FENOMENA ANAK INDIGO


Jangan langsung memvonis anak Anda adalah anak yang nakal dan tidak disiplin. Sebab bisa jadi anak anda itu anak indigo. Salah satu ciri anak indigo adalah tidak nyaman dengan disiplin dan cara yang otoriter tanpa alasan yang jelas serta  biasa menolak mengikuti aturan atau petunjuk.

 Anak indigo didefinisikan sebagai anak yang menunjukkan kelebihan karena memiliki kemampuan supranatural karena sudah sejak lahir sudah terbuka mata ketiganya. Pola perilakunya juga tidak umum sehingga mengisyaratkan agar orang-orang yang berinteraksi dengan mereka (para orangtua, khususnya) mengubah perlakuan dan pengasuhan terhadap mereka guna mencapai keseimbangan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang anak-anak indigo, alangkah baiknya kita mengetahui dulu mengenai warna indigo yang dimaksud pada anak-anak indigo. Warna indigo adalah warna yang dominan dari warna aura (warna biru-merah).

Warna Indigo menunjukkan cakra mata ketiga, pusat aktivitas dari enerji psikis, yang terbuka pada anak-anak Indigo. Anak-anak Indigo memahami perbedaan yang sangat tipis antara dunia kasat dan dunia spiritual, dan mereka memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dari sini, yang orang lain tidak mampu. Kebanyakan perilaku anak Indigo dapat dipahami dari aspek ini.

Banyak anak-anak sekarang yang terkategorikan sebagai Anak Indigo, juga disebut “Children of the Sun” oleh para ahli dari Amerika. Atau disebut juga sebagai “Millennium Children”. Para ahli mengatakan lebih dari 90% (di lain buku menyebutkan lebih dari 80 %) dari anak-anak di bawah 12 tahun, dan beberapa mengatakan walau dalam persentase yang tidak besar terdapat Indigo dewasa.

Anak-anak ini teridentifikasi melalui adanya karakteristik yang unik. Mereka cerdas dan kreatif, namun bersifat sulit diatur pada kekuasaan dan sistem secara umum. Mereka sering disalah diagnosa sebagai ADD (Attention Deficit Disorder = atau Gangguan Kekurangan Perhatian) atau ADHD (Attention Deficit Hyperaktive Disorder = Gangguan Hiperaktif Kekurangan Perhatian) yang membutuhkan terapi untuk mengatasi sifatnya.

Secara fisik dan emosional mereka sangat sensitif. Mereka juga sangat perhatian dan empati terhadap orang lain, juga beberapa menjadi terlihat tidak berperasaan. Anak Indigo dapat mudah marah dan kasar, mereka membutuhkan keyakinan bahwa dirinya diterima dan memerlukan konseling. Indigo juga mempunyai rasa depresi di usia muda jika mereka merasa tidak mengapa mereka dilahirkan atau merasa tidak mempu berbuat apa-apa untuk memperbaiki dunia.

Bagi yang ingin mengetahui apakah anaknya atau diri sendiri termasuk seorang Indigo, bisa mencocokkan karakteristik anak Indigo dan Indigo dewasa berikut ini. Selain itu biasanya seorang anak Indigo tergolong anak yang istimewa (biasanya memiliki IQ -Intelligence Quotient- lebih dari 120 dan mempunyai kecenderungan mempunyai kemampuan supranatural) namun seringkali mempunyai permasalahan dengan sistem belajar di sekolah pada umumnya.

Sebagai konsep di bidang para psikologi, “Anak indigo” dikembangkan oleh Nancy Tappe Anne, yang menggambarkan anak-anak yang diduga memiliki kemampuan dan ciri-ciri khusus. Anak indigo diyakini menjadi tahap awal dalam evolusi manusia sebelum memiliki kemampuan paranormal, seperti telepati, mampu melihat makhlk gaib, meramal dan lainnya. Namun mereka memiliki kekurangan yaitu kurang lancar berkomunikasi.

Anne Nancy Tappe, pada tahun 1970-an mempublikasikan buku Understanding Your Life Through Color memaparkan selama pertengahan 1960-an ia mulai menyadari bahwa banyak anak-anak yang lahir dengan aura “indigo” dan warna nila berasal dari “warna kehidupan” dari anak-anak yang diperoleh melalui sinestesia.

Gagasan tentang anak indigo kemudian berlanjut pada tahun 1998 yang dipopulerkan oleh buku The Indigo Children: The New Kids Have Arrived, yang ditulis oleh suami dan istri dosen self-help Lee Carroll dan Jan Tober. Konsep lain dikembangkan Carroll Tober. Ia menjelaskan kehadiran anak-anak indigo adalah untuk membentuk kembali dunia menjadi satu karena perang, sampah dan makanan olahan.

Pada tahun 2002, sebuah konferensi internasional tentang anak indigo diadakan di Hawaii, yang diikuti 600 peserta. Konferensi berikutnya berlangsung di Florida dan Oregon. Konsep ini dipopulerkan dan menyebar lebih lanjut dengan film dan dokumenter dirilis pada tahun 2005, keduanya disutradarai oleh James Twyman, penulis Zaman Baru.

Secara umum, anak-anak indigo memiliki karakter di antaranya keyakinan penuh empati, rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki makna yang jelas mengenai definisi diri dan tujuan hidup, berkemauan keras, mandiri, sering dianggap oleh teman-teman atau keluarga sebagai aneh, dan juga menunjukkan kecenderungan yang kuat terhadap hal-hal rohani (misalnya Tuhan) dari anak usia dini. Anak-anak indigo juga digambarkan sebagai memiliki perasaan yang kuat, merasa memiliki hak untuk berada di sini. Ciri lainnya adalah memiliki intelligence quotient yang tinggi, kemampuan intuitif yang melekat, dan perlawanan terhadap otoritas.

Menurut Carroll dan Tober, anak-anak indigo susah masuk di sekolah-sekolah konvensional karena penolakan mereka terhadap otoritas, menjadi lebih pintar daripada guru-guru mereka dan kurangnya respon terhadap rasa bersalah, takut dam susah oleh malipulasi berbasis disiplin.

Dalam Dallas Observer ada artikel yang membahas anak-anak indigo, seorang reporter mencatat interaksi antara seorang pria yang bekerja dengan anak-anak indigo, dan seorang yang mengaku sebagai anak indigo:  “Apakah Anda seorang indigo?” Reporter bertanya pada seorang anak bernama Senja. Anak itu menatapnya malu-malu dan mengangguk. “I’m an avatar,” kata Senja. “Saya dapat mengenali empat unsur bumi, angin, air dan api. Saya tidak akan datang selama 100 tahun.” Pria itu tampak terkesan.

Pembaca dari Dallas Observer kemudian menulis di koran untuk menginformasikan bahwa respons anak tampaknya diambil dari alur cerita Avatar: The Last Airbender; kartun anak-anak yang ditampilkan di Nickelodeon.

Nick Colangelo, seorang profesor Universitas Iowa yang mengkhususkan diri dalam pendidikan anak-anak berbakat, menyatakan bahwa buku Indigo pertama seharusnya tidak diterbitkan, dan bahwa “..gerakan anak-anak indigo bukanlah tentang anak-anak, dan tidak tentang warna nila. Ini adalah tentang orang dewasa yang ahli membuat uang di buku, presentasi dan video.”

INDIGO ANAK:

Mempunyai kemampuan psikis/supranatural.
Mengekspresikan kemarahan dan mempunyai masalah dengan menahan amarah.
Membutuhkan dukungan untuk menemukan diri mereka.
Kreatifitasnya tinggi.
Mudah teralihkan perhatiannya, bisa mengerjakan banyak hal bersamaan.
Menunjukan intuisi yang kuat.
Punya empati yang kuat terhadap sesama, atau tidak punya empati sama sekali.
Sangat berbakat dan rata-rata sangat pintar.
Susah konsentrasi dan hiperaktif.
Mempunyai visi dan cita-cita yang kuat.
Mempunyai kesadaran diri yg tinggi, terhubung dengan sumber (Tuhan).
Mengerti jika dirinya layak untuk berada di dunia.
Mempunyai pengertian yang jelas akan dirinya.
Tidak nyaman dengan disiplin dan cara yang otoriter tanpa alasan yang jelas.
Menolak mengikuti aturan atau petunjuk.
Tidak sabaran dan tidak suka bila harus menunggu.
Frustasi dengan sistem yang sifatnya ritual dan tidak kreatif.
Mereka punya cara yg lebih baik dlm menyelesaikan masalah.
Sebagian besar adalah orang yg menimbulkan rasa tidak nyaman.
Tidak bisa menerima hukuman yang tanpa alasan, selalu ingin alasan yang jelas.
Mudah bosan dengan tugas yg diberikan.
Pandangan mata mereka terlihat, bijaksana, mendalam dan tua.

INDIGO DEWASA

Frustasi dengan budaya populer.
Tidak terima bila hak-hak mereka diambil atau diinjak-injak.
Punya hasrat yang membara untuk merubah dunia, tapi kesulitan menemukan jalurnya.
Mempunyai ketertarikan akan hal spiritual dan kemampuan psikis saat usia muda.
Punya beberapa “Role model” Indigo.
Punya intuisi yang kuat.
Punya sifat atau jalan pikir yang tidak biasa, sulit fokus pada tugas, atau meloncat-loncat di tengah pembicaraan.
Pernah mengalami pengalaman spiritual, psikis dan lainnya.
Sensitif terhadap yang berhubungan dengan listrik.
Mempunyai kesadaran akan dimensi lain.
Secara seksual sangat ekspresif atau malah menolak seksualitas aga bisa mencapai kesadaran spiritual yang lebih tinggi.
Mencari arti hidup mereka dan mengerti tentang dunia, mereka bisa mencarinya dengan melalui agama, buku.
Waktu mereka merasa diri mereka seimbang, mereka akan menjadi kuat, sehat, dan individu yang bahagia.
Mereka pintar walaupun tidak selalu berada di tingkatan paling atas.
Kreatif dan sangat menikmati menciptakan sesuatu.
Selalu ingin tahu kenapa, khususnya jika mereka disuruh melakukan sesuatu.
Muak akan pekerjaan yang banyak dan berulang-ulang di sekolah.
Pemberontak di sekolah/kampus, menolak mengerjakan tugas atau ingin memberontak tapi tidak berani karena ada tekanan dari orang tua.
Punya masalah dengan keberadaan, seperti tidak diterima, atau terasing. Biasanya menimbulkan perasaan ingin bunuh diri, tapi tidak benar-benar melakukannnya.
Punya masalah dengan amarah.
Tidak nyaman dengan politik karena merasa suara mereka tidak dihitung, dan tidak peduli dengan hasil yang keluar.

@WONGALUS,2010

Iklan
Categories: FENOMENA ANAK INDIGO | 40 Komentar

Navigasi pos

40 thoughts on “FENOMENA ANAK INDIGO

  1. rahim

    Menarik sekali artikel saudara dan salam perkenalan dari saya.Ada beberapa pekara yang ingin saya bincangkan dengan saudara sila hubungi saya di email saya.

  2. Ngabehi

    Bagaimana ya Ki cara untuk membuat anak indigo, he he…

  3. wongalus

    @Ki Ngabehi: kayaknya rumput yang bergoyang lebih tahu jawabannya ki, ha ha ha. nwn

  4. wongalus

    @rahim: salam kenal.

  5. semoga saya lebih dapat belajar dari saudara.

  6. wong djowo

    waduh kakak saya punya ciri yang sama, selama 15 tahun lebih seperti orang gila, namun waktu sadarnya sepenuhnya rangking 1 terus bahkan dibilang brilliant soal eksakta gak usa diragukan. kepintarannya di atas rata2, namun ya itu empatinya kurang seperti tanpa dosa. melakukan hal yang diluar kebiasaan. puluhan kyai dan paranormal gak ada satupun yang mumpuni menyembuhkannya. apa termasuk ciri indigo ya ?? tapi kalau dibilang gila dia masih paham alam sekelilingnya bahkan mampu berhitung cepat seperti komputer. Sampe pusing dibuatnya saya sering kelahi sama saya, namun bila dilihat dari segi supra banyak yang bilang ini pegangan bingung. Apa anak indigo semuanya pemberontak ya mengarahkannya juga sulitnya luar biasa.

  7. wongalus

    @sdr Setyo: kita di forum ini sama-sama belajar. Tidak ada guru tidak ada murid. Yang ada adalah kita semua yang terus bersemangat untuk mencari kesempurnaan diri di hadapan Ilahi. Salam.

  8. wongalus

    @wong Jowo: ciri indigo yang lain: mampu melihat atau peka merasakan hal-hal gaib.

  9. nur b

    Anak saya umur 3,5 th. Saya tidak tahu apakah dia indigo atau tidak. Namun, yg jelas, ada beberapa kemiripan ciri dg yang ditulis di atas. Apakah ada cara spesifik untuk mengetahui keindigoan tsb. Terus terang kami sering capai dibuatnya, tapi kami juga takut memvonis dia anak nakal. Mtrnwn,

  10. wongalus

    @Ciri Anak Indigo adalah mengetahui hal-hal gaib apakah itu memiliki kemampuan lebih dalam hal persepsi (paragnosis) dan kemampuan motorik (paregi). Paragnosis ini dibadi tiga: Clairvoyance , Telepati dan Rasiestesia. atau memiliki kemampuan dematerialisasi/levitasi, Psikokinesis/telekinesis dan Poltergeist… silahkan dideteksi gejala-gejalanya. nwn.

  11. ventho siahaan

    bagus ki artikelnya sy tertarik

  12. Ass.w.w.
    salam kenal Ki…
    putri saya downsyndrom tetapi tdk terlalu parah,berumur 9 th, mengingat daya tangkapnya yg rendah apakah ini kebalikannya dari anak indigo. mohon pencerahannya bagaimana cara sy membimbingnya krn akhir2 ini sulit diarahkan. apakh benar ank DS ketika proses pembuahannya kemasukan mahluk ghoib….terimaksih Ki.
    mohon ijinya saya mempelajari/membaca bog ini, saya sangat tertarik dg ‘dunia ghaib’ yg dibabar disini.
    Wass.w.w

  13. sepertinya saya INDIGO DEWASA / tua,,,,ciri2nya sama

  14. Kebanyakan orang tua yang tdk mampu menerima keberadaan putranya yang mengalami indigo,dan sebaliknya sang putra mampu menerima keterbatasan orang tua pada dirinya yang berujung rasa putus asa lelah dlm membesarkan anak.dgn adanya kajian sprti ini kita para orang tua lebih bijak dan mensukuri keberadaan mereka.keberadaan mereka juga salah satu rahasia tuhan yang harus kita pahami baik baik ada apa dizaman ini ada fenomena seperti ini?kutukan,sengkolo atau kita pernah melanggar kodrat alam.wallahu a’lam sebaiknya para orang tua tetap semangat muhasabah dan tidak menyalahkan nasib.anak adalah pusaka (081234609959)faizal Anas jember

  15. rudo

    bagaimana dngan PREKOGNISION ??
    selama ini saya memiliki prekognision tsb.
    dan dapat mengatur semuanya hanya dengan otak dan hati dalam sekejap.
    semuanya bisa dalam kendali saya.
    apakah itu termasuk ciri indigo?
    saya baru menyadari ketika berumur 16thn, saat ini saya berumur 18th.

  16. rudo

    IQ saya ketika berumur 15th / kelas 1 SMA yaitu 127

  17. gethukxXx

    emmm…kok kalau saya baca artikel ini seperti saya mengupas diri saya sendiri..banyak banget kesamaan ciri2 yang di sebut dengan prilaku dan karakter saya..bahkan sampai sekarang (sekarang malah karakternya cenderung menguat, lebih extrem klo blh di bilang) trus ki apakah yg harus di lakukan anak indigo (krna saya merasa banyak tidak sejalandan sepaham dengan kebanyakan orang,jalan pikiran yang lain,tingkah yang lain dan tak mau di atur,tapi yakiiin yang saya pikir jelas dan pasti tapi memang susah di terima di publik krna blm terpecahkan) lantas apakah kami harus diterapi atau apa yg harus kembangkan dan hal2 apa yang harus dilakukan agar bs sejalan dng kebanyakan orang.terimakasih

  18. icha

    aku bingung apa aku anak indigo..tetapi ciri di atas mirip hampir semua mirip denganku

  19. Ajolaliyow! Ahaha

    Dari blog enigma ni

  20. ki vienzchen anak wong alus majalengka99

    saya anak indigo…hmmmm pas banget karakter ini…ya allah jadikanlah hamba berguna bagi orang tua,masyarakat,bangsa dan negara….merdeka hahaha

  21. maaf ki,saya umur 15 tahun dan saya juga mempunyai banyak kesamaan sama artikel yg diatas apalagi hal gaib suka dibikn ribet,saya sering de javu kls 7 dan skrg sudah pre-cognition.apa saya termasuk indigo? terimakasih

  22. suparman

    I am not Indigo…. tp saya bisa merasakan dg jelas apa yg belum terjadi (visual didalam diri) lbh jelas dari pada yg diluar. saya bisa membaca pikiran temen, saya bisa melihat masa depan (terutama yg menyangkut bencana) tetapi saya bukan Indigo, saya manusia normal yg kebetulan tahu semuanya krn saya merasa dekat dg TUHAN

  23. ZILDJIAN

    thank’s buat artikelnya……sy sgt berguna untuk kita semua, khususnya bagi sy & istri yg kebetulan sudah memiliki putra yg ciri-ciri yg sm dgn anak indigo yg anda tulis, memang blm bs di Vonis karena kami blm melakukan tes foto Aura & tes IQ,tp dr sgi psikologis&fisik bnyk kesamaan.
    cukup Repot jg sih kami mengasuhnya…..tapiii yaah kami terima semua ini titipan dari ALLAH SWT.

  24. Trms mengenai info indigonya, krna ini sebagai acuan bagi org tua agar sllu bersabar dlm membesakn,mndidik,mengurus dll, Trhadap anak2 mreka.

  25. aq gtw aq indigo apa bkan tapi sikap aq klo disekolah mlz bljr klo pljran yg nga gw sukain gw g bkaln bljr mama qw ngomong apa malah nga gw pduliin.trus gw kaya orang asing dirumah ./ and aq maniaa game ayodance hahaD

  26. Mike

    Dear anak2 Indigo,

    Apa boleh bantu mendetetsi penyakit ? Mohon kabar SMS ke 08971513050.

    Salam,

    Mike

  27. izar

    saya anak yg memiliki ciri indigo, memang benar kekurangannya kesulitan untuk bicara alias blom lancar bicaranya, emosi sering meledak tak terduga..klo dia kesal.mohon petunjuk doa atau amalan agar anak saya normal bicaranya seperti anak anak seumuran dia. umurnya skrng 4 thn.5 bulan.makasih

  28. makasih udh share info,skrg sy br tau istilah indigo

  29. Cak Supri

    Adakah penulis buku “Laduni Quotient; Model Kecerdasan Masa Depan” seorang indigo? Karena isinya spektakuler banget. Dia menemukan kecerdasan paripurna dengan cara mensinergikan kecerdasan pikiran (IQ, EQ dan SQ) dengan kecerdasan hati (aql, qalb, dzauq, shadr, fuad, bashirah dan lubb). Sungguh, uraian semacam itu tak pernah aku temukan di buku apapun.

  30. maharani padusi

    keponakan sy perempuan umur 7 th indigo,dia mampu mengetahui apa yg kita fikirkan saat bersamanya dan tau apa problem kita tampa di ucapkan dia jg tau warna dan nomor kartu apa yg akan keluar bila sedang bermain test kartu,sdh photo aura dan berawarna biru dan merah,kepintaran di atas rata2 tapi sulit berdisiplin bila tak ada alasan yg sangat jelas,tapi bagi sy punya keponakan indigo sangat menyenangkan walaupun baru berusia 7 th tp pemikiranya sdh luas dan bijaksana 🙂

  31. evi siahaan

    hmmmm hmmmm menarik sekali artikelnya

  32. Misi kang, saya berumur 15thn, saya merasa diri saya mirip dengan yg di atas, namun, saya tidak bisa melihat makhluk gaib?
    Apa sudah karna kepribadian saya, yg sama seperti yg diatas?

  33. Oh ya bagaimana cara nya mengatasi anak indigo ketika sering kejang?ada yang punya tips tidak?salam silaturahim

  34. matur suwon atas artikelnya moga ilmunya bermanfaat di dunia dan akherat

  35. yenny

    dirikuuuuuuuuuuuuuuu..
    trus gmana ni ngontrol emosinya?
    kadang emang meluap2 pengen bunuh diri.
    bimbinglah sayaaaaa

  36. insan penuh dosa

    alhamdulilah aku orang normal,aku ikut komentar cuma mau minta izin nyimak/membaca artikel yg menarik di KWA.untuk pengetahuan.salam sungkem buat ki wong alus.

  37. salam saya mau bertanya apakah indigo juga menurun ke anak mereka ????

  38. Appreciation to my father who shared with me about this web site,
    this website is genuinely amazing.

  39. didi

    salam hangat apakah anak indigo bisa kejang-kejang,karena saya melhat anak saya termasuk indigo anak-anak

  40. annisa septiani

    Assalamu’alaikum..
    Maaf saya mw nanya..
    benar kah lw anak indigo sulit berkonsentrasi ? soalnya saya sering merasakan sulit nya berkonsentrasi slma saya krja pdhal saya tidak mempunyai mslah dgn siapapun dn tdak ada yg dipkirkan
    mf sblmnya knp ya saya merasa gelisah, tdak tenang, dada terasa sesak sebelum dan sesudahnya da makhluk yang tak kasat mata..
    sampai sesudahnya makhluk tsb menyempurnakan wjudnya, perasaan saya gelisah, gundah gulana msh ada,,
    mohon dijlaskan dan bantuannya..
    seblmnya saya ucapkan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: