KONTROVERSI TAWASUL KEPADA ALLAH SWT


Tiang Bungkuk

Tawassul kpd Allah: SALAAMUN ‘ALALLOH SUBKHANAKALLOH ALFATIHAH ILA FI DZATILLAH ALLAH ALLAH ALLAH LAHUMUL FATIHAH (baca Alfatihah 9x buat laki2, 11x buat wanita)

Kata-kata tawasul kepada Allah mengundang kontroversi dan menjadi perdebatan yang menarik di KWA dan memancing beberapa argumen dan membuat saya penasaran untuk terus menggali dan menggali yang mana yang benar:

Salah satu argumen KWA: ajaran sesat nih , mana ada salamuun dari mahluk untuk Khaliq, kebalik atuh, yg ada Salaamun untuk mahluk dari Khaliq, wah wah, hati2 para rekan yg muslim, akidah anda disesatkan dan masya Allah, akibatnya sungguh mengerikan bagi tauhid anda semua.

Atau argumen KWA yang lain: matan dari ayat itu jelas beda, kalau yg mas sebut
itu Allah dan malaikat bershlawat untuk nabi. Allah sebagai khaliq mendoakan keselamatan u nabi nya, doa itu berisi harapan, dalam ini Allah berharap dan pasti harapan itu terwujud karena ada ayat lain. “innama amruhu idza aoda syaiá…… kun fayakun”.Ini idak bertentangan denga tauhid.

Tapi kalau mendoakan Allah agar selamat…. Lain perkara, sungguh sombong , takabur , mahluq mendoakan khaliq, hati2 sombong ini sifat yg dibenci Allah dan inilah yg menjatuhkan iblis kedalam kehinaan dan laknat Allah.

Sesungguhnya dalam kisah sulthon aulia, syech abdul qodir al jilany, saat hendak disesatkan iblis yg mengaku sebagai Allah dan menampakkan diri dalam wujud sinar, apa? ialah karena iya menggunakan akal dan ilmu syariat nya.

kurang apanya beliau dalam hal kasyaf? kurang hal apa beliau dalam hal lmu rasa ?, justru yg emat beliau sadar adalah (dengan izin Allah tentunya) saat iblis (yg menyamar) berkata bahwa semua yg haram sudah menjadi halal. nah kalau beliau tidak menggunakan akal dan ilmu syariat nya maka niscaya sudah jatuh dalam kesesaan.

BOLEH2 SAJA BELAJAR HIKMAH, BOLEH2 SAJA BELAJAR DAN MENEMPUH TOREKOT TAPI JANGAN SAMPAI MEMBUANG BEKAL BERHARGA DARI ALLAH BERUPA AKAL DAN ILMU TAUHID DAN SYARIAT YG TELAH ALLAH WARISKAN KE NABI MUHAMMAD DAN UMAT ISLAM. INI AGAR KITA TETAP SELAMAT DUNIA AKHIRAT LAHIR BATHIN.

——————————————————————-

Menanggapi hal tersebut izinkan saya yang dhoif dan lemah iman serta bodoh ini mengajak urung rembuk dan berdiskusi dan mohon saya diajari yang benar jalan ke surga akhirat untuk bertemu orang yang selalu kudambakan rasulullah SAW. sebagai ilustrasi saya tampilkan kisah berikut yang saya copas dari beberapa situs lain dan sudah dimodifikasi:)):

Alkisah Suatu ketika dalam pelajaran agama disebuah SD ada seorang murid bertanya pada Pak guru agama,

Murid: Pak guru, mengapa Allah menyuruh kita berdoa? Apakah karena Allah tidak tahu kebutuhan kita? Kalau Allah itu tahu kebutuhan kita (hambaNya), harusnya tanpa kita memintapun, Allah akan memberi kan Pak guru? Karena Allah itu Maha Memberi. Jadi untuk apa kita berdoa Pak Guru?”

Jawab pak guru: “Anakku, Allah menyuruh kita berdoa, itu bukan berarti Allah tidak tahu kebutuhan kita. Allah itu Maha Tahu. Bahkan Allah jauh lebih tahu kebutuhan kita dibanding kita sendiri. Coba pikir! Apa pernah kamu berdoa, “Ya Allah berikanlah aku udara”. Tidak pernah kan? Tapi Allah memberikan, karena Allah tahu kita butuh udara.
Begitu juga dengan kebutuhan kita yang lain. Sebenarnya teramat banyak yang tidak kita minta tapi Allah memberikan. Karena apa? Karena Allah tahu bahwa kita butuh. Ini yang pertama.

Yang kedua, Allah menyuruh kita berdoa bukan berarti Allah butuh doa kita, tidak. Sama sekali tidak. Seandainya semua manusia bahkan termasuk semua jin menolak berdoa kepadaNya, kemuliaanNya tidak akan berkurang sedikitpun. Demikian juga sebaliknya. Seandainya semua manusia dan jin berdoa kepadaNya tidak akan menambah kemuliaanNya sedikitpun.

Dari ilustrasi trersebut muncul pertanyaan lagi: “mengapa Allah menyuruh kita berdoa?”

Dari referensi yang saya telusuri lewat mbah google saya peroleh ternyata Allah menyuruh kita berdoa karena :

1.
Untuk senantiasa mengingatkan bahkan kita ini hanyalah seorang hamba. Dengan senantiasa mengingat bahwa kita ini hanyalah hamba, maka kita akan terhindar dari sikap sombong, takabur dan tinggi hati. Nah lho!

2.
Doa itu adalah dzikir. Dengan berdoa berarti telah mengingat Allah Tuhan Pencipta kita. Dengan mengingat Allah maka hati kita akan tenang. Hiduppun juga akan tenteram. Sebagaimana firman Allah dalam QS Ar Ra’d ayat 12 :’ yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah. Jadi, hanya dengan senantiasa mengingat ”Allah”lah hati kita maupun hidup kita akan tenang. Ya kan….

3.
Doa itu adalah tujuan, keinginan atau target yang ingin kita capai. Ketika kita berdoa “Ya Allah, limpahkanlah kepadaku rezeki yang melimpah”. Maka rezeki yang melimpah adalah target kita. Tentunya target tidak akan pernah tercapai bila tidak disertai usaha yang optimal. Ibarat orang bercocok tanam, usaha itu adalah benihnya. Sedangkan doa adalah pupuknya. Jadi doa yang tidak disertai usaha sama saja seperti menebarkan pupuk tapi tak pernah menaburkan benih. Ya….kapan akan panen?

4.
Doa itu penyemangat, pemberi harapan. Jadi orang yang berdoa adalah orang yang masih punya harapan. Dengan adanya harapan hidup akan lebih bersemangat, lebih bergairah.

5.
Karena kita merasa bahwa kita adalah orang yang lemah, orang yang butuh pertolongan Allah SWT. Kalau kita merasa kuat, merasa tidak perlu bantuan, merasa sok jago; tidak akan bisa berdoa, kalaupun berdoa maka akan berbeda. Misalnya, ketika kita sedang banyak uang, bagaimana doa kita? Hambar, bahkan sering malas untuk berdoa. Kalau kita merasa lemah, merasa butuh pertolongan, merasa butuh bimbingan dan bantuan; maka kita akan terus berdoa supaya yang tadinya lemah menjadi kuat, tadinya banyak masalah menjadi dibantu, tadinya miskin menjadi dicukupkan oleh Allah SWT. Sedangkan kalau merasa tidak butuh kepada Allah, jarang berdoa. Dengan demikian kalau, misalnya, sekarang doa kita tidak dikabulkan, bisa jadi karena berdoanya hanya
pada waktu susah saja; tetapi kalau kita merasa cukup, merasa kuat, merasa hebat; berdoanya hanya sekedarnya saja. Akhirnya ketika kita butuh, Allah mengatakan, ”Engkau pada saat merasa cukup tidak mau minta, sekarang giliran tidak punya merengek-rengek!”. Oleh karena itu apapun kondisi kita, kita harus yakini bahwa kita ini lemah, sangat bergantung. Doa itu tidak boleh berhenti, hanya sewaktu butuh saja. Allah berfirman dalam surat Faathir : 15: Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji. Kata Allah bahwa manusia itu butuh kepada Allah. Butuh apa saja ? Butuh pertolongan, butuh bimbingan, butuh rejeki, butuh sehat, dan sebagainya. Orang yang merasa butuh pasti doanya akan serius, tetapi kalau merasa tidak butuh, maka doanya tidak serius, bahkan malas berdoa.

6.
Yang paling penting, doa itu adalah intinya ibadah. Sebagai hamba Allah tugas utama kita adalah beribadah kepadaNya. Barangsiapa yang baik ibadahnya akan senantiasa mendapatkan ridhoNya. Siapapun yang mendapatkan ridhoNya akan bahagia hidupnya baik didunia yang fana ini maupun nanti diakhirat yang kekal. Siapa yang tidak ingin bahagia hidupnya, hayo…siapa? Jadi hakekatnya kitalah yang butuh berdoa, bukan Allah bukan siapapun. Oleh karena itu selama masih ada waktu marilah kita perbanyak doa, smoga Allah meridhoi kita . Amin.

Doa itu adalah ibadah, yaitu salah satu bentuk ketundukan manusia kepada Allah. Doa itu tidak ada bedanya dengan shalat, zakat, haji, dlsb; karena doa itu adalah ibadah. Nabi bersabda bahwa doa itu adalah intinya ibadah (Ad du’au mukhkhul ’ibadah, doa itu adalah sumsumnya (intinya) ibadah). Orang yang malas berdoa berarti ia adalah malas ibadah. Selama ini orang menganggap bahwa doa itu hanya sebatas permintaan saja, padahal bukan hanya sekedar permintaan, tetapi juga ibadah. Artinya, butuh ataupun tidak butuh, gembira atau susah, apapun kondisinya; kita harus terus beribadah, harus terus berdoa kepada Allah SWT, doa itu harus tetap serius. Kalaupun kita banyak rejeki, tetap harus serius berdoa memohon rejeki. Kebanyakan orang kalau sedang banyak rejeki, doa minta rejekinya tidak serius, tetapi kalau sedang susah baru mintanya sangat serius. Kebanyakan orang kalau sedang sehat, tidak pernah minta diberi kesehatan; tetapi kalau sedang sakit, mintanya terus menerus untuk diberi sehat. Oleh karena itu apapun kondisinya dan di mana pun adanya harus tetap ibadah.

Apa arti ibadah? Doa itu ibadah, artinya: (1) kapan dan di mana saja, butuh atau tidak butuh harus berdoa, (2) dikabulkan atau tidak dikabulkan, doa itu mendapatkan pahala. Kalau kita niat berdoa itu ibadah, maka doa kita itu menjadi ikhlas. Kebanyakan orang berdoa itu sifatnya menuntut untuk dipenuhi, kesannya memaksa. Doa yang baik itu adalah doa manakala kita sedang senang. Salah satu doa yang makbul adalah doa yang dilakukan pada saat sedang senang, sedang banyak duit berdoa minta rejeki. Kalau sedang susah lalu berdoa, maka itu adalah hal yang wajar. Selama ini kita sering kalau berdoa tidak ikhlas, memaksa terus. Apa artinya ikhlas? Jangan diingat-ingat, serahkan saja kepada Allah, dikabulkan atau tidak. Kita seringnya kalau minta kudu, harus, begini-begitu, harus sekarang. Kalau doa itu ikhlas, yang penting sudah memohon, hasilnya itu urusan Allah.

Dalam hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Abu Syaibah, Aisya ra., berkata, “Nabi SAW sering berdoa dengan mengatakan, “Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku untuk selalu taat kepada-Mu. Aku pernah bertanya, “Ya Rasulullah, kenapa Anda sering berdoa dengan menggunakan doa seperti itu? Apakah Anda sedang marasa ketakutan? Beliau menjawab, “Tidak ada yang membuatku merasa aman, hai Aisyah. Hati seluruh hamba ini berada di antara dua jari Allah Yang Maha Memaksa. Jika mau membalikkan hati seorang hamba-Nya, Allah tinggal membalikkannya begitu saja. Wah nabi rasululullah yang dah jelas-jelas masuk surga berdoa kepada allah dengan
penuh ketakutan, kononlah kita ini, beruntunglah Allah.SWT masih menutup aib kita.

Saat hati kita sedang semangat, maka mintalah kepada Allah untuk meneguhkan hati kita agar tetap semangat. Semangat akan menghasilkan tindakan luar biasa dan tindakan luar biasa akan menghasilkan sukses luar biasa. Semua berawal dari hati, dan Allah yang membolak-balikkan hati kita, maka berdo’alah.

Jangan terjebak sama orang-orang yang mendewakan tindakan. Mungkin kita pernah atau sering mendengar bahwa do’a harus diiringi dengan tindakan atau usaha. Bukan berdo’a saja. Seolah do’a tidak akan ada hasilnya tanpa tindakan. Bukan seperti itu pengertiannya.

Kata siapa Allah membutuhkan tindakan kita? Tidak, Allah berkuasa untuk mengabulkan do’a kita tanpa tindakan kita. Tindakan kita hanyalah salah satu dari cara Allah mengabulkan do’a kita. Berdo’alah, maka tindakan akan mengikuti jika itu kehendak Allah. Hati kita akan bersemangat mengambil tindakan, bukan sembarang tindakan tetapi tindakan yang akan membawa kita kepada keberhasilan.

Demikianlah pengantar dari saya silahkan sesepuh untuk membahasnya, mari di bulan muharram perbanyak amal. Tiada niat untuk menyinggung seseorang dan menjatuhkan seseorang, hanya untuk saling mengingatkan saja, ajari saya ilmu ridho, ilmu agar aku semakin mengenal Allah, semakin mengenal diriku sendiri. Dan teriring salam dan saya bermohon kepada yang orang bertawasul kepada allah, kalau panjenengan sudah bisa menghitung helaian rambut dikepala atau jumlah bulu-bulu yang ada diseluruh tubuh, maka saya Tiang Bungkuk berharap untuk diajarkan keilmuan..hehehehee. Lebih dan kurang mohon maaf itu semata-mata saya yg dhoif lemah iman bin bodoh bin dzalim ini dan kepada Allah.SWT saya mohon ampun wassalam. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 320 Komentar

Post navigation

320 thoughts on “KONTROVERSI TAWASUL KEPADA ALLAH SWT

  1. wanbiz1

    absent

  2. wanbiz1

    pertama lagi tho

  3. wanbiz1

    mantap

  4. fandholin

    absen

  5. mbahgondrongx

    senajan telat, sing penting durung ono sing pertamaaaaaxxxxxxxxxx……..

  6. KOPLAK

    @@ wanbiz1…salam borongan pertamaxxx

  7. mbahgondrongx

    ingkang dahat kinurmatan;
    salam salim sungkem kagem mbahe tiyang bungkuk ;(menowo sebab kakehen anggone lungguh silo,lan sujud marang gustine nganti mbungkuk,ndiluk atine,wedi lan isin marang pengerane……..huwahuhuhuhu…)

  8. Ilmi crb

    Absent lg…

  9. arek ilank

    10 besar

  10. Rahman A'R

    Asalamu alaikum..sedoyo poro kadang.

  11. AHLUL BAITIN NABI

    PENGUMUMAN-PENGUMUMAN…bertawasul ke Allah Adalah ajaran Nabi…seluruh dzuriyat Nabi juga tahu kalau bertawasul ke Allah itu memang ada.

  12. Sukmojati

    Tawasul kepada ALLAH ?? Pemahaman yang rumit,aq pernah mendengar tawasul bunyinya kalau tidak salah begini “walimanil khuQuQi waQud ro tillah al fatehah…”mohon sesepuh/bib ibliz jika tau artinya/maknanya.mohon di jelaskan..

  13. AHLUL BAITIN NABI

    kenali akidah anda para sedulur…saya sendiri bertawasul baca fatihah ke Allah…ayo silahkan yang mau bilang say sesat.

  14. AMIN………….AMIN………….AMIN

  15. De santos kds

    Assalamu’alaikum
    Absen…..absen…..!!!salam & salim buat sesepuh KWA…..buat semua sedulurku slamet pagi….ndeprok dipojok sambil nyimak,monggo dilanjut…

  16. sombet

    Tawasul kpd Allah swt? Bingung nih, tlg dibeber lg dunk..

  17. Wongmuntah...!

    Huex…huuex…apa hubungannya, tawasul ke Alloh dgn menghitung bulu ditubuh, huex…huuex…tidak nyambung bok, huex…huex.
    Misalkan ki tiang bungkuk bisa menghitung berapa banyak jenis zat-zat unsur kimiawi yang sya muntahkan tiap hari, maka ajari sya menempuh jalan hidup yang benar, huex…huuex…huuuex….brbrrrr……

  18. joko tgl/ joko suwiryo

    salam salim salaman,
    wah aku enak nyimak ajalah,bagi yg berdebat,kepala boleh panas tapi hati tetap harus dingin,
    hehe,

  19. tarjo

    cihuy…ikutan ngitung bulu dong…haha..

  20. Sartono jenar

    Enakan ngitung duit,drpd ngitung bulu…susah…

  21. Kelana

    Ikut hadirr

  22. k_angelous

    Assalamualikum WrWb :

    Pagi-pagi ngopi dan sarapan di depan Warung kampung wong alus sambil belajar tentang kehidupan.

    Wasalam

  23. arek ilank

    Semangat pagi dunia,,,,,,,!!
    Semangat pagi poro bolo wongalus sedunia,,,,,,
    heem,,,,,,yg pounya lapak&yg disinggung belum hadir zaa??,klo dah pada hadir pasti’na seeerrruuuu buanget niiih,,,,,!!
    Numpang lewat&
    Numpang absen aj dari seberang,,,,,,,!!
    Monggo dilanjut diskusix yg penting damai-damai aj,

  24. paing

    tambah mumet, wis tak ndodok ning pojokan wae…sinambi ngrungokake maido kasanah para sesepuh…
    @mbh gondrong… SalamSalim mbah….

  25. basuki rahmat_lumajang

    tawasul kpd allah, berdoa kepada allah, mendoakan allah..saya kira ini 3 kalimat punya makna yg berbeda

  26. Oyong

    Salam wah mantap ki tiang bungkuk..memang sebenarnya kita yg butuh sama allah al haq….dan allah tidak butuh kita…wasalamkm wr wb

  27. Tirta nirmaya

    Tawwasul dengan Nama Allah ada…

  28. nawiazky

    Hehehe belum nyampai nih ilmunya
    Mohon diperdalam dong pembabarannya.
    Jikalau tawasul kpd اَللّهُ ada, monggo dalilnya
    Yg menganggap tidak benar monggo juga babarkan dalilnya
    Izin menyimak dan menantikan kelanjutannya
    Wassalam

  29. Oray

    Sampurasun…salam kenal buat semuanya

  30. bambapuang

    assalamu alaikum…mgkn tawassul itu ada tp org yg prtma mengemukakan hal trsebut di KWA nie, brfkir ingin mnjabarkan hal trsebut,sebab ntr slah pemahaman bwt org lain yg blm smpai kesitu pahamnya, ” ALLAH” bwt dy mgkn mknanya luas, seluas alam n isinya, DIA mncakup segalanya, bsa segalanya,hanya bentuk n fungsi mka brubah nama, mgkn disini bsa dikaji makna lisan Al Hallaj ” Ana AlHaq”…, hamba dgn tuhan adalah 1, ssah mnjabarkannya sebab ntr bnyak yg salah persepsi, mgkn yg lebih mngerti dlm hal ini yg patut menjelaskn, ntr dijabarkan lebih jauh ntr diblng sesat…mhn mf keterbatasan saya…kabuuuurrrrrrrrrr lg.

  31. Sword Zulfaqor

    Test… Test…

  32. Sartono jenar

    Nyimak az deh…krn ilmunya blum sampai ke situ,masih jauuuhhhhhhh…….

  33. Patramantra

    Kayaknya Tiang Bungkuk lagi gugat yang mengenalkan TAWASUL KEPADA ALLAH ya…………..???
    untuk pembabaran lebih lanjut ya…………..???

  34. Oval75

    Innama A’malu Binniyati……….. Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun……….

  35. Tiang Bungkuk

    Assalamualaikum wr.wb
    terima ki wong alus dan ki BC atas di publish artikel ini.
    mbah gondrong: salim sungkem mbah
    @wong muntah: inilah kegundahan saya kenapa saya bertanya orang yang bertawasul kepada Allah.SWT menurut pemikiran dn pemahaman saya yang dhoif ini berarti doa derajadnya dah hampir selevel, melebihi derajatnya malaikat,melebihi levelnya nabi, dah tidak ada tabir lagi antara ruhnya dengan dzat allah. makanya kalau hanya menghitung helain rambut dikepalanya dan atau bulu-bulu di tubuh kita sendiri merupakan hal yang mudah dilakukan oleh orang level begini:)) (kalau saya mah ooo tidak biisssa, wong saya gak tau, taunya cuma sebulan sekali cukur rambut kalau dah semak..hehehee).tawasul kepada allah (salamuun dari mahluk untuk Khaliq) atau mendoakan Allah agar selamat menurut pengetahuan saya yang miskin bin bodoh ilmu ini samalah seperti kita mendoakan rekan sejawat, bukan doa seorang hamba kepada sang Maha…
    @ AHLUL BAITIN NABI: tolong dibabar apa tawasul yang ki ucapkan itu? mungkin gus santri atau sesepuh yang lain bisa mengartikan arti dan matan bacaan panjenengan.
    @mbah tarjo: dah berapa itungan bulunya ki?
    @sartono jenar: kalau ngitung duit bisa pakai mesin penghitung duit kayak di ATM ya ki, kalau ngitung bulu perlu ijazahan khusus nih kayaknya hehehhee
    @buat sesepuh dan sedulur semua salam kompak selalu, mohon saya ditetesin pencerahan agar hati ini plong beribadah mengharap ridho Allah.
    wassalamualaikum wr.wb

  36. debu

    Mana nih tanggapan om iblis sang pencetus

  37. star night

    Assalammualaikum numpang lewat sedulur semua

  38. Halang kait

    All sesepuh salam semua,baik yg sdh hadir ataupun yg belum.
    Sebaiknya sesepuh yg mau menjabarkn masalah TAWWASUL kpd allah SWT,alangkah baiknya dijelaskan dulu dalil2 yg berhubungan dg masalah tawwasul.

  39. UNLUCKYMAN

    INI MESTINYA …MAS AKHMAD RO’I/mas iblis KASIH PENJELASAN BIAR JELAS…NIH….AYO MAS…bliss!! plis….plis…tqyu

  40. SODOLANANG

    SAH2 SAJA SIAPA YG MENGHARAMKAN??? Qobil dan Habil jg bkin persembahan, apakah ALLOH SWT butuh makan..? ono ono wae NO PROBLEM.

  41. izin nyimak ….

  42. beni

    assalamulaikum ijin nyimak ki

  43. IBUUUU…… ternyata saya sesat beneran….heh..eh..he… pisss…… saya ikut nyimak ajalah…….

  44. Halang kait

    Mas sodolanan.salam kenal.
    Masalah kobil habil menurut pendpt sy itu adalah jln tengah yg diperintahkn allah utk membuktikn/menampakn pd nabi adam as,siapa diantara 2 anaknya tersbt yg ikhlas hatinya pd allah,dan jg utk menentukan siapa yg pantas berjodoh dg anak perempuan nabi adam yg lebih cantik.{sy lupa siapa nama anak perempuan nabi adam tersbt}.Jd pd intinya,bukan allah minta persembahan.Tp hanya sekedar jln pembuktian
    Seperti itu jg terjd pd kasus dijaman nabi musa as.yg disuruh allah utk mempersembahkan sapi,utk mencari siapa pelaku pembunuhan.Maha suci allah dr segala persembahan.Dan setiap persembahan &pengabdian kita,pd hakikatnya kembali pd kita jg.bukan utk allah,sebab yg akan menikmati surgaNYA dan mendpt azab nerakaNYA adalah kita sebagai makhluknya.
    Dlm dunia sufi memang ada dikenal dg istilah,
    FANA FIL FANA.
    FANA BIL FANA.
    FANA FIL BAQO.
    BAQO FIL BAQO.
    BAQO BIL BAQO.
    FANA LIL KODIM.
    BAQO LIL KODIM.
    KODIM LIL KODIM.
    Dan banyak lg istilah lainnya.
    Ok.@all sesepuh sy undur diri dl utk ngerumus SGP hr ini,Kalau ada sesepuh yg dpt pencerahan SGP hr ini yg top markotop,mohon sy dikasih kodenya.
    Terbaaaang…
    Wwwuuuzzzzzzz…..! Cling. Hilang.

  45. beni

    kalo menurut saya itu cuma ungkapan terima kasih saja kepada alloh swt karena kita telah di beri kenikmatan yang tidak terbatas

  46. star night

    Saya rasa boleh2 aja TAWWASUL kpd allah bukan masalah Allah perlu di doakan atau bagaimana itu wujud kecintaan kita sama sang pencipta. sekarang saya mau tanya apa Allah perlu sholat kita jawabannya TIDAK kita mausia mau sholat mau ngak mau baik/buruk Allah tetap Allah.silahkan di kaji lebh dalam!!!

  47. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Aku ini iblis, dapat ilmu tawasul pun dari mencuri dengar riyadhoh para nabi dan wali.
    Hasilnya ya seperti itu.
    Tapi kalo dibahas, maka ujungnya sampai pada pemahaman yang dipahami al-halaj , ssj , dan tidak mungkin hal ini dibahas karena pada kaum awam yang mengacu pada al-qur’an dan al-hadist pasti tidak sinkron sehingga mereka menganggap sesat.
    Pemahaman logika yang mungkin bisa diterima ibarat nya adalah Ibu merupakan pengeran katon, seandainya kita bertawasul kepada ibu sebagai wujud terima kasih kita, apakah ini sesat ? , kalo ini sesat maka anda adalah anak durhaka kepada ibu, karena tidak ada rasa terima kasihnya.
    huahaaaaaa……..

  48. Nico syah Alam

    @ Setau saya TAWASUL= adalah Berdoa kepada Allah dengan melalui Wasilah (Perantara)_ bisa melalui Perantaraan Rosul, Nabiyulloh2, Waliyulloh2, Kyai2..dll sebagainya..agar pengharapannya dipenuhi oleh Allah SWT_

  49. De santos kds

    Apa2 yg diperintahkan Allah dan juga apa2 yg dilarang Alloh,itu semua adalah untk kebaikan kita didunia maupun diakherat….setuju???!!!hehehehe….nyambung kagak ya sama tema diatas????

  50. star night

    Sekarang begini aja ada ngak dalilnya yang menyatakan dengan tegas tawasul kepada Allah di haramkan/tidak di perbolehkan??? @bang nico benar semua muaranya kesana Allah yg maha segalanya

  51. De santos kds

    Bang night@>setuju…..semua argument itu hrs didasari dgn dalil2 yg kuat,shg suatu permasalahan dpt diselesaikan dg bijak dan kesannya tdk ngawur……salam kenal bang!?

  52. IBLIS

    huahaaaaaa….
    Om star night,
    dalil diharamkan maupun diwajibkan ataupun disunnahkan jelas tidak ada.
    Ilmu tawasul ini, aku dapat dari mencuri dengar riyadhoh para nabi dan waliyulloh. Dan termasuk ilmu sirrulloh. Cuma dasar otak aku aja yang keblablasan buka portal.
    Huahaaaaaaa…..

  53. star night

    De santos kds salam kenal kembali posisi kamu dimana saya di jakarta? kalau kita mencari pembenaran dengan meraba22 bahaya yang salah bisa benar atau sebaliknya

  54. De santos kds

    Hai iblis…!!tak bantu ketawanya ya…….huwaaaaahahahahahahahahaa….

  55. hekh hekh hekh.. manggut manggut.. hekh hekh hekh…

  56. De santos kds

    Bang night@>aq di kudus……gmn jakarta msh banjir2an kagak????disini hujan trus tp gk banjir2……

  57. star night

    Oke om Iblis semua berpulang kepada niat hati saat melakukan tawasul itu sebenarnya tidak ada yang perlu di perdebatkan biar Allah yang menilai cuna menurut pendapat saya itu TAWASUL PADA ALLAH TIDAK MASALAH

  58. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Kalo para nabi dan rosul, kemana mereka tawasul , apakah harus melalui perantara nabi dan rosul sebelumnya ? , pas ketika nabi adam apakah juga tawasul nya pake perantara ?.
    Kalo ada jalan tol, kenapa harus lewat jalan umum yang macet dan lama ?
    Huahaaaaaa…..

  59. De santos kds

    Buat KWA semarang smoga acara silaturahminya lancar dan mendapat keberkahan,maaf saya gk bisa hadir krn sesuatu hal….salam salim buat sesepuh yg hadir disana…..

  60. star night

    Wala ada kakek genit isin aku monggo ki

  61. star night

    Jakarta belum banjir yang wah cuma sedikit2 aja tak kira kamu orang latin De santos cah kudus toh

  62. Kumbang kelana

    Assalamualaikum,,, all,,lanjut,, ,nyimak mawon,,

  63. Nico syah Alam

    @ Para Nabi & Rosul KAlo berdoa tidak perlu Tawasul karna mereka adalah orang2 suci & manusia2 terpilih… Tawasull ( berdoa dgn melalui Perantara) mulai di kenal kaum muslim di saat setelah kepulangan Rosululloh_ dan sampai saat ini pun masih belum ada kesepakatan dri para ulama bahwa Tawasul itu diperkenankan, yg masing2 pihak juga berdasarkan dalil nya masing2 dgn Al qurqn sebagai rujukannya,hehehe…(browsing aja di mbah Google tuk hal trsebut)_ Tapi yg pasti bagi saya, segala hal trgantung niat nya & Lillaa hita’alla..soal mau diterima atau tidak itu mah Allahu allam bissawab..

  64. terima kasih Om IBlis…….. akhirnya ada jalan tolll……. gak lagi macet……. si KOmo si komo…..

  65. star night

    om iblis kan tidak semua manusia sama yah bertingkat gitu om iblis… haaaahahaaaaa

  66. De santos kds

    Bang night@>iya org kudus….knp klo org kudus???
    Kkek gnt@>monggo kek ddk disblh aq….sini rokok’e tak sulute…
    Iblis@>huaaahahaha…..toooos!!

  67. Kumbang kelana

    @bang nico,
    @star nigh,,
    @om biblis.
    @kakek genit.
    @de santos,,,allsalam rahayu,

  68. star night

    De santos ora opo2 tak kira sampean orang latin@ kumbang kelama walaikum salam silahkan lanjut….

  69. De santos kds

    Kumbang@>salam rahayu juga….monggo dilanjut….
    Kkek gnt@>monggo kek kopine dipun sruput mumpung msh hanget….

  70. hekh hekh hekh…nakmas
    De santos kds
    star night
    Kumbang kelana
    Nico syah Alam
    murid sesaat..
    salam rahayu…selalu..tidak lp jg nakmas kang iblis..
    sebenarnya dalam sehari2 kita juga sudah berdo’a langsung kpd Allah tanpa perantara dan tawasul seperti yg di lakukan Rosulullah dan nabi..sadar atau tidak.hekh hekh hekh..
    lanjut nakmas kang iblis mantab kakek tunggu nanti malem di alun2 kudus… hhekh hekh hekh…

  71. Nico syah Alam

    @ Iblis: Tawasul berasal dri kata wasilah (perantara)_ makanya banyak kita2 manusia ini yg Berdoa dgn tawasul (Melalui Perantaraan Nabi2, Rosululloh, Waliyulloh2, Kyai2, Ulama2 dll) agar dgn perantaraan kemuliaan mereka maka Doa kita dikabulkan o/ Allah SWT_ Mngenai Nabi2 & Rosululloh berdoa kemana Tawasul nya.. Mereka2 itu adalah Manusia Mulia yg terpilih jadi kalo berdoa gak perlu tawasul…
    DAN Mengenai ada jalan tol kenapa harus jalan umum.. itu kan artinya langsung berdoa & memohonkan hajatnya ke Allah,, itu malah lebih baik lagi_ Tapi ini kan Pembahasannya ttg ” TAWASUL= Berdoa/ Memohon kepada Allah SWT yg melalui Perantaraan”…. DAN biar Permasalahannya Fokus, sebaiknya dipahami saja dahulu apa arti Kata dripada TAWASUL….

  72. Nico syah Alam

    @ Selamat siang & Salam hormat tuk kakek genit, de santos, star knight, kumbang kelana & dulur2 lainnya, serta para Sesepuhku semua… Mohon izin pamit Jalan2 sore.. monggo dilanjut diskusinya.. ^_^

  73. tarjo

    suka-suka aja emang gue pikirin…

  74. star night

    Bang nico ini yang di maslahkan sama tiang bungkuk tawasul pada Allah lansung boleh/tidak ?

  75. tarjo

    liridho-illahi ta’alaa wa taufiqi wa hidayati alfaatihah………..

  76. laode789@ymail.com

    SY MEYAKINI KEBENARAN DIPERBOLEHKANNYA BERTAWASUL KEPADA ALLAH.TDK PERLU PAKAI LOGIKA AKAL.BIARLAH INI MENJADI WILAYAH GARAPAN BAGI IMAN KITA.KARENA IMAN PUN MEMPUNYAI LOGIKA SENDIRI UNTUK MEMAHAMI PERIHAL TAWASUL KPD ALLAH.

  77. tarjo

    ya ndak apa-apa toh kirim aja al-fatihah ke Allah…

  78. tarjo

    Betul banget bang Laode…kagak boleh di utak-utik sama akal…ILMU RAHASIA KEWALIYAN.

  79. Nico syah Alam

    @ Star night: itu relatif bro.. tergantung pribadinya masing2..Dan mengikuti dulur Tarjo,”Suka- suka aja…”_ Tapi kalo sya pribadi belum berani bro, karna tingkatan sya masih manusia lemah & dhoif..Jadi kalo tawasul masih harus melalui perantaraan ( Yang Mulia) Rosululloh, para Nabi2, para Waliyulloh, Ulama2, Kyai2 dll trsebut_ biar Doa sya cepat di jabbah Allah SWT , karna kalo sya langsung ke Allah SWT, doa saya sering suka gak dikabulin..hehehe

  80. star night

    @laode789,tarjo saya setuju,apa yang salah kalau kita tawasul pada Allah ? yang penting niat di dalam hati itu saja biar Allah sendiri yang menilai

  81. laode789@ymail.com

    salam ki iblis/star night/tiang bungkuk: lanjutkan diskusinya . oya.ternyata sdkt mengerti ttg ilmu fisika quantum bs membantu memahamkan sbagian ilmu agama yg scr logika sderhana trasa sulit untk dmengerti.

  82. star night

    betul Bang Nico makanya saya pikir tdk ada yang salah dengan tawasul sama Allah,tapi kembali kepada masing2 pribadi gitu bang ………….

  83. Oyong

    Salam semuanya,,,tawasul atau wasilah itu perantara..bisa melalui para nabi atau wali atau kekasih allah lainya,dan ini di bolehkan,bahkan nabi adam pernah berdoa/berwasilah melalui nabi muhammad saw,jauh sbelum nabi saw dilahirkan(ada di syiahali.wordpress.com)……ini tawasul kpd allah,untuk apa? Langsung aja berdoa kpd allah…..

  84. tarjo

    @star night…bner banget…lagiankan kirim fatihah ke Allah itu maksudnya mohon keridho’an taufik & hidayah Allah,bukannya mendo’akan Allah…kayakna ada yang salah memahami ini…hehehe…bahayya ^__^

  85. tarjo

    perlu diluruskan nih….bahayya sekali lagi…xixixi…

  86. beni

    semangat siang

  87. datok bujang

    assalamualaikum..

    tawasul baik ..

    i love it yummyyyyyy

  88. star night

    seprti yang saya katakan di atas Allah itu tidak memerlukan sholat mu,tidak memerlukan puasa mu, baik/buruk tingkah laku kamu kita yang butuh ,seandainya kita sebagai manusia tidak melakukan itu semua ALLAH tetap ALLAH tidak akan berubah sampai selama-lamanya

  89. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Tawasul kepada Alloh, yang aku maksudkan bukan perantara do’a, tetapi ibarat kita memberi hadiah rasa syukur/terima kasih kita kepada Ibu yang telah melahirkan kita.
    Kalo cuma berdo’a ya langsung saja kan bisa.
    Arti kata wasilah itukan jamak, jadi bisa perantara, bisa hadiah, bisa yang lainnya, tergantung siapa yang mengartikan.
    Apakah itu boleh atau tidak, haram atau halah, aku kembalikan pada anda para manusia linuwih.
    huahaaaaaaa……

  90. star night

    Tarjo tak kira kamu cuma pandai gunung kembar aja heeeeehee

  91. abi

    siiipppp….

  92. adi

    bgus,,,,,ckup kontroversi nich,,,,,,

  93. Tiang Bungkuk

    bib iblis, mari kita kembali ketopik awal agar lebih fokus, saya kan mengkritik ucapan panjenengan tentang: SALAAMUN ‘ALALLOH
    saya berasumsi:
    1. orang ini lagi mabuk: sehingga menceracau entah bilang apa
    2. orang ini spesial di mata allah.swt, nyata dikasih karomah seperti ini contohnya seperti syeh abdul qadir jailani, apakah panjenengan termasuk waliyulloh, atau bagian dari rijallul ghoib?
    3. mencuri dengar pembicaraan malaikat, setau saya setan atau jin yang mencuri dengar biasanya kalau gak kena sambar petir ya disambar geledek. ada nashnya di alquran, kalau itu dilakukan manusia apakah pekerjaan mencuri itu tidak dilarang agama?apa si malaikatnya gak tau ulah panjenengan?atau panjenengan punya backing kuat..weleh..weleh…
    4. orang ini lagi marah kepada allah, dan tak percaya lagi kepada pertolongan allah, salah orangnya kayak firaun, yang menganggap dirinya tuhan, kenapa dia menganggap dirinya tuhan: karena dah sakti, gak pernah sakit, umurnya dah lebih 300 tahun,sehingga muncul nafsunya…..

    sya setuju pendapat mas nico yang mendudukkan permasalahan tawasul kepada allah, kalau mengikuti logika panjenengan kalau tawasul

    “Kalo para nabi dan rosul, kemana mereka tawasul , apakah harus melalui perantara nabi dan rosul sebelumnya ? , pas ketika nabi adam apakah juga tawasul nya pake perantara ?.
    Kalo ada jalan tol, kenapa harus lewat jalan umum yang macet dan lama ?”

    oke lebih baik panjenengan fokus dengan kata kita manusia yang dah pasti bukan nabi ataupun malaikat yang menyebutkan SALAAMUN ‘ALALLOH, saya jadi ngeri dan merinding dengarnya, hebat tenan nih orang tanpa takut sedikitpun kepada allah, apa dah gak ada dosanya kali ya?
    kalau mau jalan tol mungkin kita bisa bilang: SIRULLOH, KUDRATULLOH, NURULLOH, NUR MUHAMMAD by pass kayak jalan tol. yang ini oke-oke saja
    nah saya kok masih belum mudeng nih, tawasul kepada allah, SALAAMUN ‘ALALLOH dengan perantaraan allah sendiri.
    waduh ampun ya allah..tobat…..

  94. datok bujang

    @ KANGMAS TIANG BUNGKUK
    AMPUN TOBAAAAAAATTTT JUGA KANG MAS ….. DIRIKU

  95. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Aku kan sudah bilang,
    kalo tawasul itu ibarat hadiah rasa syukur kita atas nikmat yang telah Alloh berikan pada manusia.
    Kalo aku ini adalah iblis, aku tidak sehebat yang ente kira, aku bukan manusia wali, nabi ataupun rosul.
    Aku adalah aku, perkara aku mengetahui tawasul rahasia Alloh ini, juga urusan aku, kalo toh aku ceritakan riyadhohnya sampai dapat mengetahui tawasul ini, pasti ditentang habis-habisan, karena aku dianggap sombong dikarenakan bisa masuk ke alam laukh makhfud yang sesungguhnya.
    Jadi tela’ah lah tawasul ini, gunakan nalar kalian, kalo kagak sesuai dengan nalar kalian , silahkan ditinggalkan.
    Huahaaaaaaaaa…..

  96. Kangmase Langlang Buana

    Oke oke aja tuh…
    Bagi yg menganggap sesat, yo monggo ga usah ikut.
    Gitu aja kok repot!!

  97. Kangmase Langlang Buana

    @IBLIS, salam takzim
    Manteb tuenan

  98. star night

    SEDULUR SEMUA KITA BISA TAHU POHON ITU BAIK/TIDAK DARI BUAHNNYA BEGITU JUGA MANUSIA

  99. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Kalo tawasul ini di anggap sesat, silahkan lapor ke MUI ,biar distempel haram, dan kagak dilakukan oleh para manusia mukmin.
    Jadi cukup aku saja yang ter sesat ke jalan neraka jahannam.
    Huahaaaaaaaa…..

  100. wawan sleman

    @all sedulur met siang
    kalau boleh bertanya bib.
    kalau kita bersukur kepada gusti apakah dengan cara kita lebih berusaha untuk melaksanakan perintah gusti allah.

  101. makin hot nih….. ..
    kenapa yang di kaji hanya SALAAMUN ‘ALALLOH saja……
    padahal masih ada SUBKHANAKALLOH ……….
    lalu masih ada lagi ALFATIHAH ILA FI DZATILLAH ……….
    biar panas mendidih sekalian……he..he….

  102. jangan di ladeni om Iblis ……he..h.e..e

  103. arek ilank

    nyimak aj dari seberang,,,,!!

  104. hasibuan

    Asaalamualaikum wr wb…para sedulur…

    Mohon jangan di bahas lagi para sedulur.krn makin lama akan disusupi oleh bisikan syaiton untuk makin menaikkan ego masing2….
    Kebenaran hakiki di tangan Allah….
    Ketulusan dan keikhlasan itulah yg diterima oleh Allah…
    Jika para sedulur tdk pas dengan tawassul kepada Allah…sudah tinggalkan..yang penting ikhlas…jangan dibahas lagi…
    Jika para sedulur meyakini bertawasul kepada Allah adalah benar monggo silahkan…yg penting ikhlas… jangan dibahas lagi…
    Jangan terlalu yakin bahwa apa yang anda yakini pasti benar di mata Allah…tapi yakinilah apapun itu ibadahnya jtidak menyimpang dari alquran dan hadist dan terutama ikhlas lillahi ta’ala…ilahi anta maqsudi…walaupun sebiji zarrah itu lebih berarti dari sebiji gunung..( emang gunung ada bijinya..? he..he..)
    Saya pribadi sudah 20 tahun :
    Mengirimkan fatihah kpd Allah sebagai bentuk penghambaan walaupun saya tau Allah tidak perlu itu…
    Mengirimkan fatihah kpd Rasulullah karena dialah junjungan dan pemberi syafaat kita …
    Mengirimkan fatihah kepada para nabi,malaikat, guru, ibu bapak,rijalul ghaib, kaum muslimin dan muslimat dan tentunya man ajazani jika mempelajari ilmu dari seseorang sebagai wujud terima kasih kita…
    Sudahlah…saran saya di sudahi polemik ini karena lebih banyak hal lain yang lebih bermanfaat yg bisa kita lakukan..

    wasalam

  105. Oyong

    Salaamun ‘alallah …….he he masih gk mudeng nih!…mendingan langsung berdoa aja kpd allah swt ,itu lebih mantap he he he..salam sdulur di KWA..

  106. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Yang mengatakan Alloh itu seakan-akan makhluq kan kalian sendiri, karena terjebak tafsir kata-kata Salaamun alalloh. Mengapa kalian berpikir dalam ruang yang sempit dengan maknawi kata-kata ?
    Huahaaaaaaa……

  107. aQu

    PANAS…….panassssss…….gerah…………………monggo dilanjut terus para sesepuh sampai ketemu kesepahamam, yang mengerti/yang tau monggo ikut rembuk nimbrung……………………………demi kebaikan semua !

  108. Tiang Bungkuk

    bib iblis ini saya kutip:
    “huahaaaaaaa….
    Tawasul kepada Alloh, yang aku maksudkan bukan perantara do’a, tetapi ibarat kita memberi hadiah rasa syukur/terima kasih kita kepada Ibu yang telah melahirkan kita.

    lho khusus kepadaNya arti tawasul jadi beda?apakah allah mengharapkan hadiah dari kita?
    memang ini masalah sedikit saja…iya sedikit saja…salah sedikit saja kita sudah di jurang tergelincir dari akidah agama Islam.
    monggo dilanjut

  109. Laskar cinta

    Salam salim
    @hasibuan,mantap om :D
    @arek ilank
    @omIBLIS,sudahlah om,biarin aja, yg mau y silahkan,yg g mau atau ragu2 y g usah,gtu aja kok repot
    @semuanya…
    Tapi saya bingung,kenapa ALLAH harus di takuti,soalnya saya lebih memilih untuk mencintai :D

  110. Halang kait

    @all sesepuh.Terpaksa sy buka tawwasul sesat.Mohon jangan diikuti,karna sy TIDAK ridho dunia akhirat.Terlebih dulu sy minta maaf pd om iblis.Karena setiap kali sy pasang uang utk judi dadu,biasanya sy ngancam dulu sama om iblis.Mengancamnya dg cr begini :
    wahai iblis yg bernama azazil dan bernama…beri khator dihatiku,angka apa sj yg keluar didlm mangkok tertutup itu yg sdh dikuncang oleh bandar dadu,kalau engkau iblis yg bernama azazil dan yg bernama… Tidak memberi khotar dihatiku tentang angka yg sdh keluar tersebut,niscaya kamu sy beri hadiah 3x patihah.
    Biasanya setelah itu,sy tembus/menang dlm judi dadu.Walaupun kadang khotarnya cuma dpt besar/kecil.
    Jadi om iblis.Sekali lg sy mohon maaf,karna sering bikin badan om meriang.Dan sekali lg sy tdk ridho dunia akhirat jika ada yg menggunakn metode tersbt.Krn sy tdk sanggup menanggung dosanya.Sedangkn dosa sy sdh bertumpuk2.Jgn lg ditambah dg dosa org lain.
    Oya om iblis.sebaiknya dijelaskn sj masalah tawwasul pd allah biar clear.Masalah nantinya paham/tdk paham.Itu urusan & hidayah allah.Kita hanya sebatas memberi penjelasan & menyampaikn.Pemahaman datang dr allah,bukan dr kita.Seperti seorg guru yg memberi petunjuk pd muridnya,sedangkn bimbingan tetap milik allah.Masalah ilmu tingkat tinggi /pun rendah,biarlah allah yg menilainya.
    Ok.sy undur diri dl.mau bekerja lg.

  111. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om tiang bungkuk,
    arti kata tawasul itu jamak, bisa hadiah, bisa perantara do’a, tergantung maksud yang mengartikannya.
    Kalo Alloh diberi upeti/hadiah, jelas Alloh kagak butuh hadiah. Tetapi kalo sudut pandang yang dipakai setingkat wali / ssj / al-halaj, maka jelas memberi hadiah kepada Alloh maka akan semakin menyatu dengan Alloh, dan ada nikmat tersendiri bagi tubuh, ruh, nur, akal, dan nafsu .
    Huahaaaaaaaa….

  112. Oyong

    Salam ….ki tiang bungkuk,mantap wedaran nya…
    Salam smuanya sdulur di KWA

  113. Kumbang kelana

    Jih nyimak me ngombe es,,,,

  114. Tiang Bungkuk

    sebetulnya karena ini rahasia dan syir Allah tidak usahlah dibabar di khalayak ramai kata-kata ini, cukuplah bib iblis buat suatu majlis yang orang2nya sudah terpilih dan berkaliber kelas berat kayak panjenengan yang sudah bertamasya ke alam laukh makhfud, buatlah majlis tertutup, panjenengan kan sudah tau kaliber syeh siti jenar…..tapi dihadapan wali 9 malah dibunuh….apa panjenengan mau ikut aliran ini….
    karena dah dipublish panjenengan kan jadi heboh….
    @laskar cinta: ini bukan masalah mau dan tidak mau..ini masalah dalil dan sanad mana yang lebih kuat, mari kita buka alquran dan hadist, kalau gak ada disana fatwa ulama..kalau gak ada juga ya ijitihad. nah ini apa bib iblis langsung ijtihad?
    simpanlah rapat2 pendapat panjenengan itu, saya yang awam ini hanya takut saja lari dari akidah keislamanku, belum sampailah kaji kami level makrifat seperti panjenengan..jauhlah, belum lh kami sampai ke level sufi dan tasawuf seperti panjenengan
    untuk doa isrofil mantap…..
    oh ya ki bib iblis gimana dah itungan helaian rambut dan bulu2nya? izinkan setetes ilmu kepada kami yg bego bin dhoif iman ini
    rahayu, rahayu, rahayu

  115. Kangmase Langlang Buana

    Ngopi wae lah

  116. @ om Hasibuan : Justru makin hangat makin enak kayak nasi goreng ….h.e.h…h..e..

    @ om IBlis : saya makin mantaaab dengan tawasul dan wedarannya……
    @ All : piss…. selalu……

  117. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om tiang bungkuk,
    sudut pandang al-qur’an dan al-hadist, teramat sulit untuk mencerna tawasul ini, karena para shokhabat rosululloh kagak ada yang menanyakan masalah ini.
    Jadi mau dibahas sampai mati pun kagak mungkin selesai.
    Kecuali bagi mursyid-mursyid yang sudah biasa riyadhoh, tinggal menjalankan terus dirasakan fadilah dan energi balik ilahi NYA pada tubuh, ruh, nur, akal dan nafsu si mursyid pengamal tawasul.
    huahaaaaaaaa…..

  118. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Om tiang bungkuk,
    hitungan jumlah bulu rambut pada setiap manusia berbeda-beda, hanya manusia pemilik tubuh itulah yang mengetahui, mengapa demikian ?
    Bulu rambut pada tubuh manusia akan menjadi jembatan siroth. Bila ente sudah mengetahui bulu rambut ente niscaya ente dapat mengukur kemampuan entek menapaki jembatan siroth.
    Kalo aku pribadi sudah bisa aku hitung, tapi itu rahasia aku jadi kagak perlu aku sebut berapa jumlahnya.
    huahaaaaaaaa……

  119. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Om tiang bungkuk,
    do’a isrofil pun sama susahnya untuk diwedar, karena aku dapatkan juga dari mencuri dengar pada saat malaikat isrofil merintih meneteskan keringat dan derai air mata disebabkan beban yang teramat berat memikul empat alam dipundaknya.
    Jadi ya seperti itu hasilnya, boleh percaya , boleh kagak percaya.
    huahaaaaaaa…..

  120. De santos kds

    Alloh koq dijadikan perantara….ya lucu,gemblung…!!!Alloh itu pusat segalanya….klo Alloh itu dibuat perantara trus diperantarakan kesiapa???kan kagak ada tuhan Selain Alloh,jadi menurut aq tawassul/perantara itu kepada selain Alloh tetapi yg bener2 dekat dengan Alloh…..begitcu…!!

  121. rudi

    @tiang bungkok
    tawasul ke allah di atas tolong diartikan dlm bahasa indonesia dong om,..

  122. Laskar cinta

    Kalo takut y g usah,gtu aja kok repot. Lagian saya g mencapai apa2 dan g mencapai kemana2,masih tetap d sni2 aja. G kyak yg org2 sakti dan hebat2 yg bsa ini itu,ngerasa ini itu. Piss aja deh kaburrrr ah,ngeri…….

  123. mohon maaf pada iblis dan tiang bungkuk…………
    gini……Allah berkata bahwa Dia lebih dekat dari urat leher hambaNya……
    sesama hamba memberi salam berarti juga kan memberi salam pada Tuhan…..bukan begitu ???????.pengertiannya…
    nah sekarang kita memberi salam khusus pada Dia……….berarti kita berharap mendapatkan jawaban…..salam…………dariNYa……..bukankah begitu menurut logika saya…………
    maaf nih…………….salam

  124. rudi

    Om tiang bungkok…?!

  125. Assalamualaikum Wr Wb

    Salam Pamuji Rahayu, Salam Takdzim
    @Tiang Bungkuk
    @Bib Iblis Laknatullah
    @Murid Sesat
    @Kangmas langlang Buana
    @Laskar Cinta
    @Kumbang Kelana
    @OYONG
    @Hasibuan
    @AQU
    @Arek Ilank
    @Star Night
    @Datok Bujang
    @Mbah Tarjo
    @All Bolowongalus

    Semoga Dihari Sabtu Sore Diberikan Nikmat Iman dan Islam serta Rizqi dan Umur Yang Bermanfaat Amin
    @All KWA Semarang Sukse Acaranya Sampai Besok Selamat untuk Panitia penyelenggara KWA Semarang
    Monggo Dilanjut Acara Silaturohminya, Ndere Nyimak Mawon

  126. @ halang kait tolong jelaskan mengapa anda masih melakukan judi……pake ngancam iblis heheh…………boleh toh……..saya dikasih tau ???????

  127. Tiang Bungkuk

    memang betul mbah darno:
    Allah Yang Maha Tinggi berada dekat dan selalu bersama hamba-Nya. Allah Maha Mengetahui isi-isi hati kita. Allah tahu segala sesuatu yang samar dan tersembunyi. Allah tahu niat-niat buruk dan keburukan maksiat yang terbesit di hati.
    Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang “Aku” maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka itu beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran ( Al Baqarah: 186)

    Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya dan Kami lebih dekat dari pada urat lehernya (Al Qaaf:16)

    Pada ayat yang pertama, Allah menyatakan dirinya ” dekat”, sedangkan pada ayat kedua terdapat isim tafdhil … untuk menjelaskan lebih dari itu … yaitu “lebih dekat”, artinya Tuhan “berada” setelah anda mengetahui hakikat diri, siapa diri ini sebenarnya, yang mana diri ini … dst. Bagaimana kita akan tahu tempat Allah, sedangkan diri kita saja belum faham … man `arafa nafsahu faqad `arafa rabbahu … barang siapa tahu akan dirinya maka pasti akan tahu Tuhannya”.

    Kalimat “Aqrabu min hablil warid” … memberikan pengertian bahwa Allah ada diatas hakikat diri manusia bukan didalam hati manusia, juga bukan didalam jiwa manusia. Dia ada didalam dan diluar sekaligus.

    Dia meliputi segala sesuatu (Al Fushilat: 54)
    surah Qaaf ayat 16: “Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya”

    perdebatan semakin menarik, izinkah saya undur diri sejenak shalat ashar
    wassalam

  128. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Para sesepuh kwa kan banyak yang memiliki ilmu laduni.
    Seandainya sesepuh kwa yang memiliki ilmu laduni, kagak mengetahui tentang tawasul kepada Alloh, berarti ilmu laduni mereka menjadi tanda tanya ????
    huahaaaaaaaa…..

  129. Tiang Bungkuk

    @rudi: arti tawasul menurut bib iblis silahkan baca..hehehehe
    @Ki iwan KUn: salim sungkem
    @halang kait: yang jelas panjenengan dah bertobat dan gak pake lagi kan ki?
    @darno: kok gak ngajak2 yg punya lapak sih..xixixiixixix( just kidding)
    bib iblis..ini saya kutip:
    “Kalo Alloh diberi upeti/hadiah, jelas Alloh kagak butuh hadiah. Tetapi kalo sudut pandang yang dipakai setingkat wali / ssj / al-halaj, maka jelas memberi hadiah kepada Alloh maka akan semakin menyatu dengan Alloh, dan ada nikmat tersendiri bagi tubuh, ruh, nur, akal, dan nafsu .
    Huahaaaaaaaa….”

    sekarang begini:
    Salat yang kita lakukan setiap hari itu apakah bentuk hadiah yang kita persembahkan kepada Allah atau bentuk penghambaan kita kepada Allah, bentuk kewajiban kita kepada Allah?
    puasa itu hadiah untuk Allah atau penghambaan kita?
    sebagai hadiah dan sebagi penghambaan saya setuju 100%
    back to laptop: Tawasul kepada Allah SALAAMUN ‘ALALLOH menurut saya sungguh tidak pantas kita ucapkan sebagai insan yang lemah, mbok ya diganti thoo, misalnya Ya Allah…monggo dikoreksi lagi komentar saya ini….
    oh ya berapa pastinya bulu panjenengan dan helaian rambut panjenengan kalu bole tau….punten
    nuwun,nuwun,nuwun

  130. om makruf

    assalmu’alaikum
    salam takzim para sesepuh kwa……dan salam rahayu saudara2 ku kwa..
    nderek nyimak…

  131. Wagiman Wara Wiri

    AC_nya mati to…oalah mati lampu…wajar2 jd yg ganteng ma cantik pd lenyap,,, yg item kyk ane apa lg he he he,…

    Beruntunglah saya yg bodoh jd kgk terbawa yg gnian…cm bs nyimak smbl batin…

    KIRA_KIRA PADA MAU KAGAK YA DI AJAK KE NERAKA MA 0M IBLIS,..

    Huahahuaha…

  132. SINGA MARANTEE

    All…ABEN SIANG..
    @ ASSWBWB..KI TIANG BUNGKUK…..

    WAH….ADA YANG ASAL BILANG AJA TAWASSUL KPD ALLAH, COBA LIHAT SAMA ULAMA MANAPUN YG AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH, MANA TAWASSUL KEPADA ALLAH…??? BISA BUKTIKAN…???

    @ BIB BLISS.., OKE LAH KAMI ORANG AWAM, TAPI ANDA PUN TIDAK KELIHATAN SEPERTI ORANG AHLUL HIKMAH…?? ATAU ORANG YG MEMANCARKAN NUR…???

    LOGIKANYA KAN ALLAH TDK BUTUH PD KITA…?? KITA YG BUTUH PADA ALLAH KRN KITA MAKHLUK SDGKAN ALLAH ADALAH KHALIK (PENCIPTA ).
    …HMMM…MM ATAU ADA YG UDAH MENGAKU JD TUHAN NIH….???

  133. om makruf

    @ om wagiman ww gimana kabar nya om…?

  134. SINGA MARANTEE

    SOAL YG PERCAYA TAWASSUL PD ALLAH YA SILAHKEENN….!!!!
    YG TIDAK.., ALHAMDULILLAH…??? PEDOMAN HIDUP ITU YA AGAMA ISLAM, YG GAK SESUAI YA JGN DIPAKAI, APA GAK TAKUT KALAU SANG KHALIK MARAH…???? WONG GURU ATAU ORTU MARAH AJA TAKUT..

  135. Laskar cinta

    @WWW,salam salim om,drmn aja nih?
    @om makruf,salam salim om

  136. adim

    silahkan mau tawasul ke alloh …
    mau memberi hadiah ke alloh …
    mau berkomukasi ke alloh …
    mau memeluk alloh …
    mau minta belas kasihan ke alloh …
    mau merayu alloh …
    mau bercinta dengan alloh …
    mau bercumbu rayu dengan alloh …
    silhakan terserah kalian mana yang sedulur inginkan ..
    dijamin halal …oke ….

  137. om makruf

    @laskar cinta ..salam salim juga om…dari pd ribet om ayo ngopi om

  138. Laskar cinta

    @om makruf, ayolah om kita ngopi aja, bingung om,drtd bnyak yg ngomong yg mau silahkan,yg g mau y udah, itu jga ada lgi yg ngomong gtu dan g masalah,eh giliran saya yg ngomong gtu lngsng d suruh simpan utk diri sendiri, pke d blg udah capai maqam ini itulah, pdhl yg blg yg lbh hebat dan sakti, bsa ini itu,ngerasa ini itu. Kalo saya kan g bsa,lha wong cuma org biasa aja :D

  139. Wagiman Wara Wiri

    Assalamu’alaikum wr.wb…

    Salam rahayu…tuk
    @ki tiang bungkuk
    @ki laskar cinta
    @ki SINGA MERANTE
    @ki om makruf
    @ki adim
    @ki IBLIS…
    @ALL.,
    Semoga kita semua mendapat hidayah dlm setiap gerak laku kita…

  140. Ki SabdaLuhur

    Yang saya hormati Sesepuh KWA,Ki Wongalus(Kang Mas MUHAMMAD WILDAN)
    Dan Sedulurku Semuanya Pecinta KWA.

    Saya yang zalim ini izinkanlah untuk berbagi pengetahuan di dalam khasana spiritual.

    Dengan izin dan Ridho Gusti Alloh maka saya akan menShare
    PENGASIHAN AGUNG DAN KEWIBAWAAN. (Ilmu Awet Mudah)

    Ilmu Pengasihan ini saya dari Sesepuh saya (Almarhum)
    selama 15 tahun saya di bimbing beliau untuk memahami dan belajar Ilmu supranatural, setelah cukup lama belajar pada beliau kurang lebihnya dapat 5 tahun saya belajar pada beliau,kemudian beliau mengijazahkan ilmu kuno untuk kewibawaan dan pengasihan kepada saya’
    Sejujurnya saya sangat Penasaran dengan usia beliau namun rasa penasaran itu saya simpan dalam hati saja,karena beliau tidak menjawab jika saya tanya usianya namun beliau membalasnya hanya dengan senyuman. tapi setelah saya di ijazahi ilmu Pengasihan ini kemudian beliau mengeluarkan KTP nya, secara senang hati saya membaca data diri beliau dan sampai pada tanggal lahir hati saya terenyuh sekali,karena ternyata usia beliau 102 tahun, Subhanalloh,,, wajah beliau masih sangat tampan bahkan saya mengira usia beliau masih sekitar 65-75 tahunan.
    Beliau kemudian berkata’ saya kelihatan masih segar Insya Alloh dikarenakan saya rajin melafalkan / mengamalkan do’a yang barusan saya kasih ke kamu untuk mempelajarinya.

    Itulah Sedikit cerita,dan sedikit kenangan saya kepada beliau.

    Pada hari ini saya Share Ilmu Pengasihan Jawa Kuno Ini untuk sedulurku semuanya.

    Bismillahirohmanirohim.

    Salalahu ngalaihi wassalam
    Grememeng tapel Adam gugur gunung segoro manik kencono
    mulyo panaku idep kabeh Omaku jagad Payonku Merah, tutupku retno kang edi pinarak ku ayat Kursi cahyaku Cahyane Nurbuat.

    Lailahailaulloh Muhammad dar Rassullulloh

    tiap selesai mandi Dibaca 3x tanpa nafas, kemudian ditiupkan ke ciduk/jebor/gayuh yang berisi air kemudian siramkan ketubuh anda. lakukan tiap selesai mandi / minimal 1x sehari.

    bisa juga dengan cara amalan dibaca 3x tiupkan ke kedua tangan dan usapkan ke wajah.

    untuk khasiatnya saya rasa sedulur sudah mengerti,bahkan jika dicermati nanti ada khasiat lain selain terlihat awet mudah,pengasihan dan kewibawaan.

    Mari Kita lestarikan Ilmu – ilmu kuno peninggalan Nenek moyang – Leluhur kita

  141. kinjeng231

    @assalamualaikum semuanya…met sore..ikut nyimak…sptnya tambah seru..

  142. Nico syah Alam

    @ Iblis: Janganlah anda menantang2 Sesepuh di KWA ini, tentang Ilmu Laduny dll_ DAN seandainya anda memiliki Ilmu tersebut ( Sesuai pengakuan anda yg sdah masuk ke alam Lauhil mahfudz, Mendengar rinthan Malaikat dll)_ Ni ada perkara mudah..Coba tolong tebak Siapa nama asli saya & berapa tepatnya Usia sya saat ini, Siapa nama asli saya, saya anak ke berapa dri berapa bersaudara? Dan berapa usia sya saat ini?? hehehe… Kalo tepat, maka sya kan Hormat kpada anda…

    Tolong di jawab di Forum ini_(Karna Para waliyulloh2 dahulu untuk mmebuat masy percaya..maka mereka menunjukkan karomahnya, begitu pula dgn para Nabiyulloh yg mmperlihatkan Mukzizatnya_ apalagi umat2 zaman skarang yg lebih kritis untuk mmandang setiap pemasalahan..)

  143. Wagiman Wara Wiri

    @LC : Ane kgk dr mana2..,cm rest saja,he he

    gmn pny kbr om ?
    @0m makruf : ane mau jg tuch kopi tp susu_nya banyakin ya he he he
    salim om

  144. Tiang Bungkuk

    @singa marantee: mantap, peuhaba?
    Om makruf, om Laskar cinta, om WWW mari kita refreshing dulu…..selamat malam minggu
    @KI BC sedang explorasi dan sedang berexpresi continous improvement dengan tampilan2 KWA yang berganti2 tiap 2 jam…..hehheeheh. salim ki

  145. Laskar cinta

    @WWW, kabarnya lgi capek om :D

  146. UNLUCKYMAN

    BAGUS..BAGUS…interaksi antara mas tiangbungkuk dan mas iblis…amat bagus. masing2 masih bisa menjaga suasana tegang tapi..dingin. nah ini yg kita harapkan dari kita2 poro sedulur. tidak membawa suasana menjadi sumpah serapah….tegang penuh hujatan dan suasana panas tak terkendali.

    saya sendiri bukan ahlinya…ini butuhseorang ahli…tapi untuk tdk terlalu repot, mas iblis sudah mengakui….bila mereka tidak suka, atau tdk membawa fadilah ttg tawasul tsb. ya monggo tdk usah dijalankan. tetapi bila tawasul tsb membawa fadilah atau manfaat…ya monggo dijalankan.

  147. Tiang Bungkuk

    Ki Nico syah Alam wah mantap ki, jawaban saya tentang rambut dan bulu yang dimiliki bib iblis sendiri saja belum dijawab, sabar dulu ya, antri..hehehhee

  148. Laskar cinta

    @TIANG BUNGKUK,ayo om, enaknya kmna neh om :D
    om,kalo g keberatan tolong emailin k saya afirmasinya dong om :D

  149. Wagiman Wara Wiri

    @LC : santai aja om…capek pa dikejar anjing ya…he he he
    @TIANG BUNGKUK : met malam minggu jg om..,smg barokah
    @nico syah alam : salam rahayu.,,gx jemu jg nie om t? Itu truz he he he

  150. Oyong

    Ki singa marante !salam salim alhamdulillah ki …sy masih gk mudeng ama tawasul kpd allah….he he he mendingan langsung berdoa aja ke allah biar lebih mantap he he ,,,ki tiang bungkuk haturnuhun atas wedaran nya ,smoga menambah ke mantapan hati saya yg dhoif ini
    @all sdulur KWA salam salim

  151. Laskar cinta

    @WWW,wah,bkn d kejar anjing om,tpi capek hbs ngejar anjing om :D

  152. Nico syah Alam

    @ Wagiman : Yo’i bro.. sya hanya ingin pembuktian saja… seandainya jawabannya tepat_( TENTANG: Siapa nama asli saya? berapa usia saya saat ini? Saya anak ke berapa dri berapa bersaudara ??)_ Maka barulah saya yakin ( Sesuai Omongan Iblis kalo dia sudah menembus alam Lauhil mahfudz.. mendengar rintihan malaikat isrofil dll)_ Kalo dia gak bisa jawab pertanyaan mudah ini.. berarti ilmu Laduny nya pun patut dipertanyakan !! Hehehe… (karna pertanyaan sya kan masih di Dunia ini juga, jadi gak perlu masuk ke alam Malaikat, Lauhil Mahfuzd dll)_ Monggo Blis dijawab… dipersilahkan..

  153. Halang kait

    @Om darno.secara teori,kan om iblis paling benci sama org yg baca Al qur an,apalagi kalau om iblis dihadiahin patihah,jelas dia benci krn bikin badannya panas dan meringang.Jelas dia benci.Beda dg kita beri hadiah patihah pd para nabi2,wali,malaikat,Jelas senang,he.he.he.he.
    @om tiang bungkuk.Alhamdulillah utk judi dadunya sdh lama berhenti.Tapi utk judi togelnya belum bisa…om.Maklum msh kasihan sama anak sendiri,keponakn2,anak yatim disekitar yg tdk bisa beli mainan.Jd uang hasil menangnya sy sisihkn buat belikn mereka mainan.Biarlah seperti org mencuci baju dg air kencing.
    @om nico.Mohon jgn terbw esmosi.Nanti membuka lg pertentangan lama diantara om nico sama om iblis.
    Semoga allah memberi kita pemahaman tentang 2 ayat dr patihah,yaitu:ALHAMDULILLAHIRABBIL A’LAMIN. dan IYYAKA NA’BU WA IYYAKA NASTA I’N. dan terakhir ayat dr surah yasin yg paling sensitif tentang diskusi diatas SALAMUN KAULAN MIRRABIRRAHIM.

  154. cike

    Ki Sabda Luhur@…”Bismillahirohmanirohim.

    Salalahu ngalaihi wassalam
    Grememeng tapel Adam gugur gunung segoro manik kencono
    mulyo panaku idep kabeh Omaku jagad Payonku Merah, tutupku retno kang edi pinarak ku ayat Kursi cahyaku Cahyane Nurbuat.

    Lailahailaulloh Muhammad dar Rassullulloh”
    Bisa di translate ke bahasa indonesia g Ki?
    biar bisa lebih di resapi makna dari bacaannya.
    walau nanti klo di amalkan tetap memakai bahasa aslinya
    Oh iya Ki, sekalian:
    Qobiltu… izin mengamalkan… :-)

  155. Wagiman Wara Wiri

    @LC : Sungguh olah raga yg mampuni.,he he he

  156. Laskar cinta

    @WWW,nanti sekali2 om saya ajak jga mau g om :D
    @nico syah alam,om g bagi2 pelet lagi nih om :D

  157. Nico syah Alam

    @ Halang kait: Tu hanya ingin pembuktian saja bro.. ( Itu juga asalnya dri Iblis sendiri yg mendalilkan bahwa dia sdah sedemikian Linuwihnya, bahkan menantang2 para Sesepuh soal ilmu Laduny..) Ini saya kan juga ingin mngetahui saja.. biar nyata semua omongannya, Karna kalo cuma mengaku2 saja mah sya & semua orang juga bisa bro,, hehehe… Salam salim tuk dulur Halang kait & semuanya…

  158. Nico syah Alam

    @ Laskar cinta: Sabar ya dulurku… sya takut nti di omelin sama tante Susi Prot, hihihi…

  159. om makruf

    ayo om-om ngopi disek ora usa turuti nafsu setan….
    enak tenan…

  160. tarjo

    @singamarante…ahlul kasyaf dikalangan ahlul sunnah wal jama’ah yg berkata…emangnya ada berapa ahlus sunnah wal jama’ah???mungkin sempalan akidah yang anda tahu

  161. Laskar cinta

    @nico syah alam,sabar menanti om :D, nih saya bagi juice om,mau juice timun ato jeruk neh :D

  162. SINGA MARANTEE

    @ WAGIMAN WARA WIRI..SALIM JUGA..

    @ TIANG BUNGKUK…HABA GET OM, LAGI DI SUBULUSSALAM NI…TGL 26 BARU PLG…
    @ LASKAR CINTO…HALOO…OM…

  163. Wagiman Wara Wiri

    Udah mau maghrib…
    Off dulu smuanya..

  164. Nico syah Alam

    @ LC: saya juice semangka aja.. karna infonya Viagra di buat dri sari pati buah semangka..hehehehe

  165. Laskar cinta

    @nico syah alam,wah gtu y om? Baru tau,kalo gtu mulai skrg tiap hari mau makan semangka ah, tq buat infonya om,juice semangka sent :D
    @SINGA MARANTEE, kabar baek om,om sndiri gmna? Bagi2 ilmunya dkit om :D

  166. SINGA MARANTEE

    @ MAS TARJO…
    OKE LAH…, MGKIN SEMPALAN AKIDAH YG SY TAU, SEMOGA ANDA LEBIH TAU DARI SAYA YA…???, SYUKUR, AMIIN…, MUDAH2AN ANDA PUN DPT MEMBIMBING SAYA DAN LAINNYA, BISA GAK NGASI ALAMAT ULAMA ATAU NO. TELP ULAMA TSB, KALAU GAK ADA SEKARANG GAK PA2..PENDING DULU…KALAU UDAH ADA ALAMAT DAN TELPNYA MOHON KASI TAU SAYA, TENGKIYU…..

  167. kinjeng231

    Semua kumpul disini…
    Ahli komentar..tp gak pernah posting
    Ahli terawang…tp hsl terawangannya satupun gak ada yg cocok
    ahli debat…materi apa aja sptnya menguasai betul
    Pokoknya semuanya merasa ahli..itulah kelebihan kita,hal sepele aja jd besar.
    Tawassul pd alloh kontroversi.
    Org menyendiri berkholwat di gua..bermacem macem pendapatnya.
    Gua sih org bodoh..kl emang gak cocok/ragu..ya sdhlah kagak usah dijananin..kan selesai. Jd kl gak tahu betul ya gak usah ngotot.
    Gak perlu itu om…pengamat itu jeli dan tahu siapa yg betul2 berisi dan yg hanya omdo..
    Malu ah sama sesepuh kita..maaf sesepuh sebelumnya.

  168. SINGA MARANTEE

    BANG LASKAR CINTO..WADUUUH BANG.., MAU BAGI APA..???
    SAMPEYAN KANG DEKAT SUHU DISITU..?? SAYA AJ MASIH KONSUL…

  169. SINGA MARANTEE

    OKE OFF DLU YAA….NTAR NYAMBUNG…

  170. Laskar cinta

    @SINGA MARANTEE, ilmu apa jg bleh om, pengen punya singa jga om :D

  171. Mr.Zm

    Hmm.. Hya bisa manggut2 sambil menikmti sesepuh diskusi.. Diskusinya mantaph bin dahsyat takan hbisnya bila di bahas..
    *saatnya sholat magrib*

  172. arek ilank

    Semangat sore menjelang malam smua,,
    Salam salim salam takdzim kagem poro sesepuh lan salam salim salam rahayu kagem poro sedulur bolo wongalus smua tak terkecuali.
    absen&ijin nyimak aj dari seberang,
    waah,,,waah,,,wahh,,,,,makin seru aj niih,,,,,,!!
    kyk minyak dicampur air,kapan menyatux lawong beda kandunganx,he,,,,,he,,,,
    Pelajaran anak kuliahan diajarin ke anak tk,sd,smp,&sma, zaa g bakalan nyambung,apalagi sy yg masih tk nol kecil,blaass bablaaas g nyambung blaaass,,,,
    Cuma bisa cengar cengir geleng2 angguk2,tp tetep aj g mudeng,,yaa sudahlah,,,,!!
    Wes lanjut aj diskusix yg penting tetep dingin kepalax,he,,he,,,

  173. Laskar cinta

    @arek ilank,om kpn balik dari seberang :D

  174. papa bagas

    Assalamualaikum wr.wb
    salam rahayu buat semua sesepuh
    soal ini lebih jelasnya masih saya tanyakan kpd yg ‘lebih mengerti’ dari saya…
    namun ada beberapa yg ingin saya luruskan…
    bahwa TAWASUL sejatinya yg dipakai adalah NAMA/KEBESARAN/KEMULIAAN
    jadi kalo bertawassul dg Rasul SAW maka dg keagungannya dan juga permohonan agar Beliau SAW ikut mendoakan (HARUS YAKIN TIAP DOA DIKABULKAN TUHAN, jangan sampai berkata saya sudah berdoa tapi Tuhan tdk mengabulkan)
    sedangkan kata SALAM berkenaan subyek dan obyek tentu berbeda…salam Allah kpd Rasul SAW adalah MAHABBAH, salam malaikat kpd Rasul SAW adalah penghormatan, salam kita kpd Rasul SAW adalah doa (agar Beliau SAW membalas salam kpd kita yg berarti mendoakan kita)
    dan masalah tawassul kpd Allah SWT biasanya yg kami ketahui adalah bertawassul dg NAMANYA dan KEAGUNGANNYA dan intinya adalah doa DENGAN KEAGUNGANMU YA ALLAH KABULKAN PERMOHONAN KAMI maka disini adanya adalah PENGHAMBAAN/PENGAKUAN/SYAHADAH bahwa kita hanyalah MAKHLUK ALLAH SWT
    cara lain biasanya dg kata LIRIDLO-ILLAAHI TA’ALA…DENGAN MENGHARAP KERIDLOANMU YA ALLAH… KAMI MEMOHON……..
    maka kesimpulan sementara dari kami adalah INI BISA DIPAKAI
    tentunya kami masih menunggu pula jawaban dari ‘seseorang yg kami anggap lebih tahu’
    semoga berkenan dan cmiiw

    wassalam

  175. arek ilank

    @om lc:insya alloh taun depan om,klo g jd ya depanx lg klo g jd lg ya depanx lg,he,,he,,,
    Yg penting sudah ada restu dari ortu,jd dimanapun berada tetep enjoy aj,he,,he,,

  176. Wah Rame Tenan Iki Bagus-Bagus Semua Pemaparannya.
    Kalo gitu aku tak Nyilih Lapak Mbah Kapal api kanggo jualan Kopi karo indomie Rebus neng kampus Mben cepet sugih.

    Sudah Terlalu banyak saya berbuat Dosa kepadamu Allah,Pantaskah Diri Hamba menginginkan lebih Jauh mengenalMU,sedangkan Diri hamba yang penuh dengan noda dosa dalam diri ini, hanya diberikan keterbatasan untuk menyembah dan memujamu. Sedangkan Engkau Mengirim Utusanmu Rasululloh SAW kepadaku untuk menyelamatkan diri ini dari kegegelapan.
    Utusan yang Engkau Kirim , yang Telah Engkau Ciptakan Dari Nur IllahiMU “NUR MUHAMMAD”, sebagai KekasihMU,Sebagai RasulMU, Nabiyulloh Muhammad Rasululloh SAW,Seorang Hamba Yang Telah Engkau Sucikan Sebelum Engkau Ciptakan Alam, tidak pernah sekalipun menanyakan keberadaanMU,sedangkan Engkau Maha Kehendak
    Hanya Bersujud dan Bersujud yang ada didalam diri Rasululloh SAW KepadaMU, Sanggupkah Diri ini Bersujud dan Bersujud KepadaMU ,Seperti Seorang Rasul Yang Telah Engkau Utus Untuk Menyelamatkan Seluruh Hamba-hambaMU “Rasululloh SAW” ,Hamba tidak akan pernah sanggup seperti Diri Rasululloh SAW, Tetapi Hamba Hanya Sanggup Berharap Mendapatkan Safa’at yang Engkau Berikan Kepada Rasululloh SAW

  177. Laskar cinta

    @iwan kun,pesan satu porsi om :D

  178. @Mas LC, Alhamdullilah Pang Laris

  179. Laskar cinta

    @iwan kun, pada kemana y om,apa pda mumet y :D

  180. @Mas LC, Suatu Pemaparan Yang sangat Jauh Sebenarnya,ada seseorang sudah mengerti tapi ada banyak orang yang belum mengerti, kenapa tidak memaparkan kajian diri Saja Yang sangat-sangat berguna untuk pembekalan diri. Wes Tak Jualan Kopi wae karo Indomie

  181. Laskar cinta

    @iwan kun,monggo d babar om,kulo nyimak wae

  182. Wagiman Wara Wiri

    Sugeng ndalu…
    @iwan kun : salam rahayu om.,salim dulu

    om.,lafaz atau bacan sholawat syifa’ itu yg bnr gmn ya om…?

  183. Tiang Bungkuk

    @papa: pemaparan yang sangat pas dan saya setuju, apalagi kata LIRIDLO-ILLAAHI TA’ALA…DENGAN MENGHARAP KERIDLOANMU YA ALLAH… KAMI MEMOHON…….. sangat pas diucapkan seorang hamba ke seorang khalik, dan saya juga masih berharap ‘seseorang yg kami anggap lebih tahu’.
    @Iwan Kun: berlinang air mataku, bergetar hatiku, sedih hatiku, rindu tak terperi, hamba juga ikut terharu, duh dosaku seperti pasir dipantai, terisak hatiku, wahai rasulku cintaku padamu tiada dua, dengarlah curahan hati ini, kutak ingin kelain hati,teguhkan hati kami…..duh kok jadi nangis gini ya…..izin undur diri…..
    @all semangat malam minggu,mari sama-sama kita cari yang harusnya kita cari, mari kita gapai yang seharusnya kita gapai, jangan sampai kita tergelencir hanya gara-gara mengejar keilmuan.wassalam

  184. @Mas Tiang Bungkuk, Salam Takdzim
    @Mas Wagiman WW, Salam Takdzim, Ga Ke Semarang Mas
    kalau RDRku Sudah Mumpuni pasti aku datang ke Semarang RDRku belum Mumpuni Mas Wagiman RDR ( Ra Duwe Ragat ) alias tgl Tue

  185. @ TIANG BUNGKUK………..WAH AKU HANYA BISA ALHAMDULLILLAH,,,,,,,,
    @ HALANG KAIT………KALO ANDA TAHU PASTI TENTANG NOMOR BERAPA YG KELUAR SIH……….ITU MENURUT SAYA SIH BUKAN JUDI………HANYA NGAMBIL UANG ORANG-ORANG YANG BERJUDI,,,,,,,,, KAO BEGITU SIH ENTE DAH HEBAT BANGET YA………….
    SALAM
    @ IBLIS………SALAM HORMAT BUAT ANDA………..DAN SEMUA YG HADIR DISINI……………..SALAM

  186. om makruf

    nderek nyimak malee…
    @Tiang Bungkuk salam rahayu..
    @Iwan kun salam salim om..
    @lcaskar c izin cubit dikit
    @3W SALAM salim slamet
    dan semua saudara kwa salam rahayu dan hormat grak

  187. Laskar cinta

    @om makruf, kok d cubit sih om :D
    @WWW,om kok kirim email susah y, gagal mulu om

  188. om makruf

    @Laskar cinta uda tak coba tak cubit kok gak nyampek ada apa ya…?
    curiga aku…ayo…bagi2 dong,,?

  189. Wagiman Wara Wiri

    @iwan kun : wah om apalagi sy cm mahasiswa kgk ada duta/duit he he he…
    @0m makruf : salam rahayu jg…
    @LC : lg eror kx om…he he he

  190. Laskar cinta

    @om makruf, bagi apaan om :D

  191. Nico syah Alam

    @ Iblis mana ya..?? Lagi mencuri2 dengar berita langit tentang saya..atau lagi ngambek ya ?? koq pertanyaan sya belum dijawab ?…blis tolong jawab dong,, kan cuma pertanyaan mudah saja ini..gak perlu naek2 ke langit segala_ hayo Blis tunjukkan merahmu,,kepada diriku & para semua warga KWA….

  192. bukan ghaib

    bismilah,,.maknailah syahadat krn itu pengakuan kehambaan,..yg qt tak mampu mencapai nalar maka saksikan….dgn jiwa dan ruh mu….
    ‘Wahai jiwa2 yg tenang masuklah kpd illah mu melalui ridhonya’
    awalilah sgl sesuatu dgn’BASMALLAH’.semoga taufik dan hidayah tercurahkan untk qt smua.
    Wassalamualaikum

  193. wong lugu

    @ Nico alamsyah: huahaaaaaaaaa… bisaan aja nih si om,..tpi betul juga sih,..huahaaaaaaaaaa… ayo bib silbi,,tunjukkan merahmu,…

  194. @Mas Wagiman WW Sholawat Shifa / Sholawat Thibbil Qulub
    ” Allahummaa Shollii’alaa Sayyidina Muhammadin Thibbil Qulubi
    Wa Dhowaa-ihaa Wa’aafiyatil abdhaani Wa Shifa-ihaa Wa Nuuril Abshoori
    Wa dhliya-ihaa Wa quwwatil-ajsaadi Wa Ghidaa-ihaa Wa’aalaa aalihii wa shobihii wa sallim”

    Mohon ma’af bila ada kesalahan penulisan ataupun kelengkapan mohon disempurnakan poro Pinisepuh dan Poro sesepuh KWA, Maafkan Atas Kekhilafan Saya Pribadi.

  195. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Aku kagak akan menanggapi apa yang anda katakan dan anda inginkan.
    Aku kagak mau di setir ataupun di giring manusia untuk pembuktian yang kagak perlu di buktikan.
    Aku adalah aku, aku bukan Tuhan, makanya tadi aku ada tamu 3 keris , dimana 1 keris berpamor naga menggigit permata di mulutnya luk 9. 1 keris lagi berpamor banyumili cuma kagak ada luk nya, 1 keris lagi pamor kagak ada, dari baunya kayak arus. Alkhamdulillah Lumayan dapat 3 keris karena debat dengan kalian, sehingga 3 keris ini datang sendiri ke aku, aku juga kagak ngerti punya siapa ini pusakanya.
    Jadi yang kagak percaya silahkan, anggap aku ini pembohong, penipu, musuh bagi kalian, maka itu lebiii…h baik bagi aku.
    Masa kalian menghormati iblis, kan lucu ulah kalian, dan kalo kalian hormat sama iblis berarti kalian keluar dari akidah islam.
    Jadi aku no coment.
    Aku mau periksa dulu 3 keris ini, mudah-mudahan bagus semua, lumayan untuk koleksi barang antik.
    huahaaaaaaaa…..

  196. kinjeng231

    @assalamualaikum …tuk semua
    @bibsilbi..salam kenal dan takzim buat panjenengan.

  197. Laskar cinta

    @omIBLIS,bagi satu kerisnya om,tpi jgn d kirim via gaib y om,saya g ngerti yg kyk gtu,via tiki aja :D

  198. Tiang Bungkuk

    hai..hai..hai….

    kira2 para sesepuh dan sedulur bisa memprediksikan gak berapa kira2 bulu bib iblis dan berapa helain rambut bib iblis yang akan dibilangnya nanti ya?
    ayo uji linuwih..yang menang dapat RAR (rek ayo rek) rame2 malam minguan.xixixiixix.
    ayo prediksinya ditunggu..hehehehe
    entar hasilnya di cocokkan dengan bib iblis, dan nanti dicocokkan lagi dengan tim juri yang sudah makrifat…
    monggo dimulai…..
    @ki lc: pesan satu ya…..
    @ki Nico: antri dong ki mintanya..selesai saya dulu ya konsultasinya, baru panjenengan….

  199. wong lugu

    @ Iblis: Hehehehehe… bisaan aja nie “ngalihin persoalannya”… dan berarti itu anda tidak mampu menjawab pertanyaan saya_ YA SUDAHLAH..kalo begitu.. (karna scara tidak langsung, maka sya juga sdah dapat menilai anda, trims)… Selamat malam mingguan tuk Iblis & dulur2 semuanya… monggo dilanjut_

  200. Laskar cinta

    @TIANG BUNGKUK, yah si om,saya aja blm tentu dpt kok udah minta bagi :D

  201. Wah sudah Rame Lagi Kopi2 Mas, Indomie Rebus dari tadi Ga ada yang beli Baru Atu Mas LC Aj kayanya.
    Mbah Kapal Api Lapak’e Tak Pasang merk Aja ” Warung Kopi kapal Api Para Pencari Tuhan “, Apa Harusnya Jualan Es Doger Aja Biar Uadem

  202. Tiang Bungkuk

    bib iblis,monggo fokus lagi kembali laptop….gak usah berputar2 lagi, silahkan aja ketemu keris itu hadiah buat panjenengan kalau memang iya ada.hehehehe
    kalau panjenengan tidak menanggapi berarti ya sudahlah…….biar tau kami seperti apa panjenengan…..

    wassalam

  203. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Aku memang dapat 3 tamu keris kok.
    Kalo masalah pertanyaan kalian aku memang kagak mau jawab, karena aku bukan tukang sulap, itukan pertanyaan menggiring semua. Buat apa aku jawab, kagak ada untungnya bagi aku.
    Kalo aku share ilmu, baru aku ada untung, yaitu, bagi yang mengamalkan aku dapat berkah dari Alloh.
    Jadi terserah kalian mau ngomong apa.
    Aku sak karepe dewe.
    huahaaaaaaa…..

  204. SODOLANANG

    suatu keilmuan lebih berharga n berguna tentunya jika bisa membuktikan KEBESARAN ALLOH SWT drpd pemikiran yg membatasi dan menyekat karuniaNYA apalagi sampai membonsai diri sendiri….mumet..mumet.. kowe .

  205. dhony

    bagi donk kerisnya iblis, oh iya iblis ada salam dari rini novi dan de el el

    hahha

  206. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om dhony,
    sapa tuh rini novi, teman ente, apa istri ente ?
    Aku kok kagak kenal sama rini novi, kenalin dong , sapa tahu bisa tambah persaudaraan.
    huahaaaaaaaa…..

  207. Halang kait

    Ijin nyimak kembali.smbl menunggu hasil jumlah bulu2 yg dihitung.Mudah2an ini isyarat nomor yg bakal keluar SGP isok hari.
    Sy mojok dl mau merenungi dan memahami 3 kalimat salam dibawah ini.
    SALAMUN KAULAN MIN RABBIRRAHIM.
    ASSALAMU ALAIKA AYYUNAN NABIYU WARAHMATULLAHI WA BAROKATOHU.
    ASSALAMU A’LAINA WA A’LA I’BADILLAHI SOLIHIN.

  208. dhony

    hahha, kayak ga tau aja, kemaren dia kan mau kenalan, tapi iblisnya kabur terus tuh, tar saya kirimin emailnya aja yah, hehehhe

  209. Adim

    @ Iblis .. berkata ;
    “Buat apa aku jawab, kagak ada untungnya bagi aku.
    Kalo aku share ilmu, baru aku ada untung, yaitu, bagi yang mengamalkan aku dapat berkah dari Alloh. ”

    baru kali ini aku denger kamu mengharap berkah dari Alloh …
    katanya mau ngajak sedulur KWA ke neraka jahannam…
    trus barokah yang model apa yang kamu cari?????
    aku jadi bingung nih ???%&^%6382$$% ..

  210. dhony

    itu om, rini, novi, dan lain2
    kalau ga salah dia pada ngefans sama ente, ngaku aja deh,…

  211. Leriler

    @tiang bungkok
    panjeneng itu cari apa tow…??
    Kan udah djawab,..
    Di jawab juga mesti panjenengan bantah kan..
    Mengeyel2an ra karu2an ra ono entek mengko..
    Mbok ojo meng metani salahe uwong ngilo gitoke dewe kui luweh di utamake…
    Tulong tinulong, njogo atine uwong ojo ngangsi dadi loro kui yo penteng,.
    Mbok rasah miker werno2 tow,.
    Bener kanggo mu iso salah kanggone liyan,
    mbok ayo gawe rerukunan,.
    Wong bener ro salah seng gawe urep le luweh reti,.
    Doso ro ganjaran yo le gawe urep le wenehi..

  212. Nico syah Alam

    @ Wadduhhh… ternyata ilmu laduny nya om dhony lebih mantap dari Iblis ?? hihihihhiiiii…… kabuuurrrrr ahhh….wkwkwkkkk

  213. Mamat Kumis

    met malem sodare2 ane sekalian…. ude lm kaga hadir ke ini kampus… ternyate makin rame aje neh…

  214. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Aku iblis ini, cari barokah di kwa ini, karena ada petunjuk untuk penyampaian risalah om adim, agar di surga nya kagak lama-lama.
    Om dhony,
    oce dech entar si rini novi nya aku nina boboin aja yah, biar pules tidur nya.
    huahaaaaaaa…..

  215. Sudah begitu Sempurnakah Ilmu yang Allah SWT berikan kepada seorang Hamba-Hamba Allah,
    Prabu Kiansantang Seorang Yang Sakti Mandraguna dari semua ilmu kanuragan yang dimiliki sang Prabu, tidak mampu Mencabut sebuah Tongkat Yang Di tancapkan Syech Sayyidina Ali.
    Seberapa jauh kita mengenal Allah SWT ?
    Seberapa Bersih diri kita ?
    Seberapa banyak Amal yang sudah Kita Miliki ?
    Seberapa banyak Dosa yang telah Kita Tanam dalam Diri ?
    Seberapa Lama Kita Hidup ?

  216. Leriler

    @tiang bungkok
    tujuan apa panjenengan buka lapak ini,..
    Saya berharap bukan untuk sarana hujat meng hujat dan bukan juga untuk sarana arena tinju sesama sedulur,.
    Aku sangat cinta dengan KWA ini tolong jangan kau kotori dengan semua itu,.

  217. dhony

    hahhahhahaha..

    kayaknya iblisnya agak drop nih,
    udah aq bantuain, kita aduk aduk kwa ini,
    aq juga lagi pengen banget makan orang2 sakti disini

    apalagi ada 2 sesepuh kwa yang coba bunuh aq dengan kesaktiannya
    siapa tau dia melawan lagi, soalnya memang pengen bikin ulah, kalau dia melawan sekali lagi aku jamin dia mati!!.
    pengen banget ngetes ilmunya..

  218. Laskar cinta

    @iwan kun,pesan satu lgi om,laper berat neh :D

  219. @mas LC, yang tadi Lom bayar

  220. Mamat Kumis

    @Iblis,
    bgimane kbrnye brader ? msh inget ame ane ? sohib lm ente nyang dlu ente ajak ke arab buat jualan roko disono… weh ente canggih jg neh… bnyk nyang jdi fans ente…cwe2 nyang bang dhony tulis sape tuh ? skrg ente bnyk rahasia2an neh ame ane…huehehehe

  221. Laskar cinta

    @iwan kun,biasa om,kasbon sek, engko gajian tak lunasi :D

  222. Nico syah Alam

    @ dhony: Maafin saya ya om… sya jangan dibunuh & saya pun bukan sesepuh_ saya gak Mau mati om… saya mau nya om Dhony kenalin sama rini & novi aja…

  223. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om dhony,
    aku memang kagak konsentrasi akhir-akhir ini, karena banyak ghaib yang memunculkan diri dipermukaan tanah pulau jawa.
    Seperti 3 keris ini, tahu-tahu muncul didepan aku.
    Mudah-mudahan 2011 darah yang tertumpah kagak terlalu banyak.
    huahaaaaaaaa…..

  224. papa bagas

    ternyata ditanggapi oleh sesepuh tiang bungkuk…alhamdulillah…
    telat nih nanyanya…tolong dong sesepuh pandu saya nemuin tawasul yg di perdebatkan disini ada di bagian mana (link artikel sebelumnya–sudah lama gak mampir soalnya)
    matur nuwun

  225. Mamat Kumis

    @Dhony,
    serius ade nyang cb bunuh ente… orgnye sape aje tuh ? ente beneran ape becande neh? ane pingin denger bgimane ceritanye….

  226. Mamat Kumis

    @Nico syah alam,
    bgimane kbr sodare ane di bekasi ? sehat brader ? bang nico sibuk gawe ye ?

  227. QOBILTUMAN

    masalah tawasul kepada Alloh meski Alloh tak butuh hadiah dari kita tapi sebagai manusia yang berusaha dan bahkan seharusnya mencintaiNya kita berfikir bahwa sholat kita, doa kita adalah memohon atau meminta kepadaNya sedang tawasul adalah semacam hadiah ungkap rasa syukur dengan apa2 yang telah diberiNya kepada kita (maksud bibblis sebagai jalan tol agar doa kita lebih cepat diijabahi) yang kadang kita terkungkung dengan pendapat bahwa tawasul hanya untuk manusia dari sekaliber Nabi sampai yang sekecil diri kita tapi apa salah (mana dalil yang menyalahkan hal itu) bila kita menghadiahkan kepadaNya sebagi bukti cinta kita meski lagi2 Alloh gak butuh bukti karena sudah jadi kewajiban kita (tentang mau diterima apa tidak tawasulan kita sesungguhnya sama seperti mau diterima atau tidaknya doa kita) dan silahkan bila setuju atau tidak setuju tapi jangan menjudge dulu itu salah apalagi memvonis itu sesat karena pilihan ada dirasa pada pribadi masing-masing meski maaf sedulur, saya juga blum bisa tunjukan dahlilnya maslah tawasul tersebut karena
    emang gampang kok mendesak minta penjelasan daripada yang menjelaskan apalagi di masalah -masalah tersebut jadi sudah pada tempatnya kok klo biblis berkali-kali menyilahkan mo dipakai pa nggak dipakai tawasulan tersebut
    cukup kok bagi saya penjelasanmu bib yang penting the show must go on

    Hiduplah dengan syariat, matilah dengan hakikat, tempuhlah jalan ma’rifat, capailah syafa’at.
    Alhamdullilah

  228. Nico syah Alam

    @ Iblis : “Mudah-mudahan 2011 darah yang tertumpah kagak terlalu banyak”…. Amiin yaa robb..nah gitu dong my brother Iblis, kalo ntuk yg ini..ane setuju sama ente_ Btw, tolong sampein salam sya ya blis.. tuk Novi & rini..
    @ Mamat Kumis: Halo bg.Mamat..alhamdulillah, kabar ane sehat.. Semoga bg.Mamat & keluarga pun demikian, selalu dilimpahi berkah & rahmat dri Allah SWT begitu pula tuk dulur2 & para Sesepuh KWA semuanya.. Amiin

  229. papa bagas

    tolong dunk linknya yg awal soal tawasul ini

  230. Mamat Kumis

    @Nico syah alam,
    mksh bnyk bwat doa nye….alhamdulillah ane demen denger berite baek dri bang nico… smg bang nico dan kel jg selalu diberikan berkah+rohmat oleh Allah Swt…amiin

  231. QOBILTUMAN

    ada di lapak ASR versi lain di blog ini papa

  232. IBLIS

    huahaaaaaaaa….
    Om qobiltuman,
    memang risalah itulah yang harus aku sampaikan.
    HIDUPLAH DENGAN SYARIAT, MATILAH DENGAN HAKIKAT, TEMPUHLAH JALAN MA’RIFAT, CAPAILAH SYAFA’AT.
    Jadi aku kagak ada ilmu lagi yang harus aku sampaikan,
    tinggal kalian istiqomah, sabar, ikhlas dan pasrah.
    Dan jangan lupa, beramal pada anak-anak yatim piatu.
    huahaaaaaaaa……

  233. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Oce om nico, ntar aku salamin , salam sayang selalu dari om nico tuk dinda rini and dinda novi.
    Cup…cup…cup mmwaah.
    huahaaaaaaa……

  234. Adim

    @ Iblis …
    hanya karena risalahku kah kamu hadir di KWA ini ?

  235. Nico syah Alam

    @ Iblis: Makasih blis.. Hmmmmm…(sungguh benar rupanya),,Ternyata damai itu memang indah… hiks

  236. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Om adim, emangnya risalah ente gimana bunyi nya ?
    huahaaaaaaaaa…..

  237. Adim

    @ Iblis …
    ini risalahku
    ” JADILAH IBLIS SEJATI … SELAMAT BERJUANG… SEMOGA MISIMU BERHASIL DI KWA”
    KEIBLISANMU MASIH DALAM TARAF PENCARIAN IBLIS SEJATI … MASIH PANJANG JALAN YANG KAMU LALUI SEMOGA SAMPAI PUNCAK AMIN 3X

  238. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Ada-ada aja om adim ini…
    huahaaaaaaaa….
    Kalo keris pamor ukiran naga dengan menggigit permata ini bagusnya dikasih warangka dan gagang dari kayu apa ya ?
    huahaaaaaa…..

  239. QOBILTUMAN

    wrangka gayaman kayu trembalo klo ada yang pelet kendit gagang pake kayu cendana asli timor pasti demes Bib

  240. Adim

    @ Iblis …
    subhanalloh … ternyata hawamu dingin sekali … benar-benar dingin
    kamu berada di lautan cinta kasihNya …
    teruskan perjuanganmu semoga berhasil amin 3x yarobbal alamin …

  241. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om qobiltuman, punya banyak keris ya ?, kayaknya om paham betul dengan dunia keris.
    Huahaaaaaaa….
    Om adim, tubuhku dingin karena kamar aku ber ac dan di stel pada suhu ruang 16 derajat celcius.
    huahaaaaaaaa……

  242. Adim

    @ Iblis …
    alhamdulillah cooll man …

    @ All
    pamit dulu njih monggo dilanjut
    Wassalamualaikum wr.wb

  243. QOBILTUMAN

    @mas adim malem ya ki…wah radarnya diarahkan fokus ke bibblis
    @cuma 1 bibblis namanya kiyai senggol modod

  244. dhony

    serius ade nyang cb bunuh ente… orgnye sape aje tuh ? ente beneran ape becande neh? ane pingin denger bgimane ceritanye….

    serius kok, mereka berdua adalah orang yang palin dihormati di kawa, ini

    yang pertama adalalah…
    saya tau dia mau bunuh saya karena, saat itu saya mengalami kecelakaan kecil yang membuat goresan2 dikit di tangan saya,(bayangkan ilmu andalan nya saja hanya membuat goresan2 luka kecil) tapi saya yakin setelah itu dia menangis tersedu karena ..( saya rahasiakan, tar semua tau lagi) dan sangat menyesal, dengan penyesalan yang tiada berguna) padahal saya belum sempat balas lho, makanya saya pengen banget balas, kalau dia melawan

    terus saya yakin dia orang kwa, eh pas di cek ternyata dia, (ga enak nyebutin nama)
    yang kedua si …., dia juga paling dihormati disini,
    dia pake RDR,
    hehehe,
    RDR tuh belum ada apa2nya..
    ilmu murahan gitu aja dipake, kalau saya pake ilmu …,
    nyahoo tuh orang

  245. om makruf

    @om QOBILTUMAN ,geletiki om iblis dong ..itu doa isroilnya

  246. QOBILTUMAN

    @ mas dony kisahmu itu pernah kamu koment klo gak salah 2x apaya dan udah diklarifikasi to ama yang dimaksud kenapa kok kamu cerita lagi ada yang blom clear ya

  247. IBLIS

    huahaaaaaa…..
    Kalo kyai senggol modod mah semua laki-laki punya atuh om qobiltuman.
    Oh ya…tadi aku dekat kan keris kyai sapu jagad dengan 3 keris yang barusan muncul, reaksinya 3 keris baru bergetar keras kagak beraturan, kayak meronta,
    apa mereka mau bertarung ya ?
    huahaaaaaaaa……

  248. dhony

    belum kelar,
    dan sengaja tidak mau saya clearkan

    hahhaha..

    om bib blis, gimana sudah pedekate sama yang itu tuh??
    daripada mimpi trus mending kerumahnya
    hehehhee.

    saya tau siapa kamu biblis,
    huhahahaaaa.

  249. yoyok supriyadi

    mas iblis kalo dak berkenan dengan kerisnya bole dong tuk aku ato buat dorpres cangkrukan kwa jatim

  250. QOBILTUMAN

    naga kikik + iliring warih + pamor keleng vs Kyai sapujagad wah …apa maksudnya ya…. bibblis yang lebih tau

    @mas makruf tuk yg tk1 dan 2 udahkan., distiqomahkan wae dulu

  251. IBLIS

    huahaaaaaaaa….
    Waaa…h om dhony, huebat bisa tahu siapa aku, emangnya siapa ya aku ?
    Hahahahaha….
    huahaaaaaaaaaaa…….

  252. yoyok supriyadi

    mas iblis di indonesia ini ada tiga dua masih mudah dan satu tua yang mudah ini cantik (kris dayanti dan kristina) yang tua krisbiyantoro

  253. ianthea

    seru juga nih…..ane nyimak terus…

  254. dhony

    huahahahhaha
    ga enak ngomongnya..

  255. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Aku juga kagak tahu om qobiltuman, selama ini, aku cuma pegang pusaka kyai sapu jagad dan kujang ciungwanara.
    Pas kyai sapu jagad aku dekatkan, 3 keris baru itu bergetar kagak beraturan, kayak meronta,
    akhirnya aku simpan lagi kyai sapu jagad nya
    huahaaaaaaaaa…..

  256. QOBILTUMAN

    @mas dony wong udah dipersilahkan kok malah gak enak gimana itu..

  257. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Om dhony,
    kasih email aku aja, biar aku bisa cipika-cipiki sama mereka, biar ueenak gitu looh
    huahaaaaaaa…..

  258. Mr.Zm

    @Kalo om dhony sama om biblis stu kelas ya bginilah saling goda menggoda he.. Dn aq hanya diam tanpa kata bisu dong..
    @kalo om qobiltuman dn om biblis stu lapak ya keluar dech ilmunya biblis tnpa d sdari he.. Akhrnya akupn tau dech ha..

  259. Tes;,,,,,tes,,,,,,,,,,,tes,,,,,,,,,tes,,,,,,,,tes,,,,,,,,,,
    Koment ane ga masuk2

  260. Mr.Zm

    @dividi, sama om aq jga suka mental nasib pake hp ci om dh cpe2 ngetik malah mental, dn aq pun hnya mampu pandangi comen2..
    Sdih2.com

  261. Mamat Kumis

    @Dhony,
    ade2 aje ceritanye…kirain becande,taunye serius neh….kaga ape2,nyang penting ente selamet….selame kite kaga bikin salah ame org laen,Allah Swt akan selalu melindungi+memberi kite keselamatan….amiin… ane jg ngarep banget nyang ngelakuin itu ke bang dhony bukan org2 dri kwa ini….
    @Iblis,
    brader….alamat ente dimane ? jauh kaga dri betawi ? ane pingin kesono… blh kaga ? rmh atw pesantren kaga mslh….
    siape tau jg ade pusakanye nyang mau diwarisin ke ane…..

  262. QOBILTUMAN

    tu masuk sampe netes-netes om DVD

  263. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om mamat kumis,
    alamat rumah aku ada di pusaran semburan lumpur lapindo, ente datang aja kesono, itung-itung rekreasi melihat keajaiban alam rumah aku
    huahaaaaaaa….
    Kasihan om dividi, air mata nya menetes terus, tes…tes…
    huahaaaaa….

  264. @mr.zm: salam salim
    @qobiltumen; salam salim
    @iblis; mantaaaapppppp neeeeh pusakanya ????
    @dhony; ane prihatin yg sangat dalam dengan musibah yg menimpa saudara.salam salim

  265. Mamat Kumis

    @Iblis,
    ane serius pingin maen ke tmpt ente…. masa di dalem pusaran lumpur bs internet,ente ade2 aje….becande melulu…. hwahahaha… sidoarjo emg jauh dri betawi…tp kl ente bs kasih almt ente nyang bnr,kpn2 ada wktnye ane maen kesono deh…. atw almt email nye jg kaga ape2, ane boleh minta ?

  266. QOBILTUMAN

    @ all
    ijin off dulu monggo dilanjut met dinihari

  267. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om mamat kumis, email aku sudah tampak di artikel asr versi lain, silahkan cari.
    Uda malam, aku mau urusin keris dulu.
    Semoga damai selalu, berkah dan rakhmah kan tercurah tuk kita semua.
    Wassalam
    huahaaaaaaa…..

  268. Mr.Zm

    @bang mamat nich emailnya biblis iblis8880@yahoo.com jgn lupa ea kalo udah tau kash ane jga ea he..
    Ijin undur diri monggo dilanjut salam salam salam smuanya wassalam..

  269. dhony

    Om dhony,
    kasih email aku aja, biar aku bisa cipika-cipiki sama mereka, biar ueenak gitu looh
    emang berani?? beraninya cuma dalam cerita fiktif belaka!! huahahhahaha
    email yang mana?? kan emailnya ada beberapa.
    cuma ngingetin nih.. kalau ga salah novi itu pernah tanya email om biblis, tapi kata om biblis (biblis nyamar, pura2 jadi temannya) biblis ga suka dunia maya,
    eh ternyata ..
    bukan suka lagi tapi sudah jatuh hati dan naksir,,
    bahkan ada seorang cewek di duina maya yang bikin biblis klepak klepek..
    dag dig dug.. duarrrrrrrrrr

  270. Mamat Kumis

    @Iblis,
    mksh doa nye….smg brader jg selalu diberikan berkah+rahmatNya…amiin…met ngurus kerisnye yee… jgn lupa warisin tuh pusaka2nye bwat ane sohib lama ente….
    @Mr. zm,
    mksh bnyk bwat infonye ….slm jg bwat mister dri ane mamat kumis di betawi…..

  271. arek ilank

    semangat malam smua,,
    Alhamdulillah,suasanax sekarang agak adem ayem,sudah ada kemajuan niih,,!!
    akhir yg indah.

  272. Nico syah Alam

    @ dhony: Sssssttttttt…. Rahasia nya iblis jangan dibuka dong Om dhony,,, Nti gak seru lagi_ …biarlah beraninya cuma dalam cerita fiktif belaka.. biarlah ada cewek dunia maya yg sdah bikin iblis klepak klepek….biarlah bolo KWA ini tau nya kalo Iblis tu sudah berusia 51 tahun & pemilik Pesantren dgn ribuan santri… biarlah semuanya berjalan & begini apa adanya…..
    @ ALL: Selamat menjalankan ibadah di sepertiga malam… Salam salim salaman tuk semuanya….NOSTRA PER DIEM PACIS

  273. Om iblis kurang PD juga ya,kalo bahas soal ketuhanan,pasti aja ngomongin alhalaj & siti jenar,kaya mereka yg paling marifat aja…padahal nabi muhammad yg paling marifat g jadi bahan rujukan,aneh….

  274. beni harmoko

    ass

  275. Halang kait

    Assalamualaikum. Semoga dihari ini kita dpt berkah dan rahmat dr allah.

  276. tanjung

    maaf klo saya yang nubie ini memberi sedikit pandangan saya terhadap tawasul untuk Alloh SWT, semua yang kita lakukan adalah tergantung dari niat, klo niat tawasul untuk mendoakan Alloh agar selamat ya sesat ( menurut saya ). tapi klo saya tawasul kepada Alloh SWT adalah untuk menharap ridho Alloh, contoh tawasul yang saya lakukan sebelum tawasul kepada yang lain adalah ” liridhollohi taala… alfatihan” artinya klo ga salah mengharap rido Alloh. Maaf klo tulisan saya blepetan, saya hanya sekedar berbagi

  277. Ai am

    diskusi, disini semua benar, sesuai dengan pandangan masing-masing dan pengetahuan diri pribadinya sesuai dengan maqomnya. ya kayak nabi musa dan nabi khidir (benar keduanya).yang salah adalah yg menyalahkan tanpa ilmu pengetahuan lahir dan batin.

  278. semanagt pagi…belum selesai juga diskusinya…

  279. UNLUCKYMAN

    om…iblis bagi kerisnya dong…biar aku jadi om bejo…he…he…

  280. Litle Khrisna aja tetap main bersama anak2 kecil lainnya , padahal alam semesta berada dalam mulutnya

  281. Cakra Bayu

    Assalamualaikum Wr Wb

    Salam sejahtera buat saudaraku semua bolowongalus. Sekedar untuk menambah wawasan tentang tawasul (pro & kontra) berikut buku referensi yg mungkin bisa dijadikan tambahan informasi
    1)) Ibn Taimiyah, Mukjizat Nabi dan Keramat Wali(Asli : Al Mujizatu Wa Karamatu al Auliya), Penerbit PT. Lentera Basri Tama, Jakarta, 2003
    2)Ibn Taimiyah, Qaidah Jalilah Fi Al Tawassul wa al Wasilah, Dar Alfaq al -Jadidah, Beirut-Libanon. Hal. 100.
    3) Syaih Ja’far Subhani “Tawassul, Tabaruk, Ziarah Kubur, Karamah Wali termasuk ajaran Islam (Asli :Wahabiyah fi al-Mzan Muassasah Al Nasyr Al Islamy at Tabiah Li Jamaah), Pustaka Hidayah, Bandung, 2005
    4)Muhammad Luthfi Ghozali “TAWASUL (Mencari ridho Allah dan Rasul melalui jalan guru)” Penerbit ABSHOR & Ponpes Assalafi AL FITRAH

  282. dhony

    Rahasia nya iblis jangan dibuka dong Om dhony,,, Nti gak seru lagi_ …biarlah beraninya cuma dalam cerita fiktif belaka.. biarlah ada cewek dunia maya yg sdah bikin iblis klepak klepek

    hehehhe.

    tenanmg aja, rahasia terjamin.. huahahahahaa

  283. Ardaloka

    Wah mlh tmbh rme nh dskusi..

  284. Panglima Kumbang

    kayaknya yg nick iblis hrs ganti nama nih….dah tercemar…cuma omong doang huahuahua hahahah

    semoga kalo kumpul2 warga KWA…bisa ketemu…….dan berani pake nick itu……..

    hehehe

  285. Salaamun ‘alaa iblis..

  286. satrio ilang

    PADA SALAH PAHAM MAKNA TAWASUL nih kayaknya…

    tawasul itu maknanya adalah berPERANTARA…
    wasilah artinya PERANTARA

    orang yang bertawasul itu menggunakan para nabi, para wali dan orang2 sholeh, agar mereka menjadi perantara MENUJU ALLOH

    jadi: ALLOH ADALAH TUJUAN, bukan perantara..
    ILAAHI ANTA MAQSHUDIY WA RIDHOKA MATHLUBIY (ya Alloh.. Engkau adalah TUJUANKU dan ridhoMu ada yang aku cari)

    LHA KALAU ALLOH KOK DIJADIKAN WASILAH (perantara), lalu perantara menuju siapa?? wong Alloh itu yang dituju kok, dijadikan perantara..

    pada saat mi’roj, Nabi saw mendapat salam dari Alloh:
    ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA ROHMATULLOHI WA BAROKAATUH (keselamatan ada padamu, wahai nabi.. demikian pula rahmat Alloh dan berkahNya)

    Lalu Nabi SAW menjawab: ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAHIS SHOLIHIIN. (semoga keselamatan ada pada kami dan pada hamba2 Alloh yang sholih2)

    begitulah Nabi saw menjawab.. bukan mendoakan Alloh, tp berdoa untuk dirinya dan hamba2 yang sholih..

    enaknya sekarang baca sholawat badar pada reff pertama: TAWASSALNAA BI BISMILLAH WA BIL-HAADI ROSUULILLAH WA KULLI MUJAAHIDIL LILLAH BI-AHLIL BADRI YAA ALLOH (kami bertawasul kepada BISMILLAH, kepada ROSULULLOH, dan kepada semua yang menjadi MUJAHID, demi ahli badar… wahai Alloh..)

  287. satrio ilang

    kita perlu berhati2… disini banyak kaum fundamentalis yang berkoar2… ciri2nya adalah sama dengan ciri2 karakter jin yang suka merasuki orang dan membuat kesurupan: SOMBONG, MEMFITNAH DAN ADU DOMBA

    mereka ANTI tawasul, anti wali dan anti Nabi… kemudian mereka membuat amalan2 palsu agar maksud mereka tercapai.. yaitu memasukkan pemikiran fundamentalisme pada org2 awam.. membodohi org2 yang nggak tau agama dg dijejali sesuatu yang seolah2 berasal dari agama.. mereka bilang ANTI BID’AH, tp mereka menciptakan BID’AH2… HATI-HATI…

  288. Asslamu’alaikum
    Wah pembabarannya mantap sekali om satrio ilang,..
    Ane sangat setuju ini…. sedikit tambahan lagi coaba buka Al-qur’an surat almaidah ayat 35 yaitu tentang tawasul kita…
    Dan tentang sabda nabi tapi lupa riwayatnya bahwa Hendaklah kamu beserta Allah, jika tidak bisa beserta Allah maka besertalah dengan orang-orang yang beserta Allah. Menurut ane hadis ini mendalam dalam pengertian kita dekat bukan secara zahir aja tapi tapi lebih lagi ke rasa, dengan tawasul kita seolah-olah bersama dengan dengan orang-orang yang bserta Allah…

  289. Halang kait

    @ satrio ilang.
    Itu salam seperti maksud sy pd komentar 3 salam di atas.
    Sy ulangi lg utk SALAM yg ke 3 pd salam yg tertulis di surah yasin yaitu:
    SALAMUN QOWLAN MIN ROBBIRRAHIM.{ucapan selamat yg diFirmankan dari pd tuhan yg maha penyayang}.
    Utk memahami ajaran/faham dr abu mansyur al hallaj.DIANTARANYA,Bisa dibaca pd kitab FUTUHATUL MAKKIYAH,Karangan ibnu arabi

  290. #

    kita perlu berhati2… disini banyak kaum fundamentalis yang berkoar2… ciri2nya adalah sama dengan ciri2 karakter jin yang suka merasuki orang dan membuat kesurupan: SOMBONG, MEMFITNAH DAN ADU DOMBA

    mereka ANTI tawasul, anti wali dan anti Nabi… kemudian mereka membuat amalan2 palsu agar maksud mereka tercapai.. yaitu memasukkan pemikiran fundamentalisme pada org2 awam.. membodohi org2 yang nggak tau agama dg dijejali sesuatu yang seolah2 berasal dari agama.. mereka bilang ANTI BID’AH, tp mereka menciptakan BID’AH2… HATI-HATI…

    satrio ilang

    19 December 2010 at 14:45
    __________________________________________

    Maaf aku copas, berikan contoh dong… dengan inisial aja siapayang fundamentalis… atau kirim ke emailku : rochmatsalim@yahoo.com

    Buat Om IBLIS: Kalau takut dibabar disini, kirim keemailku aja, ga tak sebar-sebarin DEMI ALLAH !
    Kalau aku gila, ya berhenti dulu bacanya…
    Aku juga nunggu jabaran tafsir makrifat dari seseorang lewat email… ko lama sekali… apa belum waktunya? hehehe maaf…

    Bi-ISMI-ILLAH= apa boleh diartikan “dengan NAMA (tawasul NAMA) ALLAH” ?

  291. Mr.Zm

    @sama om guru iler ane jga lgi nunggu wejangan dari para sesepuh yg berkenan membrikan wejangan syari’at hakikat dn makrifat lewt email aq di mozaik_zm@yahoo.co.id monggo dgn snang hati..

  292. @Mr. Zam: Kalau sdh dapat di forward ke emailku ya… please.. :)

    @ALL:

    Aku suka ilmu darimanapun, baik itu dikatakan sesat atau tidak sesat, tapi sungguh aku tak suka berdebat panjang lebar… debatnya dalam hati dan otakku setiap saat…kalau capai ya istirahat…kerja/tidur..

    dulu waktu kuliah di yK thn 1992-2000 aku sering terpaksa berdebat dari berbagai aliran… mungkin lebih dari 20 aliran yang ada di YK…

    sekarang udah cape… cuma ingin tambah ILMUnya tdk untuk menyanggah atau berdebat… sekali lagi buat diskusi sendiri aja dalam hati..

  293. ianthea

    wah bahasannya belum tuntas nih…di share disini aja jangan lewat email…biar kita jadi pinter semua.

  294. angdidi

    Assalamualaikum…
    salam buat sedulur kabeh, KB.KWA , para kasepuhan ,para guru yang saya hormati,sebuah pembabaran, mudaha – mudahan bukan perdebatan yang menjurus saling menyalahkan, KWA ini ada untuk pencerahan bukan penyesatan,pencerahan lahiriah dan batiniah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan, salam ta’zim saya untuk kang mas iblis dan kang mas tiang bungkuk yang telah memberikan sesuatu yang sangat berharga bukan berupa ilmu kesaktian tetapi wejangan tentang ilmu aqoidul iman, ilmu ma’rifat, ilmu hakekat, ilmu uluhiyat, terima kasih untuk semuanya semoga KWA ada membawa keberkahan untuk umat amiiin….

  295. ya sudah yang tidak percaya tawasul suruh mati dulu nanti saya akan kirim patihah sampai tidak, kalau tidak sampai ya kembali lagi hehe …… begitu dulur nya kade ah sing tarafti

  296. ianthea

    waduh…ampun mbah gemblung..saya belum mau mati dulu…istri aja baru satu..mbah gemblung aja duluan…tar testi disini…ok ya mbah.

  297. Tiang Bungkuk

    @ Ki Cakra Bayu: terima kasih atas informasinya
    @ Panglima Kumbang : piss
    @ KI satrio ilang : saya sependapat ama panjenengan
    @ KI guruiler: ilmu jangan dipendam sendiri ki..ledakkan disini….
    @ian thea: silahkan dibabar ki…
    @ angdidi: salim ki, monggo wedarannya…
    @ all..salam asah asih selalu

  298. dhony

    brader….alamat ente dimane ? jauh kaga dri betawi ? ane pingin kesono… blh kaga ? rmh atw pesantren kaga mslh….
    siape tau jg ade pusakanye nyang mau diwarisin ke ane…..

    @mat kumis, saya tau siapa anda,
    hahhhaha..
    hati2 emmang sesuatu trgantung dengan niat, tapi..
    jika niat baik kita disalah artikan atau disalah gunakan kita juga akan ikut masuk dalam sebuah kesalahan, walau mungkin tidak terlalau dalam (tapi kalau banyak kan lumayan tuh) sedikit sedkit lama2 menjadi jurang!!

  299. Mbah Abduljabbar

    Ketika nunggu KA dari Semarang ke Jakarta setelah seharian acara silaturahmi KWA Semarang, ada yg nanya Mbah Jabbar ada yg posting nanggapin postingan dari Ki Iblis tentang sholawat ke pada Allah, karena saya ditanya saya jawab saja “gak ada larangan, Ki Iblis sudah benar dengan apa yg diyakininya”, saya babar panjang lebar meskipun dala hati masih penasaran karena tdk baca postingan tsb.

    Tersebut di dalam shahih Bhukari: “Dari Anas (bin Malik), bahwasanya ‘Umar bin Khatab Rda. adalah apabila terjadi kemarau, minta hujan ia dengan Abas bin Abdul Muthalib, maka beliau berkata : “Ya Allah bahwasanya kami telah tawassul kepada Engkau dengan Nabi kami, maka Engkau turunkan hujan, dan sekarang kami tawassul kepada Engkau dengan paman Nabi kami, maka turunkanlah hujan itu.” (Hadits ini dirawikan oleh Imam Bukhari dan Baihaqi – lihat Sahih Bukhari I hal. 128 dan Baihaqi (Sunan al Kubra) II hal. 352).

    Jenis tawassul ini telah diperinci dan diterangkan dalil-dalilnya (keharusannya) serta ditahqiq permasalahannya oleh Sheikh Ibnu Taimiyyah di dalam kitab-kitabnya, khususnya di dalam risalahnya yang bertajuk: Qa’idah Jalilah fi al Tawassul wa al Wasilah (Kaedah yang Besar dalam Bertawassul dan Wasilah).

    Tawassul Yang Disepakati Ulama :

    Tidak seorang pun dari kalangan kaum Muslimin yang berselisih pendapat mengenai pensyariatan tawassul kepada Allah melalui amalan-amalan soleh.

    Maka orang yang berpuasa, mengerjakan solat, membaca al-Quran atau pun bersedekah, mereka bertawassul dengan amalan puasa, solat, bacaan al Quran dan sedekah yang mereka lakukan.

    Bahkan, ia adalah amalan yang paling diharapkan untuk termakbulnya suatu hajat dan sebesar-besar amalan untuk tercapainya apa yang dihajati, tanpa diperselisihkan oleh mana-mana pihak.

    Dalilnya, hadis mengenai tiga orang pemuda yang terperangkap di dalam gua.

    Salah seorang daripada mereka bertawassul dengan kebajikan yang dilakukan kepada kedua ibu bapanya.

    Pemuda yang kedua, bertawassul dengan perbuatannya menjauhi perbuatan yang keji yang mampu dilakukannya pada waktu tersebut.

    Sementara itu, pemuda yang ketiga, bertawassul dengan sifat amanah dan penjagaannya terhadap harta orang lain serta kejayaannya menunaikan tanggungjawab tersebut dengan sempurna. Maka Allah melepaskan mereka daripada kesusahan yang mereka hadapi.

    Jadi semua perdebatan di atas, hanya karena kita belum paham semuanya tentang seluruh dalil-dalil baik yg ada di Al-Qur’an maupun haditz. Karena keterbatasan pengetahuan kita dan kedhoifan kita, marilah kita tegakkan ukhuwah Islamiyah dgn toleransi di dalam dalam muhasabah kepada Allah ta’ala.

    Saya mohon maaf yg sebesar-besarnya jika ada yg tidak berkenan, semata hanya sharing dari litbang KWA pusat. Untuk Ki Iblis, kerisnya masih kalah dengan keris saya tanpa luk dan hidup lagi.
    He…he…he… (maaf gak bisa tertawa Hua..ha..ha..).

    Keep Smile…peace.

  300. Raden ajisaka

    @mbah abdul jabar salam salim udh istirahat blum hbis naik kereta smlam?

  301. Mbah Abduljabbar

    Mas raden Ajisaka, wah …. saya gak bisa tidur lagi di rumah. Banyak gangguan. Ini saya tulis comment, janji saya ke teman-teman waktu di rumah mertuanya mas Agung, saya akan memberikan penjelasan soal postingan Mas Tiang Bungkuk. Intinya semua tidak ada yg SALAH, yg salah itu ORANG YANG GAK PERNAH TAWASUL.
    Mohon maaf dari team litbang KWA, kalau comment saya ini salah…..

  302. SINGA MARANTEE

    @….all

    kalau sdh gini ada yg pro dan kontra pd maalah diatas..kita pulangkan masing2 pada pengamalnya…tugas tiang bungkuk, saya, dan teman2 lain yg tdk setuju pada TAWASSUL PADA ALLAH.. ( SEBENARNYA, MELURUSKAN, KARENA TERASA JANGGAL DAN TIDAK LAZIM ), TUGAS SAYA SELESAI KARENA MENURUT SAYA INI POKOK..ENGGAK TERIMA…YA LANJUTIN AJA,…GITU AJA KOK REPOT..

  303. Nico syah alam

    @ singa marante: Mantappp bro,,, so kesemuanya itu tergantung dri pribadi masing2 manusianya aja mau ikut yg mana,hehehe_ O IYA, sya masih nunggu jawaban dari si “belis” nih (yg katanya sudah menembus alam Lauhil mahfudz, sering mencuri2 dengar berita2 langit, bisa mndengar rintihannya malaikat, mnguasi Ilmu Laduny dll), Trhadap prtanyaan2 sya (siapa nama asli sya? berapa usia saya? sya anak ke berapa dri berapa brsaudara?..koq belum dijawab2 ya ?? padahal itu kan masalah mudah..krna gak perlu naik2 ke langit segala ataukah dia masih belum dapt kabar dri malaikat ttg saya ? hehehe…..TAPI walaupun gak dijawab, sya juga sdah bisa mngerti koq kalo si belis itu cuma OMDO (Omongnya Doang)..wkwkwkkkkkkkk

  304. ianthea

    Salim Tiang Bungkuk…saya mah penyimax setia aja…maklum saya masih cetek pemahamannya.

  305. Sakiran wildan

    Sya juga sdg nunggu OMDO (OMONGNYA DOANG) KI NICO SYAH ALAM, krn berkat OMDO ki nico, sya bisa menang taruhan lumayan 1 jt.
    Hehehehe…….
    Teruskan OMDO nya ki nico,
    i love you pull….

  306. banyulumut

    tawassul kpd gusti alloh ??? no problemo…
    aku adalah alloh tapi alloh bukanlah aku….

  307. dhony

    maksudnya apa tuh,
    aq adalah allah tapi allah bukan aq??

    asih agak ga konek (bukan konak apalag kolak)

    :V

  308. Sakiran wildan

    @ki dhony,
    klo tdk mud-mudeng dipanasi pakai OMDO aja , spya taruhan sya makin bnyk.
    Wkwkwkwkwkwk….

  309. dhony

    omdo, apa omko
    merekakan berteman

  310. Sakiran wildan

    Hahahahaha…
    OMKO, OM KOKO kan chainis jadinya.
    Klo OMDO (OMONGNYA DOANG) kan jadi OM DONY sendiri.
    Wkawkawkawkawka…..

  311. Oval75

    @Mbah abdul jabbar : Ane sepakat 1975x sama mbah……….
    Orang ribut masalah qunut……Yg pke qunut benar…. Yg ngak pake juga benar…Yg Salah…Yg Ndak Sholat…… he..he…

  312. lu pada palsuin namalo alamat lu…..ALLAH SWT pasti tahu !!!!! ngomong pasti ada hadiahnya bos !!!!!!!!!salam-salam-salam

  313. Mamat Kumis

    @Dhony…kynye ente slh baca bang dhony…nyang ente tulis + jwb itu pertanyaan ane bwat bang iblis,bkn bwat ente…ntu ude ade jwbnnye dri bang iblis sndiri ame mr.zm…tpi kl itu emg tanggepan ente bwat komentar ane,kaga ape2 bang dhony…ane setuju banget ame pendpt ente…alhamdulillaah ane jg seneng bgt kl bang dhony tau ane,scr kaga lsng batin kite berarti deket neh…kl bang dhony kaga keberatan ane minta almt email ente,blh kaga? ade nyang pingin ane obrolin ame bang dhony,tpi kaga bs disini…krn ini sipatnye rahasia…mksh sblumnye

  314. dhony

    heheheh. oke deh
    email aja tapi ga ada facebooknya.
    mida.amkeb@yahoo.com

  315. saya juga suka kirim tawasul sama allah apa lagi beri salm dulu buat saya syah2saja.karena saya punya prinsip lain jadi buat apa di debat kan g ada guna nya yg penting allah yg menilai.maaf saya hanya orang bodoh yg tidak mengerti apa2.saya rasa bib iblis g salah

  316. Abrag

    Om iblis sih ngjrnya ktrlaluan susah bgt jd pda ga ngrti dah pljrnya

  317. masduki

    mat siang, ndherek tanglet mas-mas yang lagi online. lingkungan saya kebanyakan orang Nu dan hampir kalau mau do’a pakai hadiyah yang bunyinya شيئ لله لنا ولهم الفاتحة . maksudnya apa. nampak dari kata menghadiahkan fatehah untuk Allah, mereka para leluhur, dan kita tapi maksudnya? minta penjelasan bagi yang ngerti.
    masduki blitar kawulo_gusti@ymail.com

  318. ki cipo husodo

    ayo pd resek 2 atine dewe dewe. lakum didinukum waliyadin bagi keyakinanmu gunakan sendiri bagi keyakinakku ya pakai sendiri. ilmu jangan di campur agama tdk ketemu quran dan kadis.tingkatan makom kita sendiri 2 ada yg tinggi ada yg belu sampai malah tdk tau.kla belum tau gula itu manis ya orang masih bingung.tapi klu sdh merasakn mengatakan betul. ayo pdo salaman disik ojo padudon ora apik.awake dewe belum tau masuk surga atau neraka mulo pd ngati-ngatiyo ning dunyo golek sangu ning kanggo besok kanti becik,sing wis tekan makome singduwur ojo cerito karo sing durung dak diomongke lagi ono wong edan anyaran. ayo pdo di gujengi dewe 2 atine. kwa bukan untuk ajang debat tp golek sedulur.bab ilmu buat tambahan tp sing wi duwur ojo tersinggung kudu luweh luas segorone,sing ora reti ojo peh bener ceritane dewe tp belum tentu bener.aq di koreksi luweh seneng katimbang di nengke,bener karepe dewe,ayo podo sinau dadi wong apik lan ojo nolah noleh pinuju siji huhuhuhuhihihihihahaha Allhau Akbar. aku nulis iki kanggo awaku dewe lho kang ojo nesu,naknesu wundu wae heee

  319. papa bagas

    maaf sebelumnya…menjawab kang masduki di atas…SYAIUL-LILLAAHI LANAA WALAHUMUL-FATIHAH…biasanya dibaca saat akhir tawassul atau sub tawassul…maksudnya kurang lebih rapelan/gabungan, gampangnya arti:
    (DAN)SEGALA SESUATUNYA (bacaan2 doa dll) BAGI ALLAH (berharap ridlo dan ijabah) UNTUK KITA SEMUA (yg hadir dan membaca doa) DAN UNTUK KAMU SEKALIAN (yg dihadiahi pahala bacaan) (PAHALA) ALFATIHAH…
    semoga bisa dipahami… amiin
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: