AKHLAQ PERSAUDARAAN


kampus wongalus
kwajakarta@gmail.com

Oleh : Abdul  Hamid, Lc, MA

Di  antara  nilai-nilai  sosial  kemanusiaan  yang  ditekankan  oleh  Islam  adalah  persaudaraan (ukhuwah). Bahwa  hendaknya  manusia  hidup  di masyarakat  saling  mencintai  dan  menolong  dan  diikat  oleh  perasaan  layaknya  anak-anak  dalam  satu  keluarga.  Mereka  saling  mencintai , saling  memperkuat,  sehingga  benar-benar  terasa  bahwa  kebahagiaan  saudara  adalah  kebahagiaannya,  dan  persoalan  saudara  adalah  persoalanya.

Al-Qur’an  telah  menjadikan  hidup  bersaudara  itu  suatu  kenikmatan  yang  terbesar.  Allah  SWT  berfirman  yang  Artinya : “Dan  ingatlah  akan  nikmat  Allah  SWT  kepadamu  ketika  kamu  dahulu  (masa  jahiliyah)  bermusuh musuhan,  maka  Allah  SWT  mempersatukan  hatimu,  kemudian  menjadikan  kamu  karena  nikmat  Allah  SWT  orang-orang  yang  bersaudara”.  QS. ALI IMRAN [3] : 103.

Al-Quran  juga  telah  menjadikan  persaudaraan.  Allah  SWT  berfirman  yang  artinya  : “Sesungguhnya  orang-orang  mukmin  itu  bersaudara……. ( QS. Al-HUJARAT [49]:10 )

Nabi  Muhammad SAW mengajarkan pentingnya persatuan dan persaudaraan. Persatuan yang diajarkan tidak meleburkan perbedaan, tetapi tetap menghormati realitas perbedaan karena perbedaan merupakan sunnatullah. Allah SWT berfirman yang artinya: untuk tiap-tiap di antara kamu kami berikan aturan dan jalan terang. Sekiranya Allah SWT menghendaki niscaya kamu di jadikan satu umat saja, tetapi Allah SWT  hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu. Maka berlomba-lombalah untuk menbuat kebaikan.” (QS. Al-Maidah [5]: 49)


Kita juga dituntut berbuat adil terhadap siapa pun. Kedekatan maupun kebencian terhadap seseorang maupun sekelompok orang tidak boleh dijadikan faktor untuk berbuat tidak adil. Allah SWT berfirman artinya: janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum menjadikan tidak berlaku adil.” (Al-Maidah [5]: 8).


Untuk itu, pluralitas positif dan kejemukan yang menbawa keserasian sosial merupakan salah satu hakikat ajaran Nabi Muhammad SAW. Dari ayat-ayat mengenai ukhuwah (persaudaraan) tersebut, dapat di pahami antar sesama umat seharusnya didasarkan pada beberapa prinsip sebagai berikut:

  1. Tasamuh (toleransi). Prinsip tasamuh dimaksudkan untuk mengakomodasi seluas mungkin pluralitas kemanusiaan, baik itu berkenan dengan agama, kepercayaan, kelompok, etnis, pemikiran, dan sebagainya.

  2. Tawasuth (moderat) . Prinsip tawasuth merupakan penjelmaan dari sikap tasamuh.  Dengan nilai ini, umat islam senantiasa berupaya mengembangkan pemikiran dan gerakan dengan mendasarkan diri kepada nilai-nilai yang termasuk jalan tengah (al-wasathiyah), yakni jalan moderat, tidak ekstrim (al-tatharouf) dan tidak pula liberal. Dengan prinsip tawasuth ini, umat islam mampu berinteraksi, berdialog dan terbuka dengan semua pihak.

  3. ta’awun (gotong-royong). prinsip ta’awun menjadi sangat vital dalam mewujudkan ukhuwah di tengah realitas keterkelompokkan umat islam dalam berbagai organisasi dan baju politik yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda. ta’awun yang bersifat positif dan aktif akam melahirkan kompetisi (istibaq) dalam berkarya dan berkreavitas. Perbedaan yang terjadi di masing-masing kelompok masyarakat islam dam ormas akan memperkarya dan saling melengkapi, bukan saling menegasikan dan menafikan.

  4. Musawah (kesetaraan). Prinsip musawah merupakan prasyarat utama dalam menjalin kerjasama, gotong-royong dan dalam rangka melakukan musyawarah. Prinsip ini akan mengikis sifat ‘ananiyah (egoisme) sektoral, kebanggaan atas kelompoknya (kullu hizbin bima ladaihi farihun), sehingga merasa bener sendiri dan melihat kelompok lain sendiri dalam posisi yang salah dan di persalahkan.

  5. Takaful ‘ijtima’i (solidaritas sosial). prinsip ini sebagai manifestasi atas suatu pemikiran dan gerakan kultural yang peduli kepada nasib kaum yang lemah dan di lemahkan (mustadl’afin) yang selama ini kehidupannya tidak diuntungkan oleh pembangunan. Di atas prinsip ini islam menegaskan komitmennya pada advokasi-advokasi terhadap siapa saja yang di perlakukan secara tidak adil dan mengalami penindasan oleh siapa saja.

  6. Mahabbah (cinta kasih). Semangat cinta kasih, saling membagi, melindungi dan saling menaungi merupakan cerminan dari sikap persaudaraan sejati. Mahabbah mempunyai sikap hati yang bersifat esoteris yang dengannya mampu melahirkan rasa empati dan solidaritas sosial.

Selain dari prinsip di atas, tentu keiklasan, keterbukaan dan itikad baik dari semua pihak untuk melakukan komunikasi antar sesama akan menjadi kunci utama dalam memupuk keakraban dan kebersamaan di tangah perbedaan, sehingga semangat pesan Rasulullah SAW: “ikhtilafu ummati rahmah” (perbedaan umatku adalah rahmat) bener-bener menjadi kenyataan.

@@k

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 149 Komentar

Post navigation

149 thoughts on “AKHLAQ PERSAUDARAAN

  1. pertamax

  2. gunawan78

    bensin.
    met sore.

  3. keempat

  4. salam menjelang malam

  5. gunawan78

    wah kangmas bajulkesupen262 ngeborong 3 besar. met sore mas.

  6. ketujuh

  7. @ kangmas gunawan : ‘met sore jg,,panjenengan ki nyelo2 wae,,karepku tak brondong 10 besar

  8. kedelapan

  9. sembilan

  10. sepuluh

  11. dm3n_cah_ayu

    ass f all,ikut nyimak,tak lp nyalami tgn smua yg hdr,u/smua ssepuh n bolo wa,met sore,alfatihah u/kt n kluarga kt.wass..

  12. Absen Malam

  13. Absen MAGRIB,,

  14. Wuele2 di borong mbah bajul kesupen,,he5x

  15. udengudeng

    abren lan derek nyimak nang pojokan. Salam bersaudara

  16. Skrg istirahat dl di kilo meter 10 palembang ni,,sambil menikmatin kofi,,ternyata manta jg lo,,

  17. Asskum wr wb sedulur semua. ikutan nyimax sambil absen malam.

  18. ochim

    as wr wb. sangat berharga kuliah hari ini. salam seduluran dari saya yg baru(kwa2021). buat mas bajul kesupen makasih tlah mendaftarkan saya menjadi anggota kwa. untuk semua khususon para pinisepuh kwa, waffaqonallah wa rohimakumullah amin.

  19. ochim

    salam peseduluran semua,buat mas bajul kesupen terima kasih telah mendaftarkan saya jd anggota kwa(no 2021). buat semuanya khususon para pinisepuh kwa waffaqonallah wa rohimakumullah. amin

  20. Absen euy..sambil nyupi di pojok

  21. Ijin nyimak? Poro sedulur monggo dipun lanjut pembabaranipun?mantap.

  22. dm3n_cah_ayu

    rasa,y pa2ran diatas skrg ni cm jd wacana,prsaudaraan skrg biasa’y atas dsr untungrugi,pny kpntigan,realita’y begitu,mf

  23. Joko Sabar

    Ijin nyimak mawon,mugi2 angsal barokahipun poro sesepuh.Amin

  24. dm3n_cah_ayu

    bs dihit. dng jari org yg bs mmprktekkn hal diatas,biasa’y prsodaraan level2an,yg ky ma ky,g mo si ky knal si miskin,dll

  25. Nopi sudah,pempek sudah,skrg mohon pamit mau brangkat lagi njih,,swn,
    E ya,salam teruntuk ABDUL HAMIT PAK DE KU,salam salim lao salam rahayu slalu,swn.

  26. Absen…

  27. bang jampang

    Absen malam izin nyimak……….

  28. mukdis

    absen…

  29. absent malam

  30. dewa pengemis

    asalmualaikum selamat malam ijin nyimak

  31. ki Vienzchen

    asalmualaikum …salam sodara semuanya…artikel yang sangat berbobot…ijin nyimak juga

  32. ♫ KWAn_Lama ♫

    Nyimak……………Mantaaaaaaaaaaaaaap

  33. pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaax

  34. LEK TENTREM

    Nderek ndeprok ngaji poro sepuh mugi nambah pangertosan kulo. amiiinNderek ndeprok ngaji poro sepuh mugi nambah pangertosan kulo. amiiin

  35. @mas bajul..bagi donk

    @d3m3n wong ayu
    hiya mbah..piye yo?
    hasing ilmu ne duwur wae kadang ra injoh nerapkan di masy..
    opo meneh koyok dewe2 iki yo mbah (spirit mode on)

    luwih becik eling wae yo mbah

  36. @halo lek tentrem
    jan asmone njenengan marai donya tentrem
    salam sali sedulu njih
    @mbah khozin
    njenengan ki neng palembang to?

  37. Ilusi37

    Assalamualaikum. .wr. .wb. .
    Salam salim pada smwa sedulur KWA. .
    Isi absen malam. .
    Trus nyimak pelajaran d’pojok” kampus. .hee

  38. Dapat no brapa aku ya?juara 1 nya udah dborong

  39. salam malam hari :
    salam sungkem buat :
    @ mbah waluyojati : skali2 ikut ambil bagian pertamax
    @ kimas ochim : matur nuwunnya sm mbah selor kimas, beliau yg daftarke
    @ Ki Ronggo Sentot : ngapunten mboten kulo bagehi
    @ all Bolowongalus : monggo dilanjut sinambi ngopi bebarengan

  40. Echo

    Ass.nderek tumut nyimak

  41. ikut nyimak,………cling.

  42. agus.wdd.salampersaudaraanslaluuuu..

    absen malam….hadir…x3

  43. Wong plangaplongo

    Mmmm….

  44. laskar lembu suro

    aslkm absen mlm .sugeng dalu poro sedulur KWA

  45. Bengawan.Candhu

    Test….

  46. Assalamu’alaikum..
    Salim penuh persaudaraan dan hormat takdzim kepada ki Wong Alus, Para Sesepuh dan Para Sedulur KWA..

    Ini postingan yang mencerahkan. Rasanya adem tentrem maknyuuus..

    Bengawan Chandu, lagi test test nopo Sang Begawan..?

  47. Bengawan.Candhu

    @gus santri….ngetest aji jeritan ati ki,kagem ngundang priyayi blitar bilih kerso rawuh ndalu meniko,sekalian mas bajul kesupen…..he5x…

  48. mbah lembu suro salam sungkem kagem panjenengan

  49. om bc : atine ojo bengok2 bribeni tanggane

  50. @mbah bc
    salam salim
    @mas bajul..ngopi yok..
    biasane ngopi kapal api tho..iki ono kopi kapal TANGKER
    rasane enak kapal api sih…

    sek enak kopi medan jare
    roko 234 amild
    mantap mererm melek

  51. ngopi disik mantep

  52. Bengawan.Candhu

    @ronggo sentot….sedulurku yg rajin dan gemar sesuatu yg baru dan senantiasa mencari dan mengurai hikmah….slmt mlm salam pamuji rahayu,sng bertemu panjenengan kmbl….
    @kimas laskar lembu suro…..smg berkah dan rahmat allah swt senantiasa terlimpah dan tercurah pd panjenengan dan segenap bolowngalus semuanya…..
    @bajul kesupen….sdh pake peredam merk lintah merah….jd cukup silent kimas….

  53. mas kertapati : tmen2 sriwijaya diajak masuk ben rame

  54. @mbah Bengawan Chandu
    nyuwun japri ne mbah..FB nopo HP..
    mau sinau privat boleh ngggak

    eheheh

    @all sed

  55. @mbah Bengawan Chandu
    nyuwun japri ne mbah..FB nopo HP..
    mau sinau privat boleh ngggak

    eheheh

    @all sedulur sugeng enjang njih

  56. iki ngopi kro nyetel dangdut lagu kenangan mantep

  57. Bengawan.Candhu

    @ronggo sentot….wih blm punya hp aplg fb waduh gak punya oom,mklm gaptek msh bingung,klo kt komunikasi biasanya teriak via gentong sj oom….

  58. ki ronggo sentot : cocok ki privat gone mbah BC cedak kro obyek wisata

  59. Bengawan.Candhu

    @mas bajul kesupen…lagu kenangannya opo to?bang thoyib ato sepiring berdua?ato gubug bambu to oom?….

  60. wakakakak

    mas bajul wae wes
    ayo mas

  61. ki ronggo sentot : om BC biasane komunikasi lwat interkom kabel

  62. wakakakak
    @memang nek semakin duwur ilmu ki nganeh2i

    @mas bajul wae wes
    ayo mas mangkat
    nengdi? aku adoh je.

  63. ki ronggo sentot : ayo dangdutan wae mgko om BC kon nyanyi lagu Solo Balapan,,mantep suarane

  64. Bengawan.Candhu

    @mas bajul kesupen….ojo solo balapan lah….lagunya keris patih yg DEMI CINTA kan jg bagus to….ojo dangdutan….mabuk judi nnt…..

  65. Bengawan.Candhu

    @ronggo sentot…ya enggak aneh oom,sy mah ngikuti tradisi ibuku dulu. klo sy dulu wkt kuliah lama gak pulang,katanya dipanggil via gentong…eh sy plg ibuku cengengesan krn katanya 2-3 hr yll sy dipanggil via gentong…wah payah,kalah sepuh sama ibuku wekekekekk….

  66. Hooammmm…

  67. penyanyine enom2 goyange mantep,,jane sip KWA gawe acara diselingi dangdutan ben ga spaneng

  68. demi cinta di dangdutke mantep,,

  69. Bengawan.Candhu

    @bajul kesupen….ha5x….iya nnt memngundang slank dan dewa19,nnt paling2 kiwongalus,mas kumitir,ki jatiraga sama ki arya geleng2 kepala…weeeh kwa berubah haluan,gaul….hi5x….

  70. mbah kozin, laskar cinta ayo muncul

  71. Saiiiii

    Ngintip dikit,,,,,,
    Salim mbah yai BC,mbah yai Sentot,Mbah yai BK,salm salim cium kening nempel tangan,qiqiqiqiqiqi
    &untuk sedulur smuasalam salim salam rahayu bwt smua
    Skrng,,,,,
    Kaaabuuuuuuurrrrrrr lg,cling.

  72. @mbah bc
    kulo ampun di undang nggo gentong njih..
    mengkih mboten muat mlebet gentong
    gentonge malah retak
    hehehe

  73. ikuti perkembangan jaman to om BC,,sesuk acarane KWA GAUL judule

  74. @mbah bc
    neh kalih ibu kita njih jelas kalah nho mbah..
    kuwalat nek wantun njih mbah

    @kamar mayat
    sugeng ndalu
    salam salim

  75. mbah saii ojo kabur iki lo penyanyine pingin duet kalih jenengan lagune MENGAPA 2 alias WHY TWO

  76. ono kamar mayat…hiiii…seremmm..

  77. Bengawan.Candhu

    @bajul kesupen….wah sangar kwa gaul,warisan dr briptu noorman he6x…
    @kamar mayat…walah medeni banget namanya,mengkorok….pss p-anjenengan dimana mas?lg nyetel MONATA ini,alirannya mas B.K. keliatane aliranku yg slow rock gak ada yg mendukung,waduh sedih tenan ini.
    @kimas ronggo sentot….iya kali ya krn kalah sepuh dipanggil via gentong sj muncul he5x….biasanya beliau ada perlu ato diminta membantu diskusi ato sharenya u/mslh2 yg beliau hadapi. mklm sdh sepuh,jd pertimbangan dr berbagai pihak diperlukan….

  78. Saya disini paling muda om…umur saya 19…Saya kepingin banget tobat gimana caranya ya…saya anak underground jepara saya punya ketua pemuja setan….tiap malam balapan kelinci dan kelinci yg kalah di makan mentah2 apakh itu dosa ya….

  79. Bengawan.Candhu

    @kimas kamar mayat…salam takdzim,mhn maaf tiada mksd sy menggurui,ini tdk lbh hanya share,slg tukar cerita….ini ada spirit dlm fb pribadi sy yg mgkn berguna buat kita bersama,buat slg mendekatkan hati dan saling mengingatkan….**seandainya kita berfikir kt u/merubah diri menjadi lbh baek dan mengingat Tuhan Sang Maharaja Semesta ini menunggu hari esok,menunggu hari nanti,menunggu kita bersih,menunggu hati kita siap dan menunggu jiwa kita suci…kapan lagi kt akan memulainya?kapan?….keburu ajal menjemput,dan apkh kt tdk khawatir klo kt smkn lupa dan smkn jauh bhkn smkn hitam?….mulailah…..dgn dsaat kt hati dan fikiran kt terpercik ilham dan kesadaran ingat akan Allah Swt Tuhan Sang Pemilik Jiwa dan Ragamu dgn berdzikir memulai membenahi diri dan ingat eling mskpn sejenak…insya allah slagi hati kt msh ada niat brubah dan berbenah…keikhlasan,niat,alam dan wkt akan menuntun kt menuju jalan-Nya. dengan ibadah yg lbh sempurna dan benar. amin.**
    Sedang masalah dosa,semua kita pulangkan dulu pd Allah,kita benahi hati kita dan niatkan kt u/lbh baik terlebih dahulu. Insya Allah selagi kita niat berubah dan bertobat wkt yg akan membersihakn dan menjawab permohonan ampun atas segenap dosa dan lalai kita…..smg berkenan….

  80. Serangan para setan mencoba menghancurkan kediaman mereka dg teror yg menggila deru mesin pembunuh meluluhlantakan ……lagu dr betrayer….

  81. Begitukah om bengawan candu terus bagaimanakah kalau teman2 meliht sy shlat trus diledekin ters dikatain penghianat….karn ju2r dr kecil g’ prnah mengenal kash sayng…hidup di jalnan,ngamen sana ngamen sini..hnya untk sesuap nasi…trus saya ikt anak2 underground pemuja setan…merkalah keluarga saya…

  82. Bengawan.Candhu

    @kamar mayat….klo ingin berubah adlh dimulai dr diri sndr,kmdn br ke sekitar kita…sy hanya ingin share sj,krn pd hakekatnya sy hanya mns biasa spt panjenengan…yg punya kekurangan dan kelemahan….

  83. Bengawan.Candhu

    @kamar mayat…..sbtlnya ini hanya dibutuhkan keberanian dan ketegaran sj kimas. mgkn antara apa yg sy katakan tdk semudah itu pelaksanaannya bagi panjenengan. tp saran sy smntr ini panjenengan mantapkn hati dulu,smbl tetap berdzikir mhn petunjuk dan perlindungan dr Allah SWT. klo sdh mantap. selagi panjenengan mmg niat ingin meninggalkan dunia panjenengan yg serba keras,tdk menentu dan hidup dijalan….coba panjenengan cari pondok pesantren,yg sekiranya berkenan membimbing dan mengarahkn panjenengan. panjenengan bs tenang ato plg tdk berlindung dulu pada para ustadz…..klo panjenengan ragu dituduh berkhianat…mnrt sy panjenengan tdk berkhianat,sy lbh sng menyebutnya HIJRAH……berkhianat pada ketua panjenengan yg mengajak ke jalan yg kurang bijak dan tdk baik sy kira lbh berat beban moral jg mental kita apbl kt mengkhianati Allah dan rasulNya…..tdk ada yg bs kita lakukan dan kita rubah,kolo kita tdk NIAT dan ber TEKAD……

  84. Bengawan.Candhu

    @kamar mayat…dipondok pesantren tsbt,panjenengan bs tinggal,berlindung,belajar,beristiqamah…sy yakin byk sedulur2 yg akan memberi referensi mslh ponpes yg berkenan buat menerima kehadiran panjenengan nntnya apbl panjenengan mmg mengkehendaki dan berkenan…

  85. @ kamar mayat :salam pamitan kamu menunjukkan bahwa kamu tidak ingin berubah. kalo kamu ingin berubah ga perlu berpamit spt itu. berpamitlah yg wajar

  86. Bengawan.Candhu

    @Kamar Mayat….tidak ada istilah Tuhan telah mati. yg ada adlh matinya hati mns buat melihat kebenaran,mengakui dgn jujur kemuliaan dan keagungan tuhan. saat ini panjenengan bs melihat,bs menikmati udara bebas adlh krn karunia dan keagungan jg kemurahan dr kekuasaan dzat yg maha tinggi. coba berapa nikmat sehat yg panjenengan nikmati dibanding ribuan org yg terkapar terbaring tak berdaya di rumah sakit dgn biaya yg jutaan,panjenengan tetap dgn bangga dan senang bs kesana kemari. coba msl panjenenga n lg enak2nya naik mtr,tau2 mata kita buta bgmn?klo ingin menganl Tuhan lbh dekat,apa yg kita dpt,apa yg kita miliki saat ini kita syukuri dulu. klo sdh byk bersyukur otomatis banyak mengingat dgn byk mengingat maka hati kita akan smkn lembut dan lunak dlm memahami hadirnya Dzat ketuhanan di diri kita jg sktr kita…..mhn maaf kimas,ini hanya share,sy bkn lbh pnadai ato lbh pintar ini hanya salah satu perjalan hidup sj….

  87. @salam takzim buat Habib Ki Wong Alus Rektor
    @salam hormat buat mbah BC president direktur KWA
    @kangmas bajulkesupen262
    salam sdulur njih sedanten

    weleh ono kamar mayat + mayat hidupe mlebu KWA

    hmm dunya
    itu td utusan siapa ya

    hek hek hek

  88. Bengawan.Candhu

    @kangmas ronggo sentot….@kangmas bajul kesupen…..sptnya sdh saatnya sy mhn ijin buat undur diri,krn bsk pagi2 sy hrs keluar kota dan mlm ini jg sy msh ada sedikit keperluan…..pamit dulu…salam takdzim….wasswrwb…..

  89. Walaikumsalam
    monggo mbah BC..nderekaken
    kulo tak jogo gawang

  90. Echo

    Ass.salam kenal.slmt pagi semua,saya mau daftar jadi murid kwa

  91. Echo

    salam salim ugi slm kenal mbah yai ronggo s,mbah yai bc,n all sdulur kwa.

  92. Ki Menggolo

    absen pagi ……………………….

  93. Echo

    Selamat pagi ki menggolo slm kenal

  94. jadi yg sodara itu yg mana????bos………nyerocos………….tak ada ledakan…BENG…….KENA AIR KALIIIIIIIIII

  95. Abinya Arsya

    absen subuh….
    ayo podo subuhan dulu trus lanjut kuliah di KWA lagi…

  96. @langit2
    salam sodara

    semua sodara

    hanya kadang2 ada sodara yg awam atau sok awam

    yang awam itu yang coba di share secara sedikit2 supaya sip

    yang sok awam ya silahkan sok sok an

    sek penting sodara

    silahkan monggo

  97. Salam salim
    @ echo
    @ langit langit
    @abinya arsya
    @ki menggolo

  98. absen fajar,
    ikutnyimak mawon….
    salam kagem sedoyo

  99. asskum. poro sedulur KWA kabeh,,
    salam takzim ugi salam karahayon dhumaateng poro pinisepuh lan bolo wong alus di suluruh dunia,,,,,

  100. adim

    ASSALAMU`ALAIKUM WR WB

    SUGENG ENJANG SAUDARAKU SEMUANYA
    @ KI BUYUT RESO
    @ HONOCOROKO
    @ RONGGO SENTOT
    @ ABINYA ARSYA

  101. sugeng enjang mbah adim
    masuk kuliah sepi.. hujan gerimis mendung
    sholawat bertebaran dimuka bumi

    @rihlah
    mas ustadz dereng muncul2 nggih

  102. wong lamo

    aslmkmwrwb..
    @ki.wong alus
    @bengawan chandu
    @bajul kesupen
    @ronggo sentot
    @adim
    @rihlah rahmatullah
    @hanocoroko nur
    @kamar mayat
    @ki.buyut reso
    @abinya arsya
    @langit langit
    @echo
    @kertapati
    @pangeran sukemilung
    @ki.menggolo
    @saiiii
    @zizah37
    @KWA JAKARTA
    @KWA SRIWIJAYA
    @Semua,sedulur KWA yang lain,…………semoga hari ini seterusnya diberikan oleh allah swt kesehatan selalu,aamiiin
    nyimaxxxxxxxxxx,sambil ngopi+234………..makyuuusssssssss

  103. absen….

  104. assalamualaikum wr wb

    wong lamo…….

  105. Tuhan itu siapa yaa….
    Apakh bisa dilihat…

  106. wong lamo

    waalaikumslmwrwb
    @ cah pinggir kali :semoga sehat selalu,aamiiin..

  107. Jiwamu telh trpaut jiwaku…ha..ha..ha..
    Aku adalh pengganggu….
    Aku takan prnah beranjak..
    Aku tak akan prnah berubah…
    Aku tak akan mau dewasa …orang dewasa seprtimu aku tak mau…ha…ha..ha..
    Atur aku…

  108. heh nongol lagi jongosku ini

  109. @ki Angker LBA
    salam salim ki..

    nuwun sewu njih..

    kulo murid baru
    ngaturi tepang

  110. ojibua

    nderek nyimak………

  111. Raden raddin

    walah aku malah ketingalan absen,salam salim njih

  112. @KI RONGGO SENTOT : NYUMANGGAAKEN KI MAS……

  113. Gus Nur

    Salam Rahayu
    Tulisan yg mantabz habis, semoga mencerahkan diriku, dirimoe dan semua sedulur…amiin.
    salam persaudaraan.

  114. Rihlah Rahmatullah

    Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh ……..
    @ki wong alus
    @KWA JAKARTA
    @KWA SRIWIJAYA, @bengawan chandu, @Gus Santri, @pangeran sukemilung
    @bajul kesupen, @ustadz Angker LBALC
    @ ki ronggo sentot
    @adim
    @wong lamo
    @hanocoroko nur, @langeit biru
    @kamar mayat
    @ki.buyut reso
    @abinya arsya
    @langit langit
    @echo
    @kertapati
    @ki.menggolo
    @saiiii
    @zizah37

    @Semua,sedulur KWA semuanya………semoga dalam naungan Allah dan sehat wal ‘afyat selalu…..

  115. Echo

    Ta’seh ndeprok nyimak teng ngajeng piambak.

  116. Rihlah Rahmatullah

    Setiap sholat pasti diakhiri dengan salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri. artinya orang yang mendirikan sholat harus peduli dan menyayangi sesama, lihat lingkungan sekitar. Tidak boleh mementingkan pribadi saja. Ucapan “salam: Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh berarti: semoga Keselamatan, kesejahteraan, kedamaian, juga rahmat dan barokah Allah tetap terlimpah curah kepada kalian semua (yang menerima ucapan salam itu). Orang Muslim adalah orang menyelamatkan Muslim lainnya dengan lisan dan tangannya. demikian sabda Nabi. Jangankan sesama Muslim, dengan orang yang non-Muslim saja terlarang menyakiti dan mnggagnggu, Bahkan membencinya. semoga persudaraan, ukhuwah dan silaturrahim di antara kita semakin erat dan kokoh….semoga

  117. radja gludug

    nderexs absen. @kamar mayat , anda siapa sih ko aneh banget, apa lg ngetes yaaa..? ayo kamar mayat kita semua bersaudara

  118. Bengawan.Candhu

    @kamar mayat…kita tdk prnh merasa dewasa kok,sy sama spt panjenengan,berani2nya sy mengatur panjenengan,sy ini siapa to?ortu panjenengan jg bkn,kerabat sedarah jg bukan….sy tau diri kok,sy cuman share berusaha membuka pemikiran msg2…panjenengan mnt yg bs sy beri ya sy berikan mskpn cuman share,tukar cerita sj…..klo jalan tobat panjenengan spt yg panjenengan kehendaki adlh spt apa?sy cuman menawarkan alternatif dan solusi dr yg panjenengan kemukakan,klo mmg panjenengan tdk berkenan ya sumonggo….

  119. Rihlah Rahmatullah

    Sangat setuju dgn pendapat Kang Mas Begawan Candhu. Kita harus saling mengingatkn sesama sedulur lainnya yg khilaf. Namun, setelah diingatkan, kita serahkn smua hasilnya kpd Allah. Apakah yg diingatkn itu sadar atau tidak, nerimo atau tidak, jelas bukan urusan kita. Rasulullah pun menangis tatkala paman Beliau tidak mau menerima kebenaran, malah sebagai penentang dan penghalang utama perjuangan Dakwah Beliau. n sesama sedulur lainnya yg khilaf. Namun, setelah diingatkan, kita serahkn smua hasilnya kpd Allah. Apakah yg diingatkn itu sadar atau tidak, nerimo atau tidak, jelas bukan urusan kita. Rasulullah pun menangis tatkala paman Beliau tidak mau menerima kebenaran, malah sebagai penentang dan penghalang utama perjuangan Dakwah Beliau…

  120. Rihlah Rahmatullah

    tuhan emang tiada, kcuali Allah. Tiada tuhan slain Allah. Allah adDhohir Yg Maha JELAS Yg Maha Nyata. Bgitu Jelas&Nyata kberadaan&kkuasaanNYA yg trhampar mlalui ayat-ayatNYA & CiptaanNYA..stiap makhluk mrasakan&mngakui kberadaan&kkuasaanNYA. Hati,prasaan,jiwa,akal pikiran&logika mnerima spenuhnya kberadaan&kkuasaanNYA. Hanya sj “nafsu kotor” keangkuhan bisikan syetan lah yg mbuat manusia mngingkari&mndustaiNYA. Shg kdg mnusia brlari mnjauh dariNYA, bhkan jd atheis, menentang&mencaciNYA. Padahal, smua itu hny kn brbuah klelahn,kegelisahan n mnyeret ke jurang ksengsaraan & kehinaan yg paling Dalam.. a. Bgitu Jelas&Nyata kberadaan&kkuasaanNYA yg trhampar mlalui ayat-ayatNYA & CiptaanNYA..stiap makhluk mrasakan&mngakui kberadaan&kkuasaanNYA. Hati,prasaan,jiwa,akal pikiran&logika mnerima spenuhnya kberadaan&kkuasaanNYA. Hanya sj “nafsu kotor” keangkuhan bisikan syetan lah yg mbuat manusia mngingkari&mndustaiNYA. Shg kdg mnusia brlari mnjauh dariNYA, bhkan jd atheis, menentang&mencaciNYA. Padahal, smua itu hny kn brbuah klelahn,kegelisahan n mnyeret ke jurang ksengsaraan & kehinaan yg paling Dalam..

  121. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    @ Wong lama
    @ Ustaz Rihlah Rahmatullah

    Amin x 3, terima kasih atas doanya. Maaf baru sekarang aye ikut kuliah.. Terlalu sibuk dgn kerja.

  122. absen malem

    endi mau @kamar mayat

    onten sik perso teng pundi wau sedulur?? kok ngilang kamar mayat sak mayat2te

    sekali2 harus ada intriknya supaya kampus ramai dan pelajaran mendapat hikmah

  123. almadani latip

    alkhamdulillaaah…. salam katresnaan…. katur buat seduluuur KWA…..

  124. sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii tenan

  125. Mikokimo

    hadir..

  126. Absen sore

    Salam sali sedulur sedaya

  127. tukang ojek

    ojek ojeeeeek

  128. GUPITO

    met malem

  129. gupito2

    salam damai

  130. Assalamualaikum wr wb,..

  131. Assalamualaikum wr wb,..

  132. Wah gmna mau mengajak kembali ke jalan tuhan,persepsi tentang tuhannya saja dah ngawur nih si kamar mayat,pake tuhan beranak segala,kamu jangan dulu shalat bang,tapi kamu harus belajar dulu aqidah tauhid dan mengenal sifat tuhan,baru kamu shalat ya

  133. @tirta nirmaya
    tapi bang tirta..bisa jadi mas kamar mayat itu ilmunya sedang ketinggian..
    jadi dia menghilangkan Tuhan..menurut saya sih…#sensor#
    itu menurut saya..
    kadang bisa terjadi lho..yang kayak gini akiibat ngaji ngelmu tanpa guru..
    atau lagi kenaikan kelas
    nggak diterima di sekolah manapun ..
    wallahu alam..
    Astaghfirullahalazim 3x
    AshaduanLailahailallah waAshadu ana muhamadarosulullah3x
    La haula wal quata ila bilah 3x
    Astagfirullahalazim3x
    ila hadrati nabiyil mustofa safa’ati rosulillah… lahu alfatehah

  134. @RONGG0 SENTOT: Mas ronggo yg kayak si kamar mayat mah bukan ketinggian,tapi ketinggalan mas,zaman dh canggih gini msh aja ada yg kurang gaul,soal sifat tuhan aja malah kemana-mana,laga luh underground,ngomong bahasa inggris g becus,malu dong…..

  135. Kibuyut Tanggal

    Aslm wr. Buat para sepuh dan saudara seiman santri kwa dimanapun berada… Salam kenal sarapan doa pagi dari kami : ya ALLOH tunjukilah kami jalan hidayah-Mu yakni jalan hidayah dari-Mu robbil ‘alamiin, allohumahdinath thoriqol mustaqiim thoriqon minal auliya’i wal ulama’il ‘aamilin. Ya ALLOH ampunilah dosa2 kami, yakni dosa dengan ilmu maupun dosa dgn kebodohan pd saat kami melakukannya. Yaa ghofurur rohiim. Aamiin.

  136. Kibuyut Tanggal

    Aslm wr. Buat para sepuh dan saudara seiman santri kwa dimanapun berada… Salam kenal, mari kita sarapan doa pagi: ya ALLOH tunjukilah kami jalan hidayah-Mu yakni jalan hidayah dari-Mu robbil ‘alamiin, allohumahdinath thoriqol mustaqiim thoriqon minal auliya’i wal ulama’il ‘aamilin. Ya ALLOH ampunilah dosa2 kami, yakni dosa dengan ilmu maupun dosa dgn kebodohan pd saat kami melakukannya. Yaa ghofurur rohiim. Aamiin.

  137. Assalamualaikum
    Stelah bnyak mnelaah artikel” di kwa,,,
    Bnyak yg mmbuat saya merasa bodoh karna tlah jauh bnyak berbuat dosa,,
    mohon ijin tuk slalu menyimak tiap artikel,,, agar saya bisa banyak menuntut ilmu supaya lebih baik,,
    Mohon saya ingin bergabung di KWA dan bagaimana caranya,,,,
    Mohon maaf jika salah kata
    wassalam

  138. Assalamualaiku wr wb,salm sejaterah sesepuh dn pini sepuh semua .salam kangen dari sy.

  139. Ping-balik: 'KUMPULAN ILMU'

  140. Rio Cristovan Mantiri

    Nama: Rio Cristovan Mantiri
    Alamat: Mataram, Lombok, NTB
    NO hp: 087863776819
    Email: masterceo.mantiri3@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: