DIMANA ALLOH SWT?


Herjuno Boudhitama boudhitamah@yahoo.com

Assalamu wr.wb.
Alloh SWT menciptakan akal untuk membedakan manusia-jin dengan hewan-tumbuhan. Hakikat akal diciptakan oleh Alloh SWT adalah untuk membedakan mana yang benar dan salah dan memahami kebenaran itu sendiri. Hal ini terkait pula dengan Keadilan Ilahi. Ada kalangan menganggap sesuatu yang buruk bagi manusia belum tentu buruk menurut Alloh adalah sesuatu yang salah. Karena baik buruk menurut akal manusia sesuai dengan baik – buruk menurut Alloh SWT.Karena tidak mungkin Alloh Yang Maha Suci tidak akan menciptakan sesuatu yang bertentangan dengan perintahNya/AturanNya. Misal ada orang berkata :”Saya sudah ditakdirkan Alloh menjadi penzina seumur hidup.” Padahal Alloh melarang berzina. Jadi tidak mungkin Alloh Yang Maha suci disisi lain menghendaki manusia yang satu ini menjadi penzina dan disisi lain melarang berzina bagi seluruh manusia. Yang Maha Suci tidak mungkin melakukan pertentangan.Untuk pembahasan awal kali ini adalah mengenai Ketuhanan?ilmu tauhid.Sebenarnya sangat luas untuk membahas ilmu tauhid bisa berkitab – kitab banyaknya. Tapi saya berusaha untuk meringkasnya dan berusaha dengan bahasa mudah dipahami terutama oleh akal manusia/jin.
Imam Ali As dari Rosululloh SAWW bersabda:” Awaluddin Makrifatun(Awal agama mengenalNya).” adalah ungkapan yang masuk akal. Karena tanpa mengenal Tuhan yang kita sembah bisa- bisa kita salah menyembah walaupun kita beryakinan Alloh itu satu.Apakah Alloh yang kita sembah adalah Alloh yang sebenarnya?Jika kita sudah mengenal Tuhan yang kita sembah maka kita harus mengetahui ajaran mana yang membawa kaidah ilmu tauhid tersebut diera banyaknya mazhab – mazhab.Kita sebagai kaum muslimin tidak boleh menerima begitu saja agama yang kita terima dari orang tua kita atau mayoritas lingkungan kita dan menganggap benar agama yang dianutnya..kita harus mengkajinya dengan baik terutama dari segi akidah. Jika tidak,maka bila kita lahir di India yang mayoritas beragama Hindhu maka akan menganggap agama Hindhu benar . Maka Alloh menciptakan akal untuk manusia mencari kebenaran dalam beragama. Ilmu tauhid pun memiliki tema yang banyak seperti bukti Alloh itu Esa secara akal, pembahasan soal takdir,keadilan Ilahi dsb. pada tulisan kali ini saya mengambil tema:”DIMANA ALLOH?”
Pertanyaan tersebut masih banyak dipertanyakan oleh kaum muslimin dengan jawaban yang berbeda.diantaranya:
1.Alloh itu ada dilangit
Pernyataan ini sering didengar sebagian kalangan ulama – ulama. Mereka yang berpendapat seperti ini mengharamkan akal berperan dalam pengkajian agama. padahal di Alqur’an banyak ayat -ayat dimana manusia harus berpikir terhadap ayat tersebut. Bukankah berpikir dengan akal.(QS:2:164 dsb)
Hadis:”Agama Islam adalah agama akal”(Hadis Syarif).
Semua kaum muslimin pasti setuju bahwa langit adalah ciptaan Alloh SWT dan ada sesudah Alloh menciptakannya dan tiada sebelum Alloh belum menciptakannya. Sebelum Alloh menciptakan langit dimana Alloh berada?Adakah yang bisa menjawab?
Bumi kita bulat sisi timur akan berlawanan dengan sisi barat sisi Utara akan berlawanan dengan sisi selatan. bila bumi bulat berarti ada empat langit diatasnya. langit yang mana Alloh berada?memang ada hadis dari Abu Hurairoh yang menyatakan Alloh turun dari langit bumi pada sepertiga malam…dst. Perlu diingat di bumi ini tiap hari pasti ada sisi malamnya. kalau Alloh tiap sepertiga malam turun dari langit bumi kapan Alloh naik ke langit tempat Dia tinggal?Hadis ini sudah dikaji para ulama di timur tengah bahwa hadis ini palsu karena bertentangan dengan akal dan ayat Alqur’an.

2.Alloh diatas Arsy
Ungkapan ini juga dilontarkan para ulama – ulama anti akal terutama dari kalangan khowarij dan wahabi. pernyataan ini berdasarkan ayat Alqur’an:QS:25:59 dsb. padahal dikatakan bahwa ayat -ayat alqur’an perlu ada penafsiran yang lebih dalam lagi. Arsy ada sebelum Alloh atau ada sesudah Alloh?. Kalau jawabnya Arsy ada sebelum Alloh ada berarti Dia itu bukan Alloh karena Alloh adalah Yang Awal dan Yang Akhir.Kalau ada seusudah Alloh berarti Arsy itu diciptakan. lalu dimana Alloh sebelum Arsy diciptakan.?
Alloh bersemayam diatas arsy atau langit adalah akidah yang sudah tepengaruhi oleh akidah agama nasrani sekarang yang berpendapat Alloh tinggal di surga. Namun kita tidak sadar akan hal itu. kadang kita berdoa sambil mata atau kepala mengenadah ke langit seolah-olah Alloh tinggal dilangit. Masya Alloh berarti dia bukan berdoa kepada Alloh yang Hakiki. Siapakah yang dia sembah atau panjatkan doanya?

3. Alloh ada pada zamanNya.
Beberapa tahun lalu majelis kami berdiskusi dengan para mahasiswa di UI dadri mereka ada yang megotot bahwa Alloh SWT berada di zamannYa. Lalu ditanya zamannYa itu ada sebelum Alloh atau ada sesudah Alloh?Dia menjawab Alloh Yang Maha Awal dan zamaNya ada karena Alloh mencipta. Lalu kami tanya lagi Dimana Alloh ketika zamanYa belum dicipta?

4.Alloh bersemayam di hati para auliya.
Berapa banyak auliya dimuka bumi ini,hitung saja misal ada dua orang.berarti ada dua hati dan berarti pula ada dua tuhan yang bersemayam.Maha suci Alloh karena Qul hu Allohu Ahad.

5.Alloh dapat dilhat disyurga
pernyataan ini berdasarkan QS:75:22,23 dan hadis. padahal syurga itu adalah tempat dan tidak mungkin Alloh bergantung pada makhlukNya seperti yang dkatakan QS:35:15. QS:75:22-23 harus ditakwil lahi dan menurut sebuah penafsiran dari ahlul bait bahwa kata aalaa harus ditakwil dan menjadi melihat nikmat- nikmat Alloh. Jika tidak maka QS:75:22,23 akan bertentangan dengan QS:75:15 dan QS:6:103:”(Alloh tidak dapat dicapai dengan pandangan mata(pernyataan ini adalah untuk selamanya bila dikaji dengan beberapa ilmu ahlul bait)

Dari pernyataan – pernyataan diatas menganggap bahwa Alloh itu bertempat. Tempat adalah ciptaanNya dan ada sesudah Alloh menciptaNYa. Padahal Alloh tidak bergantung pada ciptaanNya. seperti yang dikatakan dalam QS:35:15: “kalianlah yang memerlukan Alloh.Sesungguhnya Alloh Maha kaya.”.
Imam Ali As pernah ditanya oleh salah seorang sahabat:”Dimana Alloh?” Imam Ali As menjawab:”Tidak ada kata dimana dengan Alloh.Dimana menunjukkan tempat dan tempat adalah ciptaanNya.”
Hati -hati pula juga dalam sholat dan doa jangan sampat kita membayangkan Alloh bisa-bisa bukan Alloh yang sebenarnya yang kita sembah.membayangkan Alloh berarti membatasi Alloh padahal Alloh tidak terbatas.Karena jika terbatas ada awal dan akhir.Hal yang tidak mungkin. dan juga memberi tempat pada Alloh SWT hal inisama saja menghinakanNya sebagai Alloh Yang Maha Kaya.mohon maaf bila ada kekurangan dalam tulisan ini.saya rangkum dari hasil diskusi majelis kami dengan majelis -majelis lain.semoga dengan tulisan ini saya harap minimal kita harus mengkaji sesuatu yang didapatkan dalam agama terutam masalah akidah. Wss.

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 158 Komentar

Navigasi pos

158 thoughts on “DIMANA ALLOH SWT?

  1. sepertinya masih pertamax..
    ^_^

  2. Arya geni

    ????? Pertamax???????

  3. Perunggu saja

  4. Arya geni

    keduluan bang moesafir nih…..

  5. Ardaloka

    Hdir nymk..slam slim bt dlur2 all

  6. Didi

    6

  7. Melu absen ki..

  8. Mandor turu

    Absen

  9. Mandor turu

    Nyimak

  10. Mandor turu

    Ke10

  11. tak bernama

    walah nomer uakeh iki

  12. Sebelum allah….saya coba bertanya ..”apakah surga itu ..benar2 ada ? ..apakah hanya kaum muslim yg bisa masuk surga ? Kalo ga salah anjing juga menurut riwayat ada yg masuk surga….bagaimana kalo org2 muslim yg masuk surga menginginkan saudara/keluarganya yg kafir supaya masuk surga juga ..khan katanya apapun permintaan ahli surga akan dipenuhi…kalo mereka menginginkan neraka ditiadakan bagaimana ? Mohon pencerahannya..

  13. ayob pal

    huwal awwalu wal akhir wa zhohiru wal bathin. trima kasih ats pencerahannya.pengetahuan manusia masing2 ada tingkatannya.

  14. wonKWAmpus

    12

  15. absen dulu ah… truzzz nyimaxxx

  16. Hm hm hm hm hm hm
    ikut nyimak
    semangat malam dulor
    cling…

  17. tepuk pramuka

    klo ditanya dimana Alloh itu ?
    jawab: besok akan ketemu dihari pembalasan di padang mahsyar (QS al fatekhah ayat 4)
    klo masih bingung…sama wkkk

  18. Bentaos Putih

    Absent 20 besar… hihihihihi/…

  19. ade syahputra

    nyimax d pojokan wae lach,…….
    Monggo d lanjutzz,’! !

  20. nyimak

    klih udud ehh ngrokok

  21. udengudeng

    absen malam, Allah asshomad: Allah tempat bergantungnya sgl sesuatu, tnp Allah sgl sesuatu pasti binasa. Sgl eksistensi d alam semesta ini eksis krn Allah krn dzat sgl sesuatu tadi bergantung kpd Allah. Monggo d lanjut, nuwun

  22. akar dewa

    nyimak

  23. gandri

    Yang bertanya juga salah. Dimana alloh? Padahal arah dan tempat itu juga makluq. +senyum+

  24. Sholawat

    Asslkm, jgn di tanya ALLOH ada di mana, tp tanya untk apa aku di ciptakan, wasslm

  25. yoyok

    monggo dilanjut diskusinya aq tak nyimak aja

  26. Sholawat

    tugas jin dan manusia hanya beribadh, jgn bertnya yg bkn hak manusia, yg akan membuat manusia mengira-ngira, dan menambah2 dosa, tauhid perlu bimbngn seorang guru, kalau salah arah bisa gila

  27. Sama aku juga bingung tapi..allah pasti ada..gitu aja kok repot..

  28. herjuno boudhitama

    Ass.Untuk mas tepuk pramuka. bahwa kita akan bertemu dengan Alloh di padang masyar dengan dalil Alfatihah tersebut tidak pas. karena Maaliki yaumiddiin menyatakan Alloh lah yang menguasai segalanya termasuk dihari akhir dimana seluruh makhluk tidak berkuasa.sudah saya katakan jika Alloh itu Mahakaya dia tidak memerlukan ciptaanNya. Tempat adalah ciptaanNya sehingga bila ada yang megnatakan bahwa Alloh tinggal di arsy ,Alloh dapat dilhat disyurga apabila kita masuk syurga.itu hal yang mustahil.KArena arsy,syurga adalah ciptaanNya(MakhlukNya).Dan tidak mungkin Alloh bergantung pada makhluk ciptaanNya.coba direnungi kembali tulisan saya diatas.

  29. salam untk para sedulur2, emang kalau kita membahas tentang ilmu tauhit tak ada habis2nya yg penting kt mesti mengimani Allah itu wujud mempunyai sifat2 kesempurnaan. Trims kpd kwa atas wejangannya membuat pemikiran sy tambah luas maknyosssssss

  30. herjuno boudhitama

    Untuk mas sholawat.Kita wajib belajar tauhid salah satunya adalah mengetahui atau mengenalNya.karena awal agama adalah mengenal Tuhan. Karena bila kita tidak mengenalNya,maka kita akan menyembah yang bukan Alloh. pasti kita semuanya bila berdoa atau sholat meyakini Alloh itu dilangit,diarsy dsb.padahal hal tersebut adalah salah.bisa-bisa yang kita sembah bukan Alloh sebenarnya dan berakibat musyrik.Karena kita tidak menyembah pada Alloh sebenarnya. karena Alloh tidak dilangit atau dimanapun karena dimana menunjukkan tempat dan tempat adalah ciptaanNya.Jadi tidak mungkin Alloh bergantung pada makhlukNya karena Alloh Maha Kaya. Belajar akidah dan sebagainya selain pakai guru juga pakai akal kita. karena sekarang banyak aliran yang meyesatkan.dan mereka juga punya guru

  31. Ucil

    @mas ibadah..mencari allah juga ibadah…guru juga manusia…anda koq tahu yg bertanya bukan hak manusia..emang anda udah bertemu allah…?

  32. herjuno boudhitama

    Untuk mas gandri,pernyataan anda benar bila ada orang yang bertanya dimana Alloh itu salah. karena tidak ada kata dimana dengan Alloh artinya Alloh tidak bergantung pada arah,ruang,waktu dan dimensia.

  33. Idiiih….jangan sampe deh menyembah yg diatas..ntar takutnya keliru batman lagi…mas sholawat ini gimana sie…tanyakan dung pada @herjuna…lalu allah itu dimana mas herjuna..kasih tau dung…

  34. herjuno boudhitama

    untuk mas balik kwampung. pertanyaan anda akan dibahas lain.karena pembahasan sekarang tentang tauhid yang mengambil tema dimana Alloh? Ilmu tauhid sangat luas .silahkan didiskusikan dan dilanjut.dengan ilmu tauhid/akidah yang benar maka kita kan tahu mana Islam yang masih hakiki. kalau kita ketahui mazhab mana yang berakidah benar maka kita bisa pakai ilmu fiqihnya. karena ilmu fiqih berhubungan dengan ibadah dsb.

  35. herjuno boudhitama

    untuk teh Aisyah kritik dikit nih nama sya pakai o jadi herjuno bukan herjuna.he.he.he.untuk jawabannya silahkan dibaca dan direnungi lagi artikel diatas dan komentar saya

  36. shuii

    assalamualaikum
    nunut nimbrung
    jadi kesimpulannya gmn ya @ki herjuno…

  37. Hamba Allah

    hanya manusia yg bodoh yang mau bertanya dimana Allah.. jawaban untuk manusia yang bodoh sangat gampang,. di urat nadimu.. kalau masih penasaran juga .. ambil pisau dan potong urat nadi mu.. maka kamu akan bertemu Allah….

  38. Rahman a'r

    Salam kang @herjuno maaf mw tanya tentang bait al mukhadas dan wejangan sjahidan apa ada hbgn dngn tulisan njenengan di atas..? Nuwun

  39. @hamba allah…habis dipotong baexnya langsung digoreng getu ya ?

  40. derek nyimak…
    mantab.

  41. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum Sesepuh dan sedulur smua. Saya setuju dgn pndpt Ustadz Boudhitama. Allah itu ada, sblm kata Ada itu ada. Sdgkn dmn Allah? “mana”/tmpt mana pun ada dlm genggamanNYA. Tmpt/kt “mana”n di mana hny tuk makhluk. Bukankh smua ruang n waktu ada dlm genggamanNYA? Bgmn mgkn dia berada/brsemayam dlm sesuatu yg ada dlm genggamanNYA. Adapun ayat “Allah di atas Arasy”ditakwilkn dgn Allah yg mnguasai arasy. Mngenai ketuhanan ada kaidah: “Fikirknlh ciptaanNYA, jgn sekali-kali memikirkn DzatNYA, krena akan sesat,..” fikirn n logika buntu, tak dpt n Mustahil menjangkau tentang hakikatNYA. Allah tu hny “pantas” tuk diDzikirkn, sdg yg diFikirkn adalah ciptaanNYA. Adapun tntang Surga n Neraka itu sudah ada/sudah Allah sediakn sblm manusia(slain Nabi Adam) ada. Itu adlh pilihan. Bukankh N Adam dulunya tinggal di Surga?! Ada pun Tdk mgkn Pnghuni surga meminta tuk meniadakn neraka,atau prmintaan “nyeleneh”lainnya..Wallahu A’lam

  42. Sholawat

    Asslkm,@mas herjuno, y sy tau yg membedkn antra alloh yg mukmin, dgn yg lainny di muka bumi ini adlh tauhid, yg di bw dan d smpaikn nb muhammad s.a.w dan jg orang yg bertauhd adalh orng yg insaf memandng akalnya, sy jg blajr tauhd kenl pd alloh adlh dgn alloh, yakni dgn ilham dan taufiq yg di tuangkn alloh dlm ht hamba2 yg di redhoinya, maksd sy belajrlh pd guru tauhd yg benar2, bkn asal, salh arh bisa gila, wasslm

  43. Sholawat

    asslkm, gila maksd sy bnyk macam nya, mngkn bisa di kaji sendiri, wasslm

  44. udinsurantab

    @herjuno boudhitama
    .
    Alhamdulillah mas, inilah ajaran dr ulama-ulama ahlusunnah wal jama’ah. Bahwa apa yang kita “pikirkan” tentang Allah, sebenarnya bukan itu. Allah tidak ada pada tempat dan arah.
    Terima kasih mas, sy yg bodoh ini jadi bertambah ilmu ttg tauhid.

  45. Sholawat

    Asslkm, @mas ucil memang mencari alloh itu ibadah, tp carilh ibdh yg di ridhoi-NYA, bkn mencari2 yg di murkai alloh, mf sy blm pernh bertemu ALLOH, tp islm mengajari sy mngenl alloh, dgn alloh, melalu ilhm dan taufiq, meliht ciptaan alloh, dgn i’tibar, dll tdk dpt sy sebtkn semua, wasslm

  46. Sholawat

    Asslkm, @rihlah rahmatulloh, benar sekali, slm kenal dari saya, tampkny sejalur, wasslm

  47. Sholawat

    Asslkm, buat sedulur2 yg mngkn ada tersinggung, dgn comments saya, dgn hati yg merendh, dan ampunan dari alloh, sy mhn mf yg sebesar2nya, kita smua cuma membahas, mana kebenaran yg hakiki, serta menjadi tambahan ilmu bg kita semua, dan akhrnya manfaat dunia akhrt, aamiiin, wasslm

  48. Sholawat

    Asslkm, buat sedulur2 yg mngkn ada tersinggung, dgn comments saya yg msh bodoh dan msh belajar ini, dgn hati yg merendh, dan ampunan dari alloh, sy mhn mf yg sebesar2nya, kita smua cuma membahas, mana kebenaran yg hakiki, serta menjadi tambahan ilmu bg kita semua, dan akhrnya manfaat dunia akhrt, aamiiin, wasslm

  49. Arifyanto

    Dan apabila ada hambaku yang bertanya tentang aku(Alloh)”sesungguhnya AKU dekat melebihi urat nadi”(mu) so jangan khawatir sedulur Alloh tetap bersama kita soal dimana Alloh berada jangan terlalu dipikir,pikir saja amal kita yang masih sdikit ini masih ditrimakah amal-amal kita sementara prestasi akan dosa makin meningkat…

  50. roni s.w

    Akui engkau ada namun nyata yg
    tiada… Saat khilaf warnai bumi, pintu
    maaf menyebar langit. Sadar dan tegas
    nafsu menyambar, mengukung diri
    dari suci. Sisa waktu yg berkurang, tdk
    menjamin sebagai pemenang. Bagai terlihat seperti binatang… Maaf aku
    lemah..

  51. @rihlah rahmatullah…pernahkan anda mendengar bahwa kenikmatan disurga tidak spt didunia yg mungkin bisa dibilang “nyleneh” versi anda…contohnya
    1.disurga para penghuninya dikasih bidadari (katanya) yg manakala kita “berhubungan” dg nya trus stelah itu balik lagi alias perawan lagi..apa itu ga nyleneh..?
    2.bagi penghuni surga dg kualifikasi tertentu maka surganya terdapat sungai madu….trus tanaman yg buahnya dibawah tdk diatas spt kebanyakan dibumi…nyleneh juga khan ? ..stelah tak pikir2 mungkin anda yg nyleneh….he he he peace

  52. @rihlah rahmatullah…pernahkah anda mendengar bahwa kenikmatan disurga tidak spt didunia yg mungkin bisa dibilang “nyleneh” versi anda…contohnya
    1.disurga para penghuninya dikasih bidadari (katanya) yg manakala kita “berhubungan” dg nya trus stelah itu balik lagi alias perawan lagi..apa itu ga nyleneh..?
    2.bagi penghuni surga dg kualifikasi tertentu maka surganya terdapat sungai madu….trus tanaman yg buahnya dibawah tdk diatas spt kebanyakan dibumi…nyleneh juga khan ? ..stelah tak pikir2 mungkin anda yg nyleneh….he he he peace

  53. Rihlah Rahmatullah

    @Mas Sholawat: y sama2 lam kenal jg. Skli lg secara Tegas trmaktub dlm alQur’an mngenai ketuhanan ni: “Laysa Kamitslihi Syai’un” artinya “TIADA yg SERUPA dgnNYA Sesuatu Apapun”. Nah yg Serupa saja TIDAK ADA, apa lg yg menyamainya! Surga,Neraka,Arasy pun yg mrupakan makhluknya, qt bs membayangkn bgmn bentuknya,bgmn indahnya,bgmn ngerinya. Ya alam semesta ni ja tdk mgkn trjangkau hakikatnya. Pngetahuan Manusia sndri ja konon hny br 3%. Jd,klo Akal,fikiran n logika kita memikirkanNYA, maka Akal,fikiran,logika kita lgsg hancur lebur, atau akan kabur Tak sanggup bersarang lagi d kepala kita. Wallahu A’lam

  54. kironggohartono

    allahu akbar. . . .kalo boleh urun rembuk. . .alam semesta ini luas sekali semua ciptaaan allah. . .lingkup ciptaan alam smsta pasti trpengruh ruang dan waktu. . .akal qt br bs mencapai dlm lingkup ruang dan waktu ,anggap aja alam smsta ini bntang ,galaksi,planet dll adalah sebuah balon yg mengembang diluar balon itu ada apa,yg merupakan diluar ruang dan waktu

  55. Rihlah Rahmatullah

    @Aisyah adinda kita…(copas lg Bimbo hehe). Surga itu: Belum prnh mata mlhtnya,blm prnah telinga mndengarnya, dan Tak kn terlintas dlm benak/perasaan manusia. Itu hny gambaran knikmatan. Se-indah n se-Bahagia pun qt mbyngknx, pastilh tdk ada apa2nya. Mbak Aisyah Baca dong yg Jelas bin Detail koment saya, PERMINTAAN ahli Surga Tdk mgkn “Nyeleneh”. Nah klo dsana muda terus, brhubungn bdn tdk ada “bekas”nya(perawaaan trus slamax),sungai madu dll knikmatan, ITU adlh sbg Balasan yg Telah Allah sediakn. BUKAN PERMINTAAN penghuni Surga. Demikian. Wallahu A’lam

  56. kironggohartono

    jadi untuk menjawb dimana tuhan,itu sngt sulit akal mencapainya krn ciptaan allah ja yg dlm ringkup ruang dan waktu qt tdk semuanya bs menjangkaunya apalagi di luar ruang dan waktu. . .kata dimana dan kapan,adalah menunjukkan ruang dan waktu jd tdk tepat jg kalo qt brtanya tuhan dimana, krna Dia meliputi segala sesuatu,,jauh tdk brjarak dkt tdk bersentuhan. . . .allahu akbar,memikir ciptaan nya ja akal msh blm bs mencapai ,dimensi kegaiban misalnya. .apa lg sang pencipta. . .jd allah itu dimana jawban nya menurut prasangka hambanya,jelas disini byk sekali jwbn nya krn hambanya byk sekali n g usah berdebat ,yg penting dia ada dlm dirimu. . . .kpd sesepuh mhon maaf jika pemahaman saya slh sudi kiranya di ingatkan,agar saya tdk tersesat. . .

  57. @rihlah…sebagai balasan juga semua permintaan ahli surga akan dituruti…apa bisa begitu…!? Trus pada waktu rosul isra’ mikraj (rosul jg manusia) apakah tdk diperlihatkan ?!

  58. herjuno boudhitama

    Untuk sholawat.sebenarnya tulisan yang posting ini sudah diajakan oleh Rosululloh SAWW dan Imam Ali AS pun telah membahasnya saat ada salah seorang sahabat bertanya DImana Alloh? Dan jawabannya seperti yang saya posting. Ambilah ilmu dari Imam Ali AS karena dia lah pintulnya ilmu dan Rosululloh SAWW adalah kotanya ilmu. Imam Ali lah yang diajarkan rosululloh SAWW ilmu semua para nabi SAWW sehingga Imam Ali menjadi pemimpin para aulia.jadi tidak usah cari guru lain. cukup dari ahlinya saja yaitu Imam Ali dan sudah ada di kitab-kitab ahlul bait AS.(Ahlul bait adalah keluarga yang disucikan oleh Alloh swt yaitu Imam Ali As,Fatimah As.Imam Hasan As,Imam Husain As dan ketrunannya yang telah disebutkan dalam hadis – hadis. itulah aqidah Islam yang hakiki.Semua ilmu ambilah dari ahlinya dan ahlinya adalah ahlul bait As. merekalah ilmu pewaris para nabi.

  59. Mohon dijelaskan bung herjuno mengapa penulisannya selalu dg dobel W spt SAWW …MANGSUTE PIYE ?

  60. Rihlatas

    @herjuna…tdk usah mencari guru lain spt yg anda sebutkan apakah berarti apa yg tlah anda sampaikan shahih seratus persen…lha wong hadist saja katanya ada yg palsu ….dan masih menurut anda utk mencermati postingan diatas..adakah jaminan pencermatan anda dg yg laen sama ? Ato apakah pencermatan anda emang bener2 tepat ? Bisa tolong di detailkan (dibabar) pencermatan anda ?..pertanyaan yg laen menyusul..

  61. Rihlatas

    Padahal ada riwayat ..carilah ilmu sampe ke negeri cina..kalo dihubungkan se olah2 ya anda sampaikan menafikkan riwayat tsb..

  62. Rihlah Rahmatullah

    @Aisyah adinda kita..(copas lg lagu Bimbo..hehe,biar diskusix nyuantai) . Di Surga SEMUA knikmatan,kesenangn,kelezatan, keindahn n kBahagiaan Tiada bandinganx yg manusia inginkn ada, tlh Allah sediakn sbg balasan lebih bg orang2 yg mnCintaiNYA. Nah, bs dktkn MUSTAHIL dunk meminta “ssuatu di luar” Surga.misal, mminta org yg di neraka agr msuk k surga,pa lg mminta mniadakn neraka,,yg namax “meminta kpd Allah adlh brdo’a, sdgkn brdo’a adlh ibadah. Sdgkn d surga bukan tmpat n wktux ibadah atau brbuat baik kpd sesama, di sana hny tempat “menuai n menikmati” hasil yg qt tanam di dunia ni. Ada pun dlm sbuah Hadits Isra’ Mikraj, benar Rasulullah diprlihatkn Surga n Neraka. Itu hny sbg ‘ibroh/pljrn yg bgtu brmakna bg qt, qt jgn smpe mnjauhi jln surga, n mndkati jln neraka. Dmikian pnjelasanx. Mohon maaf, bila da kt2 d coment saya ni krg brkenan d hati pemirsa. Qt dsini bkn tuk brdebat, sling mnyalahkn,pa lg sling mncaci maki n mrendahkn satu sama lain. Qt dsini tuk sling brbagi,sling mngingatkn,sling mnyayangi n mndo’akn karnaNYA..”..tawaa shoubil haq, tawaa shoubissobr, tawaa shoubil marhamah..”begitu Pesan Ilahi dlm firmanNYA. Wallahu A’lam

  63. herjuno boudhitama

    untuk mas rihlatas.Ya emi Alloh seratus persen karena itu dari Imam Ali As dan tidak bertentangan dalil akal dan alqur’an. kalau berminat berdiskusi bisa datang ke Islamic Cultural Center di jln mampang prapatan. berjejeran dengan gedung repblika dan Departeman agama. Disana banyak guru yang bisa menjelaskan lebih jelas beserta kitabnya. atau ke yayasan Mulla Sadra di Citayam Depok bisa anda minta alamatnya ke Islamic Cultural Center atau hubungi saya jika berminat bediskusi masalh ini.atau anda bila kenal dengan Ust.Othman Umar Shihab LC yang sering masuk TV silahkan berdiskusi dengannya dan bawa tulisan ini padanya.

  64. herjuno boudhitama

    masalah ini silahkan diduskusikan karena menurut saya adalah pembahasan menarik. di timur tengah masalah ini pun sering untuk didiskusikan karena adalah salah satu pelajaran yang harus diserap oleh para guru yang belajar di timur tengah baik di IRan,IRak atau pun di Mesir.Saya rasa komentar saya sampai disini kalau kurang jelas bisa temu muka dengan alamat yang diatas di Silamic Cultural Center temuilah rekan dari USt.habib Othman Umar Shihab yaitu Ust.Habib Abdullah Beik,Ust.Habib Hasan Dalil dsb. Biar lebih jelas.kalau didepok hubungi Yayasan Mulla Sadra di Citayam nanti saya kasih alamat pengurusnya untuk diskusi lebih lanjut.Dengan akidah yang kuat maka INsya Alloh ibadah kita tidak akan salah. Ilmu agama perlu karena menunjang untuk ilmu – ilmu yang sifatnya supranatural.maaf- maaf kata bila ada kata yang tidak berkenan.saya sangat suka dengan komentar – komentar yang ada itulah yang dicari pendapat -pendapat yang berbeda karena menjadi bahan diskusi.syukron katsiron.Wss

  65. Rihlah Rahmatullah

    Yuuk qt brdo’a dgn Do’a sbb: “Allahumma arinal haqqa haqqon warzuqnattiba’ah, wa arinal batila batilan warzuqnajtinaabah” “Allah, perlihatknlh kpd kami yg Benar itu Benar. Dan Anugrahknlh kpd kami rezeki (kekuatan) utk mengikutinya. Jg Perlihatkn kpd kami yg Salah itu Salah, dan anugrahknlh kpd kami rezeki (kekuatan) utk menjauhinya. Amienn.

  66. Rihlatas

    Pada awalnya kita bertemu di kwa…dan diposting di kwa artikelnya..mengapa harus didiskusikan diluar kwa ? Aneh bukan ?..saudara rihlah sodara herjuna dan siapa saja yg ada di kwa..janganlah kita termakan doktrin kalimat spt ini
    “janganlah kita berdebat dan semacamnya krn secara tidak langsung anda se akan memvonis seseorg utk berdebat dan se olah anda tahu isi hati org tsb…sadarilah hal hal semacam itu yg sering membuat keilmuan terhenti alias mandheg tdk terselaikan…bersyukurlah jika pendapat kita ditimpali oleh org laen krn stidaknya bisa melengkapi referensi anda..syukurlah jikam mencapai kesempurnaan..ibarat situs yg anda buat didalamnya terdapat bugs (celah) dan ditunjukan oleh org laen…maka harusnya kita berterima kasih bisa menutupnya dan kemudian ditunjukkan lg bugs oleh org yg laen lg..stelah sebulumnya kita anggap sempurna..maka kita berkesempatan menutupnya lagi meski dalam menutup bugs tsb tdk selamanya mudah…maka niatilah diskusi sebagai pembelajaran utk memperoleh rahmat atas segala perbedaan ..hilangkanlah sikap merasa benar sendiri karena akan menghalangi anda mencapai kebenaran sejati…salam rahayu

  67. Bocah lawu

    Assalamu’alaikum
    salam salim utk sedulur semua… Artikel dr mas @Herjuno bgs…
    Alangkah baiknya mslh Alloh dm keberadaanNYA tdk dijadikan selisih paham.. Itu tdk akan habis utk dibahas. Membahas hal diatas ibarat mengupas bawang merah yg berlapis lapis. Bukankah lebih baik memikirkan, merenungi, mensyukuri seluruh apa yg telah Alloh ciptakan utk kita sbg seorang anak manusia yg py kesempurnaan.. krn diberikan akal oleh Alloh.
    Maqom yg diberikan Alloh kpd hambaNYA itu tdk sama.. Dgn merenungi dan mensyukuri nikmat.. Yg telah Alloh berikan insyaAlloh akan menemukan jawaban yg kita cari… Maaf klo tdk berkenan.

  68. Roy

    Diskusi ini adl salah satu jalan stidaknya utk mengenal allah..mengapa harus dihentikan ? Silakan lanjutkan…hidup mati kita utk allah khan ?

  69. Cungkring Cerbon

    Diatas dikatakn (sprti melarang) berdoa menengadahkan tangan dan kepala salah…..BERARTI 1 AYAT DALAM QURAN HARUS DIHAPUS (LUPA AYATNYA MAKLUM DAH BERUBAN…HEHEHE) yg inti artinya “tengadakan tangan dan wajahmu serta lembutkanlah suaramu….”……Awal agama adl mengenal-Nya mungkin relevan dg Ayat yg pertama kali turun d gua hiro’ Iqro’ Bismirobbikal ladzi Kholaq……Siapa yg mengenal dirinya berarti mengenal Tuhannya

  70. hermansyah

    ass.salam rahayu tuk semuanya.NYIMAK AJA SAMBIL MERENUNG.

  71. Srimulat

    Bagaimana kalo pihak islamic center cultural yg masuk kwa utk memfollow up..saya rasa akan lebih fair..

  72. Mencurigakan

    Kayaknya mencurigakan nih,mulai dari penulisan SAW mjd SAWW trus demi allah jadi emi allah…

  73. Lulus.t.k

    Artikelx m’bingungkan..mrd kwa itu bragam..klo yg dh srjana mgkn fhm..klo yg msh t.k spt sy itu tmbh bingung..klo bdo’a g bleh mngadah k lngit trs gmn..tr sholat yg bnr gmn’ ..
    Mf..ki wongalus klo artikel yg bs menuju k arah hakikat ma’rifat sbaikx jgn di posting..krn dsni msh ada mrd yg blm wktx spt sy..nnti mlh slh jln klo g da guru pmbimbing..mf skdr srn..

  74. Hamba Allah

    Sibuk nyari di mana Allah… emang kalo udh ketemu mau ngapain???!!!!!! Emang berani ketemu Allah padahal kamu pura2 menyembah Allah sebetulnya kamu bersekutu dengan syaitan?!!!!!!!!!!!!!!! kalau mau ketemu Allah kamu langkahi dulu Nerakanya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  75. TUHAN YANG MAHA BINGUNG

    udah lama gw pengen ngoment ,, tp gw bingung apa yg harus dikoment ?!?!?!?
    udah lama gw pengen nanya ,, tp gw bingung apa yg harus ditanyakan ??!!?!?
    gw bingung pengen nanya ttg TUHAN tp gw bingung ttg apa TUHANNYA yg harus dtentangkan ,, bingung gw apa mau TUHAN pd apa yg tlah DIA ciptakan ,, bingung gw apa TUHAN gk ada kerjaan ,, bingung gw atas kompetisi kehidupan yg TUHAN perintahkan ,, bingung gw ngliat TUHAN yg slalu diperbincangkan ,, bingung lg gw ngeliat orang yg gak berTUHAN ,, TUHAN bingungkah Engkau melihat kebingungan orang2 yg bingung ,, apa bingungku ini karna aku blum mengerti ttg TUHAN ,, sungguh TUHAN itu membingungkan ……..

  76. sok tau lo dari mana elu tau hadis itu palsu.
    Allah itu maha tinggi, jadi mana mungkin akal manusia mampu mencapainya. Allah ada diatas langit ke7. Sedangkan sidorotil muntaha hanya persinggahan para malaikat yg turun kebumi untuk laporan pada ALLAH, JADI MALAIKAT ITU TIAP PAGI DAN SORE HILIR MUDIK MENYAMPAIKAN CATATAN AMAL MANUSIA. Kita harus meyakini tiap seper3 mlm turun dilangit pertama. Ente tu kaji dulu hadisnya dengan guru2 yg bisa dipercaya. Jangan bahas sama orang yg cuma mengandalkan akal. Terus jadi akal2an

  77. Jngnlh kt mrs bnr sndr krn kbnrn adalah mutlak mlk allah

  78. ratu

    gimana mas herjuno, kok tidak diselesaikan aja artikel diatas, misalnya, siapa/apa Allah SWT, maka terjawab dimana dia. kalo pendapat gue gini mas her, kita tidak tau sama sekali, apa itu, dimana itu, bagaimana itu Allah.

  79. zekkiputra

    jawabannya gampang. ALLAH SWT sudah menjawab dalam Alquran. ” jika hambaku bertanya tentang aku. katakanlah(hai muhamad) sesungguhnya aku dekat, dan aku meengabulkan do’a orang yang meminta padaku maka hendaklah mereka melaksanakan perintahku”
    ALLAH itu lebih dekat kepada ciptaanya. dan sangat menyayangi ciptaannya meskipun mereka ingkar.
    kemudian didalam surat al iklash ALLAH SWT berfirman bismillahirrahmanirrahim. katakanlah. ALLAH itu satu(1) ALLAH tempat bergantung (2) tidak beranak dan tidak diperanakan (3) dan tidak menyerupai segala apapun.
    dari surat ini sudah bisa kita pahami bahwa ALLAH itu satu tidak berdua bertiga dan sebagainya. dialah tempat bergantung, memberi rezeki kepada ciptaanya. tidak beranak dan tidak diperanakan. sungguh aneh jika tuhan yang maha kuasa itu ada memiliki anak apalagi diperanakan karena dia lah yang menciptakan ketentuan atas apa yang ada di bumi dan langit (sunnatullah seperti ada siang atau malam, laki-laki dan wanita planet ,bumi berputar .termasuk adanya anak dan ada orang yang menganakan itu adalah sunatullah).dan ALLAH tidak menyerupai segala sesuatupun. dari ayat ini bisa kita pahami ALLAH tidak menyerupai ciptaannya. seperti si David punya rumah lau tinggal dirumah tersebut maka tidak bisa kita bayangkan ALLAH itu buat rumah di langit lalu diam disitudan ngaso disitu. karena ALLAH itu tidak menyerupai makluhknya. atau ALLAH bersemayam di ARSYI yang tinggi lalu kita bayangkan jika ALLAH itu bertengger diatas Arsy yang tinggi seperti burung. tidak seperti itu karena ALLAH itu tidak menyerupai makluhknya dan apa yang dibayankan makluhknya.
    lalu seperti apakah kita akan melihat ALLAH di surga. iya karena ini merupakan nikmat tertinggi, (pada masa nabi Yusuf wanita-wanita bangsawan tidak meraskan tangannya teriris memandang wajah nabi Yusuf apalagi melihat ALLAH SWT sang pencipta nabi Yusuf.)
    lalu bagaimana kita menyikapi ini Rasulullah telah bersabda” jangan kau pikirkan zat ALLAH lkarena sekali-kali tidak sanggup kau memikirkannya, tapi pikirkanlah ciptaanya ”
    akal manusia tidak akan sanggup menjangkau hal demikian karena ada batasannya tapi dengan memikirkan ciptaannya maka kita akan memehami ALLAH tersebut.
    wasalam.

  80. Dicka

    Memperoleh kebenaran tidak hanya monopoli para rosul saja..juga bukan para ulama sama…pun bukan monopoli orang2 arab timur tengah..apalagi org 2 yg sering tampil di televisi..bahkan pemilik tv…tdk juga monopoli label2 yg berbau islamic…para pengunjung dan pemilik blog tentunya juga berhak….allah maha kuasa menciptakan manusia yg paling sempurna…namun tidak disyariatkan/diberitahukan….silakan mengutaran apa2 saja yg membangun yg bisa smakin menambah keimanan kita okay ?

  81. faisal arsawirja

    pada sibuk…..semua…

    salam buat semua…..perkiraan cuaca Bali agak mendung.

  82. nagakuning31

    Allah robunna itu memang ada diatas arasy berelepas diri perkataan Allah ada dimana mana semoga Allah menjaga hati kita berbicara yang tidak kita ketahui ilmunya sabar atas perkara ini lebih baik dari pada bicara biar Allah saja yang menentukan dimana dia berada sedang kita cukup mengimani saja karana ayat yang mutasayabih lebih baik kita diam karna lebih selamat didalamnya

  83. UTARA

    memperdebatkan dimana ALLOH ? jadi pengen tau nih siapa yg tau dimana ALLOH?….jangan muluk2lah lebih baik tanya dulu ,pahami dulu siapa diri kita…?
    seumur hiduppun gak bakal kelar memahami diri sendiri…
    cukuplah INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJIUN.

  84. bonar

    wa wa wah seru niiiih lama gak mampir di kwa….assalamualaikum..all para alim ulama di kwa …..sangat lh dlm artikel di atas” AWALUN WAJIBIN ALAL INSANI MAKRIFATU BILLAHI BISTIKONi’ turut ikut urun rembuk nih…? dalam mendalami ilmu ketauhitan alangkah baik nya kalau kita mendalami dulu hal2 yg menyangkut masalah asma alloh dan sifat2 alloh termasuk sifat wajib nya sifat mokhal nya dan sifat wenang nya alloh.karna dalam ilmu tauhid harus mengenal dan meyakini akan zhatulloh dan sifatulloh secara haqulyakin,ainul yakin…dalam islam kita mengenal “sariat’ “tarekot” “hakikat” “makrifat” kalau ada pertanyaan “dimana” “kapan ketemu” “seperti apa” alloh itu? harus medalami dulu jalan “4” itu insyaalloh bila alloh menghendaki kita akan ketemukan jawaban nya. itu lah urun rembuk dari yg bodoh ini bila tidak berkenan di hati poro alim ulama di kwa ini mohon maaf yg sebesar2 nya…maasalam”””””

  85. Rihlah Rahmatullah

    Nikmat trtinggi di Surga nanti adlh melihat Allah. Tp, jgn byngkn bhwa Allah tu ada di Surga. Kita di Bumi dpt melihat Matahari yg bgtu besar,,hmm lalu apa hrz kita simpulkn bhwa matahari berada d bumi? Matahari lbh kcil dr bumi? Tentu TiDAK kn. Tuk mslh Tauhid ni, silahkn kaji sifat 20 dan Tafsir Al Asmaul Husna. Jgn trlalu Dalam dlm mbhs tauhid ni, bisa tenggelam dlm lautan kbingungn n kraguan yg tramat sangat. “Laysa kamitslihi Syai’un” dan Innahu ‘ala kulli sya’in qodiir..

  86. tepuk pramuka

    utk @mas herjuno yah silahkan berpendapat dan berdiskusi karena dengan mempercayai bahwa Alloh menguasai hari pembalasan dan kita dihadapkan Alloh di mahsyar itu yang saya percayai karena artikel diatas judulnya itu ya saya ikut bersama ngaji, soal dimana siapa yang bisa jawab dan buktikan wong ya kita manusia biasa pada belum bertemu beda dengan Rosulluloh atau nabi Musa as yang dikatakan tidak kuasa melihatNya hanya mendengar suaraNya

    untuk @ratu menurut guru maya-ku pendapatnya :
    siapakah…..Alloh termaktub dalam basmalah.
    Apakah……Alloh termaktub dalam lailaha illalloh.
    Dimanakah…..Alloh termaktub dalam surah al-fatikhah.
    Bagaimanakah……Alloh termaktub dalam hauqolah

    siapakah Alloh : Alloh adalah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
    apakah Alloh : Alloh adalah tiada tuhan selain Alloh
    dimanakah Alloh : akan ketemu nanti di hari pembalasan
    bagaimanakah Alloh : ketahuilah bahwa semua pertolongan datangnya dari Alloh

  87. sapto

    Assalamualaikum wr. wb.

    Allah ada di mana?
    Allah ada di KESADARAN ciptaan-Nya……
    SAAT SESEORANG ATAU SESUATU MENYADARI BAHWA DIRINYA ADALAH CIPTAAN ATAU MAKHLUK, MAKA DI SITULAH ALLAH ADA…..

  88. reynaldi_tukul_katrok

    nyimak aja…………
    no coment………….

  89. faisal arsawirja

    seruuuuuuuuu…..saya gak ngertii….
    shalat aja saya lom beres….
    rukun iman aja kurang faham…
    rukun islam aja lom tercapai….
    al quran aja lom tau yang mana..???

    “tajali”

  90. cahpinggirkali

    absen

  91. sudiawijaya

    Saya programmer komputer jadi berpendapat begini saja, Jika setiap mahluk Allah SWT memiliki IP Adress seperti komputer, tentunya seluruh alam semesta dan isinya dari yang terkecil sampai terbesar, terlihat dan tidak terlihat, berbentuk atau tidak berbentuk. tentunya Allah akan mengetahui setiap gerak, kata atau apa yang dipikirkan mahluknya. Teknologi Allah SWT yang mampu mengetahui semua hal di alam semesta ini adalah hanya Allah SWT yang mampu melakukannya. intinya bila itu ciptaanNya mesti ada ip adressnya sehingga gerak kata dan apa yang dipikirkan mesti Allah SWT tau. bila manusia ingin tau dimana Allah SWT sebaiknya cari tau dahulu ip address sendiri. bila ipnya sudah ketemu yang bisa kita lakukan hanya terus melakukan ping id agar Server merespon. cara melakukan ping adalah dengan menjadi manusia yang diinginkan Allah SWT.

  92. Si Bandel

    Sepakat dg dulur zekkiputra, rihlah rahmatullah dll. satu pertanyaan utk ust Herjuno: menurut anda nikah mut’ah haram ato halalkah? dg demikian saya tahu mazhab apa yg ust Herjuno ikuti … mohon maaf all bolowongalus.

  93. assalamualaikum

  94. khabib nur ali assegaf

    yang di tanya tak lebh tau dri yg bertanya.siapa yg kenal dirinya knp di ciptakan.pasti akn kenal yg menciptakn.tak perlu tau tmpt tinggalNYA,WUJUDNYA.yg perlu tau untk apa kt di ciptakn.salam kenal tuk smua.

  95. Baco Puraga

    Subhanallahu walhamdulillahi wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar
    Allahu Ahad.. Allahu Shomad.. Allahu Subbuhum Budduhum Quddusum
    Allahu Nurussamawati wal ardhi wa man fiihinna… Subhanallah..
    ———————
    Maha Suci Engkau ya Rabb… KalamMu Haq, KehendakMu Haq, Al Qur’an Haq, Muhammad Haq… KuasaMu Haq… CintaMu Haq…
    Benarlah yg disabdakan Rasulullah SAW:
    “Perbedaan adalah Rahmat”… (note: Rahmat bagi Yang Menenal Allah)
    benar pula sabda RasulMu Yaa Rabb :
    “Awaluddin Ma’rifatun”…… (note: yg Engkau Ridhoi & Cintai Yaa Rabb)
    —————-
    Terjadi perbedaan adalah lumrah dalam hidup ini, ada PRO ada KONTRA, sebagaimana ada SIANG ada MALAM, ada SALAH ada BENAR, ada HITAM ada PUTIH, ada LAPAR ada KENYANG, ada SAKIT ada SEHAT, ada LAHIR ada BATIN, ada yg AWAL ada yg AKHIR…. dan masih banyak tanda2 yg Allah sediakan tuk hamba-hambaNya yg Ikhlas, Sabar, Tawakkal & Istiqamah tuk MENGENAL Allah secara SADAR (dlm kondisi hidup di dunia, belon mati)….

    Awal Agama (Islam) adalah Makrifat (MENGENAL)…..
    dlm Hadits Qudsy Allah berfirman: “…. Aku lebih dekat dari urat lehermu sendiri”
    Rasulullah SAW bersabda: “man arafa nafsahu fakaq arafa rabbahu” (siapa yg tak kenal dirinya, maka dia tidak akan mengenal Rabbnya)…
    Sangat jelas….. Tuk mengenal Allah harus mengenal diri…. Subhanallah….
    —————————————————-
    lalu… Allah berada di mana ??????
    —————————————————–
    udah dijawab oleh Ki Herjuno….. sangat jelas… tinggal kita memahaminya saja…

    @Ki Herjuno…. salam kenal… dilanjutkan aja…. mantaps…
    @Ki WongAlus… & para sesepuh… mohon maaf.. hanya ingin gambarkan uneg2 setelah baca2 koment2 sedulur2 di sini…. maafkan saya….

  96. Baco Puraga

    ada hadits Qudsy, tolong dishare:
    Allah berfirman: “..Aku berdasarkan persangkaan hambaKU….”
    ———–
    permasalahannya…. apa kita semua bisa… ????
    Lalu PERSANGKAAN yg Gimana yang dimaksud …???
    lalu HAMBA ALLAH yg Mana yg dimaksud…. ???

    Salam hormatku selalu…… buat seluruh warga & sesepuh KWA….
    semoga Allah selalu merindhoi jalan Cinta Ilahi yg telah ditempuh di KWA ini…
    Wassalam

  97. Si Bandel

    Satu hal yg saya sepakati dari ust Herjuno, bhw ilmu kalam/tauhid benar akan membawa fiqh yg benar. Pertanyaan saya kpd ust Herjuno seberapa tinggi derajat dlm Islam ant Abu Bakar, Umar, Utsman, ‘Aisyah, Zaid bin Tsabit dibandingkan dg Imam Ali KW? ini melanjutkan pertanyaan saya di atas. Salam menjura.

  98. HAI-HAI-HAI
    JIWA-JIWA-JIWA
    Y A N G
    TENANG,TENANG,TENANG
    KEMBALILAH,KEMBALILAH,KEMBALILAH
    KE
    PADA
    KU

    …….=======================………

  99. @baco…penjelasan yg bagus meski masih tetap mengambang….artikel diatas mrpkn salah satu cara mengenal allah yg tetap tdk mutlak kebenarannya…masih byk jalan laen sebagaimana agama…budaya…adat istiadat dan laen sebagainya..rahayu

  100. @ sibandel…
    tinggi dengan meter
    suhu dengan celcius dan farenheit
    bulatan dengan busur dari 0 s/d 360
    nahlo jadi IPA…NIH ???????

  101. Si Bandel

    @DOSA DAN PAHALA:terus terang aja aku ngeliatnya, ust Herjuno maw bawa faham Syi’ah di blog ini.aku sih gak pa2, asal tdk membingungkan sedolor2 di sini yg bermacam latar belakang.aku menghormati tiap perbedaan faham asalkan tdk merasa dirinya paling benar dan orang lain salah. salam menjura.

  102. @ si Bandel…aku lebih menjura kepadamu….salam

  103. Cah Sabrang

    Salam persahabatan seluruh KWA,sebelumnya saya mohon maaf kalau pembabaran ini kurang berkenan dihati seluruh anggota KWA.
    Bilamana kita membahas dimana Allah SWT? tidak akan habis-habisnya. Perlu diingat kembali bahwa seluruh ilmu yang ada dipermukaan bumi ibarat setetes air dibandingkan air yang ada dilautan. Hanya orang yang beriman yang telah diberikan hidayah oleh Allah SWT untuk mengetahuiNya.
    Allah SWT telah wanti-wanti dalam Al-Qur’an bahwa yang Ghaib itu urusan Allah. Manusia diberikan ilmu tentang hal yang Ghaib hanya sedikit. Untuk itu marilah seluruh sedulur KWA jangan memperuncing keadaan untuk mencari Dimana Allah SWT? Bilamana keadaan terus dilakukan, saya khawatir apa yang dipesan Nabi Muhammad SAW cepat bahwa umat islam diakhir jaman akan terpecah menjadi … aliran (maaf para ahli Hadis yang tahu) . Dan akan turun Nabi Isa untuk membenarkan satu aliran saja yang benar dari banyaknya aliran. Dan pada akhirnya Nabi Muhammad SAW juga berpesan kalau ingin selamat dunia dan akherat berpeganglah Alqur’an dan Hadis. Jauhi berprasangka bahwa dengan mengetahui Allah SWT akan selamat dunia dan akherat.

  104. @cah sebrang…kalo dibahas aja tidak akan habis apalagi kalo tdk dibahas ? Bisa2 jamur ntar malah lbh susah ngabisinnya…ilmu kita memang bagai setetes air dilautan ..apa itu artinya mentah spt itu trus tdk berbuat apa2 ? Justru kalo sdh dikasih tau spt seharusnya kita lbh terpacu utk membuktikannya….utk lbh mempelajarinya….saya malah pengen tuk segera bertemu nabi isa dan nabi yg laen……

  105. Cah Sabrang

    @Cah sebrang lor, untuk membuktikan akan adanya Allah SWT, buka kembali Alqu’an mengenai keinginan Nabi Musa bisa bertemu langsung dengan Allah SWT, Kemudian Allah SWT hanya memperlihatkan NurNya dapat berakibat Bukit Turzina hancur, bagaimana kalau Allah menunjukkan wajahNya?

  106. gus santri

    Nderek menyimak dan absen..
    Menjura dalam kepada Para Sedulurku KWA..
    Ya Allah.. bimbinglah kami ke jalan-Mu yang lurus.. amiin.

  107. yoko

    mohon maaf sy numpang nimbrung, kalau sy berpendapat tntng yg dismpkn di ats, jwbny itu mbuh aku ora weruh/kosong/tidak terjangkau oleh akal pikiran manusia , mhon maaf mungkin pndpt ini slh, salam kenal, semoga Allah mmbrkahi kita semua amin.

  108. oh gus santri mengapa hanya sampai dijalan saja….mau jadi dijalan,tukang cendol,pedagang kaki lima……….gus,gus,gus kapan jadi santri kalo dijalan terus……hikhikhik

  109. cah sabrang @ mengapa bilan kagak habis ???? kalo ygbahas dah pada mati pasti habis toh ?????????heheheheh

  110. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum absent Siang..@Si Bandel: lam kenal,,klo blh sy kn mncb mnjwb prtanyaan2 anda,y minimal sbg bhn prbndingan. Nikah mut’ah(kontrak) adlh haram,krna jauh dr tujuan Nikah tu sndri. Nikah adlh Ibadah,n Sunnah Rasulullah. Tp, Nikah Mut’ah tu lbih Baik drpd brzina. Adapun smua shbt Nabi adlh utama, trutama Khalifah yg 4. Dan stiap Khalifah tsb mpunyai klebihn n kkurangn msing2, tdk ada kata khalifah yg satu lbh mulia dr khalifah yg lain,,pa lg smpe mninggikn khalifah yg satu n merendahkn khalifah yg lain..Sama dgn qt jg dsini, punya kLebihn n kKurangn msing2,,mk hal yg wajar jk trjdi prbedaan pndpt,,tntux slama prbedaan pndpt itu brdasar ilmu disertai krendahan hati n jiwa besar/lapang dada…inilah sbuah pembelajaran yg brmakna..

  111. TUHAN,TUHAN,TUHAN,TUHAN,TUHAN….ENGKAU YANG MENCIPTAKAN LANGIT ALAM HALUS HINGGA LANGIT ALAM KASAR BESERTA SELURUH ISINYA,
    ENGKAULAH YG MELINGKUPINYA DENGAN QURSY…AKU KHALIFAHMU KAU TITIPKAN TIUPAN GERAK KUASAMU PADA ADAM DAN KETURUNANNYA,TUHAN ENGKAU MENJANGKAUKU TETAPI AKU TAKKAN DAPAT MENJANGKAU”MU”,TANPA KAU YANG MELAKUKANNYA. AKU HANYA KAU BERI KEHENDAK,KUARAHKAN KEHENDAKKU HANYA TERTUJU KEPADAMU WAHAI TUHAN…………………
    TUHAN,TUHAN,TUHAN,TUHAN,TUHAN……..ENGKAU BERADA SESUAI DENGAN KEHENDAKMU SENDIRI………

  112. David

    @cah sebrang….apakah kita harus takut hancur ?! Apalagi hancur oleh penciptanya sendiri…sdh pasti ga masalah khan ? Lalu apa masalahnya ? …bukankah semuanya toh akhirnya hancur juga meski ga ketemu allah..coba pikir lg….jgn berpikir ato mengacu dg yg bersifat mundur…siapa tau dg smakin kuatnya niat dan tekad kita ..allah mengijinkan dan memberi jalan laen yg lbh baex dari nabi musa….dan yg laen2 nya…gimana ? Apa masih mau membatasi dan menutup “jalan” anda sendiri….bukankah kita sedang berlombo2 dalam kebaikan dan takwa…..?1!?

  113. Dian khusniyati

    @cah sebrang getu dong jangan membatasi jalan pikiran kita sendiri masa ga sadar sie…kita khan belum tau masa ga dicoba sie…bersyukurlah kalo mengetahui suatu pengalaman dari siapapun…termasuk dari para nabi..rosul..malaekat kek…binatang kek ..mau pengemis kek…smuanya mahluk allah….nah seharusnya bagaimana kita mengupayakan yg lebih baex dari semua pengalaman yg tlah kita dengar/ketahui…kebenaran yg hakiki mutlak milik allah kuq…bukan hanya simbol2 islamic saja…..lha wong anjing aja masuk surga bukan org muslim aja……

  114. Dian khusniyati

    @rihlah….slalulah berprasangka baex sbg contoh rekan2 dan sedulur2 yg berkoment disini juga berlandas ilmu…jgn skali kali menvonis…ato berpikir sepihak..

  115. Joko bodo

    @cah sebrang..anda ini aneh2 saja…utk menghancurkan sebuah bukit itu gampang di jaman sekarang….ga perlu allah …anak2 kecil pun bisa….kasih dia dinamit yg byk….trus silakan cari target bukit yg lebih besar dari bukit tursina….lihat tuh amerika dia bahkan ga menampakkan diri ..tapi tinggal tekan satu tombol sudah hancur tuh…kota misrata libya….blm lagi cadangan nuklir yg tersimpan di satelit2 mereka…sewaktu waktu diaktifkan dan di arahkan kesekitar anda gimana…open mind

  116. aguskentus

    @joko bodo nyuwun sewu nopo jenengan paranormal yang sering tampil di tv untuk semua sedulur bolo wong alus tetep menjaga silaturahma paseduluran

  117. ki kusuma

    sebaiknya kita lbh memahami dan mencermati alqur’an….apa bener bukit tursina hancur gara2 nur allah..bukan disebabkan oleh hal laen misal kehendak allah getu..kalo menyimpulkan bukit tursina hancur oleh nur allah..malah kita bisa dianggap menghina/meremehkan allah krn mengapa hanya bukit tursina yg hancur..bukan alam semesta ato yg pengen bertemu dg DIA aja yg hancur…dan se olah2 kita menyimpulkan bahwa kemampuan nur allah hanya sebatas menghancurkan bukit tursina…apa ini namanya bukan cara berpikir yg blunder tur keblinger @cah sabrang..ki herjuna..ki baco…ki rihlah ?

  118. joko bodo

    @aguskentus…enggaxlah aku iki luwih bodo maneh…

  119. asalamualaikum saudara2 sekalian
    mohon maaf saya bukan ingin
    mencampuri urusan2 sodara2 tapi saya
    merasa punya hak untuk komentar karna
    tuhan saya juga allah, dan
    mohon maaf kepada para sesepuh terutama yang
    punya blog kwa ini saya hanya mau ikut menjalin persaudaraan dengan
    anda2 semua,

    mengenai pertanyaan di atas (DI MANA ALLAH)
    jika petanyaan itu menimpa kepada saya
    maka saya akan menjawab allah itu ya (AKU)
    ALLAH itu (TIADA)
    tiada di kanan tiada di kiri
    tiada di depan tiada di belakang
    tiada di atas tiada di bawah
    tiada di samping tiada di dalam betapa akan tiada dia
    nah di situlah allah jika mau mencarinya atau ingin mengenalnya
    di situ dia di (tiada) itu
    maka dari ketiadaan itu dan atas kehendaknya dia
    menciptakan (keadaan) dari (ketiadaan)
    nah dari (ketiadaan) dan (keadaan)
    bersatu maka wujudlah (ada) yang sempurnah, yang jelas dan kelihatan
    nyata di hadapan mata telanjang kita,,,,,

    berbicara tentang allah pasti berbicara juga tentang agama
    dan juga tentang ilmu tetang al-quran dan tauhid
    dan juga makrifat……… hemmmmmmmm
    mengenai ayat ini (awaliduni makrifatulah)
    awal agama mengenal allah
    ada yang berpendapat begini kita harus menempuh
    jalan makrifat dulu baru menempuh jalan syari,at
    sedangkan di dalam al-qur,an lebih banyak menerangkan
    tentang syari,at dan amal2 dll nah mari kita mengupas
    lebih dalam lagi kenapa rasul saw, lebih banyak menerangkan
    amal ketimbang ilmu di dalam surat2 kitab al-quran
    karna jika dia menyuratkan tentang ilmu dan rahasia
    di dalam al-quran maka sebasar lautan pun tinta yng di gunakan
    atau seluruh jagad di jadikan kertasnya itu tidak akan bisa menuliskannya
    tidak akan pernah habis, coba anda baca al-quran 30 jus dan teliti artinya
    kita tetap menemukan sebuah jawaban yang mendorong
    kita kepada al-qur,an yang sesunggunya subhanallah saya takut menjelaskan
    sebenarnya, karna kita semua adalah bagian dari isi kitab allah
    yang benar2 nyata, saudara2 sekalian ingat jika anda ingin mengenal
    allah kenali diri anda sendiri,
    mohon maaf saya tidak akan melanjutkan percakapan ini karenah
    keburu ngantuk mohon maaf bila saya ada sala2 kata
    and jangan mencari allah dengan nalar
    kenalilah allah dengan nurani …….dan izin pamit wasalam……

  120. diandra

    @arifin….penjelasan yg kurang semangat dan terkesan mematikan semangat spirit utk lebih memahami….org2 yg di level anda mungkin wajar menyampaikan spt yg anda katakan…tp bagaimana kalo org2 yg se level anda ingin tahu lbh (ingat anda tdk sendirian) …ato apakah pengetahuan tentang allah cukup terhenti spt cakupan yg anda miliki….anda tdk ingin lbh mengetahui…diantaranya via forum spt ini…mungkin sewaktu kecil anda blm tahu sama skali tentang allah..lalu tambah usia tambah tahu…tambah usia lagi smoga tambah lbh tahu demikian seterusnya hingga usia yg sekarang ini …nah sampe usia yg skrg apakah pengetahun/keilmuan anda sdh cukup..sudah selesai ? Tdk ingin tahu lbh dari yg skrg ? Kalo anda tahu ilmu tdk akan habis apa berarti tdk boleh dibahas ? Dibahas aja ga habis apalagi kalo di tutup…aneh

  121. tepuk pramuka

    mohon izin bib salim al-hafi/a.k.bib akhmad roi , aku ikut ngaji di lapak ini dengan membuka sirr dari tausiyahmu kalo salah mohon dikoreksi tapi bila gak berkenan aku mohon kiWA hapus 2 comen saya diatas nuwun

  122. panjul

    iya tuch si arifin aneh markoneh..kalo ga cukup tinta seluas samudra..ya pake (AKU) yg anda maksud…..coba liat televisi meski hanya 14 inch (skrg yg di hp malah cuman 3 inch) …itu muat semua khan…jangankan mobil..motor ..rumah…lha wong bumi ..jagadraya masuk semua….jangan aneh2 ach..

  123. Palui

    Ikut duduk
    disini

  124. saiful

    mau tau jawabannya ALLAH ITU ADA DIMANA…?..ALLAH ad dimana2 dan bisa kemana2…Allah ad dan dekat pabila semua perintahnya djalanin dan larangannya dijauhin…seperti amal2 sholeh..sholat..zakat.sodaqoh..memberi santunan fakir miskin menafkahi janda2 miskin..snsk ystim dan paitu..bersilaturahim pada sesam manusia dan muslim…itulah gambaran akalnya dan syariatnya klo gambaran ghoibnya hanya Allah yg tahu..krn semua ghoib itu urusan Allah..kita hanya wajib percaya dan yakin…ciptaan Allah sebangsa jin dan iblis dan malaikat. aj kita gak tau …bentuk dan wujudnya….dijelaskan bahwa jin dan iblis dari api malaikat dari cahaya itupun bisa berubah wujud jadi manusia…berpikir ad batas2nya klo gak ad batasnya bisa tersesat dan gila ato nyleneh…hehhehe”’

  125. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum absent mlm. Hmm makin seru makin asyik,makin tambah ilmu n mkin tambah guru jg mkin tambah saudara n mkin tambah shbt ni d KWA. @Khusniyati: Makacieh y Teteh ats nasehat n kritiknya, saya terima dgn lapang sepak bola,,eh dgn lapang dada n senang hti..hehe sbnrx siapa yg buruk sangka/mvonis tak brlandaskn ilmu dsni,, Teteh bc atwuh komentx yg dettil. Bukankh Teteh telah “sok”tau shg mnyangka bhwa sy buruk sngka pd shbt2 n guru2 sy dsini?? Emg Teteh tau sy buruk sangka/mnyangka/mvonis bhw yg coment dsni tdk brlandaskn ilmu dsni?? Terus terang, saya brSyukr bgt pd Allah krna tlh mbw sy k Blog KWA ni. Di sini sy dpt inspirasi n motivasi Spiritual yg bgtu mnyejukkn. Jg yg tak kalah pentingnya Sy dpt ilmu, guru2 n shbt2 bru yg brgelut sm spiritual. Ki Wong Alus (Al Habib Muhammad Wildan), Ki Ageng Mantyasih, jg Semua pini sepuh adlh Guru saya…insya Allah, mdh2n sy pngen ktemu/silaturahim lgsg dgn sesepuh jg sedulur smua bolo wong Alus. Saya Yakin blog KWA ni mrupakn amal shaleh krna sbg wahana perekat silaturrahim, jg penebar ilmu2 Spiritual. Smg Allah membalas kbaikn antum semua dgn yg lbih Baik, lbh banyak nan Indah…

  126. Rihlah Rahmatullah

    @Ki Kusuma: salam takzim ki. Waah jgn trlalu dini jk Panjenengan manggil sy “Ki”. Hehe sy msh bau kencur, ibaratx ank kmrn sore Ki. Usia sy ja di bwh 25th. Blm Nikah lg. Minta Do’anya y Ki, jg kpd pinisepuh n sedulur smua, sudilah kiranya mndo’akn sy agr sy sgera Menikah dgn istri yg sholehah,jg smg sy mndptkn rezeki yg lbh bnyk n pnuh brkah..tambahan lg(nymbung tntang sbutan Ki), di daerah tatar Sunda(khususx Sukabumi,kbtln sy asli n tinggal d Sukabumi) sbutan Ki tu tuk Kakek-Kakek. “Ki” tu artix “Kek/Kakek”. Pokokx Makasieh n Hatur Nuhun pisan kanggo sadayana. Jazakumullahu khoyron Katsiron..

  127. Rihlah Rahmatullah

    @Ki Kusuma: salam takzim ki. Waah trlalu dini jk Panjenengan manggil sy “Ki”. Hehe sy msh bau kencur, ibaratx ank kmrn sore Ki. Usia sy ja di bwh 25th. Blm Nikah lg. Minta Do’anya y Ki, jg kpd pinisepuh n sedulur smua, sudilah kiranya mndo’akn sy agr sy sgera Menikah dgn istri yg sholehah,jg smg sy mndptkn rezeki yg lbh bnyk n pnuh brkah..tambahan lg(nymbung tntang sbutan Ki), di daerah tatar Sunda(khususx Sukabumi,kbtln sy asli n tinggal d Sukabumi) sbutan Ki tu tuk Kakek-Kakek. “Ki” tu artix “Kek/Kakek”. Pokokx Makasieh n Hatur Nuhun pisan kanggo sadayana. Jazakumullahu khoyron Katsiron..

  128. wong bocah

    mohon ijin ikut ngeshare!

  129. oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  130. @rihlah….apakah kamu menuduh saya bahwa saya telah menuduh anda buruk sangka getu ? Baca dulu atuh coment saya kang “jangan sampai” itu bermakna nasehat ato pencegahan ..tidak unsur menuduh kang ? Masih kurang jelas ?

  131. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..absen pagi

    “@rihlah….slalulah berprasangka baex sbg contoh rekan2 dan sedulur2 yg berkoment disini juga berlandas ilmu…jgn skali kali menvonis…ato berpikir sepihak..”
    tu koment Teteh Dian Khusniyati Tidak ada kata “jangan sampai” hehe..udah met beraktivitas ja y tuk smuanya. smg hr ni lebih baik baik nan indah bagi kita…

  132. Rihlah Rahmatullah

    Cah Sabrang sm Cah Sebrang lor adik kakak ya..heheh

  133. Iwan Sableng

    wahh…., kajian ane blm sampe kesitu, nyimak aja dahh… :D

  134. assalamualaikum wr.wb…saya ikut menyimak tentang judul anda yaitu dimanakah allah????seandainya saja allah mempertemukan kita dan anda bertanya dimanakah allah berada,,saya langsung menampar anda….karena itulah jawaban untuk anda..allah tidak bisa dilihat tp,dirasakan…..dan kalau saya bertanya apakah rasa cabe itu..anda pasti menjawab pedas dan Saya tanya kembali pedas itu kaya apa!seperti apa,.wujudnya bagaimana!itulah jawaban untuk anda.dan tentang surga,dan neraka itu sudah jelas ada untuk lbh jelasnya bacalah alqur’an surat al waqiah.karena al quran dari allah yg diturunkan kepada nabi muhammad…pedoman hidup kita adalah al quran dan sunah

  135. @diandra: cpast mengenai pertanyaan ente ini:

    mungkin sewaktu kecil anda blm tahu sama skali tentang allah..lalu tambah usia tambah tahu…tambah usia lagi smoga tambah lbh tahu demikian seterusnya hingga usia yg sekarang ini …nah sampe usia yg skrg apakah pengetahun/keilmuan anda sdh cukup..sudah selesai ? Tdk ingin tahu lbh dari yg skrg ? Kalo anda tahu ilmu tdk akan habis apa berarti tdk boleh dibahas ? Dibahas aja ga habis apalagi kalo di tutup…aneh,

    memang tentang hal ini saya juga heran kenapa
    manusia kebanyakan mencari allah
    nanti usiahnya beranjak dewasa, kenapa gak mencari
    allah di waktu kita masih di dalam kandungan ibu
    dulu? kenapa pertanyaan (di mana allah)
    tidak pernah terdengar di waktu kita ber ada di dalam rahim ibu??
    astagafirullah memang kita telah di buat lupa oleh hal-hal
    duniawi,

    mas diandra memang terasa aneh jika anda memahami
    artikel saya dengan nalar anda,
    anda berfikir seakan2 saya menjelaskan tentang allah
    hanya sebatas itu, coba pahami artikel itu dengan hati
    anda, dan juga pasti ada yang akan berfikir bahwa saya
    menyebut diri saya adalah allah dan juga ada yang
    berfikir bahwa saya menyebut allah itu gak ada
    mohon maaf jangan salah paham
    makna yang sebenarnya bukan begi2
    nah sekarang dengar suarah hati anda dengar dia berbicara
    nah sekarang pertanyaan saya gi mana bentuk
    wujud sebenarnya yang bersuara di dalam hati itu..?
    siapa itu..? dari mana asalnya..? tujuanya berada di dalam hati itu
    mau ngapain.? sebesar apa dia di dalam hati itu..?
    jika dia kecil sekecil apa…? huuuuuuuufffffffff.

    aku pikir setelah bertemu dengan allah
    dan di utus ke dunia ini aku akan ingat
    dengan wujudnya ternyata tidak dia mengembalikan aku
    kederajat yang serendah-rendahnya di tempat yang
    lemah dan tak bedaya tapi aku mengingatnya kembali
    di mana aku berasal karna aku melihat diriku,,,,,,,,,,,,

    mohon kiranya di maafkan jika apa yang saya
    katakan agak aneh menurut anda karnah
    yang maha aneh selalu melihat kita salam penyejuk jiwa
    jangan di masukin ke hati jika anda kurang berkenan
    silahkan di hapus jika kurang menyenangkan
    saya hanya mau ikut menjalin persaudaraan dengan kalian
    salam penyejuk jiwa all…. wasalamu….

  136. @ ARIFIN MINTALAH BERTEMU LAGI………KAN BOLEH KAGAK ADA YG LARANG………..
    HUAHAUAHAUAHAU

  137. Assalam Alaikum… mohon maaf hanya sekedar share saja
    tidak ada maksud apa2 and
    supaya kita lebih kenal ama diri kita sendiri
    and kalau percaya tafadol kalau tidak tafadol juga
    karna saya bukan kiyayi……

    bismillahhirahmannirrahim..
    Ilahi anta Maqsudi Wa Ridhoka Matlubi Athini Mahabataka Wa Ma’rifataka…
    Mengenal mani adalah penjelmaan dari bapak dan ibu atau yang disebut Sulbi dan Taraib,jadi mani itu dalah mulanya seberkas cahaya yang dikeluarkan oleh allah dari mutu manikam sehingga para Ulama berpendapat yaitu :
    Mani adalah salah satu-satunya Zat Penjelmaan dari dua macam zat (sulbi dan taraib)…Dengan adanya KUDRATILLAHI yaitu berasal dari sulbi bapak dan yang menjadi IRADATILLAHI yaitu berasal dari ibu…Oleh sebab itu bagaimanapun birahinya kaum ibu,hal ini tidak terlalu nampak karena birahinya kaum ibu ini tidak dapat melampaui batasnya kudrat kaum bapak,karena kaum ibu ini hanyalah iradat maka ulama mengistilahkan Surga Itu Di Atas Telapak Kaki Ibu.

    Untuk lebih jelasnya saya terangkan bagian-bagian dari maksud yang diatas :

    BAGIAN BAPAK : WADI,MADI,MATU,MANI Atau disebut SULBI.
    BAGIAN IBU : ASALNYA TANAH,ANGIN,API AIR Atau disebut TARAIB.
    BAGIAN ALLAH : ROH IDHAFI,ROH ROHANI,ROH RAHMANAI,ROH JASMANI.
    BAGIAN DARI GUDANG RAHASIA Disebut “MUTU MANIKAM”.
    Asalnya Tanah yaitu : ANFAS Hurufnya Alif Kalimatnya LA.
    Asalnya Angin yaitu : TANAFAS Hurufnya Lam Awal Kalimatnya ILLAHA
    Asalnya Air yaitu : NAFAS Hurufnya Ha Kalimatnya ALLAH.

    Wadi…….Ma anni kalimatnya : LAA ILAHA
    Madi…….Ma annawiya kalimatnya : ILALLAH
    Matu…….Sulbi kalimatnya : ALLAH
    Mani…….Salbiyah kalimatnya : HU

    Ruh Jasmani ………….Kalimatnya (YAHU).
    Ruh Rahmani………….Kalimatnya (IYAHU).
    Ruh Rohani…………..Kalimatnya (YAMANIHU).
    Ruh Idhafi………….Kalimatnya (YAMAN LAYISALAHU).
    Mutu Manikam………….Kalimatnya (MA’DAHU)

    Tujuh Petala Bumi dijadikan 7 (tujuh) Tingkatan Martabat yaitu :
    1. Sifat Amarah.
    2. Sifat Lawwama.
    3. Sifat Mulhima.
    4. Sifat Mutmainah.
    5. Sifat Radhiyatan.
    6. Sifat Mardhiyah.
    7. sifat ubudiyah.
    Tujuh Petala Langit yang dimaksud denngan Martabat 7 (Tujuh) yaitu :
    1. Lathifatul Qolbi.
    2. Lathifatul Ruuhi.
    3. Lathifatul Sirri.
    4. Lathifatul Ahfa.
    5. Lathifatul Hafi.
    6. Lathifatul Nafsu Natika.
    7. Lathifatul Kulu Jasad.

    Jikalau tingkatan semacam ini yang kita ambil Hakikatnya pada Alam kecil yang tersembunyi (terahasia) dalam diri kita,maka ulama menamakan sebagai berikut :

    1.HAYATUN JASADI BIN-NAFASI.
    2. HAYATUN NAFASI BIR-RUHI.
    3. HAYATUN RUHI BIS-SIRRI.
    4. HAYATUN SIRRI BIL IMANI.
    5.HAYATUN IMANI BINNURI .
    6.HAYATUN NURI BIL QUDRATI.
    7. HAYATUN QUDRATI BI MU’ALAMULLAHI TA’ALA DZATULLAH.

    Artinya adalah sebagai berikut :
    1. Asalnya Jasad dari Nafas.
    2. Asalnya Nafas dari Ruh.
    3. Asalnya Ruh dari dalam Rahasia.
    4. Asalnya Rahasia dari dalam Iman.
    5. Asalnya Iman dari Nur/Cahaya.
    6. Asalnya Nur/Cahaya dari Qudrat.
    7. Asalnya Qudrat dari ke-Baqa’an ALLAH.

    Kalimatnya jadi seperti ini :

    1. Hayatun jasadi hurufnya ALIF kalimatnya LA.
    2. Hayatun Nafasi hurufnya LAM AWAL kalimatnya ILAHA.
    3. Hayatun Ruuhi hurufnya LAM AKHIR kalimatnya ILLA.
    4. Hayatun Sirri hurufnya HA kalimatnmya ALLAH.
    5. Hayatun Imani hurufnya Alif (Allah) kalimatnya YAHU.
    6. Hayatun Nuri hurufnya Lam (Jibril) kalimatnya IYAHU.
    7. Hayatun Qudrati hurufnya Mim (Muhammad) kalimatnya IYAHU YAMANIHU.

    Dengan demikian apabila kesemuanya ini akan kita lebur kedalam ke-Baqa’an DZAT ALLAH,maka ulama menamakannya sebagai berikut :

    1. WATUJIBUL WASADI FI FASARAL QOLBI.
    2. WATUJIBUL QOLBI FI FASARAL RUHI.
    3. WATUJIBUL RUHI FI FASARAL SIRRI.
    4. WATUJIBUL SIRRI FI FASARAL IMAN.
    5. WATUJIBUL IMAN FI FASARAL NURI.
    6. WATUJIBUL NURI FI FASARAL QUDRATI.
    7. WATUJIBUL QUDRATI FI FASARAL DZATI FIL DZATI.

    Demikian penjelasan singkat dan keterangan yang dapat saya sajikan dalam hal pengenalan “MANI” hingga dia menjadi “JASAD” kita manusia yang barangkali ada keterangan-keterangan selanjutnya….Wallahu a’lam bissawab.
    Semoga ini tidak tercatat sebagai suatu kesombongan diri…
    Syalam Penyejuk Jiwa…Wasalam

  138. wongedan

    Allah Ada Dalam Ketiadaan

  139. wong bocah

    “man `arafa nafsah faqod `arafa rabbah”
    tapi sayang sekali sejauh ini saya belum paham siapa saya?
    siapa saya?
    siapa ke-saya-an saya?
    sampai di sini bisa dibilang saya belum mampu dan tak akan mengenal diri saya sendiri kecuali Tuhan menghendakki, apalagi mengenal Tuhan dan tahu di mana Tuhan, saya hanya berharap pada rahmat dan cintaNya.
    inilah hamba yang hina dina, terlalu lancang bila merasa mampu mengenal Tuhan dengan segala teori dan ajaran. yang saya pahami bahwa segalanya ada pada ketetapan.
    salam buat sedulur-sedulur KWA, semoga selalu sehat selalu (fi amanillah wafi syafa`ati rasulillah)

  140. iec

    Assalammualaikum ..cuman kasi saran tuk mas arifin :
    percuma mas arifin nulis itu panjang lebar,saya yakin mereka juga tidak mengerti..takut ya nanti menjadi fitnah..wassalam

  141. iec

    jangan membuka terlalu dalam…

  142. buat arifibn zulfiqar,terimaksih,alhamdullillah…..jika kita tela mengusainya kita tidak perlu lagi membaca secara lahir apapun maka sesuai dengan kehendak….dan….maka semuanya terlihat dan kita ketahui.
    semoga mas arifin telah mencapainya. begitu juga saya mudah-mudahan bisa juga ya,,,,,,,,amin-amin-amin Ya Robb.

  143. dahri muhammad

    LAA ILAAHA ILLA ALLAH ………!
    ILAAHII ANTA MAQSUUDII WA RIDLOOKA MATHLUUBII A`THINII MAHABBATAKA WA MA’RIFATAKA.

  144. intinya (aku) itu mahluk sedangkan (allah) itu khalik
    jadi jika aku dan allah menyatu yang ada hanya (aku allah)
    tidak ada yang lain………

    yah beginilah jika kita ingin mencari allah pasti ada jalan yg terjal yang akan kita lalui tapi kita tidak berjalan hanya berdiam dalam kefana,an
    pada hakikat buat apa kita mencari allah
    allah itu tetaplah ada, gak usah di cari dia mendekat, kita kan mahluknya
    sedangkan dia khalik atau tuhan jadi tidak mungkin
    dia di sebut tuhan jika tidak ada hambanya,
    jadi yang nyata itu ya allah bukan apa2
    ok sampai bertemu lagi di lain waktu wasalam….

  145. and jika penjelasan saya hanya menimbulkan fitnah
    yah silahkan di hapus bang tapi jika ada yang ingin
    mendalaminya saya telah menghalalkannya
    dan jika artikel itu mengandung ilmu saya
    sudah ijasahkan kok terima kasih all
    asalamualaikum…………….

  146. wong bocah

    mas arifin gak ada salah dan menyesatkan, namun perlu kita pahami semua mengenai kenal dan mengenal Tuhan bukan masalah mengerti atau tidak tapi itu masalah ketersingkapan yang ditentukan oleh Tuhan sendiri. jika seseorang merasa mampu mengetahui Tuhan maka sebenarnya ia belum kenal dirinya sendiri. Mohon maaf bila pendapat saya salah, kebenaran semata-mata dari Tuhan dan kesalahan itu semata-mata kodrat kebodohan yang saya miliki!
    salam cinta selalu buat saudara-saudara di KWA, semoga tetap dalam limpahan rahmat dan hidayahNya!

  147. brain

    Waduh aku bingungngng. Apa manusia harus mati dulu supaya berjumpa Allah? Helpme

  148. @brain: yaps benar itu bang
    kita harus mati dulu karnah kalau kita
    tidak mati bang penghalangnya akan terus menghalangi jalan kita
    heheheheeeeeeee

    mohon maaf mas jangan salah paham yang saya maksud
    mati itu mematikan diri di dalam diri itu
    artinya memfanakan diri kita atau mengosongkan
    diri kita untuk dapat bisa mencapai allah swt
    atau orang jawa bilang (menanggulangi kawula gusti)
    kembali lagi membahas tentang mati!
    stelah kita mematikan diri kita sendiri atau memfanakan nah
    di saat itulah kita akan sadar bahwa yang nyata itu hanya allah
    tiada yang lain.. untuk menjalaninyapun setiap insan
    berbeda2 pendapatnnya berbeda2 pemahamannya
    berbeda2 pulah jalan yang di laluinya bahkan memulainyapun
    berbeda2, jadi apapun jalan atau pemahaman kita
    hanya satu tujuannya ya itu kembali kepada allah swt

    ada jalan untuk menitinya dan jalan ini pun sudah sangat
    umum di telinga masyarakat ya itu dengan jalan islam
    dan syari,at2nya yang ke2 dengan meniti jalan tareqat
    tarqat artinya iman dan taqwa kepada allah
    berusaha menjaga dan memelihara ketaqwa,an kita
    dan selalu beriman dalam ke,adaan apapun tapi sayang
    kadang kebanyakan orang tersesat di jalan ini
    karnah kita akan mendapatkan coba,an demi cobaan
    mau yang berat, sedang, ringan, ataupun yang paling ringan
    dan yang paling berat, supaya lebih jelas semua itu
    sudah tertera pada kisah2 para rasul di dalam al-qur,an
    ataupun kisah2 para sahabat atau para syakh wali2 allah
    mereka meniti jalan ini dengan penuh ke imanan dan ketaqwaan
    kepada allah swt, untuk dapat menemukan hakekat keberadaan
    allah nah jika kita sudah mulai menemukan hakikat keberadaan allah
    maka kita sudah dekat dengan allah di jalan ini tidak ada penghalang
    lagi dengan mudah kita akan merasakan keberadaan allah
    dan di saat kita sudah merasakan dengan betul2 merasakan
    keberadaan allah itu ber arti kita sudah menapaki gerbang makrifat
    dan di sini kita akan mengarungi samudra makrifat ini
    cara mengarunginnya samudra makrifat inipun kita
    punya tiga cara ya itu (maaf saya menjelaskannya dengan bahasa makrifa)

    1. melayarinya menggunakan perahu
    2. merenanginya dengan tanpa menggunakan apa2
    3. yang ke tiga menyelaminya, ya itu masuk langsung
    dalam dasar samudra itu tanpa apa2

    nah sudah jelas dari ke tiga tingkatan ini jelas kita melihat
    yang menyelaminya itu yang paling kuat,
    dan yang menyelaminya pulah yang punya tingkatan makrifat
    tertinggi hingga menemukan tingkatan makrifattullah
    dan disini kita akan menapaki kefanaan yang sesunggunya
    di sini kita hanya melihat allah saja dengan mata telanjang
    kita di sini kita mati dalam diri allah swt dan hanya allah swt
    yang nyata bagimu tiada yang lain

    mohon maaf bila ada kekurangan wasalamu……

  149. wong bocah

    mati syahid mati syahid. mati dalam penyaksian!
    apa lagi yang tersisa dalam pandangan manusia jika kebesaraNya dalam penyaksian seorang manusia yang terpilih?
    tapi sayng aku masih jauh dari semua itu, hanya rahmat dan hidayahNya yang aku harapkan!
    salam cinta selalu buat saudara-saudara di KWA!

  150. miki fernandez

    Dimana Allah ?..Cubitlah dirimu maka kau akan merasakan sakit tp dapatkah kau menunjukan bentuk/wujud sakit itu..bgtu juga Allah kita hanya dapat merasakan bahwa Allah itu ada ( IMAN ) tp kita blm mampu/blm dapat melihat Allah kecuali orang2 yang dipilih NYA..Ma wasi’aniy sama’iy wa la ardhy wa lakin wasi’aniy qalbi ‘abdiyal mu’min. “Langit dan bumi-Ku tidak akan mampu mewadahi-Ku, tetapi hati hamba-Ku yang beriman mampu mewadahi-Ku.”

  151. dion

    urun rembug nih, di atas di tanyakan di mana ALLAH SWT..?? kita kan percaya adanya allah bukan,, allah itu ada di diri manusia dan lebih dekat dari urat nadi.ayo sedulur jgn cuma sareat’a aja mengaji lan membaca,menulis dan menghafal.kita harus tau isinya dan bisa merasakan apa yg ada di dlm’a..biar ktmu rasa dan bisa bercerita.krn allah itu satu rasa. dalam islam itu ada sareat’tarekot’hakekat’marifat dan karomah. maka dr itu kita belajar mengkaji diri,,biar ktmu rasa. udah gitu aja urun rembug’a,,salam semua’a

  152. udin jujur

    BONUSSSSSS BUKTI KESEMPURNAAN ISLAM

    KITA TIDAK DAPAT MEGATAKAN TUHAN ITU DI MANA..KARENA RUANG DAN WAKTU ADALAH MILIKNYA. KITA HANYA MAMPU MENGATAKAN TUHAN ITU ADA.. HANYA SATU TITIK KECIL DIHATI KITA UNTUK MEMPERCAYAI TUHAN ITU ADA.
    INGAT HANYA SEBUAH TITIK/SIKAP KITA UNTUK MENYATAKAN ADA.

    ISLAM MAHA SEMPURNA MENERJEMAHKAN KEBERADAAN TUHAN, DIA BERADA DIATAS ARSY/ KEDUDUKANNYA.. SEDANGKAN KEDUDUKAN TUHAN MELIPUTI RUANG DAN WAKTU AWAL DAN AKHIR DIALAH YANG MAHA MEMILIKI SEMUA TEMPAT BAGAIMANA BISA KITA MENGATAK DI MANA KALAU TIDAK PADA KEDUDUKANYA SENDIRI/ARSY.

    DI ISLAM TIDAK BERANI MEWUJUDKAN BENTUK TUHAN BAHKAN DI HARAMKAN,.. ITULAH SEMPURNANYA ISLAM NYATA JUJUR…… SESUAI FAKTA TUHAN MEMANG TIDAK TERLIHAT DENGAN INDRA MATA KITA, FAKTANYA KITA MASIH MEMBICARAKAN TENTANG TUHAN DAN KEBERADAANYA SAMPAI SAAT INI, TETAPI TUHAN DENGAN ADIL TELAH MEMBEKALI KITA OTAK MASING MASING UNTUK MEMPELAJARI TENTANGNYA DAN SEGALA KEMULYAANYA.KA’BAH ADALAH RUMAH KECIL YANG DI SANA TERDAPAT BATU HAZAR ASWAT. BATU HAZAR ASWAT DI LETAKKAN DISANA HANYA SEBAGAI TANDA IBARATKAN SEBUAH TITIK PUSAT /YANG MENYATAKAN KATA ADA.

    KITA MEMANGLAH GAK MAMPU MENYATAKAN TUHAN DIMANA ???.. KARENA DIMANA2 ADALAH MILIKNYA BAHKAN RUANG DAN WAKTU DIALAH YANG MAHA MEMILIKINYA, ‘MAKA KITA HANYA MEMERLUKAN SEBUAH TITIK DIHATI KITA UNTUK MEYATAKAN SIKAP TUHAN MAHA ADA.
    BATU HAZAR ASWAT IBARATKAN TITIK PUSAT SEBAGAI PENYATU TUJUAN ARAH IBADAH BAGI SELURUH UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA.
    DAN JELAS UMAT MANUSIA SEANTERO DUNIA PUNYA ARAH IBADAH YANG JELAS DALAM BERIBADAH KARENA WALAU DARI MANAPUN MENGHADAP PADA SATU TITIK ITU.

    LIHATLAH KEYAKINAN SELAIN ISLAM TIDAK JELAS ARAH IBADAHNYA SEAKAKN AKAN TIDAK JELAS ARAH TUJUANYA ALIAS MERABA RABA..

    DAN JELAS MAKNANYA SECARA BERSAMA MENYATAKAN SIKAP DAN ARAH YANG LURUS, MENUJU SATU ARAH HANYA PADA ALLAH YANG MAHA ESA/MAHA TUNGGAL…..

    >>>SANGAT BEDA DENGAN KEYAKIANAN YANG MEWUJUDKAN BENTUK TUHAN SECARA NYATA PATUNG PATUNG ITU SANGAT BERBENTUK WUJUD TUHAN YANG DI REKA REKA DAN DI PAJANG DI SETIAP TEMPAT IBADAH MEREKA ATAU DI RUMAH RUMAH MEREKA. SANGAT JELAS ITULAH YANG MEREKA SEMBAH…. SEBUAH TIPU DAYA IBLIS YANG SANGAT SUKSES.

    MAKA BERPIKIRLAH YANG TERBAIK DAN JUJUR DAN SESUAI FAKTA, KALAU KITA MAU PILIHAN KITA YANG TERBAIK.. KARENA DI SETIAP PILIHAN APAPUN ITU PASTI ADA YANG TERBAIK DIANTARA YANG BAIK.

    .
    ITULAH SEMPURNNYA ISLAM TATA CARA IBADAH DAN ARAH IBADAH SANGAT JELAS ADA ATURANNYA DENGAN SANGAT TERLIHAT BAGAIMANA MANUSIA MEMULIAKAN TUHAN…………. UMAT KRISTEN HANYA SANGAT BINGUNG SAJA DENGAN KEMAMPUAN ISLAM DENGAN SEMPURNA MEMULIAKAN TUHAN………. LIHAT SAJA SECARA FAKTA ARAH IBADAH SAJA MEREKA TIDAK PUNYA BAGAIMANA MEREKA BISA MENENTUKAN SIKAP ARAH HIDUP MEREKA KALAU ARAH DAN TUJUAN SAJA GAK JELAS.
    YANG JELAS ISLAM LEBIH MAMPU MENYATAKAN TIADA TUHAN SELAIN ALLAH
    COBA KRISTEN YANG MATI MATIAN BILANG YESUS TUHAN..APAKAH MAMPU???? MEREKA MENYATAKAN TIADA TUHAN SELAIN YESUS??? SAMPAI KIAMATPUN MEREKA GAKKAN MAMPU SOALNYA ADA BAPAKNYA YANG JUGA HARUS DIAKUI…. salam manis dari AMIN yang jujur kata emaknya

  153. Teori tanpa praktek ngak ada gunanya sama dg nol.kesempurnaan ada jika ke2nya dapat dijalankan, mari benahi diri kita masing2 jalankan syareat sebaik2nya. Hanya hamba2 yg beriman yg dapat merasakan keberadaanNya melalui hati.krn Alloh tdk dpt dilihat dan diraba2 keberadaanNya salam asah asih asuh ^_^

  154. Pembahasan yg menarik ^_^.monggo dilanjut…
    Sy duduk diam åĴå krn membahas ketiadaan itu yg sulit ∫å∂í yg bingung pegangan ya ama temen2nya biar ngak jatuh .
    Dimana Alloh ??? surga dan neraka ??? Menarik Ĵчğå ^_^
    Monggo pencerahanya ….

  155. Absen pagi wah sepi amat pd kemana para sesepuh?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: