GENEALOGI PARA RAJA JIN DAN PENGUASA LELEMBUT SEJAGAD


SUMBERNYA ALLAH SWT

Assalamualaikum wr wb. Asal mula segala yang ada ini adalah DZAT ALLAH SWT. Allah SWT disebut dengan banyak sebutan. Sesuai dengan siapa yang menyebutnya, bangsa apa dia, apa agamanya, bahasa dan suku apa yang digunakannya. Bagi kita yang beragama Islam, tentu menyebut Yang Maha Satu itu dengan sebutan Allah SWT.

Semua yang ada ini menuju ke satu titik fokus yaitu YANG MAHA ADA. Keberadaan-NYA, mutlak dan semua yang ada bergantung pada-NYA. Adanya hal yang lain selain diri-NYA itu sesungguhnya adalah pinjaman dari ada-NYA.

Allah SWT menciptakan makhluk-makhluk pertama di muka bumi ini sesuai dengan kehendak-NYA. Ada alam semesta yang terdiri dari panet, bintang, galaksi pertama, ada manusia pertama, ada jin pertama, ada binatang pertama, dan seterusnya. Teori big bang mengatakan semua yang ada ini diciptakan dari satu titik kecil yang kemudian meledak menjadi pergelaran alam semesta yang begitu menakjubkan. Kok bisa?

Dasar dari keberadaan sesuatu yang terlihat nyata adalah yang tidak terlihat mata. Sebutir atom tidak akan bisa dilihat dengan mata telanjang padahal butiran atom yang berkumpul kemudian menjadi benda baik padat, cair maupun gas yang bisa terlihat dan bisa dipegang. Begitu seterusnya sehingga kita kemudian paham bahwa yang gaib itu sesungguhnya yang sejatinya ada bahkan menjadi dasar bagi adanya yang nyata.

Maka, kegaiban itu pun bertingkat. Hingga kita kemudian mengenal wacana tentang ruh yang menjadi dasar semua yang nyata. Apa sesungguhnya ruh itu? Perlu digarisbawahi bahwa ruh itu bukanlah akal pikiran. Ruh lepas dari dimensi jasad manusia namun menjadi sumber kekuatan dan energi dari manusia.

@Copy right by wongalus,2011

Dari mana asalnya ruh? Asal dari ruh yaitu dari-NYA. Bahkan ruh adalah sebagian dari DZAT Allah SWT. Maka jangan meremehkan manusia karena di dalam ruh manusia terkandung Dzat dan sifat-sifat Allah SWT.

“Maka apabila Aku sempurnakan dia dan AKU TIUPKAN PADANYA RUH DARI KU, hendaklah kamu tunduk sujud akan dia” (AL-HIJR: 29)

“Lalu Ia sempurnakan kejadiannya, Ia tiupkan pada sebagian dari Ruh-Nya dan Ia jadikan bagi kamu pendengaran dan penglihatan dan hati tetapi sedikit sekali kamu bersyukur.” AS-SAJ’DAH: 9

Ruh adalah zat yang bercahaya atas jasmaniah manusia dan dia bagian dari cahaya Tuhan dan dia jati diri atas diri manusia, energinya tidak terbatasi oleh dimensi ruang, gerak dan waktu. Di dalam ruh manusia, terdapat program dahsyat yang berupa pengetahuan yang ada di seluruh alam semesta ini. Pantas bila kemudian manusia diberi mandat karena manusia adalah wakil-NYA.

“Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu berkata kepada malaikat:“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di bumi….”

“Dan Ia telah mengajarkan kepada Adam (Ruh) keterangan-keterangan (pengetahuan) itu semuanya…”

AL-BAQARAH 30 dan 31

Barang siapa yang telah mengenal rahasia Ruh ia telah mengenal dirinya dan ketika ia telah mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya dan apabila ia telah mengenal dirinya dan Tuhannya, niscaya ia mengenal bahwa itu urusan Tuhannya (Amrun Robbaani) dengan tabiat dan fitrahnya.

“Dan mereka akan bertanya kepadamu tentang Ruh, Katakan “Ruh itu urusan Tuhanku; dan kamu tidak diberi ilmu melainkan sedikit” BANI-ISRAIL: 85

@Copy right by wongalus,2011

Ayat ini demikian khusus bahwa Ruh itu sesuatu zat yang sangat istimewa, manusia yang telah mengenal dirinya artinya mengenal tabiat dan fitrahnya Ruh, tidak memiliki kemampuan untuk menerangkan (menjelaskan) akan substansi Ruh disebabkan karena tidak ada jembatan ilustrasi (kias) didunia ini untuk dapat dijadikan contoh atas tabiat dan fitrahnya Ruh. Hanya dijelaskan bahwa kandungan Ruh adalah Energi Tuhan.

“MAKA APABILA AKU SEMPURNAKAN DIA DAN AKU TIUPKAN PADANYA RUH DARI KU, HENDAKLAH KAMU TUNDUK SUJUD AKAN DIA”
“Maka bersujudlah malaikat semua, sama sekali.

AL-HIJR, 29 dan 30

Demikian tingginya kedudukan Ruh atas makhluk-makhluk yang lain sampai-sampai malaikat sujud (menghormati) terhadapnya. Demikian berharganya manusia bagi yang sudah memahami akan jati dirinya.

Untuk mengenal lebih jauh dan lebih dalam akan potensi Ruh sebagai khalifah dibumi, yang mengawali proses perjalanannya terperangkap di dalam dimensi jasmaniah dan bathiniah, maka kita perlu belajar sifat dua puluh untuk memudahkan pemahaman dalam membuka tabir untuk melahirkan kesadaran akan makna-makna yang terkandung didalamnya.

Ruh manusia dibandingkan dengan Ruh Allah seperti halnya matahari dan alam semesta yang demikian luas (tata surya) atau molekul terhadap terhadap galaksi Bimasakti, meskipun demikian hanya sebesar molekul, baik Dzat, Sifat dan Asma (nama) pasti sama dengan sumbernya. Dapat disimpulkan bahwa sifat dua puluh adalah potensi Ruh yang sebenarnya.

Manusia yang bersungguh-sungguh, bekerja keras mencari cahaya Tuhannya dengan ibadah yang terus menerus insyaallah isa memahami akan hidupnya, apa yang menjadi visi dalam kehidupannya didunia yang menjadikan ia bekerja hanya untuk Tuhannya, lahirnya Ruh (Cahaya) atas jasmaniah dan bathiniah.

@Copy right by wongalus,2011

Ruh adalah cahaya dimana kecepatannya, dalam berkomunikasi demikian luar biasa bila kita bandingkan dengan kecepatan suara, dikatakan dalam ayat:

“Naik malaikat dan Ruh Ruh kepadaNya didalam sehari qadarnya lima puluh ribu tahun”

Al Haq’qaq 4

Artinya bahwa perbandingannya adalah satu hari berbanding delapan belas juta hari, artinya satu jam berbanding 18.000.000 jam. Teknologi manusia dengan kecanggihannya, untuk ukuran kecepatan baru sampai pada kecepatan suara. Demikian yang terjadi pada mi’rajnya Nabi Muhammad SAW dari dimensi matrialistik menuju dimensi dzat Allah. Di dalam beberapa ayat menjelaskan komunikasi antara Nabi dengan Allah antara lain :

“Dan kami telah utus beberapa rasul yang telah Kami ceritakan (hal hal) mereka kepadamu lebih dahulu dan beberapa rasul yang tidak kami ceritakan kepadamu dan Allah telah omong (berbicara) kepada Musa pembicaraan yang terang”

An Nisa’ 164

Komunikasi yang terjadi antara Allah dengan Nabi Musa pada dimensi yang tidak terjamah oleh otak manusia, artinya tata nilai ilmiah tidak dapat untuk menjangkaunya. Kalau Nabi dan Rasul Rasul dapat berkomunikasi dengan Tuhan, bagaimana dengan manusia biasa? Bila kita amati secara teliti, dengan kejernihan hati dan fikiran, ada beberapa ayat di dalam Al Qur’an yang mengkiaskan akan pertanyaan di atas.

“ Katakanlah: Tidak lain aku ini, melainkan manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku, bahwa tidak ada Tuhan kamu, melainkan Tuhan yang satu, maka barang siapa percaya akan pertemuan dengan Tuhannya, hendaklah ia mengerjakan amal shalih dan jangan engkau sekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya”

AL- KAHF 110

Dalam ayat ini kalimat yang terlahir adalah perkataan Nabi/Rasul, bahwa nabi menyatakan dirinya adalah manusia seperti manusia lainnya, di dalam prosesnya, sebelum dinyatakan sebagai nabi/rasul, beliau memasuki proses evolusi dimana tujuan di dalam hidupnya adalah mencari Tuhan yang satu, yang akhir dari proses tersebut bertemunya beliau dengan Allah yaitu Tuhan yang menjadi tujuannya dan ini diabadikan dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, di dalam pertemuan inilah terjadi komunikasi dengan Allah.

Demikian lebih dan kurangnya kajian sifat dua puluh dalam rangka mengerti dan memahami siapa sebenarnya makhluk yang berinisial manusia.

@Copy right by wongalus,2011

APA DAN SIAPA JIN ITU?

Silahkan disimak proses penciptaan jin dibawah ini sebagai komparasi bahwa jin diciptakan dari inti api/api yang beracun.

“Dan jin itu, Kami jadikan dia lebih dahulu, dari api yang beracun” AL-HIJR 27

Al-Hijr 27 dikatakan bahwa JIN ITU DIJADIKAN, SEMENTARA RUH MANUSIA DITIUPKAN sebagaimana tersebut di QS AL-HIJR: 29, Maka jin itu dicipta oleh Allah SWT.

Sementara, RUH ITU BUKAN CIPTAAN TAPI BAGIAN DARI DZAT ALLAH SWT. Itu sebabnya Ruh itu kekal sebagaimana kekekalan Dzat-NYA sementara Jin itu bersifat tidak kekal dan terpisah dengan ALLAH SWT.

Asal muasal nama-nama leluhur bangsa Jin dan Setan di dunia beserta keturunannya tidak banyak dikupas di majelis-majelis pengajian. Banyak yang menganggap mengupas Jin sama dengan mengupas hal-hal yang tidak banyak membawa manfaat. Namun kami punya pemikiran lain. Bahwa dengan mengetahui lebih banyak tentang Jin maka kita bisa lebih berhati-hati. Jangan sampai kita yang suka mewiridkan sesuatu padahal yang diwirid tersebut adalah nama-nama leluhur Jin. NIAT atau TUJUAN tidak serta merta menghalalkan CARA.

Niatnya barangkali bagus yaitu wirid untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, maka caranya juga perlu menggunakan cara yang benar. Jangan sampai tujuan kita mulia itu namun justeru tercederai gara-gara justeru mewiridkan nama-nama Jin.

Ada sebuah buku berjudul “SERAT TAPEL ADAM” karya Raden Ngabehi Ronggowarsito. Buku ini sebenarnya memuat silsilah keturunan manusia hingga Raja-Raja yang ada di nusantara secara lengkap. Cukup bermanfaat buat melacak siapa sebenarnya kita ini. Tentu saja perlu untuk menambah referensi setelah kita mengetahui pertautan nenek moyang kita dengan nama-nama yang ada di buku tersebut.

@Copy right by wongalus,2011

Salah satu bagian dari buku itu mengupas asal mula manusia pertama, termasuk asal mula bangsa Jin yang usianya jauh lebih tua dari manusia yang ada belakangan. Entah berapa ribu tahun jin diciptakan lebih dulu dari manusia, namun yang jelas disana tertera nama Iblis yang menggoda Adam hingga harus meninggalkan surga.

Kita tahu, awalnya Jin ini dulu menghuni Surga. Namun mereka beserta anak turunnya juga akhirnya harus menginjakkan kaki ke bumi mengiringi langkah anak cucu adam. Mereka sebagaimana dengan manusia sesungguhnya juga bertujuan yang sama dengan manusia, yaitu untuk BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT.

“Tidak kuciptakan JIN dan MANUSIA kecuali untuk BERIBADAH KEPADA-KU”

Sejak terusirnya Adam dan Iblis dari Surga menuju bumi, sejak itu pula Surga dikosongkan Allah SWT hingga nanti hari pembalasan tiba.

Iblis dikutuk Allah SWT. Namun Ia diberi kepercayaan berupa penangguhan usia yang tidak akan meninggal hingga kiamat tiba untuk menggoda manusia agar mengikuti jalannya. Sementara milyaran manusia di bumi ini akan mati dan berganti dengan kelahiran manusia-manusia baru. Iblis beserta pasukannya tiada pernah berhenti untuk menggoda, membujuk, merayu, memberi iming-iming kemuliaan dan kebahagiaan kepada manusia. Manusia dengan mudah terlena oleh kecerdasan Iblis ini, kecuali orang-orang yang IKHLAS.

Dulu sebelum bertemu Adam, Iblis dan pendahulunya adalah makhluk yang sangat amat dekat dengan Allah SWT. Di kitab-kitab disebut, Iblis ini sesungguhnya adalah Malaikat yang paling taat, bersujud dan bermakrifat kepada-NYA. Namun sayang, sebuah perintah bersujud kepada Adam tidak ditaatinya. Sebab Iblis mengganggap Manusia Adam terbuat dari tanah, sementara Iblis berasal dari api yang lebih hebat dari tanah. Saat itu Iblis lupa, bahwa adam tidak hanya terbuat dari tanah saja, namun tanah itu adalah tanah yang ditinggikan (SITI HINGGIL) yang sudah diberi tiupan Ruh dari Dzat-NYA.

@Copy right by wongalus,2011

Kembali ke Serat Tapel Adam. Ada 149 nama nenek moyang leluhur bangsa makhluk halus. Serat itu membagi menjadi dua jenis makhluk yaitu Jin dan Setan yang kemudian berkembang menjadi milyaran makhluk halus di dunia sekarang ini. Kenapa ada kategori Setan? Saya menduga, setan ini sebenarnya juga Jin namun memiliki watak dan karakteristik yang lain sehingga di serat itu kemudian antara Jin dan Setan dipisahkan. Padahal, antara Jin dan Setan memiliki leluhur yang sama yaitu Marijan dan Marijah.

Kedua jenis makhluk halus ini kemudian memiliki anak cucunya masing-masing. Namun pada keturunan Nenek Moyang ke-65 yaitu Jin bernama Raja Sarabad/Saraban dengan Setan yang bernama Prabu Tamimasar terjadi pernikahan dan kemudian melahirkan 28 keturunan yang menjadi penguasa jagad makhluk halus di muka bumi hingga detik ini.

JIN

1. Marijan dan Marijah
2. Maeijo
3. Jan
4. Banujan
5. Ijajil
6. Karis nama asli Iblis
7. Ajalijin
8. Handajali
9. Ijajil
10. Yalabur
11. Pasin
12. Akwari
13. Nulestri
14. Marah
15. Sahet
16. Dasim
17. Welahan
18. Jalabur
19. Dajal
20. Dajil
21. Senut
22. Nun
23. Dulilsutanira
24. Dubil
25. Ditblas
26. Lallal
27. Lalim
28. Jalarat
29. Buldet
30. Sarhas
31. Mihsat
32. Hamarah
33. Hawiyan
34. Langin
35. Biktab
36. Distar
37. Balal
38. Hambal
39. Kibrat
40. Ifrid
41. Ifrus
42. Karisiyan
43. Swino
44. Dipil
45. Milasar
46. Asijasin
47. Karis sarah
48. Karis sarah
49. Astarus
50. Buldyat
51. Dulya larat
52. Duwanar
53. Buwanarjas
54. Salahat
55. Bangan
56. Bangal
57. Yayal
58. Jahil
59. Sarbun
60. Sarbudanar
61. Mungajal
62. Maksum
63. Malrat
64. Mallarabad
65. Raja Sarabad/saraban

@Copy right by wongalus,2011

SETAN

1. Marijan dan Marijah
2. Ijajil
3. Handajali
4. Ajali
5. Ajali
6. Aljus
7. Ajrak
8. Ajurak
9. Damras
10. Haswat
11. Amman
12. Maheran (masuk islam ikut Nabi Nuh)
13. Sabah
14. Sahlil
15. Sajab
16. Katlabat
17. Ngatis
18. Kadngan
19. Latbiyan
20. Sarsar
21. Aswas
22. Dadjah
23. Hajali (lahir sehari setelah lahir Nabi Yusub)
24. Gajali (islam)
25. Alidat
26. Janabar (kalah perang dgn Ifrid)
27. Salmun
28. Salmusil
29. Aswasil
30. Karmus
31. Salmunasar
32. Sarngam
33. Jabarjus masuk Islam ikut Nabi Sulaeman dgn syariat nabi Musa).
34. Asngasar
35. Bastam
36. Kasras
37. Inrus
38. Kanam (kalah perang dengan ratu setan lain bernama Bangaljetul nama lainnya Bal)
39. Sarkasi
40. Girkasi
41. Kabiras
42. Giraji
43. Damriyat (masuk Islam syariat Nabi Isa)
44. Memum
45. Mursad
46. Sangkan
47. Marikan.
48. Karissatir
49. Kalbal
50. Kaskanijan.
51. Aswasil
52. Sanasil
53. Kalbat
54. Dawisatir
55. Tiyruyasar.
56. Prabu Tamimasar

@Copy right by wongalus,2011

Anak turun Prabu Tamimasar dan Raja Sarabad ada 28 keturunan raja Jin yang memiliki kerajaan berbagai binatang, benda-benda, wilayah-wilayah di muka bumi. Para Raja ini memiliki guru yang sama yaitu Prabu Winus/ Shri Handakara. Adapun 28 keturunan itu adalah:

1. Prabu Paliya
2. Prabu Jampina
3. Patih Parwata
4. Jahwi
5. Jaminah
6. Raja Parangin
7. Min (Raja Burung)
8. Kup
9. Dahri (Raja Kepiting),
10. Maranis (Raja Raksasa)
11. Wakitu
12. Sang Balidhuh/ Baljwak.
13. Balituk/Waraka
14. Malituk
15. Prabu Amunkeling/Am.
16. Prabu Nuradi
17. Wellahan
18. Patih Hamir
19. Kaliku (Raja Kucing)
20. Kalilat (Raja Singa)
21. Wenu
22. Limpak (Raja Gajah)
23. Lapuk
24. Suhas (Raja Hantu Lautan)
25. Buraham
26. Palapat (Raja Anjing)
27. Malak (Raja Tikus)
28. Allapid

Demikian sekilas yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Itu semata-mata karena kebodohan saya sebagai manusia biasa dalam menafsirkan ayat-ayat-NYA dan sumber-sumber yang ada. Pasti kita perlu kembalikan kebenaran yang sejati hanya pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Tahu. Semoga kita senantiasa bersemangat untuk terus menuntut ilmu dan mendapatkan hikmah dari semua yang kita ketahui. Sedemikian hingga akhirnya kita menjadi pengikut ajaran Rasulullah SAW: “Sesungguhnya telah ada pada Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu bagi orang-orang yang mengharap Allah dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” AL-AHZAB 21.

Wasalamualaikum wr wb

@Copy right by wongalus,2011

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 215 Komentar

Navigasi pos

215 thoughts on “GENEALOGI PARA RAJA JIN DAN PENGUASA LELEMBUT SEJAGAD

  1. nuryadi

    thanks guru

  2. Solar :)

  3. Ketigax !!! :D

  4. assalammualaikum…
    Numpang lewat mbah…

  5. Bocah lawu

    Mantaffffff….

  6. subhanallah,,, Luar biasa sekali Junjunanku Guru Wongalus,walaupun aku blm spenuhnya benar aku tetap ingin belajar dan belajar… Mhon bantuannya KangMAS Wongalus,salam Mulia kanggo Panjenengan,saat ini sy bnr2 lg bingung… Allahu Akbar…!!!

  7. wanbiz

    absent malam

  8. dimAsYuDhie

    asallamuallaikum

  9. Nyimax keneh qi qi qi . . .

  10. Salamm,,

    hmm,teringat sbuah nama,sayyid Damriyath..
    Trnyata kturunan ke-43 y..

  11. Siiisss cling . . .

  12. wujud khayal

    salam untuk para sadulur KWA semuanya,

    semoga berkah Allah swt, selalu melimpahi kita smua. amiin

  13. Absen ndalu , junjung kita Nabi besar . Bkan selain rosul saw.

  14. mas haryo

    absennnnnnnnnnnnn
    nyimaxxxxxxxxxxxxx

  15. nuryadi

    pemaparan yang sangat jelas smoga ini bermampaat untuk kita semua.amin

  16. SINGA MARANTEE

    Assalamu ‘alaikum..
    selamat malam….weleh2….seram ya…?? babar jg ki nama iblis yg ditubuh manusia…

  17. dimAsYuDhie

    mohon ijin bertanya

    nama jin ada yang sama yaitu nomor :

    47. Karis sarah
    48. Karis sarah

    ki WongAlus ini bagaimana, mohon penjelasan…
    matur suwun

  18. atut. . . .

  19. aryo p

    Assalamu ‘alaikum..
    selamat malam….salam rahayu..all bolowongalus…salam salim bopo wong alus..kebul kebul dipojokan bakar buhur 234..

  20. SINGA MARANTEE

    Jin adalah makhluk ghaib…( metafisik ) krn dia dr api yg dzatnya halus…maka jin berjisim/ bertubuh halus…maka mustahil melihat yg halus dgn mata kasar, kecuali dgn mata bathin..pada dasarnya mata bathin itu ruh kita, sama halnya bila kita mimpi melihat hal2 dlm mimpi, bkn mata kasar kita yg melihat, melainkan ruh…

  21. SINGA MARANTEE

    Itu pendapat saya yg awam…monggo mari di sharing….sama2…

  22. ehen zaxis

    wahhh ada mbah marijan juga yaaa

  23. yaaah nggak pertamax

  24. @selamat malam sedulur semua, salam asah asih dan asuh
    @soal nama 47. Karis sarah dan 48. Karis sarah yang sama memang demikianlah adanya di serat tersebut. Artinya antara ayah jin dan anak jin namanya memang sama. Wallahu a’lam.

  25. pelan_pelan_saja

    cenat cenut dadakan.asyem.

  26. shuii

    wahhh babar yang seyeemmm,,,,tp bisa u pengetahuan aja
    alfatehah @sedulur semua
    @ ki wong alus bisa diijazahkan hizb maghrobinya ,,,,,,saya telat banget mengetahui blok kwa nya…….
    salammm

  27. Joko Sabar

    Ass.Wr.Wb.
    Sabar…Sabar…Sabar…
    Salam sungkem kagem Ki Wong Alus,poro sesepuh kaliyan poro anggota KWA.Ijin nyimak,akhirnya dibabar juga.Wassalam

  28. jibrut

    Assalamualaikum wr. wb

    Nyimak..

  29. Boedis alwa

    Selamat malam para sedulur semua. Ikutan nyimakkk

  30. sip om wong alus…lumayanlah..hanya agak beda dari kitab awalnya dan banyak yang belum dimasukin..kl dimasukin bisa milyar bahkan triliyunan..dan harusnya om wong alus isi juga dong cara panggilnya dan pendundukannya….hayooooo sapa namanya yang sama dengan jin/setan…mbah marizan namma setan juga yach…ooooh sipp

  31. Clepoek

    Assalamualaikum wr. wb

    selamat malam….salam rahayu… semuanya…
    Ijin nyimak…

    Wassalam

  32. Dewa Pelet

    salam salim para sepuh,Ki Alus,Singa Marantee,Jibrut,Joko SAbAr,Pelan2 sj,Ehen,dll

  33. bang jampang

    Salam salim….nyimak pembabaran, tuh bahasa purba kle ya………

  34. roni s.w

    @yatna supriyatna: m’f mas Ki Wong Alus bukan JUNJUNGAN, beliau hny manusia yg Allah brikn pdnya pengetahuan dan pengalaman melebihi kt yg awam. Saat anda sujud kepala dan kaki anda menyentuh bumikan?
    @Ki Wong Alus: m’f kalau sy menyinggung perasaan panjenengan, sy sndri jg ga tw knp sy bs tersinggung. Seolah2 kalimat Junjungan hny pantas untuk Junjunganku Baginda Nabi Muhammad. Hrp maklum Ki Wong Alus, sy mhn izin absen dan nyimak aja..
    Salam cinta persaudaraan dan perdamaian..

  35. roni s.w

    @yatna supriyatna: maaf mas Ki Wong Alus bukan JUNJUNGAN, beliau hny manusia yg Allah brikn pdnya pengetahuan dan pengalaman melebihi kt yg awam. Saat anda sujud kepala dan kaki anda menyentuh bumikan?
    @Ki Wong Alus: m’f kalau sy menyinggung perasaan panjenengan, sy sndri jg ga tw knp sy bs tersinggung. Seolah2 kalimat Junjungan hny pantas untuk Junjunganku Baginda Nabi Muhammad. Hrp maklum Ki Wong Alus, sy mhn izin absen dan nyimak aja..
    Salam cinta persaudaraan dan perdamaian..

  36. Kodok Terbang

    Ikut menyimak sajalah, ilmu saya masih rendah, menunggu pembabaran lebih lanjut dari sesepuh. Hayo sedulur ada yang bisa prediksi final MU vs BARCA nggak??? Hayo di prediksi :-)

  37. SINGA MARANTEE

    @ DEWA PELET…

    Wah ada dedengkotnya pelet nih…salam salim jg ki…ada kopi gak…?? hehehe…

  38. Kodok Terbang

    Yahhh sepi deh.. :-( :-(

  39. Mamat Kumis

    semanget tengah malem… ikut nyimak dimari smbil nunggu final liga champion… salam salim bwat smua nyang hadir…

  40. Kok pda spi , mlam mngguan x . Mnggo d trus aken pmbabaranny spoyo cling . . .

  41. kai ares

    assalamualaikum, maaf ikut nyimak sedulur sekalian. tentang masalah jin itu saya jadi ingat ada teman saya berkata, kalau kamu berziarah di suatu makam di daerah garut tapi ngak terlalu jelas detail tempatnya cuma di sekitar belantara hutan, maka kamu jangan sampai kemalaman di tempat itu. sanya tanya kenapa? karena menurut teman saya itu, dari gurunya pula yg bermukim di kaki gunung papandayan seorang badal atau wakil tokoh ulama di sana yg suka di sebut mama yg bermukim di gunung cikuray garut.
    bila kemalaman maka di sekitar makam itu akan bermunculan banyak mata, dan jika masih tetap tidak pergi dari sana, maka teman saya itu menyebutnya, rajanya iblis akan datang dan menelannya, lalu seratus tahun kemudian baru akan dimuntahkan ke laut. bahkan teman saya menyebutkan, sang mama yg bermukim di gunung cikuray pun akan memilih kabur daripada melawannya. padahal sang mama itu kata teman saya, diakui dari cerita warga sana, penuh dengan karomah keajaiban. wallahu alam.

  42. SINGA MARANTEE

    Salah satu iblis yg ditubuh manusia bernama KHANNAS… yg di jantung sebelah kiri…

  43. Dewa Pelet

    Ki Singa M@ wah tau aja ane lg ngopi nih,,(ups diterawang tah KI??)
    Kodok@
    Mamat K@
    Arek Pare@
    Kai Ares@
    salam kenal,salam damai

  44. Wangwung

    Ikut menyimak juga……terimakasih Ki Wongalus informasinya tambah pengetahuan. Salam buat sedulur semua. Iseng2 nebak siapa yg menang liga champion MU vs Barca?…….Barca kali ya….

  45. kai ares

    @singa marantee: kang, kalau yg saya tau untuk menembaknya dengan kalimat tahlil saat kata IL, lalu Lallah. di hentakan ke dada kiri, itu juga menurut pak haji yang mengurus cabang pengobatan kejiwaan di ponpes suryalaya, mungkin wakil dari abah anom pimpinan ponpes suryalaya tasik.

  46. Tak bernama

    nyimak

  47. pelan_pelan_saja

    @dewa pelet.malam juga mbah.
    nyimax sambil nunggu bola.

  48. Ijin nyimak ….
    Buat semuanya…
    Salam Paseduluran

  49. Lanang_73

    Aslm..
    Absen mlm..
    Wejangan yg mantaaaaaaaab dr guru sepuh..
    Bkin mlek..
    Slm rahayu njih..
    Trus nyimak..

  50. SINGA MARANTEE

    @ Ki ares….

    Yoi bener sekalee…itulah zikir sirri..

  51. SINGA MARANTEE

    atau niat dipalukan ke dada…

  52. Semangat tengah malam
    nderek nyimak dengan semangat
    salam semangat paseduluran
    monggo di lanjut…
    Cling…

  53. assalamualaikum wr. Wb.
    Waduhhh seram yah!!! Smagat Nyimak tengah malam…
    Salim buat sesepuh KWA smua, monggo di lanjut……

  54. Mamat Kumis

    @dewa pelet… salam damai kembali bang…
    @selor,lanang 73,kai ares,wangwung,cakji… met malem juge… salam perseduluran…
    @singa merante… malem2 begini cocok bwanget minum kopi aceh… maknyus rasanye… xixixixi

  55. wanbiz

    Bang Marantee, berarti jumlah iblis yang bernama KHANNAS itu milyaran ya…

  56. Mamat Kumis

    @pengembara… wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh… salam salim juge bwat bang pengembara…

  57. nderek nyimak

  58. Cungkring Cerbon

    iiiihhhhhhh serem……..

  59. SINGA MARANTEE

    @ Bang mamat kumis…( KUMISNYA SEGEDE MANA YA..??? ) Hehehee.. ;-)

    yoi kopi takengon…hobi jg..??

  60. SINGA MARANTEE

    @ wanbiz…
    cuma atu yg merajai hati.., yg menggoda dgn was-was..alias si penggoda…

  61. SINGA MARANTEE

    Itu yg di tubuh..atau yg melekat..ditubuh…begeto kira2.

  62. Mamat Kumis

    @singa merante… (ukuran kumisnye kaga beda jauh dah ame gagang telepon…wkwkwkwk)… btul kopi takengon itu nyang aye mksd… mantaf rasanye… dulu ade sohib aye nyang kerja di aceh,die sering ngirim tu kopi bwat aye+keluarge…

  63. wanbiz

    atau kurang lebih jumlah manusia = KHANNAS, begitu mungkin ya Bang

  64. SINGA MARANTEE

    @ MAMAT KUMIS
    Wahh..kalo kayak gagang telpon.kumisnya..bs jd saring kopi tubruk dong..wkwkwkw….CANDA.COM, keriting tuh bibir istrinya..waahahaaaaaa….
    :-) :-)

  65. Mamat Kumis

    kayanye seru neh kl ade nyang ngebabar ttg asal usul ame perjalanan syekh abu yusuf,syekh abu yaqub,syekh toythowal,syekh muhammad al asyari al baghdad,dan nyang lainnye…xixixixi

  66. Mamat Kumis

    @wongalus… salam salim,mo nanye…nyang nomer 43. Damriyat (masuk Islam syariat Nabi Isa),ape enih jin damriyat dri golongan ifrit nyang dlu jdi salah satu panglimanye nabi sulaiman atawe damriyat nyang laen?? trims…

  67. Mamat Kumis

    @singa merante… ide nyang luar biase tuh… kapan2 mo dicoba bwat nyaring kopi tubruk… wkwkwkwk… nyang pasti walo bekumis aye orgnye romantis+mesra (ntu kate bini aye ame kate anak cewe pa haji tetangge aye)… pokonye bang abdul malik mudi juge kalah mesra dah kl dibanding aye…xixixixi

  68. Sai ajja

    Absen+nyimak
    ayoo tebak skor,perkiraan skorx nanti 2-1 bwt barca,jare pakdhe is looh,,,,,

  69. akar dewa

    nyimak sambil nongol

  70. Bola….

  71. Mamat Kumis

    @singa merante… kadang2 aye suke kangen neh ame bang abdul malik mudi mesra… soalnye kaga prnah nongol lgi disini… bgimane kabar bang abdul malik disono? mdh2an bae2 aje… titip salam salim yeeh…

  72. Mamat Kumis

    aye sih kpinginnye barca nyang menang… karne disono ade mamat messi… wkwkwkwk…! aye nonton bola dulu ah…

  73. mohamad soleh

    @Ki Wong alus : salam sungkem kulo….
    @Ki Selor : salam salim Ki…
    @Para kasepuhan : salam karaharjan..
    @All bolo Alus : salam perseduluran…
    Suatu postingan yang dapat membuka wawasan……kita semua tp jangan sampai disalah gunakan bisa berabe…buat diri kita sendiri dan juga orang lain…

  74. mohamad soleh

    Banyak orang baru tapi apakah orang lama dengan nick baru….padahal saya juga orang baru….he…he….he….
    Mudah – mudahan MU menang soale sikile wis tak isi pelor kuningan….ha….ha…ha….BARCA awas hati – hati…..( maaf ngelantur )….ha…ha…ha…

  75. pemula

    asslmkm smuax…
    absen tengah malam lewat gitu…wah pembabarannya mantab dan skalian sereeeem….

  76. kentir

    assalamualaikum>>>>>>>>>>>>>
    Ijin nyimak Nggeh…………..

  77. agungsedayu

    Barca vs MU smtara 3;1
    Next….???????

  78. SI:GEDIG:BONDOWOSO

    ASSALAMUALIKUM WR WB,,,,,,,,
    IJIN MENYIMAK …….
    SALAM PERSAUDARARAAN
    DAN SILATURAHMINYA….
    @KI Wong Alus salam salim dan hormat saya.
    @Ki Selor : salam salim
    @Para kyai…sesepuh dan para guru KWA
    salam takdzim dan hormat saya……
    @km Mamat Kumis @km SINGA MARANTEE @km mohamad soleh @all para bolo wong alus semua yg tidak dapat sy sebut satu persatu namun tidak mengurangi hormat sy…..SALAM PERSAUDARAAN MENJALIN SILATURAHMI…….

  79. assalamualaikum. . .bwt mas wongalus mkch dah membabar serat tapal adam. . Tp msh lum puas ki.mohon di babar lbh dalam lg,maklum lg haus ilmu ki. . Oh ya saya dulu pernah di ajari mantra naik kndaraan agar selamat yaitu,bismilahirohmanirohim 3x,sholawat 1x trus membaca SAJAIL,ABNAIL,AUROIL,ABURHAN 3X tahan nafas,apakah nama trsebut trmasuk golongan,jin atw malaikat mas? Oh ya saya sampai saat ini blm paham betul,kodam itu sejenis makhluk apa ya? Bwt dulur yg tahu mohon di babar ,n bwt mas wong alus smg berkenan menanggapi pertanxaanku yg lg haus ilmu,trimakasih

  80. gurunya itu winus atau wisnu ????hehehehehe

  81. permono shidiq

    Assalamu’alaikum wr. wb. salim dulu km wong alus…dan salim juga buat saudara-saudaraku di sini…

    “Iblis dikutuk Allah SWT. Namun Ia diberi kepercayaan berupa penangguhan usia yang tidak akan meninggal hingga kiamat tiba untuk menggoda manusia agar mengikuti jalannya. Sementara milyaran manusia di bumi ini akan mati dan berganti dengan kelahiran manusia-manusia baru. Iblis beserta pasukannya tiada pernah berhenti untuk menggoda, membujuk, merayu, memberi iming-iming kemuliaan dan kebahagiaan kepada manusia. Manusia dengan mudah terlena oleh kecerdasan Iblis ini, kecuali orang-orang yang IKHLAS”.

    Ya Robb…jadikan kami termasuk dalam golongan orang2 yang ikhlas…aamiin

  82. laskar lembu suro

    aslkm absen pagi

  83. Bocah lawu

    Nambah pengetahuan.
    Untuk hati2 masalah nama.. Jgn sampai anak2 kita kliru kasih nama. Klo kasih nama sama dgn nama2 diatas bisa berabe… xixixi.

  84. ari

    SUBHANALLAH…begitu MAHA BESAR ALLAH dg segala ciptaan-NYA..semoga kita semua tetap bermakrifat di jalan LA ILLA HA IL LALLAH..MUHAMMADARROSULLOH..AMIEN..slm buat ki wong alus mg beliau dan seluruh keluarganya selalu dlm RAHMAT DAN PERLINDUNGAN ALLAH SWT.

  85. Rooman

    Salam buat smuany…
    ikut nyimak + absen,,
    Monggo d lanjut…

  86. Apa arti sebuah nama ?! Siapa yg memberi nama marijan dan marijah sbg pemula iblis dan setan itu ki ? Jika ada sesuatu ato mahluk/manusia kebetulan namanya sama..apa ada pengaruhnya (artinya pengaruh dg yg py nama itu terlebih dulu ) …apakah ada semacam tuntutan/pertanggung jawaban utk sebuah nama ? (ato mungkin masuk daftar pertanyaan malaekat kalee..) ..dan apakah seseorang leluhur/byk leluhur itu pasti lebih utama dari anak cucunya (siapa yg menjamin?)…kalo ditilik dari ilmu umpamanya apakah ilmunya leluhur (smua leluhur iblis..setan..manusia) lebih tinggi/lbh benar/lbh jaduk dari ilmu anak cucunya/penerus yg kesekian kalinya ..? Bukankah ilmu mahluk yg pertama dan terakhirpun sumbernya sama yaitu allah……..memang sedikit banyak leluhur juga berperan …tapi apakah hal tersebut bisa menentukan pasti mulia ato tidaknya manusia disisi allah ? Ada yg bisa mendefinisikan yg disebut leluhur disini ?!

  87. ki ageng ustad ifrit

    Mantep ki ijin nyimak n absen pagi senengny barca menang jd menang taruhan ayo kita makan2 tak traktr kalian smwa

  88. absen hadir

  89. tonny

    benar2 luar biasaa.. kampus wong aluss ini.. teruslaahh mmbagi pengetahuan tntang alam ghoib… karena semakin kita tau tntang mahluk2 yg ada d alam ghoib, maka kita akan semakin tau dgn kebesaran pnciptaanNya… Allooohhhhhuu akbarrrr…. Ya Alloohh….Salute to kmpus Wong Aluss

  90. faisal arsawirja

    waaaaaaaaaaaaaaawwwwwwwwwww…kereeeeeeeeeeeeeennnn

  91. ahmad888

    Assalamu ‘alaikum..
    Nyimak

  92. faisal arsawirja

    luaaaarrrrrrrbiasaaaaaaaaaaaaaa….saya gak habis pikir,,,penulis serat ini….kok bisa kepikiran…

  93. Buku tapel adam,cr saja di gramedia.1 bln yg lalu melihat di gramedia..cm mahal harganya.

  94. WONG GENDENG

    Assalamu’alaikum….
    absen morning eit…absen maning.
    wah lagi bahas mahluk dunia laen neh…
    penunggu pulau jawa dari ujung timur pe ujung barat keren2 namanya…
    monggo KI Wong Alus dibabar juga.
    kenapa ALLOH SWT menyebut jin lebih dulu sebelom manusia dalam Alquran?
    Atuut……(ngumpet).

  95. Mantaaaaaaaaap

  96. Miskudin

    Alhamd lillah sdh dibabar nama2 jin n setan. Dibabar juga dong nama2 malaikat.. Innasy syaithoona lakum aduwwum mubin. SETAN ADALAH MUSUH YG NYATA BAGI KITA.

  97. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaukum warahmatullahi wabarokatuh..
    salam takzim n sungkem buat KI Wong Alus s para sesepuh smua, juga salam hormat pr sedulur smua. Alhamdulillah dibabar juga serat tapel adam, smoga mnjd ilmu yg bermanfaat n mnjadi amal sholih. IBlis?Syetan adlah musuh yg Nyata bagi manusia….dlm kitab klasik nama2 syetan tu ada (. dan ada kesamaan dgn serat tapel adam…jiwa dgn ruh beda gk y? jika kita mati yg keluar jiwa atau ruh??? klo perasaan, naluri, akal dmn letaknya?

  98. AREK ILANG..

    asalamualaikum..absen minggu pagi..ijin nyimak..
    oooooooh ternyata itu toh nama2nya,tomboh penasaran mawon ki…hehehe…
    monggo dilanjud lur..

  99. ngeliat nama nenek moyang jin setan ,,marijan dan marijah,,bukan kah itu nama nama ber nahasa jawa,,,trs tuhan ciptakan adam,,jadi bingung nih,,itu sekedar nama atau tuhan yg kasih nama,,atau si pengarang buku yg kasih nama,,di babar ki,,biar gk bingung,,tetangga saya ada yg namanya marijah,,klo di sebut2 bisa datang tuh nenek moyang…

  100. gandri

    Yang saya kagum dang gak habis pikir darimana radeng ronggowarsito mendapat data2 tsb? Apakah dari hadist ataukah menggumpulkan dari ilham ataukah dari para wali. Sedikit pengetahuan saya ttg raden ronggowarsito masa mudanya tergolong naqol nakalnya aqol (bukan nakalnya nafsu) pernah dijadikan anak angkat dari siluman kedung kol, terus nyantri di pesantren tegalsari ponorogo, pernah melakoni amalan dan puasa 40 hari dg nasi yang untuk berbuka selalu ditaruh diatas genting dan berbuah maunah bisa bermakrifat dialog dengan bangsa binatang dan alam yang menjadi penunjang dalam menulis karya serat seratnya. Yang diangkat sbg abdi dalem kraton yang sanggup meramal usianya sendiri.

  101. salam rahayu semuanya
    nderek nyimak mawon untuk tambah wawasan pengetahuan, supaya lebih dekat kepada sang Pencipta atas kekuasaanya menciptakan makhluk-makhluknya.

  102. wehweh seru bnget y

  103. Rihlah Rahmatullah

    Mangapa Allah mnciptakan Iblis/syetan?? Mengapa Allah mengabulkan permintaan Iblis?? pdhl jelas2 Iblis adalah Pembangkang utama??
    Bukankah Apapun yg Allah ciptakan Tiada yg Sia2?? ” Ma kholaqta hadza Bathilan..”Mengapa Iblis digolongkan dgn Malaikat (ketika sama-sama diperintahkn bersujud kpd Adam)???
    Mgkin pertanyaan2 semacam ni sering terlintas dalam benak kita…
    Jelas yg Allah ciptakan Tiada yg sia2, pasti di balik semua itu terdapat hikmah dan pelajaran yg begitu bermakna, meski kdg tidak memuaskan Nalar/logika. mgkin hikmah penciptaan Iblis/Syetan adalah sbg Ujian bg kita…Iblis ktika msih dekat dgn Allah disejajarkn dgn Malaikat, ya karena kedekatan dan ibadahnya sama dgn Malaikat, namun karena membangkang/takabur, maka derajatnya paling rendah..hmm mgkin kita juga sama, jika rendah hati, beribadah kpdNYA dgn Ikhlas, saling berbagi n mnyayangi, maka kita kn disejajarkan dgn Malaikat, bhkan bisa lbih tinggi. Namun, jika takabur, gk mau beribadah, n membuat kerusakan/sering menyakiti sesama, maka kita kn disejajarkn dgn Iblis/syetan bhkn bisa lbih rendah…
    Allah itu Maha pengasih Maha Penyayang yg KasihNYA tidak pilih Kasih, makanya permintaan Iblis pun Allah kabulkan. Makanya smua Do’a/permintaan kita Pasti Dia kabulkan, asal Yakin dan tak putus asa dr rahmatNYA…
    Nama2 Dzurriyat Syetan dlm sbuah kitab klasik ada 9:
    1. Walhan; menggoda manusia ktika berwudlu.
    2. Khonzab;menggoda manusia ktka Sholat
    3. Zalanbur/zalitun;menggoda para pedagang/bergerak dlm kejahatan ekonomi.
    4. A’wan;mnggoda manusia agar berzina.
    5. Wasnan;mnggoda manusia ktika tidur/penebar mimpi buruk
    6. Tabriy;mnggoda manusia yg sedang sakit
    7. Dasim;mnggoda mnusia dlm makanan
    8. Mathun;mnggoda mnusia dlm minuman
    9. Abyadh;mnggoda orang2 yg ahli ibadah atau para wali.

    ternyata ada kesamaan nama ya sperti yg di serat tapel adam itu. saya khawatir jika ada nama manusia yg sama dgn nama syetan2 itu, tabi’at/kelakuannya sama sperti syetan itu. mengingat nama adalah sebuah do’a. Semoga kita semua dlm Naungan & bimbingan Allah slalu, terlindungi dr godaan syetan dan sekutu-sekutunya, dan kita semua mndapat husnul khotimah..amiennn..

  104. Patramantra

    Ikut nyimak biar tahu… @ki wongalus tlg dibabar juga leluhur manusia juga ya…

  105. Rihlah Rahmatullah

    @ki ronggo hartono: mnurutku kayaknya “SAJAIL,ABNAIL,AUROIL,ABURHAN adlah nama2 malaikat, mngingat pemimpin Malaikat berakhiran IL..Jibril, Mikail, Isrofil, dan Azroil, meskipun tentunya tidak semua malaikat berakhiran IL. tu hnya pndapatku saja. Wallahu A’lam benar atau tidaknya mah…
    Tuk Ki Wong Alus yg saya hormati n semua sedulur: Apakh ruh dan jiwa itu sama?? Apakah bangsa JIN, syetan makhlus halus lainnya, mempunyai jasad metafisik?? atau hanya ruh saja?? terus yg merasakan susah senang, sedih gembira, enak dan tidak itu ruh atau jiwa? perasaan, akal, naluri, sukma, apakah bagian dari ruh atau jiwa?? mohon maaf tuk smua jika pertanyaanya kurang berkenan..

  106. Salam sejahtera untuk sedulur KWA dimapun anda berada, dalam kesempatan ini saya akan mengijazahkan sebuah ramuan untuk MEREDAM ASMARA karena pengaruh guna-guna, atau karena pengaruh pelet.

    Dalam bahasa jawa dikenal istilah sakit wuyung atau sakit asmara.
    Ini beratnya bukan main. Mestinya pakar psikologi yang mampu menangani hal ini. Tapi nenek moyang kita ternyata juga punya resep khusus untuk meredam asmara yang membara ini.

    Bahan :
    – bunga bambu apus 1 genggam
    – buah pala 1/2 kelereng
    – gula aren/kelapa secukupnya

    Caranya :
    Semua bahan digodok dengan air 3 gelas hingga tinggal 1 gelas
    Pemakaian :
    Diminum 1/2 sloki menjelang tidur
    Jika airnya habis boleh ditambah lagi dan direbus lagi. Jadi sisa ramuan jangan langsung dibuang, boleh dipakai lagi.
    Lakukan dengan tekun sampai sembuh. Lebih cepat lagi jika penderita mau mendengar nasehat-nasehat agama sehingga jiwa dan hatinya menjadi tentram.

  107. alfakir.alawiyah

    Saat baca rentetan namanya jin dan setan buat merinding ternyata musuh kita (manusia) tuh banyak banget………gak heran manusia banyak terjerumus kemunkaran. Untuk mengenal namanya jin dan setan sekedar wacana tidak apa2 tapi tidak usah diperdalam sampai cara pemanggilannya ditakutkan iman yang belum kuat dapat melenceng dari akidah.

  108. Monggo poro sedulur diingat ingat itu nama2 leluhurnya…barangkali saja ada yg pernah “berkencan” dg salah satu ato beberapa dari mereka……kalo memang ada bagi dung pengalamannya……

  109. AHLU MAKSIAT

    (senyum)

    Saya adalah Ahli maksiat yang harus di takuti para syaithan dan balatentara nya…

    dan saya bertaubat kepada Dzat Yang menciptakan Sayyidina Muhammad Ibni Abdilah Ibni Hasyim SAW…
    Shollu ala nabiy…

    (satu tangan kanan terkepal di udara)

  110. wong lamo

    mantau jin/setan dari jauh,..menghindari hawa nafsunya,….!!….wueesssss

  111. udinsurantab

    Salam salim
    @ki wongalus
    @Rihlah Rahmatullah
    dan para sedulur KWA semua.

    Terkadang saya yang bodoh ini sering bingung saat membahas tentang Iblis khususnya pada masalah geneologi, apakah Iblis merupakan Golongan Malaikat atau Jin?

    Dalam beberapa ayat didalam Al Qur’anul Karim, Iblis dimasukkan kedalam Golongan Malaikat.

    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para MALAIKAT: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali IBLIS; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS Al-Baqoroh 34).

    Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para MALAIKAT: “Bersujudlah kamu kepada Adam”; maka merekapun bersujud kecuali IBLIS. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. (QS Al A’raaf :11).

    Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para MALAIKAT: “Sujudlah kamu semua kepada Adam”, lalu mereka sujud kecuali IBLIS. Dia berkata: “Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?” (QS Israa’ : 61)

    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para MALAIKAT: “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali IBLIS…(QS Al Kahfi : 50)

    Sepertinya ayat2 diatas memasukkan Iblis sebagai Golongan Malaikat. Karena Allah hanya berfirman kepada satu golongan saja, yaitu Malaikat. Dan tidak menyebut golongan Jin untuk bersujud kepada ADAM. Maka ada beberapa golongan yang berpendapat bahwa IBLIS adalah Malaikat yang durhaka. Dalam kajian magic dari barat pun, dikatakan Iblis/lucifer sering menggunakan nama “Fallen Angel” Malaikat yang Jatuh (dari surga)

    Namun pada ayat lain, secara jelas difirman bahwa Iblis itu adalah Golongan JIN.

    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya (QS Al Kahfi : 50).

    —-
    Ditambah lagi dengan posting dari Ki Wongalus, maka semakin bertambah jelas bahwa Iblis keturunan JIN bukan Malaikat.

    Lalu, apakah semua Golongan JIN merupakan MUSUH, sebagaimana kita memusuhi Iblis dan Syetan? Bahwa Golongan JIN sendiri menempuh jalan yang berbeda2 antara satu sama lain. Ada yang Muslim, ada yang Fasik, ada yang Kafir, dan ada yang keturunan IBLIS. Silahkan kaji kembali Surah Aj-Jin. Sedikit banyak kita paham, bahwa antar golongan Jin mereka menempuh jalan yang berbeda2. Ada yang beriman dan ada yang tidak.

    Semoga dengan kajian ini, makin mendekatkan kita kepada Allah SWT. Amin.

  112. Bigbhard

    Aduh… Telat nieh ane….!!!
    Al fatehah aja deh buat semua saudara pmbaca kWa, terlebih kpda nyang pux blog ki wong alus… Sent.

  113. Assalamu alaikum salam takdzim semua nderek ngaji.

  114. ki vienzchen anak wong alus majalengka99

    tak bisa berkata apa-apa buat guru besar wongalus….kecuali dengan bengong dan kaget mendadak…..sumpeh….serem juga ya…..mudah2n ibadah aku tambah mantab dengan habis membaca kuliah ini.

  115. marjan

    huaaaahaaaahaaahaaaahaaaa…..
    sy bukan jin,tapi merk sirup’ marjan….’
    huuuuuaaahaaaahaaahaaa

  116. nyimak

  117. faisal arsawirja

    pasti bentuknya aneh-aneh…..

  118. dewa katon

    Sip…. sebenarnya tapel adam juga sering dibahas di kalangan pondok kok. Lain kali sekalian di babar yang versi Kaballah Yahudi.. yang mengacu pada Hermes alias Enoch alias Idris. Yang dipakai The Golden Dawn, sekte magis Ordo Mason paling populer….
    Mending dibabar juga tentang mengenal diri versi tasawuf… yang di mulai dari Nur Muhammad. Mau yang versi Al Hallaj, Ibnu Arabi, Suhrawardi, Al Jilli atau yang kejawen versi wali songo plus Syekh Siti Jenar. Buat nambah wawasan sedulur KWA.

  119. waah.. pakar2nya udah pada ngumpul, ijin nyimak boz

  120. Tak bernama

    gimana dgn silsilah raja jin tanah jawa ya?

  121. wilis

    izin nyimak para sesepuh dan sedulur semua

  122. wah ampun dengan yang ini…..

  123. Ngaliman

    om,,iblis

    Bismillahirahman nirahim LA ILAHA ILLA ALLAH Allahuakbar

  124. ki bledek

    mantap tenan? menambah pengetauan……

  125. Sai ajja

    Waahh,,tambah seru aj niih,tambah semangat nyimakx,,,

  126. ahsugianto

    Mas Wongalus, nyuwun sewu sy masih ada yg belum jelas..apakah jin/syetan sejak generasi pertama sampai generasi terakhir, mereka semua masih hidup? mengingat para jin/syetan kan umurnya panjang-panjang bahkan ada yg ribuan tahun.
    mohon pencerahannya.

  127. adhi

    assalammualaikum..
    Ngeri jg yah

  128. wah, koq ada marijan jga…. ahihi

    met malem poro sobat (sodara lan sahabat)… rahayu

  129. UTARA

    dipilih..dipilih…dipilih…yang mau ganti nickname qiqiqiqi…..
    yang aku tau panglima demit tanah jawa bernama BAUREKSO.wouw keren…

  130. sukmojati

    absen malam mbah………sambil ngintip kalau ada penampakan….ha ha ha

  131. sukmojati

    absen malam mbah mbah sedoyo………sambil ngintip kalau ada penampakan….hiiiiii atuuuuut kabuuuuurrrr……

  132. iblady

    assalamualaikum wr.wb..salam hormat ki wongalus lan dulur”sedoyo..alhamdulillah dapat ilmu pengetahuan..izinkan kulo nyimak..sukron

  133. Nawiazky

    Izin Nyimak aja yeeee

  134. Caps Lock

    Assalamualaikum..
    Alhamdulilah tambah lagi pengetahuan saya
    Sugeng dalu sedulur
    ikut nyimak + absen,,
    Monggo d lanjut…
    Al-faihah sent buat para sesepuh KAMPUS WONG ALUS.

  135. Buat poro sedulur KWA semuanya… Mohon bantuannya untuk saudara kita korban kecelakaan yang sudah 43 hari dirawat di RS Kariadi Semarang, yang saat ini sangat membutuhkan bantuan dana agar kaki kirinya bisa dioperasi. Tolong lihat video kecelakaannya disini: http://www.youtube.com/watch?v=z4NpKp5hir8

  136. udinsurantab

    @ahsugianto : sambil menunggu penjelasan dr ki wongalus, perlu sedikit diluruskan, bahwa golongan JIN itu tdk selalu SETAN.

    Menurut bahasa, syaithon/setan berarti jauh, dan beberapa ulama mengartikan syaithon/setan adl jauh dari rahmat Allah, jauh dr kebenaran dan sesuatu yg durhaka pd Allah.

    Sedangkan Golongan jin ada jg yg beriman (baca surah Aj jin). Karena Allah menciptakan jin dan manusia utk beribadah kepada Nya.

    Pertanyaan nya siapakah Setan? Siapa sj yg durhaka pd Allah, termasuk manusia. Dalam surah Al an’am 112, musuh2 nabi adl setan dr jin dan manusia.

    “Dan demikianlah Kami jadikan
    bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu
    syaitan-syaitan (dari jenis) manusia
    dan (dan jenis) jin, sebahagian
    mereka membisikkan kepada
    sebahagian yang lain perkataan-
    perkataan yang indah-indah untuk
    menipu (manusia). Jikalau
    Tuhanmu menghendaki, niscaya
    mereka tidak mengerjakannya,
    maka tinggalkanlah mereka dan
    apa yang mereka ada-adakan.”

    baca juga surah An Naas.

  137. ki ageng ustad ifrit

    Absen mlm hmm pakar2 ifrit mulai muncul ane nyimak dlu akh bru dbabarkn bila da yg kurang jls

  138. udinsurantab

    ada yg menarik utk dicermati dr jejak syetan dr golongan manusia. Salah satu nya seseorang yg bernama Charles darwin. Teori evolusi yg kita pelajari di sekolah merupakan sebuah teori yg diajarkan oleh iblis secara langsung kepada charles darwin. Yg mengatakan bhw manusia ada bukan krn penciptaan Tuhan, tp krn proses alam dgn sendiri nya. Manusia adl proses dr sejenis monyet yg berevolusi.

    Teori ini akhirnya berkembang menjadi paham materialistik, atheist, dan rasis. Sehingga timbul perang dunia.

  139. udinsurantab

    demikian juga tokoh terkenal lainnya, yaitu Albert einstein. Nama einstein berasal dr “Eyes Sheytein” (mata setan). teori E=M.C2 diduga adl ilmu kecepatan Jin yg bergerak secepat cahaya. Atom pada jin bergerak kebalikan dari gerak atom kita. Hal itu memicu ditemukan nya teori Antimatter (anti materi) kebalikan dari materi.

  140. udinsurantab

    dan puncaknya dr kerusakan dan fitnah yg terdasyat sepanjang peradaban manusia adl munculnya DAJJAL sang penipu. Berdasarkan Hadist dan pendapat ulama, bhw Dajjal adalah sosok syaitan yg berasal dr Golongan manusia. Seperti yg dipesankan oleh Rosulullah SAW, tanda Dajjal terletak pada matanya.

  141. udinsurantab

    koreksi einstein berasal dr kata arab ‘Ain syaithon. Kemudian berubah pengucapan jd einstein.

  142. udinsurantab

    ‘Ain syaithon. Kemudian berubah pengucapan jd einstein.

  143. Faisal wae

    nyimax,
    mantaaaap

  144. Faisal wae

    syaiton ada pada diri sendiri.
    WASPADALAH! WASPADALAH!

  145. laskar lembu suro

    aslkm melu nyimak

  146. roikhu-kwa0830

    adakah sedulur yg tau ini mantra apa ?
    “FUSUMNA RUHSUMNA RAH RAH RAH”

  147. sanjaya32

    salam buat paseduluran semuanya…
    ijin nyimak + hadir…

  148. Salam peseduluran semuanya alfatehah sent to @All
    Ikut nyimak :)

  149. udengudeng

    semangat pge dulur2, nyimak d pojokan monggo d lanjut

  150. neo

    tumpang…naip..hehehe……setan iblis di perbuat daripada api..emm ye ngak apa2 jika mereka emang diperintah oleh allah duduk di neraka selama2nya,,,bagaimana dgn manusia????kejadian manusia???setelah di sesat kan oleh mereka,kita pula menjadi batu api kepada api2 neraka untk memarakan mereka dan api neraka…fikir2kan bersama…….

  151. Wulyojati

    Pagi pagi pagiiiiiiiii

  152. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum…absent pg salam takzim s salim tuk sesepuh n sedulur smua…
    @Udinsurantab: betul Kang….
    Jika manusia berperang melawan Syetan hanya dengan mengandalkan “kekuatan diri sendiri” bisa dipastikan manusia Kalah, atau minimal lelah dan capek. Makanya Allah menuntun kita untuk berIsti’adazah/berta’awudz ” A’udzubikkahiminassyathnirrjiemm” Aku berlindung kpd Allah dari godaan yg terkutuk…Mungkin timbul pertanyaan dari kalimat Isti’adazah tsb. mengapa disuruh berlindung dr godaan syetan?? tidak dari Iblis? tidak dari jin/Ifrit??
    Karena Iblis sekarang sudah “pensiun”dalam menggoda manusia. Iblis sekarang hanya tinggal memerintah, memantau, menerima laporan dari syetan2 dan memberi arahan bagaimana agar sukses menggoda dan mnjerumuskan manusia ke jurang kehinaaan dan kesengsaraan dunia akhirat. Knp jg tidak berlindung kpd Jin/ifrit?? karna tidak smua Jin/ifrit itu jahat/buruk. ketika Jin/ifrit jd jahat(bahkan manusia itu sndiri) maka dia jadi syetan (artinya termasuk golongan syetan yg dimaksud dalam isti’adzah itu).

    Pada suartu ketika Syekh Abdul Qodir Jilani( Pemimpin pr Wali) sedang berkholwat, tiba-tiba muncul sinar putih mngkilau dan ada suara yang mengatakan “hai Abdul Qodir, akulah tuhanmu, mulai detik sekarang, aku halalkan kpdmu smua yg telah kuharamkan..”mndengar suara itu syekh Abdul Qodir lgsung membaca “A’udzubillahiminasyaithonirrojiem” enyah lah kau syetan. Tiba2 cahaya itu berubah jadi gelap gulita disertai munculnya syetan dgn wujud yg buruk sambil berkata,”selamat..selamat engkau hai abdul qodir dari tipu dayaku ini. Sudah lebih dari 70 orang para wali yg celaka karena tipu dayaku semacam ini.”
    Mungkin hikmah dari kisah ini adalah, Syekh Abdul Qodir saja (Sang pimpinan para Wali) tidak mengunakan “kekuatan sendiri” dalam menghadapi syetan ni, tapi beliau langsung berIsti’adazah/memohn perlindungan kpd Allah…apalagi kita, manusia biasa.
    hikmah lain adalah selama kita hidup kita tidak boleh meninggalkan syari’atNYA( misal tidak usah sholat, puasa cukup “eling/ingat saja dengan alasan sudah makrifat dan sudah merasa dekat dgn Allah)…
    ternyata godaan/tipudaya syetan itu begitu halus dan tak terasa, pandai mengemas leburukan dengan keindahan…

    “barangsiapa yg takut dan tunduk kpd Allah, maka Allah kan membuat segala sesuatu tunduk kpdnya. dan barangsiapa yang tidak takut dan tidak tunduk kpd Allah, maka Allah ken membuat ia takut dan tunduk kpd segala sesuatu, bahkan takut n tunduk kpd bayangannya sendiri”, demikian seorang Ahli Hikmah berkata. wahhh jadi ngelantur gini nih pagi2…

    kpd Ki wongAlus dan sedulur semua mohon dibabar tentang “jin qorinah/jin pendamping manusia”…maaf jika coment saya ni ada yg kurang berkenan di hati sedulur semua..

  153. Rihlah Rahmatullah

    ralat..A’udzubillahiminassyathnirrojiemm” Aku berlindung kpd Allah dari godaan Syetan yg terkutuk…

  154. unluckyman

    absen pagi…..nyimak “turunan setan”…….semoga kampus adem ayem hari ini…amin

  155. Nur Langit

    Absen…..
    Mohon nyimak…

  156. IKI OPO MANEH IKI ANEH2 WAE MBAH???!!!!

  157. rifki tapai

    mantab..buat referensi pengetahuan…
    kalo bisa dibabar juga untuk yang silsilah raja2 nusantaranya mbah……

  158. sudiawijaya

    absen, setan juga perlu kebutuhan khan, maka bisa dipastikan iblis adalah jin terkaya, karena dia khan harus menggaji banyak setan. setan juga pasti punya keluarga atau mungkin yang ikut iblis ga boleh menikah ?. bisa jadi setan yang berhasil menggoda manusia dapat bonus. karena iblis abadi tentunya kekayaannya seabrek. anak buahnya jangan ditanya.

  159. dody

    ….Zip22….ya klo dibabar gini kan gpp…to ya khan ki!!! Babar saja smuanya ki …yg baik,buruk jga smua allah mnenentukan….

  160. nuwun sewu mas aluss…

  161. ILMU MENGHADIRKAN UANG DIBAWAH SEJADAH

    (Spesial Amalan)

    Cara wudu.
    1. Muka (wajah) baca….bismillahirrahmanirrahiim 3 x
    2. Tangan kanan baca….syahadat tauhid 3x
    3. Tangan kiri baca….syahadat rasul 3x
    4. Kepala baca ….. syalawat 3x
    5. Telinga baca…. Istigfar 3x
    6. Betis kanan dan kiri baca… lahaulaawala quwatailabillahil aliyil ajim 3x
    Sebelum sholat qamatnya baca
    1. Laillaha illaallahu..kabla kuli ahad
    2. Laillaha illaallahu..bada kulli ahad
    3. Laillaha illaallahu.. yaf ka rabbuna wajab na kullu ahad
    Didalam sholat duduk tahyat, waktu kita hendak membaca syahadat tauhid.
    Waktu mengangkat telunjuk Ashadu anla laillaha….. illaallahu ( dikejut) langsung sambung wa ashadu anna muhammaddarasullullah.
    Setelah sholat langsung baca tawasul
    1. Alfatihatu ila hadrati.. nabi Adam.. alfatihah
    2. Alfatihatu ila hadrati.. ST Hawa.. alfatihah
    3. Alfatihatu ila hadrati.. nabi Muhammad.. alfatihah
    4. Alfatihatu ila hadrati.. ST. Khadijah.. alfatihah
    5. Alfatihatu ila hadrati.. nabi Ibrahim.. alfatihah
    6. Alfatihatu ila hadrati.. nabi Khaidir.. alfatihah
    7. Alfatihatu ila hadrati.. nabi Ilyas.. alfatihah
    8. Alfatihatu ila hadrati.. syahabat 4. Abu Bakar Umar Usman Ali.. alfatihah
    9. Alfatihatu ila hadrati.. Malaikat muqarrobbin Jibril Mikail Isrofil Izroil.. alfatihah
    10. Alfatihatu ila hadrati.. Ibunda………….wa Ayahda……….. alfatihah
    11. Alfatihatu ila hadarati syech Abdul Qadir Jailani….alfatihah
    12. Alfatihatu ila hadarati syech Saman Almadani….alfatihah
    13. Alfatihatu ila hadarati syech Muhammad Arsyad Al Banjary….alfatihah
    14. Alfatihatu ila hadarati Sanggul….alfatihah
    15. Alfatihatu ila hadarati Muslimin Muslimat wal Mukminin wal Mukminat….alfatihah

    1. Wabigfirli wahabli mulkan layan …………………….dst
    ….200x
    1. Wabil hairi ya Fattah papa tahu wabil …………………….dst….200x
    2. Allahumma subaha alaya rizkoka kama sholaita, …………………….dst…200x
    3. Allahumma shali ala Muhammad …………………….dst…200x
    4. Allahumma shali ala sayyidina muhammadinil wab’usi …………………….dst….2000x

  162. lemots

    Subhanallah bnyk dapet ilmu dari sini,..

    Nyimak terus

  163. ki vienzchen anak wong alus majalengka99

    absen siang……sembari ngelamun …..ya allah hadirkanlah musrid yang mau membimbing saya….. T_T sedddddiiihh tak berujung

  164. ki ronggo hartono::aburhan bcnya dikitab abuu rehan salahsatu khodamullah dari golongan malaikat di al fatihah.klo auroil adalah salah satu malaikat allah yang ada di alam 756 di lapis ke 8 berupa singa allah yang ditempatkan di matahari disetiap alam.kl sajail salahsatu malaikat yg diangkat dr golongan jin yang ad di langit ke 2 lapisisan k 27 dan berkuasa di timur laut.lainnya sy hrs lht ktabnya dlu…..maaf kl salah ya….sesepuh dsini pastilebih expert spt halnya ki singga merante.salam ki.

  165. gentala_agni

    saya nyimak aja ya.. ilmu saya masih cetek..

    makasih ki atas pengetahuannya..

  166. saya

    salam para sesepuh semua. Saya orang baru ijin gabung disini. Moga2 para sesepuh bersedia membagi ilmunya pada saya. Tks. Salam.

  167. Amir Dauly

    Assalamu ‘alaikum Wr.wb.

    Kampus Wong Alus merupakan salah satu sarana yg mana bagi saya sangat bermanfaat (duniawi dan ukhrawi) dan saya sangat senang apabila niat saya ini diterima untuk mendaftar menjadi anggota KWA.
    Nama : Amir Dauly Kota : Tanjung – Tabalong – Kalsel HP:081251217418

    Mohon maaf sebelumnya dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ki Wong Alus dan salam kepada para sesepuh dan sedulur sekalian.
    Wassalamu ‘alaikum. wrwb.

  168. mkch bwt penjelasan kang ali,salam seduluran. . . Monggo di amalin nek berkenan. . .kata guru saya mantra itu di gunakan untuk naik kendaraan kalo kecelakaan g bakal luka kecuali kalo terbakar . .suwun

  169. palui

    Nyimax
    absen sore

  170. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..absent sore…jika diamati nama Leluhur Jin/syetan yg pertama yaitu Marijan, hampir sama sengan nama mutiara yg ada di Surga, Marjan. apakah karena dulu awalnya Jin tinggal di surga. Dalam surat Ar Rahman: “”Dari keduanya keluar mutiara(Lu’lu) dan MARJAN.” (ayat 22).
    “almarjan (mutiara)” maka ada yang mengatakan “Yaitu, mutiara kecil”. Demikian yang dikemukakan oleh Mujahid, Qatadah, Abu Razin dan adh-Dhahak dan diriwayatkan dari Ali. Dan ada juga yang mengatakan “Yaitu, mutiara yang besar dan terbaik.” Demikian yang diceritakan Ibnu Jarir dari beberapa ulama Salaf dan diriwayatkan Ibnu Abi Hatim dari ar-Rabi bin Anas. Juga diriwayatkan oleh as-Suddi mengatakan dari MAsruq dari Abdullah, ia berkata “almarjan adalah permata merah.” Jadi klo nama MARJAN itu bagus ya…tp, klo MARIJAN?? apakah MARIJAN (induk jin itu) merupakan JIN baik or jahat? ISLAM or nonislam?? wallahu A’lam…

  171. Raden Anom

    Assalamualaikum wr wb ,.
    Absen sore ,…hadir hadir hadir ,..

  172. @kironggohartono:ok kang..sip asma yang bagus kok tuk diamalin..
    @Rihlah Rahmatullah; betul kang, bukan marijan dan marijah,,,tapi dalam cara bahasa arab kunonya Marjan dan Marij..yang satu pakee nun mati yang satu lagi gak ada..itu yang dikatakan juga dari keterangan dalam salah satu kitab sihir kuno…dan dari mistik persia dijelaskan ulang oleh syekh abu yazid al busthomi ..yah ga salah siee hanya cara bacanya aja kurang tepat..salam persaudaraan tuk semua..hip hip

  173. oooooooo………nyimakzzzzz

  174. nyimak…………..

  175. wisanggeni

    nyimakk

  176. hadi

    absen, salam takzim wong wong alus, akhir e dibeber jg. btw makasih bnget, dgn gne kan aq ga penasaran, lgian ojo smpe bikin nama tuk anak q kelak sm dgn nama e setan

  177. Rihlah Rahmatullah

    @kang ali: oh gitu ya, berarti klo marijan tu nama yg bagus y, klo pun dipale buat nama manusia gk ada efel samping negatif, misalnya Mbah Marijan, malah terkenal y. juga sirup marjan terkenal juga kn heheh…
    eh mngamati serat tapel adam di atas, jd timbul pertanyaan khusus buat Ki Wong Alus yg saya hormati: di serat itu dapat kita baca ada 4 nama keturunan SYETAN yg Islam, Maheran (masuk islam ikut Nabi Nuh) NO.12,
    Gajali (islam) NO.24, Jabarjus (masuk Islam ikut Nabi Sulaeman dgn syariat nabi Musa)NO 33, dan Damriyat (masuk Islam syariat Nabi Isa)no 43. sementara dari golongan JIN Tak ada satu pun yg Islam. apa di seratnya seperti itu? ataukah (maaf) Ki Wong Alus kebalik menuliskannya? Bukankah semua syetan itu kafir? sementara JIN berbagai macam agama&kepercayaannya bagi kita?? Maaf tuk Ki Wing Alus jika pertanyaannya kurang berkenan, maklum murid bodoh…

  178. Rihlah Rahmatullah

    eh maksudnya “sementara JIN berbagai macam agama&kepercayaannya sama seperti kita??

  179. noor anjani

    sy ngak percaya itu semua.yg ada hanya Allah dan Muhammad.sekiranya kita lalai dr mengingati Allah walaupun 1 saat itulah yg d nmkan setan.erti setan yg melalaikan kita dr mengingati Allah.Jin tak bersifat hanya mahu mengambil sifat pd manusia.mn mungkin dia boleh ujud tanpa sifat.kenali lah Muhammad dengan sebenar benarnya kerana hanya Muhammad iblis tidak dpt menyerupai.semua makluk Allah iblis boleh menyerupai tetapi muhammad iblis tidak dapat menyerupai.kalau menyerupai ia akan binasa.

  180. KI SENGGOL MONCROTY

    ISINE MUNG KAYALANE WONG SING NGANGGEP RUH e WES MULYO… ISINE MUNG STRESS KABEH

  181. KI EMPU DEWANDJANI

    BAHASA MENCERMINKAN KARAKTER DIRI …
    (senyum)

  182. Om Antok Bujang apakah sudah diluar kota Om……
    kata om mangku panjenengan sering ngumpul di pasar minggu….
    lha mbok saya diajak…….

  183. pagi………….. masih setia nyimak……..

  184. Damar Sultan

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    @Rihlah Rahmatullah… nambahin keterangannya ya ki, tentang nama-nama Iblis yang menggoda manusia…

    Iblis adalah musuh yang nyata bagi manusia karena itu kita harus tahu seluk beluk mereka, nama mereka dan pekerjaannya, yaitu :

    1. Khonzaab : Menggoda manusia dalam beribadah seperti Sholat, puasa, zakat, haji dan lain-lain
    2. Wilhan : Menggoda manusia dalam hal bersuci dan kebersihan
    3. Zallabur : Menggoda manusia dalam hal berniaga dan perdagangan, menipu dan bersumpah palsu
    4. A’waar : Menggoda manusia supaya berzina dan yang ada pertaliannya ( hubungannya )
    5. Wasananun : Menggoda manusia agar menjadi malas dan penidur tatkala berbuat baik
    6. Syabur : Menggoda manusia yang dapat musibah dan sengsara agar agar tidak menerima ketentuan dari Allah SWT
    7. Daasimun : Mengoda manusia yang dapat nikmat agar lupa bersyukur kepada Allah SWT
    8. Matuunun : Menggoda manusia agar berdusta dan membuat berita bohong dan fitnah
    9. Abyadh : Menggoda para Nabi-Nabi dan Wali-wali serta Ulama’
    10. Hafaf : Iblis yang bertaburan di hutan, pohon-pohon kayu yang besar, lobang-lobang tanah dan jalan raya

    inilah nama-nama Iblis LA. yang selalu menggoda manusia agar jauh kepada Allah SWT. semoga bermanfaat, kalo ada yang salah tolong benerin..

  185. Dadonk

    Sedulur kwa ane minta amalan mustajab agar cepat tuntas hutang

  186. brain

    Sungguh luar biasa eyang ronggowarsito itu

  187. brain:ya iyalah hebat sama aja dengan ki wong alus, wong mereka hanya copy dari kitab bahrul alam kok.hehehehehe

  188. Erick

    untuk silsilah malaikat kapan nich ..???

  189. klo SAMUN al jin itu sapa ya???
    klo lelembut itu apa ya?
    klo dedemit apa ya?
    klo jin

  190. H.Dedi Candra Wijaya

    Salam Perkenalan dari saya di Tangerang-Banten dan ijinkan saya untuk selalu membuka website kwa, mengikuti dan insyaallah mengamalkannya, semoga komunitas kwa selalu dalam lindungan dan ridho ALLOH SWT. Amin……….

  191. @ki wong alus,Rihlah Rahmatullah:bolehkan nambah sedikit…saya hanya mau menambahkan saja,berdsarkan Manuskript lama bernama Ar rahman fitib wal hikmah, Diriwayatkan oleh Ashif bin bakhroya: saat pertemuan para iblis yang berada dibumi dengan Suliman AS, bertanya kepada turunan iblis yang menjadi dikenal khodam malaikat ardhiah bernama maimun AS.dan abu milldam AS., tugas dan makannya, maka mereka menjawab bangsa kami (maimun dan umi milldam ) hanyalah makan darah daging orang-orang maksiat, menghaburkan makanan dan harta, sedangkan tugas kami di bumi di seluruh alam dunia yang diciptakan Allah SWT adalah menimbulkan kerusakan, penyakit, kesesatan, dan kematian. Kemudian ditanyalah yang lainnya seperti ahmar, Mudzib, abyad, Zaubah,dsb seperti yang telah dijelaskan..semuanya ditarik kesimpulannya mempunyai tugas yang sama… Maka itu sahabat KWA hati-hatilah jangan berbuat maksiat jika tak ingin di rasuki mereka dan berhati-hatilah memanggil mereka karena kita bukan nabi apalagi Nabiyullah Sulaiman SAW dan Rosulullah SAW, bahkan sedikitpun tidak..apalagi saya…maaf bila ada salah kata…

  192. kulonuwun ki, ikut nimrung doang.

  193. roberto penanya dong???????????

  194. minta bantuannya pada para sesepuh…..

    saya sering lihat mahluk halus tp para mahluk halus itu tidak pernah mengganggu saya,
    yang saya tanyakan adalah bagaimana saya mengontrol mata batin saya supaya tidak terlalu sering melihat mahluk halus itu terima kasih……..
    balez ke email aku yaaaaaa knalpot_motor@yahoo.co.id

  195. mbah semar kuning

    askum, wrwb..saya jg pernah dpt ijazah ilmu tapel nabi adam hingga level 4…guru saya pnh bilang ttg silsilah para raja jin ini…kami jg punya jalur untuk ketemu dg para raja jin ini bertemu fisik…bagi yg di jogja silakan hub biar bs kopdar

  196. alan p

    sorry agak telat, moga2 masih dijawab
    mw tany, trus azazil tu sapa kang bro?

  197. lukman

    @ SUFISTIK GHAIB : Mohon Ijin mengamalkan ki

  198. Pr. Wira bumi

    Terimakasih untuk keterangannya semoga bermanfaat.

  199. nyoman kenther murid edan

    salam kwa jogjakarta…….ajajjajajja

  200. egar

    aku mau tanya sama ki wongalus,waktu aku kecil aku pernah mimpi di dalam kamar aku dipenuhi dgn ular dan saat itu aku tidur dgn ibuku,kakak dan adikku,di dalam mimpi itu aku mimpi ada ular dan anehnya lagi aku gak ketakutan dan ibu,kakak,adikku pada ketakutan dan lari tapi aku enga takut malah ular2 itu engak menggangu aku.kira2 umurku saat mimpi 6thn..aku mau tanya apa arti mimpi aku dgn ular itu.dan waktu aku kecil aku sering mimpi bisa melihat hari yg akan datang.tlng jawabannya kiwong alus,bls ke

    siree.naru@gmail.com

    Terimakasih

  201. iandre

    @ Rihlah, wah cerita syech Jaelani mirip cerita Paulus pada waktu dia menghalalkan babi.
    @ udinsurantab, Albert Einstein adlh org Yahudi dari Jerman (Ashkenazic). Einstein berasal dari : ein ‘one’ + Stein ‘stone’. Kalau mengambil bahasa Hebrew maka ‘mata setan’ = “Ayin Satan”

  202. jablai

    assalam.,
    mengenai penamaan mahluk, sepengatahuan saya, ulama enggan membahas dan mempublish nama mahluk halus itu di karenakan mereka(mahluk) memiliki kemampuan untuk mengetahui ketika seseorang menyebut nama nya…
    dari asumsi diataas bisa saja menimbulkan masalah baik itu menyangkut aqidah maupun ketersinggungan dari mahluk yang tertera diatas…
    namun dari segi manfaat juga tidak terdapat hal-hal yang bisa menuntun qta pada kebenaran yang hakiki…

  203. zaki

    Jin malaikat manusia. Adakah keturunan kawin hilangnya.
    Ada malaikat jadi manusia tergoda wanita
    Ada jin jelmaan menodai wanita
    Ada manusia kawin dg mahluk halus
    Berangkatnya jadi apa ya…
    Muridnya manusia jawa persidangan manusia dan jin.

  204. AL - MAHDI

    YG JELAS SEMUA PASTI MODAR DAN AKAN DIPERTANGGUNG JAWAB KAN DIHADAPAN ALLAH , KLO G MANFAAT BUAT AKHERAT BUAT APA DI GEMBAR GEMBOR KAN , MALAH LEBIH BANYAK MUDARAT NYA , BANGGA AMAT KENAL AMA SETAN N IBLIS .

  205. Deni K

    sejak kapan nabi Isa agamanya islam? sampe sampe jin dapet syariatnya? bahlul.. bahlul..

  206. Top markotop ki SUBHANALLAH

  207. assalam @deny k semua nabi itu islam,karna semua mengakui kerasulan muhammad nabi yg akan datang,sesuai rukun islam per1..
    Untk sholat 5 waktu blum ada krn jasad nabi s.a.w blum dilahirkan,
    dlm kata lain syariat nya berbeda.karna setiap nabi mempunyai syariat untk pribadi masing2 yg khusus buat nabi trsbt,ingat ta apa maskawinya nabi adam untk menikahi hawa,yaitu 2kalimat syahadat.

  208. pengikut adalah umat
    pengikut berasal dari kata ikut,jd siapa saja yg di sebut umat muhammad?.yaitu yg mengikuti tata cara muhammad.
    Pertanya an untk individual masing2 adalah,
    apakah anda smw sdah bs mengikuti tata cara muhammad dlm beribadah,scara keseluruhan??.
    Jawab nya pasti BLUM.
    Apakah anda sudah pantas di sebut umat muhammad yg mulia?

  209. sdangkan yg disebut tata cara adalah syariat.

  210. Manusia harus menggetaui jati dirinya

  211. Selain allah siapa berikutnya makhluk hidup yg paling jago/sakti ?

    (Malaikat izrail)

  212. cukuplah tuhan bagiku alloh maha agung.tiada di dalam hatiku kecuali alloh.cahaya muhammad. selamat atasnya.benarlah tiada tuhan selain alloh

  213. macaci

    .. Didalam rahasia itu masih ada rahasia sedangkan dlm rahasia itu ada yang di rahasiakan.. Mohon maaf saya juga mendalami masalah tapel adam dan masalah yang saudara beberkan itu hanya bebrapa lembar dari dari keseluruhan serat tersebut. Masih banyak yang harus anda pelajari dalam serat tersebut..mungkin anda juga perlu membaca serat2 lainya seperti bayanulloh, Nur Alif, Geguritan Puntik mas,dan tetap lah berpegang pada alqur’an dan hadis. Trimakasih

  214. gunawan

    assalamu alaikum pak wongalus…
    terimakasih atas pencerahannya.
    perkenalkan nama saya gunawan
    jika berkenan sy ingin mengenal lbh dkt dgn bapak .
    terima kasih sebelum & sesudahnya.
    salam _/\_

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: