HANYA ADA TUHAN


Aku mohon perlindungan-Mu,…. duh Gusti Allah dari sifat-sifat yang terkutuk dan menyesatkan…

Salam sejahtera,
Semoga semua makhluk berbahagia
Assalamualaikum Wr..Wb,

Jalan untuk bertemu Tuhan adalah jalan kemuliaan yang terangnya melebihi tujuh triliun sinar matahari. Namun di jalan itu terselubung penghalang, tirai, hijab yang tebalnya melebihi tujuh triliun tubuh matahari pula. Itu adalah jalan penaklukan keinginan yang luar biasa banyaknya. Bila tidak dibantu oleh Sang Konseptor Kehidupan ini (Tuhan) dijamin tidak mungkin kita dan semua makhluk mampu untuk menemui-Nya. Beruntunglah, Tuhan tidak pelit untuk menampakkan diri-Nya. Dia siap untuk membuka diri bagi mereka yang rindu perjumpaan.

Perjalanan untuk bertemu dengan Tuhan memerlukan proses, tahapan, tingkatan. Ini bertujuan agar manusia memiliki kesiapan mental, kesadaran dan pengetahuan sehingga mampu untuk melangkah ke tingkat-tingkat selanjutnya. Berikut akan aku paparkan proses yang kulalui untuk bertemu Tuhan. Karena urusan Ketuhanan sangat subyektif maka di sini tidak ada bahasa obyektif. Bila ada kesalahan itu semata-mata oleh kebodohan saya, dan bila ada benarnya itu semua karena hidayah dan petunjuk dari Tuhan.

Proses awal untuk bertemu Tuhan adalah memiliki niat untuk bertemu Tuhan. Ibarat engkau ingin bertemu dengan kekasih, maka pertama engkau harus memiliki niat awal dan memelihara niat itu seterusnya. Niat itu haruslah niat yang mantap, konsisten, tidak berubah-ubah. Tinggalkan niat-niat lain yang sifatnya sementara dan temporer. Engkau harus percaya bahwa memiliki niat untuk bertemu dengan Tuhan berarti memiliki niat untuk bertemu dengan Sumber dari Segala Sumber Hidup. Apabila niat sudah ditancapkan dalam hati, Tuhan tidak tinggal diam. Dia akan memberi petunjuk dan jalan yang harus dilalui oleh manusia. Satu petunjuk diberikan, manusia harus bersyukur dan selanjutnya dia perlu meneguhkan niat kedua untuk menjalani perjalanan selanjutnya. Perjalanan masih sangat sangat sangat panjang.

Apa tujuan untuk bertemu dengan Tuhan? Ingin sakti? Ingin memperoleh mukjizat? Ingin kebahagiaan? Ingin kekayaan? Ingin berkuasa melebihi kekuasaan yang dimiliki orang lain? Ingin keselamatan dunia dan akhirat? Ingin hidup kekal dan abadi? Ingin mencintai-Nya secara tulus? Itu semua adalah keinginan-keinginan yang biasanya hadir pada diri engkau sebagai manusia.

Bila tujuan engkau bertemu Tuhan masih diseputar keinginan-keinginan tersebut, Tuhan tidak mungkin ditemukan. Semua keingian di atas adalah hijab/tirai/penghalang yang mengganggu perjalanan. Menetapkan tujuan untuk bertemu dengan Tuhan sangat sulit untuk dijelaskan, sebab menetapkan tujuan membutuhkan pemurnian kehendak-kehendak manusia yang cenderung kotor, egois dan hanya untuk kepentingan sementara yang ujung-ujungnya sangat sepele dan iseng.

Menetapkan tujuan oleh karenanya membutuhkan pengetahuan. Pengetahuan itu diolah dengan pikiran, rasa, pancaindera yang tuntas dan total. Pengetahuan untuk menghayati darimana manusia berasal, dimana dia sekarang dan kemana engkau akan pergi. Pengetahuan tentang agama cukup penting untuk menetapkan tujuan bertemu Tuhan sebab agama menawarkan keluasan pengetahuan tentang hal-hal yang ghaib. Namun pengetahuan agama saja tanpa dihayati dan dijalani dengan sepenuh hati juga sia-sia karena bisa terjebak pada dogmatisme yang sempit. Bila diperkenankan oleh Tuhan, pada kesempatan kali ini saya ingin mengatakan kepada Pembaca yang Budiman bahwa tujuan untuk bertemu dengan Tuhan adalah “tidak ada tujuannya” kecuali untuk pertemuan itu sendiri. Bukan karena dilatarbelakangi oleh embel-embel keinginan apapun karena saat muncul keinginan di situ jebakan nafsu akan terjadi.

Bila tujuan untuk bertemu Tuhan sudah diketahui, sampailah engkau di tahap berikutnya yaitu memulai perjalanan. Daya-daya kemanusiaan yang sudah mulai hidup, kemudian dijalankan. Ada beragam cara untuk memulai perjalanan. Engkau perlu menjalani syariat agama sesuai dengan keyakinan terdalam di hati. Syariat adalah rambu-rambu/hukum boleh tidak boleh/ halal haram dan seterusnya. Namun, engkau boleh memiliki cara lain memulai perjalanan. Misalnya, engkau belum mengenal agama atau engkau tidak percaya lembaga-lembaga formal keagamaan karena merasa terhegemoni kebebasanmu untuk mencari dan mengekspresikan diri secara total, maka engkau boleh tidak memakai agama apapun.

Yang perlu engkau lakukan adalah memiliki cara otentik yang sesuai dengan jati dirimu. Perlu diketahui bahwa Tuhan Maha Suci, Maha Besar, Maha Segala Maha… tidak seperti manusia yang memiliki kesempitan pandangan dan keyakinan. Sehingga tidak pada tempatnya untuk menyalahkan dan memberi stempel dan cap kepada mereka yang tidak menggunakan cara-cara agama untuk bertemu dengan Tuhan. Sama dengan perjalanan menuju tempat dan waktu tertentu, maka perjalanan bertemu dengan Tuhan membutuhkan bekal. Bahkan bekalnya tidak sulit ditemui karena hanya perlu hati yang ikhlas dan sabar. Ikhlas dan sabar mudah diucapkan tapi sulit dilaksanakan bila belum sampai pada tahap spiritual selanjutnya.

Perjalanan untuk bertemu Tuhan bukanlah perjalanan meninggalkan dunia, meninggalkan keramaian, meninggalkan isteri dan anak. Perjalanan bertemu Tuhan adalah perjalanan hidupmu dan hidupku sehari-hari, mengarahkan tujuan dan menjalaninya sesuai dengan tahapan-tahapan perjalanan. Bila perjalanan kita masih sampai di dunia, ya berarti kita mengolahnya agar tujuan yang ditetapkan tidak salah arah. Dunia ini adalah terminal sementara untuk kemudian berlanjut ke perjalanan akhirat. Sebelum di dunia, kita berada di alam ruhani yang lain. Itulah sebabnya, alam dunia ini ruhani kita diberi tempat yang berupa jasad atau tubuh kita. Saat kita lahir di dunia, ruh itu ditiupkan Tuhan untuk kemudian menghuni rumah yaitu jasad. Umur jasad tidak lama dan ruh kemudian secara otomatis mengembara ke alam lain yang ghaib, yang tidak kasat mata, yang halusnya tidak bisa diraba. Namun bisa dirasakan keberadaannya dengan hati nurani yang hidup. Insya Allah…

Salah satu alat ruh untuk berkomunikasi dengan ruh-ruh yang lain adalah dengan kesadaran. Kesadaran yang hidup oleh pemberian dan karunia Tuhan. Tanpa ijin Tuhan, ruhmu dan ruhku tidak mampu untuk berbuat banyak untuk menimbang dan menilai apapun yang ada di semesta ini. Alam ruh adalah alam yang tiada batas, alam yang tidak mampu dirangkum lagi oleh keterbatasan ruang dan waktu, Alam ruh adalah alam yang tanpa dimensi lagi, alam yang tidak mampu dibahasakan lagi oleh otak dan pikiranku yang terbatas sebab ruh itu dalam genggaman-Nya.

Perjalanan hidup adalah perjalanan untuk bertemu dengan Tuhan. Rahasia demi rahasia pun terungkap satu demi satu. Kita menemukan makna dan makna itu memberikan kemanfaatan buat perjalanan hidup yang kekal. Tidak hanya kemanfaatan bagi hidupku, namun kemanfaatan bagi hidupmu, hidup semua ruh dan semua kekasih Tuhan. Aku ada demi engkau, demi mereka, demi alam semesta ciptaan Tuhan.

Akhirnya kita sampai pada akhir perjalanan bertemu Tuhan. Perjalanan itu ternyata perjalanan ruhani berakhir ke satu titik. Konsentrasi ke satu pusat pandangan namun menyebar seluruh titik di alam semesta. Tidak ada kau, tidak ada mereka, tidak ada aku dan tidak ada semuanya! SEMUANYA TIDAK ADA….

Ya Allah, aku tersungkur

Ya Allah, aku tidak merasakan apa-apa

Ya Allah, aku tidak ada

Ya Allah, mereka tidak ada

Ya Allah, semuanya tidak ada

Tidak ada apa-apa …

ALLAH, ALLAH, ALLAH…….KAU, KAU, KAU

21 Mei 2009
Wong Alus

Categories: HANYA ADA TUHAN | 23 Komentar

Navigasi pos

23 thoughts on “HANYA ADA TUHAN

  1. pamuji rahayu..

    kangmas wong alus…, saya mau nyanyi lagu ebiet G.Ade..hehehee..boleh yaaa.,

    ” Kita musti telanjang dan benar benar bersih.., suci lahir dan didalam bathin.., tengoklah kedalam ……, dst.
    dah dulu ya kangmas … suara saya jadi serak, cethak keterjang nafas sastra cetha., hehehehe.., Suwung Gung Liwang liwung awang uwung…,
    matur sembah nuwun kangmas…

    salam sihkatresnan

    rahayu..,

  2. Matur sembah nuwun ugi kagem panjenengan Mas Hadi Wirojati ingkang sampun pinarak ing gubuk cubluk meniko.
    Ya, menengok ke dalam– revolusi diri– revolusi keakuan memang harus dilakukan untuk mencapai kemuliaan. Kemuliaan untuk hidup bagi sesama setelah keakuan kita hilang tak berbekas…

    Rahayu dan damai buat panjenengan sekeluarga.
    wong alus

  3. Salam….

    Hai manusia anak bangsa, makhluk Tuhan sempurna……….
    Luangkanlah sedikit waktumu dari kesenangan dunia yang sudah dinikmati……
    Renungkanlah makna hidupmu kini…………..
    Apakah usiamu hanya untuk kesenangan dunia saja ?…….
    Dimana dunia ini tidak kekal …………………….….
    Tidak lama lagi akan binasa …………………………
    Kiamat sudah dekat,…………………….. sudahkah kau benahi dirimu ?

    Untuk hidup di keabadian sejati
    Segeralah kembali pada Tuhan Allah mu
    Yang sudah memberi banyak kenikmatan baik lahir maupun bathin
    Sejak usia mu nol bulan sampai kini
    Ingatlah kau bisa seperti ini karena kasih sayang Tuhan
    Bukan karena makhluk ciptaannya
    Tuhan sudah begitu banyak memberi apa saja pada mu
    Tetapi coba lihat kedalam hatimu, cari disana dan tanyakan apa yang sudah kau beri untuk Tuhan sang pencipta
    Apakah dihatimu ada banyak isinya, yaitu selain Tuhan diantaranya Kekasih, Pangkat, Jabatan, Kedudukan, Iri, Dengki, Egois, Amarah, Nafsu, Dendam, Rasa Takut, Cemas, Harta benda.
    Sayang sekali, jika roh manusia diisi oleh hal hal tersebut, maka hidupnya akan sia sia dan merugi dihadapan Tuhan
    Manusia ini hanya akan mendapatkan dunia yang akan membuatnya binasa di akhirat nanti
    Alangkah ruginya ia ketika di akhirat nanti Tuhan mengatakan : AKU TIDAK MENGENAL MU !!!
    Sebelum penyesalanmu terlambat, mari hai manusia kita kembali mengenal Tuhan yang Maha Kasih dan sayang yang telah memberi peringatan padamu untuk segera ber tobat yang sungguh sungguh, mari kenali dirimu maka kau akan mengenal Tuhan , ALLAH mu
    Kenali dirimu yang terdiri dari jiwa raga dan roh didalam ragamu terdapat banyak unsur senyawa senyawa zat Tuhan yang membuat dirimu hidup
    Tuhan memberi naluri kasih yang sama pada setiap manusia ketika ia baru lahir
    Seiring berjalannya waktu jiwa, raga manusia lebih dominan maka roh menjadi tak berarti
    Sesungguhnya roh sebelum dimasukkan dalam janin , ia diminta untuk kembali pada Tuhan karena jiwa, raga menduakan Tuhan
    Itu manusia
    Ketampanan, kecantikan, pangkat, jabatan, kekayaan, kepandaian, janganlah membuatmu angkuh, semua tak berarti jika hatimu tidak mengenal dirimu, apalagi mengenal Tuhanmu.
    Hai sahabat
    Segeralah kenali dirimu sebelum ajal menjemput

    Salam……..

    Mknr

    Salam ………

    UNTUKMU SAHABAT

    Kenikmatan telah tampak dihadapanmu, sahabat…

    Puji syukur telah kita panjatkan…

    Lantunan dzikir telah kita kumandangkan…

    Silaturahmi telah terjalin, persaudaraan semakin erat…

    Perisai diri telah ditanamkan…

    Beragam petualangan telah dialami…

    Firman-firman telah dituangkan…

    Rambu-rambu telah diberikan…

    Kebesaran Allah telah diperlihatkan…

    Ketetapan telah disyahkan…

    Sarana dan prasarana telah diperuntukkan…

    Sahabat…

    Pengorbananmu begitu besar…

    Kau tanggalkan kenikmatan dunia…

    Untuk meraih cinta Allah…

    Ternyata…

    Tak mudah untuk meraihnya… sahabat…

    Kalian dihujat, kalian dihina dan kalian dikucilkan…

    Dahi kalian mengerut, hati kalian berkata ragu…

    Tuhan… benarkah jalan yang kami tempuh…

    Seiring bergulirnya waktu, akhirnya sahabat menyadari…

    Inilah jalan lurus, yaitu jalan untuk menjadi kekasih Allah…

    Hujatan, hinaan, tidak menggoyahkan keyakinan para sahabat…

    Pancaran kebahagiaan telah terlihat dari wajah para sahabat…

    Berbekal keyakinan dan keikhlasan pada Allahurobi…

    Para sahabat siap menjalankan amanah yang Allah titipkan…

    Kata demi kata yang telah sahabat simak, adalah ungkapan…

    Rasa kasih sayang dan ucapan terima kasih kami padamu sahabat…

    SM

  4. pak Damar sahabatku.

    dibalik semua peristiwa yang ada dibumi ini,kita harus percaya bahwa Tuhan mempunyai rencana yg terbaik bagi kita.

    waspadalah,jangan sampai kita disesatkan.Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama Nya.dan berkata,”Akulah Dia”dan”Saatnya sudah dekat…..”

    sering kali iman seseorang dipenuhi pertimbangan dan alasan2 yang irasional dan kurang logis.ingatlah “hanya ada satu Tuhan”

    salam sejati.

  5. Buat Yang Kung
    Artikel di atas ditulis saat kami dalam kondisi trance atau KEGILAAN pasca meditasi. Kegilaan karena rindu akan perjumpaan dengan Gusti Kang Murbeng Jagad.
    “Kesadaran Mahatinggi berada di dalam dirimu seperti mentega ada di dalam susu, olah pikiranmu melalui meditasi dan Dia akan muncul – dan kau akan melihat bahwa pantulan sinar Kesadaran Mahatinggi menerangi seluruh kedalaman dirimu. Bagimu Dia bagaikan sungai di bawah tanah. Singkirkanlah pasir pikiranmu dan kau akan menemukan air jernih dan sejuk di dalamnya.”
    Bila kerinduan sudah sedemikian menggumpal, ya kami bisanya hanya menulis di blog hehe…
    Tapi saat kembali ke alam mayapada ini, pasti kami kembali menjadi rasional dan logis kembali. Matur nuwun atas sasanti dan wewarah Yang Kung yang bijaksana.

    Salam

  6. Salam ….
    Hai manusia, tahukah engkau…….?
    TUHAN selalu melimpahkan kasih sayang-NYA padamu……
    Sejak dari segumpal darah hingga menjadi manusia utuh…….
    Berapa banyak karunia nikmat yang sudah kau nikmati….
    Berapa banyak naluri yang sudah kau dapatkan ……..
    Sejak kau dilahirkan, TUHAN sudah memberi naluri padamu…….
    Naluri menyusu, merasakan sakit,rasa takut.bahagia…..
    Kau mulai mengenal keluarga dan lingkungan……..
    Kau mulai merangkak berjalan, berlari ……
    Tubuhmu terus bertambah besar, kepandaianpun bertambah
    Sang orang tua bangga dengan anaknya….
    Sang anak dijejali hal keduniaan, TUHAN diabaikan……
    Manusia semakin lupa akan kasih sayang TUHAN….
    Manusia selalu mengaku-ngaku dirinya pandai…..
    Semua menyanjung dan menghormatinya, ia menjadi sombong….
    Ia angkuh dan berani menghujat, menghina sesama manusia…..
    Ia tidak menyadari kepandaiannya dari TUHAN…..
    Hai manusia,………….
    Sudahi kesombonganmu, keangkuhanmu……
    Kenali dirimu, cintai TUHAN-mu….
    Jadilah manusia yang selalu bersyukur……
    Bukalah hatimu, isilah hatimu dengan menyeru TUHAN-mu….
    TUHAN yang telah menghidupkanmu……
    TUHAN yang telah setia menemanimu dikala suka dan duka….
    TUHAN yang telah menyelamatkanmu dari kesulitan dan kemungkaran…
    TUHAN yang telah menuntun dan membimbingmu dijalan kebajikan….
    TUHAN yang akan menyelamatkanmu dari siksa api neraka…..
    Hai manusia…………!!!
    Bukalah hatimu, dan izinkan TUHAN bersemayam didalamnya…..
    Buanglah yang selain TUHAN dari hatimu, penuhi hatimu dengan kasih sayang TUHAN
    Maka manusia akan selamat dunia dan akhirat…..
    ~SM~

  7. wongalus

    Mas MKNR terima kasih atas puisi sufistik yang menggairahkan ruhani.
    Salam kasih sayang dan keselamatan dunia akhirat buat Panjenengan…

  8. Salam
    Saudara-saudara sejati yang rindu akan ALLAH……
    Tidak ada maksud di hati untuk menggurui, atau sombong atau angkuh atas karya-karya syair yang sudah di keluarkan oleh MKNR, tetapi murni atas ijin ALLAH karya itu tercipta untuk sekedar mengingatkan dan mengembalikan ketauhidan,keyakinan iman manusia yang sudah mulai pudar.
    Kita sama-sama tahu keimanan manusia kini sudah sangat jauh dari yang namanya mengenal apalagi dekat dengan ALLAH.
    Pemuka – pemuka agama sudah tidak lagi murni syiar karena ALLAH, Sehingga umat manusia kini pun semakin terasa jauh dari ALLAH.
    Manusia kini banyak yang selalu menyeru dan dengan ringannya selalu bersumpah dengan nama ALLAH, tetapi sesungguhnya Ia tidak mengenal ALLAH.
    Saudara-saudara sejati…..
    Mari kita sama-sama mengembalikan keimanan, mari kita dekatkan hati dan kenali diri kita sebelum kita mengenal ALLAH…..
    Kita harus mulai melakukan pembenahan dimulai dari diri sendiri , lalu keluargamu.
    Bersihkan dahulu hatimu dari sifat-sifat buruk manusia, mintalah pada ALLAH untuk diambil sifat-sifat buruk kita sebagai manusia, karena sifat-sifat buruk manusia selalu dipenuhi oleh hawa nafsu yang akan membuatmu jauh dari ALLAH.
    Saudara-saudara sejati yang cinta akan ALLAH….
    Mari kita sama-sama berdoa , memohon pada ALLAH untuk keselamatan umat manusia di muka bumi ini, untuk di bukakan hatinya agar mereka cinta pada ALLAH , bukan cinta kepada makhluk ciptaan-NYA….

    Terima kasih

    Sahabat-sahabat….
    Kita harus banyak-banyak bersyukur atas karunia nikmat berlimpah yang sudah kita nikmati betapa ALLAH Maha Pengasih dan Penyayang, cobalah sejenak renungkan dan ajak berdamai “hati nurani” kita yang paling dalam agar kita tidak saling menghujat menyakiti sesama apalagi sampai menghina Tuhan yang telah menciptakan kita dengan sempurna, dan kasih-NYA yang selalu memberi rejeki yang tak terbatas pada manusia…
    “DAMAI DI HATI” itu indah dan akan membawa kedamaian dimanapun kita berada.
    Salam mknr

  9. wongalus

    Kunci yang panjenengan sebut: Syukur harusnya menjadi energi terbesar hidup kita semua, mas. Terima kasih.

  10. KangBoed

    hmm.. andai mereka mengerti dan menyadari… mulai masuk kedalam DIRI… mengolah hati nurani dalam penyerahan diri total kepadaNYA dengan tiket Laa Hwalla Walla Quwata… masuk dalam sebenar benar diri yang tiada berdaya apa apa… memperhalus frekwensi batiniah… subhanallaaaaah… sesuatu yang besar terjadi tanpa kita berusaha… Kesadaran Batiniah membungkus Kesadaran Lahiriah…. ruaaaar biasaaa.. sesuatu yang sulit menjadi mudah… itulah NILAI POKOK dari UBUDIYAH yang terlupakan sekarang ini..
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Hormat
    Salam Rindu untukmu..

  11. Terima kasih sekali lagi buat sedulurku kang boed. Bila diri ini sudah diserahkan total semuanya, berarti kita sudah tidak terbebani lagi ya kang boed? Soalnya tubuh, jiwa, ruh ini adalah milik-Nya. Penyerahan diri secara total dengan ikhlas, adalah tujuan kita. wass…

  12. Annie Soehardjo

    Mas Wongalus,
    Nulis tentang “SUWUNG” dong..

  13. wongalus

    Terima kasih Mbak, sarannya. Ditunggu nggih. Semoga kita tetap suwung dunia akhirat dalam lindungan Tuhan YME.

  14. KangBoed

    Ketika kita mengakui ketiada berdayaan.. sudah serahkan sepenuhnya kepada YANG MAHA BERDAYA.. ketika berkata tidak mampu tersungkurlah dalam ketidak mampuan sebenar benarnya.. Maka Yang Maha Mampu akan bekerja.. karena DIA.. untuk DIA.. oleh DIA.. bagi DIA..
    Salam Sayang Saudaraku mas Wong Alus

  15. assalaamu alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.
    ketika jalan itu sudah kita temikan, ternyata tak ada satupun rintangan atau halangan yang kita temui.
    jalan itu benar-benar lurus dan terang benderang.
    semoga engkaupun dapat segera menemukan jalan itu, amin.
    salam kenal,
    Syaifu ‘L Kariem

  16. wassalam. Salam kenal nggih mas syaifu’l kariem.
    Trims mas, doa-nya. Semoga saya dan semua pengunjung blog, semua manusia dan semua makhuk baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia akhirnya menemukan jalan lurus tersebut. Amin!!!

  17. Nur92

    “Semua yang ada di bumi itu akan binasa”
    “Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan”
    (Ar Rahmaan 26-27)
    LAA ILAAHA ILLALLOOH MUHAMMADURROSUULULLOOH

    Bacalah!!!!

    Aku mencintai orang2 yang mencintai DIA

    Ayat itu adalah kunci
    Dari DIA
    Bagi umat Sayyidina MUHAMMAD SAW
    Bagi yang menginginkan melenyapkan sifat2 kemanusiaan
    Bagi yang menginginkan Ketentraman jiwa
    Sifat2 kemanusiaan akan lenyap
    NUR MUHAMMAD akan menguasai dirimu di semua gerak dan diammu!
    Jangan kau ceritakan pada siapa pun setelah kau dapatkan
    Kau akan mendapatkan apa yang telah didapat oleh hamba DIA yang telah mendapatkan rahasia Ayat Ar Rohman 26-27

  18. banteni

    tanpa suara tanpa huruf…

  19. Azzie Iskandar

    alhamdulillah

  20. Fase perjalanan menuju kehadhirat-Nya melalui liku-liku bathin yang sangat panjang. Hanya saja cara yang mudah dalam mengenal dan bertemu dengan-Nya melalui perenungan diri siapa kita sebenarnya. Lewat kotemplasi ini akan menemukan hakekat penciptaan kita yang menuju ke wajah-Nya.
    Maaf bila salah-salah kata, maklum masih belajar.

  21. ass…… maturnuwun ikutan….mau nyayi lagu ebit…TUHAN ADA DIMANA….DIDALAM JIWA INI BERUSAHALAH AGAR DIA TERSENYUM….BERUSAHALAH AGAR DIA TERSENYUM……..

  22. raden arto

    rahasia cara mudah menyelesaikan hutang,bg pengusaha atau sedulur yg punya hutang menumpuk
    temukan rahasianya,
    radenarto@yahoo.co.id

  23. Muh. Taslim BH

    Assalaamu alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.
    Mohon ijin mengamalkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: