AZIMAH PEMANGGIL KHODAM SAYYID KANDIYAAS


Ini adalah azimah pemanggil khodam Ayat Kursi (bahasa Arab:آية الكرسى ayatul kursi) atau Ayat Singgasana adalah ayat ke-255 dari Surah Al Baqarah. Yang maknanya dalam Tafsir sbb:

==ALLAH, TIDAK ADA TUHAN (YANG BERHAK DISEMBAH) MELAINKAN DIA YANG HIDUP KEKAL LAGI TERUS MENERUS MENGURUS (MAKHLUK-NYA); TIDAK MENGANTUK DAN TIDAK TIDUR. KEPUNYAAN-NYA APA YANG DI LANGIT DAN DI BUMI. TIADA YANG DAPAT MEMBERI SYAFA’AT DI SISI ALLAH TANPA IZIN-NYA? ALLAH MENGETAHUI APA-APA YANG DI HADAPAN MEREKA DAN DI BELAKANG MEREKA, DAN MEREKA TIDAK MENGETAHUI APA-APA DARI ILMU ALLAH MELAINKAN APA YANG DIKEHENDAKI-NYA. KURSI ALLAH MELIPUTI LANGIT DAN BUMI. DAN ALLAH TIDAK MERASA BERAT MEMELIHARA KEDUANYA, DAN ALLAH MAHA TINGGI LAGI MAHA BESAR==

Tafsir dari Abdullah Yusuf Ali maknanya sebagai berikut: ==Allah! Tiada tuhan selain Dia yang Hidup, Yang berdiri Sendiri, Abadi, tak pernah terlena. Tak pernah tidur. Milik-Nyalah segala yang di langit, segala yang di bumi. SIAPAKAH YANG DAPAT MEMBERI PERANTARAAN DI HADAPAN-NYA TANPA IZIN-NYA? Ia mengetahui segala yang di depan mereka dan segala yang di belakang mereka; mereka takkan mampu sedikit pun menguasai ilmu-Nya kecuali yang dikehendaki-Nya. Singgasana-Nya meliputi langit dan bumi, dan tiada merasa berat Ia menjaga dan memelihara keduanya. Ia Mahatinggi, Mahabesar==

Tafsir dari Ibnu Katsir maknanya sebagai berikut: ==Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya);tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. TIADA YANG DAPAT MEMBERI SYAFA’AT DI SISI ALLAH TANPA IZIN-NYA. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha tinggi lagi Maha besar.==

Ayat inilah yang disebut Ayatul-Kursi atau Ayat Singgasana. Tiada yang mampu menerjemahkan keagungan makna ini, atau meniru irama kata-katanya yang begitu padat dan terpilih. Sifat-sifat Allah yang begitu berbeda dari segala yang kita ketahui dalam dunia kita ini, sehingga kita harus puas dengan pengertian bahwa satu-satunya kata yang tepat, yang dapat kita pakai menyebut-Nya ialah “Dia” – kata ganti yang mengandung arti nama-Nya. Nama-Nya – Allah – yang kadang salah pakai dan digunakan pada makhluk-makhluk dan benda-benda lain; dan kita harus tegas-tegas menolak setiap gagasan atau kesan bahwa ada sesuatu sebagai sekutu Allah, Tuhan Tunggal Yang Hidup. Ia hidup, tetapi hidup-Nya berdiri sendiri dan abadi, tidak tergantung kepada apa pun dan tidak terbatas oleh gagasan apapun, juga tidak akan mampu dibatasi dimensi ruang dan waktu (karena ruang dan waktu ini justeru ciptaan NYA). Sifat al-Qayyum barangkali tidak sekedar berarti “Berdiri Sendiri” tetapi juga mengandung arti “Menjaga dan memelihara hidup”, hidup-Nya merupakan sumber dan penopang yang terus-menerus terhadap segala asal bentuk kehidupan.

Ayat kursi mengandung suatu hal yang sangat agung. Dan terdapat sebuah hadits shahih dari Rasulullah, yang menyebutkan bahwa ayat tersebut adalah ayat yang paling utama di dalam kitab Allah (al-Qur’an). Imam Ahmad meriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab, bahwa Nabi pernah bertanya kepadanya: “Apakah ayat yang paling agung di dalam kitab Allah?” “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui,” sahut Ubay bin Ka’ab. Maka Nabi mengulang-ulang pertanyaan tersebut, dan kemudian Ubay bin Ka’ab menjawab: “Ayat Kursi.” Lalu beliau mengatakan: “Engkau akan dilelahkan oleh ilmu, hai Abu Mundzir. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai satu lidah dan dua bibir yang senantiasa menyucikan al-Malik (Allah) di sisi tiang Arsy.

Hidup yang sempurna adalah hidup yang penuh dengan kegiatan yang sempurna pula, kebalikannya daripada hidup yang tidak sempurna, yang dapat kita lihat di sekeliling kita, yang bukan hanya menjadi sasaran maut, tetapi juga sudah tak berdaya atau kegiatan yang berangsur surut. Singgasana, kursi, kekuatan, ilmu, simbol kekuasaan Allah tiada akan pernah terbatas, maka hiduplah dengan cahaya asmak NYA maka kita akan mendeka dalam rengkuhan NYA……

**DOA PEMANGGIL KHODAM**
Setelah membaca ayat kursi kita bisa memohon barokah kemuliaan ayat ini. Yaitu menambahkan dengan doa permohonan ijin kepada Allah SWT agar khodam Ayat Kursi yang bernama Sayyid Kandiyaas membantu segala hajat/keinginan kita. Kalau Allah SWT berkenan maka Sayyid Kandiyas akan mendatangi kita dalam beragam macam bentuk dan wujud. Tidak hanya berwujud ruhany yang bersifat metafisik. Sayyid Kandiyas bisa jadi akan menampakkan diri dalam bentuk yang tidak akan kita sangka sebelumnya.

Pengalaman pribadi (yang tentunya setiap orang tidak sama): datang dalam masuk ke tubuh seorang pria berbadan tinggi tegap usia sekitar 60-70 tahun, berambut gondrong penuh uban berkaos oblong memakai jelana jeans dan berbicara banyak hal. Sempat juga memberikan ‘oleh-oleh’ berupa sebuah bendera dan berpesan agar selalu berbuat kebaikan, hidup tanpa pamrih, bebas merdeka dari tekanan, tidak takut pada kuasa apapun senantiasa tawaduk, menghindari ujub riya sombong takabur. Hanya pasrah pada Allah SWT. Tidak ke kuasa kuasa yang lain. Subhanallah…wallahu a’lam…..

TATA CARA:
Umum
Sebagaimana riyadhoh-riyadhoh yang lain, kita perlu bertaubat dan membersihkan diri dari semua kesalahan yang telah kita kerjakan semasa hidup. Berjanji dalam hati untuk tidak mengulanginya dan memperbanyak ibadah sunnah. Mulai membuka lembaran hidup baru dengan memperbanyak amal sholeh dan shodakoh dalam berbagai bentuk sesuai tuntunan agama.

Khusus
1. Baca ayat kursi 313 x selama 3 atau 7 hari diwaktu yang sama. Misalnya usai sholat tahajud dini hari.
2. Baca doa ini 7 x.

==== BISMILLAHIRROHMAANIRR0HIIM. AS ALUKA ALLOHUMMA ANTUSAKHIROLIY RUUHAANIYYATI HAADZIHIL AYATI SYARIIFAH. TU IINUNIY ALAA QODLOOI HAWAAIJIY. AS ALUKA ALLOHUMMA AN TUSAKH KHIROLIY KHUDDAAMA HAADZIHIL AAYATIL AZHIIMAH WAD DAWATIL MUNIIFAH. YAKUUNUNA LIY AUNAN ALAA QODLOOI HAWAAIJIY. HAILAN JAULAN MALKAN. SAKKHIRLIY ABDAKA KANDIYAAS HATTA YUKALLIMANIY FII HAALI YAQZHATI WAYUIINUNIY FIY JAMII’I HAWAIJIY. KUNLIY AUNAN ALA QODLOOI HAWAIJIY. AQSAMTU ALAIKA AYYUHAS SAYYID AL KANDIYAAS AJIBNII ANTA WA KHUDAAMUKA WA AIINUNIY FII JAMII UMUURIY. BIHAQQI MAA TATAQIDUUNAHUU MINAL AZHOMATI WAL KIBRIYAAI. WA BI SAYYIDINAA MUHAMMADIN ALAIHISHSHOLAATU WASSALAAM ===

Artinya (mohon maaf karena keterbatasan saya bila ada yang kurang mohon ditambah):
Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Aku memohon kepada Mu ya Allah, tundukkanlah bagiku ruhaniyyah ayat yang mulia ini agar dia membantuku untuk menunaikan setiap hajatku. Aku mohon kepada.Mu ya Allah, tundukkanlah bagiku khodam ayat yang agung ini dan doa yang baik ini. Jadikanlah mereka pembantu dan penolongku dalam menunaikan segala hajatku. Hailan Jaulan Malkan…. Tundukkanlah bagiku hamba-Mu Kandiyas, sehingga ia dapat berbicara denganku dalam keadaan terjaga dan membantu serta menolongku dalam tercapainya segala hajatku. Jadikanlah bagiku bantuan atas tertunaikannya segala hajat-hajatku. Aku perintahkan engkau wahai Sayyid Kandiyas jawablah aku beserta seluruh pembantumu bantulah aku dalam segala urusan-urusan dan hajatku. Dengan Haq apa yang diyakinkan dengan keagungannya dan dengan berkah ayat yang agung. Dan dengan berkah junjungan kami Sayyidina Muhammad SAW).

Setelah mengamalkan selama 3/7 hari baca doa ini 20 x usai sholat fardhu.

Semoga bermanfaat bagi sedulur yang akan mengamalkannya dengan yakin seyakin yakinnya bahwa doa kita akan diijabah, didengar dan tunggu hasilnya dengan istiqomah dan tawakkal. Salam paseduluran.

@wongalus,2012

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 107 Komentar

Post navigation

107 thoughts on “AZIMAH PEMANGGIL KHODAM SAYYID KANDIYAAS

  1. Juragan Toge

    Okåy ߪªªªÑgêt … Tuch!!!
    Setuju ߪªªªÑgêt …!!
    Mantav!

  2. khancel

    ilmu yg bermanfaat…

  3. dca

    saLam saLim aLL sspuh n sdLr..
    ndrk nyimk…

  4. arif k

    qobiltu ki….ini bagian dari doa ayat qursy yang ada di kitab khozinatul asror ya ki…..mantaaff….

  5. Eko_okE

    assalamu’alaikum….
    hore nomer 5 mbah….
    salam salim kagem poro sesepuh KWA sdoyo…
    monggo dilanjut…

    cling***

  6. manggoloyudo limo

    salam karaharjan. Salam damai tetep semangat.

  7. thorique

    QOBILTU
    SENT ALFATEHA

  8. dedyvisual

    xe enam,,good2…qobiltu…

  9. maaf ki,,cma satu baris thok,,itu rajahanya ki??…

    izin nyimak barang kali nanti membutuh kan . . . mantafffffffff…

  10. Assalamualaikum

    mohon izin mengamalkannya

    AL-FATIHAH

  11. Iman sa

    Klaw gk slah itu hijib ayat kursi atau hijib kandayas ya ki

  12. Jagad Satria

    ikut nyimak,,,
    baca nya aja udah merinding ki,,,

  13. jaka soenda

    Qobiltu Ki mohon ijin mengamalkan… al-fatihah sent..

  14. IKSAN RAMADHAN

    Qobiltuuu….Ane Minta Ijin Mengamalkan Sewaktu Waktu.

  15. ubanan

    ijin copas tuk diamalkan sewaktu2x

  16. ariya

    qobiltu mohon izinya

  17. trus kalau sdh jumpa kita ngapain tuh?

  18. qobiltu tuk diamalkan saya dan saudara2 saya.

  19. Jono_dieng

    Ijin mengamalkan kiii …

  20. iiiip

  21. Kobiltu ijin ngamalkan

  22. Eko_okE

    monggo2 diamalkan yg pngen mengamalkn dan yg ragu2 sbaiknya mundur aja dan yg suka copas smoga amalannya gk cman dijual….
    semangat sore smua…
    lanjuuuutt

  23. DALMAGOTH

    kenapa teman2 ane pengen dapet cewe cuman puasa 3 hari nyampai 7 hari langsung berhasil. tapi ane puasa bertahun tahun (gk tiap hari) gk ada hasil nya.

  24. Pencari diri sejati

    qobiltu….

  25. andkza

    ijin mengamalkanya ya mbah

  26. hafid

    qabiltu…
    Izin mengamalkan kpan2.

  27. wongdeso

    qobiltu

  28. mantaaaaaaap

  29. Wong Rembang

    Qobiltu…
    Ijin mengamalkanya…

  30. Ijin nyimak…
    Ki salam rahayu
    Semoga bs bermampaat.

  31. Thong Pho Ho

    Qobiltu mohon keridoan dan keiklasannya untuk saya amalkan

  32. alyyjenggot

    Assalamu’alaikum…Wr…Wb…
    salam..persaudaraan..salam…rahayu….semuanya…terutama…Ki..wong..alus….dan..para,,,sesepuh,,,semuanya,,,,

  33. Mas_Kanjeng

    Subhanallah….

    YAA HAYYU YAA QOYYUM

    ***********************************************************************************************************************

  34. si raja goda

    HADIRRR DLM DAMAI

  35. mohamad soleh

    assalamualaikum……sedulur sedoyo…..sekedar masukan bagi yang belum kuat kejiwaanya sebaiknya ditunda dahulu…..karena malaikat kandiyas itu khodam yg amat keras…..jadi ukur badan dulu dah……semoga manfaat

  36. zaki

    qobiltu

  37. adi

    qobiltu…
    mohon keikhlasannya saya mau ikut mengamalakan,terima kasih.

  38. budy

    hadirrrrr…..duloooooorrrrrrr……

  39. qobiltu ….

  40. R. Wijaya

    Hadir absen siang

  41. Dani

    Lebih bagus lagi kalau huruf arabnya di scan dan dipasang agar tidak salah saat pengucapan. hehe

  42. IJIN MENGAMALKAN TERIMAKASIH

  43. Jagad Satria

    waduh sampe keget, liat tmpilan blog berubah,,,

  44. War

    Nderek Nyimak

  45. ANTON

    qobiltu…….. Ini yg saya cari dari dulu!!!!

  46. JatiRaga

    @@@@@@@@

    Sugeng Dalu..

    Milu gelar tiker ning riki ya mbah..

  47. budy

    sy kasyono….Qobiltu ijin mempraktekkan N selamat pagi dolooooooooorrrrrrrrrrr……………..

  48. muzakir harun

    .Qobiltu tuk rezky cool

  49. kaspul rizal

    Qobiltu ingin menjalani amalan ini selamat siang..

  50. jangan lupa kalo ditemui sayyid alkandiyas, syhudnya tetaplah kepada Wujud Mutlak, Allah SWT, biar tdk tehijab oleh makhluqnya, Amin.

  51. Ass.Wr.Wb. Nyimak dulu Ki. masih bodoh pengetahuan saya tentang makhluk khodam.

  52. ijazah kubro
    Menyambut kelahiran anak saya maka pada bulan ini saya akan mengijazahkan berbagai keilmuan yang bermanfaat serta mustajab.Melihat dari banyak nya orang yang lagi susah serta membutuhkan suatu air ditengah kesusahan maka hati ini tergerak untuk memberikan solusi yang mana ini merupakan jalan yang baik serta indah.saya mengakui diri yang lemah ini bukan lah seorang tuhan yang bisa serta merta mempunyai kekuasaan meleyapkan kesusuhan tapi dalam rangka ikhtiar kita sebagai manusiawi .Dan insya allah jalan ini jauh dari syirik maupun khurafat.

    Adapun amalan yang saya ijazahkan sebagi berikut:

    1.sholawat lil imam al-faqihil muqoddamut tsaani al-habib Abdurrahman as-seggaf ra.

    Ijazah dari sayyidul walid al-habib Muhammad bin muhsin a-seggaf

    faedah:

    1.keluar dari segala kesulitan

    2.Obat dari segala penyakit

    3.Kunci hajat penting

    2.Ratib al haddad-wal at-thas

    Ijazah dari khalifah muryid thoriqoh alawiyah Palembang Darussalam K.H ustad ali umar toyyib.ra

    Faedah:

    1.menjaga batin kita dari kemunafikan

    2.dapat mencegah suul khotimah

    3.meluaskan rezeki

    4.melapangkan kesempitan

    5.mencegah bahaya dan mengembalikannya

    6.menjadikan hidup berkah bercahaya

    7.membetengi diri dari aqidah sesat dan kedzaliman

    8.merupakan pagar pelindung bagi diri kelurga dan harta

    9.memohon ampun daro dosa-dosa ,panjang umur,diberi keberkaha dalam hidup dan untuk anak cucu dll.

    3.faedah yang mujarab (al-imam al –allamah abu abdillah Muhammad bin yusuf assanusy al-hasani)

    Ijazah dari K.H ali umar toyyib

    Faedah:

    1.menghilangkan kesusahan

    2.meluaskan rezeki

    4.doa rezeki (al-habib al-quthb ahmad bin hamid al kaf Palembang)

    Ijazah dari habib Muhammad bin ali bin ahmad bin Muhammad bin ahmad syaikh bin ahmad bin al-syihab al-ba’alawi

    Faedah:

    1.diluaskan rezeki

    2.Diberi keselamatan oleh allah ta’ala

    5.sholawat jibril

    Ijazah dari K.H cholil bisri

    Faedah:

    1.dapat mengabulkan hajat mendadak

    2.Yang paling penting insya allah mendapat syafaat rasul

    6.amalan waqiah(ali bin abi tholib)

    Ijazah dari habib Muhammad bin ali bin ahmad bin Muhammad bin ahmad syaikh bin ahmad bin al-syihab al-ba’alawi

    Faedah:

    1.mendapat keluasan rezeki dan harta

    2.Dimudahkan segala urusan

    3.Terhindar dari segala kesulitan seperti hutang dan lain lain dalam arti yang luas.

    Bagi para agan yang berminat silakan sms ke no ini:081278006539 dengan format nama anda sama ortu dan alamat .

    Ana pribadi tidak meminta mahar cukup agan kirim ongkir pengiriman aja.niat ana disini hanya ingin membantu sesama.

    Penting!!!!

    Ijazah tidak bisa sekaligus pilih sesuai dengan kebutuhan yang anda hajati..

  53. alyyjenggot

    Qobiltu

  54. Jampang Rante

    Rahayu………………..

  55. jaffar

    Qobiltu Ki mohon ijin mengamalkan… al-fatihah sent..

  56. mqabiltu ijazaka

    Bagai mana cara mengasmak/mengisi benda ki?

  57. Wah..luar biasa Ki..qobiltu Ki..ijin ngamalkan..salam sejahtera utk ki CS

  58. Sayyid Kahyail

    Keutamaan Ayat Kursi
    Rahasia-Rahasia Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.
    Banyak hal yang terkandung dalam ayat kursi dan banyak rahasia yang ada di dalamnya.
    Di sebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah Muhammad Saw,betapa banyaknya manfaat Ayat Kursi, keistimewaannya, khasiat dan mukjizatnya yang di dapat oleh orang yg mengamalkannya.
    Adalah tidak mungkin kita dapat mengungkap seluruh isi dan kandungannya.
    KURSI, MAKNA DAN KEDUDUKANNYA.
    Para Ulama memberikan makna “kursi” yang berbeda-beda, tetapi sesungguhnya satu dengan yang lain saling mengokohkan. Ada 4 penafsiran kata “kursi” yaitu :
    1. Kursi adalah ruangan besar yang kapasitasnya melebihi langit dan bumi.
    2. Kursi adalah pemerintahan, kekuasaan & kerajaan Allah SWT.
    3. Kursi adalah ilmu karena ilmu mrupakan bagian dari Sifatullah. Dengan ilmu Allah SWT mengatur makhluk yang diciptakan-Nya.
    4. Kursi adalah simbol dari betapa keagungan dan kebesaran Allah ST.
    Alhasil dari 4 penafsiran di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ” Kursi merupakan pondasi kebijakan /hukum Allah dan simbol dari kekuasaan-Nya. Dan ayat kursi merupakan ayat yang memberikan petunjuk atas ketuhanan Allah secara mutlak”.
    SYAFAAT, MAKNA & KEDUDUKANNYA.
    Syafaat artinya pertolongan, oleh karena itu pertolongan secara mutlak milik Allah SWT. Tetapi dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya Allah memberikan pertolongan dapat melalui beberapa wasilah diantaranya :
    1. Melalui Rasulullah saw, secara khusus Allah memberikan syafaat kepada Rasulullah saw di saat siapapun dan amal apapun tidak berguna bagi seseorang yaitu dihari Yaumil Hisab. Dengan izin Allah Rasulullah saw akan memberikan syafaat kepada umatnya yang punya masalah dan dosa besar.
    2. Melalui amal sholeh. Amal yang dikerjakan dengan benar dan ikhlas dapat menjadi penolong di saat seseorang mengalami kesulitan hidup.
    3. Melalui zikir dan bacaan. Kalimat thoyyibah, bacaan Al-quran, istighfar, tasbih dan zikir-zikir yang lain akan menjadi penolong di saat seseorang dalam kesulitan, kesedihan dan kekalutan dalam hidup.
    KEAGUNGAN KURSI ALLAH SWT.
    Rasulullah saw berkata kepada Abu Dzar : Hai Abu Dzar, perbandinagn langit yang tujuh dan bumi yang tujuh dengan ayat kursi itu bagaikan lingkaran yang diletakkan dipadang luas. Bumi dan langit ibarat lingkaran kecil dan ayat kursi adalah padang luas membentang yang tidak berujung. Perbandingan langit yang tujuh di gabung dengan bumi yang tujuh dan kursi disatu sisi dengan Arsyullah disisi lain bagaikan lingkaran dit engah padang luas. Keutamaan Arsyullah dengan Kursi seperti keutamaan padang luas dengan lingkaran kecil.
    Imam Ali Bin Abi Tholib berkata “Kursi Allah adalah berlian dan pena (kalam) Allah juga berlian. Panjang pena sama dengan perjalanan 70 tahun dan panjang kursi tidak diketahui kecuali orang-orang yang diberi ilmu”.
    Imam As-Suddy berkata :
    “Langit dan bumi ada di dalam Kursi yang di dekat Arsy. Para malaikat penjaga Arsy dan malaikat panjaga Kursi terhalang oleh 70 hijab kegelapan dan 70 hijab cahaya. Ketebalan setiap hijab sama dengan perjalanan 500 tahun. Kalaulah tidak ada hijab tersebut maka malaikat penjaga Kursi terbakar oleh cahaya malaikat penjaga Arsy”.
    Ikrimah berkata “Matahari merupakan satu bagian dari 70 cahaya Kursi sedangkan Kursi merupakan satu bagian dari 70 cahaya Arsy”.
    BILANGAN DALAM AYAT KURSI.
    Ketahuilah bahwa setiap bilangan yang ditentukan oleh Allah SWT mempunyai nilai keberkahan yang luar biasa. Bilangan-bilangan yang telah di tetapkan oleh Allah swt dan Rasulullah saw dalam berbagai keterangan sungguh sangat banyak dan semua itu terkait dengan rahasia kebesaran Allah swt. Jika kita mengikutinya maka rahasia itu dengan seizin-Nya akan terbuka, misalnya :
    Alquran terdiri dari 144 surat, 6236 ayat, 77.437 kata dan 340.740 huruf, dengan surat yang terpanjang adalah surat Al-Baqoroh terdiri dari 286 ayat.
    Jumlah para Rasul 313 orang.
    Jumlah para Nabi 120.000 orang.
    Jumlah pasukan Perang Badar 313 orang, dll.
    Begitu juga dengan ayat kursi yang terdiri dari 9 anak kalimat sempurna, 50 kata, 187 huruf dan 236 karakter. Dalam suatu amaliyah ayat kursi memiliki bilangan khusus yaitu 1,3,7,9,11,41,70,99,100,187,236,300,313,333,777,1000,1707,4000 dan 70.000.
    Namun dari Jumhur Ulama banyak yang menyarankan untuk mengamalkannya sebanyak 1000x setiap siang dan malam. Tidak ada orang yang mengetahui sebuah rahasia sebelum mengalami.
    Kalau dia bisa berbicara itu hanya sebatas kata orang. Tidak ada orang yang mengalami kecuali telah mengalami percobaan. Tidak ada percobaan yg berhasil kecuali dilakukan berulang-ulang.
    TURUNYA AYAT KURSI YANG MULIA.
    Betapa dahsyatnya mukjizat ayat kursi. Pada saat di turunkan syetan bertabrakan, saling berbenturan karena kepanasan dan kebingungan. Ayat Kursi diturunkan kepada Rasulullah Muhammmad saw pada malam hari. Saat itu juga Rasulullah saw memanggil Zaid Bin Tsabit untuk menulisnya.
    Di riwayatkan oleh Muhammad Bin Al-Hanafiyah bahwa sesudah ayat kursi turun, seluruh berhala di dunia berjatuhan, seluruh malaikat bersujud, seluruh penguasa menjatuhkan wajahnya ke bumi, mahkota yang tersungging di kepala para pembesar berjatuhan, syetan berlarian kebingungan, bertabrakan, takut dan kepanasan. Kemudian para syetan melapor kepada Iblis memberi tahu keadaan dunia yang menggemparkan. Sang Iblis memerintahkan para syetan untuk mencari tahu apa penyebabnya. Maka para syetan berdatangan ke Madinah dimana Rasulullah saw tingggal disana.
    Mereka mendapat berita bahwa “Ayat Kursi” telah diturunkan Allah swt dan itulah penyebab utamanya.
    DAHSYATNYA AYAT KURSI.
    Ayat kursi dimulai dari lafaz Lafdzul Jalalah (Allah) dan diakhiri oleh Sifatullah (Al-’Azhiim). Ini menandakan bahwa kehidupan harus bersama Allah ketika hendak memulai dan mengakhiri sesuatu.
    Sungguh menakjubkan wahai saudaraku ! betapa dahsyatnya ayat kursi . Seandainya kita dapat bersenyawa dengannya maka ada jaminan oleh Allah SWT tidak ada ketakutan, kegelisahan dan kesulitan.
    Berikut takjubnya ayat kursi :
    – Saudara akan mendapatkan apa yang saudara inginkan.
    – Saudara tidak akan takut miskin karena ayat kursi akan menjadi sumber kekayaan.
    – Saudara tidak akan takut kekurangan karena ayat kursi menjadi kecukupan.
    – Saudara tidak akan takut musuh karena ayat kursi akan menghadirkan bala bantuan.
    – Saudara tidak akan takut sendirian karena ayat kursi akan menjadi teman di manapun.
    – Saudara tidak akan takut melarat karena ayat kursi menghadirkan kelimpahan.
    Sekarang marilah bangkitkan dan bangun gagasan untuk memperbaiki hidup dan pancangkan semangat untuk merubah nasib dan hidupkan harapan untuk menjadi orang yang berhasil.
    PAHALA MEMBACA AYAT KURSI.
    Kebanyakan manusia baru percaya setelah melihat fakta. Padahal janji Allah dan fakta kebesaran-Nya tidak selalu selamanya terlihat dengan mata telanjang. Orang-orang yang hebat dan bermartabat tinggi mereka justeru lebih banyak melihat fakta yg sesungguhnya dengan mata hati bukan pandangan mata karena mata hati dijamin kebenarannya.
    Kelompok inilah yang tahu persis bahwa setiap perbuatan sebenarnya dibalas oleh Allah dengan segera.
    Abu Abdillah berkata :
    ” Ayat kursi ini diturunkan oleh Allah Yang Maha Agung. Allah menjadikan pahala ayat kursi bagi yang membacanya. Pahala yang diberikan itu dengan segera dan nanti. Adapun balasan yang disegerakan yaitu bahwa ayat kursi akan menjaga orang yang membacanya dari berbagai macam bencana “.
    GUDANG KEKAYAAN ALLAH SWT.
    Dari Ibnu Abbas berkata : Adalah rasulullah saw apabila membaca akhir Surat Al-Baqoroh dan ayat kursi selalu tertawa dan beliau bersabda ” Sesungguhnya kedua ayat tersebut merupakan gudang kekayaan Allah Yang Maha Pengasih yang ada di bawah Arsy “.
    Diriwayatkan dari Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali berkata ” Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi “.
    Saudaraku sungguh asma-Nya sumber dari seluruh kebaikan. Sifat-Nya adalah samudera akhlak kehidupan seluruh makhluk-Nya. Ada satu ayat dalam Al-Qur’an yang tidak terlalu panjang namun mencakup seluruh asma dan sifat-Nya, dialah Ayat Kursi.
    – Saudara jangan bertanya
    ” berapa luas ayat kursi ” karena luasnya tak bisa dilihat dengan ukuran panjang.
    – Saudara jangan bertanya
    ” apa isinya ” karena isinya tak tertampung oleh langit dan bumi.
    – Saudara jangan bertanya
    “apa saja khasiatnya” karena khasiatnya luar biasa di sebabkan Rasulullah saw membacanya seumur hidup untuk berbagai masalah.
    – Saudara jangan bertanya
    “apa saja mukjizatnya” karena para nabi dan rasul, shiddiqin, wali dan juga abdush sholihin telah membuktikan beraneka ragam mukjizat dan keajaibannya.
    1. AYAT KURSI ( AYAT KEKUASAAN ).
    Dinamakan Ayat Kursi karena di dalamnya ada kata “KURSI” .
    Di sebut dalam hadits bahwa
    ” Allah menciptakan Kursi yang dikelilingi oleh 7 langit dan 7 bumi. Kursi bagai sebuah lingkaran yang ada ditengah-tengahnya padang luas. Dikirinya ada 10.000 Kursi dan dikanannya juga ada 10.000. Diatas setiap Kursi ada malaikat yang duduk membaca Ayat Kursi & mencatat pahala orang-orang yang membaca Ayat Kursi. Allah juga memerintahkan pena untuk mencatat Ayat Kursi dan pahalanya. Barangsiapa yang melanggengkan membaca Ayat Kursi, Allah berikan pahala sebesar Ayat Kursi pada hari kiamat “.
    2. AYAT AZHIMAH { AYAT PALING AGUNG }
    Disebutkan dalam hadits dari Ubay bin Kaab berkata, Rasulullah saw bersabda ” Hai Abu Mundzir ayat azhimah (agung) apa yang sudah kamu hafal ? Dia menjawab ” Allah dan Rasul-Nya yang paling mengetahui. Rasulullah saw bersabda ” Ketahuilah bahwa Ayat Azhimah adalah Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qoyyum. Dalam sebuah riwayat Rasulullah mengulanginya sebanyak 3 kali lalu menepuk dada Abu Mundzir.
    Ar-Rabi’ bin Abdullah Al-Kalai berkata ” Seseorang bertanya pada Rasulullah saw, Wahai Rasulullah ayat mana yang paling agung dalam Al-Quran ? Rasulullah saw menjawab
    Ars, tidak ada ” Dialah ayat kursi. Orang itu bertanya lagi ” Ayat apa yang paling menyenangkan bagi Rasul dan umatnya ? Rasul menjawab ” Akhir surat Al-Baqarah dan ayat kursi karena keduanya adalah gudang rahmat yang ada dibawah kebaikan di dunia dan akhirat kecuali terkandung di dalamnya “.
    Nabi saw bersabda :
    ” Sesungguhnya ayat yang paling agung dalam Al-Quran adalah Ayat Kursi. Barangsiapa yg membacanya Allah mengutus malaikat untuk menulis kebaikannya dan menghapus keburukannya sampai besok terhitung dari saat dia membaca “.
    Syaikh Ali Al-Buni berkata :
    ” Orang yang membaca Ayat Kursi akan di taati oleh makhluk yang ada disekitarnya . Tidak satupun dari makhluk Allah yang membahayakan dirinya, baik berupa perkataan maupun perbuatan sepanjang tahun. Seorang pemimpin yang melanggengkan membaca Ayat Kursi dia akan ditaati pengikutnya “.
    3. AYAT SAYYIDAH { AYAT PENGHULU AL-QURAN }
    Dari Abu Hurairah berkata Rasulullah saw bersabda
    ” Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi “.
    Rasulullah saw bersabda pada Sahabat Ali bin Abi Tholib
    ” Hai Ali penghulu manusia adalah Adam, penghulu orang arab adalah Muhammad, penghulu orang persia adalah Salman, penghulu orang Rum adalah (Yordan, Palestina, Siria dan Afghan) adalah Suhaib, penghulu orang Habvbasyah adalah Bilal, penghulu gunung adalah Thursina, penghulu pohon adalah Bidara, penghulu bulan adalah Muharram, penghulu hari adalah Jum’at, penghulu ucapan adalah Al-Quran, penghulu Al-Quran adalah Ayat Kursi. Didalam Ayat Kursi ada 50 kata dan setiap kata ada 50 keberkahan “. { H.R. Ad-Dailami }
    Dalam hal ini Ad-Sailami mengatakan ‘ Barangsiapa yang melanggengkan membaca Ayat Kursi maka orang itu akan memperoleh kemuliaan, jadilah ia sebagai penghulu diantara umat manusia. Maka bacalah dengan langgeng sesuai dengan bilangan kalimat atau hurufnya setiap hari, Insya Allah akan mendapatkan kemuliaan dalam diri “.
    4. AYAT FADHILAH { AYAT PALING UTAMA }
    Fadhilah artinya keutamaan. Keutamaan adalah anugerah yang paling indah. Orang yang diberi keutamaan derajatnya lebih tinggi. Orang yang memiliki keutamaan posisinya jauh lebih baik dan terhotmat dari yang lain.
    Ayat Kursi disebut Ayat Fadhilah karena memiliki keutamaan yang lebih dari ayat-ayat lainnya. Keutamaannya tidak hanya pada redaksinya yang mengagumkan dan kandungan yang menjadi asas kebijaksanaan Allah tetapi juga bagi orang yg membacanya. Para Ulama menyatakan kedudukannya sama dengan 1/3 Al-Quran.
    Dari Rabiah bin Harits berkata Rasulullah saw ditanya ” Wahai Rasul surat Al-Quran mana yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yang di dalamnya disebut Al-Baqarah. Beliau ditanya lagi ” Ayat mana dari Surat Al-Baqarah yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Ayat Kursi dan akhir surat Al-Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy “.
    Dikisahkan dari Al-Hasan bahwa seseorang mempunyai saudara yang sudah meninggal dunia. Pada suatu malam dia bertemu dalam mimpi dan terjadilah dialog.
    ” Saudaraku amal-amal apa yang paling mulia dan kamu rasakan nikmatnya ? ” Tanya yang masih hidup.
    ” Al-Quran”, jawab yang sudah wafat.
    ” Ayat Al-Quran mana yang paling utama ? “
    ” Ayat Kursi “
    ” Saudaraku adakah sesuatu yang kamu sampaikan kepada kami yang masih hidup ? “
    Dia berkata ” Benar sesungguhnya kamu semua masih dapat melakukannya tetapi kamu tidak tahu. Sedangkan aku sudah tahu tetapi tidak dapat melakukannya “.
    5. AYAT SYARIFAH { AYAT PALING MULIA }
    Syarifah artinya mulia dan berkedudukan tinggi. Kemuliaan Ayat Kursi ini dibuktikan oleh Allah dengan dikeluarkannya dari Arsy dan turunya disertai pengawalan 70.000 malaikat. Tidak seorangpun yang membaca Ayat Kursi kecuali malaikat datang mendengarkan dan berdiri menghormat padanya.
    Abu Dzar Al-Ghifari bertanya kepada Rasulullah saw ” Wahai Rasullullah ayat Al-Quran mana yang paling mulia ? Rasulullah menjawab ” Ayat Kursi, langit dan bumi jika dibandingkan dengan Kursi bagaikan mangkok yang diletakkan di padang tanah yang luas, dimana mangkoknya adalah langit dan bumi sedangkan padang tanahnya adalah Ayat Kursi. Seandainya langit dan bumi dan seluruh yang ada di dalamnya dikumpulkan dan diletakkan dalam satu sisi neraca dan di sisi lain adalah Ayat Kursi tentu masih berat timbangan Ayat Kursi “.
    Syaikh Muhammad bin Asmuni dalam Tafsir Ayat Kursi mengatakan ” Zikir, mukjizatnya akan hadir sesuai dengan inti dan makna kata yang dizikirkan. Ilmu, mukjizatnya akan hadir setelah diamalkan. Bila zikir yang dibaca adalah zikir mulia dan ilmu yang diamalkan adalah ilmu mulia yaitu Ayat Kursi maka Allah akan memberikan penghasilan yang berlimpah.
    Barangsiapa mengistiqomahkan Ayat Kursi maka dia akan dimuliakan, dihormati, dan disegani oleh orang-orang yang disekitarnya. Di sisi Allah tidak diragukan lagi mendapat tempat yang sangat terhormat “.
    6. AYAT DZARWAH { AYAT PALING PUNCAK }
    Dzarwah artinya puncak yaitu ujung tertinggi dan sesudahnya tidak ada lagi. Ayat Kursi disebut Ayat paling Puncak karena tidak ada lagi ayat yang lebih tinggi darinya.
    Ma’qql bin Yasar berkata, Rasulullah saw berasbda ” Al-Baqarah adalah puncaknya Al-Quran dan puncaknya Al-Baqarah adalah Ayat Kursi. Dalam setiap ayat turun bersamanya 70.000 malaikat dan Ayat Kursi dikeluarkan dari gudang kekayaan Allah yang ada dibawah Arsy lalu digabung dengan Surat Al-Baqarah “.
    Subhaanallaah………….! Bagaimana jika 70.000 malaikat tersebut mengaminkan doa orang yang istiqomah dalam membaca Ayat Kursi…..? BUKTIKAN KEAJAIBANNYA.
    7. AYAT AL-FATAH { AYAT PEMBUKAAN }
    Ayat Kursi disebuat Ayat Al-Fatah karena ayat ini merupakan awal dari seluruh ayat dan kemenangan dalam perjuangan. Banyak kemenangan yang dicapai oleh Rasulullah dalam menghadapi musuh musuhnya. Banyak jalan dibuka oleh Allah ketika Rasulullah menghadapi berbagai kesulitan. Rasulullah tidak pernah berhenti berzikir Ayat Kursi.
    Rasulullah saw bersabda
    ” Sesungguhnya Allah SWT menciptakan mutiara putih. Dan mutiara itu sendiri diproses dari lendir kekuning-kuningan (tinta emas). Dan lendir itu dipakai untuk menulis Ayat Kursi. Allah bersumpah demi keperkasaan-Nya dan demi kekuasaan-Nya sesungguhnya barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan “.
    Ali bin Abi Tholib berkata ” Ketika terjadi Perang Badar aku mendatangi Rasulullah ingin melihat apa yang dikerjakan. Ternyata Rasulullah bersujud dan mengucapkan ” Yaa hayyu Yaa qoyyum ” tidak lebih dari itu,lalu aku meninggalkannya dan kembali ke medan perang.
    Untuk yang kedua kalinya aku datangi Rasulullah kudapati beliau masih sujud membaca ” Yaa hayyu Yaa qoyyum “. Berkali-kali aku datang dan pergi, Rasulullah tetap seperti itu, sampai Allah memberikan kemenangan yang gemilang “.
    8. AYAT AN-NAMA’ ( AYAT PENGEMBANGAN )
    Diriwayatkan oleh Aisyah, bahwa suatu hari ada seorang yang datang kapada Rasulullah saw dan mengadukan bahwa dirumahnya tdk ada keberkahan. Maka Rasulullah bertanya.
    ” Dimana kamu menempatkan Ayat Kursi itu ? Tidak ada makanan dan lauk pauk atau apapun juga yang kamu bacakan Ayat Kursi kecuali Allah mengembangkan keberkahan makanan dan lauk pauk itu “.
    Keberkahan hanya diberikan oleh Allah ketika membaca Ayat Kursi dalam semua bidang. Berkah merupakan kebaikan yang banyak dan selalu bertambah. Tidak seorang pun yang tidak ingin memperoleh keberkahan. Kita ingin berkah rumah tangga, anak dan cucu, harta, penghasilan, pekerjaan dll.
    Saudara tentu pernah mendengar mukjizat Rasulullah ketika sedang menyiapkan parit untuk mneghadapi kaum musyrikin dalam perang Khanzaq. Makanan yang tampak sedikit ternyata mampu mencukupi oleh sekian banyak para sahabat dan semuanya merasa kenyang.
    9. AYAT MUQODDASAH ( AYAT YANG DISUCIKAN )
    Muqaddasah artinya disucikan karena para malaikat khususnya penjaga Arsyullah selalu menyucikannya.
    Rasulullah saw bersabda
    ” Demi Zat yang jiwaku ada dalam genggaman-Nya sesungguhnya Ayat Kursi ini mempunyai 1 lidah dan 2 bibir. Para malaikat yang menjaga Arsy senantiasa menyucikannya “. ( H.R. At-Tirmidzi )
    Ayat Kursi memiliki 1 lidah dan 2 bibir artinya Ayat ini bukanlah benda mati yang tidak memiliki kekuatan apapun. Ayat Kursi , jika diamalkan oleh orang yang beriman dan haqqul yaqin maka akan memberikan reaksi balaik yang maha dahsyat.
    Setiap huruf yang ada dalam Ayat Kursi dijadikan oleh Allah ada malaikat yang senantiasa menjaganya dan dia akan memberikan umpan balik kepada yang membacanya dengan kekuatan yang lebih dahsyat lagi.
    Ayat Kursi adalah ayat yang disucikan oleh para malaikat. Kesuciannya menjadi poros yang bergerak menyucikan siapa saja yang mengistiqomahkannya. Mereka yang membacanya akan disucikan oleh Allah karena pada hakikatnya Ayat Kursi adalah ayat untuk menyucikan Allah dengan pemurnian dalam tauhid Uluhiyah, Ubudiyah dan Rububiyah.
    10. AYAT SHIFATULLAH ( AYAT SIFAT ALLAH ).
    Ketika Rasulullah diperjalankan pada malam Mi’raj, beliau bersabda ” Aku melihat Lauhil ( papan besar ) disana ada 3 cahaya ditempat yang berbeda-beda. Lalu aku bertanya ” Ya Allah apa itu 3 cahaya ? ” Allah menjawab ” Itu adalah tempat Ayat Kursi, Yasin dan Al-ikhlas “. Rasulullah bertanya ” Apa pahala Ayat Kursi ? ” Allah menjawab ” Ayat Kursi adalah sifat-Ku, barangsiapa yang membacanya sekali saja dia akan melihat wajah-Ku di hari kiamat nanti, lalu Allah berfirman ” Wajah orang-orang yang beriman pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat. ( Q.S. Al-Qiyamah 22-23 ) “.
    11. AYAT AT-TAUHID ( AYAT PEMURNIAN ALLAH ).
    Ibnu Arabi berkata ” Mengapa Ayat Kursi disebut ayat yang paling agung ? Itu karena kandunganya yang sangat agung dan luar biasa.
    Didalamnya terkandung kalimat Tauhid ‘ Laa Ilaaha Illaa Huwa ‘. Kata ganti ” Huwa ” lebih dahsyat daripada lafzul jalalah ” Allah “. Zhamir ” Huwa ” menurut ahli thoriqoh lebih dekat dihati dan yang sangat dekat lagi adalah Zhamir ” Hu “. Bahkan Zhamir ” Hu ” itu sendiri adalah inti dari hati “.
    Membaca Ayat Kursi sama dengan mempertebal tauhid. Orang yang tauhidnya baik maka ada jaminan masuk syurga, dialah yang hidup dan mati berpegang pada kaliamat ” Laa Ilaaha Illallah “.
    Diriwayatkan dari Ibnu Umar, dari Rasulullah saw bersabda
    ” Orang-orang yg mengucapkan ” Laa Ilaaha illallah ” tidak akan pernah meninggal dunia dalam keadaan menderita, juga pada saat dibangkitkan kembali “.
    Dari An-Nasaiburi, dari kakeknya berkata, dari Rasulullah saw, dari Jibril as berkata ” sesungguhnya Allah berfirman ” Kaliamat laa ilaaha illallah adalah perlindungan-Ku, barangsiapa yang masuk dalam perlindungan-Ku dia akan selamat dari siksa-Ku “.
    12. AYAT AL-ISTIGHATSAH ( AYAT PERMOHONAN )
    Dalam Q.S. Al-Anfal ayat 9 Allah berfirman ” Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diprkenankan-Nya bagimu. Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan 1000 malaikat yang datang berturut-turut “.
    Dari Umar Bin Khatthab ra berkata ” Pada hari terjadinya Perang Badar, Rasulullag saw melihat sahat-sahabatnya yang hanya berjumlah 313 orang dan melihat kaum musyrikin yang jumlahnya 1300 orang. Maka Rasulullah saw menghadap kiblat,selendang dan sorbannya menempel dipundaknya, kemudian berdoa ” Ya Allah penuhilah untukku apa yang telah Engkau janjikan ! Jika hari Engkau hancurkan kelompok umat islam ini maka Engkau tidak akan disembah di muka bumi untuk selamanya “. Rasulullah terus menerus memohon pada Tuhahnya dan berdoa sampai selendangnya jatuh dari pundaknya. Abu Bkar mendatangi Rasulullah dan mengambil selendang itu dan dikembalikan kepundaknya sambil terus mengikuti dari belakangnya. Abu Bakar berkata ” Wahai Nabiyullah, cukuplah pengaduanmmu kepada Tuhan, Dia akan memenuhi apa yang dijanjikan kepadamu “.
    Maka pada saat itu turun wahyu Q.S. Al-Anfal ayat 9. Dan pada saat petempuran terjadi Allah menghancurkan kaum musyrikin. Dari kaum musyrikin terbunuh 70 orang dan 70 orang menjadi tawanan “.
    Ayat Kursi disebut Ayat Istighotsah karena orang yang membacanya akan mendapat pertolongan Allah sebagaimana tertulis dalam Kitab Al-Firdaus Al-Khittab yang artinya dari Qatadah, dari Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi disaat mendapatkan kesusahan maka Allah akan menolongnya “.
    13. AYAT AL-ISTI’ANAH ( AYAT PETOLONGAN )
    Diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni dari qatadah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda
    ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi dan akhir surat Al-Baqarah ketika mendapatkan kesulitan maka Allah akan menghilangkan kesulitannya “.
    Syaikh Ahmad Ali Al-Buni berkata ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sebanyak bilangan hurufnya ( 187 ) maka Allah akan memberikan pertolongan untuk semua urusan, mengabulkan hajatnya, memberikan cahaya hikmah dalam hatinya, menghindarkan dari segala marabahaya, meluaskan rizkinya dan memperolah apa yang dicarinya “.
    14. AYAT AL-ISTI’ADZAH ( AYAT PEMBEBASAN )
    Disebut Ayat Pembebasan karena dengan membacanya Allah akan membebaskan dan melindungi dari segala macam yang tidak di inginkan.
    Diriwayatkan oleh Ubay Bin Ka’ab ra berkata ” aku berada disebelah Rasulullah saw, ketika ada seseorang Baduwi datang dan berkata ” Wahai Naiyullah aku mempunyai saudara yang sedang sakit “. Rasulullah bertanya ” Apa yang menimpanya ? Ajaklah dia kemari “. Orang itu lalu pulang dan membawanya menghadap Rasulullah. Lalu Rasulullah meletakkan tangannya, membaca Ta’awaudz, Al-Fatihah, 4 ayat pertama Surat Al-Baqarah, ayat Kursi, dan 3 ayat terakhir Surat Al-Baqarah, maka orang itu langsung berdiri seakan tidak terjadi apa-apa “.
    15. AYAT AL-ISTIRJA ( AYAT PENGEMBALIAN )
    Disebut demikian karena banyak orang yang telah membuktikan kemujarabannya dalam mengamalkan dengan bilangan khusus maka dia akan mampu kembali kepada kebenaran yang hakiki.
    Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah saw ketika membaca Surat Al-Baqarah dan Ayat Kursi beliau tersenyum, lalu bersabda ” sesungguhnya Ayat Kursi dan akrir Surat Al-Baqarah dikeluarkan dari gudang yang tersimpan di bawah Arsy, bila dibacakan untuk orang yang berbuat jahat, orang itu mendapatkan balasan kejahatannya, orang itu akan kembali bertaubat dan tenang hidupnya “.
    16. AYAT AL-ISTIJAR ( AYAT PENYELAMAT )
    Disebut demikian karena Allah akan menyelamatkan orang yang membacanya dari kejahatan khususnya dari gangguan jin dan syetan .
    Seorang mendatangi sebuah pohon kurma, kemudian dia mendengar ada gerakan dan suara yang berbicara, tidak satupun yang menjawab. Orang itu lalu membaca Ayat Kursi dan tiba-tiba syetan dalam bentuk makhluk asing menjatuhi dirinya. Orang itu kesakitan dan berkata ” Kamu telah membuat aku sakit, dengan apa aku harus mengobatinya ? ” Syetan menjawab ” Obatilah dengan bacaan yang membuat aku terjatuh dari pohon ( Ayat Kursi ) “.
    Diriwayatkan oleh Ubay Bin Ka’ab bahwa bapaknya mempunyai sebuah bakul yang berisi makanan. Bakul itu dipelihara dan dijaga agar makanannya tetap utuh. Ternyata makanan itu lama kelaman berkurang. Maka ketika malam datang Ka’ab mengintai siapa yang mengambil makanan itu. Tanpa diduga Ka’ab melihat sesosok tubuh yang datang mengambilnya. Sosok yang tidak jelas itu diberi salam dan ditanya ” Kamu siapa ? Apakah kamu jin atau manusia ? Ulurkan tanganmu padaku ! Apa yang mendorong kamu melakukan ini ? “.
    Sosok tersebut menjawab ” Aku adalah jin, aku mendengar kamu adalah seorang ahli shodaqoh. Aku ingin mengambil makanan yang hendak kamu hendak sedekahkan “.
    Ka’ab berkata ” apa yang dapat menyelamatkan kami dari kamu ? “
    Jin menjawab ” Ayat yang terdapat diakhir surat Al-Baqarah dan Ayat Kursi itulah yang menyelamatkan kamu dari kami. Barangsiapa yang membacanya pagi hari maka akan selamat hingga sore hari dan jika dibaca sore hari akan selamat hingga pagi hari “.
    Ketika pagi tiba Ka’ab menceritakan apa yang dialaminya malam itu kepada Rasulullah, maka Rasul bersabda ” Benar dia itu adalah syetan “
    17. AYAT AMINAH ( AYAT PENGAMAN )
    Disebut demikian karena Ayat Kursi atas izin Allah akan memberikan jaminan pengamanan dari segala sesuatu yang tampak maupun yang ghaib. Keamanan itu diberikan ketika benar-benar dalam ketidak berdayaan.
    Diriwayatkan dalam Kitab Sunan Al-Baihaqi, dari Ali Bin Abi Bin Thalib berkata , aku mendengar Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika hendak tidur , maka Allah akan mengamankan rumahnya, rumah tetangganya dan rumah-rumah terdekat disekitarnya “.
    18. AYAT NAFI’AH ( AYAT PEMBERI MANFAAT )
    Disebut ayat pemberi manfaat karena orang yang membacanya dijamin mendapatkan manfaat dari ayat ini.
    Dari Ali Bin Abi Tholib berkata bahwa Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika melakukan pengobatan bekam, maka manfaatnya sungguh sangat besar, 2 kali dibandingkan bekam biasa tanpa dibacakan Ayat Kursi “.
    19. AYAT HAFIZHAH ( AYAT PEMELIHARA ).
    Diriwayatkan dari Ibnu mas’ud ra bahwa seseorang berkata kepada Rasulullah ” Wahai Rasulullah ! Ajarkan aku sesuatu yang membuat Allah berkenan memberikan manfaat dalam hidupku ! ” Rasulullah menjawab ‘ Bacalah Ayat Kursi ! Sesungguhnya dia akan memelihara kamu dan keluargamu,memelihara rumahmu dan rumah-rumah yang ada disekitar rumah kamu “.
    Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat fardhu maka Allah akan memeliharanya sampai tiba waktu sholat berikutnya. Barangsiapa yang mengistiqomahkan maka ia akan dicatat sebagai seorang Nabi. Shiddiqin dan syahidin “.
    Dari Qatadah ra, dari Nabi saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika mau tidur maka Allah kirimkan 2 malaikat untuk menjaganya hingga pagi hari “.
    20. AYAT HARITSAH ( AYAT PENJAGA )
    Diriwayatkan bahwa Abdurrahman Bin Auf ketika hendak masuk rumah membaca Ayat Kursi di 4 sudut rumahnya. Dia lakukan itu agar rumahnya selalu dijaga dan dijauhkan dari kejahatan syetan.
    Syaikh Al-Buni berkata ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika keluar rumah maka keperluannya akan dikabulkan oleh Allah, diampuni dosanya, syetan lari menjauhinya, Allah menyerahkan dirinya dijaga oleh malaikat dari setiap keburukan, gangguan jin dan manusia dan dari seluruh yang ditakutkan “.
    Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang keluar rumah membaca Ayat Kursi maka Allah mengirimkan 70.000 malaikat memohonkan ampun dan mendoakan untuknya.
    Barangsiapa yang pulang ke rumah dan membaca Ayat Kursi, Allah akan cabut kemiskinan dari pandangan matanya “.
    21. AYAT AL-WAQIAH ( AYAT PELINDUNG )
    Dari Anas bin malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda ” Tidak seorang pun dari umatku yang pada subuh Jum’at membaca Ayat Kursi sebanyak 12 x kemudian berwudhu dan sholat 2 rakaat, kecuali Allah memberikan perlindungan dirinya dari kejahatan syetan dan penguasa. Dan dia memiliki kedudukan sama dengan orang yang Khatam Quran 3 x , di hari kiamat nanti diberikan mahkota dari cahaya yang mampu menerangi orang-orang yang kebingungan “.
    Barangsiapa yang membacanya pada pagi hari maka penghulu malaikat mendatanginya dan memenuhi apa yang menjadi keinginannya.
    22. AYAT MAHIYAH ( AYAT PENGHAPUS )
    Diriwayatkan dari Rasulullah saw bahwa ” Sesungguhnya ayat yang paling agung dalam Al-quran adalah Ayat Kursi. Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi, maka Allah akan mengutus malaikat untuk menuliskan seluruh kebaikannya dan menghapus seluruh keburukannya sejak saat itu sampai esok harinya “
    23. AYAT DAFI’AH ( AYAT PENOLAK BALA )
    Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi maka Allah akan menolak seluruh bala, penyakit dan berbagai macam akhlak tercela, syetan akan keluar dari rumahnya dan keberkahan akan mendatanginya.
    Abu Muhammad As-Samarqandi berkata, bahwa Ka’ab Bin Al-Akhbar berkata ” Barangsiapa yang membiasakan diri membaca Al-Ikhlas dan Ayat Kursi sebanyak 10 x dimalam hari atau siang hari maka dia akan mendapatkan Ridho Allah yang besar, dia akan berkumpul dengan para Nabi di padang Mahsyar dan terpelihara dari syetan “.
    Dari Ali Bin Abi Thalib, dari Rasulullah saw bersabda ” Tidaklah ayat ini dibaca di dalam rumah kecuali syetan lari tunggang langgang meninggalkan rumah itu selama 30 hari dan tidak akan pernah ada sihir yang masuk selama 40 malam “.
    24. AYAT MUHSHINAH ( AYAT YANG MEMBENTENGI )
    Ali Bin Abi Thalib berkata bahwa Rasulullah saw bersabda ” Allah Swt berfirman ‘ Laa ilaaha illallah adalah benteng-Ku. Barangsiapa yang membacanya, dia masuk kedalam benteng-Ku. Dan barangsiapa yang masuk dalam benteng-Ku maka dia akan aman dari siksa-Ku “
    Dikisahkan ada seorang pedagang berjalan diikuti oleh perampok. Merasa ada yang membuntuti dia segera keluar dan turun ketengah sawah lalu membaca Ayat Kursi sebanyak 7 x sambil mengarahkan wajahnya ke 6 penjuru. Ketika penjahat itu telah mendekat dan hendak menyerang, Allah menjadikan Ayat Kursi tersebut sebagai benteng. Penjahat terhalang pandangannya, tidak melihat dimana keberadaan yang di incarnya. Maka pergilah penjahat itu dan menjauh untuk sementara waktu sambil mengintai datangnya kesempatan yang lain.
    Ketika penjahat sudah jauh, dia melihat kebelakang dan tampak sang pedagang sedang duduk. Setelah beristirahat sebentar penjahat kembali menghampirinya. Tetapi lagi-lagi matanya terhalang dan tidak melihat apa-apa. Kejadian itu sampai berulang-ulang dan akhirnya penjahat itupun insyaf seketika.
    Dalam hatinya dia menyatakan bertaubat dan tidak akan melakukan kejahatan. Pada saat itulah dia bisa melihat dan mendatangi pedagang tanpa ada halangan. Disitu dia menyatakan masuk islam.
    25. AYAT AL-WILAYAH ( AYAT KEWALIYAN )
    Sifat-sifat-Nya yang terkandung dalam Ayat Kursi sebagai tanda kesempurnaan akan kekuasaan-Nya. Orang-orang yang teus membacanya dengan kemantapan haqqul yaqin akan diperlakukan oleh Allah sebagai kekasihnya , sebagaimana Dia memperlakukan para Nabi dan Rasul-Nya. Kepada orang tersebut Allah memberikan karomah yang dengan karomah itu dia akan terangkat derajat dan bahkan dikagumi oleh makhluk lainnya. Maka tidak heran jika doa dan keinginannya tidak terhambat dan bagi Allah orang tersebut telah menduduki Maqam Muqorrobatul Aulia ( wali ).
    Disebutkan Ibnu Sunni dan Ad-Dailami dari abu Umamah, bahwa Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah sholat fardhu, maka Allah sendirilah kelak yang akan mencabut ruhnya, dia seperti orang yang berperang bersama nabi-nabi-Nya hingga meninggal dalam keadaan mati syahid “.
    Disebut Ayat Kewalian karena orang yang membacanya akan mendapat karomah, dia berada dalam naungan Allah dan Dia sendiri yang kelak mencabut ruhnya dengan penuh kasih sayang.
    Al-Wilayah artinya kekuasaan yang dijalankan dengan penuh kelembutan. Orang yang diberikan wilayah ( derajat kewalian ) dialah orang yang santun dan lembut sifatnya tetapi mampu menghadirkan hal-hal yang luar biasa.
    26. AYAT MUZHHIRAH ( AYAT PEMBERI KEJELASAN )
    Muzhhirah artinya membuat sesuatu yang tadinya tidak terlihat menjadi terlihat secara jelas karena Allah menjanjikan kepada orang yang membaca Ayat Kursi akan melihat apa yang tidak terlihat oleh kebanyakan orang. Mengapa ? Karena mendapat pemahaman ilahiyah ( laduni ) melalui ilham dan tuntunan firasat. Dengan hal itu pengamalnya akan mampu membaca gejala alam yang tidak diketahui orang melalui indera batin Allah mengilhamkan apa yang seharusnya dilakukan. Dan ia akan menjadi manusia unggul dari yang lain. Ibarat sebuah berita, sebelum berita itu dimuat diberbagai media, dia sudah tahu dan tidak terkejut lagi.
    27. AYAT MUHDHIRAH ( AYAT YANG MENDATANGKAN )
    Disebut demikian karena Allah akan menghadirkan sesuatu yang semula tidak ada menjadi ada. Ketika mewiridkan Ayat Kursi maka malaikat berdatangan ikut duduk dan mendengarkan apa yang diwiridkan. Para malaikat itu akan kembali ke Alam Malakut dan memohonkan ampun kepada pengamal Ayat Kursi.
    Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika dalam sakitnya, maka Allah akan memudahkan dalam sakaratul maut. Tidaklah malaikat melewati rumah yang di dalamnya dibacakan Ayat Kursi, kecuali mereka berhenti dan membuat barisan “.
    Syaikh Muhyiddin Ibnu Al-Arabi berkata ” Barangsiapa yang Membaca Ayat Kursi dimalam dan siang hari sebanyak 1.000x selama 40 hari maka demi Allah, demi Allah, demi Allah Yang Maha Agung, demi kebenaran Al-Quran yang agung, Demi Rasulullah yang mulia, baginya akan dibukakan tabir ruhaninya, malaikat datang berduyun-duyun dan seluruh apa yang di inginkan akan berhasil, kemana menuju akan diantarkan Allah.
    28. AYAT MUHTAWIYAH ( AYAT SATU UNTUK SEMUA )
    Muhtawiyah artinya memuat semua yang ada. Ayat Kursi memuat banyak nama Allah yang tidak dimuat di ayat lain. Setiap ayat Al-Quran yang di dalamnya disebut nama Allah pasti memiliki tujuan sangat besar.
    Nama-nama yang terkandung dalam Ayat Kursi merupakan representasi dari seluruh nama-Nya yang lain. Karena itulah Ayat Kursi disebut ayat satu untuk semua.
    29. AYAT ISMULLAH AL- ‘AZHAM ( AYAT PALING AGUNG )
    Rasulullah sebagai penerima wahyu dan pihak yang berhak menjelaskan wahyu beliau memberikan jaminan betapa dahsyatnya Ismul Azham. Dan Ismul ‘Azham itu terdapat dalam Ayat Kursi.
    Rasulullah saw bersabda ” Ismul ‘Azham itu ada dalam tiga tempat yaitu dalam Surat Al-Baqarah ( Ayat Kursi ), dalam awal Surat Ali Imram dan dalam Surat Thaha “.
    Rasulullah saw bersabda ” Ismul ‘Azham jika dibaca untuk berdoa,maka Allah mengabulkan. Jika dibaca untuk meminta maka Allah memberi “.
    Disebutkan dalam hadits bahwa Nabi Isa ketika menyembuhkan orang sakit dengan membaca Ayat Kursi, ketika menghidupkan orang mati juga dengan membaca Ayat Kursi. Ashif Bin Barhiya, staf kerajaan Nabi Sulaiman ketika menghadirkan kerajaan Ratu Bilqis juga membaca Ayat Kursi.
    30. AYAT QADHA’ AL-HAJAH ( AYAT MEMENUHI KEBUTUHAN )
    Disebut demikian karena Allah akan memberikan kebutuhan hidup bagi orang yang membacanya dengan sungguh-sungguh. Ayat Kursi bagi orang beriman dapat menjadi senjata yang ampuh dalam memenuhi hajat dan keperluan lainnya.
    Rasulullah saw pernah berwasiat pada Ali Bin Abi Thalib ra bahwa Rasulullah saw bersabda ” Jika kamu menghendaki sebuah keperluan maka bacalah Ayat Kursi kemudian mulailah melangkah dengan kaki kanan “.
    Ketahuilah wahai saudaraku bahwa di dalam Ayat Kursi ada banyak khasiat yang tak terbilang dan tak terhingga.
    31. AYAT AS-SA’ADAH ( AYAT KESEJAHTERAAN )
    Disebut demikian karena mereka yang membacanya akan mendapatkan kesejahteraan hidupnya terutama kesejahteraan di hari akhir nanti. Ketahuilah hanya orang-orang Haqqul Yaqin yang akan memperoleh manfaat dari Ayat Kursi.
    Sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah ” Tidaklah ada yang mau melanggengkan membaca Ayat Kursi kecuali para Nabi, Shiddiqin, Syuhada dan Sholihin. Orang-orang munafik dan fasik adalah mereka enggan dan malas membaca Ayat Kursi. Mereka yang membaca Ayat Kursi akan mendapat cahaya terang dan keberkahan dalam usahanya. Ayat Kursi bagi mereka ibarat lampu penyelamat dalam segala situasi “.
    Rasulullah saw bersabda ” Sekiranya presiden tahu apa yang terkandung dalam Ayat Kursi, sungguh dia akan meninggalkan pemerintahannya. Sekiranya pedagang tahu apa yang terkandung dalam Ayat Kursi, sungguh dia akan meninggalkan dagangannya.
    Dan sekiranya pahala Ayat Kursi dibagikan di muka bumi, sungguh setiap orang akan mendapatkan bagian 10 kali lipat dunia dan isinya “.
    32. AYAT ALFI BARAKAH ( AYAT 1000 BERKAH )
    Disebut demikian karena dapat mendatangkan 1000 berkah, 1000 rahmat dan 1000 kebaikan. Rasulullah saw bersabda kepada Ali Bin Abi Thalib ” Jangan kamu tinggalkan membaca Ayat Kursi karena dalam setiap hurufnya ada 1000 berkah dan 1000 rahmat “.
    Rasulullah saw berwasiat kepada Abu Hurairah ” Banyaklah membaca Ayat Kursi karena dengan Ayat Kursi itu kamu dituliskan setiap huruf darinya mendapat 40.000 kebaikan “.
    33. AYAT AL-MUKHTAR ( AYAT PILIHAN )
    Pada hakikatnya setiap jenis apapun yang tercipta pasti ada yang lebih unggul dari yang lain diantaranya :
    Semua negara adalah sama tetapi Allah melebihkan negara yang memiliki Kiblat bagi umat islam.
    Semua tanah adalah sama tetapi Allah melebihkan tanah yang diatasnya dibangun Masjid.
    Semua Nabi adalah sama tetapi Allah melebihkan Nabi Muhamad saw dari yang lain.
    Surat yang terdapat dalam Al-Quran adalah sama namun Allah melebihkan Surat Al-Baqarah dari yang lainnya.
    Semua ayat dalam Surat Al-Baqarah sama tetapi Allah melebihkan Ayat 255 ( Ayat Kursi ) dari yang lainnya.
    Semua orang beriman adalah sama tetapi Allah melebihkan mereka yang membaca Ayat Kursi.
    Ibnu Umar berkata ” Sesungguhnya Allah memilih Al-Quran dari semua kalam, Allah memilih Surat Al-Baqarah dari Al-Quran dan memilih Ayat Kursi dari Surat Al-Baqarah “.
    Disebutkan dalam Kitab Al-Faidh Al-Qudsy ” Barangsiapa yang melanggengkan Ayat Kursi maka dia akan menjadi manusia yang terpilih, diutamakan dan dimuliakan oleh masyarakat, juga disisi Allah swt, di dunia dan akhirat “.
    34. AYAT MUHRIJAH ( AYAT PENGUSIR KEJAHATAN )
    Ayat Kursi yang dibaca terus menerus dapat menciptakan suasana batin menjadi tenang dan suasana rumah menjadi Aman. Jika kejahatan itu datang dari manusia maka manusia itu akan dibuat takut dan membatalkan niatnya. Jika kejahatan itu dari syetan maka syetan akan pergi meninggalkan tempat tersebut.
    35. AYAT MAFHUMAH ( AYAT PEMAHAMAN )
    Ayat Kursi sangat mudah dipahami karena secara keseluruhan menjelaskan ketauhidan, kebesaran, keluasan ilmu dan kekuatan serta kekuasaan Allah dalam mengatur ciptaan-Nya. Tidak ada yang diragukan dan sulit diterima oleh akal apa yang terkandung dalam Ayat Kursi. Ayat Kursi dapat dijadikan pegangan dasar dalam Ma’rifatullah maka dengan memperbanyak membacanya akan mampu memahami semua kejadian yang diluar logika.
    36. AYAT THARIDAH ( AYAT PENDOBRAK )
    Disebut demikian karena jika dibaca untuk menghadapi kejahatan syetan bisa mendobrak hingga lari tunggang langgang.
    Dari Abu Hirairah berkata, Jibril berkata kepada Rasulullah ” Sesungguhnya Ifrit dari golongan jin akan membuat tipu daya kepadamu, maka dobraklah dengan Ayat Kursi “
    Rasulullah saw bersabda ” Baranngsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika hendak tidur Allah akan mengirimkan malaikat yang menjaganya hingga pagi hari “.
    37. AYAT AN-NASHAR ( AYAT PERTOLONGAN )
    Perang badar terjadi pada Bulan Ramadhan. Pasukan umat islam jumlahnya lebih kecil dibandingkan pihak musuh. Dalam perang ini Rasulullah bertindak langsung sebagai panglima. Setelah pasukan di instruksikan untuk menghadang pasukan musyrikin, Rasulullah saw bersujud di sebuah tempat seraya membaca Ayat Kursi. ali Bin Abi Thalib yang menjadi salah satu komandan perang melihat Rasulullah mambaca Ayat Kursi. Setelah bergabung dengan pasukan Ali kembali lagi ingin memastikan Rasulullah masih berada ditempat semula dan benar beliau masih berada disana dan terus membaca Ayat Kursi hingga akhirnya perang dimenangkan oleh kaum muslimin.
    38. AYAT ASY-SYUKUR ( AYAT SYUKUR )
    Dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda ” Allah memberikan wahyu pada Nabi Musa as ‘ barang siapa yang melanggengkan membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat, Aku ( Allah ) memberikan padanya lebih banyak daripada yang aku berikan kepada orang yang bersyukur, Aku berikan pahala para Nabi, aku berikan balasan melebihi balasan amal para shiddiqin, aku hamparkan tangan kanan-Ku penuh rahmat untuknya, tidak ada yang bisa mencegah-Ku memasukkan dia kedalam syurga sampai datang padanya malaikat maut ‘. Musa bertanya ‘ Wahai Tuhan bagaimana dengan orang yang mendengar firman-Mu ini lalu tidak melanggengkannya ? ‘ Allah menjawab ‘ Sunggh Aku tidak berikannya kecuali kepada para Nabi, orang-orang jujur pengikut Nabi, orang-orang yang aku cintai atau orang-orang yang Aku kehendaki mati dijalan-Ku.
    Abu Abdullah menjelaskan bahwa ayat ini mengandung tauhid dan sifat-sifat Allah yang luhur, terdiri dari 50 kalimat, setiap kalimat memberikan 50 keberkahan dan ayat ini sebanding dengan sepertiga Al-Quran.
    39. AYAT ADZ-DZIKRI ( AYAT PENGINGAT )
    Zikir yang paling agung adalah zikir Ismul ‘azham diantaranya dengan Ayat Kursi karena Allah akan melebihkan dari yang lainnya.
    Dari Abu Musa Al-Asy-Ari dari Raslulullah saw bersabda ” Allah memberika wahyu kepada Nabi Musa as ” Bacalah Ayat Kursi setiap selesai sholat fardhu. Sungguh barangsiapa yang membacanya Allah akan membuat hatinya menjadi hati orang yang bersyukur, lisannya menjadi lisan orang yang selalu berzikir, pahalanya seperti pahala yang diberikan kepada para Nabi, dan amalnya seperti amal Shiddiqin ‘.
    40. AYAT ASH-SHIDIQ ( AYAT KEBENARAN )
    Ayat Kursi sungguh sangat dahsyat pahalanya karena mereka yang membacanya Allah memberikan pahala kepadanya seperti pahala para Shiddiqin. Doa yang mereka panjatkan dan di dahului oleh Ayat Kursi sama mustajabnya dengan doa Shiddiqin. Barangsiapa yang ingin mendapatkan kejujuran dari orang yg mengkhianatinya maka perbanyaklah membaca Ayat Kursi. Dengan demikian akan memperoleh kejujuran dan keterbukaan atas segala yang disembunyikan.
    41. AYAT AN-NABIYYI 9 AYAT NABI
    Semua Nabi Allah membaca Ayat kursi. Nabi Musa membaca Ayat Kursi ketika menghadapi musuh-musuhnya. Nabi Isa membaca Ayat Kursi ketika menghidupka orang mati. Begitu juga dengan Nabi yang lainnya.
    Dari Annas ra bahwa Rasulullah saw bersabda ” Jika orang beriman membaca Ayat Kursi dan menjadikan pahalanya untuk orang-orang yang sudah meninggal maka Allah memasukkan cahaya terang kedalam kubur setiap mayit dari ujung timur hinggan ke ujung barat, Allah melapangkan hatinya, mengangkat derajat setiap mayit, Allah memberikan pahala bagi yang membacanya sama dengan pahala 60 Nabi dan Allah menjadikan untuk setiap huruf ada malaikat yang terus bertasbih kepada Allah sampai hari kiamat “.
    42. AYAT SYAFIYAH ( AYAT PENYEMBUHAN ).
    Dalam banyak hadits, Rasulullah saw mengajarkan untuk melakukan penyembuhan dengan membaca Ayat Kursi seperti pada bekam, ruqyah, mengobati sihir, dll.
    Abdullah Bin Ja’far berkata ” Aku terkena sakit yang parah dan para dokter sudah tidak mampu menanganinya. Dalam ketidakberdayaan aku memutuskan pada diri sendiri untuk mengobati dengan sesuatu yang ada dalam Al-Quran. Kemudian aku membaca Ayat Kursi, aku usap diriku dengan tangan setelah membacanya lalu tidur. Dalam tidur aku melihat 2 orang yang berdiri di depanku. Satu dengan yang lain berkata ” Sungguh orang ini telah membaca Ayat Kursi yang menghadirkan 365 rahmat sedangkan dia sampai sekarang baru mendapat 1 rahmat “. Dan aku terbangun dari tidurku, sungguh sakit itu telah hilang dari diriku “.
    43. AYAT SAKINAH ( AYAT KETENANGAN ).
    Disebut demikian karena akan diberikan ketenangan oleh Allah swt dan mampu menyelesaikan segala permasalah hidup dan mampu mengalahkan musuh musuhnya. Disebutkan dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Zaid Bin Arqam, Rasulullah saw memimpin perang sebanyak 29x. Setiap kali menghadapi musuh Rasulullah tidak pernah lepas dari membaca Ayat Kursi.
    Dari Usaid Bin Hudhair bahwa di suatu malam dia membaca Surat Al-Baqarah yang di dalamnya ada Ayat Kursi. Dia punya kuda dan kuda itu di ikat disebelahnya. Tiba-tiba kuda menyeringai lalu Ibnu Hudhair berhenti ( tidak membaca Ayat Kursi ) dan kudanya ikut diam. Ketika Ibnu Hudhair membacanya lagi kuda itu menyeringai kembali. Ibnu Hudhair diam dan kuda pun ikut diam, begitu seterusnya. Ibnu Hudhair berpindah tempat dan meminta Yahya, anaknya, untuk mendekati kuda. Ketika Yahya sudah ada didekat kuda dia mengangkat kepalanya memandang langit dan subhaanallah, dia melihat apa yang tidak pernah terlihat. Pagi harinya, Hudhair menceritakan kepada Rasulullah tentang apa yang dilihat olehnya dan putranya. Rasulullah bersabda ” Ucapkan, ucapkan apa yang ingin kamu katakan hai Ibnu Hudhair ! Maka Ibnu Hudhair berkata ” Ya Rasul, ketika Yahya berjalan mendekati kuda dan anakku berjalan menjauh dari kuda, aku angkat kepalaku melihat keatas tiba-tiba aku melihat ada mega bergelayut laksana lampu-lampu bersinar terang hingga aku tak bisa melihatnya lagi. Rasulullah bertanya ” Tahukah kamu apa itu ? Ibnu Hudhair menjawab ” Tidak tahu “. Rasulullah saw bersabda ” Itu adalah malaikat yang mendekati suaramu ketika membaca Ayat Kursi. Sekiranya kamu terus membacanya tentu kamu dan orang-orang lain akan melihatnya sehingga tidak hilang dari kamu dan orang banyak “.

  59. Sayyid Kahyail

    Dikepung Musuh
    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 1100X selama 3 malam lalu dihembus pada 4 penjuru nescaya musuh yang mengepung akan bubar dengan sendirinya pada hari ketiga.
    Pengaseh

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 41X selama 3 hari pada gula dan diberi makan, nescaya kembali kasih ia.

    Permudah Urusan

    Jikalau ingin berjumpa orang untuk sesuatu urusan agar mudah maka berselawat 10X, Surah al-Syarh (سورة الشرح) 10X dan Ayat Kursi (آية الكرسي) 10X sambil melipat kesemua jari. Bermula ibu jari kanan dan berakhir jari manis kiri. Setiap satu jari 10X wirid.

    Kemegahan Dan Kemuliaan

    Dibaca Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 3X pada tapak tangan, hembus dan sapu muka.

    Menguatkan Mata

    Diwirid Surah al-Fatihah (سورة الفاتحة) dan Ayat Kursi (آية الكرسي) beserta doa kemudian dioles ibu jari pada matanya. Doanya seperti, “Aku melindungi nur mataku dengan Nur Allah yang tidak lenyap”.

    Hajatan

    Puasa 7 hari. Setiap malam puasa Solat Hajat 2 rakaat:

    Rakaat Pertama: Surah al-Tariq (سورة الطارق) 3X.

    Rakaat Kedua: Surah al-Ikhlas (سورة الإخلاص) 10X.

    Selepas salam, sujud sekali lagi dan bertasbih [سبوح قدوس رب الملائكة والروح]. Kemudian bangun dan wirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 91X barulah berdoa.

    Mendapat Kekayaan

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 1100X setiap malam selama 41 malam. Didahului Solat Hajat 4 rakaat:

    Rakaat Pertama dan Kedua: Ayat 285-286 dari Surah al-Baqarah (سورة البقرة) 3X.

    Rakaat Ketiga: Surah al-Zalzalah (سورة الزلزلة) 15X.

    Rakaat Keempat: Surah al-Ikhlas (سورة الإخلاص) 25X.

    Kemudian selepas salam barulah wirid Ayat Kursi.

    Ayat Kursi 7

    Musafir Pada Suatu Tempat

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 7X nescaya selamat ia pada tempat tersebut.

    Aman Dari Musuh

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 41X pada segenggam pasir lalu dilempar pada tempat musuh.

    Pada Mayat

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 7X pada segenggam pasir lalu dilempar bersekali dalam liang lahad nescaya dirahmati akan si mati dalam kuburnya.

    Terlepas Dari Penjara

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 101X pada waktu Subuh selama 3 hari.

    Sakit Kepala

    Dibaca Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 7X dan disapu atau hembus pada kepala yang sakit.

    Pengaseh

    Dibaca Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 41X pada air, lalu diminumkan pada orang dimaksud nescaya jatuh kasih ia padanya.

    Mendamaikan Orang

    Dibaca Ayat Kursi (آية الكرسي) pada segenggam pasir dari masjid yang didirikan Solat Jumaat, lalu dilempar pada dua pihak yang bersengketa nescaya damai ia

    Ayat Kursi 6

    Untuk Hajatan

    Ketika menghadapi kesedihan, kesulitan maka hendaklah wirid Ayat Kursi (آية الكرسي) 41X nescaya hilang masalahnya. Insya’ Allah.

    Sembuh Segala Kesakitan

    Baca Ayat Kursi (آية الكرسي) lalu disapu pada tempat sakit.

    Ghaib Pada Pandangan Musuh

    Diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 70X nescaya terlindung ia dari pandangan musuhnya.

    Tahan Lapar

    Jikalau melalui pada suatu tempat yang tiada makanan diwirid Ayat Kursi (آية الكرسي) sebanyak 66X. Nescaya diberi jalan keluar.

    Ayat Kursi 5

    Melindungi Diri Dengan Ayat Kursi

    Cara Pertama:

    Baca Ayat Kursi (آية الكرسي) 1X. Pada 2 ayat akhir [ولا يئوده حفظهما وهو العلي العظيم] diulang-ulang mengikut bilangan huruf nama anda. Contoh
    Bilangan huruf: 40 + 8 + 40 + 4 + 50 + 3 + 10 + 2
    Jumlah wirid: 157X

    Cara Kedua:

    Baca Ayat Kursi (آية الكرسي) 3X. Setiap 1 kali diulang-ulang ayat ini [ولا يئوده حفظهما] sebanyak 70X. Kemudian barulah diteruskan ayat seterusya.

    Cara Ketiga:

    Baca Ayat Kursi (آية الكرسي) 70X. Setiap 1 kali diulang-ulang 2 ayat akhir [ولا يئوده حفظهما وهو العلي العظيم] sebanyak 7x

    Ayat Kursi 4

    Kasyaf Dengan Riyadah Ayat Kursi

    Dinukilkan bahawa Syeikh Muhyiddin Ibnu Arabi q.s berkata : Barangsiapa membaca Ayat Kursi 1000X siang dan malam sampai cukup 40 hari, maka dengan izin Allah dibukakan pintu kasyaf baginya sehingga berdatangan para malaikat menziarahinya. Wallahua’lam.

    Mengikut petua-petua dalam ilmu kerohanian bagi yang beramal dengannya hendaklah mendapat izin atau ijazah dari guru dahulu atau orang yang sudah beramal dengannya. Dan hendaklah bersih hatinya, bertaubat nasuha dahulu sebelum beramal dengannya dan membakar setanggi serta berkhalwat jauh dari orang ramai dan memakai pakaian serba putih termasuk sejadahnya pun putih.

    1. Berzikir selepas Solat Isya’.

    2. Solat Sunat Hajat 2 rakaat.

    3. Selawat 21X.

    4. Wirid Ayat Kursi 1000X dalam satu majlis.

    5. Setelah selesai Selawat lagi sebanyak 21 dan kemudian tidak boleh tidur sampai
    Doa Ayat Kursi

    Riyadhah Ayat Kursi untuk hajat ialah sebanyak 313X, 66X atau 40X. Paling kurang sebanyak 7X. Dibawah adalah Doa Ayat Kursi untuk taskhir Malik Kandayas iaitu khadam bagi Ayat Kursi dalam ilmu rohani. Ada setengah orang kata Nabi Muhammad SAW lah khadam bagi Ayat Kursi. Pendapat itu tidak tepat dan tidak benar sama sekali kerana bersalahan dengan catatan yang ada dalam kitab-kitab ilmu hikmah. Kesemua kitab menyatakan Malik Kandayas sebagai khadam Ayat Kursi. Nabi Muhammad SAW adalah Rasul tidak sangkut paut dengan khadam ayat dan sebagainya.

  60. Hadir wal nyimak…
    Semangat malam para guru&sedulur smua…
    Salam tetap semangat!!

  61. Wong anyar

    Assalamkm
    sy ahmad sobirin
    qobiltu tuk smua amaln ayt kursi,y

  62. mamat said

    qobiltu mohon ijajahnya

  63. sumarno

    qobiltu ki.
    bismillah ijin ngamalin

  64. qobiltu ki wildan

  65. jokogrowkidjavasambangdalan

    qobiltu

  66. wahyudie

    Qobitul
    Saya terima ijazanya dan mohon ijin untuk mengamalkanya semoga bermafaat
    Terimakasi

  67. si raja goda

    QOBILTU

  68. mohon izin mengamalkan imu ini. terima kasih

  69. cah anyarr

    mohon izin mengamalkan

    QOBILLTU

  70. mohon izin mengamalkan

  71. muhammad habib alif

    qobiltu

  72. Nagabuana

    Saya Aliff , Qobiltu lillahi ta’ala dari Rezky Cool..
    Qobiltu amalan dari ratibalhaddad…

    Masyallah..terasa terpanggil untk ngamalkan… doakan saya ikhwan2 smua.. :)

  73. Saya MUFTI MULIA, Qobiltu lillahi ta`ala ,

  74. mohon izin mengamalkan ilmu ini

  75. qobiltu, mohon ijinya,terimakasiih mbah

  76. Si dhan

    qobiltu mas riski cool buntat

  77. Si dhan

    dhan,qobiltu mas riski cool buntat

  78. cakil

    nyimak ajah gan

  79. rayuma

    ijin bertanya, para sedulur semua,,, bagi siapa saja yg megetahui & bsa menjawab mohon untuk menjawab dan memberitahu saya .,.,

    apakah doa: BISMILLAHIRROHMAANIRR0HIIM. AS ALUKA ALLOHUMMA ANTUSAKHIROLIY RUUHAANIYYATI HAADZIHIL AYATI SYARIIFAH. TU IINUNIY ALAA QODLOOI HAWAAIJIY. AS ALUKA ALLOHUMMA AN TUSAKH KHIROLIY KHUDDAAMA HAADZIHIL AAYATIL AZHIIMAH WAD DAWATIL MUNIIFAH. YAKUUNUNA LIY AUNAN ALAA QODLOOI HAWAAIJIY. HAILAN JAULAN MALKAN. SAKKHIRLIY ABDAKA KANDIYAAS HATTA YUKALLIMANIY FII HAALI YAQZHATI WAYUIINUNIY FIY JAMII’I HAWAIJIY. KUNLIY AUNAN ALA QODLOOI HAWAIJIY. AQSAMTU ALAIKA AYYUHAS SAYYID AL KANDIYAAS AJIBNII ANTA WA KHUDAAMUKA WA AIINUNIY FII JAMII UMUURIY. BIHAQQI MAA TATAQIDUUNAHUU MINAL AZHOMATI WAL KIBRIYAAI. WA BI SAYYIDINAA MUHAMMADIN ALAIHISHSHOLAATU WASSALAAM === adalah doa khusus ayat kursi yang di ijazahkan kang mas satrijo

    saya mencari doa khusus yg ada dalam pengamalan ayat kursi yg kata’a tidak tersebar di internet & kedai2 buku, apakah ini doa ayat kursi yg saya maksud?? ataukah bukan??

    trimakasih
    wassalam

  80. hakiki

    nma sya muhammad hakiki,,
    qobiltu mas rezki dngan smpurna ataz izin allah

  81. hakiki

    qobiltu ki wong alus,,,slam prsdluran

  82. Pujiati

    Qobilltu saya ijin mengamal kan terima kasih….

  83. Asslmk…qobiltu izin mengamalkan..walaikumsalam

  84. M rusdi

    Assalamulaikum
    Qobiltu mohon izin kpd mas Rezki untuk mengamalkannya

  85. qobiltu ki.
    bismillah ijin ngamalin

  86. agen obat cytotec

    Makasih bos, akan aku coba minta doa restunya semoga aku berhasil

  87. Agoez Abah

    qobiltu izin mengamalkan , akhir-akhir ini sepertinya aku diarahkan untuk senantiasa membaca Ayat Kursi,dari beberapa sahabat,mungkin inilah saatnya aku istiqomahkan Ayat ini,,mohon do’a dari semua dan kita saling do’akan untuk yang sama-sama mengamalkan

  88. cucu nabi adam

    permisi ikut ambila sebagian doá2 dan wiritnya…..terimakasi,insyaallah dengan ijinya bisa bantu saudara2 yg sakit,karena saya blom bisa liat bisa denger kadang2 tapi blom bisa bercomunikasi sama yg halus2..insyaALLAH bisa jln dengan lebih baik..1x lagi terimakasi…

  89. Kobiltu, mohon doa,y agar karomah’y bisa mengalir ke tubuh hamba yg penuh dosa

  90. muhammad mu alim

    salaam…

  91. adam

    Ass Wr Wb ….
    Terima kasih atas pembabaran ilmunya.
    Qobiltu.
    Saya terima pengijasahan ilmu / azimah ini dengan lengkap dan sempurna. Semoga Allah SWT meridhoi Nya. amin YRA.
    Mohon ijin bagi saya khususnya dan mungkin juga bagi keluarga dan kerabat saya untuk mengamalkannya.
    Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi pengijasah ilmu ini beserta keluarganya sepanjang masa. amin YRA.

  92. Ijin nyimak
    dan qobiltu

  93. assalamualaikum wr,wb salam kenal buat semua mohon izin untk mengamalkannya,dan mohon sambung doanya agar di beri keberkahan di dalamnya amiii……..

  94. Encep91

    Mohon izin untuk mengamalkan , semoga barokah ! Amien2…

  95. black212

    Qobiltu, alhamdullillah sdh sy amalkan n terbukti ….

  96. Qobiltu ijazatan

  97. Qobiltu Ijazataka…

    Saya terima ijazah Ilmu/Azimat Ayatul Kursy secara lengkap dan sempurna Li Ridhoo’i LLAH Wa Li Syafaati Rosulillah…

    Mohon ijin untuk mengamalkan, dan mohon doa restunya, agar amalan saya diterima dan diijabah doa saya…

    Maturnuwun…

  98. yusro

    Qobiltu semoga manfaat dpt ridho ALLAH S.W.T Aamiin

  99. tante bilqis

    qobiltu ijazataka…alfatihah

  100. Taryono

    Qobiltu mohon ijajahnya

  101. mukodas

    Qobiltu mohon ijazahnyasemoga dpt ridlo Allah s.w.t Amiin

  102. KI JAGATRAYA

    QOBILTU

  103. abdul jabbar al faizi

    selama berapa hari membaca doa yang dibaca 20 kali setelah sholat fardhu

  104. shahaping

    Minta izin untuk mengamalnya dgn izin Allah dan saya terima ijazahnya. Terima kasih.

  105. Qobiltu do’a ayat kursi ini dg lengkap dan sempurna….alfa’tihah….

  106. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Qobiltu, mohon izin utk mengamalkannya. smoga bermanfaat dunia dan akhirat. amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: