LATIHAN MERAGA SUKMA


Meraga sukma awalnya bisa dilatih melalui mimpi yang terarah. Yaitu mimpi yang disengaja agar kita bisa bertemu dengan ruh yang merupakan diri sejati kita sendiri.

Adapun caranya sebagai berikut: sebelum tidur, niatkan diri untuk bertemu guru sejati Anda. Menata niat harus jelas sejelas-jelasnya dan bersungguh-sungguh. Untuk membantu, sebelum tidur boleh meminum teh dan relaksasi untuk menghilangkan beban-beban pikiran-pikiran yang berat. Relaksasi meraga sukma bisa dilakukan sebagai berikut: Cari tempat yang nyaman untuk berbaring dan tempat bisa diberi bau-bauan yang harum. Gelapkan ruangan segelap-gelapnya. Selanjutnya, mulailah pergi keluar dunia ini untuk memasuki dunia batin Anda yang gaib menuju satu tempat yang paling indah. Cek apakah Anda sudah memasuki surga di dalam diri, yang biasanya adalah tempat yang seperti ada pepohonan hijau, gunung, bebatuan dan danau. Ajaklah diri Anda untuk bersujud memohon pada-Nya agar nanti saat tertidur diperkenankan bertemu dengan ruh Anda sendiri. Selanjutnya, mulailah benar-benar tidur setelah membaca doa sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Tertidurlah seperti biasanya. Saat Anda sudah tertidur, maka diri biasanya segera berada dalam sebuah tempat yang kosong. (saya biasanya berada ke sebuah jalan yang berpaving). Selanjutnya, di dalam mimpi itu carilah di sana hewan. Biasanya hewan itu nantinya akan tampak, misalnya harimau putih yang terlihat samar-samar. Nah harimau itulah awal penampakan guru sejati Anda. Harimau itu nantinya akan menuntun kita berjalan ke arah tertentu dan usahakan untuk mengikuti kemana pun dia melangkah. Biasanya dia akan berjalan menuju ke habitatnya, yaitu hutan yang di sana banyak harimau juga. Harimau itu nantinya akan memberitahukan kepada Anda apa yang harus Anda lakukan untuk melihat diri Anda sendiri. Biasanya, harimau itu akan menghilang dan berganti dengan wajah penampakan diri Anda sendiri. Itulah ruh atau guru sejati Anda.

@wongalus,2010

54 thoughts on “LATIHAN MERAGA SUKMA

  1. Celetukan Segar 13 Januari 2010 / 01:14

    Saya pernah dapat informasi, latihan ini dapat diganti dengan teknik penglihatan cermin, pembayangan letak, dan tidur dengan sapu ijuk.
    Kalau memang sama, sekalian diterangkan cara tersebut!

  2. m4stono 13 Januari 2010 / 01:16

    mantep ki…….

    kalo gak salah tdk harus harimau putih….biasanya berwujud dengan apa yg paling kita hormati tergantung persepsi kita…..

  3. yulindra 13 Januari 2010 / 01:53

    salam bahagia untuk seluruh isi jagat…
    salam kenal untuk semuanya..
    senang pagi ini bisa membaca tulisan aki..

    apakah sama teknik ini dg teknik visualisasi diri ?

  4. wongalus 13 Januari 2010 / 02:17

    Yth Mas Segar: Lha ini giliran panjenengan yang mbeber mas. Saya malah kurang tahu cara yang lain. Sumangga.
    Yth KI Mastono: memang begitu ki, sesuatu yang ditemui berbeda-beda tergantung pada masing-masing orang. Sesuatu itu adalah apa yang (menurut saya) paling ditakuti yang tersimpan di bawah sadar. Kenapa ditakuti? Sebab yang paling ditakuti itu sejatinya adalah hijab/penutup/penghalang terbesar namun sekaligus penghantar terbaik menuju aku yang sejati. Misalnya, yang paling ditakuti adalah kuburan maka bisa jadi nanti di alam mimpi itu justeru dia akan bertemu kuburan. Saat kita mampu tenang pasrah di kuburan, maka di situlah nanti aku sejati akan njedul dengan sendirinya. dll…

  5. wongalus 13 Januari 2010 / 02:36

    Yth sdr Yulindra: Visualisasi adalah pada saat relaksasi saja. Saat tertidur, sudah tidak dikontrol oleh pikiran sadar. Lha wong tidur… jadi ya let it flow, biarkan mengalir saja sesuai tuntunan ruh.

  6. tomy 13 Januari 2010 / 04:01

    Terima kasih kepada Mas Celetukan Segar sekarang saya bisa dilirik di
    search engine tomy

  7. wongalus 13 Januari 2010 / 10:00

    Trims juga ki, salam “RUJAK BELING KOLAK RAWE”

  8. LANANGSEDJATI 14 Januari 2010 / 02:15

    assalamualaikum wr. wb.
    Yang tehormat ki Alus.. saya mau nanya nih kenapa klo saya pengen ketemu secara sengaja dengan kembaran diri saya malah sulit, akan tetapi kadang2 secara tidak sengaja malah bisa tertemu dengan kembaran saya yg sama persis seperti diri saya seperti melihat cermin walaupun lewat mimpi. apakah yang menyebabkab hal tsb ki? mohon penjelasannya, terima kasih.
    wassalamualaikum wr.wb.

  9. wongalus 14 Januari 2010 / 18:42

    Yth Mas Lanang Sedjati: karena asal keinginan kita sumbernya bukan dari aku sejati tapi dari ego/aku yang tidak sejati. Jadi saat keinginan itu muncul, yang terjadi kita tidak menemukan apa-apa selain gambar-gambar atau bayangan lainnnya. Untuk bertemu dengan aku sejati, kita harus menghilangkan benar-benar semua gambaran mental apapun juga. Jadi dalam kondisi bermimpi seperti terlempar dalam ruangan yang kosong… nwn.

  10. tommy sasmita 15 Januari 2010 / 07:22

    wah iya emang susah banget mengosongkan pikiran… pasti keinget aja masalah/peristiwa duniawi..
    ada aja yang kepikiran… gimana ya? hehe

  11. Samudera Qalbu 22 Januari 2010 / 02:11

    yth mas wongalus, saya sudah beberapa kali dalam dua minggu ini mencoba untuk meraga sukma dalam rangka mencari diri sejati, dengan cara mensugesti diri bahwa jasad ini bukan apa-apa dan siapapun jua.. sekaligus melafalkan kalimat tauhid secara terus-menerus walau sering tidak sejalan dengan nafas… Sesekali saya merasakan badan ini terasa sangat berat dan tebal sekali, dan sesekali terasa ada yang menarik “tubuh” (tubuh alus, mungkin) ke arah atas – tapi hanya sebatas beberapa meter saja tingginya.. Namun saya belum melihat penampakan apa-apa dan suasana hening tidak juga tercapai..

    Yang ingin saya tanyakan, apakah ada cara saya yang salah dan harus diperbaiki ? apakah sensasi rasa tersebut awal mula dari perjalanan yang akan saya temukan ?
    Mohon penjelasan dari mas wongalus yang sudah berpengalaman mengenai hal ini untuk pengetahuan saya yang masih sangat bodoh ini.
    Terimakasih dan semoga Allah memberkahi mas wongalus serta keluarga.

    Salam Sejati…

  12. wongalus 25 Januari 2010 / 08:19

    Yth Samudera Qalbu: Itu awal yang benar meraga sukma yaitu terasa terangkat beberapa meter dari atas permukaan. Jadi perlu diteruskan keesokan harinya. nwn.

  13. Samudera Qalbu 26 Januari 2010 / 01:02

    Yth Mas wong alus, terimakasih atas informasi dan sarannya. Sungguh pencerahan bagi saya yang masih harus banyak belajar. Semoga mas wong alus serta keluarga diberkahi Allah. Amin

  14. Irawan 2 Maret 2010 / 12:28

    Ass,
    pra gru2ku yg ud tw ilmu gaib.
    Aku nie mu bget bljar ilmu mraga sukma sa gk ajrin aku?tlog bget ajrin g mna cra na?

  15. WIJANARKO 8 Maret 2010 / 18:19

    MHN BIMBINGAN LANGSUNG JARAK JAUH UNTUK MAMPU MELIHAT KHODAM DAN MERAGA SUKMA MTR NWN.

  16. WIJANARKO 8 Maret 2010 / 18:23

    ASS.WR.WB MAS WONG ALUS ADA GAK CARA PALING CUEEPAT AGAR HANYA DENGAN SEDIKIT MANTERA SUDAH BISA RAGA SUKMA.MKSH.

  17. KI DUTA YUDA 8 Maret 2010 / 18:54

    Maaf,klo blh saya ikut nimbrung,klo ada temen2 yg kepingin menguasai ilmu tenaga dalam,ilmu pelet dari sumatera,yang ampuh banget,dengan mahar sangat murah.

  18. KI DUTA YUDA 8 Maret 2010 / 18:59

    LANJUTAN:hanya dengan mahar Rp,49.000,- bisa jarak jauh. tertarik kirim via wesel:YUDA EKA SAPUTRA,tanjung batu,OI,SUMSEL 30664.

  19. Zionism 27 Maret 2010 / 03:37

    Yth mas wongalus..!
    Bisa gx membangkitkan potensi gaib(tenaga dalam) yg masih tertidur di dalam tubu saya ..?
    Dengan cara jarak jauh tapi yg gratis ya mas..!
    Trimakasih sebelumnya..

  20. lila lorent 10 April 2010 / 06:26

    ass, kmrn” lila bs mrga skma. tp knp skng sulit y? bantuin dunk mas!! ksih tau bwt cra yg lbih” mudahx. tq.

  21. wongalus 10 April 2010 / 13:44

    @lila: dengan giat berlatih di saat senggang, kita dengan mudah meraga sukma. Kuncinya pada KEMAUAN dan NIAT. Salam.

  22. kunto dewo 16 April 2010 / 12:43

    ki ..wah kalao begitu aku itu bukan aku ya kaluo begitu kita harus cari aku aku dimana ya…aku itu ? yang damai dan tidak pernah butuh apa apa ia gaktau lah sulit untuk diucapkan

  23. ugie 22 April 2010 / 15:58

    ass..Ki wongalus sy mohon d trawang,dlu bdan sy pernah di rajah trus skng msh aktifkah rjhan tsb,apa pengaruhnya d badan sy,atas ksdiaany sy ucpkn byk trm ksh wass..

  24. Cucud laud 29 April 2010 / 10:20

    Saya pernah ngalamin diri saya jadi dua.jadinya seliat liatan,cm yg satu ky transparan,yg satu lg ngluarin sinar kuning.apa ini yg nmnya meraga sukma.tu kjadian ga sengaja,tp kl sengaja cm ngerasa sprti melayang2 aja.mhn pncerahannya.tks

  25. Cucud laud 3 Mei 2010 / 14:58

    Ma’af ki alus setiap saya latihan meraga sukma cuma sape mendengar suara bergemuru,tuh da sampe mana ki.mohon pencerahanya…satu lagi ki kalo ketindihan sama ga rasanya ma geraga sukma.

  26. Cucud laud 3 Mei 2010 / 15:00

    Ma’af ki alus setiap saya latihan meraga sukma cuma sampe mendengar suara bergemuru,tuh da sampe mana ki.mohon pencerahanya…satu lagi ki kalo ketindihan sama ga rasanya ma geraga sukma.

  27. Cucud laud 4 Mei 2010 / 21:48

    Terima kasi ki. Atas penjelasanya.kemaren saya latihan meraga sukma.pas sukma igin keluar,ada energi menahan bagian kepala semakin dipaksa ingin keluar semakin kuat jga energinya.trs sinar sukma dan sinar ruh berbeda ga ki mohon pencerahanya…

  28. Jafar 10 Mei 2010 / 07:09

    Mohon doa restunya.akan saya coba.nuhun

  29. rosi 20 Juli 2010 / 06:54

    nggak perlu di latih saya dpat meraga sukma kemana pun sayasuka asal adaketenagan dan niat yang penuh, meraga sukma adalah salah satu bentuk pengenalan jati diri yang salah

  30. sastro 24 September 2010 / 20:09

    ass,.. ki saya pernah mimpi bertemu dengan sedulur kembar saya sudah 2x mimpi yang pertama sedulur kembar saya cuma nmenatap saya dan senyum tidak bicara dan mimpi yg ke 2. sedulur kembar saya salaman dengan saya kemudian ngobrol dan bilang siap menolong saya kapanpun,.. mohon dijelaskan ki apakah arti dari mimpi itu,..??? terimaksih.rahayu

  31. Ragasukma 25 Oktober 2010 / 07:29

    Ragasukma adalah ASLI warisan leluhur nusantara. Karena hanya
    bangsa nusantara yang berdiri tegak lurus bagai alif. Berdarah
    langitan atau darah BIRU.

    Bagi yang ingin private ragasukma intensive, dengn pantaun dan
    arahan serta konsultasi selama 1 tahun. Monggo kunjungi website
    ragasukma.tk ada bonus ebook gratis nya juga. Suwun ya den mas Bagus Wong Alus, yg ikut melestarikan pusaka Nusantara ini.

    Salam Rahayu

  32. Makhluk Halus 25 Oktober 2010 / 21:32

    Mungkin teknik ini bisa sedikit membantu..
    1. Tidurlah dengan santai dan rilex
    2. Ucapkan dalam hati 3x “Tubuh, saya perintahkan km untuk rileks”
    3. Niatkan dalam hati 3x “Sebelum saya tertidur, saya akan meraga sukma”
    4. Hitung mundur dalam hati secara perlahan angka 100 sampai angka 0

    Dalam menghitung jangan terlalu cepat.
    Saat Anda lupa menghitung, lalu Anda menyadarinya, ulangi hitungan dari angka 100 lagi.

    Semoga trik ini bisa membantu

  33. aulia 18 Januari 2011 / 09:16

    mau belajar raga sukma,murah meriah malah gratisss???
    gak usah pke amalan neko neko,dan gak perlu puasa
    hub
    gusaulia@yahoo.co.id
    bebas kalangan agama manapun

  34. kresna 19 Januari 2011 / 15:26

    saya gag pnah brhsil mncoba…
    apkah anda bsa membantu saya ki???

  35. Udin 18 Maret 2011 / 21:35

    ass wr.wb. Slm knal dan hormat utk para ssepuh KWA, saya ne dr kalimantan selatan, sngat trtrik bnget dan pngen skali bsa mnguasai ilmu meraga sukma dan trawangan tp smpei skarang blum bsa2, bahkan utk medetasi aj tdk bs konsentrasi penuh,ap saya ini tdk ad bkat ya?mhon msukan dan bimbinangan para sesepuh KWA, kra2 spaya saya dpt mnguasai ilmu2 tsb. Mhon share k email saya udin_jesbut@ovi.com Sblum dan ssudahnya trima kasih.

  36. Wong kidul 4 April 2011 / 00:52

    Mungkin trik ini bs dicoba:

    1.duduk atau tidur dgn nyaman dan rilek dan pejamkan mata dan niat merogo sukmo.
    2.baca zikir ‘Subhanallah,terus menurus dlm hati.sambil membayangkan tubuh kita bangun dan berjalan.
    3.awalnya cuma bayangan hitam brbentuk tubuh kita,ikuti bayangan kita td dari pandangan belakang.jalankan.

    Tips:
    usahakan mencobanya malam stiap kita mau tidur.
    Selamat mencoba.

  37. putro segoro 14 April 2011 / 20:21

    aq mencoba tp sll gagal..knp ya ki.?

  38. NYOMAN KENTHER 24 Oktober 2011 / 21:25

    QOBITU……JOGJA…..AHAHHAHAH

  39. wawan 24 Maret 2012 / 18:28

    askum,
    qw dlu prnah mencoba ragasukma,hmpir bisa tp g kelanjutan
    dulu qw jg ktemu 2 singa dimimpi yg tr.arah,itu sering tp bukan.e menuntun mlah kita brtarung kayak difilm angling darmo
    mungkin qw g diijinin sma kembaran saya ya

  40. Bonar sagari 21 April 2012 / 04:14

    Katanya harus belajar pagar raga dulu sblm mraga sukma

  41. Mbah.POLLENG 21 April 2012 / 23:01

    Ane pengen tapi niat selalu gagal oleh suara2 tangis,tpi setelah bangun gak da papa. Trus tolah toleh.

  42. DALMAGOTH 30 September 2012 / 07:11

    Meraga suka dg lucid dream sama gk?

  43. tama 27 Oktober 2012 / 19:56

    Mohon izin untuk mengamalkannya ya Ki…

  44. balantrak 2 November 2012 / 07:47

    sampurasun k sdyana wargi kwa# gening loba carana teh, tp naha kuring mah can bisa wae

  45. jaka sablenk 12 November 2012 / 02:26

    td saya nyoba meraga sukma spt ada tangan yg memeluk saya. saya berusaha melepaskan nya. kmdian sukma saya bangkit dari tempat tidur, tp saya buka mata tiba tiba sdh berada di dlm tubuh krn konsentrasi buyar. maka saya pejamkan mata dan pakai mata batin utk melihat sekeliling, sukma saya jalan ke ruang tamu. saya liat ada cewek berjilbab dan anak kecil di ruang tamu.
    saya juga prnh nyoba konsentrasi penuh dan membayangkan ada cewek yg ngelus kelamin saya, rasa nya geli beneran. kdng sampai hampir keluar tp keburu sadar.

  46. kuro_ 29 November 2012 / 07:44

    qobiltu ki. Saya pernah cb & blm berhasil.. Pernah waktu nyoba tiba2 korek gaz di samping saya meledak n terbakar bantal saya. Saya bangun karena rasa panas itu jd blm berhasil deh. Mohon restu ki saya mau coba lg.

  47. bomers 18 September 2013 / 03:32

    mohon bantuannya karena semua wanita atau gadis prawan akan di tumbalkan oleh orang yang ingin bercinta dengan melakukan teleportasi ke masa sekarang dan orang itu meminta jin yang berasal dari dimensi depan memberitahuku bahwa wanita dimasa sekarang akan segera di tumbalkan oleh jin karena ingin bercinta dengan manusia apakah di ijinkan atau tidak.
    aku sekarang di sedang dirasuki oleh orang – orang yang meraga sukma agar bisa bercinta dengan istri rosul yang sebentar lagi akan datang……………..! mohon di bantu……..wasalam

  48. Tjisunk Lee 18 Januari 2014 / 22:00

    asskum wr.wb. pra spuh kwa.sy mhon msukn’y.sy prnah bc artikel tntang mta bating.ada tulisan tersbt yg sy tdak mgerti,untuk org awam sprt sy psti bru mendngar kt trsbut,buat pra aki mhon bri sy pncerahn tentang kta ”SASMITA”.trima kasih sblum’y

  49. daim 31 Juli 2014 / 16:28

    ya habibi

  50. akhmad zain 3 Januari 2015 / 18:33

    asslamualakum wr wb,sy mo nanya kenapa sy dalam pencapaian fana sangatlah cepat.tp kalau bertemu dengan diri sangatlah sulit dalam pencapaiannnya.hadirnya diri yg sejati sangatlah cepat datang dan perginya.mohon penjelasannya.trimalasih sebelumnya.wassalam wr wb.

  51. jajat sudrajat muhammad syamsu 22 Februari 2015 / 09:51

    assalamulaikum.wr,wb
    saya ingin sekali bisa merasakan sensasi y…. dan punya pengalaman teteang meraga sukma…

  52. sigit 30 Januari 2016 / 22:01

    mohon petunjuk ki, saya sering mimpi sadar pingin ngecek kok beda ya, tempat tempatnya apa ini cuma data bawah sadar, saya belum yakin karena belom bisa liat tubuh saya sendiri waktu tidur tersebut. mungkinkah cuma mimpi biasa pernah seperti berada di ruangan tertutup dan gelap bagaimana ya ki, matur nuwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s