ILMU LELUHUR UNTUK KESELAMATAN


Oleh : Gus Noer
satria_lamong77@yahoo.com

 

Puji Syukur kiranya tiada henti kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi Gusti ALLAH TA’ALA  atas segala Nikmat dan Kasih Sayang-NYA yang begitu besar kepada kita hamba-Nya. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Manusia Agung yang penuh cinta kepada umatnya Baginda Rosululloh Muhammad S.A.W. semoga dengan barokah dan safa’at dari sholawat itu akan menentramkan hati kita dan menjadi wasillah kita mendapat Nikmat-Nya di yaumil akhir kelak, amiin.

 

Salam salim Rahayu penuh hormat dan ta’dziem kami kepada sesepuh yang dengan lapang dada serta sabar mendampingi kita dalam mencari dan memaknai akan ilmu warisan leluhur asli Nusantara, salam kagem yang digjaya Ki Wongalus, Mas “BC”, Mbah Abdul Jabar, Ki Selor, ki Sabdalangit, Gus Santri, ki Nur Jati beserta semua sesepuh semua salam hormat dan salam ta’dziem slalu. Dan bagi sedulur semua Bolowongalus salam persaudaraan jabat erat tangan kita. Monggo silahkan semua dulur, rekan, sahabat hadiri Cangkrukan/Pertemuan Nasional KWA ke-II di Candi Mendut insyaALLAH saya hanya bisa memberikan kenang-kenangan bagi sedulur yang hadir Cuma sebanyak 7 Butir Batu Alam yg sudah melalui proses pengisian energi dan asma’ khusus serta saya syareati di rendam dalam Minyak-minyak bertuah dari beberapa Majelis yang fa’ insyaALLAH akan mengadung banyak keberkahan. Amiin. Makanya hadir dulur untuk saling sarring dan tamasya spiritual….hehehe.

 

Sebelum saya akan berbagi mengenai ilmu yang menurut saya sangat simple dan sederhana ini pada poro sedulur, ijinkan penulis membabar asal mula ilmu atau amalan ini. Pada sekitar tahun 1997 di saat konsentlasi perpolitikan di Negeri tercinta ini lagi di uji dengan gonjang ganjing banyak isu, salah satunya isu “Naga Merah dan Naga Hijau” waktu itu penulis masih aktif insyaALLAH di sebuah Majelis Istighotsa & Majelis Manaqib Syeih Abdul Qodir Al Jaelani ra. Di kota Lamongan. Mungkin sudah menjadi hal lumrah apabila akan terjadi sesuatu hal besar dalam Negeri ini seorang ulama’ soleh atau kyai-kyai khos yang hidupnya ikhlas di persembahkan untuk Gusti ALLAH TA’ALA dan umat ini akan di berikan suatu hawatif/ilafat apa yang akan terjadi di masa depan, baik itu masalah bencana, politik Nasional, kepemimpinan dll. Dan bagi kita yang mungkin pernah ikut dalam Majelis-Majelis dzikir khusus, ponpes salafiyah, cangkrukan sesepuh akan sangat faham dan mahfum serta beruntung biasanya akan mendapatkan info atau sekedar isyarat akan hal-hal tsb. Beberapa kali penulis merasakan itu dari sebelum adanya Tsunami di Banyuwangi dulu, atau saat sebelum meninggalnya orang penting di Negeri ini sang kyai secara bahasa isyarat akan berpesan pada para murid/santri dan jamaahnya akan hal tsb. Pada saat-saat seperti itu biasanya sang guru akan memberikan wejangan dan mengijazahkan wiridz, ilmu/amalan do’a, atau hizib-hizib tertentu. Dan amalan yang penulis bagikan ini asal mulanya demikian.

 

Inilah amalan tersebut :

 

“ A I U E O   ALLAH  INGSUN  URIP “


Amalan ilmu ini diberikan seorang Kyai kharismatik yang sangat dermawan dari Lamongan pada kami semua Jamaah Manaqib untuk di amalkan setiap selesai sholat fardlu setelah baca wiridz dan tawasul maka baca amalan ini 3X dengan menahan nafas. Dan apabila menghadapi masalah seperti ancaman, dalam bahaya atau menetralisir hawa negative dan perasaan tidak tenang maka ambil nafas pelan beberapa kali lalu baca do’a ini 3X dengan menahan nafas insyaALLAH semua akan baik-baik saja.

 

Pertanyaan klasik pada diri kita yang suka mengamalkan wiridz, ilmu hikmah, do’a-do’a ampuh serta amalan lainnya, apa tandanya bahwa ilmu itu sudah masuk dalam diri kita? Ini juga sebagai jawaban atas masuknya pertanyaan poro sedulu lewat ratusan sms dan telp. Yang paling pokok dan utama pada hakekatnya kalau suatu amalan yang kita amalkan sudah masuk dan menyatu dalam diri kita biasanya kita akan semakin mantab dalam mengamalkan, semakin tenang & damai hati serta perasaan ini dan yang paling utama ibadah kita semakin baik serta kita semakin yakin dengan do’a yang kita mohonkan kehadirat-NYA. Wallahu’alam. Tapi memang ilmu atau amalan tertentu kadang juga biasanya secara kasat mata ataupun mata batin akan dapat di lihat dan di rasakan hawa/power kodamnya. Bi’idznillah.

 

Semoga amalan yang saya berikan ini bermanfaat buat dulur semua, salam persaudaraan dan salam kenal bagi semua dulur kwa di seluruh penjuru bumi. Terimakasih pada pengasuh blog ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan tulis dari kami, mohon maaf juga kapada semua yang berbeda pemahaman dengan kami, semoga kami terlindung dari prasangka dan sifat syaitoniyah (iri, drengki, hasut, riya’, ujub, merasa benar sendiri serta merasa-merasa yg lain…… dll) amien.

 

Gus Nur (Banjaran) dan Gus Zein 0857 3240 1751 (arek Lamongan bumi Jaka Tingkir) pengampuh Sanggar ”Nur Langit”. Wassalam.

Mas Kumitir, 2011

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 87 Komentar

Post navigation

87 thoughts on “ILMU LELUHUR UNTUK KESELAMATAN

  1. R. Kijang Kencana

    pertamaaaaak

  2. Kertapati(RSA)

    absen…sore

  3. laskar lembu suro

    aslkm…

  4. Kertapati(RSA)

    3

  5. laskar lembu suro

    berebut,,,,,

  6. KI EMPU DEWANDJANI

    meneng lan semadhi!!!

  7. mad mad

    10 besar

  8. R. Kijang Kencana

    10 besar…….
    @laskar lembu suro
    @Kertapati(RSA

    salam kenal, salam sedulur………

  9. kang Dullah

    Piro yoo…………………

  10. kang Dullah

    Lumayan sepuluh Gede

    Nyimaax

  11. pecintadunia

    nunggu respon dari yang lain…sekalian absen Ki..

  12. kang Dullah

    @ki Empu salam salim (cium tangan)

  13. roni sukma.w

    absen sore smbil nyimak plus mkn mie godok.. Hmm

  14. Jefri sp.

    Masuk absen berapa ya..???

  15. Angen sumiler

    Assalamu’alaikum..,sdulur sdoyo..
    salam ta’dzim lan katepangan.
    nderek nyimak,+ ngalap brkah.

  16. laskar lembu suro

    amalan sangat simpel tapi mantap

  17. hebat

  18. sudadi

    Nderek nyimak…………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. frima fitrian putra

    mantap

  20. Qobiltu ki

  21. Qobiltu kyai

  22. salam , minta izin untuk menyimak….

  23. tukang sapon

    PERMISII.,.,
    PORO PINI SEPUH,USTAD PUTRO SAPTO AL AWAM,USTAD SUDADI, USTAD NASRUDIN,USTAD FIRMA,USTAD ERLAMBANG,USTAD SUNAN KALI BENING,DAN USTAD2 YG LAIN…
    MOHON KAKI+SANDALNYA DI ANGKAT DULU NJIH…NI TUKANG SAPON MAU NGEPEL DULU,.,.
    PERMISII NJIH…,PERMISII…
    MUMPUNG TUKANG NYAMPAHNYA LG PERSIAPAN ADZAN DI MUSHOLLA…

  24. Mbah Abduljabbar

    Salam ta’dzim salam rahayu Gus Noer, suatu amalan yg lain dari yang lain karena pada umumnya menggunakan huruf seperti kama’in Kaf Ha Ya Ain Shod, tetapi ini menggunakan huruf hidup roman (latin).
    Barangkali kalau Gus Noer berkenan membabar huruf A I U E O tersebut, akan sangat membantu wawasan saya khususnya dan barangkali sedulur Bolowongalus pada umumnya, sehingga lebih paham maknanya. Barakallah …..

  25. Mamat Kumis

    pertanyaan aye sm ame bang abdul jabbar… kl bise tlg dijelasin lbih jauh AIUEO nyang dimksd disini… karne nyang biase dipake pan huruf2 hijaiyah… mksh sblmnye…

  26. zakaria bin yaakub

    Assalammu Alaikum Gus Noer, hamba setuju dengan Mbah Abdul Jabbar. Qobiltu saya terima ijazah ilmu A I U E O dari Uztad Gus Noer…al Fatihah…

    PS: Mbah Abdul Jabbar, mohon di beri izin untuk berhubung dengan hamba di zakaria_pokya@yahoo.com. Hamba mahu sedikit penjelasn tentang Makdum Sarfin…

  27. zakaria bin yaakub

    Ya Mbah Abd Jabbar, hamba setuju sangat dengan komentar mamat kumis

  28. Ki rekso

    Absen sore, slm takjim bolowongalus.Ikt nyimak pencerahanya Qobiltu Gus Nur,mhn ijin utk mengamalkan.

  29. Bengawan.Candhu

    @ki abdul jabar….injih ki,sy jg heran…malah di aliran jg ada yg menggunakan kata2 yg bunyinya “……allahumma nururrahman syayidul qudrati (yaa huu3) (yaa allah3x)(yaarahman 3x)(yaa rahiim 3x) “”ah ih uh ih uh ih ih uh ah”” inna qamata anka bunati dst…..”ini di dlm salah satu doa keselamatan. mgkn ada yg tahu makna yg tersirat maupun tersurat,mhn pencerahannya bagi yg mgkn mengerti….nuwun…

  30. @ gusnur bagaimana dengan A Kanan A Kiri dan A Tengah……
    jika tahu…..salam

  31. Jumio

    Qobiltu saya terima ijazahnya dengan haq dan sempurna
    Alfateha……….tuk aki

  32. OJIBUA

    nderek nyimak…….

  33. VENDRA

    Amalan ini berguna untuk memperkuat wadah kita, sehingga kita bisa yakin dan bisa mengamalkan amalan apa saja dari amalan yang ringan sampai yang berat sesuai yang kita ingin kan. Amalanya: “ QOOLA FA INNAKA MINALMUNDZIRIIN, ILAA YAUMIL WAQTIL MA ’LUUM” di baca 41x (QS. SAD : 80 – 81) dilanjutkan baca: 1. AL-IKHLAS 1x 2. AL-FALAQ 1x 3. AN-NAS 1x 4. AYAT QURSY 1x syaratnya: – doa diatas di baca tengah malam jam 12.00 – di barengi puasa mutih 3 hari selama puasa, pada saat puasa setelah selesai sholat berdoalah pada ALLAH supaya di perkuat wadah gaib nya. Insya Allah dg ini wadah menjadi kuat, dan saudara tidak akan takut mengamalkan amalan apa saja. demikian semoga bermanfaat bagi semua org.

  34. Mang Hasan

    Hadir

  35. Antok jangkung

    Sesepuh kwa ada kah amalan untuk mengembalikan brg hilang yg makyus

  36. IBLIS

    huahaaaaaaaaaaaa
    betapa indahnya neraka jahannam bagi kita….
    Ayo…masuklah wahai saudara-saudara aku
    huahaaaaaaaaaaaaaaaaa

  37. IBLIS

    huahaaaaaaaaaaaaaaaa
    nikmatilah udara hikmah dalam panasnya api neraka jahannam
    huahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  38. huahaaaaaaaaaaaaaaaa
    HUUUUUUUUUUUUUU

    SALAM RAHAYU KARAHARJAN KI IBLIS
    SUGENG RAWUH

    KULO TAK GELAR TIKAR ENGGIH KALEAN NGOPY
    SAMBIL NUNGGU LAGI LOADING KONTENER DR SITE KE TANJUNG PRIUK

  39. Petapa bintara

    A aku I iki U urip E Eling O ononing

  40. SENYUM,,,,,,,,,,,SENYUM

  41. rizal

    QPBILTU

  42. bocah lawu

    ass….. met mlm pr sepuh. setuju dgn mbh ABDUL JABAR. auieo alangkah baiknya dibabarkan…..maafkan sy yg bodoh ini. AMIN….3X

  43. IBLIS

    huahaaaaaaaaaaaaaaaa
    sungguh nikmat semilir angin sepoi-sepoi dari jendela neraka jahannam
    huahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  44. IBLIS

    huahaaaaaaaaaaaa
    om ki ageng jj , salam karahajan juga.
    silahkan dibuka sholat daim nya agar huruf A I U E O , bisa tertera dalam neraka jahannam
    huahaaaaaaaaaaaaaaaa

  45. Patramantra

    @om iblis ikuuutt dong…,

  46. IBLIS

    huahaaaaaaaaaaaaaaa
    ikut kemana om patramantra,
    warung di neraka jahannam masih banyak bertebaran
    huahaaaaaaaaaaaaaa

  47. salam kenal @gus noer………..suatu ilmu yg sangat bagus…….
    memang banyak sekali ilmu ilmu keselamatan dlm kanca ilmu hikmah……
    tp kaweruh yg di babar oleh gus noer tersebut masuk dlm kategori ilmu kasepuhan…..krn maklum saja kata sang pengaijazahnya jg beliau dpt dari kiai khos……
    krn yg namanya kiai khos…….merupakan kiai yang tingkatanya bukan hnya sampai pada tataran ilmu Syareat dan Thoreqot saja…..tapi Ilmu Hakikat dan Makrifat juga sudah di kuasai…..

    A I U E O ALLAH INGSUN URIP

    begitulah mantra yg di wejang oleh gus Noer……..
    sebenarnya ilmu keselamatan tsb termasuk dlm tataran ilmu Hakikat Makrifat……
    jujur saya memang belum mengamalkan ilmu tsb………tp jk di lihat dari kata2 kalimatnya…..mk saya paham betul jk ilmu tsb termasuk ilmu Hakikat Makrifat……krn cirikhas ilmu Hakikat Makrifat yg seperti itu….memakai sarana yg pendek dan jelas……jd beda dg amalan ilmu syareat thoreqoh bukan?
    Dan saya yakin daya keramatnya pasti luar biasa……
    Tp jk Kekuatan keyakinan bagi sang pengamal blm kuat….mk saya yakin mantra ilmu tsb tdk terlihat dayanya……….

    A I U E O…….merupakan huruf vokal atau bs juga di katakan dg Huruf HIDUP……jd utk isyaroh yg menggambarkan Dzat yg Maha Hidup…..siapa lagi kalo Allaoh…..Krn dg adanya Dzat Hidup pasti bisa Menghidupi zat zat yg lain….siapa lagi kalo bukan Makluk……..
    ALLAH…….merupakan nama dari Dzat Yang Maha Hidup…….Sang Pencipta Agung…
    INGSUN……merupakan nama dari manusia…..yg terdiri dari 4 dimensi….JASAD,HATI,NYAWA,ROSO…………….JADI SEMACAM ADA KESAKSIAN DAN KETEKADAN HATI …..AGAR DZAT ALLAH MENYATU DG DZAT MANUSIA……jadi ada unsur MANUNGGALING KAWULO GUSTI.
    URIP………..merupakan kehidupan………yg mana kehidupan identik dg selamat,,,,,,,,
    jd inti dari doa tsb adalah…………penyaksian kita pada Dzat yg Maha Hidup yg namanya Allah agar menyatu dg INGSUN(kita yg sesungguhnya) agar mendapatkan Kehidupan yg jauh dari Kematian……
    saya yakin jk doa2 ter sebut menampakan dayanya …..pasti hasilnya 100% luar biasa…….
    Tp krn doa ini termasuk dlm tataran ilmu kasepuhan…….mk syarat yg utama adlah yakin…..krn ketika kita sedikit ada rasa ragu mk sama halnya kita meragukan Dzat Hidup tsb……jd jgn heran…meski anda mengamalkan amalan ini selama puluhan tahun……tp hati penuh dg keraguan…..mk jgn heran ketika ada bahaya……mk bisa saja tidak ada daya hebat yg berhubungan dg keselamatan itu sendiri….
    tp meski anda mengamalkan hitungan waktu yg tdk lama tp keyakinan ttg penyatuan kita dg Dzat Hidup itu benar benar HAQUL YAKIN….Mk saya yakin meski Bahaya yg paling Mengancam pun mk akan selamat dg Mudah……..

  48. om wawan eeeees

    salam salim poro sesepuh sugeng ndalu.
    ijin absen malam

    @ iblis, salam salim ki, wah lama aku ngak nyapa bib iblis
    @ potro montro, salam salim ki. sugeng ndalu
    @ bocah lawu, @ rizal, salam KWAngen

  49. purwandi

    malem…..
    monggo dijabarkan….
    lanjut …

  50. Ooo,..gitu..

  51. Laskar lung_gading

    Qobiltu ki…
    Lanjut mbah wawan cs….

  52. arek borneo

    ass.. sedulur n sesepuh di kwa.
    absen dini hariii.. n qobiltu aj …ximak dan ijin ngamalkn… berkat rasululah saw…
    allahumma shalli ala muhammad….

  53. lanang langgur

    Asslm wrwb GUR NUER nderek nyimak nyalin nglampahi ugi nyebaraken. Wah amalan uapik katone senate mboten sambung kanjeng Nabi Mukhammad saw.ananging menawi Gus Nuer kerso medar ingkang Gesang dipun lambangaken hurup latin ingkang urip(hurup hidup) luwih gamblang ugi mboten ragu2 malih, maturnuwun pangapuntenipun. Slm hormat slm paseduluran. Wasslm wrwb

  54. Lho kalo orang jawa bilang….dan sering diucap…yaitu
    slaman……slumun……slamet……………ehslamet beneran….nongol lagi….

  55. igbal

    ikut nyimak sy yg awam,ijin mengamalkannya

  56. guS nuR

    Salam Rahayu dan salam ta’dziem berpelukan….hehehe….Mohon maaf dulur baru bs menanggapi sedikit dari pertanyaan sesepuh Mbah abdul jabar, dan lainnya. salam kenal bagi semuanya saja. sejatinya inilah yang kadang menjadi kelemahan saya mungkin, kerana amalan ini sy dpt di saat usia masih hijau…hehe kayak buah melon aj. maksudnya usia yg sangat belia jadi dari sisi kejelian serta daya kritis kepada seorang guru sungguh sangat tidak punya. bagi kita dahulu kalau ngaji babakan ilmu-ilmu hakekat atau istilah babakan kebatinan yg bersentuhan dengan amalan-amalan maka hanya bisa “sami’na wa atho’na” sangat tawaduk menunduk sumonggo dawuh guru akan di laksanakan tanpa menanyakan makna syareat/syar’i atau maknawi verbal, atau arti hakekat maupun ma’rifat. pegangan kami waktu mengaji ini seperti apa yang terjadi dalam sejarah besar yg tertulis dalam Al Qur’an yaitu di saat Nabiyulloh Musa AS bertanya pada Gusti ALLAH SWT , kurang lebih : Yaa Allah apakah di dunia ini hanya aku orang yang paling mulya/Alim/pintar…? kata Allah : oh tidak Musa kerana masih ada hamba yg sangat alim yaitu Nabiyulloh Hidzir AS maka temui dia dan mintalah ilmunya….kurang lebih begitu dan waktu dia Nabi Musa AS berguru pada Nabi Hidzir AS maka di kasih syarat jangan bertanya sesuatu itu lebih 3x………
    Mungkin itulah unggah ungguh waktu itu kita tdk berani menanyakan makna dari arti amalan tsb yang ada ya kerana perintah Guru sang kyai yg ahli ibadah insyaALLAH dengan ke tawaduk-an pasti untuk kebaikan santri,
    Tapi setelah beberapa tahun kemudian dengan kedewasaan pemahaman maka penjelasan dari GATOLOCO itulah kurang lebih jawaban yg sy dapatkan. A I U E O merupakan perlambang huruf hidup/huruf vocal yang mempunyai arti di taruh di manapun di akan bisa di baca/hidup. masuk pada tataran Hakekat maka ini mengandung arti Bahwa sirr dari amalan ini hakekatnya Pasra Bongkokan sepunuh jiwa raga mengakui bahwa Gusti ALLAH SWT itu maha hidup dan kita hanya bersandar pada Asma-Nya…. mohon maaf apabila salah. wallahu’alam
    salam kagem pinisepuh Mas “BC”, Mbah abdul jabar, ki iblis, om wawan dan semuanya saja sedulur bolowongalus, wassalam

  57. gundala

    assalamualaikum
    Qobiltu… Mohon ijin mngamalkannya… Smoga bermanfaat…
    Al-fatehah ….. sent

  58. guS nuR

    iya ki tukang nyampah kalau amalan ” Sluman Slumun Slamet” itu sy dapat dari org2 tua bagus di baca saat ada bahaya dengan nahan nafas di baca 3 x dan lidah di tekuk keatas langit2 mulut… wallahua’alam

  59. AhmadChocho

    nderek nyimak p’de

  60. Wardoyo

    Monggo dilanjut wejangan kasepuhanipun mugi manfaaat dunia lan akherat

  61. banyulumut

    alif… lam… ro…..

  62. MBAH JATI

    aliif..baa..taa..tsaa..jim..a o a o ALLAH ONO AKU ONO, a u a u ALLAH URIP AKU URIP, a i a i ALLAH ILAHI AKU INSANI, a e a e ALLAH ESA AKU ELING, ah aku ra reti opo opo.

  63. kobiltu…mohn izin mengamal kan…

  64. wong mbelink

    qobiltu…mhn ijin mengamalkn

  65. dejavu

    ijin mengamalkan ki………..

  66. Huwangga Li'ali

    A “RUH/NYAWA”…I “NAFAS”…U “JASAD”…atau qodim dari pada “ALIF” jadi hakikat/arti sebenarnya adalah “ALIF ATAU ALLAH ATAU ZAT”…kira2 demikan menurut pemahaman saya…maaf klo salah…Salam dari kampung buat para sesepuh…mohon ijin belajar.

  67. Huwangga Li'ali

    skedar share atau berbagi ilmu keselamatan versi daerah saya/sulawesi/gorontalo..A I U…HU…ALLAH…ALLAH…ALLAH…AK’ (dibaca tahan nafas 1x atau 3x atau 5x batas 33x/sesuai kemampuan kita menahan nafas serta lidah dilipat keatas menyentuh langit2 mulut)…wasalam

  68. Huwangga Li'ali

    Biar jelas atau kurang paham inbox aja ke Fb saya “AL AMIIN ALALLAH”…(ilmu ini khusus umat islam)…syalam penyejuk jiwa…wasalam

  69. faqih

    assalamu’alikum. salam takzim ngangge pinih sepuh lan sedulur2…

  70. berarti termasuk ilmu keselamatan tk. wahid tuh ilmu.. ijin mengamalkan gus.

  71. akar dewa petir

    nyimak

  72. supriyono

    qobiltu,….mohon izin ngamalin,…moga berkah dunia akhirat…amin

  73. Amin-amin semakin terbuka salam…salam…salm………..

  74. @ huwangga liali…….salam kenal ane di SULUT…

  75. Huwangga Li'ali

    syalam balik juga buas mas sibli…sulutnya dimana…saya asli sulawesi/gorontalo.

  76. akiro

    Salam, saya dari negara jiran iaitu Malaysia kita dalah seudara seugama Islam.
    Disini saya mahu bertanyakan?. Mana satukah yang betul berkenaan dengan pernafsan, semasa menyedut udara ALLAH dan masa menghembus nafas HU atau sebaliknya. Mohon diberi penjelasan.

  77. guS nuR

    @akiro kalau teknik ato metode pernafasannya banyak cara, bisa saat kita menghirup nafas kita lafadzkan Asma ALLAH….setelah kita hembuskan kita baca…HU….semua bisa dalam hati dengan memikirkan kebesaran-NYA… maaf kalau ada pendapat sesepuh,

  78. Huwangga Li'ali

    saya setuju dgn pendapat gus nur…hu allah atau allah hu pd hakikatnya sama saja…tergantung keyakinan kita…kalau zikir hu allah itu artinya zikir dari yg goib kepada yg nyata dan kalau zikir allah hu itu artinya zikir yg nyata kepada yg goib…tapi diluar konsep seperti itu seharusnya kita yakini saja bahwa nafas masuk dan keluar semua adalah kebesaran allah atau semata mata hanya karena allah tiada yg lain…maaf kalau salah atau tidak berkenan dgn pendapat saya…syalam penyejuk jiwa semuanya.

  79. arman

    qobiltu… mohon ijin mengamalkan & menurunkan Gus
    semoga manfaat dunia akhirat, Amiin

  80. Abi Yuda

    qobiltu Ki smg bermanfaat dunia akhirat,Amin

  81. sugeng dalu sederek ”””

  82. qobiltu gus nur mohon ijin untuk mengamalkan

  83. Mas Choliq

    Qobiltu….

  84. WONG GANTENG

    ILAHI ANTA MAKSUDI..WARIDHOKA MATLUBI..A’TNI MAHABBATAKA WAMA’RIFATAKA…QOBILTU USTAD..SAYA TERIMA IJAZAHNYA SEMUA ILMU DI BLOG INI DENGAN SEMPURNA…SEMOGA BERMANFAAT…ALFATEHAH WAMANAJAZANI…

  85. sigit

    BACA amalannya gmna ki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: