DUKA DI BUMI LANGITAN


 INNALILLAHI WAINNA ILAIHI ROJIUN. telah berpulang ke Rahmat ALLAH SWT, KYAI HAJI ABDULLAH FAQIH, Ketua Majlis Masayikh Pondok Langitan Widang Tuban Jatim, Selasa 28 Februari 2012, Petang JAM 19.OO WIB. 

================================

“GERAKKAN TANGANMU, MAKA AKAN AKU TURUNKAN REJEKI KEPADAMU,”

Di meja saya, terpampang potret beliau. Foto itu saya dapatkan ketika tahun 1999 saya ditugasi kantor redaksi yang berlokasi di Graha Pena Surabaya untuk meliput satu kasus yang terjadi di Tuban. Tak urung saat itu saya mampir untuk sowan ke Pondok Pesantren yang namanya sudah melegenda di seantero tanah air itu. Di situlah saya mendapatkan foto KH Abdullah Faqih, sosok yang disebut publik sebagai salah satu “kyai khos” dari sekian banyak Kyai Khos tanah Jawa.

Meski tidak sempat bertemu dengan Kyai Abdullah Faqih, namun saya sempat ditemui oleh seorang putra beliau di rumahnya. Ia sempat menceritakan sosok dan figur sang ayah kelahiran tahun 1932 yang pada hari Selasa petang 28 Februari 2012 ini dipanggil kehadirat Allah SWT tersebut. Menurut sang putra, tradisi kesederhanaan ulama sangat meresap ke dalam diri Kyai Abdullah Faqih. Ia tak segan mengurusi sawah dan kebunnya. Terkadang pula terlihat dirinya ngurusi toko dan urusan lainnya. “Setiap orang harus bekerja, sekaligus buat contoh santri dan masyarakat sekitar. Kalau seluruh waktunya hanya dihabiskan untuk mengajar dan mengajar saja, nanti dikira masyarakat seorang kyai itu sudah tak mengurusi urusan-urusan duniawiyah lagi. Gerakkan tanganmu maka aku (Allah SWT) akan turunkan rezeki kepadamu” kata KH Abdullah Faqih menyitir hadits Qudsi pada suatu ketika.

Terkait dengan kondisi bangsa saat ini, melalui putranya itu, Kyai Abdullah Faqih terbiasa mewasiatkan agar setiap orang di negeri ini segera melakukan taubat nasuha baik secara pribadi maupun secara berjamaah. “Tidak perlu ribut dan beramai-ramai. Lakukanlah berzikir sendiri-sendiri dengan memperbanyak bacaan istighfar,” ujar KH Abdullah Faqih sebagaimana yang dijelaskan sang putra. Menurut KH Abdullah Faqih, jika setiap orang mau mengakui dosa-dosanya dengan memperbanyak beristighfar, insya Allah negeri ini akan aman sentosa. Seperti yang tertera dalam al-Qur’an, bahwa Allah tidak akan menimpakan azab bagi suatu kaum, selama kaum tersebut mau melakukan istigfar,” ujar sang putra mengingat pesan-pesan almarhum.

Setiap bencana, dalam pemahaman Kyai Faqih ada dua maksud; sebagai peringatan atau untuk peningkatan derajat. Sementara musibah beruntun yang menimpa bangsa ini, kita perlu merenungkan apakah untuk meningkatkan kualitas bangsa ataukah karena banyaknya dosa-dosa yang dilakukan. “Kalau melihat lahiriahnya, bangsa Indonesia itu sudah terlalu kebanyakan maksiat,” kata sang putra. Kesederhanaan kyai Abdullah Faqih sangat lekat hingga akhir hayatnya. Meskipun tak sedikit tokoh penting di negeri ini sowan kepadanya, namun dirinya merasa cukup. Ia tinggal di sebuah rumah berdinding papan, serta lantai rumah dari tegel biasa dan meja kursi yang seadanya yang berada di tengah Ponpes Langitan.

Dikisahkan putra tersebut, sejak kecil Ketua Majlis Masayikh Pondok Langitan ini dihabiskan di lingkungan Pondok Langitan bersama saudara-saudaranya untuk belajar ke ayahandanya Kyai Abdul Hadi. “Kamu cukup mengaji saja. Sebab kalau sekolah, kamu mesti akan pula meninggalkan pondok. Padahal jika pesantren itu sudah ditumbuhi ilalang, akan sulit sekali merawatnya. Ia akan menjadi sepi santri dan ditumbuhi semak belukar,” kisahnya menirukan ucapan Kyai Abdul Hadi sang kakek. Simbah buyut yang tak lain pendiri Ponpes Langitan memiliki kewaskitaan bahwa yang bisa untuk meneruskan tongkat estafet mengasuh pondok adalah kyai Abdullah Faqih. Oleh karenanya, kyai Abdullah faqih diberi amanah agar belajar mengaji dan tidak perlu sekolah.

Di usianya yang relatif muda, 15 tahun ia sudah bisa menguasai kitab kuning. Di saat itulah Kyai Faqih mulai mengajar para santri. Saat itu sebenarnya masih ingin nyantri di pondok lain, tetapi sang ayah Kyai Abdul Hadi tetap melarang lantaran ilmunya dirasa belum cukup. Pada tahun 1950-an, Kyai Abdullah Faqih nyantri ke pondok pesantren Lasem Jawa Tengah pada Mbah Kyai Maksum yang tak lain ayaha Kyai Ali maksum Krapyak Yogyakarta. Ia juga berguru kepada Syeckh Masduqi yang lama tinggal di Mekkah, Kyai Baidlowi ayah dari kyai Hamid Baidlowi dan juga ngaji kepada Kyai Mansur. Selama dua tahun setengah Kyai Faqih menjalani kehidupan di Pondok Lasem. Setelah pulang ke rumah halaman, dirinya justru merasa tak kerasan. Itulah yang mendorongnya untuk berangkat nyantri ke Pondok Senori Tuban. Di sini dirinya diasuh langsung oleh Kyai Abu Fadhol yang telah banyak mengarang kitab kuning.

Selepas dari Tuban, Kyai Abdullah Faqih pulang dan mendirikan madrasah formal bersama pamannya Kyai Ahmad Marzuki. Bagi santri yang tamat madrasah enam tahun ini, mereka harus menguasai kitab kuning dan hafal Alfiyah. Melihat lulusannya yang cukup menggembirakan, lalu didirikanlah lanjutannya berupa sekolah Mu’allimin 3 tahun. Meskipun publik masyarakat menilai Kyai Abdullah Faqih termasuk kyai khos yang ilmu agamanya sangat mumpuni, namun dirinya masih merasa haus ilmu dan masih ingin nyantri kembali ke pondok lain. Namun lantaran kesibukan di pondok terpaksa harus mengurungkan niatan tersebut. Lebih-lebih setelah Kyai Marzuki pergi ke tanah suci di tahun tahun 1953, sehingga Kyai Faqih menggantikan sepenuhnya tugas-tugas beliau. Untuk menuruti keinginannya itu, setiap tahunnya dirinya selalu pergi ngaji bulanan dengan cara sowan ke beberapa Kyai Sepuh lain. Dalam mengelola pondok pesantren, Kyai Faqih senantiasa berpegang pada wejangan kyai-kyai sepuh yang telah turut membimbingnya. Seperti wejangan dari Mbah Kyai Maksum agar orang itu jangan sampai nggak mengajar. Sementara dari kakeknya Kyai Khozin, selalu menekankan agar dalam mengajar suatu kitab itu jangan sampai tidak selesai.

Jumlah yang ngaji anak berapa pun harus tetap diajarnya secara sungguh-sungguh. Ayahandanya sendiri pernah mencontohkan bagaimana memegang amanat tersebut. Pada zaman agresi Belanda, santri pondok Langitan pernah bubar sama sekali. Tak satupun santri yang berani tetap tinggal di sana. Dalam kondisi semacam itu, Kyai Abdul Hadi tetap melanjutkan ngajinya. Tak pernah sama sekali meliburkan pengajian yang ada. Padahal waktu itu yang ngaji cuma Kyai Abdullah Faqih bersama dengan sepupunya. Dan kalau malam terpaksa memakai lampu oblek, karena situasi peperangan yang mencekam. Itulah tekad Abdullah Faqih untuk memperjuangkan agama. Untuk menghidupkan agama itu, nggak ada lain kecuali ilmu agama. Tidak bisa agama itu dikembangkan melalui jalan selain ilmu.

“Motor nggak bisa jalan kalau tak diisi bensin terlebih dahulu. Nah, jika ada motor yang bisa jalan padahal nggak ada bensinnya, berarti motor tersebut didorong,” ujar KH Abdullah Faqih sebagaimana yang dituturkan sang putra. AL FATIHAH TERKIRIMKAN UNTUK MU, GURU KITA SEMUA…..

@Wongalus, 2012

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 145 Komentar

Post navigation

145 thoughts on “DUKA DI BUMI LANGITAN

  1. Patramantra

    Smoga arwahnya ditempatkan disisiNya dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan hati.

  2. watuireng

    ya……Allah……….

  3. watuireng

    satu persatu orang baik telah Kau panggil….

  4. Al Fatihah …..hilang satu lagi permata pada abad ini
    ….amin

  5. Adim

    INNALILLAHI WAINNA ILAIHI ROJIUN … kami sekeluarga turut belasungkawa ..
    alfatikha …1x

  6. Ali Zaidi

    Ass.wr.wb. Kepada para sedulur KWA dimana saja Anda berada, mari kita sama-sama kirimkan bacaan surah Al-Fatihah Untuk Alm. KH. ABDULLAH FAQIH sang Guru kita, semoga segala amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa-dosanya, serta seluruh keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT. Amin Yaa Robbal “alamiin.

  7. LUTFI

    AL FATIHAH

  8. agungsedayu

    turut berbelasungkawa….
    atas wafatnya Kyai haji Abdullah faqih…
    Alfatigkhah…..sent.

  9. KI SAMBER GLEDEK

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un..

  10. الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون

  11. KI SAMBER GLEDEK

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un..semoga amal ibadahnya di terima dissinya(allah swt) amin3x

  12. KI SAMBER GLEDEK

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un..semoga amal ibadahnya di terima dissinya(allah swt) amin3x
    Dan semoga keluarga yg ditinggalkannya di beri ketabahan.amin3x

  13. KI SAMBER GLEDEK

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un..semoga amal ibadahnya di terima dissinya(allah swt) amin3x
    Dan semoga keluarga yg ditinggalkannya di beri ketabahan.amin3x
    Alfatih 7x sent.

  14. Abu Yahya

    Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Allahumaghfirlahu, warhamhu afuanhu. Semoga beliau dilapangkan kuurnya dan dikumpulkan dengan yang dicintainya. Amin

  15. Abu Yahya

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Allahumaghfirlahu, warhamhu afuanhu. Semoga beliau dilapangkan kuburnya dan dikumpulkan dengan yang dicintainya. Amin

  16. deki

    innalillahi wainailaihi rajiun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan diampuni segala kekhilafannya.
    ila hadrati KH Abdullah Faqih syai-u lillahi lahumul fatihah
    Al-fatihah

  17. Budiman

    Semoga rahmat dan ampunan dilimpahkan Allah atas beliau.. Amiin..insya Allah kita akan menyusul beliau juga..

  18. Belma

    Ya Allah kepada siapa lagi kami menumpang do’a ??? satu persatu orang yang Kau cintai kau ambil…..

  19. Innalillahi wa innailaihi rojiun,
    turut berduka cita yang sangat mendalam, semoga Allah mengampuni segala kesalahan beliau dan diterimanya segala amal ibadahnya..amiiin.

  20. Innalillahi wa innalillahi rozi’un..semoga amal ibadahnya di terima dissinya(allah swt) amin3x
    Dan semoga keluarga yg ditinggalkannya di beri ketabahan.amin3x
    Alfatih 7x sent.

    Sugeng ndalu Poro sepuh sedoyo,sugeng ndalu Ki Mas Wawan,salam salim

  21. Kang Aling

    Assallamuallaikum wr.wb
    Wahai saudaraku gusti Allah baru saja menitahkan supaya kita melakukan sholat hajat 2 rokaat dengan niat supaya dijadikah hamba yang selalu berada dalam ridho, bimbingan, mafirah, dan rahmad Allah di hari yang akan datang sampai habisnya waktu yang telah ditentukan, dilanjutkan sholat hajat dengan niat, memohon ampunan untuk kesalahan yang dilakukan dimasa lalu hingga masa yang akan datang, hingga habis waktu yang telah ditentukan, diakhiri dengan istigfar, subhanallah, sholawat dan al fatihah,
    marilah kita kerjakan sebelum gusti Allah menutup catatan amal perbuatan manusia dibulan ini.

  22. Innalillahi wa’innailaihi rojiun…….
    ikut berbela sungkawa atas wafatnya KH ABDULLAH FAQIH Semoga Allah mengampuni segala kesalahannya dan diterima segala amal ibadahnya.

  23. yaye'

    innalillahi wainna ilaihi rooji’un..
    semoga arwahnya diterima disisi Allah swt. khususon ila ruhi mbahyai Abdullah fakih..alfatehah…

  24. kyai_plered mediun

    Innalillahi wa innalillahi roji’un,semoga amal ibadahnya di terima Allah SWT……….amin!untuk almarhum alfatehah…….sent

  25. tundungmediun

    Innalillahi wa innalillahi roji’un,semoga amal ibadahnya di terima Allah SWT……….amin!untuk almarhum alfatehah…….sent

  26. Innalillahi wa’innailaihi rojiun,
    Turut berduka cita atas meninggalnya Gus Faqih semoga Allah menerima segala amal ibadahnya.

  27. kurniawan

    Innalillahiwainnailaihirojiun, turut berduka atas kepulangan beliau KYAI HAJI ABDULLAH FAQIH. Semoga amal ibadahnya diterima oleh allah dan mendapat tempat tertinggi disisiMU Ya ALLAH Ya Robbi.

  28. innalillahi wainailaihi rajiun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan diampuni segala dosanya

  29. wong qhincy

    INNALILLAHI WAINNA ILLAIHI ROJIUN.. smga amal ibdah beliau diterima alloh swt,al-fatihah tuk beliau..

  30. sudawirat

    innalillahi wa’innalillahi ro’jiuun…….
    khususon ila arwahi kyai H.ABDULLAH FAQIH al fatiha….

  31. atmateja

    Di tengah terpuruknya bangsa ini, satu persatu kyai sepuh meninggalkan kita….jadikanlah kami pengganti penerus jejak mereka ya arhamarohimin, allahumma amiin. *al fatehah sent to alm.mbahkyai abdullah faqih

  32. Ahmad bocah shaleh amin

    Innalillahi wa ‘inna’illaihirraji’un.

    Kebetulan saya juga dari lamogan bagian barat…kira” 50km… Jarak rumah saya dan pondok langitan… Namun begitu saya tak pernah sekali pun.. Hanya mendengar namanya…saya sudah malu kepada beliau… Karna waktu itu saya masih suka itu yg namanya mendzolimi diri seperti,bohong,dan sewajarnya anak muda nakalnya giman namun tidak terlalu… Alfatehah untuk kyai abdullah faqih…

  33. Petaka Genit

    tonggak tanah jawa berkurang lagi…

  34. osama bin laden

    innalillahi wa’innalillahi ro’jiuun…….
    khususon ila hadrati KH Abdullah Faqih syai-u lillahi lahumul fatihah

  35. KI EMPU DEWANDJANI

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Allahumaghfirlahu, warhamhu afuanhu. Semoga beliau dilapangkan kuburnya dan dikumpulkan bersama Sayyidul Wujud sayyidina maulana Muhammad SAW dan jamaah besar nya ..
    Alfatehah di hadiahkan teriring kepada Guru yang Mulia Al mukarom Assyaikh Mbah Yai ABDULLAH FAQIH Rah..

    Alfatehah di hadiahkan ….Aamiin

  36. ainur

    انا لله وانا اليه راجعون
    alfatehah send almarhum
    semoga hilang satu tumbuh sepuluh, amin

  37. Jampang Kilat

    Khususon ilaa arwahi Kyai ABDULLAH FAQIH…al-fatiha 1x.
    Send >>> > > >..

  38. Restu Bumi

    haru..
    Alloh telah rindu padanya

  39. Cakji

    Innalillahi wainnaillahi rojiun
    semoga keridhoan alloh tercurah kpd panjenenganipon almarhum almuharhom romo k.h Abdulloh fakhih amin

  40. kyai al rashid al maghrobi

    Ass.wr.wb., mari kita sama-sama kirimkan bacaan surah Al-Fatihah Untuk Alm. KH. ABDULLAH FAQIH sang Guru kita, semoga segala amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa-dosanya, serta seluruh keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT. Amin Yaa Robbal “alamiin.

  41. yusup (An@k KeCIL)

    Sed!h….

  42. Bambang Permadi

    INNALILLAHI WAINNA ILLAIHI ROJIUN.
    semoga segala amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT,

  43. Quw brharap, akn slalu da org sperti beliau. ^^

  44. Kang Demang Vienzchen

    turut berduka…inalilah…..

  45. cah ndeso

    nderek bela sungkawa dari lereng merapi. mengapa orang orang terbaik di negeri ini dipanggil begitu cepat oleh Nya. moga tenang disisi Nya. amin.

  46. m@skumambang

    turut berduka..cita yg dalam..smoga amal ibadahnya di terima disisNYA……

  47. Alim

    INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN. Telah dipanggil oleh Allah swt, Ulama Khos, sesepuh NU, guru saya yang mulia, KH. Abdullah Faqih, Langitan Tuban pada hari ini (28/2/2014). ALLAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU WA ‘AFIIHI WA’FU ‘ANHU. Semoga seluruh amal ibadah beliau diterima Allah swt, dan perjuangan beliau akan diteruskan oleh seluruh nahdliyyin. Indonesia kehilangan lagi salah satu putra terbaiknya dan seorang pemimpin yg mampu menaungi seluruh rakyat tanpa membeda-2kan latarbelakangnya. Selamat jalan mbah Kyai Faqih. Alfatihah…

  48. Alim

    Rasulullah saw bersabda:
    “Sesungguhnya Allah SWT tidak mencabut ilmu dari manusia dengan sekali cabutan, akan tetapi …dg cara mencabut (nyawa) para Ulama. Sehingga apabila tidak tersisa lagi seorang Ulama (di dunia ini), maka orang – orang akan menunjuk seorang yang bodoh menjadi pemimpin (panutan) mereka. Kemudian (ketika) ia ditanya (tentang sesuatu perkara), mereka memberikan putusan tanpa menggunakan ilmu. Maka ia menjadi tersesat dan menyesatkan orang lain.” (HR. Muslim).

  49. Yudarto

    innalillahi wainailaihi rajiun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan diampuni segala kekhilafannya. Keluarga dan kita semua sebagai umat Islam semoga diberikan kekuatan untuk meneladani dan melanjutkan cita-cita beliau yang mulia.

    ila hadrati KH Abdullah Faqih lahumul fatihah

  50. yusupd

    innalillahi wainailaihi rajiun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan diampuni segala kekhilafannya. Keluarga dan kita semua sebagai umat Islam semoga diberikan kekuatan untuk meneladani dan melanjutkan cita-cita beliau yang mulia.

    ila hadrati KH Abdullah Faqih lahumul fatihah

  51. garengpung

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un… nderek sungkowo…..

  52. inna lillaah wa inna ilaihi rooji^uun…,

  53. ezan

    innalilahi wa innahirajiun.. al fatihah..

  54. vice

    Innalilahi wainnailahi rojiun, tsuma illah arwhi Kh. Abdullah Faqih, alfateha.

  55. nawiazky

    Allahummag firlahuu, warhamhuu wa’aafihii wak fuanhuuu…

    Seorang Alim pernah berujar: “Jika ulama wafat, maka kebaikan semakin berkurang dan kemungkaran semakin merajalela.” Saya mengucapkan duka, terutama buat masyarakat Tuban yang kehilangan salah satu cahayanya.

  56. Inalillahi wa innalillahi rojiun, turut berduka atas meninggalnya seorang ulama kos, semoga beliau ditempatkan dalam kaum muslimin yang khusnul khotimah, amin ya robal alamin

  57. ANU MAN

    INNALILLAHI WA INNAILAIHI ROJIUN…

  58. innalillahi wa innailaihi roji’un……………….

  59. al fatikah sent…..
    semoga amal ibadahnya dan diterima di SisiNYa. amien

  60. ‎: ma’af .. saya tidak mau memaksakan Anda untuk harus mempercayai saya .. pakailah keyakinan mu ..Hak kamu untuk menilai saya sebagai apapun ( sebagai orang sesat sekalipun jika menurut Anda saya adalah orang sesat .. Aku hanya sekedar penyampai ) .. Bagiku .. CUKUP LAH ALLAH YANG TAHU SIAPA YANG PALING BENAR .. meskipun saya benar sebenar nya benar ( Bagimu agamamu .. bagiku keyakinanku .. Semoga ALLAH mengampuni dosa Anda jika ternyata Andalah yang salah .. maha benar ALLAH yang maha pengasih maha penyayang yang memberi petunjuk dan memberi Rachmat .. Amin.

    :https://www.facebook.com/notes/brahma-kumbara/semua-tentang-brahma-kumbara-alias-satrio-piningit-alias-nabi-khidrh/300091153386274 ..

  61. NasrudinKB

    Salam …saya berbanyak minyak maaf dan minta izin disini pada Keluarga KWA , semoga ada yg sudi bagi Pencerahan dan panduan untuk mengamalkan Saefi Lahut yg diberi oleh Allah kpd Nabi Ishak…Ya Saaliha haylu ajib ya khafyaaiila Asafyaaiila ana allhu rabbul ‘alamina …..dan seterusnya…sekian , minta ampun maaf dan ribuan terima kasih..

  62. NasrudinKB

    INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN

  63. Smga amal ibadahny di trima Alloh swt

  64. adnan asyhari kudus

    Semaga Tokok Karismatik kita di terima di sisi Alloh SWT . Amiin Yaa rabbal`alamiin >>>>khusushon ilaa rohi ….Al FAtihah…

  65. INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN
    smoga amal ibadah d terima d sisi allah ta’ala…….
    iblezputih@yahoo.com

  66. watuireng

    Mba Guru……. sungguh menyesal rasanya kemaren ga jadi mampir……hari ini belum kuat tuk mengantar….selamat jalan mba Guru….

  67. KI SAMBER GLEDEK

    Salam dan semoga kepergian KH ABDULLAH FAQIH tdk di iringi dgn tangisan kesedihan dan semoga semua keluarga,kerabat beliau mengiklaskan atas kepergianya menghadap kpd sang maha(allah swt).amin3x yarobbal ‘alamin,
    Lahumul faaatiha 3x,send.

  68. INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN
    smoga amal ibadah d terima d sisi allah ta’ala…….

  69. al fatehah…..

  70. rudi

    “MAN LAYAHZAN BIMAUTIL AALIM FAHUWAL MUNAFIQUN”

    siapa yg tidak berduka/sedih dengan meninggalnya org alim maka dia adalah org munapik (al-hadis)

  71. inna lillahi wainna ilaihi raji’un, allahummghfirlahu warhamhu wa’afii wa’fu ‘anhu

  72. MBAH ARIFYANTO

    INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJI’UUN
    ikut berduka CITA sedalam dalamnya atas meninggalnya KH.Abdullah faqih semoga beliau diterima atas segala amal ibadahnya dan dimasukkan kedalam derajat para ambiya’i wal mursaliin
    AMIIN…
    banyak ulama dan orang yang berilmu diambil oleh tanganNYA
    masih adakah ulama paku bumi di negara kita yang keberadaannya di dunia ini untuk mengayomi kehidupan kita semua
    WOLLOHU ‘ALAM,semoga masih ada…..agar MUrkaNYA akibat dosa dosa yang diperbuat makhlukNYA dapat
    di tahan oleh para ahli ibadah yang siang malam tiada henti hentinya doa dipanjatkan agar negara ini slalu aman dan damai

  73. JAKA UMBARAN

    Al fatihah…turv berduka sdalam”nya,smoga Allah menerima sgala ibadah”dan amal soleh mbah yai..amin”

  74. hasana

    Inna lillahi wainna ilaihi roji’uun
    Semoga amal ibadah beliau KH.Abdullah Faqih diterima allah Swt, Dan segala kekhilafannya diampuni-Nya. Amin
    Kebetulan saya asli dari Tuban, jd klo mau ke Surabaya pasti melewati pondok langitan.
    Alfatihah send to KH.abdullah Fakih

  75. Ahmad

    Innalillahi wa’inna ilaihi roji’uun..

  76. kigebang

    Innalillahi wa innailaihi rojiun

  77. Innalillahi Wa inna ilaihi rooji’uun….

  78. Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun

  79. mawardi

    INNALILLAHI WA INNA ILLAIHI ROJI’UN semoga amal serta ibadahnya diterima disisi ALLAH SWT amin dan yg ditinggalkan diberi kesabaran yg penuh dan dapat peneruskan perjuangan beliau

  80. lontong

    INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJI’UUN
    semoga seluruh amal soleh di terima Alloh SWT.
    walaupun kami tidak mengenal beliu secara lanjut namun murid beliu adalah guru dari ketua majelis ta’lim kami…nasehat” beliau Insya Alloh sampe kepada kami dsini.
    dan Alhamdulillah murid beliau td berkenan datang dr jauh tuk jd imam sholat isya lanjut rotiban…

    *kami diperantauan manado

  81. rudi ali

    innalillahi wa inna illaihi roji’un…smoga diterima amal ibadahnya dan dkumpulkan bersama orang-orang shaleh….AL-FATIHAH

  82. kang Dullah

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. ……………..

  83. turvt berduka cita atas meninggalnya KYAI ABDULAH FAQIH semoga di berikan tmpt yang istimewa di sisi ALLAH al fatihah 11x

  84. cah ndeso

    Sent Al Fatihah buat alm. mbah KH. Abdullah Faqih. amin.

  85. muslim al-huda

    kulonuwun…stop press…

  86. muslim al-huda

    ‎-KabarDunia: Allah Akbar! Ditemukan, Injil yang Mengabarkan Kedatangan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa Sallam-

    Pemerintah Turki telah mengkonfimasi sebuah injil kuno yang diprediksi berusia 1500 tahun. Injil kuno tersebut ternyata memprediksi kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai penerus risalah Isa (Yesus) di bumi.

    Bahkan Alkitab rahasia ini memicu minat yang serius dari Vatikan. Paus Benediktus XVI mengaku ingin melihat buku 1.500 tahun lalu. Sebagian orang memprediksi Injil ini adalah Injil Barnabas, yang telah disembunyikan oleh Turki selama 12 tahun terakhir.

    Menurut mailonline, injil yang ditulis tangan dengan tinta emas itu menggunakan bahasa Aramik. Inilah bahasa yang dipercayai digunakan Yesus sehari-hari. Dan di dalam injil ini dijelaskan ajaran asli Yesus serta prediksi kedatangan penerus kenabian setelah Yesus.

    Menteri Budaya dan Pariwisata Turki, Ertugul Gunay mengatakan sejalan dengan keyakinan Islam, Injil ini memperlakukan Yesus sebagai manusia bukan Tuhan. Fakta ini, sekaligus menolak ide konsep tritunggal dan penyaliban Yesus.

    Injil kuno berusia 1.500 tahun ini bersampu kulit hewan, ditemukan polisi Turki selama operasi anti penyeludupan di tahun 2000 lalu. Alkitab kuno ini sekarang di simpan di Museum Etnografi di Ankara, Turki.

    Sebuah fotokopi satu halaman dari naskah kuno tulisan tangan Injil ini dihargai 1,5 juta poundsterling. Menteri Budaya dan Pariwisata Turki, Ertugrul Gunay mengatakan, buku tersebut bisa menjadi versi asli dari Injil. Dan sempat tersingkir akibat penindasan keyakinan Gereja Kristen yang menganggap pandangan sesat kitab yang memprediksi kedatangan penerus Yesus.

    Gunay juga mengatakan Vatikan telah membuat permintaan resmi untuk melihat kitab dari teks yang kontroversial menurut keyakinan Kristen ini. Kitab ini berada diluar pandangan iman Kristen sesuai Alkitab Injil lain seperti Markus, Matius, Lukas dan Yohanes. (republika.co.id)

    Link video dari berita ini: http://youtu.be/VcUNVNbUBLY

  87. mujib

    Inna lillahi wainna ilaihi roji’uun…
    ila hadrati KH Abdullah Faqih lahumul fatihah……

  88. imron

    assalamualaikum….
    Inna lillahi wainna ilaihi roji’uun…
    ila hadrati KH Abdullah Faqih al fatihah…

    orang islam yang tidak ikut sedih kalau ada ulama wafat( meninggal) maka orang tersebut dinamakan orang munafiq………..

  89. Dana Prakoso Eka Saputra

    Innalillahi wa ina-ilaihirroji’uun . . .

  90. cah angon

    langit gelap awannya mendung…
    gerimis rintik hawanya sendu…
    wahai kawan janganlah bingung…
    dari setitik kan tumbuh seribu…

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Allahumaghfirlahu, warhamhu afuanhu.
    Semoga beliau dilapangkan kuburnya dan dikumpulkan dengan yang dicintainya. Amin

  91. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…
    Selamat jalan guruku tercinta,doa kami semua menghantarkanmu pada kehidupan yg sebenarnya,kehidupan yang kekal dan abadi dialam sana,..

  92. ayrin bieber

    semoga Allah mengampuni semua dosanya dan menerima amal kebaikan beliau, serta ditempatkan di drajat yg tinggi disisinya Amiiin

  93. Kempolojagat

    PARA SESEPUH KWA DIPERSILAHKAN UNTUK MEMBIKIN PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN BUAT SADULUR KWA DENGAN BIAYA UNTUK PENGGANTI MAKALAH,TRAVEL,TEMPAT,MAKAN SIANG ATAU MALAM,DAN SNACK SEPERTI PROGRAM KWA DI SINI…MONGGO @KI AGENG JJ DAN ROMO TUKIMIN UNTUK MEMBIKIN PROGRAM YANG SAMA DENGAN KI ALUS.@KI CIPTO HUSODO MONGGO SILAHKAN DAN PARA SESEPUH YANG LAIN SILAHKAN PASANG PROGRAM DI BLOG KWA INI SAH DAN TIDAK MERUGIKAN SADULUR

  94. sanjaya

    Innalillahi wa innalillahi rozi’un..
    turut berduka cita tas meninggalnya KH Abdullah Faqih.
    semoga amal ibadah beliau di terima dan diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT.
    amin

  95. semoga amal ibadahnya di terima di sisi Allah SWT, dan bagi kita semua umat muslim, semoga cepat sadar dengan tanda-tanda kekuasaan Allah, yang telah memanggil ulama’-ulama’ di bumi ini. sebagai salah satu tanda agar kita untuk selalu mengingat Allah dan bertaubat kepada -Nya.

  96. yoNo

    innalillahi wa innalillahi rojiun…

  97. Pak raden

    Shitt..udh kagak enak lg ni blog’ di jadikn ajang cari duit’ksihn tu sm temen yg lain bela belain kirim ilmu gratis,bagusn buat iklan dukun sekalian ni blog,mosok sholat aja mesti di bayar udh kelihtn bgt ni ngumpulin duitnya

  98. Wong kedirjo

    Wkwkwkwkwk…..sudah pada ganti lapak nich dulu untuk gratisan sekarang cari uang memang mantap sekali jalan dapat 30juta wah memang hebat.ini harus dicontoh oleh sesepuh yang lain dan sadulur semua..,ingin kaya ya pasang iklan di sini pasti kaya

  99. Wong kedirjo

    AYO PARA SESEPUH JANGAN DI KIBULIN LAGI PASANG IKLAN DENGAN PROGRAM YANG LEBIH SPEKTAKULER DAN TERHEBAT DI KWA INI JANGAN KALAH SAMA WONGALUS..,….BLOG KWA SUDAH BERGANTI JADI BLOG YANG MENAWARKAN JASA PENGAKTIFAN DAN PENGOBATAN DENGAN MEMBAYAR BIAYA YANG LUMAYAN BESAR….PERTAMA KALI MUNCUL KWA ATAU WONGALUS MENAWARKAN AIR AS SIFA DENGAN INFAQ 150RIBU PERBOTOL DAN SEKARANG MEMBUKA LAGI PROGRAM PENGAKTIFAN DAN YANG LAINNYA DENGAN BIAYA YANG SANGAT MAHAL….jadi blog ini tak pantas untuk sharing keilmuan dan sulaturahmi malah PARA SESEPUH NYA DI KIBULIN DAN DI KADALIN WKWKWK KASIAN DECH LO SESEPUH DI KADALIN.

  100. Wong kedirjo

    DI SONGGO BUMI JUGA DI KWA JUGA SEMUA DIKENAKAN BIAYA…,….SEMUANYA BERBAYAR DAN TIDAK ADA YANG GRATIS……ITU WAJAR JUGA NAMANYA MANUSIA……,

  101. Wong kedirjo

    Ayo PARA DUKUN DAN PARANORMAL DAN PARA SPIRITUALIS DAN PARA PENGHUSADA SILAHKAN PASANG EVENT DI SINI DIJAMIN CEPAT KAYA GA RUGI ASAL SEMUA EVENT SPEKTAKULER DAN TERHEBAT DAN SEMUA HASIL DIRASAKAN OLEH PARA PESERTA..,..INI SAH DAN TIDAK MERUGIKAN ORANG LAIN

  102. Ki Dewa Bessi

    Innalillahi wainnalillahi rozi’un,
    Kami sekeluarga turut berduka atas meninggalnya mbah KH ABDULAH FAQIH dan semoga amal ibadah selama hidupnya dapat menjadikan perantara menuju surga allah swt,amin allahumma amin,
    Salam penyejuk jiwa.

  103. Ki Dewa Bessi

    Dalam pelajaran atau gemblengan masal memang sangatlah membutuhkan biaya yg lumayan,dan kl kesemuanya itu di tanggung oleh sang guru atau sang pengajar,mah bisa bangkrut 7 piring coy,!amal dan berbagi adalah berbeza lur,kt hrs bs dan dpt memahamii kesemuanya itu,!!
    Salam penyejuk jiwa.

  104. Ki Dewa Bessi

    Dalam pelajaran atau gemblengan masal memang sangatlah membutuhkan biaya yg lumayan,dan kl kesemuanya itu di tanggung oleh sang guru atau sang pengajar,wah2 bisa2 bangkrut 7 piring coy,!amal dan berbagi adalah berbeza lur,kt hrs bs dan dpt memahamii kesemuanya itu,!!
    Salam penyejuk jiwa.

  105. Ki Dewa Bessi

    Dalam pelajaran atau gemblengan masal memang sangatlah membutuhkan biaya yg lumayan,dan kl kesemuanya itu di tanggung oleh sang guru atau sang pengajar,wah2 bisa2 bangkrut 7 piring coy,!ketahuiilaah amal dan berbagi adalah berbeza lur,kt hrs bs dan dpt memahamii kesemuanya itu,!!
    Salam penyejuk jiwa.
    Di Songgobumi dan di KWA Adalah keduanya memiliki misi2 sosial and kemanusian lo.!keduanya itu hrs kt dukung dan bkn malah di sindir2 njih.!

  106. Tono

    Saya kagum sama mbah arifyanto,
    kalem, ramah, dan ijazah ilmu
    tapi sebagai pemancing saja biar leluasa iklan di kwa, dan menarik simpati serta peminat agar terkumpul uang dg cepat..
    Benar-benar orang pintar..

  107. Tono

    KEIHKLASAN ZAMAN SEKARANG MUDA DI UCAPKAN SAJA…
    TAPI SANGAT SULIT DIAFLIKASIKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI..

    Misi2 sosial, bakti sosial itu untk meringankan beban orang lain,
    bukan menambahkan beban orang lain..

  108. Tono

    Yang berilmu IHKLASLAH DALAM BERAMAL JANGAN CUMA MIKIRIN PERUT SAJA.
    Insya allah .. Akan menjadi amal jariah
    KASIHAN MEREKA YANG SUNGGU2 PENGEN BELAJAR..
    .
    Yang penipu takutlah dengan keras nya azab tuhan

    hidup ini hanya sekejap saja,entah esok atau lusa kita akan pergi meningalkan dunia panah ini.
    Hendak nya hanya menCarilah kerhidoan nya semata.

  109. Tono

    Waal-Ladzīna Jāhadū Fīnā Lanahdiyannahum Subulanā Wa ‘Inna Allāha Lama`a Al-Mu sinīna
    .
    ..”Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami,
    benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah SWT benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”..
    (QS. 29:69)
    .
    wasalam

  110. MOHON DO’A: sepupuku, AHMAD NAJID alamat Paciran Kab. Lamongan Jatim sejak dinihari kemarin koma karena terserang stroke! kini masih dirawat di RS.

  111. @wong bhohol…sy ikut mendoakan sppu panjenengan agar di beri kesembuhan dari sakitnya…
    @ki samber gledek leres mbah…

  112. wong kedirjo kalau tdk tahu kyai risang dan ustad wongalus jgn sembarangan jeplak mulut tak lempar bata baru kapok….

  113. Pakkumis

    Kunci ilmu kebal#..loe kagak usah sewot,nyang di smpein dirjo itu kn emang facta,loe mikir dah bener kagak tindakan pemilik blog ini yg ktnya ni blog hnya buat share dn silaturahmi,gwa dah curiga sejak awal sama gaya pemilik blog ini,kagak usah belagak budimanlah,tau sma tau aja lah kita,cara kyk gini udh lama di pake oleh perguruan di pulau jawa buat cri duit,hsilnya tnya tu sma alumni nya semua pd tau hasilnya tipu doang,ntr liht aja saat acara gwa bikin kasus tu di sana,biar kebuka siapa yg bener2 siapa yg cuma tipu buat cri duit cepat,ntr gwa arahin satu organisasi sweeping ke sana,blog ini gusur aja dah,udh bikin marah para leluhur,niat tulus mereka malah di jdikn pintasan cri uang oknum,paktanya emang pemilik blog lg ml cepat kaya,ntr ni blog pasti akan ada yg kasusin..!!

  114. joko tolee

    INALILLAHI WAINAILLAIHI ROJI”UN
    TURUT BERBELA SUNGKAWA ATAS BERPULANGNYA ABAH YAI,

  115. MBAH ARIFYANTO

    @TONO:klo pengen gratis datang ketempat saya,nanti tak kasih cara yang gratis biar kamu dapat belajar keilmuan secara gratis,cuma klo datang ketempat saya kamu harus nabung dulu,masalahnya kondektur bus gak mau kamu numpang bus gratis,bayar toilet gratis juga beli makanan di terminal gratis,apalagi masuk terminal juga harus bayar gak gratis juga tetapi harus bayar peron dulu
    khusus TONO klo mau datang ke tempat saya tak kasih gemblengan gratis,tapi klo menuju ketempat saya juga maunya gratis ya jalan kaki saja,jadi gak perlu beli bensin untuk mendapatkan yang gratis-gratis.

  116. pakkumis cukur itu kumis.ormas apa pakkumis fbr,fpi,mmi ormas bencong itu.

  117. hei itu arifyanto penipu ulung ngapain ente iklan disini.gak malu

  118. orang kwa jakarta sakit hati ,bisa gak buat blog segede kwa dan sbm.malu malu malu malu

  119. MBAH ARIFYANTO

    @wong kedirjo:ya masalah kaya gaknya sesepuh disini jangan dipersoalkan yang penting dapat ilmunya jangan lihat hasilnya,klo hasilnya ukurlah jerih payahnya mencari ilmu dari pelosok pelosok
    negeri,dia juga harus rela puasa dan apa aja yang dia korbankan untuk mendapatkan ilmu,soal sesepuh iklan di kwa ya biarlah hak azasi mereka sendiri seperti saya yang sering iklan disini,buktinya saya blum jadi orang kaya,karena rezeki sudah ada yang ngatur.klo sehari dapat 50 juta,jika Alloh berkehendak maka dalam 1 detik uang itu bisa hilang.nah kesimpulannya adalah jika wong kedirjo pengen buka iklan disini monggo,klo tidak ada ilmunya nanti saya ajarin,klo pengen gratis ya silahkan datang ketempat saya,klo gak mau belajar ke saya jangan menghujat sesepuh yang ada di sini,itu namanya syirik iri dengki,dalam agama islam orang yang memiliki sifat itu maka pahalanya akan berkurang seperti api memakan kayu bakar,maka jika anda masih memiliki pikiran yang bijaksana maka pakailah pikiran itu ke hal yang kreatif,menciptakan lapangan kerja untuk mengatasi krisis,alhamdulilah saya memiliki murid 20% sebagian pengangguran dari blajar keilmuan dari saya yang mereka baca iklan saya di KWA mereka sudah bisa buka tabib alternativ,ada juga yang buka pijat alternatif dll,dari hasil buka alternatif mereka dah bisa kumpulin modal untuk buka usaha sendiri ada yang buka bengkel tambal ban,kios,warung kopi,angkringan,atau kapsul herbal,mereka saya tekankan untuk wiraswasta lalu saya kasih amalan amalan yang bikin usaha mereka tambah pesat
    dari situ alhamdulillah saya bisa mengurangi angka pengangguran,dan kesempatan membuka lapangan kerja bagi mereka sendiri,dan mereka bisa maju lantaran doa dan usaha mereka sendiri,mereka sukses saya ikut bahagiah,klo mereka mlakukan pembohongan publik dari jarak jauh ilmu mereka langsung saya cabut,karena niat saya kpingin mereka maju dan halal dalam cari duit,

  120. MBAH ARIFYANTO

    @kunci ilmu kebal:mana bukti penipuan saya tolong tunjukkan mana saja buktinya,bukti transfer atau bukti apa aja,nama,alamat siapa saja,tanggal lahir atau apa?jadi jika saya menipu sampai dimana menipunya.oke akan saya tunggu infonya,jika dalam daftar tamu itu gak ada orang yang saya tipu,alhamdulillah saya yang benar jika ada nama yang tlah saya tipu maka saya akan konfirmasi dengan orangnya kembali,oke trima kasih dengan pendapatnya jika saya tlah jadikan sebagai seorang penipu

  121. ono opo’o .arifyanto kok pakai mbah…emang udah tua.cari istri sana burungnya dingin tuh.muka tuh pakai topeng iklan melulu gabung sana sama anak bekas kwa jakarta yg ilmunya panas.ilmu panas saja keta kete..petentang petenteng.di tiup es dari kwa jatim saja pada beku kok.apalagi ditambah es dari kwa jateng bisa jadi arca es..

  122. Musyafir

    Mbah arifyanto anda ngomongi orang cuma mau gratisan sajah,
    tapi anda sendiri juga tak mau bermodal,
    bahkan anda sangup melangar ketentuan blog orang, padahal di sini suda jelas2 dikatakan bahwa blog ini bukan tempat iklan dan sejenis nya.
    Tapi demi ambisi pribadi, anda menutup mata dan menulikan telinga,
    yg lebih para anda mengatas namakan kemanusiaan, dan menjanjikan bisa ini, bisa itu ,demi untk mengeruk keuntungan pribadi
    masya allah..
    bertobatlah mbah arifyanto..
    Takutlah dg azab tuhan. Belajarlah dari apa2 yg dilihat dan di dengar.

  123. @Poro Sedulur Kang Kinasih,

    Postingan ini untuk atur Belasungkawa, untuk leluhur yang sangat kita hormati.
    Monggo kita jaga bersama.
    Nuwun

  124. MBAH ARIFYANTO

    @TAPAK SAKTI<>MUSYAFIR:HMMMMMMMM….JAGOAN JUGA YA????????

  125. MBAH ARIFYANTO

    @TAPAK SAKTIMUSYAFIR:HMMMMMMMM….JAGOAN JUGA YA????????
    klo ente ngaku dah pinter kalian berdua saya tantang jabut ilmu gue,klo ente bisa jabut ilmu gue,gue janji gak akn nongol disini,oke saya tunggu,siang malem gue tunggu.

  126. sang muhibbin

    assalamualaik
    jika seharusnya hati nurani qt masihlah hidup…. tentunya tema postingan belasungkawa ini tdk di kotori oleh kata2 yg saling menghujat dan merendahkan satu sama lain….
    postingan ini qt tujukan utk satu jiwa menghatur doa utk almurobbu ruuhina kyai haj.Abdulloh faqih langitan…. bukan utk yg lain…
    dimana letak ta’dzim seorang yg aliim(berilmu) ???
    apakah nafsu sudah membelenggu setiap pemikiran serta nurani jiwa sampean semua….??
    “di atas langit masih ada langit”
    “di atas sakti masih ada yg lebih sakti ”
    mari sama 2 qt merenungkan semua nya….
    utk apa dan siapa dg tujuan apa qt menuntut ilmu….??

    salam rahayu paseduluran

  127. absen malam

    nyimak

  128. Ki Samber Gledek

    Absen hadir juga mbah wawan sleman.!salam slmt pagi2 sing uademe koyok ngenne.!qiqiqiqiqiqiqi

  129. Davit

    Hahaha…
    Akhir nya bertamba kelihatan saja siapa mbah arifyanto tak lain dukun mata duitan.
    Dimana mana kalau bau pasti kan tercium juga

  130. Ki Samber Gledek

    Nyruput kopi dulu aaaaah,hehehe

  131. Ki Samber Gledek

    Nyruput susu dulu sebelum joging pagi2.!he5x

  132. Ki Samber Gledek

    Nyruput susu dulu sebelum joging pagi2.!he5x
    Monggo2 lur dulur.!

  133. he..he itu cuma contoh iklan sj………………………………..kabur ah,sepi banget……………………….., kalau iklan koment di OFF , takut di kritik kwak…kwak…kwak
    begitulah manusia, memang hare gene mau gratis……….no ! ……ngak ada yg gratis coy……kencing aja bayar qi…qi…qi

  134. Mbah Komprang

    Artike judulnya: DUKA DI BUMI LANGITAN. knapa ngobrolnya ngalor ngidul yg gak ada hubungannya dgn judul artikel trsbt??opo matane wis podho lamur toh…,ono berita lelayu malah podho nawari dagangane dhewe2…,Sss..sstt!! WANI PIRO..?? heekh…heekh…heekh..

  135. Davit

    Mbah komprang itu gara-gara ada yang iklan.
    Dukun mata duitan

  136. Innaliillahi wainna ilahi rajiun, Semoga arwah beliau diterima disisinya.
    Dan segala amal perbuatan beliau akan terus bermanfaat bagi umat muslim khususnya santri2nya..

  137. Innaliillahi wainna ilahi rajiun, Semoga arwah beliau diterima disisi-Nya.
    Dan segala amal perbuatan beliau akan terus bermanfaat bagi umat muslim khususnya santri2nya..

  138. absen malam.
    met malam mbah wongalus.
    met malam mbah Ki Samber Gledek, lan poro dulur semua.

  139. AYO NGAMEN…. JRENNGGG JRENGGG JRENGGGG….

  140. anang wong ageng

    assalamu’alaikum pada sedelur semuanya kiranya ada nomor mas ando bandar lampung mohon saya di beri nomornya dan mohon di kirim ke nomor saya ini:087798348448

  141. Ecko J.P

    Innalillahi wa’inailaihi roji’un,semoga smua amal kbaikan beliau ditrima disisi Alloh SWT,dosa dosa diampuni dan kluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan,sy Eko dan segenap kluarga Trenggalek mengucapkan bela sungkawa kpd kluarga bsar ponpes langitan.
    Alfatehah (send)

  142. Produk Program 5MILYAR
    http://www.prog5milyar.com/?id=hujanemas
    Keistimewaan Program 5MILYAR…
    Program 5MILYAR adalah perpaduan antara Sistem Reseller, Randomizer dan Networking, yang saat ini terbukti ampuh sebagai Internet Cash Generator. Dengan perpaduan sistem ini terbuka peluang besar untuk memperoleh pendapatan tanpa keharusan untuk melakukan promosi yang aktif. Yang perlu anda lakukan adalah bergabung sekarang juga untuk mendapatkan posisi yang aman dan sistem langsung akan bekerja sepenuhnya untuk anda!!!

    Tunggu apa lagi… bergabunglah segera…
    Silakan klik URL ini
    http://www.prog5milyar.com/index.php?id=hujanemas

  143. arif

    Innalillahi wa’innailaihi rojiun…….
    turut berbela sungkawa atas wafatnyha KH.Abdullah Faqih.
    semoga arwah beliau diterima di sisi Alloh SWT.
    teriring Al Fatehah untuk beliau..

  144. kang muhai

    guru…aku rindu padamu!!!

  145. K@NG MUHAI

    Pesan KH. Abdullah Faqih Langitan: “Semua santri harus sholat berjama’ah, kecuali yang ada udzur dan jangan sampai ada yang mengganggu temannya yang berjama’ah. Dan kalau sudah masuk waktu sholat hendaknya cepat-cepat mengambil air wudlu dan berangkat ke musholla untuk menunggu jama’ah, jangan sampai ada yang ketinggalan.”

    selasa, 1 Juli 2003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: