KEUTAMAAN BERDOA DAN WAKTU YANG MUSTAJAB


Zainal Riyadi
asza84@gmail.com

Assalamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh. Kepada saudara-saudaraku di KWA, izinkan saya menyumbangkan sebuah tulisan sekiranya bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien.
BERDOA
Sebagai seorang muslim adalah suatu bagian dari ritual ibadah yang tidak bisa dipisahkan, dimana hal tersebut sebuah pengharapan seorang hamba yang lemah dan kecil dihadapan Tuhannya untuk memohon atas segala sesuatu yang menjadi niat dan kebutuhannya, karena Doa merupakan inti ibadah dan senjata seorang mukmin untuk memohon perlindungan kepada sang Maha kuasa,dimana dalam suatu Hadist.
Do’a adalah otaknya (sumsum / inti nya) ibadah. (HR. Tirmidzi)
Do’a adalah senjata seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya’la).
Namun dari sebagian orang banyak yang menghiraukan waktu-waktu yang sangat mustajab agar doa-doa kita bisa terkabul. Dan waktu-waktu Mustajab itu antara lain :
1.Malam Jum’at dan Hari Jumat.
Imam ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Malam Jum’at dan hari Jum’at mempunyai hak, maka janganlah sia-siakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal shaleh, tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah swt melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan, dan mengangkat derajat. Hari Jum’at sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”
Dalam hadist yang mu’tabar, Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata: “Sesungguhnya orang mukmin yang memohon hajatnya kepada Allah, Ia menunda hajat yang dimohonnya hingga hari Jum’at agar ia memperoleh bisa keutamaan yang khusus (dilipatgandakan karena keutamaan hari Jum’at).”
Betapa pentingnya malam jum’at dan siang harinya Allah swt berikan kepada hamba-hambanya yang memohon agar apa yang menjadi Hajat dan kebutuhan bisa tercapai, Dimana dalam suatu Riwayat yang lain dijelaskan.
Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Allah swt memerintahkan kepada Malaikat agar pada setiap malam Jum’at ia menyeru dari bawah Arasy dari awal malam hingga akhir malam: Tidak ada seorang pun hamba mukmin yang berdoa kepada-Ku untuk keperluan akhirat dan dunianya sebelum terbit fajar kecuali Aku mengijabahnya, tidak ada seorang pun mukmin yang bertaubat kepadaKu dari dosa-dosanya sebelum terbit fajar kecuali Aku menerima taubatnya, tidak ada seorang pun mukmin yang sedikit rizkinya lalu ia memohon kepadaKu tambahan rizkinya sebelum terbit fajar kecuali Aku menambah dan meluaskan rizkinya, tidak ada seorang pun hamba mukmin yang sedang sakit lalu ia memohon kepadaKu untuk kesembuhannya sebelum terbit fajar kecuali Aku memberikan kesembuhan, tidak ada seorang hamba mukmin yang sedang kesulitan dan menderita lalu ia memohon kepadaKu agar dihilangkan kesulitannya sebelum terbit fajar kecuali Aku menghilangkannya dan menunjukkan jalannya, tidak ada seorang pun hamba yang sedang di zhalimi lalu ia memohon kepadaKu agar Aku mengambil kezhalimannya sebelum terbit fajar kecuali Aku menolongnya dan mengambil kezhalimannya; Malaikat terus-menerus berseru hingga terbit fajar.” (Mafatihul Jinan, Bab 1,pasal 4, halaman 28-38 )
2.Malam Hari Raya Idul Fitri
3.Malam Hari Raya Idul Adha
4.Malam 10 Muharram
Pada malam 10 Muharram ini sangat mustajab bagi seorang mukmin untuk berdoa kepada Allah SWT untuk memohon segala Hajatnya karena pada malam ini biasa sebagian orang menyebutnya Hari Raya Anak Yatim, dimana Allah memberikan kepada siapa saja yang berdoa pasti Allah mengabulkannya, apalagi disertai dengan puasa 10 Muharram, dimana dalam suatu Riwayat dijelaskan:
Dari Ibnu Abbas Ra berkata Rasulullah SAW bersabda : ”Sesiapa yang berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram) maka Allah S.W.T akan memberi kepadanya pahala 10,000 malaikat dan sesiapa yang berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10,000 orang berhaji dan berumrah, dan 10,000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah S.W.T akan menaikkan dengan setiap rambut satu derajat. Dan sesiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari Asyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh ummat Rasulullah SAW yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”
Lalu para sahabat bertanya Rasulullah S.A.W : ”Ya Rasulullah S.A.W, adakah Allah telah melebihkan hari Asyura daripada hari-hari lain?”. Maka berkata Rasulullah SAW: ”Ya, memang benar, Allah Ta’ala menjadikan langit dan bumi pada hari Asyura, menjadikan laut pada hari Asyura, menjadikan bukit-bukit pada hari Asyura, menjadikan Nabi Adam dan juga Hawa pada hari Asyura, lahirnya Nabi Ibrahim juga pada hari Asyura, dan Allah S.W.T menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api juga pada hari Asyura, Allah S.W.T menenggelamkan Fir’aun pada hari Asyura, menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub As pada hari Asyura, Allah S.W.T menerima taubat Nabi Adam pada hari Asyura, Allah S.W.T mengampunkan dosa Nabi Daud pada hari Asyura, Allah S.W.T mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman juga pada hari Asyura, dan akan terjadi hari kiamat itu juga pada hari Asyura “
5.Malam Nisfu Syaban
6.Malam Lailatur Qodar
Pada Malam Lailatur Qodar sering dimanfaatkan oleh seluruh umat islam untuk beritikaf dan berdoa kepada Allah SWT, karena pada malam tersebut para malaikat turun ke bumi untuk mengatur segala urusan, dimana dalam Al-qur’an Allah berfirman :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadr: 1-5).
Pada bulan ini terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, do’a dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Sabda Nabi :
“Barangsiapa mendirikan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).
7.Sepertiga Malam Yang Akhir Sekitar Jam 02.00-03.000
Pada saat-saat inilah dimana umat islam yang taat untuk memohon segala sesuatunya kepada Allah SWT, karena pada sepertiga malam ini Allah SWT turun ke bumi, dimana dalam suatu Hadist dijelaskan :
Apabila tersisa sepertiga dari malam hari Allah Azza wajalla turun ke langit bumi dan berfirman : “Adakah orang yang berdo’a kepadaKu akan Kukabulkan? Adakah orang yang beristighfar kepada-Ku akan Kuampuni dosa- dosanya? Adakah orang yang mohon rezeki kepada-Ku akan Kuberinya rezeki? Adakah orang yang mohon dibebaskan dari kesulitan yang dialaminya akan Kuatasi kesulitan-kesulitannya..?” Yang demikian (berlaku) sampai tiba waktu fajar (subuh). (HR. Ahmad).
Allah SWT berfirman:
“Mereka (para muttaqin) sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir
malam, mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzaariyaat: 17-18).
8.Ketika Hendak Berbuka Puasa
Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, melipat gandakan kebaikan, dan pengangkatan derajat. Allah telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diriNya dari amal-amal ibadah lainnya.
Firman Allah dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi :
“Puasa itu untukKu dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).
Dalam Hadist diterangkan :
Ada tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka: (1) Orang yang berpuasa sampai dia berbuka, (2) Seorang penguasa yang adil, (3) Dan do’a orang yang dizalimi (teraniaya). Do’a mereka diangkat oleh Allah ke atas awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Allah bertitah, “Demi keperkasaanKu, Aku akan memenangkanmu (menolongmu) meskipun tidak segera.” (HR. Tirmidzi)
9.Antara Adzan dan Iqomat
Dan di antara waktu mustajab ini merupakan suatu saat dimana doa di dengar oleh Allah SWT, dimana di dalam suatu Hadist menerangkan:
“Doa itu tidak ditolak antara adzan dan iqamah, maka berdoalah!” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban, shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan menurut Al-Arnauth dalam Jami’ul Ushul).
Juga berdasarkan hadits Abdullah bin Amr Ibnul Ash RA, bahwa ada seorang laki-laki berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya para muadzin itu telah mendahului kita”, maka Rasulullah SAW bersabda: “Ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh para muadzin itu dan jika kamu selesai (menjawab), maka memohonlah, kamu pasti diberi.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hibban, di-hasan-kan oleh Al-Arnauth dan Al-Albani).
Disaat akan menunggu shalat berjama’ah, Namun sayangnya waktu mustajab ini sering tidak dimanfaatkan sebagian umat Islam yang kurang mengerti sunnah ataupun orang yang kurang menghargai sunnah Rosulullaah.
10.Pada Waktu Khotib Duduk antara Dua Khutbah
Di dalam hadist Muslim dan Abu Dawud dijelaskan:
”Yaitu waktu antara duduknya imam (khatib) sampai selesainya shalat (Jum’at)”. Inilah Riwayat yang paling shahih dalam hal ini.
11.Setiap Selesai Sholat Fardhu
Rasulullah SAW ditanya, “Pada waktu apa do’a (manusia) lebih didengar (oleh Allah)?” Lalu Rasulullah Saw menjawab, “Pada tengah malam dan pada akhir tiap shalat fardhu (sebelum salam).” (Mashabih As-sunnah).
12.Antara Dzuhur dan Ashar
Waktu pada pertengahan dzuhur dan Ashar dimana pada waktu tersebut menyingsingkan hari, maka sangat baik untuk bermunajat kepada Allah dengan di dahului shalat hajat.
13.Selepas Mengkhatamkan Al-Qur’an
Barang siapa ingin dikabulkan hajatnya oleh Allah, maka khatamkan Al-Qur’an selama 7 hari, bila bacaan Al-quran anda sudah khatam, bersujudlah memohon apa yang menjadi hajat.

14.Ketika Hujan Turun Terutama Selepas Kemarau Panjang
Perhatikan Firman Allah SWT:
Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. (QS.Asy-syura:28).
Dimana pada saat-saat seperti inilah Allah SWT menurunkan segala Rahmat dan kasih sayangnya untuk seluruh makhluknya di alam ini, sehingga saat mustajabah dalam memohon segala sesuatu kepada Allah.
15.Setelah Melakukan Amal Sholeh
Sikap amal sholeh yaitu membantu terhadap orang lain yang sedang kesulitan dan kesusahan, perhatikan Hadist berikut :
“Bagi Allah ada hamba-hambaNya yang dikhususkan melayani kebutuhan-kebutuhan orang banyak. Mereka berlindung kepadanya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Orang-orang itulah yang aman dari azab Allah.” (HR. Ath-Thabrani).
Dan dalam Riwayat yang lain menerangkan :
“Barangsiapa dibukakan baginya pintu kebaikan (rezeki) hendaklah memanfaatkan kesempatan itu (untuk berbuat baik) sebab dia tidak mengetahui kapan pintu itu akan ditutup baginya.” (HR. Asy-syihaab)
Intinya ialah bila anda ingin ditolong oleh Allah segala permohonannya maka tolonglah orang lain dan jangan kau sia-siakan kesempatan tersebut.
16.Sesudah Bersedekah Kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim
Perhatikan Hadist berikut:
Allah Tabaraka wata’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi): “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim).
“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad).
Sudah sepantasnya bila anda renungkan, Allah senang kepada orang yang giat bersedekah dan membantu sesama saudaranya yang kekurangan atau tidak mampu, maka Allah pun akan membalasnya dari apa yang dia harapkan.
Itulah semua penjelasan secara ringkas tentang saat-saat yang mustajabah dalam berdoa, dan oleh sebab itu sebagai umat islam yang mukmin lebih banyak berdoa kepada Allah SWT, memohon pertolongan dan perlindungan kepadanya.
“Sesungguhnya Allah maha pemalu dan maha murah hati. Allah malu bila ada hambaNya yang menengadahkan tangan (memohon kepadaNya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa.” (HR. Al-Hakim).
Mudah-mudahan artikel dari saya bisa bermanfaat kita semua untuk memanfaatkan waktu-waktu yang terbaik untuk berdoa agar doa kita di ijabah oleh Allah SWT. Kurang lebihnya saya minta maaf kepada segenap saudara-saudaraku di KWA. Wassalamu’alaikum Wr’Wb. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 38 Komentar

Post navigation

38 thoughts on “KEUTAMAAN BERDOA DAN WAKTU YANG MUSTAJAB

  1. Kulak an Pertamaxx

  2. minyak tanah

  3. minyak apa lagi ya

  4. minyak pelet

  5. Sudadi

    Minyak jlantah

  6. OJIBUAKU

    ngintip…..

  7. mantab

    nderek nyimak enggih

  8. siswanto

    minyak kayu putih

  9. Hm

  10. Top Markotop!

  11. Aris Joko Thole

    Muantapz…maknyus.
    @one piece: jualan minyak ta?

  12. wawan s

    absen sore poro sedulur semua, ijin ngintip dari luar kelas.
    tulisan yg bagus, makasih sekali .

  13. Oray

    Hadir

  14. OraEtLabora

    Saya suka tulisan anda..semoga menjadi manfaat bagi kita semua..Aminn

  15. ilmu putih

    bermanfaat bagi kita

  16. laskar lembu suro

    aslkm..sangat mantab

  17. Rahman A'R

    Mantap..hal ini yg bnyk di lpkn,,

  18. triwiyono

    assalamu’alaikum
    matur nuwun.,
    salam sduluran smua bolowongalus..

  19. Si ringkih

    Sangat berguna. Thanks

  20. nawiazky

    Mantapppp…
    Kalau tdk salah waktu mustajab lainnya yg blm tercantum didalamnya antara lain:
    1. Doa ketika dizholimi. Dari Ibnu Abbas Ra Rasulullah pernah berpesan kepada muadz bin Jabal ke Yaman seraya berpesan “Takutlah kamu akan doa org yg ϑî Dzolimi karena antara ia dg اَللّهُ tdk terdpt hijab (HOUR bukhari, muslim dn tarmidzi)
    2. Ketika sedang sakit dan kita bersabar
    3. Ketika dalam perang jihad dan kita bersabar

    Wassalam

  21. tiyangalit

    salam seduluran.. infonya baguss, diantara dua khotbah termasuk juga kan, wassalam

  22. Joe

    Bnr2 menmbh pengetahuan dlm hal ilmu agama

  23. lanang al palaihariyii

    ikut menyimak dan salam kenal bagi seluruh sedulur kwa.

  24. Jokondo

    Nderek nyemak mawon nggeh mas…monggo dilanjut…

  25. oke hebat betul rahasia do’a ini dan saya alhamdulillah sangat menikmati nya

  26. Paulus Hidayah Gimo

    makasihhh………..atas INFONYAA…..smoga ALLAH membalas amal dan ibadah Anda !!!!!

  27. rio

    minta ijin copas gan

  28. wawan

    minyak goreng renyahhh

  29. diantkeren

    nyimak malam

  30. BaarakaALLAHUfikum.

  31. mohon bantu n tata cara mengamalkan ilmux allah SWT…..!!!!

  32. semoga di ijabah

  33. Asep Sabar

    Mohon maaf sekedar ikut nimbrung dan menambahi.

    MANFAAT BERDZIKIR KEPADA ALLAH

    Dalam berbagai penafsiran dijelaskan bahwa, berdzikir mempunyai banyak kemanfaatan. Yaitu sebagai berikut:
     Mendatangkan keridahan Allah Ar-rahman.
     Mengusir setan dan menjadikannya kecewa.
     Menghilangkan rasa sedih,dan gelisah dari hati manusia.
     Membahagiakan dan melapangkan hati.
     Menguatkan hati dan badan.
     Menyinari wajah dan hati.
     Membuka dan mendatangkan lahan rezeki.
     Menghiasi orang yang berdzikir dengan pakaian kewibawaan, disenangi dan dicintai manusia.
     Melahirkan kecintaan.
     Mengangkat manusia ke maqam ihsan.
     Melahirkan inabah, ingin kembali kepada Allah.
     Orang yang berdzikir dekat dengan Allah.
     Pembuka semua pintu ilmu.
     Membantu seseorang merasakan kebesaran Allah.
     Menjadikan seorang hamba disebut disisi Allah.
     Menghidupkan hati.
     Membersihkan hati dari kotoran.
     Membersihkan dosa.
     Membuat jiwa dekat dengan Allah.
     Menolong hamba saat kesepian.
     Suara orang yang berdzikir dikenal di langit tertinggi.
     Penyelamat dari azab Allah.
     Menghadirkan ketenangan.
     Menjaga lidah dari perkataan yang dilarang.
     Majlis dzikir adalah majlis malaikat.
     Mendapatkan berkah Allah dimana saja.
     Tidak akan merugi dan menyesal di hari kiamat.
     Berada dibawah naungan Allah dihari kiamat.
     Mendapat pemberian yang paling berharga.
     Dzikir adalah ibadah yang paling afdhal.
     Mendapat kebaikan dan anugerah yang tak terhingga.
     Tidak akan lalai terhadap diri dan Allah pun tidak melalaikannya.
     Dalam dzikir tersimpan kenikmatan surga dunia.
     Mendahului seorang hamba dalam segala situasi dan kondisi.
     Dzikir adalah cahaya di dunia dan ahirat.
     Dzikir sebagai pintu menuju Allah.
     Dzikir merupakan sumber kekuatan qalbu dan kemuliaan jiwa.
     Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

    DZIKIR SEHARI-HARI

    Bacaan dzikir untuk sehari-hari, dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat, atau di saat waktu senggang yang lain. Dari pagi hari, sampai malam hari.

    Karena Allah berfirman:

    Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), sebutlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (seperti biasanya). Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. “(QS. Annisa : 103).

    Bacaan Dzikirnya:

    Bacaan Lafal Jalalah (lafal dasar berdzikir pada Allah)
    الله
    Allah
    Allah
    Bacaan Istighfar (untuk mohon ampunan kepada Allah)
    اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ
    Astaghfirullah hal adzhiim
    Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung
    Bacaan Tahmidz (untuk pujian & syukur kepada Allah)
    اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
    Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin
    Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam

    Bacaan Tasbih (untuk mensucikan Allah)
    سُبْحَانَ اللهُ
    Subhanallah
    Maha suci Allah
    Bacaan Takbir (untuk kebesaran Allah)
    اللهُ اَكْبَرُ
    Allahu akbar
    Allah maha besar
    Bacaan Tahlil (untuk meyakini Allah)
    لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
    La ilaha illallah
    Tidak ada tuhan selain Allah

    Bacaan Shalawat (untuk salam penghormatan kepada nabi):

    صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ
    Shallallau ‘alaa muhammad
    Shalawat Allah kepada Muhammad
    اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ
    Allahumma shalli wasallim ‘alaa muhammad
    Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan kedamaian kepada Muhammad
    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلى الِ مُحَمَّدٍ
    Allahumma shalli ‘alaamuhammad wa ‘alaa aali muhammad
    Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad, dan kepada keluarga Muhammad

    Bacaan Bismillah (untuk segala hajat) :

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
    Bissmillahirrahmanirrahiim
    Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

    Bacaan Tawakkal (untuk kesabaran) :

    اِنَّا للهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
    Innalillahi wainna ilaihi raaji’uun
    Segala sesuatu datangnya dari Allah dan pasti akan kembali kepadanya
    Bacaan Hauqolah (untuk pertolongan, dan keselamatan) :
    لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
    Lahaulawa quwwata illa billahil ‘aliyyil adzhiim
    Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali atas izin Allah yang maha mulia lagi maha agung

    Dibaca setiap hari, baik setelah shalat atau di waktu senggang yang lainnya. Secara langgeng / istiqomah, minimal sebanyak 100x kali dalam sehari, sedikit demi sedikit.

    ISTIGHFAR, MENGHAPUS DUKA DAN MENGUNDANG REZEKI
    Istighfar artinya memohon ampun kepada Allah SWT.

    Dalam sebuah atsar disebutkan bahwa,”Sesungguhnya Iblis pernah berkata: ‘Aku membinasakan manusia dengan dosa,dan mereka membinasakanku dengan La Ilaha Illallah dan istighfar’.” Wallahu a’lam.

    Allah berfirman,”Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS.Nuh: 10-12).

    Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR.Bukhari dan Muslim).

    Rasullullah bersabda: Barang siapa memperbanyak Istighfar maka Allah akan membebaskannya dari kedukaan, dan memberinya jalan keluar bagi kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.
    (Riwayat Abu Dawud).

    Rasulullah bersabda: Demi Allah sesungguhnya saya beristighfar kepada Allah dan bertaubat kepadanya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali. (H.R. Bukhari).
    Rasulullah bersabda: Sungguh itu merupakan bujukan bagi hati saya, akan tetapi saya sungguh beristighfar kepada Allah dalam sehari, seratus kali. (H.R. Muslim).

    Rosululloh SAW menganjurkan untuk membaca Istighfar setiap saat, Agar selalu dekat dengan Allah dan menyadari setiap kesalahannya dan kelemahannya.
    Meski hanya satu 1x kali, Tapi dengan hati yang ikhlas, Insya Allah Istighfar kita di terima oleh Allah swt.

    Rasulullah.swt menjelaskan Fadilah Istighfar, di antaranya :

    1. Mendapatkan Pengampunan Allah swt.
    2. Menenangkan diri ketika marah.
    3. Mendapatkan jalan keluar dari kesusahan & kesempitan.
    4. Mendapatkan rezeki yang tidak terduga.
    5. Buku catatan amal di hari kiamat, kelak akan memberikan kesenangan.

    Sebaik-baiknya do’a adalah istighfar. Mohon ampunan kepada Allah, bisa menghapuskan dosa-dosa. Mendapatkan pahala, dan dijauhkan dari percikan api neraka.
    Berdoa Kepada Allah
    Berdoa adalah memanjatkan permohonan dan harapan kepada Allah. Doa adalah intinya ibadah. Orang yang senantiasa berdoa adalah merupakan ciri seorang hamba Allah yang menyadari akan kelemahan dirinya. Banyak sekali manfaat dalam berdoa. Diantara manfaat dalam berdoa adalah. :
    -Selalu diingat oleh Allah swt.
    -Allah mencintai orang yang berdoa dan menjadikannya dekat dengan-Nya.
    -Mendapatkan ridha, rahmat dan petunjuk Allah
    -Mendapatkan ampunan di sisi Allah
    -Mendapatkan pahala di sisi Allah
    -Mendapatkan keluasan rezeki
    -Mendatangkan kebaikan serta menolak kemudaratan dan musibah.
    -Dimudahkan dalam kesulitan
    Barang siapa menginginkan doanya dikabulkan Allah ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa tatkala senang.Barang siapa ingin agar doanya terkabul dan kesulitan-kesulitannya teratasi hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan. Dan semoga kita selalu dalam rahmat Allah.

    BACAAN DZIKIR DAN DOA DELAPAN PENJURU

    Bacaan dzikir dan doa untuk mohon ampunan, perlindungan, dan kunci untuk membuka segala hajat kita supaya dikabulkan oleh Allah, juga mohon kebaikan di dunia dan di akhirat. Bacaannya :

    لآ إِلهَ إلاَّ الله مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله – أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ (digandeng bersamaan).
    Astaghfirullah hal adzhim – Lailaha illallahu muhammadurrasulullah
    Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung – Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah ,dibaca 44x kali.

    Membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas, dibaca 44x kali (digandeng bersamaan).

    لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
    Lahaulawala quwwata illah billahil ‘aliyyil adzhim.
    Tiada daya upaya dan kekuatan kecuali atas izin Allah yang maha mulia lagi maha agung , dibaca 44x kali.
    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
    Rabbanaa aatina fiddunya hasanah wafil aakhirati hasanah waqinaa adzaabannaar,
    Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka, dibaca 44x kali .

    Dibaca setiap hari, secara langgeng / istiqomah, sebanyak 44x kali. Baik setelah shalat wajib atau di saat senggang yang lain. Lebih utama jika dibaca saat maghrib atau subuh.

    DOA MOHON DIBERI KELANCARAN REZEKI

    Doa mohon agar selalu diberi kelancaran dalam mencari rejeki, dengan rejeki yang baik, aman, dan halal. Sebelum membaca doa tersebut diawali dengan bacaan Istighfar, tahil, surat al-fatihah, dan al-ihlas terlebih dahulu. Bacaannya :
    أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
    Astaghfirullah hal adzhim – 7x kali.
    Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung
    … لآ إِلهَ إلاَّ الله مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله
    Lailaha illallahu muhammadurrasulullah – 7x kali.
    Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah

    Membaca surat Al-Fatihah 7x kali, dan surat Al-Ikhlas 7x kali.

    Kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan dibawah ini.

    Doa Mohon Limpahan Rejeki:
    فَتقَبَّلَها رَبُّها بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَ أَنْبَتَها نَباتاً حَسَناً وَ كَفَّلَها زَكَرِيَّا كُلَّما دَخَلَ عَلَيْها زَكَرِيَّا الْمِحْرابَ وَجَدَ عِنْدَها رِزْقاً قالَ يا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هذا قالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشاءُ بِغَيْرِ حِسابٍ .

    Fataqobbalahaa robbuhaa biqobuulin hasaniw wa ambatahaa nabaatan hasanaw wakaffalahaa zakariyyaa, kullamaa dakhola ‘alaihaa zakariyyal mihrooba wajada ‘indahaa rizqoo, qoola yaa maryamu annaa laki haadzaa, qoolat huwa min ‘indillaah, innallooha yarzuqu may yasyaa’u bighoiri hisaab.

    Maka diterimalah (permohonannya itu) oleh Tuhannya dengan penerimaan yang baik. Dan Dia pertumbuhkan dia dengan pertumbuhan yang baik. Dan mengasuh akan dia Zakaria. Tiap-tiap masuk Zakaria ke tempatnya di mihrab, didapatinya ada makanan di sisinya. Berkata dia: wahai Maryam Dari mana engkau dapat ini ? Dia menjawab. dia adalah dari Allah, karena sesungguhnya Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dengan tidak berkira. (Al-Imran:37).

    Doa Mohon Pengampunan & Keluasan Rejeki:
    قالَ رَبِّ اغْفِرْ لى وَهَبْ لى مُلْكاً لا يَنْبَغى لأَحَدٍ مِنْ بَعْدى إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ
    Qoola rabbighfirli wahabli mulka la yambaghili ahadhim mim ba’dhi innaka antal wahhaab.

    Berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. ( Shaad:35).

    Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib atau di waktu senggang yang lainnya. Secara langgeng / istiqomah, masing-masing sebanyak 44x kali sehari. Lebih baik jika dibaca setelah shalat malam, shalat hajat, dan shalat dhuha.

    Doa Mohon Diberi Kesembuhan Dari Sakit
    أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ
    Anni massaniyaddurru wa anta arhamurrohimiin.
    Sesungguhnya saya telah di timpa sakit dan hanya engkaulah yang penyayang di antara penyayang. (QS. Al-Anbiyaa’:83).

    Kemudian setelah itu ditambah dengan permohonannya sendiri, untuk mohon diberi kesembuhan. Seperti contoh doa berikut ini :

    Ya Allah, jika sakitku ini karena kesalahan dan dosaku, aku mohon ampun dan mohon kesembuhan kepada-Mu agar aku bisa lebih baik lagi dalam beribadah kepada-Mu.

    Dibaca pada waktu kapan saja, baik setelah shalat atau di saat senggang yang lain. Dianjurkan dibaca setiap hari, sampai sembuh, secara langgeng / istiqomah.

    Doa Mohon Perlindungan Dari Gangguan Setan.
    Bacaannya :
    رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ ,وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ (المؤمنون :٩٧ -٩٨) .
    Rabbi a’udzubika min hamazatissyatiin, wa a’udzubika rabbi aiyahduruun.
    Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku. (Q.S. al-mu’minuun:97-98).

    Dibaca pada waktu kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di saat senggang yang lain. Disaat merasa takut, atau merasa aman-aman saja, secara langgeng / istiqomah.

    Doa Mohon Diberikan Pengetahuan & Hikmah
    Bacaannya :
    ر َبِّ زِدْنِي عِلْمًا (طه:-١١٤).
    Kemudian disambung dengan bacaan berikut ini….
    رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ . وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الآخِرِينَ . وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ .(الشعراء : ٨۳-٨٥)
    Rabbi zidni ‘ilma.
    Rabbi habli hukmau wa alhiqni bissholihiin. Waj’alli lisaana shidqi fil aakhiriin. Waj’alni miw waratsati jannatinna’iim.

    Tuhan, tambahkanlah saya ilmu pengetahuan. (Q.S. thaha:114)
    Ya Tuhan, berikanlah hikmah dan masukkanlah saya ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Dan jadikanlah saya buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh keni’matan. (Q.S. as-syuaraa’:83-85) .

    Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

    Doa Mohon Pengetahuan Dan Segala Yang Bermanfaat
    ر َبِّ زِدْنِي عِلْمًا (طه:-١١٤)
    Rabbi zidni ‘ilma
    Tuhan, tambahkanlah saya ilmu pengetahuan. (QS. Thaha : 114)

    Kemudian disambung dengan bacaan doa dari hadis berikut ini :
    اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
    Allahumma inni as aluka ‘ilman nafi’aa, wariz qontoyyibaa, wa’amalammutaqobbalaa

    Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima”.
    اَللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْمًا
    Allahumma nfa’ni bima’allamtani, wa ‘allimni maa yanfa’unii, wa zidni ‘ilmaa

    Ya Allah, berikanlah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmu kepadaku”.

    اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعْ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعْ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعْ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ ُيْستَجَابُ لَهُ
    Allahumma inni a’udzubika min ‘ilmillayanfa’, wa ming qolbi la yakhsya’, wa minnafsi la tasyba’, wa minda’ wati la yustajaabulah

    “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusu’, nafsu yang tidak pernah puas, dan do’a yang tidak dikabulkan”.

    Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

    Doa Mohon Kebaikan Di Dunia & Akhirat
    Bacaannya :
    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
    Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar.

    Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. (Q.S. al-Baqarah [2]: 201).

    Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

  34. nderek nyimak.,.,

  35. eka sakti

    Ijin copas Ki..”

  36. ahmad dimyati

    syukron katsir atas ilmunya
    semoga kita semua selalu berada dalam lindungan ALLOH

  37. insan penuh dosa

    sangat bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: