MAKNA HURUF HIJAIYAH


Dari Husein bin Ali bin Abi Thalib as. :

Seorang Yahudi mendatangi Nabi Muhammad SAW. Pada saat itu Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as bersama Nabi.

Yahudi itu berkata kepada Nabi Muhammad SAW : “apa faedah dari huruf hijaiyah ?”

Rasulullah SAW lalu berkata kepada Ali bin Abi Thalib as, Jawablah”.

Lalu Rasulullah SAW mendoakan Ali, “ya Allah, sukseskan Ali dan bungkam orang Yahudi itu”.

Lalu Ali berkata : “Tidak ada satu huruf-pun kecuali semua bersumber pada nama-nama Allah swt”.

Kemudian Ali berkata :

  1. “Adapun alif artinya tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan Kokoh.
  2. Adapun ba artinya tetap ada setelah musnah seluruh makhluk-Nya.
  3. Adapun ta, artinya yang maha menerima taubat, menerima taubat dari semua hamba-Nya.
  4. Adapun tsa artinya adalah yang mengokohkan semua makhluk “Dialah yang mengokohkan orang-orang beriman dengan perkataan yang kokoh dalam kehidupan dunia”.
  5. Adapun jim maksudnya adalah keluhuran sebutan dan pujian-Nya serta suci seluruh nama-nama-Nya.
  6. Adapun ha adalah Al Haq, Maha hidup dan penyayang.
  7. Kha maksudnya adalah maha mengetahui akan seluruh perbuatan hamba-hamba-Nya.
  8. Dal artinya pemberi balasan pada hari kiamat.
  9. Dzal artinya pemilik segala keagungan dan kemuliaan.
  10. Ra artinya lemah lembut terhadap hamba-hamba-Nya.
  11. Za’ artinya hiasan penghambaan.
  12. Sin artinya Maha mendengar dan melihat. Syin artinya yang disyukuri oleh hamba-Nya.
  13. Shad maksudnya adalah Maha benar dalam setiap janji-Nya.
  14. Dhad artinya adalah yang memberikan madharat dan manfaat.
  15. Tha artinya Yang suci dan mensucikan.
  16. Dzha artinya Yang maha nampak dan menampakan seluruh tanda-anda.
  17. Ayn artinya Maha mengetahui hamba-hamba-Nya.
  18. Ghayn artinya tempat mengharap para pengharap dari semua ciptaan-Nya.
  19. Fa artinya yang menumbuhkan biji-bijian dan tumbuhan.
  20. Qaf artinya adalah Maha kuasa atas segala makhluk-Nya.
  21. Kaf artinya yang Maha mencukupkan yang tidak ada satupun yang setara dengan-Nya, Dia tidak beranak dan tidak diperanakan.
  22. Adapun lam maksudnya adalah maha lembut terhadap hamba-nya.
  23. Mim artinya pemilik semua kerajaan.
  24. Nun maksudnya adalah cahaya bagi langit yang bersumber pada cahaya arasynya.
  25. Adapun waw artinya adalah, satu, esa, tempat bergantung semua makhluk dan tidak beranak serta diperanakan.
  26. Ha artinya Memberi petunjuk bagi makhluk-Nya.
  27. Lam alif artinya tidak ada tuhan selain Allah, satu-satunya serta tidak ada sekutu bagi-Nya.
  28. Adapun ya artinya tangan Allah yang terbuka bagi seluruh makhluk-Nya”.

Rasulullah lalu berkata “Inilah perkataan dari orang yang telah diridhai Allah dari semua makhluk-Nya”.

Mendengar penjelasan itu maka yahudi itu masuk Islam.

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 220 Komentar

Post navigation

220 thoughts on “MAKNA HURUF HIJAIYAH

  1. Aslmlkm

  2. pencari sejati

    Met malam sedulur wong alus

  3. nataurip

    Absen malam

  4. Assalamualaikum wr wb salam dr sy dpkalongan salam damai salam karahayon

  5. rahman

    klo boleh tau ada yg punya nomer hp ki jatiraga ndak dulur2,saya ada perlu

    mohon bantuan dulur kabehan

    klo tau mohon kirim ke nomor hp saya ya 085789807653

  6. lemah ireng

    telat

  7. aslmkmwrwb, hadirrr,masuk malam menyimak isi pelajaran,…

  8. UTUH NAGA

    absen

  9. UTUH NAGA

    mlm yg dingin

  10. UTUH NAGA

    nasib anak bujangan’mlm kedinginan

  11. UTUH NAGA

    salam peseduloran

  12. shuii

    absent masih 20 kayaeeeeeeee

  13. Rihlah Rahmatullah

    20 besaaaarrrrrr

  14. shuii

    @rahman coba di comment nya do asma sbledug awu,,,ada kayae td i liat beliau ijazah bleduk awu n versi bagdad

  15. shuii

    @ kang mas raihlah sugeng dalu…..pripun kabareeeee,,mugi2 sae2mawonnnn

  16. Rihlah Rahmatullah

    Assalmu’alaykum sedulur semua..met malem @Kang Mas Shuii, @@ Kang Mas wong lamo, @alas tunggal, @pencari sejati, @rahman, @lemah ireng, @nata urip, @utuh naga, @rahman….ngopiii yuuukkk…

  17. Jaya Mendung

    Absent malam
    Ikut nyimak
    Salam salim bolo wongalus

  18. Rihlah Rahmatullah

    @Kang Mas Shuii; alhamdulillah Baik-baik saja Kang Mas..semoga Kang Mas juga sehat wal ‘afayat ya…ternyata dengan mengetahui Makna huruf Hijaiyyah saja kita sudah bisa Makrifat…belum makna huruf hijaiyyah dilihat dari sudut pandang ilmu Falakiyah, Ilmu alat, ilmu tajwid, ilmu tasawuf…dan ilmu Tafsir…Jelas mengandung rahasia yang begitu dalam dan luas…mungkin hanya “ar Rosikhuna fil ‘ilmi..”yang diberi kefahaman/kasyaf oleh Allah dalam mengungkap rahasiaNYA…tapi, Makna Huruf Hijaiyyah yang diposting di atas, Hadits Riwayat siapa ya?? koq tidak dicantumkan rawinya. pangapunten, saya bertanya demikian..

  19. mukdis

    absen malam…salam bwt smua

  20. waalaikumslm :,@Rihlah Rahmatullah:..ayo,kita ngopi + ngudut mendengarkan pencerahan dari para sesepuh sedulur kwa,..lanjut yang sedulur,bawak kopi masing masing>>?!@#$%^,kita mojok..

  21. Anak setann

    wah nomor k brp nich….
    telatt kaya nya…..

    salam rahayu buatt sedulurr semuaaa…

    apsenn malammm

  22. nataurip

    Kaf artinya yang Maha mencukupkan yang tidak ada satupun yang setara dengan-Nya, Dia tidak beranak dan tidak diperanakan.
    Ha artinya Memberi petunjuk bagi makhluk-Nya.
    Ya artinya tangan Allah yang terbuka bagi seluruh makhluk-Nya”.
    Ayn artinya Maha mengetahui hamba-hamba-Nya.
    Shad maksudnya adalah Maha benar dalam setiap janji-Nya.

    Baru tahu saya, jadi ini sebabnya kenapa susunan huruf NUR kata orang energinya luar biasa.
    Salam buat sedulur semua

  23. Patramantra

    Absen dan nyimak aja pembabaran lebih lanjut

  24. nataurip

    @ Mas Rihlah Rahmatullah, Salam Mas, kalo ada Makna Huruf Hijaiyyah yang lain silahkan di jelaskan mas, biar nambah wawasan buat saya dan sedulur yang lain. Salam

  25. Palui

    Izin Nyimax

  26. asss….kum..wr.wb
    Poro sesepuh dan bolo wong alus sedanten…
    nderek nyimak..

  27. shuii

    oalahhhh baru tau kalo kunci2 beberapa ilmu2 hikmah ini artinya….hihihihi muantaaaappppzzzz

  28. Rihlah Rahmatullah

    @Ki wong lamo;yuuk kita ngopi
    +buhur 234 tujuh bks n dupa tujuh rupa..heheh
    @Ki nataurip: monggo dilanjut, klo menurut ilmu Falak itu dibahas dalam Kitab Abu Ma’syarol Falaqi, dinataranya bahwa setiap huruf mempunyai nilai angka tertentu, disebut juga Hisabul jumal. seperti perhitungan jodoh yang di posting oleh KH Gus Santri. juga bisa digunakan “al Gholib wal Maghlub” yaitu perhitungan kalah-menang dalam sebuah kompetisi/pemilihan. Untuk lebih jelasnya, silahkan merujuk kepada Kitab Abu Ma’syarol Falaqi..wallahu a’lam

  29. kang Dullah

    Assalamu ‘alaikum bolo wong alus semua ………
    Absen malem, nyimax ……..

  30. Adem Ayem

    Assalamualaikum…..para sesepuh dan sedulur KWA…….Absen malam & ijin nyimak……

  31. nataurip

    @ Mas Rihlah, maksih atas jawabannya, adem suasana kampus, jadi merinding dipunggung. Salam

  32. Rihlah Rahmatullah

    jika boleh dilanjut, Juga ilmu hisabul jumal ini dgunakan dalam pembuatan wafak dan jumlah wirid asma-asma tertentu, misalnya “hasbunallahu wa ni’mal wakiil”450x….”Allahu” 66x. Juga dapat kita amati hampir setiap wafaq ‘adadi (wafaq yang hanya terdiri dari angka-angka) merupakan segitiga atau persegi ajaib, yang bila dijumlahkan tiap baris dan diagonal jumlahnya sama, persis dalam ilmu Matematika, dan sekarang terkenal dengan Shudoku
    Adapun makna Huruf hijaiyyah dalam ilmu tafsir, yaitu huruf-huruf Hijaiyyah yang terdapat si awal surat, seperti alif lam mim, ya sin, kaf ha ya ‘ain shod dll…para Ulama terbagi dua. Ada yang tidak menafsirkan seraya berkata,’Wallahu A’lamu..”, ada yang menafsirkannya…

  33. Rihlah Rahmatullah

    Juga ilmu hisabul jumal ini dgunakan dalam pembuatan wafak dan jumlah wirid asma-asma tertentu, misalnya “hasbunallahu wa ni’mal wakiil”450x….”Allahu” 66x…
    Adapun makna Huruf hijaiyyah dalm ilmu tafsir, para Ulama (khususnya para MUfassir) terbagi Dua pendapat…

  34. Raden raddin

    assalamuallaikum..
    dumateng poro sederek KWA sedoyo.salam salim sugeng ndalu,yo nyambi medang

  35. bang jampang

    Assalamualaikum……absen malam……sambil nunggu pembabaran dari pinisepuh yang lain…..
    @kang rihlah izin save no phone nya ya and salam ukhuwah….

  36. semangat malam @kangmas Rihlah rahmatullah.
    salam salim dri sy

  37. Rihlah Rahmatullah

    @Kang Nataurip: hehe belajar sedkit membabar aja. jika ada yang kurang tepat, atau tersalah, sudilah kiranya menegur dan membenarkannya. contoh seorang Mufassir yang menafsirkan “Alif Lam Mim. yaitu Syaikh Al-Akbar Muhyiddin Ibnul Arabi [Mursyid Thariqah Al-Ahadiyyah]:

    “Alif” “Laam”, dan “Mim”, menunjukkan pada seluruh wujud secara universal. Sebab Alif, menunjukkan pada Dzat yang menjadi awal wujud. Sedangkan Laam, menunjukkan pada akal aktual yang disebut lain dengan Jibril, yang lebih luas wujudnya, dimana, kelak melimpah dan awal hingga akhir. Sedangkan Mim, adalah menunjukkan Muhammad yang mempakan akhir wujud yang menyempumakan lingkaran wujud itu sendiri dengan mempertemukan pada awal wujud. Karena itu beliau menegaskan, “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana hari dimana Allah mencipta langit dan bumi.”Sebagian ulama salaf mengatakan, bahwa Laam disusun dari dua Alif, yakni, diposisikansebagai “pakaian” Dzat, disertai sifat ilmu yang kedua-duanya mempakan dua alam dan tiga alam ilahi tersebut. Yaitu sebagai salah satu Nama dari Nama-namaAllah Ta’ala, sebab setiap Nama merupakan konotasi dari Dzat dengan Sifat-sifat mana pun.Sedangkan Mim mempakan isyarat pada Dzat dengan seluruh Sifat yang ada, dan menunjukkan Af’al yang tertutupi oleh Sifat dalam rupa Muhammadiyah yang merupakan Nama Allah Yang Agung, yang tidak diketahui kecuali oleh orang yang mengetahuinya.Perlu dimengerti bahwa Mim yang merupakan gambaran Dzat, bagaimana bisa tersembunyi di dalamnya? Di dalam Mim sendiri ada huruf Yaa’, dan di dalam Yaa’ ada Alif dan rahasia di dalam kedudukan huruf hijaiyah, yaitu bahwa tak akan pernah ada huruf melainkan di dalamnya ada Alifnya. Dalam konteks tersebut hampir berekatan dengan penafsiran seorang ulama yang mengatakan, “Artinya adalah bersumpah dengan Nama Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. Sebab Jibril adalah manifestasi dan Sifat llmu, sehingga namanya Al-ilmu. Sedangkan Muhammad adalah manifestasi dari Hikmah sehingga namanya Al-Hakim.Dari sanalah kemudian ada yang mengatakan, bahwa di bawah setiap Nama dari Nama-nama Allah Ta’ala ada sejumlah Nama tanpa terhingga. Ilmu itu sendiri tidak akan pernah sempurna dan tidak penuh, kecuali jika disertai dengan tindakan dalam Alam Hikmah,yang merupakan Alam sebab akibat, yang kelak memunculkan hikmah. Karena itu, Islam tidak akan sempurna hanya dengan kalimat Laa Ilaaha Illallah, melainkan harus disertai dengan Muhammadur Rasulullah…

  38. @Rihlah Rahmatullah :wah,ngajak begadang nie..?
    mantab kang mas.rihlah rahmatullah pencerahan nya,…lanjut kang mas….

  39. Rihlah Rahmatullah

    @Bang Jampang, oh silahkan disave, dengan senang hati saya menerima sedulur yang mau melanjutkan silaturrahim, ukhuwah n persaudaraan via hp or email. semoga ukhuwah dan persaudaraan yang kita rajut di sini sampe berbuah keridhoan dan SurgaNYA..amien..
    @Ki Langeit Biru; ya salam ta’dhim juga…monggo dibabar sambil ngopi..pesen dulu kopinya sama MBah Khozin dan Ki wulyojati…@Ki Ronggo: ke mana nih Ki? byuum muncul hehe

  40. ki Vienzchen

    aslmualaikum sedulur…ijin nyimak…..

  41. wah iya nich,,mbh wulyo kok tak ada yaa?kmn tu embh wulyo???
    @rihlah r:ayo bgdng rame2 mas.

  42. Beli ketupat di sidoarjo..lanjut bro..

  43. Zizah37

    Asalamualakum wr wb
    Salam takzhim sedulur semua.

    @ Rihlah Ramatullah
    Apa kabar saudara ku? Jutaan terima kasih aye ucapkan atas penjelasan tentang makna huruf hijaiyah. Aye pun lagi nunggu nefcase dari Mbah Khozin aka Mbah Wulyojati..

  44. ♫ KWAn_Lama ♫

    Mantaaaaaaaaaap

  45. Raden raddin

    @gus rihlah rahmatulloh
    manteb tuh gus penjabaran ya diatas

  46. Rihlah Rahmatullah

    @Ki wong lamo; ya baru belajar…saya coba lanjutkan ya. Mengutip dari Kitab tafsir Tamsiyyatul Muslimin, karangan Syeikhuna KH. Ahmad Sanusi, Gunung Puyuh Sukabumi. yaitu; sekelompok berpendapat bahwa Alif Lam Mim hakekatnya merupakan ilmu yang terbungkus dan rahsia yang terhalang, tiada seorang pun mengetahui maksudnya selain Allah. Dalam hal ini, Abu Bakar berkata,” dalam setiap kitab Suci terdapat rahasia, dan rahasia alQur’an terdapat pd awal surat.

    Bagi para Ulama terdapat rahasia, Bagi khalifah terdapat rahasia, Bagi Nabi terdapat rahasia, Bagi para Malaikat terdapat rahasia, Bagi Allah pun terdapat rahasia.
    Apabila orang-orang bodoh mengetahui rahasia para Ulama, maka kan rusaklah para Ulama itu. Apabila Ulama mengetahui rahasia para Khalifah, maka kan rusaklah citra dan kehormatan para khalifah itu.
    Apabila para Khalifah mengetahui rahasia para Nabi, maka sudah barang tentu mereka akan banyak menentang perintah para Nabi.
    Apabila para Nabi mengetahui rahasia para Malaikat, maka mereka kan berburuk sangka kepada para Malaikat itu dan .Apabila Malaikat mengetahui rahasia Allah, maka kan bingung.
    Ilmu itu ibarat lautan yang mengalirkan ke jurang-jurang, lalu ke sungai-sungai besar, lalu ke kali-kali besar, sampai ke selokan-selokan kecil…Jika air tersebut mengalir langsung dari jurang ke selokan kecil, niscaya selokan itu akan bobol.
    Lautan ilmu adalah Allah, lalu DIA berikan ilmu itu kepada para NAbi melalui perantara Malaikat, lalu kepada sahabat, Tabi’in, Ulama, terus kepada santri dan masyarakat umum, sesuai dengan tingkat dan pemahaman dan intelektualitas masing-masing….

  47. Absen nyimak smbil minum teh,makash udah djelasin makna2 huruf hijaiyahnya,pengetahuanku jdi brtambah nih

  48. hahahah wong alus ane tau yang ente posting ini ente kutip dari buku yang ada di gramedia isinya tentang keistemewaan bismilah…ya cobalah kutionya dari mana hadis apa…karena semua orang bisa bingung..bisa saja ente sendiri yang buat dan memaknain sendiri……sory bro ni saran cobalah pake pemikiran yang bener kl ente emang punya otak..gitu juga yang baca…kiek kiek kiek……ohya asala semua tau dan disna keterangan tentang makna itu berada..coba cek dech…cari di gramedia ada dech….lengkap dasarnya …and didalam buku keistemewaan bismilah tersebut itu baru dalam satu sisi karena diterangkan juga dari berbagai hadis termasuk 4 mazhab sehingga isi yang diterangkan artinya beda-beda…mana yg bener yach hanya allah yang tau….n intinya menguti dari kitap bahirul anwar dan kitab jafar as shodiq…..coba cek kl ente semua punya kitabnya jangan protes dulu….udah baca baru bicara…jangan asal kaya kentut…huuuaaaahaaahaaa…

  49. Raden raddin

    top markotop

  50. sambil ngopi ngudut,makyussssssss…..
    masih menyimak pencerahan nya kang mas rihlah rahmatullah semoga mendapat berkah,aamiin..

  51. Absen malam.. Semangat malam buat semua..
    @Zizaaaaaaaaaaaaaaah..hehehe

  52. ass.. mantap penguraian huruf hijaiyahnya

  53. hehe..hadir pak ustadz

    kok pelajarane panjang kali lebar sungai..siap2 kertas ro bolpen sik lah

    nyatet tapi males..copas tapi simpen ng ndi..

    di woco wae lah

  54. Rihlah Rahmatullah

    Eh ada adinda Zizah37: alhamdulillah bikhoyr ya ukhtiy…afwan, syukron juga ya buat ukhtiy Zizah yang cantik n sholihah…(sssttt waah takut ada yg curi dengar nih hehe) tetap ditunggu silaturahim adinda di sukamars eh sukabumi,,cling
    salam ta’zim yuk kita ngopi @Ki Vienzchen, @Ki langeit biru:tanbah lagi Ki kopinya..@Maz bro, @KWAn lama, juga @Kang Raden raddin: kumaha damang kang?
    diantara pelajaran tentang makna huruf ini, dapat ambil hikmah diantaranya, ternyata al Qur’an itu Mu’jizat paling agung sepanjang masa. hurufnya saja sudah mengandung makna dan rahasia yang begitu dalam. apalagi mengkaji al Qur’annya…sungguh sebuah lautan yang bertepi..juga jika diteliti dengan metodologi ilmiyah, maka pasti kan menemukan keserasian dan kejaiban dalam al qur’an. bnyak orang-orang non Muslim, bahkan dulunya sangat menentang Islam, kemudian meneliti dan membandingkan al qur’an dengan kitab sucinya, menghasilkan kesimpulan bahwa al Qur’an itu asli, benar-benar Mu’jizat, karena isinya sungguh serasi dan mengagumkan, keotentikannya tidak diragukan lagi, sehingga orang-orang non muslim yang meneliti itu dapat Hidayah masuk Agama Islam. diantara contoh orang yang seperti ini adalah abangku, DR. Muhammad Syafii Antonia, MSc. yang sekarang merupakan pakar ekonomi syari’ah. dulunya beliau adalah non Musllim. juga banyak yang lainnya……semoga kita semua semakin mencintai alQur’an dan makin mantap dengan Islam….semoga kita tetap istiqomah di jalanNYA dan wafat dalam pelukan cintaNYA….waah Maaf ya jika saya jadi ngalor ngidul gini…saya mau pamit dulu ya..nudah-mudahan kita bisa menyapa esok dengan lebih Baik nan Indah..Assalamu’alaykum warohmatullah…

  55. naufal adli

    ass wr wb buat keluarga besar kampus wongalus, salam persaudaraan selalu, sudah lama tdk berkunjung di blog ini ternyata tambah mantap saja penjlsan2 y diberikan, maafkan sy klu tdk dpt menyebut satu persatu nama2 sesepuh dan pini sepuh, sy hanya berdoa semoga blog ini tetap maju dan sukses luar biasa…aamiin. Slm kenal buat ki Rihlah rahmatullah

  56. @Roberto waduh onok arek guanteng sing puinter rek monggo dibabar perihal huruf hijayya yg ente ketahui, entah itu hasil nyadur di koran/majalah asal bener gak apa2 biar semua sedulur bs tambah wawasan, biar ente muncul disini ada gunanya, masak sisa hidup ente mau ente habiskan hanya utk cari musuh ntar kalo mati emang km mau ngubur sendiri..

  57. salam knal @mas TOKEK.sugeng dalu.

  58. mantab selalu kang mas ustad rihlah rahmatullah pencerahanya,…semoga allah swt yang membalas atas memberikan pencerahan yang sangat bermanfaat buat saya n sedulur yang lain..
    lanjut semua sedulur,.. selamat malam,
    pulang duluan kuliah malam nya,..
    mohon maaf lahir bathin,….insya allah ketemu di lain waktu,..
    salam ta’zim selalu..
    aslmkmwrwb……..

  59. Semangat malam saudaraku keluarga besar KWA
    semangat persaudaraan
    lanjut dgn semangat
    cling…

  60. papah-

    Absent …..

  61. semangat juga Cak ji

  62. @roberto..bagi saya kitab 7 lemari tak ada artinya
    karena saya adalah Alquran itu sendiri

  63. @roberto

    Masya Allah
    Anda menghina Habib..dzuriyat kanjeng nabi
    dan masih mengaku Islam?

    weleh2..
    mari kita beristghfar bersama..saya duluan ya..yukkkkk

    Astaghfirullah hal adzim 3x

  64. laskar lembu suro

    aslkm….absen mlm…ikut nyimak,,,salam hormat buat semua bolo kwa

  65. Alimudin

    Ijin menyimak

  66. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    met malam sedulurku semua,absen sambil nyimak pelajaran…..
    .

  67. absen tengah malem….

  68. @Langiet biru salam kenal dan salam peseduluran kangmas..

  69. akar dewa

    Absen tangah malam

  70. pelan_pelan_saja

    ikut berduka cita atas meninggal nya Ruyati binti
    Sapubi ( TKI yg di pancung di arab saudi )semoga amal ibadah nya di terima di sisi Nya.
    apes bener para tenaga kerja kita.giliran para tki di perkosa hamil/di bunuh.pemerintah arab saudi.kyk tutup mata.giliran majikan nya yg di bunuh.hukum langsung di tegak kan.

  71. Joko Sabar

    Nderek nyimak mawon,mugi2 angsal barokahipun poro sesepuh.Amin.

  72. absent…

  73. salam dini hari

  74. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb. absen 1/3 malam….
    @bajul kesupen:salam takdzim dan salam kenal ki.

  75. Absen malam
    patroli..

  76. assalamu a’laikum.
    Ronda mlm..ijin nyimak to mnambah pngetahuan. Smoga brmanfaat. Amien

  77. ,_pa kbr s’mua sadulur….

  78. Semangat pagi
    semangat 1/3 malam
    lanjut…
    Cling…

  79. Aman terkendali
    kampus damai

    wangsul rumiyin monggo..

  80. MBAH SINGO DONGSO

    menjelang subuh….dah pada tenggelam semua ya?

  81. Abinya Arsya

    absen hadir menjelang subuh..

  82. pencari ilmu

    absen malem………
    ijin nyimak………@kang…rihlah rahmatullah…..salam kenal…….mantab pebabarannya…..

  83. sanjaya32

    Assalamu’alaikum wr.wb
    absen pagi semuanya…
    mantaaaaps…ijin nyimak ma ngesavenya ya…
    wassalam

  84. Mantap Bib rihlah…salam salim kagem penjenangan…

  85. absen pagi…monggo sesepuh yg lain tambah dibabar …nyadur nyadur..no problemo….ngepek2 koran no problemo asal bener…kata mas tokek…. saya yakin banyak yang gak sempet baca koran…..lebih cepet….KWA NEWS…..yang lama2 jadi maknyus…..

  86. absen..

  87. wong lamo

    aslmkmwrwb,..
    absen pagi menyimak isi pencerahan……………

  88. Absen sambil qobiltu

  89. QOF(FATHAH) BA (KASROH) LAM (SUKUN) TA (DHOMAH)

  90. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum pr sesepuh n sedulur semua dmn pun berada. Smg smuanya dlm naungan&bimbingan Allah jg sehat wal ‘afyat slalu, jg jalinan silaturrahim & prsaudaraan kita smakin erat n kokoh. Amien
    ya dsini,,bhkn trlebih dlm khdpn sehari2,,kita sling brbagi,mnyayangi,mngingatkn n mndo’akn ssuai dgn Tuntunan &pesan Ilahiy…
    Ada prtanyaan:apakh orang2 yg brbagi keilmuan&pngalaman di sini trmasuk sombong?? Jawabnya:TIDAK!!! Dan insya Allah,mdh2n tdk smpe sombong atau Ujub. Sombong /Takabur adalah Menolak Kebenaran, merasa diri paling Benar,n merendahkn orang lain. Ada pun trsirat dlm hati sj, mk disebut ‘Ujub. Sdgkn Riya’adlh brbuat ssuatu HANYA ingin dinilai, dilihat n mndptkn pujian/sanjungan dr Orang lain….ini brdasarkn sifat Iblis ((krna Iblis adlh Pembangkang Utama, dedengkot Makhluk yg prtama n paling sombong)) Menolak Kebenaran dgn Tdk mau brsujud kpd N Adam, jg merendahkn N Adam…contoh mnusia sombong adlh Fir’aun yg menolak Kebenaran yg dibawa N Musa, jg merendahkn Nabi Musa(krna mnganggap N Musa itu “ank kmrn sore, tau lahir n kecilnya). Abu Jahal jg bgtu, ia menolak kebenaran yg dibawa Rasulullah n mnghina,mrendahkn Rasulullah, bhkn slalu brusaha mnghalangi Dakwah beliau, (krna Abu Jahal jg mrasa lbih tua n lbih tau,lbh brpengalaman dr Rasulullah, krna abu jahal adlh paman Rasulullah). Emang kdg kita gk mau mnerima kbenaran, atau mremehknnya, bila keluar dr orang yg lbih muda usianya dr kita…apa lg tau lahir n kecilnya..

  91. ericsagita

    nyimak njgih

  92. nyimak mawon lah. . .
    cling
    (cakji)

  93. kang Dullah

    Assalamu ‘alaikum ……..
    Bang kyai Rihlah, monggo dilanjut …..
    Ndeprok nyimax ………

  94. sip
    makasih banget postingan yg ini,

  95. lemots

    wow bnyk pencerahan semoga dapat mengambil yang baik baik nya,.

    PION ijin terus menyimak sesepuh

  96. cong kenik

    Semangat Siang untuk para dulur, pinisepuh dan yang setengah sepuh,………. semuanya salam bhatin …………. tetap semangat

  97. Nak bugis

    Absen siang…….

  98. Rihlah Rahmatullah

    @all sedulur smuanya, hehe saya bukan Ustadz/Kyai, hny s’org bocah yg msh belajar n trus bljr. Tp, mdh2n ja bukan hny “sebutan”Kyai or Ustadz, tp yg trpenting adalah Akhlak n ilmunya benar2 mncerminkan s’org Ulama/Ustadz. Semoga. Boleh dilanjut ya; Dlm kitab Daqo’iqul Akbar: Bhwa Allah mmerintahkn kpd hambaNYA untuk mlakukan sholat, sbgmn nama Ahmad & Muhammad, mk brdirinya sprti hrf Alif, ruku’nya sprti ”ha”, sujudnya sprti “Mim”dan duduknya sprti “Dal”. Dan dijadikan pula makhluk(manusia) itu sprti tulisan Muhammad(Mim-ha-Mim-Dal), mk kpalanya sprti Mim yg prtama, badannya seperti ha, Perutnya seperti Mim yg kdua, kdua kakinya sprti Dal. Mk Tidaklah dibakar sseorg dr golongan kafir selagi msih dlm wujudnya manusia, akan tetapi diganti wujudnya kafir tsb menjadi babi hutan, lalu dibakarlah dia di atas api neraka…..Mgkn kita boleh brpndpt, orang yg suka mengerjakan sholat n sering mnyebut nama “Muhammad”(brsholawat kpd Beliau), seandainya dilemparkn ke Neraka, maka neraka akan menjadi dingin sedingin salju, bahkan beku sebeku es batu. Wallahu A’lam

  99. wong lamo

    aslmkmwrwb,..
    @kang mas Rihlah Rahmatullah,..met makan siang,..habis tu ngopi plus ngudut 234,wah ,tambah mantabb…….

  100. Semangat siang
    masih setia dan semangat dlm menyimak
    lanjut…
    Cling…

  101. shuii

    absent siang…..
    alfatehah u para sesepuh n spara sedulur kwa
    selamat menjalankan ibadah puasa,,,,,bagi yg menjalankan
    nyimak saja…….

  102. met siang seduloor,,met makan siang.

  103. Absen siang….
    setia menunggu elmu baru

  104. Rihlah Rahmatullah

    @Wong lamo: yupz Kang Mas, ni dah shalat, mum ciang,trus ngopi+udud dweh..alhamdulillah..nikmatnyo..hehe
    @Kang Mas shuii: met braktivitas, shaum y. Smg pnuh Brkah.
    Salam salim jg @Ki cakji,@ki Langeit biru,@ki Ronggo S jg sdulur lainnya, smuanya baik2 saja…boleh dilanjut y..

  105. asalamualaikum
    maap para sdulur sy kurang paham akan perkataan MAS RONGGO SENTOT yang coment begini
    ”’ @roberto..bagi saya kitab 7 lemari tak ada artinya karena saya adalah Alquran itu sendiri ”’
    mohon penjelasanya soalnya sy merasa bodoh kurang paham akan MAS SENTOT
    MAKASIH JUGA BUAT SDULUR MHON PENJELASANYA YANG DETIL

  106. kok spi yaa???

  107. Rihlah Rahmatullah

    Ada Ulama yg memaknai “MUHAMMAD”(Mim-ha-Mim-Dal) Yaitu Mim prtama=Mani’,krna asal muasal manusia dr mani (msih di alam rahim, kmatian yg prtama). ha=hayat artinya hidup, turun ke alam dunia, kehidupn yg prtama. Mim kdua=Maut,artinya Mati, yaitu mngalami kmatian yg kdua. Dal=dilalah artinya petunjuk/pilihan yaitu khidupn yg kdua, khidupn yg sempurna yg tak kn mngalami mati lg. Di sinilah pilihan yg ssungguhnya. Manusia dihadapkn dua pilihan,, sprti huruf Dal,, Apakah memilih kbahagiaan (mndpt ridho n surgaNYA) ataukah mmilih ksengsaraan (murka n NerakaNYA). Pilihan ini ditentukan ktk huruf “ha” yaitu ktk hidup di dunia…

  108. abzeeen siank,,slm dulur kwangeen sdoyo,,

  109. 111,,mantaap pas pisan.

  110. Manwan
    Hahahahahahahahahaha..

  111. Kabuuuuuuuuurrrr

  112. MBAH SINGO DONGSO

    mbah ws: jangan kabuuuurrrr mbahhh tunggu aq…..

  113. Rihlah Rahmatullah

    eehh ada Ki wulyojati…jangan dulu kabuuuurrr Ki,,pesen kopi dulu..khususon..hehe @MBah Singo dongso…jangan kabur juga…..

  114. MBAH SINGO DONGSO

    @ om RR: ni lg ngejar mbah WS, jiannnn mbah WS tak kejar ko ya ga bs, mesti pake ilmu halimun sungsang hehe…

  115. Rihlah Rahmatullah

    hehehee pake aji melipat bumi ja atwuuh atau saefi angiinnnnn..cciuuuuuuuuuuwwwwww…..

  116. MBAH SINGO DONGSO

    tp mbah WS tuh br mempelajari ilmu yg memang susah untuk dpt dipelajari… yaitu Ilmu TERIAKAN SI BISU hehehehe……

  117. udengudeng

    absen sore, nyimak nang pojokan

  118. Absen sore…

  119. Rihlah Rahmatullah

    ijin melanjutkan ya…ternyata rangkaian kehidupan manusia mulai dari alam rahim, alam dunia, terus mngalami kematian sampai dihidupkan lagi di alam terakhir yaitu alam akhirat, alam penentuan apakah bahagia atau celaka seluruhnya terangkum dalam kalimat MUHAMMAD (MIM==maniy, HA==hayat, MIM==maut, DAL==dilalah (pilhan di akhirat). makanya Allah menciptakan segala sesuatu, Allah menciptakan NUR Muhammad dulu. Ternyata pula, ada makna dan rahasia dalam setiap huruf. juga dalam setiap kata/kalimat mempunyai kesan dan pengaruh, negatif atau pun positif, tergantung kata/kalimat itu. Setiap kata-kata yang sering diucapkan atau bahkan yang sering terlintas dalam pikiran, jelas berpengaruh pada kehidupan dan masa depan. Coba kita bandingkan detik ini juga, kita baca berulang-ulang (misal minimal 66x) kata “ALLAH” , Allahu Akbar, ya Rohman..atau asmaul husna yang lainnya, kemudian diam sejenak. apa yang kita rasakan?? kemudian baca berulang-ulang “ya syaithon” atau ” anjing syetan goblog”, kenudian diam sejenak, apa pula yang anda rasakan?? samakah rasanya???
    Kadang kita bertanya, mengapa orang-orang yang mendekati Allah, sering sholat, sering berdo’a dan sering menyebut asmaNYA (dengan membaca alQur’an, sholawat, wirid dan amalan tertentu), Maka jadi tenang hatinya, tentram jiwanya, damai kehidupannya dan dia pasti menjadi orang yang Mulia, Sukses dan bahagia??? diantara jawabannya; karena yang sering diucapkan dan terhujam dalam hati orang tersebut adalah asma-asmaNYA yang Maha Agung, Maha Mulia dan Maha Pengasih dan Maha lainnya, sehingga membawa kepada yang sering menyebutNYA menjadi tenang, bahagia, mulia dan agung pula.
    Begitu pula jika seseorang menjauhiNYA, sering berdosa dan menyakiti sesama, sering berfikir negatif n sering mengeluarkan kata-kata kotor, sering mengeluarkan cacian dan hinaan terhadap manusia juga terhadap makhluk lain, pasti orang tersebut akan terseret dan terlempar ke dalam jurang kehinaan, kecelakaan dan kesengsaraan yang dalam….ternyata juga bukan hanya manusia dan hewan saja yang bisa merespon ucapan dan perbuatan kita, benda-benda yang kita anggap mati, seperti air bisa merespon dan “membalas” ucapan dan perbuatan kita itu. ini terbukti menurut penelitian ilmiyah di jepang…..waahhh jadi kepanjangan nieh……

  120. Rihlah Rahmatullah

    ….Penelitian di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah.
    Percobaan diulangi dengan membacakan kata, “Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)” di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, “Arigato”. Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Gambar deretan atas berikut adalah air yang berasal dari daerah “Fujiwara Dam” sebelum dan sesudah didoakan perhatikan bentuk kristal air tersebut saat difoto dengan mikroskop elektron. Selanjutnya gambar kristal deretan bawah disaat air diucapkan kata “Cinta” (Love) dan “Terima Kasih” (Thank you).
    Masih banyak gambar kristal lainnya saat ditunjukkan kata “setan”, kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavymetal diperdengarkan, kristal hancur.

    Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan “peace” di depan sebotol air, kristal air tadi mengembang bercabang-cabang dengan indahnya. Dan ketika dicoba dibacakan doa dengan penuh konsentrasi, maka Air yang difoto dengan mikroskop elektron membentuk kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan.
    Dr. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Prancis, Palestina, dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu. Ternyata air bisa “mendengar”kata-kata, bisa “membaca” tulisan, dan bisa “mengerti” pesan.
    Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetik atau compact disk (Liquid “flash disc”). Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan, semakin dalam pesan tercetak di air.
    Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. Barangkali temuan ini bisa menjelaskan, kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. Dulu ini kita anggap musyrik, bid’ah, takhayyul atau paling sedikit kita anggap sekedar sugesti, tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit. Apalagi Air Zam-Zam, Air yang dido’akan oleh Malaikat dan Nabi, jelas mengandung keberkahan, energi positf dan obat yang mujarrob…di samping menyejukkan dan menyegarkan…

  121. salam sore

  122. wongwongan

    absen sore, pulang

  123. Assalamualaikum semuanya…….

    Wah…ada pengatahuan baru dari koment nya Mas Rihlah nih…
    mengenai penelitian dari Jepang sy udah pernah baca juga Mas… Hebat ya…salut kita sama org2 jepang nih :-)

    Oke..lanjut lagi Mas Rihlah…….sy tetap menyimak koment para sedulur di KWA

    Salam sayang dan sehat selalu utk semua sahabat ku di KWA…

  124. absen..

    @mas Gagah..
    maaf kalau sy tidak bisa menjawab..kecuali mas sudah mendapat hikmah
    hikmah itu perjlanan anda seiring waktu

    saya Ronggo Sentot menjawab itu u soudara yang sudah mengina Habib

    kalau mas dan roberto belum paham juga mari kita sm2 belajar bareng..

  125. tukang ojek

    mampir absen

  126. yus

    wah dah keluar ni…ini yang di cari cari, dulu baru belajar dikit tok guru udah meninggal.

  127. Assalamu alaikum sederek. Untuk @gagah maksud ki ronggo sentot mungkin begini: Dunia seisinya adalah ayat ayat Alloh termasuk diri kita sebagai manusia juga ayat ayat Alloh. Kalam kita juga ayat ayat Alloh. Semua menjadi tanda tanda Alloh terutama tentang adanya, kebesaranya, kuasanya dan ke elokanya Dzat yang maha suci. Bahkan dari tanda tandaNYA ada ayat ayat yang tersurat dan tersirat. Mohon maaf bila tidak berkenan.

  128. hmm
    istighfar dulu slat juga
    tawasul dulu..

  129. shuii

    assalamualaikum,selamat berbuka bagi yg puasa
    @kang mas raihan:mantap kkang mas,monggo dilanjutkan,,,,saya nyimak aja
    @kang mas rongggo sentor,@rumi,@ki wulyojati@ki singo dongso @n sedulur semua salam malam,,,,,,,,,

  130. Dji8ril

    Setuju om ringgo..yg blum ngerti. Hrap cr guru..agr jgn slh..

  131. tukang ojek

    kok sepi temen ya???
    opo aku kudu teriak ojek ojek dulu ya?

  132. tukang ojek

    OOOOOJEEEEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKK…………………………….
    OOOOOJEEEEEEEEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK……………………………..
    OOOOOOOOJEEEEEEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK………………………………
    LEMPUYANGAN LEMPUYANGAAAAAAAAAAAAAAAN …………………………………
    TUGU TUGUUUUUUUUUUUUUU……………….
    RUMAH SAKIT SARJITO SARJITOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO……………………….
    SOKO ANGKRINGAN MLAKU MLAKU BEN AWAKE ORA LOROOOOOOOOOOOOOOOOO……………..
    IIIIIIIITIKKITIUUUUUUUUUWWWWWWWWWWW
    HEHEHEHEHEHE

  133. Zizah37

    Asalamualakum wr wb
    Salam takzhim sedulur semua.

    @ Rihlah Ramatullah
    “Nil satis nisi optimum” which quite simply means nothing but the best is good enough” atas semua penjelasan/keterangan dari komen ente.. Mugi2 gudang ilmu ne dikebai marang gusti Allah SWT kerna secara tidak lasung ente telah menebarkan ilmu pengetahuan yang mungkin ada diantara kami kurang tahu atau pun tidak tahu langsung dengan topic yang dibincangkan.

    Terima kasih Pak Ustaz … :)

  134. Ojhek mas..
    ngertos griyanipun bagio mas??
    arep sinau bareng mas

    sewu yo mas $$

    Salam salim
    @ki Wong Alus fatehah sent
    @ki Rihlah R..monggo di lanjut pun ditenggo poro mohosiswo
    @Bayan monggo di babar..namung ngatos2 menawi mengkih onten ingkang gerah migren
    @Shuii monggo mas
    @Jib8ril njih setuju kaliyan ingkang setuju nggih mas sek penting sedulur

    sugeng ndalu..

  135. @gagah

    Ahmad dan Ath-Thabrani meriwayatkan sebuah hadist dari Zaid bin Tsabit r.a., ia berkata bahwa Raulullah bersabda ,” Aku meninggalkan untuk kalian dua pengganti, Yaitu Kitabullah, sebuah tali yang terhampar antara langit dan bumi, dan keturunanku, yakni ahlubaitku. Keduanya tidak akan berpisah hingga saat kembali kepadaku ditelaga Haudh (di surga).

    Hadist tersebut terdapat dalam al Musnad, jilid 6, hal 232 (hadist 21068)/hal 245 (hadist 21153) dan juga dalam al Mu’jam Al Kabir, jilid 5, hal 154 (hadist 4923).

    Jadi Al Quran tidak terpisah dengan ahlulbait (keturunan rasul), yang mengatakan akulah Al Quran itu berarti beliau masih ada keturunan Rasulullah (ahlulbait), tapi bukan berarti syiah lho. Kalangan aswaja ribuan ahlulbaitnya..

    mungkin itu bisa menjawab rasa penasaran………………………

  136. @gagah

    Tapi kalau mas Ronggo Sentot itu habib (dzurriyat rasul) atau bukan , biasanya bisa dicek di Darul Aitam (?) atau beliau sendiri aja yang menjelaskan..

    matur nuwun sedanten sedherek……

  137. Bengawan.Candhu

    asswrwb….salam takdzim…salam pamuji rahayu buat poro sedulurku smua yg berkenan hadir dan meramaikan suasana di kampus kita ini,sng bertemu dgn panjenengan smuanya……

  138. Ilusi37

    Assalamualaikum. .wr. .wb. .
    Ijin nyimak pelajaran d’pojok” kampus. . .
    Lanjut kang mas Raihan. .
    Salam buat semua sedulur kampus. . .

  139. @test..
    secara nyata (bukan Ghoib) dalam konteks meneliti garis keturunan melalui Geneologi ‘Ronggo Sentot’ tidak tahu caranya.
    Tapi sebenarnya secara ghoib bisa dilakukan oleh yang tahu
    Mursyid saya mengatakan ‘ yud jangan kamu terkotak pada dzuriyatmu’ (hikmah)
    saya mengurungkan niat untuk mengetahui lagi..siapa kah sy dari keturunan ke atas
    yang saya syukuri adalah bisa mendapat ketenangan batin senang selalu ketika bertawasul dan tafakhur menjalani hidup ini (yang sebenarnya adalah kematian)
    kemudian senang selalu ketika bisa berkumpul dengan sedulur yang saling mengingatkan..ya

    marilah anda menghormati sesama manusia yang menghormati anda..
    yang tidak menghormati ??
    maka itu di buat blog ini..supaya belajar ke jenjang yang lebih tinggi
    bukan harta,,tahta, wanita..
    tapi apa? menurut Ki Wong Alus sohibul blogg ada di

    http://wongalus.wordpress.com/salam-paseduluran/

  140. aslkm sugeng dalu

  141. MBAH SINGO DONGSO

    alhamdullilah bnyk makna yg tersirat di sini, monggo dilanjut, mas ronggo sentot, om rihlah, dek zizah37, kangmas BC, shuii, laskar lembu suro dan semua sedulur assalammualaikum…
    maaf mbah ws cuti jd ga ada yg nyiapin kopi….

  142. Izin nyimak dipojokan :) :) :)

  143. Alimudin

    Absen malam sambil Ijin menyimak

  144. Absen… Nyimak

  145. banyulumut

    salam rahayu sdulur2 kwa….
    @bengawan candhu… pripun kabare mas…

  146. absen lagi

  147. muh.nurali firdaus assegaf

    aslm,wr,wb,salam smuanya,ikt gabung ah….kenapa kita di sebut MANUSIA.kata ini merupakan kunci spy kt mengenal diri kita:M(ma’rifat)mengetahui Robb kt adalah Alloh sesuai firmanNYA;QOLU BALAA SYAHIDNA’ini bentuk sumpah kt kepada sang kholik bhw Alloh Robb kt. A:(adinul islam)masuklah kedlm agma islam scra KAFAH.N:(nasehat)mau menerima nasehat yg artinya tholabul ilmi bila ingin berma,rifat dan mengenal islam dg baik.U:(uf’ul)bekerjalah,berusahalah agar terpenuhi kbtuhan jasmani dan rokhani.S:(shodaqoh)mrpk kewajiban yg di perintahkan Alloh dan sbg bukti bentuk syukurmu atas rohmat Alloh yg di berikan atas rezekimu.I;(ikhas)merpkan syarat di terimanya amal dan ibadah A:(akal)inilah karunia Alloh yg membedakan manusia dan hewan,jdi gunakan akalmu untk mengenal tuhan kita dan termasuk orang yg YATAFAKARUUN.orang2 yg berfikir.jadi.(M)a,rifat( A)dinulislam (N)asehat (U)f’ul (S)hodaqoh (I)khlas (A)kal.inilah sdikit pengtahuan tentang manusia mohon maaf bila ada kesalahan.dari ane yg dhoif dan fakir@muh.nurali firdaus assegaf.jazakalloh akhsanal jaza.wslm,wr,wb.

  148. Bismillahirahmanirahim
    Njih mbah WS..
    nuwunsewu presiden BC
    lan ki rektor KWA
    ustadz rihlah pun tilem..

    kulo ajeng berkicau nggih hehe:
    saya mendapat hikmah lagi dari coment ki rihlah bahwasanya..
    air
    @rumi semoga tambah mantaps pemaham saya
    pengalaman anda membaca hal tersebut juga(mengenai air)

    lalu saya hubungakan dengan proses pemasukkan ilmu dalam hal ini ayat suci alquran (biasanya..prosesnya.????..)
    penyembuhan melaui tawasul, proses wudhlu, mandi junub.juga memakai semua air..

    jawaban sudah gamblang.oleh ki rihlah mengenai air

    @ roberto
    anda telah mengetahui kata bismilahirahmanirahim di buku gramedia..dan telah membacanya.menuliiskanya di coment

    marilah kita istighfar..memulai dgn ucapan bismillah

    @mas gagah
    saya pun bisa bilang saya adalah b*******h (hikmah) perlu hidayah lahaula wala kuata ila billah, syarat mutlak harus Punya Guru mursyid,dan telah lolos seleksi TK,SD,SMP,SMA , level iman yang tinggi untuk berkata dan bisa munsul di web ini (KULIAH) (kalo nggak pasti dah diputus Allah koneksimu) # bahkan anda semua sedulur yang mengakses blok ini adalah sangat beruntung bisa mendengar melihat dan tahan contentnya..kalao ga tahan ya out off date.migren..ngantuk atau bobok sama bekas yayangnya (maksudku Istri !!!!!!)
    wekekekekke

    itulah khilaf saya ketika menulis dgn gamblang..
    maka ada Ilmu Mantiq yg di gunakan untuk komunikasi se level

    dan ulasan di posting ini adalah= Alqur’an adalah Ilmu mantiq ALLA TA’ALA kepada manusia Yang Mengetahui Nya

    # ITU juga menunjukkan bahwasannya Ki Wong Alus (Habib Muhamad Wildan) adalah Haq membuat memelihara dan membina sebagai Rektor di Kampus Ini

    wah2 saya jadi ngelantur..sudah mari kita belajar bareng

    exclusive u semua pencaci maki pengumpat pengumbar nafs disini itu adalah= ujian u bolo KWA,
    dan hikmah ke depan akan dia dapat bila dia mau bertobat
    @mas roberto..tobat itu tidak akan tertutup sampai yang dinamakan ruh pisah dgn jasad

    mari sama2 dgn saya baca doa tobat? siapa yang tahu ya
    mohon dijabarkan dan di ijasahkan kepada sedulur yang dapat hidayah hikmah..
    (saya masih mahasiwa ga punya ijazah u mengijazahkan)*red
    hanya bisa mengajak/menyarankan tawasul (idem dalam kurung diatas)
    saya sudah baca di postingan Ki WA..letaknya bawah sendiri link http://wongalus.wordpress.com/category/zikir-taubat/ = wirid taubat = tawasul ila billah
    la haula wala kuwata ila billah
    monggo lanjut

  149. Salam salim mas Muh. Nurali Firdaus Assegaf

    pelajaran masuk..ke kepala
    mantap penjelasannya

    monggo di pun lanjut

    cerita yang kemaren bersambung ya mbah??
    mana mbah terusannya……….

  150. pembahasan tingkat tinggi.
    Mumet kepalaku.
    Dr pd tambah mumet ini kepala.Lebih baik…KAAABOOOOORRR…

  151. muh.nurali firdaus assegaf

    oYA crita kmarin ane lanjtin:dari masjid falakhul faizinlah smua ada jwbanya,krn ane ga tau mau kemana jdi ane putuskn nginep di msjid tsb,tp ane jalan dulu cri makan,mk ane pergi ke pasar di citeureup,sampai di pasr ane bingung sebb ga ada duit,tp Yang Maha Kuasa pnya cra lain spy makhlukNYA ga kelaparn,di sudut pasar ane liat seorang nenek yg jual Gehu(tauge tahu)ane kasian,mash bnyk lalu ane dekati nenek itu berkata’Bade meser jang*wkt itu asing bhs nenek tsb,lalu dg basa basi ane tawrkan dri tuk ngejualin gehunya dri ne2k 350 ane jual keliling 500,alhmdulilah skitar 3 jam habis,dari jalan itulah ane bsa makan,lalu ane ke masjd lagi,sktar jam 10,lalu ane sholat taubat and tidur,pd pukul 3 ane terbangun krn ada yg sdang bc ayat alqur,an,ternyta imam masjid yg hbis tahajud dn bc qur,an,beliau dah sepuh dan smoga beliau dpt tmpat yg terbaik di sisiNYA krn beliau telah almarhum.anepun lngsung ambil wudhu and tahajud jg,stelah selese ane cm bc Sayidul istighfar dan sholawat mu’abad sj,sampai hmpir subuh,pd saat imam mesjid mau keluar ngambil air wudhu lagi di sinilah beliau mengucapkan kata hikmah yg membuat ane terbebas dari beban beliau berkata*RIDHO RA RIDHO KUDU TERIMO,SAJATINE ABOT ENTENG PODO WAE,TONGKAT ING TANGAN CEKELONO ALIF NANG DADA LURUSONO BAKAL KETEMU KARO KANG KUOSO,ONO DOSO ONO MAKNO ILANGONO HOWO NEROKO BAKAL KETMU SURGO ING DUNYO.inilah perkataan beliau yg membuat aq bangun dri kebingungan,dan kekhawatiran,NANTI DI SAMBUNG LAGI…

  152. xixi…..hadir

  153. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.Absen hadir 1/3 malam,
    selamat malam para sesepuh dan sedulurku smua.
    @Rihlah Rahmatullah:pelajaran anu manfaat dunia-akheran,hade pisan kang.
    nyimak deui aaah.

  154. ugan surya

    @Bengawan candhu:salam kenal dan salam takdzim ki@Ronggo sentot:salam takdzim ki@ilusi37,laskar lembu suro,MBAH SINGO DONGSO,satria jalaksan,Alimudin,clepoek,Banyulumut,lamsin c halangkait,lanangkelana:salam kenal.@muh.nurali firdaus assegaf:
    salam takdzim dam salam kenal,mangga di lanjut kang ceritanya….bikin penasaran az! biar dapat di ambil hikmahnya, gitu maksudnya he..he…he….

  155. salam menjelang subuh

  156. salam salim kang bajul kesupen
    @ugan surya salam salim
    @lanang kelana..Xixi juga

  157. lanjut merapalnya

    marilah dengan Ilmu Allah kita arungi samudra kehidupan
    kapal terbalik
    marilah cari sekoci kita dayung laut kehidupan
    sekoci bocor
    nyemplung.. marilah kita berenang di laut tepian
    hampir sampai nih,,eh kelelep (drownded) tenggelem kata indro DKI
    marilah kita selami muara kehidupan
    habis nafas..lahaula wala kuata ila billah ‘pasrah yang Kuasa’ maka kita is deadh
    ah akhirnya aku sampai kehidupan Abadi Langgeng KeKal opo meneh bahasane??

    yuk sedulur kita siapkan esuk kerja Rahmatan Lil Alamin menanti kita
    jangan lupa awali dgn bismilah dan tersenyum..senang selalu
    sugeng enjang

  158. iandre

    as..kum, menarik cerita akhi MNF Assegaff….ndeprok ah..! kepada agan…agan…lam kenal ya

  159. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum warahmatullah… salam takzim wa takrim salam silaturrahim tuk pr sesepuh jg ikwan akhwat fillah pr sedulur smuanya, khususnya Ki Wong Alus n sedulur yg koment, yg tak bisa disebutkn satu prsatu. Salam takzim wa takrim wabilkhusus kpd Al Habib Muhammad Nuralif asSegaf: syukron wajazakumullahu khoyron ya Habib…jg tuk smuanya Terima Kasih, jazakumullahu khoyron..Seruan Ilahiy brkumandang, yuuk kita sambut dgn gembira pnuh tadharru n khufyah..smg kita diberi kkuatan, ketegaran n keIkhlasan dlm beribadah & mnjalani khdpn ini…

  160. Salamm,,

  161. Rihlah Rahmatullah

    Sambil mnunggu Alhabib Muhammad Nurali Firdaus asSegaf menuntaskn pngalaman Beliau, yg mantaps dan insya Allah brtaburan hikmah n pljrn yg sngt brmakna..salam takzim pnuh hormat kpd @Ki Wong Alus, alHabib Muh. Nurali firdaus asSegaf, Kg Mas BC, Ki RUMI, ki Ronggo, Kang Mas Shuii, Kang Bejul K, kang Ugan S, Mbah Singo D, adinda Zizah37, ilusi37, ki bayan, Ki WS, Alimudin, wongwongan, Test, yus, Laskas LS, tukang ojek, ji8ril, Satria J, Banyulumut, Lamsin ch, Lanang K, iandre,,kangDullah, dulngaparngali, pokoknye smuanye deh smg hr ini lbih baik nan indah bg kita, tetap dlm lindungan Allah n sehat wal ‘afyat slalu..

  162. Absen pagi…

  163. Rihlah Rahmatullah

    @ki RUMI: ya orang2 Jepang trkenal tekun n ulet, sngt mmentingkn pndidikn n mnghormati ilmuwan. Di USA pun ada pnelitian tntang Do’a tuk pngobatan di RS-RS, trnyata Do’a n pngobatan umum dr Dokter or terapi lainnya, bhkn Do’a lbh dahsyat. Penelitinya adlh dr. Larry Dossey. Jk di Indonesia, yg mneliti Do’a adalah Prof. Dr. dr. Dadang Hawari yg trkenal dgn mottonya: BeObat & BerTaubat. Ust. dr. Muhammad Sholeh jg sama meneliti Shalat Tahajjud tuk pngobatan, ksuksesan n kbahagiaan. Mantaps; Ternyata Sholat Tahajjud adlh obat n terapi paling Mujarrob tuk pngobatan, n mempercepat ksuksesan dan keBahagiaan….INTINYA: Setiap Perintah, Anjuran dan Larangan Allah adlh untuk kebaikan ketenangan, kesuksesan, kedamaian, dan Kebahagian dunia akhirat hamba-hambaNYA. Dalam sesuatu yg dilarang olehNYA itu PASTI trdapat kemudharatan, kburukan yg kan menyeret pelakunya ke dalam jurang kehinaan & kecelakaan. Jg Dalam sesuatu yg diperintahkn/dianjurkanNYA PASTI trdapat keBaikan, kemanfaatan dan keindahan yg kan membawa pelakunya menuju Kesuksesan, keMuliaan dan Kebahagiaan dunia akhirat. Itulah kemurahanNYA. Itulah DIA yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang…

  164. Absen ki WA
    ustadaz RR

    salam sedulur

  165. Absen ki WA
    ustadz RR

    All sedulur
    salam sedulur

  166. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Salam hormat pada Tuan Rumah Ki Wong Alus
    @ Semua sedulur KWA salam takzhim

    @ Ustaz Rihlah Rahmatullah
    @ Ronggo Sentot
    Salute deh dgn komen/penjelasan/pencerahan dari topic2 yang dibincangkan.
    Ditunggu ni lagi komen2 yang bernas dari saudara berdua yang dpt membuka minda agar dpt kita berfikir secara positive dan rational.

    Terima kasih
    Wasaalam

  167. jamblang alit

    Assalamualaikum.

    Sugeng enjing, kulo nyuwun ijin nyimak.
    Matur nuwun.

    Wassalamualaikum.

  168. wong lamo

    aslmkmwrwb……….
    nyimax pelajaran…………

  169. Hormat kepada ki Wong Alus

    @Zizah37
    Makasih salut juga untuk anda yang setia menemani KWA
    sebagai the next Khadijatul Qubro..
    udah merit belum ya? hehehehe

    Salam wong Lamo

    pusing juga menerangkan yang hanya sedikit d ketahui..
    sampai situ sajalah safety nya
    harus selalu pake safety equipment full package

    monggo lanjut
    sambil bekerja…

  170. wong lamo

    @ronggo sentot :kang mas ronggo,kerja sambil ngopi,wah tambah nikmat,sambil mengikuti pelajaran ,mencari pencerahan yang bermanfaat…
    he3,kok nanya mbak zizah37,udah merid blm..?…kayak sudah belum y…?
    @zizah37:salam hormat..udah merid belum..?he3..
    @Rihlah rahmatullah :met pagi menjelang siang,ayo ngopi bareng,sambil menikmati 234 nya,..
    salam ta’ziim untuk sedulur kwa semua,..

  171. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Wong lamo (kapan mau jadi wong baru…hehe :)
    Salam hormat kembali – terima kasih
    Itu soalan cepu mas… :)
    Lo yang biasanya nyiapin kopi kita kan lagi cuti, Mbah Khozin/Wulyojati, mau ngopi dimana?
    @ Ronngo Sentot
    Soalan cepu mas juga tu…
    The next Khadijatul Qurbo? …. :) InsyaAllah atas keizinan Allah SWT yang maha berkendak.
    Saya yang dhoif ini hanya sebagai pemerhati dan pengkomen sahja diKWA. Hehe.. ada kah perkataan pengkomen dlm perbendaharaan bahasa Indo/Melayu? hehehe.. Belum pernah share sebarang ilmu disini. Banyak lagi yang harus saya pelajari dari sesepuh disini. Semoga ilmu yang dibabarkan dikampus tercinta ini bermanfaat untuk kehidupan saya dan sedulur2 semua.. InsyaAllah, Aminx3.

    Terima kasih
    Wasaalm

  172. hadirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………

    sembari QOBILTU…….

  173. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..hadiirrr…absent siang..salam takzim salam silaturrahim kembali saya haturkan @Ustadz Angker LE ALC, Ki Ronggo Sentot, Adinda Zizah37, Ki wonglamo, Ki Jamblang Alit jg sedulur semuanya, semoga sehat wal’afyat selalu tak kurang suatu apapun…
    2Adinda Zizah37: ane juga salut sama adinda, meski masih muda pengalaman dan wawasan adinda luas, wabilkhusus di bidang Bisnis yang bisa menlintasi antar negara…ane juga pengalaman sih lumayan dalam, soalnya punya pengalaman menggali sumur, meski hanya sedalam 17 meter. heheh
    @Ki Ronggo S; hehe mantaps Ki
    @wong lamo; ayooo lita ngopi………..+ udud 234 7 bks..heheh

  174. wah mantapz,,,ijin nyimak para sadulur dan sesepuh semuanya…

  175. asalamu’alaikum wr wb.hadir siang dan salam sembah sungkem saya untk poro sesepuh & bolo wong alus yg tlh ksh komentar,ki rihlah rahmatullah sy dr indramayu mnt nmr hp panjenengan .makash

  176. wong lamo

    @zizah37 :mangkanya itu saya dengerin wejangan/pencerahan dari sesepuh sedulur kwa,karna ingin jadi wong baru,..!@#$%^&*??he3,…udah malek jd wong lamo,..
    ayo semua sedulur kwa, kalau mau ngopi mbak zizah37 yg bikinin kopi,pasti makyuuuuussssssssssss,..

  177. wong lamo

    waalaikumslmwrwb @ kang mas Rihlah Rahmatullah,ayo ngopi,yang bikinin mbak zizah37 pasti makyusss,….

  178. Rihlah Rahmatullah

    @wong lamo; mantaaapssssssss…bisa-bisa abis 3 atau 7 gelas jika mbak Zizah37 yg bikin kopinya….hehe

  179. Bengawan.Candhu

    @krishna…@wong lamo…@amus indramayu…@rihlah rahmatullah…@dear all bolowongalus…asswrwb slmt siang…bgmn kbrnya smua,mhn ijin menyimak. @kimas banyulumut…alhamdulillah,atas doa dan restu dr panjenengan kbr dan keadaan sy baik2 kangmas. Smg kbr panjenengan jg sgenap bolowongalus smuanya baik2 jg sehat sll,tnp kekurangan sesuatu apa. Amin.

  180. hadiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrr….

    ijin nyimak para Sedulur

    dan butuh pencerahan Ki. . . . .

  181. Rihlah Rahmatullah

    Boleh dilanjut ya..jumlah ayat dalam alqur’an ada 6236 ayat. dengan perincian sebagai berikut…(ayo kita ambil kalkulatornya…heheh)

    surat 1-5 ( 7 + 286 + 200 + 176 + 120 ) = 789 ayat
    surat 6-10 ( 165 + 206 + 75 + 129 + 109 ) = 684
    surat 11-15 ( 123 + 111 + 43 + 52 + 99 ) = 428
    surat 16-20 ( 128 + 111 + 110 + 98 + 135 ) = 582
    surat 21-25 ( 112 + 78 + 118 + 64 + 77 ) = 449
    surat 26-30 ( 227 + 93 + 88 + 69 + 60 ) = 537
    surat 31-35 ( 34 + 30 + 73 + 54 + 45 ) = 236
    surat 36-40 ( 83 + 182 + 88 + 75 + 85 ) = 513
    surat 41-45 ( 54 + 53 + 89 + 59 + 37 ) = 292
    surat 46-50 ( 35 + 38 + 29 + 18 + 45 ) = 165
    surat 51-55 ( 60 + 49 + 62 + 55 + 78 ) = 304
    surat 56-60 ( 96 + 29 + 22 + 24 + 13 ) = 184
    surat 61-65 ( 14 + 11 + 11 + 18 + 12 ) = 66
    surat 66-70 ( 12 + 30 + 52 + 52 + 44 ) = 190
    surat 71-75 ( 28 + 28 + 20 + 56 + 40 ) = 172
    surat 76-80 ( 31 + 50 + 40 + 46 + 42 ) = 209
    surat 81-85 ( 29 + 19 + 36 + 25 + 22 ) = 131
    surat 86-90 ( 17 + 19 + 26 + 30 + 20 ) = 112
    surat 91-95 ( 15 + 21 + 11 + 8 + 8 ) = 63
    surat 96-100 ( 19 + 5 + 8 + 8 + 11 ) = 51
    surat 101-105 ( 11 + 8 + 3 + 9 + 5 ) = 36
    surat 106-110 ( 4 + 7 + 3 + 6 + 3 ) = 23
    surat 111-114 ( 5 + 4 + 5 + 6 ) = 20
    ———————————————————–
    Jumlah total = 6,236 ayat
    sedangkan jumlah kata dalam alQur’an– saya kutip dalam tafsir maudhu’i karangan Ust. M Quraish Shihab– adalah 77.439 (tujuh puluh tujuh ribu empat ratus tiga puluh sembilan) dan jumlah hurufnya adalah 323.015 (tiga ratus dua puluh tiga ribu lima belas). ( Bagi yang kurang yakin dengan jumlah ini, silahkan hitung sendiri ya dari mulai huruf BA pada basmalah sampai huruf SIN pada kata an Nas, itung-itung ngabuburit bagi yang shaum..hehe). dan dalam setiap hurufnya mengandung rahasia dan mu’jizat. makanya sebagian Ulama mengatakan HARAM menuliskan Al Qur’an selain dengan huruf arab, karena di antara sebabnya adalah menghilangkan I’jaz(kemu’jizatan) dan rahasia hurufnya. Coba sebuah wafaq harfiy(wafaq huruf) kita ganti dengan tulisan selain huruf arab, saya yakin khasiyatnya akan sangat berkurang, bahkan mungkin hilang sama sekali….

  182. Rihlah Rahmatullah

    Eh ada Ki Mas Bengawan candhu salam takzim buat Ki..semoga sehat wal afya t dalam naungan Allah selalu..

  183. @Ki Rihlah Rahmatullah
    siang Ki
    saya mau nanya nie Ki
    saya memiliki problema kehidupan yg trgolong agk sulit bagi saya
    sudah 1 tahun ini saya menganggur
    dan saya amat sulit mendapat sebuah pekerjaan
    saya sudah capek nglamar kesana kesini tetapi tidak dapat juga

    menurut Ki Rihlah Rahmatullah apa yg harus saya lakukan Ki???
    saya butuh pencerahan Ki

    Qobiltu Ki
    terimah kasih
    salam perseduluran

  184. wong lamo

    @KANG MAS BENGAWAN CANDHU :alhamdulillah aamiiin,..

  185. wong lamo

    menikmati kopi + 234,sambil menyimak PENCERAHAN dari kang mas:Rihlah Rahmatullah semoga mendapat berkah,aamiiin..

  186. Rihlah Rahmatullah

    @Cucu Adam: wuiihhh saya mah belum pantas disebut Ki, saya masih bocah Kang. sebenarnya saya masih belajar, juga sama belum sukses. Di sini banyak postingan amalan agar mudah mendapat pekerjaan. Namun, saya akan berusaha untuk membantu dan menolong sesama yang sedang kesulitan semampu saya. Jika tergerak hati untuk mengamalkan, silahkan baca surat al fatihah 41x (dengan cara diwashol dari basmalah ke alhamdulillah) setelah sholat sunnah subuh dan sebelum sholat shubuh , setelah baca surat alfatihah berdo’a (dengan khusyu dan tawakkal )apa yang diinginkan. Jadi sholat sunnah shubuh dulu, terus baca surat alfatihah 41x, baru sholat shubuh. Amalan ini jangan terputus minimal seminggu.
    Pada hari Kamis, shaum satu hari. setelah sholat, baca istgfar 100x. pada malam Jum’atnya (kira-kira dari tengah malam sampai jam 03.00) bangun, mandi, berwudhu, terus sholat tahajjud dan hajat 2 roka’at. setelahnya baca istigfar 1000x,dan baca “Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammad” 1000x dan ayat berikut: ”
    وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا )
    artinya: …Dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberi kemudahan sesudah kesulitan.(QS. Ath Tholaq:7) 1000x juga. Saya tidak menjanjikan fadhilah lebih dari amalan ini. Tapi, pengalaman saya dan beberapa sahabat saya yang telah nmengamalkan amalan ini, baru 5 hari sudah ada yang mngajak kerja. Dan Semoga Allah memberikan jalan keluar yang terbaik dan indah khususnya tuk Kang Mas Cucu Adam, umumnya sedulur semuanya yang sedang diuji dengan kesulitan, kesusahan atau pun sedang sakit. Yakin dan istiqomah. Karena kita…….: Laa hawla walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyil ‘adhiem..Tiada daya untuk meraih manfaat dan melakukan ketaatan, dan tak kuasa menolak kemudharatan dan kemaksiatan, kecuali bersumber dari Allah Yang Maha Tinggi Maha Agung…semoga bermanfaat dan menjadi amal shalih..amienn

  187. Absen dan nyimak..
    monggo dilanjut mas ustadz

  188. @ Ronggo Sentot

    waktu menulis penjelasan sebenarnya saya sudah menuliskan nama, tapi yang muncul nama ‘test’ dengan avatar default.

    Memang begitulah, keturunan rasul memang ditugaskan seperti datuknya (Kanjeng Nabi), dan adalah hak untuk tidak mengatakan sejatinya kecuali kepada orang yang diingikannya. Secara bercanda memang yang masih ada darah keturunan Rasul tidak elok jika hanya kumpul2 membentuk arisan keluarga yang terkesan hanya mau masuk surga sekeluarga saja… (becanda lho). Tapi diri pribadinya memang layak untuk mengetahui jatidiri-sebenarnya. Karena memang dari AL Quran secara jelas diterangkan bahwa istri2 Rasul (termasuk keturunannya) apabila berbuat kesalahan maka dosanya adalah dua kali lipat orang biasa (wong jowo, londo, jepang,dll) Betapa berat beban yang ditanggung beliau ahlulbait itu…..
    .Astagfirrullah semoga mereka selalu diberi kesabaran, banyak umat yang mencintai beliau-beliau, tapi apabila beliau mengecewakan jamaah…Allah akan meminta jawaban di yaumil hisab kelak….Ahlulbaiit bukanlah pangkat atau gelar…tapi amanah yang tidak main-main….

    matur nuwun kulo asli jawi tulen…….

  189. salam sore…

  190. Mr.Hazfan

    IJIN NYIMAK

  191. hehe monggo..mas test

    salam paseduluran

  192. nataurip

    Absen malam dulu ….

  193. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum..@Kang Mas Test: Salam ta’dhim penuh hormat buat Kang Mas. Betuul, keterangan Kang Mas Test tentang Dzurriyyat Rasul seperti itu.
    @Ki Ronggo: Sebenarnya, jangankan menghina Dzurriyyat Rasulullah, menghina/merendahkan sesama manusia biasa saja sudah tercela dan berdosa. Apalagi menghina Dzurriyyat Rasulullah….
    Jika tujuannya mengingatkan, harus dengan cara yang Sopan, agar jangan sampai merendahkan/menghina atau menyakitakn yang diingatkan.
    . Emang kadang, bahkan begitu kenyataannya,,menilai buruk, menyalahkan dan merendahkan seseorang itu begitu mudah, bahkan anak usia balita pun bisa jika sekedar mencaci/merendahkan orang lain.
    Ibaratnya:
    Pengamat/penonton lebih mudah dalam menilai permainan para pemain, bahkan umumnya sering merendahkan atau minimal menyalahkan. Mungkin contoh berikut bisa menjelaskannya. Jika kita menonton permainan sepak bola, pemain sehebat Ronaldho, Messi, atau Beckham pun kita “nilai buruk”, tak bisa bermain di lapangan, ketika mereka gagal memasukkan gol. bahkan kadang tak sadar keluar ucapan merendahkan, misalnya,'” huuuuhhh dasar gak becus, bodoh, bola tinggal nendang dikit lagi juga, masa gak masuk, huuh dasar goblog”. Padahal, coba deh, kita yang sebagi penonton turun ke lapangan jadi pemain, mungkin jangankan bisa memasukkan gol, kebagian bola aja belum tentu, paling kebagian bola pas ke luar lapangan. hehe \
    Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari. Kita (sebagai rakyat biasa) begitu mudah mencaci maki para pejabat/para pemimpin yang korup, berbuat mesum atau kita nilai tidak bisa mengurus negara dengan baik. Padahal jika jadi pejabat seperti mereka, belum tentu jujur. amanah dan bisa bekerja dengan baik. jika ada seseorang yang pidato/ceramah yang salah, kadang kita langsung keluar ucapan huuuh, padahal belum tentu kita bisa berbicara dengan baik di depan publik seperti mereka. Begitu pula di blog ini, atau blog persaudaraan lain. Kadang kita mudah menyalahkan bahkan terkesan merendahkan, ketika ada postingan artikel/keilmuan yang dinilai salah, misal dengan mengatakan, ah artikel/keilmuan murahan, hasil coPasan dll. Hmm padahal jika, memang Bisa dan punya banyak ilmu, silahkan berbagi dan posting di sini….
    Ada juga yang mudah langsung menyalahkan keilmuan/amalan/wirid. ketika dirasa tidak mendapatkan apa-apa dari wiridnya, kecuali lelah. Bahkan sakit setelah mengamalkan amalan itu. Padahal, orangnya(yang mengamalkan ilmu itu) yang belum kuat. Ibaratnya, sebuah cangkir kecil yang diisi dengan air satu ember besar disekaliguskan…hasilnya???

  194. Absen sore…salam pasuduluran…

  195. Al Mahadaya

    Alif-Ahada, Ba-Baqo, Ta-Tawabata, Tsa-Tsabata, Ha-Haqo, Zal-Za Al Jalala Wa Al Akarama, Sin-Samaa’, Shod-Shodayaqo, Dzha-Zahara(Zahir), Ayn-A’lama, Wau-Wahada, Ha-Hadaya

    mahadaya-asalama.blogspot.com

  196. Assalamu’alaykum..
    para Sedulur sekalian
    Absen Siang. . . .
    @Rihlah Rahmatullah
    terima kasih Ki atau saya panggil Kang aj ya. .
    hehehehehe
    terimakasih Kang atas pencerahannya
    akan saya Coba saran dari Akang
    Insya Allah saran Akang saya Amalkan dan SAya kerjakan setiap harinya
    Qobiltu Ki
    Alfatehah Sent. . . .

  197. Rihlah Rahmatullah

    @Cucu Adam: ya silahkan saya ijazahkan dengan ikhlas amalan itu kepada saudara sebagaimana saya terima ijazah itu dari Guru-guru saya. semoga bermanfaat. sebelum mengamalkan, hadhoroh dulu ya, setelah kpd Rasulullah, para shabat, para Nabi, malaiikat, Nabi khidir, pr auliya dan sholihin dan Ulama, tolong hadhorohi khusus shohibul ijazah, yaitu saya sendiri: Rahmatullah, juga KH. Ishaq alHafiz Purwodadi dan KH. Thoifur Kebumen. Biar lebih tambah Barokah…

  198. Sastra Gemilang

    Assalamu’alaikum wr. wb., mau daftar untuk “thalabul ‘ilmi” dan salam kenal kepada pengasuh dan seluruh shahib pada rubrik ini

  199. Kibuyut Tanggal

    Salam & ketenangan bathin semoga slalu menyertai kwa ini…
    Kami persembahkan doa diwaktu zhuhur ini utk ALL KWA :
    “ALLOHUMMA bihaqi kaaf haa yaa ‘aiin shood, alif laam miim, haa miim ‘aiin siin qoof, ya ALLOH izinkanlah kami utk dpt menembus & memahami makna & haqiqatnya pd setiap huruf, kalimat & ayat didlm kalam-MU yg maha sempurna” aamiin ya robbal aalaminn..

  200. Kibuyut Tanggal

    Salam & ketenangan bathin semoga slalu menyertai kwa ini…amin
    Kami persembahkan doa diwaktu zhuhur ini utk ALL KWA :
    “ALLOHUMMA bihaqi kaaf haa yaa ‘aiin shood, alif laam miim, haa miim ‘aiin siin qoof, ya ALLOH izinkanlah kami utk dpt menembus & memahami makna & haqiqatnya pd setiap huruf, kalimat & ayat didlm kalam-MU yg maha sempurna. Aamiin ya ALLOH ya robbal ‘aalamiin..

  201. @wangalus;haaaah dasar kWA tai…katanya lo habib tapi ditanya dari mana aja kaga mau jawab malu banget bozzz.,….habib darimana lo..gua tau lo bukan habib .jnn ngaku-ngaku boz..malu-maluin ingn dianggep hebat n dzuriyat rosul preeeet…mukelo pantat monyet….dasar lo aja masih lemah ngaku dzuriyat rosul….mana dasar ente bicara lo terangin jangan malu-maluin…semua juga bisa ngarang hadis kl emang bener tunjukin…kl kaya gini sie gampang lo ambl dari asmaul husna orang juga bisa…pake-pake nama rosul and imam ali segala…tunjukin kl emng lo punya dasar….yang lo baca paling juga dari gramedia..n buku-buku..pake otak dan logika …kl mau catut tulisan jangan nyatut sendiri pake catutan lo bikin darimana….dasar ngaku habib tapi lo setannnn…
    @wangalus&ronggo sentot:koment si roberto lo hapus…emang gua kagak tau…lo emang mau dianggep habib sama si ronggo sentot..wong alus sama sentot sama-sama edan….gua juga kenal banyak daftar apa lo emang masuk habib atau bukan..jangan jadi penipu lo sama aj lo setan..

  202. coment diatas (28 juni 2011 jam22:43)
    adalah salah satu bentuk Af Al Allah dalam diri saya
    yaitu nafsu amaroh

    bisa jadi karena dia terlalu banyak makan
    terlalu banyak tidur
    dan terlalu banyak berkata2 yg sia

    sebaiknya ga usah di tanggapi
    karena hawa nafsu adalah harus dikendalikan
    kalau dituruti bisa membara
    ndak dapat apa2 juga
    malah akan membawa kita menjadi manusia biasa yg hanya merupakan tempatnya salah dan dosa..

    hmm masa lalu

  203. Assalamualaikum.wr.wb
    salam salim Sedulur sekalian
    selamat siang. . . . . . .

    buat Akang yang coment (28 juni 2011 jam22:43),
    ini blog dibuat untuk menjalin persaudaraan antar daerah dan antar suku dinusantara maupun diluar indonesia, bukan untuk mencari permusuhan
    tolong akang tu yang sopan kalau comen dsni

    jalinlah rasa persaudaraan jangan menjalin sebuah permusuhan

  204. ang

    Assalamualaikum.wr.wb senang nya punya ilmu banyak bisa di share,sedang kan saya blm punya apa2 untuk di share .smoga di forum ini saya bisa dapet banyak ilmu

  205. ang

    Assalamualaikum.wr.wb sebelum nya minta maaf untuk habib kwa lo tai maaf Bukan tempat komentar seperti itu di sini di blog lain aja yg tempat nya pas

  206. hahahahah dasar otak yang punya kampus wong alus ingin diakuin habib …hahaaaaaaaaahhh preeeeeetttt loe habib goblok yang suka ngaku-ngaku…..mana bukti lo mencret aja lo dicelana…ngaca di combran apa lo emang dzuriyat rosul atau comberan..kl masih bentuknya comberan artinya lo palsu..dasar ngaku-ngaku..ngentot aja lo..dasar tai

  207. hmm. mas pengumbar kata2..
    kalo mau misuhi saya (Ronggo Sentot)
    di sini saja

    http://tawasulullah.blogspot.com/

    sy sudah sediakan blog dari 4 bulan yang lalu
    tapi ga ada yang koment2

    hiks hiks,,kasiani saya mas..tolong koment di blog saya saja

    sepuasnya mas..aduhhh

    hiks hiks

  208. Wasyuu

    pitik kate dipangan cempe
    kuwi menungso lali jiwo rupanene..
    gedhang godok dicampur susu,
    gerang goblok congore koyok asu..
    teri malang kranjange bejat,
    Sentot Sentot garang lambene bejat..
    Gondorukem dinggo nyolder,
    Mbokyo mingkem ndak koyok wong kenther….

  209. Datok Bujang

    (senyum sedih)

  210. Salam ziarah ………dari malaysia

  211. ass.sing podo sabar.klo kita ingat sejarah nabi SAW ketika menyebarkan Islam bukan hnya dikatakan /di cemo’oh dengan kata2 kotor bahkan Nabi SAW pernah dilempari kotoran, diludahi, di usir dilempari batu, dan beberapakali percoba’an pembunuhan.itu saja rasul SAW ,beliau menghadapi dengan sabar dan selalu mohon perlindungan terhadap Allah SWT. jadi perjuangan kita melalui KWA ini belum sebanding dengan perjuangan Nabi SAW.dan sangat wajar bila ada kata2 yg mencemo’oh dan lain sebagainya.gak usah di tanggapi.biarkan saja.jika sudah bosen akan berhenti sendiri.ketika orng mencemo’oh, mengeluarkan kata2 kotor, sebetulnya dia sedang mengeluarkan jati dirinya sendiri ya memang begitu orng tsbt. buat para sedulur KWA seng podo sabar…… wass.

  212. Ping-balik: 'KUMPULAN ILMU'

  213. mohon ijin mengkopi makna huruf hijaiyah…menambah wawasan dn masukan…matur suwun sanget….lemah iseh teles mugo alloh kang bales …

  214. Al faqir

    Assaalamu’alaykum ya syekh wa asatidzah.
    al faqir terkesima dgn pembahasan yang sdg dibahas oleh para alim, smoga al faqir mendapatkan keberkahanya atas ilmu yg sdg dibahas, sebenarnya al faqir jg sdg mencari kitabnya yg memebahas itu semua, bil khusus tuk ustadz Rihlah rahmatullah benar2 seorang mu’alim yg tingkt tawadhu yg sangat tinggi, andai kata ada dijakarta al faqir mohon tuk diajarkannya,dan semoga ALLAH dan RASULNYA memberikan keberkahan tuk kita semua yg sedang bermudzakarah tuk mengAggungkan dan memuliakan Yang Khaliq……
    syukran katsier wassaalamu’alaykum

  215. Assaalamu’alaikum….. mohon ijin ….
    ……………………………………………………………………………..
    Bismillahhirrohmanirrohim
    ………………………………………………………………………………
    Ya Rasulallah…….
    ……………………………………………………………………………….
    Ya Sayidi Ya Rasulallah ……. ( Syech Muroby )
    ……………………………………………………………………………….
    Tak ketemu yang awal yang akhirpun sama saja…………….
    ………………………………………………………………………………..
    Baru ini saja yang mendapat ijin dari Syech ………………………….
    mohon ampun ……. kalau salah
    wassalam ……

  216. salam 1 hati

    terima kasih infonya ya. semoga allah tetap limpahkan kebenaran hasil jasa ini

  217. WONG GANTENG

    ILAHI ANTA MAKSUDI..WARIDHOKA MATLUBI..A’TNI MAHABBATAKA WAMA’RIFATAKA…QOBILTU USTAD..SAYA TERIMA IJAZAHNYA SEMUA ILMU DI BLOG INI DENGAN SEMPURNA…SEMOGA BERMANFAAT…ALFATEHAH WAMANAJAZANI…

  218. Permisi ya kang..ikut nibrung, new bi nich, mohon bimbingan, moga berkah..salam..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: