EMPAT PENDEKAR GAIB SUNAN KALIJAGA


Siang dan malam keempat pendekar gaib ini setia menunggu kita. Saat genting dan bahaya, dia menyeret kita ke tempat yang aman. Saudara penjaga gaib ini bukan jin bukan pula gendruwo.

Semakin lama belajar ajaran-ajaran leluhur Jawa, kita akan semakin terkagum-kagum pada para nenek moyang. Ilmu yang mereka ajarkan tidak bertentangan dengan agama, bahkan sesuai dan memperkaya pemahaman agama yang kita anut.

Sayangnya banyak yang masih memandang sebelah mata ajaran para leluhur Jawa ini. Bahkan ada yang menuduhnya sebagai syirik, khurofat dan takhayul. Para penuduh ini mungkin lupa, bahwa ajaran Jawa disampaikan secara sederhana agar mudah dipahami orang Jawa. Memang, para leluhur kita kadang tidak fasih melafalkan kata-kata Arab. Para leluhur ini juga orang yang masih gagap iptek. Namun, jangan salah sangka dulu.

Dari segi kebijaksanaan, ngelmu batin dan olah rasa para nenek moyang kita dulu bisa diandalkan. Mereka adalah para waskita yang mampu membangun candi Borobudur, Prambanan dan mampu membuat sebuah bangunan dengan ketepatan geometris dan geologis. Tidak kalah oleh nenek moyang bangsa Mesir yang mampu membangun piramida, atau nenek moyang suku Inca, bangsa Peru yang bisa membangun Manchu Picchu.

Saat agama Islam masuk ke nusantara, sementara di Jawa saat itu sudah berkembang agama Hindu, Budha dan berbagai kepercayaan animisme, dinamisme, politeisme. Islam melebur secara pelan dan damai, berasimilasi serta berosmosis tanpa pertumpahan darah. Islam agama damai dan tidak memaksa. Orang Jawa bersifat pasrah, sumeleh, sumarah, ikhlas dan mengandalkan rasa pangrasa. Jadi? Klop sudah!

Bagi orang Jawa, masuknya Agama Islam yang kaya dengan aspek kebatinan (tasawuf) sangatlah tepat. Orang Jawa pun tidak kebingungan dengan ajaran-ajaran mistik yang ada di dalamnya. Namun orang Jawa berhasil menyederhanakan ajaran-ajaran mistik ini dengan terminologi dan kalimat-kalimat sederhana dan mudah dimengerti. Harap maklum saja, orang Jawa dulu mayoritas hidup di pedesaan yang sederhana dan tidak banyak berwacana ilmiah.

Salah satu ajaran Kejawen yang membahas tentang adanya malaikat pendamping hidup manusia adalah SEDULUR PAPAT LIMO PANCER. Pancer adalah tonggak hidup manusia yaitu dirinya sendiri. Diri kita dikelilingi oleh empat makhluk gaib yang tidak kasat mata (metafisik). Mereka adalah saudara yang setia menemani hidup kita. Mulai dilahirkan di dunia hingga kita nanti meninggal dunia menuju alam barzakh (alam kelanggengan).

Sebelum hadirnya agama Islam, orang Jawa tidak memahami konsep malaikat. Maka mereka menyebut malaikat penjaga manusia dengan sedulur papat. Konsep “sedulur papat” ini oleh orang Jawa ditamsilkan melalui sebuah pengamatan/niteni.

Mulai saat janin tumbuh di perut ibu, janin dilindungi di dalam rahim oleh ketuban. Selanjutnya adalah ari-ari, darah dan pusar. Itulah saudara manusia sejak awal dia hidup dan selanjutnya “empat saudara” ini kemudian dikubur. Namun orang Jawa Percaya bahwa “empat saudara” ini tetap menemani diri manusia hingga ke liang lahat.

Karena Air Ketuban adalah yang pertama kali keluar saat ibu melahirkan, orang Jawa menyebutnya SAUDARA TUA. Saudara ini melindungi jasad fisik dari bahaya. Maka ia adalah SANG PELINDUNG FISIK.

Selanjutnya yang lebih MUDA adalah ari-ari, tembuni atau plasenta. Pembungkus janin dalam rahim. Ia melingkupi tindakan janin dalam rahim yang kemudian mengantarkan kita ke tujuan. Maka ia adalah SANG PENGANTAR.

Saudara kita selanjutnya adalah DARAH. Darah ini membantu janin kecil untuk tumbuh berkembang menjadi bayi lengkap. Darah adalah SARANA DAN WAHANA IRADAT-NYA pada manusia. Darah bisa disebut nyawa bagi janin. Maka, darah disebut dengan PEMBANTU SETIA MANUSIA MENEMUKAN JATI DIRINYA SEBAGAI HAMBA TUHAN, CERMIN TUHAN (Imago Dei).

Saudara gaib kita terakhir adalah pusar. Menurut pemahaman Kejawen, pusar adalah NABI. Pusar secara biologis adalah tali yang menghubungkan perut bayi dalam rahim dan ari-ari. Pusar mendistribusikan makanan yang dikonsumsi ibu ke bayi. Pusar dengan demikian MENDISTRIBUSIKAN WAHYU “IBU” MANUSIA yaitu Gusti Allah SWT kepada diri kita.

Keempat saudara gaib ini sesungguhnya adalah EMPAT MALAIKAT PENJAGA manusia. Yang berada di kanan-kiri, depan-belakang kita. Maka, tidak salah bila Anda menyapa dan bersahabat akrab dengan mereka. Secara gaib, Tuhan mmeberikan pengajaran tidak langsung kepada hati kita. Namun melalui mereka pengajaran itu disampaikan.

Keempat penjaga (malaikat) itu adalah:

JIBRIL (Penerus informasi Tuhan untuk kita),
IZRAFIL (Pembaca Buku Rencana Tuhan untuk kita),
MIKAIL (Pembagi Rezeki untuk kita) dan
IZRAIL (Penunggu berakhirnya nyawa untuk kita).

Keempat malaikat itu oleh orang Jawa dianggap sebagai SEDULUR karib hidup manusia. Bila kita paham bahwa perjalanan hidup untuk bertemu dengan Tuhan hakikatnya adalah perjalanan menuju “ke dalam” bukan “ke luar”. Perjalanan menembus langit ketujuh hakikatnya adalah perjalanan “diri palsu” menuju “diri sejati” dan menemukan SANG AKU SEJATI, YAITU DIRI PRIBADI/ TUHAN.

Untuk menemukan SANG AKU SEJATI (limo pancer) itulah kita ditemani oleh EMPAT SAUDARA GAIB/MALAIKAT PENUNGGU (sedulur papat). Lantas dimana mereka sekarang? Mereka sekarang sedang mengawasi Anda. Berdzikir mengagungkan asma-Nya. Kita bisa menjadikan mereka sedulur paling akrab bila paham bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Caranya? Pejamkan mata, matikan seluruh aktivitas listrik di otak kiri dan kanan dan hidupkan sang AKU SEJATI yang ada di dalam diri Anda. Ya, hanya diri sendirilah yang mampu untuk berkomunikasi dengan para sedulur gaib nan setia ini.

Bagaimana tidak setia, bila kemanapun kita berada disitu keempatnya berada. Bila kita berjalan, mereka terbang. Bila jasad kita tidur, mereka akan tetap melek ngobrol dengan ruh kita. Maka, saat bangun tidur di siang hari pikiran kita akan merasa fresh sebab ruh kita akan kembali menjejerkan diri kita dengan iradat-Nya. Sayang, saat waktu beranjak siang polusi nafsu/ego lebih dominan sehingga kebeningan akal pikiran semakin tenggelam.

Bagaimana agar hidup kita selalu ingat oleh kehadiran sedulur papat ini yang setia menjaga kita? Sunan Kalijaga memiliki kidung bagus:

Ana kidung akadang premati
Among tuwuh ing kuwasanira
Nganakaken saciptane
Kakang kawah puniku
Kang rumeksa ing awak mami
Anekakaken sedya
Pan kuwasanipun adhi ari-ari ika
Kang mayungi ing laku kuwasaneki
Anekaken pangarah

Ponang getih ing rahina wengi
Angrowangi Allah kang kuwasa
Andadekaken karsane
Puser kuwasanipun
Nguyu uyu sambawa mami
Nuruti ing panedha
Kuwasanireku
Jangkep kadang ingsun papat
Kalimane pancer wus dadi sawiji
Nunggal sawujudingwang

(Ada nyanyian tentang saudara kita yang merawat dengan hati-hati. Memelihara berdasarkan kekuasaannya. Apa yang dicipta terwujud. Ketuban itu menjaga badan saya. Menyampaikan kehendak dengan kuasanya. Adik ari-ari tersebut memayungi perilaku berdasar arahannya.

Darah siang malam membantu Allah Yang Kuasa. Mewujudkan kehendak-Nya. Pusar kekuasaannya memberi perhatian dengan kesungguhan untuk saya. Memenuhi permintaan saya. Maka, lengkaplah empat saudara itu. Kelimanya seagai pusat sudah jadi satu. Manunggal dalam perwujudan saya saat ini)

@.wongalus.2009

Categories: SEDULUR PAPAT LIMO PANCER | 83 Komentar

Navigasi pos

83 thoughts on “EMPAT PENDEKAR GAIB SUNAN KALIJAGA

  1. Wong ndablegs

    Alhamdulillah ulasan yg sangat bermanfaat ki…..aku salah satu pengamal sedulur tuwo papat limo wujud….aku sangat yakin dg adanya sedulur 4 limo ujud itu meski sampe sekarang aku blm bisa berkomunikasi langsung dg mereka…mungkin aki bisa lebih deteil menjelaskan teknis yg bagus utk dapat bertemu/berkomunikasi dg mereka ..terutama bagi org2 semacam saya yg minus pengalaman,.minus ekonomi..dan kondisi2 laen yg krg menyenangkan shg mempengaruhi saya utk bisa khusyu dlm berkomunikasi dg mereka ki……matur nuwun sak dérengé…salam asah asih asuh

  2. pamuji rahayu kimas alus……….

    wah baru ditinggal beberapa hari saja artikel panjenengan sudah bejibun…heheheheheheh……….

    sebenarnya saya agak kurang sependapat kalo sedulur papat itu malaikat2 yg panjenengan sebutkan diatas…nuwun sewu lho….nama2 dari sedulur 4 5 pancer ada di layang jayabaya…kalo menurut saya pribadi sedulur itu ya diri kita sendiri bukannya pribadi yg berdiri sendiri dan punya kesadaran sendiri, mungkin analoginya yg agak mirip2 adalah sebuah energi yg terprogram didiri kita dari sononya dan bisa kita manfaatkan utk kebaikan apabila kita percaya tentunya, kalo di arabic magic malah mengenal guardian angel dan punya nama tersendiri, dengan mengetahui namanya maka kita bisa berkomunikasi dengannya, saya kira inilah bukti suatu ayat yg menyatakan bahwa manusia tiada mengetahui ruh melainkan sangat sedikit dan mengenai malaikat pendamping, s45p, qarin, dsb merupakan kepingan2 puzzle dari pertemuan jasad dan ruh atau bisa disebut jiwa…mekaten ki…semoga berkenan

    oya besok jgn lupa ya oleh2nya berupa dokumentasi….heheheheheh

  3. Wong ndablegs

    Oh ya ki mau nambahin ..selaen s45p itu yg masing2 jibril (putih) ijroil (merah) isrofil (kuning) dan mikael (hitam) ..saya juga mengenal nabi telu dlm diri stiap manusia ki mrk adl nabi bodo..nabi meneng dan nabi samirono….ada juga yg disebelah kanan rahno dan sebelah kiri kita rahono…tentu jg ada anak mbarep lan anak ruju ki….namun ya itu tadi ki saya blm mencapai tehnis konsentrasi yg pas jd blm bs berkomunikasi langsung dg mereka ..masih sebatas merasakan saja…kadang2 malah bini yg ga sengaja melihat mereka….utk itu ki skali lagi sudilah kiranya aki berkenan mbabar teknis konsentrasi yg pas buat org macam saya yg masih sangat labil ki …atas perhatiannya ka atur matur nuhun…

  4. Yth Mas Wong Ndablegs: Penjelaskan teknis yg bagus utk dapat bertemu/berkomunikasi dg para sedulur papat ini sederhana, mudah dan bisa dirasakan. Yaitu berbuat baik (beramal) tenaga, pikiran, rezeki pada siapapun yang membutuhkan. Atau saat panjenengan melaksanakan perintah agama/keyakinan dengan kesadaran penuh. Di situ, panjenengan dituntun oleh sedulur papat ini untuk berbuat kebajikan. Nuwun.

  5. Yth KI Mastono, nuwun ki tambahan wacananya. Meskipun beda dengan keyakinan saya, namun saya tetap terima kasih. Pancaran batin keingintahuan panjenengan yang menggebu-gebu untuk memayu hayuningrat tertangkap dari sini lho. Rahayu.

  6. rogo sejati

    Salam sejahtera Ki …

    Artikel panjenengan nambahi wawasan saya Ki …
    Namun sebelumnya nyuwun sewu loh ki, menegenai artikel ini saya pribadi kurang setuju tp bagi saya tidak masalah mungkin hanya masalah pemahaman saja.
    Kl pemahaman ssya tentang s45p saya setuju dengan Ki Mastono … sedulur itu ya sebenarnya diri kita sendiri namun untuk menyatukannya memerlukan laku tirakat khusus.
    Namun jujur Ki saya pribadi juga belum mampu untuk berkomunikasi sedulur tersebut. Ya mungkin krn kesibukan saya juga … kl ki wong alus mungkin berkenan untuk memberikan cara2 unt bertemu/ berkomunikasi tentu saya sangat berterimakasih sekali Ki. Kl yang pernah saya dapatkan Ki hrs memalui puasa sebagai pembersihan diri dl trs melakukan ritual trtentu namun saya lupa urutannya, mungkin Ki wong alus bs memberikan urutan secara lengkapnya seperti apa Ki.

    Nuwun.

  7. yoko

    Kulo nuwun Ki Wong Alus

    Saya kok agak menyimpang dari uraian Ki Wong Alus tentang Islam melebur secara pelan dan damai, berasimilasi serta berosmosis tanpa pertumpahan darah. Islam agama damai dan tidak memaksa. Apabenar demikian sebab pernah saya membaca di dalam salah satu serat mengatakan bahwa : Pangandikane Sunan Benang: “Mulane rêca iki tak-rusak, supaya aja dipundhi-pundhi dening wong akeh, aja tansah disajeni dikutugi, yen wong muji brahala iku jênênge kapir kupur lair batine kêsasar.” Dan ada salah satu lagi uraian al : Sunan Giri mlayu mênyang Benang, golek kêkuwatan, sawise oleh bêbantu, banjur pêrang maneh mungsuh wong Majalêngka, pêrange rame bangêt, ing wêktu iku tanah jawa wis meh saparo kang padha ngrasuk agama Islam, wong-wong ing Pasisir lor wis padha agama Islam, dene kang kidul isih têtêp nganggo agama Buddha. Sunan Benang wis ngrumasani kaluputane, ênggone ora sowan mênyang Majalêngka, mula banjur lunga karo Sunan Giri mênyang Dêmak, satêkane ing Dêmak, banjur ngêbang marang Adipati Dêmak, diajak nglurug mênyang Majalêngka, pangandikane Sunan Benang marang Adipati Dêmak: “Wêruha yen saiki wis têkan masa rusake Kraton Majalêngka, umure wis satus têlu taun, saka panawangku, kang kuwat dadi Ratu tanah Jawa, sumilih Kaprabon Nata, mung kowe, rêmbugku rusakên Kraton Majalêngka, nanging kang sarana alus, aja nganti ngêtarani, sowana besuk Garêbêg Mulud, nanging rumantiya sikêping pêrang: 1. gaweya samudana, 2. dhawuhana balamu para Sunan kabeh lan para Bupati kang wis padha Islam kumpulna ana ing Dêmak, yen kumpule iku arêp gawe masjid, mêngko yen wis kumpul, para Sunan sarta Bupati sawadya-balane kang wis padha Islam, kabeh mêsthi nurut marang kowe”

    Demikian yang pernah saya baca atau mungking saya yang salah memahaminya, kuranglebihnya mohon ma’af

    Rahayu…..

  8. Yth Mas Rogo sejati, ya memang pengalaman masing-masing individu tidak serta merta murni njih. Pengalaman muncul dari ide dan ide munculnya dari “purpose” atau kehendak/keinginan/maksud. lalu, purpose munculnya dari mana? Nah di sinilah perlu kita pilah adanya makna internal ide dan makna eksternal ide. Dalam konteks S45P ini, sumbernya jelas makna internal ide yang berasal dari kelantipan/ketajaman mata batin masing-masing untuk melihat mereka. Olah mata batin (rasa pangrasa) pun akhirnya masing-masing orang tidak bisa disamakan dalam satu metode/cara. Nah, kalau panjenengan tanya apa metode saya untuk berkomunikasi langsung dengan mereka, jawaban saya: banyak beramal, beribadah, berdoa berbuat kebajikan dengan sesama (TAPA NGRAME) saja. Positif thinking, banyak bersyukur dan optimis. Selaih ibadah standar, saya tidak memiliki ritual lain mas. Soal ritual yang panjenengan maksudkan, seperti puasa mutih, ngebleng, ngrowot dll saya tidak melakukannya. Sebab bobot kadar laku untuk pembersihan diri dengan cara tapa NYEPI seperti itu masih berpusar pada EGO dan jelas masih kalau jauh dari cara memberi kemanfaatan pada orang lain, yang sudah NON EGO dan bahkan diliputi SUPER EGO NYA. Namun, di balik itu semua selalu saya rasakan sebuah berkah dari-Nya bahwa saya selalu dikelilingi oleh para S45P untuk teman berbagi suka dan duka mengarungi samudra ujian hidup. terima kasih.

  9. lormuria

    S45P sungguh2 artikel yg begitu mencerahkan…
    memang banyak perbedaan kepahaman tentang S45P ini yg sejatinya hakikatnya sama, hanya perbedaan cara memandang ada yang memandang dari Zatnya, ada yg dari Sifat zat itu dan ada yang memandang dari segi perbuatan zat (akibat dari perbuatan) makanya banyak perbedaan pemahaman.
    Seperti juga Nafsu secara umum adalah sifat, akan tetapi sebenarnya ada WUJUDNYA, dan perbuatannya, juga mempunyai nama sesuai dengan sifat dan perbuatan Nafsu itu.
    sy pribadi sependapat dengan pemahaman Mas Alus tentang S45P…sesuai dengan nama2 malaikat, bahkan mempunyai nama lain scr bahasa Arab, al: malaikat Ariyah, Sariyah,dzurriyah, Arumah…..cuma saya baru sebatas pemahaman belum mengenal hakikatnya .
    Monggo dilanjuuuut…
    memang bener2 KAMPUS WONG ALUS..
    Salam sejati
    salam sihkatresnan
    Rahayu

  10. wong 7

    he he he,…….

  11. saya sempat kagung dengan tulisan kalimasada mengenai papat kalima pancer dari mas Kumitir (empat elemen yang bersemayam di LUBB manusia 1. Nurulla, 2. Nur Muhammad, 3 para malaikat, 4. Karamah (doa keihklasan dari orang-orang tua kita) a.l. para Auliya, Sholihin, Arwah al-Muqoddasah, para Rijaalullah, Rijaalul Ghaib dan Rajaalul ‘Arifiin.

  12. Sunaryo

    Wongalus…

    apapun namanya apapun perbedaanya semua sangat kami hargai.saya ini sudah 8 th melatih diri untuk mengendalikan diri.tp durung ketemu yg panjenengan sampaikan.dulu saya meditasi /olah napas enak malah sempat lihat lorong tak berujung mengarah ke atas tp sy belum berani memasukinya skr malah nggak timbul lagi yg seperti itu.yg sy dapat adalah ketenangan,kepasrahan dalm hidup setelah rajin olah napas .mohon penjelasan apa yg kurang pas dalam meditasi saya.suwun

  13. Yth Mas Sunaryo: Tuhan bekerja dengan cara-cara yang rahasia dan misterius. Kadang kita yang sudah berlatih keras menempa diri agar memiliki kelebihan khusus justeru belum bisa. Namun setelah kita tidak berlatih apa-apa, pasrah sak karepe alirah hidup atau “tapa ngeli” malah justeru “wahyu” kelebihan itu muncul. Tuhan sebagai satu satunya sumber energi dan daya kekuatan ternyata memiliki takaran pertimbangan yang sungguh beda dengan pertimbangan manusia. Jadi? Bagi yang sudah mental spiritualnya mumpuni, cukup membaca apa yang jadi kehendak-Nya saja dan setelah itu pasrah total/sumarah tidak berharap kelebihan apa-apa…. Inilah ilmu sejati. Nuwun.

  14. Sunaryo

    Yth Wongalus

    Terima kasih atas responnya.kuliah kuliah panjenengan sangat memberi nuansa baru buat saya.saya memang belum sampai haqul yakin terhadap apa yg saya lakoni.memang sudah ada pengalaman2 yg diluar nalar yg seharusnya saya menjadi semakin yakin.tapi kadang kadang logika berkata lain.setelah sekian tahun menjalani hidup dengan penuh perjuangan agar tetap dijalan lurus.sekarang kalo boleh saya mau bertanya apa yg harus saya lakukan untuk dpt mengetahui keberadaan penjaga yg empat tsb .mohon maaf dan dimaklumi pertanyaan saya ini.nuwun

  15. Yth Mas Sunaryo, panjenengan pejamkan mata dan tarik nafas perlahan. Rasakan keberadaan sedulur papat yang ada di sekeliling Anda. Jangan gunakan pikiran (otak kiri dan otak kanan sementara dioff dulu) tapi gunakan rasa pangrasa sejati. Mereka yang gentur menghidupkan rasa pangrasa inilah tentu dengan mudah merasakan para sedulur gaib nan mulia ini. Nuwun.

  16. Sunaryo

    yth Wongalus

    matur sembah nuwun atas jawabanya.

  17. Sunaryo

    nuwun sewu wongalus

    mo tanya klo otak kiri & kanan off bathin berdzikir apa nggak ? ato bener 2 kosong matur nuwun.

  18. Kangdudung

    Ass.. Sedulur kabeh,
    Saya hanyalah ingin berbagi, sebelumnya mohon ma’af. Beberapa tahun lalu saya juga pernah mengalami seperti yang diutarakan oleh Ki Wong Alus, dimana pada saat dzikir Al-Fathihah, seolah2 keluar empat “orang” yang “mirip” saya dihadapan, mereka adalah saudara “qudrah-iradah”, saudara “ilmu”, saudara “hayah” dan saudara “kalam”. Sementara saya sendiri yang “wujud,qidam, baqo, mukholafatul lil hawadits, qiyamuhi binafsi, wahdaniyah” hanyalah menyaksikan mereka. Setelah saya sadar dan berhenti berzikir diilhamkan kepada saya bahwa sebenarnya diri ini hanyalah satu aja, sementara yang empat itu hanyalah pancaran saja dari diri yang satu tiada wujudnya.
    Jadi, dari diri yang satu (dzat) memancar jadi 4, dari yang 4 memancar jadi 13, dari yang 13 memancar jadi 20, dari yang 20 memancar jadi 99, dari 99 memancar hingga tak terbatas.

    Wassalam..

  19. “tidak ada apa yang dinamakan ‘banyak’, ‘puluhan’, ‘ratusan’ atau bahkan ‘jutaan’ hingga ‘banyak’ seluruhnya hanya tunggal “AKU”, saat melihat bukan berarti kita tahu, saat kita merasa belum berarti kita sadar, “AKU” tiadalah yang lain..”

  20. apa aja

    Yang saya tahu bukan begitu, sederhana aja kok. Itu unsur pembentuk wujud manusia. Jadi tidak ada malaikat-malaikat segala. Cuman kalau maksudnya untuk identifikasi atau mempermudah penyebutan ya monggo. Tapi yang jelas tidak seperti itu. Secara umum blog anda bagus.
    Rahayu…

  21. sasmita

    Terimakasih banyak Ki… Sebab selama ini saya memfisualisasikan/dalam benak kita mencari diri sejati itu ke luar dimensi mana yang dicari… ternyata malah menjelajah ke dalam diri yang terdalam ya Ki…
    matur suwun .. semoga kita semua bisa menemukan yg paling hakiki

  22. bocah klipang

    ki wong alus,
    trima kasih atas pencerahannya, memang menurut saya kita tidak perlu puasa ngebleng dan lain2 agar dapat bertemu dan berkomunikasi dengan s45p yg nantinya menimbulkan keinginan-keinginan yang tumpangi oleh nafsu atau ego ingin sesuatu, lebih baik seperti njenengan banyak beramal, beribadah, berdoa dan berbuat kebajikan untuk sesama, amin.

  23. ..wah mantab…

  24. hormat sembah rahayu,………saya benar benar mohon bantuan KI WONG ALUS yang memegang amanah,sebab sudah 40 hari ini saya jalani ritual s45p,tapi belom maksimal,reaksi pertama yang di rasa yaitu di marah2i (bathin)”bagaimana kamu mau ktemu dangan sedulurmu,memang kamu keluar dari mana?dari siapa?apakah kamu sudah berbhakti kpada yang melahirkanmu?”,…..saya langsung ISTIGHFAR nangis ingat dosa pada kedua orang tua tanpa sadar.kedua,saya tanpa sadar kaya “kemasukan” dan di bawa ke suatu tempat danau dan di perlihatkan bentuk bunga TERATAI putih,ternyata(dalam kemasukan itu) yang datang GURU saya,tapi saya tidak uluk salam dan tdk mempersilahkan selayaknya tamu(sebab datangnyapun mungkin guru meraga sukma),…..bila mungkin di ijinkan mohon ki wong alus terawang apakah saya sudah memenuhi syarat untuk bertemu s45p?,berikut apa kekurangannya? matur nembah nnnuhun sanget………

  25. nambahi ,….saya sadar akan perlunya peka kepada s45p,intinya supaya umat manusia menuju kejalan yang benar sebagaimana fitrahnya,…..agama boleh beda,tapi hati SATU,nuhun

  26. faisal

    semakin merasa diri ini kosong……

  27. Bner bgt..!! Ilmu yg manfaat harus di cari…apa lg ilmu yg utk menambah keyakinan kita tentang keTUHANAN…itu penting bgt… Sukses slalu buat anda…

  28. masduki

    salam paseduluran dumateng sedanten,
    kawulo sak sampunipun maos kelawan jeli, dumateng tulisan ingkang dipun
    pakang, tambah nentremke ati, ananging kawulo tambah kepengin ingkang saget mbimbing, despundi nggih? lan kawulo ngroso wonten manah kok terus tambah bodho, ngoten lo
    matur suwun, masduki kawulo_gusti@ymail.com

  29. raden patah

    assalamu’alaikum
    derek posting Ki Wong Alus
    kawulo nate mireng saking tiyang-tiyang sepuh menawi manungso puniko anggadahi sekawan sifat (4) ingkang kirang langkung:

    1. sifat hewaniah: sifat dasar dari manusia. hati manusia ibarat tanah kosong yang sangat subur dan aabila tidak digarap dengan benar maka yang tumbuh adalah rerumputan yang lama kelamaan bertambah tanaman lain sehingga akan menjadi lebat sebagaimana hutan belantara.
    maka akan berdanganlah binatang binatang yang akan meninggali tempat itu. dan sifat dari semua hewan kurang lebih adalah dia hidup hanya untuk memenuhi nafsunya (makan, kawin) dan tidak mengingat kematiannya.
    Orang tua kita memberi tahu bahwa ada golongan hewan yang mendominasinya dan sifatnya pun berbeda-beda:
    a. ada binatang ternak: kalau dia lapar dia akan teriak-teriak tapi apabila sudah dikasih sedikit makanan saja dia akan tenang
    b. ada binatang buas: dia apabila lapar harus mengorbankan binatang lain
    c. ada binatang berbisa: walaupun tidak memakan untuk kepentingannya, kadang dia menyakiti binatang lain

    2.sifat malaikat: sifat yang selalu taat (tidak ada malaikat yang bosan melaksanakan perintah ALLAH SWT). yang mencabut nyawa, yang membagi rezeki, yang menyampaikan wahyu dll semua bertugas dengan taat. kita pun bisa untuk seperti mereka karena manusia sebenarnya diciptakan lebih mulia dari malaikat

    3.sifat khalifah: sifat yang lebih tinggi dari malaikat yang mana sifat ini harus ada dalam diri umat Muhammad SAW. selain dirinya taat seperti malaikat dia juga mengajak orang lain untk taat

    4.sifat kenabian: selain dia mengajak untuk taat dia juga menginginkan orang lain pun mau mengajak yang lainnya.

    sakmenika kita mangga-mangga sami instropeksi, ingkang pundi sifat paling dominan wonten diri kita. menika mboten beda tebih saking sederek papat kita. menawi mboten kita openi nggih bakal mempengaruhi gesang kita. menawi setunggal kemawon sederek papat kita punika mboten kita reksa sahingga anggadahi sifat awon, kita ugi saget katularan.

    mangga-mangga kita usahaaken saget anggadahi sifat ingkang mulyo sak kirang-kirangipun sifatipun malaikat.

    Pangapunten menawi katah lepatipun

    Wassalam

  30. Raden Mas Hadiningrat

    kulo nuwun.
    Sy hadiningrat, mau bertanya, yang sebenarnya sedulur papat kalimo pancer itu bisa mengetahui masa depan kita atau tidak ? matur nuwun.

  31. assalamualaikum

    ijin menyimak kupasan jiwa yg dalam ini .

    alhamdulilah

  32. Ada sedikit informasi, dulu almarhum bapak saya mengajarkan saya tentang saudara2 didalam diri, tapi jumlahnya bukan hanya 4, memang yang 4 juga disebutkan…….bagimana cara kita mendekatkannya, yaitu: ketika kita hendak makan, bepergian, atau beraktifitas apa lah saudara-saudara yang ada didalam diri diajak.

    Misal: kaka kawah ade ari-ari ilat muko roh muko sudulur opat kelima pancer……didalam diriku, hayo kita makan (kalo lagi makan).

    Sering kali telinga saya pengeng (ada bunyi), kata bapak saya itu saudara dalam diri saya sedang menyampaikan sesuatu, hanya saya belum bisa menterjemahkannya…..akhirnya minta bapak saya yang menterjemahkannya.

    Memang kalo dalam bekerja dan menemukan kesulitan saya panggil saudara diri saya untuk membantu mencarikan solusi, nantinya ada aja solusinya.

    Sempet beberapa hari yang lalu saya hampir kecelakaan, mungkin bisa saja saya mati sebab hampir terjadi tabrakan beruntun dilampu merah, keadaan motor saya ngebut, ada beberapa motor yang dibelakang juga ngebut ngebuntutin motor saya, tiba2 lampu langsung merah, pak polisi main stop jalan saya, sayapun langsung berhenti mendadak, ada 4 motor yang hampir nabrak saya, dan 1 diantaranya berhenti sampai tengah jalan untuk menghindari tabrakan………saat itu memang pikiran saya kosong tapi juga memikirkan penciptaan Allah (apa masih disebut kosong yang?), dan hati saya damai saat itu sambil berzikir (ya allah hu)….saya bersyukur ALLAH melindungi saya.

    Masih banyak lagi pengelaman yang aneh menurut saya……..dan salah satunya pengalaman saya diatas.

    Saya juga dalam perjalanan mendalami ilmu sejati, insya allah, allah mengizinkan saya untuk dapat mengenal dan menunggal dengannya. Amin

  33. maukah tuan mengajir saya, menemukan sedulur papat dalam diri saya?

  34. maukah tuan mengajir saya, menemukan sedulur papat dalam diri saya?

  35. rakyat jelata

    kulonuwun ki wong

  36. rakyat jelata

    assalamu’alaikum ki wongalus
    terimakasih dengan apa yang telah ki tuliskan di atas..
    saya merasa kita satu perguruan namun blum pernah bertmu
    saya ingin skali menjali tali silaturohmi dengan panjenengan
    klo pajenengan tidak keberatan
    mohon hubungi sya di frondem21@gmail.com
    terimakasih sebelumnya
    saya tunggu informasinya

  37. sungguh saya sangat berterima kasih.,dengan saya membaca dan mengetahui makna dari sedulurpapat lima pancer….sedikit memberi rasa bersyukur…kepada allah swt. terima kasih

  38. Sy merasa mnjadi org yg trsesat.
    Karena tdk tahu dr mana sy memulainya.
    Dlm hidup sy hnya mengenal,
    makan,tidur,kerja.
    Urusan bathin sy sangat Awam.

  39. saya dari sabah. saya ada melihat satu – dua ayat dari doa-doa jawa sunda yang saya perolehi dari guru bapa saya dari sumatera. tetapi masalah nya saya tidak faham maksudnya.contohnya ana kidung .wengi, billara,medaham,homba,nepurun,gusti, penggawi, kolong, amalan ini banyak berpuasa yang lain dari yang lain contoh, 7minggu berpuasa berbuka dengan lada padi, 1 tahun tidak makan beras yang boleh cuma ubi iaitu bawah bumi kemudian sebaliknya, tidak minum air sampai seminggu. ada sesiapa yang boleh bantu saya terjemah ayat-ayat tersebut.

  40. Matur nuwun ya Allah telah membukakan pintu hatiku untuk kembali mengingat ajaran lelluhur yang yang tiada duanya.
    Memang di jaman sekarang ajaran seperti itu banyak ditafsirkan suatu ajaran yang salah klenik, mistik dll.
    Kita memang harus membuka mata lebar-lebar melihat dan memahami kitab allah yang sirat di alam ini.
    salah kita bahwa selama ini kita hanya belajar dari kitab yang tersurat bukan tersirat, maka banyak pemahaman yang berbeda mengakibatkan terjadi perselisihan paham karena cara menafsirkan yang berbeda.

  41. masboko

    nderek nyimak. Namung kula nggadahi pitakenen. Kenging punapa asma-asminpun para pandemen ajaran punika, sami ngagem asma samaran. Nah kados pundi kita bade saged kenal sejati, menawi asma punika taksih samaran …

  42. Mata Dewa

    Ijin nyimak

  43. Erik

    Klo pendapat sy pribadi, mengenai S45P sy punya pemahaman sendiri dr hasil pemahaman sy melalui alquran dan alhadist, tpi sy blm mau menguraikan itu d sini, msh menunggu komentar lain yg kiranya ada yg sepaham dg sy…

  44. ra iso po po

    Assalamu’alaikum Wr Wb.

    SubhanaLLAH,
    begitu dalamnya ilmu Allah, sedikit demi sedikit terbuka dan bisa dipelajari dengan mudahnya.

    Berhakkah kita menyuruh mereka (s45p)? Sedangkan tanpa disuruhpun mereka akan membantu kita.

    Apakah yang mereka butuhkan? Bukankah kita akan berusaha memenuhi keinginan mereka juga, selama dalam batas kebenaran.

    Mereka itu “suci”, dan suka segala yang suci dan membawa manfaat, kebaikan dan pahala. Makanya semua kebajikan yang dituntunkan Allah dan RasuluLLAH harus selalu dilaksanakan sampai akhir kehidupan kita sebagai manusia.

    Mereka itu menangiis sedih, saat kita lakukan dosa. Mereka sudah berusaha dengan sekuat tenaga, untuk menghalangi kita berbuat dosa. Tapi kekuatan hawa nafsu kita melawan mereka. Jadilah kita lakukan dosa.

    ALLAHU AKBAR.

    Mungkin, ini sedikit gambaran hasil tanya jawab dengan mereka. Mudah mudahan dapat diambil hikmahnya.

    Mohon maaf kalau ada salah.

    Wassalamu’alaikum. Wr Wb.

  45. Stau aq?maLaikat ttp maLaikat,sduLur papat y sduLur papat?msa ke 4 maLaikat bsa mjdi wujud dri qt sma prsis+kjawen ada sbLum isLam?g mungkin pndadaran konsep sduLur 4 bsa d babar dg isLam…

  46. juli

    assalamualaikum ki bagaimana caranya empat kelima pancer itu bs berhubungan dg kita cara belajarnya bagaimana dan kenapa sy setiap belajar masalah gak pernah bisa apa ada yg salah pd diri sy apakah aki bs membantu sy

  47. juli

    oke

  48. juli

    bagaimana cara membangkitkan empat kelima pancer apakah aki bs membantu sy dg karena allah

  49. chiko cipoe

    buat sedulur smua yg masih awam akan ilmu termasuk sy jg,kita pasti penasaran tentang 4 malaikat penjaga/yg sering disebut2 sbg sedulur papat.sbnarnya mereka itu ber ujud cahaya.kita pasti ber tanya2,”apa mungkin kita bisa melihat mereka..?’.jawab nya adalah’bisa”,trus gmn caranya.”nah..sy punya tips nih,gmn caranya supaya kita bisa melihat mrka.begini crnya,puasa satu hari,hari apa aja bebas,waktu buka puasa pake nasi putih sama air aja jangan pake sayur,trus malam nya kita cari tempat yg gelap,pejamkan mata,nanti pandangan kita akan melihat cahaya putih melingkar yg bergerak2.nah itulah penampakan sebagian dr 4malaikat/sedulur papat.selamat mencoba

  50. masagus

    yg penasaran ingin tahu lebih dalam tentang 4 malaikat penjaga/ sedulur papat silahkan mampir ke , http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7354464

  51. hadi

    ma,af ki gimana tanda – tanda amalan sedulur papat limo pancer sudah masuk. mohon tuntunannya trims

  52. ananing ening

    aku sempet sedih jebulane gusti ki ora adoh tenan soko urat gulune dewe, diparingi papat roh sing bakal wadul ing ngersaning sing gawe urip tentang tumindake dewe sik bener utawa sik salah

  53. saya sangat menyukai blog ini sangat” bagus untuk belajarn warisan leluhur

  54. Anak Ingusan

    Wahh…keren banget pak’de obrolane,,,seru tenan
    Boleh tanya gak pak’de..??? makhlum anak kecil pengen tau…
    – Sebenarnya 4 arah penjuru mata angin atau org jawa biasa menyebutnya 4 kiblat (timur, barat, utara, selatan) itu dimana tempatnya ya..? sedangkan klo dipikir menurut akal sehat (logika) dunia (bumi) ini bulat (hanya sekedar mutar saja/gk bakal ketemu ujung pangkalnya)???
    – Kira2 bener gak sih istilah dalam s45p meliputi hal berikut:
    Nama: Sukma Langgeng, Nglembara, sejati, mulya
    Warna: merah, putih, hitam, kuning
    Unsur: ………….????????????????
    Kemampuan/kadigdayaan/kesaktian:…………????????????

    Mohon penjelasannya ya pak’de beserta saudara2 yg menurut saya lebih berpengalaman..terimakasih alias maturnuwun sanget

  55. Absen ajja ahh takut salah komen

    salam hangat semua sembah nuwunn

  56. Dimas

    Pngen ktmu kpy? Wng nek ruh bokong mripat’e g’ iso kedep

  57. togog

    trus nanti kalo mati gimana

  58. sutono

    asalamu alaikum wong alus

  59. waalaikumsalam wr wb kimas sutono.. sugeng enjing salam kenal kimas

  60. sutono

    salam kenal,ki wong alus saya pernah berguru dan saya rasa guru tersebut saya anggap mampu tapi yg di tawarkan tidak sebesar yg dibuktikan malah keluarga yg bertahun tahun tersiksa secara tidak sengaja dan mendapat imbalan dari yg maha kuasa malah mau di utak atik bukanya yg bodoh di bikin pintar dulu baru terserah baik nya.

  61. sutono

    lanjutan. banyak yg ingin bisa komunikasi dengan yg tidak tampak, ada yg bisa katanya salah la kalau yg menyalahkan bisa komonikasi apa bedanya sedangkan yg tidak bisa komunikasi gampang di bohongi sedang yg bisa komunikasi banyak yg kasih pertimbangan mana yg bohong mana yg tidak kalau seseorang banyak leluhur yg memberi cerita setidaknya bisa menyimpul kan apa yg terbaik di jalan ALLAH.

  62. dwi anggoro

    Assalamualaikum WR. WB.
    Saya mohon ijin, agar saya dijadikan ANGGOTA KAMPUS WONG ALUS.
    Nama : DWI ANGGORO
    Alamat : DSN NGRENDENG RT 03 RW 02, DESA NGRENDENG,
    KECAMATAN SELOREJO,KABUPATEN BLITAR, PROVINSI JATIM
    Umur : 18 Tahun
    Profesi : Pelajar
    E-mail : dwianggoro12@ ymail.com dan dwianggoro654@yahoo.com
    No. Telefon : 085258700856
    Terimakasih atas bantuannya selama ini, semoga kita semua selalu dalam naungan rahmat-NYA.
    Besar harapan saya agar saya dapat diterima menjadi anggota di dalam KWA ini.
    Salam Persaudaraan dan Paseduluran.

  63. untuk mencari sedulur 4 kelima pancer lakunya harus sabar bukan cukup meditasi saja mungkin 1 bulan atau munkin lebih lama lagi ok ,, singkat kata akan aku ajarkan untuk menemukan S45P
    besihkan runangan kamar dalam untuk bermeditasi jika bisa kamar kosong dg cat warna putih karena kita bermeditasi dalam konsenentrsi penuh matikan segala rasa yg ada di dalam tubuh baik pikiran pikiran yg ada . pusatkan pada hati kita intinya sebelum melakukann meditasi jangan sampai kita lepas kontrol atau kita dikendalikan oleh jin2 yg datang karena jin bisa membohongi kita, INGAT ITU. DALAM MELAKUKAN MEDITASI ANGOTA BADAN KITA HARUS RELEG TENANG TERSERAH MENGHADAPNYA KIBLAT LAKUKAN TIAP MALAM DALAM HENINGAN MALAM , DALAM MEDITASI PEJAMKAN MATA LIDAH DIKUK KELANGIT2 RUNGA MULUT, ATUR PERMAINAN NAPAS YAITU AMPIL NAPAS DALAM HATI KITA KATAKAN HUUUUUU DAN KELUARKAN MELALUI HIDUNG KATAKAN ALLAH LAKUKAN TIAP MALAM JANGAN SAMPAI BOSAN KARENA COAAN NYA ADALAH MALAS!!!! KALAU ANDA BENAR SERIUS BERSERAH DIRI DG APA ADNYA AKAN MELIHAT SINAR TAMPA BATASAN DAN KITA AKAN KETEMU KEMBARAN KITA YG SEJATI YG AKAN MEMBIMBING KITA DI DUNIA KARENA ALLAH SUDAH MENYIAPKAN SEMUA UNTUK KITA SEMUA TINGGAL MANUSIANYA BISA GALI ATAU TDK.. OK SEMENTARA CUKUP DULU LAIN KALI KITA SAMBUNG KE BPAK BATIN BIYUNG BATIN
    SALAM

    (wong banyumas pesisir pantai cilacap) atau tlp ….belum waktunya

  64. arun

    assalamu alkm,,salam para sesepuh smua ya,,sy jg pengen ikut membeberkan pengalaman ttg sedulur papat,apa yg sy rasakn,kunci ya yg tercepat mnrt sy hny ada di k’ikhlasn mnjlni k’hdpn,ikhlas dlm beribadah & beramal soleh,,,sy jg dl wkt prtma ya smpat nanya2 dl sma org2 tua yg sy anggp tau s45p,tp bgi sy cra ya smua ya terkesan mmberatkn,hrs mnyiapkn uburampe & puasa berlama,,ahir ya dg berbekal informasi itu,sy merenungkan & menambah informasi tu dr alquran,,dg penhayatan d tmbah dzikir,tryta hsil ya sangat luar biasa,,,sy jg sepndpt bhw s45p tu adlh pancaran diri manusia,krn dlm alquran alloh swt mnjlskn: bahwa “manusia terbuat dri 4 unsur;tanah,api,air & angin.”..& mnrt sy elemen ke 4 itu hrs di rasakn & di satukn dlm satu rasa,rasa AKU sejati,,,nah di situ lh kita akn mengalami hal2 yg sangt luar biasa,..nuwun.

  65. kuswano

    asslmkm,
    nderek nyimak
    ngapunten sakderengipun,
    saya masih awam masalah dunia spiritual,
    tp pengen belajar,gmn cara untuk ikut/gabung di KWA.
    nuwun,,,

  66. Hermanto

    Assalamuallaikum, , ,
    ki wong alus saya mohon bimbingan y, dalam hati saya menyesal kenapa gak dari dulu saya belajar ilmu kejawen, kenapa baru sekarang saya sadar akan penting y ilmu itu setelah saya melihat apa yg terjadi dengan saudara saya yg kena santet atau semacam itu. Dalam hati saya sangat ingin menolong tapi apa daya sedikitpun saya gak bisa apa-apa. Jjur saya sangat tertarik dengan artikel yg ki wong alus buat dan saya sangat ingin belajar tp apa saya belum terlambat??, mohon bimbingannya …

    Wassalam mu allaikum wr.wb

  67. RM Rifqi

    Assalamualaikum,..
    Ki Wong ALus saya mohon bimbinganya.saya dulu pernah ngamal ilmu s45p tapi sampe sekarang saya belum pernah bertemu wujud, tapi saya pernah ada pengalaman dulu pada saat saya di dalam bis saya tertidur saya mimpi di dalam bis juga tapi posisi saya berdiri,tiba2 ada yg manggil dr belakang wajahnya persis seperti saya dia bilang awas kang dompete sampeyan lg di copet dalam mimpi saya pukul tangan copetnya tiba2 saya bangun tp tangan terasa panas seperti habis pukul orang betul dan saya liat celana saya sudah sobek,dompet dan hp sudang nongolo tp alhamdulillah belum sempat diambil pencopetnya,dan pernah juga dulu saya tidur belum solat isak saya terbangun hampir subuh saya melihat wujud seperti saya masih solat setelah salam menghilang.apa itu yg di maksut kakang kawah saya, mohon bimbinganya ki biar saya bisa komunikasi dengan mereka.trima kasih

    Wasalam.

  68. RM Rifqi

    Assalamualaikum,..

    untuk semua sesepuh KWA dan para pembaca blok ini,kalo ada yg bisa bantu membabarkan pengalaman saya diatas saya akan berterima kasih sekali. wasalam

  69. Ki RM Rifqi ,. Ceritanya menarik.. Amalan apa yang antum lakonin hingga bisa mekuhat dengan ruh itu ?

  70. Ki Hermanto,. Kisah antum hampir sama dengan ane,. dulu ane gk mengetahui Ilmu / ajian kejawen dll,. namun setelah Ibu Bapak ane meninggal ditangan orang lain,. ane dendam pada diri sendiri mengapa tak dari dulu ane belajar ilmu / ajian.. dan kini ane be itikad untuk mapu menguasai seluruh ilmu / ajian, semoga Alloh mengabulkan

  71. RM Rifqi

    1113073asepaangharyanto: amalan kakang kawah adi ari-ari
    doanya : Kakang kawah lan adi ari-ari monggo madep marang gusti Allah,ingsun nyuwun roso mulyo ing limuti dzat jasmani ingsun,ing awal tetekane akhir di sukani dalan jembar lan padange ati ingsun,nyambot damel dadio sak cepete ,ingsun katekakno rejeki ingsun kebak,luber,lukek saking kersane Allah.La illa ha ilallah muhamadarosulullah.tp maaf ini bukan ijazah ya saya hanya sekedar sare aja barang kali sesepuh KWA ada yg punya amalan seperti ini juga, saya mohon bimbingan yg lebih rinci mengenai cara supaya bisa bertemu langsung dengan sedulur 4 kita,soalnya dulu yg kasih ijazah ga beberka lebih rinci,trimakasih >

  72. nerah wiranata kusuma

    bukanya sedulur papat itu iantaranya kakang kawah marmati, kakang kawah adi ari-ari, getih dan puser….

  73. aku daftar jadi murid mas

  74. manusia biasa

    cukup nyaksikeun waelah aku mah .

  75. muhammad khalid

    boleh ajar saya ? dan macam mana nak kenal diri sendiri ?

  76. RM Rifqi

    yang di maksut marmati itu Samar Mati ! lire yen wong wadon pas nggarbini ( hamil ) iku sadina-dina pikirane uwas Samar Mati atau takut mati….beda guru beda amalan,.. sekedar sering aja,…. monggo sesepuh yg lebih paham di wedar…Salam

  77. kalo menurut saya pribadi s45p itu 1.pikiran kita 2.hati kita 3 batin kita dan ke 4 adalah jiwa kita,
    sebab merekalah yg setiap saat selalu bersama kita sampai akhir hayat kita

  78. Manunggaling Kawula ka Gusti

  79. si bodoh, dan hina ini

    Semua ajaran benar, cuma sudut pandang nya yg berbeda, tujuan nya hanya satu, tuhan yg maha esa, yg beda cara melakukan nya, dalam keluarga ada ibu, bapak, adik, kakak, mas, semua tdk sama jln berpikir nya, jadi tdk bisa manusia saling menyalahkan, karna pandangan yg berbeda, tapi ingat pandanglah satu kepada yg banyak, pandanglah yg banyak kepada yg satu.
    maaf saya yg bodoh, tuli, dan bisu ini.

  80. Assalam’mualaikum. Penjelasan ttng S45P itu memang benar, Tapi pendapat Orang2 Ber’beda2 tapi ttp tujuan 1. Kalo masalah S45P itu memang benar adanya, Kita di lahirkan ke dunia di karunia’kan sodara Yaitu S45P. Yang menjaga dan melindungi kita setiap saat, dan dmana Tempat. S45P yang d maksud Adalah kakang kawah (Air ketuban) (Adi arii-arii) Getih (DARAH) dan (Pusaran) mereka itu mahluk hidup yag m’miliki nya, yang Bertugas mong-mong kita/ (membim’bing kita). Tidak heran kalau di tanah jawa sangat di yakini keberadaan S45P ini. Sallamm rahayu KWA saya sangat kagum dengan adanya kampus ini.

  81. Si Aku

    Assalamualaikum.
    Sekedar share ajha.
    Saya dr sulawesi, mengenai sedulur papat ka limo pancer ini sy di ijazahkan oleh guru sy yg dmn sy akrab memanggilnya eyang krna eyang ini asalnya dr solo. Cerita sedikit ya knp sampai sy di ijazahin ilmu melegenda ini. Di hari itu sy bru bangun tidur trs lgsg di panggil sama eyang dia berkata : “kamu klw tdur harus tw kemana ruh kamu pergi”. Singkat cerita singkat kata mengambil makna ilmu Merogo sukmo harus didasari dengan S45P ini. Untuk mempelajari ilmu ini kita harus menundukkan 4 nafsu di diri kita yaitu nafsu lawamah, sufiah amarah dan menyempurnakan mutmainnah. Bgitu terang eyang. Di barengi dengan mandi subuh sebelum shalat subuh yaitu mandi junub istinja (blajar dgn guru mursyd) niat memperbaiki diri dgn mengajak s45p utk memperbaiki diri. Setelah shalat subuh sempatkan utk semedi. Sama dgn keterangan sedulur2 di atas. Atau sehabis shalat tahajud. Dgn ketulusan keikhlasan dan ketekunan tdk mngkin klw tdk berhasil. Dgn mempelajari ilmu ini secara tdk lgsg kita juga akan terbimbing dalam ilmu hakikat makrifat. Sekian Islamualaikum.

  82. zulkarnaen

    ssalamualaikum WR. WB.
    Saya mohon ijin, agar saya dijadikan ANGGOTA KAMPUS WONG ALUS.
    Nama : ZULKARNAEN/Muhammad Bagus zulfadly
    Alamat : DSN BOLEN RT 00 RW 00, DESA JURIT BARU,
    KECAMATAN PRINGGASELA,KABUPATEN LOMBOK TIMUR, PROVINSI NTB
    Umur : 25Tahun
    Profesi : Mahasiswa
    E-mail : joulebagass@gmail.com
    No. Telefon : 085238636652
    Terimakasih atas bantuannya selama ini, semoga kita semua selalu dalam naungan rahmat-NYA.
    Besar harapan saya agar saya dapat diterima menjadi anggota di dalam KWA ini.
    Salam Persaudaraan mulim lombok yg mau mencari jati diri.

  83. salam taklim hamemayuningrat

    kulo perdados alias percaya dengan adanya hal gaib dalam diri manusia, tapi pada intinya .. wong urip meniko urup(manusia itu kalau mau hidupnya bermakna dunia akherat harus mempunyai manfaat buat sesama) kalau sudah dilakukan dan hubungan vertikal dan horizontalnya ud seimbang apa lg mau di cari …, insyaallah semuanya akan ngikut..ya rizki,keslametan,pertolongan itu akan selalu tepat pd waktunya,.., belajar itu wajib , maaf saya tidak bermaksud menggurui hanya sekedar share dg para dulur22, karena apapun pelajaran tntang sangkan paraning dumadi itu di titik akhirnya akan mendapatkan jawaban (sama dengan) wong urip iku urup
    nb. mohon koreksi itu pemahaman saya, suwun

    salam taklim
    rahayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: