah daya linuwih/power krn masa itu mmg masa perluasan kekuasaan ato wilayah ato jaman peperangan. Shg sabda doa yg dtekankan ke keris dharapkn dpt menambah kharisma,wibawa,keberanian dan daya linuwih bagi para pemegangnya.

Sedang pd jaman islam,krn pd masa ini lbh cenderung stabil damai dan dominasi para wali dalam pemerintahan dan kraton dan kepiawaian mrk msk dlm struktur social budaya masyarakat wkt itu. shg fungsi keris inskripsinya lbh cenderung kearah syiar ato dakwah. Shg byk menggunakan gambar rajah arab ato bhkn jawa. Krn pd jaman2 tsbt kebudayaan keris hampir dimiliki dan keharusan dimiliki oleh stp lapisan masyarakat. Pd jaman ini inskripsi ato rajah pd bilah keris bs sj huruf arab berupa surat-surat pendek,msl alfatihah,alfalaq,al ikhlas,asmaul husnah,annas dsb. Diharapkan dgn adanya penempelan rajah pd bilah keris tsbt org akan sll ingat akan kewajibannya sbg mns thdp Tuhannya.

Inskripsi ato rajah ini mrpkn suatu sugesti bagi pemilik2nya buat sugesti positif thinking yg trs menerus,brupa visualisasi energi yg positif kpd ilahiah brupa ketentraman yg sll dlantunkan dan diingat sang pemilik. Shg factor ini bs jd yg membawa kebaikan dan keberuntungan bagi sang pemilik krn hatinya sll ingat dan berdzikir krn Allah. Inskripsi rajah arab kmungkinan besar mengalami perkembangan yg cukup pesat pd jamannya wali songo ato pd jaman kasultanan demak,pajang dan mataram. Pd jaman mataram inilah puncak dr kesempurnaan pembuatan dan garap dr keris. Krn pd jaman mataram yg pd wkt itu Eyang Prabu Sultan Agung Anyakrakusumo memerintahkn kpd sgenap rakyat u/memiliki hak yg sama dlm menggunakan dan menyandang keris scr bebas. Tnp perlu u/takut diminta ato dirampas oleh para pejabat ato pemerintah. Shg rakyat wkt itu bnr2 bersuka cita dan smkn mencintai rajanya. Shg pd jaman tsbt sdh sgt jamak apbl rakyat biasa menyandang sebilah keris. Jg pd jaman Mataram Sultan Agung,empu2 yg mumpuni dan bnr2 ahli dkumpulkan dan mendapat fasilitas dan tdk jarang kedudukan dlm pemerintahan atas jasa2 mereka membuat dan mempersembahkn keris karya mrk kpd sang raja ato kpd klrg kerajaan. Shg pd jaman ini empu mendapat tmpt trsendiri dlm pemerintahan dan klrg kerajaan.

Sedang pd jaman PB IV dikembangkn kmbl oleh para empu yg ada pd saat itu sbg identitas sang empu,yg kmungkinan dipengaruhi budaya barat/eropa. Shg dibagian pesi/bagian yg dimasukkan kedlm gagang keris sdh mulai dituliskan nama empu pembuatnya. Biasanya yg membuat identitas diri dlm keris tsbt adlh empu2 dr keratin yg biasanya lbh revolusioner. Diantaranya adlh empu brajakaryo,brojo sentiko,empu japan,empu singo wijoyo dsb. Pamor ato rajah inskripsi pd jaman sekarang mengalami penyesuaian kmbl sbg suatu hal yg menambah nilai seni yg antik,unik dan menempati tempat trsendiri bagi para penggemar keris dtanah air maupun manca Negara. Memiliki nilai eksoteris yg bernilai tinggi dan indah. Suatu karya estetika yg adi luhung dan berseni tinggi. Berbahagialah,krn keris mrpkn satu2nya seni tempa,seni batin,seni karya cipta rasa karsa yg mjd satu dgn daya batin spiritual positif bagi generasi2 penerus di bawahnya. Tidak semua bangsa memiliki budaya spt budaya keris ini,shg UNESCO pun terketuk dan mengakui shg memutuskan bhw keris adlh budaya ASLI INDONESIA. Dan menyebutnya sbg MASTERPIECE OF THE ORAL AND INTANGIBLE HERITAGE OF HUMANITY ,ato KARYA AGUNG WARISAN KEMANUSIAAN BAGI SELURUH BANGSA DI DUNIA. Marilah kt jaga buadaya kt ini dgn sebaik2nya. Dgn menghormati dan menjaga budaya ini dgn sebaik2nya dan scr wajar.

Demikian setetes wacana perkembangan rajah/inskripsi pusaka dr jaman hindhu ke jaman islam. Smg dpt dsikapi dgn bijak dan diambil manfaatnya. Ada kurang lbhnya mhn dimaafkan,krn dsini kami bknnya merasa lbh bs dari para sesepuh dan pinisepuh tetapi semata keinginan kami u/napak tilas saja dr tuntunan kilas balik kami.
Insya allah,pd kesempatan berikutnya Kami akan membahas berbagai macam dan bentuk pamor,shg menambah referensi dan kajian bagi kt bersama.

Magelang, Bhumi Menoreh Pranan…..Mgg I November 2010.

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 262 Komentar

Post navigation

262 thoughts on “INSKRIPSI KERIS/ RAJAH PADA BILAH KERIS

  1. noname

    absen pagi

  2. Wagiman wara wiri

    Nyimak

  3. Wagiman wara wiri

    Wah2…klh ma 0m noname

  4. Kumbang kelana

    Asalamualaikum, ,salam salim takdzim,, @no name
    @wagiman, ,sugeng enjing, melu nyimak,
    bengawan candhu,, salim,,sungkem,, kang,

  5. mah wis kedisikan leh ngantri nganti cengklungen je …

  6. Wagiman wara wiri

    Alhamdulillah dpt cendol

  7. Rantau kayong

    Hadir

  8. Kumbang kelana

    Kang wagiman@ nyuwun cendole ,,
    @kang agung, ,salam salim ,,salam kenal,,melu nyimak.,

  9. Kumbang kelana

    Maksude, kang sugeng,,ngapunten salah ngetik,,,

  10. Wagiman wara wiri

    @kumbang kelana : ini om…sampon kulo sukani.,go di unjuk

  11. noname

    bangun ksiangan tapi dp pertamax,,,mangstab,,,

    @all semangat pagi,,,

  12. Adim

    Assalamualaikum wr wb
    selamat pagi saudaraku KWA semuanya ….
    derek nyimak rumiyen ….

  13. noname

    @Ki Adim ,,,, waalaikum salam wr. wb. ,,salam salim buat ki adim ,,,semoga hari ini penuh berkah buat ki adim ,,, di buka segala jalan kemudahan dalam menjalani hari yg cerah ini,,,amin amin amin

  14. Assalamualaikum wr. wb.

    Selamat pagi
    saudaraku KWA
    semuanya ….

  15. Adim

    @ noname … amin yarobbal alamin
    alfaaaatikha …

  16. Maspri (dukun komputer)

    Selamat pagi teman teman? Habis dibacain donga sing angel angel yg ada di kwa, Akhirnya keluar jg nih pertamax,

  17. === JANGKA SEWU ===

    abseeeeeeeeeeeeeen pagiiiii

  18. @mas kumbang kelana ini dah banyak bunga yg cantik dan harum …. monggo sami sarapan rumiyin niki mas rektor sampun paring suguhan …..

  19. Wagiman wara wiri

    @ki adim: salam sungkem kagem panjenengan..ijin ngangsu kawruh 0m

  20. n'cep chepy

    assalmkm wr.wb…..salam isun pamuji rahayu balarea waluya

  21. Cungkring Cerbon

    21 pagi semua….., :-)

  22. Prabowo

    aslm…selamat pagi semuanya…
    Memang betul,sbnrnya klu kita telaah lbh dalam trnyta budaya kita mempunyai pola pikir yg maju, mlhan lbh maju dari barat,contoh saja teori tentang pemerintahan yg sangat trkenal yaitu triaspolitica oleh montesque,trnyata ditanah air ini jauh sblm teori itu(triaspolica) pernah juga kok da kerajaan ditanah air tercinta ini menerapkan sistem yg serupa dg sistem trsbt…yah mungkin blm da yg mengilmiahkan sj jd g stnar teori trsbt…nah ni tgs kita untk mnjga n mlstrkan budaya kita…so salam budaya,,

  23. 25 besar..

  24. Laskar cinta

    Met pagi dan salam cinta…
    @noname
    @WWW
    @adim
    @cungkringcerbon
    @jangka sewu
    @wang kite
    @rantau kayong
    @maspri
    @semuanya

  25. wah…keren…

  26. wong abangan

    Pertamaxxx

  27. Cungkring Cerbon

    Pamor dibuat dr lelehan batu meteor/emas/perak. Klo menggunakan meteor sbg dgn kadar panas tertentu,pamor dpt dlelehkan dan dicairkan kmdn dialirkan,dioleskan maupun diatur sedemikian rupa shg membentuk tulisan,huruf,gambaran semacam motif – motif atopun lukisan-lukisan tertentu yg scr sengaja drancang oleh empunya,ato kekuatan batin ilhamnya menuntun sang empu u/berkarya dgn ukirannya/motifnya yg dgambarkn dlm wujud rajah/symbol/tulisan/gambar. Bs jg menggunakan lapisan emas ato perak yg diukir dan dihiaskan pd bilah keris oleh sang empu……Maaf Pak Rektor ijinkan Ponakawan Cungkring Bertanya: Sembah Bakti Cungkring Mugi Ketampi.Apa benar Pamor dbuat dengan melelehkn Bahan pamor, setau cungkring pamor adl hasil tempahan dg bahan pamor yg diselipkan dilipatan saat tempahan, sehingga bilah dan pamor menjadi menyatu sehingga takmudah lepas jd wlwpn sdh brp abad tetap ada (slm bentuk bilh msi ada)….Dan mungkin yg dmaksud dsni adl Kinata,lukisan/ukiran dibilah utk menambah keindahn/kegagahn/kewingitan keris……Mohon maaf klo salah & dianggap lancang,cungkring hanya mencari “kebenaran diatas kebenaran” by mode Om Iblis

  28. wong abangan

    Keris yg dianggap oleh orang jawa sebagai piyandel atau sipat kandel, sebagai sebuah keyakinan dan kepercayaan, keris merupakan wujud lahir dari kepercayaan itu. Kepercayaan bukan berisi tentang sesuatu yg pantas disembah dan dipuja, tetapi sebuah wahana yg berwujud yg berisi tentang doa dan harapan, bahkan juga terkemas dalam wujud tuntunan hidup manusia atau filosofi hidup manusia jawa yg termaktub dalam ‘sangkan paraning dumadi, sangkan paraning pambudi-manunggaling kawulo gusti’ piwulang/piweling yg terformulasi dalam sebuah benda buatan manusia yg disebut keris atau tombak.

  29. adin nur

    absen pagi…
    1 lagi pengetahuan alus,by wong alus…

  30. Maspri (dukun komputer)

    Saya berharap semoga kedepan ada empu2 modern yg mampu memodifikasi keris yg dpt mengeluarkan sinar laser Kayak pedangnya satria baja hitam. Wuiiih hebat kalee ya?

  31. orang biasa

    Terima kasih Pak Rektor atas pencerahan nya………..

    Jadi kepingin punya keris yang bagus, ntar nyari ah………..

  32. Wagiman wara wiri

    Hay hay
    Semangat pagi

  33. khozin A

    absen 33

  34. sekedar kabar
    ben sedulurku liyane ora kapusan “action ” empu jiwo sing ngaku gus bravo ( mantan konsultan spirituale pak harto: iki mungkin yo ngapusi…)

    naliko iku wong akeh cacahe ( 30-an)
    dikumpulake ono papan jembar ning petengan
    miturut gus bravo mau arep mbabar ilmu dzikir lahir( dzikir jiwa naliko umur janin 120 hari),-

    caranya unik- dan saat itu bikin heboh dan terngiang2 jadi tanda tanya para jamaah ( rata-rata umur di atas 35-70 tahun):
    orang per orang dipanggil gus beavo- dipegang tangan kanannya-lalu dengan gerakan mencolek lenganbagain dalam- memancar sinar bara putih kebiruan- seperti lazer atau seperti zat pospor: lalu gus bravo menyebut kalimat/ kata dari salah satu asmaul husna. itulah dzikirlahirmu” katanya.

    LAMA kami penasaran, tanya ksana kemari, taskhihkan kepada para kyai ustadz ulama dan ahludikrullah,- akhirnya sampai pada kesimpulan:
    PALSU SEMUA GAYA GUS BRAVO.
    Sinar laser atau pancaran sperti pospor ternyata; LEBURAN DARI BAHAN KIMIA dan PENTHOL KOREK API yang diracik-dioleskan ke tangan-lngan para santri/pengikut kajian nyleneh” yang rata-rata memang taklid mutlak tanpa “filterisasi”.

    akhir cerito:
    sedulurku kabeh……
    Hati-hatilah BAHAYA Penggunaan teknologi pamor,laser dll
    didunia parapsikologi/metafisika…..
    Bedakan mana asli mana palsu.

    Sepuntene Nggih,
    numpang blog..
    salam,
    samsu

  35. Laskar cinta

    Artikelnya panjang2,mana ilmu tingkat tinggi lgi, hbs baca jadi pusing, mau minum p***dol dulu… :D

  36. laskar lembu suro

    aslkm. pagi poro sedulur?

  37. sesepuh semua adakah yang punyo amalan buet tamu agar suka ma kite?kerja di bidang jasa mohon yang punya ambo minta tolong,,

  38. Asalamualaikum.wr wb.
    @mas bengawan.candhu..sy izin nyimak,aja di pojokan biar gak ganggu yg lewat..selamat dan sukses pak rektor,sy tak salim dulu..
    @ki alus @ki kapal api.@r sancang ungu,padepokan ubi celembu,roti uyil..hihihi..salam takdzim sèlalu..nuw.

  39. laskar lembu suro

    kok masih sapi y!

  40. Aji bayu sengkelat

    Semangat siang..wah ad ki adim…salam rahayu ki adim…

  41. Ada yang ngerti ato menguasai ilmu wifiq nggak ya? Saya dulu menguasai ilmu tsb. namun hanya sebatas hitungan. maksudnya baru faham dalam penyusunan angka2 dan huruf2 yang diletakkan pada kolom2. sampai-sampai saya bisa membuat wifiq 100×100. namun anehnya sampai saat ini ilmu tersebut belum bisa kelihatan manfaatnya.
    mungkin diantara para sesepuh ada yang menguasainya saya serius mau berguru.

  42. Laa tansa

    Absen siang……
    Salam hormat ,hangat tuk sspuh kwa.

  43. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Hanya empu yang bodoh bin bego yang membuat pamor keris dilelehkan.
    Huahaaaa….

  44. Agung

    @Om Iblis….
    Om, kemana sj…kangen sm bimbingan nih….!

  45. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Empu gandring pernah berkata, pamor senjata keris sudah ada dalam batu besi/meteor yang akan dibuat jadi senjata.
    Jadi kenapa harus dilelehkan dan di tempel, emangnya senjata keris palsu pake tekhnik tempel.
    Huahaaaa…..

  46. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Bimbingan apa an om agung. Di kampus ini sudah banyak manusia pintar dan sakti end linuwih. Kalo aku hanya perusuh dan pembuat onar kampus.
    Huahaaaa…..

  47. Agung

    @Om Iblis
    Om….apa yg hrs pertama kl sy laksanakan…?
    Email sdh meluncur…cur…!

  48. Agung

    Biar kt orang merusuh…tp kata hati gak bisa dibohongi Om…!

  49. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa…..
    Om agung,
    lakukan aja amalan asr versi lain. Trus rasakan fadilah pada tubuh dan lingkungan sekitar.
    Huahaaaa….

  50. Agung

    Hatur nuhun pisan Om….
    Mulainya malam Jum’at kliwon ya Om…?
    Kapan ke Ciamis Om…?

  51. mas ucok

    om iblis

    asr versi lain klu diamalkan setelah sholat fardhu boleh om iblis

  52. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Asr versi lain diamalkan setelah sholat fardhu juga kagak apa-apa.
    Om agung, kalo jum’at kliwon itu energi harinya bagus untuk merasuk ke tubuh amalan asr nya.
    Ntar kalo ke kuningan aku mudah-mudahan bisa mampir ke ciamis.
    Huahaaaa….

  53. Jbahu

    ijin nyimak…
    lanjut Ki Iblis….

  54. Cungkring Cerbon

    Ikutan Om Iblis…..HWAHAHAHAAHAHHA….EMPUH GANDRING GADUNGAN ITU, NGOMONG BESI AJA UDAH ADA PAMORNYA HWAHAHAHAHAHA……Kayanya Om iblis blum mengkaji n menelitih Cara pembuatan Keris……hwaahaaahahhahaha…………..

  55. Sartono jenar

    Nderek Nyimak…

  56. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa…..
    Om cungkring, kalo besi biasa kagak ada pamornya. Tetapi kalo batu besi /meteor, itu sudah ada pamor didalamnya.
    Coba om cari meteor dan teliti tiap-tiap guratannya.
    Huahaaaa…..

  57. Agung

    @Om Iblis : Kutunggu lho Om kedatangannya, n’tar ditraktir pecel sm karedox, hehehe….
    Kl pelaksanaannya mulai nanti malam gimana Om?

  58. he he ada kang iblis..

  59. Jbahu

    Om Iblis, apa Asr versi lain harus diamalkan sehabis sholat tahajud?
    kalo tidak pake tahajud tp hanya diamalkan setelah sholat khajat boleh tdk?
    Trimakasih.

  60. @kang iblis lha emaiku ku gimana cak kok ga di balas ..? dah meluncur juga loh mungkin dah keselem krn dah beberapa hari :)

  61. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Email yang mana om akik ?
    Huahaaaa….

  62. mas ucok

    klu ada om iblis pasti rame..

    monggo om iblis dibabar…?

  63. Cungkring Cerbon

    Melengkapi: Bahan Pamor itu yang Lumrah ada 3macam:1.Batu Meteor, 2.Besi Nikel, 3.Besi Penawang….Cara umum membuat Besi Pamor dari Batu Meteor.Bahan Pamor Batu Meteor dihancurkan sampai menjadi batu pasir kasar lalu dimasukan dlm pola besi dg dasar besi & dtutup besi pula.Bakar dlm paron hingga besi/kantong meteor itu membara…lalu dinginkan……tra trang jadi dech bahan pamor dr batu meteor……Emas dan perak biasa digunakan buat Kinata…..Monggo dilanjut…moga generasi mudah bisa mencintai karya luhur dr leluhur Bangsa ini…….Senjata yg paling unik dan memeliki filosofi detil yg mengagumkan adl Keris…….

  64. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Ketika kita selesai sholat tahajud, energi kita relatif tenang. Dengan energi tenang inilah diharapkan asr merasuk dalam tubuh juga tenang, sehingga energi yang kita peroleh relatif stabil.
    Huahaaaa…..

  65. wah berart ketingslep itu kang.. ni barusan dah tak kirim lagi ke e mail kang iblis..

  66. Agung

    @Om Iblis
    Om…dirumah sy ada Rompi yg kt ortu sy dari Cirebon (Ajengan Benda), keong buntet dll, apa selama pengamalan/30 hari harus disimpan/dititip sm org lain dulu Om? Sy takut ada efeknya, sy org penakut pisan Om….!

  67. sapto

    Semangat siang kang @iblis
    Semangat siang kang @agung
    Semangat siang kang @cungkring
    Semangat siang @sedulur semua

  68. Jbahu

    Om Iblis, terimakasih atas penjelasannya..

  69. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Om agung, kalo kagak ingin khodam penunggu pusaka leluhur om hilang atau rontok, lebih baik di simpan ditempat aman dahulu om.
    Huahaaaa….

  70. mas ucok

    om iblis…minta ijin ijazah asr nya..utk saya amalkan

  71. laskar lembu suro

    aslkm…..mana sedulurku dari blitar kok lum muncul,,,,,,,

  72. Agung

    Hatur nuhun pisan kana piwuruk na Om!

  73. Cungkring Cerbon

    Y betul Om Iblis makanya dsebut Bahan pamor….tp klo langsung djadikan bilah keris…tar jgnkn buat nikam ada orang bersin aja dah patah-patah…….Hahahahaah Bs Aja ni Om Iblis…….

  74. bengawan.candhu

    @cungkring cirebon…….trmksh ki atas atensi dan sharenya yg sgt menarik skl,mari kt bahas scr bersama2. pertanyaan panjenengan 1)apkh benar pamor di buat dgn melelehkan bahan pamor krn ada pendapat pamor adlh hasil tempaan dgn bahan pamor yg dselipkan dilipatan saat tempaan. Shg pamor tdk mudah ,shg mskpn sdh bbrp abad akan ttp ada.
    2)inskripsi ato rajah apkh yg dmaksud adlh kinatah?sblm sy menjawab pertanyaan panjenengan mhn dpt dterima dulu,salam takzim dan salam hormat sy kpd panjenengan,smg berkenan dan dpt dterima. u/diskusi yg pertama mas cungkring Cirebon sebagaimana yg mas ketahui ada bbrp macam bentuk pamor yg ada bbrp macam yg mgkn biasa kt dengar. Pendapat panjenengan mmg benar,pamor mmg dbuat dgn : 1.A)u/dpt dterapkn dan menghias permukaan bilah keris ,batu meteor yg sdh dbersihkan kmdn dhancurkan dan dtumbuk lembut mjd bubuk ato butiran2 lembut yg kmdn ditaburkan dpermukaan bilah keris yg merah panas membara shg bahan pamor tsbt akan meleleh,mengalir dr sor soran menuju ke pucuk bilah. inilah yg dsebut pamor lelehan ato pamor tiban,shg bentuk ato hasilnya tdk drencanakan oleh empu,msl pamor tirto tumetes,wos wutah dsb. Ini dsebut metode luluhan1.B)pamor bs jg dtampilkan spt yg panjenengan smpkn melalui pengolahan dr bahan besi pamor dgn cara penempaan yg berulang ulang dan sistematis yg akan menghasilakn suatu bilah berpamor. Krn ini sblmnya proses yg dgunakan adlh menggabungkan batu pamor yg sdh dsatukan dgn baja putih(bahan pamor yg dselipkan dilipatan dsaat tempaan). Bahan tsbt apbl sdh sesuai akan dipotong mjd bbrp bagian biasanya lima bagian,yg berbentuk lurus dan memanjang dan persegi mnrt diameternya potongan2 itulah yg kmdn dsusun bertumpuk u/kmdn dipanaskan dan dtempa kmbl mjd bilah keris. Dr sini bs dirancang pamor2 istimewa msl blarak sineret,ron gendhuru,naga ransang,melati rinonce dsb 1.C)ada lagi pamor tambal,yg pamor tsbt dimasukkan u/melengkapi pamor yg sdh jd ato pamor tsbt sdh ada dan sbg pamor pelengkap. Pamor tambal malah dbuat klo kerisnya sdh jd,krn pamor ini adlh pamor susulan. Kmdn U/pertanyaan yg ke dua akan kami jwb jg,blh dibilang klo rajah/inskripsi emas/perak bs dkatakan kinatah,tp kinatah blm tnt berbentuk rajah. Kinatah ada lg dbagi dua kinatah kamarogan dmana sesluruh bagian wilah keris dbalut emas,ada yg kinatah biasa. Dmn emasnya menempati sebagian sj kerisnya,bisa diganja ato dkanan kiri sor2an sj. Klo yg sy mksd inskripsi disini krn u/era keemasan kerajaan hindu dahulu lbh dtampilkan lukisan rajah yg berbentuk binatang yg dsucikan spt yg sy sebut diatas,kmdn pd jaman islam lbh banyak bertuliskan ato bersimbolkan hal2 yg bernafaskan islam,msl kalimah syahadat,alfatihah,annas dsb sbagaimana yg sy smpkn diatas. Shg u/mensinkronkan judul dgn materi sengaja yg sy tampilkn adlh pamor yg metode pembuatannya adlh luluhan. Dmkn jwbn sys mg berkenan. Dan jwbn ini skaligus sy persembahkan buat @ki ageng habib afdol Muhammad yg berkenan mberi sharenya kpd kami. Jg perlu sy smpkn tiap meteor itu mengandung pamor,tp msh perlu diolah dan dtata sedemikian rupa shg mjd pamor yg bs kt bentuk dank t tuang dgn bentuk yg memiliki seni tinggi. Jd empu msh mengolah dan menrapakn pd bilah dgn metode2 tertentu salah satunya metode luluhan spt diatas. Mhn maaf,sy jwb agak telat2 bhkn agak siangan krn smbl wira wiri mengikuti jejek oom wagiman wira wiri. Trmksh. Salam takzim.
    @lakar cinta…klo u/materi tertentu mmg tdk bs smbl lalu mas,cb panjenengan ddk santai pahami s.d titik komanya,insya allah akan pelan2 mudeng. Krn smua jg bth wkt buat pembelajaran mas. Lmyn buat menambah wawasan dan share kt smua.

  75. Kumbang kelana

    Melu nyimak.com, salam salim,,takzdim, ,bwt sesepuh kwa all,,

  76. ajibyu

    Ikut nyimak

  77. bengawan.candhu

    @ki ageng habib afdol Muhammad yg berkenan mberi sharenya kpd kami. Jg perlu sy smpkn tiap meteor itu mengandung pamor,tp msh perlu diolah dan dtata sedemikian rupa shg mjd pamor yg bs kt bentuk dan kt tuang dgn bentuk yg dharapkan memiliki seni tinggi. Jd empu msh mengolah dan menerapkn pd bilah dgn metode2 tertentu salah satunya metode luluhan spt diatas(SEDIKIT KOREKSI BIAR ENAK DBACANYA)…monggo dlanjut,klo mo ada yg ingin dshare kami persilahkn,tp mhn maaf sy smbl jln,mgkn jwbannya klo mmg mbutuhkan jwbn yg pjg tdk serta merta sy jwb,nunggu kesempatan bs ol via net. klo via hp kdg sdh ngetik pjg2 tdk terkirim. mgkn klo ada share prl penjabaran yg pjg hrp sabar. ttp akan sy jwb slagi sy msh bs jwb. trmksh.

  78. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa…..
    Om cungkring,
    pernah lihat batu besi meteor ?
    Kalo cuma batu meteor itu memang dibuat pamor pada keris pada umumnya memang harus diolah dahulu.
    Tapi kalo om cungkring mendapatkan batu besi meteor maka tanpa olah langsung dibikin keris jadi lebih ampuh seperti keris empu gandring yang asli.
    Huahaaaa….

  79. Kumbang kelana

    Kang cungkring,,ngapunten melu takon,,saya d beri keris ma kawan, pas d buka ada 2,, minta d scan, dong,, ngga tau ,,kris a pa?

  80. Agung

    @Om Bengawan Chandu
    Salam takdzim kahatur kanggo Om Rektor…..

  81. bengawan.candhu

    @ki ageng afdhol muhammad…klo mnrt referensi yg kami smpt baca bhkn share yg umumiah adalh metode spt td. tp msl msh brp batu meteor asli,katanya lo ini katanya…krn sy sndr blm prnh dpt referensi pegang keris dr meteor yg diolah scr lgsg. krn empu pd umumnya msh mempercayai klo meteor yg jatuh dr langit msh mengandung anasir2 negatif dan panas. shg perlu dibersihakn dan dinetralisir dulu yaitu dgn jln direbus dgn air sebagaimana kt merebus daging. shg keluar gumpalan2 kotoran dr dlm batu meteor tsbt. sbgmn panjenengan ketahui jg bhw air bekas rebusanpun tdk blh dibuang sembarangan,krn msh mengandung air racun.

  82. Yoko&Sukmojati

    Selamat siang?
    Ada yang tahu gak tentang rajanya keris yang di namai keris wijayakusuma.keris jaman singosari,tetapi hilang entah kemana,

  83. IBLIS TIMUR

    Huahaaaa….
    Memang setelah kerajaan kahuripan runtuh, banyak empu membuat keris dengan metode seperti om cungkring dan om bengawan sampaikan.
    Dan jaman sekarang jarang empu yang munajad meminta pada sang hyang widi untuk menurunkan batu besi meteor. Jadi pembuatan pake batu meteor lebih simple dan mudah dari pada pembuatan keris langsung pake batu besi meteor.
    Huahaaaa…..

  84. QOBILTUMAN

    IBLIS TIMUR Says:
    24 November 2010 at 21:02

    Huahaaaa….
    Ketika manusia berjalan dalam jalan neraka jahannam, maka terjadilah KUN.
    Ketika KADAL sudah dipahami manusia , maka menyatulah Alloh dalam FA.
    Ketika dihembuskannya nafas GILA nur ilahi, maka timbullah energi YA.
    Setelahnya bersambung….???
    Huahaaaa….

    MANA SAMBUNGAN KIDUNG MAKRIFAT GILANYA masih lama tunggu ijun ya Bib….

  85. kangmase

    @IBLIS TIMUR salam takzim
    mhn discan rumah saya di Cikampek. Jg brg titipan yg ada dikamar tidur. Mhn berkenan. Dan mhn maaf. Terima kasih.

  86. bengawan.candhu

    @ki ageng afdol muhammad…injih ki,bnr klo yg panjenengan mksd “munajad”meminta pada sang hyang widi untuk menurunkan batu besi meteor. Jadi pembuatan pake batu meteor lebih simple dan mudah…mgkn ada bnrnya ki ageng. malah ada suatu pendapat keris itu diciptakan dgn kekuatan munajad cipta rasa dan karsa sang empu,krn ada bbrp empu yg dyakini sbg keturunan dr dewa. shg empu tsbt ckp memohon malah kerisnya sdh lgsg jd. ini di jawan jawa purwo carito,msl dijaman prabu angling dharma,empu ramadi salah satunya. mgkn ytg panjenengan mksd adlh keris yg dcipta dgn kekuatan munajad ato sabda njih bib?…salah satu sesepuh kt yg sy duga memiliki adlh ki arya kusuma dewa,cuman sy pribadi blm smpt kroscek fisik kebeliau. insya allah ulasan mslh keris purwocarito klo mmg bahan dan literatur mendukung bs dbantu o/panjenengan jg u/melengkapi dgn sharenya njih bib. sy sdg menyusun literatur ttg macam2 pamor dan keris naga sasra. tp msh krg bahan.

  87. Aji bayu sengkelat

    @Om rektor BC,keris jenis apa aj yg mengandung tuah?maklum masih awam…he..he…

  88. QOBILTUMAN

    @tuk pak rektor Bengawan Candhu maaf terlambat, Selamat atas terbentuknya formatur rektoratnya
    dari mahasiswa sing sok telat registrasi ulang tur kerep nunggak SPP ne salim pak BC

  89. sapto

    Sugeng siang ki @bengawan, nderek nyimak, mugi-mugi salam kulo mboten ngganggu diskusinipun………

  90. Cungkring Cerbon

    @Ki Rektor BengawanCandhu_makasih ats tanggapannya….Tp klo yg di teteskan itu dsebut Cara Ngintip dan Nggajih…itu biasa dlakukan oleh empuh Njawi atau empu Desa…..dan biasanya dsebut keris yg kurang berfilosofi krn dianggap keris supenir/mainan….Sedangkan cara yg pakem adalah cara “Mlumah & Miring” yaitu dgn menempah & lipat….Pamor Tiban adl biasanya saat membuat tdk menentukan pembuatn pamor apa…hanya memasukan bahan pamor dan ditempah dlipat….dan setelah jadi ada pamor itu dsebut Pamor Tiban…sedangkan sebaliknya dsebut Pamor Rekan….Mohon maaf Ki klo salah,moga sudih memberi pangawikan kpd Ponakawan Cungkring yg haus elmu ini….@Om Iblis_insyaAlloh Om,tp tetap dlm proses pembuatannya tetap dberi Besi Om tidak murni….(punya FB g Om Iblis,mnt?tar sy tag meteor yg buat pamornya)

  91. kangmase

    ma’af,
    saya pernah dengar cerita dr orang tua,
    bahwa dahulu jaman para wali, beliau2 msk ke alam ghoib, bertemu naga sebesar kereta, bertarung, setelah kalah, sang naga dipanggul rame2 dibawa ke alam kita, lalu naga tsb di alam kita berubah menjadi keris luk 9. Benarkah?
    Mohon pencerahan.
    Terima kasih.

  92. bengawan.candhu

    @aji bayu sengkelat…keris itu sbtlnya kan barang titpan brg amanah dr leluhur toh khususnya empu. empu itu menciptakan keris pstnya sabda doanya bagus buat sang pemegang dan pemeliharanya. wajar klo empu itu mendoakan pemelihara kerisnya,krn membuat keris kan tdk spt kt mbikin gethuk ato klenyem ya to?proses mulai dr mencari bahan besi,bahan meteor,proses tempa,proses tayuhan dsb tdk hanya memakan sehari ato bhkn seminggu,shg smp berbulan bulan kadang cuman ingin bikin sebilah keris. jg mencari bahan besi itu jg tdk smudah skrg,klo kt kan tgl ke toko bahan bangunan ato ke toko besi sj sdh dpt satu truck klo uang ada(maaf smbl cengengesan)…ada suatu literatur yg menceritakan klo dulu empu itu kdg mencari sebongkah besi sj tirakat puasa semedi dulu bbrp hr ato mgg buat mencari ilham buat nayri besinya tok,bgt dpt ilham mrk kadang menggali kedalam tanah ato bhkn memecah batu segede kerbau,buat mendapat bongkahan besi,ato bhkn meremuk bongkahan2 batu u/mendapat pasir batu. ini lo msl kt renungkan,mbikin keris org dahulu bnr2 prihati. ini br nyari besinya,belum pamor,belm tempanya,belum sabda doanya,tayuhnya dsb. heemm kadang trharu jg…pdhl bikin susahnya kaya gt,tp jjr sy prnh beli keris snilai15rb. sptnya tdk sesuai pembuatan sama hrg skrg yah?…he5x…smg byk jg karya2 empu yg berkualitas yg msh bertahan dibumi indonesia ini,jgn smp jatuh ketangan kolektor asing.

  93. bengawan.candhu

    @cungkring cirebon…injih ki,trmksh atas sharenya kmbl,klo mslh pamor luluhan mmg metode yg msh sgt kawak skl,shg blh dbilang metode tradisional. tp klo sy yakin kok u/pamor luluhan ato tetesan ttp bkn brg souvenir,tp mgkn scr kelas mmg dibawah pamor2 yg mmg rancangan dr empu semisal pamor sekar kopi,sekar mayang,uler lulut dsb. sdg pamor mlumah ato pamor miring krn mmg pd masa itu empu sdh mulai bljr membandingkan dan mempelajari keris terdahulu,khususnya dijaman majapahit dan jaman mataram sultan agungan. sbgmn yg kami smpkn pd postingan diatas bhw pd jaman2 tsbt pamor sdh mulai berkembang. shg dgn adanya pembandingan dan pembelajaran keris2 tsbt stp kelemahan maupun kelebihan keris dr setiap jaman dpt dianalisa dan didiskusikan oleh para empu. krn pd jaman majapahit dan jaman mataram sultan agung sdh ada semacam “perkumpulan”empu keraton yg sengaja dikumpulkan,difasilitasi dan memiliki kedudukan yg memiliki pengaruh dlm pemerintahan. shg pamor2 yg rumit itukan mnclnya mulai jaman majapahit kan?…msl pamor blarak sineret itukan daya simpan dan serapnya thdp racun ckp tgg,shg pd jaman tsbt pamor tsbt mjd suatu perdebatan yg ckp rumit. nah,kmgknn inilah yg menyebakn istilah empu desa ato pinggiran njih?…

  94. bengawan.candhu

    @qabiltuman…innalillah…trmksh.mhn doa restunya sj smg smua dpt berjalan dgn baek dan lancar dmasa2 kepemimpinan kami,siapa tau thn2 yad gantian panjenengan to yg mewakili aspirasi kami….kami tgg kiprahnya njih?…nuwun…

  95. kangmase

    @ki yokoSukmojati
    saya pernah dengar cerita, kalo keris no. 1 dunia, msh bebas di alam atau blm ada yg megang. Tp apakah namanya wijoyokusumo apa bkn saya krg tahu. Karena beliau yg menceritakan, tdk menyebutkan nama.
    Ma’af kalo salah.

  96. Umar

    Km dsini jga empu tp bikin pisau sadap buat nyadap pohon karet?

  97. Aji bayu sengkelat

    Berarti keris itu t’buat dr besi semua y om rektor?g ad yg dr kayu y?

  98. QOBILTUMAN

    rajanya keris ..kerisbiantoro kalee tapi udah gak ada

  99. QOBILTUMAN

    klo ratunya msih ..kerisdayanti

  100. QOBILTUMAN

    maaf.. guyon siang habis panass nian udaranyo ditemani keristin hakim

  101. bengawan.candhu

    @aji bayu sengkelat….klo kt berbicara tosan aji ato wesi aji laen klo kt berbicara dgn “pegangan” ato Jimat. klo dr kayu yg berbentuk keris u/masuk kategori tosan aji insya allah berbeda mas,itu msknya ke dlm “pegangan” jimat ato haekal yg dbuat dr kayu menyerupai keris. ato klo mgkn dr mas @cungkring cirebon ato dr @ki ageng afdol muhammad ada jwbn yg lbh pas monggo,thdp pertanyaan aji bayu sengkelat.
    @ki yoko sukmojati…klo keris wijaya kusuma trs trang sy pribadi blm prnh dengar,tp msl pusaka wijaya kusuma yg bentuknya spt bunga,katanya sich msh tersimpan di ghaibya laut selatan. klo tdk salah.
    @dear all….mhn maaf,sy mo melanjutkn perjalanan dulu,mgkn nnt sore ato mlm sy sambung kmbl. klo mmg kira2 pertanyaannya blm mbutuhkan jwbn pjg akan sy jwb secepatnya via hp,tp msl memerlukan diskusi pjg,mhn bersabar,sy hrs ol via warnet. salam takzim…monggo dlanjut….

  102. Aji bayu sengkelat

    Keris yg menyengsarakan rakyat…kerismoneter…he..he…

  103. noname

    absen siang,,,

  104. QOBILTUMAN

    udahan aja lho om aji bayu ntar jadi melenceng diskusinya…salam

  105. Laskar cinta

    @BC, makasih atas perhatianx(jadi terharu+malu,btw bru bngun tdur lngsung ingat n buka KWA, kykx kna pelet KWA neh :D ),salim dan menjura takzim dgn penuh hormat…
    @omIBLIS, SAMBUNGANNYA MANA OM?

  106. Cungkring Cerbon

    @Ki Rektor Bengawan Candhu_makasih Ki ats pencerahannya, sy ijin undur diri dulu Ki…..insyaAlloh……& Makasih telah men share pengetahuan sehingga bisa utk sarana diskusi bkn hny Qobiltu…….Semoga Kita bs menjaga serta melestarikannya….@Om Kumbang tag aza kerisnya Om k FB sangkalawenang@gmail.com soalnya hrs tau fisik biar lebih afdol (tampak seluruh, Bilah/pamor, Gonjo)

  107. Aji bayu sengkelat

    @QOBIL..y nih om qobil,jd kebablasan,om nmr’a brp?sms k sy y om.085781636708.

  108. Ki Abduljabbar

    Hhmm…. berbicara batu meteor, tidak sengaja ketika saya di Frankfurt Jerman, di bandara internasional. Sambil nunggu boarding saya jalan-jalan. Ternyata disana ada exhibition yg memamerkan batu meteor, warnanya hitam legam, sebagian di cutting dan dipolish sehingga menjadi mengkilat mirip cermin. batu tersebut memang besi hanya kerapatan material nya entah cemetit, ledeburit atau istilah metallurgy-nya apa, memang merupakan besi yg luarrrrrr biasa. Tetapi mas Candu saya lebih bangga dengan keris saya, sdh menghasilkan 5 anak. He….he…he…313X.

  109. QOBILTUMAN

    bukannya pelit om ajibayu abis hpku joinan ama bini kadang aku pinjem gak enak maaf sekali lagi maaf…..(suwer) klo emailku sama nick pake yahoo

  110. QOBILTUMAN

    klo om aji bayu namanya mirip keris utama kraton yogyakarta yaitu kiyai Sengkelat

  111. Cungkring Cerbon

    @Om Aji BS_keris tdk hanya kayu, ada dr batu fosil, Lempung, Janur/daun klapa, Kuningan, Tembaga, dll yg brbentuk keris bisa dsebut Keris tp bkn termasuk TosanAji….Ada jg yg brbhan besi bkn trmasuk Tosan Aji….Tp dsini yg dbahas adl Keris Tosanaji yaitu yg dbuat dgn prpaduan bbrapa unsur/elemen, dg teknik pembuatn (lipat tempah) trtentu…dan mungkin sbagian org dtambahi dg isoterinya….Kurg lebih bgitu Om…((hehehe maaf Ki rektor td dah pamit tp masuk lgi………amit undur…..

  112. wong abangan

    @ki bengawan, bagaimana dengan metode pembuatanya melalui pijetan? Tidan melalui tempaan di paron? Matur nuwun

  113. ki bayu digdoyo

    sore para sedulurku….aq gabung wah wah2 tentang keris nh…klo aq mah mau keris…dayanti ja itu brp luk yh ada yg tau ndak????

  114. Wagiman Wara Wiri

    Ass..ijin absen sianp

  115. wa ha ha mas ki bayu pilih janda euy…. salim nas ki bayu..gmn malam mingguannya lancar.. ki…?

  116. === jangka sewu ===

    kalau dulu keris yang bagus dan populer pasti di buat oleh empu yang sakti tapi di jaman sekarang keris yang paling populer malahan bukan di buat oleh empu. tapi orang biasa dan ga mempunyai kesaktian. dan keris jaman sekarang kesohor hampir senusantara malahan sampai keluar negri. dan inilah keris karya anak bangsa yang begitu kesohor tapi sayang sekarang pamornya udah agak redup. dan mungkin para sdulur bnyak bertanya tentang keris jaman skarang yang ktanya pamornya lg mulai redup . kalau para sdulur penasaran tentang keris tsb . akan sy beritahu keris tersebut adalah keris patih .heheheheeeeeeee

  117. ki bayu digdoyo

    @mas akik…mantep mlm mingguan nya ajeb2 dpt 3 cw ampe dengkul lemes kasian keris gw ga sanggup berdiri sndri

  118. pendapat iblis timur sama bc ,benar semua..memang besi meteor bisa langsung di buat keris bahkan ada empu yg bisa buat keris cm diasapi menyan.dan ada jg yg buat keris seperti yg di ungkapkan bc. Tergantung keilmuan empunya masing masing.

  119. wa ha ha..kejar2an ya mas ki bayu…pantes lemes hik hiks..lain kali kerisnya di minyakin jafaron turki kalau kasian mas ki… he he..

  120. ki bayu digdoyo

    tp ttp saktian keris punya qt bawaan dr lahir…cukup sxli tusuk lgsg bs menciptakan manusia lg luuarrrr biasa

  121. Wagiman Wara Wiri

    Ane nyimak ja… Ngarep jd empu kx he he

  122. Aji bayu sengkelat

    @cungkring cirebon…trims bnyk mas atas pencerahan’a
    @qobil…nma it dlu’a nama rajah yg sy pny,tp skr dh ilang dicopet coz sy taruh dompet…hufph…tp skr dh ad gnti’a he..he…

  123. bayan

    Assalamu alaikum. Terima kasih kang BC artikelnya menarik menambah wawasan masalah keris, meskipun saya sendiri dapat warisan keris dari eyang gak kerumat gak kerawat, akirnya saya jamaskan pada orang terus tidak saya ambil. Namanya kyai naga caraka berkhodam naga segedhe batang kelapa yang sudah punya kuluk mahkota raja. Keris tidak ber luk atau jenis naga tapa. Perbawa besar dan khodamnya bila ngamuk bisa terjadi prahara hujan angin yg keras. Salah satu kenapa saya tidak suka keris karena takut terperosok akidah yang nggak pass. Juga karna saya merasa tidak membutuhkannya dan ternyata kekuatan batin manusia tetep lebih bagus. Sebenarnya ada juga pusaka tombak pendek kyai ndanu yg kala itu hibah dari alam ghoib yg dikasih saya terima dg tangan kiri. Tombak ternyata tidak bergagang dan saya kasih gagang kayu serut/serat. Karna sejarah tanah jawa ketika Sutowijoyo raja mataram didatangi ratu kidul semua pohon pada melengkung takluk, cuma pohon serut yg masih kuat berdiri tegak gk terpengaruh kekuatan ratu kidul. Itulah inspirasi kenapa kayu serut jadi pilihan gagang tombak. Tombak juga saya titipkan ke orang yg mau. Suatu ketika ada teman yang memerlukan dan saya kasihkan dg tak suruh mengambil dari tempat penjamasan yang sudah lama saya titipkan bertahun tahun. Saya menghormati empu supa yang membuatnya makanya daripd terlantar biar dirumat org lain yg tepat. Saya sempat mengagumi karyanya leluhur tapi bukan khodamnya. Salam karahayon dumateng sedulur KWA.

  124. Kanjeng Alam Biru

    absen dulu yach….
    salam untuk semua sesepuh dan sedulur di kampus kita yang tercinta ini.

  125. Garudha Whisnu Kencana

    absen sore…

  126. IBLIS SELATAN

    Huahaaaa….
    Berputar-putar kayak benang kusut.
    Huahaaaa….

  127. joko suwiryo

    salam salim salaman
    Keris,kepanjangan dari ke dan ris,ke:kekeran,ris kata aris,kekeran berarti:pagar,penghalang,peringatan,pengendalian,sementara aris artinya tenang,antap,halus,dalam bahasa tinggi keris dinamakan curigo,artinya:dari asal kata padas: curi,ga atau raga,atau curi adalah batu runcing berbahaya,raga artinya badan jasmaniah,semua adalah makna tersirat dari keris,selain dari tata lahir digunakan sebagai senjata ampuh,tetapi jg merupakan perwujudan yg memberi arti tuah tanpa kata,manun terasa_

  128. Laskar cinta

    @IBLIS,Wah td dri tmur,skrg dri selatan, ada kabar apa dri selatan om?

  129. joko suwiryo

    namun tersa sangat tinggi nilainya,dalam makna ngeker atau memagari dan menghalangi mUpun memperingati serta mengendalikan diri secara aris,secara halus tenang maupun lambat sabar,jgn tergesa gesa ambil tindakan,para empu berharap agar pemilik keris dapat menghalang halangi kemauan yg menyeleweng dari garis kejujuran,oleh karna itu selain lambang nama,jg para empu membuat bentuk bilah lurus lekuk,berarti bila tidak ada aral melintang,jalanlah dgn lurus,tetapi bila ada penghalang rasa,hindarilah dgn jln

  130. Wagiman Wara Wiri

    Nyimak + kopi susu

  131. joko suwiryo

    dengan jln melenggok kekanan kekiri untuk mengelak dari godaan dan rintangan,kebijaksanaan hidup menjadi arahan untuk bisa selamat menjalani kehidupan didunia ini,mungkin ini diantara sebagian kecil tujuan dan falsafah dari segi tersirat dari tujuan pembuatan keris oleh empu selain dari manfaat lahirnya,ayo siapa yg mau diatur pusaka atau mengatur pusaka?
    pakem keris buat diri adalah:mustikaning manembah:inti sari bersujud.(hasil dari ketekunan hati)

  132. IBLIS SELATAN

    Huahaaaa….
    Om laskar cinta,
    selatan mau ngamuk, makanya aku pake ini, biar yang pinter-pinter gunakan ilmunya untuk meredam selatan.
    Huahaaaa….

  133. joko suwiryo

    salam salim salaman,buat kirektor juga sesepuh dan sedulur semuanya,salam jg buat kangmas iblis,salam salim salaman

  134. Laskar cinta

    Andai saja awareness bisa “diberikan”…

  135. Laskar cinta

    @omIBLIS, saya jga d share ilmu yg bsa meredam dong,siapa tau bsa bantu meredam Ratu dari selatan… :D

  136. IBLIS SELATAN

    Huahaaaa….
    Sudah aku share om laskar cinta. Tuh aji kalacakra.
    Huahaaaa….

  137. OJIBUAKU

    salam takzim bwat sdulur smua…
    Om Silbi/ Iblis… tank ‘s sudah di konfirm FB nya

  138. Laskar cinta

    @omIBLIS, tpi g ada tata carax om :D, sambungan KADAL GILA MABUK CINTANYA MANA?

  139. mas ucok

    aji kalacakra cara ngamalin gimana om iblis

  140. arek ilank

    semangat malam smua,,
    Hadir lg nyimak lg,,
    Kykx seru niih soalx ada om silbi,,

  141. IBLIS SELATAN

    Huahaaaa….
    Om laskar cinta,
    sambungannya dibawa sama om iwan KUN. coba tanya sama om iwan, pasti om iwan tahu.
    Huahaaaa….
    Aji kalacakra nya copas aja disini, ntar aku kasih tahu tata lakunya.
    Huahaaaa….

  142. Peri Chentyl

    Huaaacimm
    Peri lagi belcin.

  143. Peri Chentyl

    Ideehhh
    Si abang cemuana lagi tunjukin keris macing macing. Peri atutt bang. Peri jangan ditusuk yah.xixixi

  144. QOBILTUMAN

    @Bibblis ni co copas lagi mohon tatalakunya
    huahaaaa….
    YAA SIYAAKAA KAYAASIYAA
    YAA MAKH ROJAA JAAROMIYAA
    YAA MARONII NIROMAYAA
    YAA DAYUUNII NIYAADAYAA
    YAA MARDANII NIRODUMIYAA
    YAA SIYAARO ROROSIYAA
    YAA MAROZA JAROMAYAA
    YAA MADUNII SADUUMIYAA
    ini raja kala cakra warisan dari eyang aku prabu brawijoyo v.
    Huahaaaa…..

  145. Laskar cinta

    @QOBILTUMAN, mantap om… Om katanya lanjutan KADAL GILA nanya sama om iwan kun,tpi om iwan kun mana y…
    @omIBLIS,udah ada tuh,monggo d babar tata caranya

  146. Peri Chentyl

    ????

  147. QOBILTUMAN

    napa bingung centil!!!

  148. Peri Chentyl

    Bang Qobil.
    Peri dicuekin
    Hiikss
    Huaaacimmm
    Hiiks
    Huaaacimmm

  149. QOBILTUMAN

    abis maghrib2 ntar batal dunk

  150. Wagiman Wara Wiri

    Asskum …nderek absen malam…heg heg heg.,ada rajah kalacakra 0m iblis…

  151. Peri Chentyl

    iya yah bang qobil. Peri lupa. Soalna Peri blom boleh.xixixixi
    Nanti ajah Peri datang lagi. Calam cayank bang qobil.xixixi

  152. Peri Chentyl

    Calam cayank juja untuk Wag Iman 7 Keliling.xixixi. Peri pamit yah bang.xixixi

  153. malem senin kok ada peri… hik hiks.. habis wekend k mana per..?

  154. ee….lhadala.. malah pergi..

  155. Laskar cinta

    Mana nih omIBLISnya,apa lgi shalat magrib y…. Om….om…omIBLIS…

  156. IBLIS SELATAN

    Huahaaaa….
    Laku cara mudahnya.
    Puasa 3 hari dengan naptu 40.
    Baca wiridkan habis sholat 33x.
    Tiupkan pada segelas air 7x, trus minum airnya.
    Kalo cara laku sulitnya panjang om.
    Kalo aji kalacakra sudah menyatu sampai sumsum maka pengamalnya tubuhnya akan utuh ketika meninggal meski sudah ratusan tahun dikubur.
    Huahaaaa….

  157. Laskar cinta

    @omIBLIS,matur tengkyu om, cara panjangnya d bagi juga dong om…

  158. laskar lembu suro

    aslkm…..nyimak,absen mlm,monggo di lanjut BIB iblis

  159. Laskar cinta

    @OM IBLIS,itu kan cara lakunya om,kalo cara pakainya gmana om?yg doa isrofil sama asr versi lain jga cara pakainya gmana om?

  160. Wagiman Wara Wiri

    @0m iblis : kegunaan selain tuk peredam bencana.,pa lg ?

  161. QOBILTUMAN

    @bibblis aku mohon maaf klo bila ada salah slma ini

  162. Kumbang kelana

    Salam salim,,,kagem,mas,
    @Bengawan C,
    @JOKO SUWIRYO.
    @laskar cinta,
    @peri,,
    @mas akik
    @wagiman,
    @QOBILTUMAN.
    @iblis selatan,, all sesepuh, kwa,,salam knal penuh hormat,,, ndrek nyimak ,,

  163. Laskar cinta

    @kumbang kelana,salam salim jga

  164. wah… udah pada ngamalin ya kok pd ngejar cara pakainya mantab..

  165. @mas ki kumbang selamat malam…semua juga salam harmat menjura..

  166. QOBILTUMAN

    mas akik lan ALL sugeng malem njih..klo aku blom ngamalin kok

  167. Wagiman Wara Wiri

    @mas akik
    @qobiltumen
    @laskar cinta
    @kumbang kelana
    @0m iblis …salam takzim lan salam karahayon ijin ngangsu kawruh kagem panjenengan smua

  168. @ mas triple W monggo mas lenggah mriki lumayan ada jajanan dari tetangga he he tinggal nyari kopi bwt nggelontorin ke perut :)

  169. Laskar cinta

    @WWW, salam jga… :D

  170. assalamualaikum…salam hormat salam takzm buat…
    @ki wong alus,
    @ki bc,
    @wong abangan,
    @peri centhil,
    @kang wawan,
    @mas akik,
    @ki sabda,
    @ki abdul,
    @ki ageng,
    @wagiman,
    @mabh gondrong,
    @qubiltuman,
    @team litbang
    @laskar cinta,
    n sspuh n sodara2 kwa yg lain…smangat mlm,,smangaat berkumpul…ikut ndeprok ngangsu kawruh,,ikut absen…

  171. Ditempatku di sumenep ada satu desa yg spesialisasix turun temurun membuat keris sampai sekarang. Nama desanya aeng tong tong.. Bahkan dlm babat cerita asal usul berdirix kota.sumenep salah satu rajax yaitu joko tole semasa waktu masih kecil mampu membuat keris dgn tangan polos tanpa ditempah dibara api, hanya diremas2 tanpa dibentuk pakai palu bodem dan sampai kini peninggalan beliau tersisa di museum kraton dan jg di kolektor, salah satu cirix ada bekas garis guratan2 sidik jari di antara pamorx. Insya Allah @mas sugik sawunggaling mgkin bs lbh jauh dlm menbabarx, krn salah satu amalan yg @mas sugik posting di KWA (kawin batin) brsanad dr orang tua kandung joko tole yaitu adi poday dan potre koneng..

  172. Peri Chentyl

    Bang Kumbang.
    Calam kenal & cayank bang. Idihhh..cenengna dapat calam dari si abang.xixixi
    Bang Buaya Darat.
    Calam cayank bang. Titip calam juja yah bang untuk si kakek genit.xixixixi

  173. Laskar cinta

    @pabumita, wa alaikum salam..
    @omIBLIS,blm d jawab nih, trus setelah selesai puasa gmana om? Yg doa isrofil dan asr versi lain jga om,kalo udah selesai,trs gmna?

  174. Peri Chentyl

    Bang Pati Bumi.
    Calam kenal & cayank bang. xixixi

  175. Peri Chentyl

    Bang Laskar.
    Idihhh…si abang nafsu bgt.xixixi

  176. Laskar cinta

    @PC, mumpung om IBLISnya ada om/tante/mbah??? :D

  177. joko suwiryo

    salam salim salaman ki kumbang kelana,wah habis mengelana kemana aja mbah?.nimas peri centil salam buat bang ray pranata ya,kang pati bhumi minatani salam buat bang andra ya,salam jg buat semuanya,salim

  178. Peri Chentyl

    Om Iblis.
    Peri mau tanya nih Om. Boleh yah..
    Apa bisa Om mengamalkan asr dari Om belikut doa isrofil selta doa 4 alam diamalkan dalam waktu yang belsamaan. Dijawab yah Om.xixixi

  179. Cungkring Cerbon

    YAA SIYAAKAA KAYAASIYAA
    YAA MAKH ROJAA JAAROMIYAA
    YAA MARONII NIROMAYA
    YAA DAYUUNII NIYAADAYAA
    YAA MARDANII NIRODUMIYAA
    YAA SIYAARO ROROSIYAA
    YAA MAROZA JAROMAYAA
    YAA MADUNII SADUUMIYAA
    Umum: YAA MARAJA JARAMAYA (Kang Nglurug dadi asih) YAA MARANI NIRAMAYA (Kang Alah ngado) YAA SILAPA PALASIYA (Kang kempong ana daharan) YAA MIRODA DAROMIYA (Kang peksa dadi pemardikan) YAA MIDOSA SADOMIYA (Kong doso dadi bakti) YAA DAYUDA DAYUDAYA (Kang gegamana dadya akur) YAA SIYACA CAYASIYA (Kang blayi, Wiluyah) YAA SIHAMA MAHASIYA (Kang Ngrusak, Memayu)

  180. QOBILTUMAN

    mas joko suwiryo ternyata pengamat gravatar juga ya

  181. Wagiman Wara Wiri

    @mas akik : ane pesan kopi cucu ma om kapal api ja om..
    @pati bumi : salam jg om
    @peri chentyl : salam cyng buat mbak y0u..
    @madid musyawarah : bagi donk om olh dr maduranya ..heg heg heg..

  182. Peri Chentyl

    Bang Laskar.
    xixixi…Pelan pelan ajah bang. Om Iblis khan celalu ada di sekital kita.
    Guru Joko.
    Calam cayank guru. Idihhh. Guru jahat. Knp cih hanya bang spideray yang dapat calam. Peri malajuk nihh.xixixi

  183. @mbah joko salim dulu mbah ..wah wirid yaa latif nya maknyus mbah walaupun kadang malem kadang pagi kadang sore he he…anehnya do’anya pendek tp kok ga hafal2 he he…

  184. @mas triple W kopi ada tp cucunya di bawa neng peri hik hiks..

  185. Hadir malam
    semangaaaaaaat…..

  186. wawan sleman

    @ qobiltuman, salam mas, nyuwun pencerahanipun geh. minta tolong bisa mas, tolong hubungi saya, email saya handirawan@gmail.com.
    @ mas akik, rajahe di bagi dong. salam kangen untuk simbah geh
    @ pery centil , makin caem aja nich
    @ www, pesen kopi mbah, gulone sitik mawon. kaliya ilmune diwedar ben kulo tambah ilmune.
    @ cungkring , ijin copas kala cokra geh
    @ all sedulur met malam

  187. Maspri

    coba aku disapa juga dong mba PELI CENTHIL aku kan masmu, ayo coba capa aku dgn logat cadel, camakan?xexexexexe…..?

  188. @peri centil:salam sayang juga peri…kwkwkkw,,weh kmrn periq lepas,skrang knalan sama peri lain…wkkwkw,,salam kenal ae,,
    @kang joko:salim jugaaa kang…monggo dibabar kang…kula ndeprok kemawon….nyemak,,
    @kang cukring:mantra apaa itu kang?
    @mbah akik:miih peri centil po peri sek ne nggon wit mbah?hahhahaa

  189. Raden ajisaka

    Met malam smuanya salam kenal dan salam rahayu smoga dapat menambah tali silaturahmi

  190. @yi wawan:salam hormat yi….dibagi2 tar ya…hhahahaa,,mkin mantp ketone….hehhehe

  191. noname

    absen malam,,,

  192. Peri Chentyl

    Bang Wawan.
    Makacih bang. Ceneng deh dapet canjungan.xixixi. Tapi Peri bukan Peri mulahan bang. Colly..colly..colly bang.xixi
    Bang Maspri.
    xixixi..si abang bisa ajah. Tapi Peri tak bica ke lain hati bang.
    Bang Pati.
    Kalo kenalan sm Peri yang chentyl abis khan balu kali nih bang.

  193. Peri Chentyl

    Bang Raden Ajisaka.
    Calam kenal & cayank bang. Idihhh. Nama si abang buat jantung Peri beldebal.xixixi
    Bang Noname.
    Calam cayank bang.xixixi

  194. wawan sleman

    @ KI PBMT, salam hormat ki , njenengan rektor piwulang boso jowo geh. salut. nyuwun wejanganipun ki.
    @ pery, aku kadang juga Colly..colly..colly. hehhehehe
    @ Maspri, entar malam banyak cewe kok tenan aja ngak cuma peri nanti. hehehe

  195. wawan sleman

    @ off , dulu poro sedulur, mau main ke tempat caemmmm dulu.
    monggo di langjut

  196. >cungkring cerbon

    assalamu’alaikum wr wb,alhamdulillah tetap jaya kwa, apa itu sebuah mantra dari aji aji, sebelumnya maaf sebenarnya aji aji itu di larang dari agama islam, agama kita hanya mengajarkan 1 ilmu yaitu ilmu hikmah, ada juga orang islam mengamalkan aji aji semacam itu, bukanya setelah mendapatkan aji itu terus merasa senang, tapi ingatlah saudaraku orang yang mempunyai aji aji di dalam tbuhnya, kemungkinan besar akan sulit meninggalkan dunia, serta kemungkinan untuk meninggal dalam husnul khatimah sangat kecil. Demikianlah semoga ada hikmahnya.
    Wassalamualaikum

  197. @peri centhil:wkwkkwwkkw,,iya ni kmren beda perinya…uda q siapin bungaaa ksukaan peri juga….hadew malah kaabur,eh mala dpt knalan peri lgi ni…peri centhil….hihihiii,,salam kenal buat beri centilll…..wkkkwkwk,,peri centil bagi wejanganya…wkkwwkwkw,,gmn cara dktin peri biar ga kabur2….wkwkkwkkwkw,,:D
    @yi wawan:ampun kang….mboten kulaaa,,kula namung nyerak kemawon…..yi bagi2 kala cakranipun….hhehehe,,

  198. @kang wawan:monggo2 kang….nderekaken..nitip salam kemawon…

  199. laskar lembu suro

    aslkm….sedulur KWA ,mlm semua,monggo dilanjut Ustad pencerahanya,q tunggu,,,,,

  200. banyulumut

    ass wrwbkt dulur kwa.. salam rahayu..
    @ iblis.. apakah naga bumi akan mengamuk kang?

  201. Uwa carbon

    Assalamualaikum Para sesepuh KWA izin menyimak semoga bermanfaat dunia dan akhirat….

  202. SAWUNGGALING MADURA

    SALAM BUNTIL MAYIT….BONANG SRENTENG……KULIT SEMANGKA……BLARAK…….SALAM SALIM DAMAI……………….

  203. SAWUNGGALING MADURA

    MAS MADID…SAYA INI GAK TAU APA2 MAS…KECUALI SEKEDARNYA SAJA….YANG SAYA DENGAR PUSAKA DAPUR SUMENEP ITU KONON…ADA YANG DI BUAT/TEMPAT PANDAI BESINYA ITU DI KARANG DUAK….BANUAJUH…NAMA PUSAKANYA WONOAYU….ADA JUGA YUDOGATI/JUDAH GATEH/GERRAH MANJENG DLL…MEMANG SALAH SATU EMPU YANG TERKENAL DARI KERAJAAN SUMENEP ITU ADALAH EMPU KELLENG AYAH ANGKAT JOKOTOLE…KARENA KONON BELIAULAH YANG MAMPU MENDIRIKAN GERBANG KERAJAAN MAJAPAHIT BERSAMA JOKOTOLE, SETELAH SEKIAN RATUS EMPU/PANDAI BESI SELALU GAGAL KETIKA AKAN MENDIRIKAN GERBANG KERAJAAN MOJOPAHIT….

  204. === JANGKA SEWU ===

    assalsmuslsikum wr.wb

    wilujeng wengi
    nyimak aja ah seru ada yang ngebahas ilmu rajah kala cakra
    hehehehe
    setau saya ilmu tersebut sbagian ada yang menyebut sbgai shadatnya bangsa jin baik dari jin hitam atau putih . orang yang telah menguasainya bila berbaring orang tsb bisa merasakan di dadanya ada yang berputar dan agak berat. bagi bangsa jin bisa melihatnya dan mereka akan mrsa segan.

  205. Raden ajisaka

    @Adik Peri Chentyl yg ceeen…….til banget salam kenal & cayank balik dari abang. @Banyulumut gmna kbarnya? Salam rahayu smuanya buat bolo wong alus

  206. @ustad amirudin:makasih ki atas infonya….salam hormat,salam kenal…

  207. @ki sawunggaling:salam hormat salam kenal ki….ki gerbang majapahit itu ppintu utama kerajaan majapahit bkan?critanya gmn ki?ikut nyemak…ingin tau ki,

  208. banyulumut

    r. ajisaka.. kbr baik mas.. gmn panenngan?

  209. selamat malam semua dulur KWA.

  210. Mr.Zm

    Absen malam..

  211. ikut absen…..

  212. joko suwiryo

    walah walah kang qobiltuman@,aku ndak bisa liat gravatar apalagi bikin gravatar kang,lha aku cuma pake hp jadul sih kang,hahaha,pery centil@,hahaha,ya dah salam salim buat nimas pery ya,
    mbah akik@wah masak to mbah nda hapal2? itu dulu pas diponorogo dapet itu mbah,smga manfaat ya mbah,amin
    kangmas pabumita@njih kang salam salim salaman,
    sedulur semua tak nyimak nyender dipohon cengkeh aja wis,hehe

  213. joko suwiryo

    wahh masak sih aji kalacakra ilmu sesat/ilmu jin hitam putih?.haha,aji kalacakra populer diilmu hikmah islam oleh syekh subakir dgn rajahnya,untuk tumbal tanah jawa,dah lebih populer lagi oleh sunan kudus ketika membantu pangeran aryo penangsang melawan raden joko tingkir,makanya dlm aji ini kebanyakan silsilahnya dari beliau,sifat dari aji kolocokro penolak,penetral segala ilmu kanuragan dan penjagaan,masak beliau2 para wali sekelas syekh subakir dan sunan kudus pake ilmu yg remang2,hahahahaha,salam salimm

  214. arek ilank

    assalamualaikum semua,,,
    Semangat malam,nderek absen&ijin nyimak,,,,
    Monggo dilanjut,,,,,

  215. hahahhaaa,,,@kang suwiryo:mantaf kang….hihihiiii,,ijin ikut nyemaaaaaaaaak,,hehhehee,,,

  216. aji,mantra kyknya 2 istilah tersebut berbahasa jawa n indonesia…kecuali hikmah,mungkin istilah dari penyerapan bahasa asing…cuma beda bahasa…hehhehee,,kalau orang meninggal susah,ngilang/moksa,jadi gendruwo,dll ada dijelaskan detail dalam suluk karya saridin,anak sunan muria….hehhee,,ah gtw ikut nyemak saja,mungkin yg disampaikan menggunakan basa jawa jadi sesat nanti….hahhaaaa,,kasian orang jaman dahulu bahasa sehari2 blm pandai berbahasa arab ataupun indonesia…hahhaha,,

  217. batu bintang jg disebut pamor meteorid ato pasir malelo..ciri2nya mubyar gemerlapan pada bilah keris tsb.. “embahku dudu wong wiyono jg bukan orang sakti.. bukan ningrat jg bkn raden2an ato trah biru.. ktika beliau wafat mewariskan 3pusaka pd sy.. yg 2pusaka termasuk keris paling tua ditanah jawa.. 1keris betok budo empu msh primitib.. 2keris jalak budo jg empu primitib.. yg satunya lagi keris nogo sosro bayangan.. yoninya keris nogo sosro bayangan sy selagi msh ada matahari bisa ditajrib!! kapan dan dimana saja.. bila keris tsb ditunjukan pd matahari maka akan keluar 3bayangan sama persis dg keris tsb.. maaf ini hny skedar cerita apa adanya’tdk pernah tersirat untuk pamer riya ato mlebih2kan.. “PURWO MADYO WASONO NYUMANGAK’AKEN..RAHAYU..3X ENGKANG SAMYO PINANGGIH’NUWON..

  218. @joko moyo,mantaf kang…..emang ada yg keris bayanganya 3…emang mantaf,d daerah sya masih ad yg punya…kalo yg dibuka dari warongko trus angin kencang berdatangan meski dlm ruangan keris apa namanya kang?ikut nyemak..

  219. arek ilank

    @mbah khozin
    @om agung
    @laskar cinta
    @non ame
    pada kemana ya??,biasax jam segini udah hadir???,
    Tak gedruk lemah 3x,hadirr,,,hadirr,,,hadiiir,,,,

  220. arek ilank

    sepi.com

    Dah pada tidur zaa??
    Huuuuuhh,,,,,,,,,,kesepian g da temanx,hiks,,,hiks,,,hiks,,,,,
    Fb’an aj ahh,drpda disini g da teman,,

  221. Naga Runting

    Ada pepatah yang menyatakan : “Penghargaan pada seseorang tergantung karena busananya.” Mungkin pepatah itu lahir dari pandangan psikolog yang mendasarkan pada kerapian, kebersihan busana yang dipakai seseorang itu menunjukkan watak atau karakter yang ada dalam diri orang itu.

    Di kalangan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya untuk suatu perhelatan tertentu, misalnya pada upacara perkawinan, para kaum prianya harus mengenakan busana Jawi jangkep (busana Jawa lengkap). Dan kewajiban itu harus ditaati terutama oleh mempelai pria, yaitu harus menggunakan/memakai busana pengantin gaya Jawa yaitu berkain batik, baju pengantin, tutup kepala (kuluk) dan juga sebilah keris diselipkan di pinggang. Mengapa harus keris? Karena keris itu oleh kalangan masyarakat di Jawa dilambangkan sebagai simbol “kejantanan.” Dan terkadang apabila karena suatu sebab pengantin prianya berhalangan hadir dalam upacara temu pengantin, maka ia diwakili sebilah keris. Keris merupakan lambang pusaka.

    Pandangan ini sebenarnya berawal dari kepercayaan masyarakat Jawa dulu, bahwa awal mula eksistensi mahkluk di bumi atau di dunia bersumber dari filsafat agraris, yaitu dari menyatunya unsur lelaki dengan unsur perempuan. Di dunia ini Allah Swt, menciptakan makhluk dalam dua jenis seks yaitu lelaki dan perempuan, baik manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan. Kepercayaan pada filsafat agraris ini sangat mendasar di lingkungan keluarga besar Karaton di Jawa, seperti Karaton Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, dan lain-lain. Kepercayaan itu mulanya dari Hinduisme yang pernah dianut oleh masyarakat di Jawa. Lalu muncul pula kepercayaan tentang bapa angkasa dan ibu bumi/pertiwi. Yang juga dekat dengan kepercayaan filsafat agraris di masyarakat Jawa terwujud dalam bentuk upacara kirab pusaka pada menjelang satu Sura dalam kalender Jawa dengan mengkirabkan pusaka unggulan Karaton yang terdiri dari senjata tajam: tombak pusaka, pisau besar (bendho). Arak-arakan pengirab senjata pusaka unggulan Karaton berjalan mengelilingi komplek Karaton sambil memusatkan pikiran, perasaan, memuji dan memohon kepada Sang Maha Pencipta alam semesta, untuk beroleh perlindungan, kebahagiaan, kesejahteraan lahir dan batin.

    Fungsi utama dari senjata tajam pusaka dulu adalah alat untuk membela diri dari serangan musuh, dan binatang atau untuk membunuh musuh. Namun kemudian fungsi dari senjata tajam seperti keris pusaka atau tombak pusaka itu berubah. Di masa damai, kadang orang menggunakan keris hanya sebagai kelengkapan busana upacara kebesaran saat temu pengantin. Maka keris pun dihias dengan intan atau berlian pada pangkal hulu keris. Bahkan sarungnya yang terbuat dari logam diukir sedemikian indah, berlapis emas berkilauan sebagai

    kebanggaan pemakainya. Lalu, tak urung keris itu menjadi komoditi bisnis yang tinggi nilainya.

    Tosan Aji atau senjata pusaka itu bukan hanya keris dan tombak khas Jawa saja, melainkan hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki senjata tajam pusaka andalan, seperti rencong di Aceh, badik di Makasar, pedang, tombak berujung tig (trisula), keris bali, dan lain-lain.

    Ketika Sultan Agung menyerang Kadipaten Pati dengan gelar perang Garudha Nglayang, Supit Urang, Wukir Jaladri, atau gelar Dirada Meta, prajurit yang mendampingi menggunakan senjata tombak yang wajahnya diukir gambar kalacakra.

    Keris pusaka atau tombak pusaka yang merupakan pusaka unggulan itu keampuhannya bukan saja karena dibuat dari unsur besi baja, besi, nikel, bahkan dicampur dengan unsur batu meteorid yang jatuh dari angkasa sehingga kokoh kuat, tetapi cara pembuatannya disertai dengan iringan doa kepada Sang Maha Pencipta Alam (Allah SWT) dengan suatu upaya spiritual oleh Sang Empu. Sehingga kekuatan spiritual Sang Maha Pencipta Alam itu pun dipercayai orang sebagai kekuatan magis atau mengandung tuah sehingga dapat mempengaruhi pihak lawan menjadi ketakutan kepada pemakai senjata pusaka itu. Pernah ada suatu pendapat yang berdasarkan pada tes ilmiah terhadap keris pusaka dan dinyatakan bahwa keris pusaka itu mengeluarkan energi/kekuatan yang tidak kasat mata (tak tampak dengan mata biasa).

    Yang menarik hati adalah keris yang dipakai untuk kelengkapan busana pengantin pria khas Jawa. Keris itu dihiasi dengan untaian bunga mawar melati yang dikalungkan pada hulu batang keris. Ternyata itu bukan hanya sekedar hiasan, melainkan mengandung makna untuk mengingatkan orang agar jangan memiliki watak beringas, emosional, pemarah, adigang-adigung-adiguna, sewenang-wenang dan mau menangnya sendiri seperti watak Harya Penangsang.

    Kaitannya dengan Harya Penangsang ialah saat Harya Penangsang berperang melawan Sutawijaya, karena Penangsang pemarah, emosional, tidak bisa menahan diri, perutnya tertusuk tombak Kyai Plered yang dihujamkan oleh Sutawijaya. Usus keluar dari perutnya yang robek. Dalam keadaan ingin balas dendam dengan penuh kemarahan Penangsang yang sudah kesakitan itu mengalungkan ususnya ke hulu keris di pinggangnya. Ia terus menyerang musuhnya. Pada suatu saat Penangsang akan menusuk lawannya dengan keris Kyai Setan Kober di bagian pinggang, begitu keris dihunus, ususnya terputus oleh mata keris pusakanya. Penangsang mati dalam perang dahsyat yang menelan banyak korban. Dari peristiwa itulah muncul ide keris pengantin dengan hiasan untaian bunga mawar dan melati.

    Tosan aji atau senjata pusaka seperti tombak, keris dan lain-lain itu bisa menimbulkan rasa keberanian yang luar biasa kepada pemilik atau pembawanya. Orang menyebut itu sebagai piyandel, penambah kepercayaan diri, bahkan keris pusaka atau tombak pusaka yang diberikan oleh Sang Raja terhadap bangsawan Karaton itu mengandung kepercayaan Sang Raja terhadap bangsawan unggulan itu. Namun manakala kepercayaan sang raja itu dirusak oleh perilaku buruk sang adipati yang diberi keris tersebut, maka keris pusaka pemberian itu akan ditarik/diminta kembali oleh sang raja.

    Hubungan keris dengan sarungnya secara khusus oleh masyarakat Jawa diartikan secara ilosoi sebagai hubungan akrab, menyatu untuk mencapai keharmonisan hidup di dunia. Maka lahirlah filosofi “manunggaling kawula – Gusti”, bersatunya abdi dengan rajanya, bersatunya insan kamil dengan penciptanya, bersatunya rakyat dengan pemimpinnya, sehingga kehidupan selalu aman damai, tentram, bahagia, sehat sejahtera. Selain saling menghormati satu dengan yang lain masing-masing juga harus tahu diri untuk berkarya sesuai dengan porsi dan fungsinya masing-masing secara benar. Demikianlah makna yang dalam dari tosan aji sebagai karya seni budaya nasional yang mengandung pelbagai aspek dalam kehidupan masyarakat Jawa pada umumnya.

    RICIKAN ATAU ANATOMI KERIS

    Anatorni keris dikenal juga dengan istilah ricikan keris. Berikut ini akan diuraikan anatorni keris satu persatu :

    Pesi, yaitu tangkai keris yang masuk ke dalam pegangan atau ukir.

    Ganja, yaitu dasar bilah keris yang tebal. Ganya dapat menyatu atau terpisah dengan bilah.

    Buntut Mimi, merupakan bentuk meruncing pada ujung ganja.

    Gunungan, yaitu bentuk menonjol atau membukit sebelum buntut.

    Greneng, yaitu ornamen berbentuk huruf Jawa Dha ( ) yang berderet.

    Thingil, yaitu tonjolan kecil pada grenelig atau pada dasar huruf Jawa Dha.

    Ri pandhan, yaitu bentuk ujung yang meruncing menyerupai duri pada huruf Jawa Dha.

    Ron Dha, yaitu ornamen pada huruf Jawa Dha.

    Sraweyan, yaitu dataran yang merendah di belakang sogogwi, di atas ganja.

    Bungkul, bentuknya seperti bawang, terletak di tengah-tengah dasar bilah dan di atas ga~qa.

    Pejetan, bentuknya seperti bekas pijatan ibu jari yang terletak di belakang gandik.

    Lambe Gajah, bentuknya menyerupai bibir gajah. Ada yang rangkap dan Ietaknya menempel pada gandik.

    Gandik, berbentuk penebalan agak bulat yang memanjang dan terletak di atas sirah cecak atau ujung ganja.

    Kembang Kacang, menyerupai belalai gajah dan terletak di gandik bagian atas.

    Jalen, menyerupai taji ayam jago yang menempel di gandik.

    Greneng, yaitu ornamen berbentuk huruf Jawa Dha ( ) yang berderet.

    Tikel Alis, terietak di atas pejetan dan bentuknya rnirip alis mata.

    Janur, bentuk lingir di antara dua sogokan.

    Sogokan depan, bentuk alur dan merupakan kepanjangan dari pejetan.

    Sogokan belakang, bentuk alur yang terletak pada bagian belakang.

    Pudhak sategal, yaitu sepasang bentuk menajam yang keluar dari bilah bagian kiri dan kanan.

    Juga Pudhak Sategal.

    Poyuhan, bentuk yang menebal di ujung sogokan.

    Landep, yaitu bagian yang tajam pada bilah keris.

    Gusen, terletak di be!akang landep, bentuknya memanjang dari sor-soran sampai pucuk.

    Gula Milir, bentuk yang meninggi di antara gusen dan kruwingan.

    Kruwingan, dataran yang terietak di kiri dan kanan adha-adha.

    Adha-adha, penebalan pada pertengahan bilah dari bawah sampal ke atas.

  222. laskar lembu suro

    aslkm…..sugeng ndalu kagem arek ilang….posisi jenengan dmn!,!!.,?

  223. Raden ajisaka

    @Naga Runting salam takzim & trimakasih tlah menambah wawasan bagi bolo wong alus terutama buat saya yg awam tentang tosan aji. @Banyulumut kbar sya jg baik salam hormat buat panjenengan.

  224. gus santri

    Wah Sang Bengawan mulai turun gunung nih. Maangtaaaap Kimas. Hormat takdzim saya.

    Ikut nyimak dan absen.

    Semuanya, menyapa penuh hormat takdzim…

  225. Naga Runting

    @Raden aji saka..salam

    mantra lewat bantal dan keris semar

    Bismillahirrahmaanirrahiim
    Aku merapal serta mengirim mantraku si semar mesem
    Lewat khadam keris semar ini
    Maka bersatulah hatimu (……) dan hatiku
    Rindu dendam pada diriku
    Sepi senja,sepi hatimu duhai putri si hawa
    Ku tepuk bantal panggil semangat
    Semangat datang dalam mimpi
    Aku tak menepuk bantal
    Aku menepuk jasad dan rohnya (…….) binti (…….)
    Atas ijin ibunya,makbul doa ibunya (…),makbul Allah
    Satu badan dua nyawa
    Satu jasad dua nyawa
    Rindu kasih dan sayang kasih
    Goncangkan jasad dan rohnya (…..)
    Aku tak melipat tangan
    Aku melipat hati (…..) terbuka kepadaku
    Sri pengasihku,sri dali putih
    Para malaikat,arwah serta khadam keris semar bersaksi
    Buat dia sangat merindukanku
    Buat dia tergila-gila padaku
    Menangis si… meminta kembali bersatu pada diriku
    Berkat di’iringi sang semar
    Makbul doa,mustajab kepada (……) Kabul Allah
    Kabul Muhammad,Kabul baginda Rasulullah
    Berkat La’ilaha illallah

    Baca 3 X lalu tepuk bantal 7 X

  226. gus santri

    Bismillah…

    Saya ijazahkan amalan untuk perlindungan dari segala mara bahaya. Saya mendapatkan ini dari KH. Imam Sughrowardi, pesantren APIS sanan gondang Blitar ketika saya masih nyantri di sana. Dan saya mendapatkan langsung dari beliau. Amalannya simpel dan mudah. Wiridkanlah amalan ini setiap selesai sholat 5 waktu:

    YA hAFIIDZ IhFADZNII 3X
    (ARTINYA: WAHAI DZAT YANG MAHA MENJAGA, JAGALAH SAYA)

    Semoga ada manfaat dan barokahnya.

  227. arek ilank

    dasarx memang dunia maya,jam brapa pun pasti masih ada yg ol,,,
    @salam takdzim kagem gus santri,lg wirid nopo lg ngilir tilem kok kadingaren,,,,
    @salam takdzim kagem kyai naga runting,matur suwon pencerahanipun mugio saget nambah wawasan kulo lan sedulur bolo wongalus sedoyo,,
    @salam rahayu raden ajisaka,semangat malam,,
    @mas laskar LS,semangat malam,posisi sy skrng di makasar,tp masih betah disini g tau kpn mau pulkam,belum ada rencana& jg dana,he,,,he,,,
    Monggo dilanjut,,,
    Sy nyimak mawon,,,,,

  228. ikutan nyimak sedulur semua.

  229. Naga Runting

    AJI SETAN KOBER
    PELET DAHSYAT DENGAN PESONA BIRAHI MEMBARA

    KEUNGGULAN PELET INI :

    1. SIAPAPUN YANG TERKENA PELET INI AKAN MENARUH RASA SAYANG PADA ANDA.

    2. GAIRAH SEKSUALNYA AKAN MENGGEBU-GEBU TAK TERBENDUNG LAGI SERTA PASRAH JIWA RAGA KEPADA ANDA.

    ASAL USUL AJI SETAN KOBER

    Setan kober merupakan cerita rakyat dari Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah. Setan Kober merupakan setan yang suka mengganggu para gadis-gadis dan memperkosanya mentah-mentah, Banyak tokoh sakti yang mati oleh setan ini. Karena sifat setan kober yang suka memperkosa gadis-gadis ini maka seorang santri yang sakti mandraguna dari Demak-Jawa Tengah (Syekh Jambu Karang) berhasil menaklukan setan kober ini yang konon juga sangat sakti dan susah ditaklukan. Dan Santri tersebut mengunci setan kober tersebut dengan mantra-mantra sehingga mudah dikendalikan. Banyak mantra yang bisa digunakan untuk menyuruh atau mengendalikan setan kober ini untuk berbagai keperluan. Tapi memang kekuatan dan aura yang terpancar kuat dari setan kober ini adalah aura BIRAHI. Mantra ini diturunkan kepada anak cucunya oleh Syekh Jambu Karang yang kebanyakan berdomisili di Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah (sekarang) tidak heran jika ada seorang Banyumas yang memiliki ajian ini secara komplit (untuk segala fungsi dari urusan rizki sampai urusan ranjang). Karena sebenarnya setan kober bisa disuruh banyak hal seperti : membunuh orang dari jarak jauh, membikin sakit, menyebarkan wabah, membakar rumah, membuat wanita terangsang dan minta disetubuhi, dll. Setan kober ini termasuk bangsa Jin yang sangat Ganas serta BRINGAS !!!

    INGSUN AMATAK AJIKU SI SETAN KOBER
    SETAN KOBER SIRO SUN KONGKON LEBONONO ATINE SI JABANG BAYINE…..(sebut nama orang yang dimaksud) YEN KETEMU TURU GUGAHEN
    KETEMU TURON LUNGGUH NO
    KETEMU LUNGGUH DEGNO
    KETEMU NGADEG PRENEKNO KETEMU INGSUN
    OJO PATI PATI MULIHYEN ORA BARENG KARO KEKASIH INGSUN
    TEKO WELAS TEKO ASIH SI JABANG BAYI……..(sebut nama orang yang dimaksud)MARANG INGSUN.

    CARA MENGAMALKANNYA:
    Puasa mutih 7 hari 7 malam, patigeni sehari semalam, mulai puasa pada hari senen Kliwon aji dibaca sewaktu berpuasa dan ketika akan tidur sambil membayangkan wajah orang tersebut.

  230. Naga Runting

    @arek ilank…salam

  231. Maspri (dukun komputer)

    @ki naga runting: selamat malam menjelang dinihari. Matur nuwun pencerahannya? Semoga menambah pemahaman kita semua ttg tosan aji. Kemudian untuk amalan lewat bantal dan keris, apakah harus punya keris semar mesem? Mohon diperjelas lagi tatacara pengamalannya. Nuwun

  232. Naga Runting

    @Maspri…betul ki,harus punya kerisnya & tatacaranya tanpa puasa..nuwun

  233. Mr.Zm

    Salam salam absen dini hari.. Qobiltu amalan perlindungan dari segala marabahaya dari gus santri untk diri sya smga brmanfaat dunia akhrat amien.. Alfatihah trkirm bwt gus santri..

  234. Mr.Zm

    @naga runting: hiks.hiks.. Gk punya kerisya (sedih.com)

  235. ki Dewa Besi

    keris oh keris
    konon keris bisa berdiri dan ada yg tdk bisa berdiri…
    keris apakah yg mampu berdiri tanpa ada kendali manusia atau yg berkhodam..?
    salam salim semua..-

  236. Maspri (dukun komputer)

    @ki naga runting: wah sayang sy nggak punya kerisnya jadi nggak bisa nyobain amalannya. Tadinya mau tak cobain buat melet mantan pacar sy yg skrng dah jadi istri sy spy lebih cinta dan rindu slalu krn skrng sy tinggal berjauhan. Sy di serang banten dan Istri di kebumen. Ketemu 1bln 1x.

  237. tarjo

    Asal usul Aji Jaran Goyang :

    Alkisah seorang tukang rumput yang bekerja di rumah salah satu penguasa daerah di Jawa pada masa penjajahan Belanda. Tukang rumput ini adalah orang miskin yang rajin bekerja dan tidak pernah melakukan kejahatan apapun. Hingga suatu saat ia jatuh cinta pada puteri penguasa daerah tersebut. Dia berusaha menahan rasa cinta itu karena dia pikir cinta yang dirasa adalah sia-sia. Dia sangat menyadari siapa dia dan siapa orang yang dicintainya tersebut. Dia hanya melihat pujaan hatinya dari jauh dan mengkhayalkan ketika malam menjelang.

    Suatu hari, saat dia tak lagi kuat menahan rasa cinta yang kian lama kian membara, akhirnya dia mengungkapkan perasaannya pada sang puteri. Sang puteri begitu terkejut dan sama sekali tidak menyangka tukang rumput yang selama ini dianggap rendah ternyata mengungkapkan cinta. Sang puteri marah besar dan dalam amarahnya, puteri itu mengumpat dan meludahi si tukang kebun.

    Respon puteri yang berlebihan dan sama sekali tidak diduga oleh si tukang kebun, membakar amarah dan dendam tukang kebun. Dia mengambil ludah sang puteri yang terlanjur jatuh ke tanah dan pikirannya yang telah dipengaruhi setan mengatakan bahwa dia harus membalas dendam atas semua perlakuan sang puteri padanya.

    ilmu_peletKemarahan itu membuat tukang kebun berpuasa selama 40 hari. Dan tepat dihari ke-40 dengan bantuan setan, dia berhasil menciptakan mantra pelet jaran goyang. Sebuah mantra yang tercipta dari dendam, nafsu, dan amarah. Keesokan harinya, tukang kebun itu menemui sang puteri dan membacakan mantra tersebut. Sang pouteri langsung jatuh pingsan dan ketika tersadar, sang puteri berteriak-teriak histeris mencari tukang kebun tersebut. Sang puteri memohon-mohom untuk dinikahi. Namun, si tukang kebun terlanjur kesetanan, maka, seluruh perbuatan yang pernah dilakukan oleh sang puteri kini dibalas oleh tukang kebun.

    Tak lama waktu berselang, akhirnya si tukang kebun meninggal dunia. Sang puteri tetap berada dalam kegilaannya yang tak kunjung terobati dan tak lama setelah si tukang kebun meninggal, sang puteri pun menyusul. Mereka dikebumikan berdampingan hingga saat ini.

    syarat dan mantranya:
    Ini jenis ajian pelet pengasihan yang terkenal dan banyak dipergunakan paranormal untuk membantu kliennya. Cara mengamalkannya puasa mutih 7 hari 7 malam dan patigeni sehari semalam. Mulai puasa pada Jumat pahing. Bila akan menjalankan ajian maka caranya yaitu sebelum tidur mantra dibaca sambil membayangkan wajah orang yang akan dipelet sambil melihat fotonya dan akan lebih cepat bereaksi bila memegang barang/benda-benda pribadi yang akan dipelet.

    Mantranya sebagai berikut:

    “INGSUN AMATEK AJIKU SI JARAN GOYANG, TETENGER TENGAHING PASAR, GEGAMANE CEMETHI SODO LANANG SAKING SWARGO, SUN SABETAKE GUNUNG JUGRUG, SEGORO ASAT BUMI BENGKAH, SUN SABETAKE ATINE SI JABANG BAYI ……. (NAMA ORANG YANG DIPELET) TEKO WELAS TEKO ASIH ANDELENG BADHAN SLIRAKU, MANUT MITURUT SAKAREPE SI JABANG BAYI …. (NAMA KLIEN YANG AKAN DIBANTU PARANORMAL) SOKO KERSANING ALLAH”

  238. ki Dewa Besi

    @tarjo
    mantra jaran goyang sepertinya ada yg kurang ya..?
    lengkapin aja.!

  239. arek ilank

    mau mengamlakanx tp yg satu ga punya kerisx&yg satux lg g ada tempat bwt puasa pati genix,hiks,,,hiks,,,,
    Semangat 1/3 malam,,,

  240. Tawon Gung

    Wah…wah…Pembabaran tentang keris ato tosan aji dari ki begawan candu rektor kwa sangat menarik sekali…
    saya ada pertanyaan tentang dunia keris ini, buat poro sesepuh kwa dan dulur2 kwa mohon petunjuknya..
    1. Bagaimana cara kita mengetahui bahwa keris itu buatan baru atau buatan lama?
    buat bolo wong alus semua, salam persaudaraan asah asih asuh….

  241. Semangat dinihari,
    Ijin Ikut nyimak sambil minum kopi + buhur Surya 16 he..he

  242. bayu prakasa suroboyo

    assalamualaikum wr wb
    absen pagi+ikut nyimak sambil nunggu adzan subuh.amin.

  243. arek ilank

    sepi.com

  244. Wagiman Wara Wiri

    Mantra pelet bertebaran …hep hep hep

  245. Absen pagi…

  246. gus santri

    Kimas Arek Ilang, salam hormat takdzim juga kepada Panjenengan. Ini sedang dolan ke kampus saja Kimas.

    Semuanya, Assalamu’alaikum..

  247. Bengawan.Candhu

    @tawon gung….asswrwb….trmksh atas pertanyaannya…sy akan share sbisa sy. Bagi org yg sdh biasa pgang keris mgkn hanya mbutuhkn sekilas pandang dgn mperhatikn hal2trtentu. Tp bg yg sama2bljr spt sy ini,bs dlihat dr adanya bekas kikiran dsisi bilah ato tengah bilah,tdk jarang ada bekas tempaan ato pukulan,warna besinya berkesan muda ato tempaan tdk matang,dlihatnya u/yg luk kdg krg pas lekuknya,klo yg lurus itu pjg pendek dan besarnya klo dlihat krg pas,pamornya berkilau tp klo drasa krg cling krn mgkn dr nikel ato bekas kawat kabel yg dcairkn. Mgkn bs dlengkapi kmbl o/sedulur yg laen. @gus santri….asswrwb….alhamdulillah,skrg panjenengan sdh bs copy darat kmbl. Menyenangkn skl,smp kgn sy ini pd panjenengan….

  248. Bengawan.Candhu

    @wongabangan…mmg bnr ada yg mbuat pamor pejetan,ada kepercayaan keris yg msh mbara dipijit2sama sang empu dgn jari telunjuk ato jari tengah ato bhkn jempol. U/djaman skrg mmg ssh u/dpercaya nalar ada org berani memegang dan memijat besi2yg msh pns membara. Ada jg kepercayaan empu trtentu dr awal pembuatan sdh menggunakan tangan,mulai dr proses pemotongan besi,penggabungan,penempaan besi bhkn s.d finishing pake tangan smua. Tp sy pribadi blm prnh pegang keris spt itu,trmsk yg pamor pejetan.

  249. Bengawan.Candhu

    @ki naga runting….trmksh berkenan mlengkapinya smkn komplit rasanya….kpn2klo membahas mslh pamor,mhn dbantu dlengkapi,siapa tau panjenengan pnya referensi ato literatur yg bs dshare kmbl. @joro moyo….salut sama koleksinya,aplg bethok budho dan jalak budho,sy pgn pnya malah smp skrg blm dpt….syukurilah warisan tsbt,salah satu kebanggan dr leluhur panjenengan yg msh dlestarikn oleh generasi2penerusnya.

  250. Ass wr wb to all
    Absen pagi :)
    Sepertinya artikel Keris ini pernah sy baca ditempat lain deh dimana ya ??? maap lupa ;)
    Sekedar sharing buat sdulur ku smua ….
    Dibawah ini ada beberapa Artikel dan Literatur dari beberapa sumber tentang Budaya Tosan aji yang bisa anda Download untuk menambah wawasan dan Pengetahuan tentang budaya Tosan Aji :

    1. Artikel MERAWATKERIS -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351540/MERAWATKERIS.pdf.html )
    2. Artikel KERISANDTOSANAJIINTRODUCTION -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351541/KERISANDTOSANAJIINTRODUCTION.pdf.html )
    3. Artikel Kerajaan Kediri -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351542/modul-kerajaan-kediri.pdf.html )
    4. Artikel Keris Senjata Pusaka ->Download ( http://www.ziddu.com/download/11351543/Keris_Senjata_Pusaka_1.pdf.html )
    5. Artikel Ensiklopedi Keris-> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351544/EnsiklopediaKeris.pdf.html )
    6. Artikel Ricikan Keris ->Download ( http://www.ziddu.com/download/11351545/RICIKANATAUANATOMIKERIS.pdf.html )
    7. Artikel Munculnya Pusaka Gaib -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351546/MUNCULNYAPUSAKAGAIB.pdf.html )
    8. Artikel Sejarah KEris Empu Gandring -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351547/SejarahKerisEmpuGandring.pdf.html )
    9. Artikel Pamor Keris -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351548/Pamor.pdf.html )
    10 . Artikel Empu – Empu Keris -> Download ( http://www.ziddu.com/download/11351549/EMPUKERIS.pdf.html )
    11. Misteri Keris Berjalan -> Download ( http://www.ziddu.com/downloadlink/11355637/videomisterikeris.mp4 )
    12. Pembuatan Keris 1-> Download ( http://www.ziddu.com/downloadlink/11355636/videoPembuatanKeris.mp4 )
    13. Pembuatan keris 2-> Download ( http://www.ziddu.com/downloadlink/11355635/videomembuatkeris.mp4 )

    Semoga Bermanfaat

  251. sirat agustin

    @ Bengawan.Candhu
    @ noname
    @ gus santri
    @ pini sepuh ugi sedulur ingkang sami maos artikel
    Rahayu ugi salam takjim.
    tumut nyimak ugi lenggah

  252. nderek nyimak
    monggo dipun lanjut

  253. Raden ajisaka

    Absen siang kok sepi pada kemana ya?

  254. gus santri

    Sirat agustin, salam kenal & hormat takdzim kpd Panjenengan..

    Mr Zm, semoga manfaat & barokah. Amin. Alfatihah juga terkirim buat Panjenengan.

    Kimas Bengawan Candhu, saya jg kangen sama Panjenengan, apa lg kalau teringat SDM xixixixixi..

    Ki Ageng JJ, hormat takdzim.

    Semua yg hadir, hormat takdzim..

  255. gus santri

    Raden Ajisaka, hormat takdzim. Ya memang sepi Kimas,sebab waktunya tidur siang ini he he he.

  256. Naga Runting

    Bismillah..Saya ijasahkan cara mengisi khodam kedalam batu permata

    1. Puasa 3 hari – Rabu, Kamis dan Jum’at.

    2. Solat Hajat pada malam Jumaat. Rakaat pertama surah al-Insyiroh(ألم نشرح لك صدرك) dan rakaat kedua surah al-Ikhlas (قل هو الله أحد).

    3. Kemudian Selawat 1,440X – setiap 100X hembus ke air kelapa muda.

    4. Rendam batu permata dalam air tadi dan biarkan semalaman. Keesokannya sisa air diminum.
    Nb:Solawatnya-ShollaullooHu ‘alaa Muhammad.

  257. Raden ajisaka

    Gus Santri, Naga Runting, Arek Ilank, Banyulumut, Iblis Selatan salam hormat & takzim buat penjenengan. Selamat mlam buat smua yg hdir disini.Silahkan dibabar keilmuannya salam rahayu

  258. tarjo

    cara mengetahui batu permata yang sudah di isi tersebut :
    1. Rendam batu permata dalam air mawar dan za’faran, kemudian masukkan jari ke dalam air. Baca ayat ini 100X:

    ﴿ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ﴾ سورة الأنبياء: 30

    Artinya: Dan Kami jadikan dari air, tiap-tiap benda yang hidup.۝

    2. Kemudian biarkan selama sejam dalam air tersebut. Letak batu permata di bawah bantal, khodam akan datang dalam mimpi dan memberitahu khasiat batu tersebut.

  259. tarjo

    Perawatan batu permata tersebut dengan cara mengoles minyak za’faron setiap malam jum’at kliwon atau 45 hari sekali, guna memperkuat energinya.

    sedangkan untuk membersihkannya 1 tahun sekali dimalam tanggal 1 muharrom bulan hijriyah, sediakan air putih segelas kira-kira 125ml & masukkan garam 1 sendok makan,terus aduk merata…lala masukkan batu permata kedalam air tersebut, biarkan selama 30 menit…kemudian keringkan, terus oles dengan za’faron

  260. bengawan.candhu

    asli

  261. Raden ajisaka

    @om tarjo salam knal om trimakasih udh brbagi tips perawatan batu permata

  262. Raja Kue

    Saya pernah dengar cerita:
    Beberapa tahun yang lalu, ada seorang anak kecil yg bermimpi bertemu seorang kakek tua.
    Si kakek tua tersebut menyuruh anak kecil ini memetik daun dari tanaman didepan rumahnya.
    Pagi hari’nya dia melakukan perintah yang muncul dalam mimpinya.
    Beberapa tahun kemudian, setelah daun dari tanaman tersebut disimpan, ternyata berubah menjadi mata sebuah keris perak.
    Kalo tdk salah nama tanaman’nya Wijaya Kusuma. Apakah ada yg bisa melanjutkan cerita ini ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: