ILMU MEMANGGIL ARWAH/ HANTU GENTAYANGAN


Abahnya NINA, FB: KWA KALSEL
panglima.badai@yahoo.com

Di daerah kalsel dan sekitarnya sering kita jumpai atau mendengar Orang yg telah wafat dan dikebumikan kemudian menjadi arwah/hantu gentayangan yg menghantui(biasanya cuma org-org yg pernah berhubungan/kenal saja yg akan ditemuinya,tp juga tidak menutup kemungkinan akan bertemu dengan org yg tidak dikenalnya sama sekali..)..Ada yg kemunculanya cuma 3/7/41 hari bahkan sampai 100 hari,sebelum kemudian akan menghilang(konon hantu-hantu tsb akan berkumpul didaerah gunung roban sampai kiamat datang nanti,wallahu ‘alam..).Sesungguhnya tiada ada yg lebih mengetahui tentang urusan roh ini kecuali hanyalah ALLAh SWT..
Kadangkala berita/kabar tsb sangat tidak beralasan sehingga itu cuma akan menjadi fitnah yang memalukan atas si mayit dan juga pihak keluarganya apabila hal itu tidak benar adanya..
Sebetulnya pada si mayat ada beberapa hal yg mungkin bisa diketahui oleh mata pandangan zahir kita yg awam untuk mengetahui apakah si mayat tsb kelak akan berubah menjadi hantu yg akan gentayangan ataupun tidak..

Diantara Patrap/cara yg sederhana untuk mengetahui apakah si mayat akan menjadi hantu gentayangan..

1.Setelah jenazah dimandikan/dibersihkan,biasanya jenazah akan ditutupi kain untuk dibacakan ayat-ayat suci/disholatkan/menunggu pelayat/kerabat yg berdatangan sebelum kemudian dikuburkan..untuk jenazah yg kita curigai(mungkin karena kita sedikit banyak tahu bagaimana kelakuan/lakon ilmu yg dijalani si mayat semasa hidupnya yg kurang baik)akan menjadi hantu/arwah gentayangan..coba kita ambil tanah apa saja yg kemudian kita basahi sedikit dengan air dan kemudian kita sapukan sedikit tanah tsb pada kuku jempol kaki si jenazah dan kemudian kita tutupi lagi dengan kain,maka apabila kita amati terus menerus kita akan dapat melihat dengan jelas bahwa kaki si mayat akan bergerak-gerak..
(Mohon tidak melakukan hal yg kurang sopan pada jenazah seperti memercikan perasan air limau/jeruk,atau menaruh kucing disampingnya untuk melangkahi mayat tsb,dll..)
2.Pada saat memandikan jenazah,air seperti mengenai kulit org yg masih hidup/pori-pori kulitnya msh tdk berubah tidak seperti kebanyakan memandikan jenazah pada umumnya org yg telah wafat..
3. Ada sebagian keadaan dimana si mayit yg akan menjadi gentayangan akan sangat sulit sekali dibersihkan jasadnya/menimbulkan bau/aroma yg tidak sedap..
4.Pada kuburan hantu/arwah gentayangan,biasanya akan ada lobang sebesar kelingking/ibu jari diatas makamnya tsb yg apabila kita tusuk/susuri dengan bilah,maka akan sampai ke papan/dasar tempat mayat tsb… Tapi ada juga beberapa kasus dimana hantu tsb membuat jalan keluarnya melewati 2 atau 3 makam disekelilingnya tidak diatas makamnya sendiri..(mungkin ingin menutupi jejaknya agar tidak dicurigai he..he..)
Demikian sedikit diantara patrap/cara-cara sederhana untuk mengetahui jenazah yg akan menjadi hantu gentayangan,kami persilahkan sedulur/dangsanak lainya yg mau menambahkan tentang patrap/cara yg lainya untuk lebih memperluas wawasan dan pengetahuan kita semua ..

Setelah kita mengetahui lobang yg telah kita curigai dimana tempat keluarnya hantu gentayangan tsb,kita dapat mengintai/mengintip (biasanya mulai pada awal senja hari)awal/proses bagaimana keluarnya hantu tsb dari makamnya..
NB: Tempat dimana kita mengintai usahakan tidak dari arah mata angin berhembus,sehingga aroma tubuh kita tidak tercium tertiup arah angin sampai kekubur tsb.carilah dimana arah mata angin melewati makam tsb dulu baru sampai kekita..Karna kalau aroma kita telah terhembus/tercium oleh hantu tsb,ada kemungkinan hantu tsb akan membuat jalan keluar yg baru/lebih jauh lagi dari tempat semula awalnya keluar..
Pada awal pertama keluar dari lubang tsb akan keluar asap hitam yg kemudian menjadi asap putih yg membumbung lurus ke angkasa,kemudian akan kembali lagi keatas makam dan menjelma wujudnya dengan duduknya seperti duduknya “seekor kucing”(akan terlihat seperti duduk dimana badan condong kedepan agak menyentuh tanah dan kedua tangan yg dilipat kedalam)pada saat ini hantu tsb akan mengucapkan kata..HAALIN..setelah itu hantu tsb akan berdiri dan kembali berkata..HAALIN..dan kemudian untuk yg terakhir kalinya sebelum melesat terbang akan kembali mengucapkan kata..HAALIN.. tsb untuk yg ketiga kalinya.. Dan dapat dipastikan bahwa hantu-hantu tsb sebelum pembacaan ayat-ayat suci waktu subuh akan kembali lagi masuk kemakamnya..
Nah,,Dari kata tsb kita dapat membuktikan/mendatangkan sendiri para hantu/arwah gentayangan apakah memang benar menjadi gentayangan ataukah tidak untuk menghindari fitnah yg memalukan atas mayat dan juga pihak keluarganya..
Pemanggilan dilakukan pada malam hari(Mungkin lebih afdol pergi ketempat sepi/dihutan sendirian he..he..).Ada juga sebagian kasus dimana hantu tsb kehadiranya bisa disaksikan/diketahui oleh orang banyak/massal..Tanda-tanda kehadiranya bervariasi yg juga sangat dipengaruhi oleh tempat dimana kita memanggil,kondisi bathin/keilmuan si pemanggil,tingkat keadaan dari si hantu tsb,dll..
Ada yg memberi tanda dengan papan/dinding rumah kita seperti digaruk-garuk/diketuk-ketuk,dapur/panci masak seperti dibanting-banting/dikerok-kerok,dan ada juga yg bisa masuk sampai kedalam kelambu/Tirai penutup nyamuk tempat tidur kita(kelambu tidur mungkin sdh biasa dan banyak digunakan oleh org-org banjar).

CARA PENGAFLIKASIAN/PEMANGGILAN/MENDATANGKAN ARWAH/HANTU YG GENTAYANGAN TSB..

Sebelumnya mungkin sebaiknya kita tahu nama(kl bisa juga tahu nama ortu/bin atau bintinya)atau mengetahui rupa dari yg kita curigai menjadi hantu gentayangan tsb..
Kemudian kita rapalkan terus menerus pada malam itu kata HAALIN (kalau bisa dgn suara yg pelan)sambil kita selingi memanggil-manggil nama/membayangkan hantu tsb untuk datang..Insya allah jika memang seandainya benar bahwa org tsb telah menjadi hantu yg gentayangan,, akan hadir pada malam itu juga menemui kita..
(Kalau ada yg bertanya apakah kata tsb bisa digunakan untuk memanggil makhluk yg lain seperti ,jin,khodam,danyang,dll..Wallahu ‘alam,silahkan bagi yg mengetahuinya untuk membabarkanya..)
Wujudnya mungkin bermacam-macam kedatanganya..bisa berupa binatang (kalau gajah mungkin akibat untalan Minyak gajah),hitam besar berbulu lebat(mungkin untalan minyak/bulu mariaban)dll..Biasanya pada hantu gentayangan tsb kalau berwujud seorang wanita rambutnya menggelung/terkuncir keatas dan menggunakan semacam kerudung, kalau pria menggunakn semacam syal/selendang yg dililitkan pada lehernya..(Ada mitos bagi sebagian org bahwa syal/kerudung tsb diburu diambil digunakan sebagai jalan pintas untuk ilmu menghilang dari pandangan mata dzahir,wallahu alam..)
Jikalau memungkinkan juga,, kita bisa ajak bercakap-cakap hantu tsb untuk menanyakan kepada mereka kenapa mereka sampai menjadi hantu gentayangan untuk dapat kita ambil hikmahnya..
NB:kebiasaan mereka akan selalu membelakangi kita dalam percakapan tsb..
Diantara beberapa dialog dan sebab musababnya yg pernah terjadi dengan para hantu gentayangan tersebut..Ada yg mungkin selama hidupnya menjalani/akibat dari keilmuan-keilmuan yg salah(mungkin kl org banjar akibat bauntalan minyak aliran hirang/akibat dari ilmu hitam untuk kekebalan/kesaktian,pesugihan,dll..), ada juga semasa hidupnya seorang istri yg ingin menundukan suaminya dengan jalan yg tidak baik(meminumkan perasan air cawat/celana dalamnya,air bekas darah kotornya dll..),bahkan pernah ada kasus menjadi arwah gentayangan adalah seorang ibu pembuat kue ,,akibat tanganya yg jorok/kotor tidak bersih(apalagi bekas najis/garuk-garuk dan tidak dicuci bersih) mengadon adonan kuenya dan ini telah menjadi kebiasaan yg telah bertahun-tahun dijalaninya dan kue tsb dimakan oleh banyak orang sehingga hal ini membuat allah murka dan tidak meridhoinya..Memang sebuah hal yg sangat berat nanti apabila kita masih/ada bersalahan yg belum diselesaikan dengan sesama hamba..
Seperti Org bijak arif billah ditempat kami(Alm guru zaini bin abdul ghoni,guru sekumpul martapura)yg selalu mengucapkan dalam setiap menutup majelisnya ,,Ulun Minta ma’af,minta ridha,dan minta halal kepada semuanya..Sungguh.. betapa beliau mengajarkan berusahalah agar jangan sampai menjadi syak sekecil apapun dihati orang yg kelak akan menjadi penghalang/sebab kepada kita diakherat nanti..
Apabila kita mencurigai suatu keadaan dimana kita curigai mayat tsb akan menjadi gentayangan dan bisa membuat malu keluarga,,disini ada sebuah rajah sederhana yg bisa kita tempelkan/diselipkan kedahi/kening mayat untuk ikut dikuburkan bersama jenazah tsb..Insya ALLAH tidak akan menjadi gentayangan/apalagi sampai menteror..kalau tidak memungkinkan bisa kita isyarohkan/kita tulis/rajahkan dengan jari didahi/dikening jenazah tsb..Dan juga insya ALLAh siapapun yg membawa RAJAH tsb akan dijauhi dari para hantu/arwah gentayangan (walaupun yg kita pegang/simpan dibadan/dompet itu cuma fotokopinya saja),insya ALLAH..

Kami juga mempersilahkan bagi yg ingin menambahkan kaweruh dan pengetahuanya tentang hal ini disini untuk berbagi agar semakin bertambah wawasan dan pengetahuan kita semua bersama dalam kebaikan dan mencari ridho illahi.. Amiin..

Demikian wacana sederhana ini dibuat semoga menjadi hal yg bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya dari hal-hal yg mungkin kita anggap sepele saja dalam hidup agar lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi dalam rangka menuju keridhoan ILLAHI dalam kehidupan kita yg sangat singkat ini..Amiin..
Salam paseduluran/badangsanakan dari saya untuk semua..

-Wacana ini ditulis hasil dari referensi seorang veteran pejuang kemerdekaan didaerah kalsel yg kini juga beliau berprofesi sebagai pemandi jenazah,penjaga dan juga penggali kubur(Beliau sangat enggan namanya untuk dipublikasikan)..

Hormat saya

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 387 Komentar

Post navigation

387 thoughts on “ILMU MEMANGGIL ARWAH/ HANTU GENTAYANGAN

  1. pertapa genit

    pertamax

  2. pertapa genit

    kah??

  3. pertapa genit

    kedua

  4. ane dapet ketiga,.lanjut nyang di bawah ane…

  5. ehen zaxis

    umpat b’antriiiiiiii ……

  6. Bocah lawu

    4

  7. ehen zaxis

    pnjang umur nach dpt 10 besar hehehe……

  8. yono

    go

  9. ehen zaxis

    pnjang umur nach dpt 10 besar hehehe……

  10. sajjani's

    ijin nyimak…

  11. aki

    ya

  12. Bocah lawu

    Absen

  13. ehen zaxis

    pnjang umur nach dpt 10 besar hehehe…….

  14. Virus

    Asslamualaikum

  15. pertapa genit

    alhamdulilah bs berbagi 10 besar.

  16. Virus

    Asalamualaikum

  17. Absen dalu

  18. Virus

    Pertapa genit gigi nya tingal satu.

  19. Hii . . . Seyem eh . . .

  20. Nderek nyimak lgi

  21. HiRO

    ….uka-uka….xi…xi…xi..xixixi

  22. SEREEEM

  23. PUSPO ROGO

    Sugeng enjang poro sederek sedoyo lan nderek nyimak.

  24. Kukura ba tapih

    Hadir…….Kursi dapet kursi 17 kyanya ne heheh…

  25. Kukura ba tapih

    Hadir…….Kursi dapet no brapa nech hehe…

  26. Kukura ba tapih

    och…No 26 …salam buat smuanya…buat pemosting di bagi-bagi donk ilmu kalimantannya hehe…

  27. Salamm,,

  28. absent pagi..

    sugeng anjing buat para sedulur kwa,,sdoyo..

    wah postingan ilmu yg mantabz,, hayoo sipa brani mencoba,,qiqiiqi,,

    slam tkzim
    ki bocah lawu@,,
    ki arek pare@,
    pertapa genit@.

    lan semua bolo2 wong alus,, salam peluk erat,, seduluran..
    moggo di lnjud.. kulo tk permisi sbntar,,,”cliiing”^___^..

  29. ki ageng ustad ifrit

    Absen pagi all sedulur
    mari kita cari lubang lalu kita tusuk tusuk hehe lubang kecil makin buat penasaran menusuk qiqiqi

  30. Kangmase CKP

    assalamualaikum abah nina,
    rajah boleh minta?

  31. si_pitung

    absen pagi
    salam persedulura buat sluruh sesepu kwa n bolowongalus kabeh

    angger cemani
    manwan
    to_meneng
    mas khoirul
    pendekar naga
    rsa
    dll
    @salam hormat

    goloco
    ki dalang cipto kawedar
    @ salam cium tangan
    salam hormat

    mohon bimbingan nya

  32. kang ndara

    ijin nyimak

  33. mad.nur

    absen pagi ‘n menyimax

  34. Patramantra

    Absen pagi

  35. akar dewa

    waaahhh maap maap kate nich om manwan
    panjenengan salah ketik ya tuh

    “manwan
    absent pagi..
    sugeng anjing buat para sedulur kwa,,sdoyo..”

    masak kita2 di bilang anjing he he he
    salam saalim sek

  36. MA’AF SDULUR2,,, SLAH KETTIK… WAH MAA’F BNGGET,,

    AKAR DEWA@,, salam tkzim…iyah salah ketiik tuh tdi,,,mv ya,, thx udah di ingetkn ki akar dewa..
    nah gtu dunk..

  37. Abahnya NINA

    Weit,,kok rajahanya g dimasukin y..padahal sdh dilampirkan bersama postingan ini..
    Moderator/admin,,help dunk agar rajahanya jg bs ditampilkan dipostinganya..

  38. pagi,,,

  39. laskar lembu suro

    aslkm abah nina RAJAHnya mna?

  40. absen siang ,,,,

    qobiltu ki ,,,,
    sent to alfatehah 10x…..

  41. rajah nya lom muncul looh…^__^..

  42. hary

    ngeri ah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  43. asalamuallaikum.wr wr
    abah nina ..derek nyimak pembabaranya ..wah serem kali ya kalau ke temu hantu…
    Kali boleh di praktekin juga nich buat uji nyali..salam

  44. Kukura ba tapih

    @Ki wongalus
    @Ki jatiraga
    @Ki Gatoloco
    @manwan…
    @ir. pangeran chandra buana
    @laskar lembu suro
    @Patramantra
    @akar dewa
    @All semua nya….mdahan2an ceria slalu and hepy…
    Numpang tanya…artinya bolo itu apa ya hehe…
    @ salam tuk abah Nina pian diamnya di daerah mana uln di kotabaru, pian tahulah manggungakan TUBANIAH, TAMBUNIAH, CAMARIAH, URIAH hgan kabibinian hehe mun thu tolong dipdhakn spya kwa jua ma nambahi mata kuliah di sini mun kd kw hgn ulun barang ne email ulun hadi.fun25@gmail.com

  45. Wulyojati

    Hadir absen siang aza…ga pakek tok..qiqiqi

  46. bolowongalus soloraya

    buat bolowongalus soloraya utk koordinasi keberangkatan silahkan hubungi mas widodo via sms ke 085647566466

  47. tak bernama

    mohon maaf lum berani amalin,mental lum siap,
    Soalnya serem ki. . . .

  48. tak bernama

    bolo=teman=saudara

  49. @abahnya NINA……………..wah…… wah….. wah…
    postingan yg sangat mantab…..
    soal hantu penasaran itu memang ada…….jadi Roh yg lepas dari raga benar benar belum diterima……
    kadang saya sendiri juga bingung……memang Roh itu urusan Allah…..ketika Malaikat pencabut Nyawa mencabut nyawa seseorang……..lalu nyawa tsb akan kembali kepada Allah…..
    tp kenapa ada fenomena arwah penasaran? yg sering disebut arwah gentayangan atau hantu……

    Saya ada pengalaman…….disuatu malam…..ada wanita yg sangat cantik sedang menagis…….saya lihat dia……terus saya tatap dia………….
    lalu saya ucapkan salam pada wanita yg sangat cantik tersebut…..
    wanita tsb hanya bengong melihat saya…..dia berkata “lho…kok km bs melihat saya…”
    lalu wanita tsb bercerita ttg kehidupanya……
    lalu saya coba scann….jangan jangan itu jin yg sedang nyaru….tp bukan…….memang arwah penasaran……
    jadi selama sebelum meninggal…ada keinginan yg sangat besar yg belum terpenuhi….bisa jadi arwahnya jadi penasaran…..itu sih kata hantu tsb…..

    tapi kata kata hantu gak usah di percaya lah……

    dan yg bikin saya risih adalah…..banyak mata yg melihat ke saya…seolah saya adalah orang gila……..
    krn itu mending saya hiondari saja lah…….

    @Abahnya NINA…postingan anda benar benar…berani dan berkelas,…….wah salut…dan top markotop deh…..
    saya mungkin harus banyak belajar dari panjenengan………..

  50. kukura batapih@,, BOLO=saudara,, teman,,frends,kawan,qiqiqi.. mkluum bnykn orang jwa dsni,,ma’af ya ki kurabatapih@..^____^…

    ki gatoloco@.. salam tkzim,,, cium tngan cup cup cup,,
    wah mantabz aki,, btw ktemu hantu itu pas kramaian ya ki,,
    kog bnyak mata yg mlihat,,qiqiqqi…
    brrti mata2 doonk…qiqiqi,,mv ki bcnda,,,kboooooorrrrr,,,tkut ksmbeer petiirr,,,qiqiqi..

  51. Kukura ba tapih

    @tak bernama: och itukah artinya hehe…rasa-rasa zaman dlu ada lagu pepolernya Papa bolo-bolo, mama bolo-bolo, Kakek bolo-bolo semuanya bolo-bolo hehe..yg punya ksetnya dan ga ada kerjaan mungkn bsa di share teks lagunya tp reseko di blang g waras tanggung sendiri jagn bwa2 nama saya hehe…
    Salam persaudaraan 4 bolo semuanya dech….

  52. ade syahputra

    Asalamu’alaikum wbr
    @ki wong alus
    @akar dewa
    @pertapa genit
    @ki ageng ustadz ifrit
    @ki virus
    @ki manwan
    @ki wulyojati
    @tak bernama
    @laskar lembu suro
    @abahnya nina
    @ki gentar alam
    @ki bc
    @ki wawan
    @uwak semar semur
    Wach,…….klu di sebutin semua ga selesai sampai bsok nie,.’
    Hehe..
    Pkok’e slam kompak dan salam kenal selalu buat bolo wong alus yg kren” ilmu kaweruh ny.
    Ijin qobiltu untuk mengambil hikmah ny ki,….
    Salam semangat KWA’

  53. Kukura ba tapih

    @ Manwan sya mlah senang dan suka srta betah klu disni terjlin ke kekluargaan dan persaudraan dr semua kebragaman… itung2 ada tambhan kosakata dr berbgi daerah, klu kmi biasanya menyebutnya teman itu kawal/bubuhannya/garombilannya …

  54. ade syahputra

    wach ada yg ketinggalan….
    KI GOTOLOCO yg sya hormati blm,.’
    Salim dulu ah sambil cium tangan KI GOTOLOCO muaach muacch….’! !
    Hehehe…
    hormat sya ki…

  55. anak ondel ondel

    hororrr

  56. lapar angin

    assalamuallaikum all bolo2 wong alus,,salam asah asih asuh,,

  57. Wulyojati

    Malam minggu ko sepi bgn ya..apa pd mentas ni.?
    Ade saputra
    Ayo monggo nyanyi aja skrg oke..!qiqiqi

  58. ki ageng ustad ifrit

    @wulyojati iya sepi karna ddesa sblh da dangdutan doleng doleng yg sexy

  59. Wulyojati

    Ustad ifrit
    Hehehehehehe
    Pantesan mbah..!kenap ga ngajak2 ni..qiqiqiqi

  60. Wong kidul

    hi,.. :() numpang nyiimak,.

  61. Abahnya NINI

    Met sore semuana..
    Aduuuh jd binun..pdhl sdh dilampirkan bersama postingan ini rajahanya,,nnt dkira ada unsur komersil lg hik..hik..
    Om gatoloco..Panjenengan dengan umur yg begitu muda tp sdh sgt begitu byk menguasai ilmu2 tingkat tinggi,kl sy g pny ilmu apalagi ajian apa2..mkn cm org yg pandai cerita z..Salam hormat dan salam takzim sy untuk panjenengan selalu..
    Kukura batapih..gabung az di FB KWA KALSEL,disitu sdh byk sesepuh dari banjar yg mau membabarkan keilmuan2 datu nini banjar bahari dan juga ilmu2 kewalian yg tidak pernah ada dibukukan/dipublikasikan..Yg menurut sy byk dari mereka dari segi tataran kebatinan, pengalaman rohani,kedalaman kaji keilmuan,makrifat diri,ketuhanan dan kenabianya sdh sangat dalam sekali..
    Insyallah dilain wkt kl msh ada kesempatan akan diposting tentang ilmu2 sahabat 4 (versi banjar)dalam diri(camariah,tubaniah,tambuniah,uriah dan geruntung waluh,geruntung manau,timbal sugara dan pembelah batung)..
    Juga ilmu pelet maha dahsyat tanpa doa dan mantra dengan mengambil anasir2 dari dalam diri kita sendiri..
    Salam hormat dan persaudaraan untuk semuanya..

  62. Ki Kacil Banua

    Abah nina,ulun orang banjar jua.Jar orang mun mayat talingkang kucing bisa bapuat jah,n ulun manambahakan sadikit,bila mayat to bulu batis atau tangannya sigar wan kaya orang hidup baarti itu cagar gantayangan.tambahan sadikit pulang lah,ibu jari batis mayat to di cucuk,bila darahnya ada kaluar warna hirang,cagar jado to.Mun kada handak ngalih kaya itu,minta banyu talak/talakin ka tuan guru.

  63. Agoeng Aliet

    malam smua……,,,

  64. Abahnya NINA

    Inggih ki kacil banua terima kasih atas tambahan masukanya untuk semakin menambah lg wawasan kita semua..Pian baGabung lah jua di FB:KWA KALSEL,biar tambah rame nnt kita disana takumpulan..

  65. gandri

    Beuh mantuafff, salim abah

  66. mbah ustad ifrid,nyawer yuk….dangdutan dmn……ni dh tak siapin..qi..qi,,qi

  67. jibrut

    wah kukura org ktbaru. orang tua ulun jg dsana. ..

  68. Abahnya NINA

    Ada yg tahu gmn cara mengirim gambar(rajahnya,format jpg)g yach via kolom koment,coz dr td g bs dicopy2 paste..hik..hik..

  69. absen malam ,,,,,

    salam kangen selalu to;
    @ki wong alus ,,,,
    @abah nina ,,,,
    @ki manwan ,,,,
    @mas wardoyo ,,,
    @ki gatoloco ,,,,
    @all bolo wong alus ,,,,
    selamat malam ,,,,

    @kukura batapih ,salam kenal dari saudaramu di kalimantan barat ,,,,

    ir .pangeran chandra buana…….

    ijin nyimak ….

    oups ,,,,,,,
    ;,;

  70. Ihhh…atut..

  71. tak bernama

    yang serem2 gk mau ikutan ahh. . . .
    Nunggu ilmu pelet aja di babar. . .( ngarep.com )
    Silahkan di lanjut. . . .

  72. Kukura ba tapih

    @Abahnya NINA : mkshlah bah tuk ppdhannya..
    @ir. pangeran chandra buana : salam jua sgan pian..Alhamdulillah d KWA ngini kta kwa bdapat kwan dr berbgai banua mdh2an smkin manguatkan persatuan dan kwa sling batolongan….
    @jibrut : Nc brati bprakan hja saku, salam knal dr kukura….
    @Agoeng Aliet…
    @ki ageng ustad ifrit….
    @Wulyojati…
    @Manwan….dan samuanya aja dech…
    Salam dan salim….

  73. tes tes

  74. abdusshomad

    ARWAH ITU ADALAH SETAN

    Pertanyaan:

    Ada sebagian orang yang sibuk mendatangkan arwah dengan berbagai macam cara. Apakah benar yang mereka datangkan tersebut ruh, ataukah qorin/setan?

    Jawaban:

    Yang dimaksud dengan arwah di sini adalah bangsa jin yang diciptakan Allah dari api. Mereka adalah ruh dengan tanpa jasad. Dan, yang dimaksud dengan menghadirkannya ialah memang-gilnya dan meminta kehadirannya sehingga berbicara dan manusia mendengar ucapannya. Seperti diketahui bahwa Allah telah menutupi mereka dari kita dan bahwa penglihatan kita dapat membakar mereka, sebagaimana firmanNya tentang Iblis, “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (Al-A’raf: 27) Yang dimaksud dengan kabilahnya ialah bangsanya dan yang semisal penciptaannya, seperti malaikat dan jin. Allah mem-beri kepada mereka kemampuan untuk merubah wujud menjadi jasad-jasad yang bermacam-macam. Mereka dapat menampakkan diri dalam rupa hewan, serangga, singa dan lain-lain. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menyerupai manusia, sebagaimana firman Allah سبحانه و تعالى, “Tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang ke-masukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

    Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda,

    إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِيْ مِنْ اِبْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

    “Setan mengalir dalam diri manusia pada aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, no. 7171, kitab al-Ahkam; Muslim, no. 2175, kitab as-Salam.)

    Selama muslim membentengi dirinya dengan berdzikir kepada Allah, berdoa kepadaNya, membaca kitabNya, beramal shalih dan jauh dari keharaman, maka Allah melindunginya, dan jin tidak mampu mengganggunya serta menguasainya kecuali bila Allah menghendaki. Adapun menghadirkan ruh yang dimaksud dalam pertanyaan maka tidak diragukan lagi bahwa yang dihadirkan itu kemungkinan prajurit setan (khadam), yang kepada merekalah manusia mendekatkan diri dengan apa yang mereka sukai atau menulis huruf-huruf yang tidak dipahami yang berisikan kesyirikan atau doa kepada selain Allah. Lalu jin menjawabnya dan orang-orang yang hadir mendengarkan ucapannya. Biasanya ia menghadirkan seseorang yang lemah akal dan agamanya, kurang peduli dengan dzikir dan doa, sehingga jin bisa mera-sukinya dan berbicara lewat lisannya. Tidak ada yang melakukan hal itu kecuali para penyihir, dukun, dan sejenisnya. Bukan mustahil manusia dapat mendengar ucapan jin muslim, sebagai-mana disaksikan bahwa mereka membangunkannya untuk shalat dan tahajjud, sedangkan ia tidak melihat mereka. Wallahu a’lam.

    Rujukan: Fatwa Syaikh Abdullah al-Jibrin. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.

  75. abdusshomad1.blogspot.com

    ARWAH ITU ADALAH SETAN

    Pertanyaan:

    Ada sebagian orang yang sibuk mendatangkan arwah dengan berbagai macam cara. Apakah benar yang mereka datangkan tersebut ruh, ataukah qorin/setan?

    Jawaban:

    Yang dimaksud dengan arwah di sini adalah bangsa jin yang diciptakan Allah dari api. Mereka adalah ruh dengan tanpa jasad. Dan, yang dimaksud dengan menghadirkannya ialah memang-gilnya dan meminta kehadirannya sehingga berbicara dan manusia mendengar ucapannya. Seperti diketahui bahwa Allah telah menutupi mereka dari kita dan bahwa penglihatan kita dapat membakar mereka, sebagaimana firmanNya tentang Iblis, “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (Al-A’raf: 27) Yang dimaksud dengan kabilahnya ialah bangsanya dan yang semisal penciptaannya, seperti malaikat dan jin. Allah mem-beri kepada mereka kemampuan untuk merubah wujud menjadi jasad-jasad yang bermacam-macam. Mereka dapat menampakkan diri dalam rupa hewan, serangga, singa dan lain-lain. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menyerupai manusia, sebagaimana firman Allah سبحانه و تعالى, “Tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang ke-masukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

    Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda,

    إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِيْ مِنْ اِبْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

    “Setan mengalir dalam diri manusia pada aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, no. 7171, kitab al-Ahkam; Muslim, no. 2175, kitab as-Salam.)

    Selama muslim membentengi dirinya dengan berdzikir kepada Allah, berdoa kepadaNya, membaca kitabNya, beramal shalih dan jauh dari keharaman, maka Allah melindunginya, dan jin tidak mampu mengganggunya serta menguasainya kecuali bila Allah menghendaki. Adapun menghadirkan ruh yang dimaksud dalam pertanyaan maka tidak diragukan lagi bahwa yang dihadirkan itu kemungkinan prajurit setan (khadam), yang kepada merekalah manusia mendekatkan diri dengan apa yang mereka sukai atau menulis huruf-huruf yang tidak dipahami yang berisikan kesyirikan atau doa kepada selain Allah. Lalu jin menjawabnya dan orang-orang yang hadir mendengarkan ucapannya. Biasanya ia menghadirkan seseorang yang lemah akal dan agamanya, kurang peduli dengan dzikir dan doa, sehingga jin bisa mera-sukinya dan berbicara lewat lisannya. Tidak ada yang melakukan hal itu kecuali para penyihir, dukun, dan sejenisnya. Bukan mustahil manusia dapat mendengar ucapan jin muslim, sebagai-mana disaksikan bahwa mereka membangunkannya untuk shalat dan tahajjud, sedangkan ia tidak melihat mereka. Wallahu a’lam.

    Rujukan: Fatwa Syaikh Abdullah al-Jibrin. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.

  76. abdusshomad1.blogspot.com

    DUKUN, TUKANG RAMAL DAN SEJENISNYA

    Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shohehnya, dari salah seorang istri Nabi, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى عرافا فسأله عن شيء فصدقه لم تقبل له صلاة أربعين يوما”

    “Barang siapa yang mendatangi peramal dan menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka sholatnya tidak diterima selama 40 hari”.

    Abu Dawud meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد “. رواه أبو داود.

    “Barang siapa yang mendatangi seorang dukun, dan mempercayai apa yang dikatakannya, maka sesungguhnya dia telah kafir (ingkar) terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad” (HR. Abu Daud).

    Dan diriwayatkan oleh empat periwayat[1] dan Al Hakim dengan menyatakan : “Hadits ini shahih menurut kriteria Imam Bukhori dan Muslim” dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من أتى عرافا أو كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد”

    “Barang siapa yang mendatangi peramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesunggunya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad”.

    Abu Ya’la pun meriwayatkan hadits mauquf dari Ibnu Mas’ud seperti yang tersebut di atas, dengan sanad Jayyid.

    Al Bazzar dengan sanad Jayyid meriwayatkan hadits marfu’ dari Imran bin Husain, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “ليس منا من تطير أو تطير له، أو تكهن أو تكهن له، أو سحر أو سحر له، ومن أتى كاهنا فصدقه فقد كفر بما أنزل على محمد ” رواه البزار بإسناد جيد.

    “Tidak termasuk golongan kami orang yang meminta dan melakukan Tathoyyur, meramal atau minta diramal, menyihir atau minta disihirkan, dan barang siapa yang mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad.

    Hadits ini diriwayatkan pula oleh At Thabrani dalam Mu’jam Al Ausath dengan sanad hasan dari Ibnu Abbas tanpa menyebutkan kalimat : “dan barang siapa mendatangi …”dst.

    Imam Al Baghowi ([2]) berkata : “Al Arraf (peramal) adalah orang yang mendakwahkan dirinya mengetahui banyak hal dengan menggunakan isyarat-isyarat yang dipergunakan untuk mengetahui barang curian atau tempat barang yang hilang dan semacamnya. Ada pula yang mengatakan : ia adalah Al Kahin (dukun) yaitu : orang yang bisa memberitahukan tentang hal-hal yang ghoib yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Dan ada pula yang mengatakan : ia adalah orang yang bisa memberitahukan tentang apa-apa yang ada dihati seseorang”.

    Menurut Abul Abbas Ibnu Taimiyah : “Al Arraf adalah sebutan untuk dukun, ahli nujum, peramal nasib dan sejenisnya yang mendakwahkan dirinya bisa mengetahui hal hal ghaib dengan cara-cara tersebut.”

    Ibnu Abbas berkata tentang orang-orang yang menulis huruf huruf أبا جا د sambil mencari rahasia huruf, dan memperhatikan bintang-bintang : “Aku tidak tahu apakah orang yang melakukan hal itu akan memperoleh bagian keuntungan di sisi Allah”.

    Kandungan bab ini :

    Tidak dapat bertemu dalam diri seorang mukmin antara iman kepada Al Qur’an dengan percaya kepada tukang ramal, dukun dan sejenisnya.

    Pernyataan Rasul Shallallahu’alaihi wasallam bahwa mempercayai ucapan dukun adalah kufur.

    Ancaman bagi orang yang minta diramalkan.

    Ancaman bagi orang yang minta di tathoyyur.

    Ancaman bagi orang yang minta disihirkan.

    Ancaman bagi orang yang menulis huruf huruf أباجاد [untuk mencari pelamat rahasia].

    Perbedaan antara Kahin dan Arraf, bahwa kahin (dukun) ialah orang yang memberitahukan tentang perkara-perkara yang akan terjadi di masa mendatang yang diperoleh dari syetan penyadap berita di langit.

    ([1]) Yakni : Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai’ dan Ibnu Majah.

    ([2]) Abu Muhammad Al Husain bin Mas’ud bin Muhammad Al Farra’, atau Ibn Farra’ Al- Baghawi. Diberi gelar Muhyi Sunnah. Kitab-kitab yang disusunnya antara lain : syarh as sunnah, al jami’ baina ash shahihain. Lahir tahun 436 H (1044 M), dan meninggal tahun 510 H (1117 M).

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/02/dukun-tukang-ramal-dan-sejenisnya.html

  77. abdusshomad1.blogspot.com

    HUKUM S I H I R

    Firman Allah Subhanahu wata’ala :

    ]ولقد علموا لمن اشتراه ما له في الآخرة من خلاق[

    “Demi Allah, sesungguhnya orang-orang Yahudi itu telah meyakini bahwa barang siapa yang menukar (kitab Allah) dengan sihir itu, maka tidak akan mendapatkan bagian (keuntungan) di akherat” (QS. Al Baqarah, 102).

    ]يؤمنون بالجبت والطاغوت[

    “Dan mereka beriman kepada Jibt dan Thoghut” (QS. An nisa’, 51).

    Menurut penafsiran Umar bin Khothob Radhiallahu’anhu : Jibt adalah sihir, sedangkan Thoghut adalah syetan.

    Sedangkan Jabir Radhiallahu’anhu berkata : Thoghut adalah para tukang ramal yang didatangi syetan, yang ada pada setiap kabilah.

    Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “اجتنبوا السبع الموبقات، قالوا : يا رسول الله وما هن، قال : الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات”.

    “Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran !, para sahabat bertanya : “Apakah ketujuh perkara itu ya Rasulullah ?”, beliau menjawab :” yaitu syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan oleh agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dari peperangan, menuduh zina terhadap wanita yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan tidak memikirkan untuk melakukan dosa, dan beriman kepada Allah” (HR. Bukhori dan Muslim).

    Diriwayatkan dari Jundub bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda dalam hadits marfu’ :

    “حد الساحر ضربة بالسيف ” رواه الترمذي، وقال : الصحيح أنه موقوف.

    “Hukuman bagi tukang sihir adalah dipenggal lehernya dengan pedang” (HR. Imam Turmudzi, dan ia berkata : pendapat yang benar ini perkataan sahabat).

    Dalam shoheh Bukhori, dari Bajalah bin Abdah, ia berkata : “Umar bin Khothob telah mewajibkan untuk membunuh setiap tukang sihir, baik laki-laki maupun perempuan, maka kami telah membunuh tiga tukang sihir.”

    Dan dalam shoheh Bukhori juga, Hafsah, ra. telah memerintahkan untuk membunuh budak perempuannya yang telah menyihirnya, maka dibunuhlah ia, dan begitu juga riwayat yang shoheh dari Jundub.

    Imam Ahmad berkata : “Diriwayatkan dalam hadits shoheh, bahwa hukuman mati terhadap tukang sihir ini telah dilakukan oleh tiga orang sahabat Nabi (Umar, Hafsah dan Jundub).

    Kandungan bab ini :

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah ([1]).

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat An Nisa’([2]).

    Penjelasan tentang makna Jibt dan Thoghut, serta perbedaan antara keduanya.

    Thoghut itu kadang-kadang dari jenis Jin, dan kadang-kadang dari jenis manusia.

    Mengetahui tujuh perkara yang bisa menyebabkan kehancuran, yang dilarang secara khusus oleh Nabi.

    Tukang sihir itu kafir.

    Tukang sihir itu dihukum mati tanpa diminta taubat lebih dahulu.

    Jika praktek sihir itu telah ada dikalangan kaum muslimin pada masa Umar, bisa dibayangkan bagaimana pada masa sesudahnya ?.

    ([1]) Ayat pertama menunjukkan bahwa sihir haram hukumnya, dan pelakunya kafir, disamping mengandung ancaman berat bagi orang yang berpaling dari kitab Allah, dan mengamalkan amalan yang tidak bersumber darinya.

    ([2]) Ayat kedua menunjukkan bahwa ada diantara umat ini yang beriman kepada sihir (Jibt), sebagaimana ahli kitab beriman kepadanya, karena Rasulullah telah menegaskan bahwa akan ada diantara umat ini yang mengikuti (dan meniru) umat-umat sebelumnya.

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/02/hukum-s-i-h-i-r.html

  78. abdusshomad1.blogspot.com

    HUKUM S I H I R

    Firman Allah Subhanahu wata’ala :

    ]ولقد علموا لمن اشتراه ما له في الآخرة من خلاق[

    “Demi Allah, sesungguhnya orang-orang Yahudi itu telah meyakini bahwa barang siapa yang menukar (kitab Allah) dengan sihir itu, maka tidak akan mendapatkan bagian (keuntungan) di akherat” (QS. Al Baqarah, 102).

    ]يؤمنون بالجبت والطاغوت[

    “Dan mereka beriman kepada Jibt dan Thoghut” (QS. An nisa’, 51).

    Menurut penafsiran Umar bin Khothob Radhiallahu’anhu : Jibt adalah sihir, sedangkan Thoghut adalah syetan.

    Sedangkan Jabir Radhiallahu’anhu berkata : Thoghut adalah para tukang ramal yang didatangi syetan, yang ada pada setiap kabilah.

    Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “اجتنبوا السبع الموبقات، قالوا : يا رسول الله وما هن، قال : الشرك بالله، والسحر، وقتل النفس التي حرم الله إلا بالحق، وأكل الربا، وأكل مال اليتيم، والتولي يوم الزحف، وقذف المحصنات الغافلات المؤمنات”.

    “Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran !, para sahabat bertanya : “Apakah ketujuh perkara itu ya Rasulullah ?”, beliau menjawab :” yaitu syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan oleh agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dari peperangan, menuduh zina terhadap wanita yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan tidak memikirkan untuk melakukan dosa, dan beriman kepada Allah” (HR. Bukhori dan Muslim).

    Diriwayatkan dari Jundub bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda dalam hadits marfu’ :

    “حد الساحر ضربة بالسيف ” رواه الترمذي، وقال : الصحيح أنه موقوف.

    “Hukuman bagi tukang sihir adalah dipenggal lehernya dengan pedang” (HR. Imam Turmudzi, dan ia berkata : pendapat yang benar ini perkataan sahabat).

    Dalam shoheh Bukhori, dari Bajalah bin Abdah, ia berkata : “Umar bin Khothob telah mewajibkan untuk membunuh setiap tukang sihir, baik laki-laki maupun perempuan, maka kami telah membunuh tiga tukang sihir.”

    Dan dalam shoheh Bukhori juga, Hafsah, ra. telah memerintahkan untuk membunuh budak perempuannya yang telah menyihirnya, maka dibunuhlah ia, dan begitu juga riwayat yang shoheh dari Jundub.

    Imam Ahmad berkata : “Diriwayatkan dalam hadits shoheh, bahwa hukuman mati terhadap tukang sihir ini telah dilakukan oleh tiga orang sahabat Nabi (Umar, Hafsah dan Jundub).

    Kandungan bab ini :

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah ([1]).

    Penjelasan tentang ayat yang terdapat dalam surat An Nisa’([2]).

    Penjelasan tentang makna Jibt dan Thoghut, serta perbedaan antara keduanya.

    Thoghut itu kadang-kadang dari jenis Jin, dan kadang-kadang dari jenis manusia.

    Mengetahui tujuh perkara yang bisa menyebabkan kehancuran, yang dilarang secara khusus oleh Nabi.

    Tukang sihir itu kafir.

    Tukang sihir itu dihukum mati tanpa diminta taubat lebih dahulu.

    Jika praktek sihir itu telah ada dikalangan kaum muslimin pada masa Umar, bisa dibayangkan bagaimana pada masa sesudahnya ?.

    ([1]) Ayat pertama menunjukkan bahwa sihir haram hukumnya, dan pelakunya kafir, disamping mengandung ancaman berat bagi orang yang berpaling dari kitab Allah, dan mengamalkan amalan yang tidak bersumber darinya.

    ([2]) Ayat kedua menunjukkan bahwa ada diantara umat ini yang beriman kepada sihir (Jibt), sebagaimana ahli kitab beriman kepadanya, karena Rasulullah telah menegaskan bahwa akan ada diantara umat ini yang mengikuti (dan meniru) umat-umat sebelumnya.

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/02/hukum-s-i-h-i-r.html

  79. MACAM MACAM SIHIR

    Imam Ahmad meriwayatkan : telah diceritakan kepada kami oleh Muhammad bin Ja’far dari Auf dari Hayyan bin ‘Ala’ dari Qathan bin Qubaishah dari bapaknya, bahwa ia telah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “إن العيافة والطرق والطيرة من الجبت”

    “Iyafah, Tharq dan Thiyarah adalah termasuk Jibt”

    Auf menafsiri hadits ini dengan mengatakan :

    Iyafah adalah meramal nasib orang dengan menerbangkan burung.

    Tharq adalah meramal nasib orang dengan membuat garis diatas tanah.

    Jibt adalah sebagaimana yang telah dikatakan oleh Hasan : suara syetan. (hadits tersebut sanadnya jayyid). Dan diriwayatkan pula oleh Abu Dawud, An Nasa’i, dan Ibnu Hibban dalam shahihnya dengan hanya menyebutkan lafadz hadits dari Qabishah, tanpa menyebutkan tafsirannya.

    Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من اقتبس شعبة من النجوم فقد اقتبس شعبة من السحر، زاد ما زاد” رواه أبو داود وإسناده صحيح.

    “Barang siapa yang mempelajari sebagian dari ilmu nujum (perbintangan) sesungguhnya dia telah mempelajari sebagian ilmu sihir. semakin bertambah (ia mempelajari ilmu nujum) semakin bertambah pula (dosanya)” (HR. Abu Daud dengan sanad yang shahih).

    An-Nasai meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “من عقـد عقـدة ثم نفث فيها فقـد سحر، ومن سحر فقـد أشرك، ومن تعـلق شيئا وكل إليـه”

    “Barang siapa yang membuat suatu buhulan, kemudian meniupnya (sebagaimana yang dilakukan oleh tukang sihir) maka ia telah melakukan sihir, dan barang siapa yang melakukan sihir maka ia telah melakukan kemusyrikan, dan barang siapa yang menggantungkan diri pada sesuatu benda (jimat), maka ia dijadikan Allah bersandar kepada benda itu”.

    Dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “ألا هل أنبئكم ما العضه ؟ هي النميمة القالة بين الناس ” رواه مسلم.

    “Maukah kamu aku beritahu apakah Adh-h itu ?, ia adalah perbuatan mengadu domba, yaitu banyak membicarakan keburukan dan menghasut diantara manusia” (HR. Muslim).

    Dan ibnu Umar Radhiallahu’anhu menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

    “إن من البيان لسحرا”

    “Sesungguhnya di antara susunan kata yang indah itu terdapat kekuatan sihir.”(HR. Bukhori dan Muslim)

    Kandungan bab ini :

    Diantara macam sihir (Jibt) adalah iyafah, thorq dan thiyarah.

    Penjelasan tentang makna iyafah, thorq dan thiyarah.

    Ilmu nujum (perbintangan) termasuk salah satu jenis sihir.

    Membuat buhulan dengan ditiupkan kepadanya termasuk sihir.

    Mengadu domba juga termasuk perbuatan sihir.

    Keindahan susunan kata (yang membuat kebatilan seolah-olah kebenaran dan kebenaran seolah-olah kebatilah) juga termasuk perbuatan sihir.

    http://abdusshomad1.blogspot.com/2011/02/macam-macam-sihir.html

  80. Kiai FATAH ALbisri

    KWA menyesatkan umat Saudara sekalian. Artikel artikel di sini bila dibaca secara utuh, dapat membawa pembaca khususnya umat Islam kepada kemurtadan. Ini fatwa Ulama. Sekian

  81. Abah suhaimi

    salam kenal sy pd kyai yg di-rahmati Allah. Sebelum sy menerus kn kata2 mohon maaf kyai di-mana kah etika antum sebagai muslim tanpa memberi salam langsung aja memvonis artikel di-sini sesat.. Apa kah kyai merasa diri paling benar islam nya dr kami di-sini?? Memang kami di-sini semua sesat maka nya kami di-sini sering baca…iya kanak budu wa’iyaka nasta’in IHDINAS SIROTHOL MUSTAKIM di-dlm solat. kalo kyai merasa diri benar sy kira gak perlu kyai membaca di-dlm solat IHDINAS SIROTHOL MUSTAKIM SAPERTI KAMI BACA… Kalo sy lancang sy mohon maaf sebagai muslim seharus nya kita mensikapi dgn bijaksana dn lemah lembut kerna nabi musa di-perintah Allah agar bersikap lemah lembut terhadap firaun..dn apa kah di blog ini melarang pembaca nya dr mengucap kalimah shahadat???sy rasa tdk mereka sesepuh di-sini meyibar kn setitis dr ilmu2 Allah dgn cara kebijaksanaan nya utk membawa sadulur2 di-sini ka jalan Allah.. Kyai seorang yg berilmu tinggi kok mensikapi membaca artikel di-sini kok bisa jadi sesat dn murtad??? Bagaimana dgn artikel di-koran tentang pembunuhan sadis dn perampokan dgn membaca kita bisa jadi perampok dn pembunuh??? Kyai ini pandangan sy setinggi apa pn ilmu yg kita miliki dn selama kita merasa kn kita benar dn pintar kita tetap aja bodoh dn salah.. Kerna tanpa kita sedari kita punya rasa takabur.. satu sifat yg bisa menjurus pada sirik.. Dn sy yakin sadulur2 di-sini sudah bisa membeda kn mana yg benar dn salah.. Semoga kyai selalu di-berkahi Allah berserta umat muslim seantero dunia dgn rahmat dn hidayah nya. Kerna berilmu bagaimana tinggi kalo tdk dgn hidayah Allah gak bakal terjadi segala amal…. Segalasesuatu terjadi atas rahmat nya……wassalam.

  82. Abah suhaimi

    kadang kala dgn dosa yg banyak bisa jadi kn manusia insaf dn taubat kerna merasa diri hina dn bersalah.. Kadang kala dgn amal juga bisa menjerumus manusia kapada kesesatan andai kata amal yg baik di-sertai dgn riak dn takabur..kerna orang2 saperti kita ini justru asma Allah Al-Ghafurur itu ada kerna nyata sifat Allah maha pengampun….segala sesuatu tergantung niat hamba… Kerna di-situ yg di-lihat Allah Bukan pd bentuk dn rupa serta amal kita… Namun bukan bererti kita tdk perlu beramal. Gimana kalo amalan yg kita laku kn di-sertai dgn riak dn takabur…mendingan sejadah di-bikin selimut aja…

  83. mheriyadi

    hmm…makasih abah nina lah, han ada jua toh taangkat ngaran abah guru………pian dimana neh wayah ini?????

  84. mheriyadi

    @abah suhaimi>>>>bujur banar bah ae, jgn memvonis kyk itu, krn dengan ilmu2 Allah inilah para pejuang kita dapat mengusir penjajah, liat saja presidn SOEKARNO, yg berguru pada ahli thariqat…dgn keilmuan beliau, kharisma beliau bahkan dgn pusaka2 beliau yg menjadi wasilah bukan tujuan dapat membawa nama baik buat kita warga INDONESIA bahkan smpai sekarang belum ada warga negara kita atau para pejabat kita sekarang seperti beliau yg sangat konsisten dalam melaksanakan ajaran ISLAM secara kaffah, kebanyakan hanya ingin yg instan2 saja otomatis yg terjadi adalah cuma sebentar g tahan lama bahkan bisa membawa fitnah bagi dirinya sendiri…..

  85. Kiai FATAH ALbisri

    Saudara sodare jangan percaya lagi dengan artikel artikel di sini, disinilah markas Islam Liberal buat menyesatkan dan melemahkan Islam Indonesia. Kalau ente kagak percaya silahkan baca baca saja. Hemm

  86. ki ageng ustad ifrit

    @absen pagi smwa wah msh pd molor nh…
    Aq tetap ngedukung blog kwa nih terserah org mau bilang apapun biar kita sentil rame2 qiqiqi

  87. Bocah lawu

    Selamat pagi sedulur.. Selamat menikmati hari minggu yg indah he….3x

  88. wong faqir

    tu kyai mending di suruh bikin blog sendiri gak usah rusuh di KWA ini,

  89. ki ageng ustad ifrit

    @bocah lawu wahh km yg beruntung hr minggu aq dsni hujan deras gbs menikmati hr minggu hiks hiks kmn2 hrs bw payung rajeh n mantel rajeh

  90. Kukura ba tapih

    @Kiai FATAH ALbisri : terimakasih buat peringatannya walau menrut saya klau artikel di KWA ini di baca secara utuh dan seksama scara subjektif malah bisa menguatkan ketaqwaan saya jd sbaiknya pian dan semua saudara dapat lebih bijak dlam menilai sesuatu…klu menurut pian tetap brbahaya dan sesat ya mungkin saja ada tapi tolong pian bisa posting ilmu atau artikel yg anda ketahui bersumber dr kebenaran menrut versi anda di KWA krn saya nilai KWA ini adalh wadah kta untuk saling berbagi untuk MENYELSAIKAN/MERINGANKAN beban hidup scr tulus tnp mngharap ongkos atau upahnya mungkin klu tdk ada blog ini kami mungkin malah prgi ke tempt2 yg mnurut pian sesat dgn bayar mahal lagi beda di KWA kami bebas untuk menilai dan mau mengambil yg mana sesuai keyakinan msing2 scr gartis , jadi APAKAH BAJU YANG TERKENA KOTORAN MESTI HARUS DIBAKAR HABIS hehe …
    @buat yang margukan ilmu hikmah : Bisa mncari atau menilai tokoh dan Ulama besar sprti :
    =Imam AL GHAZALI dan kitab” AL AUFAQ dan IHYA ULUMUDDIN dan HIDAYATUS SALIKIN”,
    = IMAM ABIL ABBAS AHMAD BIN ALIL BAUNI AL-Mashiri dgn kitab “USHULUL HIKMAH”,
    =KIAYI HAJI HUSIN QADRI MARTAPURA dgn kitab “SENJATA MUKMIN”, ….
    maaf bila ada kata yg kurang berkenan di hati….dan salut dan trimakasih buat yg sdh kritis mdh2an pian-pian slalu mengwasi blog ini jd kmi para penuntut ilmu bisa lebih selektif dlm memilih ilmu….

  91. Kukura ba tapih

    Klu nanti Blog KWA dilarng… Ya kta bkin aja lagi KWA-KWA yg laen biar mereka sibuk ngurusin orang-orang kaya kita hehe….

  92. Bocah lawu

    @ki ageng ustad ifrit… Ujan2 ya tambah asyik.. Bikin aja yg anget2 biar maknyos n nikmakti aja…sambil kebal kebul rokok he he he…3x.

  93. Asalamualaikum,ikut nyimak pembelajaranya..

  94. Bolo sewu wong subang

    salam meduluran semuanya 100%, untuk bolo wong alus kabeh, orang boleh bilang apa aja tentang blog ini, tapi kita tetap tetap teguh dan bersatu di blog ini,saya lihat para sesepuh diblog ini ikhlas membagi ilmunya untuk membantu saudara2 kita yang membutuhkan.

  95. Abah suhaimi.
    yg di paparkan kiai fatah adalah isi alkuran dan hadist.Dimana letak Tekabur dan merasa paling benar nya.
    Begini nie kalau hati suda di tunggangi iblis.
    Abah suhaimi bersekutu dgan iblis,mempelajari sihir adalah kesesatan yg nyata.

    Salut buat kiayi fatah. 2 jempol tak kasih.Seharus nya yg kalian belah yg kayak ini,karna meluruskan akida yg mulai menyimpang.

  96. imam sy

    Assalamu’alaikum……para saudara semua,,,,,,,,,,,absen pagi.!/2siang……….

  97. Om Mheriadi xixixi….
    Kita merdeka itu atas rahmat dan karunia allah.
    Bukan karna ilmu2. Ini nie semua di ukur dg ilmu, khodam, allah di lupakan.
    Astaqfirullah…
    Abah suhaimi yg kayak ini benar ya xixixi…

    Kalau memang sakti banyak berperan dalam kemerdekaan. kenapa indonesia di jajah 350 tahun.

  98. Abahnya NINA

    Semoga kita bisa mengambil/memetik pesan-pesan moral dan hikmah dari semua postingan2 di KWA dan koment-koment dari sedulur-sedulur semua dalam rangka perjalanan diri kita masing-masing menuju hadirat illahi..

  99. Patramantra

    Absen pagi… Walah kok rame-rame ada pa sih…. Aku tak nyimak aja…

  100. Patramantra

    Rame juga nich…bgm gak rame disinikan ada yang baru pindahan blog…qiqiqi

  101. Abah suhaimi

    saudara alex antum ngerti kn apa yg antum sebut ilmu? Benar kata antum kita merdeka dgn rahmat Allah. Mana antum tau mereka melupa kn Allah? Apa antum pernah tau isi hati mereka. Antum memvonis ana bersekutu dgn iblis Alhamdulillah ini bererti antum pakar nya dlm ilmu tersebut dn ana harus belajar dr antum kalau gak masa antum tau ana bersekutu dgn iblis. Antum mengaku islam dn mengikut ajaran al quran.. Tp di-mana kah etika antum mengaku sebagai muslim dlm membuat tuduhan antum terhadap artikel bila di baca boleh menjadi murtad saperti kyai fatah menyata kn. Antum baca alquran jgn baca erti nya seharus nya antum kaji dn renungkan dr isi2 alquran. Antum harus tau juga indonesia di-jajah sekian tahun atas takdir Allah dn ada hikmah di-atas apa yg terjadi. Antum tolong baca dgn teliti komentar ana….ana tdk mengata kn kyai takabur yg ana kata kn tdk ada erti nya kalo amalan kita di-sertai dgn riak dn takabur hanya sia2.. Ana kata lebih baik orang yg melaku kn dosa lalu merasa kecil di-hadapan Allah dgn taubat…dari pada orang yg beramal dgn di-sertai sifat riak dn takabur. Apa kah itu salah? Antum harus baca dgn tenang agar faham apa kata2 ana. Bagi antum iblis punya kuasa menyesat kn tp bagi ana iblis tak lebih dr seekor nyamuk yg gak punya apa2. Yang ana mau campur kerna kyai menyata kn baca artikel di-blog ini bisa menyesat kn dn murtad.. Itu ana tdk setuju kerna liwat blog ini banyak terjalin siratul rahim. Dan sesepuh di-sini sudah maklum dn tau bahawa sadulur2 di-sini sudah bisa membeda kn mana buruk baik nya.. Kita sebagai muslim jgn sekali2 suka menyesat kn sesuatu ilmu yg kita tdk tau… Dn sy rasa yg membabar kn ilmu dlm blog ini tdk ada maksud utk menyesat kn sadulur2 kita malah bisa di-ambil pelajaran dr ilmu2 di-sini.. Nah sesat atau tdk itu tergantung niat kita bagaimana iktikad kita…sy harap antum pelihara lidah antum dr fitnah yg hanya mencelaka kn diri sendiri kerna ada bahaya di-situ. Sy menasehati antumkalo percaya sama Allah biar lah dgn sepenuh hati jgn hanya separoh2… Kerna kalo antum percaya Allah sepenuh nya antum tdk mungkin lidah antum ada racun kerna ana khuatiri nanti antum bakalan termakan racun nya sendiri. Ana mohon maaf dn jgn di-perpanjang kn masaalah sepele ini agar kita jgn jadi musuh. Dn tolong di-baca komentar2 ana yg di-atas semua… Kerna ada wasiat dr nabi saw agar menjaga lidah semoga Allah memberkahi antum dn keluarga antum. Nuhun.

  102. ki ageng ustad ifrit

    @patramantra bru muncul om abis begadang ya liat dangdutan doleng2 kampung sblh?

  103. bani

    terserah orang mo bilang apa…yang penting I LOVE U FULL KWA…jujur ga ada yang tak amalkan keilmuan di KWA ini…hummbbb…pengen nyoba c ngamalkennya…tapi ko tiba2 pengen nyobanya ah besok aja,..besok aja,..ujung2nya ga ada yang di amalkan hehehe….tapi biar gimanapun sesepuh2 KWA disini orang2nya ramah2 seneng banget kalo baca komen2 beliau…adem2…tapi suatu saat pasti saya amalkan begitu tiba masanya….
    salam takzim buat semuanya…salam asah asih asuh…

    NB : eh ga ding ada yang pernah tak amalkan di KWA ini…kalo ga salah ilmu peletnya bang dewa pelet…^^ pas mo putusan ma cewek ane….maknyuss banget emang bang DP…mpe sekarang masih tetep langgeng Alhamdulillah…
    uhmmm ada lagi petuah2 ki kyai abdull jabbar tentang secret mlinioreman (enak ngebacanya dan buat saya semangat untuk terus mencari ridho Allah tapi yo ko susah ya untuk konsisten nerapinnya)…terus sama yang punyanya bang Gatoloco…yang amalannya pendek..jadi gampang ngapalnya hehehe….(tapi mpe sekarang yo kok masih belum bisa, ga ada bakat kali yax..?)

  104. Abah suhaimi

    @Alex di-kwa ini banyak pengetahuan yg bermanfaat tinggal kita nya bagai mana mensikapi..kalo semua nya dalam dunia semua manusia baik tdk ada apa yg dapat kita pelajari..kita lihat aja di-timur tengah bagaimana kita sesama muslim berantam dn saling membunuh antara satu sama lain…di-kwa ini walau pn banyak perbedaan tp tdk pernah kejadian yg tdk kita ingin kn. Kerna blog ini di-ada kn atas dasar mengerat kn kasih sayang bukan dgn permusuhan..kok blog kwa di-tuduh sesat oleh kyai hanya dgn membaca artikel. Darjat manusia di-sisi Allah bukan kerna banyak menghafal hadith atau al quran tp kerna ketulusan hati di-dalam membabar kn setitis ilmu2 nya. Musuh kita adalah nafsu kita sendiri. Kalo antum tau siapa iblis mungkin antum akan ketawa sendiri….jd kita harus belajar dn belajar.. Kerna selain Allah tdk ada ujud hakiki nah mohon antum fahami dn selami kerna setiap yg baru tdk dpt memberi bekas dn kesan pd apa pn..selain dr ijin Allah….sy kira antum tentu maklum…jgn berkata itu sesat ini bid’ah…alangkah bijaksana kalo kita koreksi diri kita..apa kah sudah benar iman islm tauhid dn makrifat kita dn apa kah kita sudah benar2 ikhlas dgn apa yg kita laku kn dn kita ucap kn dlm solat kita…Inna solati wanusuki wama……..sudah benar mantap dlm hati kita dn benar kesaksian kita pd Allah?

  105. tarik mang….asik , nyawer…. goyang terus….ser…ser…..qi..qi..qi..

  106. kemas

    klu untuk memanggil khodam cukup dengan sholat hajat 2 rakaat

    lu harus punya khodam pendamping terlebih dahulu untuk memengil arwah macam tu klu gak lu gak akan sadar kan diri alias kesurupan

  107. as wb semuanya.jangan lupa buka blog ane di http://www.nagaradipa.wordprees.com

  108. Abahnya NINA

    Abah Suhaemi..Salam takzim dan hormat sy selalu untuk panjenengan dan juga keluarga..
    Kita Ambil sangka baik az Mungkin maksud Om Alex cs,,itu baik tp mungkin cara penyampaianya az yg agak berbeda(Mudah2n sy pribadi dapat mengambil hikmahnya dan dapat belajar banyak tentang bagaimana adab dzahir dan bathin kepada mereka,amiin..) dalam rangka cermin dan pembelajaran dalam perjalanan untuk DIRI KITA MASING2,karena msh dalam perjalanan menuju hadirat illahi..
    OM Alex cs,kl panjenengan silahkan membuktikan bukti nyata DALAM DIRI panjenengan kepada kami bahwa diri dan ilmu2 yg ada pd panjenengan adalah HAQ dari ALLAH dan RASUL(Semua Silsilah dan sanad2 keilmuan yg ada pada panjenengan adalah sahih bersumber sampai kerasulullah)dan juga bisa menjamin kepada kami yg awam ini bahwa nanti setelah mengikuti panjenengan,,panjenengan yg akan menjamin dan bertanggung jawab didunia dan akherat dengan wasilah ilmu2 dr panjenengan bahwa kami Wafat dalam KHUSNUL KHOTIMAH.. Insya ALLAH kami akan mendengarkan panjenengan..
    Salam Paseduluran asah,asih asuh..

  109. rendra

    abah nina@ mantaaaaaaap om…. wdah ulun banyak nang mati jadi hantu om ae…. tapi ni mulai jarang pang… tapi ada saikung lagi nang di gairakan mati jadi hantu pulang di wadah ulun tuh….. hidup haja inya bataring sudah…. pernah masuk koran bahari inya tuh… panangkal sagan kada di datanginya adalah om???? biar pun keluarganya haja nang di tamuinya tatap ae jua asa takutan om ae….

    salam om… mantap
    makasih om dah promosiakan FB KWA KALSEL nya…sagan kita barataan jua…

    ayoooooooo bubuhan banjar, bubuhan kalsel gabung di KWA kalsel : http://www.facebook.com/home.php?sk=group_143694965694024

  110. Abah saya yg bilang ente bersekutu dg iblis itu siapa.
    Saya bilang di tunggangi iblis.
    Saya memang tidak tau isi hati mereka,tp melihat mereka terlalu mengagungkan ilmu kesaktian itu sama saja lupa dg tuhan dan menyekutukan tuhan.
    Kenapa karna apabilah mereka ditimpa suatu masalah meraka akan ingat ilmu bukan tuhan,apa ini tidak menyimpang abah..
    Saya tidak bilang siapa yg bacah artikel kwa jadi murtad .Tp kenyataan artikel yg di posting di kwa ke banyakan mengandung,sirik,sihir,ramal meramal yg ujung2 nya membuat orang menjadi sesat.
    Walau banyak jg postingan yg bagus.
    Kalau yg suda bisa memilah dan memilih tak jadi masalah,tp bagaimana dg orang yg masih awam,dan semangat nya lg membarah,atau orang yg lg gelap mata, dan membaca postingan di kwa yg banyak unsur sirik nya. Apa yg akan terjadi pada mereka abah..
    Abah menyuru bacah alquran bukan artih nya.
    Hanya orang gilah yg tidak tau apa artih yg di katakan nya.
    Alquran itu harus di bacah dan tau artinya agar bisa dipelajari,difahami dan diamalkan. Lah kalau tidak tau artih nya gimana abah…
    Abah menyuru menjaga lisan saya. Sedang nabi berkata iman yg paling lemah apabilah melihat suatu kemungkaran adalah mengutuk dalam hati.
    Sedang saya hanya menyampaikan hal yg benar agar tidak menjadi orang2 musyirik yah.. Setidak tidak nya sebagai penyaring saja.
    Apakah saya salah abah..

  111. ganti avatar

  112. Ki Kacil Banua (P.Sekar Mawar)@ salam kenal ki…. salam urang banua..hehe

  113. Abah nina jg mengikuti siapa pun,apalagi mengikuti saya entar nyebur ke empang,sebab saya suka mancing xixixi…
    Ikuti saja alquran dan hadist,karna itu petunjuk bagi orang2 berakal.
    Saya hanya menyampaikan,menyeruhkan agar terhindar dari kemusyrikan. Apalagi anak2 muda yg lg semangat2 nya mencari ilmu.

  114. di wadah ulun mun handak ba tamuan hantu urang nang manjadi di tantang haja pas malamnya inya datang jar….ujar jua pang.hehe

  115. Pathamsyah

    salam lekum,abah nina mun handak baimbai an ayu badapat di surabaya,ulun tulak dari buton sulawesi pulau aspal tgl 20,kena di surabaya ada ki tukang sol sepatu nang mambantu manunjuk jalan,kita baimbai wan dingsanak kita disurabaya ja…kayapa julak okekah….oke ja gin hihihihi…..

  116. Pathamsyah

    Salam lekum,gasan abahnya Nina…mun handak naik pasawat badapat di Bandara Surabaya ja julak’ai,ulun gin tapaksa pakai burung halang jua neh tumatan pulau Buton sulawesi,apa kapal jadwalnya tasalisih…paksa ta ganali ongkos..ha ha ha…alhamdulillah ada dingsanak si tukang sol sapatu basadia mangawani ulun….jadi kita baimbai an ja julak abah Nina…ulun kaena manginap di Hotel Gajahmada Ampel..kita badapat disitu bisa jua… kayapa…okekah..oke aja gin…ni no hape ulun 085255886422….Salam salim ntuk dulur liane…

  117. Abahnya NINA

    Om Pathamsyah,smp di sby nnt tggl brp n’ktm’na dmn Om !?Kd kejauhan lh om muny dr sby,coz sangu ongks u mepet pres hik..hiks..

  118. Abahnya NINA

    Om rendra..pian brp hr nie menghilang,kmn’n om..

  119. Abahnya NINA

    To Om Alex,injih terima kasih sdh mengingatkan kami(sy pribadi) yg msh byk hrs belajar dan bertanya lg..
    Semoga dengan niatan yg baik ini..Allah memberikan hidayahnya dan akan sll menjaga kita semua,dan kita semua terus menerus mendapatkan curahan limpahan rahmat dan karunia kasih sayangnya kepada kita semua,amiin..

  120. Abahnya NINA

    Om rendra,nie u ad cara untuk meluntuskan ilmu/khodam/org2 ng bauntalan hirang baik lg hidup ataupun sdh matinya dari alm Tuan Guru Rosyad dmtp..Insyallah kdd bfungsi/hilang/dan bs hancur khodam2 keilmuan yg ada dibadanya..Tp u kd kw memadadahakn ditpt umum,kasian kaina kl pina byk yg hndk coba2 dihantamakan keorg yg beilmu kd tasalah,mkn prl sdkt diselektif tentang bagaimana kematangan emosinya muny paham ilmu ini..

  121. riza

    Assalamualaikum Ki Dewa Cakra…maaf,,no.hpnya ganti ya..???kQ susah dihubungi..???saya mau konsultasi dengan anda…mohon dikabari kalau ganti no.hp…nuwun.

  122. ehen zaxis

    abah nina@ ulun minta am cara mnghancurkan/mematikan untalan & minyak2,,,kirim ke email : pengemis_jiwa@yahoo.co.id

    ulun hadang kirimanx…………………….oke dingsanak

  123. jadi wasit

    Abah suhaimi.
    yg di paparkan kiai fatah adalah isi alkuran dan hadist.Dimana letak Tekabur dan merasa paling benar nya.
    Begini nie kalau hati suda di tunggangi iblis.
    Abah suhaimi bersekutu dgan iblis,mempelajari sihir adalah kesesatan yg nyata.

    Salut buat kiayi fatah. 2 jempol tak kasih.Seharus nya yg kalian belah yg kayak ini,karna meluruskan akida yg mulai menyimpang.

    BANDINGKAN DUA PERNYATAAN INI, SIMPULKAN, DAN AMBIL HIKMAHNYA

    bah saya yg bilang ente bersekutu dg iblis itu siapa.
    Saya bilang di tunggangi iblis.
    Saya memang tidak tau isi hati mereka,tp melihat mereka terlalu mengagungkan ilmu kesaktian itu sama saja lupa dg tuhan dan menyekutukan tuhan.
    Kenapa karna apabilah mereka ditimpa suatu masalah meraka akan ingat ilmu bukan tuhan,apa ini tidak menyimpang abah..
    Saya tidak bilang siapa yg bacah artikel kwa jadi murtad .Tp kenyataan artikel yg di posting di kwa ke banyakan mengandung,sirik,sihir,ramal meramal yg ujung2 nya membuat orang menjadi sesat.
    Walau banyak jg postingan yg bagus.
    Kalau yg suda bisa memilah dan memilih tak jadi masalah,tp bagaimana dg orang yg masih awam,dan semangat nya lg membarah,atau orang yg lg gelap mata, dan membaca postingan di kwa yg banyak unsur sirik nya. Apa yg akan terjadi pada mereka abah..
    Abah menyuru bacah alquran bukan artih nya.
    Hanya orang gilah yg tidak tau apa artih yg di katakan nya.
    Alquran itu harus di bacah dan tau artinya agar bisa dipelajari,difahami dan diamalkan. Lah kalau tidak tau artih nya gimana abah…
    Abah menyuru menjaga lisan saya. Sedang nabi berkata iman yg paling lemah apabilah melihat suatu kemungkaran adalah mengutuk dalam hati.
    Sedang saya hanya menyampaikan hal yg benar agar tidak menjadi orang2 musyirik yah.. Setidak tidak nya sebagai penyaring saja.
    Apakah saya salah abah..

  124. Wong kosong

    SARI’AT TANPA ILMU KOSONG DAN SEBALIK ILMU TANPA SARI’AT …. Ambil hikmahnya jgn menjadikan hati mati. Sesungguhnya jika hati itu mati tertutuplah hidayah Alloh…

  125. ehen zaxis

    INTIX AMBIL YG BAIK BUANG YG BURUK…..KLO TDK BSA MMBEDAKAN MANA YG BAIK MANA YG BURUK SBAIKX SKOLAH TK AJA LG………………………

  126. ehen zaxis

    WONG KOSONG@ SLAMAT SORE MNJELANG MAGRIBBBB

  127. wong_ndeso

    cool……………………………………..

  128. wong_ndeso

    cool

  129. Abahnya NINA

    Om ehen zaxis salam bdingsanakan lh jua dr ulun..
    G kebalik nch om,seharusnya u yg msh hrs belajar dan banyak bertanya lg kpd pian-pian..Salam hormat dan salam takzim sy sll untuk sampian..
    Masalah “ilmu penghancur khodam”,lupakan sj lh y om..Msh byk mkn hal-hal yg lbh penting(Ulun pribadi) untuk diketahui dan dipelajari lg diBLOG KWA ini.. U gin dsini ndk umpat jua nch duduk ndeprok menunggu2 pencerahan dr para master,dan sesepuh..
    Minta m’af,mnt ridho,mnt halal muny kd brkenan,,monggo dilanjut..

  130. saya

    qobiltu ki….
    kyanya alex salah masuk deh,disini kan utuk belajar ilmu2 nusantara/leluhur, hikmah, supranatural, mantra2 dan doa.

  131. SINGA MARANTEE

    @ alex and @ abdusshomad1.blogspot.com
    @ KYAI FATAH….

    Memang secara pribadi saya yakin menghadirkan yg seperti diatas adalah jin.., kalau Arwah bisa saja hadir…tapi kadang cepat prosesnya kadang sampai 40 hari lamanya…mungkin saja Arwah hadir kalau Allah berkehendak….

    Ilmu diatas perlu juga diketahui untuk tahu penangkalnya bila ada org yg berniat menggunakan semaunya..
    LHA KALAU TAU SAJA GAK BOLEH..MAKA BODOH NAMANYA..

    INNAMAL ‘AKMALU BINNIYYATI..segala sesuatu tergantung niat…kalau niat memuja tentu saja kufur…paling tdk tau aja ada yg ginian.

    – jangan vonis semua yg disini kufur..sesat…

    Setiap orang yg punya kelebihan ghaib baik disini maupun duluaran belum tentu masuk SORGE..TERMASUK ENTE PAK KYAI.., ALEX AND ABDUSSHOMAD..BAHKAN ANE SENDIRI…

    Masih ingat kisah syaikh BARSHISA..??? Apa yg tdk bisa dia..?? sorbannya dimiringkan maka dunia pun miring, bahkan malaikatpun takjub. tapi Allah berkata lain…

    memang mempelajari yg ghaib terutama ilmu hiqmah perlu Ilmu tauhid yg kuat..

    ini blog umum bukannya milik semua org MUSLIM agama apapun boleh jadi anggota..boleh kirim artikel..cuma didominasi kaum muslim…
    Blog ini melihat dari wawasan persaudaraan..melestarikan kebudayaan…

    NAAH..BAGI KITA YG ISLAM..FILTERNYA PADA DIRI SENDIRI…

    HATI2 BRO BLG SEMUA ORANG SAMA RATA SESAT..ARTINYA ENTE JUGA SESAT..

  132. SINGA MARANTEE

    ini blog umum bukannya milik semua org MUSLIM agama apapun boleh jadi anggota..boleh kirim artikel..cuma didominasi kaum muslim…
    Blog ini melihat dari wawasan persaudaraan..melestarikan kebudayaan…BUKAN DARI SISI AGAMA ISLAM….JADI BUKAN BLOK AGAMA ISLAM, MEMANG BOLEH DAKWAH UNTUK YG ISLAM..TAPI CARANYA GIMANA..?? ENTE AJA DAKWAHNYA SALAH TUH..??

    DAKWAH ADA BEBERAPA CARA BERDASARKAN HADIST KALAU GAK SALAH.., KRN SAYA BUKAN ULAMA :

    1. CEGAHLAH KEMUNGKARAN ITU DGN TANGANMU…ITUPUN APABILA ENGKAU MAMPU .( ARTINYA ALIF HURUF HIJAIYYAH YG LURUS BERDIRI..?? TU PENGAJIAN HALUS..NAH PENGAJIAN KASARNYA MEMAKSA DGN TINJU YG LURUS…)

    2. CEGAHLAH KEMUNGKARAN ITU DGN LIDAHMU..ITUPUN APABILA ENGKAU MAMPU….LHA KALAU SAMPEYAN LIAT ADA BEGAJUL DIJALANAN 10 ORANG..LALU SAMPEYAN MARAH MELARANG MEREKA..TAPI ENTE CUMA MAMPU DIMULUT DOANK..KALAU DITINJU ENTE MODARRR..MENYELAMATKAN NYAWA ITU TRELEBIH UTAMA..JADI TERGANTUNG SIKON..

    3. CEGAHLAH KEMUNGKARAN ITU DGN HATIMU..DAN ITU ADALAH SELEMAH-LEMAH IMAN…

    KALAU GAK MAMPU SEPERTI YG DUA DIATAS BERDOALAH PADA ALLAH SWT AGAR MEREKA SADAR…

  133. SINGA MARANTEE

    BAHKAN SHOLAT PUN KALAU TUJUANNYA RIYA / PAMER…gak ada pahalenya Om…yg ada ente cuma nungging tunjukin pantat aja ke langit…

    awalnya Ujub = heran pada diri sendiri / takjub akan kelebihan diri sendiri, laku Riya = pamer / memamerkan kelebihan / ilmu pengetahuan pada orang laen…

    Nah….tunggu deh ente akan sampai pada nenek moyangnya yaitu TAKABUR..BURRR…KALAU UDAH PADA TAHAP NI SIFAT ENTE MAKA ENTE DIBENCI ALLAH KARENA TU BUKAN SIFAT ENTE / MAKHLUK TAPI SIFAT KHALIK / PENCIPTA…

    LHA ALLAH PANTES SOMBONG..WONG PENCIPTA KOK..??? LHA KALAU SAMPEYAN MAU SOMBONG APAAN..??? ILMU..??? BUAT ROKET AJA ENTE GAK BISA..?? APA YG MAU BANGGA..?? TERMASUK ANE BRO…

  134. akar dewa

    masih nyimak

  135. Abahnya NINA

    Ijin menyimak ki..

  136. Kiai FATAH ALbisri

    Sodara sodara situs ini kurang mendidik generasi muda ke arah kebaikan. Memang benar situs ini milik semua agama, milik semua orang dan milik semua usia. Lalu apa jadinya bila yang membaca anak anak sekolah. Sodara sekalian, perlu diketahui mayoritas pengguna internet sekarang adalah anak sekolahan. Mereka tdk memberi komentar di sini, mereka sesungguhnya mencatat tip tip gratis di sini untuk segala yg mereka inginkan walau belum tentu terbukti. Ingatlah saudara..

  137. Al Mahadaya

    Di dlm hikayat Iskandar Zawa Al Qoranayana menyatakan bhw Raja Iskandar dan menterinya nabi Khidir serta tenteranya berperang dengan tentera hantu. Hantu sebenarnya adalah dari golongan bangsa Jana. Mereka ini ada yg disesatkan oleh syaitan dan ada juga yang beriman kpd tuhan. Nabi Sulaiman ada membina kubah di benua Afrika dan kubah ini dijaga oleh hantu yg bertujuan menjauhkan manusia dari sampai kepadanya dan menjaganya sebagaimana perjanjian bapa jin itu dgn nabi Sulaiman. Kebanyakan manusia menyangka bhw manusia yg mati menjadi hantu, jelas tidak memahami kejadian antara manusia dan jin. Bangsa Jana hidup 1,000 tahun sebelum Adam dan dari bangsa ini lahirnya Dewa, Mambang, Pari, Syaitan, Hantu. Jadi, sesiapa yg tidak memahami asal usul kejadian akan takut kpd hantu lebih dari takutnya kpd tuhan. Mereka mudah ditipu oleh syaitan dgn pelbagai kesesatan dan kejahilan adalah senjata syaitan. Mereka tidak berkuasa terhdp org2 yg beriman kpd tuhan yg sebenar-benarnya. mahadaya-asalama.blogspot.com

  138. jgan salah persefsi
    Yg menudu semua orang sesat itu siapa, saya bilang banyak artikel yg di posting di sini. (Bukan seluru nya) mengandung kemusyrikan,dan memancing orang untk mengamalkan nya dan akhir nya menjadi sesat,
    -yg menjadi filter biar diri sendiri.
    .. iA KALAU MEREKA TAU,KALAU ORANG NYA LG GELAP MATA GIMANA.
    ..
    Yg sombong itu siapa
    yg riah itu siapa
    yg tekabur itu siapa.
    Yg pamer itu jg siapa.
    Loh..Wong cuma menyampaikan,
    apa yg saya tau. Lg pulah Ini untk kebaikan.
    Masak Saya cuma menyampaikan,kok saya di adili sedemikian extrem.Di bilang riak pamer,sambong,salah blog.
    Masyallah..

  139. Abahnya NINA

    Habis liat2 blog mahadaya-asalama.blogspot.com,kok agak susah y membaca tulisanya (sepertinya tulisanya pk bahasa melayu ya !?)..

  140. kopi susu manisnya om masih hangat,
    yg tdk suka kopi ada susu manis,
    yg tdk suka susu ada kopi manis,
    yg tdk suka manis yg tawar juga ada,
    yg tdk suka kopi susu manis air putih jg ada,
    ayo2 om om 1000 aja kecuali air putih free gratis deh,

  141. Wong kosong

    Alloh menciptakan manusia ada yg laki2 dan perempuan, beda warna kulit,rambut, berbagai suku bangsa, adat istiadat semata mata tdk lebih untuk saling mengenal satu dgn yg lainnya. Itupun ada batasan dr Alloh untuk tdk melampaui batas.

  142. SINGA MARANTEE

    @ KYAI FATAH…

    Memang dunia maya ada efek positifnya juga efek negatifnya..lha kalau anak2 sekolahan yg baca.. tu kan tugas dari orang tuanya..disini umumnya malah disebutkan tidak boleh untuk anak2.., anak2 aja disuruh ngaji dan sekolah tapi bisa aja gak ngaji dan sekolahkan..?? ngeluyur kemana2..belajar ngerokok..lalu siapa yg disalahkan..?? guru ngaji yg stanby di surau atau guru yg disekolah..??

    disitulah peran orang tua masing2.., diawasi..diberi pengertian mana yg baik dan buruk.

    @ ALEX…HEHEHEEE..

    yANG NGOMONG BLOG INI SESAT KYAI FATAH..ENTE YG DUKUNG..JGN NGELAK DONK…JAGO SILAT YA..???

  143. SINGA MARANTEE

    @ ALEX
    YG JADI FILTER KITA SENDIRI..

    IA KALAU TAU, KALAU MEREKA GELAP MATA GIMANA…???

    ANE JAWAB SINGKAT :
    “IQRAK ( BACALAH ) BACA APA..?? PENGETAHUAN DONK YG BENAR..TAPI PAKE LOGIKA..JGN SEMUA YG ADA MASUK SEMUA…

    BLOG KAN BUKAN SATU…?? CARI TUH DI MBAH GOOGLE APA YG DIPERLUKAN..BUKU SEBAGAI REFERENSI..YG UTAMA GURU YG BENAR..

    GAK TAU GURU YG BENAR..??? TANYA DONK…CARI TAU..UNTUK TAU GURU YG BENAR PAKE FIKIRAN…

    MISAL BARU2 INI DISUATU DAERAH ADA AJARAN MILLATA ABRAHAM / AJARAN SESAT, DIMANA MENURUT PENGAKUAN PENGIKUTNYA YG SDH KELUAR MEREKA DI ANJURKAN PAKE CELANA JEANS BAGI WANITA YG KETAT..

    INI KAN SDH SALAH DARI FIKIRAN SAJA…? KECUALI ENTE SEORANG MUALLAF YG BARU KENAL ISLAM BISA AJA SALAH GURU..

  144. SINGA MARANTEE

    @ ALEX…

    Yg sombong itu siapa
    yg riah itu siapa
    yg tekabur itu siapa.
    Yg pamer itu jg siapa.
    Loh..Wong cuma menyampaikan,
    apa yg saya tau. Lg pulah Ini untk kebaikan.
    Masak Saya cuma menyampaikan,kok saya di adili sedemikian extrem.Di bilang riak pamer,sambong,salah blog.

    Masyallah..>>>>>>>>>

    MEMANG BENAR UTK KEBAIKAN..TAPI JGN SAMA RATA DONK…??? MARAH SAMA TIKUS JGN RUMAH YG DIBAKAR…

    ENTE BILANG YG ENTE TAU..SAYA JELASKAN LENGKAP DALILNYA..CARI TAU BENER GAK…

    PETUNJUK TU BUKAN HANYA YG TERSURAT.., PENJABARANNYA ADA YG TERSIRAT…BAHKAN BISA DITERIMA PAKE DALIL AQLI….SESUAIKAN DGN SYARIAT.

  145. SINGA MARANTEE

    @ ALEX….

    Masak Saya cuma menyampaikan,kok saya di adili sedemikian extrem.Di bilang riak pamer,sambong,salah blog..

    @ NAH ENTE JUSTRU KEBAKARAN JENGGOT…BUKAN DI ADILI TAPI PERTANYAAN DAN KOMENT ENTE ANE JAWAB…

    LALU MANA YG SALAH KATA2 ANE DARI HUKUM SYARIAT..?? ADA..?????? MANA…????

    @ ALEX..

    ENTE SEOLAH2 BERFAHAM SYIAH…TAPI SAYA GAK TUDUH..KAYAKNYA. LHO..

    KALAU BAGI SAYA SYIAH JELAS SESAT…HANYA MEMAHAMI DAN MENGKAJI YG TERSURAT

  146. Alex

    Hemmm…Kagak nyambung nie orang.

  147. SINGA MARANTEE

    @ ALEX..
    -yg menjadi filter biar diri sendiri.
    .. iA KALAU MEREKA TAU,KALAU ORANG NYA LG GELAP MATA GIMANA.

    ANE JAWAB :

    MASA BILA ENTE ATAU MURID YG BODOH MALAH GURU YG DISALAHKAN…???

  148. SINGA MARANTEE

    MAU NYAMBUNG….?? GIH TIDUR SONO..JGN LUPA SHOLAT TAHAJJUD DULU…..KALAU MAU PUNYA NILAI LEBIH DIMATA ALLAH.

  149. SINGA MARANTEE

    MISAL BARU2 INI DISUATU DAERAH ADA AJARAN MILLATA ABRAHAM / AJARAN SESAT, DIMANA MENURUT PENGAKUAN PENGIKUTNYA YG SDH KELUAR MEREKA DI ANJURKAN PAKE CELANA JEANS BAGI WANITA YG KETAT..

    INI KAN SDH SALAH DARI FIKIRAN SAJA…? KECUALI ENTE SEORANG MUALLAF YG >>>>>>>NI HANYA UNTUK CONTOH KRN BYK ALIRAN SESAT YG MENGAKU ISLAM DAN MENGAKU YG PALING BENAR…GILIRAN DIAJAK BERHUJJAH GAK MAMPU NUNJUKIN DALIL..GITU LHO..SALAM PISSSS…

  150. Abahnya NINA

    Mungkin alangkah bijaknya jika kanjeng kiai FATAH Al bisri dan juga bagi panjenengan2 yg lainya yg kurang berkenan dengan keadaan BLOG KWA ini untuk berkenan bersilaturahmi kepada salah satu dari pengasuh/sesepuh blog ini untuk bermudzakarah daripada vonis-memponis begini atau begitu..atau kalau bs untuk berkenan hadir meluangkan waktunya di candi mendut nanti untuk bisa menyampaikan TAUSIAH2nya langsung nanti disana..Saling Asah,Asih, Asuh..

  151. SINGA MARANTEE

    YUP SETUJU ABAH NINA..MALAH LEBIH BAGUS…

  152. Abahnya NINA

    Kepada Admin/Moderator..Sy minta tolong jika ternyata artikel sy ini telah banyak menimbulkan kesalahpahaman atau juga akan mengakibatkan lebih banyak mudhoratnya daripada kemaslahatnya..Sy minta dengan sangat agar Artikel sy ini dihapus saja dari postingan..
    Saya minta ma’af kepada segenap pihak atas segala kelancangan,kebodohan dan ketidak tahuan sy yg tidak tahu diri ini..

  153. Bakalang Tanah

    Salam takzim Om Singa Marantee,Abah Suhaimi,Abah Nina

  154. maju terus..pantang mundur..
    Mantaa..absss..

  155. Dewa Pelet

    Assalamu’alaikum sedulur KWA tercinta,
    salam badingsanakan KWA Kal Sel,,
    to Alex :
    trima ksh sdh mengingatkan kami smua,
    itu memang tugas terhadap sesama muslim,
    tp alangkah baiknya jika menegur seseorang dgn jalan lemah lembut dan kasih sayang?? bukan dgn cara asal vonis…
    jika blog ini sesat/dosa,,maka saya yakin bahwa anda juga tak luput dari yg namanya DOSA..!!
    lbh baik perbaiki diri sendiri dulu,baru orang lain..
    mohon maaf jika ada yg tak berkenan dgn komen saya ini,
    Wassalam

  156. Kiai FATAH ALbisri

    Blog ini berimplikasi menyesatkan umat, bahkan dapat memurtadkan umat, ini bukan isapan jempol semata. Sadar atau tidak, bila sodara mengajarkan ilmu kebal, ilmu menhilang, ilmu santet, ilmu pelet, hipnotis, magnetis dan yang yg lainya itu secara tidak langsung sodara telah mengajarkan kepada umat menjadi maling, jadi pencopet, jadi tukang berbuat zina, tukang berbuat teror, dan tukan berbuat kejahatan dan kedholiman kepada sesama. Secara pribadi saya telah melarang 900 anak didik saya untuk mengakses blog ini. Haram hukumnya mengakses blog ini.

  157. mheriyadi

    menyimak HARAM zar hukum nya……

  158. Yang suka bilang sirik ,bid’ah, kafir biasanya dari kelompok nurdin m top. Bisanya cuma merusak tidak bisa bantu orang kesusahan

  159. Saya juga pernah ikut aliran wahabi kerjaanya tiap hari mengkafirkan orang sampai wali songo dikafirkan … nauzubillah. Tapi waktu saya banyak masalah dianya cuma melongo… bilang sabar. Saya tinggalkan tuh aliran wahabi

  160. Bisanya cuma berkoar2 tidak mau di ajak diskusi. Dasar kepala batu tuh wahabi

  161. Wong kosong

    *Orang yg keluar dr Tauhid adlh orang2 yg menuruti hawa nafsu. Dan menjdikan nafsu sbg Tuhannya tanpa ia sadari.
    *”berilah mrk peringatan(tadzkir) krn PERINGATAN itu berguna bagi orang yg BERIMAN” (surat Adz-DZARIYAT 55)
    *NABI ISA AS BERKATA:
    jgnlah kamu letakkan ilmu hikmah pada bukan Ahlinya maka km telah berbuat aniaya pd ilmu hikmah itu. Dan km termasuk orang yg bodoh. Dan barang siapa melarang pd ahlinya maka km jg berbuat aniaya pada ahlinya itu.
    Ilmu hikmah itu mempunyai hak dan ahlinya. Maka dari itu berilah kpd semua yg berhak akan haknya.

  162. bukan saya bermaksud lancang…
    saya berkomentar untuk perihal artikel di atas…
    tujuan beliau untuk melestarikan adat atau kebudayaan daerah kalimantan selatan…
    saya yakin beliau tidaklah ada maksud untuk menuai perdebatn/menyesatkan….
    bahkan tiada niat untuk menyesatkan…. hanya berbagi tentang budaya bangsa…
    karna yang belaiu tulis adalah sesuai dengan yang terjadi di daerah kami kalimantan selatan…. tidaklah akan faham jika tak mengerti akan budaya…
    Mohon kiranya di fahami dan di maklumi…..
    mungkin beliau tidak ada maksud sedkit pun untuk menyesatkan atau sejenisnya….
    hanya untuk berbagi… mf salah hilaf mohon maaf….

  163. hmmmm, klu berbda pendapt enaknya dudk bersma yh??? atau?????????? hmmmm…kabuuur dlu, nanti blik yah….

  164. Wong kosong

    Manusia hdp didunia hrs selalu berbuat baik dan karena kebaikannya itu akan kembali kpd dirinya sendiri. Olek krn itu selagi nyawa masih melekat pergunakan hdp ini utk berbuat kebajikkan dan jgn menunda waktu. Kita jg tdk tau pada saat kita berbuat kejahatan lantas maut menjempul kita. Jgn sampai kt menjadi orang celaka dan mati membawa beban dosa.
    Manusia jg diuji kesabarannya oleh Alloh sampai dimana batas kesabaran itu. Siapa yg sabar menghadpi cobaan dia akan menemui kebahagiaan dlm jiwanya dan siapa yg tdk sabar menerima cobaan dan cuma bs menggerutu dia pasti akan menerima kehinaan,celaka… Orang yg salik itu hrs bs bersabar krn sabar separo dr iman.

  165. Coba tanya org2 wahabi bisa nggak mereka ngobati orang kena santet?. Pasti kembalinya sama org2 supranatural. Jadi jgn cuma banyak omong. Saya 5 th ikut aliran wahabi jadi tahu betul

  166. Alex

    Lailahaillallah..

  167. wong djowo

    berantem maning weleh2 geleng2 ndas

  168. junaidi Al-crut

    @Kiai FATAH ALbisri : udah ” Lakum Dinukum wa Liya Dini ” aja… pak kiai juga gak usah kemari,,, salah tempat…………

    1. kontolmu dudu kontolku …………….
    2. swargo po neroko yo ra melu Raimu ……

  169. junaidi Al-crut

    Kemudian Allah bersemayam di atas Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah ( tentang Allah ) kepada yang lebih mengetahui ( Muhammad ) tentang Dia. (QS. Al Furqon [25] : 59)

  170. adam

    atut ah sama ilmu ini. he he he

  171. junaidi Al-crut

    Janganlah kamu mencaci para sahabatku! Sekiranya seorang dari kamu menafkahkan emas sebesar gunung Uhud sekalipun, tidak akan sama ganjaran yang dilakukan oleh mereka walau secupak mahupun setengah.

  172. Insya Allah jika kita belajar supranatural akan menjadikan kita orang yg siap membantu sesama contohnya ojat, mak erot, ki risang, ki gatoloco.
    Tapi jika kita ikut aliran wahabi kita akan dididik menjadi teroris yang siap membunuh, menghancurkan sesama contohnya nurdin m top, imam samudra, syarif (bom masjid) dll.

    SILAHKAN ANDA PILIH

  173. angka ikut

    togel adalah ghaib..
    selalu berusaha yang terbaik dalam memprediksi angka..
    tidak punya niat menipu dan main-main..
    bukan orang sakti yang bisa menentukan
    angka yang akan keluar tapi mencoba memprediksi melalui
    beberapa rumus dan tahapan yang
    mudah-mudahan bisa membantu anda..
    bila prediksi tembus itu rejeki anda,
    bila prediksi meleset berarti rejeki
    belum berpihak di diri anda…
    mohon maklum dan pengertiannya..

    prediksi senin 18 april 2011
    ——————————————
    angka ikut :
    1 2 6 7
    colok jitu :
    x x
    angka kontrol :
    4 5 6 7 8 9

  174. adam

    Ass Wr Wb, utk semuanya … khususon utk Kyai Fatah Al Bisri, Alex dan yg lainnya yg menentang blog KWA ini.

    Setahu saya … blog ini adalah penghimpun semua jenis ilmu kebatinan, baik ilmu kebatinan yg bernafaskan ISLAM (Ilmu hikmah) maupun ilmu-ilmu kebatinan dari aliran lainnya (baik itu yg jelas-jelas aliran hitam maupun yang berasal dari daerah-daerah yang ada di nusantara ini).
    Kita ini kan hidup di Indonesia yang beratmosferkan “Bhineka Tunggal Ika”. Seharusnya kita sudah sangat terbiasa dengan semua perbedaan yang ada di lingkungan kita, jadi seharusnya tidak perlu lagi meributkan perbedaan tersebut di blog KWA ini.

    Saya pribadi udah sangat terbiasa hidup dengan berbagai macam orang yang berbeda dari segi agama, daerah, ras, suku bangsa karena di dalam lingkungan keluarga besar saya pun tidak semuanya beragama Islam.
    Saya sudah sangat terbiasa memiliki teman tukang mabok, tukang zina, morfinis, bahkan dukun yg udah sangat terbiasa mensantet orang, bahkan yang terbiasa bermain dengan voodoo.

    Tapi alhamdulillah … saya sejak lahir sampe skg masih tetap menjadi seorang muslim yang justru tidak pernah tersentuh dengan hal-hal yang biasa dilakukan oleh seluruh teman / kenalan saya tersebut yang boleh dibilang “GILA” tersebut.
    Sekarang KWA ini saya ibaratkan sama dengan keluarga besar saya, lingkungan kerabat, temen dan kolega saya yang tentunya pasti bermacam-macam latar belakang keilmuannya.

    Saya tidak pernah memilih-milih teman. Karena prinsip saya siapapun org itu, selama dia tidak mengganggu atau bahkan mencelakakan saya ataupun keluarga saya, saya akan terima dia dengan rasa hormat yang tinggi, walaupun dia adalah bajingan terkenal sekalipun !
    Saya juga tidak pernah memilah-milah orang yang saya hajar, jika org tersebut sudah terbukti menganggu atau bahkan mencelakakan saya maupun keluarga saya, walaupun orang itu adalah KYAI terhormat !

    Pak Kyai Fatah … justru saya pernah diselamatkan oleh seorang dukun aliran ilmu hitam tanpa saya meminta dan tanpa dia meminta bayaran sepeserpun kepada saya ! Dan justru saya tauknya kejadian tsb dari seorang ulama, dan ulama tsb bilang bahwa saya bukan musyrik seperti dukun tsb !

    Jadi … tolong lah bersikap bijak terhadap blog kWA ini. Jangan asal mencela, menghina. Biarkan semua org yang ingin menjalin persaudaraan bergabung di KWA ini, dari manapun dia, apapun aliran ilmunya ! Dan terutama sekali, hargailah org-org yang telah mengikhlaskan ilmunya utk dibabarkan di KWA ini !

  175. setuju sama adam…. disini kan emang wadah untuk ilmu sritual dsb…
    jadi ya sudahlah…. kalau gak suka cabut aja…

  176. juned al sayur

    @justru yg parah tuh orang2 wahabi dan orang2 garis keras yg kerjaanya neror dan ngebom bikin rusuh aja,seenaknya nuduh orang kafir,murtad dll.

    @justru kita2 ini yang selalu menjaga sopan santun,welas asih dan berbudi luhur

  177. Assalammuealaikum Para sedulur,Pripon kabarex?…

  178. ke kacil banua… p kalsel dmna?

  179. Wong kosong

    Hahahahaha orang2 aneh… Yg menghujat sama yg dihujat sama2 aneh. Saling berbalasan. Klo ktemu pasti saling pukul… Adu kesaktian. Hikhikhik… Ayo pada yang sabar… Sabar itu separo iman.

  180. Abah suhaimi

    @nanda singa marantee@abah nina dn pencinta blog kwa…nanda marantee sunggoh benar sekali penjelasan nanda walau nanda lebih muda dn seusia anak abah tp dr ungkapan kata2 nanda amat berhikmah dn tdk meragu kn sedikit pn.. Di-zaman ini banyak yg baca alquran sebatas tau erti dn huruf saja sedang kn inti nya gak di-mengerti kn maka yg terjadi tuduhan itu sesat ini sesat. Kerna mereka masih terbuai oleh pengakuan aku pintar aku ini dn segala nya. Dikit2 sesat dikit2 jin. Mungkin mereka yg jadi jin dn pakar nya….kalau kita gomong tentang hal rahsia ilmi2 kaji diri di-vonis kita sesat. Kerna tdk ada ajaran hadith atau quran. Kerna hati sudah di-tutupi Allah walau pn quran di-baca tp masih aja belum ada pengertian tentang apa maksud dr sudut hakikat dn makrifat…. Salam sayang buat nanda dn pencinta2 ilmu kaji diri dn makrifat semoga bumi ini akn di-penuhi oleh bintang2 saperti nanda semua…. Buat kyai mohon dan Alex kalo melihat sesuatu jgn di-lihat dr sudut sareat tp harus jg dr sudut Hakikat nya agar kyai ,alax dn kita semua jgn sampai terjadi sirik kafi/halus kerna merasa diri pelaku nya di-dalam pujian kita pd Allah…. Semoga kita semua di-berkahi Allah.

  181. genibiru

    assalamu’alaikum @ semua sedulur yang pro maupun kontra
    semoga semua mendapat berkah dari Allah SWT

    mbok ya jangan gegeran membahas masalah hak PREROGATIFNYA GUSTI ALLAH
    ;jangan gampang menghakimi sodara sendiri terutama masalah dosa nanti malah timbul masalah baru yang sangat tidak perlu diperdebatkan

    semua itu semua sudah digariskan Allah SWT secara SEMPURNA,

    MAAF kepada semua dulur yang hadir bila ada kata2 saya yang salah, saya sendiri hanya berusaha untuk IQRO’ terus sampai ajal menjemput, semoga ada dulur yang mau membimbing

    Al fatehah sent buat semuanya… :)

  182. Tuh buktinya orang wahabi bila diajak diskusi pada ngacir.

  183. Abah suhaimi

    kenali diri mu sabelum mengenal Allah. Kerna kalo kita tdk mengenal diri yg terjadi gak tau diri dn tdk sadar diri. Akhir nya yg terjadi jd sesat sendiri.. Kerna segala ucapan akn di-pertanggong jwb kn kalo tdk tau cari lah tau. Kita di-ajar olih nabi2 agar jgn menuduh sesama muslim sesat atau mengkafir kn sesama muslim…maka nya @Alex dn kyai yg di-rahmati Allah kalo kisana tau jin dn iblis itu siapa antum akn ketawa sendiri kerna apa????????? Kerna mereka yg kamu cakap pengoda dn perusak tdk ada ujud hakiki…….. Harus kita semua sadari hakikat dr LA ILAHA ILLALLAH COBA RENUNGI DGN ILMU DN HIDAYAH ALLAH. Dr Allah,dgn Allah,pd Allah hanya Allah mari kita faham kn bersama agar sampai kapada aku ada lah engkau dn engkau ada lah aku……………wassalam

  184. Wong kosong

    Hahahaha.. Singa marante benar…. alex sama pak kyai fatah jg benar… Sama2 benarnya. Hahahahaha… Ayok sana saling bermaaf2an dari pda masuk neraka semua… Berdebat yg tk ada untungnya… Buang energi hahahaha ALLOHU AKBAR…

  185. Ki Kacil Buana

    Hendra@ Emmm Bahanu di kandangan,bahanu di martapura, ni lagi di kandangan,knpa grang?…

  186. Wong kosong

    Salut pada @mas Genibiru… Salam mas. Dah capek jg ni dgr ribut2. Cabut dulu ah.. Teruntuk semua yg terhormat jgn ribut lg lo ya… Malu dilihat Alloh

  187. ulun urang kandangan jua…pian dmna di kandangan???

  188. Alex

    Abah suhaimin.
    banyak2 istiqfar,sholawatan ajah biar adem tentram, damai hati nya.
    Kan abah uda tua,uda cukup dewasa untk melihat mana yg salah mana yg baik.
    Mongok toh abah..Kalau yg ada yg bengkok di lurusin,mana yg salah mongok di benerin.Demi kemasyalatan orang banyak.
    Jgan karna cinta hati kita menjadi buta.
    Kan masalah nya sederhana yaitu orang yg bersekutu dgan jin,setan,belajar sihir,ramal meramal haram hukum nya. Benarkan abah..
    Apa masih ngotot dan membenarkan jg bahwa belajar sihir halal.
    Nah..Kalau hati nya uda terbuka dan membenarkan apa yg saya tulis mongok di cari solusi nya.
    Bagai mana cara agar blog ini tetap exis,pelestarian budaya tetap jalan,tp amalan2lan yg banyak mengandung kemusyrikan bisa di redam.
    Nah…Selesai kan abah..
    Kagak usa kita gotok2kan.
    Apalagi Sampai2 jari nya nunjuk kemana mana kayak gitu sambil terik teriak kenali dirimu baru kenal sama allah.
    Nanti kamu sesat sendiri…..
    Masyallah..
    Bener kata wong kosong malu kita sama allah.

  189. Al Mahadaya

    Awal Agama mengenal Tuhan juga di kenali sebagai ilmu makrifat.
    Perkara terpenting ialah “Sesiapa yg menyembah nama tanpa makna, bhw dia itu kufur, sesiapa yg menyembah makna tanpa makna dia itu munafik, sesiapa yg menyembah nama dgn makna org itulah yg sebenar2 beriman, sesiapa yg meninggalkan nama dan makna org itulah arif”. Jadi, hamba tanyakan kpd tuan hamba semua apa makna ALLAH? Adakah nabi menyembah Allah jika tiada maksudnya? Fikir-fikirkan kerana hamba ini mengikuti agama Asalama iaitu agama nabi Ibrahim yg lurus dan kami menyembah ALLAHA SABAHANA WA TA ALAYA. AL(Segala) LAHA(Milik Dia). Memohon kpd yg memiliki dan segala kehebatan itu milik tuhan yg menjadikan Al Bara Wa Al Bahara. mahadaya-asalama.blogspot.com

  190. yopi budiarto

    sy 100 persen enggak percaya kalau orang yg memakai nick name kyai fatah al bisri itu benar” seorang kyai,yg sy percayai dia ini cuman orang yg mengaku” atau ingin diakui sbg kyai oleh org lain padahal semua itu bohong,,,ini penilaian sy pribadi sbg insan yg msh awam dan hijau,,,

  191. Wong kosong

    Asyik..dpt lagi ne hikmah. @Abah ayok dibabar untuk elmu mengenal diri biar kenal sama Alloh… Gm elmu hakikat marifat. Jadi ingin tahu…

  192. Wah ….wah….wah……
    Di Lapak ini kok jadi ajang pertikaian Sih…..
    Apapun yg terajadi adalah Kita Semua di KWA adalah bersaudara.
    bagi yg tdk menginginkan persaudaraan di KWA …Tolong jangan bikin ribut lah….dg Koment koment yg membawa ayat ayat Allah……
    Kita semua di sini bagi yg tau adalah mencari persaudaraan…..

    bagi yg Ingin mengingatkan saudara nya di KWA ya jangan terlalu ektrim begitu…..
    Saran saya……Mungkin ayat yg anda tulis Sangat Cocok di tujukan pada PARANORMAL DAN PARA DUKUN YG MATA DUWITAN…….
    BANYAK kok mas…..website mereka…..
    krn di KWA bukan tempat Dukun Duwit…..
    Disini juga bukan tempat ceramah agama……
    saya tau niat mengingatkan itu baik……Tp yg terlihat adalah Kesan memecah belah persaudaraan di KWA……
    Kita semua di sini sama sama Hamba Allah…..sama sama ber Tuhan kan Allah…….
    Permasalahanya bukanlah Siapa yg benar atau apa….
    Tp sikap kita yg Terlihat berselisih paham….

    Mungkin anda semua yg menggunakan kata kata fatwa tsb akan mengatakan kalo saya adalah sesat……saya syirik…..
    Tp itu bukan urusan anda dan kalian semua….
    Mungkin ada yg mengatakan si A salah dan si B benar…..
    tp juga bukan urusan kita…..Semua Apa kata Allah…….

    Saya adalah 100% islam…..
    bahkan yg sok sok an mendalil……kau pikir saya tdk paham dalil…..
    apa kalian sudah bs prakteknya……
    kita buktikan dg usaha nyata kita……bukan dg kata kata……
    bagi yg sok mengingatkan….apa kah kau sudah banyak membantu saudaramu yg bingung……jangan sampai Allah menilai kau munafik…..
    Marilah kita belajar sama sama di KWA….saling mengerti….dan saling memahami….
    Jk ada saudara yg bingung dan susah….berilah kedamaian di hatinya….tolonglah……krn menolong saudara itu nilainya bagus…….

    bagi yg merasa benar dg fatwa nya……tetaplah dalam kebajikan ….tp jangan meracuni saudara anda yg masih bingung……
    kalo bisa berilah saudara kalian nmr email kalian…..bs saling share ttg agama…
    krn itulah tolong menolong……

    Bagi yg sok suci…..merasa paling islam……dan sok menyesatkan orang lain….kalian boleh sesatkan saya……meski saya tdk merasa tersesat……krn saya merasa di lautan Ilahi……saya yakin Allah akan menolong saya…..

    Bagi Ingin minta tolong ke saya….krn beban hidupnya…..krb proses belajarnya di kampus tercinta ini …..silahkan ke email saya……saya selalu terbuka….saya akan berusaha bantu semua saudara tanpa pamrih…..biarlah Allah yg membalas…..

    bagi yg merasa islamnya paling benar…..yg jadikan ayat ayat Allah utk menyalahkan orang lain…….Saya adalah 100%ISLAM….Jk anda tdk suka…..silahkan tantang saya…….Bisa saja anda datang ke candi mendut……tantang saya…..dan jadikan dalil dalil mu sbg andalan……saya siap…..
    atau cantumkan email anda lalu berdoalah…..krn saya juga akan berdoa kpd Allah…….silahkan tantang saya bagi orang yg ingin mengacau KWA dg dalil dalil yyg belum tentu mrk bisa praktek……kalo saya cukup satu dalil tp semoga Allah menilai saya bisa praktek…..Silahkan Tantang saya…Saya bukan berarti sombong……Tp menyombingi orang yg sombong itu BOLEH….sala bukan sombong kpd Allah……

  193. asal bukan sombong kepada Allah

  194. rendra

    mas gatolocoo@ mantap….

  195. angka ikut

    GALAK..TENAN….

  196. Satria GaGak RiMang

    hemmm…mantabz lah… adem dulur “amar ma’ruf nahi munkar” tapi jgn sampai timbul efek kemungkaran baru….. wong cuma coment aj ko….salam persaudaraan dari kami untuk semua bolowongalus.

  197. angka ikut

    Bm E C#m
    Kau jaga selalu hatimu

    F#m Bm E A
    Saat jauh dariku tunggu aku kembali

    A D A D
    Mencintaimu aku tenang, memilikimu aku ada

    Bm E
    Di setiap engkau membuka mata

    A D
    Merindukanmu selalu ku rasakan

    A D
    Selalu memelukmu penuh cinta

    Bm E
    Itu yang selalu aku inginkan

    D C#m Bm A
    Kau mampu membuatku tersenyum

    D C#m Bm E A
    Dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti

    reff:

    Bm E A
    Kau jaga selalu hatimu

    F7 Bm E A
    Saat jauh dariku tunggu aku kembali

    Bm E A
    Ku mencintaimu selalu

    F7 Bm E A
    Menyayangimu sampai akhir menutup mata

    D C#m Bm A
    Kau mampu membuatku tersenyum

    D C#m Bm E A
    Dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti

  198. Mantap dan setuju sekali dgn Ki Gatoloco, Singa Marantee, juga Abah Suhaimi.

    Bosan kita dgn pengacau2 di KWA ini….
    bawa segala ayat, dalil segala macam…..tapi ada tetangga sebelah rumahnya sakit di ‘zholimi’ orang, dia cm bs bilang sabar ama MELONGO…….Malah pake prinsip, asal yg kena bukan keluarganya mah tenang2 aja.

    Tp begitu yg ‘kena’ anggota keluarganya, segala ruqyah gak mempan, baru deh dia jumpain org2 yg sebelumnya telah dia anggap melakukan bidah, sesat bahkan telah dikafirkannya :-) :-)

  199. @alex, kiyai fatah: coba kamu obati org yg kena santet, kalo gak bisa lebih baik diam aja deh

  200. Botjah tjilik eling

    @FATAH al BISRI, kamu ini lucu sekali,kamu bilang hukumnya haram mengakses blog ini, tetapi kamu sendiri malah mengaksesnya terus menerus!….hahahaha…!
    Janganlah jadi org yang bermuka dua, krn dengan ini berarti secara gak langsung kamu uda menjadi org yg mempermalukan diri kamu sendiri….qiqiqiqi…!
    Jadi ketahuan sama semua klo kamu ini kyai gadungan/palsu…sbnrnya kamu boleh ko’ mengingatkan warga dan pembaca KWA tapi dengan bahasa yg baik, sopan dan enak dibaca, jgn langsung memvonis sembarangan kayak orang bego yg sok suci dan gak punya malu…vonismu untuk org lain ialah bukti kebodohan dan ke tdk mengertianmu… krn klo kamu berilmu seharusnya kamu malu sama Gusti Alloh yg memiliki HAK untuk memberi vonis tersebut.

  201. Tukang odong-odong

    Bueh.. Anak-anak sekolah sekarang senangnya main pada kewarnet semua y..T ikutin,ech g taunya pada nonton bokep dan gambar2 XXX xixixixi…Nasib..Nasib..Si tukang odong-odong..Daripada nganggur ikutan maen internet jg..Coba-coba ke blog ini,mdh2n az diberi hidayah krn byk pakai ayat suci dan niatan yg baik,jg mengharap barokah dari kaum muslimin dan muslimat dan dari para guru-gurunya,amiin dch..

  202. angka ikut

    @FATAH al BISRI : Anda juga harus berdaqwah di sini : http://xxxfile.net/

  203. Gembel Menjelang Malem

    WahHHH!!! Aja dulu….
    :D

  204. winarta

    @fatah al bisri
    Makanya kl lu mau dakwah harus punya ilmunya dulu biar g asal2an dan cm omong kosong doang ky di blog ini. gelar kiai boongan aza lu pamer2in tapi komentar lu g ada “isi”nya tuh alias cm pepesan kosong belaka. daripada lu bikin rusuh disini mendingan lu keluar dari blog ini sambil introspeksi diri, jgn terlalu byk ikut campur urusan orang lain! lu belajar aza agama islam scr keseluruhan dengan benar sampai benar2 paham baik yg tersurat maupun tersirat, niscaya lu akan tau betapa luasnya samudera ilmu milik Allah Swt dan g sesempit ky yg lu bayangin skrg!

  205. rendra

    @fatah al bisri : jadi intinya kita membahas tentang budaya2 bangsa khususnya yang berhubungan dengan artikel2 yang ada di kwa….
    kalau mau debat agama jangan disni mas…mf bukan tempatnya…

  206. @kyai fatah:wooooiiii kenape luuu kyai …dengan adanya KWA ane bisa kebal, ane bisa lawan tu polis&pukulin orang”and cewe-cewe cantik paha ptih, bahenol and vagina yang menantang semua jadi pada suka sama ane and mau dientot sendiri or gangbang secara ihklas…justru dengan adanya KWA ane dan ratusan kawan-kawan ane bersyukur dan ucapin trimakasih kepada sesepuh dan wong alus..karena mereka ane jadi kaya banget n cewe-cewe jadi kacung/budak seks kami-kami…lebih baik kyai ikutan kita aja dechhhh…dari pada repot pusingin..sini ane yang ajarin situ..ntar hasil rampok and cewe ane kasih dechhh…dah..jangan so suci.lu masih butuh duitkan, and kotol lu masih berdirikan kl liat cewe bugil…nach artinya lu belum bisa jadi panutan…dah ente jadi anak buah ane dach….duit n 30 cewe lu bisa pake tiap hari…kl mau ganti n tambah jumlahnya tuk puasin kontol ente ane tambah dech….hayolah kyaai…jangan ributin gini…KWA bagus kyai..ente bisa jadi seperti kelompok kita kuasa, uang dan wanita…lu bisa naik haji kapan aja..kl musim haji ada 1juta kali lu bisa tiap 1juta kesana….ok ane tunggu kabar ente boz…..

  207. Alex

    Masyallah…(tertunduk sedi).

  208. mheriyadi

    iya bang alex, kyai bisri….kalo ente emang benar2 kiayi, lihatlah rasulullah saw dalam berdakwah apakah pernah rasulullah saw berdakwah dgn kekerasan, tp dengan ihsan….ingatlah cerita baginda nabi saw yg tiap hari menyuapi seorang yahudi dgn tangannya yg mulia hingga akhir hayatnya, bila nabi ingin kenapa nabi saw tidak mengungkapkan saja dalil dan mujizatnya kepada si yahudi, tp nabi selalu berdakwah dengan aqli, bila mereka sudah terpesona dgn ihsan dalam ISLAM yg membawa keselamatan barulah nabi saw membacakan dalil2 ancaman, surga dan bidadari agar mereka selalu terpaut hatinya kepada Allah swt…semoga persaudaraan di KWA tidak terpecah belah karena dalil2 yg tidak pada tempatnya….amin…

    jadi teringat abah guru sekumpul, dgn kesopan santunan beliau, kebijaksanaan beliau, ma’rifat beliau hingga suara merdu beliau saat memuji nabi saw, beliau selalu berkata2 penuh arti, sedikit kata namun merasuk kedalam jiwa, beliau bahkan jarang mengungkapkan dalil2 di alqur’an dan hadist kecuali pada tempatnya…..

  209. Ki Dewa Besi

    Jgn sampai ada yg mengotori KWA,kl tdk mau mendapatkan masalah..
    Wahabi itu orang yahudi yg menjelma sbagai orang muslim..camkan itu.!

  210. Ki Dewa Besi

    kl ada yg mengaku dirinya sbagai wahabi,mari kt berdebat dan tulis alamt dgn jelas ntk sy akan hadiri ke tempat antun..!! Monggo kt bertukar pendapat di dunia nyata,,,,

  211. Bohong tuh roberto, komennya dari dulu begitu melulu

  212. Ya nih! Gara2 paham wahabi saya sempat berhenti belajar ilmu ghaib. Sekarang baru mulai belajar ilmu ghaib dari nol lagi setelah hidup q hancur2an gara2 dulu ikut paham wahabi.

  213. brotoseno

    nderek langkung mas kulo badhe absen………………..

  214. Kiai FATAH ALbisri

    Silahkan bila yang mau silaturahmi dengan kami, MUI Banjarmasin Jl. Jendral Sudirman 0511 4368093

  215. Kiai FATAH ALbisri

    Silahkan bila sampean mau bersilaturahmi dengan kami, MUI Banjarmasin Jl. Jendral Sudirman 0511 4368093 dengan senang hati kami terima.

  216. ehen zaxis

    sundul lg ahhhh…………….

  217. DATUK MACAN GILA

    Tolong di angkat,kl dtlp..Jgn Lempar batu sembunyi tangan fitnah bawa2 nama MUI suatu daerah..

  218. bani

    abang guru dewa pelet,…assalamualaikum bang…dan semua sesepuh2 KWA yang saya hormati…

  219. Druwo

    @mas roberto… Sebaiknya anda jaga bicaranya jgn buat kwa semakin keruh suasananya.. Anak masih ingusan…
    Hormati pengasuh blog ki Wong Alus jgn buat malu…
    Klo memang menekankan budi pekerti yg baik anda jg hrs berpegang itu. Bukan mencari solusi tp malah nglantur bicara…

  220. DATUK MACAN GILA

    Ulama-ulama yg tergabung di MUI banjarmasin tidak ada yg namanya memakai(apalagi ngaku2 pasang sendiri embel2 kyai nya..) gelar kyai(kyai itu bukan panggilan mualim2/ulama didaerah kalsel,tp itu panggilan wabil khusus khas untuk daerah jawa dan sekitarnya)dan ente bw2 nama MUI Banjarmasin ..!?????Jangan bawa2 nama dan memfitnah MUI (Majelis Ulama Indonesia)..

  221. DATUK MACAN GILA

    DARAH SAYA MERAH SIAP DITUMPAHKAN APABILA ADA ORANG YG INGIN MENJATUHKAN PARA ALIM ULAMA SEBAGAI PEWARIS PARA ANBIYA..!!!!!!TOLONG IP ADRES KIAI FATAH AL BISRI DICATAT UNTUK BISA DIKONFIRMASI KEBERADAANYA..

  222. pelan_pelan_saja

    ==== Secara pribadi saya telah melarang 900 anak didik saya untuk mengakses blog ini. Haram hukumnya mengakses blog ini.====

    @ Kiai FATAH ALbisri klo nih blog HARAM kenapa bolak balik kemari trs pak kyai.jangan2 pak kyai bilang juga ma anak didik nya liat bokep haram tp pak kyai malah hobby liat bokep.hehehehe

    jgn lupa hbs comment/buka nih blog langsung wudu loh pak kyai.kan ni blog kata pak kyai Haram.hehehe.emang yang haram2 itu asik ya pak kyai.ampe pak kyai bolak balik buka nih blog.:D

  223. Mendadak Ustadz

    “Alim Ulama (ahlu syari’ah) adalah orang yang menguasai ketajaman lidah
    sedangkan para awliya (wali-wali Allah) adalah orang-orang yang menguasai ketajaman mata hati.” “Wali-Wali Allah tidak berkata: ‘ikuti saya’
    tapi berkata: ‘Ikuti Allah dan Rasul-Nya!’

    pak kyai Fattah, mewakili kharakter ulama yg emang harus meluruskan dakwah dan akidah ummat, sedangkan para wali dan aulia bertugas meluruskan jalannya qolbu untuk selalu kehadirat Ilahi.

    Siapa yang terbuka hatinya, insyallah mengikuti mereka para aulia ini. Ingat…’
    Wali-Wali Allah tersembunyi, bukan fisiknya tapi Maqom Spiritualnya
    [tersembunyi] dari orang-orang yang buta mata hatinya. Para waliulah kebanyakan tersebar dalam berbagai topeng dunia tanpa diketahui oleh khalayak. Mereka tidak diketahui secara pisik, dari syorban dan turbah serta jubah. Namun jika kau tengok secara syuhud batin sucimu. Ternampaklah cahaya spiritual dan keimanan yang tinggi memancar menjulang ke 7 petala langit dan 7 petala bumi. Mereka laksana kepiting laut yang merayap di dasar samudera tanpa ada yang mengetahui. Namun dibalik semua itu mereka mengetahui sebagian besar rahasia Ilahiyyah.
    Banyak yang ingin mendekati Allah tapi menjauhi para wali-Nya.
    Pemuka para wali adalah para Nabi dan Sahabat Rasulullah Saw.

    Sultan para wali adalah Nabiyur-Rahmah Muhammad Saw.
    yang melalui beliau mengalir ilmu-ilmu hikmah Hakikat Allah
    dari “hati spiritual” ke “hati spiritual” para hamba-Nya yang mukhlisin.”

    Saya berharap kepada pak kyai dari MUI yg dirahmati Allah,…Jgn mencaci ilmu-ilmu yg ada di forum ini. Krn sebagian besar juga berasal dari kitab telaga hikmah ulama sufi dan wali tempo dulu. Hargailah ilmu hikmah beliau dgn adab dan kesopanan sebagai orang yg berilmu dan berakhlak mulia. Adapun ilmu yg menjurus ke arah ke syirikan sudilah kiranya moderator lebih menyeleksinya lagi. Jadikan masalah ini pembelajaran untuk KWA agar menjadi lebih bagus lagi dan mewakili semua aspirasi semua penduduknya yg sudah semakin komplek. Jadikan budaya bhineka tunggal ika menjiwai semangat kita disini.

    Untuk sedulur semua…”ingat pesan saya lagi.

    “Siapa yang menjaga kesopanan terhadap-Nya dan para wali-walinya, terlebih pada ilmu-ilmunya,…
    Allah akan menjaga kesopanan orang itu terhadap manusia;
    Siapa yang merasa cukup dengan ilmunya, Allah akan mencukupinya lebih dan lebih;
    Siapa yang berlatih kesabaran maka Allah akan membuatnya sabar;
    Tidaklah seseorang mendapatkan karunia yang lebih baik dan lebih luas
    daripada karunia ilmu Kesabaran”

    untuk para sedulurku terkasih, mari kita gali hikmah kesabaran, jgn saling kafir mengkafirkan, jgn saling adu emosi apalagi ego manusiawi. Ingat….sepandai-pandainya orang berilmu adalah manusia yang pandai menyampaikan hikmah nasehat dgn adab. Disini tempat kita diskusi, bukan

    saja tentang agama, tp juga budaya. Krn hakikatnya agama tanpa budaya adalah kering seperti ranting yg lapuk. Sedangkan budaya tanpa agama bagaikan kuda tanpa pelana.

    Salam badangsanakan haja dari Mendadak Ustadz.

    nb. untuk daerah di Banjarmasin emang tidak lazim bergelar kyai. tp biasanya kalo nggak abah atau “tuan guru”…..tp….? walahu alam bishawab

  224. SINGA MARANTEE

    @ ASSALAMU ‘ALAIKUM BOLO WONG ALUS…

    KALAU LEVEL KYAI ITU ULAMA YG SDH MUMPUNI DLM ILMU AGAMA…INI ULAMA PALSU ALIAS WAHABI…SALAM PUN TDK KRN MENGANGGAP ORG DILUAR KELOMPOKNYA WALAUPUN ISLAM DIANGGAP SESAT..

    KENAPA PAKE NICK KYAI..??? SUPAYA ORG PERCAYA OMONGAN DIA 100 PERSEN TANPA MENELAAH…!!!! KALAU SEORG KYAI UMUMNYA MERENDAH..GAK NUNJUKIN TITEL KYAINYA DGN TUJUAN MERENDAH TAPI LEBIH MENONJOLKAN ILMU AGAMA DAN DAKWAHNYA…

    SOAL ORG BELAJAR ILMU GHAIB DI KWA SAMA DGN MENGAJARKAN ORG BERZINA…MERAMPOK, MEMBUNUH…WEEEEEEE…BANAYK TUH ORG BERZINA DILUARAN TANPA ILMU GHAIB….???? SALAH KWA JUGA…????

    JUSTRU ORGNYA BLM SADAR DAN INSYAF….

    SETIAP PERBUATAN ITU ADA IMBALANNYA…!!! BARANGSIAPA MENANAM AKAN MENUAI BUAHNYA……JD KALO BERBUAT JAHAT SEKALIPUN PAKE ILMU HIKMAH ALLAH TDK RIDHA…..

    AYA2 WAE TUH KAYAI GADUNGAN…MUNGKIN AJA ENTE KYAI TAPI KYAI DI KELOMPOK ENTE…BUKAN DIMASYARAKAT….

  225. SINGA MARANTEE

    YA UMUMNYA DI TANAH MELAYU ULAMA DISEBUT TUAN GURU BKN KYAI KECUALI DITANAH JAWA….BOHONG TU ORG….

  226. yopi budiarto

    @k. fatah al bisri,,,,sudahlah km enggak usah banyak berkilah,,,percuma saja karna sy tetap enggak percaya bhw km seorang kyai !! bagi sy km ini hanya seorang tukang ngibul kelas teri,,,kalau mau sy jg bisa mengaku” dgn memajang title kyai plus mengganti nama ke yg lbh bernuansa islami (tentunya agar lbh cocok dgn title kyai) di nick name sy,,,,km jangan munafik dimana km melarang anak” didikmu membuka blog KWA sdgkan km sendiri asik”kan membukanya,,,menurut sy km ini enggak pantas utk menjadi panutan anak” yg km didik karna km terlalu egois dan hanya mau enaknya sendiri,,,sungguh kasihan sekali anak” didikmu karna mrk enggak bisa berkembang akibat pengekangan yg km lakukan,,,,dan sy minta km hati” jgn sembarangan membawa” nama kyai serta ulama karna bs menjadi fitnah jika terbukti km berbohong,,,sy hanya orang yg sangat awam dan hijau, namun jika km nekat memfitnah utk menjatuhkan nama baik para kyai serta ulama maka sy pun enggak akan tinggal diam utk menghadapi km kapanpun & dimanapun km mau,,,,

  227. KASIM

    @KIAI FATAH; ENTE SUPER NGACO NICH… ENTE BILANG MASUK BLOG INI HARAM TP ENTE SENDIRI MASUK TRS KESINI. ENTE BTL2 GA KONSISTEN SM UCAPAN ENTE SENDIRI, UCAPAN ENTE GA BS DIPEGANG….PAYAH BANGET ENTE….!!! ENTE MALU2 IN AJAH, MANA SOK2 AN PAKE GELAR KIAI SEGALA LAGI….!!! MAKA DARI ITU KALO ENTE MAU BOHONGIN ORG LAIN PIKIR DULU PAKE OTAK MATENG2. KALO KEDOK KEPALSUAN ENTE UDH KEBONGKAR KAYAK BEGINI KAN ENTE SENDIRI YANG NANGGUNG MALUNYA.

  228. KASIM

    @KIAI FATAH; ANE SARANKAN ENTE BANYAK2 BELAJAR LAGI DECH…!!! KUPAS TUH ISLAM & ILMU KEISLAMAN DALEM2 JGN CUMA KULIT LUARNYA AJAH. TELAN YG UDH BENAR2 MATENG, JGN MENELAN YG MASIH 1/2 MATENG APALAGI YG MASIH MENTAH TAR JADINYA ENTE SAKIT PIKIRAN & HATI KRN SELALU NGERASA BENAR SENDIRI. HAJAR ABIZ TUH EGO/NAFSU DIKIT2 SUPAYA GA MENGUASAI DIRI ENTE SCR BERLEBIHAN KAYAK SAAT INI. MGKN SEGINI DL AJAH SARAN ANE TUK ENTE. SEMOGA MANFAAT TUK ENTE DI HARI2 YG AKAN DTG.

  229. KASIM

    SKRG WKTNYA ANE NERUSIN TIDUR LAGI…PAMIT DL TUK SEMUANYA. WASSALAM

  230. Udin senso

    Di banjarmasin gak ada jalan jendral sudirman. Katanya berasal dari MUI banjarmasin. Td brusan sy telp2, tp gak nyambung2. Trus sdh sy crosscheck dg teman yg brd d lembaga MUI banjarmasin, katanya gk ada nama Kyai Fatah al bisry. Wah, parah jg ni kyai? Yai gadungan trnyta

  231. Dewa Pelet

    udin@ klo kada salah itu jalan dimuka gubernuran

  232. Dewa Pelet

    numpang tanya sama Kyai Fatah + Alex
    gmn dgn Imam Al Ghazali dan syekh Abdul Qodir yg ahli ilmu hikmah,??

  233. rendra

    wah ternyta memang kiyai bo’ongan….
    gak usah di ladenin lagi deh kata” x…..hehehe

    betul, kalau kita urang banjar menyebutnya “tuan guru”

  234. Alex

    KiDewa pelet ente salah. Saya suka ilmu hikma dan ilmu kaji diri,saya jg suka blog kwa dan dan terdaftar.Serta uda banyak pencerahan yg saya serap di sini. yg saya kurang nyaman adalah amalan2 yg banyak mengandung unsur kemusyrikan dan amalan yg bersipat penghancur yg terlalu pulgar di posting di sini..
    Alhamdulillah saya jg bukan wahabi.

    Begini ajah sekedar usul,gimana kalau amalan2 yg berbahaya dan banyak mudhorad nya dr mempaat nya di protexi ajah,dan di berih penjelasan epek2 negatif bg sipengamal,nah.. kalau suda di jelasanin dan di beri peringatan sedikit banyak sipengamal akan mencerna dan berpikir dl apa yg dia akan amalkan, setidak nya sebagai filtar ajah.
    Lgan kan enak melihat nya rapi,tali persaudaraan akan semakin erat dan hangat,kenapa karna setiap orang yg akan membuka artikel yg di protexi otomatis akan telponan dulu setidak nya smsan kepada pengurus dan terjadi hubungan batin benarkan…
    serta kwa akan tetap bagus di pandangan masyarakat, pelastarian budaya akan maju pesat, tampa mengelincirkan orang lain.
    Begitukan…
    Kalau terlalu purgar begini kayak nya sangat berbahaya
    kenapa? Karna misal orang2 yg lg musuhan,dan mengambil amalan yg bersipat penghancur, kan patal akibat nya, bisa tewas tu orang.Kan kasian jg tu orang ,Mungkin uda ada bahkan banyak kasus seperti ini tp tidak ada laporan ajah di sini.
    Ini sebagai usul ajah di terimah sujud syukur,kagak di terimah mongok.Wasalam

  235. Wong kosong

    Emmmm…. @alex.. Klo sy pikir2 itu usulan yg baik. Jd biar g ada lg tu fitnah dan hujatan. Soalnya blog ini byk yg akses dan terlalu ada kebebasan. Jd ad hb langsung antara sohibul ijazh sm pengamal akan lbh baik lg. Ayok… pr sedulur yg memang msh cinta dgn keberadaan kwa tlng ini dipikirkan sama2 spy kwa bs lbh baik lg. Biar kita lebih dihormati lg oleh kalayak ramai. Ini bkn kita minta dihormati atau gila hormat. Ayok kita pikirkan ini…

  236. BROJO DENTO

    libas habis wahabii…

  237. Abah suhaimi

    @nanda Alex dn sadulur2 semoga nanda dn sesepuh di-kampus selalu di-berkahi Allah dgn rahmat nya. Buat nanda Alex abah mhn maaf dn jg buat sadulur mungkin ada dr tausiyah Abah atau kata2 Abah yg menyingong perasaan. Tp demi atas nama Allah bukan itu yg Abah ingin kn. Kerna manusia walau bagaimana perbedaan akn tetap terjadi. Namun biar lah yg lalu itu tetap berlalu yg penting kita tdk beda di-dalam iman islam tauhid dn makrifat…selagi jantung kita masih berdenyut kita tdk bisa lepas dr kesalahan baik di-sengaja atau pn tdk kita sengaja kn semoga Allah selalu membimbing kita dgn Rahmat dn hidayah nya.. Dgn saling kasih sesama muslim. Nanda Alex dn saudara yg amat ku cintai demi Allah yg jiwa ku di-dalam gengaman nya semoga antum semua di-berkahi dalam hidup ini. Semoga hubungan siratul Rahim kita akn terus sampai ka-akhirat. Abah amat bangga dgn kampus yg di-berkahi ini begitu banyak di-antara nanda dn sesepuh nya begitu ambil berat antara kita walau pn dgn cara berbeda namun kita tetap sama. @Abah nina @ki gatoloco@singa marantee dn sesepuh yg tdk dpt Abah sebut kn semoga Allah selalu berkarya liwat lisan anda dn terus lah berkarya dgn ilmu2 warisan dr leluhur kita agar ilmu warisan kita akn terus di-ketahui anak bangsa kita…. Salam kasih buat semua nanda dn sesepuh semua wasalam wth wb.

  238. wardoyo

    Assalamu’alaikum.sabar saudara2ku semua.jangan terpancing amarah jadikan hati kita luas laksana samudra.jangan hanya karena tulisan yg berseberangan dg faham kita.trus membuat kita gelap mata hilang akal mengikuti nafsu dan ego.mari rukun.bersatu.kita dicipta bersuku2 berbangsa2 utk saling mengenal.dan carilah diri sejati agar tahu tugas dan tanggung jawabnya.salam utk saudaraku semua

  239. Wong kosong

    Assalamu’alaikum@abah suhaimi… Salam hormat dr sy… Smg tali kasih Alloh selalu terlimpah buat abah dan keluarga. Sy bangga kenal dgn Abah mesti lebih tua dr kami terucap kt maaf dr Abah kpd kami yg lebih muda. Sy jg minta maaf jk ada komen yg menyinggung perasaan Abah jg pr sedulurku. Smg Alloh selalu mengasihi kita semua…wassalam.

  240. adam

    Kayak lebaran aja pada maaf-maafan.
    Tp bagus kok kyk gt … gak ngerasa bener sendiri.
    Rasakan atmosfer persaudaraan di dlm ikatan persaudaraan yg sesungguhnya.

  241. Penyimak

    Wah…Kalau yg ini saya setuju.
    Ayok admin dan pengurus blog,monggok di pertimbangkan usul ki alex.
    Biar tidak muncul alex,alex yg lain,demi kenyamanan kita belajar dan mempererat tali silaturahim,lagi pula yg diproteksi hanya amalan2x yg bersipat keras dan dan menyimpang dari ajaran kita.
    Selain itu blog kita seperti nya sd banyak yg melirik dari instansi2 yg bewenang.
    Entar blog kita di tutup gigit jari lah kita.

  242. SINGA MARANTEE

    @ ASSALAMU ‘ALAIKUM WR.WB…SALAM ALL BOLO ALUS….
    @ khususan ABAH SUHAIMI YG DIRAHMATI ALLAH SWT…@ KI GATOLOCO @ ABAH NINA…

    Saya sebelumnya sdh menganjurkan ide ini pada Admin baik melalui koment terbuka gini dan sms….tapi mungkin Admin berpandangan lain atau melihat dari sudut pandang yg berbeda…lihat koment saya di tahun 2010 saya gak ingat lg judul postingannya, yg jelas di postingan para sepuh KWA…

    makanya saya tetap koment dlm kapasitas pandangan pribadi dlm hal kyk gini.., soal kayak gini gak masalak dibahas apalagi untuk pengetahuan.., namanya saja hal ghaib.., bahkan ada yg menggunakannya utk kepentingan gak baik..tapi tdk jadi masalah diketahui utk pengetahuan….

    Metode Kwa kan seperti ini :

    – Pembabaran melalui Blog dan untuk mantapnya dijizahin melalui Gathering KWA di wilayah maSING2…apalagi umumnya rata2 daerah sdh ada terbentuk KWA..jadi jelas ada panduan dari sepuh…so pasti ada penjelasan lengkap baik buruknya suatu Amalan…

    SALAM TAKZIM UNTUK ABAH NINA.., ABAH SUHAIMI..KI GATOLOCO DAN ALL BOLO WONG ALUS…

  243. SINGA MARANTEE

    Makanya di anjurkan kalau krg jelas sebaiknya menghadiri Gathering2 yg di adakan KWA…krn di blog pasti penjelasannya krg lengkap..bgmnpun ngomong tatap muka tu lbh afdol daripada ngetik di dunia maya gini…

    Minimal satu kali hrs dpt pengijazahan langsung.

  244. SINGA MARANTEE

    @ ALEX…

    KALAU UDH KAYAK GINI ENTE UDAH BALIK GAGANG…PLINTAT PLINTUT SAMPEYAN..GAK KONSISTEN DIKITPUN SAMA OMONGAN..GAK JELAS ARAH TUJUAN NGOMONGNYA…

  245. Penyimak

    Weleh..Weleh..
    Mbh Singa merunte suda adem,suda saling maafan mancing lagi.
    Tidak nyimak mbh coment nya kialex dia bilang cari solusi nya.

  246. SINGA MARANTEE

    YAAKK..UDAH DIANGGAP SELESAI AJA SEMUA…

    SEMUA TERGANTUNG ADMIN..SEMOGA DITANGGAPI…

  247. Wong kosong

    Alhamdulillah…. Dgn fikiran yg jernih dan demi kebaikan kwa mudah2an admin bs mengabulkan mslh ini. @ki singa marantee sy ucapkan salut jg kpd anda… Tegas dan berjiwa besar..tambahan masukan dr anda bs melengkapi usulan…om Alex….
    @ admin… Mhn sgr ditindak lanjut ya klo perlu dimintai copy ktp…biar lengkap tu biodata.. yg mau mengamalkan ilmu dr kwa. Ya meskipun kampus didunia maya klo tertib kan tambh bgs… Wassalam

  248. Ki Kacil Buana

    As.Wb Sebelumnya maaf kepada Kiai FATAH ALbisri,Bukannya maksut saya apa apa,tapi saya hanya memberi saran.
    Di sini kami tidak pernah mengajarkan ilmu begitu,kami hanya berbagi sedikit pengetahuan ilmu dari berjuta juta ilmu yang ada di dunia,dan lagi pula di sini tidak ada amalan yang haram.Soal murtad apa gak nya,Itu kehendak allah dan di sini gak ada toh amalan dan ilmu yang harus membenci allah dan bertentangan dengan islam.
    Aki bergelar Kiai,tidak seharusnya aki menulis komentar seperti ini,Kiai adalah gelar dari seorang ulama yang sudah banyak pengalaman dan kiai seharusnya memberi contoh pada orang orang yang baik.dan Aki lebih baik mencekal dan mengomentari dengan pedas Situs dan Blog Porno.Karna sekali lagi blog ini tidak Sesat dsb.Dan lebih baik aki menguatkan iman dengan belajar ilmu ilmu keislaman lainnya.Dan sekali lagi saya ucapkan blog ini tidak ada mengajarkan kesesatan.Semoga Allah membukakan mata hati dan memberi putunjuk pada ki sanak.

  249. Ki Kacil Buana

    Dan Lebih Baik Kiai FATAH ALbisri Meminta Maaf Kepada sedulur.

  250. ki sanak

    ga usah ladenin usulan orang2 yg ga jelas, mereka dah bikin suasana jd kacau…
    dah ngejelek2in tp tetep aja amalan mau…huh..

  251. ki sanak

    suruh aja mereka bikin blog sendiri… mungkin klo bikin sendiri ga laku jd mau numpang eksis disini,
    saya lg mau suudzon… jd klo di tv2 lg marak teroris saya pikir di kwa jg lg ada teroris
    orng2 yg ga jelas dan ga bertanggung jawab…

  252. Ki Sanak## Masa?…

  253. ki sanak

    ia…menteror ketentraman diKWA, padahal bentar lg mau ada acara dmendut

  254. SINGA MARANTEE

    IJIN PAMIT..SALAM…

  255. Abah suhaimi

    Salam takzim buat Nanda Singa marantee@ki gatoloco dn sesepuh serta bolowongalus semoga selalu di-rahmati Allah… abah benar2 salute pd Singa marantee dn ki gatoloco dgn ilmu yg di-anugrah Allah walau pn usia masih bawah 40thn sudah di-buka Allah ilmu2 yg mungkin orang yg seusia Abah belum tentu tau.. Semoga ilmu dn amalan nya selalu dlm hidayah Allah.. Terkenang waktu Abah seusia mereka melalang lang buana cari ilmu utk jadi jagoan akhir nya jadi brandalan…hehe Alhamdulillah sabelum umr sampai ka-tahap 40 thn semua nya merubah hidup Abah atas kemurahan dn rahmat Allah. Sekarang ini akhir nya jd manusia kecil dn malu pd Allah atas segala dosa2 di-masa lalu… Semoga Allah terima kita di-sisi nya nanda yg ku cintai semua. Utk baca amalan itu mudah tp utk menerap kn inti itu yg perlu riyadoh dn kesabaran. Doa abah teriring buat nanda2 yg mangamal kn ilmu2 Haq agar cepat di-ijabah kn Allah dn selalu berdiri di-atas jalan yg benar dn membela yg lemah.. Dlm masa yg sama cari lah faham tentang jati diri kita yg hakiki… Dn perpanjang kn siraturahim antara kita. Salam kasih dr Abah buat nanda semua. Wassalam wth wb.

  256. Harum Mewangi

    terima kasih abah suhaimi atas tausiahnya.

  257. wah..kbetuln liwat…denger ada suara rame2,,,qiqiqi…

    cara olah raga mulut…pnyegaran seputar suara…
    ”’hooooo,,hiiiiii,,,haaaaa,,,haaauuu…huuiiii..
    oooiiiiiii….ooaaaa…ooouuuuuu…ooooeeeee”’

    wah jgn2 ini sesat juga niiih,,,
    kabooorrrrr….cliing…*************… weleh2 aq brda di mna niih,,qiqiqi..
    kyknya serem gini t4nya,,, cliiingg****…nah ini baru alamt yg bner,,qiqiqi

  258. kere ngelmu

    dah akur lum nih…..hakikat nya apapun jenis ilmunya semua milik Allah…jadi apa pun hukum nya hanya Allah yg maha menilai….hehehe (peace)

  259. Mengenai postingan lebih baik gak usah proteksi2 sgl cukup ditambah penjelasan mengenai anjuran dan pantangan keilmuan yg diposting itu aja ud cukup krn jk diproteksi sama artinya numpang posting judul tanpa kt tau menahu isi postingannya..
    Jk ad kasus stress gara2 ilmu itu bkn krn gara2 ilmunya tp gara2 si pengamal tdk mematuhi rambu2, yg lebih diharapkannya saat mengamalkan adalah khasiatnya bkn semata2 berharap ridhoNYA, ketika niat gak kesampaian akhirnya stres jdnya..
    Benernya diKWA ud dijelaskan dlm postingan terdahulu perihal tahapan pun cara menyikapi keilmuan ghoib, mulai tahap awal menapaki keilmuan ghaib sampe level yg lebih tinggi. Hal itu sebenarnya sedikit banyak ud bs kt jdkan bekal langkah kt dlm menapaki dunia keilmuan, agar kt tdk salah arah dan langkah terbaiknya lg jk si pengamal konsultasi sm sang pengijazah. jk masih ada yg salah arah bkn salah KWA tp salah si pengamal..

  260. om wawan sleman

    Kita tidak bisa memilah mana yg baik (menyimpang )atau tidak, kita lebih mengharabkan kita semua belajar sendiri antara mana yg baik untuk diri sendiri. Saya lebih menganjurkan alangkah baiknya sebelum memilih sebuah amalan itu sholat istiqoroh dulu untuk ketahui baik tidaknya amalan untuk diri. Belum tentu yg dikatakan guru itu juga pas, hehehe.
    Asr juga amalan bahaya, tergantung pengamalnya. Tapi memang juga tergantung isi amalan, maka bijak bijaklah memilih amalan. Kalau baik buruk parameternya agak sulit, bagi wahabi asr rdr juga ngak sah. Tapi walau saya sendiri agak wahabi juga saya juga pakai rdr, karena parameter saya adalah rdr adalah bukan dalam rangka ibadah.
    Di kwa semua bisa di posting karena salah satu tujuannya adalah melestarikan budaya leluhur . baik buruk suatu amalan dikembalikan ke masing2 mahasiswa, amalan baik pun kalau untuk berbuat sewenang wenang juga jelek kok hasil akhirnya. Di kwa amalan yg dianggap wajar tetapi termasuk zholim pun juga gak di permasalahkan oleh sedulur semua. Hehehhe.
    Akhir kata sebisa mungkin sebelum memilih amalan ada baiknya sholat istiqoroh dulu sebagai filter. kami gak berhak menilai baik buruk amalan, biar para mahasiswa sendirilah yg mem filter. sebagai mahasiswa harus mandiri ngak perlu diperintah dan di arahkan. saran saya istiqoroh dulu.
    makasih, mohon maaf kalau kurang berkenan.

  261. @om wawan setuju pendapat sampeyan..
    Sebenarnya perihal tahapan2 menapaki dunia keilmuan di KWA insya Allah sedikit banyak ud terpapar jelas di postingan2 terdahulu dan jg dicoment..
    Mengenai masalah stres dlm mengamalkan ilmu bkn krn ilmunya salah tp kebanyakan kesalahan dikrnkan si pengamal tdk mematuhi rambu2 dan aturan pengamalan keilmuan dan biasanya yg diimpikan dan dihayalkan adalah khasiatnya saja bkn pengharapan akan ridhoNYA..
    Ya utk lebih amannya kt hubungi si pengijazah..

  262. ass,wr,wbr
    subhannalloh……mbok yo sing podo sabar

  263. Iwak teri

    Numpang lewat… Sabar itu mahal
    makanya sulit dijalani.

  264. Penyimak

    Hoho….Ki tokek loh tidak nyambung,lain yang orang omongin,lain yang loh jawab.

    Ayo2…Usul ki alex di tolak.Silakan di lanjutkan ribut nya mana wahabi sialan,keparat pengecut. Keluarin lg hadist2 nya.
    Singa marunte,ki alex monggok silakan di lanjutkan.

  265. om wawan sleman

    @ mas penyimak, jangan gitu ah. sebagian amalan yg ada juga dari hadist lho. hehehehe

    @ tokek. kalau masalah pengijasah, akan diusahakan akan lebih selektif lagi dalam arti sebisa mungkin sehabis wedar ilmu para pengijasah ini mau membimbing. tapi memang kadang sebagian sedulur suka mencemooh dgn banyak cercaan. repot juga ya. kalau aku pikir disini hampir semua di kritik.

  266. om wawan sleman

    pengijasahan secara langsung memang baik, tapi itu terserah pengijasah. setahu saya, tanpa ijasahan langsungpun bisa. asalkan amalannya lengkap. bedanya proses agak lama.

    kalau mau aman tentram dalam mengamalkan suatu amalan cari aja yg di quran hadist, karena ngak perlu ijasah yg rumit. misal amalan surah atau ayat. tapi ya sebisa mungkin badan bersih dulu.

  267. @kyai fatah:weeeeiiiii asik kyai ntar ane mau nyobaain anak-anak cewe anggota MUI tempat lu boleh gak….berkudungkan…emmmh yamiii atas kepala di kudung bawahalias memek dirubung…bagi ya kyai…biar kontol lu ga lumutan dipake pipis aja…heheheheeh
    @debu:preeet kl ga tau lo jangan so tau menret aja lu di clana lu jilat sama mulut lu..gua bisa jadi apapun dan gua nikmatin memek dengan cara gua kl lu mau ikutan silahkan ikutan kelompok kita, jangan ngemeng doang…sini natar lu biar tau apa rasanya ngentot dengan banyak cewe,….biar lu ga mencret lagi..kiek kiek kiek kiek kiek…
    @kasim:apa lu udah bener ngajinya dan baca hadisnya????kl belum lu cium dech pantat kuda…hahahahhahaha yang dalem kl baca buka buka blog bokep makanya lu mukanya kaya pantat kuda sampe-sampe ga bisa bedain apapun….bego lu…baca buku yang bener..KASIM(kepala (alias kontol) simpenan memek)qiqiqiqiqiqiqi crooot….
    @DATUK MACAN GILA:gayaaa luuuu so jagooooo kl lu emang bener datengin tuch alamat kl bisanya lewat telpon…bau congor lu…gosok gigi dulu tuch….and lu pake nama datuk macan gila…pantes aja ngaco kaya orang gila….lihat lubang pantat lu aja belum bisa& kentut lu masih bauuu aja so iye laga lu…sini lebih baik kita ngentot memek cewe banjarmasin …ane udah cobain lumayanlah baunya kaya ikan sedikit soalnya banyak keringetnya….yukk daripada so jagoooo…yang ada tuch coklat ayam jago…hahahahahahaha yaoiiii kita ngecrooot bareng…dari pada ribut aja….ughhhhhh
    @dewa pelet:masalah imam hozali lu liat sejarahnya dalam ilmu hkmah jangan setengah-setengah…n apa lu pikir imam ghozali mengeluarkan masalah ilu aufaq????karena banyak ulama sejamannyapun mengatakan ghozali tidak mengeluarkan al aufaq justru orang tersebut hadir setelah beliau tidak ada dan memperkeruh dan merusak nama beliau…nah tau ga sejarah itu…makanya baca duluuuuu jangan asal jeplak????ngentot aja lu di pitu..so jadi dewa pelet, paling jg pelet kontol lu…hahahahahaha…preeet

  268. om wawan sleman

    @ roberto, maaf mas. saya mohon dgn bahasa yg baik. kita semua disini adalah bangsa yg menjunjung tinggi budaya kita.
    boleh mengkritik tapi mohon dgn bahasa yg baik.

  269. tukang becak
  270. tukang becak

    loh kok error

  271. BARANG SIAPA YG PUNYA ILMU PENGERETAN ANE MINTA DONG ????

  272. Penyimak

    Hoho..Ho..
    Ikut om reberto ajah nich mantap.
    Admin nya goblok, orang ngjak bener di ketawain.

    Om roberto tungu om..,
    saya mau ikut ngentot.Ada abg nya kan om saya pesan satu. Hohoho…

  273. om wawan sleman

    @ Penyimak. maaf mas. saya mohon dgn bahasa yg baik. kita semua disini adalah bangsa yg menjunjung tinggi budaya kita.

    boleh mengkritik tapi mohon dgn bahasa yg baik.

  274. ass,wr,wbr
    @om wawan selamat pagi bos
    @Iwak teri…..injih bos
    @roberto….sing dipun ndamel meniko kirang sae ,injih mekaten to mas
    monggo ..lanjut…..

  275. KASIM

    @ROBERTO; PRETTTTT………PROTTTTTT…..PRETTTT…QIKIKIKIKIKI…..BKN SOMBONG NICH BERT…KT CEWEK2 CANTIK (KEBANYAKAN PROFESINYA MODEL LHO…AWAS AJA KL SAMPE NGILER GUA GETOK LOE BERT) SICH MUKA GUA OK PUNYA, BERARTI YANG PERSIS AMA PANTAT KUDA TUCH MUKA LOE NYET. BWAKAKAKAKA TOLOL LOE….SINTING OTAK LOE NGERES!!MKNYA KL LOE MAU NAMPANG NGACA DULU SONO BIAR LAKU. MASA IYACH SICH LOE CUMA DIKECENGIN AMA KUDA DOANK HIHIHIHI…..EH NGEMENG2 GUA MINTA NOPE AMA ALAMAT LENGKAP LOE DONK??? JGN PELIT KAN LOE BILANG UDH PUNYA BYK DUIT. NANTI GUA MAEN DECH KE TEMPAT LOE, ABIS ITU KITA DUGEM BARENG, TAPI LOE YG TRAKTIR GUA MINUM OK??? GUA LG KAGAK ADA DUIT SOALNYA..SETUJU KAN LOE???

  276. pencari ilmu

    wah lama gk mampir kesini dah rame nih ckckck….
    nyimak aja ah ane mah gk ikut2an qiqiqi….
    ayo sedulur2 kita damai,damai itu indah loh:)
    salam seduluran 100% dr sy

    “peace love & gaul”

  277. kere ngelmu

    INNA ZAHARAH……HUSAJIN HUSAJANI. biar akur ya…..kita sama2 muslim jangan bikin malu dong…..baik buruk nya seseorang biar Allah yg menilai…ok

  278. Kiai FATAH ALbisri

    Masya ALLAH, tempat apa ini? Walkhomisatu anna la’natAllahi a’laihi ingkaana minal kaadzibin.

  279. ki sanak

    @ roberto kyaknya ente bnyk tau… babarin dong ilmunya… ilmu e****nya… bcanda

  280. Iwak teri

    Kkkkk…@ki sanak… Q tau siapa dikau…

  281. ki sanak

    kau siapa?

  282. om wawan sleman

    @ Numpang lewat, sorry bos. semalem dah langsung ke alam lain.

  283. F16

    Mumpang lewat.
    Mau donk abg, pasti legit kikiki…
    Om roberto saya juga mau ikut.
    Reborto Saya pesan yank belum ada bulu nya.Kikiki…

  284. To kwa': tolong dihapus komen porno n ngelantur

  285. Ki Kacil Buana

    nang di sini,orang banua banjar mana haja?…

  286. ehen zaxis

    maaf,,,klo kita debat soal agama itu sngat bgus krn akan mnmbah ilmu agama,emng ddlm debat psti ada pro+kontra tp dgn adax prbedaan trsbut bukan brti hrus brmusuhan tp hrus smakin mmpererat tali prsaudaraan…ingt syetan akan mmbisikan k dlm da2 kita,namax syetan psti tjuanx tdk baik ??? krn itu jgn lah mrsa diri ini pling benar krn bnar mnurut kita blm tntu bnar mnurut org lain & blm tntu bnar d mata allah krn itu mrilah kita koreksi diri dlu,marilah kita mnyelesaikan msalah dgn cara islami

  287. Sampana Cerita

    Kalo Mau jadi mahasiswa KWA,paling ga umurnya Berapa?…

  288. Akbar

    Malam Semua,Propon Kabarex?…

  289. Penyimak

    Weleh..Weleh…
    Diam diam rupa nya banyak jg yang suka ngentot abg.
    Untung roberto banyak stok.
    Hohoho…

  290. Oh ya,Numpang promosi, coba mampir ke blog saya, cari aja di google ‘puri agung banua hujung tanah’… harap yang membaca dan berkunjung jangan protes,blog saya masih baru,jadi masih pembangunan.hehehehehe.

  291. Tak bernama

    Kok kwa jadi rusuh gini

  292. Tak bernama

    Omong ngaco kayak hk pernah di didik dan di bimbing ortu aja

  293. Tak bernama

    Gak sopan,gk menghargai yg punya rumah,cuma tamu bertingkah seenaknya

  294. Tak bernama

    Gak sopan,gk menghargai yg punya rumah,cuma tamu bertingkah seenaknya
    kyai apaan,cuma anak kecil gk mutu,
    inilah salah satu contoh anak kekukarangan kasih sayang orang tua

  295. Yudi

    @wawan
    Mz wawan nyuon ngapunten sa’derengipon.
    @robet.
    Anda punya ilmu dan anda jga punya kebijaksanaan. Saya rasa anda jga dah tau mana baik2 mana buruk. Dan anda jga dah tau kan bedanya ilmu sama (maaf) macam2 jenis kemaluan tu. Salah mana antara yg ngasih tu semua di banding yg ngasih ilmu. Soal salah dan benar nanti di hadapan sang khalik, bukan di hadapan njenengan. La wong kita nie sama2 mahluk kok. Kalo njenengan dah bisa seperti rosul anda boleh sombong. Wong sama2 bru salaman sama sariat we kok.

  296. Kwa 1930

    Maju terus KWA
    JAYALAH INDONESIA
    INILAH WARNA WARNI DUNIA
    JADI INDAH DIPANDANG MATA
    SEMOGA KITA TDK TERLENA
    INGAT TUJUAN UTAMA KITA
    salam takdzim kagem poro sesepuh sedoyo

  297. rendra

    ki kacil banua@ ulun berkunjung ke blog pian napa jadi larinya ta ka http://licosearch.com/search.php?w&q=puri+agung+banua+hujung+tanah tarus…. jadi kada tampil blog pian

  298. rendra

    ki kacil banua@ sudah kawa masuk ulun di blog pian

  299. Ki Kacil Buana

    Rendra,Alhamdullilah…Emmm kaya apa isinya,bagus ga?…
    emmm kabarin juga ya teman teman mas,ntar suruh juga komen tapi jangan pedas,agar saya dapat membangun blog saya sebagus mungkin.

  300. lapar angin

    @mas rendra,,,,ini blognya ki kancil

    http://negaradipa.wordpress.com

    maaf ki kancil cuma mau ksih tau aja,,,

  301. @yudi;sory bozzz..sombong dan kesalahan emang udah dasarnya ada dimanusia…kl kebodohan ada di hewan dan pengetahuan ada di malaikat…baca fihi ma fihi dulu dechhh milik jalaludin rumi baru ngobrol dengan ane…hahahhahhahah…jadi wajar dwoonk gue gitu loch sombong wajar..ane udah kya…mau contoh tangan n kedua kaki loe kl dihargain 50 milyar per tangan dan kaki ke aku mau???gakan??? artinya gitu juga gw maka gw itu kaya coy….hahahhaha…
    @all:waahhh semua dari pada pusing mikirin ilmu..ntar kl lihat cewek yang bugil masih bediri gak penis lu…kl masih bediriartinya lu belum mantep tuch hati dan pikiran luuuu…makanya lebih baik pas puasa coba puasa ga bediri tititnya…tapi tempelin di memek/vagina cewe yang cantik kl ga bediri baru puasanya berhasil…kl bleum bisa tojosin aja ke vaginanya…daripada didiemin kasian ntar bijinya lumutan.kiek kiek kiek kiek
    @kasim;hahahaha….boleh juga tuch model cewe ikan lele huaaahaaahaaa…sory boz biar gw udah ganteng dari sononya@kontol gua udah gede n panjang dari sononya…makanya cewe-cewe mau di entot and ketagihan coy….boleh ntar gw kasih bro……u kirim aj email/fb lu aane ntar kirim ke inbox…so pasti lu entar gw kabarin kl dah ga sibuk..karena gw banyak tugas dulu niee (alias ngerampok dulu….)ntar gw ajak dech..gw janji ga bohong..ane ajarin juga biar lu gimana dapet duit dengan gampang free ga pake ongkos belajar…oce bro hahaahahhahaha
    @abah suhaimi&alex:sory abah, gw gdateng ke kawinan anak abah kemaren tu padahal gw dah dsuruh boz guru…abah dan alex loe pade semua temen guru gw..jadi gw kaga bisa bicara banyak sory ya boz…damai itu indah coy…apapun itu smua punya nilai plus and minus namun kl di satukan akan dapet kesempurnaan…
    @kyai fatah:lu boleh dakwah tapi lo pahami dulu semua jangan sala jeplak..belahan pantat n lubang idung sama kuping lu aja belum bisa dilihat pake mata..smua ada caranya…lu lihat hadis sebanyak apa???apa hanya ringkasan aja..apa lo punya kitab seluruh mazhab di dunia ini dan buku kuno setiap mushaf para nabi kaga??nah disana lu bisa dapet studi pembanding jangan baru aja lihat 1hadis dari 1 buku bahkkan dari ringkasan ajeee gayaaa luuu udah selangit…guru gw aja yang punya segalanya kaga kaya lu bahkan lebih bijaksana dari lu……kl udah punya lu bisa jelasin mana yang harus dilurusin mana yang harus di benahi..n lu bisa lihat di jidat orang-orang masuk surga/neraka dan hidup kedepanya baik/buruk seperti apa dengan segala detilnya…baru ane belajar ke ente dach..ane kasih apa yang lo mau…nah itu baru kyai…ach tapi gua ga yakin lu bisa broo, jalan kerumah gue aja mash nanya sana sini an tersesat apa lagi jalan ke surga n neraka..hahahahahahahhaha…..belajar lagi lach..

  302. @Abahnya NINA, FB: KWA KALSEL:panglima.badai,:siplah salam kenal dari gua si Roberto, ente bagus kirimin ini bagus tuk budaya pikir dan pengalaman bagi yang kaga tau coy….gue dukunglah…sayang ane paling urusan di kalbar aj urusn kerjaan…ntar ane sama anak-anak singgah lach..ntar gw ajarin cara panggil arwah dan iblis dan rajah penunduknya dengan cara mudah n biar bisa dimasukin ke manusia biar nurut apa yang lu perintah….itu biasanya ane pake tuk biar orang mau kasih hartanya…kl ga mau kasih ya hajar aj.qiqiiqiqqqi..

  303. Badranaya Badai

    ROBERTO@ HEH ROBERTO SOMBONG LU,,,GUE KEPRET NYAHOK LU

  304. @badranaya badai…alah ngentot lo ki dagoel jangan pake nick name dagoel badai..gua tau no.IP n daerah dimana lo tinggal. Gua bisa bongkar IP security yang KWA punya and alihin tanpa blog ini tau…makanya jangan so Iye dasar Mencret..gua berakin juga mulut lu …gua tau lu tai…SINI LO MAU KEPRET DIMANA LO GUA BUNUH BIAR LU GA NIPU LAGI ANJING…gua boleh sombong emang gua bukan penipu kaya lo lo mau bukti leher lo gua tebas…heh dagoel tai!!!!ilmu Khawatif apaan Lo kaga bisa apa-apa jangan so jual diri…Lo ditantang oranng aja lo ngumpet di memek ibu lo..sini gua kentut mencret biar lo jilat tuch berak gua..qiqiqiqiqiqq….sini dateng di priok kita anak anak yang kerja riok mau tau ilmu lo apa bener lo sakti…atao lu mau gua seret dan kepala lu gua tembak ditempat…jangan so sakti n lo nantangin gua….ni dari anak buah gua lo pasti tau kan yang namanya ki Maghribi, haris dan sebagian lainnya gua tau dari anak buah gua mereka pernah datang ke tempat lo, n lo tawarin ruwat padahal tepu,,,,n Lo jg bicara ke si maghribi bahwa keris lu bukan hasil tarik tapi lo beli dari rawabening di salah satu pasar daerah jakarta…ngaku lo, jangan ngebacot aja, banyak yang udah butktiin lo emang bukan apa-apa..so foto di facebook padahal bukan foto rumah lo…tetangga lo emang iya…dasar PENIPU..jangan banyak bacot…kl lo emang jago saakti n bukan penipu waktu ditantang di bandung sama salah satu temen gua lo kaga dateng, banyak alasan lo, gua and anak-anak pada tau lo ditantang di GASIBU BANDUNG jam 3, itu tantangan terbuka Duel sampe mati tuk lo Boz tuk buktiin lo emang hebat/penipu tapi lo ga dateng.. untung juga lo ga dateng kl lo dateng kami bantai orang kaya lo…….ketek lo bau tai jangan jadi pengecut jangan banyak ngebacot di dunia maya/blog…sepong aja tuch kontol loooo…banci..gua tungggu..jangan sembunyi lagi…jangan bicara berat di ongkos gua gantiin lo mau berapa puluh juta dateng ke priok gua bayarin….ato lo mau dateng ke bandung tuk duel ulang dengan temen gua, ntar gua gantiin ongkos lo dibandung…kapan..ntar gua kebandung..tuk bayar lo..semoga lo umur panjang n bsa bawa uang yang gua kasih….Jangan buat masalah aja lo tai, bambang benconggg..preeeeeet

  305. Kiai FATAH ALbisri

    Waminhaa hamlul a’waami wamalam yumaarisul u’luuma a’lat tafakkuri fi dzaatillahi washifaatihi wa fii umuuri laa tablughuhaa u’quuluhum wahaadza mudhillatul lahum yatasyakkakuuna bihii fi ushuuliddiini bal rubbamaa yatakhayyaluu fillahi ta’alaa ma hua muta’alin ‘anhu fayashiiru bihi kaafiron aw mubtadi’aw wahuwa bihii farihun masruurun lighalabati humqihi waqillati ‘aqlihi.

  306. Badranaya Badai

    ROBERTO@ AWAS!!! GUE BUNUH LOE

  307. @Bardranaya dagoel tai:hahahahhaa…keluar juga lo…lo ga bisa ngelak lagi dagoel mencret….mau bunug gue pake apa???kontol loe..emang gede???kiek kiek kiek…ketauan dech penipunya…tuch banyak yang komplain kerisnya palsu..keris rawa bening, ilmu khawatif apaan beli di toko buku and di satu-satuin..emang kita semua disini bodoh cuuuy…knp marah om dagoel penipy…???lo sama dengan Haji asep yang ada di Blog ghaib99blogspot…terjemahin kitab yang banyak salah, buat kholisoh banyak yang ga bener ALIAS PALSU.hahahahaha…malu tuccchhhh DAGOEL jadii marahhhh..huaaahaaaahaaahaaaa..sory ya GUA BUKA PRAKTEK PALSU AND NIPUNYA??qiqiqiqiqiiqiqi….hehhhh anjing kutu kupret jangan ngancem gua…ga masuk penipu kelas semut mencret kaya loeee…KEMAREN-KEMAREN LO DAH NGELECEHIN TEMEN GUA…GUA BALES BOZ. HEH DAGOEL GUA AND TEMEN-TEMEN GUA TANTANG LO DUEL SAMPE MATI.. GIMANA??? GURU GUA JADI SAKSI. KITA ADU DUEL FISIK BOLEH PAKE GOLOK/PEDANG/CLURIT& ILMU KADIGJAYAAN APAPUN BEBAS GITU JUGA MAU PAKE RACUN BOLEH.GUA And TEMEN TEMEN GUA INGIN TANTANG LO TUK BUKTIIN ILMU LO YANG PALING JAGO ATAU ILMU DARI GURU GUA. GUA LIATIN KE LO ILMU KESAKTIAN SESUNGGUHNYA AND BUKAN TULISAN DOANK SEPERTI YANG LO SHARE.BESOK SIANG GUA SAMPE BANDUNG mau ketemu anak buah gua n ada kerjaan sekalian DUEL, kl lo emang sakti jagoan lo jangan mundur pake berat di ongkos,lo udah di bandung gua ganti ongkosnya jadi dari 100rbu jadi 5juta cash, kl kurang gua tambah. besok jam 1 siang di lapang gasibu bandung..gua tungguu bozzz…jangan telat/nolak lagi/jadi pengecut ..gua and semua temen-temen gankster gua nantang lo…lo lawan kita semua ok!!!!jangan mundur kl lo emang hebat…KITA KETEMU BESOK BOZ, GUA INGIN TAU LO BISA BUNUH GUA PAKE ILMU KHAWATIF/ILMU KWA ATAU LO BANYAK BACOT DOANG..SEE YOU TOMORROW BOZZZZZ GUA NANTI KEHADIRANMU DAGOEL ALIAS BAMBANG….

  308. ehen zaxis

    lapar parut dptx tengah mlm ne………………

  309. angga

    ” Tp kenyataan artikel yg di posting di kwa ke banyakan mengandung,sirik,sihir,ramal meramal yg ujung2 nya membuat orang menjadi sesat.
    Walau banyak jg postingan yg bagus.
    Kalau yg suda bisa memilah dan memilih tak jadi masalah,tp bagaimana dg orang yg masih awam,dan semangat nya lg membarah,atau orang yg lg gelap mata, dan membaca postingan di kwa yg banyak unsur sirik nya. Apa yg akan terjadi pada mereka “(DALAM KONTEKS INI SAYA SETUJU DENGAN BUNG ALEX.)cobalah kita renungkan dengan hati yg tenang agar kita paham konteks ini .

  310. Wong kosong

    @angga… Hahahaha nikmati aja perjalanan hidup ini. Kuatkan aqidahmu… Ukirlah kalimat Alloh dlm ruang2 hatimu… Supaya kamu teguh dlm pendirianmu… Hahahahaha…

  311. wong djowo

    Salam Pamuji Rahayu kagem kangmas kiwongalus lan poro pini sepuh sedulur ndalem KWA. Astagfirullah, Hem ckck tak sawang2 kok ya makin hebat ya pertengkarannya. Sampe adu jotos segala macam warok.Ngilmu yo ojo di padu, koyo pitik jago wae dipadu. Manungso iku gudangnya luput. Nepsu sing gawe manungso iku kalah. Turut prihatin dengan hal ini…

  312. Wong kosong

    @wong djowo…. Salam kenal… Salam karaharjan.

  313. wong djowo

    @wong kosong

    salam kenal juaga ki, salam pamuji rahayu sebelumnya. :)

  314. Mahari

    @Roberto, terus terang kalau baca postinganmu yang suka mengumbar nafsu, lalu menganggap setiap wanita/ceweq hanya sebagai pelampiasan nafsu, lalu selalu mengumbarnya di KWA dengan jorok, aku jadi kesal sama kamu dan berharap HIV/AIDS segera menghampirimu.

    Abahnya NINA, maaf boleh tau, apa RAJAHNYA yang ditulis, koq tak ada lampirannya?

    Maaf para sadulurku yang lain di KWA, semoga persaudaraan kita tetap kompak.
    Salam hormat untuk:
    Ki Gatoloco, Kakak Rizal Kelayang, Ki Wong Alus, Abahnya NINA

  315. KiaiFATAHALBISRI

    Ngeyel..

  316. KiaiFATAHALBISRI

    Ya ayyuhal ladzina aamanuu atiullah wa atiur rasul wa ulil amri mingkum.

  317. Wong kosong

    @kyai fatah… Apa yg kamu ucapkan benar adanya… Hahaha tp apa daya karena manusia berhak memilih jalan hdpnya sendiri2…. Hahahaha hati manusia itu terbolak balik mengikuti kehendakNya… Tergantung manusia bagaimana memilihnya…

  318. Joni

    Di blog ni ada yx namaxa Asih Marluna????

  319. Penyimak

    Om wong kosong,benar adanya hidup adalah pilihan.
    Maka nya kita saling mengigatkan,agar yg lagi memili tak salah memili.

  320. @Kyai Fatah Al-Anjing..Km itu Anjing tau nggak..Doyan memek saja Lagumu sudah seperti itu.Setan km itu.Sadar nggak?aq nggak butuh pencerahan dr km.sudah,km gabung saja sm NII,biar nanti dalilmu buat cuci otak mahasiswa yg goblok.dan suatu hari nanti km di bakar olh massa.Kyai Al-Anjing km..Tau nggak?
    @Wong Kosong..Lagi lagi km belain anjing.Km itu temanya Anjing Itu ya?
    @Roberto..Km itu Si Miskin tukang ngayal..Mulut mu itu mulut Anjing.Km itu Setan..Anjing..Kerbau..Kudanil..Jerapah…Sudah gitu kontolmu itu kcil dan Impoten.Nggak Usah sok sok an jago ngentot loh..paling paling gue bisa sampai 3 jam ..lu ngaceng aja gak bisa.Stop mulutmu.Jangan Kayak anjing lu
    @Badranaya Badai…sudah,,,Bunuh aja Roberto..Keroyok aja mbah..Tu orang Nggak punya teman..Aktifitas nya cuma di rumah jadi pengangguran.Pernah belajar mengaji tp nggak laku jadi ustad..dia stress..Sudah Mbah…Bunuh Saja Roberto..nggak ada yg nangisi kok..krn kerjaan nya cuma internetan buka situs porno

  321. @Kyai Fatah Al-Anjing..Mulutmu itu kayak anjing.
    @Roberto..km itu pengangguran yg juga anjing.
    @Badranaya Badai…Bunuh aja si Roberto..itu si pengangguran nggak ada temenya..percaya mbah..

  322. @Kyai Fatah Al-Anjing..Mulutmu itu kayak anjing.
    @Roberto..km itu pengangguran yg juga anjing.
    @Badranaya Badai…Bunuh aja si Roberto..itu si pengangguran nggak ada temenya..percaya mbah..

  323. Penyimak

    Hehehe…
    Om numpang coment kok rame bangat, sendirian lagi. Pasti lg stres ya om hehe…
    Awas om hati2 kayak nya uda para tu stess nya.

  324. Penyimak

    Hihihi….
    Om mumpang coment kok tau kontol roberto kecil.
    Pasti om uda nyepong nya ya.Hihihi…

  325. KiaiFatahALBISRI

    Masya Allah, ko bisa menulis kalimat seperti ini Nak? Aku ini orang tua..uhuk uhuk uhuk

  326. SINGA MARANTEE

    @ ASSALAUMU’ALAIKUM…..
    TAKABUR BKN PAKAINMU….!!!!…INGAT ITU

    jgn menyebar pertikaian….KAYAK YG PALING HEBAT AJA…???? Rasul aja disambit batu diam, sabdanya “biarlah krn mereka blm tahu ”
    @ KIFATAH AL-BISRI…BISA NGASI ILMU JUGA BISA NYABUT ILMU KEK..KAKEK-KAKEK…

    @ KYAI BUAT BLOG SENDIRI AJA..TRUS DAKWAH..SAMBIL IKLAN JD ORG TAU..KALAU GENTLE HADIRLAH DI KWA NASIONAL..KASI MASUKAN…

  327. haha singa merintih tau dari mane nabi kena sambit batu…..jangan ngaco….jangan ngaco……sekitar nabi adalah ilmu yng diperintah Allah untuk melindunginya dari kejahatan makhluk lain,,,hikhikhi.ente jangan asal ngomong ,,,,,

  328. @Singa Meringis..Diam mulutmu Anjing..Km itu Anjing…Asu..Congok..Dungu..Bento..

  329. Singa Meringis…Diam Bacotmu Anjing…asu..Congok..Dungu…Bento..

  330. SINGA MARANTEE

    @SINGA MERINGIS..KELIATAN ENTE GAK TAU GAK TAU RIWAYAT NI…??? YA DR PENGAJIAN LAA…

    NGAJI GAK ENTE..???

  331. SINGA MARANTEE

    @ SINGA MERINGIS … JAHIL BIN JAHLUN ( BODOH )…NE AJA DARI SD DI AJARIN DI PENGAJIAN SAMA DISEKOLAH….

    RUGI BERDEBAT SAMA ENTE..KAYAK ANAK2 UMUR 2 TAON.., BUANG ENERGI….

  332. SINGA MARANTEE

    IJIN PAMIT , MO SHOLAT…

  333. @SINGA MARANTEE…singa Meringis itu dari dulu memang bego..goblok juga..Juga Doyan Ngentot tp bayar di lokalisasi kelas teri aja nggak mampu…Napsu Gedhe tp kere…Apaan tuh….dasar singa meringis itu memang Anjing berbulu Serigala…Mau nya dia di hormati layaknya sesepuh KWA…tp apa artinya singa meringis..nggak penting.
    Harusnya kalo singa meringis ingin di hormati di KWA itu ngaca Dulu..suruh tuh lihat Ki Raja Rizal Kelayang,Ki Risang Mukti,Ki Sancang Ungu,Ki Abdul Jabbar,Ki Gatoloco,Ki Wong Alus,Ki Mas Kumitir,Ki Ageng JJ, nah kalo di tambahin Kata Ki pada Singa Meringis Ya nggak panteslah..Suruh ngaca tuh orang Bodho yg namanya Singa Meringis..yg selalu Meringis terus kayak Orang Gila

  334. @SINGA MARANTEE…singa Meringis itu dari dulu memang bego..goblok juga..Juga Doyan Ngentot tp bayar di lokalisasi kelas teri aja nggak mampu…Napsu Gedhe tp kere…Apaan tuh….dasar singa meringis itu memang Anjing berbulu Serigala…Mau nya dia di hormati layaknya sesepuh KWA…tp apa artinya singa meringis..nggak penting.
    Harusnya kalo singa meringis ingin di hormati di KWA itu ngaca Dulu..suruh tuh lihat Ki Raja Rizal Kelayang,Ki Risang Mukti,Ki Sancang Ungu,Ki Abdul Jabbar,Ki Gatoloco,Ki Wong Alus,Ki Mas Kumitir,Ki Ageng JJ, nah kalo di tambahin Kata Ki pada Singa Meringis Ya nggak panteslah..Suruh ngaca tuh orang Bodho yg namanya Singa Meringis..yg selalu Meringis terus kayak Orang Gila

  335. @singa meringis…kalo nulis itu jangan kayak orang gila….pake ada kata hauuummm..emang lu singa beneran? lu itu Anjing..Lu itu jelek jelek in isi alam semesta…Hidupmu sudah hina…ntar mati dapat siksa..kasihan lu orang gila..ngaca dong???

  336. singa merintih juga udah takabur……..hayo mau bilang apa lagi…
    aaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuummmmmmmmmmm

  337. @singa meringis…hai otang gila nulis apa lu?? segi bahasa km nggak bermutu..kelihatan kalo bukan orang berpendidikan..pantas aja kelakuanmu kayak anjing…km itu Anjing…Km Anjing..Juga Bego tau..

  338. wah kayaknya yg bego bin tolol ggggggggggoooobliok ente numpangmmmasa kgk bisa baca tuisan ane…..hik
    udah tau gua goblok eh masih ditimpalin….ki aki bekas atau aki baru….kalian alasan nya adalah menghormati tetapi sebenarnyalah kalian yg merndahkan berbicara asal ambil tulisan orang kagak dietliti dulu…..nabilah bisa dicelaki dengan batu…..nabi ini nabi itu….ngomong……..ayo buktikan kalo aku goblok atau pinter…yang kagak tau tuh ente,,,,pura-pura menghormati nabi tetapi pada dasarny ente itu yg menghina….dan menjatuhkan merndahkan dengan sesadar-sadarnya……..semoga….

  339. kalo ngaji jangan ambil guru yang asal ngomong…….jadinya ente juga sala ngomong……………..
    kupret……..(kurang pretasi lu pada)…..kaya sih boleh…banyak duit bolelah…..Insya Allah kalian akan bangkrut sebangkrut-bangkrutnya………….amin….

  340. @Singa Meringis….banyak bacot lu…sudah tau bacotmu amis..Anjing km itu..Kenapa gak cepat mati aja orang munafik macam km..Anjing km..bacotmu amis..setan km..

  341. @singa meringis..gue nggak peduli apa kata agama..yg jelas gue ingin ngatain lu itu bajingan..muka anjing..sok sok an jd alim di forum konsultasi…km tau tai..? ua km itu tai

  342. Wong kosong

    @numpang komen.
    Ngapain you bawa2 sy sgala, Emang komen sy ada yg memojokkan pr sedulur, Pahami dulu bro maksudnya gm..
    Jgn emosian bro.. dgr tu komen@penyimak bs2 stress you klo emosian.. You kata2in @roberto jorok you sendiri ngomong amburadul kyk gitu.. Sadar diri dong

  343. @wong kosong…sorry gue nggak ada mood buat cari masalah sm Lu..Gue cuma cari masalah..sama Roberto dan Singa meringis..Mereka Itu anjing anjing pengacau Kwa..Lu jangan ikut ikut…krn kita sm sm pro sedulur kwa.krn memang koment Roberto sm Singa meringis itu bikin gue Jijik..ngotor ngotori kwa..biarkan gue jelek di koment gue..yg jelas gue pto sedulur..gue juga anggata kwa..cek di daftar yg avatarnya sm.ada kok..
    beda sm singa meringis dan Roberto..Nggak termasuk anggota kwa..krn merka berdua anjing yg ngaco kwa..sudah goblok gak berilmu..sok sok an juga tu singa gila dan roberto majnun..

  344. Topeng

    Rame ya cuacana puanaaas….padahal baru hujan….

  345. KiaiFatahALBISRI

    Bingung saya Masih bisa masuk! Kan IP nya sudah di blog!!!

  346. Bocah lawu

    Jd geli nih… Ada yg kepanasan masuk blog..xixixi apalagi bc komen kyai Fatah…

  347. KiaiFatahAlbisri

    Heeh.. yg kepanasan tuh Adminnya WordPress. Maklumlah sumber rejekinya. Aku itu cuma nyari pahala dari Allah. Kalau berhasil tentu buat bekal akherat. Nggak ya gak apa2! Gitu aja ko repot!!

  348. @Dagoel badranaya badai kentut kutu kupret mencret:manaaaa loeee gua tunggu sama anak-anak ko malah kaga ada semua udah nunggu sampe jam 3 siang lo kemana??????dasar bpenipu busuk..mana katanya mauu BUNUH gua….pretttt sepong tuch kontoll…sekali penipu tetep aja penipu..ditantang malh kabur ga dateng..gua n semua oraang dah tau muka lo kaya gimana..lo ga bisa mungkir kl lo dateng semua ditipa sudut tau lo ada…tapi nyatanya lo kagak ada…mana buktinya mau lihatin kesaktian loe anjing…sama aja loe tuch penipu kelas toilet..dasar penipu penjual pusaka buatan rawa bening aja so sakti…jangan kabur lo gua kejar kerumah lo kl lo macem-macem berkoar…gua seret sampe abis..
    @Numpang Koment wong kosong: heh loe kl mau berkoar jangan di Blog, jaga bacot loe kenapa loe ga dateng juga di tempat duel…loe sama dengan si badranaya Badai si pengecut…gua ingin tau kebisa lo.kl loe mau berkoar sini depan gua, kita duel jangan sembunyi di kolong memek ibu lo seperti badranaya di pentil memek ibunya…
    @KiaiFatahAlbisri: gimana kiai jadi kita ngentot bareng ada murid kiai yang bisa kita buat gangbang gak ngentotnya…ayolah kiai..daripada mikirin blog ini kita gangbang ngentot dengan santri cewe kiai sambil mabok an enak..jjajajajyuuuuuuuukkk

  349. @abahnya nina@wongalus:sory yach atas apa yang gw lakuin tapi jujur ane suka dengan blog ini..n tetep tuk kritik membangun apa yang gw katain and comment selama in ga lebih dan kurang semua berdasar kenyataan/fakta yang ada di diri gw dan apa yang gw dapet dari lapangan….hidup admin n abah nina….

  350. won9p3nginpint3r

    @KiaiFatahAlbisri:maaf apabila anda benar2 seorang KYAI yg yg mau berda’wah di sini,tolonglah pertimbankan nick KYAI sebelum anda mencantumkanya.karena seorang dngn sebutan kyai asli tk munkinlah menulis kyai untuk gelar bagi dirinya.karena KYAi itu semata2 gelar dari alloh yg di sampaikan lewat manusia.dan seorang kyai adalah orang yg benar2 iklash untuk mendapa gelar entah itu kyai,syech atau penjahat sekalipun.tpi dimana ada seseorang yg menyebut dirinya adalah kyai akan menjadi tertawaan dan hinaan masyarakat.karena masyarakat tu lebih jeli dlm memandang mana seoang kyai dan mana seorang penjahat.walaupun seumpama masyarakat mengIYAkan akan keakuanya seorang kyai,masyaratpun tahu bahwa kyai itu benar2 tidak iklash.karena kyai aku2 akan senang kalau di sebut dgn sebutan kyai dan akan marah dgn sebutan yg sebaliknya.apalagi anda mengaku dariMUI.tolong pertimbankan.
    maaf bila kurang berkenan

  351. KiaiFatahALBISRI

    Tanya dgan Google ya? Tugas sy tdk utk menjawab pertanyaan melainkan mempertanyakan.

  352. Badranaya Badai

    ROBERTO@GUE DATENGIN KOK LOE KAGAK ADA BOS,,KETIDURAN DILOKALISASI YA….HAHAHA

  353. aaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuummmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

  354. @Roberto..km itu setan berbulu Anjing…sudah kontolmu kecil lalu impoten pula juga banyak bacot Lu..Mulut mu itu bau air mani hasil km onani semalam.knp bang?nggak mampu bayar psk yg murah ya?oalah…lagumu roberto kaya Anjing kepigin Ngentot tp nggak keturutan..Kasihan deh Lu..Kepingin jadi Ustad tp ilmu mu Nggak laku..Kepingin nekad dan mursal tp km pengecut dan takut mampus…makanya Lu hanya ngandalin Bacotmu yg bau Air mani hasil km onani semalam…kasihan deh lo berto…berto…kalo Roberto Baggiao sih hidupnya Enak…lha km..Roberto Gila..parah Lu

  355. PUTRA SERUNTING

    ROBERTO:SAYA SALUT SAMA KOMEN-KOMEN ENTE,KAYAKNYA ENTEK PREMAN BESAR,BOLEH GAK BANTU SAYA,SAYA PUNYA UTANG 25JT.BISA GAK KASIH SAYA.ITUNG-ITUNG SEBAGAI TANDAPERSAHABATAN. KIAI FATAH:SAUDARA KALAU SAYA LIHAT,CUMAN BESAR UCAP,SAYA LIHAT JUGA UMUR ANDA INI TIDAK LEBIH 30AN TAHUN.ANDA MENGAJARI ORANG PADAHAL ANDA SENDIRI SERING KETINGGALAN WAKTU SHOLAT.JIKA ANDA SEORANG KIAI COBA JABARKAN MAKNA DARI (ALIF)DARI SYAREAT SAMPAI MAKRIFAT.SILAHKAN KAMI TUNGGU…….CERAMAHNYA……..

  356. SINGA MARANTEE

    @ won9p3nginpint3r…..

    NE KT LG DI ADU DOMBA SAMA ANAK SMP YG BARU KENAL INTERNET..LHA LIAT AVATARNYA BEDA2…SEBENTAR PINJAM NICK INI..SEBENTAR ITU…

    ADMIN KOK DIAM AJA, KAYAKNYA SENGAJA DIBIARIN YA…?? JGN2 NE SKENARIO..??????????????????????????????????????????????????????

  357. putu adam

    yang ngerusuh senang kalo komennya diladeni. mreka akan eksis. nereka akan terus mencari pembenaran atas komennya. ada yang dengan bahasa kasar. ada yang memamakai dalil klise. ini bid’ah. bidah itu fi nar. sudah lama keadaan ini terjadi.tak ada yag berhak menjadi broker kebenaran. kebenaran itu nisbi. terllu narsis mngklaim kebenara adalah monopoli satu golongan. bagi gue knapa gue suka alhikmah. alasannya pragmatis. sautu saat gw pernah bisa menyembuhkan anak gw yang kalau setiap malam nangis ga karu karuan, kadang meronta-ronta. gw baca salah satu amalan dari blog ini. ga nunggu lama anak gw bisa tidur pulas. padahal seminggu sebelumnya udah tiga kali ke dokter.hampir putus asa. siapa bilang yang diposting di sini ga ada manfaatnya??. makasih semua civitas wong alus.terus lah eksis.anjing mengongong kafilah tetap berlau.

  358. SINGA MARANTEE

    @ won9p3nginpint3r…..

    NE KT LG DI ADU DOMBA SAMA ANAK SMP YG BARU KENAL INTERNET..LHA LIAT AVATARNYA BEDA2…SEBENTAR PINJAM NICK INI..SEBENTAR ITU…

    ADMIN KOK DIAM AJA, KAYAKNYA SENGAJA DIBIARIN YA…?? JGN2 NE SKENARIO..??????????????????????????????????????????????????????

  359. KiaiFatahALBISRI

    Allahul ladzi kholaqos samaawati wal ardhi wamaa baynahumaa. Sy tdk mau menjawab pertanyaan yg sering diposting di internet. Sy bukan tukang jiplak.

  360. reza

    wah udah mw pecah nih persaudaraan??

  361. cah mbeling

    HAYOOO PEMUJA KONTOL IKUT ANE KENERAKA….BERANTEM RAME2….MERASA SUCI TAPI OMONGAN KELAKUAN KYK BABI BUSUK….HHAHAHAHHA,,JARENE WONG TUA2 NING OMONGANE KOYO CAH SD LAN TK…..

  362. Wong kosong

    Teng..teng..teng..
    Teng..teng..teng..

  363. @Badranaya Badai: hehh badranaya monyet….jangan lo munngkir lo yang kaga dateng. gua, hong mankim, n anak laennya yang udah lo tipu juga dateng dan semua tau muka lo kita nunggu sampe jam 6 sore goblok..lo yang kita tunggu kaga dateng..jangan lo so mungkir anjing dagoel…emang semua yang ada disni ga tau muka penipu lo yang lo tempel di facebook…n orang yang udah nemuin lo juga udah pada tau semua muka lo…dasar sekali penipu tetep aja penipu…monyet dagoel mencret….dasar tetep aja sembunyi di selangkangan memek ibu pantes aja penakut….preeeeet monyeeeet
    @numpang komen;jangan hanya bisa ngabacot aja lo tai…kl lo emang bermasalah denganku lo ga usah pake nick name…kenapa lo ga dateng waktu gua tantang duel si dagoel badrayana badai mencret, sekalian aja kita tarung lah…jangan macem-macem anjing kutilan…

  364. Bengawan.Candhu

    @kimas roberto….lah,sdh lama tdk mencermati komen dan jarang tongkrong kok malah ada kejadian spt ini ya…monggo kimas roberto duduk bareng2 dulu siapa tau ada yg perlu disampaikan…

  365. Lucifer

    wah mantebs,,,,,ulat bulu udah pada nyerang bibir,,,,,,

  366. Bakul jamu

    JAMU..JAMU..JAMU
    JAMU BIBIR GATAL JG ADA….

  367. gonggo menggolo

    PAYAH..SEREM AMAT….

  368. uy

  369. om wawan sleman

    ealah ditinggal sebentar sudah do tawur
    pakai bahasa yg baik kenapa sih,

  370. pang 5 dambung

    ga usah bahas haram gen..mun yg nyata haram ja balum tantu qm kawa maurusi..

  371. mm… kaya nya ega… coz saya jalan2.. malem – siang sore ato kapan.. gk pernah nemuin hantu /arwah di kalsel… cuma katanya ada di Mallnya hahahaha.. sadis amat ya masa di Mall mau blanja kalii.. khikhikhi… (sy bcara krna sy orang kalsel, bjm)

  372. Ajus Ahmad

    @roberto : bang kenalan dunk..pengennya sic diajarin dunk katanya lu jago ndeketin ce2 cantik..n udah tajir lagi…itu sic klo lu bersedia…neh email gw bang : mamas_joe@hotmail.com…gw jomblo berat neh bang roberto..thanks bang klo lu mau share ma gw..

  373. Ahmad husairi

    Bgus it critany..

  374. RIYAT

    siiip

  375. asalammu’alaikum kiii……. salam hormat lan salam kenal dari kami tuk KWA kiii aku pengen mendapat izazah ilmu pemanggil roh atau penmangil mahluk gaib mohon bantuanya yaaaa kiiii ini no hp ku 082179854567

  376. raden sukmajati

    salam

  377. Sy cermati isi dr blog ini byk banget manfaatnya, tp sayang dikolom komen pada aritkel ini diwarnai dgn rusuh. jd kl boleh sy menyarankan untuk admin sebaiknya komen2 yg gak mutu atas postingan diblog ini diapus saja…

    Salam kenal dr saya urang banjar samarinda. :)

  378. supra yetno

    ((y)ˆ ⌣ˆ)(y) ​♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPP !!! (y) – AĶű setuju banget bener Tuh

  379. Lukman

    Ijin nyimak sesurupan,klo mau krm artikel gmn y?Maklum agk gaptek

  380. Riery

    Asa marinding tangah malam mambca will neneh :O

  381. siapa yg mengatakan melakukan sihir pada seseorang padahal yg bersangkutan tidak melakukan sihir,maka yg mengatakan tersebut yg dinilai melakukan sihir ,ini hadits cuma rinciannya saya tidak ingat ,maka hati 2lah yg mengatakan orang melakukan sihir,pelajari juga apa yg dimaksud sihir di jaman rasululloh dan orang orangnya semua yg disebut penyihir dijaman rasulullah ,semuanya orang kafir dan mantra yg dibaca isinya mengandalkan tuhan tuhan yg dipercayanya bukan tuhan ALLOH ,kepada semua yg sepaham hati hati dengan ulama karbitan dan ulama wahabi ,biasanya mereka sok pintar dan sok paling benar ,menurut mereka cuma faham dan pengertian mereka tentang hadits dan al quran yg paling benar, yg lain salah kalau tidak sepaham dengan mereka. ilmu ilmu hikmah di indonesia biasanya para aulia yg mengajarkannya ,dan mereka tidak mungkin jd aulia kalau mereka sesat. KWA CAMP.semoga jaya dan semoga golongan kita di bela ALLOH.dan untuk kiai … dan alex….salam kenal dan ha,,,ha,,,ha,,, untuk kalian.moga cepat ……

  382. Salam hormart….bersilaturrohmi….dari wong seberang

  383. Afrhily iskandar

    serem…

  384. raihan muhammad fauzi

    wey yang namanya hantu gentayangan itu ga adak

  385. raihan muhammad fauzi

    assalamualaikum

  386. :P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: