AJI PEMISAHAN


Remagelung Junti
Salam Meduluran
Teringat akan sesepuh junti yang sudah berpulang dan berharap amalan ini dapat menjadi jalan pahala buat beliau yang sudah berpulang kehadiratNYa karena Mantera ini didapat beliau langsung dari Ghaib ketika Tirakat di Pasarean Ki buyut Tambi – Jatibarang..
Mantera ini di Ijazahkan Kepada saya dengan harapan bisa gunakan pada jalan yang di Ridhoi Allah SWT.. alhamdullilah sampai sekarang saya belum pernah menggunakan mantera ini di jalan yang sesat.
Mantera ini saya ebut Aji Pemisahan.. itu hanya sebutan saya saja karena ketika ilmu ini diturunkan saya tidak tahu nama mantera ini…Mantera ini berguna untuk memisahkan pasangan yang ingin kita pisahkan.. Penggunaan mantera ini diharapkan untuk memisahkan pasangan yang tidak semestinya ataupun pasangan yang mengarah kearah perzinahan…
Mohon Maaf Mantera ini berbahasa Jawa – Dermayon tapi saya coba menterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia..

Aji Pemisahan
Bismillah
Bumi Bengkah Hati Owah
Owah Hatine Si A Marang si B
Bumi Rapet Hati Sumpet
Sumpet Hatine Si A Marang Si B
Bumi Padang Hati Ilang.. den Allah Kang Ngilangaken..
Ora ana Sawiji apa hatine Si A marang Si B
Bumi Allah tetep langgeng Ning hati ne Si B

(Terjemahan bebas)
Bumi rekah Hati goyah
Goyah hati si A kepada si B
Bumi rapat hati sempit
Sempit hati si A marang Si B
Bumi terang hati hilang karena Allah yang menghilangkan
Tidak ada satu pun apa hatinya Si A kepada si B
Bumi Allah tetap langgeng di hatinya si B
TIRAKAT :
Puasa ora mangan acine geni 7 hari / puasa tidk makan dan minum sarinya api
Mantera dibaca 7 x pagi, sore dan malam hari pukul 24 selama tirakat
Ilmu ini di ijazahkan untuk dipergunakan di jalan yang di ridhoi Allah..
Bagi yang berkeinginan mengamalkan ilmu ini…Mohon kirim Al- fatihah untuk Ki Rasad Junti pemilik awal ilmu ini.. Terima kasih. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 103 Komentar

DOMPET AMAL SEDULUR KWA UNTUK MENTAWAI MERAPI


Data Sabtu 6 /11/10

Berikut nama sedulur yang telah ikhlas karena Allah SWT menyisihkan rezekinya untuk membantu sedulur kita yang ditimpa bencana di Mentawai dan Merapi. Tanpa berniat pamer, riya, ujub kami menampilkan data di bawah ini agar transparan dan akuntabel :

Hiro Jambi 100 ribu
Waatan Singapore 1.011.400
Djoko Bleduk 200 ribu
Wahyu Pulogadung Pakaian layak pakai
Sirat Agustin Surabaya 150 ribu
Mas Pri Rp 750.000
Firdaus Rp 200.000
Henny Setia, Tangerang, kirim Pakaian
Jenang Abang Rp 300.000
M. Chozin Rp 111.111
Seblonk Rp 199.000
HAMBA ALLAH, Rp 500.000 (Rabu, 3-11-2010)
No hp xxx 348: Rp 100.000
Suwandi Bontang: Rp 250.000
Kacung Wantono Sidoarjo: Rp 200.000
Bambang: Rp 222.222
No hp xxx 87070: 50.000
Kertapati: Rp 100.000
Nawiazky: Rp 313.000
Putro Mojopahit: Rp 50.000
Bodokeremezken: Rp 3.200.000
Rasyid Samba: Rp 250.250
Risang Mukti —Anting anting emas

@@@@

Categories: KWA PEDULI SESAMA

HAKIKAT TITIK HURUF BA (ب)


Halang kait
halangkait23@gmail.com

Sy yg bdoh ini,cb mengupas sangat sedikit dari huruf alif allah dalam kalimat بســـم الله الرحمن الرحيم di awali dengan titik huruf ب bermakna noktah/ titik air mani/ adam/ nur muhammad/ awal kehidupan & benda. Setiap Titik bisa dibentuk menjadi huruf/angka apa saja di dunia ini. Sama dg setitik mani{maaf}/ sebutir telur yg mengawali kehidupan didunia ini bs berbentuk apa saja.Begitu jg dg Allah yg mengawali penciptaan jagat raya dg titik BIGBANG/dalam istilah sufi disebut NUR MUHAMMAD.

Karena titik, maka huruf ب jadi hidup & dpt dkenal dg hrf ba’ tdk menjd huruf NUN. Dibalik hrf ba’ ada huruf alif yg bersembunyi menjadi bayangan huruf Ba. Disebabkan huruf ba’ zahir/hidup, krn seharusnya kalimat basmallah adalah بإســـم الله = BI ISMILLAH. Huruf ب bertemu س, maka alif diwashal menjadi bersembunyi.

Hakikat huruf ba’ yg bersemayam didalamnya adalah hrf ا /1/ahad/esa/الله yg mengatur perjalanan hidup huruf ba’. Dalam perjalanan ب bertemu huruf س yg digitnya turun naik melambangkan garis kehidupan. yang bermakna kadang di atas kadang dibawah. kadang senang kadang susah. kadang sabar kadang syukur. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 75 Komentar

TENAGA DALAM SAPU JAGAD MA’RIFAT ISMUDZAT


Khasiat dan karomahnya: multifungsi; pagar gaib, menarik penyakit, memindah hujan, menarik sukma (puter giling) jin, roh, gendam, pengasih, penunduk, serangan gaib, pengunci ilmu lawan, membakar jin yang menyurupi tubuh, menyedot ilmu lawan, tarik pusaka dan banyak fungsi lainnya.

Baca kunci pembuka
1. Audzu + bismillah
2. Syahadat
3. Sholawat
4. La haula wala quwwata illa billahi aliyyil azhiim
5. Ya Allah 3x, ya hafiizhu, ihfazhna 9 x

Lanjutkan membaca zikir nafas ma’rifat
1. ALLAH 313 X
2. ALLAHUK 121 X
3. ALLAAH 17 X
4. YA ALLAH DENGAN BAROKAH DAN KAROMAH NAMAMU YA AZHIIM BANGKITKANLAH TENAGA DALAM MA’RIFAT DALAM DIRIKU ZHOHIR DAN BATHIN

Untuk menguasainya harus puasa sunnah 3/7 hari. Amalkan tiap habis sholat. Setelah selesai puasa cukup dibaca setiap malam/hari Jumat saja.

Silahkan telepon kami (tidak melalui sms) untuk teknik dzikirnya yang perlu diketahui secara detail.

Imam besar Masjid Babussalam
083197983445

@@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 99 Komentar

SALAMUN ‘ALA JIBRIIL WA MIKAA-IIL WA ISROOFIIL WA ‘IZROO-IIL


Murid Balya Ibnu Malkan
bintang@yahoo.co.id

Salamun ‘ala Jibriil wa Mikaa-iil wa Isroofiil wa ‘Izroo-iil

1.”AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa Jibriil” 100x tiap ba’da sholat Maghrib.

Hakikat dari salawat, salam, dan tabaruk adalah kalimat silaturrahmi yang dihubungkan oleh Allah antara yang mengucapkan dengan yang dituju. Ketika seseorang mengucapkan tiga ucapan permohonan itu, maka Allah akan mengembalikan ucapan doa/permohonan itu kepada yang mengucapkannnya. Tentu saja sangat sulit dibayangkan bagaimana
hakikat dan energi salawat, salam, dan tabaruk itu akan hadir, jika datangnya dari Allah Swt.

Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk Malaikat Jibril As, insya Allah akan ditampakkan makna-makna dari ayat-ayat Allah yang bersifat qowliyyah maupun kawniyyah, yang lahiriah maupun batiniah, yang di bumi maupun yang di langit, serta adanya kemudahan dalam mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Ketajaman potensi ilham tampak kuat dalam diri setiap hamba-Nya yang mempunyai hubungan yang erat dengan malaikat ini.

2.”AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa Mikaa-iil” 100x tiap ba’da sholat Isya.

Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk Malaikat Mikail As, insya Allah akan ditampakkan rezeki yang halal dan hak dalam pandangan Allah dan Rasul-Nya, serta dapat berkomunikasi dengan gejala-gejala alam dan ekosistem alam semesta.

3. “AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa al-MulQiyaat Dzikroo” 100x tiap ba’da sholat Asar.

Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk para Malaikat al-Mulqiyat Dzikr As, insya Allah akan senantiasa diberi kekuatan dalam memelihara kesadaran ingatan. Kesadaran dan keingatan sebagai hamba dihadapan-Nya dan sebagai khalifah dihadapan makhlik-Nya atau alam semesta.

4. “AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa as-SaabiQot SabQoo” 100x tiap ba’da sholat zhuhur.

Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk para Malaikat as-Sabiqot Sabq As, insya Allah akan ditampakkan peristiwa masa depan.

5. “AllaaHumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa al-FaariQoot” 100x tiap waktu dhuha.

Hikmah permohonan salawat, salam, dan tabaruk untuk para Malaikat al-Fariqot As, insya Allah akan senantiasa dibukakan dengan sejelas-jelasnya antara yang halal dan yang haram, yang manfaat dan yang mudhorot, yang haq dan yang batil, dsb. Sehingga diri ini akan senantiasa terjaga dari kedurhakaan dan pengingkaran terhadap Allah Swt, dari celaka dan kehinaan, dari kesia-siaan dan kehancuran. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 135 Komentar

BIKIN IKON KHUSUS JATI DIRI ANDA


BLOG INI TIDAK ADA PENYARING ATAU PENYELEKSINYA. SEMUA KOMENTAR BISA MASUK KE BLOG INI. MOHON TIDAK CEPAT MEMPERCAYAI KOMENTAR DARI SESEORANG YANG BIASA ANDA KENAL. BISA JADI DIA TERNYATA ORANG LAIN.

UNTUK MENGURANGI ADANYA KOMENTAR DARI ID PALSU SEMACAM ITU, ANDA BISA BIKIN FOTO ATAU IKON TERTENTU YANG MENANDAKAN ITU ANDA YANG ASLI ATAU YANG PALSU.

YANG BARU SAJA MENGALAMI PEMALSUAN JATI DIRI DI BLOG INI MENIMPA KI NUR JATI. PEMALSU INI MENGISIKAN EMAIL kurakura_a@yahoo.co.id dan IP ADRESS 114.127.246.108. SEMENTARA KI NURJATI ASLI MENGGUNAKAN EMAIL jalanifernando@yahoo.co.id DENGAN IP ADRESS 110.137.200.73. DENGAN MENGGUNAKAN ID NAME “KI NURJATI” (PALSU) INI, DIA MEMAKI MAKI SEDULUR YANG LAIN DENGAN KATA KATA KASAR DAN MEMANCING KERIBUTAN.

KAMI MOHON AGAR SEDULUR SEMUA BERHATI-HATI TERHADAP FITNAH YANG SEMACAM INI KARENA BISA MERUSAK SILATURAHIM. DAN KEPADA PEMALSU ID NAME ORANG LAIN SEGERALAH MINTA MAAF KARENA ITU PERBUATAN YANG TERKUTUK, DILAKNAT TUHAN DAN RESIKO ENERGI BURUK PERILAKU ANDA ITU PASTI BERBALIK MENGENAI DIRI ANDA SENDIRI. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 284 Komentar

SUMSUM SURAT YASSIN


KHASIAT:DISENANGI MAKHLUK GHOIB GOLONGAN PUTIH,DITAKUTI JIN,MELAMAR KERJA CEPAT DAPAT,DUKUN TUNDUK,NAIK PESAWAT INSYA ALLOH TERHINDAR DARI JATUH PESAWAT

CARANYA DIBACA TIAP MALAM JUM’AT TIAP BARIS DIBACA 10X KECUALI ALLOHU ALLOH 1000X

YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAN NAFSI, 10X
YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAN NAFASI,10X
YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAT TANAFFUSI,10X
YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAL ANFUSI,10X
YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAN NUFUUSI,
YASSIN YADULLOOHI AYATULLOHI SULTHOONULLOOHI ‘ALAL MUTANAFASI,10X
YASSIN WAL QUR’ANULHAKIIM INNAKA LAMINAL MURSALIIN, ‘ALA SHIROOTHIM MUSTAQIIM, TANZIILAL ‘AZIIZIR ROHIIM, 10X
SHODAQOLLAHU WASHODAQO ROSULULLOH 10X
LAA ILAAHA ILALLOOH MUHAMMAD ROSULULLOH 10X
LAA ILAAHA ILALLOOH 10X
ALLOHU ALLOH 1000X
ALLOHU AMIRUN HAKIIMUN, 10X
ALLOHU IMAAMUM MUBIINUN 10X
ALLOHU ROBBUR ROHIIMUN 10X
ALLOHU ROHMANUR ROHIIM 10X
ALLOHU AZIIZUN ROHIIMUN 10X
ALLOHU AZIIZUN ‘ALIIMUN 10X
ALLOHU QOLAAQUN ‘ALIIMUN 10X
ALLOHU MUNSYI’UM MUHYIIN 10X
ALLOHU MUBDIUM MU’IIDUN 10X
ALLOHU QODIIRUN MURIIDUN 10X
ALLOHU AKBAR 10X
ALHAMDULILLAH 10X
SUBHANALLOH 10X
TABARAKALLOH 10X
TA’ALALLOOH 10X
AMANNAA BILLAAHI WA RUSULIHII 10X
ROBBUNALLOH 10X
ROBBIYALLOH 10X
ROBBIYALLADZII YUHYIL MAWTAA 10X
SHOLALLOOHU ‘ALAA NABBIYYI MUHAMMADUR ROSUULIN AMININ WA ALIHII WASALAM 10X
SALAMUN QOWLAM MIRROBBIRROOHIIM 10X
WASALAMUN ‘ALAL MURSALIN WALHAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAMIIN 10X. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 123 Komentar

KEUTAMAAN 10 HARI BULAN DZULHIJJAH


Ustd. Roikhan
ustd.roikhan@ymail.com
ass, salam hormat dateng sesepuh KWA. saya yang dhoif ini mencoba menulis artikel sbg renungan kita bersama terutama diri saya sendiri, dmana beberapa hari lg kita akan menapaki Bulan Dzulhijjah, maka ada amalan2 yg disyariatkan yaitu:

1]. Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umrah. sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Artinya : Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”. Tentu saja ini bagi orang yang mempunyai kesanggupan/kemampuan baik lahir maupun batin.

[2]. Berpuasa Selama Hari-Hari Tersebut, Atau Pada Sebagiannya, Terutama Pada Hari Arafah. Tidak disangsikan lagi bahwa puasa adalah jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadist Qudsi : “Artinya : Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku”.
Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Artinya : Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun”. [Hadits Muttafaq 'Alaih].
Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah Rahimahullah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً
“Artinya : Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”.
memang pada hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa untuk menjalankan ibadah seperti puasa. Abnu Abbas RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: مَا مِنْ أيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبَّ إِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِيْ أَياَّمُ اْلعُشْرِ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ! وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ؟ قَالَ: وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ إلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهُ فَلَمْ يَرْجِعُ مِنْ ذَلِكَ شَيْءٌ
Diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulallah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya atau menjadi syahid. (HR Bukhari)

[3]. Takbir Dan Dzikir Pada Hari-Hari Tersebut. Sebagaimana firman Allah Ta’ala. “Artinya : …. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan …”. [Al-Hajj : 28].
Para ahli tafsir menafsirkannya dengan sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut, berdasarkan hadits dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma. “Artinya : Maka perbanyaklah pada hari-hari itu tahlil, takbir dan tahmid”. [Hadits Riwayat Ahmad].
Imam Bukhari Rahimahullah menuturkan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhuma keluar ke pasar pada sepuluh hari tersebut seraya mengumandangkan takbir lalu orang-orangpun mengikuti takbirnya. “Artinya : Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu …”. [Al-Baqarah : 185].

[4]. Taubat Serta Meninggalkan Segala Maksiat Dan Dosa.
Sehingga akan mendapatkan ampunan dan rahmat. Maksiat adalah penyebab terjauhkan dan terusirnya hamba dari Allah, dan keta’atan adalah penyebab dekat dan cinta kasih Allah kepadanya. Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Artinya : Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya” [Hadits Muttafaq 'Alaihi].

[5]. Banyak Beramal Shalih.
Berupa ibadah sunat seperti : shalat, sedekah, jihad, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi munkar dan lain sebagainya. Sebab amalan-amalan tersebut pada hari itu dilipat gandakan pahalanya. Bahkan amal ibadah yang tidak utama bila dilakukan pada hari itu akan menjadi lebih utama dan dicintai Allah daripada amal ibadah pada hari lainnya meskipun merupakan amal ibadah yang utama, sekalipun jihad yang merupakan amal ibadah yang amat utama, kecuali jihad orang yang tidak kembali dengan harta dan jiwanya.

[6]. Disyariatkan Pada Hari-Hari Itu Takbir Muthlaq. Yaitu pada setiap saat, siang ataupun malam sampai shalat Ied. Dan disyariatkan pula takbir muqayyad, yaitu yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama’ah ; bagi selain jama’ah haji dimulai dari sejak Fajar Hari Arafah dan bagi Jama’ah Haji dimulai sejak Dzhuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga shalat Ashar pada hari Tasyriq.

[7]. Berkurban Pada Hari Raya Qurban Dan Hari-hari Tasyriq.
Hal ini adalah sunnah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam, yakni ketika Allah Ta’ala menebus putranya dengan sembelihan yang agung. Diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Artinya : Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. [Muttafaq 'Alaihi].

[8]. Dilarang Mencabut Atau Memotong Rambut Dan Kuku Bagi Orang Yang Hendak Berkurban. Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah Radhiyallhu ‘Anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Artinya : Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya”.
Firman Allah. Artinya : ….. dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan…”. [Al-Baqarah : 196].
Larangan ini, menurut zhahirnya, hanya dikhususkan bagi orang yang berkurban saja, tidak termasuk istri dan anak-anaknya, kecuali jika masing-masing dari mereka berkurban. Dan diperbolehkan membasahi rambut serta menggosoknya, meskipun terdapat beberapa rambutnya yang rontok.

[9]. Melaksanakan Shalat Iedul Adha Dan Mendengarkan Khutbahnya. Setiap muslim hendaknya memahami hikmah disyariatkannya hari raya ini. Hari ini adalah hari bersyukur dan beramal kebajikan. Maka janganlah dijadikan sebagai hari keangkuhan dan kesombongan

[10]. Selain Hal-Hal Yang Telah Disebutkan Diatas. Hendaknya setiap muslim dan muslimah mengisi hari-hari ini dengan melakukan ketaatan, dzikir dan syukur kepada Allah, melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi segala larangan ; memanfaatkan kesempatan ini dan berusaha memperoleh kemurahan Allah agar mendapat ridha-Nya.
Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya dan menunjuki kita kepada jalan yang lurus. Dan shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad, kepada keluarga dan para sahabatnya. demikian semoga dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Mohon maaf untuk segala kekurangan… Assalamualaikum wr.wb

Roikhan

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 30 Komentar

HIKMAH HURUF ALLOH


Iblis
Iblis8880@yahoo.com

HIKMAH HURUF ALLOH. Menurut pengertian aku iblis dan termaktub dalam kitab para iblis, adalah sbb : Huruf Alloh sebelum diciptakan manusia adalah tanpa Huruf Alif Di Depannya. Setelah manusia tercipta diberilah Huruf Alif untuk pengingat bahwa manusia terhubung langsung dengan sang kholik. Huruf Alloh yang asli adalah LAM, LAM,LAM, HA’. Dengan pengertian sebagai berikut :
Lam pertama adalah otak manusia/akal , dimana nafsu lebih banyak bersemayam didalamnya. Lam kedua adalah hati, dimana nur/cahaya ilahi bersemayam didalamnya.
Lam ketiga adalah pusar, dimana ruh/arwah/sukma ilahi bersemayam di dalamnya.
Ha’ adalah jasad/badan/tubuh, dimana fungsinya tali pengikat, penghubung ketiga lam tersebut. Manusia yang telah menyatukan dan memberi makan energi kepada ketiga lam, maka Ha’ akan menjadi senjata pamungkas/penghubung saluran pelepasan ataupun pengikatan energi. Mengapa empat huruf Alloh ini terkait?, ini ada hubungannya dengan ilmu manunggaling kawulo gusti. Dan sangat panjang bahasannya. Kalimah Alloh pada huruf empat yang terkait adalah kunci dari HIKMAH DALAM BER-PUASA. Sesakti apapun manusia apabila huruf Ha’ belum bersinar maka pasti akan ada kelemahan dalam ilmu dan tubuhnya. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 85 Komentar

HAKIKAT MANUSIA DALAM MENUJU ILLAHI


Ki Ageng JJ

“Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah.” Assalamu’ alaikum Wr. Wb. Salam pamuji rahayu katur dulur-dulur semuanya Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, yang maha mengetahui seluruh rahasia tersembunyi dan dimana hati mukminin bergetar tatkala mendengar asma-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah pada penghulu sekalian Rasul, penyempurna risalah Ilahi beserta keluarganya.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dulur-dulur aktivis Kampus Wong Alus di seluruh nusantara dalam kontribusinya pada syiar Islam di bidangnya masing-masing. Dan saya menghaturkan terima kepada para pini sesepuh atas wejangannya yang bermanfaat dalam menuju kehadirat Ilahy.

A. Kesadaran Diri.
Didalam filsafat kontemporer secara hakiki terpusat pada pribadi manusia. Boleh jadi, tanpa situasi historis kita tidak bisa memahami apa dan esensi diri yang sebenarnya. Alqur’an membuka pintu dunia baru, tentang kesadaran diri secara berurutan sampai kepada kesadaran yang universal. Ungkapan ini tidak terikat oleh suatu aliran tertentu. Saat dimana muncul ketikan dihadapkan persoalan manusia terdorong untuk memikirkan eksistensi. Dimana keberada- annya bagaikan terlempar begitu saja. “Aku” yang kehi-langan arah, berpaling dari dirinya sendiri, ia mawas diri dan menyelidiki dirinya. Demikianlah suatu motif yang mula-mula bersifat historis dan psikologis berubah menjadi suatu pertanyaan filosofis yang mendesak: “Siapakah aku ini? Dengan kegembiraan dan harapanku? Apakah tujuan hidup ini? Apakah artinya? Mengapa aku bereksistensi? Dan bukannya tidak bereksistensi?”

Mengemukakan masalah mengenai pribadi dalam ungkapan-ungkapan tersebut, berarti mengemukakan masalah kebebasan, masalah tanggung jawab. Hal ini membawa kita kepada penelitian mengenai dasar dari asal usul. Baik dari sisi kebebasan maupun dari sisi tanggung jawab. Hal tersebut akhirnya memunculkan masalah ketuhanan. Apakah Allah itu masuk dalam definisi manusia atau tidak? Apakah eksistensi manusia itu bersifat teosentris ataupun antroposentris? Partisipasi ataupun cukup dalam dirinya sendiri? Ada apakah dengan pernyataan ulama populer “man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu?” (barang siapa tahu akan dirinya, maka ia tahu akan Tuhannya).

Dalam arti yang sebenarnya, kata “eksistensi” berarti data kosmis, sejauh manusia yang terlibat secara aktif di dalamnya. Hubungan erat antara masalah manusia dan masalah ketuhanan, terlihat baik pada mereka yang mengingkari Allah maupun pada mereka yang mengikuti-Nya. Kecenderungan tersebut pada dasarnya merupakan naluri manusia yang tidak bisa dipungkiri dan merupakan fitrah manusia.

Mengatakan bahwa setiap pribadi memiliki naluri religiusitas dalam pengertian apapun, baik yang sejati maupun yang palsu. Sebenarnya adalah sama dengan menga-takan bahwa setiap pribadi memiliki naluri untuk berkepercayaan. Dalam tinjauan antropologi budaya, naluri itu muncul berbarengan dengan hasrat memperoleh kejelasan tentang hidup ini sendiri dan alam sekitar yang menjadi lingkungan hidup itu. Karena itu setiap orang dan masyarakat pasti mempunyai keinsafan tertentu tentang apa yang dianggap “pusat” atau “sentral” dalam hidup seperti dikatakan oleh Mircea Elidae : “Setiap orang cenderung, meskipun tanpa disadari mengarah kepusat dan menuju pusat sendiri, dimana ia akan menemukan hakekat yang utuh yaitu rasa kesucian. Keinginan yang begitu mendalam berakar dalam diri manusia untuk menemukan dirinya pada inti wujud hakiki itu di pusat alam, tempat komunikasi dengan langit -menjelaskan penggunaan dimana akan ungkapan pusat alam semesta”

Disini kita akan mencoba menelusuri secara beruntun dari dasar sekali. Alqur’an menyebutkan dalam Surat Adz dzariat 21: “Dan juga pada dirimu, maka apakah kamu tiada memperhatikan”
Juga dalam surat Al hijir 28-29 : “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan ke dalamnya Ruh (cipataan)Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”. (QS Al hijir 28-29).

Dalam kerangka ini kita mengambil garis yang jelas dari peristiwa kejadian manusia, dimana para makhluk baik itu setan maupun malaikat mempertanyakan kebijakan Allah yang akan menciptakan manusia, yang menurut pandangan malaikat “manusia” adalah makhluk yang selalu membuat keonaran dan pertumbahan darah (QS Al baqarah 30). Tidak kalah sengitnya setan memprotes keberadaan manusia yang dipandang rendah, yang hanya diciptakan dari unsur tanah, sambil membanggakan dirinya yang dibuat dari api.

Dalam keadaan ini para malaikat gigit jari dan begitu terheran-heran : rahasia macam apa ini? Bumi yang hina-dina dipanggil kehadirat Zat yang maha tak terjangkau dengan segenap kehormatan dan kemuliaan ini.

Kelembutan illahi dan kebijakan Tuhan berbisik lembut ke dalam relung rahasia dan misteri malaikat, “Aku tahu apa yang tidak kalian ketahui” (QS :2:30).

“Ya Allah, Ajari Kami Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah” Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya (kepada kita semua).Demikian Yang Dapat Saya Sampaikan kepada poro dulur-dulur di kampus tercinta ini, Apabila ada yang benar itu datangnya dari Allah SWT. Kalau ada yang salah atau kurang itu karena ke bodohan saya pribadi ,untuk itu Saya Mohon Maaf yang sebesar-besarnya, Karena Manusia Tidak Luput Dari Kesalahan Atau Kekhilafan.

Billahi taufik wal hidayah. Wassalamu alaikum wr. Wb.
Ki Ageng JJ

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 25 Komentar

PENGUMUMAN


DEMI KENYAMANAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN SEHUBUNGAN DENGAN BANYAKNYA KELUHAN SEDULUR-SEDULUR AKIBAT ADANYA KOMENTAR YANG ISINYA FITNAH ATAU MENYUDUTKAN PIHAK LAINNYA, MAKA DENGAN INI KAMI AKAN TERAPKAN SISTEM ADMIN.  ANDA BISA MENULIS BANYAK KOMENTAR BILA ANDA SUDAH PERNAH BERKOMENTAR DAN KOMENTAR ANDA YANG PERTAMA ITU SUDAH KAMI SETUJUI SEBELUMNYA. DEMIKIAN KAMI SAMPAIKAN DAN HARAP MAKLUM ADANYA.

=====

SETELAH MEMPERTIMBANGKAN BERDASARKAN ATAS MASUKAN, SARAN DAN INPUT SEDULUR-SEDULUR MAKA DENGAN INI KEPUTUSANNYA SEBAGAI BERIKUT:

1. TIDAK JADI MENERAPKAN SISTEM ADMIN DI BLOG KWA DAN MEMBIARKAN SEDULUR SEMUA UNTUK MENGISI KOMENTAR DI BLOG INI TANPA PROSES SELEKSI. SAYA BUKAN DIKTATOR YANG BERHAK UNTUK MENUTUP MULUT SEDULUR-SEDULUR. ADALAH HAK SEDULURKU SEMUA UNTUK PUNYA IDE APAPUN JUGA DAN SILAHKAN MENYAMPAIKANNYA DENGAN BAHASA KASAR, HALUS, SOPAN, TIDAK SOPAN, JOROK, KASAR, KOTOR DLL.

2. MEMBUKA SEMUA PASWORD KEILMUAN DI BLOG KWA. KECUALI RDR YANG MASIH MENJADI TANGGUNGJAWAB DAN KEWAJIBAN SAYA KEPADA RADEN SANCANG UNGU.

3. KAMI TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS SEMUA PENDAPAT, ISI ARTIKEL, ATAU KOMENTAR KIRIMAN SEDULUR SEMUA DI KWA. MASING-MASING INDIVIDU BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP TULISAN DAN MULUTNYA SENDIRI-SENDIRI. SILAHKAN BILA ADA YANG INGIN MENGGUGAT SEDULUR LAIN KARENA DITUDUH MELAKUKAN PENCEMARAN NAMA BAIK .

4.  TIDAK SETIAP ARTIKEL ATAU NASKAH YANG DIKIRIM KE EMAIL kiwongalus@gmail.com AKAN DIMUAT DI BLOG KWA. HANYA NASKAH ARTIKEL ATAU PENGIJAZAHAN YANG BENAR-BENAR BERKUALITAS DAN BAGUS YANG AKAN DIMUAT. SELEKSI KETAT AKAN DIBERLAKUKAN SEJAK KEPUTUSAN INI DIMUAT.  INI HAK SAYA SEPENUHNYA.

DEMIKIAN PENGUMUMAN DARI SAYA, TERIMA KASIH DAN SALAM PASEDULURAN. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 344 Komentar

SHOLAWAT IBNU UMAR


BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
ALLAHUMMA SHOLLI ALA MUHAMMADIN WAALAA AALI MUHAMMADIN HATTA LA YABQOO MINASHOLAATI SYAIUN WARHAM MUHAMMADAN WA AALI MUHAMMADIN HATTA LAA YABQOO MINARROHMATI SYAI’UN WABARIK ALAA MUHAMMADIN WAALAA AALI MUHAMMADIN HATTA LAA YABQOO MINASSALAAMI SYAIUN

“Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan Keluarga Muhammad hingga tidak tersisa lagi satu sholawatpun; sayangilah Muhammad dan Keluarga Muhammad sehingga tidak lagi tersisa satu rahmatpun; berkahilah Muhammmad dan keluarga Muhammad sehingga tidak lagi tersisa satu berkahpun; dan limpahkan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sehingga tidak lagi tersisa satu kesejahteraan pun”

Doa memohon rahmat, barokah, dan kesejahteraan.

@Wongalus,2010

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 377 Komentar

DOMPET AMAL SEDULUR KWA UNTUK MENTAWAI MERAPI


Data Kamis 4 /11/10

Berikut nama sedulur yang telah ikhlas karena Allah SWT menyisihkan rezekinya untuk membantu sedulur kita yang ditimpa bencana di Mentawai dan Merapi. Tanpa berniat pamer, riya, ujub kami menampilkan data di bawah ini agar transparan dan akuntabel :

Sirat Agustin Surabaya 150 ribu
Mas Pri Rp 750.000
Firdaus Rp 200.000
Henny Setia, Tangerang, kirim Pakaian
Jenang Abang Rp 300.000
M. Chozin Rp 111.111
Seblonk Rp 199.000
HAMBA ALLAH, Rp 500.000 (Rabu, 3-11-2010)
No hp xxx 348: Rp 100.000
Suwandi Bontang: Rp 250.000
Kacung Wantono Sidoarjo: Rp 200.000
Bambang: Rp 222.222
No hp xxx 87070: 50.000
Kertapati: Rp 100.000
Nawiazky: Rp 313.000
Putro Mojopahit: Rp 50.000
Bodokeremezken: Rp 3.200.000
Rasyid Samba: Rp 250.250
Risang Mukti —Anting anting emas

@@@@
KAMPUS WONG ALUS MEMBANTU ANDA UNTUK BERAMAL/ BERSEDEKAH/ BERSHODAKOH MERINGANKAN BEBAN SEDULUR-SEDULUR KITA YANG KINI DITIMPA MUSIBAH BENCANA ALAM GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI MENTAWAI SERTA MELETUSNYA GUNUNG MERAPI DI DIY.

SEDEKAH BERUPA UANG DAN BARANG BISA DIKIRIM/DISTRANSFERKAN KE POSKO PEDULI BENCANA K.W.A. YANG AKAN MENGKOORDINIR SELURUH BANTUAN DARI SEDULUR SEMUA. POSKO PEDULI BENCANA KWA AKAN MENYALURKAN SECARA LANGSUNG KE PARA KORBAN BENCANA.

PROSEDUR PENGIRIMAN BANTUAN
1. KIRIM SMS KE KI BENGAWAN CANDHU 085216123458. ISI SMS BAHWA ANDA AKAN MENTRANSFER BANTUAN DAN TUNGGU JAWABAN. BILA DISETUJUI, MAKA SILAHKAN MENTRANSFER DAN SELESAI MENTRANSFER KIRIM SMS KE NOMOR INI. SERTAKAN NAMA DAN ALAMAT AGAR KAMI BISA UMUMKAN DI BLOG KWA SERTA JUMLAH BESARNYA BANTUAN. TRANSFER BANTUAN BERUPA UANG KE an MUHAMMAD WILDAN, BRI KANTOR CABANG SIDOARJO UNIT CANDI dengan NOMOR REKENING 3156-01-000870-50-6.

2. SUMBANGAN BERUPA BARANG BISA LANGSUNG DIKIRIM/DIPAKETKAN KE POSKO KWA JOGJA (KI SABDA LANGIT) DI JL KENEKAN NO 2 PANEMBAHAN KRATON YOGYAKARTA.

3. UNTUK TUGAS PENYALURAN BANTUAN KE PARA KORBAN BENCANA, POSKO PEDULI BENCANA KWA AKAN DIPIMPIN KI SABDALANGIT, KI JURU ANGON, KI BENGAWAN CANDHU DAN SILAHKAN UNTUK SEDULUR KWA YANG BERKENAN GABUNG MENJADI SUKARELAWAN. NANTINYA KITA AKAN BERSAMA-SAMA LANGSUNG MENYERAHKAN BANTUAN KE PARA KORBAN BENCANA.

3. UNTUK TANGGAP DARURAT SAAT INI, YANG DIBUTUHKAN OLEH PARA PENGUNGSI ANTARA LAIN: (1) PAKAIAN DALAM LAKI DAN PEREMPUAN, (2) SUSU BAYI DAN ANAK2, (3) PAKAIAN PANTAS PAKAI. KAMI MOHON UTK MASING2 PERWAKILAN KWA BISA MENGUMPULKAN PAKAIAN PANTAS PAKAI (BEKAS) DAN BISA DIKIRIMKAN VIA BIS ANTAR KOTA YG MENUJU KE JOGJA, NANTI PIHAK JOGJA AKAN MENGAMBIL PAKET DI PULL BIS TSB ATAU DITERMINAL. NAMUN SEBELUMNYA PERLU KOORDINASI DG KWA JOGJA AGAR BISA DIMONITOR DAN ADA NO HP KONDEKTUR BIS TSB.

MENGENAI RELAWAN, SILAKAN BAGI SIAPA SAJA YANG MAU MENYUMBANGKAN TENAGANYA BISA LANGSUNG DATANG KE JOGJA PADA TANGGAL 11 NOPEMBER, MENGINGAT SEBELUM TANGGAL ITU, DIKHAWATIRKAN ADA LETUSAN SUSULAN. DIIFORMASSIKAN, MASIH ADA SEKITAR 75 % LAHAR MERAPI YG BELUM KELUAR. RELAWAN BERKUMPUL DI RUMAH KEDIAMAN KI SABDA LANGIT DAN NANTI AKAN DITERJUNKAN KE LOKASI-LOKASI PENGUNGSIAN DENGAN SYARAT MEMBAWA BEKAL SENDIRI (UANG/PAKAIAN/OBAT-OBATAN PRIBADI) SEHINGGA TIDAK MEREPOTKAN YANG LAIN. SEDULUR YANG SIAP JADI RELAWAN DAN MEMILIKI KEMAMPUAN PENGOBATAN MEDIS DAN NON MEDIS TENTU MERUPAKAN KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN DI SANA. SILAHKAN SMS DULU KE KI BC / SEDULUR KWA JOGJA NANTI AKAN DIARAHKAN. TRIMS.

Categories: KWA PEDULI SESAMA

MENYOROT GERAKAN ISLAM KONTEMPORER DI INDONESIA


Oleh Ki Juru Angon

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Fenomena ini tentu tidak bisa dilepaskan dari jasa para da’i muslim sepanjang sejarah masuknya Islam di Indonesia. Mereka berasal dari Arab, Persia, India, bahkan Cina. Kedatangan mereka ke Indonesia bukan saja untuk memperkenalkan Islam tetapi juga dengan membawa seperangkat keilmuan Islam yang sudah mengalami proses pengembangan di tanah asalnya, Timur Tengah. Proses Islamisasi di Indonesia pada awal sejarahnya relatif berjalan mulus berkat kepiawaian para da’i imigran muslim.

Sebelum Islam datang, penduduk Indonesia (baca: Nusantara) telah menganut agama, baik yang masih primitif seperti animisme-dinamisme maupun yang sudah berbentuk formal religion, yakni agama Hindu dan Budha. Namun demikian, berdasarkan catatan sejarah yang ada, kedatangan Islam tidak diikuti dengan konflik sosial-keagamaan yang cukup berarti. Keberhasilan Islamisasi generasi awal setidaknya disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor strategi dakwah dan faktor daya tarik ajaran Islam itu sendiri. Dilihat dari strategi dakwah, para da’i muslim berhasil melakukan pendekatan persuatif, kultural, dan politik terhadap penduduk Indonesia. Sementara menyangkut content atau materi dakwahnya, penduduk pribumi tampaknya tertarik dengan agama baru tersebut karena beberapa hal, antara lain; prinsip egalitarian atau kesejajaran manusia pada satu sisi, dan corak sufistik yang mewarnai Islam yang dibawa oleh para da’i imigran tersebut pada sisi yang lain.

Isu kesamaan derajat yang dibawa Islam tentu menarik kalangan pribumi, terutama di kalangan yang selama ini hidup dalam strata atau kasta rendah yang sering menjadi objek eksploitasi oleh kasta di atasnya dengan mengatasnamakan agama. Pada sisi lain, corak Islam sufistik juga menarik perhatian penduduk pribumi karena adanya titik-titik persamaan dengan kepercayaan dan agama mereka. Islam sufistik yang sarat dengan ajaran moral dan kontemplatif tidak begitu asing bagi tradisi masyarakat setempat. Itulah mengapa Islam bisa diterima secara damai oleh penduduk pribumi atau setidaknya bisa hidup berdampingan dengan agama lain selama berabad-abad. Persoalan baru muncul ketika di kalangan umat Islam Indonesia tumbuh gelombang kesadaran baru untuk mengedepankan corak Islam yang lebih puritan dan formal.

Gelombang puritanisme
Sampai dengan pertengahan abad ke-19, corak Islam Indonesia masih diwarnai tradisi sufistik yang melembaga dalam bentuk tarekat, seperti Idrusiyah (dibawa Nuruddin ar-Raniri, w.1658), Sattariyah (dikenalkan as-Singkili, w.1693), Khalwatiyah (dikenalkan oleh Yusuf al-Makassari, w.1699), Sammaniyah (dibawa oleh Abdushamad al-Palimbani, w.1789), Qadiriyah-Naqsabandiyah (diformulasikan oleh Ahmad Khathib Sambas, l.1805), dan lain-lain. Di samping sufistik, Islam Indonesia juga ditandai dengan pengadopsian hukum-hukum fiqh hasil ijtihad para imam mazhab, terutama Syafi’iyah. Sementara itu, terkait dengan doktrin teologi, umat Islam Indonesia terbiasa dengan ajaran Sunni, terutama Asy’ariyah.

Sampai dengan abad ke-19, pengamalan Islam sufistik ternyata tidak hanya di Indonesia, tetapi telah menjadi trends keberagamaan umat Islam di berbagai penjuru dunia, termasuk di Timur Tengah. Mekkah dan Madinah pada saat itu menjadi pusat pengajaran Islam yang sekaligus pusat ajaran sufi. Sejumlah ulama Indonesia tercatat sebagai alumni Mekkah-Madinah yang sekaligus transmiter dan mursyid tarekat di Indonesia.

Praktek-praktek sufi di tanah Arab belakangan dikritik oleh Muhammad bin Abdul Wahhab (w.1792). Dalam pandangannya, praktek-praktek sufistik telah menyimpang dari ajaran Islam generasi Nabi, sahabat, dan tabi’in, karena penuh dengan bid’ah, syirik dan khurafat. Oleh karena itu, harus ada upaya “sistematis” untuk mengembalikan umat kepada Islam yang murni, yang puritan, sebagaimana dipraktekkan oleh tiga generasi terbaik umat ini atau as-salaf ash-shalih. Itulah mengapa gerakan pemurnian in sering disebut dengan Wahhabi dan belakangan dikenal dengan Salafi.

Dalam menjalankan misinya, Wahhabi sering bertindak keras, tanpa kompromi, bahkan melakukan konspirasi politik dengan Dinasti Saud yang punya kepentingan untuk menasionalisai Arab dari kekuasaan Kekhalifahan Turki Usmani di Istanbul. Hubungan mutualisme Wahhabi-Saudi bertahan hingga sekarang, karena Wahhabi dijadikan sebagai faham resmi pemerintah.

Gerakan Wahhabi ternyata berimbas ke Indonesia. Jika di masa lampau, kaum Paderi di Sumatera Barat yang menjadi agennya, dan sedikit banyak Muhammadiyah, maka di era sekarang ini, pengimpor utama faham Wahhabi adalah kelompok Salafiyun. Dukungan finansial juga diberikan pemerintah Saudi kepada lembaga sosial yang mau diajak “kerjasama”.

Pada tataran wacana, sebenarnya perbedaan dalam memahami ajaran Islam sudah menjadi hal yang biasa. Yang menjadi masalah adalah ketika terjadi pemaksaan pendapat dengan cara-cara yang tidak santun dan cenderung menyalahkan pihak lain. Ketika hal ini terjadi, maka ketegangan di antara berbagai varian Islam tidak bisa dihindari.

Gejala Arabisasi
Bahwa Islam di Indonesia tidak bisa lepas dari pengaruh Arab (Timur Tengah) adalah kenyataan sosio-historis, mengingat posisi Indonesia yang merupakan wilayah pinggiran. Namun ketika pengaruh itu berlangsung secara massif dan sangat kuat, maka yang terjadi justeru “Arabisasi” Islam Indonesia, yakni peniruan secara total tradisi berpikir dan budaya Arab oleh umat Islam Indonesia. Gejala ini tampak dalam bentuk, pertama, muncul organisasi sosial maupun politik umat Islam Indonesia yang mengadopsi platform perjuangan organisasi induknya di Timur Tengah. Kedua, kemiripan pola-pola pengkaderan, idiom, dan simbol-simbol yang digunakan antara ormas Islam tertentu dengan organisasi sejenis di Timur Tengah. Ketiga, belakangan ini muncul model dan gaya berpakaian di kalangan sebagian umat Islam Indonesia yang meniru tradisi orang Arab.

Gejala Arabisasi ini bukan tidak mungkin akan mengikis identitas umat Islam Indonesia yang telah dibangun sejak lama. Mengingat perbedaan geografis, sosiologis, politik, dan kultural serta perbedaan problem dan tantangan yang dihadapi antara umat Islam Indonesia dengan Timur Tengah, maka sudah sepantasnya dilakukan usaha-usaha membumikan Islam agar sesuai dengan karakter keindonesiaan bukan lagi model Islam Timur Tengah yang dipaksakan di Indonesia. Dengan demikian Islamisasi tidak berarti Arabisasi. @@@

Categories: ARTIKEL KI JURU ANGON | 380 Komentar

SAYA MEMANG BODOH DAN TOLOL


iblis iblis8880@yahoo.com 64.255.180.48 2010/11/03 at 22:11

huahaaaa…. Ki wongalus memang bodoh dan tolol. Kalo mau tutup ya tutup aja selamanya, dari pada buka tutup, buka tutup, kayak orang gila. Kalo mau pingin punya blog, contoh tuh facebook. Blog face book lebih transparan. Yang punya pasti orang bijak karena kagak ngurusi kata-kata yang masuk, entah itu kata kotor atau kata baik. Kalo di blog KWA kata-katanya baik tapi menipu buat apa ? Itukan sama seperti telur busuk. Yang baca koment di blog ini kan kagak ada yang balita. Mereka pasti bisa menseleksi setiap coment yang ada. Huahaaaa….

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 145 Komentar

SETITIK NOKTAH


SETIAP NOKTAH DI ALAM SEMESTA INI ADALAH SUCI. ISILAH NOKTAH DALAM BIDANGMU DENGAN KESUCIAN ATAU SEBALIKNYA: KAU MALAH MENJADI SAKSI ATAS DIRIMU SENDIRI BAHWA KAU SUNGGUH MAKHLUK YANG BIADAB DAN BINASA.

Kepada yth sedulur KWA yang saya cintai dan saya muliakan: kami mohon agar memberi komentar dengan sopan santun dan sebaiknya menghindari penggunaan kata-kata sarkasme, kasar dan tidak enak dibaca. Masih banyak kata yang lebih bijak untuk mengungkapkan ketidaksepakatan dengan sedulur yang lain.

KATA, KALIMAT DAN PIKIRAN ANDA MENCERMINKAN YA SEPERTI ITULAH DIRI ANDA.

Mari kita jadikan blog sederhana ini sebagai wahana untuk menambah pengetahuan, tukar pengalaman, tukar pendapat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan sopan santun budaya ketimuran. Bukan untuk MENANG SENDIRI, MENYUDUTKAN, MENGADILI, MENGGURUI, MENGALAHKAN YANG LAIN. Mohon maaf saya harus mengatakan yang seperti ini karena akhir-akhir ini banyak komentar yang sudah keterlaluan sehingga dengan terpaksa kami menutup sementara blog ini.

Kalau memang pada akhirnya kita semua tidak mampu menahan diri dan masih ingin menunjukkan “aku” kita dan kita masih tidak mampu menguasai ego dan nafsu kita: dengan sangat terpaksa kami menutup blog ini untuk selamanya.

YA INILAH PENYEBAB BENCANA ALAM: INDIVIDUAL DAN SOSIAL YANG MENGERIKAN ITU. YAITU BATIN DAN JIWA KITA YANG SANGAT TIDAK MENCERMINKAN SEBAGAI SEORANG MANUSIA. MANUSIA YANG WAJAR, NORMAL DAN LUMRAH, YANG BERKAWAN DAN NYEDULUR DENGAN SIAPAPUN, YANG HORMAT DENGAN ALAM SEKITARNYA, YANG MAMPU UNTUK MENGENDALIKAN DIRINYA. YAITU KESADARAN RUH YANG MENGUASAI KESADARAN OTAKNYA.

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf, atas semua kesalahan saya, kebodohan, dan keterbatasan saya. Kami mohon pengertian sedulur semua. Terima kasih.

==Wong Alus==

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 93 Komentar

TUHAN DALAM ANGGAPAN MANUSIA


KI SUKMA RAHAYU
kangasepthea@yahoo.com

@kiwongalus…Assalamu alaikum. Wr.wb…ki,ada share dr ki sukma rahayu..smg berkenan u/posting u/menjawab pertanyaan dr dewi sri dalam setetes senyap.

Dear Mas Wisnu,Mbk Dewi Sri.

Maap mbk sri, sy masih di kota jeddah untuk pertanyaan maap seputar pertanyaan mbk dewi sri dg perdebatan antara mbk dg saudara mbk yang mau masuk kristian mudah2n bisa sangat membantu untuk setidaknya di tangkap oleh nalar/logika karena org Kristian bukan pakai Tauhid spt kita tetapi memakai Daya Nalar Logika, tuhan maha sempurna setiap pertanyaan pasti ada jwbannya untk itu saya mohon di tayang di KWA tentang hal tersebut oleh Mas Wisnu minta tolong soalnya saya blm bs eksis sekedar memberi pemahaman kepada mbk dewi sri tentang seputar logika dan nalar dari para ulama terdahulu. Terima kasih mas Wisnu atas perkenan untuk ditayang di KWA dan tabah ya mbk sri mudah2n saudara jauh mbk di tunjukan menjadi islam kembali.

DIALOG NASRANI TENTANG TUHAN

Pada Zaman Imam Abu Hanifah hiduplah seorang ilmuwan besar, atheis dari kalangan bangsa Romawi.
Pada suatu hari, Ilmuwan Atheis tersebut berniat untuk mengadu kemampuan berfikir dan keluasan ilmu dengan ulama-ulama Islam. Dia hendak menjatuhkan ulama Islam dengan beradu argumentasi. Setelah melihat sudah banyak manusia yang berkumpul di dalam masjid, orang kafir itu naik ke atas mimbar. Dia menantang siapa saja yang mau berdebat dengannya.

Dan diantara shaf-shaf masjid bangunlah seorang laki-laki muda, dialah Abu Hanifah dan ketika sudah berada dekat di depan mimbar, dia berkata : “Inilah saya, hendak bertukar fikiran dengan tuan”.
Mata Abu Hanifah berusaha untuk menguasai suasana, namun dia tetap merendahkan diri karena usianya yang masih muda.
Abu Hanifah berkata, “sekarang apa yang akan kita perdebatkan!”.

Ilmuwan kafir itu heran akan keberanian Abu Hanifah, dia lalu memulai pertanyaannya :

Atheis : Pada tahun berapakah Tuhan-mu dilahirkan dan Terlahir?
Abu Hanifah : Allah berfirman “Dia (Allah) tidak dilahirkan dan tidak pula melahirkan”.

Atheis : Masuk akalkah bila dikatakan bahwa Allah adalah yang pertama dan tidak ada sesuatu sebelum-Nya?, pada tahun berapa Dia ada?
Abu Hanifah : Dia (Allah) ada sebelum adanya sesuatu.

Atheis : Kami mohon diberikan contoh yang lebih masuk aqal ?
Abu Hanifah : Tahukah tuan tentang perhitungan?

Atheis : Ya.
Abu Hanifah : Angka berapa sebelum angka satu?

Atheis : Tidak ada angka (nol).
Abu Hanifah : Kalau sebelum angka satu tidak ada angka lain yang mendahuluinya, kenapa tuan heran kalau sebelum Allah Yang Maha satu yang hakiki tidak ada yang mendahului-Nya?

Atheis : Dimanakah Tuhan-mu berada sekarang?, sesuatu yang ada pasti ada tempatnya.
Abu Hanifah : Tahukah tuan bagaimana bentuk susu?, apakah di dalam susu itu keju?

Atheis : Ya, sudah tentu.
Abu Hanifah : Tolong perlihatkan kepadaku di mana, di bagian mana tempatnya keju itu sekarang?

Atheis : Tak ada tempat yang khusus. Keju itu menyeluruh meliputi dan bercampur dengan susu di seluruh bagian.
Abu Hanifah : Kalau keju makhluk itu tidak ada tempat khusus dalam susu tersebut, apakah layak tuan meminta kepadaku untuk menetapkan tempat Allah Ta’ala?, Dia tidak bertempat dan tidak ditempatkan!

Atheis :Tunjukkan kepada kami zat Tuhan-mu, apakah ia benda padat seperti besi, atau benda cair seperti air, atau menguap seperti gas?
Abu Hanifah : Pernahkan tuan mendampingi orang sakit yang akan meninggal?

Atheis :Ya, pernah.
Abu Hanifah : Sebelum ia meninggal, sebelumnya dia bisa berbicara dengan tuan dan menggerak-gerakan anggota tubuhnya. Lalu tiba-tiba diam tak bergerak, apa yang menimbulkan perubahan itu?

Atheis : Karena rohnya telah meninggalkan tubuhnya.
Abu Hanifah : Apakah waktu keluarnya roh itu tuan masih ada disana?

Atheis : Ya, masih ada.
Abu Hanifah: Ceritakanlah kepadaku, apakah rohnya itu benda padat seperti besi, atau cair seperti air atau menguap seperti gas?

Atheis : Entahlah, kami tidak tahu.
Abu Hanifah : Kalau tuan tidak boleh mengetahui bagaimana zat maupun bentuk roh yang hanya sebuah makhluk, bagaimana tuan boleh memaksaku untuk mengutarakan zat Allah Ta’ala?!!

Atheis : Ke arah manakah Allah sekarang menghadapkan wajahnya? Sebab segala sesuatu pasti mempunyai arah?
Abu Hanifah : Jika tuan menyalakan lampu di dalam gelap malam, ke arah manakah sinar lampu itu menghadap?

Atheis : Sinarnya menghadap ke seluruh arah dan penjuru.
Abu Hanifah : Kalau demikian halnya dengan lampu yang cuma buatan itu, bagaimana dengan Allah Ta’ala Pencipta langit dan bumi, sebab Dia nur cahaya langit dan bumi.

Atheis : Kalau ada orang masuk ke syurga itu ada awalnya, kenapa tidak ada akhirnya? Kenapa di syurga kekal selamanya?
Abu Hanifah : Perhitungan angka pun ada awalnya tetapi tidak ada akhirnya.

Atheis : Bagaimana kita boleh makan dan minum di syurga tanpa buang air kecil dan besar?
Abu Hanifah : Tuan sudah mempraktekkanya ketika tuan ada di perut ibu tuan. Hidup dan makan minum selama sembilan bulan, akan tetapi tidak pernah buang air kecil dan besar disana. Baru kita melakukan dua hajat tersebut setelah keluar beberapa saat ke dunia.

Atheis : Bagaimana kebaikan syurga akan bertambah dan tidak akan habis-habisnya jika dinafkahkan?
Abu Hanifah : Allah juga menciptakan sesuatu di dunia, yang bila dinafkahkan malah bertambah banyak, seperti ilmu. Semakin diberikan (disebarkan) ilmu kita semakin berkembang (bertambah) dan tidak berkurang.

“Ya! kalau segala sesuatu sudah ditakdirkan sebelum diciptakan, apa yang sedang Allah kerjakan sekarang?” tanya Atheis.
“Tuan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dari atas mimbar, sedangkan saya menjawabnya dari atas lantai. Maka untuk menjawab pertanyaan tuan, saya mohon tuan turun dari atas mimbar dan saya akan menjawabnya di tempat tuan”, pinta Abu Hanifah.

Ilmuwan kafir itu turun dari mimbarnya, dan Abu Hanifah naik di atas.

“Baiklah, sekarang saya akan menjawab pertanyaan tuan. Tuan bertanya apa pekerjaan Allah sekarang?”.
Ilmuwan kafir mengangguk.
“Ada pekerjaan-Nya yang dijelaskan dan ada pula yang tidak dijelaskan. Pekerjaan-Nya sekarang ialah bahwa apabila di atas mimbar sedang berdiri seorang kafir yang tidak hak seperti tuan, Dia akan menurunkannya seperti sekarang, sedangkan apabila ada seorang mukmin di lantai yang berhak, dengan segera itu pula Dia akan mengangkatnya ke atas mimbar, demikian pekerjaan Allah setiap waktu”.

Para hadirin puas dengan jawapan yang diberikan oleh Abu Hanifah dan begitu pula dengan ilmuwan besar atheis tersebut dia mengakui kecerdikan dan keluasan ilmu yang dimiliki Abu Hanifah.

diterjemahan : Al-Qasd Al Mu-jarrad Fi Makrifati al-ism Al-Mufrad
Karya Ibnu Athailah Al-sakandary Terbitan Maktabah Mabduli,2002 M. @@@

Categories: >>PERPUSTAKAAN UTAMA | 220 Komentar

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.