DAFTAR NAMA EMPU DI JAMAN PURWO, SEPUH DAN KAMARDIKAN


Mpu Bengawan Candhu
nagakalabuana@yahoo.co.id

Asalamualaikum wrwb. Dalam khasanah dunia perkerisan ataupun krisologi tdk akan lepas dr yang namanya pembuat keris itu sendiri yang kita kenal dgn sebutan/gelar EMPU,berpijak dr gelar tsbt kami bermaksud membabar dan mengabadikan nama2 para empu seluruh nusantara dr berbagai jaman dan generasi bhkn empu2 jaman sekarang yang karyanya mendunia dan ikut diakui karyanya oleh dunia juga bhkn oleh UNESCO,yaitu badan dunia yg mengurusi sosial,budaya dan pendidikan dunia.

Dari hal tsbt kiranya bisa mjd kajian kita bersama dlm mengenal nama2 empu. dan mgkn bagi yg sdh sering membuka2 blog ataupun penggemar tosan aji sdh terlalu sering membaca tulisan nama2 empu nusantara krn mmg mudah ditemui dan didapatkan di berbagai blog,bhkn dr blog dr sesepuh kita yang muda ganteng dan murah senyum,dgn nama ghaibnya yg msh berbau muslim kenthal yaitu blog alang alang kumitir,tp yang membedakan tulisan kami ini sdh kami lengkapi mskpn msh ada kekurangan disana sini tp sdh berusaha kami lengkapi referensi empu di indonesia termasuk generasi yang sekarang yg meliputi empu dr yogya,solo dan jatim. tp mhn maaf empu2 yg berasal dr luar jawa blm bs kami tampilkn krn keterbatasan kami.

Mgkn ada yg menanyakan kenapa masalah keris kami tampilkan di blog wongalus tercinta ini,ini sebetulnya ada kaitannya dgn ilmu tayuh/kebatinan krn berdasar bincang2 kami dgn Ki Risang Mukti pengampu blog songgo bumi yang sangat kami cintai dan hormati,beliau menyampaikn prnh ada rekan beliau yg dlm menanyuh atau memberdirikan pusaka tnp warangka tinggal ditayuh atau disebutkan nama empu pembuatnya,krn jika bnr panggilan/sebutan nama empu keris,dr pengalaman rekan beliau,keris tsbt yg apbl kita bnr dan sesuai dgn sebutan nama empunya akan langsung berdiri scr otomatis spt memberi hormat atau rasa takdzim pada nama empu tsbt. sdg mslh ada tata laku dan ritualnya kami belum mendapat penjelasan dr rekan beliau tsbt. Kami berharap ada rekan2 dr sedulur blog wongalus ada yg berkenan berbagi dan membedar amalan tsbt bila mmg ada dan berkenan.

Dan, apbl ada sesepuh ataupun guru yg berkenan membabar dan bisa memperkuat yoni dan mengembalikan power,aura,sabda doa keris spt asal mulanya dibuat yg biasanya dilakukan dibawah sinar bulan purnama yg penuh kami persilahkan. Itung2 biar besok pas ada pertemuan KWA III IV dst ada acr penyepuhan gaman,yg mgkn mslh tekhnis dsb bisa dirembug bareng2. Monggo silahkn dikaji dan dipelajari bareng2 smg berkenan.

I.tangguh BUDHO

1.kerajaan purwacarita

mpu hyang ramadi,mpu iskadi,mpu sugati,mpu mayang,mpu sarpadewa

2.kerajaan tulis

mpu sukmahadi

3.kerajaan medang kamulan

mpu bramakedali

4.kerajaan giling wesi

mpu saptagati ,mpu janggita

5.kerajaan wirotho

mpu dewayasa I

6.kerajaan mamenang

mpu ramayadi

7.kerajaan pengging wiraradya

mpu gandawisesa,mpu wareng,mpu gandawijaya

8.kerajaan kauripan

mpu kandangdewa

9.kerajaan jenggala

mpu windusarpa , mpu windudibya

II..tangguh MADYA KUNO

1.kerajaan pajajaran makukuhan

mpu srikanekaputra,mpu welang,mpu cindeamoh,mpu handayasangkala,mpu dewayani,mpu anjani,mpu

marcu kunda, mpu gobang ,mpu kuwung , mpu bayuaji, mpu damarjati,mpu sombro,mpu anjani

III.tangguh SEPUH TENGAHAN

1.kerajaan jenggala

mpu sutapasana

2.kerajaan kediri

3.kerajaan majapahit

mpu kuwung,mpu salahito,mpu putugaluh,mpu demangan,mpu dewarasajati,mpu bekeljati,mpu supagati mpu supadriya,mpu jaka supa, mpu jigja, mpu angga cuwiri, mpu singkir, mpu jebat,ki gede gn tawang,mpu modin

4.kerajaan majapahit/madura

mpu sriloka, mpu kaloka, mpu kisa, mpu kasa, mpu lunglungan,mpu kebolungan,mpu macan,mpu kacang, mpu lujuguna I

5.kerajaan majapahit/blambangan

mpu bromokedali,mpu luwuk,mpu kekep,mpu pitrang,mpu mendung,mpu tembarok,mpu surawisesa

IV.tangguh TENGAHAN

1.kerajaan demak

mpu jaka supa

2.kerajaan pajang

mpu omyang,mpu loo bang,mpu loo ning, mpu cantoka, mpu japan, Ki Umyang,Ki Tundhung Kudus,Empu Cublak. Empu Cublak, Empu Wonogati, Empu Surawangan, Empu Joko Puthut dan Empu Pengasih.

3.kerajaan mataram

mpu tundung,mpu setrobanyu,mpu loo ning, mpu tunggulmaya, mpu teposono, mpu kithing, mpu warihanom, mpu madrim, mpu guling,mpu nom,mpu legi,mpu umayi,mpu gede,mpu mayang,mpu tepas,mpu kali anjir.

V.tangguh NOM

1.kerajaan kartasuro

mpu lujuguna I,mpu kasub,mpu lujugunaII,mpu hastronoyo,mpu sendang warih,mpu taruwongso,mpu luluguno,mpu brojoguno I,mpu brojoguno II, Empu yang terkemuka di jaman itu adalah Empu Brojo (Brojoguno I) yang mengabdi di kraton. Hasil karyanya terkesan sangat keras, bisa menembus uang logam, bahkan konon bisa menembus baju besi (kere waja). Empu lainnya adalah Empu Sentranaya III, Empu Sendhang Warih, Empu Japan

2.kerajaan surakarta

mpu brojosentiko, mpu mangunmalelo, mpu r.ng.karyosukadgo, mpu brojokaryo, mpu brojoguno III, mpu tirtodongso, mpu sutowongso, mpu japanI, mpu japanII, mpu singowijoyo,mpu jopomontro,mpu joyosukadgo,mpu montrowijoyo, mpu karyosukadgo I,mpu wirosukadgo,mpu karyosukadgo II,mpu karyosukadgo III,mpu mangunmalela,mpu resowijoyo,mpu carang mustapa.

VI. Tangguh Kamardikan

a)Empu didaerah Yogya

Empu Jeno harum brojo

Empu Pauzan Pusposukadgo

Empu Sungkowo Harum Brojo

Empu Djiwo Suhardjo Sumurup bantul

Empu Karyo diwongso

Empu Ngadeni di Dusun Grogol II, Rtt 05/ Rw 02, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul

b)Empu Daerah Solo

Empu sukamdi Jetis Banyu agung nusukan solo

Empu Yohanes Yantono Palur Solo

Empu Basuki Gondangrejo karang anyar

Empu KRT Subandi Suponingrat Desa Banaran Ngringo Jaten Karangannyar

Empu R Ng Suyanto

Empu KRT Rudi Hartono Diningrat

Empu Daliman

c)Empu Jawa Timur

Empu Imam Panani(alm) Magetan Jatim

Empu Sumodadi (alm) wlingi Blitar

Empu Pakurodji Dusun Brangkal, Desa Kedungpanji, Lembeyan, Magetan, Jawa Timur.

Empu Guno Sasmito Magetan Jatim

d)Wonogiri
Empu Djiwo Diharjo Banyu Sumurup Wonogiri.

Kemudian dibawah ini adalah para seniman keris yg sdh cukup terkenal dinusantara dalam event2 keris nusantara krn sering ikut dlm pameran maupun perlombaan karya cipta keris Nusantara diantaranya adalah Gunarwan (Solo), Fanani (Malang), Anggono (Solo), Prapto (Madiun), Rudi (Surabaya), Ahmad Lutfi (Malang), Saifudin (Malang), Heru Kalawisan (Magelang), Sarju (Yogyakarta), Happy (Surabaya), Jamil (Malang), Mujiono (Malang), dan Kohin (Jakarta),H Duraphi.

Buat kami keris adlh semacam simbol pria/lelaki indonesia khususnya dijawa dan daerah2 lain di indonesia,tnp kami bermaksud menepis keragaman pusaka dan kekayaan tosan aji dr nusantara yg sangat kaya ini,insya allah ini adlh pemacu dan pengingat bhw sbg org indonesia kita memiliki pusaka adlh selain sebagai pelestarian budaya jg sbg simbol WONG INDONESIA. Smntr ini yg kami fokus adlh keragaman pusaka khususnya keris,krn buat pusaka badik,rencong,kujang dll kami msh sangat kurang pemahaman kami,smg bagi yg ada pengalaman dgn pusaka2 dgn jenis tsbt berkenan buat share dan berbagi.

Keris-keris dari luar Jawa juga memiliki gaya masing-masing. Keterbatasan rujukan membuat khazanah variasi keris Nusantara luar Jawa belum dapat dipaparkan secara layak.

Di Sumatera dikenal berbagai gaya pembuatan keris. Beberapa sentra keris yang ada di Sumatera yang memiliki kekhasan adalah sebagai berikut.

Aceh/Gayo
Minang
Riau/Bangkinang
Palembang
Bangka Belitung
Lampung

Keris Semenanjung Malaya dan Brunei juga memiliki langgam tersendiri.

Di Sulawesi keris umumnya berasal dari kawasan barat daya pulau, yang terkenal adalah keris gaya Bugis. Dari Nusa Tenggara dikenal keris gaya Bali dan Sumbawa.

Yang paling berbeda adalah keris Moro/Filipina. Wujudnya sangat mudah dibedakan dari keris Nusantara lainnya.

Beliau2 adalah pribadi2 yg memiliki cita rasa dan keinginan u/melestarikan budaya nisantara,kalau tdk kita…bangsa kita…siapa lagi?….

dari hal tsbt diatas ada 3 point yg ingin kami smpkn :

1)daftar nama empu dr berbagai generasi dan jaman.

2)ditunggu tausyiah ilmu tayuh dgn KUNCI menyebutkan nama empu

3)ditunggu sesepuh yg punya pengalaman buat menyepuhkan dan menyelaraskan pusaka dibulan purnama.

4)memperkenalkan empu2 dan seniman keris jaman kamardikan.

Semoga mjd silaturahmi yang berkesinambungan,silahkan dilengkapi,ditambahkn,smg manfaat.

Kami kutip dan ambil dr berbagai sumber.
1. Buku Ensiklopedi Keris.
2. Buku Keris antara Mistik dan Nalar.
3. Majalah PAMOR.
4. Majalah Keris.
5. Berbagai Blog.

@@@@@@@@@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 132 Komentar

Post navigation

132 thoughts on “DAFTAR NAMA EMPU DI JAMAN PURWO, SEPUH DAN KAMARDIKAN

  1. Pertamak…

  2. lukman

    pertamaxxxxxxxx ………(heheuy kakara euy pertamax)
    salam salim para sesepuh! mangga dilanjeng…

  3. Slmat pagi

  4. dipunlanjutkemawon Mpu Bengawan Chandu….
    saya cuma berfikir dan prihatin jika karya adiluhung para pendahulu kita hanya tinggal sejarah dan tidak menjadi kekayaan budaya “milik kita’…. sudah banyak kekayaan nusantara hanya tinggal kenangan….namun tragis yang memiliki koleksi lengkap , ilmu dll malah ada dan tersimpan serta dikuasai di arsip bangsa lain….

  5. Mantap Mpu Bengawan Chandu… monggo dipun lanjut….nguri2 kabudayan biar tidak dikuasai bangsa lain..tidak semestinya kita “membeli’ karya kita sendiri yang merupakan budaya adiluhung

  6. Nderek nyimak. Ki Begawan chandu,
    utk saat ini sy lg meriyadhoh dan membuat cemeti amal rasuli, dan sangat unik cara membuatanya, dan banyak sesuatu di luar nalar dan byk kejadian aneh dalam proses pembuatan benda tersebut , dan ini nyata bahwa cemeti tersebuat bisa di lihat dgn mata telanjang.

  7. kisambergledek

    Hehehe
    Salam3x

  8. Info, saya pernah ngobrol lwt sms an dgn teman yg aktif diblog sebelah dia dapatkan kitab kuno tebal yg berisi berbagai macam tayuh,mantera, salahsatunya tayuh yg hanya sebutkan nama empu,tapi katanya kitabnya dipinjam teman bapaknya yg seorang penyembuh tapi sampai sekarang kitab itu belum dikembalikan .

  9. Bambang Permadi

    Waalaikum Salam Sedulur Semua.

  10. kisambergledek

    Mbah Empu BC
    Wah kl masalah Beginian/perkerisan Sy butek banget mbah,gak ngerti pisan,taunya per aduk2 mengaduk kofi mbah,he5x
    Sip mantaf sy tak duduk manis menyimak sambil goyang2 di korsi goyang dan di temani mocacino ajeb2 asoy,salam rahayu buat semuanya..

  11. Mantaaaaaaaaaap

  12. Malud

    kisambergledek

    ayo mbah, dibabar Empu Mocacino nya (Qobiltu sambil bawa gelassss)

  13. Smaradahana

    Mantap yut SAMBARGLEDEK, qobiltu wkwkwk, kaburrrrrrrrrrrrrr

  14. Bengawan.Candhu

    kepada segenap poro sesepuh dan pini sepuh jg segenap aktivis dan pengampu blog di kwa silahkn dilengkapi….juga mhn maaf u/gelar empu di depan nama kami jangan dianggap serius,krn itu hanya tanda kasih dr pemilik blog thdp kami,krn kami ini tdk ada apa2nya dibanding dgn seseorang dgn gelar ke ‘EMPU’ annya….ini hanya semata2 keinginan kami buat bljr scr bersama2…..
    @ki ageng jembar jumantoro….injih ki kami tgg karya panjenengan buat melengkapi khasanah budaya indonesia @kimas lintang sumirat @kimas dedi kwa bin Bhayu…..monggo kita bljr bersama2….

  15. Malud

    Eyang guru Bengawan.Candhu,
    monggo dilanjut lagi bagi2 kerisnya.
    kulo siap qobiltu duluan kalo pas njenengan bagi Keris Dayanti
    hahaa

  16. kisambergledek

    Wah mbah empu BC da hadir rupanya ni.!
    LC sy pinjem jurus kaburnya yut,he5x
    Kabuuuuuuuuuuuuurrrr…
    Saalam mbah BC,thanks.

  17. kisambergledek

    Hehehehe
    La kl mbah malud cantik ya pasti di bawa to mbah,!masa jeruk makan jeruk.!wkwkwkwkwkwkwkwk

  18. mockwin

    weleh…weleh….didaerah sumenep madura keris dijual perkodi alias per20 biji…mau yang berkhodam atau yang tak berkhodam semua ada….bukan bermaksud apa tapi keris yang benar2 hebat daya kekuatannya hanya keris2 kuno saja itu pun mungkin sudah sangat super sulit untuk mendeteksi keberadaannya…kalau cuma mau koleksian duplikatnya saja bisa juga kita dapatkan selain di sumenep madura ada di pasar ampel surabaya…buaaanyaaak di sana bosss….

  19. kisambergledek

    Arti dari pamor itu apa hiasan,motif,ornamen dan atau gambaran pada bilah tosan aji yg ada pd Keris,tombak dan lainya,apa bgt mbah BC.??thanks mbah.

  20. Lutfi

    @Bengawan Chandu : Tanya mas,bgm caranya supaya tahu identitas suatu keris?pembuatnya,empunya,khasiatnya,dll

  21. Laskar Cinta Asmara

    jiaahh
    Yut Gledek,kura kura dlm perahu,puru pura tdk tau,hahahahaha
    om Bengawa C
    di blok atawa di fb nya yut gledek padahal menawarkan byk pusaka yg termasuk keris to om,bahkan kerisnyo ado yg harganya 2 rts jutaan lbh,O..O..kamu ketauaaan.
    Wkwkwkwkwkwkwkwk
    kabuuuuuuuuuuuurr….

  22. @ki bengawan candhu…njih ki kulo tak ndeprok kalih midangetaken wejanganipon…
    @ki samber gledek…izin deprok wonten wingking jenengan jih ?

  23. @ki BC…ganteng jg fotonya ki…

  24. kisambergledek

    Ceuk33x(sambil geleng kepala),.
    Wah ada yg mau di gebukin nich.!!qiqiqiqiqi
    Kabur jg aahh.!!wkwkkkkk

  25. @poro ssph numpang nanya njih..
    Adakah keris yg terbuat dari batu kaya batu meteror ?

  26. kisambergledek

    Mbah Lintang sumirat
    Sumonggo mbah,tp jgn lama2 njih.!sumanggo kulo sampun mules2 ket wingi niko,ngapunten injih mbah.!qiqiqiqiqiqi

  27. @ki samber gledek… Meles kengeng nopo ki ?
    Jangan2 kakean ngopi ki… Hehe…

  28. Bengawan.Candhu

    mhn maaf,bila ada pertanyaan mgkn u/siang ini s.d nnt mlm blm bs kami jwb scr lgsg,krn hbs ini kami ada keperluan keluar kota,silahkn bs dijadikan wacana scr bersama2 yg dititipi pengetahuan dan kelebihannya dr visi misi msg2 silahkn dilengkapi dan saling ngemong….smg dgn saling support dan melengakpi ini bs membawa makna yg lbh….nuwun…

  29. kisambergledek

    Mbah Lintang S
    Mules bkan karna kofi mbah,krn byk mencet2 kale mbah.!qiqiqiqi

  30. kisambergledek

    Mbah Empu BC
    Mau keluar kota to mbah,siap dan jgn kwatir mbah,musiumnya akan sy jg dgn ketat agar para kerisnya tdk beterbangan,hehehe
    Hati2 di jalan mbah.!!

  31. garengpung

    Nderek nyimak..
    Salam Salim kagem Sedoyo.. Rahayu.

  32. semprul pitu

    Kerìs bikin susah bisa juga bikin bahagia, salam semprul

  33. Absen tengah hari…

  34. Absen siang

    Salam salim sesepuh semua
    Nderek nyimak,semoga kebagian barokah..
    Amin
    Monggo tak ndeprok sinambi ngopi…mangga Mbah Khozin

  35. Malud

    kisambergledek

    ayo kita jadi satpame musiume mbah BeCe aja mbah.
    kali aja pas mbah BeCe pulang kita dikasih keris luk 50 buntel mayit,
    eh salahh, buntel nasi jamblang aja deh………

    hehehe

  36. R.Wijaya

    Salam nimbrung semua, boleh tanya sekarang yang punya keris mpu gandring siapa ya ?

  37. R.Wijaya

    Ikut copy paste biar rame, mohon izin ki mpu bengawan candhu, salam kenal sifu

    Ilmu Tayuh Keris adalah sejenis ilmu tradisional yang digunakan untuk menentukan apakah sebilah keris akan cocok dipakai atau dimiliki oleh seseorang, atau tidak. Ilmu ini terutama bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan seseorang agar dia dapat menangkap kesan karakter sebilah keris dan menyesuaikan dengan kesan karakter dari calon pemiliknya.

    Contohnya, keris yang menampilkan karakter keras, galak, tidak baik dipakai oleh seorang yang sifatnya keras dan kasar. Untuk orang semacam itu sebaiknya dipilihkan keris yang karakternya lembut, dingin.

    Cara Me-nayuh

    Ada berbagai cara untuk me-nayuh sebilah keris atau tombak. Di Pulau Jawa dan dibeberapa daerah lainnya, yang terbanyak adalah dengan cara meletakkan keris atau tombak itu di bawah bantal, atau langsung dibawah tengkuk, sebelum tidur. Agar aman, keris atau tombak itu lebih dahulu diikat dengan sehelai kain dengan sarungnya. Dengan cara ini si Pemilik atau orang yang me-nayuh itu berharap dapat bertemu dengan ‘isi’ keris dalam mimpinya. Namun cara ini tidak senantiasa berhasil. Kadang-kadang mimpi yang dinantikan tidak muncul, atau seandainya mimpi, sesudah bangun lupa akan isi mimpinya.

    Jika malam pertama tidak berhasil biasanya akan diulangi pada malam berikutnya, dan seterusnya sampai mimpi yang diharapkan itu datang. Keris atau tombak itu dianggap cocok atau jodoh, bilamana pada saat ditayuh orang bermimpi bertemu dengan seorang bayi, anak, gadis, atau wanita, pemuda atau orang tua, yang menyatakan ingin ikut, ingin diangkat anak, atau ingin diperistri.

    Bisa jadi, yang ditemui dalam mimpi termasuk juga makhluk yang menakutkan. Mimpi yang serupa itu ditafsirkan sebagai isyarat dari ‘isi’ keris yang cocok atau tidak cocok untuk dimiliki.

    Bagi orang awan, cara me-nayuh lewat mimpi inilah yang sering dilakukan, juga sampai sekarang. Selain cara itu masih banyak lagi cara lainnya. Untuk dapat me-nayuh keris atau tosan aji lainnya, tidak harus lebih dulu menjadi seorang ahli. Orang awan pun bisa, asalkan tahu caranya.

    Dalam masyarakat perkerisan juga dikenal apa yang disebut keris tayuhan, yaitu keris yang dalam pembuatannya lebih mementingkan soal tuah daripada keindahan garap, pemilihan bahan besi, dan pembuatan pamornya. Keris semacam itu biasanya mempunyai kesan wingit, angker, memancarkan perbawa, dan ada kalanya menakutkan.

    Walaupun segi keindahan tidak dinomorsatukan, namun keris itu tetap indah karena pembuatnya adalah seorang empu. Padahal seorang empu, tentulah orang yang mempunyai kepekaan keindahan yang tinggi. Patut diketahui, keris-keris pusaka milik keraton, baik di Yogyakarta maupun di Surakarta, pada umumnya adalah jenis keris tayuhan. Dapur keris tayuhan, biasanya juga sederhana, biasanya juga sederhana, misalnya, Tilam Upih, Jalak Dinding, dan Mahesa Lajer.

    Bukan jenis dapur keris yang mewah semacam Nagasasra, Naga Salira, Naga Kikik, atau Singa Barong. Selain itu, keris tayuhan umumnya berpamor tiban. Bukan pamor rekan. Di kalangan peminat dan pecinta keris, keris tayuhan bukan keris yang mudah diperlihatkan pada orang lain, apalagi dengan tujuan untuk dipamerkan. Keris tayuhan biasanya disimpan dalam kamar pribadi dan hanya dibawa keluar kamar jika akan dibersihkan atau diwarangi.

    Sumber : geocities.com/javakeris

  38. KENAROCK

    Bapakku punya Keris berisi jin, tp sayang keris itu gak bisa digunakan apa2, trs dijual deh…

  39. semprul pitu

    Kalau keris liuk 13 panjang seberapa ya

  40. rievs hard

    nyimak….mantab..om bc

  41. Keris… gagange mlungker ora keno nggo ngiris.

  42. Sugeng sonten ki empu BC nyimak mbah ayo dibabar yen keris dapur parang kencono karo parang rusak empune sopo mbah?

  43. mantaaap sekali karya ki bengawan candu,smg dpt membuka wahana bg para dulur kwh,terutama generasi muda penerus budaya dan kasanah bangsa,ayoo ki bengawn ku tunggu wejangan yg lain.

  44. agungs3dayu

    cek3…mbah BC guaaantenge rek….

  45. madani

    bagus2 ini namanya pecinta karya seni bangsa. kalau kami di aceh keris di namakan keureh meupucok….

  46. kisambergledek

    Hadir malam dan langsung siap siap membuka lapak kopi lesehan mbok rajeh.!
    Salam tetap semangat lur duluuurr..!!
    Gimana kl yg pesan pertama dapat hadiah keris,mau apa tdk nich.!??
    Qiqiqiqiqiqi

  47. Sy daftar duluan ki kopinya smga dpt hadiah keris…qiqi

  48. kisambergledek

    Mbah lintang sumirat
    Sampean ternya memang peka and respek mbah,he5x
    Utk pegangan dan kl sampean suka sbaiknya memiliki keris yg berpamor Wos Wutah mbah,krn sepertinya cocok dgn sikon dlm keseharian panjenenengan,krn utk yg batinya sampean sudah cukup,gmn tertarik pa ndak.?qiqiqi

  49. Mbah Kuwu JR koq nggak keliatan? Konon dialah pemegang keris Sultan Cirebon…

  50. kisambergledek

    Konon keris berpamor Wos Wutah adalah keris yg gagal dlm pembuatan keris tertentu yg akan di buat oleh sang Empu,tp ada jg yg berpendapat dgn sengaja dibuatnya(bentuk tiban).dst.
    Dan keris tsbt akan berkhasiap baik pd umumnya,yaitu.utk keselamatan,mencari rizki,cukup wibawa,di sayang orang sekelilingnya dan utk ketentraman,
    Keris Wos Wutah tidak memilih dan bisa di pakai pada siapa saja,!monggo di tambahin.!he5x

  51. @ki samber gledek…sy tertarik sekali ki…sukur2 jenengan kerso ngibahaken dateng kulo…hehe

  52. adis solihun

    kalo punya kakek sy kerisnya ga karna beliau jg udh dpanggil ALLOH,bliau ahli dlm hal itu tp syg kitabnya ga ada walo dh dicari drumahnya

    smga bliau dtrima disisinya brsama org2 muslim lainnya,amiin

  53. jemenang riausirut

    (nimbrung nih)sy pendatang baru baru.
    tuan BC
    paman saya punya keris.kecil pendek.paling sekilan.kalau beliau bawa berdagang,dagangannya saban pasar usai satupun gak ada yang laku.beliau bawa mancing,sampai sore pun gak seekorpun ikan didat.tapi pas dibawa berurusa,semua urusan pada lancar.pas saya mau pinjam gak boleh katanya.kalau sekiranya tuan boleh memberi tahu.apa dan tergolong pada keris yang bagaimana keris paman saya itu?

  54. belma

    menyapa Kang mas BC……….
    met malam dulur…………………
    semoga kebahagian selalu menyertai jenengan setiap saat lur…..
    jadi kangen ama cerita lucunya bang krisna…..
    mudah-mudahan dilain waktu ditakdirkan Allah berjumpa lagi……..

  55. kisambergledek

    Mbah Belma
    Mbah Empu BC
    Mbah lintang s
    Ngopi2 dulu mbah,biar rada nyantai gt lo.!qiqiqiqi

  56. Assalamualaikum Sedulur..
    @Ki BC Salam Rahayu Ki..
    @KiSamber Gledek Qobiltu Mocacino Dan Kerisnya Mbah..hehehe

  57. Laskar Cinta Asmara

    melu nyimak om begawan candu
    mantap dapat gelar mpu kwa nya om.
    Kopiku yut gledek jangan di gulain yut.

  58. Laskar Cinta Asmara

    wkwkwkwk
    mpu toke melu melu.huhuhuhu

  59. Laskar Cinta Asmara

    agan saka ganteng
    keman Mpu tokek.?ga pernah muncul apa jgn jgn wis melupakan kwa ta.?hahahahahahahahahaha
    kabuuuuuuuuuuur..

  60. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa.

  61. kidewabesi

    Mpu Bengawan Candu
    Salam penyejuk jiwa mas.
    Ane izin nyimak sekalian numpang kaweruh geh.?nuwun
    Mbah Gledek
    Kopinya satu mbah.agar tetap melek.xexexexe

  62. Bengawan.Candhu

    @jemenang riausirut….mhn maaf br bs online kmbl,ada tamu dr jauh yg dtg,jd lmyn lama buat diskusi kami….Tuan,sayangnya andika hanya tau bhw keris tsbt panjang sejengkal,tnp bs menjelaskan bentuk pamor ataupun ricikan(ciri)keris tsbt. tp kesimpulan smntr yg bs kami utarakan,bila mmg memiliki karakter spt itu bs jadi mrpkn keris dgn karakter “pamor singkir”…hanya sj pamor tsbt bersifat lbh khusus ke arah singkir bahaya atau “urusan”,dimana sabda doa yg ditanamkan oleh empu kedalam keris tsbt adalah memohon kepada sang pencipta/Tuhan bhw pemegang keris tsbt terlepas/disingkirkan dr marabahaya/kesulitan. mmg ada pamor singkir yg ckp overload. smp2 menunda smntr arahnya rejeki(ini kepercayaan sebagian dr kita,silahkn ditelaah kmbl)…lbh baik klo mmg kita tdk ada kepentingan khusus lbh baik mengurangi memegang pusaka semacam itu,krn kami kahawtir kita tersugesti negatif saat kita sdg mencari rejeki….silahkan ditelaah dan dikaji kmbl…trmksh….

  63. Damar Wulan Manembah

    ###################

    Mantra Untuk Menayuh Keris

    Mantra I

    Bismilah…Galinggang jati wujudhing dhupa, winur jati kukusing dhupa, niat ingsun gugah daya panguwasane wesi aji. jim setan ana gedong wesi, den jaga para wali, kinunci para Nabi,kinacingan dening Alloh,wesi aji sira tangiyo, ingsun kongkon….iki pangandikaning Alloh. Innama amruhu idha arodha…..kun fayakun.

    Mantra II
    Keris Dikutugi menyan jam 12 malam,berdiri menghadap utara, MANTRANYA : yehohowa iman sari sukma mulya tinampananpadha sukma, telek erang araning wesi, tir putih putih araning waja, manirasa rasa araning cahya. Sira sapa lan duwe daya panguwasa apa. ingsun ngadeg tejane kuning.

    Mantra ke III :

    Malam hari jam 00 dg memegang keris yg ingin ditayuh baca kan surat Al jin … X sebelumnya
    Diawali dg niat terlebih dahulu

  64. Bengawan.Candhu

    @belma…. @ki dewa besi @Laskar Cinta Asmara Dewa @Ki tokek samer angin….sugeng ndalu semuanya,sng bs sowan dan ketemu panjenengan smuanya….apa kbrnya,smg baik dan sehat sll….

  65. Bengawan.Candhu

    kayanya ada damar wulan manembah part II. kaya nya damar blm mengajarkn ..ilmu kaya gitu….qabiltu dulu….gelar tiker….monggo mas damar wulan manembah II kita ikt menyimak,,,,

  66. Damar Wulan Manembah

    … Gelar Tiker…

  67. Bengawan.Candhu

    @Damar Wulan Manembah….terkena auranya kita lgsg kesirep….ada kbr apa ki,berkenan hadir…

  68. kisambergledek

    Hahahahahahahahaha
    Hallah mbak nyai,samurai ko cuman di ganti permen tok to.!emmoh bin mboten purun,hiiiii..
    Yo wis lah ga opo2 mbak,tinimbang ra oleh opo2,hehehe,mana permene mbak nyai.!
    Thanks Alot mbak nyai.!

  69. Bengawan.Candhu

    @Ki Damar Wulan Manembah II….nuwun sewu,buat qs aljin apkh dibaca semua atau hanya ayat tertentu dan brp x?….mhn pencerahannya…

  70. kisambergledek

    Mbah damar wulan
    Aman pa tdk tu mbah.bila sy ya mengamalkanya!?he5x salam tetap semangat

  71. kisambergledek

    Mbah BC
    Menurut pamit rumiyin mau wudzu dl mbah,monggo di lajeungkeun njih,matursuwun sanget mbah.

  72. kisambergledek

    Mbah BC
    Mohon pamit rumiyin mau wudzu dl mbah,monggo di lajeungkeun njih,matursuwun sanget mbah.empu.

  73. Suma

    Tes

  74. RAHAYU SEMUANYA

  75. Laskar Cinta Asmara

    Rahayu ki ageng.
    Rahayu yut gledek
    pado kamano bo.kopi yut.
    Tdk ado uyut gledek ko jd sunyi,ga biso tertawa aku,
    hadir yut,byk yg peesan kopi,

  76. Kagami uchiha

    Agan” smuanya kegunaan kris singo barong itu apa ???

  77. asalamualaikum…para sepuh dan pini sepuh.yg insa Alloh sllu dlm dekapkan cintaNya Alloh SWT…amin ya robbal alamin.
    terharu…ada sedihnya…

    KWA…JAYA LAH KEMBALI.

  78. Hadir pagi…
    Salam salim untuk sedulur kwa semua…

  79. kidewabesi

    Salam penyejuk jiwa

  80. kidewabesi

    LC
    Ane pesenin jg kopi bos.

  81. kidewabesi

    Lintang sumirat
    Pulang ke pati kapan saudaraku?
    Salam penyejuk jiwa

  82. kidewabesi

    Lur Ane mo tanya,kenapa dan bagaimana,ada seorang pemilik keris sakit tdk sembuh sembuh,ya mkn taunan dah sakitnya,dan anehnya,ketika keris Ane ambil keluar dari rumahnye,keesokan harinya langsung sembuh,kira2 apa ada yg tau,silahkan di jabarkan.?nuwun.
    Salam penyejuk jiwa.

  83. Laskar Cinta Asmara

    kidewa besi
    berarti itu keris siluman om,gt aja ko repot,hahahahahahahahahahaha
    kabuuuuuuuuuurr

  84. kidewabesi

    O…..

  85. @ki dewa besi…blm lama ini sy seklwga bru dr pati ki…
    Bsok kl pulang lg… kl boleh sy tak mampir ke tmpt panjenengan ki…

  86. hati hati dgn gemblengan di blog cahayametafisika yg diketuai mbah arifyanto.
    Tdk ubahnya paranormal cari uang/tong kosong.

  87. kidewabesi

    LC
    Di jabarkan bos.masa mau menjabarkan aja ko repot wew..gakgakgakgakgak
    Yg tau pasti mbah geledek kayaknya.
    Salam penyejuk jiwa.

  88. buang saja itu kerisnya kidewabesi,suatu saat bisa buat kau sama dgn yg dialami yg punya keris itu

  89. kidewabesi

    Lintang Sumirat
    O…
    Berarti lama lg bos,krungu krungu Antum di perantauan punya praktek alternatif ya bos?
    Hanya krungu krungu lo!xixixixi

  90. kidewabesi

    Sosropati
    Keris tsbt memang sangat panas bos,dan ada titik2 bekas darah sih sepertinya,kira kira itu keris apa ya namanya..?
    Salam penyejuk jiwa

  91. kalau nama yg harus melihat dulu.yg jelas itu keris jahat,bagi kyai,gus,keris keris begitu dibuang saja byk mudorotnya.

  92. Qiqiqi…ki dewabesi ada2 sj.gk punya modal bka praktek ki…modale harus punya keilmuan…lawong sy kosong mlompong.raentok duwit malah entok penyakit ki…he5x…

  93. garengpung

    Hadir…
    @ALL… Sugeng Siang.. Rahayu…

  94. kidewabesi

    Sosropati
    Ga apa2 bos,barang trsbut sudah di anggap barang langkah dan hrs dilestariken,kt manusia masa mau kalah sama barang begituan,kt manusia tdk blh lemah dlm hal apapun,
    Salam penyejuk jiwa

  95. kidewabesi

    Lintang sumirat
    Ra percoyo bos,yowislah nek ra ngaku,lawong wis ketok teko keneh lo bos,modale wis ra kurang,malah turah2 lagi,xexexexe

  96. Wkwkwkwk…jiah,ora mbh aku nak kene tani nandur kentang mbh…malah saiki ijek sinau karo mbh kozin aku iki…

  97. kidewabesi

    Lintang sumirat
    Ya wis la bos,sing penting adem ayem sakabehne.
    Sinau teng mbah geledek ta bos,sama dong kl bgt,Ane jg sinau jarak jauh teng mbahe geledek,xexexe
    Salam penyejuk jiwa.

  98. Suwun @ki dewabesi…
    @ki BC…ada baiknya kapan2 di posting pomor keris sekalian gambar pamor,dan keguna,annya ki…

  99. numpang nanya ….. jika ada forum iang menjelek.kan agama islam gimana dulor…..

    patut.na xt marah ato xt bgamana…
    tp sayang na forum it g bs d comen.

  100. Bengawan.Candhu

    @Kagami uchiha….slmt malam saudaraku,mhn maaf br sowan silaturahmi kmbl pada panjenengan,klo mslh sabda doa dan sabda daya dlm keris berdapur singobarong adlh diharapkn pemiliknya mjd seorang yg berwibawa dan disegani oleh mrk yg ada disekelilingnya,biasanya yg pegang pusaka ini adlh mrk yg biasanya memiliki jabatan atau kedudukan tertentu atau mrk2 yg mmg kharismanya sesuai dgn karakter pusaka ini,jg bgs dipegang bagi mrk yg lemah hatinya/penakut krn diharapkan sabda doa empunya adlh pemegang keris dgn dapur singobarong ini mjd lbh percaya diri….ini hanya semacam sikap pola fikir positif dlm mengahadapi hidup,bhw kita hrs percaya diri dan pnh keberanian yg bijaksana dlm menentukan sikap dan mengambil keputusan…salam sukses sll….

  101. nurcahya

    sepertinya ilmu itu masih ada,tapi maap saya nda punya jadi mohon ijin nyimak ja.mengenai senjata pernah pegang naga runting luk 9,pisau pangot pedang kamkam tapi semuanya dah saya serahkan kepada bapa almarhum.

  102. Bengawan.Candhu

    @Damar Wulan Manembah II….dan segenap sedulur…bagi yg ingin mencoba doa diatas dr pemahaman standard ilmu tayuh kiranya apbl bisa dilakukan dgn baik,standard tayuh yg bs dilakukan
    1). usahakan fikiran tenang dan wening.
    2). Lakukan ditempat yg cahanya kurang/redup/gelap.
    3). Lakukan dgn bersungguh2 dan niat yg baik dan luhur.
    4). Ketahuilah tujuan tayuh adlh ingin mengetahui keselarasan dan mengetahui tujuan dibuatnya pusaka tsbt.
    5). Usahakan badan disucikan,bisa dgn mandi besar ataupun wudlu.
    apa yg kami samapaikan dlm tayuh keris ini hanya,standard dan seyogyanya dlm menanyuh keris,krn inti menayuh keris sdh dismpkn sama @R.Wijaya…..yang msh tetap P.R adlh menayuh dgn tatacara menyebut nama empu…..smg lekas terbuka dan diwedar…trmksh….

  103. pencari guru sejati

    menyimak sambil dlosoran

  104. Bengawan.Candhu

    @kimas Nurcahya….sbtlnya kitapun punya pusaka klo jaman skrg tdk lbh dr semacam identitas diri sj,bhw kita org indonesia,juga sbg pelesatian karya seni dan budaya. jd yg ptg panjenengan tetap percaya diri dan menikmati mjd diri sendiri adlh pusaka yg sangat luar biasa….
    @pencari guru sejati…sugeng ndalu,bgmn kbrnya?smg baik dan sehat sll….plg dinas yai?…

  105. Bengawan.Candhu

    @kimas Nurcahya….tdk perlu berkecil hati,sungguh2 silahkan berbesar hati dgn tnp memiliki pusaka saat ini,dgn keprcayaan diri yg baik,fikiran yg baik dan tanggung jawab yg baik,smua akan mengikuti panjenengan trmsk pusaka salah1nya,tetep semangat dan positif njih…..salam sukses…
    @ki samber gledeg….he5x…maaf semalam terkapar didepan tv krn capenya dan seharian blm istrht,jd br bs konfirm skrg….njih mbah mhn doa dan restunya sj dr panjenengan,nitip pandonganya…nuwun…

  106. belma

    Pencari guru sejati : akhirnya turun gunung juga….. terima sungkem saya ya tuan guru…
    sekedar cerita : saya pernah melihat dan memegang keris ( gak tau apa namanya ) punya teman sekaligus guru. kerisnya hand made sunan kali jaga. dibagian atas terlihat seperti orang berdiri ( takbir ahtul ihram ) ditengah orang rukuk dibawahnya orang sujud. beliau bercerita kalau keris ini punya kelebihan, dulu waktu almarhum bapak beliau menjadi kapten KRI DEWA RUCI yang melakukan perajalanan keliling dunia pertama kali. ketika tanpa sengaja KRI DEWA RUCI memasuki kawasan segitiga bermuda.saya rasa semuanya tahu kekuatan yang bersemayam disegitiga bermuda ini.pesawat jatuh jika melintas diatasnya, kapal tenggelam melewatinya. ABK semuanya panik. hanya sang kapten yang tetap tenang. beliau mengikat keris tersebut dibagian paling depan kapal. Alhamdulillah KRI DEWA RUCI bisa selamat melewati segitiga bemuda. dan saya rasa itu hanya kapal laut satu-satunya di dunia yang bisa melewati segi tiga bermuda.
    salut dan angkat topi untuk pembuat keris dan pecinta, dan pelestarinya….

  107. @ki BC..apakah sebilah keris yg ada ornamen singa itu di sebut keris singo barong ?
    Dan setiap ornamen singa di sebilah keris menunjukan doa atau sawab kewibawaan ?
    Satu lg ki…konon keris singo barong rawatanya harus di kasih darah?

  108. Bengawan.Candhu

    @Belma….saudaraku yg ganteng dan sedikit item ha5x…halo slmt mlm blm tdr tah?…msl itu pusaka ada,klo dilihat dr ciri2nya termasuk dapur yg langka,msl adapun bs jd cuman1 atau special edition atau limited edition klo diperhitungkan dgn barang skrg. Pusakanya spt mengajak kita senantiasa eling dan emut sama yg maha kuasa ya?ya smg sj pemegang pusaka tsbt mjd uswatun hasanah dan pembawa hikmah bagi kita semuanya…aamiin…

  109. Zizah37

    Asalamualaikum wrwb
    @ Mpu Begawan Chandu
    Aiseyman… handsome seh. Hehe maaf Mbah, joking. Apa kabar Mbah handsome? Semoga sehat selalu dlm lindungan Allah SWT.

    Sejak kecil saya sudah didedahkan persilatan oleh kakek/bpk saya. Tidak ketinggalan dgn koleksi keris berluk 7 dan 9, kerambit dan parang. Tapi saya bukan pendekar spt kakek/bpk saya yg berasal dari Bugis. Tugas saya menolong memandikan semua senjata2 sebelum dan sesudah digunakan latihan silat.

    Seingat saya, ada sebilah keris yang pernah bermandikan darah dan tiap mlm jumaat kotak yang dijadikan simpanan keris berluk 9 akan bergegar. Hehe… serem juga ya. Saya juga pernah diajar bpk tiap mlm jumaat klu kedengaran bunyi begitu mata keris kedua2 belah dioles dgn limau/jeruk nipis dan diasap kemenyan. Mantranya masih tersimpan dlm arkib/koleksi peninggalan almarhum bpk saya.

    Kebanyakkan koleksi keris udah berpindah tangan termasuk yang bermandikan darah itu. Lebih baik begitukan Mbah? Hehe..

    Wasalam.

  110. Bengawan.Candhu

    @Lintang Sumirat….kimas,ya pd dasarnya keris dgn gmbr singa blh dibilang adlh keris singo barong…setau kami keris singo barong ada yg lurus,luk3,5,7,9,11,13 ini yg standard atau sesuai pakem singobarong yai. kmdn perlu kami smpkn juga bhw ada juga dapur kombinasi yaitu kyai gajah singo,trmsk pusaka yg langka,biasanya yg punya pusaka jenis ini adlh klrg keraton ato abdi dalem keraton dulunya…bhkn u/model yg terbaru ada yg membuat dlm karya seni tangguh kamardikan dgn nama singa manglar keris singa bersayap…ato singa kirlin..keris dgn bentuk spt singa pada barongan barongsai dr cina yg mengadopsi dr budaya cina yai….jadi skrg ini model2 keris singo barong sedikit banyak mengalami perkembangan oleh para seniman keris….dmkn..smg berkenan…

  111. belma

    ha..ha..ha..ha..ha..ha… item bukan sedikit kang BC..tapi buanyak…..
    Mbak zizah 37, ditunggu postingan pengijazahannya….
    pamit dulu,…….

  112. Bengawan.Candhu

    @zizah33…my best sister yg cntk,slmt malam juga,sng bs ktm panjenengan….loh mbak dilihat dr mata panjenengan,bhkn cara gerak tangan panjenengan…jg mhn maaf cara panjenengan duduk sj ada kok panjenengan memeiliki darah pendekar….ehh..kami bukan empu,nama tsbt trmsk foto dicantumkan sama danyange blog,bikin keki sj ha5x…yo wislah pokoke mbahe danyange kwa sangar….klo mmg scr pribadi ada keris yg prnh mandi darah sich ato ada yg kurang baik hawanya mnrt pengalaman kami ya mbak,kami titipkan dirumah seorang kyai atau guru hikmah buat diademkan atau diselaraskan,ini pernah kok tjd dgn keris singo barong,keris sengkelat maupun dapur sabuk inten dikeluarga kami,krn mmg yg dipasarahi di keluarga adalah kami,maka sedikit banyak kami berusaha mencari solusi,dan salah 1 solusi tsbt kami titipkan dulu ke guru atau ustadz kami tsbt buat bbrp wkt,ada klo sebulan br kami ambil kmbl. dan bgt kami ambil mmg scr sugesti postifnya sdh lain he5x….tp mmg apbl tetap terasa krg nyaman dan krg pas dihati,silahkan dimusyawarahakn kekeluarga,drpd jd fikiran dan ganjalan, bisa dihibahkan atau dialihkn kpd saudara yg lain yg lbh pas dan lbh bermninat. Tp saran kami pusaka jangan dilarung/dibuang ke sungai atau laut. klo mmg tdk suka lbh baik diserahkan ke museum,biar dirawat atau dilestarikan. krn klo dibuang ke sungai/laut malah akan merusak atau memusnahkan pusaka tsbt dgn korosi dan erosi thdp besi dgn karat dan hawa dingin dasar sungai atau sifat garamnya laut….dmkn smg mjd share bersama….

  113. Hijrul Karim

    Om Shanti, shanti Om…

    Sang Begawan…. Kalau boleh menunjukkan…. Beliau-beliau ini ada pada jaman apa ya :
    1. Kyai Tunggul Wulung
    2. Raden Bayu Setyaji
    3. Rada Sri Padmi

    Terimakasih…

    Salam,
    Karim

  114. .

    Empu Bengawan Candhu … wes.. dadi artis saiki … hehehe .. mbah Bengawan Candhu Minta Kerisnya 1 aja mbah …???

  115. Bengawan.Candhu

    @Hijrul Karim….salam dan salim takdzim kagem panjenengan….juga mhn menjadikan periksa,kami bukan begawan kami ckp berat dgn gelar kasepuhan dan kawaskitan tsbt,kami hanyalah sebatas BENGAWAN bukan BEGAWAN beda 1huruf tp maknanya sdh jauh berbeda skl,mhn dpt menjadikan periksa. yg mengalir spt air disungai sj kimas,biarlah kami berjalan dan menentukan perjalan hidup ini seperti air yg mengalir. Mhn maaf,sbtlnya apa yg panjenengan smpkn pada kami itu berkaitan dgn sejarah masa lalu,yg dimana kami ada keterbatasan,bs jd itu berkaitan dgn terawangan atau bhkn pengalaman spiritual satu dgn yg lain yg bs jd tiada sama.
    1)kyai tunggul wulung itu ada bbrp versi,tp yg paling sepuh itu ada pada jaman prabu jaya baya,ini kami Konon menurut Babad Kediri, dahulu kala Raja Jayabaya memerintah di Kerajaan Kediri dia mempunyai 2 abdi terpercaya. Yang satu bernama Kyai Daha dan yang lainnya bernama Kyai Daka. Kyai Daha dijadikan patih yang setia dengan nama Buta Locaya. Kyai Daka dijadikan senopati perang unggulan dengan nama Tunggul Wulung. Kala Raja Jayabaya muksa, kedua abdi itu pun juga turut muksa dengan tugas yang berbeda. Buta Locaya ditempatkan untuk berjaga-jaga di Selabale (Gua Selomangleng?!) sementara Tunggul Wulung ditugaskan untuk menjaga kawah Gunung Kelud supaya letusannya tidak banyak merusak desa-desa sekitar. Menurut legenda yang berkembang, kelak Raja Jayabaya akan datang kembali, karena itu Tunggul Wulung bertugas untuk mempersiapkan kedatangannya. Sebuah keyakinan mesianik yang berakar kuat di kalangan orang Jawa.
    2)kyai Tunggul wulung yg ke II adlh pusaka berupa bendera warna hitam dikeraton ngayogya karto hadiningrat yg dikirab bila ada pageblug…

    kmdn u/dua nama berikutnya Raden Bayu Setyaji dan Rada Sri Padmi,biar dibantu dan dilengkapi oleh saudara yg lain krn keterbatasan dan kekurangan kami dlm hal ini,smg sj ada yg waskito dan lantip buat menjabarkan apa yg panjenengan kehendaki…smg berkenan….

  116. Zizah37

    Asalamualaikum wrwb
    @ Mbah Belma
    Hehe, saya ngak punya ilmu yang hebat2 Mbah. Ngak layak untk posting ijazah, benar ni bukan lokek. Hehehe..

    @ Mbah Begawan Chandu
    Oh tidak Mbah, keris cuma bertukar tangan ke adik saya yg berada diKuala Lumpur, Malaysia. Tidak dibuang. Yang lain ada dlm simpanan abg saya. Hehe.. Sememangnya saya gemar juga koleksi khazanah budaya kita baik dari Msia, Spore, Brunei dan Indo. Klu bukan kita yg memertabatkan siapa lagi? DiSpore ini ada orng Cina yg mempunyai koleksi keris yg banyak sekali, kayak muzium.. Hehe Mbah Ncem ada2 aje, kok tau tentang mata, tangan dan cara duduk saya.Terawang ya.. hehe.

  117. kagami uchiha

    trima kasih ki bengawan untuk jawabannya, , ,

  118. kisambergledek

    Hadir sejenak.

  119. Zizah37

    Asalamualaukum wr wb
    @ Ki Samber Gledek
    Klu yg tiap mlm jumaat glodak2 tu yng urusin adek perempuan diMalaysia, hehe saya serahkan padanya, bukan kerna takot cuma ngak punya waktu dan sibuk dgn urusan kerja yg kdng kala keluar kota. Yg lainnya abg saya urusin juga. Pesanan dari Almarhum bpk semuanya harus dibersihkan tiap mlm Jumaat juga. Mau yg mana satu Mbah? Berluk 7 atau 9 Mbah atau yang glodak2 tu?? Hehe, Mbah kan udah bnyk koleksinya?

    Salam manis.

  120. kisambergledek

    wa alaikum salam wb
    hehehehe
    mantaf mbak,ternyata rajin jg ya,!?qiqiqiqi
    ya kl mau di ksih ya ga papa mbak,ntk mbak zizah jg tak kasih,tap maunya yg apa an dulu,!hehehehehe

  121. JEMENANG RIAUSIRUT

    Terima kasih ats penjlasann dari tuan BC.sy ulurkan ini tangan kepada tuan mohon maaf atas duga-duga sy atas diri tuan BC.krena lamanyab sy menunggu copy balik dari tuan.hrp tuan memaklumi kealpaan sy.sy belumlah lama menjadi anggota ini blog.hampir hampir penuh ini jiwa dengan rasa risih,”demam komplek”.sekali lagi dan sekali lagi.juga lagi-lagi sy pribadi dgn seluruh sy punja jiwa mengucapkan terima kasih tuan BC.
    MERDEKA di darat.Merdeka di laut
    MERDEKA di hayat Merdeka di pintu maut.
    al fatiha sent ntuk Tuan BC.

  122. gus zan

    Bismillah para guru semua Qobiltu..
    Baarokallah alaik..

  123. empu tong bajel enek ora kang?

  124. UDIN

    KLO SAYA MPU GONDRONG …..RAMBUT GONDRONG JARANG KRAMAS SEBULAN BIAR KEREN…

  125. susilo atmojo dulu yoyok supriyadi

    wah kalo memabahas warisan yang badiluhung memang mengasikkan apalagi warisan ini banyak yang mengonotasikan dengan klenik sehingga banyak orang yang tidak menyukaitapi bagi saudara wargo kampus wong alus bila menginginkan keris sepuh hubungi aja aku tukang pijet KWA yang sekarang jualan keris hehehe

  126. susilo atmojo dulu yoyok supriyadi

    untuk menghubungi aku cal 085231830068

  127. dindakanda38@yahoo.co.id

    Koreksi mas nama empu kamardikan : Empu Djiwo Dihardjo pidalem ing Banyu sumurup Imogiri Bantul….beliau Guru saya…

  128. Sword Zulfaqor

    Ass.Wr.Wb… Salam Damai selalu untuk semua….
    @Mas BC : Artikel yang bagus mas… menambah wawasan Ilmu Pengetahuan…. Ayo maju terus Mas BC…. Salam Semangat !

  129. cubitus

    Ciri2 pusaka buatan empu satu dgn empu lainya Itu dapat di lihat dari apanya,, dari segi besinya apa jiga bisa di lihat ciri2nya..???
    mohon penjelasan dgn Detil Biar Tidak Salah. ^_^

  130. Bengawan.Candhu

    @Dinda Kanda…trmksh atas koreksinya,dan sekaligus apa yg panjenengan smpkn mjd koreksi bagi artikel tsbt. @Cubitus….msg2 empu pada jaman dahulu menggunakan ciri khasnya yg tdk sama,hanya org2 yg mendalami keahlian smp detail….misal peksinya muntir,peksinya kepala capung,bilah condok,ujung luknya ke kiri atau ke kanan,kerapatan ganja,bentuk kembang kacang…klo dr besi biasanya menunjukkan jaman atau bisa juga empunya tp u/karya2 tertentu sj yai…mhn maaf klo penjabaran ciri2 dr empu dan besinya kalo dijabarkan isinya cukup panjang dan bila wkt dan Tuhan mengijinkan bs kami smpkn dlm artikel selanjutnya,tp kami khawatir pembahasan spt ini malah akan membuat jenuh bagi yg krg faham dan bkn penghobi pusaka @sword dzulfiqar….yai nmr hpnya brp?lama tdk berkomunikasi…

  131. ijin copi paste,semoga bermanfaat,rahayu…

  132. Pipik Ruswandi

    salam rahayu saya punya keris dapur panimbal tetapi kembang kacangnya retak apa ada efek negatifnya klu disempan ? …matur nuwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: