TATA CARA PENGIJAZAHAN ILMU HIKMAH


wongalus

DSCN1150Alhamdulillah meskipun sederhana, blog KAMPUS WONG ALUS ini benar-benar terasa ada manfaatnya. Blog ini menjadi forum pertemuan dan praktek pengijazahan Ilmu-ilmu hikmah yang selama ini terkesan ‘eksklusif’. Melalui blog ini kita secara terbuka mempraktekkan pengijazahan di berbagai forum baik online maupun melalui pertemuan langsung. Kita juga telah rutin melakukan pengijazahan di markas KWA yaitu di Mushola Balai Diklat Jl Majapahit 5 Sidoarjo Jawa Timur setiap Kamis malam, mulai pukul 20.30 WIB –sd selesai.

Ilmu hikmah identik dengan praktik-praktik wirid/dzikir. Cara mengijazahkan ilmu hikmah pun tidak boleh sembarangan. Sebenarnya ada aturan/kaidah-kaidah dalam pengijazahan yang harus dilakukan bila ingin pengijazahan itu lengkap dan sempurna. Boleh dikatakan pengijazahan online yang dilakukan melalui blog KWA ini adalah menyikapi perkembangan teknologi informasi internet yang berkembang pesat. Saya kira sah-sah saja, namun tentu saja pengijazahan online harus dilengkapi dengan pengijazahan langsung (tatap muka) bila ingin mendapatkan daya karomah yang sesungguhnya.

Bagaimana tata cara pengijazahan ilmu hikmah secara umum? Kita jelaskan secara garis besar dan prinsip prinsip dasarnya saja, dan bisa jadi banyak tata cara pengijazahan yang berbeda dengan yang kita sampaikan sebab ada begitu banyak aliran dalam ilmu hikmah. Tentu saja masing-masing aliran mempunyai tata cara sendiri-sendiri di dalam melaksanakan amalan wirid. Perbedaan tata cara di antara aliran ilmu hikmah yang satu dengan yang lainnya adalah hal yang wajar namun umumnya selalu menggunakan “Talqin Dzikir”. (Talqin dari bahasa Arab “laqqana yulaqqinu” yang artinya menuntun orang untuk mengikuti kata-kata yang diucapkan).

Talqin dzikir inilah sebenarnya gerbang pembuka ilmu hikmah untuk kemudian memasuki alam hakikat dan alam makrifat. Dan barangkali kita perlu memahami hal ini secara menyeluruh sehingga kegiatan dzikir-dzikir apapun bisa nyambung dengan hakikat dan tujuan yang sejati. Oleh karena itu ada baiknya pada bagian ini dijelaskan tata cara pengijazahan ilmu hikmah yang diawali dengan Talqin Dzikir atau dalam khasanah tarikat disebut Bai’at, yang biasa dilakukan seorang Guru Ilmu Hikmah kepada muridnya.

Adapun tata cara awal pengijazahan ilmu hikmah sebagai berikut….

Hendaknya murid dan guru beristikharah terlebih dahulu. Apabila hasil istikharahnya sesuai, dan itulah yang diharapkan, maka hal itu dapat dijadikan petunjuk bahwa ia telah mendapatkan izin dari Allah. Setelah itu sang guru akan mendudukkan murid di hadapannya setelah dia sempurna bersuci, sambil menempelkan kedua lututnya dengan kedua lutut si murid. Hal ini meniru Malaikat Jibril saat memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Kemudian dengan tangan kanannya, dia memegang tangan kanan si murid layaknya orang bersalaman, lalu memintanya bertobat dari segala kesalahan dan maksiat serta menyuruhnya meminta halal kepada orang-orang yang mempunyai hak padanya, mengembalikan apa-apa yang bukan haknya, meninggalkan kebodohan pemahaman dan menjauhkan prasangka, melaksanakan sunnah, menjauhi rukhshah dan melaksanakan ‘azimah. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa azimah adalah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan secara umum dan mutlak, baik perintah itu perintah wajib atau sunnah, baik larangan itu untuk haram atau makruh, sedangkan rukhsah adalah keringanan atau kelapangan yang diberikan kepada seorang mukallaf dalam melakukan perintah dan menjauhi larangan. Azimah adalah merupakan hak Allah atas hamba-Nya dan rukhsah adalah hak hamba dalam karunia dan kebijaksanaan Allah. Dalam bentuk ini antara rukhsah dengan hukum mubah terdapat kesamaan.

Selanjutnya keduanya bersama-sama dengan niat taubat dari apa yang menyalahi ridlo Allah membaca ayat: SUBHANAKA TUBTU ILAIKA WAANA AWWALUL MU’MINIINA LAA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINADHOLIMIIN.

Kemudian murid memejamkan kedua matanya dan sang guru mengucapkan “tahlil” (La ilaaha illallah) tiga kali, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Sahabat Ali RA, lalu membaca ayat INNALLADZIINA YUBAYYI’UUNAKA….

Untuk tabarruk (Tabarruk artinya mencari barakah (ngalap berkah, jawa). Bertabarruk dengan sesuatu artinya mencari berkah dengan perantaraan sesuatu) dan isyarat bahwa seakan-akan ia berbai’at kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam. Setelah ini keduanya menaruh kedua tangan mereka pada kedua lutut sambil memejamkan kedua mata mereka, lalu sang GURU dengan hatinya berdzikir menyebut Ismudz-Dzat (Allah) tiga kali, dengan niat mentalqin dan mengajarkan pada hati si murid dengan memanjangkan (bacaan) seakan-akan “melihat’ Allah.

Kemudian murid disuruh TAWASSUL membaca Istighfar, Al-Fatihah dan Al-Ikhlas untuk dikirim kepada silsilah ilmu hikmahnya, dan rabithah (bertali/berhubungan) dengan guru dengan syarat hendaknya murid meyakini bahwa guru adalah  penerus risalah Rasulullah SAW dalam hal penganugerahan, dan  pengganti beliau dalam membina dan membimbing manusia.

Selanjutnya adalah membaca doa wirid atas ilmu hikmah yang akan diijazahkan.

Itulah tata cara dalam pengijazahan dzikir secara umum, yang dalam prakteknya ada yang persis seperti itu, ada yang sedikit ditambah dan ada yang sedikit dikurangi. Namun semuanya itu tidak ada yang keluar dari hal-hal yang prinsip dan pokok tersebut. Demikian sekilas uraian yang serba terbatas ini. Kalau ada kurangnya mohon ditambahi, kalau ada lebihnya mohon dikurangi. Mohon maaf atas segala kesalahan. Matur nuwun. Salam paseduluran. @@@

About these ads
Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 94 Komentar

Post navigation

94 thoughts on “TATA CARA PENGIJAZAHAN ILMU HIKMAH

  1. Cakji

    Semangat siang nderek nyimak…….pertamax

  2. Cakji

    Semangat siang nderek nyimak…….pertamax
    cling….

  3. majelis zdikir

    qobiltu

  4. 4W1

    Assalamualaikum wr.wb ki Alus
    Nderek ngangsu kawruh mugi2 kecipratan barokah ilmunipun.

  5. Assalamualaikum para sedulur yang ada di blog ini.mohon izin untuk mengajarkan saya bagaimana caranya menjadi angota KWA…saya sudah lama mau masuk angota KWA..tapi saya tidak tau cara masuk..mohon ajarkan saya sodara sodara yg ada di blog ini no hp saya..0143571476 wass

  6. M A I

    assalamualaikum para sedulur KWA. saya kebetulan tinggal di sidoarjo. saya ingin mengikuti acara rutin pengijazahan di markas KWA yaitu di Mushola Balai Diklat Jl Majapahit 5 Sidoarjo Jawa Timur setiap Kamis malam, bagaimana caranya / menghubungi siapa.terima kasih wassalamualaikum wr wb.

  7. cakfaris

    Salam sedulur,
    saya mau tanya sama Ki Wongalus, kalo diatas dikatakan bahwa pengijazahan ilmu dilakukan tiap Kamis malam berarti nanti malam ya Ki, atau hari kamis malam jum’at? Apakah saya bisa mengikuti pengijazahan Ki? Saya ingin belajar dan ingin semakin dekat dengan Yang Maha Kuasa. Terima kasih.

  8. EKA PAMUNGKAS

    assslkuummm,,,,salam rahayu poro sedoyo sedulur KwA,,,,insyallah pgen hadir kembali smga KWA lebih maju sukses slalu & ada slalu yang terbaru up to date

  9. agoes

    Assalamualaikum Ki Wongalus…salam sejahtera dan semoga berkah sehat2 wal’afiat selalu…mohon penjelasan bagi yg belum sempat berkunjung ke markas, akan tetapi sudah terlanjur mengikuti pengijazahan on line…lalu apakah keilmuan tersebut sah kami dapatkan atau kami tetap harus terlebih dahulu kemarkas…?? Ma’af Ki dan Para Sesepuh yang baik hati jika saya terlalu berlebihan bertanya…sebelumnya diucapkan banyak terima kasih yang mana telah banyak membimbing kita diakui atau tidak oleh yang lain , karena saya sudah menikmati banyak faedah dan manfaat setelah gabung jadi anggota KWA…sekali salam sejahtera untuk seluruh Sesepuh KWA dan salam perseduluran selalu…

  10. Salam Hormat buat Sesepuh Mbah Guru Wong Alus yang telah dengan setia,tekun, serta ihlas membimbing kami lewat blog ini. Ijinkan sedikit curhat….”kenapa saya memanggil dengan MBAH GURU ?” karena teringat kata-kata sayyidina Ali Karramallahu wajhah ( kalau tidak salah ) : “Orang yang telah mengajariku ilmu walaupun satu huruf, ia adalah guruku…” . Lha…njenengan sudah mengijazahi ratusan atau ribuan huruf yang berpadu dalam asmak/doa yang tak dapat diukur dengan nilai apapun….,jujur dari hati yang paling dalam ingin rasanya bersua / bertatap muka dengan njenengan sang mu’jiz….tuk berjabat tangan mempererat ruh dan jasad kita…. hanya doa yang beriringan dengan keagungan surat Al Fatihah terkirim menjemput berkah…maunah….karamah….semoga dibalas oleh Allah dengan yang lebih baik… Wassalaamualaikum

  11. Assalamualaikum ki mohon ki. saya ingin ikut acara pengijazahan ilmu al hikma ini…tapi tolong bantu saya ki agar dapat ikut acara ini dalam on line. Soal nya saya belum dapat masuk angota KWA..mohon bimbinganya ki. ini nama saya ki..hasan : alamat inanam sabah :no hp 0143571476..wass

  12. fatih jenggala

    assalamualaikum w.w.
    saya sebenarnya ingin sekali untuk bertemu ki wong alus dan sesepuh serta saudara2 dimarkas KWA,berhubung masih banyaknya pekerjaan yang belum saya selesaikan dan saya tinggal di Bukittinggi,Sumatera Barat.mudah2an Allah mengabulkan keinginan saya untuk berkunjung serta bertemu ki wong alus,para sesepuh dan saudara2 di markas KWA.mohon restu dan do’anya….Amiin…

  13. sip

  14. nderek nyimak sinambi nyruput kopi…

  15. djaphenk

    ass…wr.wb
    Slam hrmat sya kpda saduluran kmpung wong alus,ki saya mau tanya gimana cara daftar anggota KWA??sblm dan ssdahnya saya ucpkan bnyk trma ksih,ni email saya(djaphenkedan@yahoo.co.id)

  16. KWA Penanggungan

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mbah yai kiwongalus sugeng dalu mbah yai …entah kenapa mlm ini sy ingin komentar biasanya hanya lihat2 aja …

    hanya sekedar tau saja bahwa amalan ilmu hikmah di atas itu merupakan jantung ilmu pondok pesantren salaf .. ternyata mbah yai kiwongalus mampu menemebus juga dengan tenang dan damai barokalloh alfatikha .. 1x
    sekarang saya jarang sekali kebalai diklat karena aktifitas lain, jadi mohon maaf sedulurku
    kalau boleh menambah ritual diatas tadi .. ini ada tambahan berikut :
    tambahannya :
    1. sediakan air putih satu piring siapkan sebelum melakukan sholat mahgrib berjamaah bersama guru/ orang tua, seusai sholat dan dzikir, sebelum guru/orang tua berdiri ambillah kedua kakinya atau suruhlah kedua kakinya diangkat lalu taruhlah piring berisi air tadi di dibawah telapak kaki guru/org tua .. sambil menghadap kekiblat dan sedulur menghadap ke timur sambil sujud kedua tangan sedulur menggenggam jempol kedua kaki guru/ org tua serta mencium / nyucup jempol kaki guru/ org tua, pada saat bersamaan orang tua mengelus-elus kening dan rambut sedulur sambil berdoa yang baik2 sesuai sedulur harapkan bahasa doa guru/ortu sesuai adat masing-masing daerah, sedangkan sedulur memohon begini :” guru/bpk ibu ampuni semua dosa-dosa saya maafkan segala kata-kata saya.. maafkan semua tingkah laku saya” dll (insyaalloh kata2 akan mengalir dengan sendirinya jika sedulur melakukan ritual ini dengan ihklas)…
    ritual ini hendaknya di lakukan niminal 1 menit setiap jumat malam kamis atau weton kelahiran sedurul …
    ritual ini dilakukan kepada guru laki2 kemudian ibu lalu bapak .. biasanya minggu ini buat guru minggu berikutnya ibu bpk soalnya kalau sholat berjamaah mahgrib ibu bpk dan sedulur bisa berjamaah … dan akan lebih luar biasa jika sedulur bisa mengumpulkan guru ibu dan bapak dalam satu tempat untuk sholat maghrib berjamaah kemudian melakukan ritual tersebut .. dalam melakukan ritual ini jangan sama sekali terbesit dalam hati ingin menjadi orang sakti/ linuwih dll cukup simpel saja ingin memohon ampunan dr alloh, karena ridhollohu birridholwalidain. fainsyaalloh hasilnya akan luar biasa ..
    amin alfatikha .. 1x

    ===KWA PENANGGUNGAN===

  17. KWA Penanggungan

    oh ia ada yang lupa sedulur … entar kalau liangan air mata bercucuran dipipi biarlah hal ini terjadi. dan apabila kedua orang tua sedulur sudah meninggal ambillah 3 batu sebesar kelereng kemudian bacakan surat alfatikha 21 x dan surat al ihklas 21 kemudian kalau waktu kamis malam jumat berziarahlah ke makam orang tua kemudian 3 batu tersebut pendamlah di makam ortu sedulur sambil berdoa yang baik2 semoga ortu selamat di akhirat dll …hal sebagai pengganti dari ritual diatas atau fatikha 10 x seusai sholat wajib itu juga cukup …
    wassalamualaikum wr.wb

    ===KWA PENANGGUNGAN===

  18. kang mas raden buana

    nderek nyimak..sambil udud dulu…

  19. SELAMAT MALEM SEMUA….
    JUJUR SAJA KWA…AMAT SUUUUANGAAAAT BERMANFAAT BAGI SAYA KHUSUNYA DAN MASYARAKAT PADA UMUMNYA……WALAUPUN IJAZAH ONLINE……TERNYATA SANGGUP MENGATASI…HAL HAL BURUK YG DIKENDALIKAN…ORANG….. WALAUPUN BELUM SEMPAT BERTEMU MBAH GURU WONG ALUS…..SAYA ACUNGI JEMPOL NIAT BAIKNYA……
    WALAUPUN ONLINE…..TERNYATA BISA UNTUK MENGATASI PROBLEM2 HIDUP…WALAUPUN MUNGKIN BELUM SEMUA…..
    KALAU BISA MALAH DIMASYARAKATKAN……JADI TIDAK ADA ORANG ATAU MASRAKAT YG TERKENA TELU.H…SANTET…GUNA GUNA YANG MENGHALANGI JALAN HIDUP SESEORANG……SEHINGGA HIDUPNYA JADI MUBADZIR.

    KALAU ADA KWA DI WAKTU MUDA…MUNGKIN HIDUPKU LEBIH BAIK…….SAYANG AKU SDH TUA..HEHEHE…

    SALAM BUAT KI WONG ALUS
    SEMOGA SUKSE….

  20. asalmualaikum.mhon krnya sy dpt ijazah dr pdpokan kampus wong alus insya alloah klau ada mlik rjki sy mau sowan k tmpt ki wong alus.saat ini sy bnr3 dlm kprihatinan tp sy msh pnya iman tuk bljr ilmu hkmah agar dpt berkah dlm hdp ini jg srana mndekati kpd allah swt.mksh

  21. raufurrahim

    Mantuaaap

  22. vicky fernandez

    Assalamualaikum Ki..salam rahayu..maaf ki,dg menyimak cara pengijazahan diatas apa ijazahan ilmu yg ditulis diblog jd kurang khasiatnya ya Ki?mohon penjelasan gmn caranya agar ijazahan online khasiatnya sm jika ijazah secara tatap muka..wassalam Ki

  23. vicky fernandez

    Assalamualaikum Ki..salam rahayu..maaf ki,mhon penjelasannya..menyimak artikel diatas,berarti apa pengijazahan scra online yg tertulis pd blog kurang khasiatnya jika dibandingkan dg ijazah secara tatap muka..nuwun ki,wassalam

  24. thorique

    SALAM SALIM
    ALHAMDULILLAH

  25. Romo Ceblenk

    nderek nyimak,, ,

  26. M. Daud

    Alhamdulillah terima kasih moga Allah memberi pahala zariah pd sluruh sepuh d KWA yg telah ikhlas menuntun & mengajarkan ilmunya …Amiiiin

  27. Teng teng teng..

    numpang ng0pi njih..

  28. Ahmad

    Ass.wr.wb
    Smoga sgala amal para guru sesepuh KWA yg ihlas & ridho mengajari kami smua, di trima oleh Allah s.w.t amien..

  29. kapan di adakan di semarang ..?

  30. RONI

    aslmkm,jadi pengijaza an di blog KWA statusnya gimana ki wong alus?bisa di jalankan ga dan agar lebih afdol mungkin bisa tlfn ki WA.

  31. Ngudi rahayu

    Nderek nyimak…

  32. maaf wong alus klo men gijaza kan ilmu hikma jng sanpek salah org mending di ijaza ih ilmu ngala aj

  33. absen ki sekalian nderek nyimak…..!

  34. Assalamu’alaikum wrwb.
    rahayu dulur semuanya di manapun berada..
    Nderek Nyimak ki….ngalab berkah…
    rahayu

  35. Rahayu ki Alus….dan Sukses enggih…..selama matahari terbit dr timur dan tenggelam di barat KWA tetap jaya,…..jaya….jaya….selamanya….

  36. Setia Nyimak..
    Salam Salim Sungkem katur Ki WA jg Sesepuh..
    Rahayu..

  37. assalamualaikum………
    nderek nyimak kale nyruput kopi…
    semoga ilmu2 ini menjadi berkah…
    amin…
    alfatekha send……….

  38. sugeng ndalu

  39. vendra

    gw kalau lg di WC sering liat cecak, gw meleng dikit aja cecak ilang entah kemana. dicari ke seluruh ruang WC gk ada. apakah cecak jin?

  40. kalo dijakarta ada ndak yang rutin seperti ini , kalo ada tolong contact person yang bisa di hbungi, suwun

  41. RIZAL

    Salam kenal dan mendaftar menjadi anggota…RIZAL /ds bendungan 01/11. kraton-pasuruan. No hp 085717522840. Trims

  42. Vadova

    Aslkm,,,maaf ki wong alus yg saya hormati,,,bagaima carnya mw ijazahan lngsung smentara sy jauh dr sumatra,,stelah sampai sana(markas kwa) apkah ijazahannya ada syarat2 tertentu,,umpamanya mahar,,ya kalau msh terjangkau gak masalah,,tapi kalau yg ekonominya pas2an dibelain ke sana nanti nyampe sana banyak embel2 yg lain pula,,kan sakit jg ki,,mhn maaf ki,,konsultasi dl,,mending pahit dl,,daripada manis diawal kebelakangnya kecut,,
    wassallam
    ttd; vadova

  43. Zeinul abidin

    Nompang ngamri kaweruh.salam seduluran buat ki wongalus dan sedulur semuaa

  44. Zeinul abidin

    Numpang ngamri kaweruh.salam seduluran

  45. si emprit

    asslmnglaikum
    met sore Admin dan para sespuh.
    sy mau nanya kalo mau pesen marcendice(baju/kaos)
    gmna cranya yo.

  46. ADMIN

    si emprit: sabar ya mas,kalau sdh ready pasti di beritahukan kpd sedulur2 semua..

  47. Ass. Selama ini dalam prosesi pengjazan ilmu kami hanya mengirim Alfateha ke orang tua. Tambahan dari KWA penanggungan, bila orang tua sudah meninggal, dipakai media batu bacakan Al Fateha dan Al Ikhlas lalu batu dipendam di makam orang tua. Mohon tanya ki, bagaimana bila orang tua yang sudah meninggal itu beragama lain dan jasadnya dikremasi sehingga tidak ada kuburannya. Maturnuwun, Wass….

  48. Zaka Anandi (2315)

    Ass wr wb
    Wong Bluru Kidul – Ndarjo
    Izin nyimak dan meresapi, Ki
    Salam persaudaraan dan rahayu
    Wss wr wb

  49. Raden Amarta

    assalamualaikum… semangat pagi buta….. he.he..
    ijin nyimak ki,, sambil mata kedap kedip.. nahan ngantukk…oooaahmm

  50. VENDRA

    td gw nyoba meraga sukma cuma kira kira 1 nenit sdh kembali ke tubuh. gw nyoba lg spt ada tangan yg memegang tubuh gw shg gw ketakutan dan tdur. kenapa gw kalau meraga sukma suasana beda dg asli nya. misal.. di meja kamar ada gelas, pdhl asli nya tdk ada.

  51. Agus wdyanto

    ass’lkum wr wb Bismillahir rohmaanir rohiim nderek ngaji khususon sesepuh kwa para sedulur musimin muslimat, walkaromah sedoyo ajaran alfatihah wsalam.

  52. ijin daftar jadi warga KWA
    nama:noor siegid rakharja
    alamat:karang gawang semarang jateng
    no hp: 083842212398

  53. Laskar Cinta

    Qobiltu.

  54. Sekedar tambahan dan menjawab pertanyaan yg ada diatas.

    Pengijasahan online tentunya berbeda dgn pengijasahan langsung. Inilah kelabihan pengijasahan scr langsung (menurut saya) :
    1. Dalam pengijasahan langsung kita dpt bertatap muka dgn guru yg mengajarkan ilmu tsb shg timbullah rasa percaya diri di dlm hati murid ybs.
    2. Dan byk hal yg bisa ditanyakan langsung ke guru mengenai ilmu yang sdg dipelajari tsb.
    3. Ada hal2 yg sulit dijelaskan melallui kata-kata ttp mudah ditunjukkan melalui praktek scr langsung oleh guru yg mengajarkan ilmu tsb.
    4. Power amalan yg diijasahkan scr langsung biasanya lebih besar drpd melalui online.

    Bagi sedulur yg berminat untuk mengikuti pengijasahan langsung dapat mendatangi markas KWA di balai Diklat Sidoarjo, Jl. Majapahit setiap kamis malam (malam jum’at) jam 22.00 – selesai.

    Pengijasahan di markas KWA ini tanpa dipungut biaya alias gratis sepanjang sang pengijasah ada di tempat. Perlu sedulur ketahui, tdk semua ilmu yg ada di blog KWA itu boleh diijasahkan oleh Ki Wong Alus krn ada byk ilmu yg belum dikuasakan pengijasahannya ke Ki Wong Alus atau sang penulis di blog itu hanya sekedar sharing keilmuan saja tanpa mengijasahkan krn (mungkin) belum diijasahkan oleh gurunya.

  55. Abdul rizal

    Maaf ki skali lg mnta maaf . .
    Apkh saya sdah terdftar anggota apa blum ?
    Trima kasih

  56. awan

    assalammu’alaikum ki wong alus..
    salam rahayu… saya
    izin jadi anggota
    nama : gugun gunawan
    alamat : kalianda lampung selatan
    no hp : 089651383262
    email : awanjingga49@yahoo.com

  57. budi j

    absen mbah.

  58. Sip…!

  59. soedirman gopsu

    ki wong alus gmn caranya jadi angota KWA apa langsung datang kampusnya sana? trs harus ktmu ma siapa?
    mator nuwon…

  60. eko santoso

    assalammu’alaikum ki wong alus..
    perkenalkan nama saya eko (jakarta) beberapa bulan ini saya menambahkan doa setelah sholat yaitu doa mohon di tambahan kan ilmuMU YaAllah dan beri cahaya kasihMu pada hati ku pada batinku pada roh ku dan pada seluruh aliran darah ku….. eh Alhamdulilah ketemu ma blog ini (ngga sengaja) mungkin ini jalan buat saya tuk menambah ilmu. maaf saya sekedar share aja. saya berminat menjadi anggota disini. salam kenal

  61. @soedirman : datang saja langsung ke balai diklat pemda sidoarjo pada hari kamis malam (malam Jum’at) dan berkumpul di musholla balai diklat itu yg terletak di sebelah kiri pintu gerbang masuk ke balai diklat. Sesungguhnya kampus KWA itu adalah musholla di balai diklat itu.

  62. Ass.. nyuwun ndaftar anggota
    nama : Cahyo Sumirat
    email : cahyosumirat@yahoo.com
    Alamat : Grendeng Rt 01 / 02 Purwokerto, Jateng.
    Maturnuwun. was…

  63. KWA Penanggungan

    @ Cahyo sumirat.
    kalau orang tuanya non muslim … di kirimin fatikha saja

  64. asslamkum ki,
    Mirip dengan proses pembaiatan dalam Thariqat y ki :)
    ampe rabithah.a juga…

  65. asalamualaikum ki..
    sya mw tanya, bagaimana dan apa syarat jd anggota kwa? klo ktemu langsung sulit ki, karna wktu dan jarak, sya dari tangerang ki.
    mohon pnjelasanya, wasalam

  66. Hidrochin Sabarudin

    Nomor Telfon/HP yang bisa dihubungi nomor berapa yaaah…kami dari Perguruan Pencak Silat Jokotole di Kamal Madura…mohon konfirmasinya…Ki Wong Alus…?!?

  67. sayah puya elmu apa

  68. saya pembaca blok ini, harapan saya bagaimana caranya bisa melihat hal-hal yang gaib (tidak kasad mata) mohon keterangan sedulur yang mumpuni. tks

  69. croc

    Bgmn cara mendapatkan ijazahnya ? Apa bisa via surel ? Pengen banget amalin nya, thanks

  70. assalamualaikum kialus mohon iizin ikut gabung

  71. Asri MeruAs

    Terima kasih Tuan…

  72. sangmaut

    Alhamdulillah, akhirnya jelas juga. Memang menurut ajaran Al-hikmah system pengizajahan ya seperti itu, harus ditalqin dulu orangnya, ditanya untuk apa belajar ilmu hikmah, diberi anjuran/saran untuk melaksanakan aturan/hukum islam. Setelah itu sang Guru istikhoroh minta petunjuk pada Allah, boleh tidaknya orang tsb menjadi murid /mempelajari ilmu hikmah. Karena dengan system izajah murid sudah mendapatkan kekuatan/energy sekitar 30% dari amalan yg sang guru berikan. Dan semua itu yg diharapkan sang guru hanya Ridho Allah dan sebagai ilmu yg bermanfaat. Sekian dan trimakasih, mohon maaf para sesepuh & sedulur semua yg ada di blog Kampus ini bila ada perkataan saya yg menyinggung para sedulur semua, akhirul salam. Assalammualaikum warohmatullahhiwabarokatuh.

  73. susgiyanto

    aslmkm,, ki wong alus. mhn ijin jadi anggota kwa. bagaimana caranya, apakah hrs datang lgsg ke tempat.. mhn bimbinganya ini nohp saya [087705634544] karena sudah lama sekali saya ingin mencari guru yg dengan penuh ke iklasan mau membimbing, diera modern sprti saat ini.. maturnuwun

  74. mas saya mau gabung menjadi anggota blog K.W.A
    nama:indra setiawan
    alamat:jl kapasmadya kali 74 surabaya
    No.hp:089620169302
    assalamualaikum para sedulur KWA. saya kebetulan tinggal di surabaya. saya ingin mengikuti acara rutin pengijazahan di markas KWA yaitu di Mushola Balai Diklat Jl Majapahit 5 Sidoarjo Jawa Timur setiap Kamis malam, bagaimana caranya / menghubungi siapa.terima kasih wassalamualaikum wr wb.

  75. mashadi

    ustad saya berkeinginan ke markas mohon no yg bisa saya hubungi…
    terima kasih.

  76. mashadi

    ustad saya berkeinginan ke markas mohon no yg bisa saya hubungi…
    terima kasih wassalam

  77. agung waluyo

    assalamu alaikum wr.wb.
    Setelah melihat dan membaca isi blog KWA.saya ingin sekali mendaftar menjadi anggota KWA,mohon petunjuknya untuk daftar menjadi anggota.

  78. Abdul Razak

    Alhamdulillah terima kasih moga Allah memberi pahala zariah pd sluruh sepuh d KWA yg telah ikhlas menuntun & mengajarkan ilmunya …Amiiiin

  79. oyok sunardi

    Mohon kiranya, saya dapat bergabung dan diijinkan menjadi anggota, dan diberi tuntunan utk pemantapan Mencintai Allah dan Rosulnya Nabi Muhammad SAW.

  80. Arriadi

    Ass wr wb mhn permisi sebelumnya,nama saya: jufriadi, alamat: pamekasan,nope:087750403009,email:jufriadi@gmail.com.ingin menjadi anggota KWA sudilah kiranya pengasuh menjadikan saya sbg anggota sekaligus murid di padepokan wong alus ini sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih wassalam. mator sakalangkong.

  81. ass wr.wb permisi sebelumnya nama saya:hikam alamat:temanggung.ingin menjadi anggota KWA sudilah kiranya pengasuh menjadikan saya sbg anggota sekaligus murid di padepokan wong alus ini sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih wassalam. mator sakalangkong

  82. assalamualaikum ,,mbah saya boleh jd anggota kwa kann???
    Saya sangat tertarik ama ini blog,dan yg sgt aku cari”..
    Andai ada cabang di jakarta pasti saya sudah gabung dari dl,,
    atas jawaban nya matur nuwun..

  83. saya ingin daftar menja anggota kwa

  84. saya ingin daftar menjadi anggota kwa bagaimana caranya?
    nama : gusty muhammad bogor
    email : hajilorensuryadiningrat@yahoo.co.id

  85. paijhoo ndesoo

    saya ingin daftar menjadi anggota kwa bagaimana caranya?
    nama : rendy w
    email : rendy.secondgeneration@yahoo.com

  86. assalmualaikum ,, saya mau tanya ,, untuk daftar menjdi anggota gmna ? mhon dijwb ya ,, :-)

  87. Herman

    Para ulama sering menjelaskan tiga prinsip yang harus jadi pegangan setiap muslim. Jika prinsip ini dipegang, barulah ia disebut muslim sejati.
    Para ulama mengatakan, Islam adalah:
    الاستسلام لله بالتوحيد والانقياد له بالطاعة والبراءة من الشرك وأهله
    “Berserah diri pada Allah dengan mentauhidkan-Nya, patuh kepada-Nya dengan melakukan ketaatan dan berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik.”

    Prinsip pertama: Berserah diri pada Allah dengan bertauhid
    Maksud prinsip ini adalah beribadah murni kepada Allah semata, tidak pada yang lainnya. Siapa yang tidak berserah diri kepada Allah, maka ia termasuk orang-orang yang sombong. Begitu pula orang yang berserah diri pada Allah juga pada selain-Nya (artinya: Allah itu diduakan dalam ibadah), maka ia disebut musyrik. Yang berserah diri pada Allah semata, itulah yang disebut muwahhid (ahli tauhid).
    Tauhid adalah mengesakan Allah dalam ibadah. Sesembahan itu beraneka ragam, orang yang bertauhid hanya menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan.

    Allah Ta’ala berfirman,
    وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ
    “Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. At Taubah: 31).

    Begitu pula Allah Ta’ala berfirman,
    وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
    “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah: 5).

    Dalam ayat lain, Allah menyebutkan mengenai Islam sebagai agama yang lurus,
    إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ أَمَرَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
    “Hukum itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Yusuf: 40). Inilah yang disebut Islam. Sedangkan yang berbuat syirik dan inginnya melestarikan syirik atas nama tradisi, tentu saja tidak berprinsip seperti ajaran Islam yang dituntunkan.
    Prinsip kedua: Taat kepada Allah dengan melakukan ketaatan
    Orang yang bertauhid berarti berprinsip pula menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Ketaatan berarti menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Jadi tidak cukup menjadi seorang muwahhid (meyakini Allah itu diesakan dalam ibadah) tanpa ada amal.
    Prinsip ketiga: Berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik
    Tidak cukup seseorang berprinsip dengan dua prinsip di atas. Tidak cukup ia hanya beribadah kepada Allah saja, ia juga harus berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik. Jadi prinsip seorang muslim adalah ia meyakini batilnya kesyirikan dan ia pun mengkafirkan orang-orang musyrik. Seorang muslim harus membenci dan memusuhi mereka karena Allah. Karena prinsip seorang muslim adalah mencintai apa dan siapa yang Allah cintai dan membenci apa dan siapa yang Allah benci.
    Demikianlah dicontohkan oleh Ibrahim ‘alaihis salam di mana beliau dan orang-orang yang bersama beliau[1] berlepas diri dari orang-orang musyrik.

    Saksikan pada ayat,
    قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآَءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ
    “Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: “Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah.” (QS. Al Mumtahanah: 4).

    Ibrahim berlepas diri dari orang musyrik dan sesembahan mereka.
    كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّى تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ
    “Kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja.” (QS. Al Mumtahanah: 4).

    Dalam ayat lain disebutkan pula,
    لَا تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا آَبَاءَهُمْ أَوْ أَبْنَاءَهُمْ أَوْ إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ
    “Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka.” (QS. Al Mujadilah: 22).

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا آَبَاءَكُمْ وَإِخْوَانَكُمْ أَوْلِيَاءَ إِنِ اسْتَحَبُّوا الْكُفْرَ عَلَى الْإِيمَانِ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ
    “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara-saudaramu menjadi wali(mu), jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka wali, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. At Taubah: 23).
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاءَ
    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia.” (QS. Al Mumtahanah: 1).
    Demikianlah tiga prinsip agar disebut muslim sejati, yaitu bertauhid, melakukan ketaatan dan berlepas diri dari syirik dan pelaku syirik.
    Semoga Allah memudahkan kita menjadi hamba-hambaNya yang bertauhid.

  88. Herman

    sejak empat belas abad lalu, panutan kita Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam telah mengingatkan dengan tegas,

    “مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ؛ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً”
    “Barangsiapa mendatangi peramal, lalu ia bertanya tentang sesuatu padanya; maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh malam.” (H.R. Muslim (IV/1751 no. 2230) dari sebagian istri Rasul shallallahu ’alaihi wa sallam).

    Hadits lain memberikan statemen yang lebih keras lagi,
    “مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ سَاحِراً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ؛ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ”.
    “Barangsiapa mendatangi dukun atau tukang sihir lalu mempercayai apa yang dikatakannya; maka ia telah kufur terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam.” (H.R. Al-Bazzar (V/315 no. 1931) dari Ibn Mas’ud radhiyallahu ’anhu dan sanad-nya dinilai sahih oleh Ibnu Katsir [lihat: Tafsîr Ibn Katsîr (I/393)].

  89. Herman

    Padahal dalam al-Qur’an, begitu gamblang dijelaskan bahwa pengetahuan tentang hal ghaib hanyalah dimiliki Allah tabaraka wa ta’ala, Rabb semesta alam.
    “قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّه”
    Artinya: “Katakanlah (wahai Muhammad), “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara ghaib, kecuali Allah.” (QS. An-Naml: 65).

  90. woyyy, . . . sampean punya totokromo ora?? hati” sampean berbicara kotor, kena azab kalian bermain” soal ilmu. . baru tau rasa, , ngomong sekarepmu dewek, wong gemblong weedan sampean, tangkurak sia teu boga cedoo siga jurig. . .

  91. “Tidak ada seorang
    pun di langit dan di bumi yang
    mengetahui perkara ghaib,
    kecuali Allah
    ALLAH itu ghoib dan hakekatnya kita iini mahluk ghoib yg terbungkus jasad fana….
    mas herman dan kelak qta akan menuju kesana …..jantung kita ghoib ….apakah kita bisa melihat jantung kita sendiri klo qta tidak iqra… bacalah bkn berarti hanya secara tulisan tapi hakekatnya….jgnlah mempelajari hadist ato alquran sebatas tekstualis mas @herman tapi cari tau rahasianya

  92. @herman yg terhormat ada kisah seorang pemuda jawa yg lulusan pesantren hafal alquran hadist diluar kepala nah ketika dia melihat sekelompok jamaah toreqot naqsabandi ….dia bilang jamaah.zikir apa ini kok cuman kalimat toyibah …..apa hebatnya imam pesantrennya wong g hafal hadist dan alquran …..lalu ada jamaah yg bilang klo km g percaya cb km ikut zikir pasti km g butuh ribuan hadiist utk mengakui Allah itu ada….
    dulu hanya kalimat LAAILLAHAILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH iitu taruhannya nyawa
    jd buat apa berdebat wong sesama muslim

  93. Ayyat pertama turun IQRA bacalah
    bukan tulisan yg dibc tp pelajarilah rahasia dibalik ALLAH menurunkan firmanya
    @herman jgnlah kita seperti kaum yahudi suka mengadu domba lebih baiknya semua zikir hafalan hadist hafalan alquran
    kita kembalikan pd diri kita sendiri hakekatnya besok di alam kelanggengan tdk ada satupun manusia yg mengurusi urusan orang lain ato mengkafirkan orang lain…..MEREKA SIBUK DG DIMEREKA SENDIRI ayo dalil mana yg akan kita keluarkan utk melawan hisab ALLAH hehwhehhe salam satu jiwa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: