NGELMU KASAMPURNAN


Wongalus

Salam KWA-ngen…
Sedulur-sedulur KWA yang dimuliakan Allah SWT, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan panjenengan semua. Saya mulai dengan sebuah dialog antara Syech Siti Jenar dengan seorang tamu yang bertandang ke rumahnya.

Tamu: Saya mencari Syech Siti Jenar?
SSJ: Syech Siti Jenar tidak ada yang ada Allah
Tamu: Kalau begitu saya mau mencari Allah
SSJ: Allah tidak ada, yang ada Syech Siti Jenar.

Makna dari dialog yang sarat dengan sufisme di atas adalah Aku mencari diriku dan hanya menemukan Allah, Aku mencari Allah dan hanya menemukan diriku. Man Arofa Nafsahu, Faqod Arofa Rabbuhu. Siapa yang mengenal dirinya maka dia akan mengenal Tuhannya. Siapa yang tahu jati dirinya maka jati diri Tuhan juga diketahuinya. Siapa yang kenal aku maka ke-Akuan Tuhan juga diketahuinya. Manusia adalah bayangan di dalam sebuah kaca, sementara yang berdiri di depan kaca adalah Tuhan.

Sang Syech adalah tokoh kejujuran membuka selubung dan tirai hakikat yang dalam sejarah kemudian ditenggelamkan ajarannya oleh penguasa kerajaan Demak karena ajarannya dianggap membahayakan. Penguasa khawatir bahwa pengikut ajaran Sang Wali yang terkenal dengan wirid Sasahidan tersebut nanti akan memberontak melawan kerajaan dan melangggar hukum yang ditetapkan sehingga merongrong kekuasaan raja. Syech Siti Jenar mengajarkan kepada kita semua bahwa kita semua sejatinya mampu untuk melalui beberapa tahap: perjalanan spiritual yaitu mendekati, mengenal, mencintai dan menjadi. Mendekati Tuhan tentu dengan melaksanakan apa yang diperintahkanNya dan menjauhi apa yang dilarangnya dalam syariat, mengenal Tuhan dengan membaca menafsirkan dan menemukan makna hakiki dari apa yang diciptakan-NYA, mencintai Tuhan yaitu dengan perilaku, asmak dan sifat-sifat yang mengidentifikasinya NYA dan kemudian mengalami kebersatuan batiniah dengan-NYA.

Terhubung dengan tahap-tahap pencapaian Spiritualitas semacam ini, saya ingin lebih memfokuskan diri pada bagaimana sesungguhnya membaca simbol. Artikel disini bukan sebuah metode yang tetap dan baku namun lebih ke arah masukan agar akal budi kita menjadi kritis sehingga kemudian mampu menemukan sendiri metode atau jalan membaca tanda-tanda.

Alam semesta ini sesungguhnya adalah bukti Kemahaan Allah SWT. Alam semesta ini juga sebuah simbol jejak, tanda-tanda, sastra tanpa gending, atau papan tanpa tulis yang mana di dalam simbol tersebut ada maksud dan tujuan yang tersebunyi yang masih berupa rahasia. Rahasia ini menurut saya perlu dibuka sehingga kita mendapatkan petunjuk apa maksud dan tujuan tersebut. Di sinilah letak kemuliaan manusia. Hanya manusia yang mampu menafsirkan simbol dan memaknai hidupnya. Sebab hanya manusia yang memiliki akal (verstand) dan budi (vernunft) yang secara inheren sudah diinstalkan kepada manusia sejak lahir.

Karena dunia ini penuh simbol maka dunia ini bersifat hidup. Tanpa simbol, dunia akan mati. Di sinilah persoalannya, tidak semua simbol-simbol itu bisa ditafsirkan menjadi petunjuk menuju arah yang tepat bagi seseorang. Kepekaan untuk menafsirkan simbol, kemudian menjadi penting. Esensi dari simbol dan kisah akan hadir sebagai pengganti dari sesuatu yang tak dapat hadir. Apa yang tak dapat hadir sehingga mewakilkan dirinya lewat simbol atau kisah? Jawabnya: Makna. Ketika membahas makna, kita perlu waspada. Sudah terlalu sering orang menyampur-adukkan antara makna dan kebenaran. Makna sama sekali berbeda dengan kebenaran. Makna adalah sebuah kebernilaian yang membuat sesuatu, apapun itu, tak menjadi kosong belaka. Tapi, tak pernah ada sebuah kebenaran tunggal untuk makna, setiap makna meski datang dari sebuah simbol yang sama. Tuhan dan makna tentang Tuhan jelas dua hal yang berbeda. Adanya Tuhan pada dirinya sendiri (an sich) tentu saja hanya Tuhan yang tahu, namun makna tentang Tuhan semua orang punya hak untuk memilikinya. Sifat pemaknaan selalu relatif dan dilarang diabsolutkan karena akan menjadi mitos dan ideologi. Padahal pemaknaan hanya ciptaan manusia yang bisa benar maupun bisa salah.

Persoalannya sekarang adalah bagaimana cara untuk menafsirkan simbol, tentu saja kita harus menjadi peka. Sebuah pembelajaran sudah dituntunkan oleh para leluhur dan nenek moyang kita. Leluhur kita ini siapa, ya semua yang sudah meninggal. Mereka adalah para nabi, para wali, para raja, para patih, para pahlawan, bapak dan mbah-mbah biksu, pedanda, petani, nelayan dan semua profesi yang disandang nenek moyang kita dulu. Agar suatu makna sampai pada tujuannya, dibutuhkan penuntun atau guru. Spiritualitas adalah soal menemukan ’guru’, yang bisa memberi pelajaran hidup. Guru ini bisa merujuk pada apa saja, tak harus sosok manusia, bisa peristiwa, gerak alam dan sebagainya. Apa yang penting di sini adalah kedalaman pembacaan atas realita. Dalam kedalaman pembacaan itulah ’Sang Guru’ akan ditemukan. Guru yang justeru tidak mengenal lelah mengajari kita adalah alam semesta. Orang Jawa menyebut alam semesta ini sesungguhnya adalah Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu. Sastra = Pengetahuan/ kawruh, Jendra = Kemuliaan / Keluhuran/ Rahsa, Hayu= Ayu/ Cantik/ Indah, Ning=Wening/Bening/Keheningan, Rat= Semesta Alam Pangruwating= Pembersih/Pengubah, Diyu=Raksasa/ Keburukan/ Kejahatan/ Hal-hal negatif.

Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah pengetahuan yang mampu mengubah ‘raksasa’ menjadi ‘manusia’. Dalam pewayangan, raksasa digambarkan sebagai mahluk yang tidak sesempurna manusia. Misalnya, kisah Prabu Salya yang malu karena memiliki ayah mertua seorang raksasa. Raden Sumantri atau dikenal dengan nama Patih Suwanda, malu memiliki adik raksasa bajang bernama Sukrasana. Dewi Arimbi, istri Werkudara harus dirias sedemikian rupa oleh Dewi Kunti agar Werkudara mau menerima menjadi isterinya. Betari Uma disumpah menjadi raksesi oleh Betara Guru ketika melakukan hubungan pada waktu yang tidak tepat. Anak hasil hubungan Betari Uma dengan Betara Guru lahir sebagai raksasa sakti mandraguna dengan nama “Betara Kala” (‘Kala’ berarti keburukan atau kejahatan). Sedangkan Betari Uma kemudian bergelar Betari Durga menjadi pengayom kejahatan dan kenistaan di muka bumi. Betari Durga memiliki tempat tersendiri yang disebut “Kayangan Setragandamayit”. Wujud Betari Durga adalah raseksi yang memiliki taring dan gemar membantu terwujudnya kejahatan.

Simbolisme raksasa bermakna suatu kekuatan besar namun wujudnya primitif. Kekuatan ini tidak identik dengan pengertian jahat, melainkan lebih pada manifestasi kepantasan yang tak sesuai untuk bisa diterima budaya. Manusia pun, dalam dirinya memiliki ‘raksasa’ atau ‘kekuatan besar’ yang bisa mendorongnya melakukan tindakan tertentu. Kekuatan ini tidak baik, tidak pula jahat, manusia sendirilah yang memutuskan apakah akan menggunakannya untuk hal baik atau jahat.

Sebenarnya, Kisah Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi memiliki beberapa kesamaan dengan Kisah Adam dan Hawa, yang jika kita renungkan memiliki makna mendalam karena kaitannya dengan ‘hasrat’ atau ‘energi’. Sama seperti para dewata yang tidak menginginkan Begawan Wisrawa membagi begitu saja ilmu (baca: kawruh) Sastra Jendra pada Dewi Sukesi, begitu pula dengan Allah yang murka karena Adam dan Hawa memakan buah dari pohon pengetahuan. Kita juga menemukan bagaimana hasrat menjadi sesuatu yang menggelincirkan manusia ke dalam petaka. Begawan Wisrawa tergoda oleh Dewi Sukesi, sama dengan kisah dengan Adam tergoda oleh Hawa.

Mengapa dikisahkan para Tuhan itu tidak menyetujui jika manusia mendapat kawruh atau pengetahuan? Ini terjelaskan dalam ucapan Betara Guru: “Tidak cukup seperti itu untuk mempelajari ilmu tanpa laku, Serat Sastra Jendra dipagari sifat-sifat kemanusiaan, kalau mampu mengatasi sifat-sifat kemanusiaan barulah dapat mencapai derajat para dewa.”. Artinya, sama dengan pengetahuan yang tak bisa begitu saja dimakan dari buah pengetahuan, demikian pula Sastra Jendra, atau mengubah kekuatan besar dari dalam diri, itu juga tak bisa dilakukan begitu saja tanpa lelaku, tanpa menjalani suatu proses.

Bagaimana seseorang akhirnya bisa kembali sadar untuk berani menemukan arah hidup yang benar dan pas sehingga dia mampu memerankan dirinya sesuai dengan yang dikehendaki Allah SWT dan mau menjalani proses ke arah itu?

Kita pasti ingat sosok gendut, lucu dan kocak dalam sosok Semar. Ki Lurah Semar adalah sosok gaib yang merupakan utusan Gusti Kang Murbeng Dumadi yang bertugas mengingatkan manusia agar selalu berada dalam rel sangkan paraning dumadi dan senantiasa awas eling lan waspodo akan petunjuk-petunjuk Tuhan. Sebelum manusia mengenal agama, keberadaan Semar telah ada di muka bumi. Beliau mendapat tugas khusus untuk menjaga dan memelihara jagad raya.

Saya memaknai bahwa sosok Semar yang dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai pamomong itu adalah sosok Nabi Khidir. Setidaknya ada tujuh manusia di bumi ini atas kehendak-NYA dianugerahi umur panjang hingga akhir kisah adanya umat manusia. Salah satunya adalah Nabi Khidir.

Adalah Raja Iskandar Zulkarnain yang disebut The Great Alexander (Iskandar yang agung), seorang kaisar yang mampu menaklukkan dunia barat dan timur namun senantiasa menjalankan amanah-NYA. Dalam sejarah tercatat 322 SM, atas saran penasihat kerajaan yang bernama Rafa’il (sejatinya seorang malaikat) Iskandar Zulkarnain menuju ke tepi bumi mencari air kehidupan. Menurut Rafail, siapa yang meminum air tersebut maka dia akan abadi.

Iskandar Zulkarnain (Z): malaikat Rafa’il ceritakanlah kepadaku tentang ibadah para malaikat di langit.

Rafa’il (R) berkata: ibadah para malaikat di langit di antaranya ada yang berdiri tidak mengangkat kepalanya selama-lamanya. Ada yang sujud tidak mengangkat kepala selama-lamanya, dan ada pula yang rukuk tidak mengangkat kepala selama-lamanya. Iskandar tertegun dan muncul dahal hati ingin meniru ibadah pada malaikat. Niatnya hanya satu agar dapat beribadah kepada Allah.

R: Sesungguhnya Allah telah menciptakan sumber air di bumi, namanya Ainul hayat yang artinya sumber air hidup, maka barang siapa yang meminumnya seteguk, maka tidak akan mati sampai hari kiamat atau sehingga ia memohon kepada Allah agar supaya dimatikan.

Z: apakah kau tahu dimana tempat ainul hayat itu.

R: Ainul hayat itu berada di bumi yang gelap.

Mendengar keterangan malaikat Rafa’il tentang Ainul hayat, maka raja mengumpulkan para alim ulama. Raja bertanya kepada mereka tentang Ainul hayat dan ada seorang yang alim di antara mereka menjawab: sesungguhnya aku pernah membaca di dalam wasiat nabi Adam AS, beliau berkata bahwa sesungguhnya Allah meletakkan Ainul Hayat itu di bumi yang gelap.

Dimanakah tempat bumi yang gelap itu ? Tanya raja dan dijawab, yaitu di tempat keluarnya matahari.

Singkatnya, disertai tentara Iskandar Zulkarnain pun berangkat mencari tempat itu. Raja bertanya kepada abdi dalemnya: kuda apa yang sangat tajam penglihatannya di waktu gelap? Mereka menjawab, kuda betina yang perawan. Raja memerintahkan untuk mengumpulkan 1000 ekor kuda betina yang masih perawan, lalu raja memilih di antara tentaranya yang sebanyak 6000 tentara, di antara mereka terdiri juga para cendekiawan dan yang ahli mencambuk.

Di antara para tentara tersebut, Allah SWT menyisipkan Nabi Khidir AS. Setelah menempuh perjalanan jauh selama 12 tahun, tentara yang berjumlah sekitar enam batalyon itu menemukan sebuah tempat yang ternyata gelapnya seperti asap, bukan seperti gelapnya waktu malam.

Seorang cendekiawan mencegah raja masuk ke tempat gelap itu dan tentara-tentaranya berkata kepada raja. “Wahai raja, sesungguhnya raja-raja yang terdahulu tidak ada yang masuk ke tempat gelap ini karena tempat ini gelap dan berbahaya”.

Raja berkata: “Kita harus memasukinya, apapun yang terjadi”.

Saat raja akan masuk, raja berkata kepada pasukannya : “Diamlah, kalian di tempat ini selama 12 tahun, jika aku bisa datang kepada kalian dalam masa 12 tahun itu maka kita pulang bersama, jika aku tidak datang selama 12 tahun maka pulanglah kembali ke negeri kalian.”

Iskandar Zulkarnain bertanya kepada Malaikat Rafail: “Apabila bila kita melewati tempat yang gelap ini apakah kita dapat melihat kawan-kawan kita? “. Rafail menjawab “Tidak bisa kelihatan. Tetapi aku memberimu sebuah mutiara, jika mutiara itu ke atas bumi maka mutiara tersebut dapat menjerit dengan suara yang keras dengan demikian maka teman-teman kalian yang tersesat jalan dapat kembali kepada kalian” .

Raja Zulkarnain masuk ke tempat tersebut dan didampingi oleh Nabi Khidir. Kejadian ini tentu saja sudah diatur oleh Allah SWT. Saat dalam perjalanan di tempatgelap tersebut, Allah SWT memberikan wahyu kepada Khidir: “Bahwa sesungguhnya Ainul Hayat itu berada di sebelah kanan jurang dan Ainul Hayat itu Aku khususkan untuk kamu “.

Setelah Nabi Khidir menerima wahyu tersebut kemudian beliau berkata kepada sahabat-sahabatnya: “Berhentilah kalian di tempat kalian masing-masing dan janganlah kalian meninggalkan tempat kalian sehingga aku datang kepada kalian “.

Khidir berjalan pasti menuju ke sebelah kanan jurang maka didapatilah oleh beliau sebuah sumber air yang bernama Ainul Hayat yang dicari itu. Khidir turun dari kudanya dan beliau mandi di sumber air hidup tersebut. Khidir merasakan bahwa airnya terasa lebih manis dibanding madu. Setelah mandi dan minum Ainul Hayat, dia menemui Iskandar Zulkarnain yang tidak tahu bahwa Khidir As telah mandi di sana.

PENGAJARAN KHIDIR
Nabi Khidir adalah sosok guru bijaksana yang diberkahi Allah SWT hidup sepanjang usia manusia. Dia adalah tanda dan pembelajaran agar manusia tidak boleh mempertuhankan akal rasionya sebagaimana pengajaran kepada para nabi dan wali selama ini. Diajarkan kepada Nabi Musa As sebuah ilmu futurologis yang susah dijangkai akal, Khidir juga pernah bertemu Rasullullah SAW dan bahkan pernah “menyamar” berguru Ilmu Fiqih kepada Imam Anu Hanifah. Di Jawa, dia pernah memberi pengajaran kepada Sunan Kalijaga (Syech Malaya) di tengah laut saat sang Sunan ingin pergi mencari hidayah iman.

Inilah ajaran Khidir kepada Sunan Kalijaga dalam Suluk Ling Lung: Jika kamu berkehendak naik haji ke Mekah, kamu harus tahu tujuan yang sebenarnya menuju Mekah itu. Ketahuilah, Mekah itu hanyalah tapak tilas saja. Yaitu bekas tempat tinggal Nabi Ibrahim zaman dulu. Beliulah yang membuat bangunan Ka’bah Masjidil Haram, serta yang menghiasai Ka’bah itu dengan benda yang berupa batu hitam (Hajar Aswad) yang bergantung di dinding Ka’bah tanpa digantungkan. Apakah Ka’bah itu hendak kamu sembah? Kalau itu yang menjadi niatmu, berarti kamu sama halnya menyembah berhala / bangunan yang dibuat dari batu”.

Perbuatanmu itu tidak jauh berbeda dengan yang diperbuat oleh orang kafir, karena hanya sekedar menduga-duga saja wujud Allah yang yang disembah, dengan senantiasa menghadap kepada berhalanya. Oleh karena itu, biarpun kamu sudah naik haji, bila belum tahu tujuan yang sebenarnya dari ibadah haji, tentu kamu akan rugi besar. Maka dari itu, ketahuilah bahwa Ka’bah yang sedang kautuju itu, bukannya yang terbuat dari tanah atau kayu apalagi batu, tetapi Ka’bah yang hendak kau kunjungi itu sebenarnya Ka’batullah (Ka’bah Allah). Demikian itu sesungguhnya iman hidayah yang harus kamu yakinkan dalam hati.

Nabi Khidir berpesan, “Yang Tunggal ada pada dirimu sendiri dan di sana sudah tercakup makna di dalamnya. Tidak dapat kamu lihat, tiada berbentuk apalagi berwarna, tidak berwujud garis, tidak dapat ditangkap mata, juga tidak bertempat tinggal, hanya dapat dirasakan oleh orang yang awas mata hatinya, hanya berupa penggambaran-penggmabaran (simbol) memenuhi jagad-raya, dipegang tidak dapat”.

Bila kamu lihat, yang nampak seperti seperti berubah-ubah putih, yang terang-benderang sinarnya, memancarkan sinar yang menyalan-yala, Sang Permana itulah sebutannya, hidupnya ada pada dirimu; Permana itu, menyatu pada dirimu sendiri, tetapi tidak ikut merasakan suka dan duka, tempat tinggalnya pada ragamu, juga tidak ikut sakit dan menderita, dan jika Sang Permana meninggalkan tempatnya, raga menjadi tidak berdaya, dan pasti lemahlah seluruh badanmu, sebab itulah letak kekuatannya. Permana, dihidupi oleh nyawa yang mempunyai kelebihan, menguasai seluruh badan, Permana itu bila mati ikut menanggung, namun bila telah hilang nyawa, kemudian yang hidup hanyalah sukma / nyawa yang ada. Kehilangan itulah yang didapatkan, kehidupan nyawalah yang sesungguhnya, yang sudah berlalu diibaratkan, seperti rasanya pohon yang tidak berbuah, Sang Permana yang mengetahui dengan sabar, sesungguhnya satu asal, perhatikan secara seksama penjelasan tadi.

Setelah diajarkan semua pelajaran sampai selesai, tentang ruh idhofi yang menjadi inti pembahasannya; Adapunwujud sesungguhnya Alip itu, asal dan muasalnya itu, berasal dari johar Alip itu, yang dinamakan kalam karsa. Timbullah hasrat kehendak Allah itu menjadikan terwujudnya dirimu; dengan adanya wujud dirimu menunjukkan akan adanya Allah dengan sesungguhnya; Allah itu tidak mungkin ada dua apalagi tiga. Siapa yang mengetahui asal / muasal kejadian dirinya, maka bahwa orang itu tidak akan membanggakan dirinya sendiri.

Adapun sifat jamal (sifat yang bagus) itu ialah, sifat yang selalu berusaha menyebutkan, bahwa pada dasarnya adanya dirinya itu, karena ada yang mewujudkan adanya. Demikianlah yang difirmankan Allah kepada Nabi Muhammad yang menjadi Kekasih-Nya. “Kalau tidak ada dirimu, saya Allah tidak akan dikenal / disebut; Hanya dengan sebab adanya kamulah yang menyebutkan akan keberadaan-KU; Sehingga kelihatan seolah-olah satu dengan dirimu, Adanya Aku, Allah, menjadikan ada dirimu, Wujudmu menunjukkan adanya wujud Dzat-KU”. Dan untuk memperjelas jati dirimu, tidaklah kau sadari, bahwa hampir ada persamaan Asma-Ku yang baik (Asmaul Husna) dengan sebutan manusia yang baik (misal : Allah Yang Maha Pengasih, dengan: Siti Fatimah mengasihi anaknya). Itu semua kau maksudkan untuk memudahkan penggambaran perwujudan tentang Diri-Ku. Padahal kau tahu, Aku berbeda dengan dirimu, yang tidak mungkin dapat disamakan satu sama lain. Dan kamu pasthi mengalami kesulitan dan tidak mungkin dapat melukiskan atau menyebutkan Asma-Ku dengan setepat-tepatnya.

Namamu yang baik dapat menyerupai nama-Ku Yang Baik (Asmaul Husna); Apakah kamu sudah dapat meraih sebutan nama yang baik itu? Baik di dunia maupun di akhirat? Kamu ini merupakan penerus / pewaris Muhammad Rasulullah, sekaligus Nabi Allah. Ya Illahi, ya Allah Tuhanku… (Bagi pembaca maupun pendengar dianjurkan berdoa pada Allah. Insya Allah berhasil kabul apa yang diinginkan, Amin, amin, amin, ya Rabbal alamin).

Nabi Khidir mengakhiri pembacaan Firman Allah SWT, kemudian melanjutkan memberi penjelasan pada Sunan Kalijaga; “Tanda-tanda adanya Allah itu, ada pada dirimu sendiri harap direnungkan dan diingat betul. Asal muasal Alip itu akan menjadikan dirimu bersusah payah selagi hidup. Bagi orang yang senang membicarakan dan memuji dirinya sendiri, akan dapat melemahkan semangat usahanya, antara tidak dan iya penuh kebimbangan. Alip tercipta karena sudah menjadi suratan ketentuan yang digariskan. Sungguhnya alip itu, tetap kelihatan ada dan adanya tidak dapat berubah. Itulah yang disebut Alip. Adapun bila terjadi perubahan, itulah yang disebut Alip Adi, yang menyesuaikan diri dengan keadaanmu.

“Mengapa kamu wajib shalat, di dalam dunia ini?”. Asal mula diwajibkan menjalankan shalat itu ialah menyesuaikan diri dengan ketentuan di zaman azali, kegaiban yang kau rasakan saat itu; Bukankah kamu juga berdiri tegak, bersedekap menciptakan keheningan hati, bersidekap menyatukan konsentrasi, menyatukan segala gerakmu.

Ucapanmu juga perlu kau satukan, akhirnya kau rukuk tunduk kepada yang menciptakanmu, merasa sedih karena malu sehingga menciptakan timbul, keluar air matamu yang jernih, sehingga tenanglah segala kehidupan ruhmu, rahasia iman dapat kau resapi. Setelah merasakan semua itu, mengapa harus sujud ke bumi? Pangkal mula dikerjakan sujud bermula adanya, cahaya yang memberi pertanda pentingnya sujud, yaitu merasa berhadapan dengan wujud Allah biarpun tidak melihat wujud yang sesungguhnya, dan yakin bahwa Allah melihat segala wujuh gerak kita (pelajaran tentang ihsan).

Dengan adanya Islam dimaksudkan, agar makhluk yang ada di bumi dan di langit, dan termasuk dirimu itu, beribadah sujud kepada Allah dengan hati yang ikhlas sampai kepala diletekkan dimuka bumi, sehingga bumi dengan segala keindahannya tidak tampak di hadapanmu, hatimu hanya ingat Allah semata-mata. Ya demikianlah seharusnya perasaanmu, senantiasa merasa sujud di bumi ini. Mengapa pula menjalankan duduk diam seakan-akan menunggu sesuatu? Melambungkan pengosongan diri dengan harapan ketemu Allah! Padahal sebenarnya itu tidak dapat mempertemukan dengan Allah. Allah yang kau sembah itu betul-betul ada. Dan hanya Allah-lah tempat kamu mengabdikan diri dengan sesungguhnya. Dan janganlah sekali-kali dirimu menggap sebagai Allah. Dan dirimu jangan pula menganggap sebagai Nabi Muhammad.

Untuk menemukan rahasia yang sebenarnya harus jeli. Sebab antara rahasia yang satu berbeda dengan rahasia yang lain. Dari Allahlah Nabi Muhammad mengetahui segala rahasia yang tersembunyi dan Nabi Muhammad sebagai makhluk yang dimuliakan Allah sering menjalankan puasa mengeluarkan shodaqoh naik haji melakukan ibadah shalat.

Hidayah iman (petunjuk iman) yang terasa dalam diri perlu ditangkap dengan kesadaran ruh yang sejati. Tidaklah menggunakan telinga. Cara melatihnya juga tanpa dengan mata. Adapun telinganya, matanya yang diberikan oleh Allah. Ada padamu itu. Secara lahir sukma itu sudah ada padamu. Secara batinnya ada pada sukma itu sendiri. Memang demikanlah penerapannya. Ibarat seperti batang pohon yang dibakar. Pasti ada asapnya api. Menyatu dengan batang pohonnya. Ibarat air dengan alirannya. Seperti minyak dengan susu. Tubuhnya dikuasai oleh gerak dan kata hati dari Yang Maha Batin, Hyang Sukma.

Demikan pun wujudmu, suaramu. Serahkan kembali kepada Yang Empunya suara. Justru kau hanya mengakui saja. Sebagai pemiliknya. Sebenarnya hanya mengatas namai saja. Maka dari itu kau jangan memiliki kebiasaan yang menyimpang. Kecuali hanya kepada Hyang Agung. Dengan demikian maka bersiaplah meraga sukma yaitu kata hatimu sudah bulat menyatu dengan Gusti. Apa yang kau pikir dan kau rasakan akan terwujud dan sudah terkuasai olehmu. Jagad seisinya justru benar-benar untukmu. Sebagai upah atas kesanggupanmu sebagai khalifah di dunia ini.

Ia tidak takut kapan pun maut menjemput. Yang sempurna ialah yang diterima dari Tuhan Yang Tak akan tampak wujudnya. Kesempurnaan mati dihadapi dengan damai dengan tidak meninggalkan hak-Nya dan memasuki alam malakut atau alam para nabi yang baunya harum wewangi dan mulia. Semoga sedulur KWA semua mampu menggapainya. Amin.. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 368 Komentar

Post navigation

368 thoughts on “NGELMU KASAMPURNAN

  1. MBAH SINGO DONGSO

    petromaxxxxxxxxxxxxx

  2. MBAH SINGO DONGSO

    senterrrr…..

  3. MBAH SINGO DONGSO

    lampu teplokkkk…..

  4. MBAH JATI

    2

  5. MBAH SINGO DONGSO

    oncorrrrr…..

  6. MBAH JATI

    mleset, 7

  7. MBAH SINGO DONGSO

    sugeng enjing salam salim mbah WA, Mbah Jati,…..

  8. MBAH SINGO DONGSO

    dipun ngapunten mbah jati sy borong semua,
    sudah menunggu sekian tahun, baru dapat pertamax nih hehe….

  9. RAHAYU UNTUK SEMUANYA

    NDEREK NYIMAK KI ALUS

    MANTAB

    TERIMA KASIH KI…..

  10. Absen pagi, langsung nyimak ….

  11. mas haryo penangsang

    dapet 10 besar pas mantap
    @mbah yai wong alus .
    @mbah singo d . . .
    @mbah jati . .
    @ki ageng JJ . .
    Sugeng rahayu katur panjenengan sedoyo . .

  12. ily

    ikut nyimak

  13. adim

    assalamu`alaikum wr.wb
    derek nyimak
    mbah yai ki alus
    sugeng enjang ..
    monggo dilanjut …

  14. absen siang langsung nyimak.
    salam sejahtera buat ki wong alus dan poro bolo wong alus

  15. matamerah

    10, hehehe……
    Dapat juga akhirnya.
    Subhanallah, terima kasih atas pembabaranx ki
    al fatehah sent to sedulur2 ku semua, yg ada di KWA tercinta ini
    Al fatehah sent………atehah sent to sedulur2 ku semua, yg ada di KWA tercinta ini
    Al fatehah sent………

  16. matamerah

    wah ternyata dah keduluan ki rihlah
    Hehe… Salam salim ki

  17. Tulus

    Nderek nyimak nggih

  18. Mantab Nderek Nyimak Ki Alus.. Semangat siang buat semua..

  19. Balaputra

    Absen siang…
    Sambil nyimak d pinggiran warung

  20. Thanmust thepos

    Mantaps
    Salam rahayu

  21. anak desa

    dulur2 ada yang tau ngga alamat emailnya bpk Idris Nawawi?
    ituloh, sesepuh majalah misteri yang mukim di bilangan cirebon, aku cari2 di majalah misteri kok ngga ada ya…
    yg ada cuman no.tlpnya, mau tanya langsung sama beliau melalui telpon kok ngga enak, klo ada yg tau tolong kasih tau aku ya… kirim aja lewat sms di no. +60146351519

    terima kasih dan salam guyub rukun

    song2 hari depan dg ilmu dan taqwa
    raih cita2 dg ikhtiar dan doa

  22. MANTAP. salam salim tuk semuanya.

  23. @Ki Wong Alus….subhaanallah 3x,alhamdulillah 3x,Allahu Akbar 3x,Laailaaha Illa Allahu…Terima kasih atas cerita sekaligus nasehat yang sangat penuh makna….aamiin 3x…Yaa Allaahu,Qobul….sungguh sangat menggetarkanhati…
    @Salam buat sedulur KWA….tetap kompak meskipun berbeda pendapat….

  24. aamiiiiiiiiiiiin………………….

  25. Qobiltu Ki Alus
    dari Lahir Tumekaning Bathin

  26. dm3n_cah_ayu

    ass f all,ikut nyimak…

  27. 20 besar kah????

  28. alhamdulillah…
    mantabs…
    bacanya rada-rada merinding…
    dari 2009 sampe skr baru terisi lg dahaga ini…
    salam rahayu kang mas…ng…
    dari 2009 sampe skr baru terisi lg dahaga ini…
    salam rahayu kang mas…

  29. MANTAP. salam salim tuk semua

  30. uwa semar semur

    Assalamualaikum we er we be
    Salam salim sedulur dan sesepuh kwa
    Alhamdulillah nambah pencerahan.

    Semar di babaran di atas beda dengan uwa semar semur.
    Semar di babaran di atas atas didatangi para satria untuk dimintai ilmu dan nasihatnya, kalo uwa semar semur mah didatangi pembeli bajigur jagung rebus, ehh pake kutang, maksudnya ngutang lagi heuheuheu
    Izin nyimak sambil ngocek2 bajigur

  31. assalamualaikum.wr.wb
    para Sedulur KWA
    yg saya Hormati Ki Wong Alus selaku guru besar KWA assalamualikum KI

    begitu berharga pembabaran yang Ki Wong Alus berikan
    semoga pembabaran ini menjadikan kita orang yang lebih beriman lagi menguatkan hati menuntun kita menuju jalan Allah

    @ All : monggo dilanjut kuliahnya

    @ Kang Rihlah : assalamualaikum Kang…………..

  32. nderek nyimak……… ki wongalus dan sdulur smua……..

  33. Ben Syam

    Subhanallah….Allahu Akbar, Jlentreh Ki nanging awrat labet lakunipun, gamblang pencerahanipun. Mohon di doakan bisa menggapainya. Nuwun.

  34. dm3n_cah_ayu

    sy ulang2 bc ksh prtmuan sunan Kali Jaga dng Nabi Khidir dibuku,g mudeng2 ,bc yg dr Mbh Yai WA ni,jg ra phm2,nasiiiiiiib

  35. Hassan as'ad

    Assalamualaikum saudara kwa. .
    Izin share sdikit ya. .

    ” ALLOHU AKBAR YA KABIR YA KHOBIR , HU HU HU KALIMATILLAAH , A’UDZU BIKALIMALIMATILLAHI TAAMMATI MINGSYARI MAA KHOOLAQ , SUBHANALLOOH, ALHAMDULILLAH, ALLOHU AKBAR,
    DZIKRULLOH, YA ALLOOH. ”

    di atas adalah asma’ tameng wojo. . . KALIMATILLAAH , A’UDZU BIKALIMALIMATILLAHI TAAMMATI MINGSYARI MAA KHOOLAQ , SUBHANALLOOH, ALHAMDULILLAH, ALLOHU AKBAR,
    DZIKRULLOH, YA ALLOOH. ”

    di atas adalah asma’ tameng wojo. . . HU KALIMATILLAAH , A’UDZU BIKALIMALIMATILLAHI TAAMMATI MINGSYARI MAA KHOOLAQ , SUBHANALLOOH, ALHAMDULILLAH, ALLOHU AKBAR,
    DZIKRULLOH, YA ALLOOH. ”

    di atas adalah asma’ tameng wojo. . . KALIMATILLAAH , A’UDZU BIKALIMALIMATILLAHI TAAMMATI MINGSYARI MAA KHOOLAQ , SUBHANALLOOH, ALHAMDULILLAH, ALLOHU AKBAR,
    DZIKRULLOH, YA ALLOOH. ”

    di atas adalah asma’ tameng wojo. . .

  36. Hassan as'ad

    Kok dobel2 ya. . . . Mungkin lg eror. . . . . Nih. . Salam takzim semua. .

  37. mas haryo penangsang

    absen lngsung ngilang . .
    Cling . . . . . . . . . .’0,,0′.

  38. Assalamu’alaykum salam ta’dhim wa takrim tuk smuanya…@Ki Mas Haryo P: salam ta’dhim Ki. Sy gk bs di coment di Lapak azimat Kuat…pdhl dah lbih 5x, comentku gagal trus,jg mo ngjelasin azimahnya. Gk tau knp? Mgkn tdk tepat kali yee. @Mata merah:salam salim jg…@Ki Wong Alus: salam ta’dhim Ki…wuihh artikelnya mantaps, penuh dgn filsafat diri n kehidupn yg nyambung dgn ketuhanan…Sebenarnya sudah ada perjanjian di alam ruh antara (ruh/calon) manusi dgn Allah. Manusia brjanji akan mengakui Allah sbg Robb ( Tuhan,pengatur,pemelihara,pelindung,pemberi dll) jg kn bribadah sbaik2nya. Barulah ditiupkn Ruh Ilahiy ke dalam segumpal daging/jasad itu. Sehingga semua Manusia trlahir dlm keadaan fitrah/suci(bayi manusia mana pun, agama apa pun, tak trkecuali). Lalu knp ada manusia yg atheist atau sangat durhaka kpdNYA?? Insan dr kt Nasiya=lupa. Jd manusia suka Lupa,melupakan atau pura2 Lupa. Suka Lupa/melupakan/pura-pura Lupa akan janji, trmasuk perjanjian dulu di alam ruh dgn Allah…sehingga ber-Tuhan n bragama adalh Fitrah & kebutuhan dasar manusia..

  39. dm3n_cah_ayu

    @Ki WA&Tim
    @All ssph&bolo wa
    @yg cuma mantau&all pngunjung,alfatihah sent,jg u/kluarga’y dimn ja brada,nyimak Lg…

  40. Selamat siang ki alus..salam damai dunia..pencerahan yg amat dalam membawaku menerawang jauh ke awang” dan bummm.. aku terjatuh bebanku akan dunia materi terlalu berat yah egoku,nafsuku,khayalku,terlalu kencang mengikatku…salam untuk bolo wong alus dimanapun adanya

  41. Asslmkm wr.wb slm knl semua sdrku disini slm kwa-ngen, utamanya buat pemilik blok kang alus dan semu a para sesepuh juga sahabat yg saya hormati, memang saya pernah dengar seperti tulisan d atas tetapi ada tambahannya, tros koq ada kejanggalan dibelakangnya apa boleh saya disini mohon penjelasan, maksud saya seperti ini:
    Man arofa nafsahu faqod arofa robbahu
    Man arofa robbahu faqod jahilla nafsah
    Barang siapa tahu kepada dirinya maka tahu kepada Robb nya
    Barang siapa tahu kepada Robb nya maka dia akan bodoh
    nah, maksudnya bodoh disini bagaimana?
    trimakasih sebelumnya kpada poro sedulur semua, atas penjelasannya
    kalo saya ada salah tulis di sini saya mohon maaf sebanyak banyaknya

  42. BoloneDewe

    Ijin nyimak,,
    Wassalam

  43. muantab ki wong alus…semoga bs menambah pencerahan dlm hati utk lebih menambah keimanan…salam salim buat sedulur semua.. utk lebih menambah keimanan…salam salim buat sedulur semua..

  44. Wa’alaykumussalam… @Kang Cucu Adam. @Ki Hassan as’ad:salam ta’dhim jg.monggo Ki keilmuannya dibabar dikupas tuntas brikut kaifiyatx yg lengkap. @Aditya P: jk boleh mnjwb, mksd prnyataan “bodoh”itu adlh tahu diri, mengakui n menyadari bhwa diri ini penuh noda n dosa, sesat tanpa bimbinganNYA Lemah tak brdaya tanpa kekuatan&Prtolongan dariNYA, serta betapa bodoh dan dungu di hadapanNYA…jd orang yg mengenal diri n Tuhannya akan sadar akan hal ini, shg dia slalu brsandar kpd Allah Yg Maha Kuat, slalu pasrah kpd Allah alWakil, Slalu meminta kpd Allah alWahhab, slalu mendekat n brdo’a kpd Allah arRoqiebul Mujib, dan slalu meminta belas kasih, maaf serta ampunan kpd Allah Yg Maha Pengasih Penyayang Maha Pemberi Maaf/ Ampunan dan Maha Penerima Taubat… tuntas brikut kaifiyatx yg lengkap. @Aditya P: jk boleh mnjwb, mksd prnyataan “bodoh”itu adlh tahu diri, mengakui n menyadari bhwa diri ini penuh noda n dosa, sesat tanpa bimbinganNYA Lemah tak brdaya tanpa kekuatan&Prtolongan dariNYA, serta betapa bodoh dan dungu di hadapanNYA…jd orang yg mengenal diri n Tuhannya akan sadar akan hal ini, shg dia slalu brsandar kpd Allah Yg Maha Kuat, slalu pasrah kpd Allah alWakil, Slalu meminta kpd Allah alWahhab, slalu mendekat n brdo’a kpd Allah arRoqiebul Mujib, dan slalu meminta belas kasih, maaf serta ampunan kpd Allah Yg Maha Pengasih Penyayang Maha Pemberi Maaf/ Ampunan dan Maha Penerima Taubat…

  45. MBAH JATI

    mungkin maksudnya jadi sadar diri akan kebodohan bahwa berapapun yang kita tahu, sejatinya terlalu banyak yang kita tidak tahu, kita sejatinya bodoh. yang kita tahu, sejatinya terlalu banyak yang kita tidak tahu, kita sejatinya bodoh.

  46. uwa semar semur

    dm3n_cah_ayu Says:
    sy ulang2 bc ksh prtmuan sunan Kali Jaga dng Nabi Khidir dibuku,g mudeng2 ,bc yg dr Mbh Yai WA ni,jg ra phm2,nasiiiiiiib

    ……Diprint, diseduh pake bajigur panas, terus diminum, lakukan 7 hari berturut-turt….pasti sehat heuheuheu

  47. MBAH JATI

    eh, maaf pak ustadz rihlah sudah paring pencerahan. Kawulo pamit dulu, nuwun.

  48. faisal arsawirja

    alhamdulillah…….nembe nongkrong deui….
    tah ieu nembe postingan……….sae pisannnn….

    hebaaaaaaaaaaaaatttttt……..diajar paeh ker hirup…

    salam kanggo sadayana….

  49. @Uwa semar semur: salam ta’dhim wa takrim kalayan hurmat kanggo Uwa ti pun alo iyeu…ari padumukn Uwa tweh di mana? Hoyong pun alo yeuh silaturrahim ka Uwa, sadiakn we jamuanna nu istimewa, bade semur daging n jengkol ge mangga Uwa..heuheu dilajeng Uwa. @MBAH JATI: salam ta’dhim cium tangan kagem Mbah, cups..cups jgn dl pamit, ah Mbah biasa ja Mbah. Ilmu tu msing2 pny sdikit…
    @Kang Faisal A:salam kenal ti sim kuring…dido’akn sing Barokah salamet tur hasil maksad merantauna..di Bali nya? tong khilaf oleh2na mun uwih ka tatar sunda…heuheu sok ah dilajeng.. mana? Hoyong pun alo yeuh silaturrahim ka Uwa, sadiakn we jamuanna nu istimewa, bade semur daging n jengkol ge mangga Uwa..heuheu dilajeng Uwa. @MBAH JATI: salam ta’dhim cium tangan kagem Mbah, cups..cups jgn dl pamit, ah Mbah biasa ja Mbah. Ilmu tu msing2 pny sdikit…
    @Kang Faisal A:salam kenal ti sim kuring…dido’akn sing Barokah salamet tur hasil maksad merantauna..di Bali nya? tong khilaf oleh2na mun uwih ka tatar sunda…heuheu sok ah dilajeng..

  50. …Orang yg Tangguh/Hebat adlh orang yg menyadari keLemahn & kekurangan dirinya, shg ia slalu mndekat&bertumpu kpd Allahul Qowiyyul Matin. Ia tidak cengeng, Tidak mudah menyerah & Tidak putus asa karena YAKIN Meski dirinya Lemah&penuh kekurangan, ada Kekuatan yg Maha Dahsyat yg SeLaLu Siap membantu&menolongnya. Ia selalu lebih kuat n tegar dr masalah yg menghadangnya….pamit dulu ah..mo sholat ashr…

  51. mas haryo penangsang

    @pak ustad RR, , , ada dsni to,
    slam ta’dzim kmbali, mantef tenan , tambah jernih . . . .
    @eyangku gentar alam, ayo hadir

  52. Salam Hurmat datheng ki Wong Alus

    sudah saatnya untuk jumpa darat dengan beliau nih..
    jual kebun dulu buat sangu hihihihi

  53. DewaTimur

    Tadi saya coba asr utk mematikan lampu ruang tamu, beberapa jam kmdian trnyta lampu mati beneran. stl saya copot ternyata kaca lampu retak.

  54. mumeth kebanyakan mboco ilmu ASR RDR dan ilmu bercinta hehehe…
    kudu sowan langsung karo mbah kiyai..
    supaya sip mantap meraga sukma nya

  55. ijin nyimak

  56. kapan meneh ya tho…
    selak mati…

    siap2 siap2 yak…berangkat..

  57. Salam ta’dhim penuh hurmat jg @Ki Ronggo Sentot jg @Ki Dewa Timur jg sedulur smuanya….
    …Allah Yg Maha Tinggi brfirman dlm hadits Qudsiy: “AKU terserah persangkaan hambaKU. AKU bersamanya (memberi rahmat&membelanya) bila dia menyebut namaKU(brDzikr). Bila dia menyebut namaKu dlm dirinya, AKu menyebut namanya pd diriKu. Bila dia menyebut namaKu dlm prkumpulan yg bnyk, Aku menyebutnya dlm prkumpulan yg Lbih bnyk dr mreka. Bila dia mendekat kpdKu (dgn mlakukn amal shaleh/berkata Baik) sejengkal, Maka Aku mendekat kpdnya sehasta. Bila dia mendekat kpdKu sehasta, mk Aku mendekat kpdnya sedepa. Bila dia mendatangiku dgn berjalan, Maka Aku kan mendatanginya dgn berlari.”(HR. Bukhari). Wuuihh mantaps ya orang yg taqorrub n brdzikir kpd Allah itu, Pasti jadi Orang “SAKTI” n Bahagia…

  58. ♫ Kwan _Lama ♫

    Mantaappppppppppp Nih artikel……

  59. Anak setann

    Apsennn soreee….

  60. Izin nyimak @ki wongalus…mohon di babar jg antara aku dan ingsun.

  61. Sword Zulfaqor

    Assalamu’alaikum Wr.Wb, Salam Penuh Damai selalu untuk yang telah hadir di sini, tak lupa saya ucapkan Salam Hormat tuk mas Wildan/Wongalus, artikelnya benar-benar bagus, menambah wawasan ilmu pengetahuan dan mencerahkan, maju terus mas Wildan

    @All: Saya permisi dulu poro sedulur, silahkan dilanjut kuliahnya, Salam damai dan jabat erat

  62. MBAH ARIFYANTO

    si mbah ketinggalan 5 besar…..

  63. MBAH ARIFYANTO

    penjabaran yang mantab,mudah2an bermanfaat bagi kita semua…

  64. Budi j

    Ass wr wb
    Alhamdulillah,terimakasih.Ass wr wb
    Alhamdulillah,terimakasih.

  65. nderek nyimak ki,,,

  66. salam malam

  67. Cah owah

    Matur nuwun ki..
    Amiin..

  68. shuii

    assalamualaikum..absent malemm,wah pada banyak yg hadir dari para sesepuh…….salam u semua……

  69. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    selamat malam salam salim salam tak’dzim dan perseduluran sedulurku semua
    absen malam sekalian nyimak pembabarannya sambil di renungkn.
    Hatur nuhun.

  70. ugan surya

    Alhamdulillah coment saya bisa masuk,malam kemarin susah pisan.
    Hatur nuhun.

  71. absen,
    truz..
    kaaaaaabbbbuuurrrrrrrr…………………

  72. assalamualaikum ya Habbibi ya shohibi,,
    Salam peseduluran sedulur kabeh,,
    ijin nyimak,,,,

  73. abah hikam

    salam rahayu kangge sedulur kwa khususon @ki wongalus. ingalah Allah disaat kapanpun dimanapun.

  74. ryan

    Ass.. KI WONG ALUS, Sesepuh KWA, SELURHLUH BOLO WONG ALUS.. kuliah hr ini smakin membuat kita madep,mantap marang GUSTI ALLOH SWT..amien ah hr ini smakin membuat kita madep,mantap marang GUSTI ALLOH SWT..amien

  75. ASSALAMUALAIKUM…

  76. Ada 4 perkara dalam mengenal diri sejati : 1. Diri yg berdiri, yaitu diri kita. 2. Diri yg terdiri, yaitu hati bagi kita. 3. Diri yg terperi peri, yaitu nyawa bagi kita. 4. Diri yg terusholi, yaitu rahasia bagi kita.. Mengenal diri yg sebenar benarnya diri dalam pencarian kesejatian “muqoronah wahdatuzzat” dapat dicapai melalui keselarasan.. Af’al kepada Nya, tubuh kita (huruf Alif). Asma kepada Nya, hati kita (huruf lam). Sifat kepada Nya, nyawa kita (huruf lam). Zat kepada Nya, rahasia kita (huruf Ha).. Ujud tiada pada ujud, ada tiada pada ada.. Wallohualam bissawab..

  77. nuryadi

    hehehe yaa dibuka ki tunggal jagad

  78. Bengawan.Candhu

    Mhn ijin menyimak…..

  79. faisal arsawirja

    kang rihlah: salam kenal oge ti abi….abi urang cianjur…damel dibali. abi sok ameng ka sukabumi…palabuhanratu papajar….ari akang sukabumina dimana????

  80. kang Dullah

    Absen
    salam rahayu ……………………

  81. @Kang Mas BC: Gmn kbrnya Kang Mas? Br kelihatan? Smg Kang Mas BC sehat wal ‘afyat slalu Penuh Barokah n anugrah Allah…@Kang Faisal A: ohh sering atwuh sim kuring oge ka Palabuan mah. Sim kuring tinggal di Parungkuda. Sktr 60 km ti Palabuan ratu. Tos lami Kang di Bali? Abdi mah di Bali tweh 9 bln di perut sang Ibu trcinta..hehe engkin pami uwih sareng kaleresan ameng ka Palabuan, wartosan nya. No.hp abdi aya di coment Lapak “MENGENAL DIRI_4″ urang manjangkeun tali silaturrahim sareng duduluran nya Kang..

  82. Ki Dewa Bessi

    @SEDULUR 4,5 PANCER
    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM.
    SEDULUR PAPAT LIMA PANCER NUNGGAL PERTAPAAN SIJI PANGGONAN AMARAH,SUFIYA,LAWWAMAH,MUTMAINAH,REWANGANA ANGGONKU NYAMBUT GAWE SEMBADANANA KEKAREPANKU NYUWUN RIZKI ENGKAN AGUNG SAKING GUSTI ENGKANG WELAS ASIH,,
    Lakunya
    Baca 3x di dpn rumah dgn menghadap kekiblat,lakukan di tengah malam jam 12 malam,
    Ini mantra mantap lo,,

  83. KM Nuryadi, salam rahayu monggo dilanjut.. KM Bengawan Candhu, mohon pencerahane..

  84. Ki Dewa Bessi

    Menambahkan.
    Dan jgn lupa jg selesai bc gedruk ke tanah 3e,,
    Insya allah akan lancar segala usaha dan rizky akan mengalir ibarat air yg mengalir,,

  85. Ki Dewa Bessi

    Kangmas Damar Wulan Manembah
    Slamat malam mas,,piye kabare.? Selamat malam jg keluarga ki wongalus sejagad,salam sayank love you,!!?

  86. …Ilmu itu ada Dua: 1.Ilmu Kasbiy, 2. Ilmu Ladunniy. Ilmu Ladunniy diperkenalkn oleh Nabiyullah Khidir yg nama Aslinya Balya bin Malkan. Khidir/Khodir artinya Hijau. Karena jika tanah yg gersang, jika dilewati/diduduki oleh Beliau, mk tanah tsb akan tumbuh pepohonan yg subur shg hijau kembali, mk disebutlh Nabi Khidir. Brbg mcm cara utk mndptkn ilmu Ladunniy, diantara syaratnya adlh Dzikrullah n Makrifatullah…trmasuk dgn cara riyadhoh, ada yg mlalui ayat kursiy, sholawat n asmaul husna dll…

  87. aslkm sugeng dalu mohon maaf telat kuliah.monggo di lanjut

  88. Bengawan.Candhu

    @rihlah rahmatullah…alhamdulillah,atas berkah dan doa pangestu dr panjenengan kbr sy jg keluarga sy baik2 sj….smg dmkn jg adanya panjenengan. @Kangmas Tunggal Jagad…sy mhn ijin menyimak,krn sy lbh sng mendengar dan membaca tausyiah2 dr para sesepuh dan segenap sedulur disini,trmsk dr panjenengan.
    @ki dewa besi…sugeng ndalu,slmt malam kangmas….ada dawuh jg kerso punopo kagem kawulo….nuwun…

  89. Bengawan.Candhu

    dari berbagai sumber salah satunya dr kapanlagi.com ada suatu perenungan dan sedikit penjabaran dr sedulur papat kalimo pancer,smg bermanfaat.

    Mengambil dari hikmah Kitab Kidungan Purwajati, tulisannya dimulai dari lagu Dhandanggula yang bunyinya sebagai berikut :

    “Ana kidung ing kadang Marmati Amung tuwuh ing kuwasanira Nganakaken saciptane Kakang Kawah puniku Kang rumeksa ing awak mami Anekakake sedya Ing kuwasanipun Adhi Ari-Ari ingkang Memayungi laku kuwasanireki Angenakken pangarah Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangi ulah kang kuwasa Andadekaken karsane Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mami Nuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun papat Kalimane wus dadi pancer sawiji Tunggal sawujud ingwang”.

    Pada lagu diatas, disebutkan bahwa “Saudara Empat” itu adalah Marmati, Kawah, Ari – ari (plasenta/tembuni) dan Darah yang umumnya disebut Rahsa. Semua itu berpusat di Pusar yaitu berpusat di Bayi.

    Jelasnya mereka berpusat di setiap manusia. Mengapa disebut Marmati, kakang Kawah, Adhi Ari – Ari dan Rahsa?
    Marmati itu artinya Samar Mati (Takut Mati). Umumnya bila seorang ibu mengandung seorang bayi, sehari-hari pikirannya khawatir karena Samar Mati. Rasa khawatir tersebut hadir terlebih dahulu sebelum keluarnya Kawah (air ketuban), Ari – ari dan Rahsa. Oleh karena itu Rasa Samar Mati itu lalu dianggap Sadulur Tuwa (Saudara Tua). Perempuan yang hamil saat melahirkan, yang keluar terlebih dahulu adalah Air Kawah (Air Ketuban) sebelum lahir bayinya, dengan demikian Kawah lantas dianggap Sadulur Tuwa yang biasa disebut Kakang (kakak) Kawah. Bila kawah sudah lancar keluar, kemudian disusul dengan lahirnya si bayi, setelah itu barulah keluar Ari-ari (placenta/ tembuni).

    Karena Ari-ari keluar setelah bayi lahir, ia disebut sebagai Sedulur Enom (Saudara Muda) dan disebut Adhi (adik) Ari-Ari. Setiap ada wanita yang melahirkan, tentu saja juga mengeluarkan Rah (Rah/Getih = darah) yang cukup banyak. Keluarnya Rah (Rahsa) ini juga pada waktu akhir, maka dari itu Rahsa itu juga dianggap Sedulur Enom. Puser (Tali pusat) itu umumnya gugur (Pupak) ketika bayi sudah berumur tujuh hari. Tali pusat yang copot dari pusar juga dianggap saudara si bayi. Pusar ini dianggap pusatnya Saudara Empat. Dari situlah muncul semboyan ‘Saudara Empat Lima Pusat’ yang biasa disebut dalam bahasa Jawa Sedulur Papat, Lima Pancer.

    Adapun Keempat nafsu yang berhubungan dengan rusaknya “persaudaraan” jasad kita dengan Sedulur Papat tersebut bisa juga digambarkan sebagai berikut :

    Amarah : Bila manusia hanya mengutamakan nafsu amarah saja, tentu akan selalu merasa ingin menang sendiri dan selalu ribut/bertengkar dan akhirnya akan kehilangan kesabaran. Oleh karena itu, sabar adalah alat untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

    Supiyah / Keindahan : Manusia itu umumnya senang dengan hal-hal yang bersifat keindahan misalnya wanita (asmara). Maka dari itu manusia yang terbenam dalam nafsu asmara/ berahi diibaratkan bisa membakar dunia.

    Aluamah / Serakah : Manusia itu pada dasarnya memiliki rasa serakah dan aluamah. Maka dari itu, apabila nafsu tersebut tidak dikendalikan manusia bisa merasa ingin hidup makmur sampai tujuh turunan.

    Muthmainah / Keutamaan : Walaupun nafsu ini merupakan keutamaan atau kebajikan, namun bila melebihi batas, tentu saja tetap tidak baik. Contohnya: memberi uang kepada orang yang kekurangan itu bagus, namun apabila memberikan semua uangnya sehingga kita sendiri menjadi kekurangan, jelas itu bukan hal yang baik.

    Maka dari itu, saudara empat (Sedulur Papat) harus diawasi dan diatur agar jangan sampai ngelantur. Manusia diuji agar jangan sampai kalah dengan “keempat saudaranya” yang lain, yaitu harus selalu menang atas mereka sehingga bisa mengatasinya. Kalau Manusia bisa dikalahkan oleh saudara empat ini, berarti hancurlah dunianya. Sebagai Pusat, manusia harus bisa menjadi pengawas dan menjadi patokan.

    Benar tidaknya hakekat yang diterangkan diatas, silahkan anda yang menilai. ini hanya slh satu sudut pandang dr penggemar budaya dan pengalaman hidup sj yg msh jauh dr kesempurnaan. monggo dilengkapi dan disempurnakan oleh panjenengan yg berkesempatan hadir dan berkenan melengkapinya. nuwun.

  90. thomas Rvofinal

    derek nyimak lan midangetken menawi wonten dawuh dumateng kulo…..salam sembah syukur lan sungkem dumateng poro sederek2 kwa sedoyo…rahayu

  91. Ki dewa besi
    Maaf hanya koreksi njìh.?
    Itu bacaan mantran sedulur 4,5 pancer kayaknya ada yg salah tulis lo,.bkn PERTAPAAN tapi PERTAPAN KI,,QIQIQI
    Ki benganwan candu
    Makin mantaap ni ki,,qiqiqi
    Salam salim salam rahayu ki,,swn.

  92. M.RUSLAN A.G

    assalamualaikum..absent malemm,wah pada banyak yg hadir dari para sesepuh…….salam u semua……

  93. Bengawan.Candhu

    @Kimas thomas R…@kangmas M Ruslan A.G…salam takdzim…salam paseduluran…sugeng rawuh……@Kimas Wulyojati samudro….mantep opo,sy kan cuman ikut2an sj dan menyimak dr sespuh disini,wis kita ckp mojok dipojok smbl duduk mns menyimak sj,skl2 ikut cuap2…oya,dpt salam manembah panjenengan….nuwun….

  94. thomas Rvofinal

    sugeng tengah wengi njih poro sedulur

  95. thomas Rvofinal

    …gemandol tanpo cantelan….memaknai apa arti kata gendero jowo simbol keagungan ingkang sing damel gersang tuntunan urip….monggo diskusi bareng…rahayu

  96. thomas Rvofinal

    .kang mas bengawan pripun wartosipun dangu boten sileh sopo……dumateng all sedulur sugeng rawuh lan sugeng tuker kaweruh….monggo di unjuk rumiyen kopinipun

  97. Bengawan.Candhu

    @Thoma R….injih alhamdulillah atas doa jg pangestu dr panjenengan kbr kami baik dan sehat sll,smg dmkn jg adanya panjenengan. ngomong2 mslh gendero gulo kelopo ada yg menarik lo kangmas,krn penggunaan dan arti warna Merah Putih di bumi Indonesia ato istilahnya bendera gulo kelopo spt yg panjenengan sebutkan diatas mmg mengusung suatu perjalanan panjang SEJARAH,PERJALANAN HIDUP,BUDAYA DAN NILAI2 NASIONALISME DAN SPIRITUAL di bumi Indonesia tercinta ini,sedulurku semua hal ini dpt kita tengok dan kilas balik kmbl puluhan ato bhkn ratusan tahun yll,heeemm suatu perjalanan panjang yg tentunya penuh perenungan buat memilih dua buah warna merah dan putih/gulo kelopo….monggo kita bareng2 kudapi sebisanya,monggo klo mo dilengkapi.
    1.Dalam salah satu sejarah Indonesia terbukti, bahwa Bendera Merah Putih dikibarkan pada tahun 1292 oleh tentara Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292). Sejarah itu disebut dalam tulisan bahwa Jawa kuno yang memakai tahun 1216 Caka (1254 Masehi), menceritakan tentang peperangan antara Jayakatwang melawan R. Wijaya.
    2.kmdn Prapanca di dalam buku karangannya Negara Kertagama mencerirakan tentang digunakannya warna Merah Putih dalam upacara hari kebesaran raja pada waktu pemerintahan Hayam Wuruk yang bertahta di kerajaan Majapahit tahun 1350-1389 M.
    Menurut Prapanca, gambar-gambar yang dilukiskan pada kereta-kereta raja-raja yang menghadiri hari kebesaran itu bermacam-macam antara lain kereta raja puteri Lasem dihiasi dengan gambar buah meja yang berwarna merah.

    Atas dasar uraian itu, bahwa dalam kerajaan Majapahit,warna merah dan putih merupakan warna yang dimuliakan

    1.Dalam suatu kitab tembo alam Minangkabau yang disalin pada tahun 1840 dari kitab yang lebih tua terdapat ambar bendera alam Minangkabau, berwarna Merah Putih Hitam. Bendera ini merupakan pusaka peninggalan jaman kerajaan Melayu-Minangkabau dalam abad ke 14, ketika Maharaja Adityawarman memerintah (1340-1347).

    Warna Merah = warna hulubalang (yang menjalankan perintah)

    Warna Putih = warna agama (alim ulama)

    Warna Hitam = warna adat Minangkabau (penghulu adat)

    2.Warna merah putih dikenal pula dengan sebutan warna Gula Kelapa. Warna Merah Putih disebut Gula Kepala tidak berarti “Merah” lambing gula dan “Putih” lambing buah nyiur yang telah dikupas. Di Kraton Solo terdapat pusaka berbentuk bemdera Merah Putih peninggalan Kyai Ageng Tarub, putra Raden Wijaya, yang menurunkan raja-raja Jawa.
    3.Dalam babat tanah Jawa yang bernama babab Mentawis (Jilid II hal 123) disebutkan bahwa Ketika Sultan Ageng berperang melawan negri Pati. Tentaranya bernaung di bawah bendera Merah Putih “Gula Kelapa”. Sultan Ageng memerintah tahun 1613-1645.
    4.Juga di bagian lain dari kepulauan Indonesia terdapat bendera yang berwarna Merah Putih, misalnya di Aceh, Palembang, Maluku dan sebagainya meskipun sering dicampuri gambar-gambar lain.
    5.Pada umumnya warna Merah Putih merupakan lambing keberanian, kewiraan sedangkan warna Putih merupakan lambing kesucian.
    Cukup kaya ragam dan kaya petuah dan perenungan dr para leluhur kita dlm memaknai warna merah putih. Smg kita sbg generasi penerus bangsa diberi kemudahan dlm semangat cinta berbangsa dan bertanah air satu. Dan tetap menjalin paseduluran spt hakekatnya sedulur papat limo pancer yg tetap setia pd tuan/negaranya. Semoga……….

  98. Saiiiiiiiii

    Amiiiiiiinnn.
    Terima kasih,sungguh pengetahuan yg sangat berharga sekali bwt sy yg bodoh ini,terima kasih atas pencerahannya,terima kasih.
    Semangat malam sedulur smua,salam rahayu bwt smua,,,,,

  99. Saiiiiiiiii

    Mbah khozin,kayakx yg dibabar eyang dewa besi sm yg mbah babar di fb td nggeh,hehehehehe

  100. Ki Mas Danqow

    Semarak sholat lail semuaaa…
    Banguuuun…intip malam nishfu…
    Kayanya malam ini datangnyaaa…

    Tiduur..klu malam ini belum jg datang mungkin besook malam datangnyaaa…
    AYO PADA DZIKIR…
    LAAILAAHAILLALLOOH MUHAMMADUR ROSULALLOOH…
    LAA ILAAHA ILLALLOOH…
    ILLALLOOH…
    ALLOH…ALLOH…ALLOH..ALLOH
    HUU…HUU..HUU..
    HAI..HAI..HAI..
    HII..HII..HII..
    AH..AH..AH..

  101. nyambung lagi

  102. Ki Mas Danqow

    Sejarah secara umum ada 5 : sejarah alam semesta, dunia, sejarah manusia, sejarah islam & sejarah indonesia.
    >IQRO BISMIROBBIKAL LADZII KHOLAQ :perintah kenalilah dirimu & kenalilah makhluq-NYA.
    >FASABBIH BISMIROBBIKAL AZHIIM : perintah kenalilah TUHAN mu.
    *Sepengetahuan Saya MANUNGGALING KAWULA LAN GUSTI dalam ajaran tasawuf tidak ada, yg ada hanyalah MUSYAHADAH (penyaksian)..ayatnya : bukankah AKU ini TUHAN mu..jawaban kita dialam arwah “BALAA SYAHIDNAA”..Benar, kami bersaksi.
    *KETAHUILAH : organ terrendahnya TUHAN adalah AR RUH, sedangkan tertingginya adl ADZ DZAT& organ terendahnya manusia adl AN NAFSU, sedangkan tertingginya adl AR RUH.
    MUSYAHADAH adalah penyatuan organ terendahnya Tuhan dgn organ tertingginya manusia yg dinamakan AR RUH tadi.

    MANUNGGALING KAWULA LAN GUSTI hanya istilah yg sering kita dengar & KETAHUILAH arti DZAT disini janganlah diartikan titik/noktah/unsur/netron & jangan pula diartikan berjirin seperti kita krn arti DZAT disini hanyalah sebuah kata yg berhampiran & mendekati kpd pemahaman yg benar. Sedangkan HAQIQAT DZAT yang sebenarnya hanya ALLOH yg mengetahui krn LAA YA’LAMULLOOH ILLALLOOH..tidak ada yg dpt mengetahui haqiqat DZAT ALLOH kecuali hanya ALLOH.

    >TAFAKKARUU FII KHOLQILLAH WA LAA TAFAKKARUU FII DZAATILLAH..bertafakurlah ttg ciftaan2 ALLOH & janganlah bertafakur ttg DZAT ALLOH.

    Para AULIYA kekasih ALLOH hanya sering menceritakan ttg makhluq2 ALLOH spt malaikat, surga neraka, alam barzah, langit, arsy dll & sangat jarang berbicara ttg DZAT ALLOH krn tdk perlu diperbincangkan lg & khawatir salah2 terperosok kejurang kesesatan siapa yg mau menolongnya. Hanya saja ASMA, AF’AL & SIFAT2 ALLOH yg masih dapat ditembus dlm bertafakur.
    Dalam hal ini kuranglah IMAN seseorang jika bertanya ttg 4 hal, yakni : AYNALLOOH (dimanakah ALLOH), KAIFALLOOH (bagaimanakah rupanya), MATAALLOOH (kapankah ALLOH adanya) & KAMALLOOH (berapakah ALLOH). Tetapi jika orang lain bertanya kpd kita bagaimanakah jawabannya agar kita selamat dari jurang kesesatan…

    Ohhaam..ngantuuuk..sampai disini dulu lah mohon mangaap ya klu ada salah2 ketik…

    Salam Rahayu,
    Nuwun,

  103. MBAH ARIFYANTO

    gak ada yang pada jaga nich…..

  104. ehemmmmmmmmmm

  105. MBAH ARIFYANTO

    berbagai fenomena di bulan sya’ban banyak mengandung berkah dan rahmat bagi kita semua,tapi ada fenomena keganjilan yang harus kita cermati di sekitar kita terutama mengenai kecelakaan lalulintas di jalur tengkorak,memang hidup mati semua berada di tangan alloh swt,tapi di bulan ini angka kecelakaan begitu panjang hampir tiap hari,slidik punya slidik ternyata ini semua adalah ulah sebagian pengusaha yg menggunakan pesugihan dengan tumbal nyawa pengendara di jalan dengan tujuan agar usahanya maju pesat

  106. MBAH ARIFYANTO

    apalagi mereka harus menggenjot omset tinggi diawal bulan romadhon sampai natal,semakin banyak korban nyawa semakin banyak pula omsetnya,dan bukan maksud saya SARA ternyata syarat yg di gunakan tumbal adalah rakyat pribumi sendiri,sang pengusaha gak mau menggunakan bangsanya sendiri buat tumbal karena dia sudah melakukan permintaan sebagai perjanjian agar menggunakan korban dari pribumi sajan banyak pula omsetnya,dan bukan maksud saya SARA ternyata syarat yg di gunakan tumbal adalah rakyat pribumi sendiri,sang pengusaha gak mau menggunakan bangsanya sendiri buat tumbal karena dia sudah melakukan permintaan sebagai perjanjian agar menggunakan korban dari pribumi saja

  107. MBAH ARIFYANTO

    sedulur boleh percaya boleh tidak karena ini wisik yg baru saya terima tadi malam,jadi kebanyakan pengusaha ini berani bayar milyaran buat membayar pawang pesugihan agar usahanya sukses anti bangkrut,mereka mengambil pesugihan di daerah pantai selatan,untuk proteksi saya sarankan sedulur istiqomah mengamalakan ASMA MAHKOTA RAJEH DI RAJEH sebagaimana yg telah saya ijazahkan,bukan maksud saya pamer,saya hanya share agar sedulur lebih waspada di jalan,karena fakta banyak kecelakaan di jalan raya

  108. MBAH ARIFYANTO

    tadi siang saya live melihat ada kecelakaan di daerah surabaya,salah satunya pengendara motor kayaknya ortu dengan anak kecil dua2 kepalanya pecah,masya alloh….saya trawang nampak sesosok gendrowo jenis dalbo ukurannya 100 x dari ukuran kita warna merah bertanduk sedang melototin ke bawah tangannya membawa nyawa ke 2 korban,nampak nyawa korban kepingin kembali sambil meronta-ronta,karena keterbatasan kekuatan saya hanya bisa memndang tidak bisa meloloskan,saya hanya berdoa agar mereka di beri kehidupan dengan anak kecil dua2 kepalanya pecah,masya alloh….saya trawang nampak sesosok gendrowo jenis dalbo ukurannya 100 x dari ukuran kita warna merah bertanduk sedang melototin ke bawah tangannya membawa nyawa ke 2 korban,nampak nyawa korban kepingin kembali sambil meronta-ronta,karena keterbatasan kekuatan saya hanya bisa memndang tidak bisa meloloskan,saya hanya berdoa agar mereka di beri kehidupan

  109. MBAH ARIFYANTO

    ya mohon maaf sedulur dan seluruh sesepuh di kwa bukan maksud saya unjuk kekuatan disini,saya hanya mengajak seluruh penghuni kwa agar dapat mencermati fenomena yang terjadi saat ini,selebihnya saya kembalikan ke diri pribadi masing-masing boleh percaya atau tidak karena fenomena ini harus saya share keberadaannya sebagai wawasan yang bermanfaat buat seluruh penghuni kwa mengajak seluruh penghuni kwa agar dapat mencermati fenomena yang terjadi saat ini,selebihnya saya kembalikan ke diri pribadi masing-masing boleh percaya atau tidak karena fenomena ini harus saya share keberadaannya sebagai wawasan yang bermanfaat buat seluruh penghuni kwa

  110. Hadir pagi…

  111. Pencari ilmu

    Absen hadir….

  112. asalamualaikum rahayu sedulur kabeh….salam sodara…ndeprok di teras….

  113. mohamad soleh

    Assalamualaikum……..sedulur KWA sekalian dan khusus salam takdzim kulo maring @Ki Wong Alus…..para pini sepuh,segenap shobul ijazah……dalam menyambut bulan suci ramadhan ini saya mohon dimaafkan segala kesalahan” saya baik dalam coment” saya,ucapan,tingkah laku sengaja,tidak sengaja agar dimaafkan agar saya dapat menjalakan ibadah puasa ini dengan baik dengan mengarapkan keridhoan -NYA……amin….amin…amin…

  114. Ki Mas Danqow

    Semarrrak Pagi semuaaa…
    Jum’at Pagi ini hari yg sejuk, damai, tentram, tenang, indah, bahagia, semoga hari ini hari yg berkah…

    Surat AL IKHLAS (dal lima) rupanya mengisahkan 5 zaman, yakni :
    >>ALAM MANUNGGAL : dimana makhluq apapun termasuk Nur Muhammad, belum ALLOH SWTciptakan, hanya ALLOH saja yg ada, QODHO & QODAR belum ada, NAFSU & AQAL belum ada, hanya ALLOH saja yg ada (wahdah). DALILNYA pada ayat pertama : Qul Huwalloohu Ahad. Satunya ALLOH janganlah diibaratkan spt satunya Angka krn kalau Angka bisa jadi setengah/seperempat.. tetapi kalau ALLOH tdk bisa, maka itu katakanlah, DZAT ALLOH yg maha TUNGGAL.
    >>ALAM ARWAH : setelah itu ALLOH ciftakan yg lain yakni NUR MUHAMMAD, dari NUR itu ALLOH ciptakan yg lain yakni ruh2 yg hidup lg suci, di ALAM ARWAH inilah kesadaran tertingginya makhluq dimana hanya ALLOH sj sbg tempat meminta, hanya kpd ALLOH sj sbg tempat menggantungkan diri, hanya kpd ALLOH sj kita semua menyembah..ALLOH katakan : bukankah AKU ini TUHAN mu..ruh2 menjawab : BALAA SYAHIDNAA..benar ya ALLOH, kami bersaksi. Dialognya ALLOH kpd Makhluq-NYA janganlah diasumsikan berhadapan dgn bertatap muka, inilah spt yg dialami para kekasih ALLOH dalam Maqom Musyahadah yakni jasadnya didunia tetapi ruhnya spt kembali lg ke alam arwah (alam persaksian). DALILNYA pada ayat kedua : Alloohush Shomad.
    >>ALAM RAHIM : setelah di ALAM ARWAH para Makhluq-NYA diidzikan ALLOH utk memasuki ALAM RAHIM dgn disertakan qodho & qodarnya masing2, jikalau seorang IBU disaat masa2 kehamilan 120 hari/ 4 bulan ditiupkanlah RUH yg suci itu oleh ALLOH SWT agar kelak menjalani kehidupan selanjutnya yakni Alam Fana. DALILNYA : Lam Yalid.
    >>ALAM DUNIA : setelah itu hadirlah sijabang bayi setelah 9 bulan 10 hari di Alam Rahim & kini telah hadir di Alam Dunia, mengapa BAYI yg begitu besar dapat keluar dari lubang yg kecil krn sebelum lahir tulang bayi masih lembut & takala hadir di ALAM DUNIA yg FANA ini tulangnya jadi mengeras itulah proses2 NUR MUHAMMAD. Kita lihat anak kecoa yg masih dicangkang telur, masih putih bersih tetapi takala cangkangnya retak SHG terkena NUR tadi dalam hitungan detik berubah warna menjadi kecoklatan & kumis2 kecoa pun dpt bergerak. Bukti adanya NUR didiri kita jika bola mata kita ditekan maka akan muncul cahaya warna warni bulat itulah bukti NUR tadi, jika cahaya itu hilang maka manusia itu akan meninggal dunia, krn tanda2 manusia akan meninggal dunia mulai dari 100/40/7/3/1 hari bahkan 1 jam ALLOH SWT berikan tanda2nya jelas seperti ALLOH SWT berikan tanda2 akan turunnya hujan & salah satunya adl NUR pada matanya lenyap. DALILNYA : Wa Lam Yuulad.
    >>ALAM AKHIRAT : setelah ALAM DUNIA maka masuklah ke ALAM KELANGGENGAN, di ALAM inilah org Kafir & org Munafiq akan sadar & sependapat dgn org Mukmin yg dahulu ia ragukan bahkan ia tentang, yakni : hidup didunia hanya sebentar saja, tetapi hidup didunia wlwpun sebentar merupakan Mazro’atul akhirat yakni : Ladang buat akhirat yg kekal & abadi nanti, berpisahnya RUH dari JASAD tidak menjadikan berpisahnya IMAN seseorang kpd ALLOH, di ALAM ini KESADARAN TERTINGGI seseorang akan muncul kembali, yakni : ooh..rupanya tidak ada yg sekufu bagi ALLOH, rupanya tidak ada TUHAN yg wajib disembah kecuali hanya ALLOH, rupanya tidak ada yg dapat menyamai ALLOH dlm hal apapun krn ALLOH Maha Jamal, Maha Jalal & Maha Kamal. DALILNYA : Wa Lam Yakun Lahuu Kufuwan Ahad.
    Shodaqolloohul’azdiim..maha benar ALLOH dari segala firman-NYA.

    *Maaf ini bukan terjemahan tetapi hanya makna yg terinkisyaf disaat baca QULHU tadi…jadi tidak sependapatpun monggo silahkan tanpa paksaan..hehehe..

    SALAM RAHAYU,

    Nuwun,

  115. ada yang punya ilmu gendam gag ?? maaf sebelumnya .. q lagi ingin belajar ilmu ini, bukan maksud jelek. tapi ingin membedakan antara gendam sama hipnotis. karena q sendiri berprofesi sebagai magician dan sering maen hipnotis, saya ingin menerangkan ke masyarakat awam perbedaan cara kerja 2 ilmu yang berbeda tu. makax saya ingin belajar gendam.

  116. klw ada yg punya .. silahkan hubungi saya di 087755503269

  117. DEWATIMUR

    Ngomong ngomong soal jodoh.. Kata org, saya sulit dpt jdoh krn bnyk dosa. kalau saya ingin nikah harus nunggu gk punya dosa, trs kpn nikah nya? karena sampai kpnpun saya pasti punya dosa.

  118. uwa semar semur

    Rihlah Rahmatullah Says:
    14 July 2011 at 15:17
    @Uwa semar semur: salam ta’dhim wa takrim kalayan hurmat kanggo Uwa ti pun alo iyeu…ari padumukn Uwa tweh di mana? Hoyong pun alo yeuh silaturrahim ka Uwa, sadiakn we jamuanna nu istimewa, bade semur daging n jengkol ge mangga Uwa..heuheu dilajeng Uwa.

    Kang Kyai Rihlah, salam hurmat salam ta’dhim juga. Uwa di karawang, mangga bilih bade silaturahmi.
    Semur jengkol semur peuteuy, bila perlu semur bakiak, sayagii heuheuheu.
    Ieu alamat email uwa : nurahmad2929@yahoo.co.id

  119. uwa semar semur

    ….Duh jadi minder euy masuk ke blog ini, banyak Kyai2 dan Alim ulama yg masih muda tapi pinter2, mudah2an uwa bisa ngambil banyak manfaat juga memberi manfaat walaupun cuma tukang bajigur.

    Salam hormat kepada para sesepuh2, kyai2, dan alim ulama di blog ini, mohon maaf uwa sering bercanda sambil numpang lewat dagang bajigur.

    Hiks hiks hiks, duh gusti berat sekali hidup ini, para kyai2 diblog ini masih muda sudah inget mati, tapi uwa yg sudah tua malah sibuk oleh bajigur hiks hiks hiks. Biarlah yg penting Alloh ridho apapun bentuk uwa.

  120. Ki Dewa Bessi

    Wah ki wulyajati benar ki trims atas koreksinya ya.?.
    Mbah aarifyanto mana mas nunut nya.? Katanya ngijasain MAHKOTA RAJEH ya.? Dimana tu mbah.?hemmmmmmmm
    Mbah aarifyanto mana mas nunut nya.? Katanya ngijasain MAHKOTA RAJEH ya.? Dimana tu mbah.?hemmmmmmmm

  121. Ki Dewa Bessi

    Mbah arifyanto
    Bukannya di tempat kecelakaan yg sampean liat itu jg ada ular berkepala manusianya mas.? Dan jg di situ jg ada benda pusaka semacam jaring kecil ya mas.?hemmmmmmmMbah arifyanto
    Bukannya di tempat kecelakaan yg sampean liat itu jg ada ular berkepala manusianya mas.? Dan jg di situ jg ada benda pusaka semacam jaring kecil ya mas.?hemmmmmmm

  122. mahesa jenar

    artikel yg bagus………..

    ijin nyimak.

  123. Assalamu’alaykum..menyapa sedulur smua sambil minum bajigur racikn Pun Uwa SS+Kopi racikan pun Mbah khozin+buhur…muantaps..nyuantai smbil mungutin mutiara hikmah yg brserakn di blog KWA ni…
    @Uwa SemarSemur: waduuhh eta pun Uwa meunika kitu,,sim kuring mah sanes kiyai atanapi ustadz, jalmi anom nu bodo tur seueur dosa. Amien nya, pamugi we elmu+akhlak alo Uwa iyeu sapertos Ulama. Ulama tea pinuh ku elmu tur pangaweruh, jembar ku pangabisa, sareng akhlakna mulia nu kacida banget sieunna ku Allah…tebiih pun alo ieu dugi kadinya mah. Nyuhunkeun Du’ana we ti sarerea wabilkhusus ti Pun Uwa, ti Ki Mas Danqow, pokokna mah ti sadulur sarerea, pamugi sim kuring tiasa ngamanfaatkn elmu, ditetepkn iman islam, istiqomah di jln Allah, dipasihn rezeki nu seueur tur Barokah, wafat dina husnul khotimah, mulus rahayu barokah salamet hasil maksad we lah pokokna mah. Ari pun Uwa mah mustajab du’ana, legok tapak genteng kadek, seueur elmu tur amal saena. Dagang bajigur oge filosofi na jero Uwa. Bajigur tweh tiasa nyegerkn tur nyehatkn…hmmm hatur nuhun Uwa, insya Allah pun alo bade silaturrahim lewat email, teras lewat hp, pamugi teras langsung tepang di dunia nyata…sumangga ku pun Uwa dibabar diguar pedar elmuna… hur…muantaps..nyuantai smbil mungutin mutiara hikmah yg brserakn di blog KWA ni…
    @Uwa SemarSemur: waduuhh eta pun Uwa meunika kitu,,sim kuring mah sanes kiyai atanapi ustadz, jalmi anom nu bodo tur seueur dosa. Amien nya, pamugi we elmu+akhlak alo Uwa iyeu sapertos Ulama. Ulama tea pinuh ku elmu tur pangaweruh, jembar ku pangabisa, sareng akhlakna mulia nu kacida banget sieunna ku Allah…tebiih pun alo ieu dugi kadinya mah. Nyuhunkeun Du’ana we ti sarerea wabilkhusus ti Pun Uwa, ti Ki Mas Danqow, pokokna mah ti sadulur sarerea, pamugi sim kuring tiasa ngamanfaatkn elmu, ditetepkn iman islam, istiqomah di jln Allah, dipasihn rezeki nu seueur tur Barokah, wafat dina husnul khotimah, mulus rahayu barokah salamet hasil maksad we lah pokokna mah. Ari pun Uwa mah mustajab du’ana, legok tapak genteng kadek, seueur elmu tur amal saena. Dagang bajigur oge filosofi na jero Uwa. Bajigur tweh tiasa nyegerkn tur nyehatkn…hmmm hatur nuhun Uwa, insya Allah pun alo bade silaturrahim lewat email, teras lewat hp, pamugi teras langsung tepang di dunia nyata…sumangga ku pun Uwa dibabar diguar pedar elmuna…

  124. +

  125. @Ki Dewa Timur: salam ta’dhim Ki. Sbnrnya tidak mutlak sprti itu. Krna stiap manusia pny bnyk dosa, kcuali pr Nabi. Bnyk org2 yg ,maaf, durhaka/bnyk dosa tp jodohnya mudah. Memang dosa bisa mnghambat ksuksesn/jodoh, terutama dosa trhdp manusia. Misal, siapa tau ada cewek2 yg prnah trsakiti, shg dia brdo’a buruk kpd qt. Naah klo ingat itu, lgsg minta maaf pd orangnya. Jujur, sbnrnya saya jg kadang heran dgn diri ini…bnyk orang2 yg sulit nikah, trutama cewek2 yg dtng minta dido’akn olh saya agr cpt nikah, alhamdulillah mreka cpat nikah, bhkn bbrpa pasangan suka mngundang saya di acara 4 blnan,7 blnan ktk hamilnya, jg pas ktk 40 hr anaknya. Bahkn yg lucu, bbrp org yg udah brumah tangga, minta solusi tntang rmh tanggax yg morat marit(hmpir cerai) kpd saya. Saya do’akn n ksih amalan, alhamdulillah bbrp hr kmudian mbwa kbr gembira.. Naahh ktk aku pngen Nikah, wuih sempet pusing, krna bbrapa cwek smpat mrengek minta diNikahi, pdhl br ktmu bbrp kali, bhkn ada yg br ktmu skali. Saya khawatir diantara mreka ada yg trsinggung/trsakiti. Smg sj tidak. Tp, skrg insya Allah calonnya udah ada satu, udah mantaps. Saya Mohon Do’anya ja dr semuanya, smg saya n sedulur yg msih lajang dimudahkn, disukseskn dlm meniti sunnah Nabi itu…

  126. cong kenik

    Absen dan nyimak @all sedulur dan pinisepuh salam bhatin

  127. @ Ki dewa besi

    zaman sekarang kalo nikah sebenarnya sangat mudah ki syaratnya
    cuma 1 …yaitu jangan terlalu banyak tipe ..
    hehehehe …

  128. …ada yg brpndpt sprti ini; ada amalan2 (wirid) trtentu yg blm pas jk diamalkn masih lajang, krna bisa mnghambat jodoh. Ada jg yg bilang gini, asma2 yg “Keras” sprti ASR, RDR, asma nakaban, jgn dl diamalkn secara dawam ktk msih lajang, krna konon “bawaannya sangar”, shg cwek2 pd takut. Benar atau tidaknya Wallahu A’lam. Biasanya agr cepat mndpt jodoh, sukses n bahagia dgn mprbnyk sholawat. Prnh sy mngamalkn mbc sholawat Ismul A’dhom 100x lalu ditiupkn pd air, lalu airnya sbgian diminum n sbagian dipake mandi, alhamdulillah br bbrp hr bnyk cwek2 yg sayang n “ngasih hrpn”…Maaf n mohon Maaf kpd smuanya tak brmaksud apa2, hny skedar share sj…dlm hidup ini, trmsk di blog ini, kita pasti kn mnghadapi brbg mcm prbedaan. Baik prbedaan cara pandang, mind set, pendapat, keilmuan, pngalaman, keyakinan dll. Itulh hidup pnuh dgn warna warni kaya pelangi, penuh dgn brbg mcm warna kaya pencil gambar. Jangan sampai prbedaan ini mnimbulkn kebencian, prpecahan dan permusuhan. Justru kn smakin menambah khazanah wawasan n ilmu pengetahuan kita, jg semoga memperkuat jalinan silaturrahim kita. Antara Muslim yg satu dgn Muslim yg lainnya ibarat sbuah bangunan, antara yg satu dgn yg lain saling menguatkn. Naah lihat sbuah bangunan, tentu tdk hny satu bahan sj, misal pasir or semen sj. Tp gabungan bbrp bahan yg saling menguatkn,,, begitu pula kita ini ibarat satu tubuh, satu sama lain saling merasakan…oh indahnya..

  129. Salam salim @rihlah tausiah bgt menyentuh kolbu…sungguh diri ini harus banyak bljr dr ki rihlah…@adim slm jabat tangan ki…smga persaudaraan di kwa smkin erat…

  130. DewaTimur

    @Mas Rihlahrahmatulloh.. betul mas. kalau disukai bnyk cewek juga pusing. kalau mrk ditolak, takut mrk ada yg tersinggung. untung nya jarang ada cewek yg suka sama saya shg saya tdk sampai menolak cewek.

  131. Bengawan.Candhu

    mhn ijin menyimak….

  132. Ujang suryana

    Subhanallah wa alhamdulillah…
    Qobiltu atas ilmunya.

  133. Ujang suryana

    Izin nyimak ^_^

  134. Salam hormat semua sesepuh KWA yg telah memberikan pencerahan,@ ustad Rihlah:diantos ah uleumanana..@mbah Arif: salam takdim guru…maafkan saya yang telah banyak merepotkan guru..

  135. Bengawan.Candhu

    @madani…apkh panjenengan laskar permadani ya?@kimas rihlah rahmatullah…slmt sore,makin asik sj tausyiahnya buat dinikmati dan dbaca. @uwa semar semur…nuwun sewu uwa,sy sering mendengar minuman bajigur,itu minuman dr apa ya uwa?apa minuman daerah tertentu ya?he5x maklum gak ngerti opo2. @ki adim…ki nyuwun perikso,dahulu panjenengan prnh up load doa dan wasilahan yg ckp pjg,apa panjenengan msh inget ya judulnya. Pgn sy print. Nuwun.

  136. Ki Dewa Bessi

    Kalau ane deketin cewek,e malah kabur ceweknya,buktinya seperti luna maya,cut tari,krisdayanti,aura kasih,nikita m dan adiknya mas BC dll,di pegang pipinya malah sy di tampar,,plak plak plaaak,hemmmmmmmmmmm
    Nasib nasiiiiiiibbb.Kalau ane deketin cewek,e malah kabur ceweknya,buktinya seperti luna maya,cut tari,krisdayanti,aura kasih,nikita m dan adiknya mas BC dll,di pegang pipinya malah sy di tampar,,plak plak plaaak,hemmmmmmmmmmm
    Nasib nasiiiiiiibbb.

  137. Wa’alaykumussalam @Ki Laskar LS,, Salam ta’dhim @Kyai Adim n @Ki Mas BC jg sdulur smuanya…
    @Ki Dewa Timur: apa pun yg terjadi, orang Indonesia tu Untung teruuus..heuheu
    @Ki Lintang S: wuihh Ki, sy jg msh bljr. Sy jg hadir d sini tuk bljr kpd sedulur smua n mncari prsaudaraan. Sbnrnya, slama qt hdup qt hrs belajar. Belajar itu tdk trbatas pd sbuah tempat/waktu trtentu sj. Slalu ada pelajaran yg begitu brmakna di stiap ciptaanNYA, slalu ada hikmah yg indah di stiap kejadian/pristiwa, dan slalu ada Rahasia dibalik sgala sesuatu, bhkn di balik Rahasia tu sndiri trdpt Rahasia…contoh belajar dr pohon alpukat. Umumnya pohon alpukat sblm brbuah dipenuhi ulat, shg daunnya hampir habis n geli melihatnya. Tp, lama kelamaan ulat2 tu hilang brganti dgn daun n buah yg lebat nan indah. Jg belajar dr Tiram/kerang; Tiram yg kmasukan pasir, hrus mengeluarkn “air mata”brtahun2 tuk mbalut rasa skitnya. Tp, lama kelamaan pasir tu brubah mnjd mutiara yg indah nan tinggi nilainya…bgtu jg dgn hdup qt, tuk mncapai ksuksesan n kbahagiaan diperlukan pngorbanan, kdg brhiaskn air mata n tetesan keringat n darah. Jg dlm Ilmu Hikmah, untuk mnghasilkn buahnya diprlukn riyadhoh n kyakinan yg mantaps….Bljr dr Cicak. Cicak tdk pny sayap/tdk bs trbang, tp mangsanya, nyamuk, bs trbang. Apakh qt prnh mlht/mndngr ada seekor Cicak yg stress gantung diri krna mlht mangsanya bs trbang?? Atau ada rombongan cicak yg protes or demo kpd Tuhan krna mreka tdk diberi sayap?? Tidak ada. Bgtu jg dgn kita, Gk boleh menyerah n gk blh putus asa dlm mnjalani khdpn ini…pasti slalu ada solusi di stiap masalah, n ada obat di stiap pnyakit…Hehehe udah ah jd ngalor ngidul bgini nie…maaf n pangapunten sbesar2nya tuk smuanya jk comentku ni ky “sok” n krg brkenan di hati..pamit dl..assalamu’alaykum.. Wa’alaykumussalam @Ki Laskar LS,, Salam ta’dhim @Kyai Adim n @Ki Mas BC jg sdulur smuanya…
    @Ki Dewa Timur: apa pun yg terjadi, orang Indonesia tu Untung teruuus..heuheu
    @Ki Lintang S: wuihh Ki, sy jg msh bljr. Sy jg hadir d sini tuk bljr kpd sedulur smua n mncari prsaudaraan. Sbnrnya, slama qt hdup qt hrs belajar. Belajar itu tdk trbatas pd sbuah tempat/waktu trtentu sj. Slalu ada pelajaran yg begitu brmakna di stiap ciptaanNYA, slalu ada hikmah yg indah di stiap kejadian/pristiwa, dan slalu ada Rahasia dibalik sgala sesuatu, bhkn di balik Rahasia tu sndiri trdpt Rahasia…contoh belajar dr pohon alpukat. Umumnya pohon alpukat sblm brbuah dipenuhi ulat, shg daunnya hampir habis n geli melihatnya. Tp, lama kelamaan ulat2 tu hilang brganti dgn daun n buah yg lebat nan indah. Jg belajar dr Tiram/kerang; Tiram yg kmasukan pasir, hrus mengeluarkn “air mata”brtahun2 tuk mbalut rasa skitnya. Tp, lama kelamaan pasir tu brubah mnjd mutiara yg indah nan tinggi nilainya…bgtu jg dgn hdup qt, tuk mncapai ksuksesan n ksa skitnya. Tp, lama kelamaan pasir tu brubah mnjd mutiara yg indah nan tinggi nilainya…bgtu jg dgn hdup qt, tuk mncapai ksuksesan n kbahagiaan diperlukan pngorbanan, kdg brhiaskn air mata n tetesan keringat n darah. Jg dlm Ilmu Hikmah, untuk mnghasilkn buahnya diprlukn riyadhoh n kyakinan yg mantaps….Bljr dr Cicak. Cicak tdk pny sayap/tdk bs trbang, tp mangsanya, nyamuk, bs trbang. Apakh qt prnh mlht/mndngr ada seekor Cicak yg stress gantung diri krna mlht mangsanya bs trbang?? Atau ada rombongan cicak yg protes or demo kpd Tuhan krna mreka tdk diberi sayap?? Tidak ada. Bgtu jg dgn kita, Gk boleh menyerah n gk blh putus asa dlm mnjalani khdpn ini…pasti slalu ada solusi di stiap masalah, n ada obat di stiap pnyakit…Hehehe udah ah jd ngalor ngidul bgini nie…maaf n pangapunten sbesar2nya tuk smuanya jk comentku ni ky “sok” n krg brkenan di hati..pamit dl..assalamu’alaykum.. Wa’alaykumussalam @Ki Laskar LS,, Salam ta’dhim @Kyai Adim n @Ki Mas BC jg sdulur smuanya…
    @Ki Dewa Timur:

  138. Balaputra

    Assalamualaikum wr wb.
    Para sesepuh sareng para pangampur d kwa sareng sadulur sadulur kabeh.
    @kang rihlah alhamdulillah kang tausiah’a meresap k hate pisan.
    Mf kang kl boleh n akang ridho memberikan sedikit elmu yg ada pd sy yg bodoh dan tolol ini.
    Ini email sy kang balaputra99@rocketmail.com

  139. MBAH ARIFYANTO

    @ustadz rihlah: tausiyahnya pake bahasa indonesia dong…..biar kita pada bisa nyimak….hehehe,ustadz sekarang beda……lebih percaya diri….maklum mau menjalani sunnah Rosul

  140. @mbah arifyanto…sspuh kaulo ,monggo mbah di posting amr raja di rajanipun supados kulo lan sedulur2 saged ngamalaken…@begawan candu salam dari lereng gunung kerinci…

  141. Bambang Ismaya

    Maaf mau tanya para sesepuh,sang permana itu apa ya?

  142. Melox nyimax je..

  143. Andien

    Ikut nyimak

  144. Andien

    Ikut nyimak

  145. MBAH ARIFYANTO

    @Lintang sumirat:belum kang AMRDR belum sempat saya posting insya Alloh klo tidak ada halangan saya babar minggu depanaya babar minggu depan

  146. MBAH ARIFYANTO

    @ki dewa besi:khusus pesugihan tumbal pengguna jalan raya kebanyakan di huni oleh kelas dalbo dan buto jadi serangannya langsung menewaskan/mematikan,kalo siluman ular:kebanyakan digunakan untuk teluh/santet menyerang organ dalam maximal target jadi kembang amben ato mati pelan2,kalo gendruwo:menyerang target manusia hingga di buat organ luar misal menjadi lumpuh,keseleo,patah tulang, kuntilanak:menyerang target di buat kesurupan,demit manusia nazzarudin:membuat kpk menjadi pusing tujuh keliling… akan di huni oleh kelas dalbo dan buto jadi serangannya langsung menewaskan/mematikan,kalo siluman ular:kebanyakan digunakan untuk teluh/santet menyerang organ dalam maximal target jadi kembang amben ato mati pelan2,kalo gendruwo:menyerang target manusia hingga di buat organ luar misal menjadi lumpuh,keseleo,patah tulang, kuntilanak:menyerang target di buat kesurupan,demit manusia nazzarudin:membuat kpk menjadi pusing tujuh keliling…

  147. wilis

    assalamulaikum ki wong alus
    terima kasih dgn pencerahan anda
    untuk sedulur KWA semua
    al fatikhah…..

  148. Anak baru

    @mbah arifyanto…skalian dibabar lebih detail mengenai pengusaha2 yg memakai tumbal pengendara tsb…menyangkut domisili pengusaha jenis perusahaan dibidang apa dan di daerah mana perush itu beroperasi dll mbah..

  149. Nderek nyimax . . . . Weleh 3x pncapaian yg sangat inggil sedoyo . . . .

  150. MBAH ARIFYANTO

    @anak baru:kamu pengen mbah masuk penjara gara 2 mbabar pengusaha tersebut,nanti dituduh mlakukan pencemaran nama baik gmana?nanti mbah masuk tv tayangan buser mending pake proteksi aja ,pakailah slalu AMRDRuh mlakukan pencemaran nama baik gmana?nanti mbah masuk tv tayangan buser mending pake proteksi aja ,pakailah slalu AMRDR

  151. absen malam

    nyimak mawon

  152. ♫ Kwan _Lama ♫

    Nyimak………..absen malam

  153. Sy tunggu postinganya juga pengijasahany…@mbh arifyanto…slm cium tangan mbah…dari sy.

  154. Bengawan.Candhu

    @kangmas dewa besi…he5x adikku cow,jd klo dielus2 sama cow jdnya sensi wekekekek. @mbah afriyanto…kpn diijazahi batu saphirnya ini?ngarep.com.

  155. faisal arsawirja

    kang rihlah :abi tos tilu taun dibali….kulakuli….
    ieu alamat imel abi ijo_pitax@yahoo.com …..
    wang ngobrollll ,,,,,,silaturahmi….

  156. Bengawan.Candhu

    @lintang sumirat….he5x injih kangmas trmksh salam dr gunung kerinci kediaman manusia harimau jg ya dgunung kerinci,trmksh. Salam hormat kmbl kagem panjenengan.

  157. Saiiiiiiiii

    Absen malam,,,,,,,
    Salam rahayu bwt sesepuh&sedulur smua,,
    ^_^

  158. Salam hormat kembali@begawan candu…matur suwun sanget atas info no tlp pesawat kemarin… Njih.

  159. Anak baru

    @mbah arifyanto…khan ga perlu penyebutan nama secara lengkap…..

  160. Dedi sumiadi

    Salam ki alus…mohon maaf bisa lbh dijelaskan kalimat anda berikut ini…..” Mengapa pulamenjalankan duduk diam seakan-akan menunggu sesuatu? Melambungkan pengosongan diri dengan harapan ketemu Allah! Padahal sebenarnya itu tidak dapat mempertemukan dengan Allah.”…Matur nuwun.

  161. Bengawan.Candhu

    @Lintang sumirat…injih,pas di hp sy tersave kangmas. Brp lama dijawa kmrn?ato ini msh djawa?

  162. Wong plangaplongo

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Ijin nyimak & Qobiltu….

    Wassalam….

  163. Assalamu’alaykum mnyapa sedulur di Pegunungan sukabumi yg sepi bgt…eh lihat twuh bulan purnama cenyam cenyum pdku, smbil mngedip2kn mata,ditemani bintang2, hehe “Sungguh Tiada satu pun ciptaanNYA yg sia2″….@Kang Madani: pidu’ana we Kang, pamugi Barokah salamet tur hasil maksad..hoyong kulem ka bumi Akang sakantenan Ziarah ka Syekh Quro. @Kang Masku Mbah Arifyanto n Mbah BC: hehe bukan tausiah, hny mngingatkn diri sndiri ja, Kang Masku brdua… @Kang Balaputra n @Kang Faisal A: sms/telp ja kno. 085215221961 /085721105330

  164. Bajra gini

    assalamualaikum wr,wb salam kenal

  165. ngintip mbah bc

  166. MBAH SINGO DONGSO

    melu ngintip om arum manis….

  167. luno

    Assalamu’alaikum
    sesepuh kwa.Mohon Pencerahan nasehat buat saya tentang Siapakah Saya Dan siapa ghoib yang mendampingi saya?Trimakasih yang sebesar besarnya bagi poro kwa.

  168. Udah blk ke kerinci @bc…di jawa cuma 3 minggu.maklum mas… Lama2 ngabiskan uang.

  169. MBah wong tangrang ngikut nyimak ni.. Qobil ki mbah dan sadulur kuabeh

  170. MBah wong tangrang ngikut nyimak ni.. Qobil ki mbah dan sadulur kuabeh..!

  171. om BC : ngluyur wae,,ayo bali nek padepokan….depokan….

  172. muter lagu ABG TUA en ALAY versi dangdut koplo mantep sbl intip2 kampus

  173. salam malam….

  174. going to…

  175. pengen juga foto sy terpajang di sana

    di KWA

  176. Sy@hdan_

    Mlm.. Smua dlr kwa..
    Salam asah asih asuh..
    Lam ta’ndim ust rihlah..mhn bmbngn
    Minta almt emailx..
    Ni email sy
    ihsanul_arham@yahoo.co.id

  177. Salam mas bajul

    salam hormat kepada Ki Wong Alus.
    ki Alang2 Kumitir
    mbah Jenggot

    siapa yang foto satu itu ya???

    Pangeran Sukemilung
    Mbah BC
    Mbah Singo Dongso
    Arum Manis
    Ki Rihlah RR
    seluruh sedulur yg 3000an jumlahnya..bisa di liat do daftar KWA
    yg di administrasikan dengan penuh perhatian oleh Ki Selor

    hehehe salam salim salaman..selamat malem

  178. Kangmase CKP

    assalamualaikum
    Salam takzim untuk semua sesepuh dan semua bolowongalus
    Nderek nyimak sambil nunggu pembabaran AMRDR
    jg ijazahnya. AMRDR
    jg ijazahnya.

  179. Ki Mas Danqow

    Semarak malam semuaaa..
    Semarak pagi semuaaa…

    Qobiltu, qobiltu, qobiltu .. Ikut2an spt yg lain nih…
    >>Saya ijazahkan dgn ikhlas khusus utk @kang rihlah cukup dibaca 1x didepan cewek & bapaknya, ini termasuk Ilmu Pamungkas Sabda Jadi utk Pelet Kelas Tinggi. Sudah dibuktikan oleh ratusan jama’ah danqow.
    MANTRANYA :
    Qobiltu nikahaHa (fulanah) binti (fulan) ‘an maharil madzkur naqdan.

    Ket : utk fulanah diisi nama cewek & fulan diisi nama bapaknya.

    Semoga bermanfaat..hehehe
    Salam rahayu,

  180. wahwah… Makin rame ni.. Ikut nyimak teruss..wahwah… Makin rame ni.. Ikut nyimak teruss..

  181. Ki Mas Danqow

    Cerita malam…
    Khusus Dewasa 40th keatas..

    DiSaat Saya mau itikaf 10 hari disalah satu masjid beberapa tahun yg lalu, dihati ini ingin sekali sowan dgn seorang abuya yg rambutnya panjang sekitar 2meter lebih & ternyata saya cari2 1 hari 1 malam orgnya lagi gali sumur ditengah sawah yg sangat luas padahal lagi dibulan ramadhan, setelah sowan & diberi sedikit ilmu beres, saya lanjutkan kemasjid utk itikaf 9 hari & dimasjid itu ternyata ada 4 kalighrafi bulat besar masing2 sekitar 1 meter diameternya terbuat dari triplek tebal & khotnya itu loh jelek sekali utk kelas kaligrafi yakni : khot saka (sakarepe dewe..hehe), tetapi Kalimat pada kalighrafi itu bertuliskan 4 kalimat tasbih yg agung yg sering saya dengar & baca yakni : subhanallooh, wal hamdulillah, walaa ilaaha illallooh & alloohu akbar. Uniknya kalighrafi ini adl kalimat yang lainnya kecil sekali tetapi kalimat ALLOH nya (bhs arab) besar sekali. Seakan2 maksud pembuatnya agar diperhatikan tuh kalimat ALLOH nya. Saat Saya tanya besoknya kesalah satu marebot masjid, katanya : dulu ada aki2 yg datang kemasjid ini melihat tulisan kalighrafi ayat kursi yg kecil (didlm masjid ini hanya ada satu kalighrafi sj rupanya)..aki2 itu bilang : ini kalighrafi (ayat kursi) copot tar saya gantikan dgn yg lebih besar biar kelihatan. Begitu ceritanya..
    Hikmahnya :
    *kalighrafi yg kecil (ayat kursi) wlwpun bagus tidak terlihat banyak orang manfaatnya kurang.
    *kalighrafi yg besar (4 kalimat tasbih) wlwpun jelek tetapi dpt terlihat banyak orang & itu loh uniknya lafadz ALLOOH nya besar sekali jika dibandingkan dgn kalimat2 yg lain, artinya : masukkan kalimat ALLOH..ALLOH..ALLOH..ALLOH.. kedalam qolby sebanyak2nya setelah itu jabarkan ALLOH itu apa (asma, af’al & sifat), yakni : al muhith (meliputi apapun).

    Ayoo cerita malamnya..monggo..
    Nuwun,

  182. Aq

    Assalamu’alaikum…

    Sesepuh kwa.Mohon Pencerahan&nasehat buat saya tentang Siapakah Saya Dan siapa ghoib yang mendampingi saya?dan tentang perjalanan hidup saya yg telah lalu.benarkah yg saya lakukan itu?mohon pencerahannya krn saya takut salah dan dosa.

    Trimakasih yang sebesar besarnya bagi poro sesepuh kwa…

  183. Aq

    maaf tidak bs menjelaskan dengan detail krn bersifat pribadi.bagi yg rela membantu saya ucapkan trimakasih…

  184. MBAH ARIFYANTO

    absen malam terusssssssss…..tidurrrrrrrrr

  185. Aq

    mas kok kepala saya jd berat stlh curhat dsini.mohon bantuannya mas….

  186. aslkm sugeng dalu..!

  187. Kangmase CKP

    wa alaikum salam @mbah laskar lembu suro
    Salam 1/3 malam untuk semuanya

  188. .................

    test

  189. masih terjaga..

  190. saurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  191. shuii

    assalamualaikum salammmm pagiiii monggo perbanyak ibadah …..alfatehah sent to all bala kwa

  192. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Semarak pagi semuaaa..

    NGELMU KASAMPURNAN
    identik dgn dzikir LAA ILAAHA ILLALLOOH.. ALLOOH..ALLOOH..ALLOOH.. sedangkan jembatannya adl SHOLAWAT
    ALLOH..ALLOOH…ALLOOOH….
    >> Setelah direnungkan lg malam Lafadz ALLOH (Alif,Lam,Lam,Ha’) rupanya memiliki 10 Natijah, didlm Natijah terdpt Tsamroh (kulit, isi & sari), didlm Tsamroh terdpt Habbah..

    Inilah Habbah (kunci) lafadz ALLOH Cari maknanya, yakni :
    1.ALLOH ?…(nama yg paling agung shg makhluq diharamkan memakai nama ini kecuali ada tambahannya)
    2.Dibuang Alif menjadi LILLAH ?…(tujuan lillaahi ta’ala,billah,fillah…).
    3.Dibuang Alif & Lam pertama menjadi LAHU ?…(lahu maa fissamaawaati wal ardh).
    4.Dibuang Alif, Lam & Lam menjadi HU/HUWA ?…(qulhuwalloohu ahad).
    5.Dibuang Alif, Lam Pertama & Ha’ menjadi LAA ?…(laa ilaahaillallooh).
    6.Dibuang Lam Pertama & Lam Kedua menjadi AH bimakna INTAHA ?..(dzikir terakhir dibatin robbani bukan diqolby sbg akhir perjalanan kpd ALLOH).
    7.Dibuang Lam Kedua & Ha’ menjadi AL ?…(Alif Lam Ma’rifat).
    8.Dibuang Lam, Lam & Ha’ menjadi ALIF yg Tunggal ?…(wahdadiyah,qiyamuhu binafsihi).
    9.Dibuang semua yakni Alif, Lam Pertama, Lam Kedua & Ha’ ?…(inilah kalam ALLOH yg qodim yg asli di lauhil mahfuzh tdk ada suara & tdk ada rupa)…jika ada rupa tdk ada suara namanya Mushaf depag, jika ada suara tdk ada rupa namanya kaset muamar za…hehehe….
    10. ?… ?… ?…

    Salam Rahayu,
    Nuwun,

  193. Dedi sumiadi

    mohon maaf tanpa ber prasangka buruk..bisa lbh dijelaskan kalimat anda berikut ini…..” Mengapa pulamenjalankan duduk diam seakan-akan menunggu sesuatu? Melambungkan pengosongan diri dengan harapan ketemu Allah! Padahal sebenarnya itu tidak dapat mempertemukan dengan Allah.”…Matur nuwun.

  194. MBAH ARIFYANTO

    @ki mas denqow:saya juga hoby mendengarkan tilawah qori muammar za,juga kolektor kaset dan cd nya,suaranya khas dan sangat menyentuh qolbu sekaligus buat terapi untuk mengaktifkan gelombang otak….alpha,tetha dst……kalo sedulur lagi stres,frustasi,patah hati dengarkan pengajian tilawah oleh muammar za insya alloh otak akan kembali fresh…resapi dan hayati,dari pada mendengarkan house mix,mending dengarin pengajian ini selain dapat pahala juga bikin hati tenang dan tentram…..kalo saya tiap hari@ki mas denqow:saya juga hoby mendengarkan tilawah qori muammar za,juga kolektor kaset dan cd nya,suaranya khas dan sangat menyentuh qolbu sekaligus buat terapi untuk mengaktifkan gelombang otak….alpha,tetha dst……kalo sedulur lagi stres,frustasi,patah hati dengarkan pengajian tilawah oleh muammar za insya alloh otak akan kembali fresh…resapi dan hayati,dari pada mendengarkan house mix,mending dengarin pengajian ini selain dapat pahala juga bikin hati tenang dan tentram…..kalo saya tiap hari

  195. MBAH ARIFYANTO

    selain diperoleh ketenangan mendengarkan muammar za juga bermanfaat membersihkan hati yg sombong,angkuh,membanggakn diri,otak ngeres,hyper sex,suka sakit hat,kecewa,kurang sabar,iri,tamak,pelit,juga membuka cakra mahkota,kalo gak percaya silahkan buktikan sendiri….karena setiap hari saya mendengarkan lantunan pengajian muammar za,rasanya gak nyaman karena kayak jauh dari alloh dan al qur’an padahal dekat dengan alloh adalah suatu kebutuhan yg primer ,ada yg beda klo tidak mendengarkan tilawah beliau, membersihkan hati yg sombong,angkuh,membanggakn diri,otak ngeres,hyper sex,suka sakit hat,kecewa,kurang sabar,iri,tamak,pelit,juga membuka cakra mahkota,kalo gak percaya silahkan buktikan sendiri….karena setiap hari saya mendengarkan lantunan pengajian muammar za,rasanya gak nyaman karena kayak jauh dari alloh dan al qur’an padahal dekat dengan alloh adalah suatu kebutuhan yg primer ,ada yg beda klo tidak mendengarkan tilawah beliau,

  196. aslkm absen pagi

  197. Semangat pagi @mas danqow@laskar lembu suro@mbah arifyanto…slm salim kagem panjenengan sedoyo…

  198. Sayyid Shahab

    terima kasih pencerahannya ki wong alus,saya jadi teringat ketika di bai’at nabi Khidhir dibawah pohon jambu air…setelah peristiwa tersebut pohon jambu airnya berdaun lebat & rindang,dan setiap tahun berbuah dua kali,dengan buah yang banyak & manis-manis…

  199. Untuk belajar ilmu janganlah mudah menyalahkan fihak lain
    karena sejatinya adal keilmuan untuk :…
    -tingkat bayi
    -tingkat kanak-kanak
    -tingkat dewasa
    -ilmu tua
    dll

    Kalau membahas tentang syeh siti jenar, sering menyalahkan fihak kerajaan Demak, sebagai pihak yang kontra dengan syeh siti jenar.

    Padahal secara jujur, bila ilmu tersebut dibabar, belum tentu orang tersebut memahami

    contoh kalimat:

    SSJ : Allah tidak ada, yang ada syeh siti jenar

    bolehjadi sepotong kalimat tanpa penjelas tersebut, bila diutarakan zaman-zaman sekitar 1966-1990an ada pihak yang menganggap subversib atau atheis…..

    Beruntung zaman sekarang kalimat tersebut dibabar maka orang akan ingin mengetahuinya

    Untuk memahami ilmu tua semacam kesufian memang dibutuhkan suatu kehati-hatian dan keluasan pandangan, Sama sulitnya ketika Musa bertemu khidr….sulit terpahami

    wassalam …..

  200. ki tapak nur sejagat

    ass wr wb,salam hormatku kepada ki wong alus,sahabatku wawan sleman,para sesepuh,para sedulur,mohon ijin nyimak

  201. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    selamat siang salam salim sedulurku semua, absen sambil nyimak pembabarahan para sesepuh.
    Hatur nuhun

  202. KWA Jakarta Raya Tandingan

    Kami menyatakan kepengurusan dibawah adalah syah secara hukum dan adat karena setelah diamati dan dicermati kepengurusan KWA Jakarta, beberapa bulan terakhir ini sudah tidak efektif dan tidak ada kebermanfaatan untuk warga Jakarta maka dari itu sudah sepatutnya ada kepengurusan baru yang lebih segar, inovatif dan kreatif adapun susunan dewan sebagai berikut,

    SUSUNAN DEWAN KEPENGURUSAN KWA JAKARTA RAYA TANDINGAN

    1. Ki Mahameru Dilaga (Ketua Dewan Umum)
    2. Ki Patih Singodimedjo(Deputi Ketua Dewan)
    3. Ki Garda Rangga Lawe(Sekjen)
    4. Ki Sugiharto Aziz(Bendahara Umum)
    5. Ki Rangga Lawe Mahmud(Humas Umum)
    6. Ki Aji Kinayungan Genic(Dokumenter)
    7. Ki Batara Malenggang Dilangit(Kerohanian)
    8. Ki Paduko Sutan Rangkayo(Persahabatan untuk P.Andalas)
    9. Ki Daeng Hasan Al Bachri(Persahabatan untuk P. Selebes)
    10. Ki Sukmo Jiwo Segoro(Persahabatan untuk P.Djawa Dwipa)
    11. Ki Gusti Purnawarman(Persahabatan untuk P.Borneo)
    12. Ki Muhammad Kesuma Iskandar Dinata(Persahabatan Warga Sunda-Betawi)

    Jakarta, 15 Juli 2011
    Tertanda,

    Ki Mahameru Dilaga

  203. Ki Dewa Bessi

    Bagi2 pengalaman dan tukar pendapat tentang hidup yg akan membawa manfaat utk umat dan yg jelar tentang kekayaan,,!
    -orang islam itu harus kaya dan bkn ingin kaya,,pingin tau lbh lanjut.? Hubungi saya dan sy selalu mdeprok di rumah kl mulang macul dari ladang,,hemmmmmmmmm ehem ehemmmmmmmmmmmmBagi2 pengalaman dan tukar pendapat tentang hidup yg akan membawa manfaat utk umat dan yg jelar tentang kekayaan,,!
    -orang islam itu harus kaya dan bkn ingin kaya,,pingin tau lbh lanjut.? Hubungi saya dan sy selalu mdeprok di rumah kl mulang macul dari ladang,,hemmmmmmmmm ehem ehemmmmmmmmmmmm

  204. Bayu Agni

    Jadi ada kwa jakarta Tandingan skrg…. kok bisa begitu ya…..

  205. Selamat…..

  206. Assalamu’alaykum sedulurku smua yg dirahmati Allah….
    @Ki Ronggo S; salam ta’dhim slalu buat Ki…
    @Syahdan: sms/telp ja y kno.hp yg di atas. Skali lg Maaf, sy bkn konsultan spiritual/Kyai, jd tdk menjanjikn apa2 jk ada sedulur yg brhubungn dgn sy. Sy hny ingin mncari prsaudaraan, silaturrahim, brbagi n menolong ssama sebisa mgkn. Smg Niat n amal baik qt smua brbuah kridhoan, Ksh Syg, Maghfiroh Allah n SurgaNYA…
    @Ki Mas Danqow: Mantaaaps!! Qobiltu Ki ilmunya..itu hrs saya ucapkn scara lgsg stlh “ankahtuka jawaztuka….”hahayy pun Aki tiasa wae, salim cium tangan ah ka pun Aki..cups..cups.. smg saya sgera bisa mngucapkn itu ya smbil brjabat tangan dgn Wali, dilihat olh dua orang saksi srta dihadiri olh pr Masyayikh, Ulama, Habaib, Asatidz, n sdulur smua, pun Aki oge kedah mnghadiri Ah, supados tambah barokah.. Puprukkeun Do’ana ka pun incu yeuh…
    Salam ta’dhim wa takrim penuh hormat ttap saya haturkn tuk sedulur smuanya…Mohon Maaf lahir bathin kpd smuanya atas smua dosa2,kekhilafan n ksalahan saya kpd sedulur smuanya…monggo dilanjuuut..

  207. 7akaerde

    selamat,atas dibentuknya kwa tandingan, eh maaf jd ada kwa jakarta raya tandingan? Sejak kpn?coba sesepuh kwa jkt klarifikasi dong,kok jd begini ya

  208. Boy jati

    Askum masih menyimak

  209. Indah

    Absen sore plus nyimak

  210. Indah

    Absen sore plus nyimak ki

  211. MBAH ARIFYANTO

    Absen sore….terus….tancap gas….kaburrrrrrrrr….

  212. aslkm absen sore

  213. Bayu Agni

    ak lupa ngucapin selamat buat kwa jakarta yang baru….. selamat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  214. rony kurniawan

    Assaalmua’laikum for:
    Susunan dewan sebagai berikut,

    SUSUNAN DEWAN KEPENGURUSAN KWA JAKARTA RAYA TANDINGAN

    1. Ki Mahameru Dilaga (Ketua Dewan Umum)
    2. Ki Patih Singodimedjo(Deputi Ketua Dewan)
    3. Ki Garda Rangga Lawe(Sekjen)
    4. Ki Sugiharto Aziz(Bendahara Umum)
    5. Ki Rangga Lawe Mahmud(Humas Umum)
    6. Ki Aji Kinayungan Genic(Dokumenter)
    7. Ki Batara Malenggang Dilangit(Kerohanian)
    8. Ki Paduko Sutan Rangkayo(Persahabatan untuk P.Andalas)
    9. Ki Daeng Hasan Al Bachri(Persahabatan untuk P. Selebes)
    10. Ki Sukmo Jiwo Segoro(Persahabatan untuk P.Djawa Dwipa)
    11. Ki Gusti Purnawarman(Persahabatan untuk P.Borneo)
    12. Ki Muhammad Kesuma Iskandar Dinata(Persahabatan Warga Sunda-Betawi)

    Selamat ya…mudah2an n bena2 ada manfaat bagi warga jakarta…????..
    btw..basecamp nya dmn???sekalian bisa sharing bwat kawan lama…

  215. @Ki 7akaerde : biarkan aja Ki, dia itu orang yang pengin menjabat.
    Ki Mahameru dilaga , sekretariatnya dimana ya?

  216. @Ki Bayu Agni : Bilangin temen2, gak usah bingung, biar aja mau ada 10 tandingan juga gak apa pa, asal jangan ada tandingan kelompok suami lepas kendali istri, bisa berbahaya. ha………ha……ha………11X

  217. aneh, berani ngluarin tandingan gak berani ngejawab,
    Udah ah, pamit dulu poro sedulur, mau deprok dulu.

  218. oya, sebelumnya, kepada poro sedulur semua , mohon maaf lahir bathin, mungkin banyak kata2 maupun tingkah laku dan perbuatan yang kurang berkenan saya sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah2an di bulan romadhon yang akan datang kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khusyuk. amin.
    salam

  219. Hadir sore…

  220. Joko umbaran

    kuq sepi…pada kemana ya…?

  221. Joko umbaran

    kuq sepi…pada kemana ya…

  222. Sebaiknya bhkn seharusnya sgala ssuatu masalah/urusan yg menyangkut orang Banyak hendaknya dimusyawarahkn dgn hati tenang, jiwa besar dan lapang dada….”Tak kan rugi bagi orang2 yg brmusyawarah (dlm mengambil/menentukn kputusan), dan Tak kan Menyesal bg orang yg istikhoroh (ktk mau menentukan pilihan)…”demikian sabda Rasulullah tercinta..Salam ta’dhim @Ki Thanmust The post jg @pr sesepuh KWA N Sedulur semuanya..semoga makin adem ayem ya…jk ada mslh di antara kita hendaknya diselesaikn dgn musyawarah dgn tenang hati jiwa besar n lapang dada, dgn orang yg brsangkutan. Seandainya ada prmasalhn, smg tidak smpai menimbulkn kebencian, perpecahan n permusuhan…yuuk kita brdo’a: “Allahumma allif bayna qulubinaa wa ashlih dzata bayninaa wahdinaa subulassalam..Ya Allah tetapkanlh kami tuk saling menyayangi, perbaikilah hubungan di antara kami, dan bimbinglah kami menuju jalan2 Keselamatan,Ketenangan, Kedamaian, Kebahagiaan… amien

  223. MBAH ARIFYANTO

    @ustadz rihlah:mantaffffffffffff,
    @thankmust tepos:marhaban ya syahru……Romdhon…..fi syahri barokah
    Persiapan:romadhon ya romadhon bulan yang penuh hikmah barokah,rugi rasanya….kalo sedetik semenit sejam digunakan selain buat ibadah,di mana ALLOH SWT melipat gandakan pahala amalan kebaikan,di mana ALLOH menyaksikan langsung hamba2nya beribadah kepadanya,masya alloh luar biasa hebatnya,rasanya haus ibadah di bulan suci ini seolah dahaga yg tk knjung hilang serasa dekat dng dzatnya mlebihi urat nadi,

  224. @ustadz rihlah:mantaf tat,lama tak jumpa dg ustadz yg paling guanteng di KWA nic. .hehehe
    cuman guyon tadz

  225. Absen sore..

  226. @mbah arief: salam taqdim guru…@ustadz Rihlah: diantos kang pami bd ka maqom Syech Quro ieu no pribados (085695039799)

  227. Bayu Agni

    siap mbah……………….

  228. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Semarak sore semua…

    AMALAN MALAM NISHFU SYA’BAN
    Berikut ini amalannya mulai dari tingkat yg ringan sampai kpd tingkat yg berat (tergantung iman kita pada saat ini)…
    1. Baca qs. Yasin 3x dikerjakan setelah sholat sunah ba’diyah sholat maghrib doa ditetapkan iman islam, rizqi yg halal banyak, umur yg panjang semua ini utk ibadah.
    2. Sholat taubat 4 rokaat dgn 2 salam dikerjakan setelah sholat sunah ba’diyah maghrib, niatnya : ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’alaa, ALLOOHU AKBAR.
    3. Sholat awwabin 6-20 rokaat dgn setiap 2 rokaat salam dikerjakan setelah sholat sunah ba’diyah maghrib, niatnya : ushollii sunnatal awwabin rok’ataini lillahi ta’alaa, ALLOOHU AKBAR.
    4. Sholat sunah Nishfu sya’ban 2-4 rokaat dikerjakan setelah sholat sunah ba’diyah maghrib, niatnya : ushollii sunnatan nishfi sya’bana rok’ataini lillahi ta’alaa, ALLOOHU AKBAR.
    5. Sholat sunah Nishfu Sya’ban 100 rokaat dgn 50 salam, setiap baca al fatihah baca al ikhlash 10x jadi dlm 100 rokaat 50 salam sebanyak 1000x baca surat al ikhlash, dikerjakan boleh sendiri boleh berjamaah spt para masyaikh mursyid. Tata caranya : setelah sholat sunah ba’diyah maghrib kerjakan sholat ini sampai datang wkt isya (sholat qobliyah isya, pardu isya,badiyah isya dzikir) kemudian dilanjutkan kembali sholat nisfu sya’bannya sampai 100 rokaat 50 salam, niatnya : ushollii sunnatan nishfi sya’bana rok’atani (ma’muman/imaaman) lillaahi ta’alaa, ALLOOHU AKBAR.
    *setelah mengerjakan dari no. 1-5 dianjurkan agar membaca doa malam nishfu sya’ban.
    *Kerjakan berdasarkan keimanan kita sanggupnya.
    Keterangan hadits, dasar hukumnya& keutamaan2nya yg besar tertulis di kitab AL GHONIYAH LITHORIQIL HAQ hal. 129, karya : Quthubul Aqthob Syekhunaa Abdul Qodir Al Jailani RA.

    Semoga bermanfaat…

    Nuwun,

  229. Saiiiiiiiii

    Absen menjelang malam,salam rahayu smua,,,,,

  230. Joko umbaran

    selamat menempuh malam nisyfu syaban utk smuanya,semoga slalu mendapat berkah dan keridhoaan allah&trade

  231. Syaikhu

    amiin

  232. Rafee

    slamat malam…ijin ngintip

  233. neo

    salam…
    OQBILTU Ki Mas Danqow sy terima ijazah keilmuanya..TQ

  234. neo

    salam…
    QOBILTU Ki Mas Danqow sy terima ijazah keilmuanya..TQ

  235. Tutut32

    Ass…. Guru dan sedulor semua.. Selamat brmunajad di mlm nifshu sya’ban ini.. Syukron tuk tausiah,amalan dan pencerahan dr ustadz, pinisepuh,serta all sedulor wongalus…. Smg kt dibr kemampuan dan kemudahan dlm mengamalkannya dan mendapat ridho Alloh swt.. Amien..

  236. 7akaerde

    ya udah kalau geto, saya ucapkan selamat utk kwa jakarta tandingan juga dimana basecampnya biar kita sowan dan sungkem ya,ki nurjati kpn kita adakan musyawarah besar kwa jakarta.baiklah kalau begetu sekalian saja menghadapi bulan suci ramadhanini,kami mohon maaf apabila ada kesalahan baik disengaja atau tak disengaja kepada warga wongalus,mbah habib wongalus,kwa jakarta dan sahabat semuanya

  237. 7akaerde

    siap mbah thepost

  238. absen malam

  239. Uabsen malam

  240. MBAH JATI

    pengurus KWA jakarta raya tandingan? kayak parpol saja sampai rebutan gitu. Masya Alloh, macem-macem wae. kenapa nggak sekalian bikin ormas KWA saja,…..mendingan ngopi.pengurus KWA jakarta raya tandingan? kayak parpol saja sampai rebutan gitu. Masya Alloh, macem-macem wae. kenapa nggak sekalian bikin ormas KWA saja,…..mendingan ngopi.

  241. siap siap siap siap..

  242. kwa emang mantab dan seru.
    bagaimanapun kita semua sedulur, dan semua saudara saya.
    mantab hehehe

    lanjuttttt mannnggg

  243. abi

    kwa jakarta memang luar biasa , niat beribadah sangat tinggi , sungguh mengharukan …………… sampe2 merasa tidak di ikut sertakan dalam rombongan kwa jakarta yg selalu berbuat kebaikan dan keonaran merasa iri dan sekarang sudah buat rombongan baru kwa jakarta tandingan ……………… sekali lg selamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat

  244. abi

    kwa jakarta don’t worry be happy

  245. abi

    kapan copy darat nih ????????????????????
    kwa jakarta vs kwa jakarta tandingan …………………… pasti ramai

  246. aslkm absen malam

  247. kai ares

    ass. jimat pusaka paling sakti di jagad raya, tiada lain adalah jamus kalimosodo, dua kalimah syahadat. dan barang siapa yg kuat untuk memegang dan menguasainya, maka dialah manusia atau kholifah sebenarnya, wakil tuhan di bumi. maka takkan ada keraguan apapun baginya untuk menjadikan semesta sebagai abdinya yg patuh untuk menjalankan apapun yg menjadi kehendak.

  248. om arum manis

    nyimak mawon, pokoke semua saudaraku

  249. Ki Dewa Bessi

    Sapa yg mau tanding sama saya,!!! Mau berapa ronde.?
    Asalkan lawannya kudu cantik dan seksi lo,,kl lawannye macem mpok nori mah oga deh,,mending kabur aje,,haemmmmmn,kl lawannye macem mpok nori mah oga deh,,mending kabur aje,,haemmmmmn

  250. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Semarak malam semuaa…

    Matur Nuwun poro pini sepuh & ALL KWA..

    Saya hanya menawarkan SOLUSI bila memang ada KWA Jkt Tandingan…

    Segera buat sidang Musyawarah dgn menunjuk HAKIM yg tepat & AHLI, putuskan dgn TEGAS mengacu utk kepentingan bersama agar tdk membingungkan para MAHASISWA khususnya KWA Jakarta…dan agar tdk menjadi contoh yg tdk baik utk KWA2 yg lain.

    *Ini seperti suami istri yg berebut ANAK takala cerai begini ceritanya…
    >> seorang Suami & Istri menghadiri persidangan perceraian keduanya & Pak Hakim agak sedikit bingung dlm mengambil keputusannya ttg Hak Asuh ANAK krn kedua belah pihak memiliki Argumentasi yg sama2 kuat & ditambah lg seorang ANAK yg perlu pendidikan dari ke-2 orang tuanya itu menangis histeris, berteriak.. shg menambah gaduh suasana persidangan…
    Sang Istri berkata : Pak Hakim, saya minta Hak Asuh ANAK berikan kpd saya Pak..krn saya yg telah mengandungnya, melahirkannya, menyusui & merawatnya Pak..klu mantan suami saya itu hanya bisanya kerja kerja & kerja hari2nya Pak, tolong berikan keadilannya kpd saya pak…

    Lalu Pak Hakim bertanya kpd Sang Suami : kamu apa pembelaanmu atas gugatan istri kamu itu..?

    Sang Suami agak terdiam sebentar lalu berkata : mmm…Pak Hakim yg terhormat, yg saya tau adalah kalau saya memasukkan Koin ke Mesin cocacola lalu pastikan keluar cocacolanya dan cocacolanya itu saya ambil..itu kan sdh menjadi milik saya Pak Hakim, bukan milik mesin wlwpun namanya sama2 cocacola…tolong dipertimbangkan lg Pak Hakim ttg gugatan Mantan Istri saya itu Pak..? Krn Pak Hakim lg bingung ditambah jawaban ini tambah bingung lagi..
    Akhirnya Pak Hakim memutuskan : Kalau Bapak & Ibu ini bener2 mencintai ANAK ini sdh damai saja saran saya, akur lagi, apa kekurangan & kelebihannya dibicarakan, pakai hati yg dingin krn nanti khawatir ANAK yg menjadi kurbannya…jadi cth & tauladan yg baik utk ANAK…

    Hehehe..skiding supaya kaga pd main Urat apalagi Otot, minimal Otak dah.. dan yg lbh muantep lagi pakailah Hati…sesuai pesan Pak Hakim yg terhormat…

    Mudah2an ada sedikit pencerahan…
    dan Saya ucapkan kepada @Sang Istri & @Sang Suami : Selamat ya jika kalian berdua akur lagi…semoga anaknya menjadi anak yg sholeh, beradab & rajin ibadah…
    Salam Rahayu,

    Nuwun,

  251. Ki Dewa Bessi

    Kl om arum legi mkn aje berane kale.,kl di lawanin ame desy ratnasari ye om.?hemmmmmm

  252. Ki Dewa Bessi

    Ki mas D
    Kl lawen luna maya gimane.?ade keberanian.?hemmmmmmmmmmm
    Mlayuuuuu

  253. Ki Dewa Bessi

    Ane sakit ati ame tu krisdayanti,da kale 2 ronde dan K O lagi e malah lari dan berkhianat lg,!hemmmmmmianat lg,!hemmmmmm

  254. om arum manis

    @ Ki Dewa Bessi, aku lawan dian sastro tapi sayang udah ada yg punya, jadi siapa ya , sandra dewi
    . yg lain ogah dechhh.

  255. om arum manis

    @ Ki Dewa Bessi, kris itu susah ngendalikan, cari saja yg baru dan muda, hehhehe

  256. CIK JAFAR

    Assalamu ‘alaikum wr, wb…
    SAYA PENGAMAT KWA, TAK BERANI
    KOMENT, TAPI SAYA CUBA NAK KOMENT, AGAKNYA KWA NI SI SUSUPI WAHABI, UNTUK DI ADU DOMBA…

    CUBA LIHAT LAMAN NI…

    http://antijampi.multiply.com/journal/item/1/Tukang_fitnah_itu_bernama_Perdana_Ahmad

    Seorang aktifis ruqyah yang bernama Perdana Ahmad (24) dijatuhi hukuman penjara selama dua bulan dengan masa percobaan lima bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Zubaidah S.H. Hukuman ini diberikan kepadanya lantaran terdakwa terbukti secara meyakinkan melanggar Pasal 310 KUHP jo Pasal 335 KUHP dengan tulisannya dalam buku yang berjudul “Membongkar Kesesatan Praktik Sihir pada Reiki, Tenaga Dalam dan Ilmu Kesesatan”.

    Dalam bukunya itu, Perdana Ahmad menyebut praktik pengobatan bio energi yang dilakukan pelapor, Syaiful M. Maghsri, dianggap menggunakan ilmu sihir jin dan setan. Padahal, menurut pelapor, dirinya dalam praktik pengobatan tersebut tidak pernah melakukan seperti apa yang dituduhkan Perdana Ahmad. Dalam sidang terpisah, Syaiful M. Maghsri juga dinyatakan sebagai terdakwa karena telah melakukan penganiayaan terhadap Perdana Ahmad.

    Apa yang terjadi kemudian?

    Kantor pengobatan alternatif bio energi di Yogyakarta pada hari Kamis (09/03) didatangi oleh sekitar 200 orang massa bersenjata tajam, bersorban dan bercadar, serta mengatasnamakan dirinya sebagai Laskar Jihad dan berbagai ormas lainnya. Massa langsung masuk dan mencari Syaiful M. Maghsri, bahkan sempat meneror karyawannya. Berbagai properti di tempat tersebut juga sempat dirusak. Aksi baru berhenti setelah kedatangan satu peleton Poltabes Yogyakarta.

    Di Bantul, rumah Syaiful M. Maghsri pun tidak luput dari serangan. Rumahnya dilempari oleh bom molotov oleh orang-orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor dan mobil. Akibatnya, mobil sedan Syaiful rusak, kaca-kaca jendela pecah, dan atapnya terbakar. Seseorang yang menyebut dirinya sebagai ‘simpatisan Perdana Ahmad’ menyatakan dirinya bangga telah terlibat dalam aksi demikian. Pengakuan itu disampaikannya pada milis terapi ruqyah yang memang Perdana Ahmad aktif di dalamnya.

    Lihatlah , pengadilan secara meyakinkan sudah membuktikan bahwa yang namanya Perdana Ahmad itu adalah tukang fitnah berkedok ustadz . Pertama korbannya adalah Bapak Syaiful M Maghsri . Perdana Ahmad MEMFITNAH Bapak Syaiful M Maghsri menggunakan Sihir , setelah pengadilan MEMBUKTIKAN secara MEYAKINKAN bahwa Perdana Ahmad itu hanya sekedar tukang fitnah , dan dijatuhi hukuman penjara selama dua bulan dengan masa percobaan lima bulan oleh majelis hakim pengadilan yogyakarta yang diketuai oleh Zubaidah SH , tetapi karena lobby pengacaranya dan mungkin hakimnya kasihan pada orang yang menyedihkan seperti ini , jadi Perdana Ahmad tidak di jebloskan ke dalam sel . Perdana Ahmad juga , kalah berantem dengan Bapak Syaiful M Maghsri , jadilah beliau terdakwa karena dianggap telah melakukan penganiayaan terhadap Perdana Ahmad . Setelah Perdana Ahmad tidak berhasil menyerang Reiki secara argumen , maka dia kemudian mencari-cari sasaran lain . Dicarilah perguruan Tenaga Dalam yang lain untuk diserang secara argumen , tapi tanpa bukti .

    Siapakah sesungguhnya Perdana Ahmad ? Mengapa dia begitu bersemangat untuk fitnah sana fitnah sini ? Siapakah sponsornya ? Apa motivasinya ? Adakah rahasia lain dibalik itu ? Mengapa dia menggerakan atau membiarkan massa ormas lain untuk membalaskan dendam pribadinya ? Dari mana diperolehnya dana untuk membiayai pembuatan bom molotov dan teror yang dilakukan ? Mengapa setiap dimintai bukti dia suka menghindar ? Apakah ada hubungannya dengan Noordin M Top ? Sampai sejauh mana jaringan yang dia punya ? Berapa orang pasukannya ?

    Sebetulnya masih banyak sekali pertanyaan . Tapi siapapun Perdana Ahmad yang mengaku seorang Ustadz dan sering ceramah , perkataannya sangat jauh dari menyejukan umat . Isi nya hanya provokasi dengan membawa-bawa ayat , untuk membuat umat menjadi terpecah belah . Sangat jauh beda dengan AA GIM atau Ustadz-Ustadz yang lain , yang tiap kata-kata nya itu sangat menyejukan dan membawa perdamaian bagi umat . Kita harus waspada , karena sekarang banyak sekali agen –agen yang menyusup untuk memperdayai umat islam . Hal semacam begini justru jauh lebih berbahaya daripada teror BOM . Apabila Bom hanya meledak di satu tempat , dan korbannya jelas terlihat , meskipun hal inipun terkutuk juga , bahaya fitnah pemecah umat seperti gaya Perdana Ahmad ini justru jauh lebih luas dampaknya , dan akan merusak mental umat secara permanen . Kalau rusak fisik akan mati fisik , kalau rusak mental akan mati mental , dan itu biasanya menular dan akan ditularkan . Perdana Ahmad ini jauh lebih berbahaya daripada Noordin M Top , yang pintar bikin Bom High Explosive , tapi Perdana Ahmad bisa bikin kata-kata High Expansive yang akan meluas di kalangan orang-orang yang bodoh dan baru belajar agama . Hal ini membuat orang tidak berpikir secara rasional , dan gampang melakukan tindak agresif , serang dulu , mikir belakangan . Serang dulu mikir belakangan dengan di iming-imingi jihad dan surga , adalah modal utama untuk memotivasi para teroris . Seharusnya Badan Intelijen Nasional , mewaspadai kegiatan Perdana Ahmad ini , jangan sampai nanti kecolongan lagi seperti yang sudah-sudah . BIN juga seharusnya menyelidiki betul , siapa tokoh utama atau aktor intelektual dibalik kegiatan Perdana Ahmad ini . Kata Bang Napi , WASPADALAH !!! . Cara Perdana Ahmad “ membangun kebencian dengan berdalih jihad “ sungguh luar biasa . Dia jelek-jelekan semua pihak yang berpotensi berkembang , dengan tuduhan-tuduhan tanpa dasar , agar semua orang berpikiran buruk pada sasaran . Kalau usahanya berhasil , maka dia akan tertawa , karena misinya berhasil dalam rangka memecah belah umat . SELAMATKANLAH UMAT ISLAM DARI BAHAYA PERPECAHAN ..!!!!!! jangan percaya secuilpun apa yang dikatakan Perdana Ahmad , karena semua berisi penyebab perpecahan dan adu domba .

    Tolong sebarluaskan ini agar masyarakat mengerti .
    Tag: perdana ahmad

    APA BETUL MACAM TU..??? BAHKAN DIBLOGYA ADE ARTIKEL MACAM NI, TENTANG KEJADIAN DI BANYUWANGI, KEMUNGKINAN DILAKONKAN OLEH ORANG-ORANG WAHABI, MASYA ALLAH…

    ADA KOMENT MACAM NI YANG DI HAPUS OLEH PERDANA AHMAD…HANCURLAH UMAT ISLAM NI…BEGADOH SESAME..

  257. Ki Dewa Bessi

    Om arunis
    Cek cek cek
    Dia skrg ude punye anak lagi om,.da biarin aje,,da becek ko,,ane skrg da ade lawan baru om,,,lawan aye kekar ane mantap…mau tau om.?

  258. om arum manis

    setahuku ngak ada hubungan antara masalah ini dgn wahabi.
    apalagi dibilang “penyusupan wahabi” ono ono wae sampean itu.

  259. arief••

    Mantabs mbah yai wong alus
    Salam kenal dr sy yg bodoh ini
    Para sepuh n boloalus salam kenal sr sy yg bodoh ini

    Maturnuwun atas pencerahannya alfatehah sent wat mbah yai wong alus..

  260. om arum manis

    @ Ki Dewa Bessi, maksud sampen ria irawan atau ayu ashari, hehehe. ini pujaan hatiku.

  261. CIK JAFAR

    BEGINI CIK ARUM…

    NAMPAKNYA ADA FITNA DISINI..YA BERHATI-HATI SAHAJA…

  262. Ki Dewa Bessi

    Wah orang macan beginyo ketemu ane pasti da ku cercah bagai acar sambel goreng,,mangkanyo kito2 hrs waspado,,hemmmmm
    Macamana tu orang”GOBLOk” PISAN,,

  263. om arum manis

    @ cik jafar, nyantai aja, fitnah atau bukan pokoke kwa tetep mau saja, semua sedulur, dan semua boleh berjalan …..

    ( menurut info ) dan njenengan sendiri hhehehe sip dech , aku diajari aji panglimunannya dunk, hehhehe. alu langsung qobiltu

  264. om arum manis

    @ Ki Dewa Bessi , dia ini pinter lho, nyatane bisa internetan dan buat oeaganisasi, wkwkwkwkkwk

  265. Ki Dewa Bessi

    Om arunis
    Salo om,yg ane maksud ye ANNISA POHAN om,,jiah mantep tep mantep and sayangnyo sdh di ambil agus,,hemmmmm cekcekcek.

  266. Ki Dewa Bessi

    Om arunis
    Ane heran ame tu orang,kl ane tau rumanye jiah pasti ane da jd ninja buaya puti om,,sayangnye ane kagak bs internetan,,buset deh ane jd greget anget,,hemmmmmmmm

  267. om arum manis

    @ Ki Dewa Bessi , tenang masih ada kesempatan ngambil kembali kok.
    untuk ngambil kan ada rdr asr amr hizib asma dll di kwa ini, dibaca aja semua ntar bisa langsung nikah, santai saja

  268. om arum manis

    Ki Dewa Bessi, la sekarang ini opo sampen bukan dlm rangka internetan , wkwkwkwk

    aku jadi ninja buaya darat aja ya

  269. Assalaamu’alaykum..sedulurku semua…met bermesraan dgn Allah..tenggelam dalam lautan CintaNYA..

  270. SOUL SICK

    wah.. rrame tenan!

  271. Ki Dewa Bessi

    Om arunis
    RDR and sejesne msh kale ame tu duit om,,sape yg byk duit lebih sakti ame orang yg punye RDR om.!
    Ga percaya.? Mari kete ketemuan..!!!
    Jgn jd buaye darat om,,ntk malah malu maluin,,mending jd ninja belut putih ape buaye puti om.!!me orang yg punye RDR om.!
    Ga percaya.? Mari kete ketemuan..!!!
    Jgn jd buaye darat om,,ntk malah malu maluin,,mending jd ninja belut putih ape buaye puti om.!!

  272. Ki Dewa Bessi

    Jiahh cappe deeeh..

  273. salam dinihari…

  274. kopi2,,

  275. om arum manis

    Ki Dewa Bessi , aku langsung qobiltu hehehhe
    mbah wulyo , hehehhe
    mbah bajul, itu 262, 3 nomeran untuk besok pagi ?

  276. om arum manis

    wah wes jam mulai, pamit duyuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  277. kopine teko ko wis podo turu yo.?,yowis tak kukuti wae,,aku yo wis ngantuk ko,.
    Mbah wawan
    mau wanginya sarimi mbah.? Ojn gelem di dadekno welut mbah.? Welut panganaku ko..wkwkwkwkwk

  278. Ass,..
    Mba arifyanto, selalu d tnggu komenya,.. G` lengkap kalo belum ada komen njenengan.. Email q lusa kemarin ko` belum d bales y ?ss,..
    Mba arifyanto, selalu d tnggu komenya,.. G` lengkap kalo belum ada komen njenengan.. Email q lusa kemarin ko` belum d bales y ?

  279. Mbah Khozin…… Kopine Mbah sak cingkir.. Ojo lali karo lepek’ane Mbah..

  280. assalmualaikum ya guru-guru semuanya qiqiqiqiqi…..rahayuu…. ini artikel yang saya suka pencerahaan tauhid qiqiqiqi…mantap kangmas guru alus

  281. kwa kita tempat berbagi ilmu……bukan berbagi lairan aliran..bukan begitu ki wong alus/om wildan? jadi nuwun sewu kalo mau ikut mboten saged bawa aliran2……aliran semua boleh……bengawan solo…..aliran citandui….aliran mahakam…..aliran poso…semua boleh kata ki wong alus……salam asah asih asuh…

  282. faisal arsawirja

    rek kitu rek kieu……ahirna tetep paeh…
    mugi gusti tong dijadikeun sagala kasenengan didunya ngajadikeun abdi poho ka gusti……….
    kang rihlah damang????

  283. 7akaerde

    iya,memang sip masehat dr mbah arum manis,memang kwa top deh.mbah ki dewa besi bagaimana kalau mpok omas,muantap juga tuh? Mbah ki nurjati kpn musyawarah besar?

  284. om arum manis

    ya kalau bisa jangan pakai kata “tandingan” kesannya kan agak gimana gicu. kan masih banyak nama lain misal kwa batavia, kwa jabotabek, kwa sunda kelapa dll.
    pokoke semua sedulur, saling melengkapi dan bebas berexpresi.

  285. tukang ojek

    mas bos arum manis,
    pripun arum manise kok dereng di jalan.

  286. @Ki Langeit biru: bisa gajah, eh bisa aja..hehe peace @Kang Faisal A: alhamdulillah Kang sim kuring sehat wal ‘afyat Barokah salamet pidu’a ti Akang Faisal tur ti dulur2 sarerea. Pamugi Kang Faisal oge sehat wal afyat barokah salamet aya dina lindungan n bimbingan Allah salamina. Betul Kang. Dunia itu ibarat jembatan, bukan tujuan. Perlu jembatan? Perlu!! Tapi, jika tujuan kita tinggal di jembatan, gmn coba?? Sama dgn orang yg tujuan hidupnya hny kpentingan dunia smata. Dlm istilah Sufi ada yg namanya Zuhud. Zuhud itu bukan hrs brpakaian compang-camping atau hrs miskin. Bnyk orang yg Kaya Raya, tp Zuhud. Yaitu kkayaannya tdk mnyebabkn ia lupa kpd Yang Maha Kaya, hatinya ttp trpaut kpdNYA mski brgelimang harta,ttap rendah hti n hartanya digunakn di Jln Allah n mbantu ssama. Bnyk pula orang Miskin tp tdk zuhud. Ia hny mmikirkn bgmn caranya agar bisa menumpuk harta, mnjd orang kaya, tp mlupakan Yang Maha Kaya. Jd Genggam dunia di tangan, dan simpan di akhirat di hati…hooorr menang jd kadinya koment tweh..hehe silaturrahim atwuh Kang lewat hp..klo email mah jrg dibuka…ka sadayana sumangga dilanjuuutt

  287. Sendang biru dibawah hutan rimba alam surga

    Assalam derek nyimak …

    BAGRUOND YANG MANTAAP

    @ All
    bagi sedulur anggota KWA baru yang masih penasaran dengan foto bacground di atas adalah :

    dari kiri

    1. tanpa topi wajah ketawa adalah Guru kita Mbah Yai Ki wongalus… sang dzikrulloh

    2. yang pake blangkon pinisepuh Ki Camat Kriyan penghulu kejawen dan ajaran islamnya

    3. pake topi gambar daun ganja adalah Ki Kumitir sang topo ngrame … yang luas akan kasusastraanya….

    4. yang dibelakang sedang menyulutkan buhur adalah mbah gondrong sang pemangku KWA ….

    barokalluhu ta`ala alfatikhaa… 1x

  288. tak bernama

    salam asah asih asuh
    qobiltu ki dewa besi.sp5p
    aku jian telat terus…

  289. adim

    Assalam derek nyimak …

    @ mas bengawan candhu …

    isyaalloh itu dzikir segitiga emas .. monggo diamalaken menawi kerso lilahita`ala ..

    begroune sae mbah yai …. mantaap

  290. mbah ki selor
    maaf telat ni mbah,,biarpun telat tp tetap tak buatin kopinya mbah,,he5x
    e ya kpn ni kumpul2 lg mbah.?qiqiqiqi

  291. MBAH ARIFYANTO

    @maxi:email mbah yg baru:zano.street99@yahoo.co.id

  292. Ki Dewa Bessi

    7akaerde
    Hemmmmmmmmm
    Ane mau di lawanin mpok OMAS..hemmmm bisa2 ane
    Muntah mas,,kkkkkkkk
    Jiah ade mbah kozen,
    Balik kanan aze ane,acut di jewer agie ntk,,kkkkk.

  293. pamukt1/Jkt

    KWA JAKARTA RAYA TANDINGAN…….?????

    Ojo Nesu Nesu……Opo Meneh..Opo Meneh…. Huehehehehehehe…..

    Aya-aya Wae yeuh…… Pusing..pusssiiiinnnnnnggg….

    Butuh Kursi Jabatan….???? hehehe…BISA DIATUR…..WANI PIRO….

  294. MBAH ARIFYANTO

    absen sore terus…makan nasi penyetan ayam di pojok kampus

  295. denta

    intinya adalah RASA…..btul g ?

  296. Assalamualaikum, wr.wb
    Sedulur semua,.. Mhon butuh informasinya,. mau nanya,.kalo niat puasa weton bacaan niatnya gmn .? Sy penfgemar situs ini, seakan2 baru menemukan arti tujuan hidup. Trus untuk artikel yg diproteksi cara buka sandinya gmn ? Mohon para sespuh kwa sudi menjababnya,..
    Wass,..wr.wbwr.wb
    Sedulur semu

  297. Rafee

    Askum&copy

  298. salam sore

  299. salam mas bajul

  300. abi

    @BK . SALAM TERUS , DINI HARI , SORE , MENDINGAN DG ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH , ITU SALAM GA KENAL DINIHARI,SORE , SIANG , PETANG , ITU UNIVERSAL , GA KENAL WAKTU , SEPANJANG MASA ,BGITU KATA GURU SAYA ( NABI MUHAMMAD SAW )

  301. Saiiiiiiiii

    Salam rahayu poro sesepuh&sedulur smua,,
    Absen sore+nyimak dari seberang,,,

  302. mas haryo penangsang

    absen ba’da magrib,
    mantap kuliahnya . . . .
    Dilanjut . , . . . . .0. .0

  303. wahyu

    Daim kah?

  304. MBAH ARIFYANTO

    waktunya sholat isyak

  305. bukankah kisah tentang khidir dan syeh malaya
    sudah pernah di posting oleh mas kumitir di blognya
    (alang-alang kumitir) yang judulnya (mutiara ilmu makrifat)
    dari bagian 1 sampai 5
    terima kasih telah mengingatkanya kembali
    sebetulnya postingan itu menimbulkan
    perdebadtan yang sangad panjang
    tapi ya sudahlah yah memang gi2 adanya dan kenyataanya
    lanjut nyimak aja….

  306. ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH

  307. Assalamu’alaykum…Cuci Mata dgn melihat pmandangan yg indah, Cuci telinga dgn mendengarkn ayat2 Suci n Nasehat, Cuci Hati dgn Dzikrullah, Cuci Dosa dgn Taubat, Cuci sakit dgn obat, Cuci harta dgn Zakat, Cuci badan dgn Mandi, Cuci…??

  308. SOUL SICK

    Cuci anu dg nikah.

  309. MBAH ARIFYANTO

    sedulur ada yang punya amalan hizib andarun,hizib saifi yamani?

  310. @Mas Soul: heuheu…@Kang Masku Mbah Arifyanto: ada Kang Masku…

  311. MBAH ARIFYANTO

    dibentuknya blog kwa bertujuan untuk mencari persaudaraan di tanah air sekaligus buat share amalan2 yang ada di tiap daerah di wilayah indonesia sebagai wujud pelestarian budaya bangsa yg merupkan warisan para leluhur baik yg bersumber berasal dari kalangan waliyulloh, syeikh,kyai,habaib,ustadz,dukundll,bukan alasan kita gabung di blog ini buat pamer amalan tertinggi supaya dapat rating tinggi pula,atau pengen beken saja atau hal lain yg membuat kita bersaing dengan yg lain supaya kita disangka paling hebat

  312. Saiiiiiiiii

    Ustad angker&ustad rihlah,wa’alaikumsalam wr. Wb.
    Monggu dilanjut,,,
    Sy cm mampir sambil,,,
    Absen malaaaammmmmm,,,,,,,,,,,,
    ^_^

  313. Saiiiiiiiii

    Heemm,,,,,manggut2,monggo lanjut mbah Arif,,,,,,

  314. MBAH ARIFYANTO

    tujuan blog ini didirikan buat mengenal diri pribadi supaya kita senantiasa semakin mengerti arti tujuan hidup sebenarnya dan sekaligus buat koreksi bagi kita agar selalu eling lan waspodo,dan ada berkah tersendiri buat kita jika kita selalu menyimak pelajaran di kwa,belajar ilmu tanpa belajar hakikat hidup akan terpancar prilaku yg sombong dan membanggakan diri,untuk itu di kwa tlah banyak diajarkan nilai2 luhur sebagai filter yg bikin kita menjadi lebih baik lagi secara moral dan spritual tujuan blog ini didirikan buat mengenal diri pribadi supaya kita senantiasa semakin mengerti arti tujuan hidup sebenarnya dan sekaligus buat koreksi bagi kita agar selalu eling lan waspodo,dan ada berkah tersendiri buat kita jika kita selalu menyimak pelajaran di kwa,belajar ilmu tanpa belajar hakikat hidup akan terpancar prilaku yg sombong dan membanggakan diri,untuk itu di kwa tlah banyak diajarkan nilai2 luhur sebagai filter yg bikin kita menjadi lebih baik lagi secara moral dan spritual

  315. aslmkmwrwb…absen sebentar..
    @mbah arifyanto ;setuju komenya,saya mendukung 1000 triliun %,manusia nggk ada yg sakti atau pun hebat,yang sakti hanya allah swt maha segala nya,di sini ajang mencari sedulur,saling belajar dan belajar,..
    lanjuuuut,waktu nya kabuuuuuuuuuuur.

  316. @mbah arifyanto ;siiiiip,setuju lagiiiiiiiiiiiiiii,….mantab.
    123…..kabuuuuur.

  317. roni s.w

    para bolo alus ada yg dr madura ga? Kalo ada, pernah dgr namanya pak zukri(alm) beliau seorg pnsiunan pelaut kalo drmh sering ngajari ngaji anak2. Jk ada anak atau saudaranya yg prnh dpt pemahaman dr beliau mhn hub saya. Salam hormat buat para sesepuh, salam cinta dan syng buat para bolo alus.. Salam perdamaian..

  318. MBAH ARIFYANTO

    lihat blok lain yang serupa…….slalu memposting amalan ilmu tanpa diajarkan nilai-nilai tentang hakikat hidup,akibatnya saling serang menyerang,kirim energi,mengejek,menghina,mengancam,pengen di sanjung dan pengen dikenal hingga bikin blok sendiri…itu sebab karena pengaruh bawaan ilmunya yg tidak dilandasi dengan nilai hakikat pengenalan diri yang baik hanya mengutamakan ilmunya doang,untuk itu sedulur mari kita lebih mendalami hakikat jati diri kita supaya ada keseimbangan antara moral dan spritual lihat blok lain yang serupa…….slalu memposting amalan ilmu tanpa diajarkan nilai-nilai tentang hakikat hidup,akibatnya saling serang menyerang,kirim energi,mengejek,menghina,mengancam,pengen di sanjung dan pengen dikenal hingga bikin blok sendiri…itu sebab karena pengaruh bawaan ilmunya yg tidak dilandasi dengan nilai hakikat pengenalan diri yang baik hanya mengutamakan ilmunya doang,untuk itu sedulur mari kita lebih mendalami hakikat jati diri kita supaya ada keseimbangan antara moral dan spritual

  319. Dedi

    Askum all kwa ..apapun yg tjadi g perlu kwatir….hidup sdh ditentukan..tinggal menjalankan..seorang bijak berkata berani hidup tidak takut mati begitu kiranya..

  320. mas haryo penangsang

    mbah arifyanto, mantep tenan

  321. aslm. mantapz njeh ki alus,,,,,,

  322. @ MBAH ARIFYANTO n seluruh bolo wong alus : manut n nurut , smg qt bisa beramal tidak hanya dengan kelihaian lidah tp harus juga dengan kelihaian hati dan kemantapan iman , hablum minannas boleh flexsibel tp kalo urusan hablum minalloh ( aqidah tauhid ) jgn coba2 di ganggu, lo colek gue gampar………………….. itu kata engkong ane , mbah………

  323. Ki Dewa Bessi

    Hemmmmmmmnmmm
    Gedbruk aau au,busit deh ane ampe keplesd tai kebo,.hemmmmmmmmmmmm
    Air air mane air.!!ane mau cuci ni kaki ane,!!!

  324. 7akaerde

    waalaikum salam mbah deadman dan mbah angker .damai dan makmurlah Indonesia Raya

  325. salam dinihari

  326. om arum manis

    absen malam senin.

  327. MBAH ARIFYANTO

    alhamdulillah hasil riyadhoh selain dapat ketenangan batin kmaren juga dapat mustika warna merah tapi bukan MD,enak -enak berdzikir tiba-tiba klotak….saya scan ternyata buat jabatan….

  328. Assalamu’alaykum..nyuantai dl di 1/4 mlm..@Kang Masku Mbah Arifyanto: Mantappps…setujuuuuu..Kang Masku.. beriman n bramal sholeh ja blm ckup, msih rugi, prlu tawaashoubil haq tawaashoubissobr..alias sling mngingatkn, saling brbagi n mndo’akn, n saling nyayangi..bgtu pesan Ilahiy yg trkasyaf dr QS Al ‘Ashr…send dung Kang Masku mustikanya ke aku…via krmn khususul khusus ja…jln ghaib..hehe Ki Saiii:hehe ayo atwuh Ki pncerahanx jg.. @Ki Abi: yupz..aqidah tu harga mati..yg hrs slalu trpatri di hati sanubari smpe maut mnjemput..smg qt smua mndpt husnul khotimah, wafat dlm pelukan cintaNYA….
    @Ki Dewa Bessi: hti2 dung Ki jlnnya, nieh airnya 2 ember…Cuci kaki..jika..?heuheu.Kang Masku.. beriman n bramal sholeh ja blm ckup, msih rugi, prlu tawaashoubil haq tawaashoubissobr..alias sling mngingatkn, saling brbagi n mndo’akn, n saling nyayangi..bgtu pesan Ilahiy yg trkasyaf dr QS Al ‘Ashr…send dung Kang Masku mustikanya ke aku…via krmn khususul khusus ja…jln ghaib..hehe Ki Saiii:hehe ayo atwuh Ki pncerahanx jg.. @Ki Abi: yupz..aqidah tu harga mati..yg hrs slalu trpatri di hati sanubari smpe maut mnjemput..smg qt smua mndpt husnul khotimah, wafat dlm pelukan cintaNYA….
    @Ki Dewa Bessi: hti2 dung Ki jlnnya, nieh airnya 2 ember…Cuci kaki..jika..?heuheu

  329. Daerah WIB Subuh sbntr lg…Lanjut lg ah smbil ngopi+buhur smbil dngerin murottal yg diselingi lg2 nasyid..Ada “MENGEMIS KASIH”

    …Tuhan, dosaku menggunung tinggi. Tapi rahmatMU melangit luas.
    Harga selautan syukurku, hanyalah setitik nikmatMU di bumi.
    Bila selangkah ku dekat padaMU, Seribu langkah KAU dekat padaku…

  330. Qt awali hr ni dgn Basmalah, Do’a n senyuman. Bergeraklah..n terus gerakkan jiwa, hati, fikiran dan raga kita…krna sluruh alam semesta n jagat raya ini pun brgerak sambil brtasbih menyucikan NamaNYA…Qt langkahkan kaki dgn pasti dlm mncari kridhoan & karunia Ilahiy…Bangkit n trus semangaaat.. Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi Laa hawla walaaquwwata illaa billaah..smg hr ini Lbih Baik nan indah bg kita.. hati, fikiran dan raga kita…krna sluruh alam semesta n jagat raya ini pun brgerak sambil brtasbih menyucikan NamaNYA…Qt langkahkan kaki dgn pasti dlm mncari kridhoan & karunia Ilahiy…Bangkit n trus semangaaat.. Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi Laa hawla walaaquwwata illaa billaah..smg hr ini Lbih Baik nan indah bg kita..

  331. MBAH ARIFYANTO

    @ustadz rihlah:dah laku mas mustikanya ada yg nawar,uang tak sumbangkan ke pembangunan masjid biar hidup saya jadi berkahak sumbangkan ke pembangunan masjid biar hidup saya jadi berkah

  332. MBAH ARIFYANTO

    tadi malam saya ditemui 2 pocong dan 1 kunti niatnya mau belajar keilmuan ke saya,tapi saya tolak ujung2nya nanti saya kena imbas atas hasil perbuatan mereka ato hanya tipuan belaka untuk mengambil mustika dari saya , krn ngeyel terpaksa mereka tak usir dengan doa pengusiran,karena bekerjasama dengan mereka banyak kerugiannya di banding manfaatnya

  333. Anak baru

    @mbah arifyanto…lha mbox aku dikasih mbax…

  334. Anak baru

    @mbah arifyanto…lha mbox aku dikasih mbah…maksute mbah bukan mbax..hp jadul lg error..

  335. Aq tunggu ijasahx @mbh arifyanto amr rdr x dg sempurna…

  336. om arum manis

    absen pagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  337. nurcahyo

    AMIIIIIIIIIIIIN._-_____________

  338. Melati

    pusing……………

    Pimpinan KWA Jakarta Tandingan , ga keliatan batang hidungnya.

  339. Sabdo Sejati

    @ Ki wong alus Sharing yang bagus.

    @ Wis lamo gak buka-buka KWA, lagi sibuk ceker-ceker golek upo eh tiba-tiba ada KWA Jakarta Tandingan, tapi namanya koq hebat-hebat. Mbok uwis tho le, neng ndonyo iku mung sakwetoro, sing waras podo ngalaho. Urip kanggo ngibadaho lan golek upo.

  340. @Ki Sabdo Sejati: Matur nuwun njih. Gantian njenengan kita tunggu share kawruhnya.. monggo ki..

  341. wong bioso

    ki WONG ALUS NYUWUN SEWU KULO NYUWUN NO HPNE SAGET NGAPUNTENE

  342. qobilt ilmunya ki dewa besiqobilt ilmunya ki dewa besi

  343. Sabdo Sejati

    @ Ki wong alus ,

    Sugeng siang. selamat menerima gaji ke-13.
    Inggih ki, menawi Gusti sampun ngersakaken, samangke kito sami babar-binabar punopo ingkang bade kedadosan.
    Sampun siap-siap kundur?

  344. =ki sabdo sejati: hehe nuwun ucapan selamatnya… injih meniko siap2 kondur ki… nuwun

  345. SOUL SICK

    Tadi saya tidur tapi kok bsa jalan jalan ke dapur. kayak meraga sukma.

  346. TERNYATA KWA JAKARTA TANDINGAN ADALAH ANAK KECIL BARU UMUR 13 TAHUN , JADI JANGAN DI TANGGAPI MALAHAN HARUSNYA DI KASIHANI ,,,,,,,, BETUUUUUUUUUUUUUUUL ????
    KACIAN DEH LOOOOOOO

  347. kecil kecil cabe rawit.

  348. uwa semar semur

    Assalamualaikum wrwb.
    Waduuh Alhamdulillah sekarang ada “Pengurus KWA Jakarta Tandingan”. Tanpa gajih bulanan, tanpa tunjangan, tanpa seragam, tanpa pamrih materi, tanpa ingin disebut pengurus adalah hebbat atau sakti, tanpa apapun, ternyata masih banyak sodara2 kita yg mau diberi amanah mengurusi komunitas KWA yg kebanyakan “orang2 ngelmu”, kyai2, ustadz2, sesepuh2 padepokan, dll..kebanyakan wong pinter.
    Tanya ke Ki Wong Alus, betapa repotnya menyatukan ego para wong pinter. Mudah2an pengurus yg baru bisa segera menjalin silaturahmi dengan pengurus yg lainnya, amiin.

    Ki Wong Alus : Wak, mau ga uwa saya angkat jadi pengurus atau sesepuh KWA? Gajihnya 2 juta perbulan, ditemani cut tari, trus nanti saya umumkan bahwa uwa itu orang sakti mandraguna, mau ya wak?
    Uwa : Maaf ya Ki, uwa ga mau, uwa mah tanpa pamrih, uwa ga suka cut tari…. Tapi kalo Desi ratnasari boleh lah uwa mau..heuheuheu.
    Ki Wong Alus : Dasar uwa, aki2 mbeling…(hmmm ternyata sulit mencari yg tulus)

    Kalo Ada “Pengurus KWA Jakarta Tandingan” Uwa tenang2 saja, tapi kalo ada “Bajigur made in uwa semar semur Tandingan”….Hayang dibabuk ku rancatan siah!! (Pingin digebuk pikulan, loe!!) heuheuheu

  349. cah angon

    wuihh…mantep!!!!!!!!!!!

  350. mlekum……………………..

  351. wah @ cik jafar…………kurang di ajar ya kamu………….:::::??????
    masa orang-orang KWA kamu bilang domba semua !!!!! lurang ajar ya la,u kalo buang kata ya ….yang enak gitulo masa orang kok dikatain domba…………..emang kamu yg gembala ya……hhhhhhhhhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaccccccccciiiiiiiiiimmmmmmmmmm

  352. heru 1966

    sugeng ndalu.kulo nderek nyimak nggih.salam rahayu.

  353. heru 1966

    wes maghrib.kulo pamit rumiyin.

  354. Adeeem anyeees…
    Habib Ki Wong Alus, maaantaapp..
    Nderek menyimak lan absen..
    Salim penuh hormat takdzim dan menjura dalam dumateng sedoyonipun……..

  355. hehehe mohon izin menyimak

  356. Ping-balik: 'KUMPULAN ILMU'

  357. hasanudin

    izin copas.,.,.

  358. Salam kerahayoan

  359. salam damai

    ABSEN PAGI

  360. MohonScan ya Mbah Arif

  361. ricky

    nyuwun sewu kulo nderek absen

  362. allah

  363. Salam.. izin copy ya :)

  364. wasalamualaikum……wb~wb.salam salim bt para sepuh,pini sepuh kluarga besar kwa.ijinkan sy untuk menjalin tali silahturim di blog yg kita bangga ini.besar harapan sy agar para sdulur mau menerima& mnjalin persdaraan dngn sy.nama sy.KUTOARYO.ncmane.MBAH GLEMPENG.kota bekasi..Email…aryo.sancang@yahoo.com.,besar harapan sy,agar para sdulur menerima silahturohim sy.bt ki wong alus&jajaranya sy ucapkn trimakasih.

  365. Artikel yang sangat bagus pak. Ternyata cukup mendalam jg ajaran Syekh Siti Jenar apabila dikupas dgn bahasa yg mudah dipahami. Suwun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: