MAKRIFATMU DAN MAKRIFATKU BERBEDA BEDA


Ketika Musa sedang berjalan, ia mendengar seorang penggembala sedang berdoa sambil meratap. “Oh Tuhan di manakah gerangan Engkau, karena aku ingin melayani-Mu dan menjahitkan sepatu-Mu, dan menyisirkan rambut-Mu. Aku ingin mencucikan baju-Mu, membunuh kutu kepala-Mu dan membawakan susu untuk-Mu, oh duhai Maha Terpuji.”

Mendengar kata-kata yang dianggap bodoh tersebut, Musa membentak, “Kepada siapa kamu berbicara? Betapa kata-kata itu tidak bermakna; memalukan dan liar! Sumbat mulutmu dengan kapas!… Tuhan yang Maha Agung tidak memerlukan pelayanan seperti itu.” Sang penggembala menjadi amat kecewa dan sedih, dan ia merobek bajunya sambil pergi ke arah yang tidak menentu.

Kemudian datang wahyu Tuhan kepada Musa. “Kamu telah memisahkan hamba-Ku dari Aku…Aku telah anugerahkan kepada setiap manusia cara berdoa masing-masing; Aku telah berikan cara khusus kepada masing-masing untuk menunjukkan cinta. Bahasa yang digunakan oleh orang Hindustan adalah sangat indah bagi pemeluk Hindu, begitu pula bahasa Sindhu yang amat indah bagi pemeluk Sindhu.

Aku tidak melihat pada ucapan lidah, tetapi Aku melihat ke dalam sanubari dan perasaan terdalam hati manusia. Aku melihat ke dalam hati manusia untuk melihat apakah ada kerendahhatian, walaupun ucapannya tidak menunjukkan demikian. Cukuplah sudah segala macam ungkapan dan metofora! Aku menginginkan hati yang membara dengan api cinta, hati yang membara! “

(Do’a Seorang Gembala oleh Jalaluddin Rumi).
***
Assalamu’alaikum wr wb. Apa hakekatnya syahadat? Konon syahadat merupakan kesaksian atas keberadaan Tuhan. Kesaksian hasil dari keimanan dan juga hasil menyaksikan keberadaan Tuhan. Menyaksikan keberadaan Tuhan tentu saja tidak hanya melalui mata, telinga atau panca indera lahir namun juga batin (mata hati yang penuh cinta) sebagaimana yang tercermin dalam prolog Rumi di atas.  Selain itu, kesaksian juga asalnya adalah akal budi.

Pada kesempatan kali ini, ijinkanlah kami mengungkapkan sebuah bahan untuk didiskusikan khususnya soal filsafat ketuhanan agar kita semua menjadi semakin bijaksana. Semoga diskusi seherhana ini benar-benar diskusinya para ahli hikmah (hakekat/esensi) sepanjang masa. Amin.

Kami mulai dengan sebuah pernyataan sederhana. Apakah gula itu manis? Kalau gula itu jawabannya manis. Maka pertanyaan selanjutnya adalah kenapa gula itu manis? Jawabannya adalah karena indera lidah kita merasakan manisnya gula. Kalau kita tidak memiliki lidah, tentu saja semanis apapun gula maka kita tidak akan mampu merasakannya. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana asal mulanya syaraf lidah mendeteksi rasa manis tersebut? Pada tahap ini, kita memasuki dimensi metafisis dari rasa.

Pertanyaan kedua, apakah yang ada itu? Apakah yang ada itu karena kita ada? Darimana adanya kita? Dari adanya sesuatu yang lain. Begitu juga dengan saya dan anda. Adanya kita berasal dari adanya orang tua kita. Orang tua kita berasal dari adanya kakek dan nenek kita. Begitu seterusnya hingga akan sampai ke pemahaman metafisis juga. Bahwa penyebab adanya manusia adalah manusia pertama yang ada di bumi ini. Dari mana asalnya manusia pertama itu ada? Dari ada yang tidak bisa disebabkan oleh ada yang lain yang menjadi penyebab pertama adanya segala sesuatu (causa prima), Sang Maha Pencipta yang tidak diciptakan kembali dan selanjutnya. Akal kita adalah alat yang hebat untuk melakukan penalaran. Kita paham dan memahami hal ini.

Namun silahkan diteruskan penalaran kita ini. Kok bisa tahu kalau adanya kita ini berasal dari Tuhan, Sang Ada yang mutlak tersebut? Lha wong kita tidak pernah melihat dengan mata? Apakah alat yang bisa kita gunakan untuk mengakui dan meyakini keberadaan Tuhan? Kenapa kita bisa yakin bahwa Tuhan itu benar-benar ada? Ya, meskipun kita tahu Tuhan itu ada namun kita tidak boleh sok tahu karena Tuhan tidak memperkenankan kita untuk sok tahu. Bukankah DIA juga Maha Berkehendak? Apakah Tuhan tidak bisa meniadakan diri-NYA agar manusia tidak tahu? Tentu saja kalau Tuhan Maha Segalanya, maka DIA bebas melakukan apa saja termasuk meniadakan dirinya. DIA juga memiliki sifat apapun yang tidak hanya 99 nama (Asmaul Husna). Asmaul Husna hanyalah peta manusia yang akalnya terbatas ini untuk memahami betapa luar biasanya DIA. Jelas DIA memiliki lebih dari 99 sifat dan nama, 999 nama, 9999 nama, 9999999 nama, bahkan 999999999999999999 nama dan seterusnya… Bukankah ilmu kita ini hanyalah setitik air di tengah samudra Ilmu-NYA yang tidak punya batas? Oleh karena itu, marilah kita membuat bagan sederhana tentang yang ada.

Dalam khasanah metafisika, setidaknya kita mengenal bahan tentang ada sebagai berikut. Pertama, ada subyek. Adanya “aku” sebagai subyek dimana kita menyadari adanya kita. Kedua, ada obyek. Subyek ini mengakui adanya sesuatu diluar dirinya. Ada kucing, ada bumi, ada langit. Ketiga, ada pada dirinya sendiri (ada an-sich). Ada diluar diri manusia dan pada pangkal sang subyek ini mengenali ada an-sich ini berarti ada an-sich itu sudah menjadi ada obyek. Sebab benar-benar ada an-sich ini tidak bisa dikenali oleh subyek.

Pertanyaan lanjutan adalah Tuhan ini berada di dalam ada yang mana? Apakah ada subyek? Ada obyek? Atau ada an-sich? Kembali ke soal syahadat tadi. Kita sebagai orang beriman yakin bahwa prinsip universal tertinggi adalah syahadat La Ilaha Ilallah: TIADA ILAH/YANG PATUT DISEMBAH KECUALI ALLAH. Nah, tentu saja keimanan itu tidak bisa muncul begitu saja dari mulut. Namun benar-benar harus dihayati dengan seyakin-yakinnya yang sumbernya adalah pengalaman sehari-hari. Selanjutnya, diimplementasikan dalam laku perbuatan sehari-hari. Yang paling sulit adalah bagaimana yakin itu bisa muncul? HIDAYAH/PETUNJUK-NYA memang datang tiada disangka-sangka dan bisa berasal dari jalan mana saja. Namun kita tidak boleh berpangku tangan menunggu datangnya hidayah/petunjuk-NYA ini. Semuanya perlu usaha aktif dari manusia.

Oleh karena itu, jelaslah bahwa apa yang kita “saksikan” terhadap ada-NYA ini bermacam-macam. Kesaksian kita terhadap kebesaran gunung pun bisa beragam. Bisa jadi pendapat dan apa yang disaksikannya pun berlainan. Sama seperti orang buta meraba gajah. Ternyata gajah itu seperti A, itu karena dia meraba kakinya. OO.. gajah itu seperi B, itu karena dia meraba telinga gajah, gajah itu seperti C, itu karena dia meraga bagian ekornya. Nah, kita tahu bahwa Allah SWT MAHA BESAR, Besarannya bisa kualitatif dan betul betul kuantitatif, wallahu a’lam. Nah, bila pendapat pendapat ini dikumpulkan semoga akan terkumpul sebuah mosaik tentang kebesaran-NYA yang lebih utuh.

Salah satu usaha aktif untuk mendapatkan kesaksian adalah melalui cara berdiskusi, berguru, bertanya jawab. Hal ini cukup penting mengingat setelah periode kerasulan yang diakhiri oleh Muhammad SAW, maka kita diharapkan untuk berguru dan berdiskusi satu sama lain untuk mencapai derajat waliyullah (wali, utusan-NYA dan kita semua ini pada hakekatnya adalah utusan-NYA. Setiap manusia diutus untuk menjadi penyampai atau penyambung lidah risalah-NYA. Kita Alhamdulillah diberi akal dan hati nurani, dan memiliki pendapat tentang ADA-NYA ini. Silahkan memberikan pemahaman dan saling berbagi terhadap soal-soal kesaksian /menyaksikan ada-NYA (bermakrifatullah) ini. Bagaimana cara mendapatkan kesaksian (syahadat) ini? Dan seterusnya. Terima kasih  dan  wassalamualaikum wr wb.

Pikiran bagaikan keledai di lumpur, senantiasa gagal
Menerangkan apakah yang disebut cinta
Cinta sendirilah yang dapat menerangkan apa itu cinta
Bukankah seperti matahari, hanya matahari itu sendiri
Dapat menjelaskan apa itu Matahari
Ketahuilah, wahai kau yang ingin mengetahui
Segenap bukti yang kaucari sudah ada di Sana.
(Cinta: Rumi)

@Wongalus,2011

About these ads
Categories: MAKRIFATMU DAN MAKRIFATKU | 165 Komentar

Navigasi pos

165 thoughts on “MAKRIFATMU DAN MAKRIFATKU BERBEDA BEDA

  1. aiebie

    dapet pertamaxxxx

  2. aiebie

    eh d sulap jd premium,,,,! salam ki ray pranata kwa

  3. Alhamdulillah.
    Dpt pertamaxx stlh penantian panjang..

    Pemahaman sy blm sejauh itu KI.
    Mungkin yg kasi koment d bawah bs menjlsknnya…
    ^_^

  4. KI AIEBIE@salam hormat dr sy utk sesepuhku..

  5. atok bujang

    (senyum)
    kagem karo kakang alus

  6. keberapa ya. mantapp. salam kenal buat sesepuh semua.

  7. Mantap cliiing…..

  8. jiah

    delapank gank…hufft..

  9. Putra Sang Fajar Di Pagi Hari

    absen, ijin nyimak

  10. wulung

    ikut menyimak ki…

  11. @cakji tambah guanteng aja…
    @mbah khozin saya masih setia nunggu kabar dr mbah..
    @all semangat siang menjelang sore… Abbrakadabra.. Cliiing… Kabuuuur..

  12. zenzen

    berat berat….

  13. Bajul Kesupen ( 085725534448 )

    semoga dengan artikel dr Ki Wong Alus ini hati kita dapat semakin cerah dan dapat memberi arah jalan hidup kita

  14. Laskar cinta

    Kalo ada berarti perlu tempat utk keberadaannya,kalo gtu berarti tempatnya lbh bsr dari yg menempati,kalo gtu berarti entahlah…mumet aku,mungkin sesepuh d bawah saya bsa menjelaskan.
    Kabuuuuuuuuur

  15. tok tok tok tok asalamualaikum…….kulo bade nderek nyimak….semoga bermanfaat kangge kito sedoyo……amin

  16. mugi2 sedayane dipun jagi dining Allah, dipun naungi dining Allah, saged dipun terasaken anak pitung turun ngantos dumugi dinten qiamah…..

    1. Hasbuna minal ‘ilmu wahdaniyatullah ( cukup ilmunya walaupun sedikit kembalikanlah kepada Allah )

    2. Hasbuna minal amal mahabbatullah warasulihi saw ( melakukan apa saja yang mendorong hanyalah mahabbatullah )

    3. Hasbuna minal i’tiba i’tiqodul haqqi min ‘ibadikasholihi ( mempunyai iktiqod yang bagus terhadap orang yang soleh )

  17. Anto Bwok Samudera Putih

    Assalamu’alaikum
    ane ikut absen siang menjelang sore dan ikut nyimak…salam..salim utk sesepuh n sedulur semua.

  18. pesan tersebut disampaikan kembali oleh putra sapto argo dari Khadrotusyeikh

  19. ===== jangka sewu =====

    ==== asalamualikum wr.wb ====
    salam buat pini sepuh dan para sdulur

    maap para sdulur
    kalo mau mencapai ma’ripat harus melaui torekat dulu (harus masuk ke salah satu aliran torekat ) dan harus menemukan mursyd yang betul2 mursid di jaman sekarang banyak yang ngaku mursid eh nyatanya cuma pengen uang aja . mencari mursid itu ibaratnya mencari jarum di tumpukan jerami susahnya minta ampun. tapi kalo allah berkehendak insa allah kita akan menemukanya. kalo ingin ma’ripat melalui jalan hikmah (ilmu2 hikmah) menurut saya takan bisa mencapai ma’ripat
    malah lama2 akan tenggelam akan napsu faidah atau khasiat ayat atau ilmu. ibaratnya seseorang yang belajar ilmu hikmah dan gusti allah memberikan karunia berupa bisa melihat yang telah terjadi dan sesudahnya, alam gaib dsb pokonya weruh sadurung winara. dan kadang2 menemukan yang disebut guru sejati dan membimbingnya sehingga mereka mrasa mencapai ma’ripat. kadang2 dri gaibnya tsb mmberi ptunjuk mlakukan solat secara goib.masa allah ternyata bisa menyesatkan.dan yang kaya gini mereka merasa udahma’rifat dan udah terlanjur percaya pda gru goib sejatinya yang mengaku sunan anu… atau apa… hehehe teeeeerlalu. dan kasus sperti ini bnyak terjadi. sbenarnya orang tsb cuma di kasih mukhosafah goibiyah . beda lagi sama orang yng msuk torekat dan punya mursid yang mukamil kemampuan bisa melihat alam goib. msa lalu dan msa yng akan dtang di sebut mukhosafah ilahiyah. penganut aliran thorekat yang bener mereka mendapatkan kmampuan trsebut bukan keinginan mereka tapi bonus dari gusti allah dari ibadahnya. beda lagi yang pake ilmu hikmah ibadahnya (dikir dan puasanya) cuma karna ingin ilmu atau hasiat dari ayat. yang model begini mana bisa di sebut ibadah sbb mlakukanya bukan lilahi taala tapi ingin bisa melihat alam goib. dikir dan puasanya bukan termasuk ke ibadah tapi masuknya riyadoh. kalo di telaah ilmu hikmah merupakan jalan altrnatip atau jalan cepat untuk mempunyai suatu kemampuan . kalo bisa kita mempunyai kemampuan itu karna kemurahan allah atas ibadah yang kita lakukan. bukan karena ryadoh yang di paksakan karena di dorong oleh napsu ingin punya kemampuan.
    maap kalo ada kata2 yang kurang berkenan.

  20. Presensi sore salam sedulur semua

  21. pitulikur

    salam salim…..
    namung saged ndeprok ndingkluk teng pojokan…..ngrantos muduning kaweruh sangking poro sesepuh….al fatehah sent…..

  22. ojibuaku

    ngintip disela2… siap2 pulang kerja………

    salam salim sdulur smua……… :D :D :D

  23. ivanfahrezzy

    terkadang kesaksian2 yg berhubungan denganNya tidak bisa terwakili oleh kata2..sehingga ketika sudah dibawa kedalam kalimat maknanya sudah bukan hal yg dimaksud..

  24. Artikel yang indah…jalan menuju Tuhan sebanyak hembusan nafas manusia…tak seorangpun boleh mengklaim kebenaranNya sebagai milik pribadi yang paling hakiki…Tuhan tidaklah ghaib …Tuhan adalah Maha Batiin…bukanlah kegaiban kunci ketuhanan itu…karena itu juga hanyalah azimat seperti juga ciptaanNya yang lain.Wallahu alam, salam

  25. tiangbungkuk

    nderek nyimak yai

  26. Gembel Gerbang Kampus

    Haduuuhh…

    hik…hik..pelajaran ilmu alam ketinggihan (a’raaf) …

    bertajali (penyaksian)…masuk melafadzkan mahabbah (pelet) yg sejati…ooowwwww…

    melebur (fana’) sampai kepada bersatu kepada sang kekasih Sejati tanpa harus menjadi satu (wushul) kpd Dzat AL Haq Jallah Jalalah…

    aiih…aaaaihh….

    mana ku sanggup berjalan kaki dan jiwa batinku kala waktu ini…

    ahhh..kotor nian jika tanpa berwudhu batin dan mendewasakan akal kasyf…

    hik…lebih baik menyimak…..

    dari para sesepuh nan bijak dan arif…

    salim…

    salaman Qoulam min robbi rohiim…

  27. Tukul_Bagong

    Super Extra….Ikut nyimak dan meresapi..
    Salam sejahtera buat keluarga besar KWA…

  28. Ilmi crb

    Ikut nyimak

  29. salam damai

    Asalammu’alaikum buat guru besar KWA Ki Wong Alus beserta semua pinisipuh, ijinkan saya yg hina memberikan sedikit komentar atas artikel yang berjudul “MAKRIFATMU DAN MAKRIFATKU BERBEDA BEDA”, tepat sekali topik ini karena masing2 insan diberikan kemampuan yang berbeda2 atas dasar modal yang dimilikinya (akal,pikiran,qolbu,panca indera) dalam bermakrifat kepada Robbul ‘Alamien. Ki Wong Alus, Menurut pemahaman saya Islam menempatkan kedudukan akal pada tempat yang mulia, itulah sebabnya semua ajaran islam harus dapat dinalar termasuk di dalamnya eksistensi Tuhan yang Maha Segala2nya. Karena demikian mulianya kedudukan akal itu sehingga wahyu pertama yang disampaikan kepada Kanjeng Nabi Muhammad diawali dengan kata “IQRO”, selain itu banyak sekali ayat2 yang diakhiri dengan kalimat Afala Ta’Qiluun?, Afala tatafakkaruun, dan saya kira masih banyak lagi keterangan yang menunjukkan mulianya kedudukan akal dalam islam. Ki Wong Alus yang saya hormati, Rukun Iman yang pertama adalah Iman kepada Allah. Tingkatan iman inilah yang membedakan derajat masing2 insan. Ki… bagi saya yang masih banyak hijab ini adanya Allah SWT harus dipastikan ada oleh akal. Sebab keharusan memastikan ADANYA ini sangat mempengaruhi kepada ibadah2 kita selanjutnya. Jika akal kita suda mampu memastikan bahwa Allah itu ada maka jika kita beribadah maka kita menyembah kepada DZAT yang pasti ada, jika kita berdoa maka kita berdoa kepada DZAT yang adanya pasti ada dan DIA MAHA SEGALA2NYA Robbul Alamiin. mohon maaf ki jika ada kesalahan. Wassalam

  30. khozin A

    absen..sore3,..
    leye2 sambil nyimak..

  31. om makruf

    @mbah khozin A,ntar ketiduran lo

  32. Hmmm puisi-puisi sufistiknya Rumi.
    Selalu menggoda setiap orang yang membacanya, apalagi yang berusaha utk memecahkan rahasia di dalamnya.

    Akan tetapi dipermulaan Matsnawi, maulana Rumi jg mengingatkan :
    “Aku tdk menyanyikan Matsnawi agar orang membawanya dan mengulang-ulangnya pula, akan tetapi agar orang meletakkan buku ini di telapak kaki dan terbang bersamanya”

  33. khozin A

    om makruf
    leyeh2nya sambil bakar buhur 234 ko.he3
    -rumi
    ayo monggo bikin puisinya yg mantaaap njih..

  34. sulihno

    Gusti Allah Moho Agung ( nyumber terus ) ikut menyimak Ki.

  35. :-) Om khozin, puisi2 Rumi susah di mengerti.
    Pernah baca Matsnawi, tapi malah pusing, banyak yang belum di mengerti hehehehe

    Om khozin, gembok nakaban di sebelah udah di buka blm?

  36. S.Jenar

    Melu ngematne…Monggo dulur2 dilanjut…

  37. khozin A

    Rumi..
    gembok sampai saat ini blm terbuka dan mkn kuncinya terbawa ama om makruf to…he3

  38. Adim

    Assalamu`alaikum wr.wb
    derek nyimak
    monggo dilanjut

  39. Adim

    Makrifatku dan makrifatmu berbeda-beda ..memang .. begitu

  40. khozin A

    RUMI
    kl puisi matshumi yg memang bulat bulet..la kl puisi batshumi gmn.?

  41. Wah ..maaf om khozin, kalo buku puisinya mbakshumi sy blom pernah baca..hihihi

  42. angdidi

    Monggo di babar ….
    yang muda menunggu pencerahan.
    salam buat ki wongalus semoga rahayu.

  43. janoko

    weh, weh, ma’rifat tingkat tinggi, nyimak dulu ahhhhhhhhhhhhhhh
    Salam salim…….

  44. nyimak….rodo mumet…#¥!€£?\????¢!£¥

  45. Om khozin….sy mo plg dulu nih.
    Kalo yg pegang kunci udah datang (om makruf) tlg sms sy om…

  46. bukan alhalajj

    andai engkau tahu keutamaan maka semua yang utama menjadi sampah di antara jalan jalan yang di lalui pengemis buta dg tongkat nya.

    yang ada hanya satu..
    semua nya kembali ke satu..
    semua nya diam membisu..
    tak kala batu itu tinggal satu.

    dzat yang satu tak butuh sekutu
    ia hanya butuh tawadhu.
    hanya butuh satu hati
    bukan sekutu hati
    hehehehehehehehehehehehehehehehehehe

  47. Mamat Kumis

    absen sore menjelang maghrib… salam bwat smue sodare2 kwa dimanapun berade…

  48. om makruf

    @TOKEK N Oyong cek emailnya ya

  49. Sword Zulfaqor

    Ass.Wr.Wb,.. Salam Penuh Damai bagi semua yang hadir disini,… semoga Allah SWT melimpahkan Barokah, Rahmat dan Hidayahnya pada kita semua… Amin

    @Wongalus: Benar-benar tulisan yang bagus… Maju terus mas…

    @All: Monggo dilanjut….

  50. Apa artinya makrifat,?mohn penjelasnya krna q hanya seorang rocker…apa boleh q menjadi makrifat…mohn pencerahnya.

  51. Makrifat ialah merasa hidup hanya dengan ALLAH…DAN tidak ada teman didunia ini kecuali allah…setiap detik dan setiap langkah hanya allah yang ada..dan mengrti tentang halusinasi dunia ini….

  52. abseeeen abseen..salam salim buat sesepuh2q….ikut ndoprok…

  53. Yth Sedulur KWA: Salam hormat dalam kasih sayang setulusnya. Barusaja saya mendapat titipan pesan dari sohibul ijazah AJIAN CAKRAJAYA MAHKOTA RASUL bahwa blog lain selain KAMPUS WONG ALUS tidak diperkenankan mengambil sebagian atau keseluruhan artikel tentang Ajian ini. Peringatan ini disampaikan mengingat ada dari blog lain yang mengcopy paste ajian ini tanpa seijin sohibul ijazah, Ki Arya Kusuma Dewa. Ki Arya juga tidak bertanggungjawab terhadap efek samping dan efek negatif bila mengamalkan Ajian Cakrajaya di blog yang lain tersebut. Demikian sedikit pesan dari beliau dan demikian amanah beliau sudah saya sampaikan. Terima kasih. Salam paseduluran.

  54. spuntene radi telat nyimak, sampun sepuh boyo’ radi kumat magkane radi telat, simbah nderek ngaos nggih,

  55. salam salim mbah jontrot,njih mbah…kulo njih sami kaleh njenengan sampun sepuh…
    njih maklum wajar to nek enome ra ngenah tuone ngih koyok kulo niki….ngrik engrik en….slm sesepuh ki wongalus,dan poro pini sepuh sedoyo..lan sederek2 bolo alus……..sugeng sonten….nuwun

  56. @mbah suro;
    salam salim jg nganggo salto kagem mbah suro, bot2e tiang sepuh kados kulo niki adoh2 saking tlatah ndemak bntoro mngkat kuliah wonten KWA pngen ngaji kagem sagu mati, mugi2 brkah mpagat kagem kulo lan kluargo amin

  57. Salam salim salam @wongalus
    Hmmmmmmm aku juga aneh,kok ilmu tsb ada di blog laen.

  58. Laskar_lung gading

    Nyimak aja sambil nunggu pencerahan dari sesepuh..

  59. Kanjeng Alam Biru

    Om SW, udah baca komen / pertanyaan aku diblog sebelah.
    lo udh, aku tunggu jawabannya.

  60. Absen malam….

  61. Cungkring Cerbon

    Qt cb melangkah ke jalan kema’rifatan
    Merabah sesuatu yg “suwung”
    Menerkah “suwung” yang “Isi”
    Tanpa sadar Qt brputar dlm labirin
    Tanpa sadar jika ma’rifat adl “Titik”
    ……..
    Monggo dlanjut……
    Salim ta’ziyah dumateg Kiwongalus kang bahurekso KWA

  62. Ibliz Berhati Malaikat

    Om SW dan Bib Ibliz hadirlah….

  63. Setia Menanti

    @wongalus: memang artikel yang di blog sebelah tulisannya 100% sama dengan yang di kwa. Sepertinya ada motif komersialitas. Semoga menjadi peringatan bagi sedulur yang lain. Dan untuk pemilik blog sebelah agar lebih selektif lagi menerima amalan untuk di posting. Salam seduluran

  64. apakh salah jika seseorang tidak mengharapkan ma’rifat yang dia tahu hanya ibdadah
    salah ya?

  65. bayu prakasa suroboyo

    ASSALAMUALAIKUM WR WB
    SELAMAT MALAM PORO SESEPUH LAN SEDULUR KWA…ijin nyimak arti MARIFAT sampai paham.Amin.

  66. MAKRIFAT+MAKRIFAT

  67. Muhammad rusdi

    assalamualikum.wr.wb
    absen dan menyimak

  68. laskar lembu suro

    aslkm…absen mlm,nyimak j dah biar pun gk mudeng

  69. warga pengen alus

    kita tahu jagad raya ini benda mati, dan kita tahu benda mati tidak dapat bergerak, tapi apa yang anda lihat jagad raya ini ternyata bergerak dan pergerakannya tidak sembarangan, terautur dan tertib. kita tahu mungkin hukum newton dapat sedikit menjelaskan fenomena trb. dari hukum newton tersebut timbul logika ini pasti ada yang memulai, dan energy tersebut pasti sangat kuat serta kordinasi ilmu sangat tinggi. logikanya barang siapa berilmu sangat tinggi dan sangat kuat, pasti dia sangat berkuasa.

    siapakah DIA itu?

    ternyata DIA tidak hanya sangat berkuasa tapi juga sangat-sangat yang lain yang banyak memliki kebaikan.

    eh….jadi sok tau gw.. maaf kl ada salah, cuma mau ikut comment aja. he….tks

  70. sai

    Semangat malam smua,,,,
    Nyuwon ijin absen+nyimak
    masih dari seberang,,,

  71. Ardaloka

    Nymk aj dah

  72. Neeeh ane kasih oleh oleh jangan pada ribut yaaaahh
    Selamat menikmati:

    “inna quwwatih
    Nakaban natah kitaban natah
    Wallohu min waroo-ihim muhiith
    Bal huwa qur’aanun majiid
    Fii lauhin mahfuuzh”

  73. Sakiran wildan

    @ki kanjeng a.b
    tdk ketemu ki, komentnx, emang tanya apa ki ?
    Moga2 bisa jawab.

  74. Nino

    @dezzo
    wuh hebaaat dingin bgt,.

  75. kang Dullah

    Tadi sore baca

    sekarang baca lagi

    kok gag mudeng-mudeng yaaa?

  76. kang Dullah

    @ndezo
    bisa di qobiltu ki?

  77. Sakiran wildan

    Sama kang dul, sya jga tdk mudeng, meski baca berulangkali.
    Mngkin otak q dah kopler

  78. kang Dullah

    @SW sing enak mancing aja yaa?

  79. Sakiran wildan

    Nyam…nyaaam…sedapnx….thanx ki dezzo

  80. om makruf

    @Nino, email om ?

  81. SILAKAN DI NIKMATI GA PERLU2 DI KUNCI SEGALA/PROTEC
    HUAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHA

  82. Nino

    Om@makruf
    nino.nano45@yahoo.com
    Matornuwon..,
    aku tunggu ya..

  83. Bl berkenan tlg sy d beri tw mana blog yg curi curi chupke chupke…

  84. om makruf

    @Nino,cek email nya

  85. Gembel Gerbang Kampus

    Ma’rifah (pemahaman)…memaknai makna lahir pesan Qur’ani dan sunnah rasul-Nya,berlandaskan Mafhuumuhu (pemahamanNya) bukan atas dasar Muradiy (keinginan saya)…dengan cara berfikir positif atau disimpan dalam relung kalbu dan benak kita,sambil berdoa semoga ALLAH membuka jalan-Nya,dengan ber-Taslim (berserah diri) kepada ALLAH dalam menyikapi keganjilan apapun,dengan inilah jalan Ma’rifah akan terbuka lebar,sebaliknya pengingkaran hanya akan menutup pintu wushul (ketersambungan) antara kita dengan AL HAQ, mereka yg mengingkari disiplin ilmu Tasawwuf dan pengetahuan intuisi (dzauq al wujdaan) selamanya tidak akan pernah menemukan Hakekat Ma’rifah (esensi pemahaman) dan tidak akan pernah menemukan kesejatian Ilmu, juga tidak akan pernah Wishal (sampai) kepada AL HAQ, tidak ada Thariqah (jalan) untuk menggapai hakekat makrifah selain Taslim dan iman yg tulus kepada AL HAQ….
    ketahuilah,bahwasanya setiap ilmu yg tidak didasari ajaran Qur’ani dan sunnah rasul-NYa yg shahih adalah Dholal (sesat),Al Qur’an dan sunnah Rasul-NYa bukan untuk membenarkan ilmu dan tindakan anda.akan tetapi hendaknya Ilmu dan tindakan anda sesuai dengan pesan Qur’ani dan sunnah rasul-NYa,jadikanlah itu sebagai pijakan,jika nalar dan logika anda tidak mampu menjangkau kedalamannya sebaiknya anda ber-Taslim dengan keimanan yg jernih dan jangan sekali2 mengingkari sesuatu yg anda sendiri belum mampu menyibaknya,serahkan segala sesuatunya kepada sang Maha Mengetahui, Dialah ALLAH JALLAH JALAALAH.

    ——–

    satu…

    duaaa…

    Tigaaaaaaa….

    kaboooooeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrr!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    :)

  86. Buto cakil

    @Om dezzo…sekalian jng tnggung2…babar tata lakunya yg lengkap dong…

  87. salam damai

    yang perlu dalam melakukan makrifatullah menurut saya adalah adanya satu kesadaran bahwa selain Maha Pencipta adalah Ciptaan, makrifatullah hanyalah sebatas memastikan Adanya Al Khalik, sebagaimana disampaikan warga pengen alus bahwa bergerak dan pergerakannya tidak sembarangan, teratur dan tertib. dari sini hukum logika lantas bertanya : Apakah secara logika suatu sistem yang teratur dan tertib tidak ada yang mengatur dan menertibkan ? pastilah akal yang benar akan menjawab bahwa sesuatu yang teratur pasti ada yang mengatur. Siapa nama Dzat yang maha pengatur itu ? disini kita bicara keimanan kalau menurut Iman Islam Dzat yang Maha segala2nya itu bernama Allah SWT. mohon maaf jika salah.

  88. om makruf

    @Dezzo , babar om asma nakaban tatacara dan tawassulnya,nanggung uda dikeluarin gitu kok masih main petak umpet

  89. Setia Menanti

    @all:ini asmak nakaban yang di protect di blog sebelah. Boleh di qobiltu sedulur kwa apa tidak om dezzo?

  90. Silakan di nikmati
    Itu asma di paranormal online di banrol mahar 50 jeti,ane kasih gratis daaahhhhh
    HUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

  91. Huahahahahahaahhahahahahahahahahahahahahaha

  92. L4sk4r p3rm4d4ni

    Aslmkm wr.wb…
    Wek wek wek
    @ki dezzo/ki dividi… He he he syukurlah sdh ikhlz menshar3 asma nakaban…..
    Blh donk minta cra pengamalannya,salam rahayu

  93. Nino

    Om@makruf
    udah masuk om smoga barokah..
    Udah aku Reply om matornuwon..

  94. om makruf

    @Dezzo, katanya gratis tapi mana tatalakunya klu ndak ikhlas ndak usa ditulis tu asma nakaban

  95. Cungkring Cerbon

    Jgn pernah Qt cari kema’rifatan……jalan manapun kau cari takkan kau temukan…..krn kema’rifatan bukanlah rekayasa yg bs kau temukn d tongsampah takhlid….bkn dalam sejuta falsafa yg kau hafal…..namun jk kau begitu teguh tekad utk mncapai kesempurnaan iman…resapi renungi perjalanan isro’miroj rosululloh…dr harom aqso hingga rosul jalan sendiri mnuju pintu-Nya…..Malaikat jibril pun tak kuasa menghantar k tmpat ma’rifat….Atau kau coba jelajahi Harkat/Martabat Tujuh…..krn ma’rifat adl buah dr sebuah ketawadu’an kekusyuchan….mk marilah Qt menari ikuti irama rumi, bertabis sjati dlm hati….biarkn Nur-Nya membawa kita keharibaan-Nya…Jgn prnah kau ragu ikuti ksyahduan Tauhid yg trkuak…..

  96. Cungkring Cerbon

    Waduch 50jt
    Ponakawan dpt royalti brp tuch

    inna quwwatih
    Nakaban natah kitaban natah
    Wallohu min waroo-ihim muhiith
    Bal huwa qur’aanun majiid
    Fii lauhin mahfuuzh”

    Klo g salah….(nempelin tlunjuk djidat)
    kayaY ponakawan kenal Sama ne Asma’
    Klo g salah masih sodara kembar sm AKR (asma’ kali raje)
    Yg dbaca skian n skian…
    Klo kurg kenceng cb bc ba’da solat ini dan solat itu …..x slma 3hr
    Masih sehabitat dr mana tuch ?(laga’ mikir) wes pokokY masih skandang dg Mohammad Sahroni

    WARNING: JANGAN PERCAYA OMONGAN PONAKAWAN
    ***HAHAHA TAK TIPU………

    ….Ngumpet Sor Wit Warihngin maning….

  97. bodokeremezken.melasi.banget@com

    Sugeng rahayu kakangmas ki alus dan sedulur2 semua.

    aku dudu sopo2 ,aku yo gak duwe opo2 lan aku ugo banget bodone.

    YAA HAYYU YAA QOYYUM YAAHUU YAA QOWIYYU YAA MATIN.

    aku bodo; jagad digelar dengan segala sifat dan lakunya,kebesaranya,keajaibanya,keindahanya dan perubahan2nya yang tetap.

    aku kere: Dia Maha Kuasa atas setiap sesuatu yang ada.

    aku mezken: semua mutlak milik-NYA.

    aku melasi banget: saat pancaindra dan akal sudah berjalan ,semakin jauh aku menghayal dan tidak faham.

    subhanallah

  98. sepengetahuan saya, itu bukan asmak nakaban. terima kasih dan salam KWA-ngen plus plus.

  99. wakgondrongx

    ingkang dahat kinurmatan
    @bopo guru simbah danyang kampus….
    @ki cungkring crb
    @ki joko bodokeremezken
    @poro sesepuhku semuanya…..

    izin ngrawuhi pengajian malam lan tausiyah saking simbah danyange kampus ……..
    sinambi mbakar dupo 234 + merapalkan mantra SEMANGAT MALAM…..

  100. Patramantra

    Hanya orang yang telah belajar sabar dan menerima keadaan dengan berserah diri yang bisa merasakan dan bersaksi akan keberadaan ALLAH. Karena Allah hanya mengajarkan kehidupan dengan kesedihan dan kegembiraan kepada setiap manusia. Allah sering mengajak kita untuk mentertawakan kebodohan dan kesedihan kita di masa lalu. Manusia yang tidak bisa melepas ego dan tidak berani mentertawakan kebodohan dan kekonyolan perilaku diri sendiri yang salah penyebab kesedihan, kekecewaan, kejengkelan dan kemarahan muncul, tidak akan bisa bersaksi. Karena mereka cenderung memilih untuk menyalahkan Allah jika terjadi suatu kegagalan, kesedihan dll. Sesungguhnya penderitaan dunia muncul sebagai akibat perbuatannya sendiri.

  101. ben lah do pinter,
    mpun wayae goro – goro kang,
    monggo di open,

  102. MBAH JATI

    Pinter-pinter ya poro sedulur yg presen hari ini. Saya yang bodoh ini hanya bisa kagum pada Anda semua dan berdoa semoga Tuhan menerangi jalan saya dan memusnahkan segala gangguan.
    Hormat saya untuk Anda poro bolo wong alus.

  103. bodokeremezken.melasi.banget@com

    kalau dikatakan ingat berati tdk jelas, kalau dikatak jelas berati tidak faham ,kalau dikatakan faham bearti tdk tahu, kalau dikatakan dekat maka hacur leburlah tdk ada yg tersisa dan tdk ada bekas sama sekali. lantas seperti apakah kesaksian itu….?

    ki alus dan sedulur2 kwa semua. dan seandainya bisa diungkapkan atau diuraikan atau dijabarkan atau dijelaskan mohon ajari saya syahadat yang benar….? kanti atur maturnuwun sanget.

    sajadah jagad digelar puji syukur mutlak kepada-NYA.

    subhanallah

  104. wakgondrongx

    haaahhhhhhhh..wis embuh…….
    arep nderek nulis,temane yo babakan penyaksian,cinta lan roso,….
    bingung aku……nk di gambarno,gambare roso iku koyo ngopo….
    wis.. embuh kono………sing penting roso ne kuwi dudu ROSO-ROSO, RASAN-RASAN, utowo ROSO KOYOK SING DI SPONSORKE MBAH MARIJAN…….
    masih istiqomah mbakar dupo 234..sinambi nunggu wejangane simbah danyange ….

    duh gusti……
    yang kuinginkan dari-MU ialah,bahwa aku hanya ingin Diri-MU……

  105. ari1007

    nderek absen tengah malem…………..
    monggo poro pinisepih di lanjut malih…kulo nderek nyimak mawon

  106. hitamlegam

    ==ijin nyimak diskusi poro sepuh di pinggir batu. salam karaharjan. alfatihah sent.==

  107. bayu prakasa suroboyo

    INDAHX JIWA2 YG MENGETAHUI MARIFAT…ijin nyimak lagi sampai benar2 paham.Amin….ALLOHU AKBAR.

  108. wakgondrongx

    @ki watu item; sssssssssssss ancene sengaja kulo tulis kathah, ben semangat…….,he..he..he……
    kango ngilingke,ben ora mung podo nulis ass thok,utowo askum, salekum,…….

  109. bodokeremezken.melasi.banget@com

    hikz hikz hikz hukz hukz hukz huwaaaaa pripun niki kelajutane ,nak ngeneiki tezoz lha aku kapan pintere, yo weslah pencen durung wancine. sopo yo seng gelem ngajari kanti ajek lan sabar wong bodo wong kere wong mezken koyo aku iki. yoweslah ntrimo wae opo pestine…
    Kaulo nyuwun pamet tak bobo’ riyen nggeh .kaulo nyuwun keikhlasan doa pengestune kemawon.nuwun

  110. Sartono jenar

    Nderek nyimak ngendikane poro sesepuh anggenipun mejang ilmu lan ngelmu roso…rinoso…lan…rinasa’ake mring manah_mbuh omong opo iki…he…monggo dulur2 dilanjut smbil membakar menyan_wise_me_luck…….

  111. Diteliti, dimengerti, hati2… Sesungguhnya yg di cari itulah yg mencari…

  112. Niky Sinten

    Hijab paling tebal seseorang untuk ma’rifat pada Allah adalah keakuan (ego) manusia itu sendiri. Aqal manusia yang sering kita banggakanpun merupakan sebuah hijab,bagaimana kita mau mengenal keberadaanNya menggunakan aqal kita ” lha wong aqal sensdiri tidak dapat menjelaskan akan keberadaan aqal itu sendiri” kalau ada yang protes monggo buktikan bagaimana bentuk aqal sampean? besarnya seberapa? apa warnanya?
    “Tinggalkan Aqalmu, tanggalkan amal dan ibadahmu, masuklah sendiri ke Hidrat Ketuhanan” Ma’rifat adalah karunia bukan imbalan. Kalau kita masih bangga dengan amal dan ibadah kita dengan berharap pahala/surga dimana nilai ikhlasnya? Seandainya pada itu duit apa kita tidak dibilang mata duitan oleh Allah,mau mengerjakan amal ibadah kalau dikasih duit. Mari perbaiki keikhlasan kita semoga Allah membukakan hijab-hijab diri untuk ma’rifat kepadanya dengan sempurna.

  113. Gembel Gerbang Kampus

    “Jikalau Rabbmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berikhtilaf (berselisih pendapat). Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Rabbmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka … .” (QS. Hud : 118-119)

    “orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu” adalah orang2 yg telah diciptakan Tuhan dengan sifat-sifat yg didalamnya terdapat nama-nama indah dan sifat-sifat-NYA, sehingga makhluk mengenal mereka.

    Allah menyatakan kebenaran dan membimbing siapapun menuju jalan yang lurus.

  114. Asw…Artikel yg menarik ki wong alus,salam rahayu…Pertanya demi pertanya tiada habis2 seperti contohnya pertanyaan mana yg duluan ayam atau telur yg ada didunia???Sy yg bodoh ini akan berusaha akan mencari marifat sy sendiri,hanya Alloh yg tahu jawabannya yg menentun tinggi rendahnya marifat seseorang,Kita hanya berusaha sebaik mungkin yg terkadang baik menurut sy belum tentu baik jg menurut anda semuanya kembali kehidrat Alloh wallahualam,hanya Alloh yg tahu segalanya semoga kita semua mendapatkan hidayah dan rahmat yg berlimpah dr Alloh.Salam rahayu

  115. atok bujang

    tuhan itu satu
    kita yang tak sama ..
    haruskah kita lantas pergi..
    karena tuhan itu satu
    kita yang berbeda
    harus kah aku lantas pergi..
    (syair lagu pop indonesia)
    (senyum)

  116. Syukron

    UFO..UFO…UFO.. :-P

  117. ===== jangka sewu =====

    asalamualaikum
    absen pagi aja

  118. nasrudinkb

    Selamat pagi, Salam semua….. satu perbahasan , pencerahan yang menarik serta banyak komentar dari keluarga KWA yg bernas, alhamdulillah , semoga bertambah pengetahuan saya, amin.

  119. Untuk Mengenal Allah harus mengenal diri sendiri dulu baru bisa mengenal Allah Man Arofa Nafshau Faqod Arofa Robbahu barang siap kenal dirinya pasti mengenal yang menciptaknnya dan hadisnya lagi Man Aroffa Robbahu Faqod Jahilan Nafsahu dan barang siapa tahu akan yang menciptakannya kita tahu bahwa kita ini bodoh
    Nah kita bertanya siapa diri kita sebenarnyya ?…….
    Untuk mengenalnya kita harus tahu sifat 20 dari sipat Allah nah ada engga sipat dua puluh yang ada di diri manusia atau diri kita sendiri?
    Cari oleh kita sampai kita ketemu ?
    Sesuai Hadis Juga Bahwa Man Tolabal Maulan Faqod Goeri Dolla Dolalan Baida barang siapa mencari Allah Diluar diri kita adalah Sesat yang nyata
    Nah Loh Tanya siapa diri kita ?
    Yang Berbisik bisik dihati manusia Siapa tanya itu? ko Kendengaran sama telinga kita ada berapa lekukan telinga kita secara dhohir dan batin maka pendengaran ada berapa tingkat dalam alam ini sensuai Alif Laam Miim atau di baca Alam maka nya dalam surat Albqoroh pertama Alif Laam Miim Daliqal Kitabu La Roiba Hudallil Mutaqqin
    Dalikal = Inilah Kitab
    La Roiba = Tidak ada Keraguan
    Fi Hi = Di dalamnya
    Li = Bagi
    Muttaqqin = Orang Orang Taqwa

    Jadi Kitab Yang Mana semua itu kita cari ?
    Alif = Allah Laam = Jibril Mim = Muhammad
    Jadi Kitabnya dari Allah kepada Jibirl turun Ke Muhammad

    Kitab Ada Dua Yang Tersirat dan yang tersurat mana kitab yang tersurat dan mana kitab yang tersirat

    Kita Buka dalam diri kita ?

    Karna kitab ada empat Injil Jabbur Taurot terangkum dalam Alqur’an =
    nah itu juga terangkum dalam surat Alfatihah dan terangkum pula dalam Bismillah .. jadi Huruf.
    Bi Asal Kata = Basirun = Melihat
    Sa ———- = Samiun = Mendengar
    Ma …………… = Mutaqalimun = Mengucap

    Itu semua ada dalam diri kita dan akan diminta pertanggung jawaban di Akhirat nanti karna Allah sudah mengasih kepada kita Tujuh Anggota Sujud di Kepala kita yang kita harus teladani ?

    Ah ke aqean kang arep di tulis jadi kulae cape anngg ?
    jadi loba teuing nu rek ditulis jadi cape Uing?

    Pek Weh Kumaha Darinya Ahhh ?

    Barang kali ingin lebih mendalami Ilmu ini silahkan datang ke Padepokan aja gratis ko hehe hehe ?

    M. Yusuf/ Padepokan Tauhid Cirebon

  120. laskar lembu suro

    aslkm..absen pagi ,met pagi sesepuh@ki alus@ki BC@KI AGENG JJ@KI ABDUL JABBAR@KI NUR JATI@MAZ KHOZIN@MAS KRISNA@LAN SEDOYA KE MAWON boten saget nulis siji ”,mugi tansah karahayon ,

  121. aku dan kau suka dancow……kumitir dan wong alus sedang mempermaikan si Darno………..kelekelekel

  122. Aslam wr wb…Seperti yg sudah2tetap setia menunggu pelajaran sesepuh kwa selanjutnya…..Dengan sabar di pojok kampus…

  123. bodo kremez cari manusia -manusia lain selain dirimu untuk kau jadikan saksi…………pernyataan dirimu dengan pengakuan Mu
    siapa Tuhanmu….siapa nabimu……..
    terserah anda namun usahakan yg telah kau kenal kesolehannya

  124. laskar lembu suro

    aslkm..ki yusuf,manteb penjelasanya,

  125. ingat bodo kremez ada yg diserahkan kepada manusia termasuk ente dengan menggunakan komputer tanpa ijin telah kau gunakan berarti ya telah jadi milikmu……hikhikhikhik

  126. @ sakiran wildan gelo……………..gegreggrgegrgegrgegrg

  127. makasih mas dezzo…………alias……….yg canggih

  128. absen di waktu dhuha……..

  129. Oval75

    Ass. Salam semua…..Lanjut……izin nyimak………

  130. pemaparan yg bagus….nek kulo mboten nyandak pikirane…nembe syariat mawon tasih dereng mudeng…
    ra mudeng…..tetep rodo mumet.
    slm sesepuh,pinisepun,sedoyo sedulur wonten jagad ndunyo,….bopo guru….
    bade urun rembuk ngih dereng nyampek pikire…..
    nyimak kemawon…..sambil nunggu pulung…..nuwun dalem sewu

  131. Patramantra

    Kesaksian secara KHASHAF dalam artian melakukan MIROJ seperti nabi Muhammad saw ketika Jibril sudah tidak mampu melanjutkan perjalanannya lagi. atau seperti Nabi Musa a.s melihat gunung Tursina hancur dan Nabi Musa pingsan. Orang Jawa mengatakan mencapai SANGKAN PARANING DUMADI. Orang Tao mengatakan mencapai WU CHI. Orang Yogi mengatakan mencapai SONYA.

    Sudah
    Tiada kata yang cukup untuk menjelaskan semua itu.

    Orang memberi arti dalam kata “KOSONG” atau “HANCUR LULUH/LEBUR”.

    TIADA YANG MELIHAT DAN TIADA YANG DILIHAT
    TIADA YANG MENDENGAR DAN TIADA YANG DIDENGAR
    TIADA YANG MERASA DAN TIADA YANG DIRASA

    ini hanya pemahaman bukan/belum menjadi pengalaman saya.

  132. atok bujang

    assalamualakum
    (senyum)
    semua rasul mempraktekan makrifah pada masa nya.
    nabi adam AS pada masa nya
    nabi syis as pada masa nya
    nabi daniel as pada masa nya
    nabi musa as pada masa nya
    nabi isa as pada masa nya
    akhir masa makrifat setiap nabi adalah muncul nya nabi yang baru.
    nabi Muhammad SAW mempraktekan makrifatulah & masa nya sampai yaumil kiamat (senyum)
    huawlohu ahad
    yang memahami AHAD sempurna hanyalah AHMAD
    beda nya hanya pada huruf
    MIM..
    dan kita semua mengikuti nya menikmati ajaran nya
    (senyum)

  133. Patramantra

    Kesaksian secara KHASHAF dalam artian melakukan MIROJ seperti nabi Muhammad saw ketika Jibril sudah tidak mampu melanjutkan perjalanannya lagi. atau seperti Nabi Musa a.s melihat gunung Tursina hancur dan Nabi Musa pingsan. Orang Jawa mengatakan mencapai SANGKAN PARANING DUMADI. Orang Tao mengatakan mencapai WU CHI. Orang Yogi mengatakan mencapai SONYA.

    Sudah
    Tiada kata yang cukup untuk menjelaskan semua itu.

    Orang memberi arti dalam kata “KOSONG” atau “HANCUR LULUH/LEBUR”.

    TIADA YANG MELIHAT DAN TIADA YANG DILIHAT
    TIADA YANG MENDENGAR DAN TIADA YANG DIDENGAR
    TIADA YANG MERASA DAN TIADA YANG DIRASA

    ini sih hanya wacana / pemahaman bukan pengalaman dan belum menjadi pengalaman secara khasaf saya.

  134. atok bujang

    @budak gemblung
    salam takdzim
    masyaallah hanya sedikit yang memahami apa yg antum gores
    (terharu)
    hanya pandai emas yang mengerti emas…
    hanya mahluk dhoif yang memamahi diri yang dhoif untuk bersandar pada khalik nya
    subhanallah antum shidiq
    yaa akhi…..

  135. atok bujang

    @kang patramantra
    salam takdzim kakang

  136. Patramantra

    @ki Antok Bujang Salam takzim kembali….

  137. Patramantra

    @ki Atok Bujang Salam takzim kembali….

  138. Ass Ki Wong Alus dan keluarga besar KWA semua, saya yg faqir ilmu ini numpang ngetik,,,
    ada tahapan tahapan proses utk mencapai tingkat makhrifat,makhrifatullah adalah ihsan,untuk mencapai itu semua harus ada syariat (cara),hakikat(yg sebenar2nya), Tariqat (Jalan) dan baru Mahrifat (menyatakan,menemukan).
    Dzat Allah adalah mustahil bisa ditangkap oleh indra lahir dan indra batin,jgnkan manusia biasa,rasululullah sendiri tdk bisa menangkap signal dzat, tetapi Allah maha tahu,diturunkan Sifatnya,maka pelajarilah sifatnya,karena hanya Dia yg punya sifat2 tersebut,dengan mengerti sifat kita akan mendekat dan menemukan Ihsan, Siapa yg tidak melihat Allah di Dunia tidak akan juga melihat Allah d Akhirat,jembatan yg harus dilewati antara manusia dengan khaliqnya adalah sifat-Nya.
    Semuanya itu kembali kepada ajaran rasulullah,ternyata Rasululullah sendiri “tidak bisa” shalat buktinya beliau mengajarkan jika muazin memanggil shalat (Hayya’alasholaah) beliua menjawab Lahaula,,,,,,,,,, artinya disini konsep “tuhan yg disembah dan tuhan yg menyembah”pelajarinya sifatnya, temukan “AkU” insyaallah harapan kita utk ihsan akan tercapai,sehingga hidup dan ibadah kita lebih punya “Roh”..Allahualam.

  139. Nyimak aja deh….ngk ngerti….hehehe….

  140. JAngankan ke sareat atau tarekat dan hakekat dan terus marifat dirikita juga tidak tahu tuh Jalan Selamat
    1 Sareat = Kitab Jabur
    2 Tarekat = Kitab Toret
    3 Hakekat = Injil
    4 Marifat = Al-qur’an
    Baru Selamat = Asal kata Assalam Nama Dari Nama Asma Allah itulah Islam Makanya baca tuh Al-qur’an ada semunya tuh baik ilmu lahir dan batin cari guru yang sejati pasti ana ning jero ati

    He He He

    Salam Kenal Semua Mahluk Mahluk Alus Eh salah Wong Alus Kabeh…..
    Kudu Halus Budi Pakertine Kudu Mantef lan Alus Pituture lan Kudu Ngerti Kehalusan yang ada didiri manusia atau diri kita pribadi.
    Karna Allah Maha Halus Al-Latif jadi kalau ingin alus ya belajar kehalusan budi pakerti ana ning Qur’An Hadis. Ijma lan Qias

    mangga dilanjut jut juragang juragan arane budak gemblung tulisane ge ya gembulng mawon lan mangan nasi rawon dibarengi tawon di peturonan hehe hese ningan make baha jawa teh euy ah uing pabaliut

    081313027665 telepon kulo barang kali ada yang nanya keterusannya

    Nyungsep maning

  141. Patramantra

    @ki Budak Gemblung salam takzim…… minta mailnya boleh kan…….?

  142. Patramantra

    Ki Iblis mengajarkan
    HIDUPLAH DENGAN SYARIAT……………., MATILAH DENGAN HAKEKAT……………., TEMPUHLAH JALAN MA’RIFAT…………, CAPAILAH SYAFA’AT……………….
    Ada pemberi syafa’at yang khaq
    Apakah/siapakah itu pemberi syafa’at yang khaq dalam menempuh jalan ma’rifat……………….???

    TIADA LAHIR TIADA BATHIN

  143. sapto

    Selamat malam….
    nyimak para sesepuh yang mbabar KWA-RUH….

    Apakah makrifat itu proses EVOLUSI manusia dalam pencarian kembali untuk menemukan Tuhannya….?
    Tolok ukur pencapaian makrifat itu apa…..?
    Kalau proses makrifat dimulai sejak turunnya Nabi Adam dan mengalami evolusi dalam rentang yang panjang sampai Nabi Muhammad….tentulah evolusi berproses kearah kesempurnaan.
    Kenyataannya kalau memang seperti itu, kemakrifatan itu sendiri menjadi semakin mudah untuk dicapai….
    kenyataannya….
    Kemakrifatan masih menjadi sesuatu yang sulit untuk dipahami….
    Permasalahannya di mana…..?

    (nunggu pembabaran KWA-RUH dari para sesepuh)

    matur nuwun

  144. atok bujang

    senyum senyum saja

  145. sapto

    ki @atok bujang
    monggo dibabar Kwa-ruh nya ki….

  146. Patramantra

    @ki sapto : makrifat bukanlah proses evolusi manusia untuk menemukan Tuhannya. Tapi sebuah proses pengembalian jati diri manusia kepada Sang Pemberi Hidup untuk mencapai SANGKAN PARANING DUMADI (YANG AWAL DAN YANG AKHIR SEMUA KEJADIAN). Karena kenyataan dunia yang tidak kekal dan selalu berubah-ubah telah membuat manusia mengalami banyak penderitaan. Hal ini telah memacu manusia untuk mencari suatu kebahagiaan yang kekal. Dan hanya manusia yang mau belajar bersikap sabar untuk menerima kenyataan hidup dengan berserah diri yang bisa lepas dari penderitaan. Atau mencapai kesadaran ROH. Manusia sudah tidak lagi dipengaruhi oleh emosi. Karena emosi/napsu adalah hiasan hidup manusia yang akan datang silih berganti.
    Dalam Riyadohnya manusia belajar untuk mencapai KASAMPURNA NING PATI (inalillahi wa inalillahi roji’un).
    Mungkin dari pemahaman saya cuma segini mas karena saya juga masih belajar………………..Kok mas……………….

  147. Patramantra

    REFERENSI bacaan
    pemberi syafa’at yang khaq kayaknya ada di wedaran wirid 1 diblognya ki kemitir. Baca pula kadalnya ki iblis terutama dalam komen/dialog denga teman-teman yang lain

  148. sapto

    ki @Patramantra
    matur nuwun atas penjelasannya…..

    kalau memang tidak ada proses evolusi, berarti memang tidak ada perbedaan sejak jaman nabi Adam sampai sekarang dalam pencapaian kemakrifatan.
    Secara logika juga masuk akal karena manusia dari Nabi Adam sampai sekarang diberi instrument yang sama.
    Apa memang demikian Ki…?
    Lha kalau kemudian dihubungkan dengan kitab-kitab suci yang telah diturunkan kepada para nabi, yang sepertinya ada proses bertahap (evolusi…?), apakah itu secara langsung tidak ada hubungannya dengan kemakrifatan….?

  149. salam damai

    Nabi Ibrahim AS yang memiliki kedudukan amat mulia di sisi Allah SWT melalukan perjalanan mencari yang pantas disembah, dia melihat matahari yang lantas mengira itu yang pantas disembah ternyata ketika matahari tenggelam dia berkesimpulan bahwa todak mungking Tuhan tenggelam, dst kepada Bulan bintang dll sehingga pada ujungnya beliau berkesimpulan bahwa dzat yang wajib disembah YANG MAHA MENCIPTAKAN SEMUANYA disinilah batas dari kemampuan akal, pada tahapan ini lantas DZAT itu memperkenalkan diriNYA kepada ABBUL ANBIYA IBRAHIM AS melalui Wahyu. memperkenalkan namaNya, menerangkan sifatNYA. mohon maaf jika salah

  150. Patramantra

    @ki sapto: maaf saya hanya orang biasa bukan ahli kitab. Tapi saya hanya menandai bahwa orang yang selamat adalah orang ISLAM. Banyak literatur islam yang menyatakan sejak nabi Adam sampai nabi Muhammad semuanya adalah Islam.
    Ada yang memberi arti ISLAM dari tata bahasa Asalam dan yang lainnya (saya gak hapal)
    ISLAM = Selamat
    ISLAM = berserah diri

    Mari kita renungkan
    *Muhammad pemberi syafa’at
    *umat Muhammad yang masuk surga terlebih dahulu sebelum umat nabi yang lainnya
    *Nur Muhammad penciptaan awal sebagai unsur pembentuk jagad dan isinya
    *tiap manusia adalah khalifah/utusan
    *Nur Muhammad ada pada setiap diri manusia
    *siapa pemberi syafa’at yang khaq
    *siapa pemberi pencerahan terhadap semua manusia nur muhammad apa nabi muhammad?
    *nabi Muhammad adalah manusia yang mencapai derajat Rosul. Kita juga manusia yang memiliki unsur yang sama.
    Tubuh fisik, angan-angan/pikiran,nabsu,budi,cahya,hidup dan yang menghidupi.
    Ibarat sebuah minuman kopi, kita juga memiliki unsur yang sama ada air kopi gula susu cream gelas cawan tutup gelas. Hanya saja yang membedakan adalah rasanya.

  151. Patramantra

    NUR MUHAMMAD dalam ajaran hindu disebut WISNU.
    Siapa pun mereka yang telah bisa bersikap sabar menerima kenyataan dengan berserah diri kepada Tuhannya bisa disebut telah mencapai jalan Islam.
    Maaf jika ada salah.

  152. Asw…Tambahan ki Patramantra yg beda 1 lg jaman nabi mereka umurnya panjang jd kesempatan lbh panjang utk menyempurnakan marifat sama spt makan 6piring dlm 1jam dan 6piring dlm 10menit mana lbh merugi?Yg lain mongo lanjut pembahasan maklum sy org awam dan org bodoh,ngak berani bicara sembangan nonton aja.

  153. :-) lg nunggu sesepuh lain memberi pencerahan:
    mengamati,teliti,cermat,mendengarkan,menghayati,menanamkan diri,melakukan,ikhlas,dan rendah hati.
    Lipat tangan duduk tegak diam siappp… Murid belajar.

  154. The Man Mengajar adalah Belajar barang siapa mengajarkan ilmu pada hakekatnya dia sedang belajar ilmu he he jadi panjang nya
    kamarana urang bandung euweuh katingali nya banten mana garut surabaya antar propinsi dalam kota itulah manusia
    nglantur man mangga dilanjut jut agan agan sadayana

  155. sapto

    ki @patramantra, matur nuwun KWA-RUHnya

    mas @salam damai
    mas @the man
    ki @budak angon
    salam salim…….

    salam karaharjan buat sedulur semua….

  156. sapto

    ki @budak gemblung,
    maaafff salah tulis nick name,hehehe……

  157. Urusan orang mau ngapain aja……itu memang urusan orang tsb dan Tuhanya……..
    jd benar kita gak berhak urusi orang lain…..krn yg baik tentu baik….yg jelek blm tentu jelek…..krn soal hati….atau qolbu…….
    saya suka tirakat…….tp saya sering berhubungan sm gaib dan hal ajaib……
    Tp ada yg buat aq penasaran ttg makrifat…….makrifat artinya weruh…..atau melihat Tuhan……katanya dg makrifat saya bs melihat Tuhan…….saya sering bertemu jin sakti…..leluhur sakti……….buat saya mudah bertemu mrk…..tp tiap hajat bertemu malaikat…….gk pernah ada jawaban waktu semadi……apalagi bertemu Tuhan……
    Soal ilmu yg ada di sini semua baik tp cuma metode/teori……yg paling utama adlh tirakat……
    bagi anda yg ingin ilmu ajaib……..saya bisa bantu……..gratis……..cm anda hrs datang di rumah saya……..
    dulu waktu saya masih belajar ilnu ajaib……saya pernah jadi gedibalnya soeharto….mirip anjing kan? saya salahsatu dari seratus paranormal soeharto yg berasal dr seluruh indonesia
    waktu itu saya msh baru belajar……masih kalah sm uang….tp soeharto pernah butuh jasa saya……
    tp bagi anda yg ingin ilmu ajaib bs temui saya….gratis…..ilmu apa yag anda minta ada…..
    Saya ada ilmu ajaib namanya Ilmu SIHIR PERSIA……..saya dapatkan 2 bln yg lalu dr penyihir yg hidup 3000 thn yg lalu dr persia…..
    saya komunikasi pake bahasa kalbu…
    dengan ilmu ini anda bisa dapatkan apapun yg anda inginkan…..
    ada cewek cantik dan anda tertarik……tinggal sihir jadilah milik anda…
    ingin punya uang tinggal sihir…..datanglah uang……
    ilmu ini 100% sihir…..
    saya bisa tranfer ke tubuh anda…….gratis…….
    saya awam soal agama……tp saya paham soal hati……dosa atau gak saya gak tau……tp saya penganut ilmu sejati yg merupakan sumber keajaiban diri…..
    anda ingin ilmu sihir persia…….datang sama saya….anda bakalan kaget dg kemampuan supra anda…………anda bisa mencoba ilmu tsb…..selama saya hidup…..jd anda bisa dihilangkan lagi sihir anda oleh saya…..
    mirip mainan ya?
    ya….ilmu memang mainan………yg penting adlh sembah sirr…..atau sholat daim…..sholat yg terus menerus…..
    bagi saya ilmu ajaib cuma mainan….
    ntar kalo anda minta ilmu di cabut…ya saya cabut ilmu sihirnya…..
    anda akan kaget saat anda rapal 1 mantra basa persi…….
    tangan anda bs keluar api…..keluar salju……tergantung niat….
    bisa buat apa aja…….
    anda dijamin bs jadi pemenang………
    jk anda baca di kuburan pd malam hari……mk 5 menit akan keluar ratusan makluk muncul nyata dan sujud di hadapan anda……aslinya bkn sujud sm saudara….tp sm ilmu tsb……
    ilmu sihir persia…….
    100% sihir
    jd bagi anda yg masih mikirin duniawi….ilmu ini buat jd pemenang……
    jk di buat gendam……baca mantra persia 1x mk………dia akan seprti hamba…..jd gk usah pake mgomong segala……buat pelet baca mantra lalu dalam hitungan menit dia bilang I love you….meski belum kenal……………….
    tp ingat….jk anda ingin transfer ilmu dr saya itu murni pake khodam yg bs di saya cabut kalo anda inginkan…….hub saya di nomor 0818310683

  158. salam damai

    Para sedulur semua yang terhormat hakekat dari tujuan makrifat adalah tercapainya keyakinan yang seyakin2nya bahwa Dzat Yang Maha Pencipta itu benar2 ada, jalan untuk mencapai makrifat itu bermacam2 antara lain ngaji diri sebagaimana dalil bahwa jika engkau ingin mengenal Aku maka kenalilah dirimu dan ngaji alam sebagaimana dalil dan diantra tanda2 kekuasaan Allah adalah diciptakannya angin yang akhirnya jatuh sebagai hujan sebagai rahmat bagi bumi dan masih banyak lagi jalan yang lainnya. apapun jalannya silahkan ditempuh dengan tidak saling merasa lebih benar. Hasil dari pencapaian tersebut akan terekam dalam perbuatan2 hidup. adapun perbuatan2 hidup itu besifat pilihan2 oleh karenanya maka setiap pilihan2 yang kita putuskan akan ada pertanggungjawaban dihapan Allah SWT itulah yang dinamakan takdir. oleh sebab itu marilah kita senantiasa mohon perotonganNya agar tetap di jalan yang lurus (ihdinashshiroothol Mustaqiem) Amiin. mohon maaf jika salah.

  159. ali

    ass.salam tuk semuanya.nah pelajaran ini yg saya tunggu2.izin nyimak sambil meresapi maknanya

  160. susah ya melawan nafsu ku sendiri duh ngusti neda pitulung abdi hoyong ditetepkeun iman islam

    mangga di lanjut

  161. atok bujang

    hehe
    ada om gatholoco disini
    salam kompak lagi om
    juga sama rekan kampus yang lain.
    salam juga buat praktisi saptodarmo,honggodermo & kasepuhan nya om gatholoco.
    (senyum)

  162. guspur

    setau saya marifat artinya tau kalau marifatubilahitaala berarti tau akan allah (dimana,sedang apa&yang seperti apa) santri metal ciamis(085310145625)

  163. Newbie

    Assalamualaikum,,, :)
    Wah bgus skli artikelx,, aku salut sama coment suhu2 disini,, tpi ni bhasan 2011,, aku telat leatx,,

    Msh nyimak ,,, wslm,,

  164. invite me 7FD30D7D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: