MAKNA PENGABDIAN PADA NUSA BANGSA


bendera

Yogyanira kang para prajurit Lamun bias sira anulada Duk inguni caritane Andenira Sang Prabu Sasrabhu ing Maespati Aran Patih Suwanda Lelabuhanipun Kang ginelung tri pakara Guna kaya purun ingkang den antepi Nuhoni trah utama Lire lelabuhan tri prakawis Guna bias saniskareng karya Budi dadya nanggule Kaya sayektinipun Du Bantu prang Magada Nagri Amboyong putrid dhomas Katur ratunipun Purune sampun tetela Aprang tandhing lan ditya Ngalengka nagri Suwanda mati ngrana

Terjemahan:

Seyogyanya wahai prajurit Tirulah sebisa-bisanya Cerita di zaman dulu, Yakni tangan kanan Sang Prabu Sasrabahu di Maespati Yang bernama Patih Suwanda Bekal pengabdiannya Meliputi tiga hal Guna, kaya dan purun yang selalu dipegang Sebagai seorang manusia utama Adapun ketiga bekal pengabdian itu GUNA berarti serba bisa Berusaha untuk selalu berhasil (memenangkan Negara/menjunjung tinggi negara) KAYA sesungguhnya Ketika menjadi panglima perang Melawan Negeri Magada Ia sukses memboyong putri domas (kejayaan bangsa) Kemudian dihaturkan kepada rajanya PURUN, ketika bertempur melawan raksasa Alengka Suwanda (berani mempertaruhkan nyawa) gugur di medan laga

Serat Tripama karya
Sri Mangkunegara  IV

Categories: PENGABDIAN NUSA BANGSA | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “MAKNA PENGABDIAN PADA NUSA BANGSA

  1. abu amili

    Merdeka….merdeka, Dirgahayu RI ke 64, semoga dengan semangat Tri perjuangan dibumi pertiwi bagi prajurit2 dan pendahulu kita,jayalah Indonesiaku, Negeri yang slalu damai sentosa…..dan para prajurit dan Pahlawan Negeriini mendapat tempat yang layak di sisi-NYA …Amiin.

  2. wah ki…nyuwun ngapunten itu yg ke 64 bukan yg ke 44 spt pd tuliasn dibendera……nuwun

  3. Nuwun atas koreksinya kadang Mas Tono. Wah tadi ngupreknya di photoshop sambil ngelindur ki. Lupa dan lalai bukti manusia. Dan ternyata saya masih manusia dengan sifat-sifat inheren ketolonan tersebut… bukan wongalus seperti yang saya kira… hehehe… Rahayu dan Salam sih katresnan.

  4. dBo

    Pepeling yang Tepat-Guna… Karena Tepat-Sikon…

    Serat Tripama…Guna..Kaya…Purun..,
    TIGABERAKUMULASI..,TIGABERPADU..,

    MAKNA PENGABDIAN PADA NUSA BANGSA…..
    Tepat-Guna..,Tepat-Sikon..,

    MANA…”INDONESIA-RAYA”..?!?
    MANA…”PENGABDIAN PADA NUSA-BANGSA-NEGARA”..?!?

    DELAPAN WINDU SUDAH…KITA MERDEKA…
    NAMUN TERNYATA…
    NEGERI TERCINTA KITA…MAKIN PORAK-PORANDA…

    ADA APA..,ADA SIAPA..,SIAPA MEREKA..?!?
    MAKSUDNYA APA..,MAUNYA APA..?!?
    NEGERI/TANAH TUMPAH DARAH MEREKA…DIMANA..?!?

    TRIWIKRAMA-BUDAYA…
    SIAP MEMPERTAHANKAN KEMURNIAN DAN KEUTUHAN ‘NKRI’…

  5. wongalus

    Pangeling eling dan sekaligus teriakan tegas dari Yth Mas/Kyai sepuh dBo ini hendaknya kita jadikan tonggak kebangkitan kita untuk bersemangat membangun negara/bangsa, membangun diri sendiri, membangun peradaban menjadi lebih baik. Terima kasih ki. Rahayu

  6. abu amili

    Yth Ki Wongalus
    iya ..iya ki koreksi dari sahabat ki M4stono, kealpaannya Hut RI ke 44, sya yakin ki….lagi suwung….jadi saking suwungnya sampai Alpa ,kadang2 hari dan tanggal saja lupa …haa….haaa

    Mohon izin ki atas penegasan saya, lanjut ….salam alus sejati

  7. wongalus

    Yth Mas Abu Amili yg waskita. Memang antara suwung dan kelupaan bedanya tipis. Persamaannya banyak: sama-sama di wilayah Tuhan meskipun kadar nilainya jelas beda. Namun kalau suwung akibat dari sebuah proses penghayatan spiritual, klau kelupaan akibat dari adanya lemahnya alias lemotnya memori di otak hehe… Matur nuwun dan monggo mas Abu. Salam sih katresnan..

  8. numpang nimbrung salam kenal dari saya yg bau tanah.

    mas, ada benarnya memang ditulisnya dirgahayu kemerdekaan ke-44 krn kita dlm beberapa hal segi kemajuan ketinggalan 20 tahun dibanding negara lain.

    semoga kita semua dapat menemukan arti merah putih yg ada didalam diri kita. saya mohon ijin kepada rekan2 utk menyampaikan sisi lain dari arti merah putih bagi saya.

    MERAH ITU DARAH !
    PUTIH ITU TULANG !

    SEMOGA REKAN2 BERHASIL MENEMUKAN HIKMAH DIBALIK DARAH & TULANGNYA SEHINGGA DAPAT MENEMUKAN JATI DIRINYA SERTA KEKUATAN YG YG BERADA DIBALIKNYA, YG SELALU MEMBIMBING KEJALAN YG BENAR SESUAI DENGAN GARIS TANGANNYA.

    ITULAH YG DIPEGANG OLEH NENEK MOYANG KITA PADA SAAT MENEMUKAN BENDERA APA YG AKAN DIGUNAKAN PADA SAAT BERJUANG SEHINGGA TERCAPAI MASA KEJAYAAN, BEGITU PULA KEHANCURAN YG TERJADI PADA NENEK MOYANG KITA SAAT MEREKA MELUPAKAN MERAH PUTIH YG MEREKA YAKINI.

    MERDEKA !
    MERDEKA DARI BELENGGU PIKIRAN DAN BEBAN HIMPITAN AKIBAT TINGKAH LAKU DAN BERBUATAN KITA SENDIRI.

    MERDEKA !
    MERDEKA KARENA KITA SUDAH MENEMUKAN JALAN SESUAI DENGAN GARIS TANGAN KITA SENDIRI.

    MERDEKA !
    MERDEKA KARENA KITA SUDAH BISA MENERIMA DAN DITERIMA DIMANAPUN KITA BERADA, SEHINGGA KITA BISA DITERIMA DISISINYA.

    SALAM MERDEKA UNTUK KITA SEMUA.

    TERIMA KASIH

    BAU TANAH DI ATAS LAUT WILAYAH MANADO JAM 23.10 WITA MENUNGGU FAJAR IKUT DALAM PERAYAAN KEMERDEKAAN. PEMECAHAN REKOR DUNIA MENYELAM DAN UPACARA 17-an DIBAWAH AIR.

    JAYALAH MERAH PUTIHKU.

  9. semoga pegawai negeri di negeri ini bisa memahami dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya bahwa mereka semua adalah mengabdi pada nusa dan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: