BANGSA MAJU DENGAN BERKARAKTER


By Kang TJ.
Sekretaris KWA Jatim

Perbincangan untuk menjadikan Negara ini maju dari jaman kemerdekaan sampai saat ini tidak ada habisnya, mulai dari hipotesa, seminar, pendapat sampai yang berdasarkan sejarah maupun dalil-dalil yang dianggap menjadi solusi yang sebenarnya ternyata hanya utopis belaka, khayalan. Tidak ada realisasi yang nyata dari semua elemen bangsa.

Ketika tidak ada realisasi mereka beralasan tidak ada kesatuan gerak diantara kita semua untuk mewujudkan Negara yang maju sehingga hal ini dijadikan sebagai alibi bahwasanya pendapatnya benar hanya saja warga Negara Indonesia tidak siap untuk melakukan sebuah perubahan bagi bangsanya. Ya, inilah mental diri kita yang selalu mencari ‘kambing hitam’ untuk menutupi suatu kesalahan yang kita buat, sebuah mental bobrok yang tidak diperlukan di Negara ini. Apalagi dengan menyalahkan Negara-negara lain yang Amerikalah, Israel lah, yahudi lah dan lah-lah lainnya. Apakah anda berharap Negara ini menjadi maju setelah menghancurkan Amerika dan antek-anteknya gitu. Sebuah mental primitive yang tidak siap untuk menjadi bagian dari sebuah peradaban dan kemajuan suatu bangsa.

Sampai kemudian banyak orang-orang mencoba berkiblat kepada Negara – Negara maju untuk kemudian menjadikan hasil kemajuan yang dicapai oleh Negara tersebut untuk diterapkan di Negara kita, dan kemudian apa yang terjadi? Yang terjadi adalah bangsa ini semakin tidak jelas arah kemajuan yang dicapai dan semakin kehilangan jati diri. Mereka benar-benar tidak belajar tetapi berkhayal tentang sebuah kemajuan bagi negaranya. Mereka tidak akan pernah mengerti akan sebuah porses kemajuan untuk bangsa ini.

Bagi kami jati diri sangat diperlukan untuk menggapai sebuah kemajuan, kemajuan apapun itu harus dimulai dari diri sendiri bukan berasal dari jati diri yang meniru orang lain. Dalam sebuah riwayat disebutkan pahamilah dirimu sendiri untuk memahami Allah, untuk mengenal Allah sebagai Tuhan Alam Semesta harus berangkat dari diri sendiri. Kelak ketika manusia mengerti akan hakekat dirinya sendiri maka tabir rahasia Allah akan dibuka oleh Allah sendiri. Sehingga mempelajari hal lain dengan tujuan untuk mengerti hakekat Allah tentu akan sangat sulit dan mustahil.

Di dalam dunia wirausaha maupun dunia kerja ada suatu metode yang sangat terkenal yaitu metode analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Treath) suatu metode untuk mengetahui kemampuan maupun kelemahan diri kita sendiri. Berangkat dari analisa diri sendiri akan didapatkan perhitungan yang matang dan akurat untuk mendapatkan kemenangan maupun menghindari sebuah kekalahan dan kelemahan. Metode analisis SWOT telah banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun individu-individu yang telah mencapai kemajuan maupun kesuksesan yang luar biasa di dalam bidangnya masing-masing. Dari metode analisis SWOT satu hal pokok yang dapat dipelajari adalah kemajuan, kesuksesan, keberhasilan (apapun itu) selalu berangkat dari memahami diri sendiri, hal ini kami anggap sebuah konsep yang diambil dari ‘pahamilah dirimu sendiri untuk memahami Tuhanmu’.

Kenapa harus berangkat dari diri sendiri? Adalah sebuah pertanyaan dasar yang harus kita jawab dengan rasa ketauhidan, rasa nurani yang paling dalam sebagai insan kamil dengan tujuan untuk memperoleh jawaban yang mampu untuk dijadikan pedoman dalam hidup. Berangkat dari sebuah dalil bahwasanya tidak ada kesempurnaan di dunia ini (kesempurnaan hanya milik Allah) dimana Allah telah menjadikan alam semesta agar berjalan sesuai dengan tugasnya yang telah ditetapkan untuknya, masing-masing tidak ada yang lebih unggul dari lainnya. Mereka hanya melaksanakan tugas sebagai hamba Allah sesuai dengan fungsi yang telah diberikan, tidak lebih dari itu. Apakah itu manusia, hewan , tumbuhan, batu, air, bulan, matahari, makhluk ghaib dan semua makhluk lainnya.

Dengan demikian Allah telah menganugerahkan potensi maupun kemampuan bagi tiap makhluknya berbeda-beda, tidak ada yang sama persis, hal ini bertujuan agar terjadi harmonisasi diantara semua ciptaan yang ada. Bayangkan seandainya semua makhluk hidup diberikan kemampuan dan potensi yang sama tentu alam semesta akan semrawut dan langsung terjadi kehancuran yang maha dahsyat. Bayangkan seandainya di negeri ini semuanya menjadi presiden, atau semuanya menjadi tukang becak, atau semuanya menjadi ulama, atau semuanya rame-rame menjadi anggota DPR? …………………………………

Allah Maha Adil dengan segala ciptaanNya, Allah tidak akan dholim kepada makhluknya sedikit pun, hanya saja makhluknya yang tidak mengerti akan Maha Keadilan Allah. Pun demikian jika Allah memberikan potensi yang berbeda bagi tiap-tiap makhluknya dengan tujuan agar mereka bisa saling berharmonisasi atau saling melengkapi kekurangan dan kelebihan dalam kehidupan ini tentu Allah telah memberikan suatu potensi bagi semua bangsa maupun Negara-negara di dunia ini. Sejenak kita belajar dari Negara Jepang. Setelah kalah dalam perang dunia ke dua dimana Negara dalam kehancuran total dan menyisakan berbagai masalah kehidupan, namun Negara tersebut dapat bangkit dan dapat disejajarkan dengan Negara-negara maju lainnya dalan kurun waktu tidak kurang dari tiga dekade, sebuah pencapaian yang luar biasa menurut saya. Dan lihatlah kemajuan negeri Jepang yang dicapai saat ini tapi identitas yang mencirikan sebuah Negara matahari terbit tidak hilang sama sekali, ya mereka telah belajar untuk tidak meniru maupun mengekor Negara lain, tapi bangsa itu melihat ke dalam kemudian bergerak keluar dengan melihat perubahan zaman yang ada.

Kita mundur kebelakang, bagi anda yang suka dengan sejarah kebudayaan islam. Kekhilafaan islam begitu maju, dan kuatnya sampai-sampai orang islam saat ini begitu termanja dalam euphoria sejarah masa lalu. Gaung-gaung untuk menerapkan sistem islam dalam segala sendi kehidupan begitu kuatnya dengan harapan kejayaan masa kemarin akan terulang di masa besok. Orang-orang seperti ini tidak pernah belajar untuk memahami kehidupan dengan benar, mereka hanya mempelajari apa yang tampak diluar (kulitnya). Kalau kita pahami dengan benar bahwasanya kemajuan orang islam dicapai memang dicapai dengan mendayagunakan segala potensi yang diberikan oleh Allah sesuai dengan tempat maupun daerah yang ditempati yang disesuaikan dengan perubahan zaman saat itu.

Konsep untuk menjadikan ideology islam diterapkan di Negara ini kami pikir adalah konsep yang salah kaprah, hal ini akan menyebabkan kita tidak akan mengalami kemajuan sedikit pun. Maksud kami ideology islam yang diterapkan adalah benar-benar mengaplikasikan seluruh sendi kehidupan sesuai dengan kehidupan islam. Apakah anda ingin mengatakan arabisasi? Tunggu dulu, bukan arabisasi tapi islamisasi maksud saya. Kalau begitu anda harus tahu bedanya islamisasi dengan arabisasi. Jangan kemudian Negara ini mau dibuat arabisasi, semua model kehidupan harus mencontohkan kehidupan orang-orang arab atau dengan dalil mencontoh rosulullah. Ok lah saya sangat sepakat kalau kehidupan kita mencontoh rosulullah tapi ingat benang merahnya adalah mana yang menjadi inti ajaran mana yang menjadi sebuah kebudayaan dan kebiasaan.

Contoh kecil kebudayaan arab yang sangat berbeda dengan kebudayaan kita adalah dalam tata karma. Di Negara arab seorang suami memanggil istrinya dengan namanya sendiri adalah bukanlah hal yang tabu di Negara tersebut, maksud saya jika si suami namanya hamdan sementara si istri namanya zaenab, maka si suami memanggil istrinya sehari-hari dengan sebutan wahai zaenab tentu hal itu telah terjadi kepantasan jika diterapkan di Negara arab dan sekitarnya. Tetapi jika kebiasaan tersbut diterapkan di Negara ini akan menyebabkan sebuah ketabuan. Si suami dianggap tidak dapat menghormati pasangannya sebagai wanita yang terhormat, lain lagi jika panggilannya diantara mereka berdua mas dan adik, wah akan terjadi sebuah keromantisan dalam rumah tangganya donk. Atau contoh kecil lainnya sebuah tata karma yang perlu dilestarikan adalah jika kita berjalan kemudian dipinggir jalan ada orang-orang duduk kita akan mengatakan nunsewu atau permisi untuk sekedar menghormati bagi mereka yang sedang duduk karena kita sedang berdiri. Dan masih banyak sekali contoh-contoh lainnya.

Tapi yang saya lakukan kan sesuai dengan perilaku rasulullah. Ya betul! makanya saudara jangan mempelajari suatu ajaran itu dari kulitnya saja tapi pelajari juga inti ajarannya agar anda mengerti kehidupan dengan sebenarnya. Kalau anda menerapkan kebiasaan orang-orang arab di Negara ini tentu anda akan terasing di negeri sendiri. Pahamilah inti ajarannya kemudian aplikasikan dengan keluhuran budaya setempat. Maka jadilah islamisasi bukan arabisasi, ketika hal itu yang anda lakukan anda akan maju sebagai manusia yang berkarakter sesuai dengan titah yang telah diberikan oleh Tuhan.

Negeri ini pernah mengalami kemajuan yang luar biasa, sejarah telah banyak mencatatnya, tanah maupun bumi telah bicara apa yang telah dicapai oleh bangsa ini pada masa lampau. Berbagai kerajaan telah mengukir prestasinya di zamannya masing-masing tentu tidak kalah dengan sejarah keislaman. Bahkan menurut penelitian seorang professor dari Brasil pada tahun 2008 bahwasanya negeri atlantis yang pernah ada dan hilang bak ditelan bumi terletak di tanah jawa, tentu bukan sembarang penelitian tapi penelitian yang telah dilakukan oleh seorang professor. Atlantis bukanlah Negari biasa tapi sebuah Negari yang luar biasa sampai-sampai plato menyebut negeri tersebut sebagai negeri langit, negeri khayangan karena begitu majunya peradaban yang telah dicapainya.

Bukanlah agama yang membuat maju suatu Negara tetapi identitas diri sendiri yang dapat membuat maju suatu Negara. Kalau pada zaman sekarang ini istilah populernya disebut KARAKTER. Ya namanya karakter. Saat ini ramai gembar-gembornya adalah pendidikan berkarakter, dengan tujuan menjadikan Negara ini menjadi Negara berkarakter dan muaranya adalah kemajuan bagi bangsa. Saya sangat sepakat sekali, kita harus mempunyai karakter yang khas sebagai Negara Indonesia. Bukan berkarakter dengan mencontoh karakter Negara lain. Ingat kerajaan sriwijaya sangat maju pada jamannya karena mereka tidak lupa dengan karakter negaranya sendiri, meskipun sebagai kerajaan hindu tapi mereka tidak menerapkan kehidupan agama hindu seperti di Negara asalnya yaitu India, tapi mereka membuat asimilasi untuk diterapkan di Negara sendiri jadilah mereka menjadi Negara yang berkarakter sehingga mencapai kemajuan yang luar biasa, buktinya keberadaan candi prambanan dan candi lainnya di Negara ini. Candi sebagai tempat peribadatan di Negara Indonesia kalau kita teliti akan sangat berbeda sekali dengan tempat peribadatan agama hindu di Negara india, di Negara tersebut tidak ada bangunan candi seperti yang terdapat di tanah jawa. Prambanan adalah hasil dari asimilasi produk orang-orang jaman dahulu untuk menjadikan negeri ini tetap berkarakter. Pun demikian candi-candi lainnya.

Puncaknya adalah terjadi agama budha-syiwa yang terjadi di era majapahit, sejarah mencatat majapahit adalah sebuah kerajaan yang luar biasa hebat, dan sangat besar daerahnya. Satu lagi terjadi proses asimilasi antara agama yang disesuaikan dengan karakter Negara sendiri yaitu budha-syiwa. Tidak ada di dunia manapun sebuah ajaran budha yang dicampur dengan hindu yaitu syiwa. Bukan hanya dalam agama saja tetapi dalam segala sendi kehidupan yang telah dicapai tanpa menghilangkan karakter yang dimiliki, hal ini wajar sehingga banyak manuskrip-manuskrip kuno dari Negara-negara lain yang pernah berafiliasi maupun bersahabat dengan Negara majapahit sebut saja negeri tiongkok maupun negeri-negeri lainnya.

Apa yang menjadi kesimpulan hari ini adalah pentingnya sebuah ‘karakter’ untuk menjadikan Negara ini menjadi Negara yang maju, Negara yang jaya dan disegani oleh Negara-negara lain. Kita telah mempunyai karakter yang khas yang telah diberikan oleh Allah kepada Negara ini, ingat Allah telah memberikan semua potensi berikut peralatannya untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju. Untuk memahami bagaimana karakter yang kita miliki tentu kita harus belajar dari diri sendiri, memahami diri sendiri dan sejatinya diri kita. Untuk belajar memahami diri sendiri tentu kita tidak akan berangkat dari karakter Negara lain atau bahkan mencontoh karakter Negara lain kemudian kita terapkan di Negara Indonesia ini. Menurut kami jika hal tersebut dilakukan tentu akan mustahil untuk mencapai tujuan sebuah Negara maju, karena perbuatan tersebut telah melanggar sunatullah, ya betul sunatullah. Segala potensi yang telah diberikan oleh Tuhan bagi Negara ini tidak dimaksimalkan dengan benar sehingga akan terjadi berbagai kekacauan di segala sendi kehidupan. Jadilah bangsa ini menjadi bangsa yang kehilangan jati diri, kufur terhadap pemberian Allah. Hal ini sama saja ketika negeri ini telah diberikan perangkat yang lengkap untuk menjadi Negara maju eeee malah memakai perangkat Negara lain, apa itu bukan namanya kufur. Ingat dalam Al Qur’an disebutkan yang artinya “bersyukurlah diantara kamu niscaya Kami akan menambahkan (kenikmatan) kepadamu, jika kamu kufur (ingkar) sesungguhnya adzab Kami sangat pedih (dahsyat)”.

Apakah mungkin negeri ini telah di adzab oleh Tuhan karena kurangnya rasa syukur bagi rakyatnya terhadap pemberian Tuhan yaitu jati diri bangsa? Mudah-mudahan tidak demikian. Berbagai masalah sendi kehidupan muncul, kompleksitas masalah telah mencapai puncaknya tapi banyak orang tidak mengerti bagaimana mencari solusi yang benar karena mereka mencari solusi dari luar padahal solusi telah ada di dalam diri sendiri. Kita tinggal menggalinya kembali dan kemudian memunculkan kembali di permukaan untuk dijadikan sebagai blue print, prototype suatu bangsa dengan harapan negeri ini maju dan jaya yang berangkat dari pemahaman diri sendiri dan memunculkan karakter dari dalam sendiri. Leluhur nusantara telah banyak meninggalkan ajaran-ajaran luhur yang mencerminkan karakter bangsa ini, yang menjadikan negeri ini pernah jaya pada jamannya, kita tinggal mempelajari kembali blue print yang telah ditinggalkan oleh leluhur nusantara ini kemudian kita terapkan dan asimilasikan dengan kehidupan di zaman sekarang. Demikianlah yang namanya bersyukur yaitu memaksimalkan pemberian Allah dengan benar yaitu menjadi insan kamil yang beramanah.

Tidak peduli apa agama anda, apakah islam, Kristen, hindu, budha, ataupun konghucu karena bagi kami agama kecil pengaruhnya bagi kesuksesan maupun kemajuan suatu negara. Kuncinya adalah berangkat dari diri sendiri untuk mengenal diri sendiri, analisis SWOT. Hal ini sesuai dengan sunatullah siapa saja yang berhasil mengenali dirinya kemudian memaksimalkan potensinya maka dialah yang mendapat kesuksesan. Bukan suatu agama yang dapat menjadikan manusia menuju sebuah kesuksesan tapi kesuksesan muncul dari berbagai manusia dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Tapi masalahnya negeri ini mayoritas islam! hallo saudara, mau islam ataupun agama lain silakan saja tapi satu yang harus dipegang dan diingat adalah jangan melupakan jati diri bangsa yang telah diberikan Allah kepada kita, karena jati diri itulah yang harus kita pegang dan kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari dan jati diri itulah sebagai amanah Allah yang telah diberikan kepada bangsa ini.

Masihkan anda bermimpi menjadi Negara besar dengan mengekor Negara lain?, kalau itu yang anda lakukan silahkan anda terus bermimpi. Tapi siapkah anda menjadi Negara yang maju dengan berangkat dari dalam sendiri? Kalau itu menjadi pilihan anda bersiap-siaplah menjadi bagian dari suatu Negara yang besar dan maju. Salam budaya. Salam asih asah asuh.

JAYALAH NEGERIKU, JAYALAH NUSANTARAKU JAYALAH INDONESIAKU.

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 100 Komentar

Post navigation

100 thoughts on “BANGSA MAJU DENGAN BERKARAKTER

  1. Ki SamBer GleDek

    Hadir3x

  2. Ki SamBer GleDek

    Sambil duduk2x nich..!

  3. Ki SamBer GleDek

    Jam segini ko blm ada yg hadir nich.!! Ayo mumpung kopi derajehnya masi hangat hangat,hemmmm

  4. Belma

    met pagi dulur kabeh…..
    nyimak aja ah..ah..ah……
    Sudah kita menjadi muslim yang rahmatan lil ‘alamin ????????????????????????????????????

  5. Ki SamBer GleDek

    Sip mantaf kang TJ,
    Salam salim salam rahayu slalu and salam tetap semangat juga njih.!he5x

  6. Bagong

    Absen ah…..Met pagi dan salam sejahtera buat keluarga besar KWA dimanapun berada….

  7. Ki SamBer GleDek

    Belma
    Salam selamat pagi mbah.!?

  8. cowok miskin

    assalamu’alaikum…

  9. Ki SamBer GleDek

    Salam selamat pagi semua sedulurku di kwa ini and salam selamat menjelang rutinitas sehari hari and semoga pd sehat dan dalam damai slalu,.amin3x.

  10. Belma

    Met pagi ki Samber Gledek
    semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan……..saya bukan mbah dan belum pantes dipanggil mbah……baru 17+…..he..he..he..
    Ki Jamang Kilat
    pagi bener kang sudah dikampus????? piket ya???????

  11. Ki SamBer GleDek

    Belma
    La sy malah msh balita mbah.!he5x
    Salam tetap semangat and salam semoga sejah tera slalu,amin3x

  12. m@sumambang

    salam rahayu…kisambar geledek, ki belma…salam kenal cowok miskin…aq hadir mbah..

  13. Jampang Kilat

    Salam………………….

    Negara kita belum mempunyai jati diri yang hakiki,masih senang mengadopsi segala system negara luar untuk diterapkan di Tanah Air,jangan terlupakan bahwa system negara luar belum tentu cocok diterapkan di negara kita,”LAIN LUBUK LAIN ILALANG”…negara ini bisa maju apabila akhlak individunya tertata dengan benar,kuncinya ada pada “SEGUMPAL DAGING (Hati)”..jika hati itu baik maka perbuatanpun menjadi baik dan jika shalatnya baik maka ibadah (perbuatan) yang lainpun menjadi baik…Insya Allah.
    Lalu kepada siapa kita harus menyalahkan semua ini ??
    Tanyakanlah pada diri sendiri….

    Rahayu sedaya-daya…

    ………………….Damai

  14. m@skumambang

    salam rahayu ki ageng jj, ..ki tukang angon…kmn dan kemana….?…

  15. HADIR..

  16. wong edan

    asslmu^alaikum wrwb,hheeeee,

  17. Askalifah

    16

  18. Askalifah

    Salam paseduluran buat sesepuh KWA dan sedulur smua

  19. Wibowo

    Salam rahayu dumateng Ki Ageng JJ Kang TJ serta bolo wong alus semua artikell y4n9 sangat bermanfaat ssekali semgga menjadi pencerahan ediologi bagi kita semua… Nderek nyimak Ki…

  20. Rahayu untuk semuanya.

    selamat datang mas wibowo, mudah mudahan panjenengan selalu memdapatkan rahmat dan hidayahnya dan selalu berwibawa di manapun beada, sdh di mana sekarang?

    pencerahan yang Mantab

    nderek ndeprok….sambil nyimak

  21. Suma/amus

    Hadir

  22. WONG GENDENG

    Assalamualaikum….
    hadir….
    absen ….
    nyimak…..
    n comment…..
    DUNIA INI SUDAH ADA YANG NGATUR KAPAN SUATU BANGSA AKAN BERJAYA DAN KAPAN AKAN MUNDUR DAN AMBRUK….YANG PENTING BAGAIMANA MASING2 DIRI BERJALAN SESUAI DENGAN TUJUAN PENCIPTAAN/BERIBADAH, SELAMATKANLAH DIRIMU DAN KELUARGAMU DARI API NERAKA [inilah misi kita di dunia...klo gak ada yang setuju ya udah ini jadi misi saya ajah tak borong abiz qi qi qi qii..]

  23. Hr Panca

    Salam paseduluran,, salam salim @ki smbr gledek
    @ki mas Tj
    @ki Belma
    @ki jampang kilat
    @ki Ageng jj
    @ki m@skumambang
    @ki jaka dewa, salam kenal
    @ki Bagong
    @ ki Askalifah,salam kenal jg
    @All, sesepuh dan bolo Wong alus sedoyo. Semangat pagi menjelang siang,slmt beraktifitas.
    Ikut nyimak, tetep semangat berkarya untk kmjuan Indonesia..Monggo silahkan dilanjut,

  24. thanmust thepos

    Mantaf Kang TJ.
    Salam Salim
    Salam Takzim
    Salam Paseduluran

  25. pangeran mangku bumi

    hem nderek nyimak kewawon salam karahayon kanggo bolo kwa kabeh .hayu 3

  26. Assalamu’alaikum Warohmatullahi wabarokatuhu

    Ketika ketulusan hati telah menyatu dalam ikatan Silahturahim, maka pada saat sahabat2, saudaraku2 Fillah membaca Tulisan kami ini, kami sangat mengharpkan Partisipasinya dan dapat mentransfer sedekah untuk Yayasan Pendidikan Islam & Pondok Pesantren As Syahidah Tauhid yang kami kelola. tentu sangat sebanding dengan nilai kepuasan dan ketulusan yang Sahabat2, saudara2ku rasakan dengan tanpa beban apa – apa, sebab benarlah apa yang dikatakan orang bijak : ” APAPUN YANG KITA BERIKAN DENGAN KETULUSAN HATI, SESUNGGUHNYA ITU ADALAH MILIK KITA SELAMANYA”.

    Memberi terasa menerima, menerima terasa memberi, sungguh tiada kebaikan bagi harta kecuali bila di sertai dengan KEDERMAWANAN. maka berdo’alaj para Malaikat : ” Ya Allah, berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang telah menginfaqkan hartanya..”.

    maka dari itu dengan kerendahan hati kami, memohon dengan sepuluh jari kami, kami harap saudara2ku semua dimana saja berada dapat membantu kami dengan mengeluarkan hartanya baik berupa uang maupun barang.

    anda dapat menstranfer sedekah melalui via bank :

    BANK BCA No Rek : 8115060801, an. Budiono
    BANK BNI No Rek : 0219874971 A/N : Bpk. Budiono
    BANK MANDIRI No Rek : 106-00-0995273-3 A/N : Budiono
    BANK BRI No Rek : 3344-01-030645-53-6 A/N : Budiono

    setelah transfer harap saudara2ku semua mengkonfirmasi melalui SMS dengan cara KETIK : NAMA LENGKAP # ALAMAT # DONASI # BANK KIRIM KE HP 087868307140 – 081396256583
    konfirmasi anda berguna untuk kami catat di BLOG KAMI, DINDING YAYASAN KAMI DAN MEDIA CETAK.

    Demi Allah yang Maha segala- galanya, ini bukan penipuan.

    Terima kasih atas segala bantuan saudara – saudara, semoga Allah swt selalu melimpahkan RahmatNya kepada kita semua .

    Untuk menjaga BURUKSANGKAH, kami harap saudara2 dapat hadir untuk melihat LOKASI. atau kami akan mengirim PROPOSAL ke alamat anda atau kenalan anda.
    wassalamu’alaikum wrw b

    Ustadz Muhammad Budiono Al Amin

    klik juga blog kami di http://yayasanassyahidahtauhid.blogspot.com/

    http://yptauhid.wordpress.com/

  27. mantab surantab

  28. Lembah Dieng

    mantap….

  29. Mantab…… and harus di wujudkan

    wassalam

  30. Ronggolawe

    Assalamu’alaikum
    absen….
    mangstab….
    salam paseduluran kagem panjenengan semua
    Wassalam

  31. pendekar keris mas

    Salam kenal dan Silaturahmi, wselamat Hari Raya Aidil Adha….amat menarik segala posting, dan kiriman dari teman2 disini. berbanyak mohon maaf saya mahu tanya semoga ada yang info. tentang amalan Membela Harimau/macan yg kadang ada saya terdengar dari mulut2 orang2 lama…mungkin ilmu membela harimau ini banyak jenis nya, dan katogerinya…ada Harimau yg betul2 dan mungkin juga Harimau yg tak berapa betul dan langsung tak betul..cuma jelmaan sahaja..mungkin ada sobat2 yg sudi infokan apa itu Harimua dari Suku Kerinci,..diSumatera…maksud saya hanya suku Kerunci saja yg yg dapat mewarisi ilmu itu….sekian dulu harapberbanyak ampun maaf atas soalan dari saya yang bodoh dan jahil ini…terima kasih…

  32. Pratama

    Agama juga cukup penting,.
    Bila sesesorang mau mempelajari,memahami dan menjalani maka tidak akan ada lg korupsi,kolusi,nepotisme dan sebagainya, maka dapat majulah negri ini.
    Dan kalo bisa maju dunia juga maju diakhirat,.
    Apakah anda mau memiliki negara maju tetapi banyak rumah perjudian dan menjamurnya rumah bordil???
    MAAF AGAMA JUGA PENTING MAS,.!!

  33. Bagimu negri jiwa raga kami

  34. Pratama

    Jika para pejabat seperti sedulur2 di kwa ini yg memiliki moto sepi ing pamrih rame ing gawe terbukti dengan even2 yg diselenggarakan dan program2nya, mungkin negara ini bisa maju,

  35. -Ki Thepos….ijin ndeprok ki…
    -M@skumambang….kabarku baik-baik saja…dan tidak kemana-mana…hanya saja sedang pilek,batuk…jadi ndeprok dulu di saka guru Kampus KWA…..
    -Mas Hr Panca….gimana kabar ?
    -Shahabatku Belma…gimana kabar ?
    -Saudaraku Ki Jampang Kilat….apa kabar ?
    semua sedulurku di KWA salam asih…ijin absen siang…

  36. @keris mas… Ilmu harimau di kerinci memang ada…tp sekarang udah langka… Orang yg menguasai ilmu itu memang bisa berubah wujudnya menjadi harimau seutuhx…bisanya orang yg menguasai ilmu itu hidupnya menyendiri jauh dr keramaian…tanda kl org punya ilmu itu bibir atas bawah hidung gk ada lekukx…
    Kl anda ingin menguasai ilmu itu…anda harus bertemu sosok gaib manusia harimau yg bernama…

  37. thanmust thepos

    Pamit dulu ah, wassalam

  38. thanmust thepos

    Sebelum pergi,
    @Tukang Angon : Silahkan.
    @Pratama : Betul Sekali mas, tapi memang semuanya harus seimbang. Dan memang harus ada yang seperti itu mas, kalau gak ada apa bedanya manusia dengan malaikat? Repot juga kan kalau semua baik, entar gak ada polisi, gak ada jaksa, hakim, ustad dll ( eh maaf ngelantur )
    To All : Pamit dulu ah.

  39. haryo penangsang

    assalamualaikum,

  40. asalamu’alaikum wr.wb…salam rahayu buat sesepuh & para sedulur kwa….

  41. Hr Panca

    Salam salim @kang mas Tukang angon kbr baik kang mas,kpan nih kwa tngrng kumpul2 ? @ki jampang kilat
    @ki Samber gledek
    @ki M@skumambang
    @ki lintang sumirat
    sugeng sonten, Sugeng ngayai kwajibn.

  42. nyimak…..aja….lanjuuuut om…..sy duduk dibelakang…..

  43. mendung2 kya gini enak ngampus di KWA sambl ditemani kopi hangat & rokok, wahh… Mantep! Hehe… :-D

    Assalamualaikum sesepuh & bolwongalus semuanya! Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, amin…
    Monggo dilanjut…

  44. adim

    selamat sore saudaraku semuanya … derek yimak monggo dilanjut ….

  45. adim

    @ WONG PUTRI …
    bagi-bagi donk ilmunya …. makasih … semoga aja aku dapat limpahan ilmunya …

  46. adim

    @ mbah thanmust thepos …. salam rahayu slm kangen mbah …

    @ PENGEMBARA … kurang satu temannya … heheh apa hayoooo mendung2 kayak gini ….hihihih

  47. @hr panca…sugeng sonten mbah…lan sugeng ngayai kewajibanipon…

  48. bhumipasra mudra

    Saya akan menjabar sedikit tentang konsep trimurti brahma-wisnu-siwa, saya dulu anti hindu setelah bertemu dengan seseorang mata saya terbuka lebar, selama ini saya sudah salah kaprah dalam memahami hindu,ternyata hindu adalah istilah digunakan oleh kolonial inggris untuk menyebut agama orang-orang pribumi hindia, nama aslinya adalah SANATA DARMA dan ini tidak pernah dibuka secara luas bahkan saya yakin orang yang beragama hindu sendiri banyak yang tidak tahu, Saya akan menjabar sedikit tentang konsep trimurti(3 kekuatan) brahma-wisnu-siwa, Allah mempunyai 3 kekuasaan atau kewanangan yang pertama adalah pencipta, pemelihara, penghukum atau perusak. Ketika Allah mencipta disebut brahma ketika Allah memelihara alam semesta termasuk manusia disebut wisnu, ketika Allah menghukum disebut siwa, (sebenarnya ketika siwa menghukum atau merusak atau melebur adalah untuk menjaga kesimbangan kehidupan di alam semesta dan dari 3 kekuasaan tersebut masing-masing ada 33 sifat yang merupakan penjabaran dari konsep tri murti) entah kenapa lama-kelamaan trimurti di jadikan tokoh jadi dewa brahma dewa wisnu dan dewa siwa padahal konsep SANATA DARMA yang sejati bukan seperti itu, dan saya berani bilang Hindu atau Sanatadarma sejatinya adalah tauhid, itu kenapa sebabnya Islam ada di indonesia Islam mengembalikan kesadaran tentang tauhid yang sudah ribuan tahun hilang, aslinya orang indonesia dari Aceh sampai Papua adalah tauhid tapi seiring waktu banyak perubahan banyak orang indonesia tidak lagi bertauhid, bahkan orang islam pun sudah banyak yang tidak bertauhid lagi, Majapahit menjadi hebat karena konsep penyatuan nusantara yang di desain oleh kertanegara, kertanegara tidak sempat mewujudkannya karena keburu dikudeta oleh jaya katwang, untungnya kertanegara sempat mengajarkan konsep tersebut kepada raden wijaya, ketika majapahit berdiri raden wijaya tidak sempat menerapkan konsep penyatuan musantara karena sibuk menghadapi pemberontakan, ketika jayanegara menjadi raja menggantikan raden wijaya dia juga tidak bisa menerapkan konsep tersebut karena jayanegara adalah raja yang cabul bahkan adiknya sendiri pengen dikawinin, baru setelah tribuwana tungga dewi jadi ratu menggatikan jayanegara konsep tersebut bisa di wujudkan, jadi yang membuat majapahit hebat adalah tribuwana tunggadewi bukan gajah mada, gajah mada adalah pelaksana otak dibalik kehebatan gajah mada adalah tribuwanatunggadewi, setelah tribuwatunggadewi wafat majapahit pelan-pelan mengalami kemunduran. Jaman majapahit banyak sempalan-sempalan agama contohnya Siwa-Budha seperti yang ditulis oleh tajudin tapi Siwa-Budha tidak lama keberadaannya karena Siwa-Budha sendiri di cap sesat oleh kelompok agama mayoritas, kejadiannya mirip ahmadiyah yang ada di indonesia, adalagi agama sempalan dijaman majapahit yaitu agama Birowo, agama sadis karena agama ini mengorbankan manusia untuk ritual ibadahnya, biasanya dari kalangan sudra, wasia dan paria, penganut agama ini adalah bangsawan majapahit, Tidak hanya indonesia yang sedang mengalami kesulita hampir semua negara mengalami kesulitan, bencana alam tidak cuma terjadi di indonesia, ada kejadian unik di Amerika tepatnya di arizona, di awal oktober 2011terjadi badai pasir, keadannya jadi gelap gulita setelah badai pasir pergi, banyak warga bingung kaeran melihat matahuri terbenam dari timur..itu sebuah tanda alam akan munculnya kekuatan dari timur, yang mudah-mudahan akan membawa kesejahteraan bagi seluruh alam semesta,

  49. Ki Mas Danqow

    Salam Rahayu…
    POSTINGAN YG MANTAP TUK MEMBAKAR SEMANGAT JUANG KITA SEMUA…..

    SARAN SAYA : [AGAR INDONESIA BANGKIT LEBIH BAIK LAGI KEMBALI SAJA KEPADA PANCASILA SAKTI... SELESAI, KARENA SEKARANG INI SUDAH BUKAN INDONESIA LAGI : INDONESIA ITU PANCASILA DASARNYA.... KARENA INDONESIA SAAT INI TELAH KELUAR DARI ISI PANCASILA ITU DALAM PELAKSANAAN DISEGALA BIDANGNYA].

    [LIHAT PERJANJIAN BUNG KARNO KETIKA MENGETUK 17 AGUSTUS 1945 SBG HARI FUTUH : ITU BARU SURAT AL ISRA (SURAT 17) ARTINYA : INDONESIA MASIH TAHAP PERJALANAN (BELUM SEMPURNA KARENA SAAT ITU MASIH RIS, UUDS.. D.L.L), DAN BUKA AYAT 8-NYA : ISINYA SEJALAN DENGAN PREAMBULE DAN KONDISI INDONESIA SAAT INI.... YAKNI : BILA BERSATU PADU (MENEPATI JANJI) AKAN DAPAT RAHMAT DAN BILA BERPECAH BELAH (INGKAR JANJI) SEPERTI MASA LALU, MAKA NERAKA JAHANAM SEBAGAI PENJARANYA. FOKUS KEPADA EKONOMI, PENDIDIKAN, DAN KESEHATAN YG SEJALAN KEPADA PANCASILA, SARAN SAYA AGAR KEMBALI SAJA KEPADA PANCASILA SAKTI DISEGALA BIDANG.. SELESAI].

    [Salam Persatuan... Salam Jabat dan Peluk buat Anak Negeri di Nuswantara ini, yg merindukan Indonesia agar kembali kepada Thorekat Pancasila].
    Nuwun.

  50. wong mbohol

    sdg terpukul krn family meninggal dunia tdi siang, meninggalkan 3 yatim piatu yg msh kecil.

  51. absen malam

  52. Ki SaBer GleDek

    Hadir Absen selawa pagi semuanya.!!

  53. aziz

    selamat pagi semua
    sugeng enjing
    @ pengurus
    @ sesepuh
    @ bolo alus
    @ smua yang hadir
    lam kenal semua…..
    mahasiswa baru….
    mhon bimbingan’y bro

  54. PENYELARASAN MANUSIA DGN ALAM 08989724127

  55. WONG GENDENG

    Assalamualaikum…
    semangat pagi dunia…!!!
    @ wong mbohol
    Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun…saya turut prihatin KI…
    @Ki SaBer GleDek
    wuah capek ya Ki…musim hujan sibuk kirim gledek pe gak kuay ngetik qi qi qi qiii…
    @ All mbah2 poro sesepuh K.W.A. apa belum tahu penderitaan Safirah atau emang kagak peduli???

  56. Ki SaBer GleDek

    Salam selamat pagi and salam rahayu slalu tuk sedulur semua yg hadiir!!
    Wong Gendeng
    Bener cuapek banget mbah,main ucing ucingan dgn tukang sarang hujan kale,!qiqiqiqiqiqi

  57. Ki SaBer GleDek

    Pada kemana nich mbah2 semuanya.??apa jangan2 kebanyakan sate kale,jd pada leuleus sadayana.!he9x

  58. Ki SaBer GleDek

    Ayo kopi kopi..!!!

  59. Ki SaBer GleDek

    Kopi susu da siap jg nich.!!

  60. WONG GENDENG

    Ki SaBer GleDek
    biar gak capek bagi2 tugas ma si GUNDALA donk apa ma NARUTO qi qi qi qii…..
    wah… harus pasang arde neh buat nangkal petir hwakwkwk….

  61. Ki SaBer GleDek

    Yg ga suka kopi,bandrek jg ada ko’,!he5x

  62. WONG GENDENG

    permisi mbah mo bercanda ma penghuni sawah pamit mundur nggeh…met piket qiqiqiqiqiii..

  63. Ki SaBer GleDek

    Bandrek+susu+madu+sabu sabu+krupu udang+buhur 234+++ emang mantaaaaff,qiqiqiqiqiqi

  64. Ki SaBer GleDek

    Wong Gendeng
    He6x siap mbah,ntk di kondisikan and mau kemana lagi nich.??qiqiqiqi

  65. Ki SamBer GleDek

    Mbah janpaaaaaang.!

  66. Ki SamBer GleDek

    Mbah thanmuuuust thepos.

  67. Ki SamBer GleDek

    Mbah haryooooooo.!!!

  68. Ki SamBer GleDek

    Yg lagi ganti bajuuuuu.!
    Mbah wawan eeeeeees.!he5

  69. Ki SamBer GleDek

    Mbah jatiiiiiii.!!

  70. Gagak Lumayung

    Ki SamBer GleDek, haaaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrr……………….

  71. Ki SamBer GleDek

    Mbah Arifyantoooo.!!he5

  72. Gagak Lumayung

    Ki Thanmust Thepos, haaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…………….
    Ki Jampang Kilat, haaaaaaaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr …………………….

  73. Ki SamBer GleDek

    Uyut gagak lumayuuuuung

  74. Gagak Lumayung

    Ki Nur Jati, haaaaaaaaaaaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr………………

  75. Ki SamBer GleDek

    Mbah L lembu surooooo.!

  76. Gagak Lumayung

    Ki Wong Alus haaaaaaaaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr, kami butuh bantuanmu………………………………..

  77. Ki SamBer GleDek

    Ki jenbar juman torooooo.!!

  78. Ki SamBer GleDek

    Yg jarang absen and sibuk slalu,mbah seloooooooooorr!wkwkwkwkwkwkwkwk

  79. Ki SamBer GleDek

    Yang hbs merit and selamat dan semoga menjadi keluarga yg sakhinah mawaddah warohmah and semoga tambah lancar rizkinyaaa..mbah Raihlah Rahmatullah.qiqiqiqiqi

  80. chai`ya

    Selamat pagii.. Mau koreksi dikit tulisan kang TJ – Srivijaya bukan kerajaan Hindu tapi kerajaan Budah, ada biksu terkenal yg belajar ke Srivijaya namanya Atisha kemudian dia mengembangkan Vajrayana keTibet. Candi yang dibangun selain Kalasan juga Borobudur dll,

  81. Ki SamBer GleDek

    Ya blm ke absen maaf ya,pulsanya da lemot nich,!!
    Mbah Gagak l,monggo di lanjut ngabsenya,sy tak nyari pulsa dulu mbah,he5x

  82. thanmust thepos

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Selamat pagi
    Sugeng enjing

  83. thanmust thepos

    derek hadir dan nyimak lagi

  84. Hr Panca

    Absent pagi mnjlng siang.. Salam karaharjan @ki samber gledek,
    @ ki mas Danqow
    @ki lintang sumirat
    @ki jampang kilat
    @ki m@skumambang
    @ki mas Tukang angon
    @All bolo kwa semua. Smangat pagi slmt braktifitas.

  85. Wibowo

    Ki Ageng JJ saya skrg sUd4H di palembang Ki, mencari persyaratan kmrin insya allah mALaM bsook hadir di padepokan Banten.
    Ki Rihlah Rahmatullah tAnGgaL 13 nikah mhn maaf ki tiDax bsa hadir ke sukabumi tterima kasih atas ilmu y4n9 sUd4H di ijazzahkan zEm094 lancar n cepet dapat momongan hE…hE… he hE…. :)
    To boolo wongalus salam rahayu n salam pasedulurran

  86. tak bernama

    nyimak

  87. MBAH ARIFYANTO

    @wong mbohol:saya turut berduka yang sedalam dalamnya atas kepergian familinya moga panjenengan selalu di beri kesabaran dan ketabahan buat menjalanin hidup kedepannya
    @all sesepuh ……………..hadirr….hadirrr..panjenengan panjenengan diminta hadir oleh…gagak lumayung
    @wong gendeng:al fatehah sent moga banyak rezekinya dan makin jaya,al fatehah sent…………
    @ki sambar gledek:petirnya minta dong buat charge akki sepeda motor
    @ki thankmust the post:salam rahayu….wihhh tambah cakep aja,resepnya apa nich…..share juga dong amalannya……….
    @ki mas danqow:al fatehah sent……
    @ki jampang kilat:makin lama gerakannya makin seperti kilat
    all sedulur yang tidak bisa saya sebutkan di sini salam KWAngen semua…………

  88. thanmust thepos

    pamit dulu
    mau nyangkul

  89. thanmust thepos

    @MBAH ARIFYANTO : Salam Rahayu ugi mBah Arif, Resepnya cuma satu mBah, Pasrah.
    @Wong Bohol : nDerek Prihatin ingkang lebet mas, mugi2 Gusti Alloh tansah paring kanugrahan dumateng panjenengan. Amin

  90. sarmidi

    SALAM

    SAYA BARU LIHAT INI BLOG, BEGITU BANYAK ILMU GAIB DAN ILMU AGAMA YG DI POSTING, TAPI YANG MENARIK ITU ADALAH ILMU GAIBNYA SANGAT BANYAK SEKALI, SAYA HANYA BERPIKIR APA ILMU GAIB YG BEGITU BANYAK KENAPA INDONESIA ITU MASIH KRISIS MORAL YAH ? APAKAH ILMU YG DIPELAJARI TIDAK SEJALAN DENGAN AKHLAK DAN LEBIH PARAH MASA INDONESIA YG NGAKU2 BANYAK ORANG SAKTI KALAH DENGAN NEGARA LAIN. SAYA JG MERASA ANEH APAKAH ILMU DIDALAM BLOG INI BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN ISI, KARENA KITA TIDAK TAHU ILMU INI DARI SIAPA ? DAN ADAKAH YG SUDAH MEMBUKTIKAN ISI BLOG INI ?

  91. tilung

    Assalamualaikum para sedulur dan sesepuh, salam paseduluran.

    @sarmidi, salam kenal. sepertinya kita punya hobi yang sama, liat surfing blog, dan paling seneng kalo ada pembuktian. Kebanyakan kalau nanya bukti di blog maka jawabnya ” disini adalah tempat belajar dan sharing”. Kalau mau pembuktian / tajrib, itu hal yang paling saya senangi, lebih enak berkunjung ke tempat sesepuh atau main ketempat saja saja.
    Saya sependapat dengan pak Sarmidi, sebagian saudara kita yang mengalami krisis moral, ekonomi, dan krisis pangan dan kurang pendidikan dan kesehatan yang layak. Tugas kitalah membantu saudara saudara kita meluruskan jalannya. Mari kita jadikan Indonesia berakhlak dan berbudi pekerti baik.
    Juga tugas kita membantu saudara kita yang kesulitan ekonomi dan kesehatan yang layak dengan bakti sosial penyembuhan gratis. Tugas kita menolong orang orang yang kekurangan pangan dengan membantu bagaimana bisa mendapatkan rejeki yang lebih baik. Kalau mengenai pendidikan yang lebih baik, kampus disini mungkin hanya fokus di ilmu supranatural. Ilmu kedokteran, Fisika, Biologi, Ekonomi, Teknik ada di bangku kuliah Univeritas atau institut yang harus bayar uang kuliah. Kalau mau gratis, harus berprestasi dan cari beasiswa seperti saya.

    Wasallamualaikum

  92. Cakji

    Semangat sore
    semangat paseduluran
    nggak pakai cling…..

  93. asslamualaikummm
    salim dan rahayu sedulur KWA
    dan sepakat bgt kita harus menjadi bangsa yang berkarakter dan berbudaya luhur…….
    ayo sedulur bangkit………dan terus berdoa.
    suwun kang TJ.

  94. Ass Wr Wb
    Saudaraku yang budiman, mohon maaf jika mengusik ketenangan /privasi anda, saya numpang promosi disini. Solusi keuangan anda, bukan tipu tipu ,mohon gabung dan dan simak disini

    http://www.hastakiwa.blogspot.com

    Matur thankyou atas kebaikan anda semua.
    Wass. Wr. Wb. Qolbitu sedulur KWA

  95. Ki SamBer GleDek

    Hadir3x selamat sore and salam rahayu tuk sedulur semuanye..thank kayu,

  96. Ude merdeka dari londo??????lupa ame bung karno,,,rebutan korupsi meraja lela??????? engga punya TUHAN<,anncur negara kite

  97. flam boyan

    ijin nyimak

  98. bajul kesupen 262

    mantap

  99. brontok

    @[106780072679372:0]

  100. brontok

    @%[106780072679372:0]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: