PESAN DARI TROWULAN


KI SABDALANGIT
sabdalangit@gmail.com

Tujuan utama ke Trowulan terutama untuk mundi dawuh perintah langsung dari Sri Narpati Brawijaya V yang di luar dugaan kami terima beberapa hari sebelum mengambil keputusan bulat untuk menghadiri undangan Mas Panji Trisula (Bustanus Salatin) salah seorang Ketua IPPNU Jatim periode th 2000, dalam acara “Sarasehan Bulan Purnama ; Memperingati Turunnya Wahyu Makutharama” yang diadakan di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Prop Jawa Timur. Selain itu kami berserta rombongan ingin sekali mewujudkan rasa berbakti kepada para leluhur besar bumiputra perintis dan penopang kejayaan Nusantara di masa lalu, tidak dengan cara enaknya sendiri mulut sekedar komat-kamit saja dari rumah. Sikap berbakti akan lebih berharga jika diwujudkan dalam tindakan nyata dengan cara marak sowan mengunjungi petilasan pepunden untuk tujuan napak tilas serta atur pisungsung sembah bekti kepada para leluhur besar Nusantara. Tidak cukup berhenti di situ, lebih penting adalah mengambil pelajaran berharga yang selanjutnya diimplementasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Jika peduli dan mau, kita sebagai generasi penerus bangsa sudah semestinya melakukan koreksi atas perjalanan sejarah bangsa besar ini di masa lalu pernah lepas kendali hingga kini berkembang kian salah kaprah. Tidak semata sebagai sebuah kesalahan kebijakan masa lalu, tetapi tingginya sikap toleransi  para pendahulu bangsa terutama terhadap anasir sistem kepercayaan (religi) yang berasal dari budaya asing. Toleransi tinggi para pendahulu bangsa berhubungan dengan tingginya pemahaman tentang apa sejatinya religi dan sistem kepercayaan. Toleransi menumbuhkan prasangka baik dan kelonggaran sikap terhadap unsur asing walau banyak perbedaan secara esensial. Namun hal itu justru dimanfaatkan oleh para jahil pembawa anasir asing sebagai suatu kesempatan untuk menjalankan misi jahiliahnya. Namun dalam perkembangannya, sistem sosial dan politik berkembang secara liar tidak seperti yang diharapkan oleh para leluhur besar perintis Nusantara. Bahkan hingga kini dampak buruknya kian dirasakan oleh generasi sekarang.

Apabila mau jujur dan para sejarawan bersama arkeolog mau meluruskan sejarah tentu akan ditemukan banyak kebohongan dalam “dongeng-dongeng” yang dikemas seolah bagaikan suatu kejujuran sejarah. Terutama cerita-cerita tentang masuknya para saudagar Gujarat, saudagar Mesir, saudagar Maroko dan Turki yang sangat tergiur oleh gemah ripahnya Nusantara. Kisah-kisah masuknya saudagar ke Bumi Nusantara selanjutnya dirombak berupa “dongeng-dongeng” yang mengimajinasikan tokoh sakti mandraguna yang perjalanan hidupnya penuh perjuangan menegakkan kebenaran tuhan. Sebagai salah satu trik kolonialisme, di dalamnya terdapat intrik-intrik politik dagang dan perebutan kekuasaan yang didukung melalui penciptaan dongeng-dongeng adu kesaktian antara para saudagar yang dicitrakan sebagai wakil tuhan versus penduduk asli pribumi yang dicitrakan sebagai musuh tuhan. Ya..semua itu masih dalam kerangka proyek pemenangan politik dagang para saudagar beserta pengikutnya. Mayoritas anak bangsa mungkin termasuk Anda para pembaca, mungkin merupakan anak turun dari para pendahulu bangsa yang menjadi korban atas pencitraan tendensius dan subyektif dari para saudagar bersama pendukungnya. Jika Anda tidak terima, lantas pembelaan macam mana yang bisa Anda lakukan ? Maka, luruskan sejarah bangsa besar ini, agar supaya yang benar tampak benar, yang salah terbongkar kedoknya. Sehingga dapat dijadikan pelajaran berharga bagi generasi penerus bangsa yang ingin mengerti kesejatian hidup ini apa sesungguhnya.

Dalam cara pandang sosio-ekonomis, jika Anda ingin memenangkan persaingan marketing, ada dua kiat jitu yang bisa ditempuh, pertama, susupkan barang dagangan ke dalam unsur budaya lokal calon konsumen. Kedua, kuasai, dominasi, dan setir pola pikir calon konsumen agar supaya mengikuti kemauan si marketing. Tentu Anda akan menjadi marketing yang sukses menangguk keuntungan besar.  Apalagi “kolonialisasi” dan dominasi terhadap pola pikir konsumen melalui berbagai doktrin di antaranya dengan mengatasnamakan tuhan. Ditambah advertensi berupa iming-iming pahala bagi siapa saja yang mau mengkonsumsi dagangannya. Wow..pasti akan laris manis apapun jenis dagangannya. Selanjutnya, Anda tinggal menyingkirkan pesaing-pesaing bisnis Anda, dengan cara politik adu domba, aktif menciptakan wacana friksi dan gap, serta sibuk menumbuhkan konflik-konflik antara elemen-elemen kekuatan para pesaing. Dalam hal ini kearifan lokal (local wisdom) dan kerajaan-kerajaan yang masih eksis memegang teguh budaya dan tradisi bumipertiwi dapat diperankan sebagai pesaing paling diperhitungkan. Ternyata, politik devide et impera-nya Belanda hanya sekedar meniru politik a la saudagar asing. Tengok saja periode sejarah sebelum masa kedatangan para saudagar, sejarah kerajaan Nusantara abad Sebelum Masehi (kerajaan pertama Kutai Lama) hingga akhir abad 12 masa Majapahit awal, perang atau konflik antara kerajaan sangat jarang terjadi. Namun semenjak abad 14 terjadi peningkatan intensitas konflik. Selain dengan cara tersebut, penjajahan paling efektif bisa ditempuh melalui cara “perkawinan silang” antara penjajah dengan pribumi, di mana peran suami lebih banyak diisi oleh laki-laki penjajah, sedangkan peran istri diisi oleh mayoritas perempuan pribumi. Hal ini bertujuan tentu saja untuk mengamankan kepentingan,aset dan meluaskan otoritas kaum penjajah yang menganut sistem patrilineal. Hebat bukan..sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui. Politik apa ini namanya? Sembari berkuasa masih pula berpesta kenikmatan. Siapa kiranya yang tak tergiur. Program dan rencana akan jauh lebih sukses bila saudagar sembari membawa-bawa dan mengklaim diri sebagai orang suci pembawa kebenaran tuhan. Sudah dagangannya laris, dapat belahan surgawi wanita-wanita pribumi, ditambah bonus pahala lagi. Lantas lahirlah bayi-bayi merah tak berdosa dan tak tahu apa-apa yang akan menghuni Nusantara sebagai generasi baru hasil politik macam itu. Mungkin saja di antara kita ini adalah termasuk bayi-bayi merah itu. Yang terpenting bukanlah menggugat siapa yang melahirkan diri kita. Tetapi apa yang telah kita perbuat terhadap kebohongan sejarah? Berani jujurkah generasi penerus bangsa ini? Ataukah kronologi sejarah dan jejak-jejak kaki sejarah bangsa ini akan tetap ditopang oleh pondasi sejarah palsu? Kain pel yang kotor, tak akan bisa membersihkan lantai kotor tuan !

Kata Bung Karno,”Jasmerah ! Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah (yang jujur obyektif). Di zaman modern dan serba terbuka ini, walau masih ada sebagian orang yang bernafsu untuk memelintir sejarah sesuai kepentingannya, sudah pasti..sejarah akan meluruskan dirinya sendiri. Sesuatu yang dianggap kebenaran mutlak di masa lalu, bisa saja terkoreksi oleh temuan-temuan baru. Sejarah palsu hanya bisa berbohong dalam kurun waktu yang tidak tak terbatas. Tidak selamanya bau bangkai dapat disimpan rapat-rapat. Kini, generasi muda musti menyingkap bau bangkai itu, atau menyiapkan “kain pel” yang benar-benar bersih. Generasi bangsa musti melakukan koreksi signifikan untuk misi utama menyelamatkan Nusantara dari ambang kehancuran total. Kurang apa lagi? Nusantara adalah singgasana, adalah rumah pribadi, surga yang nyata dan bukan imajiner bagi anak-anak negeri, bagi rakyat Indonesia. Dan kita semua, generasi penerus bangsa sebagai tuan rumahnya, tentu saja di rumah pribadi kita Nusantara. Namun saat ini lain kenyataannya, kita menjadi jongos di rumah sendiri, kita dipaksa mengabdi, membabukan diri kepada para “tamu” di rumah kita sendiri. Tamu mbagekake sing duwe omah. Kita tertindas di negeri sendiri, oleh penjajah yang berdaging berdarah sebagai WNI, tetapi berisi jiwa-jiwa yang tak ubahnya onggokan sampah kepentingan, tumpukan kebekuan pola pikir, dan jiwa yang berisi komitmen jahil yang loyal dan berporos kepada para penjajah dari negeri antah-berantah.  Banyak orang lebih suka napak tilas dan berziarah kepada leluhur luar negri nun jauh di sana yang sama sekali tak ada hubungan ras, bangsa, suku, apalagi kerabat sodara. Sekalipun menghabiskan beaya puluhan juta tetap dilakoninya dengan harapan surga, sebaliknya terhadap leluhurnya sendiri tidak berbakti, kuburannya terbengkalai penuh ilalang, kotor tidak pernah diopeni. Lantas di mana sang hatinurani?? Sementara harta warisannya sampai kini masih mereka nikmati, bahkan sebagian telah dijual untuk ngabekti kepada leluhur-leluhur asing nun jauh di luar negeri. Mau diakui ataupun dipungkiri, pasti kualat akan datang menghampiri, kualat yang datang dari sikap perilakunya sendiri. Jadilah wajah Nusantara yang seperti ini. Rupa-rupa musibah dan bencana datang silih berganti, menerpa anak negeri yang lupa diri, lebih suka memuaskan nafsu dan imajinasi. Potret negeri di mana generasi penerusnya durhaka kepada sang ibu pertiwi.

 Saat ini, tanggal 17 Juli, sebentar lagi Nusantara akan “bersih-bersih” diri. Goro-goro gung tan kena den pungkiri. Murih tinarbukaning gapura gamabudi. Jaya nusawantara den enteni. Kang kadapuk dadi pambuka, iya satria kang jumedul ing pulo Semar Badranaya, sisih wetan sangkan ira. Mula den eling den êmut, menawa ana Candra-ning Negoro. Iya iku satria kang piningit, datan aran ratu adil, nanging kang jumeneng dadi satria nagari Pambukaning Gapura.

 Kolonialisme “the Dajjal”

Bentuk kolonialisme yang melebihi model penjajahan terhadap daerah koloni, bilamana yang dijajah adalah kemerdekaan fikir dan pembunuhan atas kesadaran spiritual generasi penerus bangsa. Pola fikir dan kesadaran spiritual, adalah dua pilar yang membentuk karakter bangsa. Dan terbukti saat ini bangsa Indonesia telah kehilangan karakternya. Merupakan kenyataan tak dapat ditutup-tutupi lagi, lihatlah…kini telah lahir generasi dimana kesadaran spiritualnya tergembok rapat di dalam tempurung kebodohan. Malah dengar-dengar ada generasi akhir yang akan diberi nama “the dajjal” si makhluk bermata satu yang suka gentayangan untuk memutar balik fakta dengan cara berdagang kata-kata manis berbalut angin syurga. The dajjal lebih terasa sebagai kiasan yang menggambarkan suatu pemahaman dangkal bahwa kebenaran dan ketuhanan hanya boleh didefinisikan melalui satu “mata” saja.  Yakni satu persepsi, satu cara pandang, atau suatu ajaran yang telah dikemas menjadi institusi. Konsekuensinya, apapun persepsi tentang kebenaran, keyakinan, dan tentang tuhan di luar persepsi itu adalah sesat dan kopar kapir.  Penganut pola pikir semacam ini akan menjadi generasi anti-toleran dan fanatik, yakni generasi anti perbedaan pendapat. Tidak mau berbaik sangka dengan berfikiran positif-konstruktif terhadap segala perbedaan. Tentu saja realitas sosial semacam itu bertentangan dengan hukum alam. Dan siapapun, apapun, jika bertentangan dengan hukum alam, alamlah yang akan melebur.

The dajjal akan sibuk gentayangan sana-sini memutarbalikan fakta antara kebenaran dengan ilusi. Antara kebohongan dengan kejujuran. Menjadi tugas berat the dajjal untuk tetap mempertahankan kebohongan dan kepalsuan yang sudah berlangsung kurang lebih 1500 tahun lamanya. Apabila segala kepalsuan dan kebohongan itu terbongkar oleh temuan-temuan baru, dan oleh evolusi kesadaran manusia-manusia generasi baru, selanjutnya pola pikir masyarakat dunia akan segera berganti dengan paradigma pikir baru yang lebih realistis, membumi dan penuh nilai-nilai humanis. Saat itulah terjadi kiamat, bukan berarti kehancuran planet bumi bersama jagad semesta, melainkan  kebangkrutan total segala macam ajaran lama yang penuh ilusi.

Bagi yang mampu beradaptasi dengan kehendak alam, pada gilirannya kekuatan alam akan mendaur ulang menjadi generasi baru yang memiliki kesadaran kosmologis yang selaras, sinergis dan harmonis dengan hukum alam. Mereka akan lahir sebagai manusia sejati yang mengerti diri sejati, dan memahami apa sejatinya hidup ini. Sebaliknya yang menolak koreksi alam dan hukum dinamika zaman, akan semakin sulit menyadari bahwa dirinya telah dirundung sakit jiwa yang berkepanjangan.

 NAPAK TILAS dan PERISTIWA PENUH ARTI

Motivasi kehadiran rombongan kami dalam rangka ikut serta berkumpul bersama seluruh sedulur dari berbagai kalangan yang hadir di acara sakral Sarasehan Bulan Purnama dengan tema Memperingai Turunnya Wahyu Makutharama, yang dipandegani oleh Mas Panji Trisula (Bustanus Salatin).Terimakasih tak terhingga atas segala sambutan dan kehangatan paseduluran dari sedulur-sedulur yang hadir dalam acara tsb. Sungguh bagai oasis menyejukkan dahaga spiritual di tengah panasnya terpaan the desert storm “badai gurun” yang melanda Nusantara saat ini. Kami berharap apa yang telah dilakukannya menjadi amal kebaikan yang berkausalitas atas berlimpahnya berkah dari para leluhur besar Kerajaan Majapahit. Kebaikan-kebaikan yang dilakukan akan menjadi pagar gaib yang melindungi diri sendiri, menjadikan diri tak bisa dicelakai orang dan selalu menemukan keberuntungan dalam setiap langkahnya.

 Hujan Sebagai Pertanda Baik

Pukul 16.30 wib kendaraan terus melaju meninggalkan kota Jombang. Arah kendaraan menuju Kec.Trowulan Kab Mojokerto. Walau musim kemarau sedang berada dalam puncaknya, namun tiba-tiba turun hujan dengan derasnya. Seperti biasa, fenomena hujan deras seringkali mewarnai dalam tiap acara-acara sakral yang berhubungan dengan leluhur besar. Tidak hanya terjadi di Jawa, Sunda, Bali, Sumatera bahkan hingga di Kalimantan. Dalam tradisi Jawa, hujan yang tidak lazim terjadi itu sebagai pertanda diterimanya acara atau ritual yang akan kita laksanakan. Hujan pertanda baik biasanya terjadi beberapa saat sebelum acara dimulai, namun menjelang acara dimulai hujan akan reda kembali. Pukul 17.00 Wib (Jawa: pitulas, alias simbol bermakna “pitulungan lan kawelasan“) karena kami merasakan misteri daya tarik energi yang sangat kuat, akhirnya rombongan kami berempat memutuskan untuk berhenti tepatnya di Depot Arema di Jl Raya Jombang-Mojokerto, yang ternyata berjarak 2,100 meter dari Sitihinggil Trowulan. Sarasehan Bulan Purnama merupakan acara sakral dilaksanakan setiap siklus 210 hari. Sejenak rombongan kami menyeruput secangkir kopi, sementara itu terasa semakin kuat daya tarik energi. Pelacakan sumber energi menemukan datangnya energi itu berasal dari kolam raksasa Tambak Segaran. Kolam raksasa buatan manusia, sebagai situs peninggalan Majapahit yang telah berumur kurang lebih 800-900 tahun.

Pukul 17.30 wib hujan kembali reda. Dengan beberapa pertimbangan, kami memutuskan untuk kulonuwun terlebih dahulu kepada para leluhur yang berada di gerbang Siti Hinggil Trowulan dan kepada Panpel. Pada jam 19.00 wib atau jam 7 malam, dari Sasono Hinggil kami merapat ke Kolam Tambak Segaran yang berjarak hanya sekitar 1,7 km. Di lokasi kolam Tambak Segaran sudah menunggu dulur-dulur wetan ; Ki Camat Kec Taman (Ki Amig Bahrul Alam alias Ki Juru Taman), Ki Wongalus (KWA), Mas Kumitir (Alang-alang kumitir). Ditambah rombongan kami berempat, saya bersama istri, Mas Harimurti dari Jogja dan Mas Andreas dari Jakarta, sehingga jumlah rombongan kami ada 7 (pitulungan) orang. Kami mulai “neng” (meneng/jumeneng; berdiam raga dan konsentrasi untuk membangunkan kesadaran rasa sejati), dengan tujuan untuk meraih “ning” (wening/kebeningan atau ketajaman batin), sambil maneges kepada Jagadnata dan Para Leluhur Majapahit dengan harapan siapa tahu mendapat “nung” (kesinungan) berkah agung.

 Gerbang Metafisika

Beberapa menit hanya menyisakan kesunyian memagut yang membawa perasaan keheningan dan kedamaian begitu dalam. Membawa suasana hati yang tenteram. Kita bersihkan hati dari segala macam penghalang, bersihkan dari perasaan iri dan dengki. Kita netralkan dan beningkan pikiran dari segala prasangka buruk dan berbagai ilusi-halusinasi. Beberapa saat setelah kami menghaturkan sesaji menabur bunga sebagai pertanda “kulanuwun” dan salah satu upaya sembah bekti, attunment/penyelarasan, mensinergikan dengan getaran jagad semesta. Tak berapa lama kemudian gayung mulai bersambut. Segera tampak tanda kehadiran para abdidalem (pegawai kerajaan) Majapahit di masa lalu sebagai pertanda adanya sambutan “tuan rumah”. Saat itu belum juga tampak kehadiran leluhur Ratu Gung Binatara. Namun pada saat jarum jam menunjukkan pukul 20.10 wib (2010) kabut putih dan sangat tebal mendadak turun, kami melihat antara dimensi fisik dan metafisik sedang terjadi proses persisihan, seolah saling mendekatkan “jarak” di antaranya. Beberapa detik kemudian, terbukalah gerbang dimensi metafisik. Secara kasat mata, yang tampak sedikit berbeda dengan pemandangan sesungguhnya. Tujuh orang, semua melihat kabut putih begitu tebal, disertai hawa dingin, dan sedikit rintikan gerimis bagai percikan embun yang sangat menyejukkan. Di tengah kabut putih tebal itu, tepat di atas permukaan air tampak jelas muncul lingkaran bundar simetris berdiameter kurang lebih 20 meter. Bentuk dan warnanya sangat jelas karena saat itu bulan purnama sedang kuat memancarkan sinarnya. Di dalam lingkaran itu keadaannya sama sekali bersih dari kabut sehingga tampak lah warna bening kehitaman, tetapi jika dilihat dengan mata batin, segera tampak warna bening transparan membentuk lobang besar. Dalam waktu sekitar 20 menit, lingkaran tersebut berubah konfigurasi dari bentuk lingkaran, kemudian kedua sisi kiri-kanan perlahan berubah memanjang (mulur) membentuk alur panjang melengkung menjadi garis setengah lingkaran yang berdiameter lebih besar. Kedua ujung setengah lingkaran masing-masing menyentuh dinding kolam. Hingga tampak ada garis lengkungan (setengah lingkaran) besar seolah mengurung 7 orang rombongan kami. Bening, kehitaman, perlahan semakin mendekati posisi kami duduk bermeditasi, hingga berjarak sekitar 5 meter tepat di depan kami. Pada saat itu tampaklah titik cahaya putih terang berkilau di dasar air, yang dapat disaksikan sebagian besar anggota rombongan kami. Titik cahaya itu hanya sebesar lampu sein mobil, walaupun berada di dalam air ia memancarkan warna putih berkilau yang cukup terang. Benda misteri itu ternyata wujud Kalpika (cincin pusaka) milik Sri Narpati Brawijaya. Tepat pada pukul 20.40 wib, hanya dalam waktu kurang dari 2 menit, semua fenomena tersebut menjadi pudar dan lenyap dengan cepatnya. Lingkaran besar itu dengan cepatnya sirna kembali bagaikan tirai yang dibentangkan untuk menutup jendela. Pemandangan berganti dengan kabut putih tebal bagai layar terkembang menutupi permukaan air, sakral dan mistis seolah-olah “pagelaran wayang” akan segera dimulai. Saat itu di kejauhan terdengar sayup-sayup suara gending. Semoga suara gending itu merupakan isyarat pembuka mengiringi layar Nusantara yang mulai terkembang.

Misteri kolam mulai tersibak. Secara fisik berupa kolam raksasa dengan ukuran lebar sekitar 80 meter x 300 meter, namun secara metafisik merupakan Keraton Majapahit yang masih “eksis” hingga saat ini. Hanya bedanya, para penghuninya sudah melakukan proses  “metamorfosis”,  menjalani kehidupan sejati dengan tidak menggunakan jasad lagi. Mereka sekedar pindah dimensi saja. Mereka adalah generasi pendahulu kita yang sudah lahir ke dalam kehidupan sejati setelah sekian lama “sang janin” berada di dalam kandungan ibu pertiwi, di dalam rahim mercapada.

Rombongan kami segera beranjak kembali ke Sasono Hinggil Trowulan, di mana Mas Panji Trisula dan seluruh hadirin telah siap memulai mata acara. Tepat pada pukul 21.00 Wib (210) kami tiba di Pendopo Siti Hinggil. Saya semakin memahami apa yang disampaikan Mas Panji tentang siklus 210 hari. Sejak awal saya dihubungi Mas Panji saya meminta beliau memberi jadwal bicara pada pukul 21.00 wib dengan suatu alasan…entah! Saya hanya mengikuti getaran nurani saja dan kini semuanya sudah tejawab. Kata Mas Panji Trisula, acara sarasehan ini ternyata dilakukan dalam Siklus 210 hari sekali.mirip metamorfosa sel yang akan berkembang biak menjadi banyak kemudian menyebar benih di seluruh penjuru. Kajian Mikrobiologi siklus 210 harian dari Gede Junidwaja. Menurut beliau yang dulu punya bos bule dari USA seorang master biokimia lama tinggal di Bali dan sangat rajin melakukan riset mandiri. Menurut hipotesisnya ini terkait dengan telomere sel. Umur sel rata-rata 210 hari. “Sel di organ kita hari ini, akan berganti 210 hari lagi, jadi sel-sel buruk diubah paling  cepat 210 hari. Kuningan adalah nama wuku ke duabelas dalam tradisi Majapahitan. Jatuh setiap 210 hari sekali, tepat pada hari Raditya (Minggu) Wage. Dalam tradisi masyarakat  Hindu Bali pada wuku ini disebut hari suci Kuningan sebagai penutup serangkaian acara semenjak masuknya wuku Galungan (wuku ke sebelas) yang jatuh pada hari Raditya (Minggu) Pahing yang lalu”.

Namanya saja memperingati, mengenang, atau napak tilas. Angka 21 termasuk angka yang dikeramatkan oleh masyarakat Jawa, selain angka 7, 11, 17, 27. Kami pun akhirnya menemukan jawaban soal angka 21 pada saat menghadiri acara di Situs Kuno Trowulan. Termasuk sejak awal ingin sekali mengenakan kemeja warna merah dalam acara tersebut. Ternyata warna merah merupakan simbol sebagai warna identitas Majapahit, sebagaimana warna hijau sebagai identitas Mataram, dan warna kuning sebagai warna kebesaran Kerajaan Kutai.

Pukul 00.00 wib kami kembali ke kolam Tambak Segaran. Kali ini bersama para peserta acara Sarasehan Bulan Purnama, untuk tujuan atur sesaji tabur bunga, dan rombongan kami masih berharap dapat bertemu dengan para leluhur Majapahit atau pun yang lainnya. Pukul 00.00 wib para peserta mulai patrap semedi, untuk tujuan membawa kesadaran diri kita masing-masing berada dalam getaran theta, paling tidak mendekati getaran nol. Di mana bilangan nol sebagai keadaan tiada batas, bilangan tak terhingga, mau dibagi berapapun hasilnya tetap nol. Dalam kamus Jawa kita istilahkan sebagai keadaan batin Duwe Rasa, Ora Duwe Rasa Duwe (punya rasa, tidak punya rasa punya). Kita matikan kesadaran raga, untuk selanjutnya merubah kesadaran menjadi kesadaran sukma supaya kesadaran kita tidak lagi dicemari oleh ilusi dan halusinasi, termasuk imajinasi yang terlanjur tertanam kuat di dalam otak bawah sadar akibat doktrin sejak masa kanak-kanak. Kita berusaha membebaskan dan memerdekakan kesadaran spiritual kita, dengan cara membiarkan kesadaran ruh yang gantian berkuasa atas kesadaran raga.

Fenomena kembali muncul, suasana yang bening tak berkabut, tiba-tiba muncul kabut tebal dan putih, jelas-jelas bergerak cepat ke arah di mana kami duduk bersemedi di pinggir kolam sebelah timur. Terasa bagai butiran es saat kabut menerpa tubuh dan wajah kami. Serta merta kami mencoba maneges sembari menyerap energinya. Dahsyat sekali! Ada yang aneh, dan dapat disaksikan oleh sebagian rombongan kami, saat kabut itu tampak jelas sekali seperti teriris persis di tengah kolam. Sebelah kiri berkabut tebal sementara sebelah kanan bening tak ada kabut. Tidak ada degradasi kabut, tetapi berupa demarkasi membentuk garis lurus. Di balik itulah, tampak kehadiran Sri Narpati Brawijaya V berucap sesuatu. Tidak berlangsung lama kemudian memudar lagi. Selanjutnya kami pamit undur diri ke kembali ke Jogja.

 PERTEMUAN KETIGA

Senin Pahing surya kaping 18 tabuh 10.21 wib warsa 2011. Dada dan nafas tiba-tiba terasa sesak, terjadi desakan energi yang teramat sangat kuat. Hampir saja membuat tubuh terpental. Apa yang terjadi, sungguh suatu keberuntungan yang sangat besar. Kadya karoban segara madu. Denya sakdremo kawula titah alit, karawuhan tuwin pinaringan dawuh mring Srinarpati Gung Sang Prabu Brawijaya V. Tanpa diduga dikira sebelumnya, hadirlah leluhur agung Srinarpati Prabu Brawijaya V, beliau memanggil nama, menyebut nama, memberi kabar, memberi perintah. Bahwasannya maksud dan tujuan ritual Bulan Purnama diterima oleh para leluhur agung khususnya Majapahit, dan harapan kami terhadap perubahan di Nusantara mendapat pangestu. Mendapat sabda dari pandita ratu yang berarti idu geni, ucapannya akan terjadi. Ya..”kunci” Nusantara akan diberikan kepada seseorang yang mampu jumeneng Candraning-negara. Ing samangke sawuse siniram kanthi  tirtapraja. Sri Narpati berkata dalam bahasa Jawa Kuno, ini bukan pertemuan terakhir kali, melainkan awal, tunggu dawuh dan rawuhingsun untuk selanjutnya.

Mulai saat ini “segitiga ” kekuatan supra telah terbangun utuh. Kutai-Majapahit-Mataram. Yang berarti pula momentum perubahan Nusantara akan segera terjadi. Meskipun saat ini tengah berlangsung skenario besar oleh para leluhur agung Nusantara, akan tetapi tanpa adanya para generasi bangsa yang peduli untuk menjemputnya, skenario itu masih akan menunggu bangkitnya kesadaran prakawula muda bangsa untuk hamemayu hayuning bawana. Kini kesadaran spiritual dan genderang perdamaian semakin gencar ditabuh para kawula muda generasi penerus bangsa. Wolak-waliking jaman perlahan akan kembali ke arasnya semula, “becik ketitik, olo ketara“. Yang sering dituduh sesat, kapir kopar akan tampak sejatinya, yang merasa paling bener akan terbongkar kedoknya.

Kian tampak cemerlang kilauan intan permata

yang selama ini terendam oleh lumpur,

Emas akan kembali tampak sebagai emas,

yang tembaga akan kembali tampak aslinya sebagai tembaga,

besi-besi logam karatan

lebur oleh kekuatan bantala.

Wus katon suryo mencorong soko bang-bang wetan.

 Semua itu berada dalam skenario besar kekutan supra

terangkum dalam pola “triangle super power”.

Kekuatan supra telah membimbing dan menyadarkan generasi penerus bangsa.

Kepada yang terpilih dan pinilih untuk menemukan apa sejatinya hidup.

Seiring dengan ledakan medan magnet galaktika,

yang memaksa manusia macam mana,

untuk bermeditasi, mesu budi, dan mesu raga.

Supaya memahami kehidupan yang sejati.

Yang melawan kodrat, akan menderita sakit jiwa,

yang selaras akan merdeka lahir batinnya.

Lahirlah generasi baru Nusantara

Yang mengerti diri sejatinya.

Mampu mengembalikan Nusantara pada sejati-ning nuswantara. Membangun kembali karakter bangsa. Nusantara ya nusantara, bukanlah negara manca. Negeri ini akan kembali menjadi dirinya sendiri, bukan bangsa yang suka mengebiri kesadaran sejati. Bukan lagi menjadi bangsa pengekor, berwatak dan berfikiran kotor, bukan bangsa budak, bukan bangsa imitasi, yang selalu menganggap kerusakan moral sebagai bentuk cobaan, yang dikiranya bukti dirinya disayang ilahi.

Segitiga kekuatan supra itu, jika dibuka akan berubah bagaikan senjata trisula. Kini senjata trisula tengah dipersiapkan tangkainya, yakni generasi penerus putra raja Kutai Lama YM Sri Raja Kudungga yang bernama Sri Baduga Purnawarman, yang telah membabar bibit kerajaan-kerajaan di tlatah Pasundan. Pelan namun pasti, kini dulur-dulur sadayana ti tatar Parahyangan mulai menggeliat bangun dari tidur panjangnya, mundi dawuh melaksanakan tugasnya sebagai barudak angon, mengumpulkan ranting-ranting kering yang berserakan seolah tiada harganya. Kelak sang SP-RA akan berhasil membangun “senjata trisula” yang utuh berikut tangkainya. Sebagai lambang persatuan kembali keluarga besar Kutai Lama, dengan ke tiga puteranya yakni Mulawarman (trah raja-raja di Sumatera), Purnawarman (trah raja-raja di tatar Sunda), Aswawarman (trah Majapahit hingga Mataram sebagai generasi penerus Kutai Lama). Setelah Nusantara kembali pada diri sejatinya, bukan mustahil akan menjadi mercusuar dunia dalam bidang spiritual, kebudayaan, kesejahteraan dan kemakmurannya. Negeri yang adil makmur, gemah ripah loh jinawi, tata titi tentrem kerta raharja, kalis ing rubeda nir ing sambekala. Sebagai anugrah besar atas bangsa ini, atas jerih payah Anda semua generasi penerus bangsa yang tiada hentinya membangun karakter dan menggali jati diri Nusantara, setelah ratusan tahun lenyap dan membawanya terperosok ke dalam lumpur kesengsaraan dan penderitaan.

 Sudah Keterlaluan-kah ?

Keterlaluan bila kita tak bangga, Nusantara bukan lah bangsa primitif yang miskin situs budaya, atau sekedar mewarisi alat-alat peperangan dan kekerasan saja. Nusantara merupakan bangsa yang kaya ragam seni-budaya sebagai tolok ukur tingginya peradaban dan kesadaran spiritualnya. Walau kini Nusantara masih terus menukik, terjun bebas ke dasar jurang. Kita tunggu detik-detik suara dentuman setelah ia menyentuh dasar jurang. Barulah daya pantulnya akan membawa Nusantara untuk bangkit secara perlahan namun pasti. Kita semua generasi muda penerus bangsa, adalah sumber daya pantul itu. Tentu saja bagi  generasi yang telah merdeka kesadaran spiritulanya. Generasi yang sudah keluar dari tempurung kebodohan. Makasih mas Panji Trisula (Bustanus Salatin), panjenengan memiliki andil sangat besar dalam terlaksananya acara sakral dan penuh makna di Trowulan Mojokerto Jatim. Panjenengan menjadi salah satu jalma pinilih yang dilibatkan oleh para leluhur besar Nusantara dalam rangka save our country project. Juga seluruh hadirin yang terhormat, Anda semua telah lolos seleksi, berhasil melewati rintangan dan gangguan sehingga tidak gagal mengikuti acara di Trowulan. Termasuk seluruh sedulur dari elemen dan komunitas manapun juga yang mendukung berlangsungnya acara tersebut. Dari IPPNU, SI, GPS, Beceka, Lakutama, Majapahit Wilwtk, Mahavihara Majapahit, Swara Majapahit, Mojokertokab.co, Pemerintah Kab Mojokerto, dan terutama utk Indonesia Adil dan Makmur berbasis sosial demokrat, dan semua elemen yang lupa kami disebutkan di sini. Semua tak ada yang sia-sia. Kebaikan yang Anda lakukan akan kembali kepada diri sendiri, bahkan menjadi kebaikan lebih besar lagi, bagaikan hukum gema suara. Yang dapat menyelamatkan Nusantara bukanlah generasi jahil, bukan bangsa-bangsa lain dan bukan pula jiwa-jiwa berisi nafsu imperialism, tetapi generasi muda bangsa yang berjiwa Nusantara dan mengerti diri sejati.

Rahayu Sagung Dumadi

Sabdalangit

About these ads
Categories: KI SABDALANGIT | 266 Komentar

Navigasi pos

266 thoughts on “PESAN DARI TROWULAN

  1. Absen

  2. zulfikar

    3

  3. ABsen siang aja lah

  4. SIP…!!

  5. 10 besar

  6. MBAH ARIFYANTO

    ALHAMDULILLAH DAPAT 6 BESSARRR

  7. Ijin nyimak aja ^_^.

  8. akar dewa

    nyimak

  9. Ki Mas Danqow

    Songo

  10. adim

    assalamu`alaikum wr.wb
    derek nyimak ..

    wassalam ….

  11. Mamat Kumis

    ntu setan nyang ditrowulan,mau aje nte dikibulin ki sabdalangit

  12. Mamat Kumis

    jangan didengerin pengikut setan…kasian nte ki sabdalangit ude tersesat jauh

  13. Asgar

    Hadir

  14. MBAH ARIFYANTO

    yang mau konsultasi problem hidup silahkan klik:zano.street99@yahoo.co.id

  15. aku

    nyimak aja dehhh

    biarpun kagak ngerti…

  16. semakin dalam makna nya semakin aq mencari kesejatian hidup. . .bangsaku oh nusantaraku bangkit lah dari keterpurukan. . lah dari keterpurukan. .

  17. suagustono

    Mamat Kumis: ente bisanya nuduh sesat orang laen.. hakh– haks… anak baru blajar ngaji aja bisa mat!… apa alasannya elo?

  18. suagustono

    mamat kumis: kapan bangsa ini akan maju kalau tanpa nalar tiba-tiba nuduh sesat orang lain yang menghargai budayanya seperti ki sabdalangit? setan itu adalah egomu sendiri mat. haks haks

  19. MBAH ARIFYANTO

    ayo berdamai saling menghormati,jangan timbul perpecahan,tiap daerah punya fenomena masing masing untuk menambah wawasan kita,negara kita bangsa majemuk berbeda beda namun tetap satu jua,kalo setan ada di hati kita masing masing tugas kita buat melawannya,oke….mari saring rukun…sesama sedulur

  20. Anak setann

    selamatt soreee

  21. MBAH ARIFYANTO

    ayo berdamai saling menghormati,jangan timbul perpecahan,tiap daerah punya fenomena masing masing untuk menambah wawasan kita,negara kita bangsa majemuk berbeda beda namun tetap satu jua,kalo setan ada di hati kita masing masing tugas kita buat melawannya,oke….mari saling rukun…sesama sedulur

  22. shuii

    assalamualaikum
    hmmmm perumpamaan di dalam air(laut) banyak berbagai hal yg beraneka ragam bahkan paling dasarnya….
    ada yg takut air karna tidak bisa berenang ada juga yang sampai ke kekedalama dng keahliannya
    sama, kita tau air itu asin tp kalo kita tidak merasakan gmn kita menyebutnya itu asin
    kita tau banyak ikan di dlmnya sedang kita hanya tau ikan itu seperti ini itu bentuknya tanpa tau namanya,,,namun kita tau karna kita melihat dengan mata kita(kita berada di dlmnya dengan keadaan sebenarnya)
    namun bagaimana kita bisa kita menyebutkan bahwa ikan itu ini dan itu dan sebagainya tanpa kita mengalaminya sendiri (mungkin karna kita tau dari informasi orang atau media lain)
    kita bahkan tidak tau telut itu isinya apa kalo kita tidak memecahkannya atau di jabarkan oleh yg telah mengalaminya(ahlinya)…..
    kalo ada yang salah saya yg awam ini mohon maaf…..

  23. shuii

    assalamualaikum
    Dalam memperbincangkan ilmu kasempurnaan, jangan lupa arti bahasanya jika engkau mempertanyakannya. Karena mengetahui arti bahasa adalah kuncinya. Kesungguhanlah yg pasti, itulah yg perlu benar2 engkau mengerti. Jangan takut pd biaya. Bukan emas, bukan dirham, dan bukan pula harta benda. Namun hanya niat ikhlas saja yg diperlukan.
    Adapun ilmu manusia itu ada 2, anakku. Yang pertama adalah ilmu kamanungsan yg lahir dari jalan indrawi dan melalui laku kamanungsan. Yang kedua adalah ilmu kasampurnaan yg lahir melalui pembelajaran langsung dari Sang Khalik. Untuk yg kedua ini, ia terjadi melalui 2 cara, yaitu dari luar dan dari dalam.

    ini kutipan dari artikel yg saya lupa nama artikelnya
    mohon kepada para sesepuh untuk menjelaskan n membabarkannya kepada saya yg awam ini…nuwun

  24. Aku mendengar panggilanya……

  25. Tao Vero

    Ass wr wb
    Nderek nyimak
    Monggo d lanjut

    Mamat : jika anda tidak suka dgn postingan d blok ini alangkah sopanx jika anda tidak komentar d blok ini yg sifatx menjelekkan, krn sya tau orngx ki sabdo langit itu sprti apa yg pasti tidak sprti yg anda tuduhkan.Ass wr wb
    Nderek nyimak
    Monggo d lanjut

    Mamat : jika anda tidak suka dgn postingan d blok ini alangkah sopanx jika anda tidak komentar d blok ini yg sifatx menjelekkan, krn sya tau orngx ki sabdo langit itu sprti apa yg pasti tidak sprti yg anda tuduhkan.

  26. hmmm..ilmu ghoib=ilmu meninggalkandunia
    mana ada dathuk/khodam yg mau nempel kalo orangnya masih mikir dunia tetapi akhirat ga ngerti..alias ga dhong??

    makanya, laku puasa..wirid.tirakat, puasa, khlawat, semua itu kan latihan sederhana, latihan miskin..menahan hawa nafsu..hening,, pencarian hakiki akan jalan hidup apa sih itu sebenarnya menggapai akhirat …………dunia ikut…

    lha kalo wirid zikir tirakat khalwat untuk kaya raya harta dunia. ya ot*k pewirid/hilmater itu berarti belum mendapat hikmah
    nah begitu ……
    ketipu..itulah hikmah
    atau
    menunggu setahun dua tga tahun ga kaya raya jg..wah itu hikmah juga..bahwasannya pikirannya terbudak oleh harta dunia

    padahal solusinya adalah wirid sebgi sarana istiqomah,,seperti pejelasan pak ustad rihla tadi..karomah selalu hadir mengikuti istiqomah..konsistensi pelaku wirid yg meminta keselamatan dunia dan akhirat… selalu eling dgn wirid dzikir amalan, ibadahnya

    itu dulu (pengalaman pribadi) qqqqqqqqqqqqqqq..
    mas bajul mau duit sekarung???
    sy mau download 2 milyardddddddddddddddd..
    kadang2 setrilyun..

    we alah

  27. koment di atas untuk halaman sebelah…

  28. sedangkan untuk Pesan Dr Trowulan..

    saya satuju 2 milyard persen

  29. Tutut32

    Nyimak

  30. salam sungkem kagem poro sesepuh kampus wongalus. nderek nyimak nggih. hehe

  31. ass,wr,wbr.
    kulo nderek nyimak bos,monggo lanjut.

  32. wisnu

    PERTAMAXXXXXX habis

  33. anonim

    benarkah calon yang akan bisa memimpin negri kita adalah seseorang yang memegang keris AJI SAKA,,,,mohon pencerahan…

  34. aku

    wawww…raammmeeee…

    Nyimak lagi aja…
    Biarpun blom ngerti juga, maklum orang bodoh…om ngerti juga, maklum orang bodoh…

  35. hmm…

  36. Mas Cetho

    Telattt…Nyimaknya nehh…………

  37. Numpang nyimak

    Hehehe…Ada ada nye ni mamat kumis,
    tapi kayak nya benar jg ya,tu kisabdo lagit di kibulin setan.
    Masak orang yg uda mati ratusan tahun silam masi bisa mencampuri kehidupan nyata,

  38. Wong bingung

    Embuh sak karepmu nek arep mikir..dulur
    Klo q mending NATA URIPKU DEWE..

  39. ass,mohon ijin untuk daftar jadi anggota KWA.
    Nama.purnomo
    alamat.lampung
    hp.085269347313
    email.purmo11@yahoo.co.id

  40. MBAH ARIFYANTO

    mereka bukan setan……,memang bangsa arwah kerajaan majapahit yg menjelma menjadi lelembut sebagai danyang yg mendiami area tsb beda lho lelembut dengan setan,demit,kunyang,jin apalagi tikus negara& tikus kantor,kalau di tanah arab hanya mengenal iblis,jin dan setan klo di indonesia jenis makhluq ghoibnya banyak dan lebih variatif,nah setan termasuk urutan yg ke berapa?

  41. ass..mohon kiranya kepada siapa saja,.yg sudi mengizajahkan doa nurbuat kepada saya,.sy sgt membthkn,..bagi yg mau mengizahkan tlg email ke alamat ini,purmo11@yahoo.co.id..sblmny saya vcpkn terma kasih semoga mendptkn blsan dari allah amin.

  42. heru 1966

    kulo nderek nyimak nggih

  43. heru 1966

    MAMAT KUMIS PALSU@wes lah kowe iki bikin gaduh saja di kwa.kalu kowe komentar yo sing sopan,ojo ngebajak nick sedulur mamat.aku tahu persis kowe iki mamat kumis palsu,wong gravatarne beda yo kowe ra iso lah nipu aku ditambah isi komentar kowe ngawur ora koyo mamat kumis asli.

  44. heru 1966

    hati hati@poro sedulur kwa jangan sampai terpancing oleh ulah MAMAT KUMIS PALSU yang ngebajak nick kangmas mamat kumis yang asli.

  45. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    selamat malam salam salim para sesepuh dan sedulurku bolowongalus smua.
    nyimak,meresapi terus ambil hikmahnya.
    Hatur nuhun. sedulurku bolowongalus smua.
    nyimak,meresapi terus ambil hikmahnya.
    Hatur nuhun.

  46. Adem Ayem

    Assalamualaikum….para sesepuh dan sedulur KWA absen malam & izin nyimak…

  47. ecko datoek

    ASS..NDEREK NYIMAK…

  48. khairil anwar

    Assalamu’alaikum,
    salam peseduluran kepada seluruh keluarga besar KWA.
    Saya ikut menyimak.

  49. Jaya Mendung

    menjunjung tinggi budaya asli dan saling melestarikan bukan mengolok olok, arif dan bijak berpikirnya sedulur.
    Jangan sampai kemasukan the Dajal koment yang merusak hati, yang penuh tetular uri uri budaya kang nambah gunging samudra ilmu.
    Salam Salim pinisepuh KWA tercinta.

  50. Assalamu’alaykum boleh ikut urun rempug ya. Waktu Rasulullah di-Isro’-Mi’rojkan, dunia ini diibaratkn s’orang nenek tua yg bongkok yg sering sakit-sakitan, tp suka brsolek,brdandan n genit lagi. Bgmn dgn skrg ya? Mgkin lg trbaring skit, tinggal menunggu malakal maut menjemput. Makanya Jangan heran, makin ke sana dunia makin rusak, kbanyakn penghuninya makin menjauh dr Allah, maksiat merajarela, kemunkaran di mana2, yg benar disingkirkn yg salah dipuja2, tontonan jd tuntunan n tuntunan jd tontonan…Lelaki hilang jiwa ksatriaannya dan perempuan hilang rasa malunya…klo bgini bgmn agar selamat?? Genggamlah dgn kuat AlQur’an n alhadits, dekati pr Ulama,habaib n pr ustadz. Berusahalah semaksimal mungkin agar bisa beribadah n berbuat kebaikan dgn ikhlas n banyak…stlh itu pasrahkn/tawakkalkn sepenuhnya kepadaNYA…smg kita bisa istiqomah, tetap teguh dlm ajaran Islam, tetap Iman n menjalankn Sunnah Nabi, dan diwafatkn di atas dinul islam,husnul khotimah wafat dlm pelukan Cinta Allah…Laa ilaha illallahu MuhammadurRosulullah walaa hawla walaa quwwata illaa billah..

  51. MBAH JATI

    kemarin tiba-tiba dada terasa sesak seperti ada yang menekan dada, cuma masuk angin saja mungkin ya mbah arifiyanto?

  52. Absend hadir. . .
    Kang mas Arifyanto pa kabar kang moga sehat selalu. .
    Buat sluruh kwa salam salim.

  53. MBAH JATI

    mari kita menyimak pencerahan dari ustadz rihlah, berpegang pada Al Quran dan Al Hadis. Alhamdulillah damai.

  54. MBAH ARIFYANTO

    @mbah jati:ya bisa aja kena masuk angin ato kurang tidur, makan pedas pedas hngga menyebabkan asam lambung tinggi sehingga menekan keatas dada akhirnya sesak napas atau juga krn kekenyangan
    @ilusi 37:gmana kabarnya mas dah aman ta situasi dan kondisinya di sana

  55. khairil anwar

    @heru 1966,
    insya Allah saya tahu betul kalau yang berkomentar diatas itu nick name “Mamat Kumis” yang sengaja dipalsukan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
    Saya disini memang jarang berkomentar, tapi saya sangat hafal gravatar Mamat Kumis yang asli serta cara yang bersangkutan bertegur sapa dengan saudara-saudara KWA yang lain.

  56. Numpang nyimak

    Ustad raihla Setuju… berpegang pada alquran dan hadist.
    Ustadt railah mau nanya ni. kalau ngasi sesajih gimana.
    itu emang di perbolekan ya ustadt.

  57. @MBAH JATI: Salam ta’dhim penuh hormat salim cium tangan kagem Mbah. Hehe hny brbagi sdkt pngetahuan, tak brmaksud mnggurui. Tentunya smua sedulur di mana pun berada,boleh setuju/tidak, jg boleh brbeda yg pnting ttap brsaudara, tiada kebencian, jauh dr prpecahan n prmusuhan. Hehe baik sangka ja Mbah, bahwa Mbah masuk angin, kerokin ja. Smg Mbah smakin baik n smakin sehat wal’afyat..amien

  58. @Numpang nyimak: sesaji tuk siapa ya? Untuk orang/leluhur kita yg telah wafat lebih Baik kirim do’a ja. Sesaji/makanan ya berikan kpd yg masih hidup. Atau shodaqohkn kpd fakir miskin/dhu’afa/sedulur lain, Niatkan pahalanya untuk yg telah wafat. Misal: Ya Allah saya brsedekah beras/bubur kpd fakir miskin yg pahalanya saya kirimkan buat kdua orangtua saya yg telah wafat, bisa juga untuk orang lain yg telah wafat. Bisa jg mngirim bacaan alqur’an,tahlil,sholawat,shodaqoh uang yg pahalanya dikhususkn tuk yg telah wafat. Ini brdasarkn hadits…wallahu A’lam. Kebenaran Mutlak milik Allah. Manusia hny bisa berencana, brdo’a dan berikhtiar semaksimal mungkin…..”Ya Allah, Maha Suci Engkau, tiada yg dapat kami ketahui(sungguh kami ini benar2 bodoh n dungu) kecuali apa yg telah Engkau ajarkan kpd kami. Ssungguhnya Engkau Maha Mengetahui Maha Bijaksana”.demikian ucapan pr Malaikat yg diabadikn dlm alQur’an QS Al Baqarah..

  59. tak bernama

    NUWUN SEWU NDEREK NYIMAK

  60. MBAH JATI

    @mbah arifiyanto, terima kasih mbah. @ustadz rihlah, ya pak ustadz husnudzon saja ya. Saya percaya nggak ada yang nakal sama saya lha wong saya cuma orang awam, apalagi sedulur-sedulur yang nyimak KWA adalah orang-orang yang baik tentu nggak bakalan nakal sama saya. Salam penuh hormat saya haturkan untuk ustadz rihlah. Ah, paling cuma masuk angin.

  61. tak bernama

    nuwun sewu ki sabda langit nderek tanglet sinten niku maksude dajal 1500 thn yang lalu ?
    sinten niku bangsa penjajah ingkang njenengan maksud?

  62. tak bernama

    nuwun sewu
    pemutar balikan sejarah masa lalu memang perlu di luruskan biar kita tahu kebenaran yang sebenarnya, tapi itu semua tahu semua kejadian itu sudah terjadi,
    apakah sang wktu bisa berjalan mundur?…
    apakah sejarah masa lalu bisa di “edit” karena tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya?

  63. khairil anwar

    Salam kenal penuh persaudaraan ustadz Rihlah. Saya ikut menyimak tausiyahnya.

  64. tak bernama

    kejayaan majapahit hanyalah hanyalah cerita kejayaan masa lalu yang bisa kita tahu lewat “cerita” situs situs yang di temukan (secara logika).
    yang kita tuju adalah kejayaan indonesia
    melihat spion sesekali aja ,terlalu banyak melihat spion cukup berbahaya karena kita sedang berjalan maju bukan mundur

  65. Numpang nyimak

    Oh..Gitu ustadt ya, berartih cukup kirim alfateha dan doa ajah. makasih ustadt penjelasan nya ya.
    Satu lg ustadt ya, kalau orang yg suda meningal itu emang masih bisa mencampuri urusan orang yg masih hidup.

  66. MBAH JATI

    ki sabdo langit, ada sedulur KWA yang nanya siapa yang njenengan maksud dajjal 1500 itu? Tolong dijawab ya ki…saya ikut nunggu jawaban dan nyimak dibelakang sambil menikmati teh bandulan khas pekalongan.

  67. MBAH JATI

    @om tak bernama, setuju om.

  68. tak bernama

    nuwun sewu ki wong alus sampun paring duko dumateng kulo,kulo namung nderek tanglet menurut panjenengan postingan niki mengandung unsur sara punopo mboten?
    wonten sesuatu ingkang samar nanging jelas mboten samar.(maaf ini hanya pendapat pribadi)
    punopo niki salah satunggaling pembelajaran dumateng kulo?
    kulo sanes tiyang soleh
    kulo sanes tiyang suci
    kulo sanes tiyang sekti mondroguno
    kulo sanes tiyang hebat
    kulo namung rakyat biasa,menawi kemawon
    tetedan ingkang kulo tedo mboten sami kaliyan tetedan liyan ingkang ndadosaken kulo mikir mboten sami.
    pangapunten ki wong alus
    pangapunten sederek sedoyo

  69. Mas Jaluaji

    Nyimak Ki sabdolangit
    Lan poro putro wayah majapahit semuanya

  70. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    sebelumya saya minta maaf..kepada Ki Sabda. ini hanya pikiran saya yg lemah saja. jika tidak berkenan maka bisa di anggap angin sepoi-sepoi yg bertiup lembut di kuping tidak usah di gubris. karena saya mempunyai pikiran berbeda.
    Saya juga TDK begitu setuju dengan Ki Sabda Langit tapi saya hormati pandangan nya..lain kepala lain pendapat..karena ada satu ajaran tentang keluhuran budi / toleransi / hablum minanas dalam kitab Al Quran yang mendominasi 80 % dalam kitab dan hanya 20 % tentang Teologi / ibadah. dan 80 % itu baru seper sekian kita laksanakan..
    Jadi ingat dalam satu kitab karangan Ibnu Batutha..dalam pelawatan ke Nusantara, beliau mampir di daerah di pesisir pulau jawa dan Ibnu batutha menuliskan “Ada sebuah negri di ujung sana yang bernama Jawa masyarakatnya ramah dan menerima pendatang. hanya sayang ada satu kegemaran masyarakat tsb yaitu suka/mudah menghunus senjata (membunuh) karena salah sedikit saja. Jadi artinya saya sedikit mengkoreksi Pendapat Ki Sabda Langit.. Bangsa kita memang mempunyai tabiat demikian/ berkelahi mau menang sendiri..tanpa campur tangan bangsa Gujarat, Mesir.
    Bukti selanjutnya tentu kita mudah pelajari tentang peristiwa Keris Empu Gandring jaman belum Islam tentunta. Bagaimana Ken ARok membunuh mpu Gandring dengan keris yg belum selesai , kemudian Ken Arok membunuh Tunggul Ametung untuk mendapat Istrinya Kendedes, lalu Ken Arok dibunuh oleh Anusapati anak Tunggul Ametung dst. itu terjadi karena Hawa Nafsu..tiada keluhuran nilai yg bisa dipetik dari hal tsb.
    Lalu bagaimana pemberontakan di Majapahit, era Gajah Mada baru muncul ..Pemberontakan Kuti / RAKUTI dll hingga saling rebut tahta era sebelum agama Islam masuk..
    kalau di bilang bahwa penduduk / kerajaan / raja di Pulau jawa adalah penduduk / raja pribumi.. Tentu saja kurang tepat..karena Kerajaan pertama di pulau jawa berada tepat di daerah Banten yang bernama SALAKANEGARA yang pertama kali berupa suatu komuni dipimpin oleh Aki Tirem Konon, kota inilah yang disebut Argyre oleh Ptolemeus dalam tahun 150, terletak di daerah Teluk Lada Pandeglang. Adalah Aki Tirem, penghulu atau penguasa kampung setempat.
    lalu datang DAWAWARMAN seoarang Duta dari India yg kemudian menikah dengan anak AKI Tirem bernama Dewi Pwahaci Larasati. kemudian Dawarman membuat kampung tsb menjadi besar dan berubah menjadi kerajaan SALAKNEGARA s/d th 360. lalu datanglah seoarang resi dari India Maharesi Jayasingawarman, pengungsi dari wilayah Calankayana, Bharata karena daerahnya dikuasai oleh kerajaan lain. kemudian menikah dengan anak sang raja Dawawarman ke VII Salakanegara mempunyai ibukota Rajaputra. Maharesi Jayasingawarman lalu mendirikan kerajaan Tarumanegara sedangkan SALAKANEGARA berubah menjadi menjadi daerah dibawahnya. sedangkan kerajaan KUTAI didirikan oleh pelarian dari MAGADA. Jadi menurut saya kurang tepat jika kerajaan di nusantara itu adl semata adl bangsa Pribumi.
    Itulah dapat kita ketahui kenapa kebudayaan kita hampir mirip dengan bangsa INDIA.
    Tapi kerajaan SALAKANEGARA adlh bukan kerajaan tertua sesungguhnya di Nusantara. sesungguhnya kerajaan tertua di Nusantara adl Kerajaan Kandis berdiri TH SM. lalu Lubuk Jambi (Chu PO) atau Ko Ying 2 M bareng SALAKANEGARA.
    Sesungguh penduduk Nusantara pertama berasal dari migrasi bangsa manusia purba “out of Africa“. Ras Austolomelanesia (Papua) memasuki kawasan ini ketika masih bergabung dengan daratan Asia kemudian bergerak ke timur, sisa tengkoraknya ditemukan di gua Braholo (Yogyakarata), gua Babi dan gua Niah (Kalimantan). Selanjutnya kira-kira 2000 tahun sebelum Masehi, perpindahan besar-besaran masuk ke kepulauan Nusantara (imigrasi) dilakukan oleh ras Austronesia dari Yunan dan mereka menjadi nenek moyang suku-suku di wilayah Nusantara bagian barat. Mereka datang dalam 2 gelombang kedatangan yaitu sekitar tahun 2.500 SM dan 1.500 SM (Wikipedia, 2009).
    Bangsa nenek moyang ini telah memiliki peradaban yang cukup baik, mereka paham cara bertani yang lebih baik, ilmu pelayaran bahkan astronomi. Mereka juga sudah memiliki sistem tata pemerintahan sederhana serta memiliki pemimpin (raja kecil). Kedatangan imigran dari India pada abad-abad akhir Sebelum Masehi memperkenalkan kepada mereka sistem tata pemerintahan yang lebih maju (kerajaan).
    artinya apakah yg dinamakan pribumi atau pendatang karena sesungguh kita adl penduduk dunia..
    Apa yg kita sangka peradaban asli kita seperti wayang dan lain-lain sebenarnya adlh turunan kebudayaan yg dibawa pendatang tsb..
    Saya hanya memandang tanpa persepsi lain hanya berdasarkan pendapat saya pribadi. berdasarkan catatan sejarah dari berbagai sumber referensi yg umum
    Malah kalau kita telaah lagi ternyata Orang Minangkabau mengakui bahwa mereka merupakan keturunan Raja Iskandar Zulqarnaen (Alexandre the Great) Raja Macedonia yang hidup 354-323 SM. Dia seorang raja yang sangat besar dalam sejarah dunia. Sejarahnya merupakan sejarah yang penuh dengan penaklukan daerah timur dan barat yang tiada taranya. Dia berkeinginan untuk menggabungkan kebudayaan barat dengan kebudayaan timur.
    artinya Minangkabau lah tertua di Nusantara…
    Artinya..SIAPAKAH kita maka kita adalah apa yang kita perbuat selama kita hidup..
    dan tanpa memandang negatif thd sejarah karena memang suatu keharusan perjalan alam menuju kesempurnaan. sesuatu kehancuran bukan suatu kesalahan tapi adalah memang suatu keharusan untuk suatu permulaan awal baru. kurang tepat jika kita saling menyalahkan suatu ajaran karena dianggap berseberangan dengan keinginan. tapi memang demikian suatu keharusan. Tapi saya tetap hormati pendapat Ki SABDA.
    OPEN MIND FOR DIFFERENT VIEW
    —NAMESTE—-
    Wassalamualaikum WR. WB.

    Sumber pustaka..
    Datoek Toeah. 1976. Tambo Alam Minangkabau. Pustaka Indonesia. Bukit Tinggi.
    Graves, E. E. 2007. Asal-usul Elite Minangkabau Modern. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Hall, D. G. E. tanpa tahun. Sejarah Asia Tenggara. Usaha Nasional. Surabaya.
    Kristy, R (Ed). 2007. Alexander the Great. Gramedia. Jakarta.
    Kristy, R (Ed). 2006. Plato Pemikir Etika dan Metafisika. Gramedia. Jakarta.
    Marsden, W. 2008. Sejarah Sumatra. Komunitas Bambu. Depok.
    Olthof, W.L. 2008. Babad Tanah Jawi. Penerbit Narasi. Yogyakarta.
    Samantho, A. Y. 2009. Misteri Negara Atlantis mulai tersingkap?. Majalah Madina Jakarta. Terbit Mei 2009.
    Suwardi MS. 2008. Dari Melayu ke Indonesia. Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta.
    Wikipedia. Ensiklopedi Bebas. http://wikipedia.org.

  71. tak bernama

    mbah jati menwi kulo di uncali bandulane…
    ehh..maksude teh bandulane..

  72. yopi budiarto

    Izin ikut menyimak articlenya dgn seksama,,,,,
    sy kira knp apa rame” diatas sana,,,,stlh sy cermati lbh lanjut ternyata identitas sedulur kita ki mamat kumis dipalsukan oleh org yg tdk percaya terhdp jati dirinya sendiri,,,,
    teruntuk yg memalsukan identitas ki mamat kumis sy harap kmu segera menghentikan aksi menebar fitnah sprti itu,,,,tdk ada untungnya utk kmu, yg ada mlh menambah dosa dan merugikan diri kmu sendiri, Coba kmu perhatikan sedulur kampus wong alus pun sdh tahu kalau kmu ini bkn lah ki mamat kumis yg asli,,,,saran sy jadi lah diri kmu sendiri, jgn menjadi pengecut yg bisanya hanya menebar fitnah dan permusuhan dgn bersembunyi dibalik identitas/jati diri org lain,,,,

  73. mukra taryana/ubay saka

    nyimak….!!!! salam salil cium tangan ki wong alus, kang ustadz rislah rahmatullah, mbah arifiyanto, mbah jati N bolo wong alus lain’x. nyimak….!!!! salam salil cium tangan ki wong alus, kang ustadz rislah rahmatullah, mbah arifiyanto, mbah jati N bolo wong alus lain’x.

  74. Absen nyimak…

  75. aslkm…absen mlm.tetep eling lan waspodo……….

  76. khairil anwar

    @yopi budiarto,
    sependapat dengan saudara Yopi. Saya harap saudara-saudara KWA jangan sampai begitu mudahnya terprovokasi oleh oknum-oknum pemalsu nick name yang berniat mengadu domba antar sesama dan merusak semangat persaudaraan di KWA tercinta.
    Kejadian pemalsuan nick name seperti ini sudah berulang kali terjadi. Tidak hanya menimpa saudara Mamat Kumis tetapi sebelumnya juga pernah menimpa saudara-saudara kita yang lain.

  77. Awan

    Absen nyimak. Oalahhhh ternyata bener dugaan gua klo itu bang mamat kumis palsuuuuuu…….untung gua gak keburu kepancing sama komen si provokator (mamat kumis palsu). Pantesan gua heran tadi sore liat komen bang mamat gak kaya biasanya,taunya ada pengecut yg nyamar pake nama dia dan meniru logat bicaranya. Uda tau fitnah itu perbuatan pengecut dan hukumnya berdosa msh aza dilakuin, ditambah hrs menanggung malu karna kedok palsunya kebongkar…..sial bener sie lu…. HAHAHAHAHA !!!

  78. Awan

    Suagustono dan tao vero: maka nya lu berdua tenang dulu,jgn begitu gampang kena pengaruh adu domba dan fitnah si provokator (mamat kumis palsu). Pake hati jg nalar/akal sehat,liat dulu semuanya dgn jeli dan teliti biar lu berdua gak asal main tuduh sembarangan ok ??!!!

  79. @SANTOSO IMAN WAHYU

    jika ingin memahahi sesuatu jangan pake buku..tanya sama ghaib..Rijalul ghaib wa ya Rijalullah.
    jika anda pikir terus baca buku pikir..hiihi yang menjalani bukan buku..sampai jarak berapa buku itu..terbatas.

    ghaib tidak ada batas.. demikian meliputi segala sesuatu

    mengenai pelencengan sejarah berimbas ke sekarang..artinya orang modern masa ini
    selalu melenceng karena ga tanya ke Ghaib Allah

    mana ada dokter gaib
    mana ada bank gaib
    mana ada polisi gaib
    mana ada pedagang gaib
    mana ada profesor gaib
    mana ada mall ghaib
    mana ada pejabat ghaib
    mana ada menteri agama urusan ghaib..??

    makanya kalo tanya ke ghaib..jgn ke profesor dokter polisi jaksa ,arkeolog, konsultan ghaib…

    langsung ke ghaibnya Allah.
    carane ngarti ora son?

    hening..wirid dzikir tawasul amalkan amalan, jalankan ibadah..

    inilah pesan dari trowulan
    jangan nyari duittttttt aja
    jangan nyari menang sendiri
    jangan korupsi
    jangan maksiat
    jangan tindas rakyat dg mengatasnamakan apapun

    rakyat diajarkan lah..cinta damai..sedluran hidtmah kepada leluhur..dg jln konsultasi ke ghaib Allah..semua pertanyaan terjawab..bahkan matimu juga terjawab..qqqqqq

    ojo keminter ngandalke nabsu thok!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  80. Saiiiiiii

    Abseeen 1/3 malaaaammmm,,,,
    Semangat malam sesepuh&sedulur smua,
    Salam rahayu smua,,,

  81. Lelaki Cinta Damai

    IZIN MENYIMAK PESAN DARI TROWULAN. TRIMS.

  82. Lelaki Cinta Damai

    ALHAMDULILLAH SKRG SUDAH TERANG BENDERANG BAGI KITA SEMUA BHW YANG MEMAKAI NAMA MAMAT KUMIS DIATAS ITU TERNYATA MAMAT KUMIS PALSU YANG BERUSAHA MEMFITNAH SERTA MENGACAUKAN BLOG INI DGN MENGGUNAKAN NAMA SEDULUR MAMAT KUMIS SEKALIGUS MENCONTOH GAYA BERKOMENTARNYA. BARU SAJA KUPERHATIKAN DI BEBERAPA ARTIKEL SEBELUMNYA, HASILNYA TERBUKTI GAMBAR GRAVATAR MEREKA BERBEDA DAN ISI KOMENTARNYA PUN SANGAT KONTRADIKTIF.

  83. Lelaki Cinta Damai

    MARI ERATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH DAN UKHUWAH INSANIYAH KITA SEBAIK MUNGKIN, AGAR KELAK KITA DPT MENJADI MANUSIA YANG BERMANFA’AT BAGI SESAMA.
    TAK LUPA KUUCAPKAN SALAM HORMAT UNTUK SEMUA.

  84. Alex W.D.

    Met pagi semuanya…

    Udah lama nich engga hadir ke kampus.
    Ternyata terulang lagi yach kejadian pembajakan nickname slh satu sedulur qta yg sekarang dialami bang mamat kumis.
    Namanya juga orang yang berusaha berjuang di jalan kebaikan pasti dech ada yg iri hati, dan memfitnahnya.
    Aq sich ogah banget menjadi pengecut yang ngumpet dibalik nickname seseorang. Kaya engga punya jati diri aja dech. He..he..he..he..

    Kita solat subuh dulu yuks. Rahayu.

  85. “apaj yg kau rencanakan dibalik otak bertanduk..lidah tajam berdusta…tunduk dunia paksa..sejuta batalion mayones tajam terhunus..iblis tanpa mata umbar senyum kematian..asah kuku hitamu…siapkan sejuta kafan..tajam trisula khotbah teror kegelapan…atas nama setan bunuhlah semua orang…demi nama setan kau bangun keraja’an khotbah dan do’a…sampah lupakan tuhan ini perang demi setan…hilang nyawa keneraka..ayat2 suci..suntikan lcd morpinya religi…lupakan tuhan ini perang demi setan….perang dmi setan.

  86. MBAH JATI

    rijalul ghoib….. sepertinya keren itu…

  87. Sendang biru si bawah hutan lembah surga

    on line gak pake internet … mana mungkin di tengah hutan ada internet
    niih .. lagi on tapi pake monitor ajaib …..

    monggo poro sedulur di babar kapan dan siapa dimana kira2 munculnya satrio piningit ??? semoga itu adalah saya … yang akan menentramkan dan menjayakan NKRI sehingga bersatu padu amin3x

    mohona penjelasanya makasih

    nyimak dulu ah ….

  88. Mas Ronggo sentot alhamdulillah terimakasih atas masukannya..maklum saya baru belajar, memang buta akan hal ghaib. Tiada maksud apa -apa selain mengeluarkan pikiran saya yg berbeda. anggap saja sekedar intermezo

  89. Mahari

    Rahayu
    @Ki Sabdalangit
    Tulisannya bagus, sebagai wacana yang saling memperkaya pemahaman. Meski terasa ada terjadi percampuran paham hinduisme + pluralisme

    Koreksi:
    Salah : “Toleransi menumbuhkan prasangka baik dan kelonggaran sikap ….”
    Benar: “Prasangka baik menumbuhkan toleransi dan kelonggaran sikap ….”

    Pertanyaan:
    @KI SABDALANGIT yth., siapa yang Anda maksud dengan:
    “….the dajjal untuk tetap mempertahankan kebohongan dan kepalsuan yang sudah berlangsung kurang lebih 1500 tahun lamanya.” ???

    @tak bernama
    saya setuju dengan pendapat panjenengan “melihat spion sesekali aja ,terlalu banyak melihat spion cukup berbahaya karena kita sedang berjalan maju bukan mundur”

    @santosoimanwahyu, salam manis untuk panjenengan
    Terima kasih untuk pendapat & informasi dari panjenengan yang “lebih punya sumber sejarah yang dapat ditapak-tilasi” sehingga para sadulur bisa mendapatkan informasi yang berimbang dan bisa menghindari fanatisme buta

    Karena waktu terbatas… maka coment-ku singkat2 saja
    Maaf jika ada kata yang salah ….

    Salam dari Pulau Timor
    Mahari

  90. Bagus Samiaji

    Kalau menitik sebuah hadits kata Abu Huroiroh, yang saya sendiri masih mencari redaksi aslinya,,,, kalau ada sedulur yang punya tolong disering,,

    Rosululullah berkata, “Aku punya dua karung ilmu, satu karungsudah keberikan, dan sekiranya satu lagi ku katakan padamu, niscaya engkau akan memenggalku,,,,

    mungkin islam yang sampai kesini hanya separuh,, separuhnya lagi harus mencarii sendiri melalui mesu diri seperti laku kanjeng nabi yang suka tetirah,,,,,memang ada pemarjinalan bahasa, kalau nabi nyepi di gua hiro, dinamakan khalwat dan tak masalah,, kalau orang jawa bertapa di gua-gua dimusrikan. Kalau kata muji disanjung, tapi kata muja musrik,dll,,,

  91. HAYOOOOOOOO…..CANGCUT TALI WANDA ASAL JANGAN JADI CANGCUTER……..KETETER………

  92. Assalamu’alaykum ..hadir kmbali menyapa sedulur smua…salam ta’dhim penuh hurmat kagem Ki Wong Alus n sedulur smua. Terima Kasih yg sebesar2nya saya haturkn buat Ki Wong Alus, krna berkat kehadiran Blog ini, ilmu,wawasan n saudara2ku brtambah. Jg khususnya Terima Kasih buat Ki WA krna malam tadi telah memberi pencerahan kpd saya via telp. Shg saya lebih tenang, arif n bijak dlm menyikapi prmasalahan, khususnya dlm menyikapi perbedaan dgn sedulur. Allah kn mbalas Kebaikan ki WA n sedulur semua dgn yg Lebih Baik, Lebih Banyak nan indah. Salam hormat jg kagem ki Sabda Langit. @Kang Khairil anwar n @kang mukra taryana:salam kenal n hormat jg. Sblm mncoba mnjwb prtanyaan @kang numpang nyimak, ijinkan saya brpendapat dlm memaknai Toleransi. Toleransi dr kt Tolerare:membiarkan. Toleransi adalah membiarkan & menghormati orang lain yg berbeda keyakinan,agama/pendapat or dlm bidang lain, tanpa membenci n mengganggunya. Khusus Toleransi beragama adalah membiarkan & menghormati orang lain yg brbeda keyakinan/agama, TANPA membencinya, TANPA Mengganggunya, TANPA ikut membenarkan keyakinan/agamanya,&TANPA ikut beribadah brsamanya/mengikuti peribadatannya. Jadi, silahkan, monggo,please,tafadhol Yakini agama masing2 yg benar. Misal tuk sedulur yg Muslim, yakini bhwa Islam yg benar, tp Tidak boleh( Terlarang/HARAM) membenci penganut agama lain, TERLARANG mengganggu mereka, TERLARANG Memaksa, jg TERLARANG membenarkn keyakinan dan Terlarang mengikuti peribadatan mereka. Tetap saling tolong menolong meski brbeda. Lebih Baik kita mengkaji n mengamalkan Pesan-pesan Allah yg trmaktub dlm alQur”an,hadits. Jg Lebih Baik mengikuti/mendengar Nasehat/pembabaran para Ulama drpd pihak luar. Berusahalah agar bisa beribadah sebaik2nya dan beramal baik jg brbuat kebaikan kpd sesama dgn sebanyak n seikhlas mungkin. Yang Allah lihat/nilai itu adalah niat,kesungguhan usaha kita/prosesnya, bukan hasil. Ikhtiar n brdo”a brsungguh2 adlh wajib, tapi hasilnya Tidak wajib. Yakin smua do’a,ibadah,n usaha kita Tiada yg sia-sia, selama kita tdk brputus asa dariNYA..

  93. MBAH ARIFYANTO

    nyemak….nyimak….nyenyak….zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…….zzzzzzzz……zzzzzzzzzzzzzz….

  94. MBAH ARIFYANTO

    di sini ki sabdo langit berusaha memposting suatu pengalaman spritual ghoib yang dialaminya untuk menambah wawasan kita semua di sini.boleh berkomentar…..tapi setidaknya bisa menghargai dan menghormati yang bersangkutan agar tidak timbul pertikaian pendapat di kampus kwa,oke lanjuuuut…..

  95. ¤SHAHDAN¤

    Tes

  96. tak bernama

    kalo pertikaian pendapat jangan dong…
    kalo perbedaan pendapat itu soal biasa,karena isi kepala masing masing individu juga berbeda tergantung level masing masing,
    ada yg level tinggi
    ada yg level sedang
    ada yg level rendah (nah kalo yg ini level saya, yg bisa cuma omong,bersorak,menyalahkan,jadi penonton, belum bisa jadi pemain atau arsiteknya).

  97. tak bernama

    nyimak

  98. Walaupun dah terlambat… kesiangan ..yang penting hadir…nyimak aja deh….

  99. Assalamu’alaikum wr wb..
    Salim penuh persaudaraan dan hormat takdzim kpd Ki Wong Alus, Ki Sabda Langit, Ustadz Rihlah Rahmatullah, Kimas Santosoimanwahyu dan Semua Bolowongalus..

    Kebenaran mutlak hanya milik Allah SWT, Tuhan Sang Pencipta Maha Kuasa. Sedangkan kebenaran hasil pikiran manusia dan makhluk hanyalah sejauh ilmu yg diteteskan oleh Sang Maha Berilmu. Agar mrk menyadari kelemahannya dan kemakhlukannya. Agar mrk menyadari&mengakui ketuhanan Allah. Utk itulah Allah mengutus rasul2-Nya dlm setiap masa,hingga sampai pada risalah terakhir&penutupan dg kerasulan Nabi Muhammad SAW.

    Mengapa islam dianggap dr luar, sementara hindu&budha yg jelas dr india tdk? Mengapa islam dianggap bukan jati diri, sedang modern tdk? Padahal listrik,tv,komputer,lampu,pesawat terbang,mobil,radio,internet, dsb kita ambil dr orng lain? Bukan kt penemunya. Tp kita memakainya, memanfaatkannya dan menikmatinya..

    Saudaraku, tdk perlu menilai baik itu SEMATA2 ASLI KITA atau TIDAK. Sy kira, dr siapa pun dan orang mana pun, mana kala bisa kt ambil hikmah kebaikan drnya,ambil dan laksanakan. Undzur maa qoola wa laa tandzur man qoola, lihatlah apa yg diucapkan jgn lihat siapa yg mengucapkan. Kalau kt menganggap, kebenaran itu HARUS KITA dan LELUHUR KITA, maaf, sy menganggap itulah KEEGOISAN KITA..

    Islam, lanjutkan..
    Budaya masing2 yg tdk bertentangan agama, teruskan..

    Sama skl tdk menjawab siapa2, atau menyindir siapa2.. Hanya unek2 seorang bodoh&dhoif, itsna arwani, yg dulu bernama santri dr blitar.

    Menjura dalam..

  100. syahdan..

    Copas dr artikel d ats
    . para jahil pembawa anasir asing sebagai suatu kesempatan untuk menjalankan misi jahiliahnya
    mksdx pr jahil itu sp ki? Mhn pnjlsnx

  101. syahdan..

    Ki@sabdalangit mulcul donk jwb prtanyaan2 yg sdh msuk jngn diam sj,.

  102. Jangan tersinggung dg koment diatas ki sabda….mungkn mereka mementingkn ego daripada kenyata’an….sungguh tulisan yg penuh makna…menghormati leluhur/akal bakal cikal bakal adalah ibadah…

  103. demit wc nerakka

    perang. . .perang. . .perang. . .
    Setan. . . Setan. . .setan. . .
    Langsung ke jantung dari gigitan paling berbisa. . .
    Hu. Hu. Hu.
    Ha. Ha. Ha.
    Hi. Hi. Hi.

  104. Numpang nyimak

    Mamat kumis kayak nya benar, kisabda langit uda tersesat jauh.
    Mungkin ilmu nya terlalu tinggi atau terlalu panatik dgan kejawen.

  105. Salim katur Ki Sabda, sy sdh mengenal beliau yg bijaksana.. Bertemu di parang kusumo. Hormat katur panjenengan Ki Sabda, semoga pengalaman panjenengan menambah kearifan panjenengan dan menjadi contoh yg baik bg kami.

    Adapun tulisan sy di atas, smg juga mjd masukan yg baik bg Beliau.
    Mohon maaf, bila ada khilaf maupun kurang berkenan..

    Menjura dalam..

  106. bagus samiaji

    Tertegun aku saat wukuf di arofah,,,
    untuk sebuah perjalanan dengan biaya jutaan, bahkan rela berkorban jiwa raga,, hanya untuk sebuah kata “Wukuf dan Arofah”….

    seandainya diterjemahkan dalam bahasa Jawa,,,,

    Wukuf = BErhenti,,,,,Arofah=Faham,,,,,

    yang ternyata orang jawa lebih pandai menterjemahkan dalam laku yang lebih praktis,, yakni laku semedi,,,,,

  107. Numpang nyimak

    Postingan di atas sangat berbahaya.
    Tetap berpegang tegu pada alquran dan hadist.
    Kayak nya uda banyak yg terpukau.
    Hati..Hati..Waspada..
    Daqjal ada di mana mana..

  108. Numpang nyimak

    Nauzubillah..
    Secara garis besar
    bahwa penulis tidak suka dgan agama islam.
    Dan mempropokasi pembacah…

  109. @rihlah mantep tausiahx…mo nanya @ tentang mslh doa.begini…doa artinya permohonan atau meminta,orang yg selalu meminta2 ,berati di belum tau kerjaanx, berarti masih kecil walaupum sdh lanjut usi.maka org yg sudh dewasa dia tdk meminta2 krna dia sudah tau bgmn caranya.kalau kita msih kecil maka selalu meminta kp orang tuanya agar selalu di penuhi keinganya,tp lain lg kl sdh mrnginjak dewasa,maka dia tidak lagi meminta,karna sudah tau pekerjaanya.meminta dan memohon bgmana indahx itukan prilaku yg tdk wajar.sudah tau tuhan maha pengasih dan penyayang tapi tetap meminta2…mohon di luruskan poro sedulur kl dalam pemikiranku ini kluar dari pakem kebenaran sejati

  110. Alex W.D.

    @Numpang nyimak he..he..he..kembali ke sudut pandang masing2,pandangan setiap org berbeda.Aq sich g memihak siapapun.
    Yang pasti mamat kumis diatas itu bkn yang asli,itu hanya oknum penyebar fitnah yang berusaha mengadu domba ki sabda langit dengan bang mamat kumis.Sbg pembeda bisa anda cek komen di artikel2 seblumnya.
    Alangkah lbh elok jk qta jgn cepat termakan oleh komen provokator itu.
    Matur nuwun.Rahayu.

  111. aku lebih baik dari dia……apakah ini yg akan diperjuangkan?????
    huahuahauau………
    siapa lebi baik……..???????????
    hayo………siapa yg berani menytakan bahwa saya lebih baik dar anda..????????/….tentunya perkataan itu ditujukan pada Tuhan Anda………..hayo siapa berani>??????????/
    huahuahuahua

  112. hanya itukah yg kalian bisa…….membandingkan satu dengan yg lainnya ?????????///
    aku lebih baik dari dia karena aku…..memiliki kelebihan……..sedangkan dia memiliki kekurangan…..!!!!
    apakah ini………..apakah ini………..apakah in………??????

  113. Wa’alaykumussalam warohmatullah..kagem Kyai Gus Itsna: salam ta’dhim wa takrim penuh hurmat & ukhuwah kmbali saya haturkn kagem Kyai Gus. SEPAKAT 100%, SETUJU 100% dgn pndapat Kyai Gus. Dalil aqli yg Mantaaps!! Langsung bisa dibuktikan…Sejarah itu Subyektif, trgantung siapa yg mmandang, kadang kepentingan brperan. Untuk mengkaji sejarah diperlukan metodologi ilmiyah, bukan dr wangsit,pesan ghaib,kasyaf dll. Ilmu tu ada dua: Ilmu Kasbiy n Ilmu Ladunniy. Ilmu ladunniy,misal kasyaf,ilham dr malaikat, hanyalah standard pribadi, artinya tuk pribadi bukan tuk umum apalagi diterapkn dlm kenegaraan. Misal tdk tepat jika digunakn tuk mngkaji sejarah, menghukum sseorang mlalui negara,dll. Monggo kaji & renungi Kisah Nabi Musa yg belajar kpd Nabi Khidir. Jg tdk sembarang orang dikarunia ilmu Ladunniy. Ilmu Ladunniy bisa diproleh dgn dekat kpd Allah, ma’rifatullah,dzikrullah,istiqomah,&mengamalkan ilmu yg tlh didapat…..

    Untuk menilai/mengkaji sebuah agama/keyakinan, Jangan dilihat/dinilai orangnya/penganutnya, karena setiap orang, para penganut agama mana pun, dimana pun Punya Salah n dosa!! Tidak ada penganut agama trtentu yg penganutnya 100% Baik, brbudi luhur & Ta’at dan tidak punya salah/dosa. Tapi, kajilah kitab sucinya seobyektif mgkin dgn metodologi ilmiyah. Namun, jika ni memberatkn, silahkn pilih dan yakini satu agama/keyakinan, tanpa mencampuradukkan dgn ajaran agama yg lain, tanpa membenci,memaksa dan memusuhi yg brbeda keyakinan. Kita lihat Kang Muhammad Syafii Antonio, beliau seorang muallaf, yg skrg grand master ekonomi syari’ah,,ayah beliau msih s’orang Haksu/Biksu Buddha Tridharma, tetapi hubungan kekeluargaan tidak trputus karena brbeda keyakinan itu. Tetap saling menyayangi n menghormati, tanpa saling memaksa/membenci. Dan meski brbeda keyakinan, itu tidak menghalangi tuk berbakti/brbuat baik kpd orangtua … dhim wa takrim penuh hurmat & ukhuwah kmbali saya haturkn kagem Kyai Gus. SEPAKAT 100%, SETUJU 100% dgn pndapat Kyai Gus. Dalil aqli yg Mantaaps!! Langsung bisa dibuktikan…Sejarah itu Subyektif, trgantung siapa yg mmandang, kadang kepentingan brperan. Untuk mengkaji sejarah diperlukan metodologi ilmiyah, bukan dr wangsit,pesan ghaib,kasyaf dll. Ilmu tu ada dua: Ilmu Kasbiy n Ilmu Ladunniy. Ilmu ladunniy,misal kasyaf,ilham dr malaikat, hanyalah standard pribadi, artinya tuk pribadi bukan tuk umum apalagi diterapkn dlm kenegaraan. Misal tdk tepat jika digunakn tuk mngkaji sejarah, menghukum sseorang mlalui negara,dll. Monggo kaji & renungi Kisah Nabi Musa yg belajar kpd Nabi Khidir. Jg tdk sembarang orang dikarunia ilmu Ladunniy. Ilmu Ladunniy bisa diproleh dgn dekat kpd Allah, ma’rifatullah,dzikrullah,istiqomah,&mengamalkan ilmu yg tlh didapat…..

    Untuk menilai/mengkaji sebuah agama/keyakinan, Jangan dilihat/dini

  114. shuii

    kok makin lama makin membuat panas aja…
    ndang sumingkiro sing ora berkenan di kampuz kwa…
    kita belajar untuk menjadi orang yang berilmu(baik untuk ilmu di dunia n akhirat) bukan menjadi orang/golongan orang yang merugi(baik di dunia n akhirat insya allah),,,,
    kita semua sudah dewasa sudah tau mana yang baik n buruk kita dibekali akal sudah bisa memilah hal2 tersebut…..
    sama seperti bayi masih butuh pertolongan orang tua atau keluarga u menjadi mengerti akan segala sesuatu……..
    mohon maaf kepada sesepuh n sedulur yang benar2 menjadi sedulur kwa kalo ada statment yang kurang berkenan……

  115. shuii

    @gust itsna blitar juga salam kenal @kang mas raihlah salam sore……
    @ki wulyojati…..kok tutup truz kie warungeeee…..kepingin sing adem2 ki soale hawane nggarai sumuk heheheee

  116. absen siang
    nyimak

  117. @Numpang Tanya gak usah ngomporin justru orang semakin luas wawasan dan pemahamannya tentang islam akan lebih banyak diam drpd ngocehnya..
    Pelajari dgn seksama jgn asal menyangga kalo blm faham tanyakan dulu pd ahlinya jgn hanya mengandal kedangkalan akal pikiran kt untuk menelaah satu hal yg blm kt fahami krn akal pikiran manusia penuh keterbatasan sesuai wawasan dan pemahaman tersimpan di memorinya, pdhal masih bermilyar2 ilmu dan wawasan yg blm kt fahami dan kt ketahui, jk kt paksakan menelaah satu hal yg blm pernah kt fahami dan kt ketahui yg ada hanya pertentangan dan salah faham..
    Fahami dulu al qur’an yg tersurat lalu yg tersirat baru habis itu yg terserat, jk ente fahami satu persatunya niscaya ente akan faham maksud dan tujuan dr argumen Ki Sabda Langit dan tdk akan gampang bilang salah atau sesat segala hal yg ente temui..

  118. Numpang nyimak

    @Tokek hidupmu penu ketergesaan, tergesa gesa perbuatan setan.
    pelajari lg postingan diatas.

  119. Jarene guru,jarene kitap.nak gurune mati, kitape ilang,la terus jarene sopo yo ?

  120. @Kang Mas Shuii: salamun alaykum jg. Tenang ja, knp hrs dirasa panas?? Selama di dunia ni, maya&nyata, pasti menghadapi perbedaan&masalah. Ya krna dunia ni tmpat ujian. Katakan kebenaran itu meski pun pahit. Jd nyuantai ja Kang…@Ki Lintang S: Do’a adlh inti ibadah&perintah Allah. Begitu Jelas&Tegas trmaktub dlm alQur’an. Betul, arti Do’a tu adlh meminta/memohon ssuatu kpd Allah. Kalau manusia meminta kpd manusia,mgkin sprti yg Ki Jelaskn itu. Klo sering meminta kpd manusia mk prtanda hina/ya minimal dianggap lemah & hina olh yg diminta, jg yg diminta tentunya bosan memberinya (kdg smbil brkata “minta terus, usahaa dung, emangnye gue gudang duit ape..hehe). Naaah tentu Sangat Beda jk meminta kpd Allah Yang Maha Kaya,Maha Pemberi,Maha Pemurah. jk sering meminta kpd Allah, mk Allah kn senang, shg kn ditinggikn derajatnya. Justru orang yg gk mau meminta kpd Allah mk dia trmasuk sombong bin angkuh bin takabbur, krena mrasa “mampu”,kuasa,n tak butuh kpdNYA. Karena kita ini SELAMANYA FAQIR=sangat amat butuh sekali kpdNYA, DHA’IF=lemah tak brdaya tanpa prtolongan dariNYA, bodoh n dungu tanpa diberi ilmu olehNYA…dmikian jwbn saya. Jelas sgt jauh dr kesempurnaan. Monggo bagi sedulur yg mau menambahkn /meluruskn, khususnya kagem Kyai Gus Itsna enghadapi perbedaan&masalah. Ya krna dunia ni tmpat ujian. Katakan kebenaran itu meski pun pahit. Jd nyuantai ja Kang…@Ki Lintang S: Do’a adlh inti ibadah&perintah Allah. Begitu Jelas&Tegas trmaktub dlm alQur’an. Betul, arti Do’a tu adlh meminta/memohon ssuatu kpd Allah. Kalau manusia meminta kpd manusia,mgkin sprti yg Ki Jelaskn itu. Klo sering meminta kpd manusia mk prtanda hina/ya minimal dianggap lemah & hina olh yg diminta, jg yg diminta tentunya bosan memberinya (kdg smbil brkata “minta terus, usahaa dung, emangnye gue gudang duit ape..hehe). Naaah tentu Sangat Beda jk meminta kpd Allah Yang Maha Kaya,Maha Pemberi,Maha Pemurah. jk sering meminta kpd Allah, mk Allah kn senang, shg kn ditinggikn derajatnya. Justru orang yg gk mau meminta kpd Allah mk dia trmasuk sombong bin angkuh bin takabbur, krena mrasa “mampu”,kuasa,n tak butuh kpdNYA. Karena kita ini SELAMANYA FAQIR=sangat amat butuh sekali kpdNYA, DHA’IF=lemah tak brdaya tanpa prtolongan dariNYA, bodoh n dungu tanpa diberi ilmu olehNYA…dmikian jwbn saya. Jelas sgt jauh dr kesempurnaan. Monggo bagi sedulur yg mau menambahkn /meluruskn, khususnya kagem Kyai Gus Itsna

  121. absen soreeeee,,,,,,
    Semangat sore sedoyo,,,,

  122. om wawan s,ini imel yg sy pake skrg om,maaf klo sedikit membingungkan,hehehehehe
    Eyang ustad rihlah,maaaanntaaaaafffff,,,abissss,
    Lanjut eyang,sy siap nyimak tausiahx,hehehehe

  123. absen siang..
    salam seduluran u@ Satoso Iman Wahyu

  124. Nabi adam termasuk sejarah gk ya? Terus yg tau bwa nabi adam orang pertama,dan juga nabi di di muka bumi ,itu melalui penelitian atau petujuk gaib dr tuhan? Umumx orang tau termasuk sy dari kitab….pertanyaanya yg bikin kitab taunya dr mana ? Melalui riset, atau petunjuk gaib? Mongo dipun babar poro ssph biar sy ini jd gamblang…

  125. FADLI

    MANTAP!!!!!

  126. @Ki Ronggo S: salam ta’dhim Ki..nyuantai d sore hari. @Ki Saii: adwuuh koq bilang cieh sm aku..heuheu Jujur, saya trsenyum sndiri mbc postingan di atas n koment2 sedulur. Coba renungi, knp hrus saling menyalahkn ssama sedulur, shg kayanya timbul prtengkaran ssama kita hny krna sbuah postingan? Smentara yg mosting bgtu tenang n adem ayem. Kaya seperti akibat “de vide et impera”dung. Ntah kenapa ya, menurut bocah yg bodoh ni, sbagian anak bangsa ini mudah marah, mudah tersinggung n mudah diadu domba. Mungkin itu tadi, dunia sudah tua renta, lg trbaring sakit, n lg menangis sedih menyaksikan para penghuninya. Dunia ni emang penuh warna-warni kaya pelangi…dunia oh dunia…biar beda tetap brsaudara, biar dr luar klo baik n brmanfaat ya ambil…teknologi, trmasuk mgkin yg ada di depan sedulur n yg menemani sedulur jg dari luar…biar beda tetap brsaudara…silahkn sedulur boleh setuju/tidak dgn koment2 saya slama di KWA ni…tegur sapa,kritik n nasehat dr sedulur kan saya terima dgn jiwa besar n lapang dada..

  127. Saiii

    Swasana menjelang malam masih anget2 kuku,,,,,

  128. MBAH JATI

    @kang santoso iman wahyu, assalamu alaikum. Salam kenal kang. Mari kita sholat maghrib, semadi-nya nanti malam saja setelah sholat tahajud. Salam Damai saudaraku.assalamu alaikum. Salam kenal kang. Mari kita sholat maghrib, semadi-nya nanti malam saja setelah sholat tahajud. Salam Damai saudaraku.

  129. topan

    KI SABDALANGIT. AYO MUNCUL..JANGAN SMBNYI DBLK KOMPUTER AYO JWB PRTYAAN YG MSK .JNGN JD PNGECUT

  130. yang bikin kitab tau nya dari Ghaib @lintang sumirat

  131. topan, yg sopan dikit dong

  132. mas saii, sip i lop uuuuu pullllllll

  133. shuii

    assalamualaikum
    @kang mas raihlah betul seyogyanya seperti itu
    marhaban yaa ramadhan semoga kita diperkenankan memperoleh berkah n rahmatNya dibulan yang suci ini
    mohon maaf lahir n batin semoga amalan2 n ibadah2 yg kita lakukan diterima n dinaikkan derajat kita disisiNya amiin
    @ki wong alus@ki alif sadewa@ki jatiraga@ abah parakan@kang mas raihlah@kang mas rumi@kang mas arum manis@kang mas ronggo sentot@ki wulyojati@ki singo dongso@ki arifyanto@ki bajul kesupen@mbah jati@gus itsna/santri@ki ageng jj@ki sugik s@ki wulyojati@habib ali@ki hongmankin@Paa pemangku kwa@gus nur@kang mas pangeran sukemeling@mbak adinda zizah@ para sesepuh2 n para sedulur2 kwa ssemua, selamat menunaikan ibadah puasa n mohon maaf lahir n batin
    nuwun

  134. hehehe lengkap mas shuii

  135. akal pikiran adalah goib juga yg tidak goib yaitu otaknya…..
    hayo///////////////////hayoooooooooo
    siapa berani menyatakan aku lebih baik dari sidia…..hahahahaha

  136. @ shuiiiiiii……..hahaha biasanya sih ramadhan itu dijadikan ajang *pemuas nafsu makan enak dan hura-hura*…..
    mau bukti………….coba lihat berita bahwa semua bahan 9 pokok naik harganya,,,,krn mereka tau ….ada yg akan memuaskan selera makan enak dan hura-hura,,,,,oke men peace….heheheheheh

  137. MBAH JATI

    badan jadi lebih nyaman, terasa seperti dipenuhi tenaga setelah kembali mengolah raga, mengolah nafas. Jadi ingat waktu masih muda, siang maupun malam tekun gladhi diri menjaga kesehatan. Alhamdulillah.

  138. Laskar Cinta

    Salam kagem ki wongalus dan ki sabdo langit dan sedulus semuanya.,salam salim salam rahayu slalu,,!Salam kagem ki wongalus dan ki sabdo langit dan sedulus semuanya.,salam salim salam rahayu slalu,,!

  139. Laskar Cinta

    Mbah jati
    Ko sama dgn saya mbah.!?aku jg bgt mbah.!!!

  140. dhony

    mamat kumis
    jangan didengerin pengikut setan…kasian nte ki sabdalangit ude tersesat jauh-

    emang hebat nih si mamat kumis (lebih hebatnya sok hebat)
    dasar mamat kumis allayyyyyyyy

  141. faisal arsawirja

    wilujeng wengi sadayana……….
    rame pisan yeuh……

  142. faisal arsawirja

    der ah……

  143. dhony

    wah sepi.. pada kemana orang2 yang merasa sakti dan suci di blog kwa ini.

  144. Dhony

    Sabdo langit kalau mau sesat,jangan ngajak2 orang pengecut.

  145. dhony

    hahahah berani ya pake nama saya..
    yakin ga nyesel

  146. Dhony

    Hahaha…
    Anak setan semua nya sok sakti.
    Ayo kirim energi nya lewat nikc saya. Saya lagi pasang pantat hahaha..
    Eh..Salah pasang dada hahaha…

  147. @Ki Lintang S: Nabi Adam manusia prtama di muka bumi adlh dr kitab alQur’an dijelaskn oleh hadits. Al Qur’an kn kalamullah, ya dari Allah yg diturunkn mlalui malak Jibril kpd Nabi Muhammad. Wa’alaykumussalam Kang Mas Shuii: ya Kang sbntr lg ramadhan, smg kita bs menyapanya dgn mesra, bisa mengisinya dgn amal ibadah n brbuat kbaikn yg bnyk n ikhlas. Romadhona dr kt Romadho-a yg artinya panas membakar. Krna ktk bulan romadhon dulu orang2 brpuasa pas musim panas memuncak. Ada jg brpendapat: dikatakn membakar, krena dpt membakar dosa2. Sbenarnya waktu,hari n bulan yg Terbaik adlh ktika menggunakn/mengisinya dgn ibadah n amal kbaikn, brbuat baik kpd ssama. Percuma saja meski bulan/waktu yg baik tdk di isi dgn Kbaikn. Karena tuk brbuat kbaikn(tidak mlakukan dosa) tidak harus menunggu waktu trtentu. Misal saya kn rajin bribadah nanti pd bulan romadhon,atau saya tidak kn berbicara kasar,tidak kn menyakiti orang lain, atau akan brtaubat pd bln romadhon saja. Knp tdk dr skrg??? Kita tidak tahu umur kita smpai kapan? Kita tidak tahu hari esok kita seperti apa & bagaimana. Naaahh makanya kita harus brdo’a n brusaha/brikhtiar smaksimal mgkn bribadah n brbrbuat kebaikn sekarang, now, al aan. Meski tentunya ksalahn,dosa/kkhilafan tak dapat dihindarkn. Ya smg saja hari esok lbih baik nan indah drpd hr ni. Panjang umur barokah salamet husnul khotimah…

  148. Dhony

    Masih menungu kiriman energi

  149. Dhony

    Kok avatar saya beruba rubah ya.

  150. demit wc nerakka

    anak tuhan. . .

  151. Dumateng sedulur KWA sedaya:
    Minal Aidzin Walfaidzin, maaf Lahir batin,nyata dan ghaib
    semua kesalahan dan ketidak sopanan sy Ronggo Sentot

    semoga di Bulan ramadan nanti kita menunaikan ibadah dengan ikhlas dan Allah ridho

    monggo dilanjut mbah, mas, mbak………………

  152. MBAH ARIFYANTO

    gmana sich orang orang disini baru mbabar kebudayaan orang jawa di bilang ….budak setan,syirik… bagaimana nanti mbabar kbdayaan suku dayak,bugis,betawi,makasar dll yg ada di indonesia apa di bilang syirik….setan juga,bagaimana dng koruptor,kumpul kebo,pelit,rentenir,individualis,suap menyuap,film porno,jihad bom,dll padahal itu budaya impor kok gak dibilang syirik,setan,dekil di banding budaya jawa yg menanamkan gotong royong,andhap ashor,mituhu lan mituno kok dianggap syirik…setan,

  153. MBAH ARIFYANTO

    gmana sich orang orang disini baru mbabar kebudayaan orang jawa di bilang ….budak setan,syirik… bagaimana nanti mbabar kbdayaan suku dayak,bugis,betawi,makasar dll yg ada di indonesia apa di bilang syirik….setan juga,bagaimana dng koruptor,kumpul kebo,pelit,rentenir,individualis,suapmenyuap,film porno,penyiksa pembantu,jihad bom,dll padahal itu budaya impor kok gak dibilang syirik,setan,dekil di banding budaya jawa yg menanamkan gotong royong,andhap ashor,mituhu lan mituno kok dianggap syirik…setan,

  154. MBAH ARIFYANTO

    gmana sich orang orang disini baru mbabar kebudayaan orang jawa di bilang ….budak setan,syirik… bagaimana nanti mbabar kbdayaan suku dayak,bugis,betawi,makasar dll yg ada di indonesia apa di bilang syirik….setan juga,bagaimana dng koruptor,kumpul kebo,pelit,rentenir,individualis,suapmenyuap,film porno,penyiksa pembantu,jihad bom,dll padahal itu budaya impor kok gak dibilang syirik,setan,dekil di banding budaya jawa yg menanamkan gotong royong,andhap ashor,mituhu lan mituno kok dianggap syirik…setan,yirik… bagaimana nanti mbabar kbdayaan suku dayak,bugis,betawi,makasar dll yg ada di indonesia apa di bilang syirik….setan juga,bagaimana dng koruptor,kumpul kebo,pelit,rentenir,individualis,suapmenyuap,film porno,penyiksa pembantu,jihad bom,dll padahal itu budaya impor kok gak dibilang syirik,setan,dekil di banding budaya jawa yg menanamkan gotong royong,andhap ashor,mituhu lan mituno kok dianggap syirik…setan,

  155. Numpang nyimak

    @Mbh arifyanto
    kalau koruptor jelas korup nya, kalau lonte jelas status nya.

    Nah..Kalau postingan ini apa, tidak jelas,tp jelas mau menyimpangkan keyakinan umat.
    Masak agama islam di bilang kebudayaan orang arab..
    @Ustadt raihlah tolong dong jelaskan apa benar begitu bahwa agama islam kebudayaan orang arab.
    Biar pada lurus

  156. kampret

    nyimax…

  157. MBAH ARIFYANTO

    akhirnya……budaya indonesia tergerus oleh budaya impor yg tidak sesuai dengan karakter bangsa kita,sifat semau gue,elu elu gue gue,gak ada rasa saling membantu,saling jegal menjegal,tidak punya rasa malu lagi,agama di jadikan kedok buat menarik kekayaan pribadi,kalo gak golongannya gak mau menyapa satu sama lain,ini akibat mencampakkan budaya sendiri padahal budaya kita adalah filter bagi budaya impor yang masuk

  158. @ numpang nyimak….pastilah ustad raihlah kgk bisa jawab orang dia kgk tau apa tuh yg namanya islam ….hahahahah

  159. Prayogine monggo dados tiyang jawi engkang beragami islam, ingih njagi keluhuraning lan nguri2 tetingaling ugi negakaken agami islam agami ingkang dados rahmad dumateng sekabehing alam.

  160. Numpang nyimak

    Itu bukan budaya impor mbah,
    itu mah perkembangan jaman,
    karna orang pd sibuk mencari uang untk makan,kalau sibk bergontong royong insyallah keluarga tidak makan melihat zaman sekarang persaingan semakin ketat. Ini di kota loe.
    Tp kalau di kampung insyallah budaya gontong royong,bertegur sapa, saling tolong masih tetap exis.

  161. @ mbah arif……..mbah kok pikirannya masih sama dengan anak sd (sekolah dasar),,,,hidup itu memang harus ada yg diluar…bukan didalam semua…oh mbah-mbah….
    nafas aja dari luar tubuh…nama mbah juga dari luar yg manggil//…makan juga dari luar masuk kedalem…dan sebagian keluar lagi…
    hayolah mbah….mbah gitulho…hiks

  162. Ki Mas Danqow

    ASSALAMU’ALAIKUM…
    SEMARAK MALAM SEMUAAA…

    Lagi2 Pemahaman kawulo dan gusti…

    Kebudayaan kerajaan2 ditambah lagi kolonialisme 350th lebih ditambah lagi pemberontakan2 di nusantara merupakan sejarah yg kaya akan politisasi pihak2 tertentu.

    Contoh :
    *Dijawa bagi rakyat jelata pakai kawulo (hamba) sedangkan para raja bangsawannya pakai ingsun (aku),
    *Disunda pakai abdi (hamba) sedangkan para raja bangsawannya pakai kuring (aku),
    *adanya cerita2 mistis yg kaya akan politisasi golongan tertentu shg tdk tau mana yg benar dan mana yg salah,
    *Pembedaan kasta brahma, ksatria, sampai ke sudra ditiap2 daerah yg dpt membentuk karakter manusianya,
    *fanatisme kesukuan yg begitu kental didaerah2 shg mudah sekali penjajah utk memprovokasi dan mengambil keuntungan dari situasi.
    *Dibedakan status sosial dijaman2 kolonial sampai era orba yg sarat akan gol. Atas dan gol. Bawah dst..

    Ini semua mempengaruhi pemikiran2 manusia indonesia ttg penghambaan yg kadang agak berlebihan kpd sesama manusia.

    Contoh :
    *gol. Sudra bekerja sbg manajer tdk berani memerintah karyawannya yg bergol. Ksatria wlwpun karyawannya ini salah, ini sering terjadi dijakarta.
    *3 bln yg lalu suku badui dalam kekurangan pangan akhirnya kami bersama para sahabat yg lain mengimpor beras sampai beberapa mobil, ini terjadi akibat adat mereka yg tertutup dgn org lain dimana kepala sukunya sbg panutan mereka masih bersih teguh memegang prinsif tdk open dgn pihak luar (adat baru) shg yg menjadi korbannya adl rakyat badui…dst.
    *rakyat tdk bisa membedakan penguasa2 terdahulu dgn penguasa2 sekarang, krn penguasa2 terdahulu khususnya jaman walisongo awal banyak yg menjadi Wali ALLOH (kekasih ALLOH) shg hormatnya masyarakat masih tahap kewajaran berbeda dijaman skrg yg sarat akan hormat muna..q.

    Setelah jaman reformasi akhirnya kebablasan, ini dikarenakan tekanan2 yg begitu kuat yg dari jaman dahulunya ditahan, dipendam… ibarat seorang anak yg sering ditekan, diperintah, dizolimi oleh orang tuanya akhirnya takala sdh tdk bisa tahan lg dgn perlakuan yg sering menjengkelkan itu maka meledaklah yg pd akhirnya kebablasan spt reformasi skrg ini..

    Semoga menambah sedikit pencerahan dan manfaat, aamiin.

    Nuwun,

  163. @
    dhony nih gue kirim kue apem……..bletuk……

  164. # hahaha ki mas dangow ente sombong bener…..orang kgk mau terima ente masih paksa,,,,,pemerkosaan itu namanya…..
    jangan main paksa dong kecuali malam pengantin….hahahah

  165. podho mbahas opo to ikie..wes do maaf2an..ayo mbah2

    ora entuk opo2 juga..entuk mumeth.com mikir dunia..
    mendingan Tawasul.

  166. begitulah bunyinya , mohon kalau coment yang sopan.

  167. Ki Mas Danqow , pemahaman yg menarik, sip tenan

  168. Adem Ayem

    Assalamualaikum….para sesepuh dan sedulur KWA absen malam & izin nyimak……

  169. ..

    Dhony persiapkan dirimu.
    Tak bakar hidup hidup sampean.

  170. Ki Mas Danqow

    Ada sedikit yg terinkisyaf dlm benak ini…semoga menambah pencerahan…

    SAHABAT…
    Ketahuilah bahwa setiap diri manusia memiliki wadah dimensi batiniyyah yg berbeda2, semakin besar wadah itu maka semakin tinggi dan banyak pula ibadahnya, syariatnya dan amal baiknya agar terisi penuh… namun bila wadah batiniyyahnya besar tetapi kurang isinya maka seperti tong besar yg terisi air hanya sedikit sehingga takala digoyang2kan akan terdengar kocak, kicik dan kacau…begitulah bunyinya…

    Saya lihat dari sahabat banyak yg memiliki wadah besar itu namun ada yg terisi penuh dan ada pula yg sedikit sekali terisinya…

    Kisabda saya lihat njenengan begitu tenang…

    Mohon maaf bila kurang berkenan…
    Nuwun,

  171. tak bernama

    akeh pitakon sing durun enek jawabane,
    sing jawab amung sakekancan dewe sing durung mesti podo karepe pemostinge,
    opo iki disengojo di gawe pincang,opo wes di siapake amunisi nggo mbabar kabeh?
    Mbuh lah ra tak gagas…

  172. mohon kepada yg memakai nick name

    “Laskar Cinta “,

    mohon jangan pakai nick ini.
    mohon memakai nick yg lain, karena nick name ini sudah ada yg punya.
    dan pemilik nick asli ‘laskar cinta” sudah konfirmasi ke saya.

    mohon maaf sebelumnya

  173. mohon yg memakai nick ” .. ” , mohon memakai kata yg lebih sopan.

  174. Hmmm di dunia nyata terlebih di dunia maya jangan trlalu serius jangan terlalu lelucon. Kalau trlalu serius cepat tua n mudah stress. Jangan sampai tenggelam di dunia maya, melupakn dunia nyata…Perkuat aqidah n keimanan kita saja. Ketahuilah: yang Benar kan tetap Benar, yang Salah kan tetap Salah, meski pun sejuta orang memutar balikkan fakta, brsilat lidah atau brmain2 dgn sejarah. Dan yang tinggi/mulia kan tetap tinggi/mulia meski sejuta orang merendahkan n menghinanya. Dunia maya:Dunia khayal, kadang penuh ilusi dan basa basi. Namun, meski begitu dunia maya jg jelas berpengaruh pd dunia nyata, bisa brmanfaat bisa bikin mudharat, bisa jadi meraih pahala bisa jadi menenggelamkan ke dalam lautan dosa. Trgantung Niat n penggunaannya/prosesingnya…ibarat senjata, misal pisau, trgantung siapa yg menggunakan…. jika trgerak hati, mari kita baca do’a ni stiap ba’da sholat fardu n ba’da tahajjud 3x, ..”Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tiba_’ah wa arinal ba_tila ba_tilan warzuqnaj tina_bah…Ya Allah, perlihatkn/tunjukkanlah kpd kami yg benar itu benar &berilah kami rezeki (kkuatan) tuk mengikutinya. Dan perlihatkanlh kpd kami yg batil (sesat/salah) itu batil, & berilah kami rezeki (kekuatan) untuk menjauhinya…” atau jika ada ssuatu yg meragukan, bc “Ya Fattahu ya ‘alimu”1000x dan do’a itu 21x, insya Allah dapat petunjuk…eeh ari uwa Semar Semur kamana nya? Pun alo Mesen bajigur jeung boled+buhurna 7 bks mah…heuheu kita ngobrol suantai smbil ngebul…monggo sedulur semua, nyantai ja n dilanjuut,,

  175. Salam Ustadz Rihlah..damai selalu
    senang selalu

  176. ABSEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN

  177. Ping-balik: PESAN DARI TROWULAN (via ) « jalupangna

  178. malam yang tenang

  179. Numpang nyimak

    Ustadt raihlah katakan yg benar itu benar yg salah itu salah (perkataan anda sendiri)
    jd tolong di perjelas jawab pertanyaan saya diatas walau berat Buat anda.
    “Apakah agama islam benar kebudayaan orang arab”
    .
    Jangan jd pengecut ustadt demi kebenaran.
    Semoga menjadi amal buat anda..

  180. berarti perintah dari Ghaib ya mbah..

    jelas2 di bait pertama..

    ok ok.

  181. Tukang OJEG

    25 juli 2011

    salam salam sejahtera…..

    @mas Ronggo Sentot ,salam tengah malam .
    monggo di unjuk kopine……

  182. Rusuh tenan iki..

    Ustadz Rihlah..hati2 menuang air terjun ke gelas kaca

    bisa ……

  183. Njih mas Ojek..

    nembe seking pundhi mas?

  184. Tukang OJEG

    hmmmm….

    @mas Ronggo Sentot

    mending menuang kopi ke cangkir ….srupuuutttt…..
    kebul buhur 234…anget..

    salam…

  185. Numpang nyimak

    Hmmm..
    Wajar saja islam di mana mana terpuruk.
    Orang2 tidak percaya lg ustadz,kiai.
    Manusia nya pengecut.
    Agama nya di obok2 diam ajah,berdali toleransi,menghormati.
    Cuih…

  186. mohon kepada mas ” Mamat kumis ” , mohon memakai bahasa yg sopan

  187. semangat malam

  188. ugan surya

    Assalamualaikum wr wb.
    Absen 1/3 malam……
    Hatur nuhun.

  189. Alex W.D.

    @om arum manis met mlm jg yach om.Itu yang nulis komen diatas om ternyata mamat kumis palsu/pembajak nickname.
    Ini aq sedang buka2 kwa engga sengaja liat gravatar mamat kumis yang asli di artikel MALADIHENING TAMBAK SEGARAN dan AKU MASIH 13 TAHUN.he..he..he..

  190. Alex W.D.

    @ugan surya waalaikum salam.
    Lupa aq jg ikut absen 1/3 mlm yach.

  191. Alex W.D.

    Mata aq udah engga kuat kelamaan didpn internet.
    Mau pamit istirahat dl.Met 1/3 mlm tuk semua.

    Salam perseduluran……..

  192. Ki Mas Danqow

    Assalamu’alaikum…
    Semarak pagi semuaaa…

    @Kang Rihlah : punten, krn ga tau si mailnya dan klu esemes kepanjangan.. ini cara menagih hutang agar GOL…
    1. Selama tiga mlm (selasa, rabu dan kms) doakan org yg kita hutangi agar diberikan rizqi yg banyak utk dpt membayar hutang2nya kpd kita.
    2. Boleh puasa boleh juga tdk, asalkan makannya tdk berlebihan krn lg tirakat.
    3. Tawasul spt biasa hanya ditambah khushushon ila ruhi wa jasadi fulan bin fulan (org yg akan kita tagih hutangnya) sambil memvisualkan wajahnya.
    4. Hizb mahabbah dibaca tiap bada sholat 7x, bada sholat mlm (sls, rabu dan kms) 41x dan mlm jmtnya 111x/ 313x (jgn lakukan lebih dari 3hr bisa2 fatal Saya ga tgg jwb nih).
    5. Hari jumat sebelum/ sesudah jumatan kita silaturahim kerumahnya utk menagih hutangnya.
    6. Hutang Piutang disunahkan agar saling tulis menulis yakni : besar hutangnya, kapan bayarnya, siapa saksinya ditandatangani (ini sunah) utk membantu kita jg.
    7. Hasilnya : menerima, jangan terlalu berharap (berharap boleh asal jgn terlalu krn khawatir kecewa klu tdk berhasil) dan terakhir ikhlas apapun hasilnya.
    8. Semoga berhasil.. Utk bekal resepsi bln haji hehee..

    @Numpang Nyimak : Islam itu bukan Arab dan Arab itu bukan Islam apalagi Islam itu dikatakan budaya Arab, Rosulalloh saw hadir utk menyempurnakan akhlaq yg mulia krn Yahudi terlalu duniawi (fisik) dan mengagung2kan aqal shg “ghoiril maghduubi alaihim” klu skrg gol. wahabi cs.. sedangkan Nashroni terlalu ukhrowi (metafisik) dan mengenyampingkan aqal shg “waladhoolliin” klu skrg gol. badui cs.. Krn beda antara moral dgn akhlaq, klu moral milik non islam sedangkan akhlaq 100% milik islam mulai dari Akhlaqul Hasanah, Mahmudah.. sampai kpd Karimah shg “shirotol ladziina an’amta ‘alaihim”.

    Mohon ma’af bila kurang berkenan…
    Nuwun,

  193. funky boy

    mhn kepada sesepuh bantu saya tolong di scan amalan ini”inna quwwatih quwwatah ya jabarutihi ila sulthonil alam “,

  194. MBAH ARIFYANTO

    @funy boy:gak ada kasiatnya malah sampean kblinger klo mengamalkannyaalkannya

  195. MBAH ARIFYANTO

    @funy boy:gak ada kasiatnya malah sampean kblinger klo mengamalkannya

  196. Rahmat Gondrong

    Ronggo Kentot@kamu itu tong kosong nyaring bunyinya..BODOK

  197. qobiltuman

    sebetulnya siapapun mamat kumis yang komen ini entah nick palsu apa bukan dan dengan bahasa blak2an ada baiknya juga diterima masukannya bagi yang waspada
    toh siapa yang tahu persis apakah itu benar2 leluhur atau jin/ifrit yang biasa menyamar (bhs jw: membo2) gak usah kebakaran jenggotlah ntar nyesel lho maka perlu digelar gulung dulu meskipun ada yang merasa sudah bisa membedakan itu leluhur asli apa nggak , pendapat beda kan boleh , jadi hindarkan perpecahan antar sedulur KWA

  198. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam kepada bolo wong alus semua..
    Selamat pagi..Salam juga Mbah Jati dan semuanya
    mampir dulu liat-liat langsung pamit lagi mau urusan duniawi
    Wassalamualaikum wr. wb

  199. qobiltuman

    Wassalamualaikum wr. wb mas santosoimanwahyu lama gak suo ini monggo menawi badhe tindak2 rumiyin

  200. qobiltuman

    @demit wc nerakka ..hu..hu..hu.. ha..ha..ha..hi..hi..hi –nya itu lho yang ngwagetin

  201. funky boy

    mbah arifyanto bs mnta no hp nya???

  202. MBAH ARIFYANTO

    funky boyemail aja: zano.street99@yahoo.co.id
    nanti tak balas mbah lagi sibuk ngurusin usaha city courier surat/dokumen,soale mau puasa jadi orderan banyak pada berdatangan funky boyemail aja: zano.street99@yahoo.co.id
    nanti tak balas mbah lagi sibuk ngurusin usaha city courier surat/dokumen,soale mau puasa jadi orderan banyak pada berdatangan

  203. MBAH ARIFYANTO

    @funky boy email aja: zano.street99@yahoo.co.id
    nanti tak balas mbah lagi sibuk ngurusin usaha city courier surat/dokumen,soale mau puasa jadi orderan banyak pada berdatangan

  204. demit wc nerakka

    ngagetin apa an mas qobil. . .
    Menunggu tausiah kamar mayat aka anak than. . .

  205. qobiltuman

    maaf kurang jelas untuk…Menunggu tausiah kamar mayat aka anak than. . . abis aku belum lulus mas demit..

  206. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb
    Salam hormat kepada pemilik blog Ki Wong Alus

    @ Om arum manis
    @ Sedulur KWA

    Mohon diizinkan saya untuk membersihkan nama saudara saya Mamat Kumis yg asli. saya amat prihatin dan kesal kerana perbuatan segelintir pembaca blog yang telah membajak nick Mamat Kumis dgn mengeluarkan komen2 yang kurang sopan bahasanya.

    Mamat Kumis yang asli (tulin) amat sopan dan berbudi bahasa malah amat prihatin juga kepada saya dan keluarga saya disini.
    Disini saya lampirkan petikan dari email beliau yang saya terima tanggal 22/7/11. Cuba lihat betapa beliau begitu khuatir kerna saya lambat membalas emailnya.

    “wa’alaykum salam warohmatullooh…kaga ape2 mpo…aye kaga marah atawe berkecil hati ko’…aye cume skedar konfirmasi karne aye khawatir ame keadaan mpo zizah di negeri singa,makanye aye coba trus menanyakan kabar brite mpo disono…aye kaga maulah mpo zizah ade ape2 disono… aye juge percaye tali silaturahmi kite akan tetap kekal….
    iye betul ade orng nyang pake nick mamat kumis di kwa…dan ini ude terjadi bebrape kali loh….hihihihihi…tpi itu bkn masalah bwat aye,silahkan2 aje kl ade nyang mau pake nick aye…jangankan 1 orng,mau 10 orng nyang pake nick aye juge boleh…justru kl ade fitnah sperti itu sebenernye aye diuntungkan,karne itu mengurangi dosa2 aye…”
    Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah seorang muslim tertimpa letih, penyakit, fitnah pada dirinya, kegundahan, sedih, rasa sakit, kegagalan sampai duri yang mengenai dirinya, melainkan dengan itu Allah akan menghapus dosa-dosanya.” (HR Bukhari,HR Muslim)

    Dari itu saya mohon kepada pembaca blog KWA yang ingin berkomentar gunakan identity sendiri jgn dibajak nick orang lain.

    Terima kasih
    Wasaalam.

  207. Wa’alaykumussalam @Ki Mas Danqow. Qobiltu nikaahaha..eh Qobiltu ijaazataka…alfatihatu nakhussu ilaa Ki Mas Danqow. Hizbul Mahabbahnya yg dr Kyai Mahrus Ali Lirboyo ya Ki…ya Betul, Islam bukan budaya suku/bangsa trtentu. Tapi, tuk seluruh alam, trmasuk golongan Jin. Sbnrnya silahkn saja sedulur yg punya pngalaman spiritual or pesan goib dibabar di sana, atau yg mbangun “nusantara yg brbudi luhur”hmmm tapi, jika yg dimaksud “brbudi luhur” itu hrs mngunjungi situs2 krajaan dulu,hrs mperingati “wahyu”trtentu n Menganggap Budaya Asing(dr luar) adalah “perampas/perusak” atau harus tetap menggunakn budaya sendiri…heuheu inikah yg dimaksud brbudi luhur? Yg aneeh menyebarkn “brbudi luhur”itu dgn menggunakan budaya asing, mutlak dr luar, Hp, komputer n internet jg teknologi lainnya yg jelas2 dr asing/budaya luar. Aneh kan budaya asing itu dianggap “merusak”, tapi budayanya sndiri dipakai, bhkn digunakan utk membangun “nusantara yg brbudi luhur tsb”. Hmm maaf ya jk pndapat saya kurang brkenan di hati. Ya meski beda tetap brsaudara…Wa’alaykumussalam @Ki Mas Danqow. Qobiltu nikaahaha..eh Qobiltu ijaazataka…alfatihatu nakhussu ilaa Ki Mas Danqow. Hizbul Mahabbahnya yg dr Kyai Mahrus Ali Lirboyo ya Ki…ya Betul, Islam bukan budaya suku/bangsa trtentu. Tapi, tuk seluruh alam, trmasuk golongan Jin. Sbnrnya silahkn saja sedulur yg punya pngalaman spiritual or pesan goib dibabar di sana, atau yg mbangun “nusantara yg brbudi luhur”hmmm tapi, jika yg dimaksud “brbudi luhur” itu hrs mngunjungi situs2 krajaan dulu,hrs mperingati “wahyu”trtentu n Menganggap Budaya Asing(dr luar) adalah “perampas/perusak” atau harus tetap menggunakn budaya sendiri…heuheu inikah yg dimaksud brbudi luhur? Yg aneeh menyebarkn “brbudi luhur”itu dgn menggunakan bud

  208. Saya memang pengecut kali ya, nickname n avatar saya asli, jk ada koment2 saya di sini yg “salah/menyesatkn”saya brtanggung jawab n saya akui. Kritik, saran n nasehat sedulur smua kn saya terima dgn jiwa besar n lapang dada..mgkn yg Gk pengecut itu yg mbajak nickname orang, atau yg hny berani mengeluarkn kata kasar, brnada permusuhan, tapi tidak berani menampakkan identitas yg sebenarnya…hmm silahkn smuanya bisa menilai…stiap ucapan n perbuatan baik buruknya akan kembali kpd yg brbuat…tidak hny di dunia nyata, di dunia maya jg brlaku lho…

  209. MBAH ARIFYANTO

    @Rihlah rahmatulloh:tenang saja pak ustadz dibilngain pengecut….ini dunia maya jangan dianggap serius….santai..aja,memang berbuat kebaikan di jalur kebenaran banyak lika-likunya……hingga membuat kita kecewa dan kapok….untuk berbuat kebajikan……teruskan saja…..jangan takut

  210. Meski Beda, tetap brsaudara. Meski dari Luar jika Baik ya ambil…trmasuk “pesan-pesan”dr luar atau bhkan dr Gaib skalipun jika Baik ya ambil. Selama sejalan dgn pesan-pesan Allah yg trsurat dan yang tersira dlm alQur’an n al Hadits,.jangan sampai pesan-pesan ‘gaib’dr luar yg belum jelas kebenarannya didengar n dituruti, smentara pesan-pesan Allah&RasulNYA yg trmaktub dlm alQur’an n alHadits kita abaikan? Atau pesan-pesan/nasehat2 Para Ulama salafussolih yg Baik n brharga diabaikan? Apakah pesan2 Allah,RasulNYA jg pesan/nasehat pr Ulama tidak cukup or kurang Baik?? “Cinta tanah air sbgian dr iman”, yg merusak alam n yg tidak brterima kasih kpd manusia adalah tidak brsyukr kpd Allah. Bgitu pesan2 Rasulullah. Jd, mari kita brusaha smaksimal mungkin agar bisa mengamalkn pesan-pesan Allah n rasulNYA, jg pesan/nasehat dr para Ulama. Adapun pesan2 dr luar apa lg dr “Gaib”wangsit dsb Lebih Baik abaikan saja. Namun, skali lg trlarang saling membenci n memaksakan kehendak. Meski Beda tetap brsaudara. Dari mana pun datangnya jika Baik ya ambil…salam persaudaraan

  211. Zizah37

    Asalamualaikum wr wb

    @ Ustaz Rihlah
    Ya, saya setuju dgn Mbah Arifyanto tu, biarkan aje sesiapa yang mengatakan ente pengechut..Tapi tidak begitukan? Teruskan shaja apa yang udah ente lakukan diblog tercinta ini terserah pada sedulur/pembaca KWA untuk menilaikannya.

    Terima kasih

    Wasalam.

  212. Numpang nyimak

    Ustadz railah nah..Kalau jawaban diatas jelas,baru bisa di katakan yg benar itu benar yg salah itu salah.
    Kalau syiar itu begitu ustadz jangan setenga2,jangan pake bahasa yg terlalu tingi entar bukan memperbaiki ahlak orang lain,mala semakin menyesatkan harus tegas dan apa ada nya ustadz ya.

    Ustadz maaf ya saya bukan mengatakan anda pengengecut tp jangan jd pengecut untk memancing tausyia2 nya keluar,dan terbukti berhasil hehe…
    Sekali lg maaf ustadz ya,salam tak’dzim.

  213. Numpang nyimak

    Jd kesimpulan nya suda jelas.
    Bahwa artikel yg di posting diatas sesat, yg mempunyai misi untk menyimpangkan keyakinan umat.

  214. Numpang nyimak

    Maka nya sedolur sebelum comentar itu harus di pelajari dulu. Jangan asal mantap,top markotop, yg ngritik diangap menentang.
    Tidak tau nya postingan menyesatkan kita sendiri.
    Mohon maaf bilah ada salah kata. Wasalam

  215. lafadz

    – A New Day Has Come
    http://www.galihsatria.com
    Date May 31, 2006

    Ana kidung rumeksa ing wengi

    teguh hayu luputa ing lara

    luputa bilahine kabeh

    jim setan datan purun

    paneluhan tan ana wani

    miwah panggawe ala

    gunaning wong luput

    geni atemahan tirta

    maling adoh tan ana ngarah ing mami

    guna duduk pan sirna

    # damarwulan said:

    July 23rd, 2011 at 2:16 pm

    India adalah pusat agama di dunia.Semua agama memperoleh pengaruh dari India.Pakistan ibukotanya ISLAM ABAD.Pakistan dulu bersatu dengan India.Karena memeluk Agama Islam kemudian memisahkan diri dari India.Islam abad atau abad Islam sama dengan judul diatas a new day has come.Pakistan artinya sama dengan Fuck is stand atau fuck istan artinya istana atau surga kaum fuck/macam penjahat,bajingan dan manusia rendah lainnya.Founding fathernya Ali Bhuto.Butho sama artinya dengan raksasa atau setan.Jadi agama Islam agama para Buto/setan.Bisa kita lihat di india hanya kedamaian yang ada dan di Pakistan surganya para teroris.Bak langit dan Bumi dengan India.Kalijaga yang jahat membawa oleh-oleh agama jahat ini untuk Indonesia.

  216. MBAH ARIFYANTO

    saya mau mengomentari koment-koment diatas,kebudayaan orang arab sebelum kedatangan nabi muhammad saw adalah main sihir,curang dalam timbangan,membunuh bayi perempuan hidup-hidup,perbudakan,sex bebas,minum khamar dll,namun setelah kedatangan nabi muhammad saw wajah budaya arab berubah drastis dan lebih bermoral dengan bernuansa syareat islam,untuk orang gujarat lihat-lihat dulu gak semua mereka niatnya menyebarkan agama,ada yang niatnya untuk bisnis saja atau berdakwah dan tidak semerta merta orang gujarat saja adapula orang cina dan india,mereka yang mengusung kebudayaan mereka ke tanah air kita hingga timbulah perkawinan budaya hindu-budha-islam,yang tentunya kita tahu sekarang sudah d iadopsi oleh kebudayaan negara kita,untuk hal-hal lain yang sifatnya merusak tatanan kebudayaan kita adalah masuknya budaya barat yang merusak moral etika bangsa kita,semisal
    diskotik,free sex,film porno,adu domba,rentenir,gusur tanah,ada uang abang sayang gak ada uang abang ditendang,kawin cerai,berani sama orang tua,hedonis,materialis,elo-elo gue-gue,suami takut istri,korupsi,kerja system kontrak,outsourching….nah ini gaya hidup yang dipakai bangsa kita…..tapi tidak semua,

    intinya maksud dari kisabdo langit adalah mengajak kita supaya kembali ke budaya kita yaitu saling menghormati,menghargai,membantu sesama yang membutuhkan,semangat gotong royong,saling bertegur sapa walau beda golongan,andhap ashor,sopan santun,mituhu lan mituno agar gejolak alam dan murka alam bisa di cegah,karena Alloh swt apa kata hambanya jika hambanya berbuat kerusakan dan tidak peduli dengan sesama maka Alloh akan membiarkan langit dan bumi menghancurkan mereka,karena sebelumnya bumi menyatakan akan membinasakan semua makhluk diatas bumi yang durjana tidak lagi memperhatikan sesama,namun Alloh belum mengizinkan klo makhluk yang ada diatas bumi masih banyak brbuat kebajikan dan menyebut namaNYA

  217. Panas juga mata q…
    Makan siang dulu…
    mumpung da nasi bungkus…

    “Salam Persaudaraan”

  218. demit wc nerakka

    mas qobil. . .kata anak tuhan sy mw d tausiah. . .jd saya nunggu di sini aj,jongkok di toiled nerakka. . .

  219. demit wc nerakka

    mas qobil. . .gmn rasax jus kadalnya. . .saya telat dtg,,yg jual keburu cabut. . .

  220. Hidup (Ruh) kita berasal dari Tuhan,, semua sama suci, tidak ada beda, Jasad kita yang berbeda, karena berasal dari bapak ibu kita,yang diproses melalui NAFSU, disitu akhirnya tertanamdalam diri kita keinginan- keinginan dan pembenaran pembenaran diri sendiri atau komunitas yang sepaham. Marilah kita menyadari hal ini agar tak terjadi perebutan BENAR, marilah kita bersama sama berupaya mencapai kesadaran hidup. DAMAI….DAMAI….DAMAI….

  221. Santai yok…kan mau masuk ramadhan !!
    Ga usah terlalu tegang….Dunia maya hanyalah dunia tanpa batas.
    Siapapun bisa bikin koment. Jelek atau bagus..toh ada pertanggung jawaban kelak !!

    Sekalian mau ngucapin…Maaf lahir batin kepada semua Bolo Alus.
    Met Puasa….Insya Allah kembali ke Fitrahnya sebagai Insan sejati….
    Oh ya…maaf kalo saya agak jarang balas sms sahabat. Lagi repot banget urus tender !!

  222. bener luh pada masih belon ngerti dah pada ribut…..butu…but…
    hoiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..kapan ya kalian….ini bisa sadar,sabar….wong masih nurutin kata…kata ….menuju….nafsu angkara murka…hohoho…..hayo katakan pada Tuhan Kalian Bahwa Agama Kalian lebih baik dari agama dia….pada TUHAN ANDA……hahahahahahahahahahhihihihihihhiiuhuhhuhuhuhuhu
    begitulah bunyinya……

  223. ki ageng gunung kembar

    Kalau ada org yg mengajak saya utk melakukan perbuatan yg tdk sesuai dg ajaran islam (meski ulama sekalipun yg mengajak saya) saya tdk akan mau. krn biasa nya saya yg harus menanggung akibat nya tp org yg mengajak saya aman aman saja.

  224. a2 ziziah itu perhatian dari pacar,guru,atau TTM ya…????

  225. !!!!!!!!!!!!!ronggo sentot…………setujuuuuuuuuuuuuuu…bapakke….
    keprimen yaaaaaaaaaaaaa…..mengkono ya wis lah ora bakal rame….lha langsung….&tenang&…..hahahahahahahahhihihihihihhiuhuhhuhuhuhuhu

  226. qobiltuman

    mas demit, yang jual udah cabut yang tinggal hanya :
    Hu. Hu. Hu.
    Ha. Ha. Ha.
    Hi. Hi. Hi.
    juz kadalnya masih di blender sama mas iwan kun

  227. aku juga yang kena….

    mail upin ipin

  228. ‘aku juga yang kena…’

    mail upin ipin

  229. aku juga yang kena

  230. Ya sedulurku smuanya nyuantai ja ya…saya sama sekali ndak marah koq..heuheu dunia dunia…smg Allah mberi hidayah kpd orang yg menghina Islam tu. Jika malah menentang n sombong, jangan khawatir, semua ada balasannya…ah nyantai ah smbil minum bajigur buatan Uwa Semar Semur..

  231. SINGA MARANTEE

    Assalamu ‘alaikum wr, wb..@ ki alus…

    Kok postingan saya gak dimuat ya ki..??? apadahal saya kirim 2x krn ada ralat judulnya..kenapa ya…????

  232. Coba aja SMS/Telp. beliaunya!

  233. demit wc nerakka

    mas qobil.,iyah ketemux ya sama yang ada,,mas qobil kalo punya resep rhsiax mr.krab blh dong di share k sy. . .toiletnerakka@yahoo.com

  234. mmmmmmmeeeeeeeerrrrrrrrrrrriiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnggggggggggiiiiiiiiiiiiiissssssssssssss

  235. ki ageng gunung kembar

    menjadi manusia tdk mudah. salah dikit saja, kena azab. salah dikit saja, keberkahan dicabut. salah dikit saja, diancam dg neraka. dikit dikit dianggap kufur. dikit dikit dianggap musyrik. dikit dikit dianggap sombong. dikit dikit dianggap tdk punya kesabaran dll. menjadi manusia tdk mudah. salah dikit saja, kena azab. salah dikit saja, keberkahan dicabut. salah dikit saja, diancam dg neraka. dikit dikit dianggap kufur. dikit dikit dianggap musyrik. dikit dikit dianggap sombong. dikit dikit dianggap tdk punya kesabaran dll.

  236. Numpang nyimak

    Niat anda menyerang saya suda kesampean.
    Saya harap cukup ya.

  237. Numpang nyimak

    Saya tak ada niat mencari musuh.
    terakhir coment saya tadi suda minta maaf loe.

  238. uwa semar semur

    Ass wrwb
    Uwa ikut nyimak, mantep euuy…
    Mudah2an ada yg punya pengalaman di petilasan Pajajaran atau Prabu Siliwangi, biar nambah2 wawasan buat orang pasundan spt uwa ini…heuheuheu

  239. Semut Ireng

    Absen kuliah siang dan salam asah asih asuh buat saudara kwa semua….

  240. warok

    Wes ketemu gonturunan’ku…
    salam sakeng putu buyut INDRAJIT HADIKUSUMO/sambernyowo

  241. SERBUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU!!!!!!!!!!
    JEGER………..NGISSSSSSSSSSSSS.

  242. coment dari @rihlah rahmathtullah..pd tgl 24-07-2011.jam 17.29….secara tdk lngsung mengatakan bahwa…sabda lanit adalah propokator!!!! rn dia bilang….kita-kita kok pada ribut….sedangkan yg nulis aja adem ayem…..
    akupun berpikir dengan tulisan ini….maksudnya bahwa sabda langit menyatakan bahwa orang-orang jawa…yg telah mengerti tentang diri sejati saja masih bisa dijajah ratusan tahun.
    apakah dengan mengerti diri sejati itu kita….menjadi bodoh…krn terbukti dengan tulisan ini rang yg mengerti diri sejati itu bisa dijajah????
    lebih kagak usah ngerti diri sejati ya bisa menjajah…..soalnya dijajah sekarang merontak…hoi kita sudah dijajah……..kok lama banget ya baru sadar……….huhuhu
    salam ngaco……….dqri……..begitulah bunyinya……….peace………..

  243. Elyaz

    sabdalangit itu dah bilang klo ajaaran yg dateng stlh majapahit n sekaligus meruntuhkan majapahit yg umur ajaran itu sekitar 1500 tahun, itu tidak lain adalah ajaran islam yg dianggap oleh sabdalanagit sebagai ajaran dajjal.. jadi justru sabdalangit telah memprovokasi yg menyatakan secara implisit extreme bahwa ajaran Islam-ajaran dajjal.. gila banget gak..?!?!?!
    pahamin deh sendiri2..

  244. islam itu menyeluruh……lha kalo kagak menyeluruh…Adam AS bukan Islam dong ????

  245. lutfi

    @ronggo sentot : kalau mau tanya ya ke ulama’ dong mas.bukan ke ghaib.fas’aluu ahlaz zikri in kuntum dstnya…kalau gak salah itu dari Al Qur’an atau Hadis.saya lupa.Pake’ buku itu juga perlu.Supaya pendapat kita ada landasannya sehingga dpt dipertanggungjawabkan.Menurut pendapat ulama':mimpi tdk dpt dijadikan dalil.misalnya seorang tukang santet ditangkap krn ada yg mimpi dialah pelakunya.jadi, ghaib tdk dpt dijadikan sandaran utk menentukan suatu hukum.

  246. lutfi

    Rasulullah SAW berpesan: Kalau cinta pd seseorang jgn terlalu.Kalau benci pd seseorang jgn terlalu.Artinya: sedang2 aja.

  247. lutfi………lutfi…..lu telat fikirannya….ya……..hahaah

  248. NYOMAN PARIASA

    Maaf sy baru di blog ini, kesan sy adalah blog ini cukup menghibur sy lebih daripada sy nonton debat di televisi. Cuman sy berharap kepada sedulur semua agar mengarahkan kembali keretanya ke arah yg terbaik utk kita semua,utk kedamaian dari yg terkecil sampai tak terbatas. Apapun pendapat2 yg ada di blog ini secara pribadi sy sikapi seperti bumbu yg mesti ada agar olahan2 yg akan kita buat menjadi sedap,tentunya memang sangat sulit,tapi marilah kita semua mencoba,PISS.

  249. carilah musuh…..karena …engkau akan tahu….kelemahan dan kesalahanmu…..weeeeeeee

  250. Mbah abu syujak

    Asslamualaokum,,,,Oalalah do omong opo ki cah koyo arep bancaan gendurenan wae,,,,,hehhehe,,,,saya sependapat dengan mat kumis dan bung nyimak aja,,,,,,pendapat saya artikel tulisan temen saya sabdo langit plengkung wijilan jogjakarta ini walau samar tp secara implisit mau mengatakan bahwa budaya islam yg masuk ke indonesia sudah merusak smua tatanan kehidupan di nusantara,,,,maka dr itu harus di hilangkan dan dikembalikan seperti sedia kala,,,,iya g?hehe,,,,saya beberpa kali ketemu dan berdiskusi dengan beliau memang beliau penganut kejawen fanatik,,,,sebenarnya seperti ki sabdo saya juga sering di datangi makluk gaib ada yg berjubah putih mengaku arwah wali lah ada yg berbaju kaya’ putri raja atau raja yg mengaku sebagai arwah raja inilah ratu itulah,,,,tp apakah orang yg dah mati bisa ikut menentukan nasib bangsa ini?seperti kata ki sabdo,,,,,?bukankah orang meninggal dah di alam baryah/alam kubur dah terputus hubungan dengan dunia nyata seperti yg tertulis di alquran,,,,,, saya sadar betul itu cuman tipuan jin atau setan pintar nan licik yg py kesaktian kelas tinggi buat menjerumuskan manusia dr jalan yg benar yg berpegang teguh alquran dan al hadist,,,,saya juga mengalami seperti ki sabdo alami mereka juga sering memberi perintah dan nasehat2,,,,,,klo nasehat2 mereka baik ya saya trima walau belum tentu saya jalankan,,,, tp klo nasehat2 mereka udah menyimpang dengan ajaran islam maka saya tolak mentah2 mereka,,,,maksud dr tulisan ini saya cuman mengingatkan dengan sodara seiman seagama kita jangan mempercayai tipu daya setan yg terkutuk,,,jangan kita jd mengabdi pada mereka karna kita adalah manusia yg diciptakan Alloh sebagai makluk yg paling sempurna kholifah dibumi ini,,,,akhirnya klo ada kata yg salah dan kurang pantas saya minta maaf buat ki wong alus poro sepuh lan sedulur sedanten,,,,,slamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita di trima Alloh SWT,,,amiien,,,,,,Allohuakbar!!

  251. ass,,, kpd para sesepuh KWA mohon bantuannya
    bagaimana cara membuka aura dan cara untuk membuat diri agar merasa lebih dekat dengan allah swt. mohon di ijazahkan kpd saya kalau ada amalan2 khusus.
    wassalam

  252. RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

  253. Raden Panji

    ha…ha…ha…membaca tautan Mas Santoso iman wahyu seperti mengiringkan anak TK yang lagi bermain dan menjawab apa yang anak TK tersebut tanyakan kepada bapaknya/ibuknya , tidak semua yang tersirat harus tersurat mas wahyu…(senyum)…dan tidak semua yang kita pelajari harus dari yang tersurat dan kebenaran hakiki tanyalah pada diri kita masing2 yg mengerti yang tidak bisa kita bohongi walaupun dengan seabrek buku-buku yang menjadi sumber referensi bacaan….wasallam

  254. wong jompo

    Subhanalloh walhamdulillah walaa ila haillalloh allohu akbar

  255. hari kelana

    bebas2 wae, mau apa saja boleh.
    mau tanya ratu demit,arwah…..mbah google juga boleh
    tapi KEBENARAN HAKIKI punya sang Kholiq.
    selagi masih ada nafas silahkan saja.
    cari sampai ketemu

    seandainya di dunia ini hanya ada……
    satu bangsa
    satu bahasa
    satu budaya
    satu kebatinan
    satu dan hanya satu ….JAWA
    gak ada jaminan dunia akan tentram, damai dan harmoni.

    wong jowo sing……..
    ngerti jowone
    ngerti asale
    ngerti awake
    ngeri lungguhe
    ngerti lakune
    ngerti Pengerane

    iku luweh utomo, tinimbang nguri-nguri elek-e liyan.

  256. Daffa

    Tanggapi dgn hati yng dingin, ambil yg baiknya yg tdk sesuai dgn akidah masukin ke tong sampah aja…bagi yg Muslim tetap berpegang teguh pada Qur’an..inillah dunia akan selalu ada perbedaan..hargai. perbedaan..sok bijak banget Gw..ha..hai! DAMAI SELALU NUSANTARAKU!

  257. indra

    ada yg tahu gak siapa si jatidiri Sri Narpati Brawijaya V dan dari tahun berapa berkuasa sabagai raja majapahit?

  258. ass…..wbr, salam asah asih asuh.
    taukah anda kenalkan anda siapa isa almasih / yesus kristus itu?….
    mari kita kenali dia dalam kitab aku utus anak ku yang tunggal ke dunia untuk menebus dosa manusia. bukan dunia nyata besar ini tapi dunia tubuh ini ( simbolis ).
    kita simak kata-kata Isa atau yesus.
    =aku adalah alib dan yak yang pertama dan yang terkemudian.
    = sebelum Adam ada didunia ini aku sudah ada di dunia ini (simbolis) roh yang ada di dalam tubuh ini.
    = aku adalah rohul kudus karena Isa adalah rohulullah.
    = aku tidah mau masuk kedalam bait yang di bangun dari batu oleh manusia ( Isa adalah roh ) tetapi aku mau masuk kedalam baitullah yang di bangun oleh ALLAH SWT itu sendri (jasat kita) hidup.
    = aku adalah terang itu sendiri, barang siapa yng tidak melalui terang itu tidak akan pernah sampai kepada ALLAH SWT.

    tetapi kenapa Isa tersalib oleh manusia?
    kenapa ALLAH SWT tidak melindungi utusannya bukankah dia kekasih ALLAH SWT.
    arti tersalib disini roh yang ada di jasad tidak pernah kita kenal dia terbelenggu atau anak yatim tak terurus, tak pernah di santuni di dalam tubuh kita makna ” tersalib ” setiap manusia di dunia harus berusaha membebaskan rohnya dari belenggu salibnya masing-masing.
    # mahkota duri yang dikenakan Isa lambang mati akal pikir kita.
    # tombak yang tertancap di lambung lambang matinya hati kita.
    # tangan yang terpaku lambang iman sudah tak terpegang lagi.
    # kaki yang terpaku lambang hilangnya kepercayaan kita.
    mari kita bebaskan semua dari belenggu mahkota duri supaya hidup akal pikir kita. hidupkan hati cabut tombak yang menancap di lambung. cabut paku di tanggan pegang erat iman kita. cabut paku di kaki supaya tegak percaya kita.
    aku tiupkan sebagian roh ku upaya kamu hidup.
    bukankah semua ini hannya simbolik yang harus kita pecahkan.

    mudah-mudahan berkenan dan menjadikan seering yang mengasikan ……^-^
    salam karahayon kagem ki wong alus derek nunut ngiup.
    matur sembah nuwun…..

  259. Asah … Asih … Asuh
    ….. __.,-”’-,.__
    …….. `-,,,-‘……__
    …….. /____\.`’,,’_(
    …….. ((((…\..// ‘ ‘,_)
    ……… )u.\…)// ‘ ‘ ‘.,_)
    ……… \_..\.( / ‘ ‘ ‘ ‘ ‘.,_)
    ………. _)..\.) ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ‘ ,__)
    …. /\.__/’-‘/.\( ““` , __)
    …. \.|__(___/ . .““,__)

  260. soerodawoek Buat lho Good

  261. Mbah abu syujak,GOOD!!!

  262. Rihlah Rahmatullah,Good

  263. widodo

    hatur suwun kangge ki sabda langit…telah menggali kembali apa yg sdh lama tertutupi dg gelapnya jaman.
    Desaku yg dl mnjd pusat pemerintahan(kabupaten pesantenan/pati). adlh bgian dr majapahit… dmn bupati pati I ikt menyaksikan kemenangan majapahit. dan smw itu tertulis di slh 1 prasasti yg tersimpan di trowulan…
    @ki wong alus…..rahayu ki…

  264. Sangpurbajati

    heh heh heh

  265. ki ageng sanggalangit

    tulisan sakit hati penyembah leluhur yang tergeser ketimur, jika Azan telang berkumandang maka setanpun pasti terpental………..

  266. Poro sesepuh lan sedulur KWA
    Sedulur kita aktivis pelindung situs
    Trowulan Deddy Endarto kemaren
    menghadapi sidang dipengadilan
    negeri surabaya
    Digugat pemilik pabrik baja
    PT.Manunggal Sentral Baja (MSB)
    Moch.Sundoro Sasongko dalam kasus
    pencemaran nama baik lewat
    jejaring sosial facebook(berita JAWA
    POS 25 april 2014 Halaman 31)
    Monggo kita do’akan semoga ada
    jalan yg terbaik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: