BAKSOS HUT KWA =========== KOLABORASI TUJUH PUSAKA KWA UNTUK AKTIFKAN DAYA TUAH PUSAKA DAN JIMAT MILIK ANDA


Salam Budaya…

Kita ketahui bersama bahwa sudah menjadi adat kebiasaan dan budaya masyarakat kita sejak berabad-abad silam bahwa para nenek moyang kita menyukai untuk mematerialisasikan isi doa dalam wujud benda pusaka. Oleh sebab itu, benda pusaka bukan sekedar materi yang terbuat dari logam saja namun lebih dari itu benda pusaka memiliki energi doa dari sang pembuatnya (Empu bhs Jawa). Nenek moyang dan leluhur kita percaya bahwa dengan menyimpan pusaka maka akan membantu banyak hal yang membawa manfaat bagi kehidupannya sehari-hari.  

Seiring dengan perjalanan jaman, kepercayaan terhadap benda pusaka sedikit-demi sedikit mengalami degradasi. Diganti dengan percaya pada hal-hal yang sifatnya rasional (akal) saja. Faktor utama penyebabnya adalah kurikulum pendidikan di Indonesia yang cenderung ke ilmu-ilmu Barat (westernisasi)

Ini tentu merupakan hal yang memprihatinkan. Aspek rasa/batin/heart hendaklah mewarnai selalu dalam kehidupan kita termasuk di antaranya bagaimana kita semua mengembangkan secara maksimal aspek batiniah ini. Bukankah di ajaran-ajaran agama diajarkan bagaimana harus “percaya” pada hal-hal gaib? Bukankah kita dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa? Pada titik ini, sangat tidak relevan kiranya bila keyakinan kita terhadap energi doa yang dimaterialisasikan oleh para nenek moyang kita dalam wujud benda pusaka itu dianggap sebagai hal-hal yang syirik, khurafat, takhayul.

Justeru sebaliknya, kepercayaan kita pada akal sebagai satu-satunya SUMBER kebenaran, kepercayaan kita pada diri kita sendiri yang paling benar, GOLEK MENANGE DHEWE, GOLEK BENERE DHEWE justeru bisa jadi merupakan syirik dan MENYESATKAN. Nah, akan lebih bijaksana bila kita harus senantiasa menghargai dan menghormati setiap individu. Sementara kebenaran diri kita semua ini sifatnya RELATIF. Kita perlu untuk terus belajar kepada kearifan budaya lokal (local genius) suku-suku bangsa di Indonesia termasuk adat istiadatnya.

Nah, Dalam rangka ulang tahun KWA yang jatuh pada bulan April 2013 ini dan sebagai bagian dari komunitas masyarakat yang ingin MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA, blog KWA akan mengadakan sebuah kegiatan sosial yaitu: PENGISIAN DAYA TUAH dan KAROMAH pusaka (keris, tombak, jimatan, gembolan, cincin dll) milik Anda.

Media yang akan kami gunakan untuk mengisi ulang tuah pusaka milik anda tersebut adalah:

PUSAKA SUPER KWA  

Dan  

TUJUH PUSAKA KWA….

  1. CIS PUTHUT
  2. KERIS SATRIO TANDING  
  3. PEDANG KETUA SUKU LOMBOK
  4. KERIS DHAPUR SEPANG
  5. KERIS DHAPUR GUMBENG
  6. PUSAKA CACING KANIL
  7. TOMBAK KORO WELANG

Kami persilahkan sedulur-sedulur hadir dengan membawa pusaka (keris, jimat, akik dll) atau benda-benda lain yang ingin diisi dengan daya tuahnya.

Acara ini GRATIS dan TIDAK DIPUNGUT BIAYA.

TEMPAT: HALAMAN DEPAN MUSHOLA BALAI DIKLAT KAB SIDOARJO, JL MAJAPAHIT 5 SIDOARJO

HARI/TANGGAL: KAMIS 4 APRIL 2013

MULAI PUKUL 19.30 WIB s/d SELESAI

Demikian apa yang bisa saya sampaikan. Salam paseduluran lintas budaya…

 ttd

wongalus

Categories: HUT KWA 2013 | 40 Komentar

Post navigation

40 thoughts on “BAKSOS HUT KWA =========== KOLABORASI TUJUH PUSAKA KWA UNTUK AKTIFKAN DAYA TUAH PUSAKA DAN JIMAT MILIK ANDA

  1. raufurrahim

    Pengen banget, tapi jauh skali jarak dari sulawesi ke sidoarjo.

  2. Ar1f

    Sugeng ambal warso dumateng KWA… Mugi langgeng

  3. Kangmase CKP

    sip n mangztabz…

  4. nur rohman

    mf ki wong alus aq mw nanya, apakah bisa jarak jauh karena saya saat ini ada di karawang mw datang tp jauh.
    maturnuwun , salam rahayu

  5. thorique

    SALAM SALIM

  6. Laksamana Maulana

    Mg ada rizqi buat ongkos …mhn doanya ki

  7. santri kuburan

    asalamualaikum dan salam rahayu . insyaallah saya dan teman2 dr tulungagung akan hadir

  8. prajuritungu

    salam pamuji rahayu,
    wew,
    @kangmase ckp. .
    mnta nmrnya dong mas, saya mau ngbrol. .
    masih inget g ma saya mas?

  9. santri kuburan

    asalamualaikum dan salam rahayu sedayanipun. insyaallah kami hadyrrr ndan pd hari kamis nanti.

  10. jangkrik

    pngen ikut c..pi tmpat’y jauh ri tmpat aq..
    Slm paseduluran aja..

  11. wongkecik

    aslkm,,kialus yg sy kagumi dan para ssepuh yg sy hormati,,,
    ki mahar pusakanya mahal sekali,,sperti rajahan dikulit macan jg besar skali,,bgaimana sedulur lain yg gak mampu tapi membutuhknnya,,tolonglah ki kiranya berilah mahar yg terjangkau semua kalangan,,agar buruh kasar sperti sy jg bisa mndaptknya,,mohon ki buat jg pusaka atw piranti lain yg manfaatnya tdk klh sama pusaka yg bermahar besar tapi dpt dijangkau oleh sedulur yg kurang mampu,,, trimakasih
    hormat saya
    ttd;wongkecik

  12. skali” adakan lewat jarak jauh ki wongalus,supaya sdlur smuanya bisa mengikuti,,hatur nuwun

  13. Mantap ki acaranya?

  14. Salam Ki, Andai saja bisa jarak jauh, pengen banget,

  15. anaz wong awam,

    hadirrrrrrrr,,,,,,,,,,

  16. Mau ikut tapi jauh …………..

  17. Ucheng Hasan

    Aing teh bisi kujang garut euy,moga diberi kesempatan sowan kepadepokan ki alus..nuhun

  18. kalau ga jauh saya pasti datang..
    saya tinggal di bogor..

    kalau saja di laksanakannya tanggal 28 atau 29 april..
    saya pasti bisa datang :)

  19. mantaaaaaap

  20. mbah kopi

    nitip oleh2 yaa…

  21. wawan

    Insya Allah… Aminnn…

  22. wawan

    Ada acara pengijazahan keilmuan juga ga ki ??…. Salam..

  23. kang Dullah

    Sama

    M a n t a b z z . . . . . . . . . .

  24. vicry

    ki ane ijin ikut jadi anggota kwa,biodata ane,
    nama: mohammad vicry,
    no hp:082352699787
    email:manis_mungil@ymail.com

  25. EKA PAMUNGKAS

    HADIR

  26. mudah2an bisa ikutan…

  27. DEWA

    ass.. knp gw saat merantau ke bdg, nasib gw sial bngt. contoh.. teman gw saat btuh duit, dia merengek rengek minta pinjam duit sama gw, sampai sampai dia akan memberikan stnk motor nya sbg jaminan, tp gw gk mau terima stnk itu. akhir nya gw mau pinjamin dia duit. tp stlh gw dinjemin duit kpd dia, beberapa minggu kmdian dia mencuri duit gw 2x. dan dia gk mau bayar utang. untung kakak nya dia kasihan kpd gw dan mau membayarkan utang itu kpd gw.
    gw ditolak cewek, beberapa bln kmdian gw dipukul org, beberapa bln kmdian krja dipecat. gw saat hari minggu pagi main ke rumah cewek diusir cewek, sore hari gw main ke rumah teman gw dihina teman. dan msh bnyk lg kesialan gw.

  28. Romo Ceblenk

    mugi” ngenjeng saget tumud.. . Moga acarane lancar,, ,
    .salam rahayu

  29. sulyo

    Pengen ikutan tp tkut kena razia klo bw pusaka

  30. Klo pedang suku lombok,,tu dari suku sasak lombok ya ki wongalus

  31. Sword Zulfaqor

    Assalamu’alaikum wr.wb, Luar biasa, semoga semua berjalan lancar dan KWA tetap eksis selalu, ….. dan untuk para sesepuh wabil khusus Mas Wildan salam damai dan jabat erat.

  32. Kepada Yth Ki Wong Alus sebagai pengasuh Blog ini dan Kepada Seluruh Sedulur KWA yang dimulyakan ALLAH…..!.
    Saya Mohon dengan sangat untuk bisa di ijazahi sebuah ilmu yang bisa dipakai untuk magari kebun agar supaya tidak diserang hama(khususnya babi)didaerah saya banyak ladang karet yang baru ditanam dirusak babi padahal ladang itu calon pendapatan untuk memenuhi kehidupan masyarakat,kemaren paman dan tetanga saya datang dan menangis karna ladangnya dirusak oleh babi padahal semua harta bendanya dijual untuk membeli bibit karet dengan harapan karet tersebut tumbuh dewasa dan dapat dipanen getahnya…!.
    untuk itu saya mohon kepada ki wong alus dan para sedulur yang punya amalan,doa,asmak atau ilmu yang dapat menghindarkan babi supaya tidak merusak tanaman tersebut.trim.

  33. Bunda Risma

    Selamat hari jadi KWA yg ke4..
    Smoga KWA smakin jaya..smakin berkibar..amiin..

  34. imrondenai

    Sayang banet….dah telat..

  35. sani

    salam kenal……

  36. Ngadino

    Mohon mendaftar menjadi anggota kwa. Nama :ngadino. Almat:sungai muluk.muara papalik. Sp.8. Tan jab bar jambi. Mad.dagok@nokiamail.com

  37. assalamulaikum,mohon bantuannya! saya tinggal di Semarang! saya punya ikat kepala utk pedanyangan,pengasihan&pengobatan! kapan ada acara serupa di gelar di Semarang? saya sgt membutuhkan bantuan sesepuh sekalian utk “mengampuhkan” pusaka saya! Terima kasih!

  38. Aldi

    Saya Ada batu akik .kata temen saya itu batu Alam warnaya coklat dah putih melingkar seperti lambang hipnotis . Itu batu apa ya .

  39. Tinju Sumatra

    salam kenal semuanya

  40. Irjie Nojie Walidayn

    assalamu’alaikum KWA..
    Kulo bade tanglet, ,enawi wonten kulo badhe nyuwun do’a ingkang kanggenipun kagem anak” ingkang nakal sanget..
    Matur swun.
    Wassalamu’alaikum

Berikan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

