CARA MENGENAL ALLAH (MAKRIFATULLAH)


Assalamualaikum wr wb.

1. Berpikirlah dengan seluruh kecerdasan anda dan rasakanlah dengan seluruh rasa anda tentang Dzat, Asma (nama) dan Af’al (perbuatan)-NYA.
2. Selanjutnya akui bahwa pikiran dan perasaan anda tentang-NYA itu pasti SALAH karena ALLAH SWT berbeda dengan apa yang anda pikirkan dan anda rasakan tersebut dan ini adalah sifat-NYA; yaitu berbeda dengan semesta kemakhlukan.
3. Kemudian laksanakan sholatlah untuk memohon ampunan atas kesalahan anda pada-NYA.

Wassalamualaikum wr wb.

@wongalus,2011

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 115 Komentar

Post navigation

115 thoughts on “CARA MENGENAL ALLAH (MAKRIFATULLAH)

  1. Angen sumiler

    hadiir

  2. Angen sumiler

    hadiir…, Gos

  3. Pencari hidayah

    Absen mlm.

  4. siswanto

    absen !!!

  5. Anto Bwok Samudera Putih

    Hadir dan ikut nyimak Ki…

  6. sai

    23456,,,,dst,,
    tak borong kabeh,,,

  7. om wawan eeeees

    telatttt polllll

  8. om wawan eeeees

    yang penting 10 besar. hehehehhe

  9. sai

    aduh terlambat dikit,,,,
    @ll;salam salim salam KWAngen slalu,semangat malam smua,,,

  10. om wawan eeeees

    10. hehehehe

  11. Pencari hidayah

    Ass…mas angin s…..lam kenal,…Sunyi podo nandi kabeh iki, ma’rifat adalh pengenalan pd sang khalik dgn lbh dkt. Tp sayang artikelnya msh krg panjang,mhn sesepuh tuk dbabar lbh jauh lg

  12. ari1007

    Absen tegah malam,…………
    Sambil nunggu pembabaran selanjutnya……..dari poro sesepuh KWA

  13. om wawan eeeees

    @ Pencari hidayah, met malam
    @ sai, salam kwangen.
    @ Anto Bwok Samudera Putih, salam salim ki
    @ Angen sumiler, salam salim ki
    ikut nyimak kuliah malam

  14. Adhi_seti@.

    Hadir..sinambi ngantuk2 sitik….ko’ spi pd mlm mgguan y..

  15. angon

    mbah alus… nuwun atas jawabanipun….? sdh tugase wong angon nggiring bola untuk menghasilkan gol…..

  16. aiebie pk18

    من عرف نفسه فقد عرف ربه
    “barangsiapa mengenal dirinya sendiri, maka sungguh telah dia telah mengenal tuhannya”

  17. @Kanjeng angon: mantapppp…. Artikel ini adalah hasil cangkrukan saya dengan ki angon di fesbuk. Matur nuwun kanjeng angon. Operannya mantap dan akhirnya sang eksekutor harus melesakkan bola ke gawang. @all sedulur: salam.

  18. om wawan eeeees

    @ ki wongalus, @ ki angon, salam salim ki, menawi nyuwun penjabarane tentang mengenal allah ini saget. maksud saya praktek pengamalannya. nuwun

  19. Angen sumiler

    Assalamu’alaikum

    @ki wongalus lan sdoyo staf
    @mas hidayah
    @mas siswanto
    @mas anto
    @mas sai
    @mas wawan
    @mas adhi
    @mas angon
    @mas ari
    @kangmas2 kampus
    Salam knal lan paseduluran…

  20. angon

    pengumuman: inilah amalan paling gamblang…. tanpa puasa mutih, tanpa ijazahan, tanpa mahar…. tinggal nawaitu: niat ingsun arep dadi wong salah anggone mikir babagan Gusti Allah kang tan kiniro koyo ngopo….
    rasakan…..perubahan dalam diri anda, tidak manjur uang kembali (hehehe berarti ki wongalus tombok dong, wong tadi tanpa mahar…)

  21. Sartono jenar

    Nyimak mawon…..

  22. gusbonex

    hihihihihihi singkat bin padat binti simpel alias sederhana, al-fatihah sent ane gabung untuk brother semuanya, hihihihihihihi

  23. om wawan eeeees

    @ ki angon, minta ijin mengamalkan , nuwun

  24. angon

    mas wawan, salim juga ya…. bgm kabarnya? monggo ki alus mawon ingkang njawab pitakonanipun panjenengan….

  25. @om wawan: heheheh… mikir dan merasa itu sudah praktek karena setiap orang pasti mempraktekkannya setiap saat. Sederhana tapi entahlah kok manusia sukanya malah yang rumit rumit.

  26. Yudha Kelana

    kalau jabarin bok yao yang detail gitu….. biar jelas nich…..

  27. om wawan eeeees

    @ ki angon , baik ki, alhamdulillah sehat , matur nuwun dongane njenengan.
    @ ki wongalus, ngeh matur nuwun sanget. saya coba dulu.

  28. Angen sumiler

    monggo dipun tindaaken..
    salam sedoyo..pamet

  29. @yudha: sudah jelas banget. apanya yang mau dijabarkan lagi? kita mungkin terbiasa berpikir rumit jadinya yang sederhana malah terasa aneh.

  30. gusbonex

    testing testing

  31. gusbonex

    ane nggumun bin hueeran, koment dari tadi kok gak masuk-masuk yaa, cobak lagi ahhhhh
    hihihihihihihi

  32. gusbonex

    cobak sekali lagi ahhhhhh
    brother@yudha, kalo sampeyan masih bingung binti ora mudeng, silahkan pake cara ane azza, sory yaa brother@wongalus, hihihihihihihihihihi

  33. @monggo gus bonex: banyak cara menuju satu tujuan. salam yg terbaik.

  34. om wawan eeeees

    KAMI MOHON PARTISIPASI SEDULUR MENJADI ANGGOTA KEPANITIAAN.
    PANITIA MEMBUTUHKAN PARTISIPASI ANDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PANITIA YAITU 35 ORANG PANITIA.
    KI BAJUL KESUPEN (KETUA A)
    KI BENGAWAN CANDHU (KETUA B)
    1. pencari guru sejati semarang 082133526671
    2.
    3.
    4.
    5.
    6.
    7.

    di mohon poro sedulur yang berminat jadi panitia segera mendaftar, terutama area magelang dan sekitarnya.

  35. atok bujang

    salam kerahayoean ki wongalus
    dan rekan rekan kampus seluruh nya….
    (senyum)

  36. gusbonex

    matur kasuwon brother@wongalus, brother@yudha, udah di re-posting ama mbah@surip di pengobatan 3, tapi ane saranin, sampeyan minum jamu ane sebelumnya krn ane takutkan kalo sampeyan langsung melakukannya n berhasil, maka ada dua kemungkinan: satu: sampeyan akan kelojotan, yg kedua sampeyan akan keenakan, hihihihihihihihi

  37. Mandor turu

    @datok bujang salim salam hormat
    @gus bonek salim yok nopo kabare warung mbok yem?

  38. gusbonex

    hehehehehe brother@mandor turu sing seneng turu nafsune, masih inget aja sampeyan ama si mbok yem yg cuanntikk itu, hehehehehe

  39. Mandor turu

    Iya gus tadi saya mampir di warunge mbok yem sepi gus, tp tambah enak tambah ayem ati kulo gus bonek.

  40. gusbonex

    brother@mandor turu, inipun warungnya mbok yem, tapi versinya brother@wongalus, hihihihihihihi, ueeenak yaa leyeh-leyeh diwarungnya mbok yem, semuanya tersedia,makanan batin apalagi makanan dhohir, tinggal ngomong aja kedianya,heheheheheheh

  41. gusbonex

    brother@mandor turu, melek-an kok gak ada yg diuntalll, nihhh tak buatkan kopi susu rasa al-fatihah, dihabiskan yaa, hihihihihihihi

  42. gusbonex

    sebentar yaa, tak utangkan ke mbok yem sokam rasa kun bismillahirrohmanirrohim fayakun buat sampeyan, hihihihihihihi

  43. Asw… Ki alus salam rahayu,ki alus boleh minta no. hp-nya?No.Hp sy 085792023619 tolong sms ki alus.
    Ada yg tahu no.Hp ki alus tolong dong no.Hp diberitahu?Makasih sebelumnya.
    Salam asih asah asuh…

  44. 1181 KWA PALUI

    Nyimak…

  45. denyanto

    assalamualaikum
    nderek nyimak…
    salam asah asih asuh sedoyo sederek keluarga kwa,semoga rasa syukur kita dpt mndekatkan diri padaNya.amin

  46. ki cilik

    salam kenal dr sy
    buat para sesepuh n sedulur2 smuanya

    bener apa yng di ktkan ki wong alus

    ALLAH tdk bisa d jngkau oleh pkiran

    Beljar mngnal ALLAH
    hny mlalui batin pikiran hnya sarana pnympai an aja

    mohonlah pda NYA agar DIA mngnalkan DIRINYA pada diri kita
    tp knali dulu diri kita

  47. Gandri

    ?

  48. matroji

    HADIR,MOHON IJIN NYIMAK.

  49. bayan

    Test

  50. langsung dicoba…. bisa gak yaa………….

  51. bayan

    Salam salim salaman. Saya punya punya pengalaman simple. Kita gak usah ribet, tujulah yakinilah nukat ghoib yang menghidupi kita. Istilah dari mbah yaitu sing nandur awake dewe. Kita ini tak ada atau mati, telusuri yang hidup menghidupi kita atau yang punya hidup sejati. Bila merasa udah dekat dg hidup maka matilah atau yakini mati, dalam mati akan menyaksikan kebesaran sang hidup, dalam mati kita dilewati firman dan kun kun sang hidup ibarat buih diatas aliran sungai akan terbawa maunya sang arus. Jangan heran para wali kadang jadi pintu gerbang kunNya. Subhanalloh.

  52. insan KERDIL

    absen pagi/////////////

  53. bayan

    Supaya bisa mati sejatinya hidup dalam dzikir saya wiridkan ayat pembuka bibit ilmu makrifat dari wisikan anane dzat ijazah sayidina Ali dari Rosululloh yang waktu itu dibisikkan ke telinga kiri Ali. Intinya pernyataan Alloh semua hancur binasa tak ada hanya dzatNya yang abadi. Langkah wirid penghancuran diri saya, saya wirid “sejatine ora ana apa apa” “sesungguhnya tak ada apa apa” berulah ulang sambil meyakini kita sebenarnya mati. Prosesnya kita merasa berucap wirid terus kenali yakini ucapan tadi dari hidup kita ujung yang tedalam kemudian matilah, maka sang hidup sendiri yang mengambil alih.

  54. bayan

    Kelihatanya mudah tapi saya seumur umur skrg baru bisa sukses sekali, subhanalloh gak bisa dilukiskan . Mungkin karna kekotoran jiwa saya yang menghambat kasyaf kehadiratNya.

  55. mukinkah kta dpt melihat wajah tuhan..??

  56. tak bernama

    mungkin juga,tapi ada syaratnya denmase ngarso,sampean harus bersedia “ppotong gulon” hehehehehe….*gk usah marah ea*

  57. om wawan eeeees

    KAMI MOHON PARTISIPASI SEDULUR MENJADI ANGGOTA KEPANITIAAN.
    PANITIA MEMBUTUHKAN PARTISIPASI ANDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PANITIA YAITU 35 ORANG PANITIA.
    KI BAJUL KESUPEN (KETUA A)
    KI BENGAWAN CANDHU (KETUA B)
    1. pencari guru sejati semarang 082133526671
    2.
    3.
    4.
    5.
    6.
    7.

    di mohon poro sedulur yang berminat jadi panitia segera mendaftar, terutama area magelang dan sekitarnya.
    terima kasih. salam salim

  58. qobiltuman

    kata kuncinya ” PERCAYA ” segalanya sudah diatur olehNya
    contoh uptodate : hidup manusia ada di kehendakNya
    seorang Adjie Massaid yang secara fisik terlihat gagah, sehat, terkenal dengan keluarga harmonis seperti tak kurang suatu apa, begitu sudah sampai diketetapanNya siapa yang bisa menolak maka hanya tunggu di antrean no berapa kita ini? yang terpenting selama di antrean ini apa yang sudah kita perbuat dan apa yang akan kita perbuat sudah sesuaikah? paling tidak bisakah kita mengikuti sesuai dengan mengejawantahkan sifat2Nya

  59. Patramantra

    Gusti ALLAH iku tan kena kinaya ngapa. Atau ALLAH itu tidak bisa dibayangkan seperti apa !!!
    Bukankah untuk mengenalnya lebih mudah dari 20 sifat wajib dan kebalikannya. Yach kenapa gak mbabar sifat-sifat Allah aja ?

  60. @tak bernama” hehe..santai y mas,biar awet nom!! Slm knal..

  61. cengkir (Ngencengne Pikir)

    dalam benak saya tiba2 muncul 3 kalimat “Tuhan AgamaMu Apa” maaf jika kata2 saya mengusik sedulur semua. semoga Allah SWt memberi ridhoNya bagi kita semua Amien.

  62. salam damai

    hadir kalawan nyemak..

  63. Bima

    salam puji rahayu kagem ki wong alus ki angon lan sedoyo dulur kwa.bismillah praktek.alfateha kagem ki alus lan ki angon.

  64. salam damai

    Assalammu’alaikum wr wb
    Contoh jalan makrifat yang sudah dijalankan adalah lakunya kanjeng Nabi Ibrahim AS. monggo kalo mau dibabar. mohon maaf jika salah.
    wassalam

  65. @ki: Patramantra: Pada tahap awal secara syariat pembelajarannya adalah pengenalan 20 sifat wajib dan kebalikannya. Namun itu masih pengenalan tahap akal dimana kita hanya mendapatkan informasi dari sumber sumber kitab. Akan tetapi sesungguhnya mendapatkan pengetahuan melalui ngaji kitab tentu bukan fakta yang sesungguhnya tentang dzat, asma dan af’al Allah. Gambar tidak sama dengan fakta, map is not the territory. Ini disebut makrifat akal (tafakkur). Tahap selanjutnya mengenal Allah SWT adalah melalui rasa, melalui batin, melalui qalbu sirri yang diajarkan di tarikat-tarikat dengan berbagai olah dzikir. Ini adalah makrifat rahsa (tadzakkur/dzikir). Tahap selanjutnya adalah menyadari bahwa apa saja pengetahuan dan olah rahsa yang kita miliki ternyata berbeda dengan fakta tentang dzat-NYA. Dzat-NYA tentu tidak bisa digambarkan alias tan kena kinaya ngapa. Ini tahap pengingkaran tidak ada Tuhan lain di akal dan rahsa kita LA ILAHA –agar tadabbur menjadi ILALLAH. Momentumnya adalah semua ini tidak ada termasuk ke-akuan kita kecuali AKU-NYA. Ini makrifat dzat sehingga sempurnalah pengetahuan kita tentang makrifatullah dari semua sisi. Demikian pengetahuan saya yang serba sedikit ini dan tentu tidak mewakili apapun kecuali hanya mencoba “menggambar peta” di tengah samudra ilmu_NYA yang tiada bisa digambar oleh siapapun kecuali DIA sendiri.

    @Ki Cengkir: Tentu saja Tuhan itu tidak seperti manusia yang butuh agama. DIA MAHA PENCIPTA dan Tuhan tetap Tuhan manusia tetap manusia. Pemilahan harus tegas agar kita tidak merasa bisa menjadi Tuhan dengan segala kesempurnaanNYA.

  66. @ ki cengkir atau kelapa gagal ……agamanya Tuhan ya KetapanNYA…..kok ditanya lagi kan udah jelas …keteapan yaitu,,,,,Agama…….
    wong alus iki si sakiran wildan tenan atau ketepaan wae yoooo ?

  67. @ ki bayan sing nandur awake dewe ya wong tuone dewe bapak lan ibu….lho golek maning karo sing nandur……sing di – golekki ya sing Merentah Nandur kayak kue ngono…..
    awak-awakan dewek nek ora di kei weruh atau dielingke jane ya buta tuli ,bisu,,, mengkono jere ne enyong…..

  68. @ki Darno: saya bukan Ki Sakiran Wildan. nuwun.

  69. wongpicek

    Tuhan tempatmu di mana??? ngapunten

  70. @ki wong picek: Tuhan Pencipta tempat (ruang) dan waktu. Semua ini dalam genggaman-NYA. Tuhan berada di mana? tentu saja jawabannya adalah Tuhan Maha Berkehendak, Dia bisa berada dimana-mana atau tidak berada dimana mana, bisa dekat bisa juga jauh. Dalam hadits disebut Tuhan itu dekat lebih dekat dari urat leher, bisa jadi juga Tuhan memang sungguh sungguh dekat namun bisa jadi kedekatan disini ditafsirkan sebagai kedekatan batiniah antara hamba dan Rabb-nya. Seperti kedekatan emosional antara ibu dan anak. Meski sang ibu dan anak jaraknya berjauhan namun tetap dekat secara emosional. Maha Berkehendak Allah SWT dengan segala kebenaran yang ada pada-NYA. Wallahu’alam.

  71. abahnya NINA

    Setetes embun dhati,secercah harapan dlm kegelapan.. Salam Teruntuk Ki wong alus yg sgt sy hormati..

  72. @ picek kamu sedang menghadap komputer atau hp…..dan bicara menghadap depan toh ,,,ya tuhanmu itu didepan……..wek99x

  73. @Salam damai untuk Pa yai abahnya NINA. al fatihah sent

  74. Patramantra

    @ki wongalus: maaf karena saya orang bodoh dan bukan orang tarekat sehingga saya kurang paham akan Tuhan mohon penjelasannya.
    1. Apa maksud Tuhan bisa dimana-mana atau tidak dimana-mana?
    2. Apa ada perbedaan antara Tuhanku, Tuhanmu dan Tuhan pencipta alam semesta ini?
    3. Dahulu mana antara manusia dengan Tuhan? Mengingat yang memberi nama Tuhan adalah manusia. Karena tidak mungkin Tuhan datang kepada manusia dan berkata Akulah Tuhanmu. Dan jika dilihat dari sejarah lahirnya agama hampir semua didahului dengan konflik di masyarakat itu. Dan ajaran agama tidak lain adalah mengandung makna hukum yang mengajarkan keteraturan dari masyarakat tertentu untuk mencapai perdamaian maupun pembebasan dari penguasa atau suku lain.
    4. Mengapa kalau kita ingin tahu Tuhan harus mengenal diri sendiri? Ada apa dengan diri manusia?
    5. Kalau Tuhan Maha Kuasa dan Maha Pencipta jagad raya ini, pastinya bisa dong menciptakan batu yang bueesaaarrr sekali dan bueeerrratt sekali sehingga Tuhan sendiri pun tak mampu mengangkatnya?

  75. abahnya NINA

    Ki wong alus sg sy hormati..sy itu bkn kyai aplg org pinter,jd malu nch.. Juga sbelumnya sy mau ucapkn Terima ksh sy yg sbesar2nya kpd ki wong alus dan jg para sesepuh bhw sy yg fakir,bodoh&hina ini tlh di ijinkan untuk brgabung dan bs belajar dkampus ini..al fatehah & love send for ki wong alus..

  76. abahnya NINA

    laitsa kamislihi syaiun..

  77. Patramantra

    @ki darno: menghadap ke hp atau komputer kok dikata menghadap ke Tuhan? Penjelasannya bagaimana ki?

  78. wongpicek

    Tuhan mu yo Tuhan mu Tuhan ku yo Tuhan ku …… emange Tuhan enek piro?? ngapunten

  79. om wawan eeeees

    menarik, ijin menyimak wejangan

  80. iseng

    ketika kita susah dan sudah berdoa kepada tuhan supaya memberikan jalan terang, tapi tetap saja hidupku sampai sekarang susah terus. dimanakah tuhan ?, padahal tuhan maha kuasa, maha bijaksana, dan maha yang lain

    maaf sebelumnya

  81. Patramantra

    Tetap setia menanti pembabaran lebih lanjut……

  82. salam damai

    Assalammu’alaikum Wr Wb
    Kepada Ki Wong Alus yang saya hormati, semua sesepuh Kampus Wong Alus yang kawulu hormati serta semua sedulur yang kawulo tresnani, saya sangat sependapat dengan Ki Wong Alus bahwa jalan makrifat itu berbeda2 tetapi tujuannya sama yaitu memastikan Dzat Yang Maha Pencipta itu ada. secara ringkas akan kami sampaikan perjalanan Nabi Ibrahim AS dalam rangka menemukan ILAH yang sebenar-benarnya yang patut untuk diibadahi dan saya yakin poro sedulur semua sidah banyak yang paham karena ini semua secara jelas tersurat dalam Kitab suci AlQur’an insyaAllah sebagai berikut :
    1. Nabi Ibrahim AS belum mengenal Allah SWT.
    Nabi Ibrahim AS terlahir dan hidup pada zaman berhala2 dijadikan sesembahan bahkan yang tersirat itu telah menjadi agama resmi kerajaan dengan indikasi bahwa raja Namrudz pun menyembah berhala.
    Walaupun Nabi Ibrahim AS hidup pada sistem kemasyarakatan yang seperti itu (Penyembah berhala) akal beliau sudah dapat memastikan bahwa patung-patung buatan manusia itu tidak pantas dan tidak layak untuk dijadikan Tuhan, disembah, dan bahkan dimintai pertolongan. Akal beliau menyatakan bahwa yang layak untuk disembah adalah sesuatu yang lebih hebat daripada berhala2 itu.
    Untuk membuktikan kepada kaumnya, maka ketika rumah ibadah itu dalam keadaan sepi dengan sebuah kapak dihancurkannya semua berhala2 yang ada dan hanya disisakannya satu berhala yang paling besar dan dikalungkannya kapak itu pada patung berhala yang tersisa.
    Dan tatkala kaumnya mengetahui bahwa sesembahannya (berhala2) telah hancur, maka hebohlah semua masyarakat (bahkan raja namrudz sendiri juga amat marah dan turun tangan) dengan penuh rasa marah mereka mencari pelaku yang singkatnya mereka menuduh dan curiga bahwa pelakunya adalah Nabi Ibrahim AS. Maka ditangkaplah nabi Ibrahim dan diadili di depan berhala2 yang telah hancur lebur tersebut. Dengan teks bebas kira2 dialog yang terjadi adalah sebagai berikut (karena lebih jelasnya ada di Alqur’an) :
    “Wahai Ibrahim apakah engkau yang menghacurkan Tuhan2 Kami, karena hanya engkau yang tinggal ketika kami pergi?”
    dengan penuh diplomatis Nabi Ibrahim AS menjawab :
    “Apakah kalian tidak menyaksikan bahwa tuhan2 kalian itu dihancurkan oleh yang paling besar itu? bukankah kapak yang digunakan untuk menghancurkan masih ada padanya?” (sebenarnya disinipun sudah ada kebenaran bagi kaumnya yang mau berpikir)
    Mendengar jawaban Nabi Ibrahim AS tersebut dengan semakin marah kaumnya berkata “Alangkah bodohnya engkau karena tidak mungkin patung itu bisa melakukan perbuatan tersebut(menghancurkan patung2 lainnya)”
    Selanjutnya Nabi Ibrahim AS menjawab : “Wahai kaumku jika tuhan2 kalian yang dibuat oleh kalian sendiri yang bahkan tidak bisa menolong dirinya sendiri demikian keadaanya, maka dia tidak layak dan tidak pantas untuk disembah dan kalian pertuhankan”
    Walaupun tanya jawab tersebut sudah nyata kebenarannya, namun mereka tetap saja tidak mau menerima kebenaran dan Namrudzpun memerintahkan untuk membakar Nabi Ibrahim AS hidup-hidup dan berkat pertolongan Allah SWT api tersebut dirubah kodratnya (dengan kehendakNYA) menjadi dingin dan menyelamatkan “Qul yaa naaru quni bardan wa salaman ‘alaa Ibrahim.” (wahai api jadilah engkau dingin dan menyelamatkan bagi Ibrahim).
    2. Nabi Ibrahim AS melakukan perjalanan mencari Tuhan ( masih belum kenal Allah SWT)
    Difirmankan dalam Alqur’an perjalanan Nabi Ibrahim AS mencari sesembahan : – Ketika malam telah gelap, dilihatnya bintang, lalu Nabi Ibrahim AS berkata Inikah Tuhanku (yang layak disembah dan dimintai pertolongan) namun ketika bintang itu telah menghilang Nabi Ibrahim AS berkata tidak mungkin aku bertuhan kepada sesuatu yang dapat menghilang, lantas dilihatnya bulan dia berpikirdan bertanya dalam hati inikah Tuhanku?? (yang layak disembah dan dimintai pertolongan) namun ketika bulan telah menghilang di menyimpulkan tidak mungkin bertuhan kepada bulan. selanjutnya ketika melihat matahari, beliapun berpikir apakah ini yang layak untuk disembah dan dijadikan Tuhan namun ketika mataharipun tenggelam beliau berpikir bahwa mataharipun tidak layak dijadikan sesembahan (Tuhan). Akhirnya Kanjeng Nabi Ibrahim AS sampai pada satu kesimpulan “BAHWA DZAT YANG LAYAK DAN WAJIB DISEMBAH
    ADALAH YANG MAHA MENCIPTKAN SEMUANYA (YANG MENCIPTAKAN BINTANG, BULAN, MATAHARI, YANG MAHA MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA). Hikmah yang dapat diambil : kesimpulan Nabi Ibrahim AS tersebut adalah batas dari akal manusia dalam mengenal Tuhan karena sampai tingkat tersebut Nabi Ibrahim AS belum mengenal Allah SWT.
    3. Nabi Ibrahim mengenal Allah SWT
    Setelah Nabi Ibrahim AS dalam pencariannya telah sampai pada batas kemampuan akal (mentok) maka DIA sendiri memperkenalkan dirinya kepada Nabi Ibrahim AS melalui wahyu. memperkenalkan namaNYA, sifatNYA, kekuasaanNYA. namanya Allah,SWT, sifatNYA mAHA SEgala-galanya, kekuasaanNYA meliputi segala apa yang ada di langit dan segala apa yang ada di bumi.
    demikian kisah perjalanan Nabi Ibrahim AS dalam mencari dan menemukan Tuhan. semoga bermanfaat.
    Adapun kita yang hidup pada masa sekarang dibuka seluas2nya untuk melakukan pembuktian akan kebenaran dalil2 naqli yang telah nyata2 tersurat dengan menggunakan dalil2 aqli. namun tetap dalam koridor keterbatasan akal.
    Ada juga yang bermakrifat dengan ngaji diri dengan berangkat dari dalil Naqli “jika ada yang bertanya tentang AKU maka AKU sangat dekat bahkan kebih dekat dari urat leher, dan AKU memperkenankan permohonan hambaku jika dia meminta” serta dari dalil naqli barang siapa ingin mengenal Allah maka kenalilan dirimu.
    Makrifat dengan jalan “ngaji diri” ini insyaAllah sebagaimana yang dilakukan oleh Kanjeng Syekh Siti Jenar dengan manunggaling kawulo gusti. apapun yang ditempuh tujuannya adalah memantapkan iman kita kepada Allah SWT. semoga ada manfaatnya, mohon maaf jika salah.
    wassalammu’alaikum wr wb.

  83. Patramantra

    Kita di sini adalah diskusi dan sama-sama belajar jadi kita duduk sama rendah berdiri sama tinggi, tidak ada yang lebih pandai maupun yang lebih bodoh karena kita masing-masing memiliki pengetahuan yang sedikit tentang Tuhan. Kita ini ibarat orang buta yang ingin melihat gajah…… heee
    Karena kita diskusi maka harus ada yang memberi pertanyaan…… dan ada yang menjawab……
    Motto kita adalah saling Asih=damai,berteman,bersahabat ASAH= saling berbagi, diskusi kemudian kalau ASUH apa ya artinya…….
    Masih tetap setia menanti pembabaran lebih lanjut…… Karena di sini
    MALU BERTANYA TERSESAT DI NERAKA…………

  84. Bima

    Salam salim sungkem dumateng ki wong alus poro pinisepuh lan sedoyoyo dulur kwa.Ijin tumut ngangsu kaweruh lan nyobi praktek mugi antuk pepadang.Alfatekha @ki wong alus

  85. Ki Sukma Rahayu

    SubahannaLLoh….
    Masya AllOh…

    La Uhsi Tsanaan Alaika…
    “Barang Siapa BerMakrifat Kepada Alloh, Maka Lebih Takut KepadaNya”
    Dan Siapa yang Takut Kepada Alloh Maka Binasalah DiriNya, Dan Siapa Binasa DiriNya Maka TamPaklah cerMin Itu”

    Dan Siapa Melihat cerMinnya Maka TerCengan dan BinGung….Kalau Bukan Karena AKU maka Tidak MengenalKU…

  86. Rahmad Basuki

    Laahaula walaquwataillabiillah…

    nderek nyimak Ki…
    salam paseduluran buat seluruh warg KWA….

    Sala…salim…..

  87. bayan

    Salam takzim. Diskusi yang menarik. Banyak pencerahan yg bisa dipetik. Sekedar koreksi maksud pernyataan saya sing nandur awake dewe adalah sing menghidupi kita. Bukan orang tua kita. Tambahan lagi pemakaian istilah manunggaling kawulo gusti saya kurang sependapat. Sbg mana kita ketahui bahwa makluq itu tetap makluq, seandaipun benar manunggal gk akan sanggup berucap “annal haq” dg segala kesadaran sbg makluq. Puncak atau ujung pendakian manusia itu hanya sampai pd jati diri hidup, saya yang hidup. Padahal yg hidup itu ada yang menghidupi. Yaitu dzat yg menciptakan hidup. Inilah rambu rambu ilmu makrifat “ingsun mesti dihin dewe…” menjelaskan bahwa Dzatulloh itu gak bisa disamai/disejajari ataupun disalip. Seandaipun bisa mati dalam hidup jatinya menyaksikan kebesaran Dzat maka tak akan kuasa itu berkata atau kehendak apapun, apalagi dg entengnya bilang annal haq, jelas itu makluq yg bilang. Makanya pada dihukum mati Al Halaj dg wihdatul wujudnya karna menyentuh yg jelas tdk bisa disentuh, Kajian ilmu memang bisa pakai akal, tapi perjalanan pendakian thoriqot harus bisa melepas lapisan lapisan akal/budi, nafsu, melewati tahap ruh, rasa/sirr, nur/cahaya. Silahkan para sesepuh dilanjut.

  88. Ki Sukma Rahayu

    Salam Alaika…

    Ashadulalhaqbiqamalihailallahhuhaqlailahaqillallah
    “he whom had taste he who nkew” that is the secret of secret…… belive in until there is zat, sifat, asma, afaal ………

  89. wong abangan

    Nderek nyimak apel pagi…

  90. Patramantra

    @Maaf ki Sukma Rahayu yang dimaksud dengan cerminnya Allah itu yang mana?Dan bagaimana?

  91. risang

    Uraian yg macam adalah buah pikiran dan pengalaman masing2 manusia.Sedangkan jumlah manusia itu bnyk maka munculah aneka pemikiran yg dituangkan dlm buku2/kitab.BARANG SIAPA INGIN BERTEMU TUHANYA HENDAKLAH BERBUAT BAIK DAN JANGAN MENYEKUTUKAN IBADAHNYA KPD TUHAN YG AHAD.keterangan gusti alloh tsb dlm surat kahfi sangat simpel.Tp uraian buah pikir dan pengalaman manusia yg banyak dan kadang susah dipahami.

  92. @kagem kang mas bayan kulo tanglet kaleh sampeyan…..didunia pasti ada manusia yang tidak meiliiki orang tua…maksudnya bukan yatim piatu tetapi memang dia ada tanpa sebuah proses perkawinan orang tuanya ?
    jawabnya pasti ada yg telah kita ketahui bersama adalah ADAM AS dan Isa Alamasih AS…selain mereka pun pasti ada… mereka itulah yg langsung ALLah buat tanpa melaui orang tua ada karena kehendak langsung dari Tuhan…salam

  93. Patramantra

    Saya tidak ada niat sedikit pun untuk menguji tapi saya ingin mengaji dengan semua saudaraku di KWA ini. Karena saya belum pernah mondok di pesantren maupun ikut tarekat sekali pun. Agar saya tidak tersesat dalam mengenal Tuhan.

  94. Yuan

    Ass.Wr.Wb. salam silaturrahmi
    La hawla wala quwwata illa billah. Allohu Syaahidi, Allohu haadiri, Allohu muttoli,u Alayya Allohumma baarikli filmauti wa fiima bakdal mauti.Innaka antalloh la ilaha illa anta.

  95. Bengawan.Candhu

    KAMI MOHON PARTISIPASI SEDULUR MENJADI ANGGOTA KEPANITIAAN.
    PANITIA MEMBUTUHKAN PARTISIPASI ANDA UNTUK MENJADI ANGGOTA PANITIA YAITU 35 ORANG PANITIA.(postingan kwa tgl 5 febuari 2011)
    Kmdn jg sms dr sesepuh kita ki nurjati dgn nmr 085691354319 pd tgl 7 febuari 2011 jam 09:43 WIB beliau mengatakan (bhw gathering1 mjd pengalaman bagi kt smua,bgmn tiap unsur hadir druang rapat sblm rapat diluncurkan postingan opini tentang gathering di blog u/diambil pendapat msg2 anggota dan dirapatkan tiap element berikut kepanitiaan dan susunan acaranya. jd tdk ada yg disalahakn dan menyalahkn dan jg ada yg tdk keberatan. hargai semua elemen yg ada di indonesia).
    Berdasar hal2 diatas dan melanjutkan tradisi terdahulu bagi poro sedulur yg berkenan u/guyub dalam kepengurusan kepanitiaan dan silaturahmi ini dimohon dilengkapi dgn…nick name…asal daerah…dan nomer yg bs dihubungi…silahkan lgsg di copas…kita akan melakukan meeting via chat box di blog yg sdh kami sediakan pd tgl2 yg akan kami smpkn berikutnya. kt meeting tdk perlu bertemu lgsg,cukup via chat nntnya. karena klo acr ini jd dilaksanakan di candhi mendut,u/masalah survey tempat/perlengkapan jg wkt sdh dilaksanakan oleh sedulur2 kt dr magelang/yogyakarta/Semarang. poro sedulur dr luar daerah hanya membantu persiapan tekhnis dilapangan nntnya….(olor2 kabel istilah kiwongalus ato ikut ngguntingi rafia ato kegitan2 laen yg ada hubungannya dgn kepanitiaan). berdasarkan dr hal2 tsbt diataskan mhn koordinasi dan wktnya buat mendarmakan fikiran,tenaga dan wkt kt. wkt meeting pertama kedua dan meeting gladi bersih akan kami informasikan kmbl secepatnya. trmksh.
    Ketua I Bajul Kesupen Boyolali 085725534448
    Ketua II Bengawan.Candhu
    1. Pencari Guru Sejati semarang 082133526671
    2. sindur semarang 085641164090
    3. Satria Surya Alam Magelang 085743335618
    4. Wawan Sleman yogyakarta 082138439401
    5. Andra Yogyakarta 085225767787
    6. Hijrah Semarang 081228182273
    7. Rony Kurniawan Jakarta 08159709075/081932283212
    8. Wongabangan Jakarta 081399214971
    9. Mbah Abduljabbar Bekasi 0821 1214 1963
    10.
    11.
    12.
    13.
    14.
    15.
    16.
    17.
    18.
    19.
    20.
    21.
    22.
    23.
    ……..
    35.

  96. teratai

    punten. mohon ijin nyimak. matur nuwun

  97. dji8ril

    izin absen..pokoke mantap..

  98. Giza mantraza

    Tuhan maha kuasa dan maha pencipta, apakah Dia bisa mencipta batu besar dan berat sekali sehingga Tuhan sendiri pun tidak mampu mengangkatnya?
    Jawabannya adalah tidak mungkin terjadi karena tidak mampu mengangkat bertentangan dengan sifat maha kuasa.

  99. Patramantra

    Masa remaja dulu, saya berpikir dan menganggap Tuhan tidak adil dan pilih kasih. Karena tidak mengangkat Nabi maupun Rosul dari orang Indonesia atau orang Jawa sehingga saya tidak harus repot belajar bahasa arab dulu untuk mengenal Tuhan.

  100. Patramantra

    Di sini kita
    diskusi bukan adu argumentasi
    di sini kita mengaji bukan menguji
    Masih tetap setia menanti pembabaran lebih lanjut…….

  101. siti jenar

    Ass.wth.wb.. Salam takzim dn salam kenal semua smg selalu dlm redho Allah. Dik patra smg Kamu di-bimbing Allah dgn ilmu2 yg di anugerah kn begitu jg sadulur2 di-blog ini.. Sebenar nya ucapan tuhan ku dn tuhan mu sama aja yg beda hanya sebutan..ya…saperti benih biji dgn pohon beda hanya dr nama dn bentuk tp satu jg dlm ujud nya. Kerna dr biji benih keluar semua pohon ranting daun dn bunga.. Apabila pohon tumbuoh dgn ranting daun dn bunga biji benih tdk bisa kelihatan lg kerna sudah meliputi keselurohan nya. Sama saperti apa bila kita menguna kn dakwat utk menulis dgn pena yg kita lihat tulisan atau huruf nya sedang kn segala huruf dr titik dn titik itu dr dakwat.. Tp kita sering sebut huruf yg tertulis sedang kn kita lupa sama titik yg menjadi awal segala huruf.. Nah begitu lah kita manusia selalu melihat dr zohir tanpa melihat dr batin nya. . Maka nya ada perkataan aku dan kamu.. Wahdatul ujud udah ada sebelum langit dn bumi di-cipta kn .maksud nya yg ada hanya Allah yg lain hanya bayangan nya. Kita mengerja kn solat siapa kita ketika itu??? Apa kah kita berani mengakui kita berbuat? Selagi kita merasa kita pelaku nya kita masih keliru dn pengakuan kita belum benar tauhid kita yg kita kata kn. Tubuh kita gak bisa melaku kn apa2 maaf kalau kita merasa jasad ini yg mengerak kn maka kita sudah tercemar tauhid kita. Perlu dik patra kita mengenal diri kita sebelum mengenal Allah kerna kita harus mengkaji dr mana kita bisa melihat dn siapa kah yg sebenar nya melihat kalo mata yg ada kuasa yg melihat coba kita copot kn biji mata lalu kita tarok di-meja mata itu tdk bakal melihat kalo tdk di-tajali kn sifat basar olah Allah sy kira mata kita gak ada fungsi nya coba baca ini INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI UN. Kurang lebih erti nya: Aku dtg dr Allah dn akn kembali pd nya.. Kalo kita renongi apa nya yg dtg dr Allah? Tentu kita terlihat segala gerak geri kita dr dia dgn dia kapada dia hanya dia mustahil segala gerak geri kita dr kita sendiri..coba kamu gerak kn tangan kamu dr mana gerak itu dtg? Apa dr luar atau dalam? Tentu bukan dr dalam tangan kamu dn dr luar tangan mu..kalo begitu bererti di-dlm dn di-luar.. Bererti Allah meliputi dgn diri mu..mhn renungi dgn teliti agar faham yg sy maksud kn. Hanya contoh maka nya melihat saperi apa yg sy babar kn pasti kamu akn merasa tdk berdaya dn terpandang setiap yg bergerak tentu dgn dia. Kerna Ruh dn nafas ada perhubungan. Ruh menghubung kan antara nafas dn darah dn ingat setelah cukup ruh di-tiup kn Allah baru di-perintah kn iblis dn para malaikat agar sujud pd Adam as.. Kenapa??? Sedang kn Allah sendiri perintah kn pd mahluk nya aga bersujud hanya pd nya tdk terkecuali iblis dn malaikat nya jg.. Iblis guru malaikat bernama azazil patuh jg pd Allah kerna gak mau sujud pd Adam. 1) kerna merasa diri memiliki sehingga lupa pd kekuasaan Allah yg meliputi.
    2)mungkin kerna tdk mau sujud selain Allah..maklum kerna iblis asal nya mualim malakut kalo gak salah iblis sujud pd Allah selama 70000 thn. Tapi tersingkir jg akhir nya kerna merasa diri memiliki yg kita sambung aja lain kali…. Smoga kamu bisa manfaat kn apa yg sy ucap kn..
    Wassalam.

  102. Patramantra

    @siti jenar : om terima kasih atas penjelasannya.
    Jadi keberadaan manusia terjadi oleh adanya sifa-sifat Allah yang telah meresap dalam jasad.

  103. siti jenar

    bukan meresap kerna kalo meresap tuhan itu di-takluki oleh kita…tapi meliputi kamu bukan ada ujud yg sebenar tapi hamya ujud mitsali utk menyata kn keberadaan nya. Tuhan tdk bisa menyerap dlm diri siapa pn tp tuhan itu meliputi seluroh alam..kerna tiap2 sesuatu meliputi kuasa nya.. Jasad kita aja bukan milik kita hanya titipan Allah sementara kita hdup ini. Benar manusia tdk dpt di pisah kn dgn Allah kerna tanpa Allah ruh juga gak bisa apa2…

  104. Patramantra

    @siti jenar, terima kasih atas pencerahannya om.
    Tuhan meliputi seluruh alam. Saya jadi lebih paham dari sebelumnya. Ternyata kata meresap salah karena memiliki arti sesuatu yang diresapi sudah ada sebelum kejadian. Padahal yang benar lebih dulu ada adalah Allah.
    Tuhan meliputi seluruh alam, apakah ini berarti adanya wujud manusia karena adanya sifat-sifat Allah?

  105. atok bujang

    senyum

  106. erylim hu hu

    @ mantap

    hahahahahahahahhaahhahhhahahahahhahahahahahahahahahahahahahhahahay

    @ atok bujang apa kabarnya

    salim tok

  107. Patramantra

    @ki siti jenar: om, manusia bergerak karena digerakan Allah. Padahal perbuatan manusia ada yang baik dan jahat. Apakah ini berarti bahwa kebebasan berkendak dari manusia yang tampak hanyalah semu, Karena perbuatan baik maupun jahat akan kembali kepada yang berbuat, apakah yang dimaksud demikian. Mohon penjelasannya.

  108. siti jenar

    benar kerna ada sebahgian dr ilmu2 Allah tdk bisa di-babar kn pd bukan ahli nya kerna takut di-salah erti kn saperti era Syeh siti jenar di-fitnah olih ahli sareat. Kerna kita manusia menangong Rahsia Allah lebih jelas lg kita bukan Allah….tetapi kita harus akui kita jg bukan lain dr ujud nya.. Kerna kita ada bentuk dn rupa sedang kan Allah laisa kamitli shai un.. Tdk menyerupai sesuatu gerakan kita dr kudrat dn iradah nya sebagaimana firman nya tiap2 sesuatu meliputi kuasa nya sehingga iblis dan shaitan jg tdk berdaya tanpa izin nya.. Jadi sebenar nya alam ini tdk terpisah dgn pencipta nya. Maaf Ananda patra sy tdk bisa telanjangi atau buka semua rahasia2 Allah bahaya nanti takut sy di-tuduh sesat….kalo sy yg sesat gak apa2 tp yg sy takut yg menuduh bisa rusak dn hancur kerna sy gak mau membuat umah jd bingong namun sy tdk bisa menyembunyi kebenaran yg haq.. Sy kasi satu pencerahan buat pegangan hdup mu begini aja harus ananda niat kn dlm hati…segala sesuatu dr Allah dgn Allah kpd Allah Hanya Allah.. Nah ananda patra harus renongi kata2 sy agar tdk shirik pd Allah walau apa pn yg nanda laku kn harus merasa kn keberadaan Allah sehingga nanda tdk merasa memiliki sy doa in buat nanda. setiap apa nanda melaku harus lihat hakikat nya. Dulu abah pernah babar Aurod khustho di-blog ini kalau perlu nanda email pd Abah.. Agar lebih jelas..semoga nanda terpilih menjadi ahli Allah. Jgn laku kn sesuatu kerna imbalan atau pahala dn sorga kerna ini hanya buat nanda keliru.. Bagaimana kita solat mengharap pahala sorga..sedang kn solat kita dr Allah dgn Allah kpd Allah hanya Allah. Kerna Allah yg menjadi kn segala nya. Jgn sekali2 merasa kita yg berbuat ini bisa mendatang sifat takbur kerna merasa diri berbuat solat lalu minta imbalan sedang gerak geri kita dr dia..
    Wassalam.
    Email ka: manugaling@hotmail.com

  109. siti jenar

    Ananda patra…sekuat apa pn kita beramal kalo msh merasa diri yg berbuat msh aja dlm shirik kafi yg samar..bisa merusak kn amalan kita. Utk tawaduk pd Allah nanda patra harus ingat bukan sebatas kata2 saja tetapi utk menghayati bkn semudah itu akn tetapi kalo dia berkehendak tdk ada yg susah. Allah maha pengaseh nanda jgn mudah putus asa dn jgn sekali2 melaku kn shirik wlau sebesar biji sawi..apa pn ilmu bisa saja nanda amalin cuman harus ingat di-saat pengamalan harus mengosong kn diri dgn menghayati merasa kehadiran Allah agar ada vibrasi nya kerna bila ada vibrasi nanda akn merasa energy dr amalan yg nanda amal kn. Kalo nanda bisa merasa kn keberadaan Allah insya Allah nanda akn merasai diri nanda tengelam dlm ujud Allah. Ingat nanda segala nya dr dia..wassalam

  110. Patramantra

    Terima kasih atas pencerahannya untuk kelanjutanya nanti biar saya menghubungi abah…..
    Wassalam

  111. Syukriansyah

    Alhamdulillah, bisa ketemu di situs ini yang mampu menggugah hati untuk lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq sebagai yang Maha Besar dan Maha Kaya akan segalanya……, salam kenal kepada seluruh penghuni disini termasuk yang empunya Ki Kampus Wong Halus……

    Ki Wong Halus …apakah doa-doa yang ada disini bisa diamalkan tanpa harus di ijazahkan langsung oleh yang punya doa …..kalau di perbolehkan saya mohon diijinkan untuk mengamalkannya……., semoga sukses selalu dalam mengarungi hidup ini bagi kita semua…sampai maut menjemput kita…amin.!!

  112. W ireng

    ijin Memahami, poro sepuh… @ki Wong Alus thanks Blognya…
    Duh Gustiii paringonoo tambahing pangapuroo…
    monggo kulo derekaken lanjut ipun…

  113. Bajul Kesupen

    Puji Syukur Kepada Gusti Ingkang Akaryo Jagad kuoata panitia telah terpenuhi dan kami ucapkan terima kasih pada sedulur-sedulur yang telah bersedia menjadi panitia acara SILATURAHMI NASIONAL KWA II dan kami mohon do’a restu dan petunjuk serta bimbingannya pada sesepuh KWA dan Bolo Wong Alus agar dapat menjalankan amanah ini dan pada sedulur2 KWA kami mohon kehadirannya pada acara SILATURAHMI NASIONAL KWA II marilah kita bangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan menjalin tali paseduluran antara sesama anggota KWA
    Koordinator I Bajul Kesupen Boyolali 085725534448
    Koordinator II Bengawan.Candhu …..
    1. Pencari Guru Sejati semarang 082133526671
    2. sindur semarang 085641164090
    3. Satria Surya Alam Magelang 085743335618
    4. Wawan Sleman 085729994755
    5. Andra Yogyakarta 085225767787
    6. Hijrah Semarang 081228182273
    7. Rony Kurniawan Jakarta 08159709075/081932283212
    8. Wongabangan banten 081399214971
    9.Andika Artlagadar Saputra Magelang 085643706577
    10. Mbah Abduljabbar Bekasi 0821 1214 1963
    11.Sekarmayang–lamongan–085850854746
    12.Rievs Hard,Magelang 083867526185
    13.Miftahudin, Yogyakarta 085878297936
    14. Sheva Ananda – Magelang-085729677502
    15.ki Mondong sejati – Magelang-085867456867
    16. ki Prabowo – Magelang – 08562560237
    17.kang janoko-kudus-08156533060
    18. sapto, magelang, 085643259219
    19. garuda99 jogja 081802764393
    20.Laskar Lung Gading Semarang 085740011189
    21. Agus Kenthus Semarang 08813745438
    22. Mas Harsa Satya mandala Semarang 02470031795
    23. Adim 0343 622 66 92
    24. Mbah Sarib 085731008738
    25. Afif Badawi yogyakarta 081215527993
    26. maz elank bagus yogyakarta085727383025
    27. Budak Gemblung Indramayu 081313027665
    28. Kupu-kupu Surabaya 08121622712
    29.angdidi.jatitujuh-majalengka 082127688166
    30. Cakji Surabaya 085732234068
    31. Satrio mataram yogyakarta 081252503754100(beli gorengan hrg 25 rupiah)
    32. yai aufanisa yogyakarta 081931703826
    33. Ki demang Glemboh 085529729227
    34.ki diwantoro klaten 08561741839
    35. Afit Sukoharjo 085647335124

  114. Semoga sukses acaranya

  115. @ siti jenar ….guna apa Tuhan memberi perintah………..kalo itu masih dipandang sirik……..toch….Dia telah memberikan sebagian kuasaNya…kepada kita……….
    sirik yg pasti adalah dengan perkataan……..(lisan) baik kata-kata langsung maupun yg tertulis…dalam blog dan lain sebagainya……..suwun………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: