HAKIKAT RUH PENDAMPING


+ Ibumu meninggal ya?
-Ya. Sudah dua bulan lalu ibu saya meninggal. Kamu kok tahu?

+Apakah ibumu orangnya kecil pendek, suka mengenakan jarik dan masih sehat meski usianya 89 tahun?
-Kamu kok bisa tahu siapa yang memberitahumu? Kau kan nggak pernah ke desaku bertemu ibuku?

+ …….(diam sedang melihat ruh seorang perempuan tua di samping tersebut)

-ya saya anak tertua dan paling dekat dengan ibu saya
+Berarti yang memberi tahu saya tadi adalah ibumu yang sekarang jadi ruh pendampingmu.

-Oh, gitu ya? Saya masih mencintai ibu
+Itulah yang membuat ibumu juga betah untuk mendampingimu

-Setiap ibadah, saya usahakan selalu berdoa agar ibu dan bapak almarhum mendapatkan perlindugan Tuhan.
+Itulah keharusan agar kamu juga selalu diberi petuah dan didoakan olehnya.

-Matur nuwun

Bagi sebagian kalangan yang mendalami kebatinan, kemampuan untuk melihat ruh sudah bukan hal yang aneh. Termasuk juga kemampuan untuk bersahabat akrab dan saling membantu. Pada diri manusia yang paling inti, ada ruh. Dialah diri sejati yang menjadi guru sejati dari akal dan tubuh fisik kita. Kalau kita biasa mengatakan “dengarkan hati nuranimu” itu artinya dengarkanlah suara ruh(ani) mu.

Hakikat keberadaan ruh sebenarnya juga bisa dinalar dengan ilmu pengetahuan. Sejak lama, para ilmuwan mengamati bahwa obyek-obyek makro di angkasa atau disebut bintang adalah satu pusat dengan sekumpulan planet. Planet itu juga dikelilingi lagi satelit-satelit. Sebagaimana sistem tata surya, matahari dikelilingi 9 planet. Begitu pula dengan obyek-obyek ukuran mikro seperti atom. Di satu butir atom, terdapat pula nukleus yang dikelilingi oleh eketron-elektron yang bergerak.

Sudah lama diketahui pula oleh kalangan ahli kebatinan Barat dan Timur termasuk para Yogi, bahwa ruh manusia adalah ruh utama yang dikelilingi oleh ruh-ruh lain yang disebut dengan ruh pendamping (di jawa konsep ruh pendamping itu disebut: sedulur papat, sementara di Arab merujuk pada malaikat.atau mungkin disebut dengan jin pendamping?). Jadi setiap sistem ruh pada satu diri manusia terdiri dari lima ruh.

Dari lima ruh itu, setidaknya ada empat kemungkinan kombinasi yang terjadi. Pertama, ruh utama adalah pria dan keempat ruh pendamping adalah pria. Kedua, ruh utama adalah wanita dan keempat ruh pendamping adalah wanita.Ketiga, ruh utama adalah pria dan ruh pendampingnya adalah 2 pria 2 wanita. Keempat, ruh utama adalah wanita dan ruh pendampingnya adalah 1 wanita dan 3 pria.

Terdapat kemungkinan adanya lebih dari satu atau kurang dari 4 ruh pendamping. Para ruh pendamping ini bisa saja berganti. Misalnya seseorang mungkin tadinya mempunyai ruh pendamping pria tetapi setelah beberapa lama, ruh pendamping pria ini pergi dan digantikan oleh seorang ruh wanita. Perubahan seperti ini akan mengakibatkan perubahan emosi, mental dan kondisi spiritual ruh utama yang bersangkutan.

Ahli-ahli kebatinan percaya bahwa baik ruh utama maupun ruh pendamping memiliki kehidupan yang otonom/mandiri/independen. Ruh sama seperti matahari dan bulan keduanya terpisah secara otonom dalam garis edar hidupnya masing-masing. Perbedaan antara ruh utama dan ruh pendamping adalah bahwa tingkat kemampuannya. Ruh utama akan mempengaruhi ruh-ruh pendampingnya, sedangkan tingkat kemampuan ruh pendamping hanya akan mempengaruhi diri mereka sendiri dan sangat sedikit untuk mampu mempengaruhi ruh utama.

Secara umum ruh pendamping adalah ruh yang mempunyai hubungan pribadi yang sangat erat dengan  ruh utama. Bila bukan anggota keluarganya, juga para leluhurnya, atau bahkan  teman-teman dekatnya. Ruh-ruh pendamping adalah ruh-ruh yang mengawasi ruh utama. Para ahli kebatinan yang melakukan penyelidikan mengenai karakter dan nasib seseorang berdasarkan pengamatan mereka tentang ruh-ruh pendmping orang yang bersangkutan. Semakin tinggi kemampuan ruh pendamping, semakin tinggi pula kemampuan ruh utama. Semakin rendah dan lemah kemampuan ruh pendamping maka semakin lemah pula kemampuan ruh utama untuk mencapai hidup yang lurus dan sukses.

Bila dikatakan bahwa ruh utama sebagai nukleus dari atom dan ruh pendamping sebagai elektron-elektron, maka perubahan jumlah elektron kan mengubah secara dramatis sifat atom itu sendiri. Hukum kegaiban sesungguhnya sama dengan prinsip fisika yaitu bergerak menuruti aturan yang sah dan berlaku sebagai derivat dari hukum Tuhan.

Banyak orang yang tidak menyadari adanya ruh pendamping mereka. Bahkan yangtragis, banyak pula yang menolak keberadaan ruh-ruh pendamping mereka sendiri. Mereka hanya memahami manusia hanyalah materi fisiknya  dan tidak percaya adanya ruh. Padahal di dalam agama apapun, pasti ada konsep tentang ruh ini. Kalau kita mempelajari secara metafisis, berbagai tradisi yang sudah dijalani oleh para nenek moyang dulu sebenarnya sangat memperhatikan keberadaan ruh pendamping ini. Berbagai tradisi slametan, misalnya, selain berdimensi sosial (horizontal) namun juga untuk menghormati dan rasa berterima kasih kepada para ruh pendamping yang demikian setia untuk menemani kita selama hidup.

Namun bila saran ruh pendamping (para leluhur kita dulu) ini diabaikan bahkan cenderung ditolak dan bahkan kepercayaan adanya mereka dituduh sebagai bid’ah/takhayul maka mereka akan pergi dan diganti dengan ruh-ruh pendamping yang lebih kasar bahkan bisa jadi ruh pendamping yang jahat. Nah, sekarang mana yang kita pilih? Berteman dengan ruh pedamping kita dengan cara menghormati dan menyayangi mereka atau sebaliknya, memusuhi dan mengusir mereka dari hidup kita? Semua berpulang pada keyakinan masing-masing.

@wongalus, 2009

Categories: HAKIKAT RUH PENDAMPING | 14 Komentar

Navigasi pos

14 thoughts on “HAKIKAT RUH PENDAMPING

  1. mohon diberi cara agar aq bisa liat ruh pendamping aq???????

  2. Caranya berbuat baik dan memberi manfaat pada sesama. Jangan berbuat kerusakan lingkungan dan alam semesta. Menjalani laku “luar” yaitu mengontrol pikiran, nafsu, kehendak, olah batin dengan meditasi, maladihening, samadhi, semedi dan menjalani laku “dalam” mengontrol chi, prana, yidam, olah nafas.

  3. zacky

    bisa gak saya bertatap muka langsung dengan anda

  4. aa

    bisa ga lihatin punya ane

  5. sudiawijaya

    ruh pendamping, bila kita secara fisik ngobrol dengan orang lain, apa mungkin ruh utama perlu ngobrol dengan ruh pendamping. jadi ruh pendamping 4 orang lagi ngobrol dengan ruh utama.

  6. Firman

    Cara untUK mengundang ruh pendamping bagaimana ki

  7. datuk ria

    Setau saya allah meniupkan ruh pada janin manusia pada saat umur beberapa hari dikandungan cuma sekali tiup brarti cuma satu ruh, ini kok jadi lima ruh terus yang empat siapa yang ngasih ya?, mohon penjelasan yang lebih gamblang suhu?

    sang penyimak

  8. NYIMAK

  9. Mohon maaf sedikit menambahkan: Saat sebuah janin bayi lahir dari rahim seorang ibu maka lahirlah sebuah penjaga yaitu qorin jihin, qorin jihin ini keluar dan terlahir secara bersama saat ari-ari sebuah bayi keluar bersamaan bayi itu tadi. Dan saat si bayi di Lantunkan suara Adzan Maka Lahirlah suatu qorin yang dinamakan qorin malaikat. qorin malaikat inilah yang bertugas membisikan perkataan-perkataan bisikan-bisikan kebaikan pada kita, dan qorin jihin sebaliknya. Diantar dua qorin itu sesiapa yang paling kuat maka dialah yg berkuasa atas kehendak tubuh tersebut.

  10. Zainuddin

    Datuk Kelana!!!,salam.
    Salam BUGIS
    “Sipakatau-Sipakaraja”.
    Anda pengamal ilmu-2 Raja Rizal Kelayang juga yach???,mhn maaf klw salah…

  11. nurrahmat eko prastio

    assalamu`alaikum wr.wb.
    numpang tanya Ki,kalo ada yg kesurupan, ruh pendamping ko g melawan Ki?

  12. Saudaraku Datuk Ria, saya ikut sharing ya ! sejauh yang saya tahu dan saya alami (saya praktisi), mohon dikoreksi kalau ada kekeliruan, pada sa’at janin didalam rahim Ibu berusia beberapa Bulan tertentu, Allah swt meniupkan pendamping kepada janin tersebut, ada dua Malaikat yang Allah ciptakan sebagai pendamping manusia selama hidupnya, yaitu yang dikenal Malaikat Kiroman dan Malaikat Katibin, kereka akan selalu berada si sebelah kanan dan kiri manusia yang akan mencatat semua apa yang dilakukan oleh manusia yang didampinginya, pada waktu manusia itu mati, maka dua malaikat pendamping ini akan pulang ke alam malakut atas kehendak Allah dengan membawa catatan masing-masing, yang kedua adalah Ruh janin itu, dia akan ada selama manusia itu hidup, dan kalau manusia itu mati, baik masih didalam rahim maupun sudah di dunia, maka Ruh itu akan pulang kepada Allah dan ditempatkan di alam barzah, dan yang ketiga adalah pendamping sejenis Jin(setan ?), dimana dia akan mendampingi manusia itu selama dia hidup, dan pada sa’at manusia itu mati, maka jasadnya akan dikubur atau di kremasi, tapi si pendamping atau A-Qorin dalam istilah Al-Qur’an dan Hadits masih hidup dialam dunia, sampai kapan hidupnya Qorin ini, hanya Allah yang tahu, dan Qorin inilah yang masih hidup dialam dunia yang masih bisa berinteraksi dengan manusia lainnya, orang yang memiliki kemampuan tetrtentu, atas izin Allah akan bisa memanggil Al-Qorin ini, baik Qorin orang yang sudah meninggal, bahkan Qorin manusia yang masih hidup, jadi mohon ma’af, didalam pemahaman saya, hanya Qorin ini saja yang masih bisa berinteraksi dengan manusia hidup, Ruh manusia yang sudah meninggal tidak bisa dipanggil-panggil, karena dia sudah ada di alam yang lain yaitu alam barzah, dua malikat juga tidak. jadi seumpama Datuk punya dan diberi kemampuan oleh Allah swt, maka datuk bisa melakukan pemanggilan, Al-Qorin ini, atau bisa juga memanggil mahluk Jin lainnya baik dia Qorin manusia atau bukan. ada beberapa praktisi bahkan memanfa’akan kemampuan seperti ini untuk membantu kepolisian untuk tujuan pengungkapan dan penyelidikan sesuai kebutukan aparat, contoh sederhananya begini; aparat menangkap dan menahan orang yang dicurigai sebagai pelaku pembunuhan, yang sudah tentu kalau diperiksa secara normal, dia tidak akan mengaku, nah dengan memanggil Al-Qrin dari penjahat tersebut, kemudia di cross check juga dengan A-Qori dari si korban, maka kemungkinan keterangan Qorin ini bisa menjadi masukan untuk aparat didalam pengungkapan, karena kalau Qorin yang ditanya, punya kecenderungan tidak berbohong seperti jasad penjahat yang masih hidup, semoga menambah wawasan Datuk Ria.

  13. Sdr. Nurrahmat Eko Prasetyo terkasih, sejauh yang saya tahu, kalaua ada orang kesurupan, jin pendamping manusia bukan tidak mau melawan, tapi ada dua kemungkinan, yangpertama pendampingnya mau menolak, tapi tidak punya kemampuan karena kalah energi, si jin yang merasuk memiliki energi lebih besar, walaupun mereka sama-sama jin, yang kedua adalah si Jin itu memang diundang untuk merasuk, atau dipaksa masuk, dampaknya juga berbeda, kalau Sdr nonton Masih Dunia Lain di Trans 7, anda akan bisa bedakan antara peserta yang kesurupan dengan pawang seperti Mas Arif atau Aiko. semoga bermanfa’at.

  14. Langga Gustanto

    Salam santun dari sang faqir,

    Apakah poro sepuh dan alim di sni punya amalan untuk mendatangkan khodam muslimah, ane kepengen utk teman atau sahabat saja. klo ada yang punya amalannya mohon saya diajarkan, semoga Allah membalas kebaikan dan pahala yg berlimpah..

    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: