KREATIF MENCARI DIRI SEJATI


Para Nabi dan Rasul adalah para leluhur. Para Wali adalah para leluhur. Para Alim Ulama, kakek nenek, eyang, buyut, canggah, para pahlawan baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal adalah para leluhur. Tidak perlu alergi dengan kata “leluhur” sehingga tidak arif bila kita melupakan jasa baik mereka dan teladanilah perilaku baik mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan cara-cara orisinal dan kreatif para leluhur itu menemukan siapa dirinya. Kenapa mereka ada di dunia; kenapa aku dilahirkan, apa tugas yang diembankan kepadaku dan seterusnya.

Bila referensi perjalanan hidup para leluhur sudah banyak kita miliki, bila ilmu pengetahuan sudah kita pelajari dengan dasar-dasar logika yang lurus, maka yang dibutuhkan adalah “NGELMU” atau MENJALANI PROSES PERJALANAN SPIRITUAL BERUPA MENCARI JATI DIRI (DIRI SEJATI): SIAPA DIRI KITA?. Ini tahap yang dilakukan sambil kita menjalani AMAL SHOLEH.

Proses perjalanan itu tidak pernah berhenti hingga usia kita berakhir karena PROSES MENCARI JATI DIRI itu sama dengan PROSES MENCARI TUHAN. Sebagaimana ayat: Kenalilah dirimu, maka kau akan mengenal Tuhanmu.

Ragam proses pencarian JATI DIRI itu banyak sekali caranya. Teorinya juga banyak. Sebanyak manusia di muka bumi ini. Setiap orang juga tidak akan pernah sama persis satu dengan yang lain karena masing-masing individu dilahirkan di lingkungan keluarga, adat istiadat, budaya yang berbeda-beda.

Maka, CARILAH DIRI SEJATI KITA MASING-MASING. HINGGA MENEMUKAN HAKIKAT ESENSI DAN EKSISTENSI DIRI YANG SESUNGGUHNYA sebagaimana dicontohkan betapa kreatifnya para leluhur kita dulu menemukan diri sejatinya.

Perhatikanlah riwayat hidup para leluhur kita dulu yang DIMULIAKAN DI SISI-NYA: HIDUPNYA PENUH DARAH PERJUANGAN. Adam diminta meninggalkan surga dan tinggal di bumi yang penuh binatang berbahaya, Nuh AS dicaci rakyatnya dan diminta membuat kapal, Ibrahim MELAWAN Namruj merusak berhala dengan kampak dan diperintahkan menyembelih Ismail, Musa dikejar-kejar Firaun hingga harus menyeberangi lautan, Isa As harus melawan penguasa romawi, dan Muhammad AS melawan budaya jahiliyah dan perang mengangkat senjata…

Kini, perjuangan kita menegakkan keyakinan tentu beda bentuk, jenis dan modusnya. Namun bila ANDA DIKASIHI, DICINTAI, DIDEKATI DAN DITUNJUK ALLAH SWT MENJADI UTUSAN-NYA, MAKA ANDA HARUS SIAP DENGAN BERATNYA RESIKO PERJUANGAN.

Para leluhur juga harus mencari Jati Diri (Diri Sejatinya)…berproses terus hingga akhir hayat: Muhammad SAW pun menyendiri berkhalwat di gua hira,… Sunan Kalijaga ngesti di pinggir sungai,… dan kemudian mewedarkan kebenaran yang telah ditemukannya dengan KARYA NYATA.

Salam KREATIF BERJUANG
sedulur KWA se Tanah Air.

@wongalus,2010

About these ads
Categories: MENCARI JATI DIRI | 304 Komentar

Navigasi pos

304 thoughts on “KREATIF MENCARI DIRI SEJATI

  1. AHLUL BAITIN NABI

    horeeee

  2. AHLUL BAITIN NABI

    hehehe…keren banget gambarnya,ada orang bertapa dalam gowa

  3. tarjo

    ketiga

  4. tarjo

    ke-4

  5. tarjo

    ke-5

  6. tarjo

    tak borong sekalian ke-6 sampai ke-100….horeeee

  7. tarjo

    siapa tuh yang sedang bertapa,monggo dibabar wangsitnya mbah…

  8. Muhammad Ikhsan

    KE TUJUH

  9. Muhammad Ikhsan

    KE DELAPAN

  10. tarjo

    husss…dah saya pesen ampe 100 om…hihihi…

  11. Muhammad Ikhsan

    KE SEPULUH

  12. Muhammad Ikhsan

    ‘KE SEPULUH’

  13. Muhammad Ikhsan

    KE SERATUS

  14. tarjo

    ngomong-ngomong yang bertapa dalam guwa itu gak kenyamukan apa buka baju segala?

  15. Laskar_lung gading

    Saya nomer brapa ea…
    Absen seper tiga malam..

  16. tarjo

    @Laskar_lung gading…no 1 ampe 100 dah say kapling om,sangat terpaksa sekali panjenengan dpet nomer ratusan…xixixi…ngomong-ngomong keren banget fotone om didalam guwa itu…

  17. sombet

    Aslkm.. Absen mlm.. @ki tarjo terima kasih atas kiriman emailnya

  18. No.18,keren bgt ikut dong om.Fotonya.Peace… :-)

  19. fandholin

    absen

  20. KOPLAK

    ^&%$&)*^$
    %*&^%*….%&)^$#^*(()+_$#^%&

    salam…adem…

  21. arek ilank

    waah mataaaanntaaaaap fotox euy,,,,,,,!!
    Semangat pagiiiiii smuaaaaaa,,,,,,

  22. roikhu-kwa0830

    kalo saya suka bertapa dalam goa garbaning wanita, pasalnya adik kecil saya sering kedinginan…@@§
    Salam paseduluran @all kwa.

  23. Kumbang kelana

    Ftonya ,cwe pa cwo, ,he e,e ,met pagi all,

  24. joko tgl/ joko suwiryo

    mbah yang lagi bertapa,monggo ini tak siapin kopi pait teh pait,kelapa ijo ama bukhur kemenyan 234,mugi semoga cepat dapat wangsit yo mbah,aminn

  25. tarjo

    @sombet…sama-sama om,moga brjodoh

  26. tarjo

    sama-sama om sombet

  27. Umar baja

    Pagi @all sdulur

  28. Patramantra

    Heeh………Heeh………Heeh………
    Pastinya yang bertapa tuh dah sakti dong………sekarang?………???
    Boleh dong saya minta di do’akan biar banyak uang dan tentunya juga lebih sakti seperti mbah………………………
    Abisnya saya g tahan kalau bertapa kayak gitu………………………
    Maaf becanda kali……… Abisnya saya g bisa kalau hrs kayak gambar itu………???
    Maaf ya……… Mungkin kalau dg jalan lain saya dimampukan Allah………

  29. assalamu’alaikum … absen pagi …

  30. Pencari ilmu

    Nymk

  31. Asw…Pagi semuanya,wah ngak ikut2 ahhhhh…Tdk sejalan dg sy.Ya mungkin sy yg lemah ini tdk cocok didlm goa takut kedinginan dan yg sy yakin jalan menuju ke ALLAH Tdk cuma 1jalur.Jd sy cuma ikut nyimak aja

  32. arek ilank

    absen pagi.

  33. yuwoto

    Assalamu’alaikum
    absen pagi sambil nyimak

  34. Hm…ngapunten ikut nyimak sedulur kabeh…salim-salim

  35. Edo Ramadhan

    Assalamualaikum, para sadulur Absen sambil nyimak dan nyruput kopi mantaaap….monggo dilanjut.

  36. yoyok

    met pagi
    aku adalah aku
    bersemayam dalam diriku
    bersemayam di tiga rumaku
    aku adalah aku
    yang eksis dengan laku

  37. Oval75

    Salam semua. @the stars : ente bertapa ikut cara ane saja, klu ane bertapa didalam kamar saja… bisa sambil ngopi….klu lapar tinggal makan aja…

  38. Patramantra

    MENCARI JATI DIRI………ya?

  39. Patramantra (Dosen Killer)

    Maaf SAUDARAKU
    KAYAKNYA ISI ARTIKEL DG JUDUL YANG SAUDARA SAMPAIKAN KURANG PASS………………
    KURANG TEPAT GITU LHO………??

  40. Patramantra (Dosen Killer)

    Yang namanya MENCARI JATI DIRI
    itukan sebelum kita memutuskan jalan hidup yang kita lalui………………?
    Tapi kalau BERTAPA DI GUA menyepi mendekatkan diri kepada Allah, itu berarti saudara sudah membuat keputusan menempuh jalan spiritual/ingin menjadi orang alim

  41. Cungkring Cerbon

    Hahahaha
    Tu di Gua org Nyari Jati diri (Tafakur Nafsi)
    atau org rekreasi ya?
    Koch sempet2Y brfoto ria…..
    hwahahahahahaahaha
    Jd keliatan tujuan awalY….
    hwhaahahahahahaa

    Kabooorrrrrrrrrrr

  42. Sword Zulfaqor

    Test…1 2 3… test… test…

  43. Patramantra (Dosen Killer)

    Menurut pemahaman saya MENCARI JATI DIRI itu berkenaan dengan pemikiran2 seseorang yang berhubungan dengan kejiwaan/psikologis. Biasanya belum ada gambaran/idola yang dijadikan tujuan hidup. Dan sering terjadi seseorang melakukan trial and error (coba2) sehingga juga sering terjadi salah pengidentifikasian diri yang salah. Mereka melakukan dan membanggakan perlakuan diri yang salah tempat, dlm artian perilaku yg bersifat aib/memalukan justru dibangga-banggakan didepan umum, misalnya minum2an keras, narkoba, main perempuan dll. Hal tsb di ataskan bukan tujuan hidup.
    Tapi di artikel ini udah jelas tujuan hidupnya. Penulis mengidolakan Rosulullah dan Nabi Musa, sehingga penulis mulai menapaki jalan hidupnya (jati diri penulis) dengan memutuskan bertapa di Goa.

  44. Oray

    Sampurasun..ngiringan ah

  45. Patramantra (Dosen Killer)

    Adapun para orang tua kita terdahulu yg sering menceritakan tentang kisah perjalanan hidup Tokoh-tokoh KAUM SUFISTIK karena mereka menginginkan kita agar berani memutuskan JALAN HIDUP dan atau memiliki JATI DIRI seperti Tokoh tersebut. Kita mengidolakan TOKOH itu. Dengan harapan agar kita berani MELAKONKAN perjalanan hidup seperti yang ditempuh Tokoh tersebut………..

  46. Patramantra

    Kepada
    Saudaraku BOLO WONGALUS semua……..
    Mohon MAAF ATAS KETIDAK NYAMANAN KOMENTAR SAYA INI……..
    Saya ya begini ini…….
    Kalau prewanganku memasuk raga dan menjiwa…….
    Suka usil…….Karena prewanganku namanya melankolis berwatak perfeksionis sehingga ya begini ini…….Suka usil…….
    he…….he…….he…….
    Sekali lagi saya minta maaf
    Trima kasih
    Wasalam

  47. ki_sunda buana

    Ass Wr wb……..
    banyak cara menuju ke diri sejati,..
    dan diatas salah satunya
    lanjut Nyimak………….

    Salam Sedulur..buat semua…di weekend ini

  48. assalamu’alaikum … hadir lagi … mohon ijin nyimak …

  49. Sartono jenar

    Weh…weh…musim hujan topo kok ndak pakai baju…ckckck…ntar kdingan & masuk angin lho om…….lariiiiiii……..

  50. K.W.A 101

    ijin nyimak plus absen pagi.

  51. ki_sunda buana

    @kang sugeng
    @Sartono jenar
    @KWA 101

    salam kenal dan salam-salim……

  52. Tapa boleh2 aja jika klau urusan duniawi udah terselesaikan,spt meninggalkan istri dan anak utk bertapa apa boleh???Sedangkan anak dan istri merupakan amanah dr Alloh utk kita bimbing kejalan Alloh,ditinggalkan begitu saja apa boleh???Apa Alloh mengijinkan umatnya spt itu???Meninggalkan amanah yg dititipkan???Apa bs mencapai spiritual tertinggi???Maaf jika kata2 sy kurang berkenan dan kurang pengetahuan.

  53. ki_sunda buana

    @the Star
    Salam-salim

  54. Tiang Bungkuk

    wah ki wong alus, saya dah pernah punya niat mau kayak gini bertapa di gua dulu, tapi gak kesampean..hehehehhe

  55. Khrisna

    ijin nyimak,,
    salam rahayu buat para sadulur semua,,
    @ki tiang bungkuk : salam rahayu ki
    @ki sunda buana : salam salim ki,,
    @the star : salam takzim ki,,,

    dan salalm rahayu buat para sadulur semua

  56. laskar lembu suro

    aslkm…wah klo sya m gk berani betapa dlm gua,klo dlm gua ber arti kita gk shalat dong,maaf klo tutur kata saya salah

  57. teratai

    punten mohon ijin nyimak

  58. laskar lembu suro

    sugeng enjing@mas khozin
    @mas krisna
    @ki sunda buana
    @ki sarto jenar
    @the star
    @mas wanb1s .makasih email saya dh di balaz

  59. Sama2 ki sunda buana salam-salin,menurut sy tapa itu jalan terakhir yg ditempuh.Wong didunia aja godaannya 1001 macam itupun tdk semua dpt dilewati dg baik dan benar dijalan Allah.Coba Renungkanlah?Sanggupkah melalui semua ini,kembali lg kediri kita sendiri dan iman kita kpd Allah.
    Peace…

  60. laskar lembu suro

    monggo @teratai ambil posisi du”k yg paling nyaman

  61. Laskar cinta

    Nyimak aja dari jauh dari atas gunung di tengah laut :D

  62. assalammualaikum
    selamat siang
    betapa di pulau kapuk untuk memanjakan diri,betapa di dlm mesjid utk memanjakan iman,betapa di dlm goa utk mencapai kesaktian…..
    @om tiangk bungkuk
    @om krisna
    @om wongalus
    @om bc
    @all sedulur k.w.a
    salam salim salaman sejahtera,salam rahayu

  63. assalammualaikum
    selamat siang
    betapa di pulau kapuk untuk memanjakan diri,betapa di dlm mesjid utk memanjakan iman,betapa di dlm goa utk mencapai kesaktian…..
    @om tiangk bungkuk
    @om krisna
    @om wongalus
    @om bc
    @all sedulur k.w.a
    salam salim salaman sejahtera,salam rahayu….

  64. Jati tidak sama dg diri dan begitu juga diri tidak sama dg jati .

  65. KiTAKARABAS

    wah..wah..wah..
    kalo bertapa begitu saya takut banyak nyamuknya..kalo untuk godaannya… justru banyak yang berasal dari lingkungan kita sehari2 dalam bermasyarakat..
    kalo merenung dalam goa…kenapa harus di goa?
    dalam rumah,luar rumah dan dimana saja kaki ini melangkah bisakan kita merenung dalam segala hal yang bisa kita ambil hikmahnya? karena bagi saya hidup ini baik jaraknya sejengkal dari kaki ini atau ratusan kilo dari diri ini sama saja jika hati kita tidak tentram dan terbuka untuk mensyukuri nikmat yang Allah telah berikan..untuk apa pergi mencari di tempat lain?
    hidayah dan hijab setiap saat kita tangkap dengan indera yang ada tapi kenapa maknanya jarang kita sadari?
    hanya ibu lengah, bapak lalai dan anak malas yang selalu kita layani dalam diri kita? di bawah atap kesombongan diri kita merasa aman? kita melihat tiang penyanggahnya ujub, riya, pamer dan “aku” bisa… sehingga akal ditipu dengan kekuatan yang semu..sehingga kita mau bernaung dalam rumah tangga tersebut..
    Ampunkanlah aku yang masih sangat lemah sehingga masih tergoda dengan kecantikan, keindahan, kenikmatan duniawi ini..
    hamba minta kekuatanmu yaa dzat yang maha kuat…
    untuk selalu menyadarkan hamba dan memberi petunjuk ke jalan yang benar serta memberikan kekuatan dalam menghindari apa yang tidak engkau ridhoi.Amin

  66. Jalan menuju ma’rifat d suguhkan dg banyak cara dan teori tapi syaratnya hanya cuma satu saja . . .

  67. KiTAKARABAS

    Ketika kita berpikir…siapakah yang berpikir?
    Ketika kita melihat…siapakah yang sedang melihat?
    Ketika kita mendengar…siapakah yang mendengar?
    Ketika kita merasa….siapakah yang merasa?
    Ketika anggota tubuh ini bergerak…siapakah yang menggerakannya?

    Lalu dari manakah ide yang muncul dalam pikiran? siapakah yang menyuruh otakmu untuk berpikir apa yang sedang engkau pikirkan itu? ilmu di tangkap oleh indera lalu siapakah yang menyimpannya dalam kepala dan hatimu serta siapakah yang mengolahnya?

    ketika engkau duduk,,,siapakah yang sedang duduk?
    ketika engkau berada dalam keramaian,,,kenapa dalam banyaknya orang2 yang ada di sekeliling kita tetapi jumlahnya hanya satu? bukankah ada banyak orang di situ? tapi kenapa hanya ada saya sendiri?

    Allahu Akbar..Allahu Akbar…Allahu Akbar
    Subhana Allah… La illaha ilallah… Allahu Akbar

  68. yang sadar……….siapa DIA………………

  69. Joko Umbaran 577

    Bersandar Hanya Kepada Allah

    Tiada keberuntungan yang sangat besar dalam hidup ini, kecuali orang yang tidak memiliki sandaran, selain bersandar kepada Allah. Dengan meyakini bahwa memang Allah-lah yang menguasai segala-galanya; mutlak, tidak ada satu celah pun yang luput dari kekuasaan Allah, tidak ada satu noktah sekecil apapun yang luput dari genggaman Allah. Total, sempurna, segala-galanya Allah yang membuat, Allah yang mengurus, Allah yang menguasai.

    Adapun kita, manusia, diberi kebebasan untuk memilih, “Faalhamaha fujuraha wataqwaaha”, “Dan sudah diilhamkan di hati manusia untuk memilih mana kebaikan dan mana keburukan”. Potensi baik dan potensi buruk telah diberikan, kita tinggal memilih mana yang akan kita kembangkan dalam hidup ini. Oleh karena itu, jangan salahkan siapapun andaikata kita termasuk berkelakuan buruk dan terpuruk, kecuali dirinyalah yang memilih menjadi buruk, naudzubillah.

    Sedangkan keberuntungan bagi orang-orang yang bersandarnya kepada Allah mengakibatkan dunia ini, atau siapapun, terlampau kecil untuk menjadi sandaran baginya. Sebab, seseorang yang bersandar pada sebuah tiang akan sangat takut tiangnya diambil, karena dia akan terguling, akan terjatuh. Bersandar kepada sebuah kursi, takut kursinya diambil. Begitulah orang-orang yang panik dalam kehidupan ini karena dia bersandar kepada kedudukannya, bersandar kepada hartanya, bersandar kepada penghasilannya, bersandar kepada kekuatan fisiknya, bersandar kepada depositonya, atau sandaran-sandaran yang lainnya.

    Padahal, semua yang kita sandari sangat mudah bagi Allah (mengatakan ‘sangat mudah’ juga ini terlalu kurang etis), atau akan ‘sangat mudah sekali’
    bagi Allah mengambil apa saja yang kita sandari. Namun, andaikata kita hanya bersandar kepada Allah yang menguasai setiap kejadian, “laa khaufun alaihim walahum yahjanun’, kita tidak pernah akan panik, Insya Allah.

    Jabatan diambil, tak masalah, karena jaminan dari Allah tidak tergantung jabatan, kedudukan di kantor, di kampus, tapi kedudukan itu malah memperbudak diri kita, bahkan tidak jarang menjerumuskan dan menghinakan kita. kita lihat banyak orang terpuruk hina karena jabatannya. Maka, kalau kita bergantung pada kedudukan atau jabatan, kita akan takut kehilangannya. Akibatnya, kita akan berusaha mati-matian untuk mengamankannya dan terkadang sikap kita jadi jauh dari kearifan.

    Tapi bagi orang yang bersandar kepada Allah dengan ikhlas, ‘ya silahkan … Buat apa bagi saya jabatan, kalau jabatan itu tidak mendekatkan kepada Allah, tidak membuat saya terhormat dalam pandangan Allah?’ tidak apa-apa jabatan kita kecil dalam pandangan manusia, tapi besar dalam pandangan Allah karena kita dapat mempertanggungjawabkannya. Tidak apa-apa kita tidak mendapatkan pujian, penghormatan dari makhluk, tapi mendapat penghormatan yang besar dari Allah SWT. Percayalah walaupun kita punya gaji 10 juta, tidak sulit bagi Allah sehingga kita punya kebutuhan 12 juta. Kita punya gaji 15 juta, tapi oleh Allah diberi penyakit seharga 16 juta, sudah tekor itu.

    Oleh karena itu, jangan bersandar kepada gaji atau pula bersandar kepada tabungan. Punya tabungan uang, mudah bagi Allah untuk mengambilnya. Cukup saja dibuat urusan sehingga kita harus mengganti dan lebih besar dari tabungan kita. Demi Allah, tidak ada yang harus kita gantungi selain hanya Allah saja. Punya bapak seorang pejabat, punya kekuasaan, mudah bagi Allah untuk memberikan penyakit yang membuat bapak kita tidak bisa melakukan apapun, sehingga jabatannya harus segera digantikan.

    Punya suami gagah perkasa. Begitu kokohnya, lalu kita merasa aman dengan bersandar kepadanya, apa sulitnya bagi Allah membuat sang suami muntaber, akan sangat sulit berkelahi atau beladiri dalam keadaan muntaber. Atau Allah mengirimkan nyamuk Aides Aigepty betina, lalu menggigitnya sehingga terjangkit demam berdarah, maka lemahlah dirinya. Jangankan untuk membela orang lain, membela dirinya sendiri juga sudah sulit, walaupun ia seorang jago beladiri karate.

    Otak cerdas, tidak layak membuat kita bergantung pada otak kita. Cukup dengan kepleset menginjak kulit pisang kemudian terjatuh dengan kepala bagian belakang membentur tembok, bisa geger otak, koma, bahkan mati.

    Semakin kita bergantung pada sesuatu, semakin diperbudak. Oleh karena itu, para istri jangan terlalu bergantung pada suami. Karena suami bukanlah pemberi rizki, suami hanya salah satu jalan rizki dari Allah, suami setiap saat bisa tidak berdaya. Suami pergi ke kanotr, maka hendaknya istri menitipkannya kepada Allah.

    “Wahai Allah, Engkaulah penguasa suami saya. Titip matanya agar terkendali, titip hartanya andai ada jatah rizki yang halal berkah bagi kami, tuntun supaya ia bisa ikhtiar di jalan-Mu, hingga berjumpa dengan keadaan jatah rizkinya yang barokah, tapi kalau tidak ada jatah rizkinya, tolong diadakan ya Allah, karena Engkaulah yang Maha Pembuka dan Penutup rizki, jadikan pekerjaannya menjadi amal shaleh.”

    Insya Allah suami pergei bekerja di back up oleh do’a sang istri, subhanallah. Sebuah keluarga yang sungguh-sungguh menyandarkan dirinya hanya kepada Allah. “Wamayatawakkalalallah fahuwa hasbu”, (QS. At Thalaq [65] : 3). Yang hatinya bulat tanpa ada celah, tanpa ada retak, tanpa ada lubang sedikit pun ; Bulat, total, penuh, hatinya hanya kepada Allah, maka bakal dicukupi segala kebutuhannya. Allah Maha Pencemburu pada hambanya yang bergantung kepada makhluk, apalagi bergantung pada benda-benda mati. Mana mungkin? Sedangkan setiap makhluk ada dalam kekuasaan Allah. “Innallaaha ala kulli sai in kadir”.

    Oleh karena itu, harus bagi kita untuk terus menerus meminimalkan penggantungan. Karena makin banyak bergantung, siap-siap saja makin banyak kecewa. Sebab yang kita gantungi, “Lahaula wala quwata illa billaah” (tiada daya dan kekuatan yang dimilikinya kecuali atas kehendak Allah). Maka, sudah seharusnya hanya kepada Allah sajalah kita menggantungkan, kita menyandarkan segala sesuatu, dan sekali-kali tidak kepada yang lain, Insya Allah.

  70. Penjelasan yg mantap joko umbaran,salam-salim.
    tapi itu semua tdk lepas butuh proses dan waktu utk mencapai itu semua,kembali lg kediri kita masing seberapa mengenal akan diri kita dan tahu apa tujuan kamu dilahirkan didunia ini?

  71. ==sedulur semua, matur nuwun atas input masukan saran dan kritikannya. lah itu kebodohan, ketololan, kesalahan dan kesesatan saya.. kenapa harus bersusah payah berada di gua.. sesuatu yang sangat berat karena kelaparan, kehausan, kedinginan dan hadirnya gangguan binatang mulai semut, luwing, kera, ular dan kelelawar. tapi ya sudahlah semuanya sudah terjadi dan akhirnya banyak hikmah yang saya dapat kan yang tidak bisa saya temukan kalau saya berada di kehangatan keluarga di rumah, di kampus, di kantor, di mall, di masjid, di kelenteng, di gereja, di pura maupun mungkin saat saya ngeblog ini. Kalau ditulis pengalaman lengkapnya, sebenarnya cukup banyak dan menarik. Baik pengalaman fisik maupun metafisiknya. Namun mohon maaf untuk menghindari polemik mungkin tidak perlu ditulis saja. Semoga kita tidak pernah berhenti PERJUANGAN MENCARI JATI DIRI hingga liang lahat. Salam KWA-ngen…===

  72. Ki.Rekso

    Ikt nyimak aja.Mbah cungkring ko suka kabuur y.Slm hrmt mbah dan slm takzim bt bp rektor ki BC dan poro spuh kwa.Mf pencerahan di ats ko hmpr sm dg Kitab layang muslimin muslimat.Bg poro sepuh tntg kitab mhn kiranya unk membabar.Kbtln sy mmpunyai ktb rangkumanya yg trbuat dri bt marmer.

  73. hekh hekh hekh..maaf nakmas mbahe wong alus.. di antara kampus,mall,di keluarga,di kantor,klenteng,gereja dan di masjid dan di goa..dimana njenengan merasakan paling ayem tentrem sumeleh..?
    ngapuntene nakmas mbah nek lancang hekh hekh hekh..

  74. Ki.Rekso

    Kitab itu sy temukan di daerah rengasdengklok krwg tpt nya diarea tugu proklamasi rengasdenklok.Ktb trdiri 3 buah yg stu brbntuk lmpengan,stu ny mirip sperti ktb yg sdg di bk dan stu nya lg brbntk keris .Kesemuanya brtuliskan kalimah huru arab.yg di lmpgnya ada gmbr wak semar.Btunya warna hijau sprti giok tp ada belang htm.Saat ini sy hanya menyimpanya.Kt guru itu kt nya rangkuman Ktb layang muslimin muslimat.Bg yg tau tntg ktb itu mhn utk pencerahanya.Mtrnwn..

  75. tarjo

    wahh…ada penglamannya ya…jangan-jangan dapet keris lagi nih..heheh

  76. Ki.Rekso

    Bg poro sdulur KWA mhn yg bisa scaning utk mnscan,btul g kitab batu itu rangkuman dri ktb layang muslimin muslimat.Dan utk apa keguanaanya.Mf klu sy trlalu lncg krn mmg sy btl2 g mengerti.Htrnhn sbelumnya.

  77. Adim

    Tenang aja mbah ki wongalus ….
    coba dengarkan ini …
    sejatinya itulah sunnah sejati kanjeng Nabi Muhammad SAW. tapi hal ini jarang sekali dimuat dalam hadist shoheh … bahwa uzlah semacam ini atau meditasi semacam ini adalah dasar Nabi Muhammad menerima wahyu … yang pertama ‘katakanlah bahwa Alloh itu satu’
    kenapa ummat islam melupakan doa/sholat/permohonan semacam ini …
    siapakah yang menyodorkan syari`at2 yang sifatnya bias memadukan sehingga melupakan uzlah /pertapa semacam ini

  78. Adim

    sejak pergantian masa dinasti kerajaan pada masa sahabat …(saya lupa) mereka mencoba membuat syariat di luar pertapa .. sehingga pertapa seakan2 sebuah laku sesat … padahal dari sinilah inti sejarah islam …
    kenapa umat islam sendiri tidak mengenali hal ini dan pertapaan kanjeng nabi muhammad hanya dijadikan sebuah cerita belaka ….
    siapakah dibalik semua ini
    adakah para orientalis barat yang ikut andil dalam mempropaganda ajaran islam sebenarnya .. jawabnya ada ..
    dimasa perang salib.. islam mengalami kekaklahan dan ajaran islam asli dlm berbagai kitab dibakar oleh orang kafir yahudi

  79. menurut satu pembimbingku …….orang kemakam (kuburan ) sesorang bukan untuk berdoa atau melakukan suatu ritual……….tetapi untuk mengetahui…………keberaaan diri sendiri……….tentang makom atau kedudukannya sendiri. kiranya Allah memaafkan aku dan pembimbingkupun memaafkannya karena ini kusampaikan pada umum……….dan itu benar…………selamat mengetahui makom anda sendiri…………salam………..salam…………..salam

  80. Adim

    termasuk 40 ribu kitab asli karang imam ghozalie dibakar habis2 dimaka kitabtersebut memuat ajaran asli kanjeng nabi Muhammad SAW. termasuk pertapa atau uzlah …
    dari sisi inilah umat islam sekarang tidak pernah diajarin tentang meditasi pertama yang benar untuk belajar mencari jati diri termasuk mecari ridho alloh …
    dan sampai saat ini beberapa umat islam nyaris mengklaim bahwa pertapa/ uzlah adalah perbuatan syirik dan lain sebagainya …
    mereka mencoba menganlisakan bahwa bagaimana kita bisa bertapa sedang kita banyak kewajiban dalam rumah tangga …
    perlu di ketahui
    sebelum melakukan pertapa yang benar hendaknya dapat izin dari keluarga termasuk anak istri

  81. Adim

    dan memang saya tidak pernah melakukan pertapaan ato uzla semacam ini … tapi saya membenarkan perbuatan ini adalah sebuah sunnah Nabi Muhammad ..

  82. Adim

    masih banyak yg ingin saya sampaikan … tapi sayang sy belum sholat asyar … asyar dulu ya… .
    monggo dilanjut ..
    nuwun …

  83. jiaaaah
    nggak dapet pertamax

  84. Ki SabdaLuhur

    Yang saya hormati Sesepuh KWA,Ki Wongalus(Kang Mas MUHAMMAD WILDAN)
    Dan Sedulurku Semuanya Pecinta KWA.

    Saya yang zalim ini izinkanlah untuk berbagi pengetahuan di dalam khasana spiritual.

    Dengan izin dan Ridho Gusti Alloh maka saya akan menShare
    PENGASIHAN AGUNG DAN KEWIBAWAAN. (Ilmu Awet Mudah)

    Ilmu Pengasihan ini saya dari Sesepuh saya (Almarhum)
    selama 15 tahun saya di bimbing beliau untuk memahami dan belajar Ilmu supranatural, setelah cukup lama belajar pada beliau kurang lebihnya dapat 5 tahun saya belajar pada beliau,kemudian beliau mengijazahkan ilmu kuno untuk kewibawaan dan pengasihan kepada saya’
    Sejujurnya saya sangat Penasaran dengan usia beliau namun rasa penasaran itu saya simpan dalam hati saja,karena beliau tidak menjawab jika saya tanya usianya namun beliau membalasnya hanya dengan senyuman. tapi setelah saya di ijazahi ilmu Pengasihan ini kemudian beliau mengeluarkan KTP nya, secara senang hati saya membaca data diri beliau dan sampai pada tanggal lahir hati saya terenyuh sekali,karena ternyata usia beliau 102 tahun, Subhanalloh,,, wajah beliau masih sangat tampan bahkan saya mengira usia beliau masih sekitar 65-75 tahunan.
    Beliau kemudian berkata’ saya kelihatan masih segar Insya Alloh dikarenakan saya rajin melafalkan / mengamalkan do’a yang barusan saya kasih ke kamu untuk mempelajarinya.

    Itulah Sedikit cerita,dan sedikit kenangan saya kepada beliau.

    Pada hari ini saya Share Ilmu Pengasihan Jawa Kuno Ini untuk sedulurku semuanya.

    Bismillahirohmanirohim.

    Salalahu ngalaihi wassalam
    Grememeng tapel Adam gugur gunung segoro manik kencono
    mulyo panaku idep kabeh Omaku jagad Payonku Merah, tutupku retno kang edi pinarak ku ayat Kursi cahyaku Cahyane Nurbuat.

    Lailahailaulloh Muhammad dar Rassullulloh

    tiap selesai mandi Dibaca 3x tanpa nafas, kemudian ditiupkan ke ciduk/jebor/gayuh yang berisi air kemudian siramkan ketubuh anda. lakukan tiap selesai mandi / minimal 1x sehari.

    bisa juga dengan cara amalan dibaca 3x tiupkan ke kedua tangan dan usapkan ke wajah.

    untuk khasiatnya saya rasa sedulur sudah mengerti,bahkan jika dicermati nanti ada khasiat lain selain terlihat awet mudah,pengasihan dan kewibawaan.

  85. Ki SabdaLuhur

    mari kita lestarikan Ilmu-ilmu kuno peninggalan Nenek moyang / Leluhur kita

  86. Tiang Bungkuk

    ki wong alus monggo dibabar pengalaman rohani panjenengan di gua ini..baik buruknya agar kita bisa mengambil hikmah…monggo
    rahayu

  87. Ya ki wong alus,coba ceritakan pengalamannya kekita2 ini.Kelak jd intropeksi diri sy yg masih penuh dg kekurangan,bodoh dan kelemahan ini.

  88. angdidi

    Salam…
    Banyak jalan menuju roma….he he ..he
    Jaya selalu KWA.

  89. mbah komeng

    ass wb.
    -ki sabdo luhur
    selamat malam dan monggo di ceritakan jg goa di kampung njenengan…mkn kayaknya bgs jg buat bertapa ya…

  90. mbah komng

    :sep-i’@!’.com

  91. mbah komng

    -laskar cinta
    -om akruf
    -wagiman ww
    -nico s
    -arek ilank
    -ki sabdo luhur
    ayo ayo mrinio tak gelarno kloso iki lo….
    tinimbang rame3 mending main catur aja ok..ayo2..

  92. Maha pencerah

    Asskum.

  93. Maha pencerah

    Kafirin

  94. Maha pencerah

    @ki wong alus
    apa njenengan tiang islam?

  95. Laskar cinta

    @mbah komeng,ayo mbah,saya pegang bidak putih y :D

  96. Sartono jenar

    Wah…wah…mulai ramai nih…kutak mojok aza…dduk ndlosor dipojok sambil minum kopi pahit+bakar buhur 234…klepas klepus…Monggo lur dilanjut…

  97. Maha pencerah

    susah bener caranya, cara anda salah @wong alus
    janganlah kamu menjerumuskan orang orang yg bertakwa

  98. Maha pencerah

    Ini bukan cara mendekatkan diri pada allah, tetapi pada jin,syaiton dll bertapa adalah hal yang bid’ah.

  99. Salah or benar biarkan Tuhan yang menilai

  100. Itu tuh nabi Khidir mmbunuh anak kecil, itu lebih dari bid’ah

  101. Maha pencerah

    @Debu
    ya jelas salah, saya tanya pernahkah nabi saw pernah bertapa?

  102. mbah komng

    skak ster..naa kena lo seter laskar cinta..ha3..menang aku..

  103. Laskar cinta

    @mbah komeng,wah, g bisa mbah,open itu :D

  104. Wong alus.
    Bingung kah kamu?

  105. watuitem

    berbeda itu boleh, tp jgnlah terus menuduh seseorang itu tdk benar belum tentu yg dituduh itu salah, hanya soal foto wong alus yg duduk digoa aja dipersoalkan… siapa tahu itu cuma guyonan. kl sedelur2 mau foto seperti wongalus kan mudah. s

  106. Kalo nabi Khidir mmbunuh anak adalah salah kog bisa Khidir jadi nabi

  107. mbah komng

    he3..
    kan da nyekak..ya brarti kaga open..lawong nyekak pake kuda..he3,sik asik sik menang aku..ye..

  108. Kenapa gak berani menjawab? Ternyata banyak orang di sini yang terjerumus. .

  109. Coba maha pencerah tanya pada Allah bnar or salah wongalus. Hikh…hikh…maaf guyon

  110. Laskar cinta

    @mbah komeng,ayo ulang lgi mbah :D

  111. @watu item
    bukan seperti itu, jelas jelas salah. Yg salah harus di benarkan.
    @debu
    wah pinter, saya mau tanya kapan nabi khidir membunuh anak kecil, di mana, dan krena apa?

  112. Yang Maha Bnar kan Allah, kalo tanya pada manusia bisa salah he…he…

  113. mbah komng

    wah ki wongalus…
    salud3..di situ terliha sangat bagus energinya…dlm meditasi apapun bentuknya itu hal yg bgs..tdk usah di bhs lg..kl memang bi cb aja trawang dan rasakan tempat meditasi ki wongalus…kl sdh br berkontar…
    -laskar cinta
    saya menang..
    skrg aku pegang yg itam.,
    pion maju 2 langka..

  114. dewaputrajaya

    mantappppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp
    salam kenal coy

  115. @ dbu
    gak usah di tanya lg, allah sendiri sudah berfirman dalam al qur’an,, masalah syirik. Jujur saya lebih suka ki bengawan cndu dari pada wng alus ini.

  116. Wagiman Wara Wiri

    Yang sekak ma ster itu salah itu…

    Yg bnr…sekak ster he he

  117. Laskar cinta

    @mbah komeng,udah mbah kita main catur aja, kuda maju :D

  118. @mbh kmeng
    memang benar bnyak energ di dlmnya, tapi cara ini salah untk mndkatkn diri pada allah.

  119. Proses Bertapa Dengan Berkholwat apa Bedanya Ya ,bila keduanya menjalani dengan sama-sama Berdzikir kepada Allah untuk lebih jauh mendekatkan diri , karena dengan ketenangan Alam, Ketenangan bathin kita bisa merasakan getaran Dzikir Didalam Nafas kita.
    Bertapa dalam Goa atau Berkholwat Di Dalam Goa, Proses Instropeksi Diri Kita.Di Dalam Kegelapan Goa,Di Dalam Suasana Dinginnya Goa , ini akan Kita Rasakan Di dalam Alam Kubur, Gelap dan Dingin hanya berbekal Kain Mori Yang Tipis.
    Hanya dengan Kekuatan Iman dan Taqwa Kita dapat Menerangi kubur Kita dan Menghangatkan Kubur Kita
    Menurut Saya Tidak Ada Sesuatu yang Salah bila kita melakukan kegiatan Ibadah Di dalam Goa, selagi masih didalam Koridor Aqidah Islam, lagi Pula Kegiatan Didalam Goapun dilaksanakan sewaktu-waktu, selebihnya kita melakukan secara jama’ah Di masjid Maupun Di majelis Dzikir.
    Mohon Maaf Poro sesepuh dan Pini sepuh atas pemaparan saya yang Dhoif ini , saya pribadi mohon di berikan petunjuk bila bertapa/Berkholwat di dalam Goa Itu Salah, Dan dimana salahnya.

  120. Wagiman Wara Wiri

    Kox kagak ada lwt ya…mau sy panggang…he he he

  121. mbah komng

    wah..ada yg banu -laskar cinta ni..
    -wagiman ww
    sy da menang..
    2 kosong..lo..

  122. IBLIS

    huahaaaaaa….
    Om wildan(wongalus), itulah kritik pedas para sedulur kwa. Karena kritik inilah aku dan ente akan masuk ke neraka jahannam, maka kita harus bersyukur
    huahaaaaaaa…..

  123. mbah komng

    pion dpn ster maju 1 lanka..laskar c ayo

  124. Laskar cinta

    @mbah komeng, bagi ilmunya mbah :D
    @WWW,biar aja om,ngalah biar d bagi ilmu, jgn blg2 y :D

  125. @ maha p. Kalo bc Qur’an ntar salah tafsir, lain kepala lain arti, mending tanya Allah aja yang pasti

  126. Adim

    @ Maha pencerah ..
    coba baca comment sy yg atas itu tuh…

  127. watuitem

    @mahapencerah, dari tadi aq perhatikan kok ceramahnya monoton terus…. apa ngak ada materi lain yg menarik…ya? para sedelur semua aq rasa dah tau mana yg baik n mana yg tdk. ya begini kl belajar hanya satu sisi… maka tdk siap dgn perbedaan.

  128. Wagiman Wara Wiri

    @mbah komeng : wah pantesan tu kudanya diem aja..kbrtn dinaeki raja he he

  129. Mamat Kumis

    met malem sodare2 ane sekalian…. ude lm kaga hadir ke ini kampus… ternyate makin rame aje neh…

  130. Laskar cinta

    @mbah komeng, ratu keluar mbah :D

  131. mbah komng

    ‘maha pencerah
    boleh2 aja keta berpendapat saudaraku dan apakah yg pernah di lakukan kanjeng suna kali jaga jg salah…itu adalah hanya sebuah tata laku yg memandg sdh bgt seharusnya..sy jg pernah lakukan dan kuncinya kt tetap slalu ingat pa sang pencipta…
    -laskar c
    kuda kiri maju kdpn..

  132. mbahgondrongx

    @ki laskar cinta
    @ki wagiman ww
    @ki debu
    @ki iwan kun
    @ki wong item
    @ki dewa putra jaya
    @ki mamat kumis
    @mbahe dimyati
    @mbahe iblis
    @mbahe komeng
    SEMANGAT TENGAH MALAM sesepuhku semuanya….
    ingkang dahat kinurmatan;
    @ki maha pencerah;salam kenal + takdzim kulo ……semangat berkreasi + berkoar-koar ria njih ki…..

  133. Laskar cinta

    @mbah komeng,kuda dekati raja, biar kalo ada apa2, rajanya iso mlayu numpak jaran :D

  134. mbah komng

    pion kiri maja 1 langka..ayo laskar c..yg mana.?

  135. Laskar cinta

    @mbah gondrongx,salam salim mbah, ayo main catur aja mbah :D
    @mbah komeng, kuda sblh kanan dekati raja lgi mbah, jdi kalo kuda yg satu tewas,ada cadangannya :D
    @WWW,ayo ikutan main om :D

  136. mbah komng

    lo..kl raja naik kuda berarti da kalah dong..aku menang lagi..3 kosong..asik menang lg..
    …wah aura semarang lg mantap ni….
    wagondronx..uda di mulai pengijasahannya..?

  137. Laskar cinta

    @mbah komeng,wah blum naik mbah, ini kan cma buat jaga2 aja kalo ada apa2 :D

  138. mbah komng

    -wagiman ww
    sampean jd wasit aja ya.? sy da mengang 3 ni..ster maju dkt kuncum..

  139. Ki Sabda Luhur

    @maha pencerah’
    didalam Goa kita tidak bertapa’menemui jin,mahkluk halus dll’
    namun disana kita lebih banyak merenung’ menanyakan siapakah diri kita,kita hidup ini sebagai siapa sebenarnya…
    diri kita ini sebenarnya punya misi apa selama ini mengalami berbagai pengalaman hidup…

    Rossul pun pernah merenungkan diri di Goa’…

    Kurang lebihnya kita tidak usah berdebat, namun jika ada saran kritik,marilah kita buat bahasan yang baik sopan dengan kerendahan hati kita,,,

    trim’s

  140. Mamat Kumis

    @Mbah gondrong
    met malem jg bwat sesepuh ane mbah gondrong… maap neh bang,ude rada lm ane kaga hadir kemari… bgimane kbrnye ?

  141. salam sesepuh semuanya saya mau nanya dlu dijaman wali sangat jelas ilmu para wali di gunakan untk menyebarkan agama islam,nah sekarang apa yang hrus sy lakukan untk meneruskan perjuangan para wali itu?kan dah beda jaman sekarang sama jaman dlu mhon saranya dari mana sy hrus memulainya krna sy msh bru belajar mhon di jawb ya sesepuh juga yang ada di layar belakang trmksh

  142. Laskar cinta

    @mbah komeng, udahan ah mbah, kalah mulu neh :D

  143. mbah komng

    -ki sabda luhur
    memang ada ko sebuah aliran yg tdk suka atau kurang percaya hal2 semacam bgt…dan sy jg pernah berdebat dgn nya dan akhirnya dia mingkem…emang di dunia inì hanya dia sendiri yg bnar.?..

  144. mbah komng

    -laskar c
    ya uda bsk main la ta pur ster..ok..
    skrg kt gabung aja ama yg lain dan minum kopi bareng2..ayo mskg

  145. Adim

    @ 7 mata air
    doakan keluargamu
    doakan saudaramu
    tetanggamu ..
    kotamu ..
    wilayahmu …
    dan pemimpin wilayahmu …
    setiap ba`da sholat …
    agar terhindar dari berbagai macam persoalan dizaman modern yang serba tidak terbatas serba bebas dan serba tipu daya.
    dakwah ini sangat halus sekali tidak bisa dilihat oleh orang2 disekelilingmu … kecuali orang2 halus dan para wali …
    dakwah ini adalah dakwa doa yg hanya dipakai para kekasihNya ..

  146. watuitem

    @mahapencerah, baca tuh suluk ling lung tentang kisah sunan kalijaga.

    @mbahgondrongx, kados pundi pawartosipun, lak ya sami KWArasan tha…? menapa 234-ipun taksih wonten…? menawi taksih kawula inggih purun dipun uncali…. hahahaha…..

  147. @7 Mata Air, Salam Takdzim, Lan salam rahayu, Ilmu Yang Di Gunakan Oleh para Waliyulloh adalah Al-Qur’an dan Hadist, itulah wasiat yang di tinggalkan oleh Rasululloh SAW,untuk Para sahabat, tabi’in , sampai ke para waliyulloh untuk menegakkan Syari’at dan hukum-hukum Islam,hingga kini kita dapat mengenal ISLAM melalui para waliyulloh
    Dengan Menegakkan Kalimat Tauhid dan menjalani Perintah-printah ataupun Ajaran Rasululloh SAW,kita sudah menegakkan dan menyebarkan ISLAM , ISLAM Tidak akan pernah mengalami perubahan Jaman.
    Monggo Dilanjut…….

  148. Laskar cinta

    @mbah komeng, la ta pur ster tuh apaan mbah ?

  149. Ki Sabda Luhur

    @mbah komng
    yaitulah perbezaan, kita anggap indah aja perbedaan karena beda pendapat itu bisa ngonceki’ atau membuka mata hati kita lebih dalam…

    tapi intinya kita semua saudara jadi tidak usah saling menyalahkan jika ada yang kurang pas’kurang berkenan ya kita bahas dengan hati yang dingin’tidak asal saling menuduh dahulu… walau kita merasa benar.
    @mbah komng dos pundi kabarnya wilujeng’ke mawon…

  150. mbah komng

    -7 mata air
    itu kt kembalikan pd diri kt masing2..kt mulai besosiliasi dgn sesama dan kt perlihatkan bahwa ajaran yg kt anut adalah ajarang yg benar menurut kt dan jgn di perlihatkan bahwa ada perbedaan2 antar sesama..dan yg penting kt tdk terlihat menyimpang dr ajaran2 yg benar…itu jg sebagian dakwa di jln allah swt..dst.

  151. mbah komng

    -kaskar c
    tak pur ster itu artinya sy main tanpa ster
    -ki sabdo luhur
    ya bgt lah adannya..
    krn kt hdp tdk sendiri dan bermacam2 suku,agama,budaya,perguruan dll..dan kl semua itu di permasalahkan ya ga ada beres2nya..lawong kt cuman manusia biasa lo…yg mememang kt itu kudu menyadari 1 sm lainya ko..

  152. Laskar cinta

    @mbah komeng,tanpa kuda jg y :D

  153. wakgondrongx

    @ki sabda luhur; semangat tengah malam…..
    @mbahe komeng; saya ndak hadir di semarang mbah, pagi tadi persiapan udah lengkap semuanya,tinggal mandi aja langsung berngkat, alhamdulillah ternyata ALLOH berkehendak lain,…tiba2 saya tertidur sampai jm 13.30 baru bangun..
    @bang mamat kumis; gimane kabarnye nih bang,kok lama ga’ nongol,disibukkan nsesuap nasi kah????? ap lagi ada acara uzlahkholwat ya bang?????,alhamdulillah disini hujan terus bang,jadi hampir tiap hari sya dpt main hujan2an….
    @ki wong itam; alhamdulillah sekeluarga KWArasan KWAbeh, pangestunipun njih ki…, monggo ki,niki tasih wonten 234 versi 16, rencana wau arep tkulo bakar nk KWA, tapi amergo ki maha pencerah kadose sampun mboten muncul,njih kulo bakar piyambak wonten gubug……

    @ki maha pencerah pundi njih ..???????

  154. mbah komng

    lo kl ga pake kuda yg hbs dong perwiraku.-.he3

  155. termaksh,terimaksh sesepuh semuanya atas saranya,sy awam sy tidak pernh masuk pondokan ngaji aja mungkin bnyak yang salah mhon bimbinganya,,mf bnyak bertanya

  156. Laskar cinta

    Mbah komeng, ala mbah,sekali2 ngalah sama putune iki :D

  157. mbah komng

    -wagondrong
    wah njenengan pasti kecapean ya wak.?..emang hbs tirakat nopo sih.?..
    ya muda2han acaranya lancar2 dan para sepuh dan keluargaku yg hdr pd sehat2 semua..amin3..

  158. watuitem

    @mbahgondrongx, hehehehe… menawi obong2 wonten KWA kedahahipun mbeto menyang lan kembang telon… supados wong2 alus ikang wonten ing mriki supadhos sami KWA-rasan sedaya… lha… menawi 234nipun kagem mbahe mawon.

  159. mbah komng

    -laskar c
    lo temennya td kemana..?sapa namanya td…kl ga slh mas wagiman ya.?

  160. Aji bayu sengkelat gak punya aji

    Wah…wah…tambah rame aj…salam salim kagem sedulur KWAngen..

  161. Mamat Kumis

    @Mbah gondrong,
    alhamdulillah kabar ane baek…iye bnr bang ude bbrp bln ini ane sibuk kesane kemari cr sesuap nasi… ternyate bang gondrong demen ujan2an neh… kaye anak ane nyang bungsu neh… biasanye nyang demen ujan2an bgini nyang berbakat jdi pawang ujan,bnr kaga bang ? ane kaga ngarti jg bnr ape salahnye…huehehehe………

  162. wakgondrongx

    @mbahe komeng; kadose mboten sebab kecapean mbah, alhamdulillah mungkin karena rohmatNYA diberikan kemurahan untuk dapat istiqomah tidur diwaktu pagi sampai dzuhur
    @ki wong itam; monggo ki niki menyan 234 sampun kulo sumut wonten pojok kwa, kopi pahite njih tasih kemebul….

  163. Ki Sabda Luhur

    @wakgondrongx
    @mbah komng
    @watuitem
    @Laskar cinta
    @7 mata air
    dan @all

    Mari nyruput kopi nipun damel penyemangat,lan nganget ne tubuh…
    Ibu’ne saya pesen kopi..buat sedulur… semuanya… ditambah jahe ya bu…
    spesial untuk saya jangan terlalu manis…kopinya

  164. Laskar cinta

    @mbah komeng, g tau mbah,mungkin wes turu :D

  165. Laskar cinta

    @ki sabda luhur, makasih kopinya ki :D

  166. mbah komng

    -wagondrong
    injih memang yg bgt karunia yg plg nikmat buanget..wah berati ga bs hdr total jih.?
    -ki sabdo luhur
    wah muantap memang kopi buatan tiang jombang..he3,.
    mau dong krupuk asinnya ama samiler…wah mantaaaap,
    -laskar c
    ya ko tidur..pantesan aku menang trus..la ga ada yang bantuin..

  167. Laskar cinta

    @mbah komeng,bagi ilmune mbah biar saya jg bsa menang :D

  168. mbah komng

    -laskar c
    biar bs menang..
    harus2 sering2 berlatih dan mempelajari trik2 lawan jih..

  169. Ki Sabda Luhur

    krupuk asin & samiler nya saya bagi..njih…
    kalo di daerah asli saya Lamongan samiler itu namanya jalepak, setelah makan samiler diminumi kopi/teh panas memang mantap, kalo cuaca panas sambil diminumi es juga mantap

  170. Laskar cinta

    @mbah komeng, y udah mbah,saya minta d ajari dan d latih sama mbah aja :D

  171. mbah komng

    -ki sabda luhur
    ninjih..memang muantap dan skalian sambil cangkruk di warkop…wah ayem tenan urip koyo ngene…merdeka..

  172. mbah komng

    -laskar c
    ya ntk tak ajarin gmn trik2 menyerang dan pertahananya..

  173. Laskar cinta

    @mbah komeng,sekalian ilmu2 lainnya jga y mbah :D

  174. mbah komng

    -laskar c
    ilmu opo…tinggal pilih..ni..
    -trik bola
    -trik pingpong
    -trik batminton
    -trik basket
    -dan lain2nya..hig3..
    muantapkan.?

  175. Yos

    Ass wr wb..
    slm kenal mbah komeng, mas laskar c.
    Ijin nyimak ki alus., yg aku cuma bisa nyimak trus, tampa comen krn aku nggak tahu,dan aku jga nggak mau jadi org yg sok tahuuu.. Semoga aku bisa menjadi paham, dan memahami .
    Slm tk slruh warga kwa..

  176. jibrut

    Allah SWT membolehkan kok manusia suka ngatur apa mau ngambil kedudukan Allah untuk menghakimi salah bener..weleh repot amat..salah bener urusan Allah..

  177. trimakasih ki alus ,kiranya panjenengan kerso membabar ingkang lebet maleh, matursembahnuhun.
    mbokmenawi panjenengaan kerso mbabar ingkang dimaksud kalian hakiat esensi atau eksitensi diri niku penjabaranipun pripun nggeh ki alus…..

  178. arek ilank

    semangat malam smuaaaa,,,
    Absen&ijin nyimak dari seberang,,,,,

  179. Ki Sabda Luhur

    selamat pagi semuanya…….

  180. Absen pagi

  181. Bukankah nabi Muhammad menerima wahyu pertama di gua hira’

  182. @ iqra………………..(berikrar)…………..dengan NAMA TUHANMU YANG MENCIPTAKAN MANUSIA DARI SEGUMPAL DARAH…………………..
    SUDAHKAH KITA-KITA IQRA (BERIKRAR)…….?
    ATAU CUMA BACA——-BACA–BACA-BACA……………………MONGGO………………ORANG-ORANG SAKTI MANDRAGUNA,ORANG SHOLEH,ORANG BERIMAN,ORANG-ORANG IKHLAS……………?
    BACA……….LISAN SAJA ATAU LAHIR BATHIN….?
    IKRAR………..LISAN ATAU LAHIR BATHIN…………..?

  183. @wong alus(wildan)
    saya tau kamu yg penghancurkan padepokan among roso!! Karna kamu iri.

  184. @wildan(wongalus)
    sebenarnya kamu itu memang menjerumuskan tiang muslim. Apa nabi pernah menyontohkan hal seperti itu!! Dan saya juga tau bahwa kamu yg meng hancurkan .P.AMONG ROSO karna iri.

  185. Ki Nur Jati

    @Maha pencerah/Pagar nusa…Bangsat,kutampar kalian berdua.

  186. Ikut ndherex absen,tapi ga ikut bersitegang he he

  187. QOBILTUMAN

    tenang ki wildan, mbok dibaca judulnya namanya juga”kreatif mencari dirisejati” ya banyak jalan dunk menuju roma seperti ini salah satu cara betulbetul mencari ketenangan meski banyak godaan secara fisik (dingin nyamuk ular etc etc)dan godaan dari alam ada juga topo ngrame atau dikeramaian ni juga berat karena godaannya banyak di jiwa dan sering menggoda iman
    emang ki wildan klo kita mempost sesuatu kadang menimbulkan multitafsir, sebetulnya bisa jadi bahan kajian ato perenungan malah jadi bahan gunjingan bahkan fitnah jadi ya inilah realita, jadi bagi sedulur2 kembali pada gimana rasa kita mencerna ini semua
    Ini termasuk ujian bagi ki wildan dalam mencari jati diri semua atau apapun baik niat yang baik maupun sebaliknya yang penting hasil akhir yaitu bisa bermanfaat bagi sesama maupun alam sekitar asal masih dalam koridor teap mencari Ridho Alloh SWT

  188. QOBILTUMAN

    maaf ada kesalahan ngetik (namanya juga manusia)..dikalimat terakhir yaitu……Ini termasuk ujian bagi ki wildan dalam mencari jati diri semua atau siapapun yang penting hasil akhir yaitu bisa bermanfaat bagi sesama maupun alam sekitar asal masih dalam koridor tetap mencari Ridho Alloh SWT

    Jadi :..kalimat ..baik niat yang baik maupun sebaliknya … dihapus, nuwun

  189. Laskar cinta

    @mbah komeng,saya milih yg dll aja,biar muantap… :D

  190. mas agung

    TESSSSSSSSSS………………..

    melu-melu ah…..

  191. Insaf

    Ikut nyimak aja sbg bahan renungan

  192. Setelah tidak dapat mempengaruhi warga KWA skrg saatnya ADU DOMBA

  193. Wagiman Wara Wiri

    Assalamu’alaikum wr.wb…

    Semangat pagi salam rahayu…

    @pencerah…
    @pagar nusa…

    Lg nyapi pa om berdua nie….

    @ki nur jati

    salam rahayu ki..,

  194. Seorang ki wongalus yang telah mendapatkan pencerahan/ilmu yakin , jangankan 1000 kata2 1000 pedangpun takkan mundur

  195. Cungkring Cerbon

    @Om klo g kaboorr takut dkemplang aly cungkring cm ponakwan…xixixixixix
    @Om Mbahe Ki Adim_ampura Om ponakawan mw Takon, Brtapa Kanjeng Nabi saat beliau sdh diangkat oleh Alloh jd Nabi/blom Om? Krn yg namaY sunnah itu menurut Ponakawan ada batasan penentuanY yaitu stlh Muhammad jd Nabi……..la klo smua tingka laku muhamad jd sunnah, brarti Qt dsunnahkn utk menggembalakn kambing……(Maaf y Om Mbahe Ki Adim pitakonan Ponakawan sprti ank kecil,maklum cm SD g lulus………(ngumpet d blakang Mbahe Kimas Agung nunggu pencerahan)
    @Om Mbahe Pager Nusa_bahasamu koch Kaya Pager Tunggak Nusa………..kwkkkkkkkkkkkkk

  196. Udah ah…Lebih baik aq ngurusi diriku yg banyak dosa ini

  197. Cungkring Cerbon

    @Om Debu_betul Om Mbahe Ki Wongalus jgnkn 1000 kt2 1000 pedang pun g akn mundur…..tp cm kabur (la klo mundurkn susah jlnY…….xixixxxii :-)
    Salim dlu z ah m Mbahe Kiageng WONGALUS….mugi ketampi ature Ponakawan Cungkring……

    siap2 kaboorrrrrrr

  198. Macan sukowati

    Herrrrrrr…….@maha pencerah&pagar nusa.,maem opo sampean…yen ngomong ki sing ati2,dipikir sing tnanan ojo gaco mengo wae…ngono iku ora becik yo ngger…iso nglarani atine lian……@ki Nur jati yg sbar ki…biarkan mrka brkoar2 seenaknya,ntar jg diam sendiri…

  199. —Sedulurku semua, matur nuwun atas kritiknya. Dari anda, saya semakin tahu kesesatan-kesesatan diri saya. Alhamdulillah, semakin mudah bagi saya untuk melakukan koreksi dan introspeksi diri. Saya patut bersyukur atas karunia-NYA ini. Sukur beju sewo tidak ada sedikit pun kedengkian atau sakit hati atas kritikan sedulur-sedulur. Justeru rasa bahagia yang tiada terkira yang muncul. Energi hidup saya semakin meluap-luap untuk senantiasa semangat untuk menemukan diri serta dalam rangka nggayuh kawicaksananing Gusti.

    Sangat benar bagi sedulur bila tidak simpati, tidak menyukai, tidak hormat kepada saya karena siapa lah saya ini… tikus got pun rasa-rasanya lebih mulia koq. Apalagi bila dibandingkan dengan yang mulia ki Bengawan Candhu…… Sementara saya? Mungkin bila saya sowan ke rumah sedulur KWA pun mereka langsung menutup pintu, takut ikut-ikutan sesat atau saya sesatkan. Kelak bila pengadilan akhirat digelar, Neraka pun kayaknya tidak pantas bagi diri saya karena neraka masih merupakan makhluk mulia di sisi-NYA. Jadi saya ditempatkan dimana ya? Maka saya mohon pada-NYA agar ditempatkan di Kampus Wong Alus saja, heheheh…

    Tapi saya sedikit klarifikasi, bahwa saya tidak menghancurkan blog siapapun. Saya juga tidak berkeinginan menyakiti siapapun. Apalagi sampai menyesatkan umat … Jadi saya enjoy saja bila dituduh seperti itu, apalagi sampai kebakaran jenggot … soalnya adalah saya tidak memiliki jenggot… (ngapunten njih kagem wak gondrong-X). Saya juga tidak perlu takut dituduh berbuat jahat dan nista karena urat takut saya kayaknya sudah putus sejak lama. Terkait soal agama, mungkin terlalu hebat bila dikatakan seorang penganut Islam meskipun di KTP menuliskannya demikian. Saya masih belum beragama Islam karena yang melantik saya Islam atau tidak bukanlah kyai, mursyid, wali, nabi, malaikat sekalipun tidak berhak melantik saya Islam atau bukan. Yang melantik hanya Tuhan Yang Maha Esa dan saya merasa belum dilantik-NYA. Yang juga sudah jelas adalah saya hidup di Jawa dengan unikum budaya nenek moyang Jawa yang suka ziarah, bancakan weton, slametan, membakar dupa dan menyan, berhubungan dengan para lelulur yang sudah ada di alam kelanggengan dan seterusnya. Saya tidak mungkin meninggalkan budaya leluhur dimana saya berada karena dari mereka kita dapatkan pembelajaran kearifan hidup.

    Oke, terakhir saya mohon maaf untuk para sedulur bila ada kata yang kurang nyaman karena kesesatan tutur kata saya ini dan monggo bila ingin menambahi masukan, kritikan, pisu-pisuan sedulur untuk saya. Insya allah, akan saya balas dengan kiriman energi wirid.. Hasbunallah… yang sejuk dan mencerahkan. Salam KWA-ngen… Rahayu —

  200. Sakiran wildan

    Hmmm…taruhan tadi malam tdk seru, hasilnya malah akur.
    Cari object taruhan lgi aa..h

  201. tes tes..ikut absen minggu

  202. @cungkring c, ki wong alus gak mundur krn goanya pendek alias mepet , he…he…peace

  203. bayan

    urun rembuk. janganlah panjenengan menghakimi karena bukan al hakim. masalah qolbu, sirri, iktiqod yang tahu yang menjalani melenceng atau tidak, menyimpang atau tidak, syirik atau tidak, musrik atau tidak, dari ketauhidan. umat muhammad juga harus mengimani mencontoh nabi yang lain. tapi memang alangkah baiknya mencontoh prilaku njeng nabi Muhammad saja .
    sudahlah yang penting tidak salah tujuan, kpd selain alloh.

  204. Wahahahaha kirim energi wirid upil, kirim pulsa mau mas. Wahahaha

  205. Tambahan penjelasan: terkait apa aktivitas di gua insya allah di gua tersebut saya tidak mencari kesaktian sebagaimana sedulur bayangkan. Di sana saya hanya ingin mengheningkan cipta biidznillah. Saya tegaskan sekali lagi, tidak mencari kesaktian karena sudah sakti sejak lahir procot… Betapa tidak sakti lha wong sudah memiliki kelengkapan diri sebagai manusia, dan keselarasan akal untuk berpikir dan hati untuk menakar dan menilai benar salah, baik buruk, indah dan tidak indah… Apakah saya harus mencari-cari lagi kesaktian lain agar diberi kelebihan dibanding orang lain? Apakah tidak nista bila masih belum bersyukur dengan karunia-NYA berupa kelebihan yang luar biasa ini? Katanya manusia punya kelebihan dan kekurangan dirinya masing-masing sehingga tidak perlulah mencari sesuatu yang diluar jangkauan. Sejuta wirid, asmak, hizib dan ajian tidak akan memuaskan pribadi ini bila memang berkeinginan mencari kesaktian. Hamba yang sesat dan dholim ini hanya merindukan kedekatan hati dan ingin mencicipi energi satu kalimat yang merupakan kunci terbukanya hijab dan peneguhan eksistensi diri sebagai debu di kaki-NYA yaitu kesaksian atas ada-NYA: La Ilaha Ilallah dengan segala rasa yang terlingkupi di dalamnya. Nah, terlalu berlebihan juga bila sedulur mengatakan saya tidak mundur bila ditodong 1000 pedang, hehehe…. kayak apa aja, kalau ingin membuat saya mundur panjenengan cukup mengatakan baik-baik “mohon panjenengan mundur karena saya terganggu” maka saya akan mundur baik-baik koq. Namun bila anda menyuruh saya mundur dari apa yang saya perjuangan diserta ancaman santet/ilmu gaib atau sejuta tentara dan polisi pakai bedil….. seinci pun kaki saya tidak akan saya geser mas…….. saya akan tetap melawan musuh-musuh kemanusiaan. Tidak perduli siapapun, Presiden pun akan saya lawan kalau dia salah…. Oke bro, monggo dilanjut…..ndeprok dulu njih… salam ….

  206. @wildan, caper warga kwa, tidak laku. Jiahahaha. Kalau semua warga di sini dkat pada allah mestinya tau.

  207. @adikku Pagar nusa: Kalau kau membutuhkan pulsa, berapa nomor hanphone anda dik? akan saya kirim pulsa secepatnya…

  208. bayan

    sdr. pagar nusa. janganlah membawa2 mencatut ormas, bila panjenengan beriktikad baik seyogyanya tidak perlu menyombong dìri. kita semua tidak ada apa2nya dihadapan Alloh. maaf

  209. Macan sukowati

    Om pagar nusa…….he……nickname kok pakai nama ormas…he…biar ada beckingan ya…mbokyao sblum menilai orang lain,nilailah diri sendiri…ojo rumongso biso tapi bisoo rumongso…(ojo sampek nganggo pepatah iki”buruk muka cermin dibelah”,sing weruh eleke wong thok,awake dwe gak gelem…he…yo’opo iku cak…)…Mbuh ah…

  210. ikut nyimak anggota 1244,
    Ada apa gerangan..?
    Mudah2han Situasi Ini tanda2nya KWA kita akan semakin berjaya…,.

    @Ki-wongalus
    Ijin ndeprok dan salam rahayu buat sedulur.

  211. Nico syah Alam

    @ Pagar Nusa: Sepertinya anda tidak mencerminkan pribadi Pagar Nusa yg menjaga kesatuan.. ini koq malahan bikin rusuh di blog orang..Sebaiknya anda ganti nick name aja ( Jangan bawa2 Pagar Nusa_ yang Gara2 anda..jadi rusak citra nya),,DAN nick name “Pagar Ayu” tampaknya lebih pas buat anda..karna suka usil & bertingkah laku macam perempuan,,hehehehe…

  212. jatiraga

    Hehehehe

    Alfatiha yang tulus kagem njenengan….sent

    Moto potatos ”life is never flat”

  213. weleh-weleh mulai kemarin kok gegeran terus ya…? berdebat terus nggak ada habisnya.. daripada gegeran adu argumen nggak ada selesainya.. ayo bikin jamu herbal aja buat bantuin org2 yg sakit kan lebih bermanfaat….!!!! kalau ngaji kitab saya rasa semua sudah khatam lha sekarang waktunya ngaji laku… mempratekkan apa yg telah kita pelajari).tak tunggu di Prasung Buduran Sidoarjo.

  214. Sakiran wildan

    Lanjut aki-aki smua,
    sya cuma pengamat taruhan, mengais rejeki dari komentar sedulur smua.
    Trima kasih, i love you pull kwa

  215. N'cep Chepy

    absen dulu ah

  216. jatiraga ''LOMBA JAMU HERBAL UTK MENYEHATKAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN JAMU''

    ” weleh-weleh mulai kemarin kok gegeran
    terus ya …? berdebat terus nggak ada
    habisnya.. daripada gegeran adu argumen
    nggak ada selesainya.. ayo bikin jamu
    herbal aja buat bantuin org2 yg sakit kan
    lebih bermanfaat ….!!!! ”

    IDE BAGUS pa yai kumitir ”LOMBA JAMU HERBAL UTK MENYEHATKAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN JAMU”

    dua jempolllll buat ide pa yai :)

  217. Oval75

    @sakiran wildan : ente sdh brp banyak menang taruhan..??
    Sekali 2x kirim bonus keane dunk…ntar ane kirimin no. rek. ………..

  218. jatiraga ''LOMBA JAMU HERBAL UTK MENYEHATKAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN JAMU''

    Saya nanti NYUMBANG RESEP obat sariwan pake DAUN SAGA ;) ;) ;) boleh kan pa yai kumitir

  219. Sakiran wildan

    @Ki oval,
    belum banyak ki, cuma 46.500.000, rupiah. Bsok mau dipinjem sepupu 10 jt.
    Mudah2an trus nambah, lmyan ntuk bangun rumah

  220. @Om Alus,
    @Ki Nur Jati,
    @Paklek Jati raga,

    dah pada sarapan + ngopi belum ya…?
    kl blm ayo aku traktir makan nasi pecel + ikan asin…. wah pasti nikmat kl makan bareng sm para sesepuh hehehehe….

  221. @wong alus, beneran ya, ini nomor hp saya 081226342111. Cepetan di isi ,thanks

  222. N'cep Chepy

    @kijatiraga…silahkan dibabar juga disini ki!!!

  223. Saya cuma membenarkan yg salah, bukan somböng

  224. Saya memang anggta PN(Pagar nusa)&KM(Kumbng malam) tapi saya tdk smbng.

  225. Sakiran wildan

    @ki pagar nusa,
    nti klo sudah di isi pa belum, ente ngomong di komentar ya…
    Itu menjadi topik taruhan baru,
    ok…ok…i love you pull.

  226. @Mas Kumitir, Mas Cuma nraktir Ki Wongalus, Ki Nurjati dan Mas Jaga Raga yang lain juga lom sarapan
    Qobiltu Mas Kumitir Sego Pecel tambah telor asin aja aku mas.

    Salam Takdzim All Bolowong alus.

  227. @poro pinisepuh KWA: mantap surantap… jamu… wis pokoknya hidup jamu sehat!!!

  228. Ojo rumngso biso nanging sing biso rumongso? Lha wong saya biso kok, knapa gak boleh rumngso.

  229. @sakiran, belon juga di isi, ape gak punya uang ya?!

  230. @wong alus, lama amat, kok gak ndang dh isi!

  231. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    Lanjut ki-ki smua,
    i love you pull

  232. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    @ki pagar nusa,
    klo di isi pulsa 10 ribu, trima aja, lumayan buat ngenet

  233. N'cep Chepy

    @pagarnusa…sampeyan bilang tadi ki wongalus yg menghancurkan padepokan amongroso,apa iya mas,ingat lho alfitnatu asaddu minal qotl

  234. @Iwan Kun, mangga mas pinarak wonten sidoarjo mangke kula damelaken Jamu pegel linu….

  235. Laskar cinta

    Nyimak aja

  236. Memang betul kok.. Tanya aja pada yg punya blog.

  237. Laskar cinta

    @mas kumitir,saya pesan jamu beras kencur aja mas :D

  238. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    @ki pagar nusa,
    klo nti di isi 100 ribu, bagi dong ama gua pulsa nya. Ntar sya kasih no. Hp ,
    Ok…ok…nyimak object taruhan dulu aah.

  239. @sakiran, ya tentu donx lumayan buat ngenet seminggu

  240. Macan sukowati

    PN & Kumbang malam…he…muride mas suparno ya..(taraman sidoarjo sragen)…kok pnya murid kaya’ gini…he…dlu sy jg smpat blajar dikumbang mlam th 98…he…he…mas dadi uwong ki ojo adigang adigung adiguno…he…ora becik mas..!

  241. @Pulsa sudah saya kirim. Semoga bermanfaat ya dik. Trims. Salam KWA-ngen. Monggo kritiknya diteruskan… yang pedassssss, tadi koq kurang pedas dan kurang argumentatif….
    Salam salim utk mas kumitir, pak yai jatiraga, pak yai iwan kun, pak yai sakiran, pak yai pagar nusa dan kumbang malam serta yang lain…

  242. @Mas Kumitir Alhamdulillah Jamunya,Insya Allah, mas Mampir ke Sidoarjo, sayapun ada sedulur di Spanjang Taman – sidoarjo, Dekat TPU Muhammadiyah Spanjang

  243. Mas Wildan sy kirim masage ke inbox fb

  244. blok wong alus ini sangat banyak padlah nya tinggl kita saja yg harus memilah memilih yg pas buat kita sehingga buat orang yg sudah mantap islam iman nya akan bertambah khasanah ilmunya.dan bagi sedulur yg baru tahap belajar hendaklah harus di gurukan langsung ke guru lewat silaturrahmikeruma .smoga blok ini akan sll jaya di udara karena di lindungi oleh allah s.w.t.amin

  245. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    @ki pagar nusa,
    pintar ente, bsa pancing orang kasih pulsa.
    Tapi, sya juga untung, sya menang taruhan, tuh ente dah dikasih pulsa ki wong alus.
    Trims kwa, i love you pull

  246. @wng alus
    belum terkirim, coba cek lg. Di conter..

  247. @mas W.A
    kok belum jg terkirim, emang ngirimnya berapa?

  248. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    HWah.. Yg bener mana nih, kok ngaku blom terima pulsa, ntar kalah taruhan sya.

  249. Sakiran, belum di kirim.!

  250. Sakiran wildan ("mangkubumi")

    Sya tunggu aja deh…dgn stia nyimak kesungguhan mangkubumi ki wong alus.
    Moga2 cepat dikirim pulsanya, agar sya menang taruhannya.

  251. Wagiman Wara Wiri

    Intip2 partamaxxx blm ada jg…huff

  252. jibrut

    hahahaha udah ketebak …kalo dari tulisannya sy dari kemaren udah nebak si Maha pencerah sama Pager Nusa itu pasti WAWAN SRAGEN usia 16 Tahun aKA USTAD GHOIB AkA KI SATYA AKA PADEPOKAN AMONG ROSO….ketebak ….dah tobat cah cilik…mo dijewer apa…

  253. jatiraga ''LOMBA JAMU HERBAL UTK MENYEHATKAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN JAMU''

    @pa yai kumitir : matur nuwun nasi pecelnya wuenakkkk tenanttt sampe nambah 2 piring nih :)

    @pa yai kumitir + pa yai wongalus : kapan2 (kalau ada waktu loh) resep jamu dari pa yai camat bagusnya dikumpulkan/dibundel resep warisan nenek moyang :) :) :)

  254. pitulikur

    assalamualaikum….
    salam salim poro sesepuh dan warga kwa…..
    hwehehe….kog rame ya,
    nyuwun agenge pangapunten sakderenge….
    lah kenapa kog pke nama “ormas” kakangmas dibalik nick “PN”…besok2 bisa2 ada yg make nama kopasus, brimob dll… :) kata bang rhoma…adu domba adu domba…mengadu domba…. :)
    masnya kalau ingin pulsa ya mohon mncantumkan sekalian surat keterangan tidak mampu dari rt rw yg disahkan kelurahan, fotocopy KTP dan KK….di scan di kirim blog kwa,
    nanti kan dibuatkan tread sendiri….berjudul “saudara yg sedang membutuhkan pulsa” :(
    maaf ya mas….saya sendiri masih pengangguran,tp gak mau mancing2 orang buat kirim pulsa…..gada pulsa yo wez hp’ne di gledakno ditaruh di atas meja…
    saya sebenarnya takut mau koment…tkutnya ada parcel salah kirim :( tp ya mau gimana lagi namanya unek2….kalau gak dikluarkan ntar jadi jerawat…
    mohon maaf sebesar2nya…. kepada mas dibalik nick “PN”…ki Alus dan poro sesepuh dan warga semua…..
    hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir..

  255. Laskar cinta

    @WWW,cek email om
    @pitulikur,lebaran masih jauh kok udah dpt parcel om :D

  256. pitulikur

    @laskar cinta….hehehhhee….kalau parcelnya isi gendruwo itu yg bikin saya atuuuutt massss…..
    gmn kbarnya mas laskar….

  257. Oray

    Test..test..test

  258. mbah komng

    -ki dewa besi
    satpam kampus wong pati gmn nih ada yg ribut dan ada yg jd ki.,enaknya di apain ya ki.?ayo metuo jgn ngintip aja ki..ayo tak bantuin ki..salam dari teman lama ki..swn.

  259. Pulsa,sudah saya kirim dik. Jangan bohong. Allah SWT lebih tahu dari saya dan sedulur semua. Kamu y belajar yang rajin ya….. kakak-kakakmu disini menyayangi kamu kok.. hentikan usil dengan komen-komen yang tidak sopan.

  260. Oray

    @wong alus salam takdim to @all ga usah d tanggapi terus orang sakit hati yg ga punya komunitas ga mungkin warga Pagar Nusa dan murid mbah No (Kumbang Malam) kaya gitu..digjaya KWA

  261. pitulikur

    salam salim ki alus…

  262. Laskar cinta

    @pitulikur,baik om,om jg baik kan ? Ngeri om,parcel isi genderuwo, coba isinya bidadari saya mau banget tuh :D

  263. pitulikur

    @laskar cinta…hehhheehe..bidadari tuuurun dari taxi…
    alhmd bisa ketawa ketiwi…suwun ya mas.. :)

  264. @kimas Oray: salam takzim jg kimas.
    @mbah komg, mas laskar cinta, ki jibrut, mas wagiman, mas pitulikur, dan sedulur semuanya.. salam KWA-ngen…
    Monggo dilanjut sedulur…

  265. Laskar cinta

    @pitulikur,alhamdulillah om kalo bsa ktw :D
    @wongalus,salam takzim

  266. IBLIS

    huahaaaaaaa….
    Aku lihat, banyak energi negatif bertebaran di kwa ini, aku harap para sedulur berhati-hati.
    Lebih baik cooling down untuk sementara waktu.
    Entah siapa nanti yang akan kena sawab energi negatif ini, mudah-mudahan kagak sampai parah sakitnya bagi yang terkena
    huahaaaaaaa….

  267. Huahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahasiswa2 dari pagar nusa n kumbang malam orang2 terpelajar masih menjungjung tingggi adat jawa keraton dan sopan santun ketimuran.

  268. pitulikur

    @ki alus…nyuwun sewu, nggeh sekali kali dibabar resep rahasia ilmu sabare…
    @bib iblis….wahh beneran ya bib????gimana nih….

  269. Jibrut

    hehehe Mas Wawan Sragen apa mau tak bongkar semua..alamat sekalian atau yang lain hehehe mbok jangan sembarangan apa mau tak jewer dari sini..kamu suka ke warnet deket rumahkan…trus mau linuwih tapi sayang blum bisa..hehehe matengin dulu emosinya..ga usah cari2 khodam…belajar /sinauw sing genah..

  270. Jibrut

    hehehe salah nyantumin email mau ngetik h jadi g gambar berubah…Blis energi negatif apa dari saya ya…hehehe maklum lagi ga jelas mau nampar orang dari jauh..nih.mudah2an bukan dari saya….

  271. IBLIS

    huahaaaaaaa…..
    Om pitulikur,
    tahan dulu aja komentar nya sampe cool suananya.
    Ada orang-orang tertentu yang melepas do’a negatif ke nickname tertentu.
    Jadi cooling down dulu lah,
    masak ilmu dibikin mainan kayak gini
    huahaaaaaaaa….

  272. Laskar cinta

    @omIBLIS,brarti saya jga hrus brenti koment neh om,kira2 brp lama om ? Dri siapa k siapa om inisial aja om

  273. Jibrut

    hahaha dunia kan mainan dan panggung sandiwara..yo gak apa-apa kalo sedikit main-main saya gak pake doa kok blis cuma energi dikit aja..yah paling resah atau gatel atau menyon dikit…hahahaha

  274. Jibrut

    buat mas Wildan salut dengan kesabaran Mas..Insya Allah saya dukung. selama masih benar saya terus dukung Panjengan

  275. Jibrut

    maaf salah Saya terus dukung Panjenengan…tetap Sabar buat Mas Wildan…kalo bagian jewer biar saya saja..hahahaha

  276. pitulikur

    @bib iblis….wah maturnuwun bib…
    @laskarcinta….saya ngopi di pojok aja wz mas….g ikut2… :(
    @mohon maaf semuanya ya….ngeriiii….karena saya rakyat biasa….pangapuntennnnne sing katah…

  277. Laskar cinta

    @pitulikur,saya ikut om,ngeri ih kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  278. mas.rio

    @ki.wong alus..salim hormat..mantabzzz ki..lanjutkan menurut apa yang aki..ketahui tentang kedekatan dengan allah swt ..hidup penuh dengan perantara..tergantung kita menjalaninya..

    lanjut ki…saya ikut mendukungmu..
    salam damai untuk para sedulur semua..

  279. Adim

    Assalamu`alaikum Wr.Wb
    Selamat Siang Sedulurku KWA
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    @ All
    hanya sekedar memberitahu bagi sedulur yang belum tahu siapa ki wongalus itu?? saya berbicara kenyataan biar sedulur lebih paham

    ki wongalus itu islam asli dia juga sholat berjamaah dengan sya pas sholat dhuhur … kalo sholat saking khususnya dia memejamkan mata sambil menundukkan kepala
    di juga pengikut toriqoh naqsabandhiyah walqodiriyah … dia lebih suka dzikir sirri ..
    (adapun coment kiwongalus pada jawaban diatas ‘ penurut pendapat saya itu hanya menyaring pendapat para sedulur semua serta menguji tinggi dan rendahnya ilmu tentang ensensi ajaran islam yang sedulur ketahui ternyata bisa ditebakkan .. siapa2 yg udah belajar dan siapa2 yg harus blajar …
    .
    .
    .
    .
    .

    smangat siang KWAngen…
    monggo dilanjut ..

  280. Wagiman Wara Wiri

    Wah jadi pada kabuur tu,…@ki wongalus : salam salim salaman ki..,salam rahayu jg

    ijin nyimak mawon njeh ki…

  281. Jibrut

    hahaha wah sama dong Alhamdulillah saya TQN (thariqoh Qodariah wan Nassabandi) makanya saya heran kok orang2 pada suka menjadi hakim bilang situ salah situ bener…kalo saya ya..suka melenceng..hahaha ga apa-apa lakon dunia…sekali-kali ikutin nafsu jewer orang ga apa-apa, iman turun naik tapi bener kok saya ga serius jewernya…hahaha cuma sekali-kali mo jadi jahat…mau tau berantem sama orang yg katanya sakti…Pokoknya teruskan perjuangan KWA…saya dukung, biar saya bagian kasarnya….hahahahaa

  282. Adim

    ==== maaf ki wongalus sy membuka rahasia terlalu menggebu-gebu.. maaf 3333x ====
    salam rahayu ki wongalus
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    terpaksa sy katakan karena sy sendiri tak tega melihat sedulur KWA yg rupanya sedikit banyak kurang pahaf tentang panjenengan ini.. tapi panjenegan selalu tawadhu` andap ashor terlalu dalam hingga tidak kelihatan wujudnya nuwun
    pieceeeeee…
    .
    .
    .
    .
    .

  283. pelan_pelan_saja

    @Jibrut jaman sekarang paling gampang kan nyalah2 hin orang.heheheh

    @ ki wongaalus,kiIBLIS, ki adim.ki joko tegal, ki laskar lung gading, KiTAKARABAS, mas kumitir,ki wagiman wara wiri, ki jatiraga, ki nur jati,ki Cungkring Cerbon, ki nico syah alam, ki tiyang bungkuk, ki laskar cinta, ki sabda luhur, n buat para semua sesepuh di sini . n semua anggota kwa minta doa nya dunk biar besok ce ku bisa di terima jd PNS

    n sebelum nya aku ucapkan banyak terimakasih atas doa nya. Al Fatihah sent 4 alls baik yang ndoa in maupun yang tidak ;)

  284. Gendruwo Ijo

    Hei wawan sragen/amongroso/cah gemblung, sadar to cah, anak kemaren sore berani ulah di kwa, ta tempiling ndas mu kapok kowe

  285. Oray

    Alhamdulillah dah reda..para sesepuh mangga d lanjut pembahasan keilmuannya..tarik mang

  286. wakgondrongx

    absen semangat sore………
    walah telat,koar-koarnya udah rampung tho…….
    angger kakehen merem yo ngene kuwi,ono bancak an pulsa yo ora keduman,ono bocah arep di sate,yo ora keduman…..
    wis nk ngono tak nyuwun jamune mbahe kumitir mawon,jamu pegel emosi + jamu tolak fitnah………….
    @mbahe kumitir;tulung segera di transfer jamune njih mbah…

  287. Oray

    @ki wagiman @ki jibrut @ki genderuwo @bib iblis @ki adim kum semua warga Kwa salam kenal

  288. Wagiman Wara Wiri

    @oray : slm knl jg om…salam rahayu

  289. Assalamu`alaikum Wr.Wb
    Selamat Siang Sedulurku KWA
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    @ All
    hanya sekedar memberitahu bagi sedulur yang belum tahu siapa ki wongalus itu?? saya berbicara kenyataan biar sedulur lebih paham

    ki wongalus itu islam asli dia juga sholat berjamaah dengan sya pas sholat dhuhur … kalo sholat saking khususnya dia memejamkan mata sambil menundukkan kepala
    di juga pengikut toriqoh naqsabandhiyah walqodiriyah … dia lebih suka dzikir sirri ..
    (adapun coment kiwongalus pada jawaban diatas ‘ penurut pendapat saya itu hanya menyaring pendapat para sedulur semua serta menguji tinggi dan rendahnya ilmu tentang ensensi ajaran islam yang sedulur ketahui ternyata bisa ditebakkan .. siapa2 yg udah belajar dan siapa2 yg harus blajar …
    .
    .
    .
    .
    .

    smangat siang KWAngen…
    monggo dilanjut ..
    ______________________________________________________
    Maaf copas… kalau ini bener… berarti “tebakan” saya bener… (maaf rahasia)…

    Kalau maaf KI SABDA LANGIT ada yang tahu backgroundnya?

  290. @oalah aneh aneh saja, mbah yai syech adim ini salah poro sedulur… saya ini cuma tukang sapu jalanan.. boro boro sholat dan ngaji, lha wong alif ba ta aja bengkong semua…. dzikir sirri itu apa toh mbah yai syech adim? yang saya tahu sir siran… kalo ini saya pernah ngalami saat muda… hingga dapat pacar paling cantik se RT hehehe..
    @ki Iwan Kun: matur nuwun advisnya via inbox fb.
    @wak gondrongx: butuh pulsa juga ya mbah? nomernya berapa mbah?
    @ki Jibrut, ki gendrowo ijo, ki wagiman, dll… al ikhlas sent.
    @ki guru iler: khusus soal background ki sabdalangit, beliau sekolah di madrasah aliyah dan teman kuliah saya mulai tahun 90. Beliau masih trah Mangkunegoro. Nuwun. Monggo dilanjut sedulur KWA dgn diskusi-diskusi yg mencerahkan.

    Salam asah asih dan asuh sampe sampe KWA reg-en…

  291. erbede232

    Assalamu ‘alaikum wrwb.
    Sugeng dalu kagem sedherek sedaya, salam salim dhumateng wargi KWA.Pancen yen ana bocah nakal kudu dijamoni, ben ndang gedhe.Kok gak nyambung…Punapa kang mas Kumitir kagungan jamu kangge lare nakal ?

    @ki pelan2_aja semoga lulus tes CPNS.
    @oray, salam kenal jg.

    Monggo main tebak2an : siapa yg menang dan skor berapa Garuda INA VS Philiphine ?
    Salam karaharjan. Nuwun…

  292. sapto

    sugeng ndalu sedulur semua
    @ki wongalus….
    wowwww…. ki wong alus tukang sapu jalanan tho…
    kalau pas nyapu nemu butir-butir kebenaran, bagi-bagi ya ki….

  293. wahyu

    Sugeng dalu sederek KWA, kawulo aturaken sungkem dumateng : Ki Sabda Luhur, Ki Wong Alusl, Ki Risang, Mas Kumitir ugi kagem sesepuh lan sederek KWA ingkang mboten saged kawulo sebataken setunggal2,, eres aturipun Ki Sabda Luhur, perbedaan emang indah, dunyo meningko isinipun warni-warni, namun dunyo ingkang warni2 meniko sampun ngatos dados padudon, wonten bebasan ” SERIBU JALAN MENUJU ROMA” dados pencarian jati diri ingkang dilampahi Ki Wong Alus meniko inggih Salah Satunggalipun coro pencarian jati diri. coro ingkang dipun lampahi Ki Wong Alus saged dipun namikaken Topo Nyepi, inggih meniko Topo wonten panggenan ingkang sepi supados saged Ngeningake utawi ngleremaken ati lan saged wening anggenipun manembah dumateng Gusti Ingkang Akaryo Jagad. rebat cekap menawi wonten kalepaten comen kawulo, kawulo nyuwun pangapunten,,Monggo sederek2 dilanjut

  294. Ai am

    jgn pake nikc name pagar nusa dong, kalo kelakuane ngisin-ngisine PG, bisa sy tuntut nanti. sy guru di PN wilayah Jatim

  295. @Ki Wong Alus: Suwun Ki informasinya…

    btw.. dalam setiap pendekatan kearah keTUHANAN…menurut pengamatan saya Ki Wongalus dan Ki Sabda Langit agak berbeda ya pendekatannya?

  296. adim

    Assalamu`alaikum wr.wb
    @ wiih … tukang sapu jalanan …tambah menyelam jauh kedalam ki wongalus … muncul dunk air lautnya indah di lihat …
    @pelan2_aja semoga lulus tes CPNS.
    @ erbede232 ; Garuda INA yang mnang
    All Sugeng Siang

  297. jalu kusumah

    izin menyimak

  298. masduki

    salam kenal sedherek sedanten, menurut saya sangat penting untuk uzlah ditempat yang sepi, permasalahannya bila dirumah akan sering ada gangguan. bagi orang tertentu cukup dirumah. tapi bagaimanapun ditempat yang sepi, akan lebih sempurna. dan meditasi ditempat yang sepi ini saya yakin perlu dilakukan setiap orang yang percaya kepada Allah. sebab ini process awal yang penting sebelum bertindak ke yang lain. ibaratnya mau apapun harus ada cermin, sementara cermin bersih diapatkan usai introspeksi lewat uzlah. namun keluarga mesti diberesi dulu, maksudnya kebutuhan selama ditinggal.ulasan diatas bagaimanapun terus melengkapi ulasan-ulasan sebelumnya. dan intinya bahwa manusia mestinya hanya mengambil dunia secukupnya, hidup sederhana, simple dan berbuat untuk sesama dan tak lepas dari kontak dengan yang Maha Kuasa.
    wassalam masduki kawulo_gusti@ymail.com
    w

  299. pernahkah nabi hancur…..atau persatuannya hancur karena irihati orang luar ???????? yang kutahu……….ya hancurnya…..ummat ya serangan dari dalam………diri ……..terakhir selesai perang yg disebut perang besar….perang terbesar adalah memerangi diri sendiri…….nah kita aplikasikan pada kelompokm kita sendiri benarkah…….atau salah……..tetap kembali kepada diri kita…….sayang…..hikkhikhik

  300. @ wong alus lho yg lantik kamu sebagai wong jowo itu siapa…?
    ya gitulah ….esmosi yg bicara sih……….jadi siapa saja yg bicara dengan esmosinya ya pasti……….jago paling jago……hehehehehe
    menduga-menduga-menduga hindarkanlah……..

  301. wuih seru pisan……?
    lam kenal semua saya mohon ijin..
    numpang nyimak..?

  302. siap makasih ,, bagus pisan infonya…

  303. mantab gan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: